Polsek Sewon Pengamanan Launching Pilot Project Desa Antikorupsi

Posted by tribratanewsbantul on 13:19

Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, DIY ditetapkan menjadi pilot project desa antikorupsi. Kalurahan ini menjadi desa antikorupsi pertama di Indonesia.

Kegiatan launching pilot project dan peluncuran desa antikorupsi yang dicanangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu digelar di Kampung Mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY, Rabu (1/12/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) yang diwakili oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Ak SH CFE, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar M.Pd, Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Dr. Yusharto Huntoyungo M.pd, Direktorat Jenderal Keuangan Republik Indonesia diwakili oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Drs. Astera Primanto Bhakti M.Tak, Gubernur DI.Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Selain itu, hadir pula Wakapolda D.I Yogyakarta Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso SH SIK, Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Afianto, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK, Dandim 0729 Bantul Letkol Infantri Agus Indra Gunawan, Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH, Panewu Sewon Hartini S.IP MM, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto dan Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo.

Menurut Direktur Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kusdwijanto Sudjadi mengatakan, Kalurahan Panggungharjo dipilih karena memenuhi indikator-indikator yang ditetapkan KPK.

“Jadi desa antikorupsi ini bukan milik lurah atau perangkat desa. Desa antikorupsi ini milik masyarakat. Karena pemerintah dan masyarakat harus saling bersinergi dan mengingatkan untuk tidak korupsi. Inilah yang disebut desa antikorupsi,” jelasnya.

Sementara itu, untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar, Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH menempatkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan selama kegiatan berlangsung. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:19

0 komentar:

CB