31 July 2022

Polres Bantul Laksanakan Pengamanan Pertandingan Piala AFF U-16, Vietnam U-16 Vs Singapura U-16 di SSA

Polres Bantul melaksanakan pengamanan pertandingan sepakbola Piala AFF U-16 Boys Championship 2022 yang digelar di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Minggu (31/7/2022).

Tim yang bertanding pada sore hari ini yaitu timnas Vietnam U-16 melawan timnas Singapura U-16 yang tergabung dalam Grup A bersama timnas Indonesia U-16 dan timnas Filipina U-16. Pertandingan sendiri dimulai pukul 15.00 WIB.

Agar pertandingan berjalan aman dan lancar, personel gabungan dari Polri dan TNI dilibatkan dalam pengamanan yang dipimpin oleh Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK.

“Pengamanan pertandingan sore hari ini melibatkan personel gabungan dari Polri dan TNI,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, pengamanan dilakukan mulai dari tempat penginapan, pengawalan bus pemain dan official kedua kesebalasan hingga seputaran di Stadion Sultan Agung Bantul.

“Personel juga kami tempatkan di simpul-simpul jalan untuk melakukan pengaturan dan pengamanan arus lalu lintas,” imbuhnya. (Humas Polres Bantul)

Polres Bantul Gelar Blue Light Patrol dan Razia Knalpot Blombongan

Untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di malam hari, Polres Bantul menggelar kegiatan blue light patrol, Sabtu (30/7/2022) malam hingga Minggu (31/7/2022) dini hari.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan menyatakan, patroli ini dilaksanakan secara kontinyu guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Bantul, sehingga situasi tetap aman kondusif.

Dijelaskan oleh Kapolres bahwa kegiatan blue light patrol dilaksanakan guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya di malam hari.

“Blue light patrol memang kita fokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Dengan harapan masyarakat juga akan merasa aman saat beraktivitas maupun yang beristirahat karena kehadiran petugas keamanan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut petugas juga menilang puluhan kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot blombongan. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Sambangi Pos Kamling di Dusun Muneng

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH melaksanakan sambang Pos Kamling di Dusun Muneng, Tirtohargo, Kretek, Bantul, Minggu (31/7/2022) dini hari.

Kegiatan sambang tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Winarko SH yang sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga binaannya. Selain itu, untuk lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat guna meningkatkan sinergitas dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman kondusif.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Winarko SH juga menyampaikan rasa terima kasih kepada warganya yang secara aktif menggiatkan pos kamling. (Humas Polsek Kretek)

Sambangi Tempat Kos, Petugas Patroli Polsek Kasihan Berikan Imbauan Kamtibmas

Polsek Kasihan menggelar kegiatan patroli untuk mencegah tindak kejahatan malam hari. Dengan hadirnya Polisi di tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat.

Kegiatan patroli secara rutin dilaksanakan oleh Polsek Kasihan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Seperti kegiatan patroli yang digelar pada Sabtu (30/7/2022) malam. Kegiatan  patroli dipimpin oleh Panit Samapta Polsek Kasihan Ipda Sigit Budi dengan sasaran obyek vital, pemukiman warga dan tempat kos-kosan.

Dalam patroli tersebut petugas juga memberikan imbauan kamtibmas kepada para penghuni kos agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan segera melaporkan ke Kepolisian terdekat

Petugas juga mengingatkan kepada para penghuni kos agar tidak lupa mengunci pintu kos, baik saat ditinggal pergi maupun saat hendak beristirahat. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Sambang Warga Binaan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aipda Agus Muslim melaksanakan sambang warga binaannya di Dusun Gubug, Argosari, Sedayu, Bantul, Sabtu (30/7/2022).

Untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif terurtama menjelang Pilurah, Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari terus melakukan kegiatan sambang warga binaan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Harapannya pada saat pelaksanaan pemilihan Lurah dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Agus Muslim menghimbau kepada warganya agar tidak melakukan aksi yang berlebihan dalam mendukung calon Lurahnya dan tetap menjaga kerukunan dengan pendukung calon Lurah yang lainnya. (Humas Polsek Sedayu)

30 July 2022

Polsek Dlingo Bekuk 4 Pemuda Mabuk Yang Curi Rokok Senilai Rp 20 Juta

Kepolisian Sektor (Polsek) Dlingo, Polres Bantul berhasil membekuk empat pemuda yang diduga telah melakukan aksi pencurian rokok di sebuah toko di Desa Terong, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Tak tanggung-tanggung, rokok yang dicuri senilai Rp 20 juta. Aksi ini dilakukan mereka usai pesta minuman keras.

Kapolsek Dlingo AKP Basungkowo didampingi Plt. Kasi Humas Polres Bantul Ipda Rita Hidayanto, Sabtu (30/7/2022), dalam keterangan persnya menyebutkan, penangkapan ini berawal dari laporan pemilik toko pada Selasa (26/7/2022) terkait dengan hilangnya ribuan bungkus rokok pada Minggu (24/7/2022).


“Awalnya pemilik toko berkeinginan mencari sendiri siapa pelaku pencurian di tokonya. Namun karena tidak membuahkan hasil, kemudian melaporkan ke kita,” jelas Basungkowo.

Menindaklanjuti laporan tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya empat pelaku pencurian berhasil ditangkap di rumahnya masing-masing.

"Keempat pelaku diamankan di rumahnya hari Rabu (27/7/2022)," jelasnya.

Adapun keempat pelaku adalah SI (28), AD (23), RK (19), FZ (18). Basungkowo menyebut keempatnya merupakan warga Kapanewon Dlingo. Mereka diamankan beserta barang bukti rokok hasil curian satu slop.


“Pelaku pembobol toko dengan menjebol atap. SI dan AD bertindak sebagai eksekutor. Sedangkan RK dan FZ bertindak sebagai penjual barang curian kepada sales rokok keliling,” paparnya.

Dari laporan pemilik, akibat aksi empat pemuda itu dirinya mengalami kerugian hingga Rp20 juta karena ribuan rokok diambil dari tokonya. Saat diperiksa, keempat tersangka mengaku uang hasil penjualan masih tersisa Rp 5 juta.

Kapolsek mengatakan aksi nekat yang baru pertama kali dilakukan karena pengaruh minuman keras yang dikonsumsi di luar Dlingo.

Keempatnya disangkakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat).

"Untuk ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara," imbuhnya.

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Sambang Scurity Sekolah

Dalam upaya ciptakan situasi aman di lingkungan sekolah, Bhabinkamtibmas Polsek Bantul untuk Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul Aipda Amat Riyadi,SH melakukan sambang ke sekolah SMP Unggulan Aisyah Bantul, Jum'at (29/07/2022).

Dalam sambangnya, Bhabinkamtibmas menemui/berdialog dengan petugas Scurity Sekolah, dan menyampaikan pesan kamtibmas untuk melakukan pengawasan intensif terhadap siswa pada saat jam masuk dan keluar sekolah serta melakukan pengecekan dilingkungan sekolah pada jam rawan gangguan kamtibmas. (Humas Polsek Bantul).
 

Safari Jum'at Keliling, Kapolsek Bantul Titipkan Pesan Kamtibmas

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH M.A.P beserta anggota melaksanakan Safari Sholat Jumat Keliling di Masjid Al Barokah Dusun Manding Trirenggo Kapanewon Bantul, Jum'at (29/07/2022).

Kehadiran Kapolsek beserta anggota turut melaksanakan Ibadah Sholat Jumat tersebut membaur dengan jamaah dengan hikmat mendengarkan khotbah Sholat Jumat, yang disampaikan oleh Ipda Zaenal Mustaqim (Panit Binmas Polsek Bantul).

Melalui Kotbahnya. Ipda Zaenal Mustaqim menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada jamaah Sholat Jum'at.

Usai melaksanakan Sholat Jamaah, Kapolsek berbincang-bincang dengan jamah dan Takmir Masjid, sebagai upaya menjalin hubungan erat bersama warga. (Humas Polsek Bantul)
 

Propam Polres Bantul Laksanakan Pengecekan Piket Malam Polsek Kasihan

Kasi Propam Polres Bantul, Iptu Parmanta beserta 3 anggota melaksanakan  Pengecekan & Kontrol Piket malam anggota Polsek Kasihan dalam rangka kesiapsiagaan perayaan malam 1 Suro Personel Polsek Kasihan, Jumat (29/7/2022) jam 22.00 WIB.

Kegiatan Pengecekan & Kontrol oleh propam polres Bantul ini  Dalam rangka pengawasan ketertiban dan disiplin bagi anggota piket polsek Kasihan,  mengecek personil piket polsek kasihan, memberikan arahan petugas piket Polsek Kasihan , mengabsen kehadiran pers serta pengecekan kesiap siagaan anggota dalam rangka perayaan malam 1 suro di wilayah Polres Bantul.

Dalam kegiatannya anggota propam polres Bantul melaksanakan pengecekan di SPKT, Ruang Tahanan serta melaksanakan apel pengecekan anggota di halaman Kapolsek Kasihan.

Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif W, SH MH  langsung mendampingi giat  pengecekan dan kontrol dari propam polres Bantul ini.

Kapolsek juga mengatakan pihaknya siap menjalankan arahan Propam . Kapolsek juga mengatakan pengawasan terhadap internal akan terus dilakukan untuk menghindari adanya perbuatan menyimpang anggotanya.

Kegiatan berakhir dengan aman dan tertib tidak ada temuan.
 

Polsek Sewon Amankan Malam 1 Suro

Kepolisian Sektor (Polsek) Sewon, Polres Bantul menerjunkan personelnya untuk mengamankan perayaan menyambut tahun baru 1 Muharam 1444 Hijriah atau mulai malam satu Suro, Jumat (29/7/2022) malam.

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto, mengatakan pusat pengamanan yakni jalur menuju objek wisata seperti Jalan Parangtritis dan tempat-tempat tertentu yang biasa dikunjungi masyarakat.
 
Ia mengatakan perayaan malam Suro ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya di daerah yang dianggap keramat. Selain itu, kepolisian juga akan melakukan pemantauan kegiatan masyarakat seperti malam tirakatan di rumah-rumah penduduk.

"Kami mempersilakan masyarakat menyelenggarakan kegiatan menyambut malam satu Suro. Kami hanya mengimbau masyarakat tetap menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal," kata dia.

Ia mengatakan biasanya setiap malam satu Suro berbagai tempat ritual yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat, baik masyarakat lokal sendiri ataupun luar daerah.

Kapolsek juga menambahkan Polsek Sewon siagakan 1/2 dari kekuatan Polsek untuk melakukan pengamanan terkait kegiatan masyarakat dalam menyambut tahun baru Hijriah. Kami mengharapkan situasi wilayah sine tetap aman kondusif.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek berpesan kepada seluruh anggota, agar tetap semangat, waspada dan melakukan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan perintah Kesatuan atas. (Humas Polsek Sewon)
 

Kapolsek Kasihan Hadiri Kegiatan Germas

Kapolsek kasihan menghadiri kegiatan Germas Musyawarah Masyarakat Desa yang diselenggarakan Puskesmas Kasihan 1 di Sekar Mataram Bangunjiwo Kasihan Bantul, Jumat (29/7/2022).

Germas adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Bentuk kegiatan GERMAS  Melakukan aktivitas fisik minimal 30 mnit sehari, Mengkonsumsi buah dan sayur,  Tidak merokok, Tidak mengkonsumsi alcohol dan Memeriksakan kesehatan secada rutin serta  Membersihkan lingkungan dan Menggunakan jamban

Tujuan GERMAS ini adalah Kesehatan lebih terjaga, Hidup lebih produktif, Lingkungan menjadi bersih dan Biaya berobat berkurang.

Kegiatan diikuti oleh  kader perwakilan dari setiap Desa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kader mengenai GERMAS dan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
 

Kapolsek Srandakan Hadiri Pengajian 1 Muharram 1444 H

Kapolsek Srandakan Kompol Sudarsono SH didampingi Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari menghadiri undangan kegiatan Pelantikan Pengurus NU Ranting Poncosari dan Trimurti serta Pengajian 1 Muharram 1444 H di Komplek Masjid Al Wafi Dusun Godegan Poncosari Srandakan Bantu, Jumat (29/7/2022)

Hadir pada kesempatan tersebut Pengasuh Ponpes Al Imdat KH. DR. Habib Abdusyakur, M.Ag, Panewu Anom Sarwanto, SIP, , Ba Tu Ud Koramil 17 Srandakan Pelda Karnadi, Lurah Poncosari Supriyanto, SE, S. Pt, Ketua MWCNU Kapanewon Srandakan Nasrudin, S. Ag beserta pengurus, Ketua Ranting NU Poncosari dan Trimurti beserta Pengurus, Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo serta Jamaah pengajian lk 350 Orang.

Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)
 

Polsek Banguntapan Amankan Malam Tahun Baru 1444 H

Guna antisipasi kerawanan gangguan kamtibmas tradisi tahunan perayaan pergantian tahun baru hijriyah, Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH Jumat tanggal 29 Juli 2022 pukul 18.30 WIB siagakan personelnya baik piket fungsi maupun gabungan staf untuk melakukan pengamanan.

Apel siaga diawali dengan pengecekan absensi kehadiran anggota oleh Kanit Provost Polsek Banguntapan Ipda Sudaryanto. Lalu penyampaian pembagian ploting anggota dilapanngan prioritas 4 titik yaitu Makam Panembahan Senopati Jagalan Banguntapan, S4 Blok O, S4 Ketandan, S4 Karantturi. Kemudian dilanjutkan oleh Kapolsek.

Dalam arahannya Kapolsek menyampaikan pengamanan pergantian tahun baru hijriyah 1 Muharam 1444 H jalur utama ringroad dari simpang Blok O - Simpang karangturi yang rawan kemacetan, serta antisipasi masyarakat yang perjalanan dari luar wilayah. Setiap titik lokasi dikendali padal dan laporkan perkembangan berjenjang. Agar anggota yang terploting selalu waspada pantau perkembangan situasi sekitar serta himbauan prokes.

Selanjutnya beberapa lokasi yang menjadi tradisi "lek-lek an" dalam menyambut datangnya tahun baru hijriyah diantaranya komplek masjid gede Jagalan dan makam raja-raja mataram. Untuk di masjid dilaksanakan pengajian yang diikuti warga masyarakat sekitar dalam menyambut tahun baru Hijriyah dengan pembicara KH Sigit Yulianto ST., MSi.

Selanjutnya melesttikan budaya leluhur di area komplek makam Panembahan Senopati diawali kirab pusaka oleh abdi dalem menuju makam panembahan senopati kemudian berdoa bersama dipimpin tokoh agama diikuti abdi dalem dan warga masyarakat yang berkunjung.

Momen pergantian tahun baru kita tingkatkan kewaspadaan karena tidak hanya warga masyarakat yang merayakan namun juga kewaspadaan mencegah tindak kriminalitas seperti tawuran maupun aksi brutal kejahatan jalanan.

Kapolsek Banguntapan Pimpin langsung pengamanan malam tahun baru Hijriyah 1444 H, dan wilayah aman kondusif tidak ada gangguan kamtibmas. Giat masyarakat terpantau aman dan tertib, tidak ada kerumunan warga yang berlebihan.
 

Jadi Khotib Jumat, Bhabinkamtibmas Kalurahan Jagalan Ingatkan Para Orang Tua Perhatikan Anaknya Dengan Siapa Bergaul

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jagalan Banguntapan Bantul Aiptu Muh Syarifudin bertindak sebagai Khotib Sholat Jumat di Masjid At-Tauhid Bodon Jagalan Banguntapan Bantul, Jumat (29/7/2022).

Bhabin mengajak pada warganya untuk selalu bersyukur atas nikmat serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Melalui mimbar Jumat Bhabin juga memberikan pembinaan kepada jamaah yang hadir untuk menjaga dan memperhatikan putra-putrinya dalam pergaulan di lingkungan masyrakat jangan sampai terlibat penyalahgunaan narkoba miras maupun pergaulan bebas.

Perhatikan juga teman bermain untuk mencegah pelaku ataupun korban tawuran serta bersama-sama mencegah terjadinya tindak kejahatan jalanan yang dilakukan anak usia remaja.

“Perkembangan teknologi berpengaruh besar terhadap budaya dan perilaku anak, untuk itu sebagai orang tua harus bisa mengontrol penggunaan HP serta bijak dalam menggunakan media sosial serta tidak melanggar UU ITE,” katanya.
 

AKP Anar Fuadi Jadi Narsum Penyuluhan KDRT di Potorono

Kanit Reskrim Polsek Banguntapan AKP Anar Fuadi SH., MIP menjadi nara sumber dalam penyuluhan tentang KDRT di Gedung Baja Kalurahan Potorono Banguntapan Bantul, Jumat (29/7/2022).

Selaku nara sumber pada giat tersebut Kanit Reskrim Polsek Banguntapan AKP Anar fuadi SH. MIP berkolaborasi dengan penyuluh dari KUA kapanewon Banguntapan Sri Sumiyatun SAg., Mpd dengan peserta dari Pamong kalurahan Potorono, perwakilan dukuh kalurahan Potorono, Ibu ketua Pkk dan perwakilan anggota PKK, perwakilan Anggota Bamuskal Potorono dan Kader sehat kalurahan potorono.

Giat pembinaan dan sosialisasi narasumber menjelaskan pengertian tentang KDRT, jenis-jenis KDRT serta konsekuensi hukumnya jika melakukan KDRT. Narasumber menjelaskan lugas untuk mudah dipahami dan dimengerti oleh peserta sosialisasi. Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan dalam rumah tangga.

Penyuluh dari KUA Kapanewon Banguntapan Ibu Sri Sumiyatun SAg., MPd menambahkan tips menjaga rumah tangga harmonis dan mencegah terjadinya KDRT serta upaya menciptakan suasana rumah yang nyaman dan bahagia.

Polsek Sedayu Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam 1 Suro

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S. Pd, MH, memimpin apel kesiapan pengamanan malam 1 suro di Aula Polsek Sedayu, Jumat (29/07/2022) malam.

Apel tersebut di ikuti oleh 28 personel Polsek Sedayu yang nantinya akan di tempatkan di titik-titik rawan terjadi gangguan kamtibmas serta pada tempat yang dijadikan kegiatan masyarakat.

Dalam sambutannya, Kapolsek Sedayu menyampaikan pola pengamanan yang di terapkan adalah preentif dan preventif berupa penjagaan stasioner menggunakan kendaraan dinas patroli.

"Dalam pengamanan kita kedepankan cara bertindak yang persuasif dan humanis tanpa mengurangi sikap tegas.

Semoga kegiatan yang kita laksanakan dapat memberikan rasa aman kepada seluruh warga dan kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan aman dan lancer," kata Kapolsek..(Humas Polsek Sedayu)

 

Personel Polsek Kretek Imbau Petugas Parkir Untuk Tertib Dalam Tata Kendaraan

Personel Polsek Kretek yang Dipimpin Pamit Opsnal 3 Unit Reskrim Polsek Kretek Ipda Heru Hariyantoko, SH memberikan himbauan kepada pengelola atau juru parkir kawasaan Parangkusumo agar kendaraan parkir di tempat yang disediakan dan tidak parkir di bahu jalan bertempat di Obyek wisata Parangkusumo Kretek Bantul, Jumat (29/07/2022) jam 13.00 WIB.

Kalam kegiatan tersebut Panit Opsnal 3 Unit Reskrim Polsek Kretek Ipda Heru Hariyantoko, SH menyampaikan berkaitan dengan kegiatan nanti malam yaitu malam pergantian tahun baru hijriah atau malam satu suro diperkirakan kawasan parangkusumo akan banyak dikunjungi oleh masyarakat, untuk itu kami dari kepolisian Polsek Kretek menyampaikan himbauan agar bapak-bapak pengelola atau juru parkir dapat mengatur kendaraan pengunjung dengan menempatkan kendaraan pada area atau kantong parkir yang telah disediakan. Tidak menggunakan bahu jalan agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

Selain itu diharapkan kepada pengelola atau juru parkir untuk Ikut menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan malam satu syuro di diwilayah Parangkusumo Kretek Bantul. (Sihumas Polsek Kretek)
 

29 July 2022

Polres Bantul Siapkan Pengamanan Perayaan Malam 1 Suro

Kawasan Pantai Parangtritis dan Parangkusomo, Kretek, Bantul diprediksi tetap menjadi tujuan utama pengunjung pada perayaan Malam 1 Suro atau 1 Muharram 1444 H.

Menyikapi hal itu, jajaran Polres Bantul menyiapkan pengamanan dengan menggelar apel siaga yang berlangsung di halaman Mapolres Bantul. Apel dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK, Jumat (29/7/2022) sore.

Pada pengamanan Malam 1 Suro atau 1 Muharram 1444 H ini sebanyak 675 personel diterjunkan.

Sementara itu, arahan Kapolres Bantul dalam apel kesiapan pengamanan wilayah meliputi, pengamanan malam kegiatan masyarakat jawa di wilayah Bantul.

Pengamanan juga terfokus pada arus lalu lintas untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan dan mencegah terjadinya tindak pidana.

"Fokus pengamanan lalu lintas yaitu jalur menuju kawasan Parangtritis," kata Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres berpesan agar seluruh personel melaksanakan tugas pengamanan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.

"Serta berikan imbauan-imbauan kepada masyarakat secara humanis. Selain itu, kegiatan pengamanan tetap kedepankan keselamatan personel," tutupnya. (Humas Polres Bantul)

Polwan Polres Bantul Laksanakan Pengamanan Shalat Jumat

Personel Polisi Wanita (Polwan) Polres Bantul melakukan pengamanan shalat Jumat di Masjid Agung Manunggal Bantul, Jumat (29/7/2022).

Kegiatan tersebut merupakan giat rutin Polwan Polres Bantul dalam memberikan dan menciptakan situasi keamanan kepada seluruh jamaah yang sedang melaksanakan ibadah shalat Jumat.

Dalam kegiatan itu personel Polwan memberikan rasa aman dengan melakukan pengaturan arus lalu lintas serta menjaga parkiran kendaraan jamaah.

Di tempat terpisah Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menuturkan, kehadiran Polwan berjaga di masjid untuk memberikan rasa aman kepada para jamaah shalat Jumat dapat melaksanakannya dengan khusyuk.

"Silahkan jalani ibadah shalat Jumat dengan tenang, Polwan kami hadir untuk memberikan rasa aman dengan berjaga di sekitaran masjid,” ucap Kapolres. (Humas Polres Bantul)

Jumat Berkah, Polres Bantul Bagikan Ratusan Nasi Kotak ke Masyarakat

Polres Bantul membagikan ratusan nasi kotak kepada masyarakat di depan Mapolres Bantul dalam rangka kegiatan bakti sosial bertajuk Jumat Berkah, Jumat (29/7/2022).

Bakti sosial tersebut dengan sasaran pedagang asongan, juru parkir, tukang becak, tukang ojek dan lainnya.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menyampaikan bahwa kegiatan Jumat Berkah Polres Bantul ini merupakan gerakan kepedulian terhadap sesama dengan membagikan nasi kotak kepada masyarakat.

“Kegiatan Jumat Berkah secara rutin kami gelar setiap hari Jumat, sekaligus sebagai sarana menjaga silaturahmi Polri bersama masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kapolres Bantul menjelaskan bahwa dana Jumat Berkah berasal dari infaq seluruh anggota Polres Bantul yang dikumpulkan setelah kegiatan apel pagi.

“Disamping membagikan nasi kotak, kami juga berikan imbauan tertib berlalu lintas dan semoga kegiatan ini bermanfaat,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)

Sambangi Tukang Parkir, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Berikan Pesan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Polsek Bantul untuk Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul Aipda Amat Riyadi,SH melaksanakan kegiatan sambang kepada tukang parkir yang ada di Toko Dwi Lestari Pasutan Bantul, Jum'at (29/07/2022).

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi,SH menyampaikan pesan kamtibmas kepada juru parkir untuk meningkatkan pengawasan terhadap kendaraan yang sedang diparkir diarea Toko. Hal tersebut untuk antisipasi tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor. (Humas Polsek Bantul)
 

Anggota Polsek Bantul Laksanakan Olahraga Jalan Santai

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan agar stamina tetap fit, anggota Polsek Bantul melaksanakan olahraga bersama dengan jalan santai, Jumat (29/7/2022).

Olahraga jalan santai kali ini dengan rute menyusuri jalan-jalan kampung di wilayah Kalurahan Trirenggo.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP dan diawali dengan apel pagi.

“Kegiatan olahraga bersama dilaksanakan setiap hari Jumat. Meskipun ditengah kesibukan bertugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, anggota Polsek Bantul tetap meluangkan waktu untuk berolahraga,” ungkap Kapolsek. (Humas Polsek Bantul)

Jaga Kebugaran, Personel Polsek Piyungan Laksanakan Olah Raga Pagi

Guna menjaga kebugaran fisik dan menjaga kesehatan personel Polsek Piyungan melaksanakan olah raga pagi, Jumat (29/7/2022) pagi.

Selesai apel, seluruh anggota Polsek Piyungan dipimpin Kapolsek Kompol Rahmad Yulianto SH M.Si melaksanakan olah raga pagi jalan kaki/ lari memutari lapangan sepakbola Piyungan Bantul.

Olah Raga yang dilaksanakan rutin dalam satu minggu sekali tersebut bertujuan untuk menjaga stamina dan kebugaran personel Polsek Piyungan.

Dengan stamina yang bugar akan menjadi salah satu modal utama bagi personel Polsek Piyungan dalam menjalankan tugas-tugas Kepolisian dalam melayani masyarakat. (Humas Polsek Piyungan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Berikan Pelatihan PKS Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) adalah salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang umum ditemui di sekolah-sekolah di Indonesia guna menanamkan kedisiplinan kepada anak didiknya.

Polsek Bantul aktif dalam memberikan pendampingan dan pelatihan PKS kepada pelajar SD, SMP maupun SMA yang ada di wilayah Kapanewon Bantul.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH juga secara aktif memberikan pembinaan dan pelatihan PKS. Salah satunya dilaksanakan di SMK Muhammadiyah I Bantul, Jumat (29/7/2022).

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB), 12 gerakan dasar lalu lantas dan senam lalu lantas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman siswa terhadap tata tertib dan etika berlalu lintas. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk membentuk sikap agar siswa disiplin, tegas dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas utama yaitu belajar,” ujar Aipda Amat Riyadi SH. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Sambang Sekolahan

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bantul rutin melakukan kegiatan sambang sekolahan. Salah satunya dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Aipda Gunawan.

Kali ini Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang menyambangi SDN Palbapang Baru, Palbapang, Bantul, Jumat (29/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Gunawan memberikan imbauan kepada para guru agar meningkatkan peran aktif dalam pengawasan kepada anak didik, terkait bullying dan keamanan pada anak ketika berada di lingkungan sekolah.

Sementara pesan yang disampaikan kepada para siswa, Bhabinkamtibmas Aipda Gunawan meminta agar selalu mentaati peraturan di sekolah dan disiplin belajar. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Kretek Giat Sosialisasi di SD Negeri 1 Donotirto

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi melaksanakan sosialisasi kebangsaan, anti kekerasan, sekolah anti bullying atau perundungan dan tertib berlalu lintas di SD Negeri 1 Donotirto, Kretek, Bantul, Jumat (29/7/2022) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Donotirto R. Wahyuningsih S.Pd M.Pd, Bhabinkamtibmas Kalurahan Donotirto Aiptu Sri Sukamto, Guru SD Negeri 1 Donotirto dan seluruh siswa SD Negeri 1 Donotirto.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi menyampaikan pengetahuan dan praktek tentang 12 gerakan pengaturan lalu lintas dan rambu-rambu lalu lintas. Selain itu Kapolsek Kretek juga menyampaikan tentang bullying, jenis, dampak dan cara mencegahnya.

Pada akhir kegiatan tersebut Kapolsek Kretek berpesan kepada para siswa agar tidak ada bullying di lingkungan sekolah dan saling menghargai antar teman, guru dan orangtua. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Giat PSN di Srontakan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aipda Ekwan mengikuti kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Dusun Srontakan Argomulyo Sedayu Bantul, Jumat (29/7/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama tim dari Puskesmas Sedayu 2, Kapanewon Sedayu, Kamituwo, staf Kalurahan Argomulyo dan Dukuh Srontakan.

PSN bertujuan untuk memberantas sarang nyamuk dengan cara melakukan 3M yakni menguras bak mandi, menutup rapat tempat penampungan air dan mendaur ulang barang bekas.

Pada kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo bersama tim melaksanakan pemeriksaaan di tiap-tiap rumah warga meliputi kamar mandi dan lingkungan rumah, sekaligus menghimbau warga untuk menjaga kebersihan dalam dan lingkungan sekitar rumah, mengubur sampah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. (Humas Polsek Sedayu)

Jalin Silaturahmi, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Sambangi Warga Binaan

Untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan aktif menjalin silaturahmi dengan warga di wilayah binaan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi menyambangi salah satu warga Dusun Pulutan, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Kamis (28/7/2022) malam.

Kegiatan sambang warga di wilayah binaan adalah salah satu tugas yang rutin dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas guna menjalin tali silaturahmi antara Polri dengan warga binaan. Selain itu juga untuk menyerap informasi yang berkembang di masyarakat serta menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi selalu mengingatkan dan mengajak kepada warga masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan antar warga. (Humas Polsek Sewon)

Sambangi Angkringan, Aiptu Imron Rosadi Sampaikan Pesan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, serta untuk mengetahui kegiatan warga dan situasi wilayah setiap hari sehingga sekecil apapun yang terjadi di masyarakat segera diketahui.

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, yang membawahi Kalurahan Bangunharjo menyambangi warga yang sedang bersantai di salah satu angkringan, di jalan Imogiri Barat, Dusun Ngoto, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul, Kamis (28/07/2022) siang.

Melalui kegiatan sambang tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan – pesan kamtibmas diantaranya bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta dalam melaksanakan pekerjaan agar senantiasa memperhatikan faktor keselamatan kerja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Aipt Imron Rosadi saat dikonfirmasi menyampaikan, kegiatan sambang ini rutin dilaksanakan oleh seorang Bhabinkamtibmas di wilayah binaannya setiap hari sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat juga memberikan pesan-pesan kamtibmas diantaranya menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya tindak kriminalitas.

“Dengan terjalinnya kemitraan yang baik antara Polri dan masyarakat dapat tercipta kamtibmas yang aman dan kondusif,” pungkas Aiptu Imron. (Humas Polsek Sewon)
 

Kapolsek Imogiri Ucapkan Selamat Bertugas di Tempat yang Baru Kepada Danramil

Kapolsek Imogiri Polres Bantul Kompol Sumanto SH, menghadiri rapat koordinasi bersama Forkompim Kapanewon Imogiri di ruang pertemuan Kamis (29/6/2022).

Pelaksanaan rapat koordinasi di selenggarakan oleh Kapanewon Imogiri dan di pimpin langsung Oleh Panewu Imogiri Slamat Santoso SIP, dan dihadiri oleh lurah Panewu Anom, Danramil 10 Imogiri yang di wakili Bripka Suyanto, Kepala KUA Imogiri Moch Rois Wisda, kepala puskesmas Imogiri 1,2, lurah se Kapanewon Imogiri.

Dalam rakor Panewu Imogiri Slamet santoso SIP membahas rencana pelaksanaan pemperingati HUT RI dilanjutkan kegiatan pelepasan Danramil Imogiri Kapten CZi yang akan melaksanakan tugas baru sebagai Danramil Kapanewon Pleret.

Dalam kesempatan itu Kapolsek Imogiri mengucapkan selamat bertugas di tempat yang serta  memberikan cindera mata kepada Danramil Kapten CZi Pangestu sebagai tanda penghormatan selama bertugas di Kapanewon Imogiri. (Humas Polsek Imogiri)
 

Polsek Kretek Bersama Tiga Pilar Berikan Himbauan di Obyek Wisata Parangkusumo

Polsek Kretek bersama Tiga Pilar Kapanewon Kretek memberikan himbauan pada juru parkir dan warung agar pada malam tahun baru Hijriah atau malam 1 Syuro agar tidak menaikkan harga makanan / tarif parkir di Obyek wisata Parangkusumo Kretek Bantul, Kamis (28/07/2022) jam 13.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Kretek Hendri Purnomo, S.Kom, Kanit Samapta Polsek Kretek AKP Paidi, Panit Binmas Aiptu Irian Dwi Nuryadin, Bhabinkamtibmas Bripka Winarko, S.H, Babinsa Serda Rustanta dan Banit Intel Bripka Bambang Edianto.

Bertempat di Obyek wisata Parangkusumo Personil Polsek Kretek bersama Tiga pilar Kapanewon Kretek dan Koramil Kretek melaksanakan Himbauan pada juru parkir dan warung agar pada malam tahun baru Hijriah atau malam 1 Syuro agar tidak menaikkan harga makanan/ tarif parkir. Kegiatan tersebut merupakan langkah antisipasi dari Pemerintah Kapanewon Kretek agar tidak terjadi kenaikan harga barang maupun jasa yang tidak sewajarnya kepada pengunjung di Obyek Wisata Parangkusumo. (Sihumas Polsek Kretek)

28 July 2022

Polres Bantul Gelar Rakor Pengamanan Perayaan 1 Suro

Kepolisian Resor Bantul menggelar rapat koordinasi persiapan pengamanan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H atau 1 Suro di wilayah Bantul agar berjalan aman dan lancar, Kamis (28/7/2022).

Rakor digelar di ruang rapat Gedung Satpas Polres Bantul dan dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK. Kegiatan rakor juga dihadiri oleh PJU Polres Bantul dan Kapolsek jajaran Polres Bantul, perwakilan dari Kodim Bantul, Dispar Kabupaten Bantul, BPBD Kabupaten Bantul, Dishub Kabupaten Bantul, Satpol PP Bantul, PPK dan Paksikaton.

"Kegiatan rakor ini diselenggarakan dengan maksud sebagai langkah awal pelaksanaan pengamanan malam 1 Suro agar dapat berjalan lancar," kata Kapolres Bantul.

Lebih lanjut, pengamanan malam 1 Suro akan difokuskan di kawasan obyek wisata Parangtritis dan Parangkusumo, Kretek, Bantul. Serta pengamanan jalur lalu lintas yang menuju ke kawasan tersebut.

Seperti diketahui bahwa setiap perayaan malam 1 Muharram atau 1 Suro banyak masyarakat yang terkonsentrasi di kawasan Pantai Parangtritis dan Parangkusumo.

Sementara itu, untuk mengantispasi terjadinya kemacetan akan dilakukan rekayasa lalu lintas mulai dari Simpang tiga Sempalan Pundong.

“Kendaran-kendaraan yang menuju ke kawasan Parangtritis akan dialihkan melalui Simpang tiga Sempalan Pundong. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan khususnya di Jembatan Kretek,” jelas Kapolres.

Untuk itu, pihaknya akan menempatkan personel di penggal-penggal jalan menuju kawasan Parangtritis bersama petugas dari Dishub, Dispar, Satpol PP dan Kodim Bantul serta Paksikaton.

Harapannya dengan sinergitas dan kolaborasi dalam pengamanan tersebut perayaan 1 Muharram atau 1 Suro di wilayah Bantul berjalan lancar, serta kamtibmas dan kamseltibcar lantas tetap aman kondusif. (Humas Polres Bantul)

SIM Masuk Desa, SIMMADE Polres Bantul Layani Masyarakat banguntapan

Kamis (28/7/2022) pukul 07.30 Wib di Kalurahan Banguntapan Bantul berlangsung giat pelayanan SIMMADE dari Satlantas Polres Bantul. Hadir pada tersebut Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH, Lurah Banguntapan Basirudin, Bhabin Aiptu Agung Aji W SH Mpar,  Ba Ur SIM Polres Bantul Aiptu Beny Setyo K bersama 2 Anggota operator SIM Polres Bantul, Kasihumas Aiptu Sutadi, dan warga pemohon SIM C baru serta yang perpanjangan.

Program Satlantas Polres Bantul mengusung SIM Masuk Desa (SIMMADE) untuk memudahkan warga masyarakat mencari SIM dan terjangkaunya Pelayanan Maksimal di SeluruhLapisan Masyarakat.

Pelayanan SIMMADE melayani Pembuatan Sim C Baru dan Perpanjangan Sim A dan C dengan dilakukan pendaftaran dan test psikologi, dan Pelatihan Ujian SIM kamis keliling (Puskamling) secara gratis.

Petugas selalu menghimbau pemohon SIM untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, selanjutnya pemohon sim C baru mengikuti prosedur penerbitan SIM Baru denga mengikuti teat psikologi, kesehatan , ujian teori dan praktik.

Bagi pemohon SIM baru yang lolos tahapan ujian dijadwalkan foto SIM di Satpas SIM Satlantas Polres Bantul.

Warga memberikan apresiasi kemudahan dan kecapatan proses pelayanan SIMMADE baik pembuatan baru dan Perpanjangan SIM A maupun C.
 

Polsek Piyungan Berikan Pembekalan Terhadap Linmas Kalurahan Srimartani

Kanit Binmas Polsek Piyungan Iptu Moh Widayadi Sanani beserta Kanit Lantas Ipda Wiwit Rudiyanto memberikan pembekalan dan pembinaan terhadap Linmas Kalurahan Srimartani di Aula Kalurahan Srimartani, Rabu (27/7/2022) malam.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pada anggota Linmas agar lebih siap dan punya wawasan dalam melaksanakan tugas, karena Linmas adalah mitra Kepolisian yang ikut membantu menjaga keamanan dilingkungan desa,/kelurahan.

Dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas memberikan materi tentang tugas pokok Linmas baik dalam penanggulangan bencana alam maupun bantuan perkuatan dalam melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat.

Sementara itu untuk mengurangi resiko kecelakaan lalulintas serta meningkatkan kemampuan Linmas dalam melakukan pengaturan lalu lintas, Kanit Lantas Ipda Wiwit memberikan materi tentang tata tertib berlalulintas dan gerakan dasar lalulintas.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bermanfaat menambah pengetahuan dan kemampuan Linmas dalam melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan peranannya. (Humas Polsek Piyungan)
 

Penanganan Kasus Brigadir "J", Peneliti Senior BRIN Minta Publik Percayakan Timsus Bentukan Kapolri

JAKARTA - Usai Bharada Richard Eliezer (Bharada "E") yang terlibat baku tembak dengan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir "J") diperiksa Komnas HAM tanpa didampingi pejabat Polri pada Selasa (26/7), peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Profesor Hermawan Sulistyo mengapresiasi kinerja Timsus dalam mengungkap kasus ini.

Prof Kikiek, sapaan akrabnya, percaya akan kinerja tim khusus kasus tewasnya Brigadir "J" bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dasar kepercayaan Prof Kikiek adalah pernyataan para perwira tinggi (Pati) bintang tiga Polri yang tergabung dalam timsus tersebut.

Menurut Prof Kikiek, para Pati Polri yang terlibat dalam Timsus tersebut telah menyatakan komitmen dan tidak mau akhir ujung karier mereka ini terganggu karena kinerja di kasus tewasnya Brigadir 'J'.

"Sekarang publik percaya sajalah, karena yang saya dengar para bintang tiga yang jadi anggota tim itu ngomong, 'Kami tidak mau akhir ujung karier kami ini terganggu (karena kinerja di kasus tewasnya Brigadir J)'. Jadi mereka pasti bekerja benar, dan ini pernyataan bagus bahwa mereka sebentar lagi mau pensiun, terus mereka mau belain apa, ya sudah nggak ada beban," beber Prof Kikiek kepada wartawan.

Prof Kikiek menegaskan, para Jenderal bintang 3 yang terlibat pada Timsus untuk menangani kasus Brigadir 'J' ini tidak mungkin mau nipu-nipu publik terkait hasil ungkap kasus ini.

"Jika mereka mau nipu publik, dia mau dapat apa? Duit? Jumlahnya berapa? Ada prinsip 'kita itu bisa nipu satu orang selama-lamanya, kita bisa nipu semua orang pada satu waktu, tapi kita nggak bisa nipu semua orang selama-lamanya," tegas Prof Kikiek.

Prof Kikiek menyayangkan bila kinerja Polri yang dinilai baik pada sejumlah hasil survei tercoreng karena kasus ini.

"Hasil berbagai survei kan Polri ini sudah bagus image-nya, kinerjanya bagus, eh tiba-tiba ada satu kayak begini, kan rusak semuanya," ucap Prof Kikek.

Dia pun menilai kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J termasuk level kejahatan jalanan.

Dia membandingkan kasus ini dengan kasus penembakan istri anggota TNI di Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang terjadi pekan lalu, Senin (18/7/2022).

"Ini kasus biasa saja sebetulnya. Yang jadi luar biasa itu ya penjelasan di awalnya. Itu TNI nembak istrinya saja sebentar selesai, kok. Dari awal, jika kasus ini ditangani sesuai prosedur-prosedur penanganan street crime, sudah kelarlah. Ini kan nggak ada yang diuntungkan, jadi cepat diselesaikan," tutur dia.

Menyinggung soal kejujuran dan oknum, Prof Kikiek menegaskan keterbukaan adalah sikap yang tepat, yang diambil Polri.

"Karena melebar ke mana-mana, makanya Polri mau meluruskan tuduhan publik, ya dibentuk tim khusus nya itu," tambah Prof Kikiek.

Dia optimis jika kasus ini dapat diselesaikan oleh Polri dalam minggu ini.

Prof Kikiek menekankan lagi kepercayaan pada tim khusus bentukan Kapolri.

"Kasus seperti ini sangat sulit ditutupi. Kita tunggu saja hasilnya. Ada empat komjen terlibat, saya kira nggak mungkin menyetir empat komjen senior yang sudah mau pensiun. Kapolri berkali-kali mengatakan biar ikannya tidak busuk, dipotong kepalanya dulu. Inilah saatnya membuktikan," tutur Prof Kikiek.

Dia mewanti-wanti agar persoalan ini jangan sampai dibawa ke ranah politik.

Dia mengingatkan bahwa perkara ini adalah kasus jalanan biasa yang tidak ada kaitannya dengan posisi pejabat tinggi negara.

Personel Polsek Srandakan Dampingi Pemberian Vaksinasi Penyakit PMK

Personel Polsek Srandakan dipimpin Kapolsek Srandakan KOMPOL Sudarsono SH melaksanakan pengamanan serta pantauan giat pemberian Vaksinasi penyakit PMK pada sapi di kandang kelompok ternak sapi Sidodadi Dsn. Krajan Poncosari Srandakan Bantul, Kamis (28/7/2022).

Hadir dalam giat tersebut Kapolsek Srandakan KOMPOL Sudarsono SH, Drh. Titih Wahyaningtyas koordinator puskeswan Sanden, Arum Praptiwi AMD Puskeswan Sanden, Eni Repitawati AMD Puskeswan Sanden, Kanit Reskrim AKP Sutrisno SH MH, Ps. Panit Reskrim AIPTU Wiyana, Ps. Kasihumas AIPTU Didik. R, Ps. Panit Intelkam AIPTU Toni. E, Gabungan piket fungsi 5 personel serta Ketua kelompok ternak sapi Sidodadi Bpk. Parjiman dan anggota

Pada kesempatan pagi hari ini Tim dokter Vaksinator dari Puskeswan Sanden  menggunakan Vaksin jenis Oftopor dosis 2 boster

Adapun sapi yang berhasil divaksin di kandang kelompok ternak Sidodadi berjumlah 22 ekor.

Giat berjalan lancar aman terkendali sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid 19. (Humas Polsek Srandakan)
 

Police Goes To School, Polsek Bantul Berikan Pelatihan PKS

Untuk menanamkan kedisiplinan sejak dini serta mencegah terjadinya kenakalan remaja dan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas, Polsek Bantul menggelar Police Goes To School di SMK Musaba Bantul, Rabu (27/7/2022).

Kegiatan yang bersifat pembekalan siswa ini diikuti sejumlah 50 siswa calon anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) SMK Musaba Bantul.

Kegiatan dipimpin oleh Panit Binmas Polsek Bantul Ipda Zaena Mustaqim. Adapun materi yang diberikan yaitu teori PKS, etika berlalu lintas dan PBB (Peraturan Baris Barbaris).

Ipda Zaenal Mustaqim mengatakan bahwa para siswa harus dibekali dengan sikap kedisiplinan serta pengetahuan tentang etika berlalulintas, agar mereka paham dan tetap patuh terhadap undang-undang atau peraturan yang berlaku.

Polsek Bantul akan terus melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada siswa-siswi di sekolah-sekolah agar tercipta situasi kondusif di lingkungan sekolah, menjadikan siswa berkarakter dan disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah serta mentaati peraturan sekolah. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Hadiri Pelatihan dan Pembentukan PATBM

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aipda Agus Muslim menghadiri kegiatan pelatihan dan pembentukan PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) di Aula Bawal Putih Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Kamis (28/7/2022).

Hadir sebagai narasumber dari DP3APPKB Kabupaten Bantul. Selain itu, hadir pula TP PKK, Bamuskal, Pamong, tokoh agama, Karang Taruna, Satgas PPA serta Babinsa.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 26 sampai dengan 28 Juli 2022. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Latih PBB Pleton Inti MTs N 1 Bantul

Bertempat di halaman MTs N 1 Bantul, Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Aiptu Imron Rosadi dan Aiptu Jedik Prastowo memberikan materi pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada siswa-siswi yang tergabung dalam pleton inti MTs N 1 Bantul, Rabu (27/7/2022) siang.

Kegiatan latihan PBB dilaksanakan guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara agar para siswa memiliki kedisiplinan dan rasa tanggungjawab, cinta tanah air, pengamanalan Pancasila dan UUD 1945.

“Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas di sekolah,” ujar Aiptu Imron.

Materi yang diberikan berupa latihan PBB, peraturan penghormatan dan dasar-dasar kedisiplinan, serta latihan tata upacara bendera. Selain itu, anggota Polsek Sewon juga memberikan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

Dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh para siswa.

“Instruksi yang diberikan diikuti dan dilaksanakan oleh siswa, sekaligus kita nilai gerakannya. Jika masih ada kesalahan akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar,” kata Aiptu Jedik Praptowo.

Para siswa pun terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sewon. Hal ini terlihat pada saat penyampaian materi, baik teori maupun praktek para siswa memperhatikan dengan serius dan seksama. (Humas Polsek Sewon)

99 Personel Polres Bantul Latihan Beladiri Polri Syarat Ujian Naik Pangkat

Untuk meningkatkan kemampuan individu dan persiapan ujian UKP (Usulan Kenaikan Pangkat) periode 1 Januari 2023, personel Polres Bantul melaksanakan kegiatan latihan beladiri Polri di halaman Mapolres Bantul. Selasa (26/7/2022).

Pada kegiatan latihan beladiri Polri kali ini diikuti oleh 99 anggota Polres Bantul yang akan naik pangkat yang dipimpin oleh Iptu Gunawan bersama tim.

Kapolres Bantul melalui Kabag SDM Polres Bantul Kompol Rini Suryani SH mengatakan, ujian beladiri Polri merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dilalui bagi anggota Polri untuk mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Selain itu, beladiri Polri ini harus dikuasai oleh setiap anggota Polri dalam menunjang tugasnya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Kegiatan latihan beladiri Polri ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dan siap di lapangan, serta sebagai syarat kenaikan pangkat,” ujarnya.

Lebih lanjut, kegiatan latihan beladiri Polri di Polres Bantul dilaksanakan mulai tanggal 26 Juli hingga 15 September 2022 setiap hari Selasa dan Kamis.

Kompol Rini berharap kegiatan latihan beladiri berjalan dengan lancar dan para personel dapat lulus saat mengikuti ujian beladiri.

Sementara itu, materi latihan yang diberikan tentang teknik-teknik dasar dalam beladiri Polri serta gerakan-gerakan yang menjadi inti beladiri Polri itu sendiri, seperti yang pernah diajarkan pada saat masa pendidikan Polri di SPN. (Humas Polres Bantul)

Polsek Kasihan Melatih Tata Upacara Bendera Siswa SDN Negeri 1 Sribitan Bangunjiwo

Kanit Binmas Polsek Kasihan Iptu Sumarjono bersama Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Aipda Rista F melatih Tata Upacara Bendera kepada siswa-siswi SDN Negeri 1 Sribitan. Pelatihan dilaksanakan di Halaman SDN Negeri 1 Sribitan Dusun Sribitan RT 01, Bangunjiwo, Kasihan Bantul Rabu (28/7/2022) pagi.

Kegiatan ini sengaja dilakukan dengan maksud agar setiap pelaksanaan Upacara Bendera, baik pada upacara rutin, maupun peringatan hari besar dapat dilaksanakan dengan khidmat dan sesuai dengan tata upacara yang benar. Selain itu upacara bertujuan untuk menumbuhkan jiwa disiplin dan kepemimpinan bagi setiap siswa.

Materi latihan upacara yang diberikan adalah dengan menitik beratkan pada petugas upacara seperti petugas pengibar Bendera Merah Putih, pemimpin upacara dan pembaca Teks UUD 1945.
 

Panit Intelkam Polsek Sedayu Hadiri Rapat Penetapan Bakal Calon Lurah Argosari

Panit Intelkam Polsek Sedayu Ipda Kawit menghadiri rapat penetapan bakal calon Lurah Argosari di Aula Kalurahan Argosari Sedayu Bantul, Rabu (27/7/2022).

Hadir di antaranya Panewu Sedayu Anton Yulianto, Babinsa Serka Hartono, Ketua Panitia Pilurdes Argosari, Bamuskal Argosari dan Bakal Calon Lurah.

Adapun bakal calon Lurah Kalurahan Argosari ada 4 orang yaitu Sudarno, Drs. Hidayaturachman, Sadi dan Sapto Hadi Saputro.

Dalam sambutannya Panewu Sedayu menyampaikan agar bakal calon Lurah mentaati setiap tahapan serta menghimbau untuk mengkondisikan para pendukungnya menciptakan Pilurdes yang aman dan tertib. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolsek Kretek Jenguk Keluarga Anggota Yang Sakit

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi bersama anggotanya mengunjungi rumah Aiptu Sri Sukamto di Dusun Karangasem Seloharjo Pundong Bantul untuk menjenguk putrinya yang sedang sakit, Rabu (27/7/2022).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Keluarga Besar Polsek Kretek terhadap keluarga anggiota yang sedang sakit.

Selain itu, kegiatan tersebut sekaligus untuk memberikan dukungan moril serta bersilaturahmi.

“Kami juga mendoakan kepada putri Aiptu Sri Sukamto yang sedang sakit semoga segera diberikan kesembuhan sehingga bisa beraktivitas lagi seperti sedia kala,” tutur Kapolsek Kretek.

Sementara itu, Ny. Sri Sukamto sebagai perwakilan keluarga mengucapkan terima kasih atas kepedulian Keluarga Besar Polsek Kretek serta doanya untuk kesembuhan putrinya. (Humas Polsek Kretek)

27 July 2022

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Hadiri Pelatihan PATBM

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo menghadiri kegiatan Pelatihan dan Pembentukan PATBM di Aula Bawal Putih Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul., Selasa (26/7/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas P3APPKB Kabupaten Bantul dengan menghadirkan narasumber M. Zainul Zain S.Ag dan Wuri Astuti Samsudin.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Bantul Dra. Ninik Istitarini Apt MPH, Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bamuskal, TP PKK, Tokoh Agama dan Karang Taruna masing-masing dari Kalurahan Gadingharjo, Poncosari, Seloharjo, Potorono, Pleret, Tamantirto dan Argosari. (Humas Polsek Srandakan)

Sambangi Pos Satpam, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Sampaikan Pesan Kamtibmas

Satpam adalah merupakan petugas yang membantu tugas Polri dalam melaksanakan pengamanan di wilayah atau area tertentu seperti di perusahaan milik BUMN maupun swasta.

Untuk meningkatkan sinergitas dalam pelaksanaan tugas, Bhabinkamtibmas secara rutin melakukan sambang dan memberikan pembinaan terhadap petugas Satpam.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH dengan menyambangi Pos Satpam di PT. Casalini Natura Indonesia, Trirenggo, Bantul, Rabu (27/7/2022).

Dalam sambangnya, Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi SH menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada petugas Satpam di perusahaan itu.

Aipda Amat Riyadi SH juga memotivasi serta memberikan arahan kepada petugas Satpam supaya meningkatkan kewaspadaan agar obyek pengamanannya tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

“Laksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” pesannya. (Humas Polsek Bantul)

Kanit Propam Polsek Piyungan Pimpin Apel Pagi

Anggota Polsek Piyungan dipimpin Kanit Propam Aiptu Marsono melaksanakan apel pagi di halaman Mapolsek Piyungan, Rabu (27/7/2022) pagi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek beserta para Kanit, Panit, Kasi dan anggota Polsek Piyungan.

Dalam arahannya Kanit Propam mengucapkan terima kasih kepada anggota Polsek Piyungan yang telah melaksanakan pengaturan lalulintas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan.

Lebih lanjut Kanit Propam Aiptu Marsono menekankan kepada anggota agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun yang dapat mencoreng institusi Kepolisian.

"Sebagai anggota Polri diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat, sehingga penting bagi kita untuk menaati kode etik dan aturan yang sudah ditetapkan," ucapnya.

"Wajib hukumnya bagi anggota Polri menjauhi judi, minuman keras apalagi terlibat dalam jaringan narkoba," tegasnya. (Humas Polsek Piyungan) 

Sambangi Penjaga Sekolah, Petugas Patroli Polsek Bantul Sampaikan Pesan Kamtibmas

Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Polsek Bantul secara rutin menggelar kegiatan patroli di wilayah hukumnya.

Patroli kali ini dipimpin oleh Aiptu Rukijo dengan sasaran obyek vital dan tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas. Salah satunya menyambangi SMA Negeri 3 Bantul, Selasa (26/7/2022) malam.

Dalam kegiatan patroli tersebut petugas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada penjaga sekolah agar melaksanakan patroli keliling di lingkungan sekolah dan jika ada hal-hal yang mencurigakan segera menghubungi Polsek Bantul. (Humas Polsek Bantul)