Kapolsek Bantul Hadir Dalam Giat Pembinaan Dan Pemberdayaan Kaum Rois Kalurahan Trirenggo

Posted by tribratanewsbantul on 12:23

Pembinaan dan Pemberdayaan Kaum Rois merupakan hal yang penting dan perlu dilakukan. Kaum Rois memegang peranan penting menjadi penengah jika didalam masyarakat terjadi konflik horizontal. Kaum Rois juga berperan dalam mewujudkan kerukunan dan ketentraman masyarakat.

Bertempat di kediaman Bpk.Muhari Dusun Gandekan RT.02 Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul, telah berlangsung giat rutin Pembinaan dan Pemberdayaan Kaum Rois Kalurahan Trirenggo yang dihadiri oleh Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH M.A.P, Selasa (28/06/2022).

Melalui sambutannya, Kompol Wahyu Sudadi,SH M.A.P menyampaikan bahwa keberadaan Kaum Rois ditengah-tengah masyarakat, sangatlah dibutuhkan.

"Dalam bidang pembinaan kemasyarakatan pembangunan desa, Peran dan fungsinya sangat strategis. Terlebih dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama. Kaum Rois juga memiliki andil dalam menjaga nilai-nilai budaya, serta kebersamaan masyarakat desa yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari", ungkapnya

Pada acara ritual-ritual keagamaan yang telah menjadi tradisi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, Kaum Rois menjadi tokoh utama dan memimpin do'a. Seperti saat upacara pemakaman jenazah, peringatan hari kematian / haul, kelahiran, kehamilan, dan masih banyak lagi, sesuai dengan tradisi dan budaya yang masih hidup di masyarakat wilayah setempat.

Sebagai abdi budaya, Kaum Rois memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga tradisi kehidupan sosial kemasyarakatan di desa. Dalam menjalankan peran dan fungsinya tersebut, semua dijalani dengan penuh keikhlasan, atas dasar rasa  kepedulian dan jiwa pengabdian yang tinggi.

Ber-posisi sebagai tokoh sentral, kaum rois diberbagai kegiatan sosial kemasyarakatan serta ritual keagamaan di desa, Kaum Rois juga memiliki posisi strategis bagi membantu pemerintah desa dalam pembangunan penguatan keluarga dan kesehatan masyarakat.

"Maka tak heran jika Kaum Rois selalu menjadi tumpuan masyarakat sebagai tempat mengadu dan berkeluh kesah, dikala mereka mengalami masalah keretakan hubungan keluarga. Dengan bekal kemampuan ilmu agama, Kaum Rois mampu berperan sebagai konselor, pembimbing, serta memberikan nasehat-nasehat secara pribadi dan pendekatan kekeluargaan", pungkasnya. (Humas Polsek Bantul)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:23

0 komentar:

CB