30 June 2021

Polres Bantul Bekuk 2 Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur

Satreskrim Polres Bantul berhasil mengamankan dua pelaku pecabulan terhadap anak dibawah umur.

Tersangka pertama yang diamankan adalah seorang pemuda berinisial EK (22) asal Lampung Timur yang telah melakukan pencabulan terhadap dua remaja laki-laki berusia 15 tahun masing-masing berinisial DKH dan HA.

“Tersangka adalah musyrif atau pengasuh disalah satu pondok pesantren di wilayah Kapanewon Bantul, sementara kedua korban adalah santri di pondok pesantren tersebut,” kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK saat menggelar jumpa pers di Mapolres Bantul, Rabu (30/6/2021).

Ihsan mengatakan aksi pencabulan terhadap korban DKH terjadi saat korban diminta untuk menginap di kamar tersangka. Oleh tersangka, korban dipinjami handphone untuk main game. Setelah itu korban disuruh tidur diranjang dan tersangka mulai memegang kemaluan korban. Tersangka lalu menurunkan celana korban dan melakukan oral sex.

“Aksi tersangka terulang sampai tiga kali,” imbuh Ihsan.

Kejadian tersebut lantas diceritakan korban kepada orang tuanya. Ibu korban yang tak terima anaknya menjadi korban pencabulan lalu melaporkannya ke polisi. Pelaku  akhirnya dapat diamankan petugas dan kemudian digelandang ke Mapolres Bantul.

Dari hasil penyelidikan, diketahui tersangka pernah melakukan perbuatan serupa terhadap korban HA.

“Setelah diselidiki, korbannya ternyata ada dua. Dan saat ini, kami masih terus melakukan pendalamam untuk mencari kemungkinan adanya korban lain,” papar Ihsan.

Dijelaskan, pada usia 17 tahun, tersangka pernah menjadi korban perbuatan yang sama yang dilakukan teman laki-lakinya.

“Kejadiannya saat korban berada di sebuah pondok pesantren di Lampung,” jelas Ihsan.

Selain mengamankan EK, polisi juga mengamankan tersangka pencabulan lainnya berinisial AW (52) warga Jetis Bantul.

Tersangka yang berprofesi sebagai penjaga kuda tersebut, diamankan lantaran diduga telah melakukan pencabulan terhadap dua remaja laki-laki masing-masing GTP (12) dan MR (13) di sebuah kandang kuda di Trimulyo Jetis Bantul tempatnya bekerja. Peristiwa tersebut terjadi pada Bulan Mei 2021 sekitar pukul 01.00 dini hari dan baru dilaporkan pada tanggal 9 Juni 2021.

“Aksi pencabulan terjadi sewaktu kedua korban sedang menginap di kamar perawat kuda, saat kedua korban terlelap itulah tersangka melancarkan aksinya dengan memegang-megang kemaluan kedua korban dan kemudian melakukan oral sex,” jelas Ihsan.

AW kemudian ditangkap petugas ditempatnya bekerja atas laporan dari orang tua GTP.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka diketahui memiliki riwayat menyukai sesama jenis.

“Tersangka mengaku pernah memiliki pacar laki-laki saat SMP,” kata Ihsan.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka yaitu, EK dan AW dijerat Pasal 81 dan atau Pasal 82 UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Acamannya hukumannya penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun," tandasnya. (Humas Polres Bantul)
 

Polsek Bantul Santuni Anak Yatim di Wilayah Kalurahan Palbapang

Polsek Bantul mengadakan kegiatan bakti sosial santunan anak yatim piatu, di GOR Kalurahan Palbapang Bantul, Rabu (30/6/2021).

Kegiatan bakti sosial tersebut sekalugus dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-75 Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2021.

Hadir antara lain Kapolsek Bantul Kompol Ayom B. Yuswandono SH, Kamituwo Kalurahan Palbapang Drs. H. Sudarjo, para Kanit dan Kasi Polsek Bantul, Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Aipda Fitri Kusharyanto serta 22 anak yatim.

Pada kesempatan tersebut Kamituwo Kalurahan Palbapang Drs. H. Sudarjo mengucapkan terima kasih kepada Polsek Bantul yang secara rutin mengadakan santunan kepada anak yatim. Harapannya kegiatan ini akan terus berjalan dan berkesinambungan untuk membantu anak-anak yatim di wilayah Bantul khususnya Kalurahan Palbapang.

Sambutan Kapolsek Bantul Kompol Ayom B. Yuswandono SH mengungkapkan, rasa syukur Polsek Bantul bisa melaksanakan kegiatan santunan anak yatim piatu. Harapannya santunan ini bermanfaat bagi anak-anak yatim terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Kegiatan santunan ini, lanjutnya, merupakan  agenda rutin setiap bulan menggunakan dana infaq dari anggota Polsek Bantul. Santunan kali ini diberikan kepada 22 anak yatim di wilayah Kalurahan Palbapang. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Banguntapan Adakan Kegiatan Vaksinasi Bagi Komunitas Kicau Mania

Untuk mendukung vaksinasi serentak menuju Indonesia sehat dan menyambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polsek Banguntapan bekerjasama dengan Puskesmas Banguntapan III mengadakan vaksinasi Covid-19 di Dusun Modalan Banguntapan Bantul, Rabu (30/6/2021).

Kegiatan vaksinasi tersebut sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengikuti vaksinasi dan mensukseskan program pemerintah satu juta vaksin sehari.

Adapun peserta vaksinasi yakni para Juri Kicau Mmania, Linmas Kalurahan Banguntapan dan warga masyarakat dengan target vaksinasi 100 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH, Carik Banguntapan Putut Damarjati SE, petugas medis Puskesmas Banguntapan III, Bidan Ana Fitri Astuti (Vaksinator), dr. Narina Avi Septiyani (Screening), Bidan Ambar Kristiana Sari (Sreening), Perawat dan Paramedis, Bhabinkamtuibmas Kalurahan Banguntapan Aiptu Agung Aji W. SH M.Par, Babinsa Kopda Mahfud, Korlap Kicau Mania Banguntapan dan peserta vaksin. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Koordinasi Pelaksanaan PPKM Mikro

Bertempat di Posko PPKM mikro Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul telah berlangsung rapat koordinasi penanganan Covid-19 dan pelaksanaan PPKM mikro Kelurahan Wirokerten, Rabu (30/6/2021).

Rapat koordinasi dipimpin Lurah Wirokerten Hj. Rakhmawati Widyaningrum SE diikuti Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo, Dukuh dan Satgas Covid-19 Kalurahan Wirokerten.

Bahasan utama dalam rakor tersebut terkait peningkatan pelaksanaan PPKM mikro dan imbauan mematuhi protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kalurahan Wirokerten. Di antaranya membatasi atau menunda kegiatan-kegiatan tertentu yang dapat menimbulkan kerumunan guna pencegahan penularan Covid-19. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Giat Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Warung Kopi

Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kapanewon Banguntapan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Aiptu Agung Aji Wijaya SH M.Par melaksanakan kegiatan penyemprotan desinfektan di sejumlah Warung Kopi yang ada di wilayah Sorowajan Banguntapan Bantul, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan bersama relawan Kalurahan Banguntapan dan Satgas Covid-19 Kalurahan Banguntapan.

Sementara itu, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 para pengelola warung kopi di wilayah Banguntapan berkomitmen melaksanakan protokol kesehatan bersama-sama saling menjaga dan melindungi, serta mencegah penyebaran Covid-19.

Hal itu ditunjukan dengan adanya aturan wajib cuci tangan sebelum masuk di warung kopi, wajib memakai masker dan tempat duduk disetting dengan menjaga jarak, serta membatasi jam operasional. (Humas Polsek Banguntapan)

Anggota Lalu Lintas Piyungan Lakukan Pengaturan Arus Lalu-Lintas di Jalan Yogya- Wonosari

Anggota Lalu Lintas Piyungan melakukan pengaturan arus lalu-lintas di Jalan Yogya- Wonosari tepatnya di simpang tiga traffic Piyungan, Rabu (30/6/2021).

Pengaturan lalu lintas dilakukan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi para pengguna jalan, karena jalan Piyungan- Prambanan sedang dalam perbaikan dari Dinas Pekerjaan Umum.

Perbaikan jalan tersebut dengan pengerukan  separuh jalur jalan, hal tersebut membuat pengguna jalan hanya dapat menggunakan separuh jalur saja. Sehingga mengakibatkan terjadinya kepadatan dan membuat arus lintas menjadi terganggu.

Pada kesempatan tersebut Kanit Lantas Polsek Piyungan AKP Boedi Hariyanto SH MH menyampaikan kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati dalam berkendara, karena jalan dari arah Piyungan- Prambanan digunakan secara bergantian, buka tutup jalan.

Dengan adanya pengaturan lalu lintas dari anggota diharap akan memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan kepada warga masyarakat pemakai jalan serta untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas. (Humas Polsek Piyungan)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Lakukan Sambang Vaksinasi Lansia di Puskesmas Pandak II

Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Aipda Subawa SH melaksanakan sambang vaksinasi kepada Lansia bertempat di Puskesmas Pandak II Bantul, Rabu (30/06/2021) jam 08.30 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Pandak II Haryati A.Md.Keb, beserta nakes, Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Aipda Subawa SH dan penerimaan vaksin.

Bertempat di Puskesmas Pandak II telah berlangsung kegiatan pemberian Vaksin Covid 19 yang diberikan kepada 160 orang warga Lansia. Adapun mekanisme vaksinasi adalah registrasi, screning, suntik vaksin covid 19, entry observasi dan kipi.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Triharjo Aipda Subawa SH juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan himbauan pencegahan Covid-19. Dalam penyampaiannya Bhabinkamtibmas mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir dikapanewon Pandak agar setelah melaksanakan vaksinasi agar tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Yaitu dengan 5M memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Diharapkan dengan telah dilaksanakannya protokol Kesehatan tersebut dapat mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Pandak)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Laksanakan Pengamanan Pemakaman Dengan Protokol Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo SH melaksanakan pengamanan dan monitoring pemakaman salah satu warga di wilayah biasanya yang meninggal dunia karena Covid-19 di TPU Krapyak Wetan Panggungharjo Sewon Bantul, Selasa (29/6/2021) sore.

Pemakaman jenazah pasien Covid-19 tersebut dilaksanakan oleh Tim Kubur Cepat dari Satgas Covid-19 Kalurahan Panggungharjo.

Kehadiran Bhabinkamtibmas Polsek Sewon dalam setiap kegiatan pemakaman yang dilakukan dengan protokol Covid-19 ini merupakan upaya turut mencegah warga agar tidak mendekat dan menjauhi kerumunan, serta untuk antisipasi adanya berbagai hal seperti penolakan dari warga sekitar terkait tempat pemakaman. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Laksanakan Pengamanan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

Salah satu warga Kelurahan Pendowoharjo Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul yang sempat dirawat di salah satu Rumah Sakit dan terindikasi Covid-19 meninggal dunia pada hari Selasa (29/6/2021) siang.

Pemakaman dilakukan pada hari itu juga di TPU setempat olehTim Kubur Cepat Satgas Covid-19 Kalurahan Pendowoharjo dengan protokol Covid-19.

Dalam prosesi pemakaman, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana melaksanakan pemantauan dan pengamanan. Hal itu dilakukan demi kelancaran jalannya pemakaman.

Di tempat terpisah, Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH menjelaskan, bahwa pengamanan pemakaman jenazah pasien Covid -19 untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas agar prosesi pemakaman dapat berjalan lancar.

Untuk itu, seorang Bhabinkamtibmas  dituntut proaktif dan bersinergi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dalam monitoring dan penanganannya. (Humas Polsek Sewon)

Kapolres Bantul Bersama Jajaran Fokopimda Monitoring Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Kretek

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul melakukan serangkaian kunjungan untuk monitoring pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 massal secara serentak dosis I di wilayah kabupaten Bantul, Rabu (30/6/2021) pagi. Salah satunya kegiatan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan di wilayah Kapanewon Kretek.

Dalam kesempatan tersebut rombongan dari Forkopimda Kabupaten Bantul yang didampingi Forkopim Kapanewon Kretek mengunjungi tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Pendopo Mancingan dan Gedung TIC Grogol Parangtritis Kretek Bantul. Menurut rencana kegiatan vaksinasi Covid-19 massal akan diadakan selama dua hari beturut-turut.

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menyampaikan, bahwa syarat bisa dibukanya kembali obyek wisata Parangtritis adalah dilaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat yang tinggal di kawasan sekitar obyek wisata dan angka penyebaran Covid-19 di kawasan tersebut juga menjadi tolok ukur.

Lebih lanjut, pemerintah tidak ingin Covid-19 melanda warga masyarakat utamanya warga yang tinggal di kawasan pantai selatan, karena obyek wisata Parangtritis menjadi andalan wisata bagi Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul juga meminta warga masyarakat Parangtritis bersabar dalam menyikapi penutupan obyek wisata yang telah dilakukan oleh pemerintah. Penutupan tersebut semata untuk melindungi warga masyarakat.

Dikatakan, bahwa vaksinasi dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19, sehingga Pemerintah Kabupaten Bantul akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh warga masyarakat mendapatkan vaksinasi.

Sementara itu, dalam pesannya protokol kesehatan harus menjadi budaya sehingga penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir, sehingga kedepan ekonomi kembali bergerak berputar, karena semua itu dapat terlaksana dengan baik apabila ada kerjasama semua pihak utamanya warga masyarakat di pesisir pantai selatan. (Humas Polsek Kretek)

Penilaian Lomba ZI di Polsek Sewon

Kapolsek Sewon Komisaris Polisi (Kompol) Suyanto, S.H., beserta Kanit dan Kasi menyambut langsung kedatangan tim penilai lomba Zona Integritas (ZI), di lobi Mako Polsek Sewon, Selasa (29/06/2021) siang.

Tim Penilai yang dipimpin langsung oleh Kabag Ren Polres Bantul Kompol Nunuk Widiastuti SH, yang di dampingi oleh Penda Titik Lestari, Aipda Pepen S, Briptu Herni S. SH, langsung melaksnakan penilaian dan pengukuran antarai lain tersediannya fasilitas seperti tempat bermain anak, ruang laktasi, wifi publik, perpustakaan dan pendukung operasional dalam pelayanan seperti ketersediaan genset, ketersediaan tempat cuci tangan, dan handsanytiser, penilaian juga dilanjutkan dengan penilaian administrasi di seluruh fungsi, pengelolaan manajemen media sosial.

Kompol Nunuk Widiastuti SH menyampaikan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM, kegiatan pemantauan/monitoring  dan evaluasi yang dilaksanakan secara kontinyu dalam rangka pencapaian target pembangunan ZI pada tiap-tiap komponen, melalui kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana, monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas, tindak lanjut hasil monitoring  dan evaluasi serta perubahan pola pikir dan budaya kerja.

Lanjut Kompol Nunuk Perubahan pola pikir dan budaya kerja adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka merubah pola pikir anggota menuju ke arah yang lebih baik serta mewujudkan budaya kerja di satuan kerjanya sehingga tercipta lingkungan kerja yang benar-benar bebas korupsi dan berkinerja baik.

“Lomba Zona Integritas dilaksanakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke -75 serta untuk mewujudkan birokrasi cepat, tepat, anti korupsi menuju zona Integritas wilayah bebas dari korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM )”

“Pembangunan Zona Integritas WBK / WBBM adalah bentuk penguatan tugas dan fungsi  petugas untuk berkinerja secara efektif dan efisien, memberikan pelayanan publik dengan setulus hati, serta mencegah terjadinya praktik praktik gratifikasi” tutupnya. (Humas Polsek Sewon)


Penilaian Lomba PPKM Mikro Tingkat Polres Bantul di Kalurahan Poncosari dan Kalurahan Trimurti

Kapolsek Srandakan Kompol Kuswanto menerima kunjungan tim penilai Lomba PPKM Mikro tingkat Polres Bantul di Kalurahan Trimurti dan Kalurahan Poncosari, Srandakan, Bantul pada Selasa (29/6/2021).

Tim penilai dari Polres Bantul dipimpin oleh KBO Sat Binmas Polres Bantul Iptu Sudiasih. Adapun yang menjadi kriteria penilaian meliputi kelengkapan administrasi, sarana dan prasarana, logistikm, panel data perkembangan kasus penyebaran Covid-19 dan upaya pencegahan.

Kegiatan berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtalun Dampingi Pemakaman Jenazah Dengan Protokol Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtalun Aiptu Wardani bersama Bhabinsa mendampingi Tim Satgas Covid-19 Kalurahan Karangtalun melaksanakan pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Dusun Sareyan Karangtalun Imogiri Bantul, Rabu (30/6/2021).

Warga yang meninggal dunia tersebut sebelumnya sempat di rawat di Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul.

Sementara itu, petugas pemakaman dilakukan oleh tim relawan pemakaman Satgas Covid-19 Kalurahan Karangtalun dan dihadiri oleh Lurah Kalurahan Karangtalun Suharjo, Jogoboyo serta perwakilan keluarga. (Humas Polsek Imogiri)

Polsek Pleret Laksanakan Binrohtal Rutin

Polsek Pleret melaksanakan Pembinaan Rohani dan Mental dengan rutin membaca Surat Yasin dilanjutkan dengan siraman rohani di Rumah Dinas Kapolsek Pleret Komplek Kantor Polsek Pleret Keputren Pleret Pleret Bantul, Rabu (30/6/2021).

Hadir dalam kegiatan antara lain Kapolsek Pleret AKP Tukirin, Kepala KUA Polsek Pleret KH Ali Naseh, S.Ag, M.H.i, Kanit Sabhara Polsek Pleret Iptu Dalhari, Kanit Lalulintas Polsek Pleret Ipda Mugiyono, Kanit Binmas Ipda Banaji, Kanit Intelkam Aiptu Koesbiantoro, Kanit Provost Aiptu Nurwandi, KasiHumas Aiptu Suradi, Peronil KUA dan Personel Polsek Pleret.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Subhanahuwata'ala, sehingga Anggota didalam melaksanakan tugas sebagai Pelindung,  Pengayom dan Pelayan masyarakat dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dengan niat ibadah.

Kegiatan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 mewajibkan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Humas Polsek Pleret)


Personel Polsek Kasihan Laksanakan Patroli Dialogis Berikan Himbauan Protokol Kesehatan

Personel Polsek Kasihan melaksanakan patroli dialogis memberikan himbauan kamtibmas dan protokol kesehatan kepada Pengunjung Cafe di Dusun Ngrame Tamantirto Kasihan Bantul, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan Patroli ini dipimpin Oleh Panit I Sabhara Ipda Sigit Budi H  Tak hanya sekedar patroli anggota juga meberikan sosialisasi Kamtibmas, imbauan Kamtibmas dan Prokes 5M kepada pemilik cafe dan pengunjung serta berikan pesan- pesan apabila ada permasalahan dilingkungan kerja atau tempat tinggal segera hubungi Bhabinkatibmas Tamantirto Bripka Agustinus Sulistyono,SH

“Saat patroli kami ingatkan agar pemilik cafe dan pengunjung selalu jalankan prokes dan mengingatakan tentang batas buka café yang sampai jam 21.00 Wib serta apabila ada sesuatu yang mencurigakan agar selalu berkomikasi dengan Bhabinkamtibmas atau hubungi Polsek  Kasihan langsung,” ungkap Ipda Sigit Budi H.

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo,SH Masing, mengatakan bahwa Adaptasi Kebiasaan Baru adalah cara untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial- ekonomi. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario Adaptasi Kebiasaan Baru dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional.

Untuk itu personil Polsek Kasihan terus memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan edukasi dan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru serta protokol kesehatan kepada warga dan himbauan harkamtibmas. (Humas Polsek Kasihan)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Berikan Edukasi Warga Bayuran

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo mengedukasi warga Dusun Bayuran Poncosari Srandakan Bantul yang masuk dalam data KE untuk bersedia datang ke Puskesmas melaksanakan swab, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Jawatan Keamanan Kapanewon Srandakan Sudiarto serta Carik Poncosari Sunu Aji Pamuko.

Selama kegiatan berjalan lancar dan aman. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Pengamanan Pemakaman Jenazah Dengan Standar Prokes

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo melaksanakan pengamanan pemakaman jenazah warga dengan standar prokes di TPU Dusun Bayuran Poncosari Srandakan Bantul, Selasa (29/6/2021) malam.

Hadir dalam acara tersebut Lurah Poncosari Supriyanto SE S.Pt beserta Pamong, Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo, Babinsa Serda Purnama, relawan FPRB Poncosari serta Satgas Covid-19 Dusun Bayuran.

Mesikipun jenazah dinyatakan negatif Covid-19 oleh RS Sari Asih Banten, namun dengan pertimbangan bahwa jenazah berasal dari luar wilayah DIY maka jenazah tetap dimakamkan sesuai prokes. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Srigading Sanden Adakan Pantauan Posko Warga Dusun Ngunan unan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudyanto SH bersama Relawan Satgas Covid-19 RT mengadakan pantauan Posko Warga penanganan Covid di Dusun Ngunan unan Srigading, Sanden, Selasa (29/6/2021) jam 22.30 WIB.

Dusun Ngunan unan yang merupakan bagian wilayah binaan Bhabinkamtibmas Srigading Polsek Sanden saat ini masuk dalam kategori zona merah penularan virus corona. Banyak warga yang terpapar covid-19 dari kluster hajatan warga setempat. Saat ini masih banyak warga yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah karena rumah sakit dan shelter yang ada sudah penuh.

Pantauan yang dilakukan anggota Polsek Sanden beraama satgas covid RT guna memastikan warga melakukan isolasi mandiri dengan benar dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan virus corona.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka afif bersama relawan menyalurkan bantuan logistik dari donatur kepada warga yang yang sedang melakukan isolasi dan terdampak covid-19. Semoga warga yang sedang sakit segera diberikan kesembuhan kembali sehingga dapat beraktifitas seperti sedia kala, ujar Bripa Afif. (Humas Polsek Sanden)


Kapolsek Sanden Bersama Forkopimka Tinjau Hasil Pembangunan TMMD di Wonoroto

Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH bersama jajaran Forkopimka Sanden melaksanakan pengecekan hasil pembangunan di lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Dusun Wonoroto Gadingsari Sanden, Selasa (29/6/2021) jam 11.00 WIB.

Turut serta dalam giat pengecekan kegiatan TMMD diantaranya Panewu Sanden Drs. Bangun Rahina MM, Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH, Danramil Sanden Kapten Cba. Mardyono, Bhabinkamtibmas Kalurahan Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto S.Pd dan Babinsa.

Kegiatan peninjauan dan pengecekan yang dilakukan Forkopimka Kapanewon Sanden guna memantau sejauh mana proses pembangunan Talud di lokasi TMMD. Dalam kesempatan tersebut Forkopimka memberikan semangat kepada anggota TNI, Polri, Linmas, warga masyarakat yang sedang bergotong royong membangun talud dalam giat TMMD.

"Tetap patuhi protokol kesehatan, jangan sampai menjadi kluster penyebaran covid-19," pesan AKP Haryanto SH. (Humas Polsek Sanden)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Bersama Babinsa Dampingi Tim Satgas Covid-19 Lakukan Pemakaman Warga

Untuk kesekian kalinya Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Bripka Wahyu Apri Winarto bersama Babinsa mendampingi Tim Satgas Covid-19 Kalurahan Wukirsari yang akan melaksanakan pemakaman jenazah salah satu warga yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Senin (28/6/2021) sore.

Jenazah korban Covid-19 tersebut adalah warga Dusun Kedungbuweng dimakamkan di TPU Kedungbuweng Wukirsari Imogiri Bantul.

Bhabinkamtibmas Bripka Wahyu Apri W mengatakan, sesuai protokol kesehatan jenazah langsung dimakamkan tidak disemayamkan di rumah keluarga.

Petugas pemakaman dari time relawan pemakaman Satgas Covid-19 Kalurahan Wukirsari. Hadir dalam kegiatan itu antara lain Lurah Kalurahan Wukirsari, Jogoboyo Kalurahan Wukirsari, FPRB Bimasakti Kalurahan Wukirsari serta perwakilan keluarga berjalan lancar. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Amankan Pemakaman Warga Dengan Standar Covid-19 di Dusun Ngunan ngunan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudyanto bersama Babinsa Koramil Sanden melaksanakan pemantauan dan pengamanan pemakaman warga yang meninggal dengan standar Covid-19 di Dusun Ngunan ngunan Srigading Kapanewon Sanden, Selasa (29/6/2021) pukul 19.30 WIB.

Kehadiran anggota Polsek melalui Bhabinkamtibmas tersebut dalam rangka kelancaran dan keamanan pelaksanaan pemakaman secara protokol kesehatan oleh Tim Relawan Covid -19 Kalurahan Srigading kepada warga yang meninggal yaitu Jumakir rahimahullah.

Jumakir rahimahullah (70) merupakan salah satu warga binaan yang meninggal dunia dan dimakamkan dengan standar Covid -19 di makam suci Ngunan unan Kalurahan Srigading.

"Sudah menjadi tugas pokok bagi anggota Bhabinkamtibmas yang hadir ditengah masyarakat untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam setiap kegiatan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini," ucap Bripka Afif.

Bripka Afif menambahkan bahwa disaat pandemi Covid ini Bhabinkamtibmas dituntut pro aktif dalam monitoring dan pengamanan kegiatan masyarakat dalam penanganan dan pencegahan Covif-19. Giat pemakaman juga dihadiri Lurah Srigading Ir. H. Prabowo Suganda, Carik, Jogoboyo, Kamituwo, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Relawan FPRB Srigading. (Humas Polsek Sanden)


Polri Gelar Pelatihan 2.284 Orang untuk Jadi Tracer Covid-19

JAKARTA - Baharkam Polri menggelar pelatihan terhadap 2.284 orang untuk menjadi tracer Covid-19 atau virus corona. Kegiatan tersebut dilakukan mulai 29 Juni hingga 1 Juli 2021 mendatang. 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan bahwa, pelatihan tersebut dilakukan kepada personel Polri dan elemen masyarakat yang merupakan mitra kepolisian.

"Peserta sebanyak 2.284 orang. dengan rincian Relawan Senkom 530 orang, Bintara PMJ 270 orang, Baja SPN Lido 552 orang, Baja SPN Jabar 539 orang, Baja SPN Banten 192 orang dan Baja SPN Jateng 201 orang," kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (29/6/2021).

Menurut Argo, pelatihan ribuan orang sebagai tracer ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kewajiban dari seluruh personel Korps Bhayangkara kepada masyarakat dalam menjalankan tugasnya di tengah Pandemi Covid-19.

"Dimana ini sebagai bentuk amal dan tanggung jawab kita terhadap masyarakat. Khususnya sebagai anggota Polri adalah kewajiban kita untuk melaksanakan hal tersebut," ujar Argo.

Sebab itu, Argo menekankan, jajaran kepolisian harus bisa bertugas secara profesional dan memahami tugas sebagai tracer. Selain itu, Argo mengimbau kepada jajarannya untuk tetap menjaga diri sendiri saat bertugas.

"Agar rekan-rekan paham betul akan apa saja yang harus dilakukan. Yang pertama menjaga diri kita sendiri, kemudian membuka mata dan telinga, dan mendata siapa saja yang terkonfirmasi positif, jangan pasif," ucap Argo.

Argo juga menyampaikan apresiasi kepada elemen masyarakat mitra polisi karena telah mau turut serta dan berperan aktif menjadi seorang tracer. 

"Agar selalu melakukan langkah-langkah yang tepat dan proaktif tetapi tetap menjaga protokol kesehatan yang seharusnya," tutup Argo.


Polsek Sanden Mendapat Ucapan Selamat Hari Bhayangkara Ke-75 dari Kampus UWMY

Menjelang peringatan Hari Bhayangkara Ke-75 , Polsek Sanden mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pihak dan elemen masyarakat, salah satunya dari pihak Kampus Universitas Widya Mataram Yogyakarta.

Perwakilan Universitas Widya Mataram Yogyakarta dipimpin Teguh Imam Setyono SH M.Sc, Selasa (29/6/2021), berkunjung ke Polsek Sanden memberikan ucapan selamat Hari Bhayangkara Ke-75.

Dalam kesempatan tersebut pihak UMWY juga memberikan brosur penerimaan mahasiswa baru. Kedatangannya disambut Kanit Provos Iptu Suharyanto bersama dengan anggota staf dan piket fungsi.

"Kami keluarga besar Universitas Widya Mataram Yogyakarta mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara Ke-75, semoga Polri tetap jaya, semakin sukses dan selalu dekat dengan warganya," tutur Teguh Imam Setyono SH M.Sc. (Humas Polsek Sanden)

Polri Raih Predikat WTP Delapan Tahun Berturut-turut dari BPK

JAKARTA—Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan (LHPLK) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) TA 2020. 

LHPLK diserahkan langsung oleh Anggota I BPK RI Bidang Polhukam, Hendra Susanto kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (29/6/2021). 

Dengan demikian selamat delapan tahun berturut-turut sejak 2013 sampai 2020, Polri berhasil meraih WTP dari BPK.

Kapolri menyampaikan bahwa Korps Bhayangkara selalu berkomitmen untuk mengelola dan mempertanggungjawabkan uang negara dengan sebaik-baiknya. 

“Capaian tersebut harus  dipertahankan dan terus ditingkatkan guna mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara,” kata Sigit dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6/2021). 

Sementara itu, Hendra Susanto mengatakan, WTP yang diberikan bukanlah hadiah dari BPK, melainkan kepatuhan Polri dalam mengelola dan menjunjung tinggi akuntabilitas. “Opini ini bukan hadiah dari BPK tetapi sebagai kepatuhan Polri dalam mengelola keuangan negara,” kata Hendra. 

BPK, kata dia, tidak menemukan permasalahan signifikan yang berdampak pada kewajaran penyajian laporan keuangan. Pemeriksaan terdiri atas pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. 

Tujuan utama pemeriksaan laporan keuangan adalah untuk memberikan opini yang merupakan pendapat profesional pemeriksa atas kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dengan sejumlah kriteria.


Kapolsek Bambanglipuro Pantau Kegiatan Vaksinasi Lansia

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM bersama anggotanya melaksanakan pendampingan, pemantauan dan pengamanan kegiatan vaksinasi lansia di Dusun Turi Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Selasa (29/6/2021) pagi.

Vaksinasi diberikan kepada warga Dusun Turi khususnya usia lanjut (lansia). Sebelum vaksinasi, petugas Puskesmas Bambanglipuro memberikan penyuluhan dan pengarahan kepada para lansia.

“Vaksin tersebut diberikan untuk kekebalan tubuh bagi para Lansia agar terhindar dari virus Covid-19,” kata Kapolsek Bambanglipuro.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr. Tarsisius Glory selaku penanggung jawab vaksinasi Covid-19 menyampaikan, walaupun nantinya sudah mendapatkan vaksinasi tetap harus menjaga kesehatan dan mentaati protokol kesehatan yang sudah ada. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Posko PPKM Mikro Kalurahan Srigading Maju Dalam Lomba Tingkat Polres Bantul

Tim penilai lomba Posko PPKM Mikro tingkat Polres Bantul dipimpin KBO Sat Binmas Polres Bantul Iptu Sudiasih melakukan penilaian di Posko PPKM Mikro Kalurahan Srigading Kapanewon Sanden Kabupaten Bantul, Selasa (29/6/2021).

Lomba PPKM Mikro tingkat Polres Bantul memperebutkan Piala Kapolres Bantul dengan peserta lomba adalah Posko PPKM Mikro yang ada di tingkat Kalurahan di jajaran Polres Bantul.

Kedatangan tim penilai Lomba PPKM Mikro disambut oleh Kanit Binmas Aiptu Bambang Eka Sutryanto bersama anggota serta Lurah Srigading Ir. R. Prabowo Suganda. Adapun yang menjadi kriteria penilaian meliputi kelengkapan admistrasi, sarana dan prasarana, logistik, panel data perkembangan kasus penyebaran Covid-19 dan upaya pencegahan.

Dalam kesempatan tersebut KBO Sat Binmas Polres Bantul Iptu Sudiasih berharap apa yang sudah berjalan di Posko PPKM Mikro Kalurahan Srigading bisa dipertahankan dan ditingkatkan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di tingkat Kalurahan.

Sedangkan Lurah Srihaging Ir. R. Prabowo Suganda menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim penilai lomba Posko PPKM Mikro di Kalurahan Srigading. “Mohon doa dan dukungan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 serta vaksinasi di wilayah Srigading agar berjalan aman lancar,” imbuhnya. (Humas Polsek Sanden)

Polsek Sanden Adakan Vaksinasi Periode Kedua Hari Bhayangkara Ke-75 di Pendopo Kapanewon Sanden

Jajaran personel Polsek Sanden dipimpin Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH melaksanakan pengamanan dan pantauan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat di Pendopo Kapanewon Sanden, Selasa (29/6/2021) mulai jam 07.30 WIB.

Vaksinasi diberikan kepada warga masyarakat Kapanewon Sanden dengan memakai vaksin Sinovac. Kegiatan ini merupakan lanjutan vaksinasi serentak 1 juta sehari dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-75 Polsek Sanden bekerjasama dengan Puskesmas Sanden dan Kapanewon Sanden. Antusias warga masyarakat dalam mengikuti vaksin tergolong tinggi. Ini terlihat dari banyaknya warga yang ikut mendaftar.

"Ini menunjukan sasaran warga akan pentingnya vaksinasi Covid-19 guna membentuk herd immunity sudah tinggi," ujar AKP Haryanto SH.

Peserta vaksinasi ini dari warga masyarakat Sanden yang sudah mendaftar namun belum terlayani saat vaksinasi hari Sabtu (26/6) kemarin. “Makanya hari ini kita jadwalkan kembali. Dari 300 warga yang terdaftar, setelah dilakukan screening ada 280 orang yang lolos untuk di vaksin, sedangkan 20 orang sisanya ditunda,” tandasnya. (Humas Polsek Sanden)

29 June 2021

Kapolres Bantul Melayat Ke Rumah Duka Almarhum Aiptu Suharyadi

Sebagai wujud ungkapan belasungkawa, Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melayat ke rumah duka anggotanya Aiptu Suharyadi yang meninggal dunia, di Dusun Beji Sumberagung Jetis Bantul, Selasa (29/6/2021).

Jabatan terakhir almarhum Aiptu Suharyadi sebagai Ps. Kanit Gakkum Satpolair Polres Bantul. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di rumah duka karena sakit.

Kapolres menyampaikan, kedatangannya tersebut merupakan tanggung jawab moril seorang pimpinan, sebagai wujud empati dalam mengungkapkan rasa belasungkawa.

Dorongan semangat dan motivasi juga tak luput diungkapkan Kapolres kepada pihak keluarga yang ditinggalkan.

“Kami mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum. Atas nama Keluarga Besar Polres Bantul merasa sangat kehilangan atas berpulangnya Bhayangkara sejati ke rahmatullah, dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar senantiasa diberi ketabahan dan keikhlasan,” ucap Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Bantul juga menyerahkan tali asih kepada keluarga almarhum Aiptu Suharyadi. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Ikut Penyemprotan Disinfektan di Gluntung Lor

Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho mengikuti kegiatan penyemprotan disinfektan di Dusun Gluntung Lor, Caturharjo, Pandak, Bantul, Selasa (29/6/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Caturharjo H.Wasdiyanto S.Si dan Jogoboyo Wiwid Yoan selaku Ketua FPRB Kalurahan Caturharjo beserta 6 anggota.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat khususnya di Dusun Gluntung Lor yang dilaksanakan oleh FPRB Kalurahan Caturharjo.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo Aiptu Agus Nugroho juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan memberikan himbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Bhabinkamtibmas mengajak kepada seluruh masyarakat agar setiap aktivitas tetap menerapkan protokol kesehatan. (Humas Polsek Pandak)

Sambut Hari Bhayangkara ke-75, Kapolres Bantul Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK memimpin upacara ziarah makam dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bantul, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-75 yang jatuh pada 1 Juli 2021. Sekaligus untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur.

"Sebagai generasi penerus bangsa kita harus menghargai jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Ihsan.

Selanjutnya, Kapolres Bantul melakukan tabur bunga pada makam para pahlawan yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta upacara lainnya.

Dijelaskan, hal ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Kegiatan upacara ziarah makam dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bantul diikuti oleh seluruh pejabat di lingkungan Polres Bantul serta para Kapolsek Jajaran. (Humas Polres Bantul)


Polsek Banguntapan Mengedukasi Prokes dan Bagikan Masker ke Masyarakat

Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, Kanit Sabhara Polsek Banguntapan Hendri Triyono bersama anggotanya giat mengedukasi protokol kesehatan dan membagikan masker kepada masyarakat di area Parkir Singosaren Banguntapan Bantul, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan edukasi dan pembagian masker itu untuk mengingatkan warga masyarakat Banguntapan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 sampai saat ini belum berakhir.

Diharapkan warga masyarakat mematuhi imbauan dari pemerintah untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19, serta mendukung pemerintah dalam pemulihan perekonomian nasional. (Humas Polsek Banguntapan)

Penilaian Lomba ZI di Polsek Piyungan

Dalam rangka hari ulang tahun Bhayangkara yang ke 75 Polres Bantul melaksanakan lomba Zona Integritas (ZI) antar Polsek jajaran Polres Bantul.

Kali ini Tim Penilai dari Polres Bantul diketuai oleh Kasubag Progar Penata Winarsih S. Sos melakukan penilaian lomba Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Mapolsek Piyungan, pada Selasa (29/06/2021).

Kedatangan tim disambut langsung oleh Kapolsek beserta anggota Polsek Piyungan dengan yel yel ZI. Tim kemudian melakukan penilaian pelayanan publik yang ada Polsek Piyungan diantaranya ruang pelayanan SPKT dan Intel.

Penata Winarsih berharap, pelayanan publik yang ada saat ini agar dipertahankan atau kalau bisa lebih ditingkatkan, bukan hanya saat ada penilaian lomba saja.

“Kalau ruang pelayanan publik nyaman tentunya kita dan juga masyarakat yang datang akan terpuaskan," pungkasnya. (Humas Polsek Piyungan)


Polsek Sewon Bersama Instansi dan FPRB Giat Kerja Bakti Siapkan Shelter Gabungan

Personel Polsek Sewon melaksanakan kerja bakti bersama Forkopim Kapanewon Sewon, FPRB dan Puskesmas Sewon 1 di SMK N 1 Sewon Bantul, Selasa (29/6/2021) pagi.

Kegiatan kerja bakti tersebut untuk mempercepat kesiapan shelter gabungan Kalurahan Timbulharjo dan Kalurahan Panggungharjo yakni di komplek SMK N 1 Sewon.

Panewu Sewon Drs. Danang Erwanto M.Si mengatakan, shelter gabungan di komplek SMK N 2 Sewon ini diharapkan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Harapannya pula masyarakat Sewon senantiasa diberikan kesehatan dan Covid-19 segera berakhir.

Sementera itu, Panit Binmas Polsek Sewon Iptu Sujarwo mengungkapkan, Polsek sewon menerjunkan personelnya ikut mendukung keberadaan shelter gabungan.

Ia menambahkan, kegiatan kerja bakti merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Polsek Sewon dengan instansi samping dan FPRB yang tergabung dalam Satgas Covid-1. (Humas Polsek Sewon)

Sambut Hari Bhayangkara ke-75, Keluarga Besar Polres Bantul Anjangsana ke Irjen Pol Purn H Drs Bimo Anggoro Seno, M.Si

Menjelang Hari Bhayangkara ke-75 Kapolres Bantul AKBP Ihsan, S.I.K melaksanakan kegiatan anjangsana kepada Purnawirawan Polri Irjen Pol H Drs Bimo Anggoro Seno, M.Si di Segoroyoso I Segoroyoso Pleret Bantul, Selasa (29/06/2021).

Anjangsana  Kapolres Bantul didampingi oleh Kabag Sumda Kompol Rini Suryani, S.H, Kapolsek Pleret AKP Tukirin, Kanit Reg Ident Ipda Warsito dan disambut langsung oleh Irjen Pol Purn H Drs, Bimo Anggoro Seno, M.Si beserta Ibu Hj Yanti Bimo. 

Kapolres Bantul AKBP Ihsan, S.I.K dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, bahwa anjangsana terhadap purnawirawan Polri merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari Bhayangkara Ke-75 tahun 2021 yang mengangkat tema “Transformasi Polri yang Presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesian maju”. Ucapnya.

Dalam pesannya Irjen Pol Purn H Drs Bimo Anggoro Seno, M.Si menyampaikan tugas di masa pandemi ini sangat berat, dimana harus mensadarkan masyarakat akan pentingnya bermasker patuhi Protokol Kesehatan. Berharap semoga Adik - adik di Kepolisian dapat lindungan Allah Subhanahuwata'ala dalam bertugas.

Kepada Mantan Wakapolda DIY, Kapolres Bantul juga memohon doa restu agar Polri kedepan mampu lebih baik dalam pelaksanaan tugas dan lebih dicintai masyarakat. (Humas Polsek Pleret)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Dampingi Satgas Covid-19 Laksanakan Pemakaman Dengan Standar Prokes Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Aiptu Agung Aji W, SH., M.Par dan Babinsa Sertu Ahmad Suroto mendampingi Satgas Covid-19 melaksanakan pemakaman dengan standar prokes Covid-19 di Dusun Plumbon, Selasa (29/6/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Lurah Banguntapan Basirudin bersama Dukuh Plumbon.

Basirudin menjelaskan pasien yang dimakamkan tersebut di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

“Untuk wilayah Kelurahan Banguntapan akhir ini pemakaman cenderung meningkat untuk itu dihimbau kepada semua warga masyarakat Banguntapan untuk mengikuti anjuran pemerintah dengan mematuhi protokol kesehatan serta usahakan tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak,” himbau Basirudin.

“Mari saling menjaga dan melindungi diri kita, keluarga kita, teman dan saudara serta lingkungan sekitar tempat tinggal. Patuhi dan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah dan tidak berkerumun,” tambah Bhabinkamtibmas Aiptu Agung Aji. (Humas Polsek Banguntapan)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Pantau Pemakaman Dengan Standar Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Aiptu Agung Aji W. SH M.Par memantau pelaksanaan pemakaman standar protokol Covid-19 di TPU Dusun Plumbon Banguntapan Bantul, Selasa (29/6/2021).

Turut hadir di antaranya Lurah Banguntapan Basirudin, Dukuh Plumbon dan Babinsa Sertu Ahmad Suroto.

Pemakaman dengan standar protokol Covid-19 ini kepada jenazah salah satu warga Perum Gedongkuning Dusun Plumbon Banguntapan Bantul, yang meninggal dunia di Rumah Sakit Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Aiptu Agung Aji W. SH M.Par mengatakan, kasus kematian karen Covid-19 di wilayah Kalurahan Banguntapan akhir-akhir ini cenderung meningkat. Untuk itu dihimbau kepada warga masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Mari saling menjaga dan melindungi diri kita, keluarga kita, teman dan saudara serta lingkungan sekitar tempat kita. Patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan tidak berkerumun,” imbau Agung Aji. (Humas Polsek Banguntapan)

Satresnarkoba Polres Bantul Adakan Penyuluhan Narkoba di Wirokerten Banguntapan

Bertempat di Pendopo Kolam Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul telah berlangsung kegiatan pembinaan dan penyuluhan bahaya narkotika dan obat-obat terlarang yang diselenggarakan oleh Satresnarkoba Polres Bantul, Selasa (29/6/2021).

Hadir sebagai narasumber Kasat Narkoba Polres Bantul AKP Archye Nedha SIK MH dan diikuti oleh Lurah Wirokerten H. Rahmawati Widyaningrum SE, Satgas Covid-19 Kalurahan Wirokerten, warga masyarakat Dusun Grojogan Wirokerten dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo.

Dalam sambutannya Lurah Wirokerten menyampaikan terima kasih kepada Polres Bantul atas kegiatan pembinaan dan penyuluhan bahaya narkotika. “Kami warga Kalurahan Wirokerten siap berpartisipasi memerangi peredaran narkoba khususnya di wilayah Kelurahan Wirokerten,” tuturnya.

Pembinaan dan penyuluhan bahaya narkotika dan obat-obat terlarang menurut Kasat Narkoba Polres Bantul AKP Archye Nedha SIK MH, sebagai langkah awal pembentukan Kampung Tangguh Nasional Bebas Narkoba. Dengan tujuan untuk melawan peredaran narkoba sehingga menjadi kampung bebas narkoba maupun bebas Covid-19.

Dengan pembinaan dan penyuluhan semoga memberi manfaat dan tambah pengetahuan akan bahaya narkoba dan kerawanan penyalahgunaan narkoba, serta sanksi jika menggunakan atau menyalahgunakan narkotika.

Kasat Narkoba juga mengajak bersama warga masyarakat Wirokerten untuk memerangi memberantas narkoba sehingga Wirokerten terbebas dari bahaya narkoba. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari bersama Bhabinsa Dampingi Tim Satgas Covid-19 Laksanakan Pemakaman Prokes Covid-19

Untuk kesekian kalinya Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari  Bripka Wahyu Apri Winarto  bersama Bhabinsa mendampingi Tim Satgas Covid-19 Kalurahan Wukirsari  yang akan melaksanakan pemakaman jenazah salah satu warga yang meninggal dunia akibat Covid-19, Senin (28/6/2021) sore.

Jenazah korban Covid-19 tersebut adalah warga Dusun Kedungbuweng  dimakamkan di TPU Kedungbuweng  Kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri  Bantul.

Bhabinkamtibmas  Bripka Wahyu Apri W mengatakan sesuai protokol kesehatan jenazah langsung dimakamkan dan tidak disemayamkan di rumah keluarga.

Pemakaman dilaksanakan dari Tim Relawan Pemakaman Satgas Covid-19 Kalurahan Wukirsari dan dihadiri oleh Lurah Kalurahan Wukirsari, Jogoboyo Kalurahan Wukirsari, FPRB Bimasakti Kalurahan Wukirsari serta Perwakilan Keluarga. (Humas Polsek Imogiri)


Personel Polsek Bantul Laksanakan Olahraga Jalan Santai

Personel Polsek Bantul melaksanakan apel pagi dilanjutkan kegiatan olahraga jalan santai , Selasa (29/6/2021) pagi.

Kegiatan olahraga bersama tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh supaya tetap fit ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Terpisah, Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH menjelaskan, kegiatan olahraga bersama merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan ketahanan fisik anggota, salah satunya adalah olahraga jalan santai berkeliling di sekitar wilayah hukum Polsek Bantul. (Humas polsek Bantul)

Kanit Binmas Polsek Srandakan Didampingi Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Pantau Giat Vaksinasi Covid-19

Kanit Binmas Polsek Srandakan Iptu Nurgiyanta didampingi Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji melaksanakan pengamanan vaksinasi lansia warga Dusun Srandakan, Dusun Gerso dan Dusun Nengahan Trimurti Srandakan Bantul di Pemdopo Kalurahan Ttimurti, Senin (28/6/2021) jam 08.00 WIB.

Adapun pejabat yang hadir dalam acara tersebut antara lain Lurah Trimurti  Agus Purwaka ST, Kanit Binmas Iptu Nurgiyanta, Panit Intelkam Aiptu Susanto, Relawan FPRB kalurahan Trimurti, Tenaga Medis Puskesmas Srandakan, Babinsa Koramil 17 Sertu Jiyanto, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko R serta Kasi Humas Aiptu Didik R.

Target Vaksinasi pada hari ini sebanyak 164 orang datang 128 orang tidak lolos Screning 4 orang sehingga yang berhasil melaksanakan Vaksin sebanyak 124 orang dari bebrapa dusun yg ada diwilayah kalurahan Trimurti.

Giat berjalan lancar aman terkendali sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19. (Humas Polsek Srandakan).


Aiptu Ibnu Wakhid Laksanakan Pengamanan Pemakaman Secara Protokol Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH melaksanakan pengamanan dan monitoring pemakaman salah satu warga di wilayah binaannya yang dilakukan secara protokol ketat Covid-19, di TPU Dusun Slanggen, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon, Sewon, Kabupaten Bantul, Senin (21/6/2021) dini hari.

Dalam keterangannya, Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH menyampaikan, bahwa telah dilakukan pemakaman jenazah pasien Covid-19 dengan prosedur kesehatan ketat Covid-19, yang merupakan warga binaannya.

Dalam prosesi pemakaman tersebut dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH, Babinsa Koramil 04/Sewon, Tim Satgas Covid-19 Kalurahan Timbulharjo serta perwakilan dari pihak keluarga.

“Kami berikan pemahaman dan pengertian terhadap keluarga almarhumah, bahwa pemakaman dilakukan secara protokol kesehatan Covid-19. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak keluarga yang secara ikhlas dan menerima salah satu keluarganya dimakamkan secara prosedur tersebut,” tutur Bhabinkamtibmas Aiptu Ibnu Wakhid SH.

Bhabinkamtibmas Aiptu Ibnu Wakhid juga berpesan untuk tidak menolak pemakaman jenazah pasien Covid-19 dan jangan sampai lalai dalam penerapan protokol kesehatan di setiap aktivitas sehari-hari. (Humas Polsek Sewon)

PPKM Mikro Kalurahan Timbulharjo, Wakili Kapanewon Sewon, Maju Lomba PPKM Mikro Tingkat Polres Bantul.

Tim yang diketuai oleh Kasat Binmas Polres Bantul AKP Antu Nugrahanto AP.SH tiba di PPKM Mikro kalurahan Timbulharjo langsung disambut oleh Kanit Binmas Polsek Sewon AKP Dalimin, Panit II Binmas Polsek Sewon Ipru Sujarwo, Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Aiptu Ibnu Wakhid,S.H., Lurah Timbulharjo Anif Arkham Haibar, S.Pd, FPRB kalurahan Timbulharjo, Senin (28/06/2021) siang.

"Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif," ungkap Lurah Timbulharjo

Usai pelaksanaan penilaian Lurah Timbulharjo kepada humas Polsek sewon mengatakan Kriteria penilaian diantaranya memiliki fasilitas dalam mendukung penerapan Protokol kesehatan diantaranya Posko PPKM, fasilitas kesehatan dan kepatuhan masyarakat, dipilihnya kelurahan yang dipimpinnya salah satunya kesiapsiagaan dan kelengkapan PPKM Mikro Timbulharjo dalam penanganan kasus Covid 19. Menurutnya dipilihnya Kelurahan Timbulharjo menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kalurahan Timbulharjo

Selanjutnya Tim yang diketuai oleh Kasat Binmas memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan penanganan yang telah dilaksanakan PPKM Mikro Timbulharjo, Administrasi yang meliputi Data wilayah zona merah, ketersediaan selter, data waga yang isolasi mandiri maupun di selter, dan peralatan dan sarana pendukung dalam penanganan Covid 19.

Usai pelaksanaan penilaian Lurah Timbulharjo kepada humas Polsek sewon mengatakan Kriteria penilaian diantaranya memiliki fasilitas dalam mendukung penerapan Protokol kesehatan diantaranya Posko PPKM, fasilitas kesehatan dan kepatuhan masyarakat, dipilihnya kelurahan yang dipimpinnya salah satunya kesiapsiagaan dan kelengkapan PPKM Mikro Timbulharjo dalam penanganan kasus Covid 19. Menurutnya dipilihnya Kelurahan Timbulharjo menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kalurahan Timbulharjo

Senada dengan Lurah Timbulharjo Kanit Binmas Polsek Sewon AKP Dalimin menjelaskan Kelurahan Timbulharjo, dipilih dari sejumlah Kelurahan yang menerapkan PPKM Mikro memenuhi kriteria untuk mengikuti lomba. Dari 4 Kelurahan yang menerapkan PPKM Skala Mikro,  PPKM Mikro Kelurahan Timbulharjo dinilai layak, karena bersama dengan masyarakatnya yang bahu membahu mendukung upaya Pemerintah menekan Kasus Covid 19. (Humas Polsek Sewon)


Penilaian Zona Integritas di Polsek Kretek

Kabagren Polres Bantul Kompol Nunuk Widyastuti S. SH beserta tim mengunjungi Polsek Kretek pada Senin (28/6/2021) siang.

Kunjungan Kabagren Polres Bantul beserta tim disambut Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin, para Kanit dan Kasi serta anggota Polsek Kretek.

Adapun kunjungan tersebut dalam rangka penilaian Zona Integritas di masing-masing fungsi terkait dengan reformasi birokrasi Polri, khususnya dalam upaya pencegahan korupsi serta peningkatan pelayanan publik untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi atau WBK. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Pengamanan Pemakaman Sesuai Protokol Covid-19

Bhabinkamtipmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji memantau kegiatan pemakaman warga yang dilakukan dengan protokol Covid-19, di TPU Dusun Gunungsaren Kidul, Trimurti, Srandakan, Bantul, Senin (28/6/2021).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Lurah Kalurahan Trimurti Agus Purwaka ST, Relawan FPRB Kalurahan Trimurti, Dukuh Gunungsaren Kidul, Ketua RT, Babinsa Sertu Jiyanto serta Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji.

Prosesi pemakaman berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Srandakan)

Sambut Hari Bhayangkara ke-75, Keluarga Besar Polres Bantul Anjangsana ke Irjen Pol Purn Haka Astana

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK didampingi PJU Polres Bantul serta Kapolsek Kasihan melakukan anjangsana ke rumah Purnawirawan Polri, Irjen Pol Purn Haka Astana di Ngestiharjo Kasihan Bantul, Senin (28/6/2021).

Anjangsana ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-75 Tahun 2021.

Dalam kesempatannya, Kapolres Bantul memohon doa agar Polri ke depan mampu lebih baik dalam pelaksanaan tugas dan lebih dicintai masyarakat.

Polres Bantul memberikan memberikan tali asih berupa bingkisan sebagai wujud dari penghargaan yang diberikan kepada Purnawirawan pengabdiannya di institusi Polri.

Kunjungan ini juga untuk mempererat tali silahturahmi serta wujud perhatian Polres Bantul.

“Kegiatan ini adalah bagian dari silaturahmi kepada para sesepuh dan senior anggota Polri yang telah banyak berjasa bagi institusi Polri,” kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK.

“Anjangsana sangat baik untuk selalu mempererat jalinan silaturahmi kepada para sesepuh Polri yang telah berjuang dan mengabdi untuk Polri," pungkasnya. (Humas Polres Bantul)


Penilaian Lomba Posko PPKM Mikro di Wilayah Pundong

Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari S.Psi menerima kunjungan tim penilai Lomba PPKM di Posko PPKM Mikro Kalurahan Srihardono dan Posko PPKM Mikro Kalurahan Panjangrejo, Pundong, Bantul, Senin (28/6/2021).

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, membangun kinerja perangkat Kalurahan dalam pencegahan, penanganan serta penanggulangan Covid-19.

Penilaiannya meliputi keberadaan Posko PPKM Mikro (panel data, petugas PPKM / jadwal dan mutasi petugas), sistem penanganan pandemi (implementasi 3M dan 3T), kondisi pandemi Covid-19 daerah (data kasus aktif pekan terakhir), program PPKM (Pencegahan, Penanganan, Dukungan / permasalahan utama, peralatan, langkah yang akan diambil apabila terjadi peningkatan kasus secara signifikan), Inovasi (Inovasi yang telah dilakukan Posko PPKM) dan testimoni masyarakat (dukungan dan partisipasi masyarakat).

Lomba PPKM skala mikro memberikan gambaran kepada tim penilai terhadap kesiapan dan kemampuan para petugas di PPKM di tingkat Kelurahan / Desa yang selanjutnya diteruskan kepada pimpinan sebagai bahan laporan dan masukan. (Humas Polsek Pundong)

Kapolda DIY Pimpin Upacara Pelantikan Bintara Lulusan Diktukba Polri T A 2020-2021

Sebanyak 259 orang Siswa Polri Sekolah Polisi Negara Selopamioro Polda DIY dilantik dan diambil sumpahnya untuk menjadi dan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda), Senin (28/6/2021).

Pelantikan tersebut dipimpin langsung Kapolda DIY Irjen Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si., dan disaksikan oleh Wakapolda DIY Brigjen Pol. R. Slamet Santoso, S.H., S.I.K., Irwasda Polda DIY Kombes Pol. Agus Rohmat, S.H., S.I.K., M.Hum., Kepala SPN Kombes Pol. Sony Mahar Budi A, S.I.K., M.H., Kabid Propam Kombes Pol. Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H., dan Kabid Humas Kombes Pol. Yuliyanto, S.I.K., M.Sc. Adapun para Orang tua ataupun wali Siswa menyaksikan secara virtual menggunakan sarana Zoom.

Kapolri Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda DIY mengatakan upacara yang diselenggarakan pada hari ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian pendidikan pembentukan Bintara Polri T.A. 2020/2021, yang diselenggarakan selama 7 bulan dan digelar di Sepolwan dan 31 SPN Polda.

"Saya selaku pimpinan Polri mengucapkan selamat kepada para Bintara remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan. Yang pada hari ini secara resmi dilantik menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi dua," ujarnya.

Kapolri menambahkan dengan berakhirnya program pendidikan ini maka Polri berhasil menambah personil sebanyak 11.198 orang yang terdiri atas 10.638 Polisi Laki laki dan 560 Polisi wanita. Hal ini Tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal.

"Melalui penambahan jumlah personil ini diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin luas dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," harap Kapolri.

Dalam pelantikan tersebut, Kapolda DIY memberikan piagam penghargaan kepada para siswa yang lulus dan mendapat rangking terbaik di tiap kategori. Berikut nama namanya :

1. Juara Umum atau Siswa Terbaik sekaligus Siswa Tertabah diraih oleh Bripda YOSI TRI APRIAN dengan Nilai Akhir Pendidikan 80.75 dan NAMK 79.15.

2. Siswa Cendekia diraih oleh Bripda GANJAR SUJI FIRMANTO dengan Nilai Akhir Akademik 82.39.

3. Siswa Trengginas diraih oleh Bripda HAFIZH MA'RUF dengan Nilai Akhir Jasmani 79.90.


Penilaian Lomba Zona Integritas di Polsek Pundong

Kapolsek Pundong AKP Yoshephine Iswantari S.Psi beserta para Kanit, Kasi dan anggota Polsek Pundong menyambut kunjungan tim penilai Lomba Zona Integritas tingkat Polres Bantul, Senin (28/6/2021).

Lomba diselengarakan dalam rangka mewujudkan Zona Integritas untuk mewujudkan birokrasi cepat, tepat, anti korupsi menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM adalah bentuk penguatan tugas dan fungsi para petugas untuk berkinerja secara efektif dan efisien, memberikan pelayanan publik dengan setulus hati, serta mencegah terjadinya praktek-praktek gratifikasi.

Adapun hal-hal yang menjadi temuan dalam penilaian tersebut, tim penilai meminta agar segera dibenahi. (Humas Polsek Pundong)

Ciptakan Keamanan, Polsek Sanden Lakukan Patroli Sambang

Guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, anggota Polsek Sanden dipimpin piket Pawas Aiptu Damar Wisanto SH melaksanakan patroli sambang di perkampungan penduduk dan obyek vital, Senin (28/6/2021) malam.

Dalam patroli sambang kali ini, piket Pawas Aiptu Damar melakukan berdialog dan melakukan koordinasi dengan petugas security jaga malam obyek vital salah satunya di kantor perbankan.

Patroli ini guna pantauan wilayah sekaligus memastikan kondisi keamanan di lingkungan masyarakat dan obyek vital yang ada di wilayah Kapanewon Sanden. Selain itu, patroli juga menyasar ke jalan raya guna mengantisipasi aksi kejahatan jalanan.

Kegiatan patroli sambang ini merupakan sarana komunikasi yang efektif dalam rangka membangun kerjasama yang baik dalam mewujudkan sitkamtibmas yang kondusif. (Humas Polsek Sanden)

Penilaian Lomba Zona Integritas di Mapolsek Bambanglipuro

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM bersama Kanit dan Kasi menerima tim penilaian Lomba Zona Integritas (ZI)  tingkat Polres Bantul bertempat di Mapolsek Bambanglipuro Bantul, Senin (28/6/2021) pagi.

Penilaian dalam lomba tersebut dilakukan oleh tim penilai dari Polres Bantul dipimpin oleh Kasubag Progar Bagren Polres Bantul Winarsih S.Sos MM. Dalam kegiatan tersebut tim juri melaksanakan pengecekan setiap ruangan unit fungsi masing-masing dan memberikan evaluasi dan masukan kepada setiap anggota Polsek Bambanglipuro.

Kasubag Progar Kabagren Polres Bantul Winarsih S.Sos MM mengatakan, bahwa kegiatan lomba Zona Integritas ini bukan untuk mencari yang juara, namun yang lebih utama untuk mengetahui sejauh mana  pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM mengharapakan dengan adanya Pembangunan Zona Integritas ini, masyarakat dapat memberikan masukan guna peningkatan pelayanan. (Humas Polsek Bambanglipuro)