Kapolsek Kasihan Hadiri Sosialisasi Penanganan Permasalahan Sosial DIY

Posted by tribratanewsbantul on 13:50

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH menghadiri Sosialisasi Penanganan Permasalahan Sosial DIY melalui Balai Dinas Sosial DIY dan Penyuluhan Sosial Masyarakat DIY bertempat di Aula Balai Kalurahan Ngestiharjo Kasihan Bantul, Senin (21/6/2021).

Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH, Danramil Kasihan Mayor Arm. Mespan, Lurah Ngestiharjo, Bamuskal Ngestiharjo, Toga dan Tomas Kalurahan Ngestiharjo, Penyuluh Sosial Masyarakat, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo dan Babinsa, serta perwakilan dari Dinas Sosial DIY.

Bahwa Penyuluh Sosial Masyarakat (pensosmas) mempunyai peran penting untuk membantu Dinas Sosial untuk menangani sejumlah permasalahan sosial di tengah masyarakat. Mereka juga dilibatkan dalam bimbingan sosial serta menggerakan partisipasi sosial masyarakat.

Masyarakat dan pemerintah harus bergandengan tangan dalam upaya mencegah dan menangani masalah sosial yang sedang terjadi.

Dikatakan, Pensosmas merupakan kepanjangan tangan sekaligus mitra Dinas Sosial DIY yang langsung bersinggungan dengan masyarakat. Peran masyarakat dalam penyuluhan sosial menjadi sangat strategis karena faktor kepercayaan atau kedekatan dengan kelompok sasaran.

Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan kemiskinan adalah melalui pembentukan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Lestari Budaya. Program ini dibiayai Dana Keistimewaan (Danais).

Penanganan permasalahan kesejahteraan sosial di DIY tidak bisa dilakukan secara parsial. Butuh gerak bersama antar semua elemen guna menangani sejumlah permasalahan. Dalam implementasinya untuk memberikan pelayanan dan pemberdayaan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Dinas Sosial DIY mempunyai konsep Catur Pilar. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:50

0 komentar:

CB