28 February 2021

Kapolsek Srandakan Hadiri Bakti Sosial Anak Yatim dari Mbah Joyo Center

Kapolsek Srandakan Kompol B. Muryanto dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji menghadiri Bakti Sosial Anak Yatim di Aula Kapanewon Srandakan, Minggu (28/2/2021).

Kegiatan bhakti sosial diselenggarakan oleh  MJC (Mbah Joyo Center) dan dihadiri Pembina MJC Sutra Jaya (Mbah Joyo), Ketua MJC Drs Dwi Daryanto Msi, Al Ustadz H.Sukirman dari Kab. Bantul, Panewu Kapanewon Srandakan Anton Yulianto AP.

Dalam kegiatan tersebut MJC memberikan santunan dan sembako untuk anak yatim sebanyak 104 paket untuk 2 Kalurahan dan diwakili oleh 10 Anak.

Bahwa kegiatan setiap akhir bulan yang dilaksanakan setiap akhir bulan untuk memberikan Santunan kepada perwakilan anak-anak yatim disetiap Kapanewon di Kabupaten Bantul.

Pembina MJC juga menyam paikan Permohonan Maaf karena belum semua Anak Yatim Piatu yang ada di Kapanewon Srandakan mendapatkan Santunan dan semoga dapat bermanfaat dan Kehadirin MJC dapat dirasakan masyarakat dan bisa membantu meringankan.

Selama giat berjalan situasi aman, tertib dan  terkendali dengan tetap memperhatikan Prokes Covid 19. (Humas Polsek Srandakan)


Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Bersih Pantai Baru Bersama AKBM

Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Aipda Ali Murtopo melaksanakan Bakti Sosial dan Bersih Pantai yang diinisiasi putra-putri Kopassus yang tergabung dalam organisasi Anak Korps Baret Merah (AKBM) di Pantai Baru Poncosari, Minggu (28/2/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum AKBM Heri Djanbi, Ketua AKBM Yogyakarta Heni Irawati, Babinsa Kal. Poncosari Serda Purnama, Danpos AL Samas Serma Surawal, Anggota AKBM, Dukuh Ngentak Analis Nurohman dan Warga Dusun Ngentak.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka ulang tahun AKBM yang ke-4. Adapun rangkaian kegiatan berupa pemberian bantuan sembako kepada warga Dusun Ngentak, Poncosari dilanjutkan dengan kegiatan bersih pantai di Pantai Baru.

Selama kegiatan berlangsung aman, tertib dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)


Kapolsek Bambanglipuro Hadiri Pelantikan Bupati Wakil Bupati Bantul Periode 2021-2024 Secara Virtual

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM  menghadiri kegiatan Zoom Meeting Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Gunung Kidul dan Sleman oleh Gubernur DIY, di Pendopo Kapanewon Bambanglipuro Bantul, Jumat (26/2/2021) jam 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Drs Lukas Sumanasa M.Kes, Danramil  Bambanglipuro diwakili Serma Supardiyanto dan Lurah se Kapanewon Pandak.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang dilantik untuk periode tahun 2021-2024 adalah Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo. Sedangkan pasangan Bupati Wakil Bupati Sleman adalah Hj Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa, dan Bupati Wakil Bupati Gunungkidul Sunaryanto - Heri Susanto.  Ketiga pasangan Bupati dan wakil Bupati pun telah mengucap sumpah jabatan, mengikuti arahan Sultan

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak tempat duduk dan mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer.

Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM mengikuti kegiatan tersebut sampai dengan selesai. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Bersama Stagas Covid, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Lakukan Tracing Warga Terpapar Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo bersama Lurah Hj. Rakhmawati W, SE dan Babinsa Sertu Triyono serta Satgas Covid-19 Kalurahan Wirokerten, melaksanakan tracing warga yang kontak erat dengan salah satu warga Botokenceng Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul yang positif Covid-19 dan saat ini dalam perawatan medis, Sabtu (27/1/2021)

Tracing dilakukan untuk segera mencegah / memutus penyebaran Covid-19 di Pedukuhan Botokenceng Wirokerten, sehingga cepat dapat tertangani dengan baik. 

Setelah dilaksanakan tracing kemudian Bhabin bersama Lurah, Babinsa dan Satgas Covid-19 Kalurahan Wirokerten mendampingi warga yang kontak erat untuk dilakukan swap oleh petugas dari puskesmas banguntapan 2. Dan sampai saat ini sebanyak 35 warga yang kontak erat dilakukan swab, dan sudah nampak ada beberapa warga yang positif covid19. Sampai saat ini kegiatan swap masih dilaksanakan. (Humas Polsek Banguntapan)


Polsek Sewon Bersama Tim Satgas Covid Bangunharjo Laksanakan Edukasi Protokol Kesehatan Kepada Warga

Personel Polsek Sewon yang tergabung dalam Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Aiptu Imron Rosadi dan Aiptu Didik Arintoko bersama sama dengan sejumlah personel Satgas Covid 19 Kalurahan Bangunharjo melaksanakan edukasi dan pengecekan kepatuhan protokol kesehatan kepada warga masyarakat dan tempat usaha di wilayah Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon,. kabupaten Bantul, Sabtu (27/02/2021),malam.

Sebelum pelaksanaan edukasi tersebut Aiptu Imron Rosadi selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Kalurahan Bangunharjo menyampaikan ada 3 tempat yang akan di datangi.

"Untuk malam ini ada 3 titik yang akan kita datangi, 2 warga yang akan melaksanakan hajatan tasyakuran pernikahan di dusun Semail dan dusun Bakung Kaloran serta 1 cafe angkringan di dusun Semail," ungkapnya.

Di rumah Bapak Kasno, yang beralamat di dusun Bakung Kaloran RT 01, Bangunharjo Sewon Bantul petugas melaksanakan edukasi dan pengecekan ketersediaan tempat cuci tangan, HANDSANISTASER, dan sara pendukung dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara itu di angkringan cafe Dalem Smail petugas petugas juga melaksanakan kegiatan yang sama, mengedukasi kepada pemilik cafe Bapak Denny, beserta karyawan , dan pengunjung cafe.

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH mengatakan Tim Posko PPKM Mikro Desa Bangunharjo mendatangi dan melaksanakan  edukasi serta himbauan  terkait rencana acara tasyakuran pernikahan yang dilaksanakan warga agar memenuhi sesuai ketentuan sebagaimana Instruksi Mendagri, Gubernur DIY dan Bupati Bantul atas pemberlakuan PPKM Mikro serta menerapkan protokol kesehatan secara disiplin untuk mencegah penyebaran Covid 19, ungkapnya. (Humas Polsek Sewon)



Polsek Bantyul Gelar Patroli Dialogis untuk Cegah Covid-19

Polsek Bantul kegiatan pencegahan virus COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berupa Patroli Dialogis antisipasi penyebaran virus covid-19, Sabtu (27/02/2021).

Lokasi yang menjadi sasarn adalah Pasar Bantul, Toko Mas Semar dan Pertokoan.

Patroli dilaksanakan oleh Aiptu Rukijo, Aipda Harsono dan Bripka Tri Widodo.

‎“Anggota Sabhara Polsek Bantul melaksankan patroli dialogis antisipasi penyebaran virus covid-19, memberikan himbauan kepada petugas dan pengunjung/masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1 meter, untuk memutus penyebaran Covid-19,” kata Aiptu Rukijo.

Sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk menuju Pemulihan Ekonomi Nasional.

Giat Patroli berjalan  aman lancar dan situasi kondusif. (Humas Polsek Bantul)


Kapolsek Jetis Hadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Secara Virtual

Kapolsek Jetis AKP Hatt Azharudin Amrullah menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah Janji Bupati Bantul di aula  Kapanewon Jetis yang dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud, Jumat  (26/02/21) sekira pukul 09.00 WIB. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Panewu Jetis, Danramil Jetis, Lurah Kalurahan Se Kapanewon Jetis dan Bamuskal Se Kapanewon Jetis.

Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono bersama dua pasangan kepala daerah dari dua kabupaten – Sleman dan Gunungkidul - di Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY.

Pelantikan, yang juga disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sleman TV itu, digelar secara singkat, mengingat pandemi Covid-19 belum usai.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, sang istri GKR Hemas, seluruh bupati dan wakil bupati, serta peserta upacara pelantikan lainnya mengikuti acara dengan menggunakan masker dan menjaga jarak, sesuai protokol kesehatan.

Ketiga pasangan bupati dan wakil bupati pun telah mengucap sumpah jabatan, mengikuti arahan Sultan. (Humas Poslek Jetis)


Tak Keluar Rumah Berhari-Hari, Kakek di Pleret Ditemukan Sudah Membusuk

Sarjuni, 67, warga Dusun Kerto RT Kalurahan Pleret Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Bahkan saat pertama kali ditemukan, jasad Sarjuni sudah dalam keadaan membusuk dan dipenuhi belatung.

Kapolsek Pleret AKP Tukirin menuturkan, jasad Sarjuni pertama kali ditemukan saksi yang merupakan tetangganya, bernama Yuliyanto yang merasa curiga karena Sarjuni sudah berhari-hari tidak kelihatan keluar rumah.

“Saat itu saksi curiga dengan bau busuk yang menyengat berasal dari rumah Sarjuni,” katanya.

Selanjutnya saksi mengajak temannya untuk mengecek rumah korban. Karena semua pintu dan jendela  terkunci mereka berinisiatif membuka jendela secara paksa untuk melihat kondisi dalam rumah. Setelah jendela bisa dibuka saksi melihat korban sudah meninggal dunia keadaan sudah terbujur dengan posisi terlentang menggunakan kaos, sarung dan sudah dipenuhi belatung.

Atas kejadian diatas Yulianto menghubungi Babinkamtibmas Kalurahan Pleret dan diteruskan ke Piket Polsek dan menghubungi Piket Identifikasi Polres Bantul serta Puskesmas Pleret.

Dari hasil keterangan dari dokter puskesmas dr. Erni Rochmawati, Sarjuni meninggal dunia diperkirakan sudah sekitar 7 (tujuh) Hari dan kondisi tubuh sulit diidentifikasi terdapat luka atau tidak karena sudah menghitam dan terdapat banyak belatung.

Dari pihak keluarga mengatakan korban mempunyai riwayat penyakit jantung dan gangguan pernafasan, pihak keluarga korban saat dihubungi yang berada di Jakarta menerima kejadian tersebut dengan ikhlas dan tidak menghendaki untuk di otopsi. Selanjutnya korban diserahkan kepada perwakilan keluarga dan warga untuk dimakamkan.

Kapolsek Pleret AKP Tukirin mengatakan bahwa Sarjuni meninggal karena mempunyai riwayat sakit jantung dan sesak nafas yang diderita dan tidak di tunggu oleh anak-anak nya sehingga saat meninggal tidak diketahui. “Semoga Almarhum Husnul Khatimah dan diampuni segala dosanya,” pungkas Tukirin. (Humas Polsek Pleret)


Penemuan Sesosok Mayat di Pinggir Sungai Opak Gegerkan Warga

Sesosok mayat tanpa identitas ditemukan di pinggir Sungai Opak Dusun Kiringan, Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis, Sabtu (27/2/2021) siang.

Mayat berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan oleh penambang pasir bernama Nanang. Dia yang berniat akan menambang pasir ketika tiba di sekitar sungai justru kaget lantaran mendapati mayat terbujur di pinggir sungai Opak.

"Melihat mayat itu, saksi mata kemudian kembali pulang menyampaikan ke warga lain," ujar Kapolsek Jetis, AKP Hatta Azharuddin Amrullah.

Warga yang mendapat informasi terkait penemuan mayat ramai-ramai ke sungai untuk melihat. Sebagian diantaranya ada yang membantu petugas Search and Rescue (SAR) mengevakuasi jenazah ke lokasi yang lebih aman agar tidak terseret arus sungai. 

Polisi belum mengetahui identitas pasti dari jasad tanpa busana yang diperkirakan berusia 55 tahun. Namun info yang ia dapatkan terakhir mayat identik dengan korban yang hanyut di Sungai Gajah Wong Umbulharjo, Yogyakarta bernama Paijan (67) warga Padukuhan Umbulharjo, Kalurahan Tahunan, Kapanewon Umbulharjo Kota Yogyakarta.

"Untuk identifikasi, mayat saat ini dibawa ke RS Wirosaban Yogyakarta," tandasnya. (Humas Polsek Jetis)


Sri Sultan HB X Resmi Lantik Bupati dan Wakil Bupati Bantul

Bertempat di Bangsal Kepatihan Komplek Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta H. Abdul Halim Muslih dan Joko B. Purnomo resmi dilantik oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi Bupati Bantul dan Wakil Bupati Bantul, Jum'at (26/02/2021).

Pelaksanaan upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul serta pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul dilaksanakan secara virtual. 

“Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” kata Gubernur DIY.

Gubernur DIY juga berharap agar semua elemen pemerintahan dan masyarakat membantu Bupati maupun Wakil Bupati dalam melaksanakan agenda pembangunan, sehingga mewujudkan perasaan aman dan nyaman bagi seluruh masyarakatnya.

Dalam  acara tersebut Gubernur DIY melantik Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih dalam Pemilu 9 Desember 2020 di tiga daerah di DIY, Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa (Sleman), Abdul Halim Muslih dan Joko B Purnomo (Bantul) dan Sunaryanta dan Heri Susanto (Gunungkidul).


Polsek Jetis Laksanakan Himbauan Protokol Kesehatan Secara Keliling

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Polsek Jetis  di bawah pimpinan Iptu Poniman melaksanakan himbauan kepada warga masyarakat di wilayah Kapanewon Jetis, Kamis (25/2/2021).

Lokasi pelaksanaan di Dusun Tanjung lor dan beberapa kampung di Desa Patalan dalam rangka mengedukasi warga untuk tetap taat protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, menjaga kerumunan dan membatasi mobilisasi.

Diharapkan dengan himbauan protokol kesehatan ini warga masyarakat teredukasi dan mempunyai kesadaran untuk melaksanakan prokes disaat wabah Covid-19 saat ini banyak berasal dari cluster keluarga maupun lingkungan 

Tim  penanganan Covid-19 juga melaksanakan pengecekan di rumah warga masyarakat yg sedang melaksanakan hajatan untuk taat Prokes.

Selain itu, Tim Satgas Penggulangan Polsek Jetis serta turut berpartisipasi bersama FPRB Patalan melaksanakan penyemprotan di rumah warga yang diduga terkonfirmasi Covid-19. (Humas Polsek Jetis)



Seruduk Mobil di Ringinharjo, Pengendara Mio Masuk Rumah Sakit

Sebuah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sebuah sepeda motor Mio nopol AB 6293 CY dengan sebuah mobil Karimun nopol AB 1196 DJ terjadi di Jl. KH Wachid Hasyim, tepatnya di Dusun Sanggrahan, Desa Ringinharjo, Kecamatan Bantul pada Rabu (24/02/2021) siang.

Menurut keterangan kepolisian, kecelakaan berawal saat sepeda motor Mio Nopol AB 6293 CY yang dikendarai Wahyu Teguh Nestafa (21), warga Dusun Brongkol, Desa Pulosaren, Kecamatan Kepil Kabupaten Magelang, melaju dari arah Selatan ke Utara dengan kecepatan sedang.

Begitu sampai di simpang empat Mayar melaju pula mobil Karimun Nopol AB 1196 DJ yang dikemudikan oleh Mulyadi (48) warga Dusun Bakulan, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul. Mobil kala itu melaju dari arah Utara ke Selatan bermaksud berbelok arah jalan ke kanan. Lantaran kurang memperhatikan arus lalu lintas yang melaju dari arah selatan, akhirnya sepeda motor Mio menabrak bodi bagian depan dari mobil Karimun. Pengendara Mio, Wahyu pun terpental dan terjatuh ke aspal.

Akibat kejadian tersebut, Wahyu pengendara sepeda motor Mio mengalami luka-luka di tangan dan kaki. Ia juga merasa sesak akibat benturan di bagian dada. Sementara itu mobil Karimun mengalami kerusakan pada bemper dan kap mesin depan.

Kanit Laka Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryana mengatakan bahwa pengendara motor sudah dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Bantul.


27 February 2021

Kapolres Bantul Hadiri Acara Serah Terima Jabatan Bupati Bantul

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH menghadiri acara serah terima jabatan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bantul kepada Bupati dan Wakil Bupati Bantul terpilih di Ruang Mandhala Saba Madya Komplek Parasamya Kabupaten Bantul, Jumat (26/2/2021).
Acara serah terima juga dihadiri oleh Ir. Sugeng Purwanto, M.MA selaku Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta yang mewakili Gubernur DIY. Hadir pula Dandim, Kejari, Ketua DPRD, Ketua PN, Ketua PA, Sekda Bantu, para Pejabat Pemda Bantul, dan mantan Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono.

Acara tersebut diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh Drs. Helmi Jamharis, MM selaku pejabat lama kepada H. Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo selaku pejabat baru.

Dalam sambutannya Helmi Jamharis berharap, agar Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang baru bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan berkolaborasi dalam membangun masyarakat Bantul.

Sementara itu, Bupati terpilih H. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya meminta doa restu serta dukungan pada seluruh elemen masyarakat dan pemerintah, khususnya kepada Forkopimda dan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul sehingga bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

Ia bertekad untuk membawa Kabupaten Bantul melangkah bersama dalam menghadapi situasi krisis ditengah pandemi Covid-19. (Humas Polres Bantul)

Kapolres Bantul Saksikan Pelantikan Bupati Dan Wakil Bupati Bantul Melalui Zoom Meeting

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH bersama jajaran Fokopimda Kabupaten Bantul menyaksikan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul melalui Zoom Meeting di Gedung Induk Lt.3 Parasamya Bantul, Jumat (26/2/2021) pukul 09.00 WIB.

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo hasil Pilkada serentak tahun 2020 resmi dilantik oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X bertempat di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Acara pelantikan dilaksanakan secara virtual.

Dalam acara tersebut Gubernur DIY juga melantik Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih dalam Pemilu 9 Desember 2020, yakni Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa (Sleman) dan Sunaryanta dan Heri Susanto (Gunungkidul).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutannya menyampaikan, bahwa koordinasi kabupaten dengan Pemerintah DIY penting guna keterpaduan program sehingga dalam pelaksanaannya berdaya guna dan bermanfaat bagi masyarakat. Gubernur DIY juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD, KPU serta Bawaslu karena pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 berjalan tertib, aman dan lancar meskipun ditengah pandemi Covid-19.

Pada akhir sambutan, Gubernur DIY mengucapkan selamat berkerja bagi ketiga pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, khususnya saat ini dalam penanganan Covid-19. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Pandak Hadiri Zoom Meeting Pelantikan Bupati

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH menghadiri kegiatan Zoom Meeting Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Gunung Kidul dan Sleman oleh Gubernur DIY, di Ruang Rapat Kapanewon Pandak Bantul, Jumat (26/2/2021) jam 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Pandak Kusmardiyono S.Sos.,M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Wartono SH, Danramil Pandak diwakili Sertu Agus, Kepala KUA Kapanewon Pandak diwakili Subandi, S.Ag, Kepala Puskesmas Pandak dan Lurah se Kapanewon Pandak.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak tempat duduk dan mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer.

Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. Kapolsek Pandak AKP Wartono SH mengikuti kegiatan tersebut sampai dengan selesai. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Ajak Warga Pasar Jodog Patuhi Protokol Kesehatan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH melaksanakan sambang dan monitoring pedagang maupun pengunjung di Pasar Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Jumat (26/2/2021).

Selain itu, Bhabinkamtibmas Aipda Rudi Isgiarto SH bersama Lurah Pasar Jodog, Sukamto, juga memberikan imbauan penerapan protokol kesehatan serta imbauan terkait dengan intruksi kebijakan pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Bhabinkamtibmas mengajak kepada seluruh pengunjung dan pedagang Pasar Jodog agar dalam melaksanakan kegiatan setiap harinya selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Diharapkan dengan dilaksanakan protokol kesehatan tersebut dapat mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Pandak Hadiri Rakor Dan Evaluasi Pelaksanaan PPKM

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH menghadiri rapat kordinasi dan evaluasi pelaksanaan PPKM yang digelar di Posko Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Kapanewon Pandak, Bantul, Kamis (25/2/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Pandak Kusmardiyono S.Sos.,M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Wartono SH, Danramil Pandak Kapten Chb Stefanus Soenarno, Kepala KUA Kecamatan diwakili Pandak Aris Samsugito, Puskesmas Pandak, Satgas Covid-19 Pandak, Admin Pancoban Pandak, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wijirejo Aiptu Suryono, Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho, Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Aipda Subawa SH dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH.

Dalam kegiatan tersebut membahas tentang pemberitahuan pengajuan ijin kegiatan masyarakat melalui aplikasi Pancoban Bantul di wilayah Kapanewon Pandak. Selain itu dibahas pula tentang penanganan Covid-19 di wilayah Kapanewon Pandak.

Sementara itu, Kapolsek Pandak AKP Wartono SH menyampaikan agar Forkopimka Pandak bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kalurahan, FPRB dan Satgas Covid-19 saling bahu-membahu dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di wilayah Pandak. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Hadiri Rapat Pertanggungjawaban TPK

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Aipda Toto Choirudin bersama Babinsa menghadiri rapat pertanggungjawaban TPK Tahun 2020 di Gedung Pertemuan Kalurahan Jumat (26/2/2021).

Kegiatan rapat pertanggungjawaban serta pembentukan TPK (Tim Pengelola Kegiatan Pengadaan Barang/Jasa) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Girirejo dihadiri oleh Lurah Dwi Yuli Purwanti SH, Ketua Bamuskal dan anggota, Pamong Kalurahan, Ketua TPK dan anggota Tahun 2020, Dukuh se Kalurahan Girirejo serta Ketua RT se Girirejo.

Dalam sambutannya, Lurah Girirejo mengucapkan terima kasih kepada Ketua TPK Tahun 2020, Waljianto, yang telah melaksanakan tugas pembangunan dengan baik dan benar. Ia juga mengucapkan selamat kepada Ketua TPK yang baru, Tri Rujiyanto.

Lurah Girirejo berpesan agar pembangunan dilakukan secara cepat, tepat dan memenuhi target, serta jangan ada penyelewengan Dana Desa, BKK dan P2MD. (Humas Polsek Imogiri)

Patroli Dialogis, Anggota Polsek Bambanglipuro Sampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Security

Anggota Polsek Bambanglipuro secara rutin melaksanakan kegiatan patroli serta sambang wilayah obyek vital yang berada di wilayah Bambanglipuro. Seperti yang dilakukan pada Jumat (26/2/2021), petugas melakukan patroli dialogis dengan warga dan bertemu dengan petugas security di Bank BRI Unit Bambanglipuro, Bantul.

Pada kesempatan dialogis tersebut petugas memberikan imbauan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas secara humanis kepada security yang sedang berjaga.

“Kami minta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan guna mencegah segala macam bentuk gangguan kamtibmas, dan untuk mencegah penyebaran Covid-19 diharapkan untuk selalu menggunakan masker dan selalu menerapkan pola hidup bersih sehat,” kata Ka SPKT Aiptu Suhardi.

Aiptu Suahrdi juga menyampaikan, agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, serta selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah agar kita semua terhindar dari Covid-19.

“Dengan meningkatkan patroli dialogis, pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat lebih dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, akan diperoleh informasi lebih banyak dari masyarakat mengenai keadaan kamtibmas di suatu wilayah,” pungkas Aiptu Suhardi. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Kretek Hadiri Pelantikan Bupati Dan Wakil Bupati Bantul Secara Virtual

Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin menghadiri acara nonton bareng Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul periode 2021-2026 yang diselenggarakan di Pendopo Kapanewon Kretek, Jumat (26/2/2021) pagi.

Adapun pelantikan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih serta Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dilakukan secara virtual via Zoom Meeting dipimpin langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Turut hadir dalam acara tersebut Panewu Kretek Cahya Widada S.Sos MH, Danramil Kretek Kapten Cba Mardiyono serta Lurah se Kapanewon Kretek. (Humas Polsek Kretek)

Kapolsek Sanden Hadiri Pelantikan Bupati Wakil Bupati Bantul Periode 2021-2024 Secara Virtual

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH bersama jajaran Forkopimka Sanden menghadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul terpilih hasil Pilkada Tahun 2020 secara virtual di Aula Kapanewon Sanden, langsung dari Bangsal Kepatihan Komplek Pemerintah Daerah DIY, Jumat (26/2/2021) pukul 09.00 WIB.

Adapun Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilkada Tahun 2020 dilakukan secara serentak wilayah Provinsi DIY meliputi Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Melalui zoom meeting kegiatan pelantikan disiarkan langsung dari Bangsal Kepatihan DIY. Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati dilakukan oleh Gurbernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang dilantik untuk periode tahun 2021-2024 adalah Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo. Sedangkan pasangan Bupati Wakil Bupati Sleman adalah Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa, dan Bupati Wakil Bupati Gunungkidul Sunaryanto - Heri Susanto.

Dalam kegiatan nonton bareng pelantikan Bupati dan Wakil Bupati di Aula Kapanewon Sanden tersebut berjalan aman kondusif dan tetap menjalankan protokol kesehatan. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Bersama Lurah Dampingi Warga Korban KDRT

Selasa (23/2/2021), Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo mendampingi Lurah Wirokerten Hj. Rakhmawati SE dan Jogoboyo, serta petugas TKSK Kapanewon Banguntapan menindaklanjuti laporan warga tentang KDRT yang terjadi di Dusun Mutihan Wirokerten Banguntapan Bantul.

Maksud dan tujuan mendatangi laporan warga tersebut merupakan quick respon dan pelayanan prima kepada warga masyarakat oleh Pemerintah Kalurahan Wirokerten bersama Bhabinkamtibmas serta petugas dari Kecamatan.

Lurah bersama Bhabinkamtibmas terjun langsung mendatangi rumah warga yang mengalami KDRT. Selanjutnya melakukan koordinasi dan klarifikasi kepada korban KDRT, kemudian mencarikan solusi tempat perlindungan sementara dari Dinsos Kabupaten Bantul. (Humas Polsek Banguntapan)

Tim Dari Korbinmas Baharkam Polri Kunjungi Polsek Bantul

Polsek Bantul mendapat kunjungan dari Subdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri, Kamis (25/2/2021).

Rombongan dari Korbinmas Baharkam Polri dipimpin oleh Kombes Pol Nasrun Fahmi SH M.Si selaku Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Bharakam Polri bersama Kompol Widya Budhi Hartati SIK M.Si dan AKP Bandus Tira Wijaya A.Md, serta didampingi Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda DIY AKBP Sinungwati SH M,Si.

Dalam kegitan tersebut, Kombes Pol Nasrun Fahmi SH M.Si memberikan arahan kepada anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bantul.

Disampaikan, bahwa Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan saat ini. Sekarang yang dilihat masyarakat yaitu Bhabinkamtibmas, bekeja bersama dengan masyarakat tanpa pamrih, maka tampilan sekarang harus berubah, Kapolri bertekad menjadikan Bhabinkamibmas lebih maju.

Sementara itu, arahan terkait Covid-19 disampaikan Instruksi Mendagri nomor 4 tahun 2021 tentang perpanjangan PPKM berbasis mikro. Materi lainnya yaitu mengenai tracing penyebaran Covid-19, pemantauan pasien Covid-19, penertiban protokol kesehatan, penguatan KTN dan Posko PPKM Skala Mikro. (Humas Polsek Bantul)

26 February 2021

Bhabin Potorono Bersama Satgas Covid Kalurahan Tracing Warga Cegah Penyebaran Covid-19

Bhabinkamtibmas Potorono Aiptu Dwi Hendra Nugraha bersama Carik kalurahan sebagai Ketua Satgas Covid-19 didampingi Dukuh Mertosanan Kulon Potorono dan Tim dari Kalurahan, melaksanakan tcracing warga yang terpapar Covid-19 di Genengan RT 11 Mertosanan kulon Kalurahan Potorono Banguntapan Bantul, Jum'at (22/2/2021).

Maksud dan tujuan dilaksanakan tracing untuk langkah cepat dalam penanganan wabah pandemi corona, agar tidak menyebar dan dapat diputus penyebaran covid19. Dan untuk segera membantu menyelamatkan korban yang terpapar untuk segera dapat ditangani secara medis.

Bhabinkamtibmas, Ketua Satgas dan Dukuh mendatangi warung milik warga terpapar Covid yang saat ini berobat di RS PKU Bantul. Selanjutnya langkah pencegahan dilaksanakan tracing terakhir kapan kontak dengan pasien. Dari keterangan pihak keluarga sudah 10 hari lebih sejak pasien masuk RS Karena punya penyakit bawaan. 

Agar semua tuntas semua yang bersangkutan dilakukan tracing. Didapat keterangan pasien kontrak rumah untuk usaha, namun tidak pernah ada kontak antara pemilik dengan penyewa (pasien). Kegiatan berlangsung dengan tertib dan kondusif. (Humas Polsek Banguntapan)


Jajaran Sat Reskrim Polres Bantul Bekuk Residivis Yang Bobol Minimarket

Jajaran Sat Reskrim Polres Bantul membekuk residivis spesialis pencurian dengan pemberatan berinisial ES (36) warga Kapanewonan Pandak Kabupaten Bantul. Ia diciduk aparat lantaran diduga telah melakukan pencurian dengan pemberatan di sebuah minimarket Diva Mart Jalan Cepit Tembi Dusun Miri RT 26 Kalurahan Pendowoharjo Kapanewonan Sewon.

KBO Sat Reskrim Polres Bantul, Iptu Sutarja saat menggelar jumpa pers mengatakan, peristiwa pencurian tersebut terjadi pada tanggal 2 Februari 2021 lalu. Diketahui sekira pukul 23.00 WIB, pelaku ini berhasil masuk ke dalam minimarket tersebut dengan cara memanjat di dinding bagian belakang. Untuk memudahkan aksinya memanjat pelaku memakai tangga.

"Pelaku harus membuka genteng 2 buah," paparnya Jumat (26/2/2021).

Setelah membuka dua genteng, selanjutnya pelaku merusak eternit yang ada di minimarket. Setelah berhasil masuk ke dalam minimarket pelaku kemudian merusak CCTV untuk mengelabui aksinya melakukan pencurian tersebut.

Di dalam minimarket pelaku berhasil mengambil 3 buah handphone dan sejumlah uang didalam brangkas. Pelaku mengambil uang tunai sejumiah Rp. 6.700.000 yang terletak di loker Kasir dan loker admin. Pelaku juga mengambil beberapa rokok yang berada di dalam etalase Mini Market. 

"Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian total sebesar Rp. 10.000.000," tuturnya. 

Kemudian pemilik minimarket melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Sewon guna pengusutan lebih lanjut. Atas kejadian tersebut Team Jatanras Polres Bantul melakukan Penyelidikan berupa meminta keterangan saksi-saksi, menganalisa rekaman CCTV dan bahan pendukung  lainnya guna mengungkap terduga pelaku tindak pidana tersebut.

Dari penyelidikan yang mereka lakukan, polisi mendapqt petunjuk yang mengarah ke pelaku adalah ES. Kemudian pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2021 sekira pukul 17.00 polisi berhasil mengamankan 1 orang yang diduga sebagai pelaku, kemudian dibawa ke Polres Bantul guna pengusutan dan penyidikan lebih lanjut. 

"Dia mengakui melakukan perbuatannya tersebut," tambahnya.

Pelaku merupakan residivis kasus yang sama dan dilakukan sekitar tahun 2017 lalu. Aksi pencurian minimarket ini merupakan peristiwa keempat yang pernah ia lakukan. Hasil kejahatannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pelaku sehari-hari berprofesi sebagai pedagang angkringan dengan istri 1 dan anak 1. Kepada pelaku polisi akan mengenakan pasal 363 KUHP ayat (1) ke 3e dan 5e tentang pencurian dengan pemberatan.

“Ancamannya 7 tahun penjara,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)


Kapolsek Srandakan Hadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Secara Virtual

Kapolsek Srandakan Kompol B Muryanto menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Bupati Bantul di aula Kapanewon Srandakan yang dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud, Jumat  (26/02/21) sekira pukul 09.00 WIB. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Panewu Srandakan, Danramil Srandakan, Lurah Kalurahan Se Kapanewon Srandakan, dan Bamuskal se Kapanewon Srandakan.

Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono bersama dua pasangan kepala daerah dari dua kabupaten – Sleman dan Gunungkidul - di Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY.

Pelantikan, yang juga disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sleman TV itu, digelar secara singkat, mengingat pandemi Covid-19 belum usai.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, sang istri GKR Hemas, seluruh bupati dan wakil bupati, serta peserta upacara pelantikan lainnya mengikuti acara dengan menggunakan masker dan menjaga jarak, sesuai protokol kesehatan.

Ketiga pasangan bupati dan wakil bupati pun telah mengucap sumpah jabatan, mengikuti arahan Sultan. (Humas Poslek Srandakan)


Kapolsek Kasihan Hadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Secara Virtual

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo, SH  menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah Janji Bupati Bantul di aula  Kapanewon Kasihan yang dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud, Jumat  (26/02/21) sekira pukul 09.00 WIB. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Panewu Kasihan Bapak Slamet Santoso,S.IP, Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo,SH, Danramil kasihan Mayor Mespan, Lurah Kalurahan Se Kapanewon Kasihan, dan Bamuskal Se Kapanewon Kasihan.

Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono bersama dua pasangan kepala daerah dari dua kabupaten – Sleman dan Gunungkidul - di Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY.

Pelantikan, yang juga disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sleman TV itu, digelar secara singkat, mengingat pandemi Covid-19 belum usai.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, sang istri GKR Hemas, seluruh bupati dan wakil bupati, serta peserta upacara pelantikan lainnya mengikuti acara dengan menggunakan masker dan menjaga jarak, sesuai protokol kesehatan.

Ketiga pasangan bupati dan wakil bupati pun telah mengucap sumpah jabatan, mengikuti arahan Sultan. (Humas Poslek Kasihan)


Polsek Kasihan Bersama Pol PP Kab Bantul Gelar Operasi Yustisi

Jajaran Polsek Kasihan Polres Bantul Polda DIY bersama pemerintah Kecamatan Kasihan, Koramil Kasihan, dan anggota Pol PP Kabupaten Bantul melaksanakan operasi Yustisi di Jalan Bibis Ngrame Tamantirto Kasihan Bantul, Jumat (26/2/2021).

Kapolsek Kasihan kompol Anton Nugroho Wibowo, SH mengatakan, program tersebut digelar dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Langkah tersebut sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Bantul.

“Kami sama-sama dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul dan Pemerinatah kapanewon kasihan, Koramil Kasihan , melaksanakan operasi yustisi untuk dalam rangka menjalankan program pemerintah yakni pendisiplinan dan penegakkan hukum di masyarakat terhadap aturan, pola hidup bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Kompol Anton Nugroho Wibowo, SH.

Dalam operasi yustisi tersebut, petugas gabungan memeriksa pengendara sepeda motor, kendaraan roda 4. Petugas berhasil menjaring 44  pengendara yang tidak mematuhi Perbup Bantul no 79 tahun 2020 tanggal 18 Agustus 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Pelanggar diberikan penindakan berupa teguran tertulis, teguran lisan. Termasuk memberikan sanksi berupa melfalkan garuda pancasila atau Push Up. Dijelaskan, pihaknya bakal rutin menggelar operasi yustisi. Jika menemukan masyarakat melakukan pelanggaran akan dilaksanakan penindakan sesuai Perbup. (Humas Polsek Kasihan)


Pengrajin Batuk Kayu Krebet Terima Kunjungan Ibu GKR Hemas

Kapolsek Pajangan AKP Titik Esti Handayani SIKom MM menghadiri   kegiatan kunjungan kerja Ibu GKR Hemas  DPD  RI di sentra kerajinan Batik Kayu Dusun Krebet   Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pajangan , Bantul, bertempat di rumah Bapak Kemiskidi     pada Kamis Pagi tanggal 25 Februari 2021 jam 09.30 WIB.

Hadir dalam sosialisasi ini ibu GKR Hemas DPD RI, Bapak Taher dinas pariwisata Jakarta, DPRD Kabupaten BantuL Bapak Anton Wahono S.Sos MSi, Panewu Pajangan Drs Anjar Arintaka Putra SSos MM , Panewu Anom Pajangan Muji Sungkono SE, Kapolsek Pajangan AKP Titik Esti Handayani SIKom MM , Danramil Pajangan diwakili Pelda Jarot, pamong Kalurahan  Sendangsari  serta tamu undangan warga Krebet  lebih kurang 30 orang.

Panewu Anom Kapanewon Pajangan  Muji Sungkono SE menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kunjungan kerja DPD RI dalam rangka monitoring , tatap muka dan berdialog langsung dengan para perajin patung kayu terutama untuk mengetahui permasalahan yang di hadapi perajin terhadap dampak Covid 19 pada saat ini.

Ibu Ir. Yuniarti Setyorini Msc mewakili plh. Bupati Bantul selaku kepala BKAD bantul menyampaikan bahwa bahwa pertama kami menghaturkan terima kasih kepada Ibu  GKR hemas yang berkenan rawuh untuk mendengarkan langsung aspirasi warga perajin batik kayu. Dalam masa pandemi Covid 19 ini sangat berpengaruh sekali dalam produktivitas karena minimnya pemesanan pasar, tentu ini sangat  berpengaruh besar pada pendapatan dan sektor ekonomi perajin.

Dalam arahannya ibu GKR Hemas selaku anggota DPD RI menyampaikan dalam masa reses ini di tengah pandemi Covid 19 saya wajib menerima masukan apalagi di sini ada 58 IKM dan 400 pekerja , semoga kerja bupati pertama kita harapkan langsung memperhatikan IKM melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Bantul. Dari propinsi DIY ada program inovasi terobosan link pengiriman gratis secara online terutama untuk para pengrajin  , bisa juga melalui kantor pos karena sudah ditunjuk pemda DIY. Silahkan para perajin masuk ke link pengiriman gratis online pemda DIY, si bakul jogja dari play store.  Untuk membantu para perajin batik kayu Menumbuh kembangkan usahanya, maka Ibu GKR Hemas langsung memesan 12 Kursi Batik kayu.

Dalam sesi tanya jawab diwakli Bapak Kemiskidi, juga selaku dukuh Krebet menyampaikan warga kami ada 1000 orang, dimana 400 warga perajin batik kayu, dan sisanya kelompok ternak , mohon dibantu akses jalan untuk mempermudah tranportasi karena wilayah kami wilayah pegunungan. Permasalahan lebih rinci akan disampaikan mas Yulianto selaku ketua UMKM.

Setelah mendengar aspirasi perajin Ibu GKR Hemas memberikan jawaban bahwa semua permasalahan akan di koordinasikan dengan Gubernur dan Bupati Bantul untuk membantu kesulitan para perajin dimana di krebet ini para perajin  sudah masuk menjadi anggota Koperasi sehingga memudahkan pemda DIY dan Pemda BantuL dalam memeberikan bantuan. Khusus untuk pengembangan master plan desa wisata dapat diajukan melalui pengembangan desa budaya yang akan dialokasikan dari danais DIY.

Akhir acara Ini Ibu GKR Hemas meninjau langsung para perajin dalam membuat kerajinan kayu,  hingga selesai acara jam 12.30 wib berjalan lancar. (Humas Polsek Pajangan)


Warga Kasihan Tewas Tersengat Listrik Saat Pangkas Dahan Pohon Rambutan

Hati-hati jika anda hendak memangkas dahan pohon di musim hujan. Jangan sampai terjadi peristiwa memilukan seperti di Dusun Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul. Seorang warga harus meregang nyawa akibat tersengat listrik saat memangkas dahan pohon.

Korban bernama Mangil Sugoto, 56, Warga Dusun Ngebel RT 09 Tamantirto Kasihan Bantul. Ia ditemukan terjatuh dari pohon akibat memangkas dahan pohon rambutan yang terkena kabel listrik. 

"Betul ada insiden kecelakaan kerja tersengat listrik saat memotong dahan," ujar Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH, Rabu (25/2/2021).

Lokasi korban memotong dahan pohon di Pekarangan Bapak  Andi Pramono dengan ketinggian sekitar 4 meter. Dahan yang dipotong oleh korban menimpa kabel listrik, dan korban jatuh ke tanah. Selanjutnya korban dievakuasi oleh warga ke RS PKU Muhammadiyah Gamping. Di rumah sakit, korban dinyatakan telah meninggal dunia. 

Anggota yang mendapatkan Laporan segera mendatangi TKP dipimpin oleh KaSPKT Panit Lantas Iptu Suymarjono untuk olah TKP.

"Korban sudah dilakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan tanda penganiayaan dan murni kecelakaan kerja tersengat listrik dan luka akibat jatuh dari pohon. Keluarga sudah menerima dengan ikhlas," kata Kompol Anton Nugroho, SH.

Kapolsek mengimbau untuk masyarakat yang ingin memotong pohon dekat tiang listrik / kabel listrik agar melapor ke petugas PLN. "Mohon kalau ingin memotong pohon dekat rumah agar melapor PLN saja," tandasnya. (Humas Polsek Kasihan)


Kapolsek Sewon Hadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Secara Virtual

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Bupati Bantul di aula Kapanewon Sewon yang dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud, Jumat  (26/02/21) sekira pukul 09.00 WIB. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Panewu Sewon, Danramil Sewon, Lurah Kalurahan Se Kapanewon Sewon, dan Bamuskal se Kapanewon Sewon.

Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantul oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono bersama dua pasangan kepala daerah dari dua kabupaten – Sleman dan Gunungkidul - di Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY.

Pelantikan, yang juga disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sleman TV itu, digelar secara singkat, mengingat pandemi Covid-19 belum usai.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, sang istri GKR Hemas, seluruh bupati dan wakil bupati, serta peserta upacara pelantikan lainnya mengikuti acara dengan menggunakan masker dan menjaga jarak, sesuai protokol kesehatan.

Ketiga pasangan bupati dan wakil bupati pun telah mengucap sumpah jabatan, mengikuti arahan Sultan. (Humas Poslek Sewon)


Kapolsek Pleret Bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Bawuran Laksanakan Sambang di Tempat Wisata Puncak Sosok

Kapolsek Pleret AKP Tukirin bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Bawuran melaksanakan sambang dan himbauan di Tempat Wisata Puncak Sosok Jambon Bawuran Pleret Bantul, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan dilakukan dalam rangka Patroli wilayah dan himbauan ditempat - tempat wisata yang berada di wilayah Kapanewon Pleret untuk memberikan himbauan kepada pengelola wisata untuk ikut menjaga keamanan antisipasi kerawanan kriminalitas antara lain Curanmor dan Copet.

Kapolsek juga menghimbau kepada Ketua Pokdarwis Rudy Haryanto untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 dengan tetap menerapkan 5 M ( Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas). (Humas Polsek Pleret)


Unit Binmas Polsek Imogiri Laksanakan Bakti Sosial Pembagian Paket Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

Kanit Binmas Polsek Imogiri Iptu Agus Taprihatin bersama Bhabinkamtibmas kembali melaksanakan bakti sosial pembagian paket sembako kepada warga yang kurang mampu, Kamis (25/2/2021) pagi.

Kegiatan bakti sosial sudah menjadi program Unit Binmas dan Bhabinksmtibmas sebagai rasa syukur atas nikmat dan karunia dari Allah Subhanahu Wata’ala yang diberikan kepada Anggota Binmas dan Bhabinkamtibmas.

“Bakti sosial ini merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia yang  dapat merapatkan kekerabatan sesama manusia,” kata Agus.

Kali  ini Unit Binmas dan Bhabinkamtibmas melaksanakan baksos di wilayah Dusun Nogosari Kalurahan Selopamioro Kapanewon Imogiri dengan memberikan bingkisan sembako kepada warga yang berhak di 6 RT yang sebelumnya secara simbolis di terima oleh Kadus Nogosari Nardi.

Dalam kesempatan itu Kadus mengucapkan terimakasih kepada Polsek Imogiri atas perhatiannya memberikan paket Sembako  kepada warganya semoga bermanfaat bagi penerima serta dapat menjadi amal bagi Polsek Imogiri tandas Nardi. (Humas Polsek Imogiri)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Laksanakan Penyemprotan Ozon

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto,SH melaksanakan penyemprotan ozon dan voging bersama para Relawan Kalurahan Ringinharjo di rumah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Dusun Soropaten dan Bantulkarang Bantul, Kamis (25/2/2021). 

Giat dihadiri Ketua Relawan Kalurahan Ringinharjo, Dukuh Bantulkarang dan Soropaten, Anggota Relawan dan Babinsa.

“Semoga dengan kegiatan ini, dapat meminimalisir penyebaran Covid-19,” kata Sugiyanto. (Humas Polsek Bantul)


Polsek Pandak Laksanakan Takziah di Rumah Almarhum Bapak Jumadi Dusun Pandak

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH bersama anggota melaksanakan takziah di Rumah Almarhum Bapak Jumadi Dusun Pandak, Wijirejo, Pandak, Bantul, Selasa (23/02/2021) jam 08.300 WIB.

Almarhum Bapak Jumadi (58) adalah warga Dusun Pandak, Wijirejo, Pandak, Bantul merupakan tetangga dari Kantor Mako Polsek Pandak. Rencananya almarhum akan dimakamkan pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2021 Pukul 10.00 Wib di makam dusun setempat. 

Takziah yang dilaksanakan oleh Kapolsek Pandak AKP Wartono SH bersama Anggota Polsek Pandak ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa empati kepada warga masyarakat di Wilayah Kecamatan Pandak. Ketika ada warga masyarakat yang sedang berduka anggota Polsek Pandak turut hadir untuk memberikan ucapan duka cita kepada Keluarga. Selain itu takziah ini Kapolsek Pandak AKP Wartono SH mendoakan semoga almarhum dapat ditrima di sisi-Nya dan juga keluarga yang ditinggalkan dapat diberi ketabahan.

Ibu Dalmini yang merupakan perwakilan dari keluarga Almarhum mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolsek Pandak beserta anggota yang telah berkenan menghadiri takziah almarhum Bapak Jumadi. (Humas Polsek Pandak)


Pengambilan Sumpah Jabatan Bamuskal Pergantian Antar Waktu Kalurahan Sidomulyo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Ikuti Doa Amaliah Bersama Pamong di Aula Kalurahan Kanit Sabhara Polsek Bambanglipuro Ipda Sugito mewakili Kapolsek menghadiri Pengambilan Sumpah Jabatan Badan Musyawarah Kalurahan (Bamuskal) pergantian antar waktu Kalurahan Sidomulyo bertempat di Gedung Serbaguna Balai Kalurahan Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Kamis (15/2/2021) siang.

Hadir pada kegiatan tersebut Panewu Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M Kes, Kepala KUA Bambanglipuro Muhaimin S.Th I, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sidomulyo Aipda Siswanto, Babinsa Kalurahan Sidomulyo Kopda Usman, Lurah Sidomulyo Edi Murjito, Kepala Bamuskal Sidomulyo Sudarto, para Dukuh Kalurahan Sidomulyo.

Pengambilan Sumpah Jabatan ini dilaksanakan karena ada salah satu anggota Bamuskal Sidomulyo yang mengundurkan diri atas nama Tri Widodo sehingga ia digantikan oleh Bapak Sumarlan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota Bamuskal baru tersebut dilantik oleh Panewu Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M.Kes.

Dalam sambutnnya Lurah Sidomulyo berharap agar anggota Bamuskal menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam memajukan Kalurahan Sidomulyo dan mengingatkan kepada anggota Bamuskal akan tugas dan perannya dalam pengawasan pemerintahan Kalurahan Sidomulyo serta merumuskan anggaran anggaran Kalurahan sehingga lebih transparan. Semoga kedepan Bamuskal Sidomulyo semakin maksimal dalam melayani masyarakat serta memperjuangkan aspirasi dari masyarakat sehingga lebih dicintai dan dibutuhkan semua kalangan warga.

Penewu Bambanglipuro dalam sambutannya mengatakan, setelah dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan, Kalurahan Sidomulyo memiliki pejabat baru. Semoga pejabat terpilih, dapat bermanfaat dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, harap Panewu.

Terimakasih atas pengabdian dan kinerja yang telah dilakukan oleh pejabat yang lama, semoga pengabdian yang telah diberikan selama bertugas, mendapat balasan dari Allah Swt, lanjutnya.

Panewu Bambanglipuro juga berpesan agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Mau belajar, baik dengan membaca dari buku, dari orang lain atau dari pengalaman serta taati peraturan yang ada. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Personel Polsek Bambanglipuro Patroli Sambangi Posko PPKM Mikro

Personel Polsek Bambanglipuro dipimpin Kanit Lantas Iptu Triwulandani laksanakan patroli sambang Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Kalurahan Mulyodadi Kapanewon Bambanglipuro Bantul,  Rabu (24/02/2021) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, Iptu Triwulandani mengatakan, posko ini sangat bermanfaat untuk mengawasi kegiatan yang sifatnya bersekala besar guna penanganan dampak Covid-19, termasuk isolasi mandiri tingkat Kalurahan.

“Ini adalah salah satu upaya, untuk memutus penyebaran mata rantai Covid-19, khususnya di Kalurahan Mulyodadi” katanya.

Dijelaskan, untuk sistem di Posko PPKM Mikro, saat ini sudah berjalan dan tinggal melanjutkan.

Usai sambang posko PPKM mikro Kalurahan Mulyodadi,  Personel Polsek Bambanglipuro kembali melanjutkan patroli sambang antisipasi gangguan Kamtibmas.( Humas Polsek Bambanglipuro)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Ikuti Doa Amaliah Bersama Pamong di Aula Kalurahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Aipda Arri Sulistyo mengikuti Doa Amaliah bersama pamong di aula Kalurahan, Kamis (25/2/2021) malam.

Kegiatan Doa dan amaliah zdikir dan tahlil di selenggarakan oleh pemerintah Kalurahan masih dalam rangka serangkaian hari jadi Kalurahan Kebonagung yang ke 97 tahun 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Marjiyem, Carik seluruh Pamong dan Staf Serta kaum rois  Kalurahan Kebonagung.

Bhabinkamtibmas Aipda Arri dalam acara terpisah mengatakan kegiatan doa dan amaliah di selenggarakan agar Wilayah Kalurahan Kebonagung tetap aman tentram makmur serta segera terhindar dari Virus Covid-19. (Humas Polsek Imogiri)


Kapolsek Sanden Hadiri Rapat Pembinaan Hadapi Lomba Kalurahan

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH menghadiri Rapat Pembinaan Menghadapi Lomba Kalurahan dan Posyandu Tahun 2021 di Aula Balai Kalurahan Gadingharjo Kapanewon Sanden, Kamis, (25/2/2021) pukul 09.00 WIB.

Kalurahan Gadingharjo tahun ini mewakili Kapanewon Sanden mengikuti Lomba Kalurahan dan Posyandu Tahun 2021. Hadir dalam rapat diantaranya Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH, Kepala Puskesmas Sanden drg. Suyatmi MM, Tim Monitoring Kapanewon Sanden Ibu Heri Puji Astuti, Penyuluh KUA Sanden Asrofi, Posal Samas Serma Haryono, Satpolair Aiptu Rubiya, Carik Gadingharjo Fitrianto S.Pd, Penyuluh BPP Sanden Wikan, Babinsa Serma Sumarlan, Pamong Kalurahan Gadingharjo, TP PKK Gadingharjo.

Carik Gadingharjo Fitrianto S.Pd mengatakan bahwa rapat ini untuk memantapkan persiapan lomba agar berjalan maksimal dan lancar. Kami berharap tim monitoring dan pembina memberikan masukan dan pendampingan agar dalam persiapan hasilnya bisa maksimal, ujar Carik.

Tim monitoring Kapanewon Sanden Heri Puji Astuti mengatakan, karena pandemi Covid -19 dalam penilaian lomba Kalurahan dan Posyandu tahun ini tidak ada acara penyambutan. Tim penilai langsung melakukan penilaian ke objek yang ditentukan. Personil yang hadir pun dibatasi maksimal 50 orang terdiri dari tim Sekretariat Kabupaten, peserta yang dinilai serta pendamping administrasi dari Kaurahan, ujarnya.

Usai rapat dilanjutkan dengan pengecekan dan mempersiapkan administrasi yang di perlukan dalam mengikuti Lomba Kalurahan dan Posyandu tahun 2021. (Humas Polsek Sanden)


Polsek Imogiri Mendapat Kunjungan Dari Pengurus Taman Kuliner Imogiri

Kamis (25/2/2021) pagi, Polsek Imogiri mendapat kunjungan dari pengurus Taman Kuliner Imogiri.

Kedatangan pengurus Taman Kuliner Imogiri yang pimpin oleh Wafiatur Rosyidah (Ketua Pengurus) bersama anggota diterima langsung oleh Kapolsek Imogiri Kompol Irianto SIP di ruang kerjanya, Mapolsek Imogiri.

Ketua Pengurus Taman Kuliner Imogiri, Wafiatur Rosyidah mengatakan, kedatangannya ke Mapolsek Imogiri beserta pengurus adalah untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan rasa terima kasih kepada Polsek Imogiri yang selama ini senantiasa memberikan rasa aman di Taman Kuliner Imogiri.

Sementara itu, Kapolsek Imogiri juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari pengurus Taman Kuliner Imogiri di Polsek Imogiri. Ia berpesan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 agar dalam menjalankan usahanya tetap mematuhi protokol kesehatan serta intstruki pemerintah tentang PPKM. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Dampingi Kegiatan Penyemprotan Disinfektan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Aipda Arri Sulistyo melaksanakan pendampingan kegiatan penyemprotan disinfektan oleh Tim Satgas Covid-19 Kalurahan Kebonagung, Rabu (24/2/2021) siang.

Kegiatan penyemprotan disinfektan dipimpin Lurah Kebonagung Marjiyem bersama Jogoboyo Kalurahan Kebonagung Nugroho Hadibroto serta relawan Covid-19.

Sasaran penyemprotan disinfektan kali ini di rumah-rumah warga di Dusun Talaban Kebonagung Imogiri Bantul. Penyemprotan ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah setempat.

Selain itu, team Satgas Covid-19 juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Bhabinkamtibmas Kebonagung Aipda Arri Sulistyo mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah binaannya, sekaligus memberikan imbauan kepada warga tentang protokol kesehatan. (Humas Polsek Imogiri)

25 February 2021

Tim Binev Capacity Building Korbinmas Polri Kunjungi Posko PPKM Skala Mikro Di Bantul

Tim Binev Capacity Building dari Korbinmas Bahrkam Polri melakukan kunjungan kerja dalam rangka pengecekan Posko PPKM Mikro Penanganan Covid-19 di Kalurahan Trirenggo Bantul dan Kalurahan Trimurti Srandakan, Kamis (25/2/2021).
Dalam kunjungan tersebut, Tim Binev Capacity Building yang dipimpin Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Nasrun Fahmi SH M.Si dengan didampingi Kasubdit Binmas Polda DIY AKBP Sinungwati disambut oleh Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH di ruang kerjanya, di Mapolres Bantul.

Setelah bertemu Kapolres, selanjutnya tim dari Korbinmas Baharkam Polri tersebut melakukan kunjungan ke Polsek Bantul. Di Polsek Bantul, Kombes Pol Nasrun Fahmi SH M.Si memberikan arahan kepada anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bantul.

Disampaikan, Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro merupakan ujung tombak dalam pencegahan, penanganan, pembinaan dan penanggulangan Covid-19 di tingkat terbawah. Sebagai anggota posko harus mengetahui setiap orang yang keluar dan masuk pelaku perjalanan di wilayahnya.

“Petugas posko jangan bosan-bosan selalu mengingatkan kalau ada yang melanggar prokes dengan cara humanis,” katanya.

Ditegaskan, penanganan terhadap warga yang terpapar harus jelas dan tepat. Segera ditelusuri asal didapatnya virus serta kontak erat dengan si sakit. Petakan zona wilayah berdasarkan jumlah terpapar sehingga ada SOP yang jelas dalam penanganannya. Lokasi isolasi mandiri harus sesuai standar.

Sementara itu, saat meninjau Posko PPKM Skala Mikro, Kombes Pol Nasrun Fahmi SH M.Si menilai Posko PPKM Skala Mikro di Kalurahan Trirenggo Bantul dan Posko PPKM Skala Mikro Kalurahan Trimuti Srandakan secara umum sudah bagus dan lengkap dengan adanya ruang posko, sarana prasarana, relawan serta tenaga dan alat kesehatan yang siap guna. Termasuk adanya panel dan pembukuan penting menjadi penunjang dalam keberhasilan posko. (Humas Polres Bantul)

Kanit Provos Polsek Pandak Kontrol Posko PPKM Mikro Kalurahan Wijirejo

Kanit Provos Polsek Pandak Iptu Rustam Ismadi melaksanakan cek dan kontrol Posko PPKM Mikro di Kalurahan Wijirejo, Pandak, Bantul, Kamis (25/2/2021).

Dalam kegiatan tersebut Kanit Provos bertemu dengan Jogoboyo Kalurahan Wijirejo Naryo Triwidada dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Wijirejo Aiptu Suryono.

Pada kesempatan tersebut Kanit Provos Iptu Rustam menyampaikan, Bhabinkamtibmas harus selalu bersinergi dengan intansi terkait tentang penanganan Covid-19 di Kalurahan Wijirejo.

Diharapkan dengan adanya Posko PPKM Mikro ini angka penyebaran Covid-19 di wilayah Kalurahan Pandak dapat berkurang dan juga sebagai langkah pemantauan tentang persebaran Covid-19 di wilayah Kalurahan Wijirejo. (Humas Polsek Pandak)

Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif, Polsek Sewon Tingkatkan Patroli Malam Hari

Salah Satu upaya dan tindakan nyata Polri dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman, Polsek Sewon meningkatkan kegiatan patroli terutama pada malam hari.

Seperti kegiatan patroli yang dilaksanakan pada  Rabu (24/2/2021) dini hari. Kali ini, kegiatan patroli dipimpin oleh Ka SPKT Iptu Sani Iguh SH dengan sasaran perumahan, obyek-obyek vital, sarana dan prasarana umum, perkantoran baik pemerintah maupun swasta di wilayah hukum Polsek Sewon.

Secara terpisah, Kapolsek Sewon Kompol  Suyanto SH mengatakan, kegiatan patroli sudah menjadi rutinitas yang wajib dilaksanakan setiap anggota yang melaksanakan piket.

”Personel yang melaksanakan Piket wajib patroli dan sambang warga, sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan imbauan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,″ tutur Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)

Sebelum Bertugas, Personel Polsek Dlingo Laksanakan Kegiatan Rutin Apel Pagi

Sebelum melaksanakan tugas sehari-hari, personel Polsek Dlingo melaksanakan apel pagi di halaman Mapolsek Dlingo. Seperti yang dilaksanakan pada Kamis (25/2/2021) pukul 08.00 WIB, dipimpin oleh Kanit Reskrim Aiptu Tri Widodo.

Selain sudah menjadi kewajiban setiap anggota, kegiatan apel pagi juga untuk memelihara dan meningkatkan disiplin bagi anggota dan untuk mempersiapkan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam arahannya, Kanit Reskrim mengajak dan mengingatkan kepada seluruh personel Polsek Dlingo untuk tetap menjaga kekompakan, kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19 ini. (Humas Polsek Dlingo)

Kapolsek Sanden bersama Forkopimka Kunjungi Posko PPKM Skala Mikro Kalurahan Murtigading

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH bersama Forkopimka Sanden melaksanakan kunjungan dan kontrol Posko PPKM Skala Mikro Kalurahan Murtigading di Komplek Kantor Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden, Bantul pada Selasa (23/2/2021).

Kunjungan ini dilakukan bersama Panewu Sanden Drs. Bangun Rahina MM dan Kepala Puskesmas Sanden drg. Suyatmi MM.

Kedatangannya di Posko PPKM Mikro Kalurahan Murtigading disambut oleh Lurah Murtigading, Kamituwo, Tim Satgas Covid-19 FPRB Murrigading, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Murtigading Bripka Tri Asih SE.

Dalam kesempatan tersebut, Forkopimka Sanden melakukan pengecekan kesiapan Posko PPKM berbasis Mikro dan didapati secara keseluruhan sudah memenuhi unsur yang ada.

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH berharap dengan berdirinya Posko ini bisa menambah kesadaran warga masyarakat dalam penerapan prokes dengan melaksanakan 5M. Kerjasama dengan semua unsur sangat penting dalam mengawasi dan menekan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Sanden)

Tingkatkan Ketertiban Dan Kedisiplinan Personel, Unit Provos Polsek Pleret Laksanakan Gaktibplin

Unit Provos Polsek Pleret melaksanakan kegiatan Gaktibplin (Penegakan Ketertiban dan Disiplin) terhadap anggota Polsek Pleret, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan Gaktibplin dipimpin oleh Kapolsek Pleret AKP Tukirin yang dilaksanakan pada saat apel pagi di halaman Mapolsek Pleret.

Dalam Gaktibplin tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat perorangan anggota seperti SIM, STNK, KTA dan KTP. Selain pengecekan kelengkapan identitas juga dilakukan pengecekan kerapian, sikap tampang anggota seperti kerapian gampol dan kerapian potongan rambut.

"Sebagai anggota Kepolisian kita harus memberikan contoh ataupun teladan bagi masyarakat tentang disiplin kelengkapan dalam berkendara, jangan sampai kita sendiri mendapat teguran dari masyarakat," kata Kapolsek Pleret AKP Tukirin. (Humas Polsek Pleret)

Pimpin Pengajian, Kapolsek Piyungan Ajak Anggotanya Selalu Bersyukur

Kapolsek Piyungan Kompol Suraji SH memimpin pengajian rutin di Mushola Al-Ikhlas Polsek Piyungan. Rabu (24/2/2020) pagi.

Kegiatan ini digelar setiap dua minggu sekali yang diikuti oleh personel Polsek Piyungan yang beragama Islam.

Pengajian diawali dengan membaca Surat Yasin yang dipimpin oleh Aipda Anwar Yasin dan dilanjutkan tauziyah oleh Kapolsek Piyungan.

Dalam tauziyahnya, Kapolsek mengajak kepada seluruh personel untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT, karena dengan rasa syukur akan menambah nikmat rezeki dari Allah.

Dikatakan, hal ini sesuai firman Allah, “sesungguhnya barang siapa yang bersyukur, maka akan Ku-tambah nikmatmu, dan barang siapa yang mengingkarinya, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” (Q.S. 14:7).

Kompol Suraji SH menambahkan, kita sebagai anggota Polri hendaklah selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

"Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, kegiatan ini juga dapat membentuk karakter anggota Polri khususnya anggota Polsek Piyungan agar lebih humanis dalam melayani masyarakat," tambahnya. (Humas Polsek Piyungan)