Polsek Srandakan Amankan Kirab Budaya Bakda Mangiran

Posted by tribratanewsbantul on 09:46

Personel Pospam Srandakan melaksanakan giat Patroli dan pengamanan serta pantauan Kirab Budaya dalam rangka Rangkaian Adat Tradisi Bakda Mangiran, Rabu (4/5/2022).

Hadir pada giat tersebut AKP Sutrisno SH MH Kanit Reskrim, AIPTU Didik. R Kasihumas, BRIPKA Eko. R Bhabinkamtibmas, AIPDA Tri. H Banit Reskrim, AIPDA Sumardikun Banit Lantas, AIPDA Rustam. H Banit Lantas, AIPDA Guntoro. J SH Banit Provost, AIPDA Joko. W Banit Lantas, BRIPKA Edi. I Banit Samapta serta BRIPKA Aditiya BL Banit Lantas

Upacara Adat Tradisi Bakda Mangiran merupakan suatu akar budaya yang ada di Desa Trimurti, Srandakan, Bantul, yang berawal ketika Bekel Atmorejo melakukan tahlilan dan shalawatan yang bertepatan pada tanggal 1 Syawal.

Dalam prosesi tersebut banyak atensi masyarakat untuk melihatnya. Karena atensi masyarakat yang besar maka muncullah gagasan dari salah satu pembantu bekel yang bernama Karyodimejo untuk memunculkan kesenian ledek. Seiring perkembangan jaman, ditampilkan beberapa kesenian untuk menyemarakkan Bakda Mangiran. (Humas Polsek Srandakan)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:46

0 komentar:

CB