30 June 2022

Kelompok Khilafatul Muslimin Surabaya Raya Deklarasi Setia pada Pancasila dan NKRI

Khilafatul Muslimin adalah sebuah organisasi keagamaan Indonesia yang mengusung ideologi khilafah. Organisasi tersebut didirikan oleh Abdul Qadir Baraja pada 1997 dan berpusat di Lampung. Kali ini di Jawa Timur khususnya di Surabaya Raya, organisasi tersebut telah mendeklarasikan untuk setia kepada Pancasila dan NKRI.

Forkopimda Jawa Timur Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, asisten 1 setdaprov jatim Benny Sampirwanto yang mewakili Gubernur jatim, Forkopimda Kota Surabaya, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jatim, serta Tokoh agama dan tokoh masyarakat, Kamis (30/6/2022) di Gedung Balai Pemuda Surabaya, menyaksikan organisasi Khilafatul Muslimin sebanyak 52 orang melakukan deklarasi kebangsaan, Khilafatul Muslimin Surabaya Raya Setia Kepada Pancasila dan NKRI.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengatakan. Deklarasi ini mudah mudahan bisa membawa hal positif bagi saudara-saudara yang lain, bahwa musyawarah mufakat dan gotong royong yang telah dilakukan oleh pendiri bangsa kita yang disepakati bahwa Pancasila dan undang-undang dasar 1945 sebagai filosofi dasar negara kita ini menjadi pegangan kita.

"Sekarang ini adalah waktunya gotong royong, karena musyawarah mufakat sudah dilakukan, jadi kita gotong royong mari mengisi masing-masing dengan komponen yang ada, dengan semua sumberdaya yang dimiliki untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur," papar Kapolda Jatim.

Lebih lanjut, Kapolda Jatim menjelaskan, Perbedaan-perbedaan yang ada itu sudah dibungkus dengan nama Pancasila dan dibawahnya yang diikat oleh pita dengan bertuliskan Bhineka Tunggal Ika itu adalah hal yang sudah disepakati oleh seluruh bangsa kita, termasuk Khilafatul Muslimin yang sudah menyepakati juga bahwa Pancasila menjadi bagian dasar dari mereka juga.

"Mudah-mudahan kedepan gotong royong yang kita laksanakan bisa membawa hal yang lebih baik untuk bangsa dan negara ini, khususnya di Jawa Timur dan Surabaya," Jelasnya dihadapan awak media.

Pangdam V/Brawijaya mengatakan mengapresisi terkait kegiatan Deklarasi Kebangsaan Khilafatul Muslimin Surabaya Raya dilaksanakan dengan penuh rasa kesadaran dan keikhlasan, hal tersebut merupakan wujud dari keutuhan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Selanjutnya diharapkan kepada warga Jatim agar tetap kompak dan menjaga keutuhan NKRI.

Sementara itu Asisten I Setda Prov. Jatim menyatakan bahwa acara Deklarasi Kebangsaan Khilafatul Muslimin Surabaya Raya ini merupakan proses pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga dan mencintai Pancasila dan Bhineka Tunggal ika, kedepan diharapkan khilafatul Muslimin Surabaya Raya dapat konsisten dengan janji yang sudah diucapkan. Selanjutnya dalam menghadapi tantangan kedepan kita perlu bersama-sama dan berkolaborasi untuk menjaga keutuhan NKRI.

Kanit Bhabinkamtibmas Satbinmas Polres Bantul Hadiri Pengajian di Ponpes Hidayatul Mubtadi-ien

Kasat Binmas Polres Bantul yang diwakili Kanit Bhabinkamtibmas Ipda Sudarmanto menghadiri acara tasyakuran dan pengajian dalam rangka Hafflah Akhirussanah Madrasah di Ponpes Hidayatul Mubtadi-ien Tajeman Palbapang Bantul, Selasa (28/6/2022) pukul 20.00 WIB.

Hadir di antaranya Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP, Lurah Palbapang H. Sukirman SH, Pengasuh Ponpes Hidayatul Mubtadi-ien Muh.Akhid Yasin, Ketua Yayasan Muhammad Idris Sobihan Ahmad, Ketua dan Pengurus NU Bantul, Santri Madrasah dan Orangtua santri, Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Aipda Gunawan dan Babinsa, serta para jamaah pengajian.

Acara diawali dengan pembukaan dan penampilan wayang treatikal. Kemudian pembacaan tahlil dan dilanjutkan tausiyah yang disampaikan oleh KH. Ali Qoishor dari Watucongol, Magelang, Jawa Tengah. (Humas Polres Bantul)

Polsek Kasihan Gelar Vaksinasi Massal Hari Bhayangkara Ke-76

Polsek Kasihan menggelar kegiatan vaksinasi massal dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-76 di Gedung Maducandya, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Kamis (30/6/2022).

Kegiatan vaksinasi dosis 1, 2 dan 3 (booster) ini dihadiri oleh Kasi Dokkes Polres Bantul Ida Wahyuningsih A.Md Kep dan Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif Wibowo SH.

Pada kegiatan vaksinasi tersebut disediakan doorprize bagi 100 peserta pertama, yakni berupa 1 liter minyak goreng.

Sementara itu, jumlah peserta yang hadir sebanyak 348 orang dengan jumlah tervaksin 337 orang dan tunda vaksin sebanyak 11 orang. (Humas Polres Bantul)

Bersama Puskesmas, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Laksanakan Penyuluhan Cegah Stunting

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi,SH melaksanakan kegiatan penyuluhan cegah stunting bersama-sama dengan Puskesmas 1 Bantul, Bidan Desa dan Lurah Kalurahan Trirenggo Bantul bertempat di Aula Pedukuhan Karangmojo Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul, Rabu (29/06/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi,SH memberikan himbauan, agar Ibu-Ibu tetap semangat mengikuti giat Posyandu dan selalu memperhatikan pekembangan kesehatan anak sejak usia dini serta berikan makanan bergizi seimbang agar kedepan, anak tumbuh dengan sehat.

Kegiatan ini sebagai upaya pencegahan secara dini pada balita yang ada wilayah Kalurahan Trirenggo agar terhindar dari stunting, karena balita saat ini merupakan generasi penerus bangsa sehingga harus diperhatikan gizi dan kesehatannya.

Untuk memantau perkembangan balita, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo membersamai bidan desa setempat berserta ibu-ibu PKK, mengadakan kegiatan posyandu setiap bulannya. (Humas Polsek Bantul)
 

Polsek Sewon dan Koramil Sewon Latih Paskibra Tingkat Kapanewon Sewon

Dalam rangka menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77, anggota Polsek Sewon bersama Koramil Sewon melatih siswa-siswi tingkat SMA yang dipersiapkan sebagai Paskibra Kapanewon Sewon, Kamis (30/6/2022).

Kegiatan latihan dilaksanakan di Lapangan Timbulharjo, Sewon, Bantul.

Adapun materi latihan yakni berupa peraturan dasar baris berbaris, agar tercipta kesamaan gerak, kemudian baru menginjak taraf berikutnya yaitu teknik pengibaran bendera dan penurunan bendera.

Selain itu, pelatih pun harus memperhatikan sikap dan kedisiplinan serta semangat dan memupuk rasa nasionalisme para Paskibra. Sebab, hal itu berpengaruh pada tingkat keberhasilan latihan yang dilakukan.

Kanit Intelkam Polsek Sewon, AKP Jumardiyono selaku ketua tim pelatih menegaskan, bahwa anggota Paskibra yang terpilih tentunya merupakan sebuah kebanggan. Oleh karena itu, hendaknya para siswa bisa berlatih dengan sungguh-sungguh. (Humas Polsek Sewon)

Blue Light Patrol Polsek Sewon, Jaga Kamtibmas Yang Kondusif

Untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan mencegah terjadinya aksi kejahatan jalanan, anggota Polsek Sewon secara rutin melaksanakan blue light patrol di wilayah hukum Polsek Sewon.

Seperti yang dilaksanakan pada Kamis (30/6/2022) dini hari tadi. Kegiatan patroli yang melibatkan seluruh fungsi itu dipimpin oleh Panit Samapta Polsek Sewon, Ipda Bambang Sugeng.

Adapun sasarannya adalah tempat-tempat yang dianggap rawan kriminalitas, wilayah perbatasan dan beberapa objek vital seperti perkantoran, perbankan dan pertokoan.

Menurut Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH bahwa kegiatan blue light patrol tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Polsek Sewon dalam rangka cipta kondisi.

“Kegiatan patroli tersebut dilaksanakan setiap hari oleh anggota piket gabungan fungsi, tujuannya untuk mencegah aksi kejahatan dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat,” kata Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)

Sambangi Pos Security Kampus Poltekkes Ummu Khasanah Bantul, Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Sampaikan Himbauan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang ditugaskan ditingkat desa yang bertugas mengemban tugas Polmas memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat.

Untuk itu Bhabinkamtibmas Polsek Bantul untuk Kalurahan Bantul Kapanewon Bantul Aipda Agus Bandiyanto melaksanakan sambang ke Pos Security kampus Poltekes Ummi Khasanah Bantul, dan pada kesempatan sambangnya Aipda Agus Bandianto menemui Petugas jaga dengan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, Rabu (29/06/2022).

Bhabinkamtibmas Agus juga  menambahkan, agar melaporkan bila terjadi gangguan kamtibmas atau tindak kriminal dilingkungan kampus. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Sedayu Pimpin Upacara Pemakaman Purnawirawan Polri, AKBP ( Purn ) Gandung Suhartono

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S. Pd, MH, memimpin upacara persemayaman dan pemakaman jenazah AKBP ( Purn ) Gandung Suhartono di kediaman almarhum Dusun Klangon Argosari Sedayu Bantul, Rabu (29/06/2022) siang.

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai inspektur upacara Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S. Pd, MH, dan komandan upacara Panit Reskrim Polsek Sedayu Ipda Dwi Hermawan.

Upacara pemakaman berlangsung hitmat dilakukan secara kedinasan Kepolisian Republik Indonesia setelah adanya penyerahan jenazah dari pihak ahli waris keluarga almarhum kepada pihak kepolisian.
 
Dalam sambutannya Kapolsek Sedayu menyampaikan atas nama Polri turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya dan semoga Allah SWT mengampuni segala dosa kesalahanya semasa hidupnya dan keluarga yang di tinggalkan senantiasa di beri kesabaran serta ketabahan.

Kapolsek Sedayu juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah hadir dan turut membantu keluarga almarhum. (Humas Polsek Sedayu)
 

Kasat Binmas Polres Bantul Hadiri Vaksinasi Perdana Bagi Hewan Ternak

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Antu Nugrahanto mengahdiri vaksinasi perdana bagi hewan ternak di Kelompok Ternak Pandan Mulyo, Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Rabu (29/6/2022).

Vaksinasi ini diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul guna mengantisipasi terjadinya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distangan) Bantul Joko Waluyo mengatakan Bantul sementara ini baru mendapatkan jatah vaksinasi PMK 300 dosis. Ini segera akan disuntikkan ke hewan ternak yang tersebar di 6 Kapanewon di Bantul Barat yang sejauh ini masih aman dari wabah PMK.

"Kita mendapatkan alokasi vaksinasi untuk antisipasi wabah PMK 300 dosis yang insyaallah akan kami sebar di 6 Kapanewon yang aman," katanya.

Tentunya kuota vaksinasi ini masih sangat jauh dari harapan. Karena memang pemerintah saat ini memprioritaskan sapi perah sebagai target vaksinasi perdana ini. Kendati demikian pihaknya berharap distribusi vaksin cepat direalisasikan untuk mencegah merebaknya wabah PMK untuk melindungi hewan ternak. Apalagi populasi Sapi dibantul cukup besar mencapai lebih dari 73 ribu sedangkan kambing sekitar 160 ribu.

Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo berharap dosis vaksinasi PMK di Bantul yang sementara ini baru mendapatkan 300 dosis segera ditambah. Ini karena Bantul merupakan hilir dari kegiatan jual beli hewan ternak. Terlebih Bantul ini sebagai kabupaten penyuplai daging sapi terbesar di DIY. Oleh karenanya, semakin cepat distribusi vaksinasi, makin cepat pula wabah segera tertangani.

"Kami mohon nanti untuk periode ke 2 (distribusi vaksin PMK) seandainya nanti vaksin turun. Kami mohon bantul untuk ikut diprioritaskan. Tidak hanya sapi perahnya, tetapi Bantul di prioritas karena bantul ini daerah hilir, maka sangatlah tepat kalau juga mendapat perhatian secara khusus," paparnya.
 

29 June 2022

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Hadiri Penyuluhan Pencegahan Stunting

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Sebagai seorang Bhabinkamtibmas, Aiptu Sugiyanto SH turut peduli terhadap warga binaannya terkait stunting tersebut.

Bhabinkamtibmas kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto SH berupaya mengetahui permasalahan tersebut dengan menghadiri kegiatan rembug dan penyuluhan pencegahan stanting yang digelar di Balai Kalurahan Ringinharjo, Bantul, Rabu (29/7/2022).

Dalam kegiatan tersebut disampaikan tentang pencegahan stunting dan upaya yang dilakukan agar kondisi anak berkembang dengan normal, mulai dari dalam kandungan hingga usia balita.

Aiptu Sugiyanto mengatakan, hal tersebut perlu disampaikan kepada warga agar memperhatikan pola makan dan menjaga kebersihan saat sedang hamil. (Humas Polsek Bantul)

Semarakan Hari Bhayangkara ke 76, Polres Bantul gelar Lomba Kebersihan Antar Polsek

Dalam rangka menyemarakan Hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022, Polres Bantul menggelar lomba kebersihan antar Polsek di jajarannya, Rabu (29/6/2022).

Seperti pada siang hari ini, tim penilai kebersihan Polres Bantul dipimpin AKP Sutarto SH melaksanakan penilaian di Mapolsek Piyungan.

Kedatangan tim penilai lomba kebersihan Polres Bantul diterima langsung oleh Kapolsek Piyungan Kompol Rahmad Yulianto SH MSi didampingi Kasium Iptu Padi Munawar.

Pada penilaian lomba kebersihan diprioritaskan pada kebersihan seluruh ruangan mulai dari ruang pelayanan, ruang kerja masing masing Unit, ruang Kapolsek, halaman kantor, kamar kecil dan Asrama serta lingkungan sekitarnya.

Diharapkan dengan lomba ini akan menjadi kebiasaan bagi personel dalam menjaga kebersihan di ruangan kerjanya sehingga dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat yang dapat memberikan kenyamanan baik untuk personel sendiri maupun masyarakat. (Humas Polsek Piyungan)

Jelang HUT Kemerdekaan Ri Ke-77, Anggota Polsek Sewon Latih Paskibra Kapanewon Sewon

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022, Personil Polsek Sewon dipimpin Kanit Intelkam Polsek Sewon AKP Jumardiyono melaksanakan pelatihan pasukan pengibar bendera (paskibra) Kapanewon Sewon, yang bertempat di Lapangan Kalurahan Timbulharjo, Rabu (29/06/2022) pagi.

Personil Polsek Sewon memberikan pelatihan kepada para peserta paskibra Kapanewon Sewon dengan penuh semangat yang memberikan aba aba yang tegas dan jelas guna memotifasi semangat kepada para peserta paskibra agar melakukan gerakan yang kompak.

“Dengan semangat dan ketekunan berlatih serta aba aba yang tegas dan jelas dapat memotifasi para peserta paskibra sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat membentuk mental dan fisik anggota paskibra, agar mampu menjalankan tugas dengan baik dalam melaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 di Kapanewon Sewon,” kata AKP Jumardiyono.

AKP Jumar menambahkan, para peserta paskibra Kapanewon Sewon sudah mulai berlatih perdana hari ini dan intensitasnya akan ditingkatkan menjelang hari pelaksanaan upacara nantinya. Dalam pelaksanaan pelatihan dilakukan setiap hari. Diharapkan dengan waktu latihan yang cukup panjang bisa dihasilkan paskibra yang mumpuni, yang nantinya bisa melaksanakan tugas dengan baik pada saat upacara tanggal 17 Agustus 2022 di Kapanewon Sewon. (Humas Polsek Sewon)

Beri Penghormatan ke TMP Kalibata, Kapolri Lanjutkan Semangat Pahlawan Wujudkan Indonesia Emas

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk Bangsa Indonesia.

Bentuk penghormatan kepada para pahlawan bangsa serta pendahulu personel kepolisian ini sekaligus rangkaian dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada 1 Juli 2022 nanti.

"Kegiatan kali ini merupakan bagian penghormatan kita, terhadap para pahlawan nasional yang telah berjasa pada saat memperjuangkan kemerdekaan. Dan juga banyak senior-senior yang tentunya dimakamkan di taman makam pahlawan ini," kata Sigit di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).

Mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan bahwa, prosesi ziarah ini sekaligus untuk mengenang seluruh jasa dan perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan dalam meraih kemerdekaan untuk rakyat Indonesia.

"Bagi kami spirit perjuangan beliau-beliau, kemudian, hal positif dan juga di satu sisi adalah kesempatan kami untuk berikan penghormatan dan doa bagi para pendahulu kami," ujar Sigit.

Dengan adanya penghormatan ini, Sigit menekankan, sebagai generasi penerus bangsa, semangat yang dikobarkan dan dicita-citakan oleh para pendahulu bangsa harus terus diperjuangkan untuk saat ini dan kedepannya.

Semangat itu, dikatakan eks Kapolda Banten tersebut, harus dijadikan refleksi sebagai energi positif untuk terus memberikan yang terbaik untuk bangsa, negara, masyarakat dan institusi Polri, kedepannya.

"Kami terus melanjutkan apa yang telah beliau-beliau ukir dan menjadi warisan kita, serta akan terus kita perjuangkan untuk membawa institusi Polri menjadi lebih baik. Dan juga mengawal bangsa serta negara kita untuk terus melaksanakan programnya menuju Indonesia Emas tahun 2045," ucap Sigit.

"Ini merupakan warisan yang akan terus kita berikan kepada generasi-generasi muda kita selanjutnya," tambah Sigit sekaligus mengakhiri.

Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-76, Polsek Pleret Adakan Vaksinasi Massal Berhadiah Kambing

Hari ini Polsek Pleret mengadakan kegiatan vaksinasi massal Covid-19 di dua lokasi, yakni di Puskesmas Pleret dan di Pendopo Kalurahan Wonokromo, Pleret, Bantul, Rabu (29/6/2022).

Kapolsek Pleret AKP Tukirin mengatakan, vaksianasi massal ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara yang ke-76 tahun 2022.

Diharapkan dengan kegiatan vaksinasi tersebut mampu membentuk herd immunity, khususnya bagi warga masyarakat di wilayah Kapanewon Pleret dan sekitarnya.

Disebutkan, jumlah peserta vaksinasi sebanyak 647orang. Jenis vaksin yang digunakan Astrazeneka dengan dosis 1, 2 dan 3 (Booster).

Sementara itu, untuk menarik animo masyarakat terhadap kegiatan vaksinasi tersebut, Polsek Pleret menyediakan doorprize bagi peserta vaksin berupa minyak goreng, serta hadiah utama dua ekor kambing. (Humas Polres Bantul)

Kasat Binmas Polres Bantul bersama Kapolsek Srandakan Hadiri Launching Vaksinasi PMK

Kasat Binmas AKP Antu Nugrahanto SH bersama Kapolsek Kompol Sudarsono SH Srandakan menghadiri acara launching vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) Kabupaten Bantul yang di Kandang Kelompok Ternak Pandan Mulyo, Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Rabu (29/6/2022).

Dalam acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo SE. Hadir pula Kepala Balai Besar Veteriner Wates (Jateng DIY Jatim) Drh. Hendra Wibawa, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Ir. Sugeng Purwanto MMA, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo SPt. M.Si, serta Panewu Srandakan Sarjiman S.IP ME.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo SE sangat apresiasi dengan kegiatan vaksinasi PMK tersebut yang mana hari ini Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan vaksin sebanyak 300 dosis. (Humas Polsek Srandakan)

Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polda DIY Gelar Upacara Tabur Bunga di Laut

Menjelang Hari Bhayangkara ke-76, Polda DIY, melakukan tabur bunga di laut.

Upacara tabur bunga di laut yang digelar di Dermaga Markas Ditpolairud, Kretek, Bantul, Rabu (29/6/2022), dipimpin langsung Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar.

Upacara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76, merupakan bentuk penghormatan kepada para Pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air Indonesia.

Hari Bhayangkara ke-76 mengusung tema “Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh.”

Pada upacara tersebut turut hadir Pejabat Utama Polda DIY, Bhayangkari, serta Kapolres Bantul AKBP Ihsan.
 

Personel Polsek Sewon Laksanakan Pengamanan Hari Keluarga Nasional 2022 dan Festival Kampung KB

Guna kelancaran dan keamanan selama berlangsungnya acara peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) dan Festival Kampung KB yang digelar di Panggung Pasar Seni Gabusan Sewon Bantul, Polsek Sewon menerjunkan personelnya melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut, Selasa (28/6/2022) pagi.

Kanit Samapta Polsek Sewon, Iptu Sumanta yang memimpin pengamanan mengatakan, kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional dan Festival Kampung KB telah berlangsung selama tiga hari.

Dalam pengamanan kegiatan tersebut melibatkan personel Polsek Sewon bersama Satpol PP Kabupaten Bantul dan Babinsa Koramil Sewon.

Acara dihadiri oleh Bupati Bantul Abdul halim Muslih, BKKBN RI Ari Dwikora Tono M.ec, Kepala BKKBN DIY Sodikin SH MH, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Hj. Emi Masruroh S.Pd, Komisi D DPRD Kabupaten Bantul, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bantul, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantul Dra. Ninik Istitarini APT MPH. (Humas Polsek Sewon)

Tim Penilai Lomba Kebersihan Mako Kunjungi Polsek Sewon

Menyambut Hari Bhayangkara yang ke-76, Polres Bantul menggelar lomba kebersihan Mako antar Polsek jajaran.

Tim penilai yang dipimpin oleh Kabagren Polres Bantul Kompol Nunuk bersama Kasubbag Pers Polres Bantul AKP Tarto beserta rombongan mengunjungi Mapolsek Sewon, Rabu (29/6/2022).

Kedatangan tim penilai disambut oleh Kanit Binmas Polsek Sewon AKP Sri Wigiyati bersama Kasium Polsek Sewon Ipda Subandi dan anggota Polsek Sewon.

Kompol Nunuk mengatakan, lomba kebersihan Mako bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh anggota agar selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan Mapolsek, sehingga masyarakat merasa nyaman saat berkunjung ke Kantor Polisi.

“Karena jika lingkungan kerja bersih dan rapi, masyarakat yang datang ke Polsek juga akan merasa nyaman,” katanya.

Penilaian lomba kebersihan tersebut meliputi seluruh ruangan dan lingkungan kantor. (Humas Polsek Sewon)

Doa Bersama dan Perkenalan Paskibra Kapanewon Sewon

Sebanyak 75 siswa dari 7 sekolah setingkat SMA/SMK/MA di Kapanewon Sewon terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kapanewon Sewon. Acara seremonial doa bersama dan perkenalan tim pelatih Paskibra Kapaewon Sewon digelar di Balai Pertemuan Kalurahan Timbulharjo, Sewon, Bantul, Selasa (28/6/2022).

Kanit Intelkam Polsek Sewon, AKP Jumardiono selaku Komandan Tim Pelatih Paskibra Kapanewon Sewon menjelaskan, seleksi siswa calon Paskibra Kapanewon Sewon telah dilakukan beberapa hari sebelumnya diikuti sebanyak 150.

“Hari ini, kita adakan perkenalan dan doa bersama,” sambungnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bantul Subehan Nawawi, Panewu Sewon Hartini S.IP MM, Panewu Anom Kapanewon Sewon Jhon Amrulloh SH, Kepala Puskesmas Sewon 1 dr. Anastasia Endar Widyaningsih, Kanit Intelkam Polsek Sewon AKP Jumardiono, Wadanramil 04/Sewon Kapten Infantri Sugiharto, serta Lurah Timbulharjo Hanif Arkham Khaibar S.Pd.

Adapun tim pelatih Paskibra Kapanewon Sewon yakni Bhabinkamtibmas Polsek Sewon dan Babinsa Koramil 04/Sewon. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo bersama Petugas DLH Lakukan Pemangkasan Pohon

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo Bripka Wahyono ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemangkasan pohon di Jalan Dusun Ketos, Sriharjo, Imogiri, Bantul, Selasa (28/6/2022) pagi.

Pemangkasan pohon dilakukan  oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul bersama FPRB Kalurahan Sriharjo serta warga masyarakat Dusun Ketos.

Pohon-pohon tersebut dipangkas untuk mencegah terjadinya pohon tumbang bilamana terjadi hujan deras dan angin kencang. (Humas Polsek Imogiri)

Peringati Hari Bhayangkara Ke-76, Polres Bantul Gelar Ziarah di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa

Polres Bantul menggelar kegiatan ziarah dan tabur bunga, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa di Jl. Parangtritis No.Km 12, RW.5, Ngaglik, Patalan, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (29/6/2022).

Sejumlah pejabat utama (PJU) Polres Bantul beserta jajaran dan Bhayangkari mengikuti upacara penghormatan kepada para pahlawan ini.

Kegiatan itu dipimpin oleh Wakapolres Kompol Sancoko P Seksono.

Setelah itu Wakapolres Bantul dan jajaran melakukan doa bersama dan menabur bunga di sejumlah makam di sana.

Sancoko mengatakan kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76.

"Tujuannya untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan," ujarnya, Rabu (29/6/2022).

"Terutama pahlawan-pahlawan yang telah gugur mendahului kita, baik TNI maupun Polri yang dimakamkan di TMP," sambungnya.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Sambangi Kegiatan Pembersihan Saluran Irigasi

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aipda Agus Muslim menyambangi kegiatan pembersihan  gorong-gorong saluran irigasi vander wich di Simpang tiga Klangon Jalan Wates, Argosari, Sedayu, Bantul, Selasa (28/6/2022).

Pembersihan saluran irigasi tersebut dilakukan karena adanya penyumbatan sedimen dan sampah yang terlalu banyak sehingga mengendap di gorong-gorong. Pembersihan dilakukan oleh petugas Damkar Bantul bersama Kelompok Tani Argosari.

Harapannya setelah dilakukan pembersihan, saluran irigasi kembali lancar dan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh petani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ulu Ulu Argosari, Ulu Ulu Argodadi, Kelompok Tani Argosari, BPBD Bantul, Babinsa serta petugas Damkar Bantul. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolres Bantul Berikan Pembekalan Kepada Siswa Diktukba Polri

Kepala Kepolisian Resor Bantul (Kapolres Bantul) AKBP Ihsan memberikan pembekalan kepada siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gel. 1 TA. 2022 di aula Wira Pratama Polres Bantul, Selasa (28/6/2022).

Didampingi Waka Polres Bantul, Kompol Sancoko P Seksono, kepada 52 siswa SPN Selopamioro Polda DIY yang melaksanakan latihan kerja (latja) di Polres Bantul, Ihsan mengingatkan, agar selalu menjaga kedisiplinan dan kekompakan.

“Saya selaku Kapolres Bantul mengapresiasi kepada siswa Diktuk Bintara Polri Gel. I TA. 2022, yang telah melaksanakan latihan kerja di Polres Bantul dengan baik tanpa pelanggaran ataupun teguran,” katanya.

Ihsan juga berharap, kepada para siswa setelah dilantik menjadi anggota Polri, bisa menjadi anggota Polri yang berkarakter dan mempunyai keunggulan.

“Selama 27 hari siswa telah melaksanakan latihan kerja dengan baik, sebagai modal siswa sebelum dilantik menjadi anggota Polri. Dan ilmu yang telah didapatkan dari para mentor nantinya dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas,” paparnya.

Menurut Ihsan, di era saat ini ada 4 tantangan yang akan dihadapi oleh siswa ketika dilantik menjadi anggota Polri, yakni globalisasi; intoleransi; radikalisme dan terorisme; media sosial; dan narkoba ancaman bagi NKRI.

“Anda saat  ini adalah generasi milenial yang hidup di era globalisasi dan era digital yang tantangannya pasti berbeda, tetapi yang tidak boleh berubah adalah “unggul dan berkarakter”,” pesannya.

Mengakhiri sambutannya, Ihsan selaku pimpinan di Polres Bantul, mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan latihan kerja Siswa Diktuk Bintara Polri Gel. I TA. 2022, yang berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.

“Selamat jalan sampai SPN Selopamioro Polda DIY,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ihsan juga memberikan selamat kepada Siswa Muhammad Imam Fadhly Pratama Nosis.163 sebagai siswa terbaik selama latja di Polres Bantul.
 

Gelar Festival Nusantara Gemilang, Kapolri: Pesan Moral Pentingnya Jaga Persatuan-Kesatuan

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara 'Festival Nusantara Gemilang' yang merupakan pagelaran pentas seni dan budaya. Kegiatan ini, masih dalam satu rangkaian menyambut Hari Bhayangkara ke-76.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit mengungkapkan bahwa acara festival ini merupakan puncak penyatuan kegiatan yang sebelumnya diikuti dari perwakilan 34 Provinsi di seluruh Indonesia, yang diikuti sekitar 400 orang.

"Kemudian diambil 14 provinsi. Dari 14 provinsi ini dijadikan satu selanjutnya mereka melakukan kegiatan dan  latihan bersama dalam suatu tempat, kemudian diberikan pelatihan mengenai wawasan kebangsaan, wawasan terkait budaya dan etika  yang dilebur menjadi satu kegiatan, yang tadi bisa kita lihat begitu bagusnya dan ini merupakan bentuk dari kekayaan bangsa kita," kata Sigit di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022).

Mantan Kabareskrim Polri menyatakan bahwa, festival ini adalah bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagamaan dan kekayaan seni budaya. Apabila ini terus dikelola dan dikembangkan, kata Sigit akan menjadi satu energi dan kekuatan luar biasa bagi Indonesia, yang tak dimiliki negara lain.

"Berbagai macam etnis, suku, seni budaya di dalamnya, itu semua kekayaan kita yang harus kita jaga dan pertahankan," ujar Sigit.

Seni dan budaya yang ditampilkan dalam Festival Nusantara Gemilang, ditegaskan Sigit, menjadi pesan bagi seluruh elemen bangsa dan masyarakat Indonesia untuk terus menjaga dan saling menghormati keberagaman yang ada.

Dengan saling menjaga dan menghormati keberagaman yang ada, menurut Sigit, hal itu akan menguatkan nilai persatuan dan kesatuan yang merupakan kekuatan dari Bangsa Indonesia.

"Tentunya ini semua mengandung pesan moral pentingnya nilai kesatuan dan persatuan yang harus terus dikelola dan dijaga sebagai kekuatan besar yang akan membawa Indonesia menuju Indonesia Emas tahun 2045," tutur Sigit.

Dengan terjaganya persatuan dan kesatuan, Sigit berharap, keberagaman baik suku, budaya dan tradisi yang dimiliki akan terus menjadi kekuatan yang khas dari Bangsa Indonesia.

"Pesan yang disampaikan ke seluruh masyarakat Indonesia dengan keberagaman yang ada, seni, etnis dan suku tentunya harus kita jaga dan ini selalu pertahankan menjadi potensi besar. Semangat persatuan dan kesatuan yang ditunjukan adik-adik tadi, harus kita apresiasi dan kita dorong terus untuk digelorakan," tutup Sigit.

Dalam kesempatan ini, Sigit pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta, dewan juri, panitia penyelenggara serta seluruh pihak terkait sehingga acara festival ini berlangsung dengan sukses.

Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut, Kapolri: Komitmen Penggunaan Keuangan Negara Secara Transparan

Jakarta - Mabes Polri kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk yang kesembilan kalinya secara berturut-turut.

Mendapatkan predikat tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan, hal ini merupakan wujud komitmen dari institusi Korps Bhayangkara yang selalu transparan dan akuntabel dalam menggunakan keuangan negara.

"Tentunya ini menjadi komitmen kami, untuk di tahun-tahun berikutnya. Kami akan terus berkomitmen terkait dengan pemanfaatan dan penggunaan keuangan negara secara transparan dan akuntabel serta bisa dipertanggungjawabkan,"kata Sigit usai meraih predikat WTP dari BPK di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022).

Lebih dalam, Sigit menekankan, dengan capaian WTP kesembilan kalinya ini, kedepan Polri akan terus mengawal seluruh kebijakan Pemerintah hingga mendorong pemasukan atau peningkatan anggaran APBN.

"Kami juga selalu ikut mendorong dari sisi PNBP dan mengawal seluruh kebijakan pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi, menjaga agar APBN tetap bisa berjalan baik di situasi yang penuh ketidakpastian ini, dengan mengawal melalui berbagai strategi tranformasi ekonomi," ujar eks Kabareskrim Polri ini.

Sementara itu, Sigit juga menegaskan, Polri akan terus berkomitmen untuk melaksanakan seluruh rekomendasi yang diberikan oleh BPK RI sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagaimana dalam aturan Undang-Undang (UU) yang berlaku.

"Sekali lagi terima kasih atas opini yang telah diberikan kepada kami. Kami akan terus melakukan perbaikan untuk tahun-tahun ke depan," ucap eks Kapolda Banten itu.

Kesempatan yang sama, Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK RI Nyoman Adhi Suryadhnyana menyebutkan bahwa, perolehan predikat WTP sembilan kali berturut-turut yang diterima Polri merupakan suatu prestasi dari institusi negara.

"Hasil dari pemeriksaan tersebut, saat ini kepolisian RI memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian atau WTP dan ini adalah perolehan yang kesembilan kali berturut turut, suatu prestasi yang membanggakan. Pak Kapolri beserta seluruh jajaran, dalam melaksanakan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara akuntabel dan transparan," kata Adhi.

Adhi berharap, kedepan prestasi yang diperoleh Polri ini dapat dipertahankan. Mengingat, menurutnya, kepolisian selain melaksanakan tugas dan fungsi utamanya, juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penerimaan negara, khususnya dari penerimaan negara bukan pajak atau PNBP bagi negara.

"Sehingga Kepolisian RI adalah suatu institusi yang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap laporan keuangan pemerintah pusat secara keseluruhan," tutup Adhi.

28 June 2022

Polsek Banguntapan Adakan Vaksinasi Massal Hari Bhayangkara Ke-76

Polsek Banguntapan mengadakan vaksinasi massal dosis 1, 2 dan 3 di Balai Kalurahan Singosaren, Banguntapan, Bantul, Selasa (28/6/2022) mulai pukul 07.30 WIB.

Vaksiansi tersebut merupakan serangkaian kegiatan menyambut Hari Bhayangkara Ke-76 yang diselenggarakan oleh Polres Bantul bersama Polsek jajaran.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasi Dokkes Polres Bantul Ida Wahyuningsih A.Md Kep, Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH, Lurah Singosaren H. Joko Prayitno, Mahasiswa KKN dari UGM dan peserta vaksin.

Petugas vaksinator yakni tim medis Poliklinik Wira Pratama Polres Bantul dengan menggandeng Puskesmas Banguntapan.

Adapun peserta vaksin sebanyak 375 orang, tervaksin 363 dan tunda vaksin sebanyak 12 orang.

Sementara itu, untuk menarik animo masyarakat pada vaksinasi tersebut, Polsek Banguntapan juga menyediakan berbagai macam doorprize bagi para peserta vaksin. (Humas Polsek Banguntapan)

Polsek Srandakan Amankan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di Pantai Baru

Personel Polsek Srandakan melaksanakan pengamanan vaksinasi Covid-19 dosis 1, 2 dan 3 di Pendopo Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Bantul, Selasa (27/6/2022).

Pengamanan dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Srandakan, AKP AKP Nurgiyanta.

Adapun peserta vaksin yang hadir sebanyak 209 orang, tervaksin 201 orang dan tunda vaksin ada 8 orang. Vakisnasi kali ini menggunakan jenis Pfizer. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Sambangi Sekolahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Moh Riyadi melaksanakan kegiatan sambang ke sekolah yakni di SMA Patria Sabdodadi Bantul, Senin (27/6/2022).

Kegiatan sambang sekolah tersebut dalam upaya membangun kemitraan dengan pihak sekolah.

Aipda Moh Riyadi berharap dengan kehadiran Polisi di sekolah-sekolah bisa menghilangkan kesan menyeramkan dan menakutkan tentang sosok Polisi yang selama ini mungkin dirasakan oleh anak-anak.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamstibmas Aipda Moh Riyadi berdialog dengan para guru agar lebih meberikan pengawasan terhadap anak didiknya.

Ia juga berpesan agar selalu memperhatikan perilaku anak didiknya. Hal itu untuk menghindari pebuatan menyimpang atau hal-hal negatif yang dilakukan para siswa, seperti minum miras, tawuran dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang bahkan menggunakan narkoba.

“Pengawasan dari para guru sangatlah penting bagi siswa. Peran aktif para guru selain memberikan pendidikan juga dapat membangun moral yang baik dan berkualitas bagi anak didiknya. Jika ditemukan penyimpangan dari beberapa murid agar ditegur dengan cara yang benar dan tidak menggunakan kekerasan,” tutup Aipda Moh Riyadi. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Piyungan Laksanakan Pengamanan Rombongan Pejabat Pemkab Bantul Ziarah di Makam Bupati Bantul Pertama

Anggota Polsek Piyungan melaksanakan pengamanan rombongan para pejabat Pemkab Bantul ziarah di Makam Bupati Bantul pertama, KRT Mangun Negoro di komplek Pemakaman Sasono Sentono Dusun Pagergunung Sitimulyo Piyungan Bantul, Senin (28/6/2022).

Ziarah ke makam Bupati Bantul pertama KRT Mangun Negoro ini merupakan acara rutin yang dilakukan para pejabat Kabupaten Bantul setiap tahunnya menjelang Hari Jadi Kabupaten Bantul.

Setibanya di komplek pemakaman, rombongan disambut oleh pejabat jajaran Kapanewon Piyungan dan juru kunci makam Sasono Sentono Bapak Sudasihana.

Rombongan ziarah kemudian melakukan tabur bunga dan mengirimkan doa di Makam Bupati Bantul pertama, KRT Mangun Negoro.

Selama giat berlangsung hingga rangkaian kegiatan selesai berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Piyungan)
 

Polsek Bantul Sambut Tim Penilai Lomba Kebersihan Dan Kerapihan Mako

Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Th.2022, Polres Bantul menggelar Lomba Kebersihan dan Kerapihan Polsek Jajaran Polres Bantul yang kini telah memasuki tahap penilaian.

Lomba Penilaian Kebersihan dan Kerapihan Polsek dalam menyambut Hari Bhayangkara Ke-76 dipimpin Kompol Nunuk W beserta 4 orang anggota, memeriksa sasaran yang telah ditetapkan dalam kriteria lomba di Polsek Bantul, Selasa (28/06/2022).

Personil Polsek Bantul mendampingi Tim penilai kebersihan pada saat melakukan pemeriksaan dan penilaian dimulai dari halaman apel hingga ke seluruh ruangan-ruangan kerja, ruang pelayanan publik beserta lingkungan Mako.

Tim penilai juga mengecek kesiapsiagaan dan kelengkapan administrasi buku dan papan data yang ada diruang kerja.

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH M.A.P menekankan kepada seluruh anggota, selain dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara, kebersihan agar terus dijaga dan bahkan ditingkatkan.

"Menjaga kebersihan tidak hanya karena ada lomba, tetapi setiap hari agar lingkungan kerja selalu bersih dan rapi", ungkapnya. (Humas Polsek Bantul)
 

Tim Juri Lomba Kebersihan Dari Polres Bantul Kunjungi Polsek Kasihan

Tim Juri Lomba Kebersihan dari Polres Bantul melaksanakan penilaian lomba kebersihan di Makopolsek Kasihan , Senin siang (27/6/2022) jam 10.00 WIB. Tim Juri lomba kebersihan ini dipimpin AKP Mutiningsih.

Kedatangan tim Juri lomba kebersihan di Polsek Kasihan disambut Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif W,SH MH beserta para Kanit dan Kasi. Kegiatan tersebut di adakan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke-76 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2022. Maksud dan tujuan dari lomba ini salah satunya adalah agar masing-masing Polsek jajaran Polres Bantul terpacu dan menjadikan kebersihan Mako beserta lingkungan sekitarnya menjadi sebuah kewajiban bagi setiap personil Polri.

Di Polsek Kasihan Tim Penilai lomba kebersihan dengan teliti memasuki ruangan Unit dan Seksi yang ada di Polsek, termasuk juga halaman dan lingkungan sekitar.

Selain melakukan pengecekan kebersihan, tim yuri juga menyampaikan beberapa himbauan yang berkaitan dengan pemeliharaan dan perawatan gedung maupun barang inventaris kantor.

“Kantor adalah rumah tinggal ke dua bagi kita sebagai anggota Polri dalam beraktifitas mengabdi dan melayani masyarakat. Kebersihan kantor juga cermin dari penghuni kantor itu sendiri, untuk itu harus kita rawat dan pelihara agar terlihat indah, nyaman dan sehat,” kata AKP Mutiningsih.
 

Kapolsek Bantul Hadir Dalam Giat Pembinaan Dan Pemberdayaan Kaum Rois Kalurahan Trirenggo

Pembinaan dan Pemberdayaan Kaum Rois merupakan hal yang penting dan perlu dilakukan. Kaum Rois memegang peranan penting menjadi penengah jika didalam masyarakat terjadi konflik horizontal. Kaum Rois juga berperan dalam mewujudkan kerukunan dan ketentraman masyarakat.

Bertempat di kediaman Bpk.Muhari Dusun Gandekan RT.02 Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul, telah berlangsung giat rutin Pembinaan dan Pemberdayaan Kaum Rois Kalurahan Trirenggo yang dihadiri oleh Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH M.A.P, Selasa (28/06/2022).

Melalui sambutannya, Kompol Wahyu Sudadi,SH M.A.P menyampaikan bahwa keberadaan Kaum Rois ditengah-tengah masyarakat, sangatlah dibutuhkan.

"Dalam bidang pembinaan kemasyarakatan pembangunan desa, Peran dan fungsinya sangat strategis. Terlebih dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama. Kaum Rois juga memiliki andil dalam menjaga nilai-nilai budaya, serta kebersamaan masyarakat desa yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari", ungkapnya

Pada acara ritual-ritual keagamaan yang telah menjadi tradisi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, Kaum Rois menjadi tokoh utama dan memimpin do'a. Seperti saat upacara pemakaman jenazah, peringatan hari kematian / haul, kelahiran, kehamilan, dan masih banyak lagi, sesuai dengan tradisi dan budaya yang masih hidup di masyarakat wilayah setempat.

Sebagai abdi budaya, Kaum Rois memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga tradisi kehidupan sosial kemasyarakatan di desa. Dalam menjalankan peran dan fungsinya tersebut, semua dijalani dengan penuh keikhlasan, atas dasar rasa  kepedulian dan jiwa pengabdian yang tinggi.

Ber-posisi sebagai tokoh sentral, kaum rois diberbagai kegiatan sosial kemasyarakatan serta ritual keagamaan di desa, Kaum Rois juga memiliki posisi strategis bagi membantu pemerintah desa dalam pembangunan penguatan keluarga dan kesehatan masyarakat.

"Maka tak heran jika Kaum Rois selalu menjadi tumpuan masyarakat sebagai tempat mengadu dan berkeluh kesah, dikala mereka mengalami masalah keretakan hubungan keluarga. Dengan bekal kemampuan ilmu agama, Kaum Rois mampu berperan sebagai konselor, pembimbing, serta memberikan nasehat-nasehat secara pribadi dan pendekatan kekeluargaan", pungkasnya. (Humas Polsek Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Serahkan Hadiah Utama Doorprize Vaksinasi Massal Hari Bhayangkara Ke-76

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aipda Ekwan menyerahkan hadiah utama doorprize vaksinasi massal Hari Bhayangkara Ke-76 kepada pemenang kupon undian, Senin (27/6/2022) siang.

Penyerahan doorpize dilakukan setelah kegiatan vaksinasi massal selasai. Vaksinasi massal tersebut diselenggarakan oleh Polsek Sedayu bekerjasama dengan Puskesmas Sedayu 1 dan Puskesmas Sedayu 2 pada Senin pagi.

Adapun peserta vaksinasi yang beruntung mendapatkan doorprize yaitu Dhea Khanza warga Srontakan Argomulyo Sedayu dan Ratih Sulistyani warga Sorobayan Argomulyo Sedayu yang masing-masing mendapatkan satu unit rice cooker.

Kedua pemenang doorprize tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada Polri khususnya Polsek Sedayu yang telah mengadakan vaksinasi massal dengan berbagai doorprize menarik.

Sementara itu, Kapolsek Sedayu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah ikut mensukseskan program vaksinasi massal dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-76 tahun 2022 di Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Panggungharjo Hadiri Undangan Pertemuan Pandu Panggungharjo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo menghadiri pertemuan paguyuban dukuh (Pandu)  Kalurahan Panggungharjo yang dilaksanakan rumah Dukuh Glugo, bapak Damanhuri yang beralamat di dusun Glugo, Kalurahan, Panggungharjo, Kapanewon, Sewon, Kabupaten Bantul, Senin (28/06/2022) siang.

Usai mengikuti kegiatan tersebut Aiptu Jedik mengungkapkan pertemuan Pandu tersebut membahas berbagai hal, yang diantaranya pembangunan fisik, non fisik, PBB, serta permasalahan yang timbul di tingkat pedukuhan guna mencari solusi terbaik.

Dalam kesempatannya Bhabinkamtibmas Panggungharjo menyampaikan harapan peningkatan kerjasama antara Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pamong desa dalam menciptakan situasi kamtibmas Kalurahan Panggungharjo yang kondusif.

Lebih lanjut diharapkan agar setiap kegiatan yang sifatnya umum baik itu di pedukuhan maupun desa/kalurahan setidaknya ada pemberitahuan ke pihak Polri, Sehingga Polri, khususnya Polsek Sewon bisa menindaklanjuti kegiatan di masyarakat tersebut berdasar kriteria kerawanan yang dimungkinkan bisa mengganggu jalannya suatu kegiatan.

Aiptu Jedik juga berpesan, apabila ada permasalahan di masyarakat agar dikoordinasikan terlebih dahulu kepada Bhabinkamtibmas untuk dicarikan solusi secara kekeluargaan, namun apabila memang harus diselesaikan secara hukum, maka Polsek siap siap menerima laporan. (Humas Polsek Sewon)
 

Sambangi Anak-anak, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Berikan Edukasi dan Motivasi ke Mereka

Patroli dialogis, kunjungan atau sambang dan Door to Door System (DDS) dalam istilah Kepolisian adalah tugas yang wajib dilaksanakan oleh seorang anggota Bhabinkamtibmas untuk mengetahui sejauh mana situasi kamtibmas di wilayah binaanya.

Sambil melakukan patroli dan pantauan wilayah, sesekali Bhabinkamtibmas berdialog serta memberikan himbauan kamtibmas kepada warga yang ditemuinya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH saat berpatroli di Dusun Sumberbatikan Trirenggo Bantul, Senin (27/6/2022).

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH menyambangi sekelompok anak-anak yang sedang bermain game online di Handphonenya.

Aipda Amat Riyadi juga memberikan edukasi, motivasi serta menghimbau kepada anak-anak tersebut agar tidak lupa belajar dan tidak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game online.

“Tingkatkan belajar dan manfaatkan liburan sekolah ini dengan melakukan kegiatan yang positif dengan berolah raga, membaca atau membantu orangtua di rumah,” pesannya.

Apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap seluruh warga binaannya, tak terkecuali anak-anak. (Humas Polsek Bantul)

Kalahkan SMA Teladan Jogja di Final, SMA 1 Sewon Sabet Piala Kapolres Bantul Kompetisi Mobile Legend Hari Bhayangkara ke 76

Polres Bantul menggelar kompetisi Mobile Legends Piala Kapolres Bantul antarpelajar se-Kabupaten Bantul dan sekitarnya bertajuk Mobile Legend Bang Bang.

Mobile Legend Bang Bang merupakan kompetisi Mobile Legends pelajar pertama yang digelar oleh Polres Bantul dalam rangka Hari Bhayangkara ke 76.

Turnamen ini dibentuk sebagai wadah bagi para pelajar untuk mengembangkan bakatnya sebagai pemain eSport yang mana telah dipertandingkan pada Sea Games 2022 Vietnam lalu.

Sebanyak 98 tim dari berbagai SMP dan SMA/sederajat bertanding untuk menjadi tim sekolah terbaik. Babak penyisihan secara online dimulai sejak 21 s/d 22 Juni 2022.

Setelah melalui babak penyisihan, sebanyak empat tim maju ke babak semifinal, yakni SMA Negeri 1 Sewon, SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta, SMA Negeri 1 Pundong dan SMA Negeri 3 Bantul.

"Mobile Legend Bang Bang adalah sebuah turnamen eSport khusus untuk pelajar  dalam rangka Hari Bhayangkara ke 76," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK saat membuka babak semi final turnamen Mobile Legends Bang Bang di aula Wira Pratama Polres Bantul, Senin (27/6/2022).

Ihsan sangat mengapresiasi tim yang berhasil lolos ke babak semifinal kompetisi Mobile Legend Bang Bang Piala Kapolres Bantul ini.

“Kompetisi ini bersifat untuk mengasah keterampilan, akan tetapi tugas belajar lebih penting bagi pelajar sekalian,” paparnya.

Ihsan berharap kompetisi ini dapat mempererat hubungan baik pelajar antarsekolah, sehingga tidak terjadi hal-hal yang sifatnya negatif.

“Dan yang paling penting adalah semakin mempererat hubungan Polri dan masyarakat, khususnya pelajar,” terang Ihsan.

Kompetisi Mobile Legend Bang Bang ini memperebutkan hadiah total senilai lebih dari Rp 6,5 juta untuk tiga tim terbaik. Juara ke-1 akan mendapatkan uang tunai senilai Rp 3 juta + piala, kemudian juara ke-2 Rp 2 juta + piala, juara ke-3 Rp 1 juta + piala dan pemain terbaik (MVP) Rp 500 ribu + piala.

SMA Negeri 1 Sewon keluar sebagai juara 1 usai difinal mengalahkan SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta yang harus puas menajdi runner up pada kompetisi ini. Sementara pada perebutan  tempat ke 3, SMA Negeri 1 Pundong berhasil mengalahkan SMA Negeri 3 Bantul. Terpilih sebagai pemain terbaik atau Most Valuable Player (MPV) adalah Dhika Putra Aziz Taruna dari SMA Negeri 1 Sewon.

Dan secara khusus Kapolres Bantul memberikan penghargaan kepada satu-satunya peserta perempuan pada babak semifinal bernama Heni Susilowati dari SMA Negeri 3 Bantul.


 

Akpol Luncurkan 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput'

Jakarta - Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 meluncurkan buku berjudul 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput'. Buku yang ditulis oleh Iqbal Aji Daryono itu berisi peran anggota kepolisian yang bertugas di berbagai daerah.

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menuturkan, buku 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput' menjelaskan anggota Polri yang menjadi ujung tombak warga dalam mengatasi berbagai persoalan.

"Penulis melihat bagaimana anggota kita ini bertugas di lapangan dengan segala kekurangan-kekurangan yang dimiliki ya, tapi mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada," kata Gatot di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (27/6/2022).

"Sehingga apa yang menjadi harapan-harapan masyarakat di mana tempat dia bertugas itu bisa didapatkan oleh masyarakat dari tulisan yang dibuat oleh Mas Aji ini," sambungnya.

Gatot mengatakan, masih ada kekurangan dari tiap anggota polisi. Meski demikian, Polri selalu berusaha menjadi lebih profesional setiap waktu.

Gatot menyebut masyarakat dapat melihat hal-hal positif yang sudah dilakukan kepolisian dalam buku 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput'. Polri, kata Gatot, selalu terbuka kepada masyarakat yang ingin memberikan kritik.

"Nah, buku ini ya menggambarkan hal-hal positif dan juga masyarakat bisa melihat apa yang dilakukan anggota Polri yang kemudian bisa bermanfaat buat masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut kritik dan masukan dari masyarakat terhadap Polri adalah sebagai bentuk kepedulian. Dia mengaku khawatir saat masyarakat tak mau mengkritik polisi.

"Ketika situasi keadaan itu sudah mulai enggan, sudah mulai bosan, dan sudah mulai takut mengkritik polisi itu yang kita khawatirkan, kita takutkan, tapi ketika masyarakat masih mengkritik polisi, dengan saran dan masukan kepada polisi itu merupakan suatu bentuk rasa cinta masyarakat, rasa cinta kepedulian masyarakat kepada kepolisian," ujarnya.

27 June 2022

Kanit Binmas Polsek Srandakan Hadiri Undangan Penerimaan Tim KKN - PPM UGM

Kanit Binmas Polsek Srandakan AKP Nurgiyanta menghadiri undangan penerimaan Tim KKN - PPM UGM di Aula Kapanewon Srandakan Bantul, Senin (27/6/2022).

Hadir pada acara tersebut Panewu Kapanewon Srandakan Bpk Sarjiman, S.IP. ME, Danramil diwakili Pelda Karnadi, Kapolsek diwakili Kanit Binmas Akp Nurgiyanta, Kepala Puskesmas diwakili Ibu Nunuk Hartanti, Dosen Pembimbing Bpk. Muh. Navis Rodi S. Hut. M. Sc, Jawatan Keamanan Bpk. Sudiarto Jawatan Sosial Ibu Suparini serta Lurah Trimurti Bpk Agus Purwaka ST

Pada kesempatan kali ini jumlah mahasiswa ada 24 terdiri dari 8 mahasiwa putra dan 16 mahasiswi putri dibagi menjadi 2, Kalurahan Trimurti dan Poncosari.

Giat berjalan lancar aman terkendali sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid 19. (Humas Polsek Srandakan)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo bersama Bhabinsa hadiri Wisuda Purna Siswa SD Pundung

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Polsek Imogiri Polres Bantul Aipda Toto Choirudin bersama Bhabinsa hadiri Wisuda Purna Siswa SD Pundung Girirejo  di Gedung Serbaguna Karangtalun Kapanewon Imogiri, Senin (27/6/2022).

Kegiatan Wisuda Purna siswa dan penyerahan kembali siswa kelas VI di selenggarakan oleh Kepala Sekolah ini di hadiri  pengawas UPT Joko Prasetyo, Lurah Girirejo Yuli Purwanti SH, Dukuh Kradenan serta wali murid Kelas VI.

Kepala Sekolah SD Pundung Siti Mariah Mp.D dalam sambutanya mengatakan ucapan terima kasih kepada tamu undangan dan mohon maaf pelaksanaan wisuda Purna siswa baru bisa terlaksana karena para guru pembimbing baru Membantu siswa kelas 6 untuk mendaftar sekolah tingkat SMP dengan online.

“Alhamdulillah 34 murid kelas 6 sudah mendapat sekolah,” katanya. (Humas Polsek Imogiri)
 

Polsek Banguntapan Berikan Pembekalan Calon Paskibra

Tim seleksi Paskibra Kapanewon Banguntapan memberikan pembekalan kepada pelajar tingkat SMA yang lolos seleksi sebagai calon Paskibra di Pendopo Kapanewon Banguntapan, Bantul, Senin (27/6/2022).

Tim seleksi dipimpin oleh Aiptu Subandi yang beranggotakan dari Polsek Banguntapan, Koramil Banguntapan, ASN Kapanewon Banguntapan dan Purna Paskibra Kapanewon Banguntapan.

Pembekalan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kebersamaan dan kekompakan para calon Paskibra dengan harapan dalam latihan dapat berjalan lancar. (Humas Polsek Banguntapan)

Unit Lantas Polsek Banguntapan Laksanakan Dikmas Lantas Terhadap Karyawan Qhomemart

Unit Lantas Polsek Banguntapan melaksanakan pembinaan Dikmas Lantas kepada para karyawan di Qhomemart Banguntapan Bantul, Senin (27/6/2022).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Kanit Lantas Polsek Banguntapan Iptu Rumpoko SH bersama Panit Lantas dan anggota Unit Lantas Polsek Banguntapan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan dan keselamatan berlalu lintas, serta menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di wilayah Polsek Banguntapan.

Pada kesempatan tersebut Iptu Rumpoko mengajak kepada para karyawan Qhomemat dan warga masyarakat pengguna jalan agar selalu tertib dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Patuhi aturan lalu lintas dan hindari pelanggaran lalu lintas, karena pelanggaran lalu lintas merupakan awal terjadinya laka lantas. Mari budayakan keselamatan berlalu lintas demi terciptanya kamseltibcar lantas,” pesannya. (Humas Polsek Banguntapan)

Usai Apel Pagi, Unit Propam Polsek Sewon Adakan Gaktibplin Terhadap Anggota

Unit Propam Polsek Sewon melaksanakan kegiatan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (gaktibplin) atau pengecekan personel meliputi sikap tampang dan perlengkapan administrasi personel sebagai upaya dalam meningkatkan kedisiplinan,  Senin (27/6/2022).

Gaktibplin tersebut dipimpin oleh Kanit Propam Ipda Djadi Muchrom SH, yang digelar seusai apel pagi di halaman Mapolsek Sewon.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kelengkapan administrasi berupa KTA, SIM, KTP, Kartu Senpi, maupun surat-surat kendaraan bermotor serta sikap tampang.

“Pemeriksaan ini merupakan bentuk pengawasan terhadap seluruh personel Polsek Sewon sebelum melaksanakan tugas melayani masyarakat. Pemeriksaan ini rutin dilakukan guna meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri khususnya Polsek Sewon,” ungkapnya.

Seusai pemeriksaan, Kanit Propam mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang telah tertib dan disiplin.

“Apa yang sudah baik dan bagus sekiranya bisa dipertahankan, dan yang masih kurang supaya segera diperbaiki,” tandasnya. (Humas Polsek Sewon)

Polsek Sedayu Gelar Vaksinasi Massal Hari Bhayangkara Ke-76

Polsek Sedayu bekerjasama dengan Puskesmas Sedayu 1 dan Puskesmas Sedayu 2 melaksanakan kegiatan vaksinasi massal dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-76 tahun 2022, Senin (27/6/2022).

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S.Pd MH memimpin langsung kegiatan vaksinasi massal yang digelar dua tempat, yakni di Puskesmas Sedayu 1 dan Puskesmas Sedayu 2, Sedayu, Bantul.

Kegiatan vaksinasi dosis 1, 2 dan booster yang digelar itu sasarannya warga masyarakat Kapanewon Sedayu dan sekitarnya. Tujuannya sebagai upaya percepatan vaksinasi kepada masyarakat agar segera tercapai herd immunity.

Sementara itu, untuk menarik minat masyarakat terhadap vaksinasi massal tersebut, Polsek Sedayu menyediakan beberapa hadiah utama dan ratusan doorprize menarik lainnya. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolsek Piyungan dan Anggotanya Anjangsana ke Purnawirawan dan Warakawuri Polri

Polsek Piyungan mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-76. Salah satunya kegiatan anjangsana ke Purnawirawan dan Warakawuri Polri, Senin (27/6/2022).

Kegiatan anjangsana ini sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan Polsek Piyungan pada momen Hari Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 Juli.

Pada kegiatan tersebut Kapolsek Piyungan Kompol Rahmad Yulianto SH M.Si beserta anggotanya bersilaturahmi dengan Iptu (Purn.) Agus Wibowo yang terakhir menjabat sebagai Ka SPKT Polsek Piyungan.

Kompol Rahmad Yulianto pada kesempatan tersebut menghaturkan banyak terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya atas jasa-jasa Iptu (Purn.) Agus Wibowo yang telah mengabdikan diri di institusi Polri khususnya di Polsek Piyungan.

Selain itu, Kapolsek juga mendoakan semoga Iptu (Purn.) Agus Wibowo dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan serta dilancarkan rezekinya.

Harapannya dengan kegiatan anjangsana tersebut tetap terjalin komunikasi dan silaturahmi. (Humas Polsek Piyungan)

Personel Polsek Sewon Pengamanan Peringatan Harganas dan Festival Kampung KB

Personel Polsek Sewon melaksanakan pengamanan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Festival Kampung KB yang digelar di Panggung Pasar Seni Gabusan, Sewon, Bantul, Senin (27/6/2022).

Pengamanan tersebut dipimpin oleh Panit Lantas Polsek Sewon, Ipda Eko Sulis Siswoyo, yang dilaksanakan bersama Satpol PP Kabupaten Bantul dan Koramil Sewon.

Sementara itu, kegiatan Hari Keluarga Nasional dan Festival Kampung KB akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 27-28 Juni 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Hj. Emi Masruroh S.Pd, Komisi D DPRD Kabupaten Bantul, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bantul, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantul Dra. Ninik Istitarini APT MPH. Hadir pula Kepala OPD Kabupaten Bantul dan Panewu se Kabupaten. (Humas Polsek Sewon)

Kerja Bakti Polsek Kretek Songsong Hari Bhayangkara Ke-76

Personel Polsek Kretek melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan Mapolsek Kretek, Senin (27/6/2022) pagi.

Kegiatan kerja bakti tersebut dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara yang ke-76.

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi mengatakan, kegiatan kerja bakti di lingkunan Mako memang telah dilaksanakan secara rutin setiap hari Jumat. Namun kegiatan kali ini adalah untuk persiapan Hari Bhayangkara Ke-76.

Selain itu dengan kerja bakti tersebut tercipta suasana kantor yang bersih, rapi dan nyaman, serta pelayanan prima kepada masyarakat. (Humas Polsek Kretek)