31 May 2022

Polisi Amankan 4 Pelajar Pelaku Kekerasan Jalanan, 1 Ditetapkan Jadi Tersangka

Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengamankan empat remaja diduga pelaku tindak kekerasan jalanan.
Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Archye Nevadha menuturkan peristiwa tersebut berlangsung pada Sabtu 28 Mei 2022, sekitar pukul 23.00 WIB, tepatnya di di Jalan Parangtritis, Dusun Candi, Desa Srihardono, Kapanewon Pundong.

"Empat orang yang kami amankan, seorang sudah kami tetapkan sebagai tersangka," kata Archye didampingi Kapolsek Pundong AKP Cherli Evi Prayudati Sella dalam konferensi pers di Mapolres Bantul, Selasa, 31/5/2022).

Menurut Archye, seorang yang ditetapkan sebagai tersangka berinisial DIO (18) warga Desa Sitimulyo, Piyungan, sedangkan tiga orang masing-masing berinisial DAS (17), RMR (18), dan TPN (18), ketiganya pelajar asal Kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY.

Awanya korban berinisial EGS (17) dan OJP (16) keduanya warga Kapanewon Pandak saat itu dalam perjalanan pulang setelah mengantarkan temannya yang beralamat di Kretek.

"Korban yang saat itu setelah pulang mengantar temannya yang berada di Kretek, bertemu rombongan diduga pelaku. Mereka sama-sama dari arah selatan (kretek)," ujar Archye.  

Saat bertemu di jalan, antara korban dan pelaku saling lirik. Rombongan pelaku sempat mendahului kendaraan korban namun akhirnya putar balik untuk menyerang korban.  

"Antara pelaku dan korban tidak saling kenal dan tidak ada masalah. Hanya saja, sebelumnya rombongan pelaku sempat melakukan pesta miras di wilayah kretek dan dalam pengaruh alkohol," imbuhnya.

Adapun pelaku berinisial DIO (18) warga Piyungan Bantul, sempat mendorong dan menendang kendaraan korban dan mengakibatkan korban terjatuh ke semak-semak.

"Pada saat jauh itu, terduga pelaku sempat menendang kendaraan dan melempar botol bekas minuman dan mengakibatkan luka robek pada telapak tangan korban. Karena korban takut, ia melarikan diri. Pada saat korban melarikan diri, tas korban yang berisi HP dan dompet tertinggal di TKP dan diambil oleh pelaku," urainya.

Kejadian itu sempat dilihat oleh warga dan mencoba mengikuti rombongan pelaku.

Warga pun memepet kendaraan yang dikendarai Dio dan temannya berinisial DAS alias Pancing (17) yang merupakan warga Banguntapan, Bantul.

Saat itu Pancing terjatuh di persawahan hingga berlumuran lumpur, sementara Dio melarikan diri ke masjid terdekat dan berusaha membersihkan diri dari lumpur.  

Warga yang berhasil mengamankan salah seorang dari rombongan lantas menginformasikan ke Polsek Pundong dan langsung ditindaklanjuti ke lokasi kejadian untuk mengamankannya.

"Awalnya yang diamankan Pancing. Dio sempat melarikan diri dan sembunyi di belakang masjid, membasuh kotoran dan pada saat keluar masjid melihat situasi, masyarakat dan polisi masih di sekitar TKP dan langsung mengamankannya juga," terangnya.

Dari sana, petugas kemudian mengembangkan penyelidikan dan mengamankan dua orang sisanya yakni RMR (18) dan TPN (18) yang keduanya merupakan warga Banguntapan, Bantul.

Namun demikian, polisi baru menetapkan satu orang tersangka yakni Dio dan menjeratnya dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara. Sementara tiga orang sisanya masih dilakukan pemeriksaan.

"Untuk kondisi korban sendiri saat ini sedang rawat jalan karena mengalami robek di bagian telapak tangan,” sambung Archye.

Pelaku bakal dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang tindak pidana secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang (pengeroyokan) yang menyebabkan korban luka dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya lima tahun enam bulan.

"Juga Pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun," tandasnya.

Sementara itu, pelaku DIO mengaku melakukan penyerangan karena tersinggung saat dilirik oleh korban. Saat itu, ia  dan ketiga temannya juga tengah terpengaruh minuman beralkohol karena usai berpesta minuman keras di salah satu losmen yang berada di kawasan wisata Pantai Parangtritis.

"Barang yang saya ambil tas berisi handphone dan dompet, waktu itu saya tersinggung karena dipliriki,” ujar pelajar kelas 2 SMK ini.
 

Polsek Banguntapan Bantu Evakuasi Korban Mobil Pikap Nyemplung Embung

Kecelakaan di Embung Baturetno Banguntapan Bantul mengakibatkan 1 orang meninggal dunia, Senin (30/5/2022) petang.

Kejadian itu berawal ketika korban yang bernama Oky Setiaji (22) sedang mengajari ayahnya, Utama (50) mengemudi mobil pikap di lokasi tersebut. Keduanya merupakan warga Tangkil, Mranggel, Pati, Jawa Tengah.

Saat dihubungi, Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH menyebut bahwa insiden nahas itu terjadi sekitar pukul 18.40 WIB.

Lebih lanjut, Kapolsek mengatakan, saat belajar mengemudi itu justru mobil pikap hilang kendali dan menabrak pagar embung hingga akhirnya terjun ke dalam embung.

Setelah dievakuasi, korban Oky Setiaji sudah dalam keadaan meninggal dunia dan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Yogyakarta. Sedangkan sang ayah berhasil diselamatkan

Proses evakuasi sendiri dilakukan oleh Relawan Baturetno, SAR DIY Distrik Bantul, Damkar Bantul, PMI Kota Yogyakarta, BPBD Kabupaten Bantul dan dibantu personel Polsek Banguntapan.

Sementara itu, akibat kecelakaan tersebut badan mobil pikap mengalami rusak di beberapa bagian. (Humas Polsek Banguntapan)

Polres Bantul dan Pemda Kabupaten Bantul Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Kalurahan Seloharjo

Polres Bantul dan Pemda Kabupaten Bantul menggelar Sosialisasi Saber Pungli bertempat di Aula Kantor Kalurahan Seloharjo Pundong, Selasa (31/5/2022).

Kegiatan diisi oleh pemateri pertama dari Irban Infestigasi Inspektorat Ir. Suryono, M.Si., Materi kedua dari Kanit Polmas Sat Binmas Ipda Endarto, Materi ketiga dari Sat Reskrim Polres Bantul Bripka Arif dan Materi ke empat dari tenaga ahli Bupati Sunarso, M.Si.

Kegiatan sosialisasi saber pungli diikuti Bamuskal, Kadus, Tomas dan FPRB Kalurahan Selorjo.
 

Kasat Binmas Polres Bantul Jadi Nara Sumber Kamtibmas Kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2022

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Antu Nugrahanto Atmojo Putro, S.H menjadi nara sumber Kamtibmas, dalam kegiatan Non Fisik TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2022 bertempat di Aula Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul, Selasa (31/5/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Pasiter Kodim Bantul Kapten Inf Berhen Suncoko, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kab. Bantul Bpk Pambudi, Carik Guwosari, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Guwosari.

Kegiatan ini diikuti oleh pamong kalurahan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Kader Posyandu Kalurahan Guwosari.

Materi kedua dari Pasiter Kodim Bantul Kapten Inf Berhen Suncoko.


Kanit Binmas Polsek Sewon Berikan Penyuluhan

Salah Satu upaya Polri dalam mengurangi angka penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar dan pemuda yang sampai saat ini cukup mengkhawatirkan, Binmas Polsek Sewon bersama sama dengan Bhabinkamtibmas, gencar memberikan penyuluhan dan sosialisasi bahaya Narkoba dikalangan pelajar.

Untuk hari ini kegiatan penyuluhan dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Sewon AKP Sri Wigiyati didampingi oleh Panit 1 Binmas Aiptu Suradi dan Bhabinkamtibmas Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo dan Bhabinkamtibmas Bangunharjo Aiptu Imron Rosadi melaksanakan bimbingan dan penyuluhan di Sekolah Dasar Al Amin Sinar Putih, Imogiri Barat, Ngoto, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Selasa, (31/05/2022).

“ Para Siswa / Siswi juga mendapat pengetahuan terhadap bahaya penyalahgunaan Narkoba serta mengenali jenis-jenis Narkotika, efek dan perilaku pengguna barang haram tersebut” jelas AKP Sri Wigiyati.

Kanit Binmas juga mengatakan pengertian dan pemahaman tentang bahaya dan akibat dari narkoba disampaikan sejak usia dini, hal ini diharapkan akan dapat mencegah anak anak sebagai penerus bangsa terhindar dari narkoba. Pelajar menjadi salah satu sasaran peredaran dan penyalahgunaan Narkotika. Karenanya diperlukan perhatian khusus untuk menyelamatkan generasi muda sehingga tidak terkontaminasi bujukan menggunakan barang haram tersebut. Peredaran barang terlarang ini tidak mengenal siapa dan apapun profesinya, dan semua punya peluang terjebak Narkoba.

”Kami harap kepada seluruh anak anak di usia dini yang mengikuti penyuluhan ini dapat menyampaikan atau menginformasikan kembali bahaya penyalahgunaan Narkoba kepada keluarga terdekat di rumah, teman di lingkungan rumah tinggal atau pun di lingkungan sekolah masing-masing, karena semua punya peluang terjebak Narkoba,” tutup AKP Sri Wigiyati. 

Juga waspada terhadap paham radikalisme. (Humas Polsek Sewon)
 

Unit Lantas Polsek Imogiri Gelar PSA di MIN 2 Bantul Kebonagung

Unit Lantas Polsek Imogiri yang dipimpin Kanit Lantas AKP Kartiman melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) di MIN 2 Bantul, Kebonagung, Imogiri, Bantul, Selasa (31/5/2022) pagi.

Kanit Lantas memberikan edukasi dan bimbingan kepada siswa-siswi dalam berbagai aspek. Mulai dari tugas pokok Kepolisian, Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas Angkutan Jalan. Disampaikan pula persyaratan memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) dan pengenalan rambu-rambu lalu lintas.

Menurut AKP Kartiman kegiatan Ini merupakan langkah edukatif melalui bimbingan dan pemahaman sejak dini akan pentingnya disiplin berlalu lintas.

Dengan kegiatan PSA diharapkan dapat menjalin kedekatan serta pembentukan karakter anak untuk menghilangkan takut dengan sosok Polisi. (Humas Polsek Imogiri)

Polsek Kretek Persiapan Lomba Inovasi Bhabinkamtibmas Tingkat Polda DIY

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi menyambangi Kantor Kalurahan Tirtohargo Kretek Bantul, sekaligus koordinasi terkait lomba inovasi Bhabinkamtibmas jajaran Polda DIY, Senin (30/5/2022).

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Kretek menyampaikan bahwa lomba akan digelar pada hari Selasa, tanggal 7 Juni 2022 mendatang. Adapun perwakilan dari Polres Bantul yaitu Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo, Bripka Winarko.

Diharapkan dengan persiapan yang matang, kegiatan lomba dapat berjalan lancar dan meraih hasil yang terbaik. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Dampingi Wabub Bantul Cek Jalan Amblas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aipda Sutopo bersama Lurah H. Joko Prayitno mendampingi kunjungan Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo saat mengecek jalan amblas di Kampung Semoyan Dk. Singosaren 2, Singosaren, Banguntapan, Bantul, Senin (30/5/2022).

Turut hadir dan mendampingi pengecekan tersebut dari Dinas PU Kabupaten Bantul, Dukuh Singosaren 2 Besti Kusumawati S.Pd dan Pamong Kalurahan Singosaren.

Jalan yang amblas tersebut merupakan jalan kabupaten yang menghubungkan dua kalurahan yakni Kalurahan Singosaren dan Kalurahan Jagalan Banguntapan Bantul.

Untuk itu, secepatnya akan diperbaiki supaya dapat dilintasi kembali dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat. (Humas Polsek Banguntapan)

Pikap Nyemplung Embung, Satu Orang Meninggal

Warga di sekitar Embung Baturetno Banguntapan Bantul geger, Senin petang (30/5/2022). Ini dikarenakan adanya insiden mobil pikap nyemplung Embung, yang mengakibatkan satu orang penumpangnya tewas.

Kapolsek Banguntapan, Kompol Zaenal Supriyatna SH mengatakan, kecelakaan ini terjadi bermula saat Utama (50) dan Oky Setiaji (22) yang merupakan bapak dan anak warga Tangkil, Mranggel, Pati, Jawa Tengah (Jateng) mengenderai mobil pikap. Ketika melintas di sekitar lokasi kejadian, mobil hilang kendali menghantam pagar Embung, terus tercebur ke Embung.

Hal ini mengakibatkan Oky, yang memandu bapaknya belajar menyetir meninggal dunia. Dia ditemukan sudah tak bernyawa terjebak di kabin mobil. Sementara bapaknya ditemukan dalam kondisi selamat. Evakuasi dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Kapolsek menyebut penyebab kecelakaan diduga karena bapaknya kurang mahir mengenderai mobil lantaran baru belajar menyetir.

"Dapat informasi bapaknya ini baru belajar nyetir, anaknya yang ngajari,"  kata Zaenal.

Bhabinkalurahan Kalurahan Singosaren Sambang Kampung KB Singosaren Sejahtera

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aipda Sutopo menyambangi Kampung KB "Singosaren Sejahtera" di Dusun Singosaren 3, Singosaren, Banguntapan, Bantul, Sabtu (28/5/2022).

Kegiatan sambang dilakukan bersama Lurah Singosaren H. Joko Prayitno, Dukuh Singosaren 3 Sogiran dan pengurus Kampung KB "Singosaren Sejahtera".

Sambang Kampung KB bertujuan untuk memberikan pembinaan dan keberlangsungan kegiatan Kampung KB sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

Pada kegiatan sambang tersebut juga dilakukan panen ikan lele yang merupakan program ketahanan pangan dan ekonomi warga. Hasil panen dijual ke masyarakat sekitar, dari warga dikelola oleh warga dan untuk warga sendiri. (Humas Polsek Banguntapan)

Kasat Binmas Polres Bantul Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2022

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Antu Nugrahanto menghadiri sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2022 di Hotel Ros In Bantul, Senin (30/5/2022).

Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo serta jajaran Forkopimda atau yang mewakili.

Wakil  Bupati Bantul Joko Purnomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk tahun 2022 pemerintah  tidak mengeluarkan Permendikbud tetapi masih menggunakan Permendikbud Nomor 1 tahun 2021  dengan Peraturan Bupati Nomor 35 tahun 2022 tentang pedoman pelaksanaan PPDB pada TK, SD, SMP.

Sementara itu Kadikpora, dalam  kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Update PPDB Tahun 2022 tidak ada kalibrasi nilai raport.

“Pada PPDB tahun 2022 dimungkinkan berpindah pilihan sekolah maksimal 2 kali (pada jalur tertentu) serta kuota jalur prestasi bertambah menjadi 30 % dan zonasi menjadi 50 %.,” katanya.

Sedangkan untuk jadwal kegiatan PPDB adalah sebagai berikut

Untuk TK pendaftaran dan seleksi tanggal 6 – 8 Juni 2022 secara luring, pengumuman tanggal 10 Juni 2022, pendaftaran ulang tanggal 10 – 11 Juni 2022.

Untuk SD pendaftaran dan seleksi tanggal  13 -15  Juni 2022 secara luring, pengumuman tanggal 17  Juni 2022, pendaftaran ulang tanggal 17 – 18 Juni 2022.

Sedangkan untuk peserta didik baru tingkat SMP  seleksi di bagi dalam  beberapa  dengan Jadwal sebagai berikut :

Jalur Zonasi pendaftaran tanggal 20 Juni – 22 juni 2022, seleksi verifikasi  tanggal 20 – 22 Juni 2022, pengumuman tanggal 23 Juni 2022 dan daftar ulang tanggal 24 – 27 Juni 2022.

Jalur  Afirmasi  pendaftaran tanggal 20 Juni – 21 juni 2022, seleksi verifikasi  tanggal 20 – 21 Juni 2022, pengumuman tanggal 23 Juni 2022 dan daftar ulang tanggal 24 – 27 Juni 2022.

Jalur  Prestasi  pendaftaran tanggal 20 Juni – 21 juni 2022, seleksi verifikasi  tanggal 20 – 21 Juni 2022, pengumuman tanggal 23 Juni 2022 dan daftar ulang tanggal 24 – 27 Juni 2022.

Jalur  Perpindahan tugas Orang Tua  pendaftaran tanggal 20 Juni – 21 juni 2022, seleksi verifikasi  tanggal 20 – 21 Juni 2022, pengumuman tanggal 23 Juni 2022 dan daftar ulang tanggal 24 – 27 Juni 2022.

Jalur  Kelas Khusus Olahraga  pendaftaran tanggal  8  - 10 juni 2022, seleksi verifikasi  tanggal 13 – 15  Juni 2022, pengumuman tanggal  17  Juni 2022 dan daftar ulang tanggal  17 Juni 2022.
 

Patroli Polsek Kasihan Sambangi SMK Muhammadiyah Mrisi

Panit Samapta Polsek Kasihan Ipda Sigit Budi bersama anggotanya sambang sekolahan di SMK Muhammadiyah Mrisi Kasihan Bantul, Senin (30/5/2022) siang.

Kegiatan sambang tersebut untuk meningkatkan sinergitas antara Polsek Kasihan dengan pihak sekolah guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Selain itu, kegiatan sambang ini juga untuk menyampaikan imbauan-imbauan kepada para siswa agar tidak terjerumus pada kenakalan remaja maupun kejahatan jalanan. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aktif Sambangi Warga Binaan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aipda Agus Muslim menyambangi warga binaannya di Dusun Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul, Senin (30/5/2022) siang.

Kegiatan sambang ini secara rutin dilakukan oleh Aipda Agus Muslim kepada warga binaannya sebagai upaya untuk mendekatkan diri dan menggali informasi tentang sitkamtibmas, sembari menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Dengan kegiatan sambang tersebut diharapkan senantiasa terjalin sinergitas antara Polri dengan masyarakat terutama di bidang harkamtibmas. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolri Berikan Penghargaan ke Atlet Polri yang Sumbang Medali untuk Indonesia di Sea Games

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada personel Polri sebagai atlet yang telah menyumbangkan medali emas, perak dan perunggu untuk Indonesia dalam perhelatan Sea Games Vietnam.

Upacara pemberian penghargaan kepada atlet dari Polri tersebut diselenggarakan di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2022).

"Baru saja kita melaksanakan pemberian piagam penghargaan pin emas kepada anggota kita 15 orang yang telah berprestasi, dan ikut mengharumkan nama bangsa khususnya dalam pelaksanaan Sea Games di Vietnam kemarin," kata Sigit dalam kegiatan tersebut.

Karena telah ikut mengharumkan nama Bangsa dan negara Indonesia di Sea Games, Sigit mewakili institusi Polri menyampaikan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh atlet Polri yang telah meraih medali serta mengibarkan bendera merah putih di Vietnam.

"Tentunya Polri dan saya selaku Kapolri mewakili institusi memberikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya kepada anggota yang telah berprestasi luar biasa," ujar Sigit.

Sigit menekankan, torehan prestasi para atlet ini dapat menjadi contoh bagi seluruh personel kepolisian untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya, baik dalam kedinasan maupun bidang-bidang lainnya di luar kedinasan.

"Tentunya kita terus mendorong agar rekan-rekan, khususnya yang ikut di dalam bidang olahraga atau bidang lainnya untuk terus berlatih. Dan kita intitusi akan memberikan ruang untuk itu. Sehingga mereka bisa betul-betul fokus dan termotivasi," ucap Sigit.

Dengan diberikannya kesempatan ataupun ruang, Sigit berharap, seluruh personel kepolisian akan selalu bisa mengharumkan serta membanggakan bagi Negara Indonesia di event nasional maupun internasional.  

"Dan kedepan kita harapkan mereka bisa mengukir prestasi-prestasi di event-event internasional atau kejuaraan dunia. Ini tentunya menjadi kebanggaan bagi kita semua," tutur Sigit.

Terkait prestasi kedinasan, Sigit meminta kepada jajaran Kapolda untuk ikut mendorong dan memberikan kesempatan kepada seluruh jajarannya dalam menorehkan prestasi di bidang kedinasan khususnya dengan memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh rekan-rekan Kapolda, terus mendorong anggota-anggota kita untuk berprestasi, terutama dari sisi kedinasan. Bagaimana kita, betul-betul bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pendekatan dengan hati. Sehingga kemudian, kita bisa melakukan apa yang bisa kita berikan sebagai kontribusi kita terhadap pelayanan masyarakat," papar Sigit.

Oleh karenanya, Sigit menegaskan kepada seluruh personel kepolisian untuk terus berjuang secara optimal dalam mengukir prestasi demi memberikan yang terbaik untuk Bangsa Indonesia dan institusi korps bhayangkara.

"Teruslah berbuat yang terbaik, teruslah berprestasi. Dan kami institusi akan support dan mendorong agar mereka betul-betul bisa melakukan yang terbaik untuk bangsa, masyarakat, dan institusi kepolisian," jelas Sigit.

Adapun atlet Polri yang meraih medali dalam ajang Sea Games di Vietnam, yakni;

1. Briptu Rivan Nurmulki atlet voli meraih medali emas

2. Iptu Nizar Julfikar atlet voli meraih medali emas

3. Briptu Rendi Tamamilang atlet voli meraih medali emas

4. Briptu Yuda M Putra atlet voli meraih emas

5. Bripda Fahreza Rakha atlet voli meraih medali emas

6. Ipda Amalia Fajrina atlet voli meraih medali perunggu

7. Bripda Arsela Nuari atlet voli meraih medali perunggu

8. Briptu Denri Maulidzar atlet dayung meraih medali dua medali emas

9. Briptu Andi Try atlet sepak takraw meraih medali emas, perak dan perunggu

10. Briptu Tebing Hutapea atlet karate meraih medali perak

11. Aiptu Anang Yulianto atlet menembak meraih medali emas

12. Briptu Deny Pratama atlet menembak meraih medali perak

13. Bripda Muhamad Alfiyansyah Lubis atlet judo meraih medali perunggu

14. Bharatu Dewa Kadek Rama atlet judo meraih medali perunggu

15. Briptu Holypaul atlet futsal meraih medali perak.

30 May 2022

Polsek Banguntapan Pengamanan Jalur Simpatisan PPP

Personel Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan jalur simpatisan PPP yang akan menghadiri acara syawalan di GOR Amongrogo Yogyakarta, Minggu (29/5/2022).

Pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolsek Banguntapan, Kompol Zaenal Supriatna SH.

Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan dan pengawalan simpatisan tersebut untuk menciptakan keamanan ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas serta mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

Pelaksanaan pengamanan jalur simpatisan di wilayah Banguntapan berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Banguntapan)

Polsek Bantul Laksanakan Seleksi Paskibra 2022

Seleksi Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) yang dilaksanakan  setiap tahun menjadi salah satu kegiatan yang dinanti oleh para siswa setingkat SMA.

Selain menumbuhkan cinta tanah air, menjadi bagian dari Paskibra merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi siswa. Mereka dapat menunjukkan ketegasan, ketrampilan dan kedisiplinan dalam satu rangkaian prosesi pengibaran bendera.

Seperti kegiatan seleksi Paskibra yang digelar di SMA Negeri 1 Bantul dengan tim seleksi dari Polsek Bantul dan Koramil Bantul, Senin (30/5/2022).

Disamping melatih, tim seleksi juga memotivasi para siswa untuk tetap semangat mengikuti seleksi. (Humas Polsek Bantul)

Aiptu Ibnu Wakhid Sambangi Warga Timbulharjo, Sampaikan Pesan Kamtibmas

Sambang wilayah selain bertujuan untuk menjalin kemitraan dengan masyarakat juga untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, memperoleh informasi dari warga terkait kamtibmas di wilayah kalurahan yang menjadi binaannya.

Aiptu Ibnu Wakhid,S.H., Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Kalurahan Timbulharjo melaksanakan sambang atau kunjungan kepada salah satu warga , kepek, Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Senin, (30/05/2022) siang.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Timbulharjo menyempatkan menyampaikan pesan – pesan serta himbauan kamtibmas kepada warga. “Di himbau kepada warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepekaannya terhadap situasi perkembangan di lingkungan tempat tinggalnya” ungkap Aiptu Ibnu di ruang kerjannya usai melaksanakan sambang.

“Saat ini segala sesuatu baik yang bersifat positif maupun negatif sangat mudah untuk didapat melalui media sosial, begitu pula berita berita bohong atau hoax saat ini banyak sekali ditemukan dalam media sosial,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sebagai warga harus mampu dan pandai untuk memilih hal hal yang bersifat positif atau yang baik serta harus mampu untuk menyaring mana berita yang betul atau berita hoax.

Sebagai warga masyarakat hendaknya kita tidak mudah terprovokasi dengan adanya berbagai isu dan berita bohong yang ada di media sosial serta tidak mudah untuk menyebarkan adanya berita berita bohong kepada teman ataupun masyarakat, supaya tidak menimbulkan keresahan didalam masyarakat pangkas Aiptu Ibnu Wakhid. (Humas Polsek Sewon)
 

Anggota Polsek Srandakan Dampingi Petugas Tracing

Plt. Kapolsek Srandakan AKP Sutrisno SH MH memimpin anggota Polsek Srandakan laksanakan Pengamanan serta pantauan giat  tracing di SMP N 2 Srandakan Bantul, Senin (30/5/2022).

Hadir pada giat tersebut Plt. Kapolsek Srandakan AKP Sutrisno SH MH, Panitmin Intelkam IPDA Purwanto, Kasihumas AIPTU Didik. R, Panit Intelkam AIPTU Toni. E, AIPDA Bambang. S Banit Intelkam, AIPDA Supriyanto Banit Samapta serta Babinsa Poncosari SERKA Ngadiranto

Untuk giat tracing pada pagi hari ini dengan target 185 siswa.

Giat berjalan lancar aman terkendali sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid 19. (Humas Polsek Srandakan)

Polsek Piyungan Lepas Ipda Sumitro Yang Masuki Purna Tugas

Sebagai wujud penghargaan dan ungkapan terima kasih kepada anggota Polri yang telah melaksanakan tugas hingga masa akhir tugas, Polsek Piyungan melepas Ipda Sumitro yang memasuki purna tugas, Senin (30/5/2022).

Pelepasan Ipda Sumitro dilangsungkan di halaman Mapolsek Piyungan oleh Kapolsek Piyungan serta para Kanit, Panit, Kasi dan seluruh anggota Polsek Piyungan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Piyungan Kompol Rahmad Yulianto SH M.Si mengucapkan terima kasih atas dedikasi kerja Ipda Sumitro yang telah mengabdikan diri kepada bangsa dan negara hingga memasuki purna tugas.

“Kami atas nama pimpinan menyampaikan penghargaan serta rasa hormat kepada Ipda Sumitro yang telah memasuki masa purna tugas, serta terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara melalui institusi Kepolisian di Polsek Piyungan,” ucap Kapolsek.

Menurut Kapolsek, Pak Sumitro dapat terus berkarya dan berbuat yang terbaik, serta mengunakan pengalamannya selama bertugas di Kepolisian untuk mengabdikan diri di lingkungan masyarakat dan bisa menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat.

“Walaupun Pak Sumitro sudah purna tugas diharapkan dapat terus menjaga silaturahmi dengan Polsek Piyungan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ipda Sumitro dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Keluarga Besar Polsek Piyungan atas kegiatan silaturahmi tersebut. Harapannya semoga tetap terjalin ikatan persaudaraan dengan Keluarga Besar Polsek Piyungan.

Mengakhiri acara pelepasan, Kapolsek Piyungan memberikan cindera mata Ipda (Purn.) Sumitro sebagai kenang-kenangan dan dilanjutkan dengan jabat tangan yang diikuti seluruh anggota Polsek Piyungan. (Humas Polsek Piyungan)

Polsek Imogiri Pengamanan Lelayu di Dusun Ngancar

Kapolsek Kompol Sumanto SH memimpin pengamanan lelayu di Dusun Ngancar, Karangtalun, Imogiri, Bantul, Minggu (29/5/2022) sore.


Pengamanan tersebut dilakukan mengingat rumah duka di dekat jalan raya.

Menurut Kapolsek Imogiri, pengamanan guna memberikan rasa aman kepada para pelayat, serta mencegah terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas perlu dilakukan pengamanan maupun pengaturan arus lalu lintas.

Acara takziah dan pemakaman jenazah berjalan aman serta lancar. (Humas Polsek Imogiri)

Kapolsek Kretek bersama Aanggota Takziah ke Rumah Duka Ayah Mertua Kapolsek Kasihan

Kapolsek Kretek Komisaris Polisi Yosephine Iswantari S.Psi bersama Kapolsek Imogiri Kompol Sumanto, SH serta personel Polsek Kretek melaksanakan silaturahmi dan turut berduka atas meninggalnya Almarhum Kyai Maryadiyanto alamat Klegen Tirtosari Kretek Bantul, Minggu (29/5/2022).

Almarhum Kyai Maryadiyanto merupakan bapak mertua dari Bapak Kapolsek Kasihan Bapak Anton Nugroho Wibowo.

Dalam melaksanakan takziah personel Polsek Kretek juga melakukan pengaturan jalan membantu para takziah dalam menyeberang, sehingga adanya petugas tersebut dapat memberikan kelancaran dan keamanan dalam acara tersebut.

Adapun kegiatan takziah tersebut dilakukan bertujuan guna mendoakan almarhum dan memberikan dukungan moril pada keluarga yang ditinggalkan.

Selain hal tersebut kegiatan takziah yang dilakukan Polsek Kretek juga sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap warga dan rasa empati terhadap keluarga almarhum serta dapat mempererat hubungan emosional antara Polri dan masyarakat. (Humas Polsek Kretek)
 

Pembinaan Generasi Penerus Bangsa, Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Jadi Pembina Upacara

Kegiatan Polisi menjadi Pembina upacara adalah bentuk upaya dan kepedulian Polri khususnya Polsek Bantul untuk ikut membina, mengawasi dan mengarahkan anak-anak usia sekolah agar lebih disiplin serta terhindar dari prilaku negatif yang berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap situasi kamtibmas.

Menjadi Pembina Upacara merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada siswa, seperti yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bantul untuk Kalurahan Bantul Kapanewon Bantul, Aipda Agus Bandianto, menjadi pembina upacara di KB-TK Aisiyah Mardi Putra Bantul, Senin (30/05/2022).

“Dengan mendekatkan diri dan saling mengenal antara siswa dengan Polisi, maka akan menghilangkan rasa takut anak-anak terhadap Polisi,” ungkap Aipda Agus Bandianto.

Dalam kesempatan sebagai pembina tersebut, Aipda Agus Bandianto menyampaikan pesan kepada para siswa, tentang pentingnya belajar dengan rajin, patuhi guru dan orang tua demi untuk meraih cita-cita di masa depan.

Selain memberikan motivasi kepada para siswa, Aipda Agus Bandianto juga menerangkan bahwa mengikuti upacara Bendera adalah salah satu wujud kecintaan kepada negara, yakni memupuk jiwa, rasa bela negara dan cinta tanah air berbangsa dan bernegara.

"Dengan hadirnya anggota Bhabinkamtibmas disekolah-sekolah yang ada diwilayah binaan, akan menumbuhkan kedekatan antara Polisi dengan Siswa dan Guru, sehingga diharapkan kedepannya menjadi mitra Kamtibmas," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul)
 

Operasi Gaktibplin Untuk Cegah Pelanggaran Anggota

Kasi Propam Polsek Sedayu Aiptu Sukardi bersama anggotanya melaksanakan operasi Penegakkan, Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) terhadap personel dan ASN Polsek Sedayu di aula setelah apel pagi, Senin (30/05/2022) pagi.
 
Kegiatan razia dan pemeriksaan yang di ikuti personel Polsek Sedayu tersebut meliputi pemeriksaaan kelengkapan identitas/administrasi pribadi personil, kelengkapan administrasi kendaraan, atribut seragam dinas Polri dan kerapian pakaian dinas yang sesuai dengan juknis dan jukrah yang sesuai aturan dari dinas serta pemeriksaan sikap tampang perseorangan personel.

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto  S. Pd., M.H., melalui Kasi Propam menyampaikan apabila di temukan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota akan di berikan tindakan pisik seperti push up dan lain-lain.

Operasi Gaktibplin ini akan di laksanakan secara rutin setiap hari senin setelah apel pagi kepada seluruh personil Polsek Sedayu dengan harapan untuk meningkatkan kedisiplinan dan meminimalisir pelanggaran oleh anggota. (Humas Polsek Sedayu)
 

Personel Polsek Imogiri Laksanakan Pengamanan Lelayu di Jalan Makam Malam Suci Dusun Ngancar

Personel Polsek Imogiri Polres Bantul  dipimpin oleh Kapolsek Kompol Sumanto SH melaksanakan pengamanan Lelayu di  Rumah salah satu Warga di Jalan Makam Malam Suci Dusun Ngancar Kalurahan Karangtalun, Minggu (29/5/2022) sore.

Pengamanan perlu dilaksanakan karena Rumah duka Alm Sri Riyadi berada  di tepi Jalan Raya Imogiri

Kapolsek Imogiri Kompol Sumanto SH  Mengatakan guna memberikan rasa aman kepada Takziah  serta mencegah terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu-lintas perlu di lakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas

Selama dalam pelaksanaan upacara pemakaman jenazah dari rumah duka kemudian menuju Pemakaman Umum Dusun Ngancar berjalan lancar (Humas Polsek Imogiri)
 

PB ISSI Bidik Prestasi Lebih Tinggi Usai Lampaui Target SEA Games

Jakarta - Indonesia sukses menjadi negara kedua yang mendominasi persaingan balap sepeda di SEA Games 2021 Vietnam. Hasil ini pun diharapkan bisa menjadi energi positif di ajang yang levelnya lebih tinggi.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, usai memberikan tali asih kepada kontingen balap sepeda, di Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (29/5/2022).

Ya, pria yang terpilih menjadi ketum PB ISSI medio April 2021 itu bangga karena catatan emas berhasil ditorehkan para atletnya di multievent terakbar regional Asia Tenggara. Bagaimana pun, Tiara Andini dkk berhasil melampaui target dengan memboyong delapan medali dari semula hanya dipatok lima medali.

Bahkan, catatan istimewa ini menjadi pencapaian terbaik balap sepeda RI dalam tiga edisi terakhir di SEA Games. Pada 2019, balap sepeda hanya meraih satu medali emas, empat perak, dan dua medali perunggu. Sementara 2017 meraih dua medali emas, dua perak, dan tujuh perunggu, dan 2015 hanya meraih satu medali emas.

Namun, Kapolri Jenderal Polisi itu tak ingin prestasi itu berhenti di level Asia Tenggara saja, tapi juga di ajang-ajang yang lebih tinggi. Hanya memang diakuinya beberapa aspek harus segera ditingkatkan. Ia menyoroti sport science.

"Harapan kami ini bisa menjadi energi positif. Apalagi ke depan kita juga akan mengikuti kejuaraan-kejuaraan internasional dan kejuaraan dunia, juga Asian Games dan Olimpiade. Tentu berbagai macam kesiapan harus kita lakukan seperti perbaikan sarana prasarana yang dibutuhkan," katanya.

“Tadi disampaikan ada beberapa penambahan untuk kemudian memastikan atlet dalam kondisi bisa diukur setiap saatnya dengan teknologi, sport science. Kemudian gizi dan nutrisinya harus terus kita jaga, dan bagaimana meningkatkan latihan-latihan mereka dari dalam negeri dan tentunya pelatihan-pelatihan di luar negeri. Jadi semakin hari kemampuan atlet semakin baik," dia menambahkan.

Selain prestasi, ia juga ingin catatan emas ini seiring dengan peningkatan budaya balap sepeda di tengah masyarakat menyesuaikan dengan visi dan misi PB ISSI. "Ini bisa dikembangkan dan menjadi alternatif, manakala kita sedang menghadapi BBM langka, dan untuk melakukan aktivitas ke kantor dengan bersepeda.

"Kami juga ingin mendorong sektor-sektor pariwisata dengan adanya rute-rute baru sehingga bisa meningkatkan perkembangan ekonomi dan banyak wisatawan sepeda. Dengan komunitas semakin besar maka akan memberikan ruang-ruang bagi merek terkenal dan UMKM, juga sehingga semuanya bisa dilakukan utnuk mengembangkan olahraga sepeda. Jadi satu sisi bisa meraih prestasi, di sisi lain ada nilai tambah yang didapatkan masyarakat," tuturnya.

Jenderal Sigit Tegaskan Komitmen Kembangkan Olahraga Sepeda di RI

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin parade kemenangan bersama kontingen sepeda Indonesia SEA Games 2022 di kawasan stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Sigit yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menegaskan komitmennya untuk mengembangkan olahraga sepeda RI.

Sigit mengatakan parade kemenangan ini digelar sebagai bentuk apresiasi dan dukungan moral kepada atlet sepeda. Sebab, mereka telah mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan menyumbangkan delapan medali SEA Games.

"Baru saja kita melaksanakan kegiatan parade sepeda dalam rangka memberikan apresiasi kepada atlet SEA Games kita. Menurut kami, mereka telah menorehkan prestasi yang apabila dibandingkan target yang kita berikan dan juga perolehan pada tahun sebelumnya mengalami peningkatan. SEA Games kali ini para atlet mendapatkan tiga emas, empat perak, dan satu perunggu," kata Sigit dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (29/5/2022).

Sigit juga menekankan perihal pengembangan olahraga sepeda di Indonesia. Sigit menyebut aktivitas sepeda saat ini makin disukai maupun diminati seluruh masyarakat.

Lebih lanjut, Sigit menyebut, selain memperhatikan sarana, prasarana, dan hal lainnya untuk meningkatkan prestasi di cabang olahraga sepeda, PB ISSI terus memperhatikan kemajuan budaya gowes yang makin diminati masyarakat Indonesia.

"Harapan kita, di samping mengejar prestasi, tentunya budaya bersepeda seperti visi dari ISSI bisa kita kembangkan. Kita lihat semakin hari semakin banyak komunitas sepeda dan budaya ini jika terus dikembangkan bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Sepeda bisa menjadi alternatif untuk melakukan aktivitas," ujar Sigit.

Sigit mengatakan pengembangan olahraga sepeda dapat dilakukan dengan menambah rute-rute baru. Adanya penambahan rute itu menurut Sigit, dapat mendorong kemajuan di sektor pariwisata atau sport tourism.

"Semua ini bisa kita lakukan, kalau kita fokus mengembangkan olahraga sepeda. Di satu sisi kita mengejar prestasi dan di sisi lain budayanya kita kelola dengan baik untuk menjadi besar. Serta ada nilai tambah bagi masyarakat dan negara kita," kata Sigit.

Selain itu, Sigit menilai terciptanya komunitas sepeda yang semakin besar, maka ruang investasi, baik dari dalam maupun luar negeri, akan makin terbuka lebar.

"Demikian juga dengan komunitas yang semakin besar akan memberikan ruang-ruang apakah investasi luar, apakah akan masuk merek-merek sepeda terkenal. Atau di dalam negeri yang melakukan berbagai macam rekayasa yang dilakukan sehingga muncul UMKM dan tumbuh industri-industri baru untuk sepeda," kata Sigit.

Adanya parade kemenangan ini, Sigit berharap dapat dijadikan semangat dan energi positif bagi seluruh atlet sepeda Indonesia dalam menghadapi event olahraga yang lebih bergengsi ke depannya.

"Kita mempersiapkan SEA Games, Asian Games dan Olimpiade. Sehingga berbagai macam kesiapan harus kita lakukan mulai dari bagaimana melakukan perbaikan-perbaikan dan mempersiapkan sarana serta prasarana yang memang dibutuhkan. Tadi disampaikan ada beberapa penambahan kemudian memastikan bahwa atlet ini dalam kondisi yang bisa diukur setiap saatnya dengan menggunakan teknologi," ujar Sigit.

Oleh sebab itu, Sigit mengatakan pengurus ISSI akan menyiapkan agar para atlet terus dapat memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia di ajang olahraga sepeda di dunia.

"Demikian juga gizi dan nutrisinya harus terus kita jaga dan yang paling penting adalah meningkatkan latihan-latihan mereka baik di dalam negeri maupun luar negeri, sehingga semakin hari kemampuan atlet dan jam terbangnya semakin baik. Ini dibutuhkan dalam meningkatkan kemampuan, mental, dan teknik dalam menghadapi event kelas dunia," kata Sigit.

Sebagai informasi, dalam SEA Games 2022 di Vietnam, PB ISSI menargetkan meraih lima medali. Para atlet mampu melampaui target tersebut dengan mendapatkan delapan medali, yang terdiri atas tiga emas, empat perak, dan satu perunggu.

Medali Emas Tiara Andini berkat Persiapan Panjang dan Sport Science

Jakarta - Tiara Andini Prastika menjadi salah satu atlet balap sepeda Indonesia yang berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam dan menorehkan tinta emas untuk Merah Putih. Kiprahnya tak lepas dari persiapan panjang dan penerapan sport science di Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Atlet yang karib disapa Tiara ini tampil di kelas downhill putri dan berhasil menjadi yang tercepat menyentuh garis finis dengan waktu terbaik 3 menit 31,531 detik. Ia mengalahkan wakil-wakil dari Thailand dan Filipina yang menempati peringkat kedua dan ketiga, sehingga ia pun mampu menyabet medali emas.

Catatan istimewa itu rupanya sudah diperkirakan oleh Tiara sendiri sesaat dirinya berangkat ke Negeri Naga Biru pada pertengahan Mei lalu.

"Sebenarnya dari awal sudah ada feeling bisa kok (dapat emas) karena persiapannya itu sudah satu tahun. Itu sudah cukup (untuk persiapan). Jadi memang sudah merasa bisa mendapat emas," kata Tiara usai menerima apresiasi dari PB ISSI, di Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (29/5/2022).

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Ketum PB ISSI) Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi tali asih kepada kepada seluruh peraih medali SEA Games 2021. Ia juga memberi penghargaan pada para atlet yang tampil di SEA Games, termasuk 24 ofisial SEA Games, serta tujuh legenda balap sepeda.Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Ketum PB ISSI) Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi tali asih kepada kepada seluruh peraih medali SEA Games 2021. Ia juga memberi penghargaan pada para atlet yang tampil di SEA Games, termasuk 24 ofisial SEA Games, serta tujuh legenda balap sepeda. Foto: Dok. PB ISSI/nick hanoatubun

Penerapan Sport Science PB ISSI

Ya, dibandingkan ajang multievent pada edisi-edisi sebelumya, Tiara menyebut persiapan tahun ini adalah yang paling komplet. Baik dari segi teknis maupun nonteknisnya.

Selain pelatihan yang dilakukan secara intensif dalam setahun terakhir di Yogyakarta, ada pula peran penerapan sport science di PB ISSI. Tiara mendapat sokongan maksimal dari tim gizi dan nutrisi, serta psikolog, di era kepemimpinan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo selaku ketua umum PB ISSI. Hal-hal itu sukses mengilapkan penampilan Tiara saat lomba di SEA Games 2021.

"Selain traning camp-nya juga lama, setahun, TC juga lengkap karena ada tim gizi dan psikolog. Itu dilakukan secara berkesinambungan dan lengkap. Sebelumnya belum ada, baru TC ini," Tiara mengungkapkan.

"Perubahan itu pun cukup berpengaruh bagi saya. Seperti gizi, karena di mess makanannya sudah biasa ditata, jadi saat ada kesempatan pulang kan makanannya berbeda, di perut pun juga beda."

"Kalau psikolog lebih ke menjaga mental di pertandingan. Jadi setiap seminggu sekali di mess (ada sesi konseling). Kebetulan jelang berangkat saya juga merasa sudah kuat mental dan tak ada kecemasan. Jadi tim tinggal menjaga saja (agar tidak drop)," dia menambahkan.

Kerja Keras Tiara Andini Berbuah Medali

Persiapan komplet itu pun akhirnya memetik hasil maksimal. Di SEA Games 2021, Tiara menjadi yang pertama menyumbangkan medali emas untuk balap sepeda Indonesia. Kemudian menyusul rekan-rekannya, Ayustina Delia Priatna (women's time trial) dan Zaenal Fanani (men's cross country).

Tak hanya itu, tinta emas Tiara juga memperbaiki catatan prestasinya pada SEA Games 2019 di Manila. Sebelumnya, ia harus puas meraih medali perak setelah mengalami insiden kurang menyenangkan. Satu hari jelang pertandingan, jari kelingking kirinya patah satu hari jelang pertandingan.

"Semua pencapaian saya telah diraih. Mungkin masih penasaran Kejuaraan Asia karena saya baru bisa meraih perunggu pada 2017, 2018, dan 2019," kata juara Asian Games 2018 ini.

Kapolri Gowes Bareng Atlet Sepeda SEA Games di Senayan

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit gowes bareng atlet sepeda SEA Games di Senayan. Jenderal Sigit selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) sekaligus memberikan apresiasi terkait kemenangan yang didapat para atlet di SEA Games 2021.

Pantauan detikcom Minggu (29/5) pukul 7.00 WIB, terlihat para atlet sudah berkumpul di depan Stadion Istora, Gelora Bung Karno. Termasuk Jenderal Sigit yang mengenakan jersey sepeda berwarna merah putih bertuliskan Indonesia.

Kapolri Gowes Bareng Atlet Sepeda SEA Games di SenayanKapolri Gowes Bareng Atlet Sepeda SEA Games di Senayan (Foto: Hanafi/detikcom)

Kegiatan ini berlangsung dengan start dan finish di Hutan Kota By Plataran, Area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dengan rute menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Pukul 7.40 WIB, rombongan Kapolri serta para atlet pun sudah berada di titik finish. Rombongan kemudian memasuki kawasan Plataran, Hutan Kota, Gelora Bung Karno.
Kapolri Gowes Bareng Atlet Sepeda SEA Games di SenayanKapolri Gowes Bareng Atlet Sepeda SEA Games di Senayan (Foto: Hanafi/detikcom)

Listyo lalu menyalami para kontingen sepeda Indonesia yang berlaga di Sea Games 2021. Dia memberikan kalung bunga kepada masing-masing atlet.

"Saya ucapkan selamat kepada para atlet yang telah berjuang keras di SEA Games. Capaian di SEA Games ini bisa menjadi motivasi untuk event-event sepeda ke depan," ujar Listyo Sigit dalam sambutannya usai gowes bersama para atlet.

Untuk diketahui, pada SEA Games Vietnam, tim balap sepeda Indonesia meraih kesuksesan dengan membawa pulang tiga medali emas, empat perak, dan satu perunggu.

Pencapaian ini meningkat dari SEA Games Filipina pada 2019 dengan satu emas, empat perak, dan dua perunggu.

Adapun tiga emas di Vietnam masing-masing diraih Tiara Andini Prastika (Downhill putri), Zaenal Fanani (Cross Country Olympic/XCO putra), dan Ayustina Delia Priatna (Individual Time Trial/ITT putri).

Sementara perak, dua di antara diraih Aiman Cahyadi pada nomor ITT dan Individual Road Race (IRR) putra. Sisanya oleh Andy Prayoga (Downhill putra) dan Ihza Muhammad (XCO putra). Kemudian perunggu diraih Ayustina Delia Priatna yang turun pada nomor IRR.

 

Ketum PB ISSI Berikan Tali Asih bagi Peraih Medali SEA Games 2021

Jakarta - Kiprah Tiara Andini Prastika cs di SEA Games 2021 mendapat apresiasi khusus dari Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Ketum PB ISSI) Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Acara apresiasi itu dilakukan di Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno, Minggu (29/5/2022). Setelah melakukan parade kemenangan bersama kontingen sepeda Indonesia, Ketum PB ISSI Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan langsung tali asih kepada seluruh peraih medali SEA Games 2021.

Pemberian tali asih sendiri diberikan secara langsung oleh Kapolri kepada Tiara dkk. Adapun peraih medali emas mendapatkan Rp 300 juta, sedangkan medali perak mendapat Rp 200 juta, dan medali perunggu Rp 100 juta.

Tak cuma itu, Listyo Sigit Prabowo juga memberikan penghargaan bagi para atlet yang tampil di SEA Games, termasuk 24 ofisial SEA Games, serta tujuh legenda balap sepeda.

"Sangat bangga kepada seluruh atlet yang telah berjuang keras selama setahun terakhir dalam kondisi pandemi," kata Listyo.

"Alhamdullilah bahwa kali ini bisa mendapatkan prestasi. Adik-adik kita dari yang awalnya meraih 5 medali kali ini mendapat 8 medali. Pencapaian emasnya juga lebih dri 2019. Jadi selamat buat semuanya," dia mengungkapkan.

Listyo lantas berharap dalam event selanjutnya, para atlet bisa terus berprestasi pada ajang yang lebih tinggi seperti Asian Games dan Olimpiade 2024 di Paris.

"Pertama tentunya ada event internasional yang akan kita hadapi di level regional. Harapan kami bisa lebih berprestasi di Asian Games dan olimpiade," ujarnya.

"Tentu ini jadi PR (Pekerjaan Rumah) bagi kita semua. Minimal kita harus lebih baik dari tahun sebelumnya."

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Ketum PB ISSI) Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi tali asih kepada kepada seluruh peraih medali SEA Games 2021, para atlet yang tampil di SEA Games, termasuk 24 ofisial SEA Games, serta tujuh legenda balap sepeda.Ketum PB ISSI Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi tali asih kepada kepada seluruh peraih medali SEA Games 2021. Ia juga memberi penghargaan buat para atlet yang tampil di SEA Games, termasuk 24 ofisial SEA Games, serta tujuh legenda balap sepeda. Foto: Mercy Raya/detikcom

"Seberapa kita meraih medali, kemenangan, tentunya ini yang terus kami dorong, dan persiapkan atlet kita agar itu bisa diwujudkan dan dapat mengibarkan Merah Putih di event-event internasional. Tentu ini butuh dukungan masyarakat semua dan kami yakin," imbuhnya menuturkan.

Balap sepeda Indonesia di SEA Games 2021 tiga medali emas, empat medali perak, dan satu medali perunggu. Ketiga emas itu dipersembahkan Zaenal Fanani di nomor men's cross country, Tiara Andini Prastika di nomor women's downhill, Ayustina Della Priatna women's time trial.

Jumlah itu meningkat dibandingkan gelaran sebelumnya. Di SEA Games 2019, cabor sepeda Indonesia mendapatkan satu emas, empat perak, dan dua perunggu.

Kapolri Ajak Warga Budayakan Bersepeda, Bicara Dampak Baik ke Lingkungan

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak masyarakat untuk membudayakan kegiatan bersepeda. Sebab, menurut Listyo, bersepeda menjadi salah satu budaya sehat yang banyak memberikan manfaat.

"Jadi saya kira budaya sehat, budaya sepeda ini. Saat ini sudah jadi tuntutan bagi kita semua," kata Listyo di Platran Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).

Listyo Sigit mengungkapkan, selain dapat bermanfaat bagi kesehatan, bersepeda dapat menjadi langkah alternatif dalam menghemat konsumsi BBM. Dia mencontohkan penggunaan sepeda bike to work atau bersepeda ke kantor.

"Jadi kalo kemudian budaya bersepeda ini kemudian dibiasakan, menjadi satu kegiatan untuk dari rumah ke kantor, dengan bersepeda saya kira hal yang positif, beban kita terhadap penggunaan BBM menjadi jauh berkurang," ujarnya.

Tidak hanya itu, Kapolri juga menyinggung tentang dampak baik bersepeda bagi lingkungan. Menurut Listyo, dengan bersepeda kita dapat mewariskan hal yang baik di masa yang akan datang.

"Di satu sisi, dampaknya terhadap lingkungan juga sangat bagus. Dan ini tentunya kita wariskan hal yang baik untuk generasi di masa mendatang, untuk bumi kita yang lebih baik," ucap Listyo.

Listyo menyebut budaya rutin bersepeda banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Khususnya untuk mempersiapkan calon atlet sepeda yang mendulang prestasi.

"Di samping kita bisa menjaga stamina, kebugaran, di satu sisi juga kemudian ini menjadi budaya dan banyak hal yang bisa kita dapat dari kegiatan ini. Kita bisa mempersiapkan atlet yang berprestasi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit pagi ini bersepeda bersama sejumlah atlet sepeda Sea Games di GBK. Jenderal Sigit selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) memberikan apresiasi atas raihan medali yang didapat para atlet sepeda pada SEA Games 2021.

Pantauan detikcom, Minggu (29/5/2022), pukul 07.00 WIB, terlihat para atlet sudah bersiap di depan Stadion Gelora Bung Karno. Jendral Listyo tampak mengenakan jersey sepeda berwarna merah putih bertuliskan 'Indonesia".

Para rombongan terlihat start dari kawasan Hutan Kota Plataran GBK. Kapolri dan para atlet setelah itu akan mengitari kawasan Bundaran HI.

Pada pukul 07.40 WIB, rombongan Kapolri serta para atlet pun sudah kembali ke titik finis. Setelah itu, Listyo tampak bersalaman dengan para kontingen sepeda Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021. Dia memberikan kalung bunga kepada tiap atlet.

"Saya ucapkan selamat kepada para atlet yang telah berjuang keras di SEA Games. Capaian di SEA Games ini bisa menjadi motivasi untuk event-event sepeda ke depan," ujar Listyo Sigit dalam sambutannya seusai gowes bersama para atlet.

Untuk diketahui, pada SEA Games Vietnam, tim balap sepeda Indonesia meraih kesuksesan dengan membawa pulang tiga medali emas, empat perak, dan satu perunggu.

Pencapaian ini meningkat dari SEA Games Filipina pada 2019 dengan satu emas, empat perak, dan dua perunggu.
 

29 May 2022

Polsek Pandak Laksanakan Pengamanan Jalur Simpatisan Parpol

Anggota Polsek Pandak yang dipimpin Kapolsek Pandak AKP Hanung Tri Widayanto, S.H.,M.Si melaksanakan pengamanan jalur simpatisan salah satu parpol di wilayah Kapanewon Pandak , Minggu (29/05/2022) jam 07.00 WIB.

Sebelum melaksanakan pengamanan jalur kegiatan simpatisan, Kapolsek Pandak AKP Hanung Tri Widayanto,S.H.,M.Si bersama Anggota melaksanakan apel persiapan pengamanan.

Dalam arahannya Kapolsek menjelaskan mengenai sistem pengamanan bahwa setiap anggota akan diploting di tempat ramai kegiatan masyarakat, sehingga perlu adanya kehadiran Polisi untuk melaksanakan pengaturan lalulintas dan pengamanan jalur simpatisan yang akan menuju ke acara syawalan di Amongrogo Yogyakarta.

Kapolsek juga berpesan agar setiap anggota melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab dan laksanakan pengamanan dengan humanis jangan sampai arogan. Dan yang terakhir kapolsek berpesan agar tetap jaga keamanan diri dan rekan kerja.

Setelah melaksanakan apel setiap anggota bergeser menuju ke tempat Ploting yang telah ditentukan untuk melaksanakan pengamanan jalur. (Polsek Pandak)
 

Polsek Pandak Laksanakan Patroli Malam Hari Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Personel Polsek Pandak yang dipimpin KSPK Aiptu Herry M melaksanakan Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan kejahatan jalanan malam hari di wilayah hukum Kapanewon Pandak, Bantul, Sabtu (28/05/2022) jam 23.00 WIB.

Kegiatan Patroli yang dilaksanakan oleh Anggota Polsek Pandak ini merupakan langkah antisipasi terhadap aksi Premanisme, Kejahatan jalanan serta gangguan kamtibmas lainnya yang dapat meresahkan masyarakat. Dimana akhir-akhir ini sangat marak kejahatan jalanan atau klitih.

Diharapkan dengan hadirnya Anggota Polri di tengah-tengah Masyarakat ini dapat membuat masyarakat merasa tenang dan nyaman dalam beraktifitas di malam hari selain itu juga dapat menekan kejahatan jalanan seperti balap liar dan klitih.

Selain melaksanakan antisipasi kejahatan jalanan dalam kegiatan tersebut juga memberikan Pesan-pesan Kamtibmas kepada keamanan di Perbankan dan perkantoran yang ada diwilayah hukum Polsek Pandak. Dalam himbauannya KSPK Aiptu Herry M menekankan agar penjaga malam di setiap kantor Instansi, Sekolahan, perbankan dan rumah sakit melaksanakan pengecekan rutin setiap ruangan dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Polsek Pandak. Selain itu juga disampaikan pesan pesan kamtibmas  dan himbauan kepada warga masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan selalu memakai masker setiap keluar rumah dan menjaga jarak atau social distance untuk mencegah penyebaran covid-19. (Polsek Pandak)
 

Polsek Sewon Laksanakan Pengamanan Jalur Simpatisan Salah Satu Parpol

Kapolsek Sewon Komisaris Polisi Suyanto SH memimpin langsung pelaksanaan pengamanan jalur maupun titik kumpul simpatisan salah satu parpol, Minggu (29/05/2022).

Diawali dengan apel kesiapan personel di halaman Mako Polsek yang diambil oleh Kapolsek, dan diikuti oleh personel Polsek, dilanjutkan dengan arahan dimana pada kesempatan ini Kapolsek  menekankan kepada seluruh personel yang melaksanakan pengamanan untuk bekerja profesional, dengan mengedepankan sikap humanis kepada warga, dan tetap waspada, serta menjaga keselamatan warga dan rekan selama menjalankan tugas.

Kapolsek juga menyampaikan ada beberapa titik kumpul simpatisan di wilayah Sewon, dan Sewon merupakan jalur utama simpatisan menuju Yogyakarta.

Kapolsek juga menambahkan, sekembalinya simpatisan dari kegiatan diwilayah Yogyakarta, personel yang terploting di lapangan agar memfokuskan di daerah rawan gesekan.

"Semoga situasi wilayah hukum Polsek Sewon, situasi dalam keadaan aman dan terkendali," tutup Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)
 

Polsek Kretek Gelar Apel Persiapan Pengamanan Syawalan Salah Satu Parpol

Kapolsek Kretek Komisaris Polisi Yosephine Iswantari,S.Psi diwakili Kanit Reskrim Polsek Kretek AKP Jumadi SH, bertempat di Pos Subsektor Angkruksari mepimpin giat apel kesiapan pengamanan antisipasi syawalan keluarga besar salah satu parpol Kota Yogyakarta dan Syawalan Laskar parpol tersebut di Gedung pertemuan Amongrogo Yogyakarta, Minggu (29/05/2022).

Disamping pengamanan jalur yang dilintasi simpatisan, personel Polsek Kretek juga memberikan himbauan pada simpatisan agar tertib berlalu lintas serta tidak membawa sajam dan tidak membawa ataupun mengonsumsi minuman keras.

Tidak lupa juga personel Polsek Kretek selalu mengingatkan agar simpatisan tetap menaati prokes dengan menggunakan masker.

Dengan adanya kegiatan pengamanan tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat yang menggunakan jalan umum serta kegiatan simpatisan dapat berjalan lancar dan kondusif khususnya di Kapanewon Kretek maupun Jogja pada umumnya. (Humas Polsek Kretek)
 

Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif, Polsek Kasihan Laksanakan Mid Night Patrol

Guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan mencegah terjadinya aksi kejahatan jalanan, anggota Polsek Kasihan, Polres Bantul secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan patroli gabungan fungsi Mid Night Patrol di wilayah hukum Polsek Kasihan, Polres Bantul.

Seperti malam ini, Sabtu (29/05/2022) tengah malam, Kegiatan patroli gabungan fungsi blue light dimulai pada pukul 12.00 wib yang dipimpin langsung oleh Panit Samapta Polsek Kasihan Ipda Sigit Budi H dengan menyasar sepanjang jalan raya utama, daerah-daerah rawan terjadinya aksi kejahatan, wilayah-wilayah perbatasan dan beberapa objek vital seperti perkantoran, puskesmas dan pertokoan.

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho W, SH , menuturkan bahwa kegiatan Mid Night Patrol tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan anggota Polsek Kasihan dalam rangka cipta kondisi kamtibmas di malam hari terutama menjelang subuh, dan merupakan patroli gabungan dari fungsi Lalu Lintas, Sabhara, Intel maupun Reskrim.

“Kegiatan patroli gabungan fungsi dilaksanakan setiap hari oleh anggota yang piket pada hari itu secara bergantian untuk mencegah aksi kejahatan dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di malam hari sebagai bentuk pelayanan keamanan untuk masyarakat,” jelas Kapolsek.

“ Dalam melaksanakan patroli personil juga melakukan kegiatan sambang ke beberapa objek vital dan menyasar sepanjang jalan raya utama di wilayah hukum Polsek Kasihan, kegiatan patroli juga dilakukan ke beberapa titik yang dianggap sebagai rawan terjadinya aksi kejahatan,” imbuh Kapolsek.

Sementara itu Ipda Sigit Budi H mengungkapkan secara umum Pagi ini situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kasihan sangat kondusif, tidak ada aktivitas masyarakat di pagi dinihari yang dapat mengganggu keamanan kamtibmas secara menyeluruh.
 

Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Sedayu Gelar Blue Light Patrol

Sebagai Pawas hari ini AKP Agus Tapriatin bersama dengan PersonelUnit Samapta Polsek Sedayu melaksanakan patroli  KRYD (Blue Light Patrol) dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas seperti curas, curat, curanmor dan kejahatan jalanan di wilayah Sedayu, Sabtu (28/05/2022) malam.

Kegiatan tersebut secara rutin telah dilakukan oleh jajaran Polsek Sedayu pada jam-jam rawan kejahatan yang sudah ditentukan dengan sasaran pantauan jalanan umum, objek vital, sekolahan, perkantoran, tempat ibadah, perumahan dan pemukiman warga di seputaran wilayah Sedayu.

Patroli di laksanakan dengan CB Patrol Mobile, hunting dan statis menggunakan kendaraan roda 4 (empat) lampu rotator menyala serta menyambangi security yang sedang melaksanakan penjagaan obvit atau jaga malam dengan menyampaikan himbauan kamtibmas untuk meningkatkan kewaspadaan di lingkungan sekitar dan segera memberikan informasi kepada Kepolisian bila melihat tindak kejahatan atau sesuatu yang mencurigakan.

Pada saat patroli apabila menemukan adanya kelompok pemuda yang bergerombol di luar batas jam malam dan atau menjumpai seseorang yang di curigai akan melakukan tindak kejahatan maka petugas patroli akan akan melakukan pemeriksaan, baik identitas diri dan surat kelengkapan kendaraan, apabila tidak di temukan pelanggaran maka di himbau untuk segera pulang ke rumah masing-masing.

Sebagai Pelindung Pengayom dan Pelayan masyarakat, personil Polsek Sedayu akan terus secara berkelanjutan melaksanakan patroli untuk menciptakan situasi kamtibmas wilayah Sedayu dalam keadaan aman dan kondusif namun dengan tetap mengedepankan pola-pola humanis dan berpedoman pada SOP serta ketentuan hukum yang berlaku.  (Humas Polsek Sedayu)
 

Kasubbid Penmas Bidhumas Polda DIY bersama Kasat Binmas Polres Bantul Hadiri Syawalan Bersama PT Yogyapos Meriatama

Kasubbid Penmas Bidhumas Polda DIY AKBP Verena bersama Kasat Binmas Polres Bantul AKP Antu Nugrahanto menghadiri Syawalan Bersama PT Yogyapos Meriatama di Kantor Redaksi PT Yogyapos Meriatama.Jalan Pramuka No.10 Klodran Bantul, Sabtu (28/5/2022) malam.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bantul Bapak Joko Purnomo, Kepala Dinas Kominfo Kab.Bantul Bapak Munzai, Forum Pewarta Bantul serta undangan lainnya.

Kegiatan syawalan ini bertujuan untuk saling memaafkan antara insan pers dan instansi.Bapak Wakil Bupati mengajak kepada insan pers untuk bersinergi dengan baik kepada pemerintah dan memberikan berita yang membangun sebagai penyeimbang.

Dan dalam kesempatannya, AKBP Verena juga mengingatkan hadirin untuk mewaspadai paham intoleransi.
 

Kapolres Bantul Hadiri Puncak Pekan Pendidikan Seni dan Budaya

Kapolres Bantul AKBP Ihsan S.I.K menghadiri  Puncak Pekan Pendidikan Seni dan Budaya bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Sabtu (28/5/2022) malam.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka dalam rangka menyambut Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Direktur Pembina SMK,Kemendikbud RI Dr. Ir. Bakrun Dahlan, MM, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Ketua PDM Bantul Drs. H. Sahari,M.Pd serta tamu undangan lainnya.

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul kami turut mengayuh bagyo bersyukur dan bergembira atas kegiatan-kegiatan yang positif yang selama ini terus dikembangkan oleh Muhammadiyah dalam rangka memberikan hikmah dan layanan kepada umat dan Rakyat Kabupaten Bantul.

Pemerintah Kabupaten Bantul juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya mudah-mudahan hikmah dan layanan Muhammadiyah ini dapat terus dikembangkan sehingga Bantul menjadi kabupaten yang makmur, yang damai, yang harmonis.

“Saya berdoa mudah-mudahan Muhammadiyah akan sukses lancar dapat menghasilkan program yang bermanfaat tidak hanya untuk Muhammadiyah tetapi untuk bangsa dan negara Republik Indonesia,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit oleh dalang Prof. Dr. Ki Kasidi Hadi Prayitno, M. Hum dengan lakon Semar Mbangun Khayangan.
 

28 May 2022

TNI-Polri dan Kemenkes Gelar Baksos Kesehatan di Banten

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerja sama dengan TNI, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan satuan tugas lain terdiri dari tenaga medis, paramedis dan non medis melaksanakan bakti sosial (baksos) kesehatan di Banten.

Kegiatan bakti sosial kesehatan dilakukan rangka peringatan Haul ke-129 Guru Bangsa Syekh Nawawi Al-Bantani dan juga dalam rangka rangkaian HUT Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

"Telah dilaksanakan kegiatan bakti sosial kesehatan dalam rangka peringatan Haul ke-129 Guru Bangsa Syekh Nawawi Al-Bantani dan dalam rangka rangkaian HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, (28/5/2022).

Dedi memuturkan, target kegiatan ini adalah sebanyak 1.000 orang mengikuti vaksinasi booster dengan menggunakan vaksin Pfizer, pengobatan umum, spesialis anak dan penyakit dalam.

"Dilakukan juga pembagian sembako dari Kapolda Banten terutama untuk masyarakat yang ada di sekitar Ponpes Tanara," ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin dan Ibu Hj Wury Ma'ruf Amin. Menurut Ma'ruf Amin, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan sinergitas antara TNI-Polri dan Kemenkes terkait penanggulangan pandemi Covid-19 yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Diharapkan dukungan dari masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga diri, menjaga lingkungannya, sehingga kita bisa melewati fase pandemi dengan baik," katanya.

Saat ini untuk vaksinasi booster di Provinsi Banten per tanggal 26 Mei 2022 sudah hampir tercapai 24 persen. Partisipasi masyarakat, kata Dedi sangat dibutuhkan guna meningkatkan percepatan vaksinasi.

Dedi menambahkan semua pelayanan ini diberikan agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, dan mengunggah keinginan masyarakat untuk secara mandiri melaksanakan vaksinasi booster.

"Saat ini pelayanan vaksinasi booster juga sudah mulai diberikan kepada masyarakat seperti TKI, TKW dan juga kegiatan lain seperti keberangkatan ibadah haji dan umrah," katanya.

Kapolres Bantul Hadiri Acara Refleksi dan Doa Bersama 16 Tahun Gempa Bumi

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK bersama jajaran Forkopimda Bantul menghadiri acara refleksi dan doa bersama 16 tahun gempa bumi yang  digelar di Bangsal Rumas Dinas Bupati Bantul, Jumat (27/5/2022) pagi.

Genap 16 tahun lalu gempa bumi mengguncang DIY dan sekitarnya. Episentrum gempa berkekuatan 5,9 skala richter tersebut berada di Kapanewon Pundong, Bantul. untuk mengenang peristiwa itu, Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan refleksi dan doa bersama.

Agus Yuli, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul melaporkan bahwa Bangsal Rumah Dinas dipilih karena lokasi tersebut bersejarah. Sesaat setelah gempa, Bangsa Rumah Dinas menjadi tempat para pemangku kepentingan berkumpul dan merumuskan strategi penanganan awal pasca bencana.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dalam sambutannya mengajak seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat dapat memetik pelajaran dari peristiwa bersejarah tersebut.

“Manusia, para ahli pun tidak pernah bisa memprediksi kapan bencana akan terjadi, oleh karenanya ada beberapa hal yang perlu dicatat,” terang Halim.

Meningkatkan pengetahuan dan teknologi kebencanaan adalah sebuah tanggungjawab, membangun budaya mitigasi bencana dan kesiap siagaan di lingkungan masyarakat, serta meningkatkan tawakal atau spiritualitas, demikian lanjut Halim.

Sementara itu, hikmah dari bencana yang terjadi 16 tahun silam di Bantul ternyata mampu membentuk budaya solidaritas sosial yang tinggi di tengah masyarakat. Dirinya berharap budaya ini terus dapat lestari di masyarakat.

Panit Binmas Polsek Sedayu Hadiri Sosialisasi Tahapan Pemilihan Lurah dan Pembentukan PPDP Kalurahan Argomulyo

Panit Binmas Polsek Sedayu Aiptu Mujiyono SH menghadiri kegiatan sosialisasi tahapan Pemilihan Lurah dan pembentukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) di Aula Kalurahan Argomulyo, Sedayu, Bantul, Jumat (27/5/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Panitia  Pemilihan Lurah Argomulyo periode 2022-2028.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Panewu Sedayu Anton Yulianto AP M.Ip, Danramil Sedayu Kapten Chb Sarmin, Ketua Pemilihan Lurah periode 2022-2028 Roni Rahmawan, perwakilan Panitia Pemilihan Lurah Adi Sudjarwadi, serta Ketua Bamuskal Argomulyo Bakri.

Adapun kegiatan ini sebagai langkah awal untuk mensosialisasikan bahwa Kalurahan Argomulyo akan mempunyai hajatan besar yaitu pesta demokrasi Pemilihan Lurah yang sesuai jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2022 mendatang.

Panewu Sedayu mengatakan bahwa masa jabatan Lurah Argomulyo akan berakhir pada bulan November 2022. Untuk itu, panitia yang sudah dibentuk agar mensosialisasikan kepada masyarakat Kalurahan Argomulyo terkait pemilihan Lurah tersebut. (Humas Polsek Sedayu)