31 January 2021

Bocah Sopir 13 Tahun Ditetapkan Sebagai Tersangka Lakalantas di Banguntapan

Kasus kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Majapahit Dusun Kanoman Tegal Pasar Banguntapan atau tepatnya di depan RSPAU Dr Hardjolukito memasuki babak baru.

Unit Laka Satlantas Polres Bantul akhirnya menetapkan EHSW (13) sebagai tersangka dalam insiden yang mengakibatkan seorang pengendara motor tewas dan sejumlah pengendara motor mengalami luka-luka.

"Kemarin kita sudah laksanakan gelar perkara dan rekomendasi gelar untuk pengemudi KBM Picanto (EHSW) sudah kita tetapkan tersangka," ujar Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Amin Ruwito, Minggu (31/1/2021).

AKP Amin Ruwito mengatakan, dari serangkaian penyidikan tersangka terbukti telah lalai mengemudikan mobilnya yang mengakibatkan kecelakaan tragis itu terjadi. 

Dari keterangan saksi dan olah tempat kejadian perkara yang dilakukan oleh petugas bahwa EHSW terbukti lalai saat mengendarai mobilnya.

Lantaran yang bersangkutan masih dibawah umur, maka dalam menangani perkara ini pihaknya mengajukan permohonan pendampingan ke Bapas dan menyiapkan penasehat hukum dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Yogyakarta.

Dalam perkara ini, EHSW disangkakan pasal 310 ayat 4 dan 2 Undang-undang (UU) Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).


Kapolsek Jetis Hadiri Harlah NU ke- 95 di MWC Jetis

Kapolsek Jetis AKP Hatta  Azharuddin Amrullah S.Sos MIP menghadiri undangan Harlah NU ke- 95 di MWC Jetis bertempat di Masjid Al Fattah RT 04 Beji Sumberagung Jetis Bantul, Sabtu (30/1/2021).

Kapolsek Jetis dalam sambutanya mengatakan agar kegiatan ini untuk mempermudah berkoordinasi dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kapanewon Jetis.

Kegiatan silaturohmi ini juga akan dilakukan ke instansi dan tokoh masyarakat Jetis lainnya. 

Ia mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang sudah baik di Kapanewon Jetis ini.

Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19, semoga dengan doa dari para tokoh ulama pandemi ini segera sirna dari muka bumi ini. (Humas Polsek Jetis)


Pemuda Tanpa Identitas Ditemukan Tewas, Diduga Alami Laka Lantas

Diduga mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal seorang pria ditemukan tewas di Jalan Parangtritis, tepatnya di Dusun Pandes, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon pada Jumat (29/01/2021) pagi.

Kanit Laka Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryono mengatakan, korban yang belum diketahui identitasnya itu ditemukan warga sekitar pukul 04.00 WIB. Korban yang didapati dalam kondisi tergeletak bersimbah darah itu setelah dicek dalam kondisi meninggal dunia mengalami luka cidera kepala berat.

Sementara tak jauh dari korban terdapat sebuah sepeda motor Honda Vario warna kombinasi merah hitam dengan nomor polisi AB 5063 B dalam kondisi ringsek. Dia mengungkapkan hingga kini pihaknya belum mengetahui identitas yang bersangkutan.

"Mungkin ada warga yang kehilangan keluarganya dengan ciri-ciri pria usia sekitar 20 tahun, rambut hitam lurus pendek, kulit sawo matang, wajah oval, perawakan sedang dan memakai pakaian jaket warna putih kombinasi biru dan merah, celana pendek warna cokelat dan sepeda motor Honda Vario nopol AB 5063 B warna merah hitam," ujar Kanit Laka.

Iptu Maryono menghimbau kepada masyarakat yang kehilangan keluarganya dengan ciri ciri tersebut bisa menghubungi polisi. Pihaknya pun telah telah berusaha melacak identitas kepemilikan sepeda motor, namun diketahui sepeda motor tersebut telah dijual oleh pemiliknya ke orang lain.


Kapolsek Hadiri Sosialisasi Rencana Pemasangan Pipa Saluran Air Minum Sepanjang 2500 M

Kapolsek Jetis AKP Hatta Azharuddin Amrullah menghadiri giat sosialisasi pekerjaan Fisik IKK SPAM Jetis di Pendopo Kapanewon Jetis Bantul, Jumat (29/1/2021).

Sosialisasi dalam rangka pemasangan pipa saluran air minum sepanjang 2500 m dari perempatan Jetis ke selatan sampai perempatan Barongan ke barat di barat Jembatan Pulokadang ke selatan ke arah Kalurahan Canden.

Pembangunan akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Dan rencananya pembangunan akan berlangsung selama sekitar 4 bulan dan akan dilakukan secara manual.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Jetis menyampaikan bahwa pengerjaan proyek harus dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku jangan sampai dikemudian hari menimbulkan permasalahan hukum.

Pemeliharaan baik penutupan/pengurugan galian harus benar-benar baik dan kuat agar jangan sampai menimbulkan kerugian bagi warga masyarakat. (Humas Polsek Jetis)


Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Sewon Giatkan Patroli Malam

Guna mengantisiapsi terjadinya gangguan kamtibmas, Polsek Sewon menggelar patroli blue light pada jam-jam rawan terjadinya tindak kejahatan.

Kanit Sabhara Polsek Sewon AKP Sarjiman megatakan patroli ini bertujuan untuk memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada warga masyarakat.

“Patroli utamanya digelar pada jam-jam rawan,” katanya, Sabtu (30/01/2021) malam.

Patroli dengan metode Blue Light yang dilakukan oleh Sabhara Polsek Sewon tersebut disamping untuk membirukan wilayah Kapanewon Sewon juga bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir adanya tindak kejahatan seperti Curat,Curas maupun Curanmor serta kejahatan konvensional lainya.

Petugas juga menyempatkan waktunya untuk berhenti ditempat-tempat yang dianggap rawan terhadap terjadinya gangguan kamtibmas atau tindak kejahatan guna untuk memastikan bahwa situasi diwilayahnya benar-benar dalam keadaan aman serta kondusif 

"Polsek Sewon berusaha semaksimal mungkin untuk memberi pelayanan kepada masyarakat, dengan patroli yang intensif dan menjalani kerjasama dengan masyarakat diharapkan akan tercipta situasi yang aman dan kondusif," tutup AKP Sarjiman. (Humas Polsek Sewon)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Sidomulyo Lakukan Pendampingan Penyemprotan Disinfektan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sidomulyo Aipda Siswanto bersama Satgas Covid FPRB Kalurahan Sidomulyo terus berupaya dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Virus Corona. Diantaranya melaksanakan edukasi berupa himbauan dan melakukan penyemprotan disinfektan dalam pencegahan Covid-19 di lingkungan rumah warga yang tersuspect virus corona, Sabtu (30/1/2021).

Penyemprotan dilakukan di lingkungan rumah warga Dusun Glodogan  yang tersuspect virus corona. Penyemprotan ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona yang sampai saat ini masih mewabah.

Giat dihadiri Babinsa Sidomulyo Sertu Temu Wibowo, Lurah Sidomulyo, Satgas FPRB Sidomulyo, Dukuh Glodogan dan relawan Kalurahan Sidomulyo.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sidomulyo tak lupa menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat terkait 3 M 1T yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun / hand sanitizer, Menjaga jarak minimal 1.5 meter dan Tidak berkerumun atau menjauhi keramaian.

"Terapkan protokol kesehatan kepada diri sendiri, keluarga dan warga masyarakat setiap hari dimanapun beraktivitas," pesan Aipda Siswanto. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Laksanakan Penanganan Pasien ODGJ

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Bripka Wahyu Apri Winarto melaksanakan  mendampingan penanganan ODGJ di Dusun Manggung RT 06 Kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri, Sabtu (30/1/2021) pagi.

Dalam penanganan ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) Bhabinkamtibmas bersama petugas Puskesmas 1 Imogiri beserta keluarga ODGJ mengantar pasien untuk  berobat ke Rumah Sakit Jiwa Grhasia Pakem Sleman Yogyakarta

Bhabinkamtibmas Wukirsari mengatakan bahwa pasien ODGJ adalah betul warga binaannya yang akhir-akhir ini  kumunikasinya kadang lancar kadang tidak lancar dan dari keluarga minta bantuan untuk mengantar berobat di rumah sakit. (Humas Polsek Imogiri)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Donotirto Laksanakan Pendampingan Pemakaman Dengan Prosedur Covid-19 Warga Donotirto

Bhabinkamtibmas Kalurahan Donotirto Aiptu Sri Sukamto melaksanakan pendampingan pemakaman dengan prosedur Covid-19 warga Donotirto Kretek Bantul Yogyakarta oleh Tim Dari RS PKU Muhammadiyah Bantul di Makam Suci Gadinglumbung Donotirto Kretek Bantul pada Sabtu malam (30/01/2021).

Disela-sela kegiatan Bhabinkamtibmas menyampaikan bahwa warga masyarakat Dusun Gadinglumbung menyatakan tidak keberatan dengan adanya prosesi pemakaman di makam, umum dusun setempat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Tim Dari RS PKU Muhammadiyah Bantul, Jogoboyo Kalurahan Donotirto, Kadus Gadinglumbung, Warga setempat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Donotirto. (Humas Polsek Kretek)


Melaui Jumat Berkah Tilik Warga, Polsek Dlingo Kembali Bagikan Sembako Bagi Warga Kurang Mampu

Kapolsek Dlingo AKP Abdul Jalil SH memimpin pelaksanaan kegiatan bakti sosial Jumat berkah "Tilik Warga" di Dusun Seropan 1 dan Seropan 2  Kalurahan Muntum  Kapanewon Dlingo Kabupaten Bantul, Jumat (29/1/2021).

Dalam kegiatan ini Polsek Dlingo memberikan bantuan berupa paket sembako kepada anak yatim dan keluarga yang kurang beruntung nasibnya.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat meringankan beban hidup warga yang kurang beruntung nasibnya.

Selain itu Kapolsek juga memberikan bantuan kepada bapak Sukadi, warga Seropan, RT  01  yang rumahnya terdampak tanah longsor skala kecil yang mengakibatkan dinding rumah saping kiri tertimpa material tanah.

“Semoga ini bermanfaat bagi yang menerima,” kata Abdul Jalil. (Humas Polsek Dlingo)


Kapolsek Sedayu Hadiri Pelantikan Dukuh Tapen

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MM menghadiri giat pelantikan Dukuh Tapen bertempat di Kantor Kalurahan Argosari, Sedayu, Bantul,  Sabtu (30/1/2021) pukul 08.30 WIB.

Dalam pelantikan ini dihadiri Kabag Administrasi Pemdes Kab Bantul Bp. Supriyantoro, Kabag Hukum Setda Kab Bantul Bp. Suparman, Panewon Sedayu Sarjiman, SIP,  Danrmail Sedayu Kapten Inf. Sarmin, Lurah Argosari Drs. Hidayaturachman, Kepala KAU Sedayu diwakili Bp. Giyanto, Dukuh se Argosari dan segenap tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut Kasianto dilantik oleh Lurah Argosari Drs. Hidayaturachman. (Humas Polsek Sedayu)


Polsek Kretek Kawal Vaksin Sinovac

Kanit Sabhara Polsek Kretek Iptu Paidi bersama dua personel melaksanakan giat pengawalan Vaksin Sinovac Covid-19 pada Sabtu (30/01/2021).

Pengawalan dilakukan dari Kantor Dinas Kabupaten Bantul menuju Puskesmas Kretek dengan mengambil rute Puskesmas Jetis 2 - Puskesmas Pundong - Puskesmas Kretek.

Pendistribusian Vaksin Sinovac Covid 19 Tahap I di Wilayah Kabupaten Bantul.

Adapun sasaran yang akan divaksin diprioritaskan kepada tenaga kesehatan maupun orang tertentu yang bekerja di Puskesmas maupun rumah sakit yang menangani langsung pasien terpapar Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)


Anggota Polsek Pleret Laksanakan Pengawalan Pendistribusian Vaksin Sinovac

Anggota Polsek Pleret melaksanakan pengawalan dan pengamanan pendistribusian Vaksin Sinovac, Jumat (29/1/2021).

Pengamanan dan pengawalan pendistribusian Vaksin Covid-19 dilakukan mulai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menuju ke Puskesmas Pleret dengan petugas distribusi dari Dinas Kesehatan dipimpin oleh Tri Suwantatik, S.KM dan diterima oleh Kepala Puskesmas Pleret dr Erni Rochmawati.

Pada Pendistribusian membawa vaksin Sinovac sebanyak 160 vaksin dan beberapa sarana pendukung vaksinasi seperti alkohol, ADS, Safety box. Pendistribusian vaksin dibagi beberapa tahap untuk kali ini pada tahap pertama yang di peruntukkan untuk tenaga medis selaku garda terdepan dalam penanganan Covid-19. (Humas Polsek Pleret)


Anggota Polsek Piyungan Melayat ke Orang Tua Bripka Abdulloh

Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta dan anggota Polsek Piyungan melayat ke rumah duka Bapak Hardono orang tua Bripka Abdulloh di Dusun Mbumen wetan Baturetno Banguntapan Bantul, Sabtu (30/1/2021) siang

Almarhum yang sudah memasuki usia 65 tahun meninggal dunia karena sakit stroke yang sudah lama dideritanya.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolsek Piyungan mewakili jajaran Polsek Piyungan menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya orang tua Bripka Abdulloh.

"Semoga almarhum diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di sisi Allah SWT, serta untuk keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta keikhlasan." ucap AKP Suharyanta, SH. (Humas Polsek Piyungan)


Polsek Srandakan Kawal Distribusi Vaksin Sinovac dari Dinkes Bantul Menuju Puskesmas Srandakan

Personel Polsek Srandakan Polres Bantul melaksanakan giat pengawalan dan pengamanan distribusi Vaksin Sinovac dari Dinkes Kabupaten Bantul menuju Puskesmas Srandakan, Sabtu (30/1/2021) pukul 08.30 WIB.

Kegiatan pengamanan dan pengawalan dilaksanakan dalam rangka mendukung dan menjamin keamanan dalam pendistribusian Vaksin Sinovac menuju tempat Fakes seperti Puskesmas maupun Rumah Sakit yang ditunjuk. Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Srandakan Kompol B Muryanto terjun langsung memonitor proses distribusi Vaksin Sinovac di dampingi Kepala Puskesmas Srandakan drg. Budi.

Pengawalan dan pengamanan dilakukan oleh Aiptu Dalija dan Bripka Eko Rustamaji. Pengawalan dimulai dari Dinkes Bantul sampai tempat penyimpanan Vaksin di Puskesmas Srandakan. Dalam pendistribusian tahap 1 Vaksin Sinovac tersebut, tenaga kesehatan adalah sasaran prioritas pertama penerima Vaksin.

Kapolsek Srandakan Kompol B Muryanto mengatakan pengawalan pengamanan disribusi Vaksin demi menjamin mutu vaksin hingga sampai di tempat tujuan Puskesmas Srandakan dalam keadaan aman, lancar dan lengkap sampai tujuan. 

“Meskipun sudah ada vaksin, masyarakat diharapkan tetap mematuhi Protokol Kesehatan,” ucap Kapolsek Srandakan. (Humas Polsek Srandakan)


Polsek Sanden Kawal Distribusi Vaksin Sinovac dari Dinkes Bantul Menuju Puskesmas Sanden

Personel Polsek Sanden Polres Bantul melaksanakan giat pengawalan dan pengamanan distribusi Vaksin Sinovac dari Dinkes Kabupaten Bantul menuju Puskesmas Sanden, Sabtu (30/1/2021) pukul 08.30 WIB.

Kegiatan pengamanan dan pengawalan dilaksanakan dalam rangka mendukung dan menjamin keamanan dalam pendistribusian Vaksin Sinovac menuju tempat Fakes seperti Puskesmas maupun Rumah Sakit yang di tunjuk. Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH terjun langsung memonitor proses distribusi Vaksin Sinovac di dampingi Kepala Puskesmas Sanden drg. Suyatmi MM.

Pengawalan dan pengamanan dilakukan oleh Aipda Syaipul Amin SH, Aipda Sutrisno dan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Pengawalan dimulai dari Dinkes Bantul sampai tempat penyimpanan Vaksin di Puskesmas Sanden. Dalam pendistribusian tahap 1 Vaksin Sinovac tersebut, Puskesmas Sanden mendapat 80 dosis Vaksin Sinovac. Dimana tenaga kesehatan adalah sasaran prioritas pertama penerima Vaksin.

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH mengatakan pengawalan pengamanan disribusi Vaksin demi menjamin mutu vaksin hingga sampai di tempat tujuan Puskesmas Sanden dalam keadaan aman, lancar dan lengkap sampai tujuan. Meskipun sudah ada vaksin, masyarakat diharapkan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, ucap Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH. (Humas Polsek Sanden)


Polisi Olah TKP Lakalantas Bocah 13 Tahun Tabrak Motor di Banguntapan

Penyidik Unit Kecelakaan Sat Lantas Polres Bantul Polda DIY melakukan olah TKP kasus kecelakaan di Jalan Majapahit simpang empat Blok O Banguntapan.

Dalam kasus tersebut mobil KIA Picanto AD-1809-IC yang disopiri EHSW (13) asal Trucuk Klaten menerabas antrean kendaraan yang tengah berhenti di traffic light Blok O. Satu orang tewas dalam peristiwa tersebut dan sejumlah orang mengalami luka ringan.

“Karena pengemudi mobil ini masih dibawah umur, semua masih kami dalami. Termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait salah satunya dari Bapas,” ujar Kasat Lantas Polres Bantul AKP Amin Ruwito SE SIK didampingi Kepala Unit Kecelakaan Sat Lantas Polres Bantul, Iptu Maryana SH disela olah TKP, Jumat (29/01/2021).

Musibah terjadi pada saat Rabu (27/01/2021) malam ketika rombongan pengendara sepeda motor berhenti di traffic light simpang empat Blok O. Mendadak dari belakang atau utara melaju KIA Picanto AD-1809-IC.

Mobil tersebut langsung menerjang rombongan sepeda motor yang berhenti, akibatnya sejumlah pengendara motor terpental. Tragisnya seorang pengendara motor yang tertabrak tewas di lokasi kejadian.

“Korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut pengendara Honda Supra Fit AB-3040-UF atas nama Safii Widodo warga Nologaten Caturtunggal Depok Sleman. Sedang jumlah sepeda motor yang ditabrak mobil tersebut ada lima lebih,” ujar Amin.

Amin mengungkapkan sopir kehilangan konsentrasi sehingga saat di perempatan justru menabrak antrian sepeda motor yang berhenti. “Malam itu mobil dalam perjalanan dari Klaten menuju daerah Srandakan Bantul mengantar orangtuanya untuk berobat alternatif,” jelasnya.


Kapolsek Jetis Koordinasi Kesiapan Penerimaan Vaksin Covid-19

Kapolsek Jetis AKP Hatta A. Amrullah S.Sos MIP didampingi Kanit Provos dan Kasihumas berkoordinasi dengan manajemen RS Nurhidayah, Kepala Puskemas Jetis 1 dan Jetis 2 terkait dengan kesiapan penerimaan vaksin Covid-19 di masing-masing instansi tersebut, Rabu (27/1/2021).

Secara khusus Kapolsek Jetis mengecek lokasi penyimpanan vaksin di masing-masing instansi.

Selain hal tersebut Kapolsek juga berpesan kepada Satpam yang ada di kantor tersebut untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan di lingkungannya dan  selalu berkooordinasi dengan Bhabinkamtinmas terkait dengan perkembangan Kamtibmas di lingkungan perkantoran tersebut. (Humas Polsek Jetis) 


Bhabinkamtibmas Kelurahan Pendowoharjo Laksanakan Pengamanan Pemakaman Jenazah Pasien Covid -19 di Dusun Pendowo

Bhabinkamtibmas Kelurahan Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyono melaksanakan pengamanan pemakaman jenazah pasien Covid -19 di tempat pemakaman umum Dusun Pendowo Pendowoharjo Sewon, Jumat (28/1/2021).

Pemakaman dilakukan sesuai Prosedur pemakaman cepat oleh Tim Kubur Cepat (TKC) Satgas Penanganan Covid-19 Kalurahan Pendowoharjo 

Kanit Binmas Polsek Sewon AKP Dalimin mengungkapkan pengamanan yang di laksanakan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Pendowoharjo bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama prosesi pemakaman.

Sementara itu usai melaksanakan pengamanan Aiptu Heru Mulyono menyampaikan bahwa masyarakat Pendowo cukup terbuka dan dapat menerima apabila ada warga yang meninggal dunia karena covid di makamkan di wilayahnya. (Humas Polsek Sewon)


30 January 2021

Polsek Jetis Kawal Pendistribusian Vaksin Covid-19 Ke Sejumlah Rumah Sakit Dan Puskesmas

Panit Sabhara Polsek Jetis Iptu Poniman bersama anggotanya melaksanakan pengawalan dan pengamanan pendistribusian Vaksin Covid-19, Kamis (28/1/2021) pagi.

Pengamanan dan pengawalan pendistribusian Vaksin Covid-19 dilakukan mulai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menuju ke sejumlah lokasi penyimpanan Di Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di wilayah Jetis Bantul.

Sementara itu, program vaksinasi dari pemerintah tersebut rencananya akan dibagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama vaksin akan diberikan kepada para tenaga medis yang ada selaku garda terdepan dalam penanganan Covid-19. (Humas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Pengamanan Penyaluran BLT DD Tahun Anggaran 2021

Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Aipda Subawa SH melaksanakan pengamanan kegiatan penyaluran BLT DD tahun anggaran 2021 di Kalurahan Triharjo, Pandak, Bantul, Sabtu (30/1/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Petugas dari DPPKBPMD Kabupaten Bantul, Panewu Pandak Kusmardiyono S.Sos.,M.Acc, Lurah Kelurahan Triharjo Suwardi S.Pd, Pendamping Kalurahan, Ketua Bamuskal Kelurahan Triharjo dan KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Dalam penyaluran bantuan BLT DD Kali ini untuk wilayah Kalurahan Triharjo sebanyak 35 KPM yang menerima manfaat dari BLT DD tersebut.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Aipda Subawa SH sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta memberikan imbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Harapannya dengan penerapan protokol kesehatan dapat mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Hadiri Pengukuhan Relawan Aman Covid-19

Bertempat di Aula Balai Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo menghadiri pengukuhan Relawan Aman Covid-19 Pedukuhan dan peresmian Shelter Kelurahan Wirokerten, Jumat (29/1/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut di antaranya Panewu Banguntapan Drs. Fauzan Muarifin, Kepala Puskesmas Banguntapan II, Lurah Wirokerten Hj. Rakhmawati W SE dan Relawan Covid-19 Kalurahan Wirokerten.

Pengukuhan Relawan Aman Covid-19 Kalurahan Wirokerten dalam rangka membantu tugas kemanusiaan selama pandemi Covid-19, baik memberikan edukasi protokol kesehatan hingga pemakaman jenazah terpapar Covid-19.

Selain untuk penanganan Covid-19, relawan ini juga membantu tugas kemanusiaan lainnya seperti bencana alam dan kegiatan kemasyarakatan.

Sebelum acara dimulai Bhabinkamtibmas Aipda Indra Prasetyo memberikan materi edukasi protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru kepada para relawan serta mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan. (Humas Polsek Banguntapan)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Laksanakan Pengamanan Hari Raya Saraswati di Pura Eka Dharma

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistyo SH melaksanakan pengamanan kegiatan perayaan Hari Raya Saraswati di Pura Eka Dharma, Dusun Gonjen, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Sabtu (30/1/2021).

Hari Raya Saraswati merupakan hari suci bagi umat Hindu sebagai simbol turunnya ilmu suci dan ilmu pengetahuan.

“Kita berharap, ditengah merebaknya pandemi Covid-19, semua semeton umat Hindu  di manapun berada, menjadikan momentum perenungan sekaligus mengaktualisasikan tentang turunnya ilmu pengetahuan suci ke muka bumi ini,” Kata Bripka Agustinus.

Perayaan Hari Raya Saraswati hari ini umat Hindu menjalankan peribadatan di Pura untuk memanjatkan doa serta sebagai perenungan. (Humas Polsek Kasihan)

Polsek Sewon Kawal Pendistribusian Vaksin Sinovac

Untuk memastikan pendistribusian vaksin Sinovac berjalan dengan aman dan lancar, Polsek Sewon melakukan pengawalan terhadap pendistribusian Vaksin Sinovac Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menuju Puskesmas Sewon 1 dan Puskesmas Sewon 2, Jumat (29/1/2021) siang.

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH menjelaskan, pengawalan yang dilakukan oleh personelnya adalah untuk kelancaran dan memastikan vaksin sampai tujuan dengan aman.

"Pengawalan ini sesuai dengan instruksi pimpinan, guna memastikan kelancaran dan keamanan vaksin sampai ke tujuan," kata Kapolsek.

Kapolsek juga menambahkan, sebelum pendistribusian pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh komponen yang berkompeten dengan vaksin.

"Dengan distribusikannya vaksin tersebut, diharapkan masyarakat mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19," pangkas Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)

Polsek Pundong Kawal Distribusi Vaksin Covid-19

Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari S.Psi memimpin pengamanan dan pengawalan pendistribusian Vaksin Covid-19 Jenis Sinovac ke Puskesmas Pundong dari Gudang Penyimpanan Vaksin Covid-19 di IFK (Instalasi Farmasi Kabupaten) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Sabtu 30 Januari 2021.

AKP Yosephine Iswantari S.Psi menjelaskan, pengamanan dan pengawalan pendistribusian vaksin Covid-19 ke Puskesmas Pundong dimulai dari Gudang IFK Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

Setibanya di Puskesmas Pundong, kemudian vaksin Covid-19 dipindahkan ke ruang penyimpanan vaksin Laboratorium Puskesmas Pundong. Adapun vaksin yang saat ini diterima oleh Puskesmas Pundong sebanyak 80 vaksin untuk 80 orang dan diutamakan yang akan menerima adalah tenaga medis di lingkungan Puskesmas Pundong. (Humas Polsek Pundong)

Polsek Sedayu Kawal Pendistribusian Vaksin Untuk Covid-19

Kanit Lantas Polsek Sedayu AKP Sarijan memimpin pengawalan pendistribusian Vaksin Covid-19 jenis Sinovac tahap pertama dari Dinas Kesehatan Bantul ke sejumlah Puskesmas di wilayah Kapanewon Sedayu, Bantul, Jumat (19/1/2021).

Kegiatan pengawalan dilakukan bert5ujuan agar dalam pendistribusian vaksin tersebut dapat berjalan aman dan lancar. Pengawalan menggunakan mobil dinas patroli Polsek Sedayu.

Ada sebanyak 80 paket vaksin yang masing-masing didistribusikan ke Pukesmas Sedayu 1 dan Puskesmas Sedayu 2. Untuk pelaksanaan vaksinasi Covid19 pada tahap pertama ini masih menunggu petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. (Humas Polsek Sedayu)

Wakapolsek Piyungan Pimpin Monitoring Kegiatan Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19

Tim Satgas Covid-19 Kapanewon Piyungan melaksanakan monitoring lapangan salah satu kegiatan warga, yakni hajatan salah satu warga di Dusun Bulusari Srimartani Piyungan Bantul, Kamis (28/1/2021) siang.

Kegiatan ini melibatkan dari unsur Polri TNI dan Kapanewon Piyungan dipimpin oleh Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta SH.

Adapun tujuan dari kegaiatan monitoring ini adalah untuk memastikan bahwa acara hajatan warga telah menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

Dari hasil monitoring bahwa warga telah melaksanakan protokol kesehatan dengan tertib antara lain menyediakan tempat cuci tangan, adanya alat thermogun, pembatasan jumlah tamu8 undangan serta menempatkan kursi tamu dengan jarak 1 meter.

Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta SH mengucapkan terima kasih kepada pihak keluarga yang melaksanakan hajatan sesuai dengan Instruksi Bupati Bantul tentang pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat dimana tamu undangan tidak lebih dari 50 orang. (Humas Polsek Piyungan)

Polsek Bantul Santuni Anak Yatim Piatu

Polsek Bantul kembali melaksanakan kegiatan bhakti sosial Santunan Anak Yatim Piatu di Aula Balai Kalurahan Palbapang Bantul, Jumat (29/1/2021).

Kegiatan santunan ini merupakan Progran Sipolin yang diagendakan rutin setiap hari Jumat menggunakan dana infaq anggota Polsek Bantul di setiap bulannya. Santunan kali ini diberikan kepada 25 anak yatim yang ada di wilayah Kalurahan Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH,Kanit Binmas Polsek Bantul Iptu Subarata, Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aipda Agus B dan anak yatim beserta pendamping.

Dalam Sambutannya Kapolsek Bantul menyampaikan ucapan salam, syukur dan selamat datang kepada anak-anak yatim piatu beserta segenap tamu undangan yang hadir.

Kapolsek berpesan kepada anak-anak yatim agar terus belajar dan menuntut ilmu agar tercapai cita-citanya. Terus berusaha tanpa putus asa agar bisa sukses, berguna bagi agama dan negara.

“Meskipun di masa pendemi Covid-19 adik-adik tetap semangat dan rajin belajar, semoga tercapai cita-cita. Tak kalah penting tetap terapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” ucap Kapolsek Bantul.

Kegiatan dilanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh Aiptu Azhar Mustaqim dan dilanjutkan pemberian santunan anak yatim piatu. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Laksanakan Pengamanan Penyaluran BLT DD

Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho melaksanakan pengamanan penyaluran BLT-DD tahap I tahun 2021 di Pendopo Kantor Kelurahan Caturharjo, Pandak, Bantul, Jumat (29/1/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut DPPPKBPMD Kabupaten Bantul Yuliana, Lurah Caturharjo H.Wasdiyanto S.Si, Pendamping DD Lastri, Kamituwo Kalurahan Caturharjo Bunyamin A.Md, Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho dan KPM Penerima BLT-DD.

Penerima bantuan BLT DD di Kalurahan Caturharjo sebanyak 77 KPM yang masing-masing menerima uang tunai sebesar RP 300 ribu.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan memberikan imbauan pencegahan Covid-19 kepada warga penerima bantuan. Antara lain agar selalu melaksanakan 4M atau protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru. (Humas Polsek Pandak)

Polsek Kretek Amankan Penyaluran BLT DD Tahap I Tahun 2021

Personel Polsek Kretek dipimpin langsung oleh Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin melaksanakan kegiatan pengamanan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap I Tahun 2020, Jumat (29/1/2021).

Adapun penyaluran bantuan tersebut dilakukan di sejumlah kantor Kalurahan wilayah Kapanewon Kretek secara serentak dengan masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu.

Dalam kegiatan tersebut petugas memastikan berjalan dengan aman dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 . (Humas Polsek Kretek)

Kapolsek Kretek Pimpin Apel Pagi

Personel Polsek Kretek melaksanakan apel pagi di halaman Mapolsek Kretek dipimpin Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin, Jumat (29/1/2021) pagi.

Dalam arahannya Kapolsek Kretek menyampaikan agar anggota tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktifitas di luar rumah sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam masa sulit karena pandemi Covid-19 ini Kapolsek Kretek mengajak seluruh anggota untuk semakin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah dan doa agar semakin dikuatkan menghadapi situasi saat ini.

Setelah kegiatan apel dilanjutkan dengan olahraga pagi berupa jalan sehat menyusuri kawasan pantai. (Humas Polsek Kretek)

Jalin silaturahmi, Kapolsek Bambanglipuro Adakan Safari Sholat Jumat Di Masjid Al Huda Darussalam

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh.S.Pd I MM bersama dengan anggota melaksanakan safari sholat Jumat berjamaah di Masjid Al Huda Darussalam Dusun Tempel Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Jumat (29/1/2021) siang.

Selain guna menjalankan kewajiban ibadah kepada Allah Swt, kegiatan ini juga dalam rangka menjalin silaturahmi dengan warga masyarakat sehingga terjalin hubungan dan kemitraan yang baik. Kegiatan ini merupakan program rutin Kapolsek Bambanglipuro yang dilaksanakan di masjid wilayah Kapanewon Bambanglipuro secara bergantian.

Kapolsek Bambanglipuro mengajak warga dan jamaah untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di lingkungan tempat tinggal tetap aman dan kondusif.

“Waspadai dengan kelompok-kelompok radikalisme dan penyebaran berita hoax yang dapat memecah persatuan dan kesatuan. Dan juga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19,” pesan AKP Khabibulloh S.Pd I MM. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Mulyodadi Dampingi Penyemprotan Disinfektan Di Dusun Ngambah

Bhabinkamtibmas Kalurahan Mulyodadi Aipda Sukaryadi melaksanakan pendampingan kegiatan pengozonan dan penyemprotan disinfektan di rumah warga Dusun Ngambah Mulyodadi Bambanglipuro Bantul, Jumat (29/1/2021) malam.

Hadir dalam kegiatan di antaranya Babinsa Sertu Dwi Sujorotun, Lurah Mulyodadi Ari Sapta Nugraha SH, Carik Mulyodadi Erwin Sunarya SE, Dukuh Ngambah dan FPRB Mulyodadi.

Kegiatan pengozonan dan penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19, karena salah salah satu warga dinyatakan positif dan baru menjalani rawat isolasi di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19.

Selama kegiatan dilakukan tetap menggunakan operasional prosedur pencegahan penyebaran Covid-19 dan menggunakan APD yang sudah ditentukan oleh protokol kesehatan. Bhabinkamtibmas Aipda Sukaryadi mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang namun tetap disiplin menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Sanden bersama Instansi Terkait Lakukan Penyuluhan Prokes Dan Operasi Masker Di Srigading

Polsek Sanden bersama dengan unsur Kapanewon, Koramil, Puskesmas dan Kalurahan melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Operasi Masker kepada warga masyarakat dalam rangka mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 semakin banyak, Jumat (29/1/2021) pagi.

Kegiatan penyuluhan dan operasi ini pada merupakan kegiatan hari kedua dilaksanakan oleh tim dari Kapanewon Sanden dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Sanden. Kegiatan tersebut menindaklanjuti rapat evaluasi penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah Kapanewon Sanden.

Dalam kegiatan tersebut diikuti Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Sanden Drs. Teguh Priyana, Kepala Jawatan Sosial Sanden Toemijan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudiyanto SH, Babinsa, Petugas Puskesmas Sanden, Carik dan Jagabaya Kalurahan Srigading.

Petugas gabungan melakukan mobiling di wilayah Kalurahan Srigading memberikan imbauan kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan, sekaligus memberikan teguran dan membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker.

Bhabinkamtibmas Srigading Bripka Afif Rudiyanto SH dalam keteranganya menyampaikan pentingnya sinergitas dan koordinasi antar instansi dalam usaha pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti dalam kegiatan penyuluhan dan operasi masker yang dilaksanakan hari ini bersama-sama instansi terkait.

“Semoga masyarakat lebih mematuhi protokol kesehatan untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” ucap Bripka Afif Rudiyanto SH. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Gadingsari Monitoring penyaluran BLT DD Tahap 1 Tahun 2021

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto S.Pd rajin melakukan pedekatan kepada masyarakat wilayah binaannya dan selalu memberikan pelayanan Kepolisian yang maksimal.

Selain itu, Bhabinkamtibmas Aipda Mochlis Humavianto S.Pd juga selalu menjalin silaturahmi kepada masyarakat dan Pamong Kalurahan sehingga hubungan antara Bhabinkamtibmas dan masyarakat pamong setempat terjalin dengan baik.

Kali ini Bhabinkamtibmas Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto S.Pd melaksanakan giat monitoring sekaligus pendampingan penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa untuk masyarakat Gadingsari di Aula Balai Kalurahan Gadingsari, Sanden, Bantul, Jumat (29/1/2021).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya Lurah Gadingsari Mashuri, Pangripto, Jogoboyo dan Babinsa.

Sebanyak 45 KK warga masyarakat Gadingsari menerima BLT DD tahap 1 tahun 2021 masing-masing sebesar Rp 300 ribu. Dengan penyaluran bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari, terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19 yang juga berdampak pada perekonomian masyarakat.

Dalam penyaluran BLT DD, tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Sanden)

29 January 2021

Cabuli Tiga Anak di Bawah Umur, Lelaki Paruh Baya di Jetis Diamankan Polisi

Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polres Bantul mengamankan pelaku pencabulan terhadap anak perempuan yang masih di bawah umur.

Lelaki paruh baya berinisial TMJ (50) warga Kalurahan Patalan Kapanewonan Jetis Kabupaten Bantul ini memang keterlaluan. Lelaki yang berprofesi sebagai petani ini tega mencabuli tiga orang anak di bawah umur yang masih tetangganya sendiri.

Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Bantul, Iptu Sutarja didampingi Kasubbag Humas Iptu Sumaryata saat menggelar jumpa pers, Jumat (29/1/2021) menuturkan, TMJ terpaksa diamankan oleh polisi lantara telah melakukan pencabulan terhadap beberapa anak di bawah umur beberapa waktu yang lalu. TMJ dijemput di rumahnya Jumat (29/1/2021) pagi.

TMJ dilaporkan oleh salah seorang orangtua korban pencabulan karena anaknya mengalami tindakan tak senonoh oleh pelaku lebih dari satu kali. Kasus ini sempat melalui mediasi di tingkat padukuhan namun karena korbannya ternyata lebih dari satu orang maka akhirnya dilaporkan ke polisi.

"Beberapa anak diremas payudaranya dan diciumi kemaluannya," ujar Sutarjo.

Pelaku dilaporkan tanggal 24 Desember 2020 atas perkara perbuatan cabul terhadap anak. Pasal yang dipersangkakan kepada pelaku adalah pasal 82 Undang-undang RI nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan Perpu nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang RI nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman paling sedikit 5 tahun dan paling lama 15 tahun penjara.

Sutarjo menambahkan, motif pelaku melakukan pencabulan terhadap anak di bawah umur karena pelaku sangat berhasrat dan bernafsu untuk memegang payudara dan alat kelaminnya ketika melihat anak-anak yang baru mulai tumbuh payudaranya.

"Jadi motifnya ini timbul hasrat nafsunya karena melihat anak-anak yang baru tumbuh,"paparnya.

Tiga anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar yang menjadi korban pencabulan adalah KRN (9), LTF (8) dan ZIL (7). Ketiganya merupakan tetangga pelaku yang sering bermain di sekitar rumah pelaku. Mereka dijanjikan akan diberikan boneka usai dicabuli.

Usai melakukan pencabulan pelaku meminta kepada para korban untuk tidak menceritakan peristiwa tersebut kepada orang lain. Karena menurut pelaku apa yang terjadi itu rahasia mereka berdua sehingga orang lain tidak boleh mengetahuinya.

Kendati demikian korban merasa gelisah akhirnya menceritakan peristiwa tersebut kepada kakak kandungnya. Setelah itu kakak korban langsung menceritakan peristiwa tersebut kepada orangtua mereka dan diteruskan ke tokoh masyarakat.

"Akhirnya dilakukanlah mediasi agar tidak dilaporkan ke polisi," paparnya.

Namun usai mengetahui apa yang dilakukan pelaku terhadap anaknya sudah keterlaluan, maka orangtua KRN bersama warga setempat akhirnya melaporkan peristiwa tersebut ke polisi. Polisipun melakukan penyelidikan hingga gelar perkara. Akhirnya pelaku diamankan ke Mapolres Bantul tadi pagi.

Dalam penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian KRN telah menjadi korban pencabulan sebanyak 4 kali. Selain terhadap krm aksi bejat pemijahan juga dilakukan kepada dua bocah lainnya masing-masing adalah LTF (8) dan ZIL (7). Keduanya juga pernah mengalami kejadian yang sama lebih dari satu kali.

"LTF dicabuli 2 kali dan ZIL 3 kali," terangnya.

Dalam kasus ini turut diamankan barang bukti tiga pasang pakaian milik para korban.

Kepada polisi, TMJ mengaku sangat senang dan timbul hasrat untuk melakukan pencabulan ketika melihat anak-anak yang payudaranya baru tumbuh. Sehingga ia berupaya keras untuk membujuk anak-anak yang sering bermain di sekitar rumahnya agar bersedia diajak ke dalam rumah untuk dicabuli.

"Seneng aja lihat anak-anak yang payudaranya baru tumbuh," ujarnya.

TMJ mengaku aksinya lebih banyak dilakukan di rumah karena kondisi rumahnya memang sangat sepi ketika siang hari. Di mana istrinya tapi untuk bekerja serta dua anak perempuannya juga tidak berada di rumah.

TMJ mengaku tidak menyalurkan nafsunya ke Pekerja Seks Komersial (PSK) karena tidak memiliki cukup uang dan takut terkena penyakit. 

“Takut kena HIV,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)


Anak di Bawah Umur Tabrak 8 Pengendara Motor di Banguntapan, Satu Tewas

Sebuah mobil KIA Picanto menabrak 8 motor sekaligus di depan RSPAU Hardjolukito, Bantul.

Kecelakaan mau tersebut terjadi pada Rabu (27/01/2021) pukul 18.30 WIB.

Kapolsek Banguntapan, Kompol Zainal Supriyatna mengatakan pengendara mobil ber nomor polisi AD 1809 IC tersebut adalah EHSW. Pelajar berusia 13 tahun asal Trucuk, Klaten, Jawa Tengah.

Kecelakaan bermula saat pengendara sepeda motor berhenti di lampu lalu lintas yang menyala merah.

Namun tiba-tiba dari arah belakang pengendara mobil tetap melaju dan menabrak pengendara motor di depannya. 

Akibatnya pengendara motor terpental setelah diseruduk mobil yang dikendarai anak pelaku.

Anak pelaku tidak mengalami luka, namun nahas beberapa pengendara mengalami luka-luka dan ada yang meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Ada satu yang meninggal dunia di lokasi kejadian. Mengalami cidera kepala dan langsung dibawa ke RSPAU Hardjolukito. Korban lain ada yang luka terbuka, memar, patah tulang kaki, patah tulang rusak, patah ibu jari. Yang luka langsung dirawat di RSPAU Hardjolukito," katanya, Jumat (29/01/2021).

Kecelakaan tersebut juga mengakibatkan mobil bagian depan ringsek.

Sebagian besar motor korban juga mengalami kerusakan dan ringsek bagian depan dan belakang. 

Kasus kecelakaan selanjutnya ditangani oleh Unit Laka Lantas Polres Bantul. 

"Saat ini masih dilakukan pendalaman," ujarnya. 

Dari pemeriksaan singkat diketahui anak pelaku mengendarai mobil bersama orangtuanya.

Kecelakaan lalu lintas tidak bisa terhindarkan karena anak pelaku belum mahir menyetir. 

"Memang belum lancar dalam menyetir," tambahnya.


Polcast Bidhumas Polda DIY Bincang-Bincang Dengan Bhabinkamtibmas Polwan Polsek Sanden yang Sukses Budidayakan Nanas Bagong

Program Polcast edisi ke-31 Bidhumas Polda DIY kali ini berbincang-bincang dengan menampilkan sosok Bhabinkamtibmas Polwan Kalurahan Murtigading Polsek Sanden Polres Bantul, Bripka Tri Asih SE. Kegiatan dilaksanakan di rumah Bripka Tri Asih SE Dusun Piring 1 RT 4 Kalurahan Murtigading Kapanewon Sanden, Jumat (29/1/2021) jam 10.00 WIB. 

Polcast merupakan program Bidhumas Polda DIY, menyapa warganet atau netizen dengan informasi yang positif.

Bersama Kompol Theresia DA., Psi., M.Psi. selaku Host, Bhabinkamtibmas Polwan Kalurahan Murtigading Polsek Sanden Bripka Tri Asih SE berbincang-bincang mengenai seorang Polwan yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polwan yang juga sukses membudidayakan tanaman nanas Bagong di lingkungan rumahnya.

Umumnya tugas Bhabinkamtibmas diemban oleh Polisi laki-laki karena tugasnya sangat berat dengan waktu tugas tidak terbatas alias 24 jam dalam menyampaikan informasi dan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat. Namun bagi Bripka Tri Asih SE yang notabene adalah seorang wanita tetap dapat menjalankan tugas tersebut dengan baik. Hal ini tak lepas dari dedikasinya sebagai anggota Polwan yqng juga dukungan dari keluarga baik suami, anak-anak dan keluarga besarnya.

Di tengah kesibukannya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polwan satu-satunya di Polres Bantul dan juga ssbagi Istri dan Ibu dari kedua anaknya, Bripka Tri Asih SE juga sukses membudidayakan tanaman nanas Bagong. Bripka Tri Asih SE menuturkan, dia menamakan nanas Bagong karena buahnya besar yang mencapai 5-6 kg, dagingnya tebal dan rasanya manis. Ratusan tanaman nanas bagong tumbuh subur dilingkungan sekitar rumahnya.

Bripka Tri Asih membudidayakan nanas bagong dengan media pot, juga tanah pekarangan sekitar rumahnya. Dijelaskan, budidaya nanas bagong sangat mudah bahkan tidak ada kendala karena mudah tumbuh. Saat ini Tri Asih terus berupaya mengembangbiakan tanaman nanas bagong yang masih baru di wilayah Sanden khususnya.

"Saya bertekad akan menjadikan tanaman nanas bagong sebagai icon di wilayah Sanden. Selain masih langka karena belum banyak juga sangat menarik dengan buahnya yang cukup besar," tandasnya.

Bagi masyarakat yang penasaran dengan tanaman nanas bagong bisa mengunjungi rumah Bripka Tri Asih SE di Dusun Piring 1 RT 4 Kalurahan Murtigading Kapanewon Sanden. (Humas Polsek Sanden)


Polsek Jetis Kawal Vaksin Covid-19

Panit Sabhara Polsek Jetis Iptu Poniman bersama dua anggotanya melaksanakan pengawalan dan pengamanan pendistribusian Vaksin Covid-19, Kamis (28/1/2021) pagi.

Pengamanan dabn pengawalan pendistribusian Vaksin Covid-19 mulai dari Dinkes Kabupaten Bantul menuju ke beberapa lokasi penyimpanan di rumah sakit di wilayah Jetis.

Program vaksinasi dari pemerintah tersebut rencananya akan dibagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama, penerima vaksin diprioritaskan untuk segenap tenaga medis yang ada di wilayah Kapanewon Jetis selaku garda terdepan dalam penanganan Covid-19. (Humas Polsek Jetis)


Klinik Wira Pratama Polres Bantul Terima Vaksin Sinovac

Klinik Wira Pratama Polres Bantul menerima vaksin Sinovac dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. 

Vaksin diserahkan petugas dari Dinkes dan diterima langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH didampingi Paurkes Ida Wahyuningsih A.Md.Kep.

Kapolres Bantul mengatakan jumlah vaksin yang diterima sebanyak 13 vial.

Dijelaskan, pelaksanaan vaksin ini nantinya terlebih dahulu diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan.

“Vaksin ini nantinya akan diberikan bagi nakes di Polres Bantul terlebih dahulu,” kata AKBP Wachyu, Jumat (29/1/2021).

Lebih lanjut ia menangatakan, adapun kriteria orang yang di vaksin Covid-19 yaitu tidak memiliki penyakit bawaan tertentu dan di atas usia 18 tahun serta di bawah 60 tahun.

“Tidak punya comorbid (penyakit penyerta), seperti hipertensi, diabetes dan lain-lain,” imbuhnya.

Vaksinasi akan dilakukan pada tanggal 1 Februari 2021 pekan depan bertempat di Klinik Pratama Polres Bantul. (Humas Polres Bantul)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Ikuti Giat PSN

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aipda Sutopo mengikuti kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di RT 01 Sampai 04 Kampung Semoyan Dusun Singosaren 2 Singosaren Banguntapan Bantul, Jumat (29/1/2021).

Kegiatan PSN diikuti oleh Lurah Singosaren H. Joko Prayitno, Tim Kesehatan Kapannewon Banguntapan, Kamituwo Pedukuhan Singosaren Dra. Fatimah, Dukuh Ibu Besti K, S.Pd, Kader Jumantik desa serta Babinsa Sertu Sukamal.

Maksud dan tujuan dilakukan PSN untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari penyakit serta untuk mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan dilaksanakan PSN diharapkan warga masyarakat mampu dengan kesadaran dan mandiri menjaga sekitar tempat tinggal terutama kebersihan kamar mandi dan air area sekitar rumah tidak ada sampah maupun genangan air.

Pelaksanaan kegiatan PSN dengan cara pemeriksaan dari rumah ke rumah warga, dengan memeriksa setiap kamar mandi dan dan kebersihan lingkungan rumah.

Hasil kegiatan PSN berjalan lancar dilaksanakan di 4 RT di kampung Semoyan pedukuhan Singosaren 2 dengan hasil ABJ (angka bebas jentik)  sebesar 80 %. (Humas Polsek Banguntapan)


Cegah Kerusakan Vaksin Covid, Polsek Kasihan Jaga Ketat Proses Distribusi

Anggota Polsek Kasihan dipimpin Ipda Sigit melaksanakan pengamanan dan pengawalan pendistribusian vaksin Covid-19 dari Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul ke Gudang Penyimpanan Puskesmas Kasihan I dan Puskesmas Kasihan II, Jumat (29/1/2021).

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo,SH melalui Kanit Patroli Iptu Hadi Prajitno menyebutkan Polri memiliki sejumlah alasan mengapa pengiriman vaksin Covid-19 dilakukan dengan ketat. Salah satu alasannya, vaksin itu beku dan hanya bisa bertahan pada suhu tertentu.

"Vaksin itu ditempatkan di dalam wadah tertentu atau freezer yang mempunyai suhu tertentu," jelas Hadi.

"Freezer tersebut mempunyai batas waktu untuk mencapai suhu tertentu," tambahnya.

Oleh karena itu, pengawalan ketat diperlukan supaya kendaraan pembawa vaksin Covid-19 bisa cepat sampai ke Bandung. Pengawalan bertujuan agar vaksin Covid-19 tidak rusak di jalan karena terganggu oleh suhu.

"Maka diperlukan perlakuan yang berbeda. Jangan sampai vaksin rusak karena keterlambatan," papar Hadi.

Ditambahkan, vaksin Covid-19 dengan nama Vaksin Sinovac (SARS-COV-2 Inactivated) telah datang di Penyimpanan Puskesmas Kasihan I sekitar pukul 09.00 WIB dengan jumlah vaksin sebanyak 80 Vial dalam keadaan baik.

Dan pengawalan dilanjutkan menuju Puskesmas Kasihan II pada pukul 09.30 WIB Vaksin 19 dengan nama Vaksin Sinovac (SARS-COV-2 Inactivated) telah datang di Penyimpanan Puskesmas Kasihan II dengan jumlah vaksin sebanyak 160  Vial dalam keadaan baik. (Humas Polsek Kasihan)


Kapolsek Pundong Kunjungi Puskesmas Koordinasi Penyimpanan Vaksin Sinovac

Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari S.Psi didampingi Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Srihardono melakukan koordinasi dengan Kepala Puskesmas Pundong tentang penyimpanan dan pendistribusian vaksin Sinovac, Jumat (29/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek juga melakukan pengecekan tempat peyimpanan vaksin Covid-19 produksi sinovac dengan Kepala Puskesmas.

Pengecekan tersebut bertujuan untuk melihat kesiapan Puskesmas Pundong melakukan vaksinasi kepada masarakat.

Saat ini petugas kesehatan tingkat kecamatan sedang mengikuti pelatihan vaksinator. Dalam kegiatan pengecekan tersebut Kepala Puskesmas mengatakan pihaknya telah menyiapkan tempat box penyimpanan (cold chain) dengan suhu 2°c – 8°C. (Humas Polsek Pundong) 


Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo Dampingi Tim Satgas Covid-19 Makamkan Jenazah Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo  Bripka Wahyono  mendampingi Tim Satgas Covid-19 Kalurahan Sriharjo  yang akan melaksanakan pemakaman jenazah salah satu warga yang meninggal dunia akibat Covid-19, Kamis (28/1/2021) malam.

Jenazah warga Dusun Karangkulon Kalurahan Sriharjo Kapanewon Imogiri tersebut dimakamkan  prosedural Covid-19 di makam umum  Dusun Karangkulon Sungapan Sriharjo.

Menurut Bhabinkamtibmas Sriharjo almarhum tersebut adalah warga Dusun Karangkulon seorang laki-laki usia 54 tahun, dan sempat dirawat di RSUD Panembahan Senopati.

Petugas pemakaman dilaksanakan dari time relawan Pemakaman satgas Covid Kalurahan Sriharjo dan di hadiri oleh Lurah Sriharjo, Jogoboyo, serta perwakilan keluarg. (Humas Polsek Imogiri)


Bripka Afid Hadiri Rakor Satgas Covid di Kalurahan Srigading Sanden

Anggota Polsek Sanden yaitu Bhabinkamtibmas Srigading Bripka Afif Rudiyanto mengikuti Rapat Koordinasi Satgas Covid Kalurahan Srigading di Ruang Kerja Lurah Srigading Kapanewon Sanden, Kamis (28/1/2021) jam 11.30 WIB.

Hadir dalam giat rapat koordinasi diantaranya petugas Puskesmas Sanden, Lurah Srigading Ir. Prabawa Suganda, Ketua TP PKK Srigading, Bhabinkamtibmas Srigading Bripka Afif Rudiyanto, Carik, Jagabaya dan Kaur Tata Laksana Kalurahan Srigading.

Kegiatan rapat koordinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan rencana pelaksanaan penyuluhan protokol kesehatan kepada masyarakat secara mobiling oleh petugas gabungan Dinas Instansi se-Kapanewon Sanden Kalurahan Srigading sekaligus koordinasi pelaksanaan BLT DD.

Sesuai rencana, giat penyuluhan prokes secara mobiling akan dilaksanakan hari Jumat (29/1). Dalam kegiatan tersebut juga akan dilakukan operasi dan pembagian masker sebagai upaya pencegahan/meminimalisir penyebaran covid-19. (Humas Polsek Sanden)


Hadiri pertemuan Posyandu Kalurahan, Bhabinkamtibmas Srigading Sanden Sampaikan Prokes

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Polsek Sanden Bripka Afif Rudiyanto menghadiri Pertemuan Kader Posyandu Kalurahan Srigading dan pembagian vitamin A. Pertemuan dilaksanakan di Aula Balai Kalurahan Srigading, Kamis (28/1/2021) jam 09.30 WIB.

Kegiatan dihadiri petugas Puskesmas Sanden, Ketua Kader Posyandu Kalurahan Srigading, Kader Posyandu Pedukuhan se-Kalurahan Srigading dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudiyanto. Pertemuan tingkat Kalurahan ini merupakan bagian dari pemberdayaan dan penggerakan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan, dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan yang telah disediakan Pemerintah dan juga menggali dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat untuk pembangunan kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, dibagikan vitamin A kepada masing masing kader Pedusunan se-Srigading untuk anak usia 1 s/d 5 tahun. Selain itu juga disampaikan protokol kesehatan pencegahan virus corona. (Humas Polsek Sanden)


Polsek Sanden Bersama Instansi Terkait Adakan Penyuluhan Prokes dan Operasi Masker

Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid 19 yang semakin banyak, Polsek Sanden bersama dengan Kapanewon Sanden, Koramil Sanden, Puskesmas Sanden dan unsur Kalurahan melaksanakan penyuluhan kepada warga masyarakat dengan menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker.

Dalam kesempatan tersebut, petugas gabungan juga melaksanakan operasi masker. Kegiatan dilaksanakan secara berkeliling di wilayah Kalurahan Murtigading dan Kalurahan Gadingsari Kapanewon Sanden Bantul, Kamis,(27/1/2021) pukul 08.00 Wib. Kegiatan di ikuti oleh Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Sanden Toemijan, Kasubag Umum dan Kepegawaian Harun, Kanit Binmas Polsek Sanden Aiptu Bambang Eka Sutrianta, Bhabinkamtibmas Kalurahan Murtigading Bripka Tri Asih SE serta petugas dari Puskesmas Sanden.

Adapun kegiatan penyuluhan dan operasi masker tersebut menindak lanjuti rapat evaluasi penanganan penyebaran Covid -19 wilayah kapanewon Sanden pada tanggal (25/1) kemarin. Dimana angka kasus Covid 19 yang semakin meningkat diperlukan langkah dan tindakan serius dengan memperketat protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid -19.

Dengan menggunakan kendaraan, Tim Kapanewon Sanden menyusuri perkampungan di wilayah Kalurahan Murtigading dan Gadingsari memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Membatasi mobilitas).

Kanit Binmas Polsek Sanden Aiptu Bambang Eka Sutrianta yang ikut mendampingi kegiatan menyampaikan penyuluhan dan operasi masker ini merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid 19 semakin banyak. Semoga dengan masyarakat mematuhi prokes, penyebaran Covid -19 dapat di putus dan masyarakat menjadi sehat, ekonomi menjadi bangkit, ucap Aiptu Bambang. (Humas Polsek Sanden)


28 January 2021

Kapolres Bantul Bersama Sejumlah Tokoh Laksanakan Vaksinasi Perdana

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH bersama sejumlah tokoh terpilih di Kabupaten Bantul melaksanakan vaksinasi perdana di RSUD Panembahan Senopati Bantul, Kamis (28/1/2021).

Tokoh-tokoh terpilih yang mengikuti vaksinasi antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Helmi Jamharis, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan, Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul Nur Asiah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul Isdarmoko, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Budi Raharja, tiga perwakilan FKUB, dan perwakilan pedangang pasar.



Penyuntikan vaksin yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul digelar di ruang IGD RSUD Panembahan Senopati.

Kapolres Bantul Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH mengatakan, sebelum melakukan suntikan vaksin sudah mempersiapkan diri dengan istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Pasca disuntik, Kapolres mengaku tidak ada efek lain yang dirasakan dan hanya lebih pegal saja pada bagian yang disuntik, selebihnya tidak ada masalah.

Setelah vaksinasi diberikan kepada para tokoh di Bantul, vaksinasi dilanjutkan untuk para tenaga kesehatan di RSUD Panembahan Senopati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Sedangkan untuk tenaga kesehatan lain dijadwalkan menerima vaksin pada hari Senin 1 Februari 2021 mendatang. (Humas Polres Bantul)

Anggota Polsek Pleret Takziah Di Rumah Duka Almarhumah Hj Hadi Kasim

Anggota Polsek Pleret melaksanakan takziah di rumah duka almarhumah Hj. Hadi Kasim salah satu tokoh masyarakat di Dusun Kloron Segoroyoso Pleret Bantul, Kamis (28/1/2021).

Kegiatan takziah dipimpin oleh Kasium Polsek Pleret Aiptu Sawaldi mewakili Kapolsek Pleret. Dalam kesempatan tersebut Aiptu Sawaldi menyampaikan rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhumah.

Teriring doa semoga almarhumah husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta keikhlasan.

Almarhumah Hj. Hadi Kasim meninggal dunia di Rumah Sakit JIH Yogyakarta karena sakit. Selanjutnya jenazah almarhumah akan dimakamkan di TPU Kloron Segoroyoso Pleret Bantul.

Tak lupa ia juga menghimbau kepada pihak keluarga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19 dengan menyediakan tempat untuk cuci tangan, hand sanitizer dan mewajibkan memakai masker. (Humas Polsek Pleret)

Polsek Kasihan Amankan Jambret Handphone Yang Dikejar Korbannya

Unit Reskrim Polsek Kasihan Polres Bantul mengamankan pelaku jambret handphone berinisial AR (29) pada Jum’at tanggal 15 Januari 2021 lalu.

"Ya benar, pelaku yang kita amankan yakni AR (29). Yang bersangkutan bersama satu rekannya diduga telah melakukan perampasan handphone milik korban bernama Tuti Widianingsih," kata Panit Reskrim Polsek Kasihan Iptu Madiono didampingi Paur Subbag Humas Polres Bantul Ipda Rita Hidayanto, saat menggelar jumpa pers di Mapolsek Kasihan, Kamis (28/1/2021).

Saat itu korban yang sedang mengendarai sepeda motor dipepet oleh kedua pelaku saat melintas di Jalan Wates km 3,5 Dusun Onggobayan Ngestiharjo Kasihan Bantul. 



Pelaku yang juga mengendarai sepeda motor tersebut lalu mengambil handphone milik korban yang ditaruh di dashboard sebelah kiri.

“Korban yang dibantu warga kemudian mengejar pelaku yang tancap gas,” lanjut Madiono.

Pelaku akhirnya berhasil ditangkap warga, namun saat hendak diamankan, rekan AR menyerang warga dengan sebilah pisau dan mengakibatkan salah seorang warga mengalami luka gores di tangan kanannya.

Rekan AR berhasil melarikan diri dengan membawa handphone milik korban, sementara pisau yang digunakan untuk melukai warga terjatuh. 

AR sendiri berhasil diamankan warga yang selanjutnya diserahkan ke petugas Polsek Kasihan yang tiba di lokasi.

“Untuk identitas pelaku yang kabur sudah kita kantongi,” ungkap Madiono.

Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain sepeda motor Honda Scoopy milik pelaku, satu bilah pisau dapur dan satu buah dus box HP Realmi C1 milik korban.

“Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp 1,4 juta,” jelasnya.

Dalam pengembangan, ternyata pelaku AR dan rekannya yang buron, juga terlibat kasus serupa yang terjadi tiga hari sebelumnya di Sumberan RT 11 Ngestiharjo Kasihan Bantul.

“Modusnya pura-pura tanya alamat, lalu pelaku merampas handphone yang sedang dipegang korban,” imbuhnya.

Menurut pelaku, dirinya sudah 4 kali melakukan aksi penjambretan. Sebelumnya pelaku juga sudah pernah di hukum karena kasus penganiayaan.

Saat ini pelaku telah di tetapakan sebagai tesangka dan dijerat dengan pasal, 365 KUHP, tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan.

“Ancamannya paling lama hukuman 9 tahun penjara,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)