Bupati Bantul Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2022

Posted by tribratanewsbantul on 12:43

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Progo Tahun 2022 di Lapangan Paseban Bantul, Jumat (22/4/2022).

Kegiatan itu merupakan pengecekan akhir untuk kesiapan menjelang pelaksanaan mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2022.

Apel yang diselenggarakan Polres Bantul ini diikuti personel TNI/ Polri, serta personel dari instansi terkait antara lain Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Damkar, Linmas, dan organisasi masyarakat lainnya. Dan dihadiri sejumlah Forkopimda Kabupaten Bantul.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri, dalam amanatnya yang dibacakan Bupati mengatakan, perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi dengan kelurga serta sahabat. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H atau tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai 6 Mei 2022.

Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.


Kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan euforia. Hal ini terbukti berdasarkan survei Badan Litbang Kemenhub RI diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas perjalanan selama lebaran.

Sebelumnya Polres Bantul bersama dengan Kodim, dan instansi terkait telah melakukan operasi cipta kondisi dan penyakit masyarakat sejak sepekan menjelang ramadan.  Adapun sasaran operasi meliputi, minuman keras (miras), knalpot blombongan, dan petasan.

Barang sitaan hasil operasi tersebut kemudian dihancurkan usai pelaksanaan apel di ruas jalan depan Kompleks Parasamya. “Ada 2500 miras, 112 knalpot blombongan, dan 250 buah petasan yang dihancurkan hari ini”, tutur Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK.

Dirinya berharap operasi yang jajarannya lakukan dapat menjadi solusi akar masalah kejahatan dan mendukung terciptanya kamtibmas selama ramadan dan lebaran 2022.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:43

0 komentar:

CB