31 January 2022

Kapolsek Sedayu Pimpin Pengamanan Pam Jalur Simpatisan PPP

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto,S.Pd.MH terjun langsung kelapangan bersama anggota yang telah terploting di sepanjang Jalan wates Sedayu dalam pengamanan jalur yang dilalui simpatisan PPP ke  JEC Banguntapan bantul, Senin (31/1/2022) pukul 10.00 WIB.

Kegiatan PPP ini dalam rangka  Harlah PPP dan muskerwil PPP DIY

Untuk wilayah Sedayu simpatisan PPP  mengirimkan 10 orang, 5 ranmor, namun dalam jalur wilayah sedayu dilalui simpatisan wilayah kulon progo sebagai korlap Joksin dan korlap Darwis Hamka sebanyak kurang lebih 100 kendaraan R2 dan 5 kendaraan R4.

Dalam pengamanan anggota Sedayu stanbay dimpang dan di titik titik simpul yang rawan,  kuda5 melekat langsung melakukan 93 dari perbatasan Kulon Progo sampai diperbatasan Wilayah Gamping 

Kapolsek Sedayu sebelum simpatisan dari Kulon Progo lewat berkordinasi terlebih dahulu dengan korlap untuk bersama menjaga ketertiban dan tertib berlalulintas.


Kapolsek Bambanglipuro Pimpin Pengamanan Pam Jalur Simpatisan PPP

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.PdI,M.M memimpin apel kesiapan pengamanan Jalur yang akan dilalui oleh Simpatisan PPP yang akan menuju ke JEC dalam rangka Kegiatan Harlah PPP ke 49, Senin (31/1/2021).

Dalam ploting anggota ada 3 titik di wilayah Bambanglipuro yang akan menjadi prioritas pengamanan Jalur yaitu di Simpang 3 Dawetan, Simpang 3 Ampera serta Simpang 3 Joylayan, pengamanan ini dilakukan agar keamanan,ketertiban tetap arus lalulintas tetap berjalan dengan aman dan lancar.

Sebelumnya Bapak Kapolsek Bambanglipuro beserta Kanit Intel Polsek Bambanglipuro Ipda Joko S melaksanakan koordinasi dengan Ketua PAC PPP Wilayah Bambanglipuro Bapak Tumiran agar menghimbau Simpatisan yang akan mengikuti Harlah bisa menjaga ketertiban umum serta dalam penggunaan sepeda motor untuk tidak menggunakan knalpot brong.


Unit Binmas Polsek Bantul Beri Pelatihan PKS Kepada Siswa MAN 1 Bantul

Personel Unit Binmas Polsek Bantul yakni Bhabinkamtibmas Kelurahan Ringinharjo Bantul, Aiptu Sugiyanto,SH dan Bripka Yuyun memberikan pelatihan PKS (Patroli Keamanan Sekolah) kepada siswa MAN 1 Bantul, Senin (31/01/2022).

Adapun materi yang di berikan meliputi Tugas Pokok PKS dan 12 Gerakan Pengaturan Lalu lintas.

Dijelaskan oleh Bhabinkamtibmas Aiptu Sugiyanto,SH, tugas PKS adalah memberikan pelayanan kepada siswa dalam berlalulintas, mendukung mengamankan kegiatan yang diselenggarakan di sekolah, berupaya menciptakan suasana sekolah yang damai dan bersahabat. (Humas Polsek Bantul)


Polsek Bantul Pengamanan Giat Jalan Sehat SMA N 2 Bantul

Polsek Bantul melaksanakan giat Pengamanan acara olah raga Jalan Sehat, Senin (31/01/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-46 SMA N 2 Bantul, dan diikuti seluruh siswa.

Pelaksanaan Giat Jalan Sehat tersebut disamping untuk memeriahkan hari HUT ke-46 SMA N 2 Bantul, juga bertujuan sebagai ajang silaturahmi, dan diharapkan kegiatan tersebut dapat menambah kekompakan siswa.

Pengamanan dilakukan personil Polsek Bantul untuk membantu kelancaran dengan menempatkan diri di jalur yang dilalui, agar aman kondusif.


Kapolsek Sewon Pimpin Pengamanan Titik Kumpul Dan Jalur Simpatisan PPP

Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Sewon, Polres Bantul personel Polsek Sewon melaksanakan pengamanan di titik kumpul maupun rute yang akan dilewati simpatisan yang akan menuju ke Muskerwil DPW Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ) Provinsi DI. Yogyakarta yang akan berlangsung di Hotel Grand Rohan, jalan Gedong Kuning No.336 Modalan, Banguntapan, Bantul., Senin, (31/01/2022), siang.

Pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolsek Sewon Komisaris Polisi ( Kompol ) Suyanto,S.H.,  dengan menempatkan personelnya di di titik kumpul maupun rute yang akan dilewati simpatisan.

“Pengamanan ini dilakukan untuk menciptakan ketertiban umum serta menghindari hal - hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas’ jelas Kapolsek.

Kompol Suyanto juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan wujud kehadiran anggota Polsek Sewon Polres Bantul di lapangan, hal ini bertujuan untuk mendekatkan diri dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya warga Kapanewon Sewon dan Kabupaten Bantul pada umumnya.

“Mari kita bekerja sama dan sama-sama bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing dengan tujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, bersinergi antara Polsek Sewon dengan semua elemen Masyarakat untuk bersama menjaga situasi tetap tenang dan kondusif, dengan begitu dunianya kita dapat dan akhiratnya kita dapatkan,” ujar Kapolsek.

Sementara itu rombongan simpatisan yang berkumpul di parkiran Komplek Pasar Seni Gabusan, jalan Parangtritis Km 9, Timbulharjo, Sewon, Bantul menurut keterangan salah satu koordinator simpatisan PPP menyampaikan rute yang akan dilalui oleh rombongannya dari titik kumpul di Pasar Seni Gabusan ke arah utara menyusuri jalan Parangtritis ke arah utara menuju titik kumpul di Perum Perwita Regency dan bergabung dengan simpatisan yang lain , dan secara bersama sama akan menuju ke lokasi kegiatan di Parkiran Jogja Expo Center , masuk wilayah Banguntapan (Humas Polsek Sewon)


Bantul Police Chief Leads the Security for 49th PPP Birthday Activities

Bantul Police Chief AKBP Ihsan SIK led the security for the 49th PPP Birthday at the Bantul Police Court, Monday (31/1/2022).

The activity was also attended by Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan and was attended by hundreds of TNI personnel, Brimob and members of the Bantul Police.

The Bantul Police Chief in his direction said that this activity was in the context of securing the 49th PPP birthday activities carried out and JEC in the Banguntapan area.

In addition to the mass of sympathizers from Bantul, the PPP birthday event, which will be held at 13.00 this afternoon, will also be attended by sympathizers from outside Jogja.

"Of course it will bring a lot of masses," explained the Chief of Police.

It was explained that later there would be two locations for mass gathering points, namely at Ringinharjo Field and Pleret Field.

The Bantul Police Chief then ordered members on duty at the gathering point location to appeal to the mass of sympathizers for that to be orderly in traffic, such as using motorized vehicles in accordance with applicable law standards and not using non-standard exhaust.

"Also check suspicious luggage, after being in order, carry out escorts to the JEC," he added.

The Bantul Police Chief also explicitly reminded his members to always pay attention to the applicable SOPs in security.

"There is no use of force such as guns and tear gas that is not in accordance with procedures," he stressed.

"Let us intend this security activity as worship," he concluded.


Kapolsek Piyungan Pimpin Pengamanan Jalur Simpatisan Laskar PPP

Kapolsek Piyungan Kompol Rahmad Yulianto SH M.Si memimpin pengamanan jalur  simpatisan laskar PPP yang akan menghadiri Harlah PPP ke- 49 di Banguntapan sepanjang Jalan Jogja-Wonosari wilayah Piyungan, Bantul, Senin (31/1/2022) siang.

Sebelumnya pada kegiatan, tersebut personel Polsek Piyungan diberikan arahan oleh Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta SH M.AP bahwasannya simpatisan PPP dari Kapanewon Piyungan yang akan berangkat diantaranya Laskar El Bouroq, Laskar Hamka Darwis dan Laskar Arafat.

Dimana Laskar El bouroq di bawah pimpinan Rendi Wijayanto berkumpul di simpang tiga Karanggayam Sitimulyo berjumlah kurang lebih 30 sepeda motor dan untuk Laskar Hamka Darwis dipimpinan Sujiyono berkumpul di barat Pos Piyungan menunggu rombongan Hamka Darwis Gunungkidul sementara Laskar Arafat dibawah pimpinan Eko alias Kodok berkumpul di Sanansari Srimartani bergabung dengan Arafat Berbah, imbuh AKP Suharyanta.

Selanjutnya, selesai arahan personel Polsek Piyungan langsung menempati ploting yang telah ditentukan guna mengantisipasi serta menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan simpatisan pendukung partai lainnya maupun dengan pengguna jalan lainnya.

Dengan kesigapan petugas jajaran Polsek Piyungan, iring-iringan simpatisan maupun Laskar laskar PPP yang melintas di wilayah Piyungan dapat berjalan lancar dan tertib. (Humas Polsek Piyungan)


Polsek Kretek Pam Simpatisan PPP

Kapolsek Kretek Komisaris Polisi Yosephine Iswantari,S.Psi diwakili Kanit Lantas Polsek Kretek AKP Suyatno bertempat di Subsektor Angkruksari memimpin pengamanan keberangkatan simpatisan PPP dari Kapanewon Kretek ke Grand Rohan Hotel Banguntapan Bantul Yogyakarta dan halaman JEC dalam rangka perayaan Harlah PPP ke 49, Senin (31/01/2022).

Disamping pengamanan jalur yang dilintasi simpatisan PPP, personel Polsek Kretek juga memberikan himbauan pada simpatisan agar tertib berlalu lintas serta tidak membawa sajam dan tidak membawa ataupun mengonsumsi minuman keras.

Tidak lupa juga personel Polsek Kretek selalu mengingatkan agar simpatisan tetap menaati prokes dengan menggunakan masker.

Dengan adanya kegiatan pengamanan tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat yang menggunakan jalan umum serta kegiatan simpatisan dapat berjalan lancar dan kondusif khususnya di Kapanewon Kretek maupun Jogja pada umumnya. (Humas Polsek Kretek)


Kanit Lantas Polsek Imogiri jadi Irup Upacara Bendera di SMP Muhammadiyah Imogiri

Kanit Lantas Polsek Imogiri Polres Bantul AKP Kartiman menjadi Inspektur Upacara Bendera di Halaman  SMP Muhammadiyah  Imogiri pada hari Senin, (31/01/2022).

Upacara tersebut merupakan upacara perdana pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022.

Pada upacara ini, yang bertindak sebagai pelaksana upacara merupakan siswa SMP Muhammadiyah Imogiri kelas VII ,VIII.

Upacara yang dilaksanakan di Halaman  SMP Muhammadiyah  diikuti oleh seluruh siswa dan para Guru serta pegawai. 

Dalam amanatnya Kanit Lantas menyampaikan tentang UU No 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan jalan serta tertib berlalulintas di jalan.

AKP Kartiman juga memberikan apresiasi kepada pelaksana upacara pada hari ini, semoga bisa dicontoh oleh kelas-kelas yang lain nantinya. (Humas Polsek Imogiri)


Tegakkan Kedisiplinan Personil, Propam Polsek Sewon Laksanakan Gaktibplin

Usai melaksanakan apel , unit Propam Polsek sewon dipimpin langsung oleh Kanit Propam Ipda Djadi Muchrom,S.H., melaksanakan Gaktibplin kepada personil Polsek Sewon, Senin, (31/01/2022) pagi.

“Kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) personil dilaksanakan setiap hari senin, ini sesuai perintah dari Kabid Propam Polda DI.Yogyakarta, tujuannya bukan mencari kesalahan anggota melainkan mengingatkan kepada seluruh personil termasuk PNS Polri agar selalu pada koridor aturan yang telah ditetapkan sebagai Insan Tri Brata” jelas Ipda Djadi Muchrom.

Dalam pelaksanaan apel pagi yang dilanjutkan dengan melaksanakan Gaktibplin, Kasi Propam Polsek Sewon beserta anggotannya, memberikan arahan intinya mengingatkan seluruh personil dalam pelaksanaan tugas di lapangan selalu tegas, humanis dan tidak melakukan tindakan kekerasan, dalam pelaksanaan tugas agar tidak menjadi viral yang dapat menurunkan citra Polri di masyarakat serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, agar tercipta kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Selanjutnya diucapkan banyak terima kasih kepada seluruh personil Apel karena dalam giat Gaktibplin hari ini tidak ditemukan adanya pelanggaran baik sikap tampang maupun surat kelengkapan diri, tegas Kasi Propam.

Dikonfirmasi oleh Humas Polsek Sewon usai apel pagi, Kanit Propam Ipda Djadi Muchrom,S.H. mengatakan, " Apel pagi sebagai Anggota Polri wajib dilaksanakan oleh personil Polri dimanapun bertugas, karena apel pagi dan apel siang adalah cerminan dari disiplin sebagai warga Negara yang baik, dan yang menjadi penekanan dari pimpinan kepada seluruh personil jangan sekali kali membuat pelanggaran, seperti judi on line, pergi ke tempat tempat hiburan malam dan pelanggaran lainnya, " ujarnya. (Humas Polsek Sewon)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtalun Dampingi Tim Satgas Covid-19 Laksanakan Pemakaman

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtalun Briptu Angga Aditya Pratama  mendampingi Tim Satgas Covid-19 Kalurahan  melaksanakan pemakaman jenazah salah satu warga yang meninggal dunia akibat sakit,  Minggu  (39/1/2022) siang.

Jenazah  tersebut adalah warga Dusun Salaman Karangtalun  Imigiri  meninggal pada hari Minggu  Almarhum sempat di rawat di rumah sakit Panembahan Senopati Bantul dan di makamkan hari Minggu pukul 13.00 WIB di makam Keluarga Dusun Pajimatan Girirejo.

Petugas pemakaman dilaksanakan dari time relawan pemakaman satgas Covid Kalurahan Karangtalun dan di hadiri oleh Dukuh Salamam Basuki dan  Perwakilan Keluarga berjalan lancar. (Humas Polsek Imogiri)


Kapolsek Bantul Safari Sholat Jum'at di Masjid Ak-Fatah Dusun Gaten

Berbagai upaya dilakukan Polsek Bantul untuk menjalin hubungan yang kuat, membangun tali silaturrahim yang erat dan membangun kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat, agar polri makin dicintai daN selalu ada dihati masyarakat.

Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono,SH ingin semakin dekat dengan masyarakat. 

Usai melaksanakan safari sholat Jum'at bersama warga, di Masjid Ak-Fatah Dusun Gaten Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul, Jum'at 28/01/2022, Kompol Ayom berbaur, berdialog dan berharap masyarakat tidak canggung dan semakin tumbuh kesadaran terkait Harkamtibmas, memberikan himbauan Kamtibmas, dan meyakinkan masyarakat harus percaya jika Polri selalu siap hadir ditengah - tengah masyarakat.

Polsek Bantul berharap masyarakat berperan aktif menjaga dan menciptakan situasi tetap aman dan kondusif, serta tidak melakukan kegiatan ke arah negatif, seperti mengkonsumsi narkoba, minum - minuman keras dan harus mentaati peraturan. (Humas Polsek Bantul)


Kapolres Bantul Pimpin Apel Pengamanan Muskerwil DPW PPP Provinsi DIY dan Kegiatan Harlah PPP ke-49

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK memimpin apel pengamanan Muskerwil DPW PPP Provinsi DIY dan Kegiatan Harlah PPP ke-49 di halaman Mapolres Bantul, Senin (31/1/2022).

Apel dihadiri pula oleh Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan dan diikuti ratusan personel TNI, Brimob dan anggota Polres Bantul.

Kapolres Bantul dalam arahannya mengatakan bahwa apel ini adalah dalam rangka pengamanan Muskerwil DPW PPP Provinsi DIY di Grand Rohan Jogja dan Kegiatan Harlah PPP ke-49 yang dilaksanakan dan JEC di wilayah Banguntapan.

Selain massa simpatisan dari Bantul, kegiatan Harlah PPP yang akan dilaksanakan pukul 13.00 siang ini, juga akan diikuti  oleh simpatisan dari luar Jogja. 

“Tentunya akan menghadirkan massa yang banyak,” terang Kapolres.

Dijelaskan, bahwa nantinya akan ada dua lokasi titik kumpul massa, yaitu di Lapangan Ringinharjo dan Lapangan Pleret. 

Kapolres Bantul kemudian memerintahkan kepada anggota yang bertugas di lokasi titik kumpul untuk melakukan himbauan kepada massa simpatisan untuk itu agar tertib dalam berlalu lintas seperti menggunakan kendaraan bermotor sesuai dengan standar UU yang berlaku dan tidak menggunakan knalpot blombongan. 

“Periksa juga barang bawaan yang mencurigakan, setelah tertib, lakukan pengawalan sampai ke JEC,” imbuhnya. 

Kapolres Bantul juga secara tegas mengingatkan anggotanya, agar dalam pengamanan selalu memperhatikan SOP yang berlaku. 

“Tidak ada penggunaan kekuatan seperti senpi dan gas air mata yang tidak sesuai dengan prosedur,” tegasnya.

“Mari kita niatkan kegiatan pengamanan ini sebagai ibadah,” tutupnya.


Personel Unit Samapta Polsek Piyungan Melaksanakan Patroli di Tempat Wisata

Antisipasi terjadi penyebaran covid- 19 varian Omicron serta kerumunan masyarakat, Personel Unit Samapta Polsek Piyungan melaksanakan patroli di tempat wisata yang ada di wilayah hukum Polsek Piyungan, Minggu (30/1/2022) siang.

Patroli kali ini dipimpin oleh Pawas Iptu Moh Widayadi Sanani dengan menyambangi beberapa tempat wisata seperti Gerbang Banyu Langit dan Batu Kapal.

Petugas secara humanis menyampaikan pesan pesan kamtibmas serta himbauan kepada pengelola agar tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid- 19.

Dengan demikian diharapkan pihak pengelola dapat menghimbau kepada pengunjung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker serta membatasi jumlah pengunjung demi mecegah klaster baru penularan Covid-19. (Humas Polsek Piyungan)


Kapolsek Sedayu Laksanakan Sholat Jumat Keliling di Masjid Fadlul Karim Purwomarto

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S.Pd, MH,  bersama Kanit, dan Panit Binmas melakukan Sholat Jumat Keliling di Masjid Fadlul Karim Purwomarto Argorejo Sedayu, Jumat (28/1/2022).

Masnoto dalam giatnya sekaligus memperkenalkan dirinya sebagai Kapolsek Sedayu yang baru. Selain itu juga untuk mempererat jalinan silaturahmi dan keharmonisan dalam mengemban fungsi kamtibmas.

Masnotomengatakan kalau tidak kenal maka tak sayang, kalau kita dekat dengan masyarakat, informasi mudah didapat. Dengan semboyan ini Kapolsek sangat menghormati kepada masyarakat, apapun keluhan permasalahan diterima, dan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan.

Dalam pesannya  Kamtibmas, masjid tempat beribadah dan jamaah menginginkan kenyamanan dan kekusukan, tentu saja lingkungan harus aman baik tempat ibadah, tempat parkir dan barang barang bawaanya, untuk mendukung keamanan agar memasang CCTV untuk memantau segala aktifitas dan orang berbuat jahat.


30 January 2022

Patroli Polsek Pandak Berikan Imbauan Kamtibmas dan Prokes

Personel Polsek Pandak yang dipimpin Ka SPKT Ipda Purwinto melaksanakan patroli antisipasi gangguan kamtibmas dan memberikan himbauan prokes di wilayah Kapanewon Pandak, Bantul, Sabtu (29/1/2022).

Adapun kegiatan patroli tersebut bertujuan agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitasnya dengan kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat.

Dalam kegiatan patroli, petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan himbauan kepada warga masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan diri dan selalu memakai masker saat aktivitas di luar rumah.

“Kami berpesan agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dan pro aktif dalam menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal serta tetap patuhi protokol kesehatan," tutur Ipda Purwinto. (Polsek Pandak)

Polsek Sewon Pengamanan Kergiatan Apel Akbar Gerakan Pemuda Asor

Personel Polsek Sewon dipimpin oleh Kasubbag Dalops Polres Bantul Iptu Martono bersama Panit Lantas Polsek Sewon Ipda Eko Sulis melaksanakan pengamanan Apel Akbar Gerakan Pemuda Ansor Satuan Komando Rayon Sewon, di Lapangan Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Minggu (30/1/2022) pagi.

Sebelum pelaksanaan pengamanan Kasubbag Dalops Polres Bantul Iptu Martono dalam arahannya berpesan kepada personel pengamanan untuk tetap menjaga keselamatan diri, rekan, peserta kegaiatan maupun masyarakat.

"Dalam pengamanan ini tetap utamakan keselamatan dan mengedepankan sikap humanis,” pesannya.

Sementara itu, Panit Lantas Polsek Sewon Ipda Eko Sulis mengatakan, kegiatan Apel Akbar Gerakan Pemuda Ansor Satuan Komando Rayon Sewon dalam rangka Hari Jadi Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-96.

Apel akbar gerakan pemuda Ansor Satuan Komando Rayon Sewon tersebut dihadiri oleh Kamituwo Kalurahan Timbulharjo Sawabi, Anggota DPRD DIY Komarudin Mashar, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Subhan Nawawi, Ketua MWC NU Sewon Nur Hidayah S.Pd., Ketua NU Ranting Timbulharjo Jumadi, Kasat Korcab Banser Bantul Sa'dun Muntaha, anggota Banser dan Pendamping Diklatsar Banser.

Dalam Apel Akbar tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat kelulusan PKD Diklatsar Banser Kapanewon Sewon ke-7. (Humas Polsek Sewon)

Patroli Polsek Bantul Sambangi Pos Kamling, Sampaikan Pesan Kamtibmas

Guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah Kapanewon Bantul, Polsek Bantul menggelar patroli malam hari, Jumat (28/1/2022).

Dalam patroli kali ini selain menyambangi obyek vital, perkantoran dan pemukiman penduduk, petugas patroli juga menyambangi pos kamling. Salah satunya pos kamling di Dusun Caruban, Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul.

Kepada warga yang sedang melaksanakan ronda, petugas menyampaikan himbauan kamtibmas dan protokol kesehatan.

Ipda Bakhrudin yang memimpin patroli tersebut mengatakan, kegiatan patroli sambang pos kamling ini untuk memotivasi dan menumbuhkan kesadaran warga masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal, tujuannya agar tercipta situasi yang aman kondusif dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Kasihan Tingkatkan Patroli Malam

Untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam rangka Harkamtibmas, Polsek Kasihan rutin menggelar patroli malam hari di wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul, Sabtu (30/1/2022) malam.

Kegiatan patroli tersebut menyasar ke tempat-tempat rawan kejahatan maupun gangguan kamtibmas lainnya.

Kapolsek Kasihan  Kompol Anton Nugroho Wibowo SH mengatakan, kegiatan patroli ini bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif serta mencegah terjadianya gangguan kamtibmas di wilayah Kapanewon Kasihan.

“Patroli dilaksanakan pada malam hingga dini hari, karena pada malam hari merupakan jam rawan yang bisa dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya,“ kata Kapolsek.

Ditambahkan, patroli merupakan salah satu tugas pokok anggota Polri guna mencegah dan meminimalisir terjadinya tindak dan potensi gangguan kamtibmas lainnya. (Humas Polsek Kasihan)

Srandakan Police Securing 3 Dose of Vaccination for Village Officer and Teachers

Srandakan Police personnel led by Panit 1 Binmas Ipda Dalija carried out security for the 3rd dose of Covid-19 vaccination at the Puskesmas Srandakan (Health Center), Bantul, Friday (28/1/2022).

The target of this vaccination is for the Pamong (village officer) Kalurahan Trimurti and Poncosari, as well as teachers (kindergarten, elementary, junior high, high school) in Kapanewon Srandakan.

The vaccination participants who attended were 322 people. A total of 313 people were vaccinated and 9 people were delayed.

Polsek Kasihan Pengamanan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak-anak Usia 6-12 Tahun

Personel Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan vaksinasi dosis 2 untuk anak-anak usia 6-12 tahun di Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Kamis (27/1/2022).

Pengamanan ini dilakukan agar kegiatan vaksinasi dapat berjalan lancar dan aman. Pada kesempatan tersebut personel Polsek Kasihan juga memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak peserta vaksin.

Sebelum dilakukan vaksin, para peserta vaksin lebih dulu melalui tahapan pendaftaran, skrining kesehatan kemudian penyuntikan vaksin. Setelah dilakukan vaksinasi para peserta vaksin ini diminta untuk observasi 15 hingga 30 menit. Ini untuk mengetahui ada gejala atau efek samping tidak pasca vaksinasi.

Sementara itu, Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo SH menuturkan, tujuan dari kegiatan ini untuk percepatan tercapainya herd immunity pada anak-anak usia 6 sampai dengan 12 tahun.

“Sehingga kedepan dapat mencegah penularan atau penyebaran Covid-19 pada anak, seperti kita ketahui sekarang Covid-19 memiliki varian omicron yang sedikit lebih cepat peningkatan penularannya,” ungkapnya.

Kapolsek menambahkan dengan terlaksananya vaksinasi pada anak-anak usia 6 sampai 12 tahun ini, kami berharap kedepannya Kapanewon Sewon dapat menekan angka penyebaran Covid-19 sehingga kita dapat segera keluar dari pandemi ini.

“Kami Polsek Kasihan selalu mengingatkan kepada masyarakat apabila melakukan aktivitas di luar rumah tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama adalah menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan,” pungkasnya. (Humas Polsek Kasihan)

Polsek Bantul Santuni Anak Yatim di Kalurahan Sabdodadi

Polsek Bantul mengadakan kegiatan rutin santunan anak yatim. Kegiatan santunan kali ini diselenggarakan di Aula Kalurahan Sabdodadi, Bantul, Bantul, Jumat (28/1/2022).

Kegiatan santunan tersebut dipimpin oleh Kapolsek Bantul, Kompol Ayom Yuswandono SH.

"Santunan anak yatim ini sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Polri khususnya Polsek Bantul untuk saling berbagi kepada sesama khususnya anak-anak yatim," tutur Kapolsek.

“Jangan dipandang seberapa besar yang kita berikan, ini merupakan bentuk kasih sayang kami kepada anak-anak yatim. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat,” imbuhnya.

Selain itu, Kapolsek juga mengatakan bahwa bersedekah kepada anak yatim sangatlah dianjurkan dalam ajaran agama Islam, amalan yang baik yaitu selalu ingat kepada Allah SWT di antaranya dengan bersedekah kepada anak yatim dan fakir miskin. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Srandakan Pengamanan Vaksinasi Dosis 3 Bagi Pamong Kalurahan dan Guru

Personel Polsek Srandakan dipimpin Panit 1 Binmas Ipda Dalija melaksanakan pengamanan vaksinasi  Covid-19 dosis 3 di Puskesmas Srandakan, Bantul, Jumat (28/1/2022).

Sasaran vaksinasi kali ini diperuntukkan bagi Pamong Kalurahan Trimurti dan Poncosari, serta guru (TK, SD, SMP, SMA) se Kapanewon Srandakan.

Adapun peserta vaksinasi yang hadir sebanyak 322 orang. Jumlah tervaksin sebanyak 313 orang dan yang ditunda 9 orang. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Pengamanan Pemberangkatan Jenazah Warga Binaan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto SH melaksanakan pengamanan pemberangkatan jenazah warga binaan yang meninggal dunia di Dusun Gemahan, Ringinharjo, Bantul, Jumat (28/1/2022).

Aiptu Sugiyanto SH mengatakan, pengamanan dan pengaturan lalu lintas ini dilakukan mengingat lokasi rumah duka berada di dekat jalan raya, sehingga diharapkan prosesi pemberangkatan jenazah dapat berjalan lancar dan aman.

Pada kesempatan tersebut sebagai Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo dan atas nama Polsek Bantul, Aiptu Sugiyanto SH menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum. (Humas Polsek Bantul)

29 January 2022

3 Pelaku Perusakan Mobil Mercy yang Viral di Bantul Berhasil Ditangkap

Kasus penyerangan dan perusakan mobil Mercedes Benz atau mobil Mercy oleh sejumlah orang di Bantul terus berlanjut.

Terkini, polisi berhasil mengamankan tiga orang yang diduga terlibat dan sebagai pelaku perusakan mobil Mercy tersebut.

Saat ini, ketiga orang yang diamankan polisi tersebut telah ditahan di Mapolres Bantul, Sabtu (29/1/2022).

Petugas dari jajaran Polres Bantul pun masih terus melakukan pengembangan untuk mencari terduga pelaku lainnya.

Sementara dari tiga orang pelaku yang diamankan saat ini, dua orang di antaranya adalah merupakan korban Tabrak Lari dari mobil Mercy yang dirusak tersebut.

Dua orang pelaku perusakan mobil dan pengeroyokan yang merupakan korban dalam kasus Tabrak Lari yakni berinisial ATW (22) warga Purwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Tengah dan MDK (21) warga Condongcatur, Kapanewon Depok, Sleman.

Selain itu polisi juga menangkap seorang kurir makanan berinisial CP (25) warga Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan yang terprovokasi dan turut melakukan perusakan.

Ketiganya diamankan pada Jumat (28/1/2022) malam.

"Atas kasus perusakan ini, kami tidak tinggal diam. Kami melakukan penyelidikan pelaku berdasarkan saksi di TKP,  kami juga mengambil rangkuman video-video yang beredar yang dapat menujukan muka pelaku termasuk CCTV," terang Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, Sabtu (29/1/2022).

Kapolres Bantul mengungkapkan, dalam kasus ini pelaku ATW naik di atas kap mobil dan memukul kap mobil, tersangka juga menendang dan memukul pengemudi mobil.
"Pelaku tidak hanya melakukan perusakan tetapi juga penganiayaan. Motif hasil pemeriksaan karena yang bersangkutan merasa jadi korban Tabrak Lari, kemudian mengejar dan melampiaskannya dengan pengeroyokan dan perusakan," jelasnya.

MDK yang juga merupakan korban tabrak lari juga melakukan perusakan mobil yang mengakibatkan pecahnya kaca mobil.

Sementara tersangka berinisial CP ikut memukul menggunakan plat nomor mobil ke kaca bagian belakang sehingga pecah.

"CP ini bukan merupakan korban Tabrak Lari, dia terprovokasi teriakan maling. Tidak tahu apa-apa, nimbrung ikut melakukan perusakan," kata Kapolres Bantul.
 
"Mohon maaf tidak ada alasan, anda melakukan perusakan tetap kami jerat persangkaan 170 KUHP dan kami akan tahan," imbuhnya.

Adapun pasal 170 KUHP berbunyi, barang siapa yang di muka umum bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, dihukum penjara selama-lamanya lima tahun enam bulan.

Saat ini petugas kepolisian tengah melakukan pengembangan kasus tersebut.

AKBP Ihsan menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan penyelidikan termasuk mencari teman-teman dari petugas parkir yang melakukan pengejaran.

Sementara petugas parkir dalam kasus tersebut tidak turut mengejar dan untuk sementara masih berstatus saksi.

"Ini akan terus berkembang, ada indikasi pelaku berjumlah 6 orang lebih," ucapnya.

Kapolres Bantul juga memaparkan kronologi peristiwa yang terjadi pada Kamis (27/1/2022) tersebut.

AKBP Ihsan menjelaskan bahwa kejadian itu bermula ketika pengemudi mobil bernama GW (40) warga Magelang pada Kamis (27/1/2022) berhenti mendadak di depan restoran cepat saji di daerah Niten, Kapanewon Sewon, Bantul.

Saat itu petugas parkir yang sedang mengatur mobil kaget dan menggebrak kap mobil yang dikendarai GW.

"Pengemudi mobil sempat turun dari mobil dan cekcok dengan petugas parkir tersebut. Saat itu teman-teman petugas parkir datang, pengemudi ketakutan dan melarikan diri," ujar Kapolres Bantul, Sabtu (29/1/2022).

Rombongan teman dari petugas parkir itu pun mengejar GW.

Dalam aksi kejar-kejaran tersebut GW menyerempet tiga pengendara sepeda motor dan akhirnya diteriaki maling.

Pengejaran itu terhenti di simpang empat Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul.

Di sanalah terjadi perusakan mobil Mercy dan pengeroyokan terhadap pengemudi mobil oleh beberapa orang.

"Kasus ini ada dua peristiwa, pertama adalah Tabrak Lari atau laka lantas, sudah kami tangani dan melakukan pemeriksaan pihak yang menabrak maupun yang ditabrak, dalam kasus ini kedua belah lihak sepakat menyelesaikan secara kekeluargaan. Membuat surat kesepakatan, dan penabrak mengganti seluruh kerusakan," papar Kapolres.

"Kemudian untuk peristiwa keduanya lanjutan Tabrak Lari, karena yang merasa ditabrak tidak terima kemudian mengejar pelaku Tabrak Lari, dan beberapa masyarakat ikut terprovokasi karena ada yang meneriakan maling, masyarakat ikut mengejar dan tepatnya di perempatan Tammantirto. Kendaraan berhenti dan di situlah terjadi kasus pengeroyokan dan perusakan secara bersama-sama yang dilakukan oleh beberapa orang yang sebagian sudah diamankan," imbuhnya.

Tinjau Lokasi IKN, Kapolri Ingin Pastikan Proses Pembangunan Berjalan Lancar

Kaltim - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung perkembangan proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (29/1/2022).

Sigit menuturkan, kunjungan dirinya bersama dengan pihak kementerian terkait dan Forkopimda Kaltim serta pejabat utama Mabes Polri ini, untuk memastikan perkembangan pembangunan IKN berjalan sesuai tahapan yang direncanakan.

"Tentunya kita ingin tahu secara langsung kondisi di lapangan terkait dengan penjadwalan yang ada, apakah di dalam pelaksanaannya masih ada kendala atau tidak," kata Sigit.

Selain proses pembangunan, Sigit menekankan, kunjungannya juga untuk melihat dan mendengar serta memberikan arahan untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan ataupun permasalahan yang dapat mengganggu progres dari pembangunan tersebut.

"Kita ingin tahu kondisi di lapangan dan kemudian kita bisa ikut membantu progres pembangunan bisa berjalan sesuai tahapan," ujar Sigit.

Sebagaimana diketahui, kata Sigit, UU IKN telah ditetapkan. Untuk itu, ia meminta semua stakeholder untuk memastikan perkembangan pembangunan ibu kota negara segera dilaksanakan dan semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Dari beberapa diskusi saat kunjungan kali ini, Sigit menyampaikan memang ada sedikit permasalahan dalam pembangunan IKN. Namun, semua dilakukan melalui jalur musyawarah maupun proses yang sudah disiapkan.

"Sehingga secara umum untuk progres pembangunan IKN tak ada kendala yang berarti," ucap Sigit.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Banten ini mengatakan, IKN ke depan bukan hanya sekedar membangun suatu Ibu Kota baru, tapi bagaimana ke depan Pemerintah menyiapkan kebutuhan untuk seluruh masyarakat.

Ia pun menjelaskan, dengan adanya pembangunan ibu kota baru dengan nama nusantara ini, maka pemerataan pembangunan dan ekonomi akan terjadi dan kemudian juga beban yang selama ini terjadi di Ibu Kota Jakarta bisa terbagi.

"Kita lihat konsepnya Ibu Kota yang dibangun memiliki konsep smart forest dan itu sejalan dengan apa yang menjadi kesepakatan internasional dimana yang menjadi rencana pembangunan ibu kota nanti memiliki visi yang ramah lingkungan dan menjadi harapan, bisa menjadi kebanggaan kita semua," papar Sigit.

Belajar dari keberhasilan negara lain yang memindahkan Ibu Kota Negara, mantan Kadiv Propam Polri ini berharap Ibu Kota Negara yang baru ini bisa menjadi Ibu Kota Negara terbaik di dunia.

"Kita lihat di beberapa negara dengan memindahkan ibu kotanya sehingga  menjadi ibu kota terbaik di dunia dan kita harap IKN menjawab tantangan itu. Selain itu terjadi pemerataan pembangunan, ekonomi, menjadi kota ramah lingkungan dan dikenal dunia," tutup Sigit.

Plh Kapolsek Imogiri Hadiri Pelantikan Ulu ulu dan Kamituwo Kalurahan Girirejo

Plh Kapolsek Imogiri Polres Bantul AKP Suyanto menghadiri Pengambilan Sumpah dan pelantikan Mutasi jabatan Ulu ulu dan Kamituwo  Kalurahan Girirejo di Pendopo Kalurahan,  Jumat (28/1/2022) siang.

Kegiatan Pengambilan Sumpah dan pelantikan di selenggarakan oleh Pemerintah Girirejo.

Hadir dalam kegiatan Kepala Dinas BPMK Kab. Bantul diwakili sekretaris BPMK Danang  Darmanto Panewu Kapanewon Imogiri Slamet Santoso SIP, Danramil 10 Imogiri Kapten CZi Pangestu, Kepala KUA Imogiri Moh Rois Wusda S,Ai Kepala Puskesmas Imogiri I, Kepala Jawatan Praja,  Lurah Girirejo Dwi Yuli Purwanti SH,  Ketua Bamuskal dan anggota Pamong Kalurahan perwakilan RT.

Adapun mutasi jabatan yakni Mujimin jabatan lama Kamituwo dimutasi menjabat Ulu-ulu. Ngatinem jabatan lama Ulu-ulu dimutasi menjabat Kamituwo.   menjabat sampsi umur 60 tahun. (Humas Polsek Imogiri)

Wanita Spesialis Pencuri di Indekos Mahasiswa Dibekuk Polisi

Tim Opsnal Reskrim Polsek Banguntapan, Bantul membekuk wanita pelaku spesialis indekos. Tersangka berinisial EP (40) merupakan warga Sangkrah Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Kanit Reskrim Polsek Banguntapan AKP Anar Fuadi mengatakan penangkapan terhadap tersangka bermula dari laporan Hana Putri Fayza (19) warga Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Mahasiswi UAD tersebut pada (23/1/2022) pukul 17.00 WIB, sepulang dari kuliah, terkejut lantaran pintu indekos dalam keadaan terbuka. Setelah dicek, sebuah laptop merek Acer beserta charger miliknya lenyap dari indekos.

"Saat pergi korban sudah memastikan jika kunci kamar kos telah terkunci, tapi saat pulang ke kos pada pukul 17.00 WIB. Korban mendapati laptop acer miliknya beserta charger sudah tidak ada didalam kamar. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Banguntapan," terang AKP Anar, Sabtu (29/1/2022).

Selanjutnya menindak lanjuti laporan tersebut tim opsnal dengan diback up unit Jatanras Polda DIY melakukan penyilidikan di sekitar tempat kejadian perkara. Dari hasil penyelidikan tersebut tim opsnal berhasil mengantongi ciri-ciri pelaku.

Selanjutnya pada hari Kamis tanggal 27 Januari 2022 pukul 11.30 WIB, pihaknya menyanggong diduga sebagai pelaku yang akan kembali menjalankan aksinya di salah satu indekos di sekitar kampus UAD.

"Setelah melakukan pengintaian, ternyata benar terduga pelaku itu masuk ke rumah kos-kosannya. Saat melakukan aksinya, dibantu warga personel kemudian menyergap bersangkutan," paparnya

Hasil interogasi awal pelaku mengakui telah melakukan pencurian di sejumlah indekos di sekitar UAD kampus 4, pada 5 Januari dan 21 Januari 2022. Tersangka berhasil menggondol dua buah. Laptop tersebut kemudian dijual di wilayah Maguwoharjo, Depok, Sleman dan Solo Jawa Tengah..

:Kami masih melakukan pendalaman kemungkinan ada lokasi lainnya,” jelasnya..

Sementara modus pelaku menjalankan aksinya yakni memastikan indekos dalam keadaan kosong. Setelah dipastikan tak berpenghuni, memulai aksinya dengan cara membuka pintu kos menggunakan berbagai jenis kunci palsu yang memang telah dipersiapkan.

Dalam kasus ini pihaknya juga turut mengamankan barang bukti meliputi sepeda motor matic Scoopy AB 5234 AC, yang dipakai saat melancarkan pencurian, dua buah laptop hasil pencurian serta segepok kunci palsu berbagai jenis.

Tersangka dalam kasus ini dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” terangnya.
 

Woman Specialist Thief in Student Dormitory Arrested by Police

The Banguntapan Police, Bantul, Special Crime Investigation Unit arrested a woman who was a boarding house specialist. The suspect with the initials EP (40) is a resident of Sangkrah Pasar Kliwon, Surakarta, Central Java.

The Head of Criminal Investigation Unit of Banguntapan Police, AKP Anar Fuadi, said that the arrest of the suspect began with a report from Hana Putri Fayza, 19, a resident of Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Central Java. The UAD student on (23/1/2022) at 17.00 WIB, after returning from college, was surprised because the boarding house door was open. After checking, an Acer brand laptop and its charger disappeared from the boarding house.

"When he left, the victim confirmed that the boarding room key was locked, but when he returned to the boarding house at 17.00 WIB, the victim found that his Acer laptop and charger were no longer in the room. The incident was then reported to the Banguntapan Police," explained AKP Anar, Saturday (29/1/2022).

Furthermore, following up on the report, an opsnal team with a back up unit of Jatanras Polda DIY conducted an investigation around the crime scene. From the results of the investigation, the opsnal team managed to get the characteristics of the perpetrators.

Furthermore, on Thursday, January 27, 2022 at 11.30 WIB, his party argued that he was suspected of being the perpetrator who would return to carry out his actions at one of the boarding houses around the UAD campus.

"After reconnaissance, it turned out that the alleged perpetrator entered his boarding house. When carrying out the action, the personnel assisted him and then ambushed him," he explained.

The results of the initial interrogation of the perpetrator admitted that he had committed theft in a number of boarding houses around UAD campus 4, on January 5 and January 21, 2022. The suspect managed to steal two pieces. The laptop was then sold in the Maguwoharjo, Depok, Sleman and Solo areas, Central Java.

"We are still investigating the possibility of other locations," he explained.

Meanwhile, the perpetrator's modus operandi is to ensure that the boarding house is empty. After confirming that it was uninhabited, he started the action by opening the boarding door using various types of fake keys that had been prepared.

In this case, his party also secured evidence including a Scoopy AB 5234 AC motorbike, which was used when carrying out the theft, two laptops that were stolen and a bunch of fake keys of various types.

The suspect in this case is charged with Article 363 of the Criminal Code regarding theft with a penalty of five years in prison," he explained.

 

Sukseskan GPDRR, Kapolri Siapkan Skenario Pengamanan Hingga Genjot Vaksin Booster di Bali

Bali - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa Polri siap mensukseskan rangkaian acara global platform for disaster risk reduction (GPDRR) 2022 pada Mei 2022 di Provinsi Bali.

Salah satu bentuk dukungan Polri ialah dengan meningkatkan vaksinasi booster di Provinsi Bali, khususnya wilayah yang capaian vaksinasinya sudah bagus.

“Sehingga kita tingkatkan lagi khususnya yang sudah divaksin dan belum dibooster ulang, untuk menjadi daya tahan atau imunitas yang lebih baik,” kata Sigit saat rapat koordinasi bersama Menko PMK, Jumat (28/1).

Kemudian, pengawasan protokol kesehatan di bandara hingga pemeriksaan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) telah disiapkan secara matang hingga prosedur karantina khusus bagi delegasi negara-negara undangan GPDRR 2022.

“Pada prinsipnya prokes yang kita laksanakan secara cepat dan benar kemudian pola penanganan bisa berjalan. namun disisi lain terkait perkembangan dampak laju covid muncul nanti bisa betul-betul bisa dikelola sehingga seluruh rangkaian bisa berjalan baik,” ujar Sigit.

Dari sisi pengamanan, mantan Kapolda Banten ini menjelaskan bahwa telah berkoordinasi dengan Panglima TNI, dengan menyiapkan skenario pengamanan.

“Saya dengan bapak Panglima sudah mempersiapkan serangkaian keamanan khususnya untuk delegasi-delegasi mulai dari kedatangan, rute yang dilalui, tempat kegiatan, tempat yang dikunjungi kita laksananakan pengamanan terbuka dan tertutup dan kita antisipasi potensi ancaman mulai dari demo dan kejahatan-kejahatan yang muncul serta hal-hal yang lain bisa diamankan,” ucap mantan Kabareskrim ini.

Dengan demikian, Sigit menekankan, seluruh rangkaian acara bisa berjalan dari awal hingga akhir serta seluruh delegasi dalam kondisi terjaga dan Kamtibmas kondusif seperti yang diinginkan.

Pola pengamanan ini nantinya dibagi dalam tiga zona, yakni zona A di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali International Convention Center (BICC) atau Westin, Hotel Peninsula dan Graha Wisnu Kencana (GWK). Zona B di kawasan ITDC dan GWK serta zona C di luar ITDC dan GWK. Setiap pengamanan di zona tersebut dilakukan secara terbuka dan tertutup.

Sigit menyatakan bahwa pihaknya juga telah mengantisipasi sejumlah potensi kerawanan seperti adanya unjuk rasa pada saat kegiatan, meningkatnya kasus penyebaran Covid, bencana alam, penyusupan orang asing ke dalam lokasi kegiatan hingga ancaman terorisme.

“Polri akan melaksanakan operasi kewilayahan dengan sandi Operasi Puri Agung selama tujuh hari dari tanggal 22 sampai dengan 29 Mei 2022 di seluruh jajaran Polda Bali,” tutup Sigit.

Jaga Kekayaan Desa Adat di Bali, Kapolri Kukuhkan Bankamda dan Sipandu Beradat

Bali - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda) dan forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat), di Bali, Jumat (28/1/2022).

Sigit mengungkapkan, Provinisi Bali merupakan salah satu wilayah yang masih sangat mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai luhur adat. Sehingga, hal itu yang menjadi salah satu daya tarik atau kekuatan Pulau Dewata bagi wisatawan luar negeri maupun dalam negeri.

"Baru saja saya mengukuhkan rekan-rekan Bankamda dan Sipandu Beradat yang diikuti oleh seribu lebih desa adat di wilayah Bali. Dan memiliki jenjang mulai dari desa adat kemudian diatasnya ada kelurahan, kecamatan, kabupaten sampai dengan provinsi," kata Sigit kepada wartawan usai pengukuhan itu.

Dalam hal ini, Bankamda dan forum Sipandu Beradat merupakan bentuk kemitraan Polisi dengan masyarakat berbasis community policing, yang memiliki komponen antara lain Bankamda, pecalang, linmas, satpam dan komponen keamanan lainnya. Yang dimana hal itu termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai Pembina di tingkat Desa Adat. Selain di Desa Adat, forum Sipandu Beradat ini juga memiliki komponen di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Disisi lain, Sigit menyampaikan apresiasi kepada Forkopimda Bali yang telah menjaga dan mempertahankan kekayaan desa adat di Bali. Menurut Sigit, hal itu juga bisa dijadikan sebagai kekuatan baru dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Ini jadi kekuatan baru untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Khususnya menjaga kekayaan desa adat yang didalamnya ada berbagai macam kegiatan adat, seni, budaya," ujar Sigit.

Lebih dalam, Sigit menegaskan bahwa, personel kepolisian tidak seharusnya terpisah dari masyarakat. Melainkan, bergabung sebagai mitra dengan mendorong masyarakat untuk ikut bertanggung jawab terhadap keamanan lingkungannya, menjadikan masyarakat 'polisi bagi dirinya sendiri'.

Mantan Kapolda Banten tersebut menuturkan, desa adat juga menjadi leading sector terkait dengan proses pertumbuhan perekonomian di tingkat hulu. Demi menciptakan hal itu, kata Sigit, diperlukan adanya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dan kita semua tahu bahwa desa adat merupakan basis ekonomi ditingkat hulu yang tentunya ini semua harus bisa berjalan dengan lancar. Itu semua bisa terjadi apabila stabilitas kamtibmas di desa adat dapat berjalan dengan baik," ucap eks Kabareskrim Polri itu.

Sigit juga menyampaikan, dengan adanya Bankamda dan Sipandu Beradat ini, bisa dijadikan percontohan di wilayah-wilayah lainnya yang juga memiliki kekayaan adat istiadat serta kearifan lokal.

"Yang tentunya ini menjadi kekuatan baru untuk kita kembangkan dalam rangka jaga stabilitas kamtibmas," tutur Sigit.

Dengan menjaga kekayaan adat, Sigit menekankan hal itu sebagai modal untuk semakin menumbuhkan perekonomian Indonesia dan bersatu padu dalam rangka penanganan serta pengendalian Pandemi Covid-19.

"Jadi itu semua merupakan satu rangkaian, sistem dan satu kesatuan yang tentunya harus kita jaga bersama dan harus berjalan dengan baik. Sehingga apa yang diharapkan khususnya di wilayah Bali, mengembalikan pertumbuhan ekonomi, mengembalikan wisata internasional dengan berbagai macam budaya, adat dan seni yang ada didalamnya. Yang tentunya ini menjadi kekuatan utama wilayah Bali kedepan," papar Sigit.

Apalagi, lanjut Sigit, Bali kedepannya akan menjadi tuan rumah perhelatan event nasional maupun internasional, salah satunya adalah Presidensi G-20. Sebab itu, diharapkan khususnya di Bali, tidak ada gangguan ataupun masalah sekecil apapun kedepannya.

"Oleh karena itu bagaimana kemudian sinergitas antara kekuatan keamanan adat bergabung dengan kekuatan keamanan nasional untuk menjaga dan mengamankan agar stabilitas kamtibmas terjaga. Dan rangkaian kegiatan event-event internasional serta G-20 berjalan dengan baik," tutup Sigit.
 

28 January 2022

Bedah Buku 'Wajah Polisi Presisi', Potret Inovasi dan Prestasi Satu Tahun Kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit

Bedah buku berjudul 'Wajah Polisi Presisi: Melahirkan Banyak Inovasi dan Prestasi' karya Dr Edi Saputra Hasibuan S.H, M.H digelar di Auditorium STIK-PTIK pada hari ini, Jumat (28/1/2022).

Dalam bedah buku ini turut dihadirkan penanggap yaitu peneliti senior LIPI Prof Dr Hermawan Sulistyo, anggota Kompolnas Poengky Indarti, aktivis HAM Natalius Pigai, pakar krimonolog Adrianus Meliala dan penasehat Kapolri Nur Kholis.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, buku 'Wajah Polisi Presisi: Melahirkan Banyak Inovasi dan Prestasi' merupakan potret perjalanan dari program Polri Presisi selama satu tahun di bawah kepimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Pak Edi mempotret inovasi, kreasi, maupun berbagai macam upaya yang dilakukan oleh Polda dan Polres jajaran di seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke," kata Dedi.

Dedi menambahkan, buku ini juga merupakan suatu bentuk delegasi dari Edi Hasibuan sebagai wujud bagaimana Polri sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan transformasi menuju Polri yang presisi.

"Tentunya juga sebagai masukan kepada Polri seluruh Polda dan Polres jajaran dalam rangka berbuat yang terbaik memberikan pelayanan ke masyarakat. Buku itu sifatnya terbuka tetap kita menerima saran masukan dan kritik dlm rangka kebaikan ke depan," ujarnya.

Sementara itu, Edi Hasibuan mengatakan, penulisan buku ini merupakan proses panjang sejak dilantiknya Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Ia pun memotret tahapan demi tahapan yang menjadi program Polri Presisi apakah sudah dilakukan di seluruh Indonesia.

"Setelah satu hingga tiga bulan banyak inovasi muncul, banyak prestasi muncul yang dilakukan jajaran Polri. Ini program Kapolri harus ada perubahan besar di Polri dlm melakukan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Ia pun mencontohkan beberapa inovasi yang dilakukan Polri yakni penerapan ETLE dan pembuatan SIM online. Ia juga menyoroti bagaimana kinerja Polri mendukung program vaksinasi pemerintah.

"Pemerintah meminta masy melakukan vaksinasi dan Polri sebagai garda terdepan diberikan beban bagaimana mewujudkan bagaimana masyarakat bisa mendapatkan vaksin minimal 70 persen di seluruh Indonesia," katanya.

Dengan bekerja sama dengan TNI dan Pemda, Edi menyebut layanan program vaksinasi membuat masyarakat merasa terlindungi dan terlayani dengan baik, dimana Polri merupakan representasi negara hadir untuk masyarakat.

"Tidak mudah bagi polri mewujudkan vaksinasi. Bahkan kalau kita liat banyak kritikan dan hoax yg muncul. Bagaimana Polri bisa melakukan penyuluhan bahwa vaksinasi untuk kebaikan masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Edi juga meminta Polri tak berpuas diri dalam capaian satu tahun terakhir. Ia meminta Polri untuk meningkatkan kinerja agar masyarakat merasa keberadaan Polri dapat dirasakan langsung masyarakat.

"Polri tidak lengah dan kinerja polri mundur dan kami harapkan tingkatkan kinerja agar tagar-tagar tak muncul lagi. Bagaimana meningkat profesional dan pelayanan serta keadilan masyarakar, sehingga masyarakat tak viralkan. Kami yakin kapolri saat ini sangat terbuka dan transparan untuk dikritik," ujarnya.

Natalius Pigai yang menjadi penanggap buku menjelaskan bagaimana sejarah Polri dari masa ke masa. Ia pun menjelaskan pada tahun 2021 memang terjadi perubahan terencana, sistematis, masif dan terstruktur.

"Itu dilakukan banyak perubahan salah satunya wajah polisi berubah humanis yang ditujukan pimpinan permohonan maaf atas kebijakan-kebijakan yang salah terhadap pelayanan tugas kepolisian. Menyentuh perasaan masyarakat," katanya.

Salah satu kebijakan yang ia sambut positif yakni restoratif justice. Menurutnya hal itu adalah salah satu penegakan hukum yang humanis dan menghormati martabat manusia.

Tak hanya di eksternal, ia juga melihat perubahan di internal Polri. Di bawah kepemimpinan Jenderal Sigit, ia menyebut banyak anggota yang dulunya tak mendapatkan tempat, kini mendapatkan tempat yang baik.

"Saya punya data 2018 1.400an Kombes tidak terakomodir. Sekarang di bawah pak Listyo Densus 88 bintang dua, direktur bintang satu. Pembentukan unit PPA dan beberapa perubahan di Brimob untuk mengakomodir anggota berkompeten tapi tak ada ruang. Memberikan pelatihan pendidikan 700 keluar negeri dan 40 orang ke universitas terbaik di dunia. Ini untuk meningkatkan kapasitas anggota," katanya.

Personel Polsek Pandak Giat Kerja Bakti Bersihkan Mako

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH memimpin kerja bakti membersihkan lingkungan Mapolsek Pandak, Jumat (28/1/2022).

Dengan penuh kebersamaan personel Polsek Pandak membersihkan sampah, mencabut rumput dan merapikan taman.

Selain lingkungan Mapolsek, personel juga membersihkan ruang kerja, ruang pelayanan Mushola, kamar mandi dan toilet.

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH mengatakan, kegiatan gotong royong ini rutin dilakukan dalam rangka menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan sehat. Dimana Perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat kerja masing-masing, karena lingkungan tempat kerja yang bersih dan sehat akan mendukung kinerja anggota. (Polsek Pandak)

Personel Polsek Bambanglipuro Pengamanan Vaksinasi di SD Plebengan

Personel Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamanan kegiatan vaksinasi dosis 2 anak usia 6-11 tahun bagi siswa TK, SD/Sederajat di SD Plebengan Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Jumat (28/1/2022).

Pengamanan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM.

Adapun pelaksanaan vaksinasi menggunakan vaksin sinovac dengan target 950 siswa, yakni dari TK/RA Sidomulyo, SD Panggang, SD Terbang, SD Panggang 3, SD Plebengan, SD Muhammadiyah Dukuh Widaran dan MI Sarang.

Kegiatan vaksinasi dengan pengamanan dari Polsek Bambanglipuro, Koramil Bambanglipuro, FPRB Sidomulyo,FKPM Sidomulyo dan Satlinmas Sidomulyo. (Polsek Bambanglipuro)

Polsek Piyungan Adakan Olahraga Bersama Instansi

Bertempat di halaman Mapolsek Piyungan telah berlangsung kegiatan olahraga bersama lintas instansi se Kapanewon Piyungan, Bantul, Jumat (28/1/2022) pagi.

Olahraga kali ini dilaksanakan dengan senam aerobik yang diikuti oleh Panewu Piyungan beserta jajarannya, Danramil Piyungan beserta anggota, Wakapolsek Piyungan beserta anggota, Ka Puskesmas, Ka UPT, pegawai dan karyawan dinas instansi, Lurah dan Pamong Kalurahan, Toga dan Tomas se Kapanewon Piyungan.

Senam aerobik dipandu oleh instruktur senam dengan gerakan-gerakan yang aktif dan lincah dengan diiringi irama musik membuat senam aerobik terasa sangat menyenangkan, sehingga peserta senam dengan penuh semangat dan enjoy melakukannya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta SH MAP mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran seluruh peserta senam, semoga dengan kegiatan ini bisa lebih mempererat silahturahmi dan kekompakan antar pegawai dinas instansi.

Setelah kegiatan senam dilanjutkan dengan ramah tamah. (Humas Polsek Piyungan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo bersama Babinsa Pantau Pemakaman Sesuai Protokol Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH bersinergi dengan Babinsa dan tim evakuasi satuan tugas percepatan penanganan Covid-19 melakukan pemantauan prosesi pemakaman jenazah warga yang positif Covid-19 di TPU Dusun Gandekan, Trirenggo, Bantul, Kamis (27/1/2022) sore.

"Selain untuk mencegah keluarga atau warga masyarakat berniat menyaksikan dari jarak dekat, kehadiran Bhabinkamtibmas dalam prosesi pemakaman jenazah positif Covid-19, juga sekaligus menghimbau kepada keluarga yang kontak erat agar melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Sementara itu, terkait adanya warga yang meninggal dunia karena positif Covid-19, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH melakukan pengumpulan data serta berkoordinasi dengan pihak Puskesmas untuk kepentingan tracing dengan sasaran orang-orang yang kontak erat dengan pasien yang meninggal tersebut.

“Saya juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kalurahan Trirenggo agar tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19,” tandasnya. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Bantul Gelar Olahraga Bersama

Kapolsek Bantul bersama dengan personel melaksanakan olahraga pagi, jalan santai keluar Mako, Jum'at (28/01/2022).

Sebelum melaksanakan olah raga pagi seluruh personel terlebih dahulu mengikuti apel pagi yang dipimpin oleh Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono,SH.

Kompol Ayom Yuswandono,SH mengatakan kegiatan olah raga pagi ini bertujuan untuk menjaga kondisi fisik dan stamina para Anggota supaya tetap fit dan sehat, serta sebagai sarana menjalin kebersamaan dan kekompakan antar personil serta agar terhidar dari penularan virus Covid-19. (Humas Polsek Bantul)


Polsek Bantul Lakukan Pelayanan Prima Kepolisian Dengan Pos Pagi

Kehadiran anggota Polri di jalan (penggal jalan) merupakan wujud peningkatan kualitas, serta pelayanan Polri terhadap publik/masyarakat.

"Giat tersebut rutin dilaksanakan oleh Polsek Bantul guna menjaga dan memelihara kamseltibcarlantas,” kata Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono, SH, Jumat (28/1/2021).

Adapun kegiatan pos pagi yang dilaksanakan oleh anggota Polsek Bantul, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mewujudkan kepercayaan masyarakat, serta masyarakat merasa sangat terbantu terutama dalam menyebrangkan anak-anak yang akan berangkat ke sekolah", ujar Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono, SH.

Pos pagi merupakan salah satu perwujudan tugas kepolisian yang bisa menjadikan Polri lebih Profesional Modern dan Terpercaya (Promoter), dan sangat efektif mencegah terjadinya laka lantas maupun pelanggaran lalu lintas, ungkapnya.

Pelayanan Pos Pagi dilaksanakan di sepanjang jalan yang dianggap rawan, dan memerlukan bantuan untuk menyeberang jalan, dan merupakan bagian dari Tugas Kepolisian yang mendapat responsif dari masyarakat, pungkasnya. (Humas Polsek Bantul)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo Polres Bantul Laksanakan Pemantauan Pelaksanaan Gerai Vaksin Dosis 3

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo  Polres Bantul Bripka Wahyono melaksanakan  pemantauan pelaksanaan Gerai Vaksin  di Gedung Olah Raga Kalurahan Sriharjo, Jumat (28 /1/2022).

Pelaksanaan vaksinasi  tahap /Dosis 3    masyarakat umum  ini di selenggarakan Oleh  Pemerintah Kalurahan Sriharjo  bekerja sama dengan   Dinas Kesehatan serta Puskesmas Imogiri 2.

Adapun target dalam pelaksanaan vaksinasi masal yakni 400 orang.

Pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan untuk  pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Imogiri)


Polsek Sewon Tingkatkan Patroli Malam

Untuk menciptakan rasa aman, nyaman bagi masyarakat dan berupaya selalu menjaga dan memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Anggota Polsek Sewon, Polres Bantul rutin melaksanakan patroli malam, patroli tersebut dalam rangka cipta kondisi kamtibmas dan tempat-tempat rawan kamtibmas di Kapanewon Sewon yang dirangkaikan dengan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan), Kamis, (27/01/2022), malam.

Kegiatan tersebut melibatkan personel gabungan dari berbagai fungsi yang ada di Polsek Sewon dengan menyasar kejahatan maupun pelanggaran yang meresahkan masyarakat seperti premanisme, pencurian dengan kekerasan, senjata tajam, narkoba, alkohol dan kejahatan lainnya.

Kapolsek Sewon Komisaris Polisi Suyanto,S.H., mengatakan bahwa patroli malam yang dilakukan personilnya dalam rangka Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD)ini, bertujuan untuk menghadirkan sosok polri yang siap melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat kapanpun bahkan dimanapun.

“Patroli ini dilaksanakan pada malam /dini hari, karena malam hari merupakan jam rawan yang banyak dimanfaatkan bagi para pelaku kejahatan untuk melaksanakan aksinya, adapun kegiatan patroli di obyek vital, kantor pemerintah, sekolah sekolah dan perumahan penduduk,“ jelas Kapolsek.

Kapolsek menambahkan patroli merupakan salah satu tugas pokok anggota Polri, guna mencegah dan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan khususnya mencegah terjadinya tindak pidana pencurian dan potensi guantibmas lainnya , Disamping patroli obyek obyek vital dan pemukiman penduduk dan menyambangi masyarakat  yang dilewati saat patroli, hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. (Humas Polsek Sewon)


Polsek Sewon Pengamanan Vaksinasi di SD Negeri Cepit

Anggota Polsek Sewon yang dipimpin Iptu Harjana melaksanakan pengamanan kegiatan vaksinasi di SD Negeri Cepit, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Kamis (27/1/2022).

Pengamanan vaksinasi tersebut untuk memberikan rasa aman selama kegiatan vaksinasi berlangsung. Pada kesempatan itu petugas juga memberikan imbauan prokes kepada para siswa dan orangtua siswa.

Adapun kegiatan vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi anak-anak sekolah usia 6-11 tahun yang diikuti 886 siswa. (Humas Polsek Sewon)

Kapolsek Sedayu Sambang di SMAN1 Sedayu

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto,S.Pd.MH bersama Anggota Samapta melakukan patroli dan sambang di SMAN1 Sedayu yang disamhut langsung oleh Kepala Sekolah di Ruang Kepala SMAN 1 Sedayu, Kamis (27/1/2022).

 Dalam kunjungannya, Kapolsek Sedayu selaku pejabat Baru melakukan silaturahmi dan perkenalan untuk menjalin persahabatan antar pimpinan baik antara Pihak sekolah dan kepolisian, ini semua berkaitan dengan kamtibmas, di wilayah Sedayu.

Kapolsek dalam kunjungannya mengajak pihak sekolah bersama-sama menjaga kamtibmas.

Dari Polsek Siap membantu untuk penertiban sepeda motor dan anak yang bermasalah.


Bincang-bincang Dengan JamaahMasjid, Kapolsek Bantul Sampaikan Pesan-pesan Kamtibmas

Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH bersama anggota berbincang-bincang dengan jamaah Masjid Nurul Huda di Dusun Pasutan Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul.

Kegiatan tersebut dilakukan seusai sholat dzuhur berjamaah di masjid tersebut, Kamis (27/1/2022).

Pada kesempatan tersebut Kompol Ayom Yuswandono SH mengucapkan terima kasih kepada warga atas penerapan prokes di lingkungan masjid.

Menurutnya dengan disiplin prokes, semua warga akan terhindar dari dampak pandemi dan terwujud kesehatan bagi masyarakat.

Kompol Ayom Yuswandono SH juga menyampaikan kepada para jamaah agar tetap menjalin persatuan dan kesatuan antar warga dan umat beragama. (Humas Polsek Bantul)

The DIY Regional Police Chief inaugurated the Bantul Police SIM Administration Unit (Satpas)

Yogyakarta Police Chief Inspector General of Police Asep Suhendar inaugurated the building for the SIM Administration Unit (Satpas) of the Bantul Police, at the Bantul Police Headquarters Complex, Thursday (27/1/2022).

Asep hopes that the 2nd floor building that was built will cost up to Rp. 21 billion, this can prevent the practice of brokering and playing games in making a driving license (SIM).

 "I see the facilities are very good. The system is good, hopefully there will be no more games in making SIM," he said.

The security guard building is equipped with advanced technology including face recognition, which is a method used to detect faces for everyone who wants to apply for a SIM. This serves to ensure that the SIM applicant is the same person when registering.

Meanwhile, to facilitate the public in issuing SIM. This Satpas is also equipped with an electronic-based application called SIM Bantul (e-Simantul), which can be downloaded via the Play Store. This application is to facilitate service to people who want to extend or issue a new SIM, via online. Residents simply register via the application, it will automatically be processed by the officer.

"In the midst of the Covid-19 pandemic, it really helps the community to prevent crowds of SIM making. But if you want to go directly to the security guard building it is also equipped with FIFO (first in first out) technology, its function is to regulate the queue system and control the capacity of the number of SIM applicants," he said.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten bersama Lurah Salurkan Bantuan Untuk Warganya Yang Sakit Menahun

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo bersama Hj. Rakhmawati Widyaningrum SE menyalurkan bantuan untuk warga binaan yang sakit menahun di Dusun Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul, Kamis (27/1/2022).

Penyaluran bantuan berupa paket sembako dan kasur diberikan kepada Bapak Mardi Sumarto dan Bapak Harjito. Turut hadir dan menyaksikan yakni Ketua RT 01 Grojogan, Dukuh Grojogan, Bamuskal Wirokerten serta Kamituwo Wirokerten.

Bantuan paket sembako untuk membantu kebutuhan hidup sehari-hari serta memberikan kasur sebagai alas tidur warga yang sakit menahun. (Humas Polsek Banguntapan)

Patroli Unit Samapta Polsek Bantul Sambangi Truk Yang Sedang Mogok

Himbauan Kamtibmas merupakan suatu upaya Polri untuk menyarankan dan mengarahkan serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa secara bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban.

Patroli Unit Samapta Polsek Bantul melaksanakan patroli rutin dan menyambangi Truk yang sedang mogok di Jln.Grujukan Bantul, Kamis (27/01/2022).

Demi Kamseltibcar dan keamanan, kepada sopir Truk, Petugas Patroli menghimbau agar menepikan kendaraannya di tempat yang lebih aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lain. 

Dalam kesempatan tersebut, petugas Patroli juga menyampaikan penekanan agar selalu taat protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. (Humas Polsek Bantul)


1 Tahun Kapolri: Setapak Perubahan Wujudkan Pelayanan Masyarakat yang Terbaik

Jakarta - Jenderal Listyo Sigit Prabowo genap menjabat satu tahun menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), hari ini, setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada 27 Januari 2021 lalu.

Dikepemimpinannya, Sigit mengusung semangat transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan). Hal itu dituangkan dalam empat transformasi dengan 16 program prioritas, 51 kegiatan 177 aksi, dan delapan komitmen.

Selama setahun, Sigit telah melakukan setapak perubahan untuk mewujudkan Polri yang Presisi. Dengan, memaksimalkan fungsi pokok Polri yang melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

Gagasan dan aksi nyata mewujudkan gagasan itu dituangkan Sigit dalam buku berjudul 'Setapak Perubahan: Catatan Pencapaian Satu Tahun Polri yang Presisi. Buku setebal 240 halaman ini terdiri dari 5 bab mulai dari sejarah lahirnya konsep Presisi hingga apa saja yang sudah dicapai.

"Polri membekal niat baik untuk berubah, dan saya memohon dengan segala kerendahan hati paling dalam kepada semua pihak untuk membantu mewujudkan keinginan kami bertransformasi," kata Sigit dalam penyampaian pengantar pada buku tersebut, Jakarta, Kamis (27/1).

Mantan Kapolda Banten ini mengulas awal mula gagasan Polri Presisi muncul. Semangat transformasi itu berawal dari hasil perenungan akan tantangan dan kondisi yang dihadapi Polri pada zaman modern dewasa ini. Terutama pesatnya perkembangan media sosial, yang dimana hal tersebut baru dihadapi oleh Korps Bhayangkara.

Hasil perenungannya itu, kata Sigit, didiskusikan dengan berbagai pihak. Ia mendapat banyak masukan untuk semakin memantapkan gagasannya tersebut. Misalnya, tentang layanan publik dan harapan mengenai Polri.

Sigit pun mulai menyusun visi, misi dan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai transformasi Polri Presisi. Hingga akhirnya, konsep itu disosialisasikan ketika resmi dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri, kala itu.

"Selanjutnya, setelah saya memaparkan visi tersebut di sejumlah kesempatan. Saya berpikir tentu masyarakat luas akan sulit memahami. Semua mungkin mengenal istilah Polisi Presisi, namun masih banyak masyarakat yang bahkan tak tahu apa akronimnya. Saya menyadari betul hal itu," ujar Sigit.

Eks Kabareskrim Polri itupun juga menyadari bahwa banyak masyarakat yang berpikiran negatif, pesimis dan mempertanyakan tekad bulat untuk mewujudkan Polri yang baik dalam rangka pelayanan publik yang terintegrasi, modern, murah dan cepat. Pemeliharaan kamtibmas, dan penegakan hukum yang prediktif, bertanggung jawab, transparan, serta menjamin rasa keadilan masyarakat.

"Saya tak menyalahkan itu. Untuk itu, melalui buku ini, saya ingin menjelaskan dengan lebih sederhana, dengan semua penjabaran konsep. Saya ingin bahwa masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Polri semudah memesan pizza," ucap Sigit.
 
Wujud nyata setapak perubahan, Sigit memaparkan saat ini terdapat 886 aplikasi terkait Polri yang akan diintegrasikan menjadi satu data. Sigit menyebut, hal itu memudahkan masyatakat untuk mendapatkan layanan Polri yang terbaik.

"Saya ingin bahwa semua layanan Polri akan dirasa dekat, dirasa mudah, dirasa berguna, dan dirasa jelas alurnya. Sehingga masyarakat merasa nyaman. Sebenarnya sederhana saja. Saya ingin memaksimalkan untuk kembali melihat pada fungsi pokok Polri, melindungi, melayani, dan mengayomi. Sesuatu yang sederhana. Namun perkembangan situasi zaman membuatnya kadang terasa sulit untuk dicapai. Seperti dalam kehidupan, segala sesuatu yang paling sederhana justru adalah sesuatu yang paling sulit digapai," papar Sigit.

Sigit mengakui, banyak yang mengatakan bahwa konsep ini adalah sebuah perjalanan panjang. Namun, seperti sebuah pepatah klasik 'Perjalanan ribuan kilometer selalu dimulai dengan satu langkah'.

"Maka ini langkah pertama kami. Langkah pertama yang dijejakkan dalam perjalanan panjang ini, kami tempuh dengan niat yang baik, ikhtiar keras, dan tentunya dengan keikhlasan. Kami berupaya menjadi lebih baik untuk kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat. Dan diatas segalanya tentu kita selalu berdoa dan bermohon diberikan kemudahan dan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa." tutur Sigit.

Untuk diketahui, dalam empat transformasi yang diusung dalam Polri Presisi, seluruhnya sudah mencapai hasil maksimal dan akan terus ditingkatkan. Transformasi organisasi saat ini telah mencapai, 98,20 persen.

Kemudian, transformasi operasional sebesar 98,78 persen. Lalu, transformasi pelayanan publik 96,59 persen dan transformasi pengawasan telah mencapai target 98,60 persen.