Kapolres Bantul Hadiri Upacara HUT ke-77 RI Kabupaten Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 10:31

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri upacara HUT ke-77 RI yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul di Lapangan Trirenggo, Bantul, Rabu (17/8/2022).

Bupati Bantul  Abdul Halim Muslih menjadi inspektur upacara dalam kegiatan ini.

Upacara diikuti oleh unsur TNI-Polri, pegawai di lingkungan Pemkab Bantul, pelajar dan beberapa organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Bantul .

Hadir juga dalam upacara ini jajaran Forkopimda Bantul antara lain Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo, S.T, Kajari Bantul Suwandi S.H M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Bantul Aminuddin, S.H.M.H, Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Bantul Drs. Abd. Halim Zailani, Kasdim 0729/Bantul Mayor Inf Widiantoro, serta undangan lainnya.

Pengibaran bendera Merah-Putih dilakukan oleh tim Paskibraka setelah bendera diberikan oleh inspektur upacara. Saat Sang Saka Merah Putih dinaikkan perlahan, para peserta upacara berdiri dan memberi hormat.

Dalam kesempatan tersebut, Irup Bupati Bnatul membacakan amanat Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam amananya, Sri Sultan mengatakan Peringatan Proklamasi Kemerdekaan sama halnya dengan sebuah perenungan spiritual.

Perenungan dilakukan dengan introspeksi-memusatkan kekuatan batin sebagai sumber hikmah, dan selanjutnya menjadi pencerah pikir dalam menunaikan cita-cita Proklamasi berlandaskan istiqomah, konsisten, konsekuen, dan berkelanjutan.


Dan, alangkah baiknya apabila peringatan kemerdekaan kali ini sebaiknya diliputi suasana samadya lan prasaja tanpa mengurangi makna esensialnya.

“Segenap warga DIY yang patriotik dan saya banggakan, Dalam memaknai HUT ke-77 RI 2022, haruslah merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia.

Bahwa kemajemukan harus dikreasikan sebagai sumbu yang menerangi keutuhan bangsa dan negara.


Kemajemukan politik dan ekspresinya dalam kehidupan ber-Indonesia, tidak akan memperlemah semangat untuk lebih menyatu.

Justru kemerdekaan kemajemukan itulah menjadikannya energi pengembangan daya kreasi bangsa,” katanya.

Menurutnya, keunikan bangsa dalam keberagaman, justru menjadi perekat yang memperkuat jati diri bangsa.

Bahkan, kekhasan budaya lokal yang dapat dikembangkan sebagai kearifan lokal, hendaknya dapat diberdayakan guna menampung segala kemajemukan itu, sekaligus memperteguh semangat persatuan Indonesia.

“Dirgahayulah Bangsa dan Negara Republik Indonesia, dan seluruh Rakyat Yogyakarta yang patriotik! Sekian, terima kasih. Merdeka.....!!!!!!!!!!,” tandasnya.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:31

0 komentar:

CB