30 April 2021

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Bersama Pemerintah Kalurahan Giat Safari Shalat Jumat

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Bripka Wahyu Apri Winarto bersama Babinsa melaksanakan Safari Shalat Jumat bersama Pemerintah Kalurahan Wukirsari di Masjid Al Huda, Dusun Pucung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Jumat (30/4/2021).

Kegiatan Safari Shalat Jumat merupakan program dari Pemerintah Kalurahan Wukirsari. Disamping untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Kalurahan dengan masyarakat, juga sebagai monitoring penerapan protokol kesehatan di tempat ibadah.

Pada kesempatan tersebut tim Safari Shalat Jumat dari Pemerintah KalurahanWukirsari juga membagikan masker kepada jamaah masjid dan warga sekitar. (Humas Polsek Imogiri)

Kapolsek Bambanglipuro Safari Shalat Jumat Di Masjid Al Ma'un

Untuk membangun kemitraan dan sinergitas antara Polisi dengan masyarakat demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM bersama anggotanya melaksanakan Shalat Jumat berjamaah di Masjid Al Ma'un, Dusun Destan, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Jumat (30/4/2021) siang.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Bambanglipuro menjadi Imam dan Khatib Sholat Jumat.

Kapolsek Bambanglipuro menyampaikan, kegiatan sholat Jumat berjamaah bersama warga rutin setiap hari Jumat dilakukan oleh personel Polsek Bambanglipuro. Tujuannya sebagai pendekatan emosional terhadap warga dan wujud kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat.

Usai shalat berjamaah, Kapolsek Bambanglipuro beserta anggotanya juga menyempatkan untuk berbincang dan berdialog dengan takmir masjid dan jamaah yang hadir.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Bambanglipuro mengajak masyarakat ikut menjaga persatuan dan keutuhan NKRI untuk mencegah paham radikalisme, intoleransi, ujaran kebencian dan berita Hoax.

“Kita tahu dimana akhir-akhir ini banyak masyarakat pengguna media sosial yang mudah terpancing emosinya dengan komentar saling menghujat dan mengumbar kebencian, serta adu domba. Gunakan media sosial dengan positif, bijak dan cerdas saling menjaga toleransi, kedamaian, ketentraman dan kerukunan,” kata Kapolsek.

Menurutnya, kegiatan safari shalat Jumat juga untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, serta menyerap semua saran ataupun masukan guna kebaikan Polri khususnya Polsek Bambanglipuro dalam melakukan tugas-tugas kedepannya. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Bambanglipuro Pantau Vaksinasi Untuk Lansia

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM bersama anggotanya  memantau kegiatan vaksinasi untuk lansia di Dusun Ngajaran Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Jumat (30/4/2021) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Bambanglipuro Drs. Lukas Sumanasa M.Kes, Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr. Tarsisius Glory, Kanit Binmas Iptu Jaka Sutrisna, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sidomulyo Aipda Siswanto, Dukuh Ngajaran Murjiyo dan petugas vaksinasi Puskesmas Bambanglipuro.

Kegiatan vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB dengan jumlah warga yang divaksin sebanyak 150 orang. Setelah penyuntikan vaksin kepada lansia kemudian dilakukan observasi selama 30 menit. Apabila tidak ada gejala yang berarti kemudian diperbolehkan pulang.

Kegiatan berjalan dengan lancar serta tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Bambanglipuro Pantau Pembagian BST Di Kantor Pos

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM bersama anggotanya memantau pembagian dana BST (Bantuan Sosial Tunai) di Kantor Pos Bambanglipuro Bantul, Jumat (30/4/2021) pagi.

Penyerahan bantuan BST ini merupakan kepedulian dari pemerintah pusat kepada masyarakat yang terdampak dengan adanya Covid–19. Bantuan ini menggunakan sumber dari dana Kemensos RI.

Bantuan Sosial Tunai dikucurkan kepada keluarga kurang mampu yang terdampak adanya pandemi Covid–19. Bagi warga penerima undangan pengambilan BST yang tidak bisa hadir karena sakit, maka petugas Pos akan mengantarkan ke rumah masing-masing. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Bantul Gelar Bhakti Sosial Santuni Anak Yatim

Polsek Bantul kembali menggelar bhakti sosial berupa pemberian santunan anak yatim piatu di Gedung Graha Riptaloka Kalurahan Bantul, Jumat (30/4/2021) pagi.

Kegiatan santunan ini merupakan merupakan program Sipolin yang diagendakan rutin setiap hari Jumat pada minggu ke-2 dengan dana dari infak anggota Polsek Bantul yang dikumpulkan setiap bulannya.

Hadir antara lain Kapolsek Bantul Kompol B. Ayom Yuswandono SH, Panewu Bantul R. Jati Bayubroto SH M.Hum, Lurah Bantul Supriyadi, Panit 1 Binmas  Iptu Subarata, Panit 2 Bimas Aiptu Zaenal Mustaqim, Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aipda Agus Bandiyanto, Babinsa Sertu Afandi, serta  50 anak yatim yang mendapat santunan.

Kapolsek Bantul Kompol B. Ayom Yuswandono SH berharap semoga santunan anak yatim ini bermanfaat untuk meringankan kebutuhan di masa pandemi Covid-19. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Sanden Pasang Baner Larangan Mudik Lebaran 1442 H

Hari Raya Idhul Fitri 1442 H sebentar lagi. Untuk mengantisipasi hari lebaran ditengah pandemi Covid -19 agar tidak terjadi cluster penyebaran Covid 19 baru, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk larangan mudik kemabali bagi perantau.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah tersebut, jajaran Polsek Sanden Polres Bantul melakukan pemasangan Baner himbauan larangan mudik di Kabupaten Bantul di lokasi strategis yang mudah terlihat dan di baca oleh masyarakat umum yaitu di depan Pasar Celep Kalurahan Srigading Kapanewon Sanden, Jumat (30/4/2021) pukul 09.00 WIB.

Dalam pemasangan baner dipimpin oleh Kanit Sabhara Polsek Sanden Ipda Suparman bersama Kasium anggota piket sabhara dan Sie humas Polsek Sanden.

"Kita mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid -19 semakin luas, diantaranya kepada warga dihimbau untuk tidak mudik dahulu," ungkap Kanit Sabhara Ipda Suparman.

Demi keluarga jangan mudik dahulu, tetap tinggal di rumah, tunda pulang kampung demi kesehatan keluarga kita di kampung, tandasnya. (Humas Polsek Sanden)


Kanit Binmas Polsek Srandakan Hadiri Pengajian Bersama Kaum Rois

Kanit Binmas Polsek Srandakan Iptu Nurgiyanta menghadiri kegiatan pengajian dan pembagian bingkisan kepada Kaum Rois yang diselenggarakan di Aula Kantor Kapanewon Srandakan Bantul, Jumat (30/4/2021) pagi.

Hadir di antaranya Panewu Srandakan Anton Yulianto AP, Koramil Pelda Karnadi, Kepala KUA Srandakan, Kepala Puskesmas Srandakan, Lurah Poncosari, Lurah Trimurti dan perwakilan Kaum Rois.

Sementara itu, dalam acara tersebut juga menghadirkan sebagai penceramah Ustadz Toyip Hidayat. Acara berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Hadiri Sosialisasi SDGs

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana menghadiri acara sosialisasi pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) pencapaian pembangunan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo, di Gedung Serbaguna Manggolo Manis, komplek Kalurahan Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Kamis (29/4/2021) malam.

Acara sosialisasi SDGs Desa yang dibuka langsung oleh Lurah Pendowoharjo H. Hilmi Hakimudin S.Pd.I itu adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau yang sering disebut dengan Sustainable Development Goals disingkat SDGs.

“SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021, dan untuk sosialisasi ini diberikan kepada seluruh Ketua Rukun Tetangga (RT), dan untuk tahap pertama sosialisasi akan diberikan kepada RT 01 sampai dengan RT 45, dan tahap kedua sosialisasi untuk RT 46 sampai dengan RT 94,” ungkapnya.

Aiptu Heru Mulyana menambahkan, upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 tidaklah mudah. Penggunaan Dana Desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional dan adaptasi kebiasaan baru desa. (Humas Polsek Sewon)

Polsek Pandak Laksanakan Oprasi Yustisi Penertiban Pemakaian Masker

Personel Polsek Pandak melaksanakan Operasi Yustisi penertiban dan himbauan penggunaan masker bertempat di Pasar Hewan Dusun Pandak, Wijirejo, Pandak, Bantul, Jumat (30/04/2021) jam 09.00 WIB.

Personil Polsek Pandak yang dipimpin Kanit Binmas Ipda Tetepana melaksanakan Operasi Yustisi penertiban dan himbauan penggunaan masker di Pasar Hewan Dusun Pandak, Wijirejo, Pandak, Bantul. Kegiatan Operasi YUSTISI di Pasar tersebut berkaitan dengan penertiban dan himbauan penggunaan masker serta himbauan tentang aturan protokol kesehatan kepada para Pedagang serta Pengunjung Pasar guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana berkesempatan menyampaikan himbauan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran covid-19. Dalam penyampaiannya Bhabinkamtibmas menghimbau kepada pedagang dan pengunjung pasar jodog di massa pandemi Covid-19 ini agar selalu mentaati protokol kesehatan 5M. Yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Diharapkan dengan telah dilaksanakan protokol kesehatan tersebut dapat mencegah penyebaran covid-19 di masyarakat. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembagian masker gratis kepada pedagang maupun pengunjung pasar. (Humas Polsek Pandak)


Kapolsek Jetis Hadiri Penyerahan Bantuan Dari OJK Dan IJK

Kapolsek Jetis AKP Hatta A. Amrullah menghadiri penyerahan bantuan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan IJK (Industri Jasa Keuangan) peduli bencana untuk shelter Covid-19 Kalurahan tahap I yang dilangsungkan di Kantor Kapanewon Jetis, Kamis (29/4/2021).

Hadir antara lain Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo, Sekda Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis MM, Plt. Asistes I Pemerintahan Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji SIP MH, Asisten III Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Ir. Pulung Haryadi M.Sc, perwakilan Kepala Dinas Kabupaten Bantul, Danramil 09/Jetis Kapten Chb. Reja Mulya, Panewu Jetis Saryadi SIP M.Si, Panewu Bambanglipuro Drs. Lukas Sumanasa M.Kes,Panewu Bantul R. Jati Bayu Broto SH M.Hum, Panewu Kretek Cahya Widada S.Sos MH, Panewu Pundong Nanang Dwi Atmoko S.Sos, Ketua Sonjo DIY Sri Aminah dan Ketua Apdesi Kabupaten Bantul, serta tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo dalam sambutannya, meminta semua elemen masyarakat dan pihak terkait agar jangan sampai kendor dalam menerapkan protokol kesehatan serta pelaksanaan PPKM Mikro supaya tidak terjadi kluster baru utamanya setelah Lebaran nanti.

Apresiasi atas kinerja Polsek, Koramil, Kapanewon serta Instansi terkait yang telah berupaya keras tanpa kenal lelah dalam melakukan kegiatan preventif pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Dalam kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Bantul akan menyalurkan bantuan dari OJK dan IJK yang telah membantu dalam bentuk barang (Sarpras) antara lain berupa kasur busa, kompor, dispenser dan almari content plastik. Bantuan dari OJK tersebut akan disalurkan ke 38 shelter se Kabupaten Bantul.

Selain penyerahan bantuan dari OJK dan IJK juga dilaksanakan penyerahan buku panduan penyelenggaraan shelter Covid-19 tingkat kalurahan dari Sonjo (Sambatan Jogja) yang diserahterimakan kepada Wakil Bupati yang kemudian diberikan ke pihak Kalurahan. (Humas Polsek Jetis)

Kapolsek Sewon Hadiri Safari Tarawih Keliling Bupati Bantul Di Masjid Baitussalam Ngasem

Berlokasi di Masjid berlokasi di Masjid Baitussalam dusun Ngasem Kalurahan Timbulharjo Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama jajaran Forkompinca Sewon melaksanakan Safari Tarawih Keliling, Kamis (29/04/2020) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Sewon Komisaris Polisi ( Kompol ) Suyanto SH, Drs Danang Erwanto Msi, Kepala KUA Kapanewon Sewon, Muspida kabupaten Bantul Lurah Timbulharjo Anif Arkham Haibar S. Pd , tokoh agama, dan Tokoh Masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul menyampaikan kepada para jamaah  untuk tetap melaksanakan prokes dalam beribadah dan kegiatan sehari-hari karena Covid 19 di kabupaten Bantul masih cukup tinggi dan dalam bulan yang mulia ini mari kita bersama-sama memanjatkan doa kepada Allah, agar wabah Covid 19 segera berakhir.

Usai mengikuti kegiatan tersebut Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH mengatakan pelaksanaan Sholat Tarawih Keliling ini tentunya menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

“Ya tentunya kegiatan ini merupakan rangkaian ibadah di Bulan Suci Ramadhan, selain itu, kami mengecek pelaksanaan penerapan protokol kesehatan selama melaksanakan sholat Tarawih berjamaah ini” ungkapnya

“Alhamdulillah di Masjid Baitussalam ini jemaah sudah melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak antara jemaah” ucap Kapolsek (Humas Polsek Sewon)


Unit Binmas Polsek Jetis Pasang Spanduk "Stop Nyalakan Petasan"

Unit Binmas Polsek Jetis yang dipimpin Ipda Tobroni melaksanakan pemasangan spanduk imbauan larangan membunyikan petasan di wilayah hukum Polsek Jetis, Kamis (29/4/2021).

Pemasangan spanduk dengan tulisan “Stop Nyalakan Petasan” dipasang di Bulak Puton Jetis, yang mana lokasi tersebut sering digunakan untuk bermain petasan oleh anak-anak remaja dari wilayah setempat.

Ipda Tobroni mengatakan, pemasangan spanduk tersebut bertujuan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membunyikan petasan terutama di bulan Ramadhan ini. Disamping mengganggu kenyamanan dalam melaksanakan ibadah puasa, menyalakan petasan juga melanggar Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. (Humas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Saksikan Demo Penyemprotan OPT Dengan Drone

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi bersama Babinsa menghadiri kegiatan demo penyemprotan organisme penggangu tanaman (OPT) pada tanaman padi dengan mengunakan pesawat drone di Bulak Demangan, Argodadi, Sedayu, Kamis (29/4/2021).

Hadir antara lain Panewu Sedayu, UPT BPTP DIY,  Babinsa, Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi, Ulu Ulu Kalurahan Argodadi dan Gapoktan Sedayu.

Demo ini bertujuan untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan petani dengan penyemprotan mengunakan pesawat drone untuk mempercepat pembasmian hama.

Penyemprotan mengunakan agen pengendali hayati yang ramah lingkungan, aman untuk petani, tanaman dan lingkungan serta bermanfaat untuk pembasmi hama dan mencegah penyakit tanaman. (Humas Polsek Sedayu)

Sebanyak 690 AJB Palsu, Berhasil di Ungkap Satgas Mafia Tanah Polda Banten

KOTA SERANG - Sesuai instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait mengusut tuntas kasus tindak pidana mafia tanah di Indonesia, Polda Banten kembali melakukan pengungkapan kasus mafia tanah.

Kali ini Satgas Mafia Tanah Polda Banten mengungkap sebanyak 690 akta jual beli dan akta hibah palsu yang berada di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.

Dimana sebelumnya, Satgas Mafia Tanah Polda Banten juga telah mengungkap kasus mafia tanah berupa pemalsuan Akta Jual Beli (AJB) pada bulan Februari 2021 dan sindikat pemalsuan girik palsu pada bulan Maret 2021 lalu.

Saat ditemui, Dirreskrimum Polda Banten Kombes Pol Martri Sonny mengatakan bahwa pengungkapan kasus tindak pidana pemalsuan Akta Jual Beli (AJB) di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang tersebut atas laporan dari masyarakat.

"Pengungkapan kasus ini sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/94/III/RES.1.9./2021/SPKT I/Banten pada tanggal 03 Maret 2021. Dimana kronologisnya berawal dari diketahui bahwa tandatangan atas nama Babay, S.Pd., M.Si telah dipalsukan dalam Akta jual beli dengan Nomor: 231/2019, tanggal 11 Februari 2019 oleh JS yang merupakan PNS dengan jabatan sebagai staff seksi Ekbang di Kecamatan Pabuaran. Namun JS merupakan tersangka di perkara lain. Dari peristiwa tersebut kemudian Camat Pabuaran Asnawi, S.Pd., M.Si mencari dan merekap data akta jual beli dan akta hibah yang pernah diproses pada masa jabatan Babay, S.Pd., M.Si semasa menjabat sebagai Camat Pabuaran pada kurun waktu 2016-2019," ujar Martri Sonny di Aula Serbaguna Bidhumas Polda Banten. Kamis, (29/04/2021).

"Dan hasil perekapan dari kurun waktu bulan Januari 2018 sampai dengan Bulan Desember 2019 terdapat beberapa blangko minuta Akta (Akta Jual Beli dan Akta Hibah) yang masih kosong, tandatangannya atas nama Babay, S.Pd., M.Si yang di palsukan oleh tersangka Dedi Setia Budi yang merupakan pekerja honorer di Kecamatan Pabuaran," lanjut Martri Sonny.

Atas peristiwa tersebut, lanjut Martri Sonny menambahkan bahwa banyak masyarakat yang menjadi korban karena proses permohonan Akta (Akta Jual Beli dan Akta Hibah) yang diajukan melalui pihak Desa yang di proses oleh tersangka Dedi Setia Budi tidak sesuai dengan mekanisme yang ada dan tandatangan PPATS (Pejabat pembuat akta tanah sementara) atas nama Babay, S.Pd., M.Si., telah dipalsukan. Serta saudara Babay, S.Pd., M.Si merasa dirugikan dimana jabatan dan wewenangnya telah dimanfaatkan oleh tersangka Dedi Setia Budi untuk melancarkan niat jahatnya.

Martri Sonny menyatakan, berdasarkan kronologis kejadian tersebut, anggota Subdit II Harda Bangtah Ditreskrimum Polda Banten langsung melakukan penggeledahan kerumah tersangka Dedi Setia Budi.

"Anggota langsung melakukan penggeledahan di rumahnya dan memperoleh bukti-bukti dari tersangka. Dan bahwa tersangka telah melakukan perbuatan pemalsuan tandatangan dalam Akta Jual Beli dan Akta Hibah dari tahun 2018 hingga 2019 ketika menjadi PPATS (Pejabat pembuat akta tanah sementara) di Kecamatan Pabuaran," imbuh Martri Sonny.

Ditempat yang sama, Kasubdit II Harda Bangtah Ditreskrimum Polda Banten AKBP Dedy Darmawansyah menjelaskan bahwa barang bukti berupa Akta Jual Beli dan Akta Hibah yang dipalsukan tersangka sebanyak 690 akta.

"Adapun total barang bukti Akta Jual Beli dan Akta Hibah yang dipalsukan tandatangannya sebanyak 690 Akta. Dimana sebanyak 669 akta ditemukan di Kecamatan Pabuaran dan 21 akta ditemukan di rumah tersangka," jelas Dedy Darmawansyah.

"Dan dari hasil membuat akta tersebut, tersangka memperoleh jasa pertiap akta paling sedikit sebesar Rp. 1.000.000 dan paling besar Rp. 4.000.000 dan rata-rata sebesar Rp. 2.000.000, jika ditotalkan yang telah diterima tersangka sebesar Rp. 1.300.000.000," lanjut Dedy Darmawansyah.

Adapun ancaman pidana terkait kasus tindak pidana pemalsuan Akta Jual Beli (AJB) tersebut telah melanggar Pasal 263 KUHPidana, pidana penjara lama 6 tahun penjara dan Pasal 264 KUHPidana, pidana penjara paling lama 8 tahun penjara.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengapresiasi terkait pengungkapan kasus pemalsuan Akta Jual Beli (AJB) yang dilakukan Subdit II Harda Bangtah Ditreskrimum Polda Banten.

"Ini merupakan sebuah keberhasilan yang luar biasa yang dilakukan Ditreskrimum Polda Banten melalui Subdit II Harda Bangtah," ujar Edy Sumardi.

"Dan kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat apabila merasa memiliki dan telah merasa dirugikan, boleh melakukan konfirmasi ke Satgas Mafia Tanah yang ada di Ditreskrimum Polda Banten. Adapun nomor telepon Satgas Mafia Tanah yang bisa dihubungi ialah 081390545679. Jadi bagi masyarakat merasa dirugikan terkait dengan jual beli dan sebagainya terkait dengan tanah silahkan hubungi Satgas Mafia Tanah Ditreskrimum Polda Banten. Kami siap melayani, kami siap untuk melakukan penyelidikan," tutup Edy Sumardi. 


Jalin Silaturahmi, Unit Binmas Polsek Sanden Sambangi Toga, Tomas

Polsek Sanden melalui Unit Binmas me gadakan sambang dan silaturahmi ke rumah sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama dan purnawirawan Polri, Kamis (29/4/2021) siang.

Giat sambang dan silaturahmi dilakukan sebagai upaya untuk mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan diri kepada masyarakat di wilayah Kapanewon Sanden. Diantaranya sambang dan silaturahmi ke rumah Bapak Sabar Dusun Wonoroto dan Bapak Yadi Dusun Ngujung.

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH mengatakan, tujuan silaturahmi untuk menjalin kemitraan serta hubungan yang harmonis antara tokoh agama, tokoh masyarakat dengan pihak Kepolisian untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di lingkungan masing-masing.

Selain itu juga guna menerima saran, masukan serta keluhan dari masyarakat sekaligus memberikan himbauan Kamtibmas dan pelaksanaan prokes guna memutus mata rantai penyabaran covid 19, imbuh AKP Haryanto SH. (Humas Polsek Sanden)


Kapolsek Pleret Hadiri Orientasi Tenaga Lini Lapangan oleh DPPKBPMD

Kapolsek Pleret AKP Tukirin menghadiri kegiatan Orientasi Tenaga Lini Lapangan oleh DPPKBPMD (Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Bantul di Aula Kantor Kapanewon Pleret Pleret Bantul. Kamis (29/4/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kabid Pengendalian Penduduk Rumanta Paskah, S.Sos., Kapolsek Pleret AKP Tukirin, Danramil 07 Pleret Kapten CZi Suyadi., Kepala Puskesmas Pleret dr Erni Rochmawati., Kepala KUA Kapanewon Pleret Ali Naseh, S.Ag, M.H., Dukuh Trukan Segoroyoso dan Dukuh Deok Wonolelo Pleret Bantul.

Penyampaian dari Kabid Pengendalian Penduduk DPPKBPMD menekankan Pengendalian Penduduk sebagai upaya peningkatan kesejahteraan Rumah tangga dan meningkatkan jaminan Kesehatan, Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) peran kita semua sangat dibutuhkan agar tercipta keluarga yang tangguh.

Penenekanan dari Danramil 07 Pleret Mari kita dukung program Keluarga Berencana dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, Perhatikan  berkaitan Kenakalan remaja agar orangtua memperhatikan pergaulannya. Agar kita mengambil pelajaran dari india dengan Kasus covid-19 karena meremehkan virus.

Penekanan dari Kapolsek Pleret agar bapak ibu untuk mengawasi anak agar tidak terlibat kenakalan remaja, Kami TNI-POLRI siap mendukung dalam program Keluarga Berencana, kader PKK bisa berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Babinsa yang ada di Kalurahan. (Humas Polsek Pleret)


Kapolsek Sanden Patroli Sambang Obyek Wisata Sampaikan Pesan Kamtibmas

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH bersama dengan anggota melaksanakan patroli sambang dan pantauan di kawasan Obyek Wisata Pantai Goa Cemara Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Kamis (29/4/2021) siang.

Giat patroli dilakukan untuk memantau situasi kamtibmas secara rutin dj kawasan Obyek Wisata Pantai yang ada di wilayah hukum Polsek Sanden. Ini rutin dilakukan guna mencegah adanya gangguan kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan. Yang mana salah satu Sapta Pesona Wisata adalah terjaminnya keamanan kepada semua pohak termasuk para wisatawan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH menghimbau kepada wisatawan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, menjaga barang bawaan untuk cegah hal yang tidak kita diinginkan. Mereka juga diminta untuk tidak bermaian apalagi mandi di laut karena sangat berbahaya. Selain itu, wisatawan juga dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin gune mencegah penularan covid-19. (Humas Polsek Sanden)


Kapolsek Sanden Koordinasi Dengan Kalurahan Dan Pokdarwis Dalam Rangka Giat Cipkon Cegah Kerumunan Dan Petasan Di JJLS

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH bersama dengan anggota mengadakan koordinasi dengan Kalurahan dan Pokdarwis Pantai Goa Cemara dalam rangka melaksanakan giat cipta kondisi di sepanjang JJLS dan sekitar Obyek Wisata Pantai Selatan, Kamis (29/4/2021) jam 11.00 WIB.

Turut hadir dalam koordinasi tersebut diantaranya Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH, Kanit Sabhara Ipda Suparman, Bhabinkamtibmas Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto, S.Pd, Lurah Gadingsari serta pengurus Pokdarwis Pantai Goa Cemara.

Koordinasi dilaksanakan guna menjalin hubungan yang baik antara Polri dengan Kalurahan, Pokdarwis dan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang konduaif selama bulan suci Ramadhan 1442 H di wilayah Kapanewon Sanden. Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden mengajak Pamong Kalurahan, Pokdarwis dan elemen masyarakat lainnya untuk bersama-sama membantu dan menyukseskan cipta kondisi mencegah adanya kerumunan massa dan petasan di sepanjang JJLS.

"Kita samakan persepsi dan sepakat, sepanjang JJLS dan wilayah Sanden tidak ada kerumunan yang berpotensi penularan virus corona dan tidak ada petasan yang sangat mengganggu kenyamanan warga," kata AKP Haryanto SH. (Humas Polsek Sanden)


29 April 2021

Kapolsek Bambanglipuro Sampaikan Pesan Kamtibmas Anti Radikalisme

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM melaksanakan patroli dialogis dan silaturahmi Kamtibmas di Pondok Pesantren di wilayah Bambanglipuro, Bantul, Kamis (29/4/2021) siang. 

Adapun Pondok Pesantren yang disambangi diantaranya Ponpes Al Madina dusun Bergan Mulyodadi Bambanglipuro Bantul.  Kehadiran Kapolsek Bambanglipuro ditemui oleh pengurus Pondok Pesantren  Al Madina. Dalam kesempatan tersebut, AKP Khabibulloh S.Pd I MM  menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas anti radikalisme/terorisme, jaga persatuan dan kesatuan serta toleransi seagama maupun antar umat beragama, jangan jadikan perbedaan menjadi pemecah belah umat tetapi jadikan perbedaan sebagai pemersatu dengan saling berlomba lomba dalam kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta ikut menjaga NKRI.

"Jangan mudah percaya oleh ajakan atau hasutan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mari kita bersama-sama perangi dan tolak paham-paham yang bertentangan dengan pancasila yang bisa memecah belah kerukunan antar umat beragama", pesan AKP Khabibulloh S.Pd I MM.

Selain itu, AKP Khabibulloh S.Pd I MM juga mengajak pengurus Ponpes untuk ikut serta menciptakan situasi Kamtibmas yang aman di wilayah Bambanglipuro. Setelah sambang di Ponpes, Kapolsek Bambanglipuro melanjutkan patroli ke obgek-obyek vital dan komplek perkantoran. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Hadiri Acara Rakor, Kapolsek Srandakan Perkenalkan Diri Dihadapan Para Pamong Dan Dukuh Se Poncosari

Kapolsek Srandakan Kompol Kuswanto bersama Bhabinkamtibmas Poncosari menghadiri acara rakor Pamong dan Dukuh di Pendopo Balai Kalurahan Poncosari, Srandakan, Bantul, Kamis (29/4/2021) siang.

Rakor tersebut juga dihadiri oleh Lurah Poncosari Supriyanto SE S.Pt dan para Dukuh se Kalurahan Poncosari.

Pada kesempatan tersebut Kompol Kuswanto memberikan sambutan, sekaligus memperkenalkan diri sebagai Kapolsek Srandakan yang baru. Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Lurah, Pamong, Dukuh, Satgas Covid-19, FPRB dan Linmas atas kerjasamanya mengamankan JJLS terhadap aksi balap liar dan petasan selama Ramdhan 1442 H.

Kapolsek juga mohon dukungan serta kerjasamanya dalam menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Kapanewon Srandakan. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Gadingsari Bersama Relawan Pantau Penerapan Prokes Di Dusun Soko

Tim Relawan Penanganan Covid-19 FPRB Gadingsari bersama Bhabinkamtibmas Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto S.Pd melaksanakan takziah sekaligus memantau penerapan protokol kesehatan dalam layatan warga di Dusun Soko, Gadingsari, Sanden, Bantul, Kamis (29/4/2021).

Turut dalam takziah dan pantauan prokes antara lain Ketua FPRB Kalurahan Gadingsari Tafhdil, anggota FPRB dan Relawan penanganan Covid-19 Gadingsari, Bhabinkamtibmas Kalurahan Gadingsari Aipda Mochlis Humavianyo S.Pd dan Babinsa.

Kegiatan pantauan ini dilakukan guna memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat sesuai anjuran dari pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga memberikan imbauan kepada warga agar tetap disiplin menjalankan prokes dalam setiap kegiatan.

Sementara itu, hasil pantauan tersebut warga maupun pelayat sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Pantau Penerapan Prokes Pada Pelaksanaan Shalat Tarawih

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudiyanto SH memantau penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan ibadah shalat tarawih di beberapa Masjid wilayah Kalurahan Srigading, Sanden, Bantul, Rabu (28/4/2021) malam.

Pantauan dilaksanakan bersama dengan Satgas Covid-19 Kalurahan Srigading. Beberapa tempat ibadah yang dipantau di antaranya masjid di Dusun Gedongan, Dusun Ceme, Dusun Celep, Dusun Tinggen, Dusun Bonggalan dan Dusun Kalijurang.

Bripka Afif mengatakan, pengawasan dan pemantauan sudah dilakukan sejak maghrib hingga selesai tarawih sebagai bentuk partisipasi Kepolisian dan Satgas Penanganan Covid-19 Kalurahan Srigading dalam mengamankan kegiatan ibadah umat muslim di bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

Dari hasil pantauan yang dilakukan di beberapa Masjid tersebut, takmir masjid dan jamaah sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker, menjaga jarak antar jamaah, menyediakan hand sanitizer dan juga membatasi jumlah jamaah. (Humas Polsek Sanden)

Kasat Binmas Polres Bantul Hadiri Acara Pengajian "Sinau Bareng Cak Nun"

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Antu Nugrahanto AP SH menghadiri acara pengajian bersama Mitra Grab dan Cak Nun di Rumah Maiyah, Jalan Barokah, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Rabu (28/4/2021).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kasat Binmas Polres Bantul, Cak Nun beserta Kyai Kanjeng, para Driver Mitra Grab dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo.

Acara pengajian ini bertema “Sinau Bareng Cak Nun” yang merupakan agenda di bulan Ramadhan 1442 H ini PT. Grab mengadakan acara siraman rohani kepada mitra-mitra grab yang ada di Yogyakarta.

Dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas Polres Bantul berkesempatan memberikan imbauan kamtibmas agar para jamaah dan seluruh elemen masyarakat tetap menjaga kerukunan umat.

Selain itu, diharapkan masyarakat tetap terus meningkatkan rasa solidaritas berkebangsaan dan patriotisme, serta menangkal radikalisme dan berita bohong atau Hoax.

Selama acara pengajian tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Kasihan)

Cegah Pelanggaran Anggota, Propam Polres Bantul Adakan Operasi Gaktibplin Di Polsek Sanden

Dalam rangka mencegah kasus pelanggaran anggota Polri, jajaran Sie Propam Polres Bantul rutin menggelar kegiatan Operasi Gaktibplin (Penegakan Ketertiban dan Disiplin) anggota Polsek jajaran Polres Bantul secara berkesinambungan.

Seperti pada Operasi Gaktibplin di Polsek Sanden yang dilaksanakan oleh Sie Propam Polres Bantul, Kamis (29/4/2021) pukul 09.00 WIB. Pada kesempatan tersebut Sie Propam Polres Bantul dipimpin Aiptu Budi bersama anggota Propam melaksanakan Gaktibplin anggota Polsek Sanden.

Adapun pada giat tersebut diikuti oleh Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH bersama dengan Kanit, Kasi, Ka SPKT dan anggota Polsek Sanden. Sementara itu, dalam operasi Gaktibplin yang meliputi pengecekan kelengkapan kendaraan bermotor dan surat-surat anggota seperti KTP, SIM, KTA, STNK, kartu pemegang senpi, termasuk sikap tampang masing-masing anggota Polri dengan tujuan menegakan disiplin dan ketertiban anggota Polri.

Aiptu Budi dalam arahanya menyampaikan penekanan pimpinan kepada seluruh anggota Polri antara lain tentang larangan mudik, yakni bisa menjadi contoh masyarakat untuk patuh imbauan pemerintah terkait larangan mudik di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu perlunya peningkatan kewaspadaan dan keamanan masing-masing personel dan Mako Polsek dari ancaman kelompok-kelompok yang tidak suka tindakan Kepolisian dalam pemberantasan terorisme saat ini. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalurahan Sitimulyo Sambang ke Tokoh Agama di Pondok Pesantren Lintang Songo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sitimulyo Bripka One Novutardi beserta Babinsa Sitimuylo Pelda Tarmin melaksanakan sambang tokoh agama di Pondok Pesantren Lintang Songo Sitimulyo Piyungan Bantul, Rabu (28/4/2021) siang.

Sambang yang dilakukan Bhabinkamtibmas beserta Babinsa bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan tokoh masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Sitimulyo.

“Sambang ke tokoh masyarakat rutin dilaksanakan dalam upaya mendekatkan diri kepada tokoh masyarakat untuk turut andil memberikan himbauan dan pesan pesan kamtibmas kepada masyarakat” ucap Bripka One Novutardi.

Bripka One Novutardi yang ditemui langsung pimpinan Ponpes Lintang Songo KH. Drs. Heri Kiswanto M.Si. menitipkan pesan kepada para santri agar turut menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal serta santri yang dari luar jogja untuk menunda mudik lebaran.

Lebih lanjut, untuk pencegahan virus covid-19 Bripka One Novutardi mengajak para santri untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. (Humas Polsek Piyungan)


Kapolsek Sewon Bersama Forkopim Kapanewon Sewon Kunjungi Rumah Duka Naba Faiz Prasetya

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH bersama dengan jajaran Forkopim Kapanewon Sewon mengunjungi rumah keluarga almarhum Naba Faiz Prasetya di Dusun Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Rabu (28/4/2021) siang.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan belasungkawa dan turut prihatin kepada pihak keluarga atas meninggalnya almarhum Naba Faiz Prasetya (8) yang meninggal dunia akibat keracunan setelah memakan sate ayam dari seseorang yang tidak dikenal. Almarhum sendiri telah dimakamkan beberapa hari yang lalu.

Selain Kapolsek Sewon, turut dalam rombongan antara lain Penewu Sewon Drs.Danang Erwanto M.Si, Panewu anom Kapanewon Sewon Hartini SIP MM, Pj. Danramil 04/Sewon Kapten Inf. Nuryanto, Kepala KUA Kapanewon Sewon dan beberapa staf Kapanewon Sewon.

Dalam kesempatan tersebut Panewu Sewon Drs. Danang Erwanto M.Si menyampaikan, atas nama pemerintah Kapanewon Sewon turut prihatin kepada keluarga korban dengan musibah yang mengakibatkan meninggalnya ananda Naba Faiz Prasetya.

Sementara itu, Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH mewakili Keluarga Besar Polsek Sewon menyampaikan turut berbelasungkawa atas meninggalnya almarhum.

Kapolsek juga berharap kejadian ini tidak terulang, serta menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menerima atau mengirim paket, terlebih pengiriman dari orang yang tidak dikenal.

Atas musibah yang menimpa ini, pihak keluarga mengaku telah ikhlas dan menerima kejadian ini, namun pihaknya berharap kepada pihak Kepolisian untuk dapat mengungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan tali asih kepada keluarga korban sebagai bentuk kepedulian Forkopim Kapanewon Sewon kepada warga yang sedang mengalami musibah. (Humas Polsek Sewon)

Kapolsek Pandak Laksanakan Sambang dan Kordinasi Dengan Pemerintah Kalurahan Triharjo

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan Sambang dan koordinasi dengan pemerintah Kalurahan Triharjo terkait pelaksanaan Posko PPKM Mikro Kalurahan Triharjo Pandak Bantul, Kamis (27/04/2021) jam 09.45 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Pandak AKP Wartono SH, Kanit Provos Polsek Pandak Aiotu Sutapa Mulyana, Lurah Kalurahan Triharjo Suwardi S.Pd, Ketua FPRB Kalurahan Triharjo Haryono, Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Aipda Subawa SH dan Babinsa Kalurahan Triharjo Sertu Agus Sutrisno.

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan sambang dan koordinasi dengan pemerintah Kalurahan Triharjo terkait pelaksanaan Posko PPKM Mikro Kalurahan Triharjo. Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Pandak menyampaikan ucapan terima kasih atas kinerja Posko PPKM Mikro selama ini yang sudah berjalan dengan baik dan diharapkan ke depan makin terjalin sinergitas dengan TNI Polri maupun FPRB Posko PPKM Mikro ini dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. 

Kami juga berharap kepada Pamong Kalurahan dan FPRB untuk ikut berperan aktif di dalam memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya di wilayah Kalurahan Triharjo tentang penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi covid 19 dan kegiatan yang menimbulkan kerumunan harus di hentikan. Terkait dengan petasan selama bulan Ramadhan ini kami juga berharap kerjasama dari pemerintah Kalurahan Triharjo bagar ikut menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuat dan membunyikan petasan. (Humas Polsek Pandak)


Kapolsek Pleret Hadiri Penyerahan Bantuan Alat Untuk Shelter Karantina Covid-19

Kapolsek Pleret AKP Tukirin menghadiri acara penyerahan secara simbolis bantuan alat untuk shelter karantina Covid-19 oleh Wakil Bupati Bantul di Aula Kantor Kapanewon Pleret, Pleret, Bantul, Rabu (28/4/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo SE, Sekda Bantul Drs. Helmi Jamharis MM, Plt. Asisten Pemerintahan Hermawan Setiaji S.Ip, MH, Asisten Sumberdaya dan Kesejahteraan Rakyat Ir. Pulung Haryadi M.Sc, Plt. Panewu Pleret Saryadi, S.Ip, Kapolsek Pleret AKP Tukirin, Danramil 07/Pleret Kapten Czi Suyadi dan perwakilan 14 Kalurahan dari Kapanewon Pleret dan Imogiri.

Bantuan tersebut diberikan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan IJK (Industri Jasa Keuangan) untuk memenuhi standar shelter karantina di tingkat Kalurahan berupa kompor, kasur busa, kipas angin dan alat-alat lain yang mendukung sarana prasarana karantina.

"Semoga peralatan ini meskipun sudah disiapkan, namun saya berharap ini tidak akan pernah digunakan, dengan artian tidak ada lagi yang perlu dirawat dalam shelter tingkat Kalurahan, warga masyarakat Bantul semoga semuanya sehat,” ujar Wakil Bupati Bantul. (Humas Polsek Pleret)

Personel Polsek Bantul Gelar Pengajian Rutin

Personel Polsek Bantul menggelar pengajian rutin dan pembacaan Surat Yasin di Mushola Al. Ittihad Polsek Bantul, Kamis (29/4/2021) pagi.

Pengajian rutin ini sebagai salah satu langkah pembinaan internal dalam rangka memberikan bimbingan rohani dan mental personel. Selain itu, sebagai sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota kepada Allah SWT. Adapun kegiatan pengajian ini digelar setiap hari Kamis setelah apel pagi.

Dalam kesempatan tersebut,  Bhabinkamtibmas kelurahan Trirenggo Aiptu Azhar Mustakim memimpin pembacaan surat Yasin dan doa bersama. Semoga personel Polsek Bantul senantiasa diberikan kemudahan dan keselamatan dalam bertugas serta kesehatan untuk mengabdi kepada masyarakat. (Humas Polsek Bantul)


Polsek Bantul Gelar Pengajian Rutin Di Mushola Al Ittihad

Personel Polsek Bantul menggelar pengajian rutin dan pembacaan Surat Yasin di Mushola Al Ittihad Polsek Bantul, Kamis (29/4/2021) pagi.

Pengajian rutin ini sebagai salah satu langkah pembinaan internal dalam rangka memberikan bimbingan rohani dan mental personel. Selain itu, sebagai sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota kepada Allah SWT. Adapun kegiatan pengajian ini digelar setiap hari Kamis setelah apel pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aiptu Azhar Mustakim memimpin pembacaan Surat Yasin dan doa bersama. Semoga personel Polsek Bantul senantiasa diberikan kemudahan, kesehatan dan keselamatan dalam bertugas mengabdi kepada masyarakat. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Mediasi Warga Terkait Pengelolaan Sampah

Rabu (28/4/2021), bertempat di Kantor Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul, Bhabinkamtibmas Wirokerten Aipda Indra Prasetyo melaksanakan mediasi warga terkait pengelolaan sampah yang menimbulkan bau tak sedap.

Hadir antara lain Lurah Wirokerten Hj. Rachmawati Widyaningrum SE bersama Ulu Ulu Wirokerten, Dukuh Grojogan, pihak pengelola sampah dan warga RT 03 Grojogan.

Mediasi dilakukan untuk mencari solusi dan tidak menimbulkan masalah baru adanya bau sampah yang tidak sedap di wilayah RT 03 Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul.

Hasil mediasiyang disepakati oleh kedua belah pihak antara pengelola sampah dan warga bahwa pengelolaan sampah tidak boleh transit di tempat usaha. Sampah harus segera dibuang ke TPST Piyungan agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengganggu polusi udara warga sekitar. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Mangunan Sambang ke Ponpes Nurul Jannah

Aiptu Ashari Bhabinkamtibmas kalurahan Mangunan bersama babinsa melaksanakan sambang ke tokoh agama dan tokoh masyarakat di kalurahan binaannya, Selasa (27/4/2021). 

Sambang ke tokoh agama dan masyarakat dilakukan Aiptu Ashari dilakukan untuk mempererat talisilahturahmi dan untuk pembinaan kamtibmas agar senantiasa terjaga, sambang kali ini di pondok pesantren Nurul Jannah di Dusun Kediwung, kalurahan Mangunan.

Di pondok pesantren ini Bhabinkamtibmas dan Babinsa disambut oleh pimpinan pondok KH. Imam  Dzurjani selaku pengelola pondok dan para santriwan dan santriwati.

Dalam kesempatan ini Aiptu Ashari bersama Babinsa Serda Wibawa menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan protokol kesehatan serta memberikan tali kasih.

Setelah kunjungan selesai dilanjutkan sholat isya dan tarawih di masjid pondok pesantren dengan imam KH. Imam Dzurjani. (Humas Polsek Dlingo)


Kanit Lantas Polsek Banguntapan Hadiri Rakor Bersama Dishub DIY

Rabu (28/4/2021), bertempat di Kantor Dinas Perhubungan DIY telah berlangsung rapat koordinasi membahas terkait adanya permohonan dari masyarakat pelaku ekonomi UMKM yang ditujukan kepada Lurah Banguntapan untuk membuka devider yang ada di Jalan Gedongkuning Banguntapan Bantul.

Hadir pada kegiatan tersebut Dishub DIY, Kanit Lantas Polsek Banguntapan Iptu Sri Wigiyati bersama Panit Lantas Aiptu Nanang Purnomo, Lurah Banguntapan Basirudin beserta Pamong dan instansi terkait.

Rakor tersebut untuk menemukan solusi terkait permohonan warga pelaku ekonomi UMKM atas penutupan atau penambahan devider di Jalan Gedongkuning. Adapun pengadaan devider tersebut untuk kelancaran arus lalu lintas dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas, karena kondisi jalan menikung.

Hasil rapat koordinasi tetap melaksanakan sesuai rencana kerja, yakni tetap melanjutkan pemasangan devider di sepanjang jalan Gedongkuning Banguntapan Bantul untuk mengutamakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas pengguna jalan. (Humas Polsek Banguntapan)

Kapolsek Jetis Hadiri Santunan Kaum Dhuafa dan Anak Yatim di Panti Asuhan Amanah

Kapolsek Jetis AKP Hatta A Amrullah menghadiri santunan kaum dhuafa dan anak yatim di Panti Asuhan Amanah, Rabu (28/4/2021).

Pembagian sembako dan santunan kepada anak yatim dihadiri oleh perwakilan Lansia 10 orang dan anak yatim 10 orang dari target santunan sebanyak 400 paket sembako dan 160 amplop santunan kepada anakn yatim dan kaum dhuafa. 

Sedangkan sembako sebanyak 400 paket akan dibagikan langsung oleh pengurus panti kepada kaum dhuafa. 

Hatta dalam sambutannya mengatakan, santunan anak yatim dan kaum dhuafa ini berkesinambungan dan semoga bisa bermanfaat. (Humas Polsek Jetis)


Kapolri: Negara Tidak Boleh Kalah Dengan KKB Papua

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan negara tidak akan kalah dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, yang terus melancarkan aksi teror kepada masyarakat. 

Sigit memerintahkan kepada seluruh jajaran Satgas Nemangkawi untuk tidak gentar melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata tersebut. 

"Oleh karena itu saya perintahakan kepada seluruh anggota satgas yang berugas, lakukan terus pengejaran terhadap KKB yang ada di Papua, terus berjuang, negara tidak boleh kalah," kata Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (28/4/2021).

Sigit menegaskan, Satgas Nemangkawi harus terus maju memberangus KKB, lantaran telah meresahkan. Apalagi, dalam hal ini, KKB tidak pernah pandang bulu dalam melancarkan serangan terornya.

"Kami semua tahu, bahwa korban dari KKB tidak hanya anggota TNI-Polri. Namun juga masyarakat sipil seperti guru, pendeta, tukang ojek, anak-anak sekolah, kemudian asrama sekolah yang dirusa, pengrusakan juga perumahan milik masyarakat," ujar Sigit.

Sigit berharap, TNI-Polri terus melakukan perjuangan dan melakukan langkah terbaik untuk menumpas tuntas KKB. Menurutnya, seluruh pimpinan TNI dan Polri bakal siap memberikan dukungan terbaik.

"Lakukan perjuangan, lakukan langkah terbaik yang bisa saudara-saudara semua laksanakan. Dan kami pimpinan Polri dan seluruh jajaran yang ada di Polri siap untuk mensupport apapun yang diperlukan dalam rangka melakukan penegakan hukum di Papua," tutur Sigit. 

Sementara itu, Sigit memberikan kenaikan pangkat terhadap tiga personel kepolisian yang menjadi korban dalam baku tembak dengan KKB kemarin.

Dalam baku tembak TNI-Polri dan KKB diketahui, tiga personel kepolisian menjadi korban. Salah satu diantaranya meninggal dunia. Sedangka, dua mengalami luka akibat tertembak. 

"Oleh karena itu dalam kesempatan ini, kami selaku pimpinan Polri juga memberikan reward terhadap 2 prajurit tersebut yaitu kenaikan pangkat luar biasa dan kesempatan untuk mengikuti prioritas pendidikan," ujar Sigit.

Sigit menekankan, pasca-baku tembak dengan KKB, seluruh jajaran khususnya polisi yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi untuk terus semangat memberangus kelompok bersenjata.

"Dalam kesempatan ini tentunya saya terus memberikan motivasi kepada seluruh anggota yang melaksanakan tugas di Papua untuk terus bersemangat dan tidak boleh kendor dengan peristiwa yang terjadi," kata Sigit. 

Sigit juga menaikan pangkat terhadap personel Brimob Bharada I Komang Wira Natha saat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, pimpinan Lekagak Telenggen.

"Polri telah kehilangan kembali salah satu patriot kita yang kemadin telah berjuang di dala. melaksanakan kegiatan pemberantasan KKB yang ada di Papua. Tentunya saya selaku pimpinan Polri mengucapkan duka cita yang mendalam terhadap gugurnya salah satu putra terbaik kami," tutup Sigit.


Jalin Sinergitas, Ditbinmas Polda DIY Gelar Silaturahmi ke GKI Gejayan

Dalam rangka menjalin silaturahmi dan menjalin kemitraan, Polda DIY dalam hal ini Ditbinmas Polda DIY bersilaturahmi dengan Pendeta Paulus Lie dan 9 Jemaat Mahasiswa Papua yang aktif di Gereja Kristen Indonesia, Gejayan, Condongcatur, Depok, Sleman, Selasa (27/4/2021) sore.

Dengan adanya kegiatan silaturahmi tersebut, diharapkan dapat menjalin sinergitas dan komunikasi yang baik antara pemerintah dalam hal ini Kepolisian dan Mahasiswa Papua yang sedang menuntut ilmu di DIY.

Polri berharap kepada mahasiswa untuk dapat membantu pemerintah maupun kepolisian khususnya dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif.

Sementara itu menurut salah satu mahasiswa, kegiatan silaturahmi tersebut sangatlah baik untuk menjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

"Ini merupakan kegiatan yang baik dan seharusnya rutin dilakukan oleh Pemerintah Daerah maupun Kepolisian. Dengan adanya kegiatan ini, hendaknya bisa menjalin komunikasi yang baik, sehingga tercipta harmonisasi antara mahasiswa Papua dan Kepolisian," tutur salah satu mahasiswa.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bingkisan berupa paket sembako kepada seluruh mahasiswa Papua yang hadir dalam acara tersebut.

Dipimpin langsung Ketua Tim Bagsos AKBP Ahmad Hanafi, S.Ag., pemberian bingkisan merupakan bentuk kasih sayang dan kepedulian Polda DIY kepada mahasiswa Papua yang sedang menuntut ilmu di DIY.

"Ini merupakan bentuk kasih sayang dan kepedulian kami kepada adik adik mahasiswa. Semoga apa yang kami berikan bisa sedikit membantu memenuhi kebutuhan di masa pandemi seperti saat ini," pungkas AKBP Hanafi.


Polri Ungkap Peredaran 2,5 Ton Ganja, 10,1 Juta Jiwa Terselamatkan

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan Satgassus Polri berhasil mengungkap peredaran narkotika jenis Sabu seberat 2,5 ton asal jaringan Internasional Timur Tengah, Malaysia dan Indonesia. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa pengungkapkan itu berasal dari tiga lokasi yang berbeda. Pertama di Parkiran Ali Kopi Lampaseh Kota, Kuta Raja, Kota Banda Aceh dan Pantai Lambada Lhok, Kabupaten Aceh Besar. Dalam hal ini, aparat mengamankan barang bukti seberat 1.278 Kilogram.

TKP kedua, berada di Lorong Kemakmuran, Kecamatan, Meureubo, Kabupaten,  Aceh Barat, Provinsi Nangroe Aceh 

Darussalam, dengan barang bukti seberat 1.267 Kilogram. Lalu, TKP ketiga Pertokoan Daan Mogot, Jalan Tampak Siring Jakarta Barat.

"Kami ungkap kurang lebih 2,5 ton narkoba sabu asal Timur Tengah, Malaysia yang masuk ke Indonesia," kata Sigit dalam jumpa pers di Lapangan Bhayangkara, Rabu (28/4).

Sigit mengungkapkan, pada pengungkapan tersebut, aparat menangkap 18 orang tersangka, dengan rincian 17 diantaranya Warga Negara Indonesia (WNI) dan satu Warga Negara Asing (WNA) Nigeria. Bahkan, salah satunya harus diberikan tindakan tegas dan terukur atau tembak mati.

Adapun peran dari tersangka tersebut, yakni, tujuh orang sebagai jaringan pengendali. Mereka adalah S, AAM, KNK, AW, HG, A, dan MI.

Lalu, delapan orang sebagai jaringan transporter yaitu, M, MN, FR, MD, B, UI, R, dan AMF. Dan tiga orang sebagai jaringan pemesan OL, AL, dan SL. 

"Tersangka KNK, AW, HG, A, MI, dan AL merupakan terpidana di lapas dengan hukuman diatas 10 tahun dan hukuman mati. Namun mereka masih bisa menjadi pengendali jaringan narkotika internasional," ujar Sigit. 

Sigit menuturkan, 2,5 ton sabu tersebut hasilnya mencapai Rp1,2 triliun. Sementara, hasil pengungkapan barang haram itu setidaknya ada 10,1 juta jiwa yang terselematkan. 

"Kalau dari sisi bahayanya maka dengan kani amankan 2,5 ton narkoba kami amankan masyarakat 10,1 juta jiwa, yang tentunya bisa diselamatkan dari potensi bahaya narkoba ini," tutur Sigit.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subsidair Pasal 112 ayat (2) jo subsidiar Pasal 115 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009.


28 April 2021

Kanit Binmas Polsek Imogiri Jadi Narasumber Dalam Pembinaan Relawan FPRB

Kanit Binmas Polsek Imogiri Iptu Agus Taprihatin menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan organisasi kemasyarakatan FPRB Kalurahan Selopamioro di Pendopo Kalurahan Selopamioro, Imogiri, Bantul, Rabu (28/4/2021) pagi.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) wilayah Kalurahan Selopamioro.

Hadir antara lain Jawatan Keamanan Murwat SIP, Danramil 10/Imogiri Kapten Czi Pangestu, Jogoboyo Widodo, Pamong Kalurahan serta anggota FPRB Kalurahan Selopamioro.

Dalam sambutannya Jogoboyo mewakili Lurah Selopamioro mengatakan, bahwa kegiatan pembinaan yang dilaksanakan ini sangat cocok untuk wilayah Selopamioro, karena wilayahnya rawan bencana baik banjir, tanah longsor dan kekeringan.

Diharapkan dengan kegiatan ini bisa menambah pemahaman dan pengetahuan  bagi seluruh anggota FPRB sebagai bekal dalam melaksanakan tugas kemanusian.

Semenata itu, sebagai nasrasumber Iptu Agus Taprihatin memberikan materi tetang kekompakan dalam menjalankan tugas sebenarnya. Tugas menjaga keamanan adalah  tugas pokok dari semua warga negara. Dengan adanya pembentukan FPRB bisa menjadi sebuah wadah untuk mencapai tujuan secara maksimal.

Tugas pokok akan bisa dilaksanakan dengan optimal dengan  kunci utama adalah kompak. Yakni kompak dalam organisasi dan terarah, serta kompak dalam bertugas yaitu melaksanakan tugas dengan keiklasan dan bekerja sebaik mungkin, menjaga keharmonisan baik terhadap organisasi maupun dengan  masyarakat. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Pantau Giat Praktek Pengolahan Hasil Tanaman

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo melaksanakan giat Praktek Pengolahan Hasil Tanaman Kelompok Wanita Tani (KWT) Multi Poncosari di Dsn Jopaten Poncosari Srandakan Bantul, Rabu (28/4/2021) jam 11.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut Jawatan Projo Kapanewon Srandakan Suparwanto, pendamping KWT dari DPP Srandakan Candra, serta Ketua dan para anggota KWT Multi Sari.

Produk yang dihasilkan dari praktek pengolahan tersebut antara lain permen pepaya, kerupuk pepaya, nastar, bakpia dan keripik pisang.

Kegiatan berjalan Lancar aman kondusif sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)


Kapolsek Piyungan Pimpin Patroli Di Wilayah Hukumnya

Kapolsek Piyungan Kompol Suraji SH bersama Wakapolsek dan Kanit Intelkam Piyungan melaksanakan patroli di wilayah hukumnya, Rabu (28/4/2021) siang.

Menurut Kapolsek Piyungan, kegiatan patroli tersebut bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas di Kapanewon Piyungan agar tetap aman kondusif.

"siang dan malam anggota Polsek Piyungan melaksanakan patroli, sambang pusat perbelanjaan, kantor perbankan dan perusahaan yang ada di wilayah Piyungan. Kegiatan ini dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkap Kapolsek.

Lebih lanjut, Kapolsek Piyungan mengatakan bahwa patroli dilaksanakan secara dialogis dan humanis untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, serta imbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"kami mengajak kepada masyarakat selalu waspada terhadap tindak kriminalitas terutama jelang hari raya Idul Fitri, serta menghimbau kepada masyarakat agar menunda mudik lebaran untuk mencegah penyebaran Covid-19," tuturnya. (Humas Polsek Piyungan)

Unit Provos Polsek Piyungan Adakan Gaktibplin Terhadap Personel

Unit Provos Polsek Piyungan melaksanakan Gaktibplin (Penegakan, Keteriban dan Disiplin) terhadap personel Polsek Piyungan, di halaman Mapolsek Piyungan, Rabu (28/4/2021) pukul 08.30 WIB.

Kegiatan Gaktiplin dipimpin Kanit Provos Piyungan Aiptu Marsono melakukan pemeriksaan surat kelengkapan diri seperti KTA, KTP, SIM dan STNK. Tak luput anggota yang memegang senjata api (senpi) juga dicek kebersihan dan masa berlaku kartu izin pemegang senjata api inventaris.

"Kami selaku pengemban pengawasan dan pemantauan terhadap personel di lapangan, khususnya anggota di Polsek Piyungan untuk memastikan tidak ada pelanggaran," jelas Kanit Provos.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, Gaktibplin dilaksanakan secara berkala bertujuan untuk mengontrol dan menertibkan anggota agar disiplin mematuhi aturan yang ada. Dalam kegiatan tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran dari anggota. (Humas Polsek Piyungan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Hadiri Acara Pertemuan Desa Siaga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo menghadiri kegiatan pertemuan desa siaga yang digelar di Pendopo Kalurahan Poncosari Srandakan Bantul, Rabu (28/4/2021) pagi.

Hadir dalam acara tersebut Lurah Poncosari Supriyanto SE S.Pt, Kepala Puskesmas Srandakan drg. Budi Setyowati, Bidan Desa Warismi dan dr. Retiyana Lamboya, petugas gizi Puskesmas Srandakan Endang Pusparini serta Kader Kesehatan se Kalurahan Poncosari.

Kegiatan berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)

Kasubdit Satpam Polda DIY Buka Pendidikan Dan Latihan Satpam WDM

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MM menghadiri pembukaan pendidikan dan latihan Satpam yang dikelola oleh WDM (Wardani Dian Mandari) yang berkedudukan di Jl. Wates Km 9,5 Plawonan Argomulyo Sedayu, Selasa (27/4/2021) Pukul 08.00 WIB.

Pendidikan Satpam ini merupakan angkatan ke 35 yang dibuka oleh Kasubdit Satpam Polda DIY AKBP Fajarini di Gedung Serbaguna Argomulyo Sedayu Bantul. Pendidikan diikuti sebanyak 58 peserta dengan rincian 54 pria dan 4 wanita.

Dalam situasi pandemi Covid-19, pendidikan diatur sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kegiatan pendidikan diselenggarakan di Gedung Serbaguna Argomulyo dengan lama pendidikan selama 14 hari dimulai tanggal 28 April 2021 sampai dengan 12 Mei 2021.

Dalam sambutannya Kasubdit Satpam Polda DIY AKBP Fajarini menyampaikan, warga negara Indonesia yang akan menjadikan dirinya bekerja sebagai satuan pengamanan harus terlebih dahulu mengikuti pendidikan dan latihan dasar garda pratama sebagai kemampuan dasar Satpam dengan pola 232 jam pelajaran.

Diharapkan dengan pendidikan tersebut para peserta mempunyai sikap mental kepribadian, baik kesamaptaan fisik pengetahuan dan kemampuan dasar sebagai pelaksanaan tugas, serta harus memegang janji siswa sebagai bekal tugas di lapangan. (Humas Polsek Sedayu)

Personel Polsek Kasihan Laksanakan Kegiatan Pembacaan Surat Yasin dan Doa Bersama

Personel Polsek Kasihan melaksanakan kegiatan pembacaan Surat Yasin dan Doa Bersama di Masjid Dakwah Padokan Tirtonirmolo Kasihan Bantul, Rabu (28/4/2021) pukul 08.30 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Kapolsek Kasihan , Kanit, Panit dan Kasie, Anggota Polsek Bantul, PNS/Polwan Polsek Bantul

Dalam kesempatan tersebut Banit intelkam Aipda Ari Dwi P,SH memimpin pembacaan Surat Yasin.

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo,SH mengatakan  tujuan dari pelaksanaan Kegiatan Binrohtal Pembacaan Surat Yasin tersebut adalah untuk Pembinaan rohani dan meningkatkan iman serta ketaqwaan  Personel Polsek Kasihan yang beragama Muslim kepada Allah SWT.

"Dengan harapan sikap mental personel Polri khususnya Polsek Kasihan yang baik akan menciptakan hasil pelaksanaan tugas yang baik dan bijaksana serta dapat dipertanggung-jawabkan, sehingga citra Polri akan semakin baik dimata masyarakat di masa yang akan datang,” kata kapolsek Kasihan.

“Melalui kegiatan binrohtal ini, para personil dapat meningkatkan iman dan taqwa guna terwujudnya polri yang profesional, Moderen, humanis dan terpercaya”, tambah  Kapolsek  Kasihan.

Kegiatan ditutup dengan doa permohonan kepada Allah SWT, agar anggota  Polsek Kasihan diberikan kemudahan dalam bertugas dan diberikan rezeki yang berkah dan kesehatan serta umur panjang.


Kapolsek Bantul Sambang Di Kantor Kalurahan Trirenggo

Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH melaksanakan kegiatan sambang di Kantor Kalurahan Trirenggo Bantul, Rabu (28/4/2021) pagi.

Dalam sambangnya Kapolsek Bantul bertemu dengan Lurah Trirenggo, Erna Kusumaningsih, M.Or.

Pada kesermpatan tersebut Kapolsek Bantul menyampaikan pesan kamtibmas untuk bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan wilayah Kalurahan Trirenggo. Antara lain dengan memberikan penyuluhan dan mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif menjaga lingkungan yakni dengan mengaktifkan  siskamling.

Kapolsek Bantul juga mendukung Pemerintah Kalurahan Trirenggo dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat supaya dalam pengurusan surat-surat lebih cepat dan mudah.

Sementara itu, kegiatan sambang tersebut sekaligus untuk silaturahmi dan meningkatkan sinergitas dengan Pemerintah Kalurahan Trirenggo. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Pleret Hadiri Safari Taraweh Bupati Bantul Di Masjid Brajan

Kapolsek Pleret AKP Tukirin menghadiri kegiatan Safari Taraweh Pemerintah Kabupaten Bantul di Masjid Brajan, Dusun Brajan, Wonokromo, Pleret, Bantul, Selasa (27/4/2021) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Plt. Panewu Pleret Saryadi, S.Ip, M.Si, Kapolsek Pleret AKP Tukirin, Penewu Anom Evi Nur Siti Fathonah, S.Sos, MM, Lurah Wonokromo Machrus Hanafi, S.Ag., Toga dan Tomas Kalurahan Wonokromo, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonokromo, Babinsa dan jamaah.

Dalam sambutanya Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menyampaikan harapannya semoga Ramadhan kali ini memberi keberkahan bagi semua, dimana kita saat ini masih berjuang melawan Covid-19, maka kita masih melaksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

"Kita jaga guyup rukun warga masyarakat agar bisa membangun desa, dan waspadai paham-paham radikalisme yang dapat memecah belah persatuan bangsa Indonesia," pesannya. (Humas Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Parangtritis Hadiri Kegiatan Safari Tarawih Di Masjid At Taqorub

Forkopimda Kabupaten Bantul mengadakan Safari Tarawih Ramadhan 1442 H di Masjid At Taqorub, Dusun Sono, Parangtritis, Kretek, Bantul, Selasa (27/4/2021) malam.

Dalam sambutannya Setda Kabupaten Bantul mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan ibadah sholat isya dan tarawih dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan Surat Kekancingan Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) untuk Dusun Sono dan Dusun Grogol IX, serta penyerahan secara simbolis bantuan dari Baznas Kabupaten Bantul berupa 10 ekor kambing.

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopim Kapanewon Kretek, Bhabinkamtibmas Kalurahan Parangtritis Bripka Tohari, Babinsa, Lurah dan Pamong Kalurahan Parangtritis, Dukuh dan tokoh masyarakat setempat. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sumberagung Pasang Spanduk Larangan Menyalakan Petasan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sumberagung Bripka Ahmad Rivai memasang spanduk imbauan tentang larangan menyalakan petasan. Spanduk dipasang di sekitar Lapangan Kalurahan Sumberagung Jetis Bantul, Selasa (27/4/2021).

Pemasangan spanduk imbauan tersebut ditujukan kepada warga masyarakat terutama anak-anak remaja agar tidak menyalakan petasan di bulan Ramadhan 1442 H.

Bripka Ahmad Rivai mengatakan, di sekitar Lapangan Sumberagung selama Ramadhan ini sering dijadikan ajang main petasan. Oleh karena itu, spanduk imbauan larangan menyalakan petasan dipasang di lokasi tersebut.

Lebih lanjut, Bripka Ahmad Rivai menegaskan anak-anak remaja yang sering membunyikan petasan agar menghentikan, karena sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar dalam dalam melaksanakan ibadah di bulan puasa. Selain itu, bermain petasan sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Dijelaskan pula, pemasangan spanduk tersebut sekaligus untuk mensosialisasikan bahwa membunyikan atau membuat petasan termasuk perbuatan yang melanggar undang-undang, yakni pasal 1 (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951  dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Diatur juga dalam pasal187 KUHP dengan ancaman hukuman minimal 12 tahun penjara. (Humas Polsek Jetis)