30 September 2022

Polisi Sahabat Anak, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Tanamkan Disiplin Sejak Dini

Polisi sahabat anak merupakan program Kepolisian yang ditujukan kepada anak usia dini sebagai upaya penanaman kecintaan sejak dini terhadap Polisi, menanamkan kedisiplinan sejak dini dan upaya menghilangkan image buruk tentang Polisi dimata anak-anak.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bantul untuk Kalurahan Sabdodadi Kapanewon Bantul Aipda Moh Riyadi di Sekolah TK Lembaga Tama 2 Keyongan Sabdodadi Kapanewon Bantul, Jum'at (30/09/2022).

Tujuan kegiatan Polisi Sahabat Anak ini adalah menanamkan kecintaan anak-anak kepada Polisi sejak dini dan membangun simpati dini terhadap anak, bahwa Polisi tidak perlu ditakuti namun sebagai mitra keamanan yang siap membantu dan selalu hadir bersama masyarakat

Aipda Moh Riyadi juga memberikan pengetahuan dengan pengenalan aturan dan rambu berlalu lintas, memperkenalkan tugas Polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang disampaikan dengan bahasa sederhana dengan metode belajar sambil bermain.

“Dengan metode ini nampak dari wajah-wajah mereka yang ceria dan diharapkan anak-anak tidak takut lagi, ketika bertemu dengan sosok Polisi,” ujar Aipda Moh Riyadi. (Humas Polsek Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Tirtonirmolo Melatih Upacara di SDN Winongo

Bhabinkamtibmas Tirtonirmolo  Bripka Dwi Nur W bersama Babinsa melaksanakan pembinaan dan  latihan upacara di SDN Winongo Tirtonirmolo Kasihan Bantul, Kamis (29/9/2022).

Sebelum latihan upacara, para siswa deberikan materi tentang disiplin.  Setelah siswa sudah menjiwai  makna disiplin baru diberikan materi dalam upacara, dengan mengutamakan kekompakan dan kebersamaan serta berlatih serius untuk bisa ditampilkan.

Dalam latihan ini, Bhabinkamtibmas dalam mengutamakan pelatihan petugas upacara antara lain  Komandan upacara, pengerek bendera, protokol,  komandan pleton dan peserta upacara harus tegas, korek dan gerakanya patah patah.

Selelasi latihan diadakan evaluasi, kekurangan segera diperbaiki dan ditingkatkan hingga benar benar mendekati sempurna apa yang diharapkan.
 

Aksi Jumat Berkah, Polres Bantul Bagikan Nasi Kotak Gratis

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Polres Bantul terpanggil untuk terus melakukan sebuah gerakan nyata, dengan mengadakan kegiatan Jumat Berkah berbagi nasi gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan, mengatakan agenda ini dinamakan Jumat Berkah merupakan sebuah kegiatan aksi berbagi makanan siap makan berupa nasi beserta lauknya dan minum yang bertujuan untuk berbuat baik kepada sesama. Jumat Berkah ini dilakukan di depan Mapolres Bantul.

"Kegiatan sosial Jumat Berkah ini bertujuan untuk berbagi makanan pada sesama yang membutuhkan bagi masyarakat," ucap Ihsan, Jumat (30/9/2022).

Sedikitnya 100 orang mendapatkan nasi gratis yang disiapkan anggota Polres Bantul.

Sasaran khusus yang menjadi target kegiatan ini adalah para pengguna jalan, kaum dhuafa, petugas kebersihan, tukang becak, pedagang asongan dan ojek online.

Kegiatan Jumat Berkah berawal dari kepedulian sosial anggota Polres Bantul dengan berkegiatan sosial dalam arti panggilan hati untuk berbuat kebaikan terhadap sesama.

“Sumber dana berasal dari infaq anggota yang dikumpulkan,” imbuhnya.

Ihsan berharap, kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga bermanfaat untuk sesama,” tandasnya.
 

Bhabinkamtibmas Kelurahan Timbulharjo, Ikuti PSN di Dusun Kepek

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Timbulharjo, Polsek Sewon Polres Bantul Aiptu Ibnu Wakhid, SH turut mengikuti pelaksanaan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kelurahan binaannya di dusun Kepek, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon,Kabupaten Bantul. Jumat (30/09/2022) pagi.

Petugas mendatangi rumah warga dengan didampingi perangkat Kelurahan Timbulharjo, petugas dari Puskesmas 1 Sewon, Babinsa Koramil 0/4 Sewon, PKK,, dan kader kesehatan, mengecek kebersihan bak penampungan air (bak mandi) maupun lingkungan rumah warga serta tempat umum.

Pada kesempatan tersebut Aiptu Ibnu Wakhid, SH menyampaikan pesan kamtibmas setiap warga yang ditemui tentang  pentingnya kegiatan PSN, selain untuk kesehatan dan mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah juga sebagai sarana silaturahmi dengan warga masyarakat, tak lupa juga menyampaikan agar warga peduli dengan situasi lingkungannya terutama pada kamtibmas. (Humas Polsek Sewon)

Pindah Tugas, Ipda Dwi Dan Bripka Andi Berpamitan di Polsek Sedayu

Panit Reskrim Polsek Sedayu Ipda Dwi bersama   Bripka Andi berpamitan kepada anggota Polsek Sedayu untuk pindah tugas di tempat yang baru di aula Polsek Sedayu, Jumat (30/9/2022).

Polsek Sedayu kehilangan 2 anggota terbaiknya yakni Ipda Dwi dan Bripka Andi karena harus mutasi pindah di tempat tugas yang baru di Polda DI Yogyakarta.

Pada kesempatan ini Ipda Dwi dan Bripka Andi berpamitan menyampaikan undur diri untuk menjalankan tugas yang baru di Polda DI Yogyakarta.

"Kami berdua mohon doa restu agar selalu di beri kemudahan dan kesuksesan di tempat yang baru nanti, apabila ada kesalahan dan sikap kami yang tidak berkenan mohon di maafkan" Ucap Ipda Dwi.

Selanjutnya atas nama Polsek Sedayu, Kanit Reskrim Polsek Sedayu AKP Muji Raharjo dalam kesempatan ini menyampaikan selamat bertugas di tempat yang baru semoga selalu di berikan kesehatan, kesuksesan dan kemudahan dalam bertugas di tempat yang baru.

"Semoga perpindahan tugas ini tidak memutuskan tali silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik di Polsek Sedayu," pesan AKP Muji. (Humas Polsek Sedayu)

Unit Binmas Polsek Sedayu Berikan Pelatihan Upacara Bendera Di SD Negeri 3 Sedayu

Panit Binmas Polsek Sedayu Iptu Basuki bersama Bhabinkamtibmas Argorejo Aiptu Murgyadi S. I. Kom, memberikan pelatihan upacara bendera di SD Negeri 3 Sedayu, Bantul, Kamis (29/9/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan para siswa SD Negeri 3 Sedayu dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada hari Sabtu 01 Oktober 2022 besok.

Selain itu kegiatan latihan upacara ini juga untuk membentuk sikap mental kepribadian para siswa agar dalam pelaksanaan upacara nanti tidak ragu dalam menjalankan tugasnya serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan sikap menghargai jasa para Pahlawan.

Hari ini sudah terbentuk tugas masing-masing siswa sebagai petugas upacara, yakni sebagai petugas upacara akan di laksanakan oleh siswa kelas VI dan sebagai petugas cadangan adalah siswa kelas V. (Humas Polsek Sedayu)

29 September 2022

Kanit Binmas Polsek Piyungan Berikan Pembekalan Fonaba Kapanewon Piyungan

Kanit Binmas Polsek Piyungan Iptu Muhammad Widayadi Sanani menghadiri pengukuhan dan pembekalan Forum Anak Bantul (Fonaba) Kapanewon Piyungan di Aula Kapanewon Piyungan, Bantul, Kamis (29/9/2022).

Hadir di antaranya Panewu Anom Kapanewon Piyungan Subaryono SIP MM, anggota Koramil Piyungan Serka Legowo dan 40 peserta perwakilan siswa-siswi SMP- SMA Kapanewon Piyungan.

Dalam sambutannya Penewu Anom menyampaikan bahwa Fonaba Kapanewon Piyungan ini dibentuk untuk lebih meningkatkan prestasi Kabupaten Bantul yang telah memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Nasional.

“Dengan adanya Fonaba ini kami berharap bisa menjadi sarana pemenuhan hak anak, sarana partisipasi anak serta menunjang kegiatan Kabupaten Layak Anak untuk naik ke jenjang lebih tinggi yaitu Kabupaten Ramah Anak,” ujar Panewu Anom.

Lebih lanjut, fungsi forum anak ini untuk memantau pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban anak, sosialisasi hak dan kewajiban anak di lingkungan teman sebaya, menyuarakan aspirasi anak, mendorong anak-anak aktif mengembangkan potensinya.

Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Piyungan dalam memberikan pembekalan materi UULAJ tentang tertib berlalu lintas pencegahan laka lantas yang melibatkan kalangan pelajar. (Humas Polsek Piyungan)

Polsek Sedayu Dampingi Kegiatan Lomba Upacara Bendera di SMP Negeri 2 Sedayu

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S.Pd MH bersama Panit Binmas Iptu Basuki dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi mendampingi kegiatan lomba upacara bendera tingkat SMP se Kabupaten Bantul, di SMP Negeri 2 Sedayu, Bantul, Kamis (29/9/2022).

Lomba upacara bendera juga dihadiri oleh Panewu Sedayu, Danramil Sedayu, Lurah Argodadi, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sedayu, Ketua Komite SMP Negeri 2 Sedayu, tim juri dari Kabupaten Bantul, Babinsa Argodadi, guru serta siswa-siswi SMP Negeri 2 Sedayu.

SMP Negeri 2 Sedayu maju mewakili Kapanewon Sedayu mengikuti lomba upacara bendera tingkat SMP se Kabupaten Bantul yang diselenggarakan oleh Dinas Dikpora Kabupaten Bantul.

Adapun kriteria penilaian meliputi kerapian barisan peserta upacara, kesiapan petugas upacara, pembaca UUD 45, pembaca doa, pengibar bendera dan kebersihan tempat upacara. (Humas Polsek Sedayu)

Polsek Kretek Gelar Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Personel Polsek Kretek yang dipimpin Kanit Propam Ipda Suryadi SH melaksanakan patroli guna mengantisipasi gangguan kamtibmas dan kejahatan jalanan malam hari di wilayah hukum Kapanewon Kretek, Bantul, Kamis (29/9/2022) dini hari.

Kanit Propam Ipda Suryadi SH mengatakan, kegiatan patroli ini merupakan langkah antisipasi terhadap aksi premanisme, kejahatan jalanan serta tindak kejahatan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Sehingga dengan keberadaan Polri di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitasnya, serta mewujudkan kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Kretek)

Polsek Sewon Gelar Patroli Rutin Untuk Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif

Masyarakat sangat mendambakan kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat. Dengan hadirnya petugas Kepolisian, masyarakat akan merasa terlindungi dari berbagai macam bentuk gangguan kamtibmas.

Salah satunya dengan kegiatan patroli, seperti yang digelar oleh Polsek Sewon pada Kamis (29/9/2022) dini hari.

Panit Samapta Polsek Sewon Iptu Bambang Sugeng yang memimpin kegiatan patroli tersebut mengatakan, kegiatan patroli sebagai upaya untuk mewujudkan kamtibmas yang aman kondusif khususnya di wilayah hukum Polsek Sewon.

Dalam patroli tersebut petugas patroli juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat.

“Kita harapkan dukungan masyarakat terhadap tugas-tugas Polri, salah satunya dengan ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan tinggal masing-masing,” ujar Iptu Bambang. (Humas Polsek Sewon)

Personel Polsek Sewon Pengamanan Nobar Pertandingan Sepak Bola

Nobar (nonton bareng) menjadi alternatif para suporter bola untuk menyaksikan tim kesayangan bertanding. Seperti pada pertandingan sepakbola Liga 2 Indonesia antara PSIM Yogyakarta melawan Persela Lamongan yang digelar tanpa penonton.

Pada laga PSIM Yogyakarta vs Persela Lamongan yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta itu sebagian besar kelompok suporter PSIM Yogyakarta mengelar acara nonton bareng, salah satunya yang digelar di Wish Coffe and Kitchen, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Selasa (27/9/2022) sore.

Untuk memberikan rasa aman selama acara nonton bareng tersebut berlangsung, anggota Polsek Sewon melaksanakan pengamanan yang dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Sewon, Iptu Sumanta.

“Disamping melakukan pengamanan, kami juga menghimbau kepada para suporeter agar setelah acara nonton bareng selesai untuk segera pulang ke rumah masing-masing,” ujar Iptu Sumanta.

Sementara itu, pertandingan antara PSIM Yogyakarta melawan Persela Lamongan yang digelar di Sadion Sultan Agung Bantul berakhir dengan 1-0 untuk kemenangan PSIM Yogyakarta. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Dampingi Kegiatan Vaksinasi PMK

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo mendampingi kegiatan vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) terhadap ternak milik warga di kandang kelompok sapi Dusun Bodowaluh Poncosari Srandakan Bantul, Rabu (28/9/2022).

Kegiatan vaksinasi dilakukan oleh petugas dari Puskeswan Srandakan dan Puskeswan Sanden terhadap sapi dengan menggunakan vaksin jenis Oftopor dosis 1.

Jumlah sapi yang berhasil divaksin yakni di kandang rumah warga sebanyak 38 ekor, kandang kelompok ternak Andini Mukti sebanyak 78 ekor dan di kandang kelompok ternak Sidomakmur sebanyak 49 ekor. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Berikan Pembinaan Siswa SMP Unggulan Bantul

Guna menanamkan rasa disiplin yang tinggi dan selalu mentaati peraturan di sekolah maupun di luar sekolah, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH bersinergi bersama pihak sekolah dengan melakukan pendekatan kepada para siswa yang diketahui sering melanggar aturan.

Pendekatan tersebut dilakukan dengan cara memberikan pembinaan kepada para siswa. Seperti yang dilakukan di SMP Unggulan Bantul, Rabu (28/9/2022).

Beberapa poin penting yang disampaikan antara lain mengajak para siswa untuk lebih disiplin, mematuhi peraturan sekolah dan tidak melakukan pelanggaran lainnya.

Bhabinkamtibmas Aipda Amat RiyadiSH berharap dengan pembinaan seperti ini para siswa akan menjadi lebih disiplin dan patuh terhadap aturan yang berlaku di sekolah, sehingga siswa bisa lebih berkarakter, cerdas dan taat peraturan. (Humas Polsek Bantul)

Berkas Perkara Ferdy Lengkap, Mahfud Apresiasi Kerja Keras dan Profesionalitas Polri - Kejagung

Kejagung menyatakan berkas perkara kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan obstruction of justice Ferdy Sambo Cs telah berstatus P-21 atau lengkap. Dengan itu, kasus Ferdy Sambo segera di bawa ke pengadilan.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD memberikan apresiasi kepada Polri dan Kejagung yang telah bekerja keras, tapi tetap teliti dan profesional dalam menangani kasus ini.

"Alhamdulillah, Kejaksaan Agung telah menyatakan berkas perkara pembunuhan Brigadir Yosua atau kasus Sambo sudah lengkap (P21). Melibatkan 5 tersangka pembunuhan berencana dan 7 tersangka untuk obstruction of justice," kata Mahfud MD, Rabu, 28 September 2022.

"Kita apresiasi Polri dan Kejagung yang telah bekerja keras, tapi tetap teliti dan profesional," lanjutnya.

Mahfud juga mengapresiasi Polri yang turut memproses pelanggaran kode etik dalam kasus tersebut.

"Polri secara simultan bukan hanya menangani pidananya tapi juga memproses kode etiknya, sementara Kejagung meneliti secara cermat kelengkapan persyaratannya. Mari terus kita kawal agar bagus sampai akhir," ujar Mahfud.

Mahfud menegaskan, kelengkapan berkas perkara kasus Sambo menjadi bukti tidak ada proses bolak-balik antara Kejagung dan Polri.

"Seperti saya bilang tidak bolak-balik dari Kejaksaan ke Polri. Hanya bolak sekali, langsung jadi," tegasnya.

Bhabinkamtibmas Argodadi Laksanakan Takziah

Bhabinkamtibmas Argodadi Aiptu Baryadi melaksanakan kegiatan takziah di Dusun Sungapan Dukuh, Argodadi, Sedayu, Bantul, Rabu (28/9/2022) siang.

Takziah di laksanakan di rumah duka almarhum Wiyono Dusun Sungapan Dukuh Argodadi Sedayu.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa empati dan kekeluargaan kepada warga binaannya yang sedang terkena musibah.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Baryadi mewakili keluarga besar Polsek Sedayu menyampaikan turut berdukacita kepada keluarga almarhum.

"Semoga almarhum diampuni dosa-dosanya, di Terima amal ibadahnya dan keluarga yang ditinggalkan di berikan ketabahan dan keikhlasan," ucapnya. (Humas Polsek Sedayu)
 

Kapolsek Kasihan Hadiri Kegiatan Pelantikan Dukuh Sonosewu

Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif Wibowo SH MH menghadiri kegiatan pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima Dukuh Sonosewu di Rumah Haka Jalan soragan Ngestiharjo Kasihan Bantul, Rabu (28/09/2022).

Adapun Kepala Dusun Sonosewu yang dilantik atas nama Muhammad Rokhim, S. Sn menggantikam kepala Dusun yang lama yang telah habis masa jabatannya. Muhammad Rokhim, S. Sn terpilih sebagai Kepala Dusun Sonosewu setelah melaksanakan seleksi yang dilaksanakan di Universitas UPN Yogyakarta dengngan meraih nilai tertinggi.

Selain itu pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pengukuhan 3 (Tiga) Staf honorer Desa Triharjo yang baru atas nama Istiana Rahmawati Nur Arifah, S.Kom, Oktaviani Nur Azizah, S.IP dan Eko Purnomo.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dusun Sonosewu yan baru dan 3 Staf Honorer di lingkungan Desa Triharjo diambil sumpah dan dikukuhkan langsung oleh Lurah Desa Ngestiharjo.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Panewu Kasihan, Danramil Kasihan diwakilkan,  Kepala KUA Kasihan, Kepala Puskesmas Kasihan, Lurah Ngestiharjo, Ketua panitia dan anggota, Dukuh se Kalurahan Ngestiharjo, Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo dan Babinsa Ngestiharjo serta tokoh masyarakat Dusun Sonosewu Ngestiharjo.
 

Polsek Kasihan Laksanakan Pengamanan Malam Inagurasi Kampus UPY

Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif Wibowo, SH MH memimpin pelaksanaan pengamanan malam inagurasi kampus UPY di Ngestiharjo Kasihan  Bantul, Rabu (28/09/2022) malam.

Malam Inagurasi Kampus UPY  ini diselenggarakan dalam rangka Penutupan Ospek Mahasiswa/wi baru kampus UPY.

Hadir dalam kegiatan ini   Rektor  UPY, Panewu Kasihan , Kapolsek kasihan, Bhabinkamtibmas desa Ngestiharjo serta bhabinsa desa Ngestiharjo,  Karyawan / Staf karyawan kampus UPY, mahasiswa Baru 1000an orang.

Inagurasi BEM UPY tahun  sebagai bentuk apresiasi seni yang dirangkaikan pengukuhan mahasiswa baru TA 2022/2023 yang telah resmi menjadi keluarga besar.

malam inagurasi ini di isi dengan berbagai item yang menarik yakni penampilan dari band lokal kampus serta Ndarboy genk.
 

Wujud Kedekatan dengan Warga, Anggota Polsek Bantul Takziah Warga yang Meninggal

Sebagai bentuk nyata kedekatan dengan warga, Anggota Polsek Bantul, melaksanakan takziah salah satu warga yang meninggal dunia di Dusun Teruman RT.02 Kalurahan Bantul, Selasa (27/09/2022).

Sebagai anggota Kepolisian harus selalu mempunyai rasa kepedulian terhadap sesama, apapun itu bentuknya.

“Kedatangan kami merupakan bentuk simpati serta kepedulian atas meninggalnya almarhum.” ujar Kanit Provos Polsek Bantul Ipda M Hisyam.

Saat takziah ke rumah duka, Anggota Polsek Bantul juga berbaur dengan masyarakat yang melaksanakan takziah.

Kegiatan takziah tersebut sebagai cara Polsek Bantul untuk lebih mendekatkan diri dengan warga masyarakat dan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga, serta bentuk rasa empati terhadap keluarga almarhum

“Semoga almarhum diterima amal baiknya disisi Allah SWT, diampuni segala kesalahannya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan.” pungkas Hisyam.

Berkas Dinyatakan Lengkap, Polri: Bukti Komitmen Usut Tuntas Kasus Duren Tiga

Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan berkas penyidikan kasus dugaan pembunuhan berencana dan Obstruction of Justice terkait perkara Duren Tiga dengan tersangka Ferdy Sambo dan lainnya, telah dinyatakan lengkap atau P-21.

Menanggapi hal tersebut, Polri menyampaikan apresiasi kepada tim khusus dan Kejaksaan Agung yang terus bekerja, berkolaborasi dan bersinergi untuk merampungkan berkas penyidikan perkara tersebut.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dengan dinyatakannya dua berkas perkara tersebut, hal itu merupakan wujud serta bukti komitmen dari Polri, tim khusus dan Kejaksaan Agung dalam mengusut tuntas kasus pembunuhan berencana maupun Obstruction of Justice.

"Sejak awal Polri, tim khusus dan Kejaksaan Agung terus berkoordinasi untuk segera merampungkan dua perkara itu. Sejak awal semangat kami adalah mengusut tuntas kasus tersebut," kata Dedi kepada wartawan, Jakarta, Rabu (28/9).

Untuk saat ini, Dedi menyebut bahwa, pihak tim khusus Polri akan segera kembali berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk proses administrasi P-21. Kemudian, nantinya akan dilanjutkan untuk proses tahap penyerahan barang bukti dan tersangka atau tahap II.

"Nanti penyidik ke JPU untuk mengambil surat P-21 nya dan dipersiapkan langkah-langkah lanjutnya oleh penyidik terkait tahap II," ujar Dedi.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menyatakan bahwa, kasus dugaan pembunuhan berencana dan Obstruction of Justice telah lengkap. Dengan begitu, tersangka akan segera menjalani proses persidangan.

"Persyaratan formil dan materiil telah terpenuhi sebagaimana ditentukan di dalam KUHAP. Penyidik menyerahkan ke jaksa untuk disidangkan," kata Jampidum Kejagung Fadil Zumhana.

28 September 2022

Polsek Imogiri Dampingi Lomba Upacara Bendera di SDN Giriwungu

Panit Binmas Polsek Imogiri Aiptu Riyanto bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Aipda Toto Choirudin dan Babinsa mendampingi kegiatan Lomba Upacara Bendera tingkat SD se Kabupaten Bantul di SDN Giriwungu, Girerejo, Imogiri, Bantul, Rabu (28/9/2022).

Lomba upacara bendera ini diselenggarakan oleh Dinas Dikpora Kabupaten Bantul untuk meningkatkan kedisiplinan dan jiwa patriotisme siswa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua tim yuri Novita dari Kedbangpolinmas Kabupaten Bantul, Panewu Imogiri Slamet Santosa SIP, Danramil Imogiri Kapten Czi Suyadi, Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Imogiri Yudi, Lurah Girirejo Dwi Yuli Purwanti SH, Kepala Sekolah dan guru SDN Giriwungu Hidayati Fatkuljanah S.Pd, Ketua Komite Sekolah, serta siswa-siswi SDN Giriwungu.

Adapun sebagai tim yuri Sertu Restu (Kodim 0729/Bantul), Bripka M. Zulkham. E (Polres Bantul), Rahmat Beja (Satpol PP), Didik Irawan (Dis Dikpora) dan Faisal Madjid (PPI).

SDN Giriwungu maju dalam lomba upacara bendera mewakili SD se Kapanewon Imogiri. Kriterian penilaian meliputi, penjiwaan, penguasaan materi, kekompakan, teknis gerakan, teknis pelaksanaan, keutuhan barisan, Isi amanat serta doa. (Humas Polsek Imogiri)

Polsek Kretek Laksanakan Patroli Siang Hari Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Personel Polsek Kretek yang dipimpin Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari, S.Psi melaksanakan patroli wilayah antisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kretek, Rabu (28/09/2022) jam 13.00 WIB.

Polsek Kretek yang dipimpin Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari, S.Psi melaksanakan Kegiatan Patroli wilayah antisipasi gangguan Kamtibmas. Kegiatan Patroli yang dilaksanakan oleh Polsek Kretek ini merupakan tugas dan tanggungjawab sebagai aparatur kemanan dengan tujuan agar masarakat yang sedang menjalankan aktivitas dapat merasa aman dan merasa dilindungi dengan adanya patroli dari POLRI ini.

Adapun sasaran dari patroli ini adalah obyek vital, perkantoran dan juga antisipasi kejahatan jalanan. Dimana pelaksanaan patroli ini dilaksanakan secara dialogis di tempat keramaian. Dalam patroli ini juga memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat yang ada di obyek wisata agar selalu waspada dan berhati-hati. Kami juga berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama POLRI menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Kretek)
 

Polsek Piyungan Terima Kunjungan Tim Slog Mabes Polri

Kapolsek Piyungan Kompol Rahmad Yulianto , SH M.Si di dampingi Kabaglog Polres Bantul AKP Basariah dan anggota Polsek Piyungan menyambut kedatangan tim Slog Mabes Polri di Mapolsek Piyungan, Rabu (28/9/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka grand strategy  Polri tahun 2025 - 2045 khususnya pada program modemisasi almatsus dan konfirmasi layout (tataruang)  pengembangan Mako Polri.

Pada kesempatan tersebut, Tim Slog Mabes Polri yang dipimpin Kombes Pol Arie Vaveri menyempatkan berkeliling mengecek bangunan Mapolsek.

Tim Slog Mabes Polri meninggalkan Mako Polsek Piyungan situasi aman lancar terkendali. (Humas Polsek Piyungan

Polsek Sewon Patroli Dialogis , Sambangi Pengrajin Wayang Kulit

Guna menjamin keamanan dan mendekatkan diri serta menjalin tali silaturahmi dengan warga di wilayah Kapanewon Sewon, Polsek Sewon gencar melaksanakan patroli dialogis dengan cara menyambangi dan bertatap muka langsung dengan warga.

Seperti yang dilaksanakan oleh personel dari Polsek Sewon yang dipimpin oleh Ps. Panit 2 Binmas Polsek Sewon Aipda Sigit Artanto, yang melaksanakan sambang di pengrajin wayang kulit yang berlokasi di dusun Cabean, Rt 01, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Selasa (27/09/2022), siang.

Usai melaksanakan patroli sambang tersebut Aipda Sigit Artanto menjelaskan, patroli sambang ini sengaja menyasar ke pengrajin yang ada di Kapanewon Sewon, dan pada hari ini menyasar di rumah bapak Sumanto, warga Cabean Panggungharjo, yang berprofesi sebagai pengrajin kulit.

“Alhamdulilah saat kita datang ke rumah beliau, disambut dengan ramah, dan cukup welcome dengan personil Polsek Sewon” ungkap Aipda Sigit.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Sumanta mengeluhkan tentang kurangnya ketertarikan pemuda saat ini dengan budaya yang ada sekarang ini, padahal budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia terutama Yogyakarta sangat menjunjung tinggi adab sopan santun, tata krama, kesenian maupun permainan tradisional yang sangat mendidik dan secara tidak langsung akan membentuk karakter anak yang baik.

“ Sangat disayangkan, banyak anak muda sekarang kurang tertarik dengan kesenian dan adat budaya bangsa sendiri, jika tidak dipupuk dan dilestarikan lambat laun para generasi penerus akan lupa bahkan tidak mengenal adat budaya bangsa sendiri” ungkap Sumanta.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Sumanta sangat berterima kasih atas kunjungan dari Polsek Sewon, dan berharap dapat terus terjalin tali silaturahmi antara Polsek dengan warga, pangkasnya. (Humas Polsek Sewon)
 

Sambil Berpatroli, Anggota Polsek Kasihan Bagi-bagi Bingkisan ke Warga Kurang Mampu

Anggota Polsek Kasihan membagikan bantuan berupa bingkisan sembako kepada warga kurang mampu di wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul, Rabu (28/9/2022).

Sembari berpatroli, petugas membagikan bingkisan kepada warga kurang mampu.

Kapolsek Kasihan melalui Ka SPKT Aiptu Yohanes Setyono yang memimpin kegiatan berharap, bantuan yang dibagikan tersebut dapat meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Polri terhadap sesama,” imbuhnya.

Adapun bingkisan tersebut merupakan sumbangan dari anggota Polsek Kasihan. Kegiatan ini dalam rangka ‘Polsek Kasihan Berbagi’. (Humas Polsek Kasihan)

Mengharukan, Sepasang Kekasih Menikah di Rutan Polres Bantul

Jeruji besi tak menjadi penghalang cinta pasangan sejati ini mengikat janji.

MMA (22), warga Wiijirejo Pandak Bantul yang berstatus tahanan atas kasus dugaan pencurian, menikahi pujaan hatinya, VDO (27) warga Wijirejo Pandak Bantul yang digelar di ruang Sat Tahti Polres Polres Bantul, Rabu (28/9/2022).

Pernikahan yang berlangsung khidmat ini pun disaksikan penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Bantul, Kasat Tahti Polres Bantul Iptu Suharyanta, orangtua kedua mempelai dan para saksi.

Pasangan ini mengaku ikhlas melangsungkan pernikahan di Polres Bantul. Sejak lama, mereka sudah menentukan tanggal pernikahan ini.

Namun lantaran adanya kasus yang dialami MMA, keduanya terpaksa menikah dalam kondisi seperti ini. Meski demikian mereka mengaku senang akhirnya bisa menikah.

Kasat Tahti mengatakan, pernikahan tahanan ini merupakan yang kesepuluh kalinya terjadi di Polres Bantul.

"Pernikahan ini atas permintaan kedua keluarga untuk melangsungkan pernikahan. MMA meski berstatus tahanan, tapi dia juga punya hak yang sama," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan wujud pelayanan Sat Tahti Polres Bantul kepada tahanan.

"Kita berikan hak-hak tahanan untuk melangsungkan pernikahan. Saya juga berpesan kepada MMA agar tabah menjalani proses hukum ini sesuai prosedur hukum yang berlaku,” katanya.

Prosesi akad nikah berlangsung secara sederhana. Keduanya tampak menangis haru saat bersalaman dengan kedua orangtuanya.

Usai dinikahkan, MMA digiring kembali masuk sel tahanan Mapolres Bantul. (Humas Polres Bantul)

Orok Bayi Laki-Laki Ditemukan di Pantai Parangkusumo

Jasad orok bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan tergeletak di bibir Pantai Parangkusumo, Mancingan RT 02, Parangtritis, Kretek, Bantul, Rabu (28/9/2022) pagi.

Kapolsek Kretek, Kompol Yoshephine Iswantari mengatakan jasad bayi yang diperkirakan berusia 5 bulan itu ditemukan pertama kali oleh salah seorang wisatawan yang jalan-jalan di sekitar lokasi kejadian. Saksi mata kaget karena mendapati benda terbujur dan setelah dicek ternyata sesosok jasad bayi.

"Saksi kemudian menyampaikan ke beberapa warga setempat lantas ditindaklanjuti dengan melaporkan ke Polsek Kretek," kata Kompol Yoshephine.

Setelah mendatangi lokasi, pihaknya memastikan bahwa benar terdapat peristiwa itu. Selanjutnya petugas memasang garis polisi dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama Tim Inafis Polres Bantul serta petugas medis Puskesmas Kretek.

Dari pemeriksaan diketahui bayi jenis kelamin laki-laki, umur diperkirakan 5 bulan, panjang 26 centimeter, berat 500 gram, dilahirkan 3 jam dari ditemukan mungkin jam 02.00 WIB. “Untuk pemeriksaan lebih lanjut orok dibawa ke RS Bhayangkara Polda DIY,” tandas Kapolsek.
 

Anggota Polsek Kretek Melayat di Rumah Mendiang ibu Suryati Dusun Muneng

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari, S.Psi bersama Anggota melaksanakan Takziah di Rumah Mendiang ibu Suryati Dusun Muneng Tirtohargo Kretek, Bantul, Rabu (28/09/2022) jam 10.00 WIB.

Mendiang ibu YM Suryati adalah Ibu dari AKP Yoyok Yuwana SH MH warga Dusun Muneng Tirtohargo Kretek Bantul. Rencananya Mendiang akan dimakamkan pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 di makam dusun setempat.

Takziah yang dilaksanakan oleh Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari, S.Psi bersama Anggota Polsek Kretek ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa empati kepada warga masyarakat di Wilayah Kapanewon Kretek. Ketika ada warga masyarakat yang sedang berduka anggota Polsek Pandak turut hadir untuk memberikan ucapan duka cita kepada Keluarga. Selain itu takziah ini Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari, S.Psi mendoakan semoga Mendiang dapat ditrima di sisi-Nya dan juga keluarga yang ditinggalkan dapat diberi ketabahan.

Bapak Yoyok Yuwana yang merupakan perwakilan dari keluarga Mendiang mengucapkan terimakasih kepada ibu Kapolsek Kretek beserta anggota yang telah berkenan menghadiri takziah Mendiang ibu YM Suryati. (Sihumas Polsek Kretek)

Ditinggal Bertamu, Seorang Sopir Ditemukan Meninggal Mendadak di Dalam Mobil

Seorang sopir bernama Suripto (63), warga Bantulan Sidoarum Godean Sleman ditemukan meninggal mendadak di dalam mobil Toyota Yaris yang terparkir di depan sebuah Kos-kosan putri, Dusun Ngebel, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Selasa (27/9/2022) siang.

 Saksi, Aminah (38), warga Sidoarum Godean Sleman mengatakan bahwa korban merupakan sopirnya.

Menurut keterangannya sekitar pukul 13.00 WIB korban mengantar saksi bertamu ke rumah Ibu Sri di Dusun Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul. Pada saat saksi bertamu, korban menunggu di dalam mobil.

Kemudian sekitar pukul 13.30 WIB saksi kembali ke mobil dan mengajak korban pulang, namun korban mengeluhkan dadanya sakit. Sesaat kemudian tiba-tiba tubuh korban lemas dan tidak bergerak. Saksi kemudian meminta bantuan warga sekitar untuk menolongnya.

Sementara itu, petugas Polsek Kasihan setelah mendapat laporan kejadian tersebut langsung bergegas menuju ke TKP (Tempat Kejadian Perkara).

Tak bersaelang lama petugas dari Inafis Polres Bantul dan Puskesmas Kasihan 1 juga tiba di TKP. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas yang dipimpin dr. Wibowo, korban dinyatakan telah meninggal dunia dan tidak ditemukan tanda-tanda bekas penganiayaan di tubuh korban.

Selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga di Bantulan Sidoarum Godean Sleman untuk dimakamkan. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko Laksanakan Sambang di Area Pembibitan Mangrove

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH melaksanakan sambang di area Pembibitan Mangrove Dusun Baros, Tirtohargo, Kretek, Bantul, Selasa (27/09/2022) jam 10.00 WIB.

Bhabinkamtibmas Tirtohargo Bripka Winarko bersama Babinsa Kalurahan Tirtohargo Serda Gunarto dan KP2B melaksanakan kegiatan persiapan penyemaian pembibitan pohon Mangrove  dengan tahapan awal yaitu memasukkan tanah ke dalam plastik / polibek yang selanjutnya di tata di lokasi penyemaian bibit mangrove nantinya.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH juga berkesempatan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan juga mengajak kepada masyarakat untuk turut serta melestarikan hutan mangrove di Dusun Baros. (Sihumas Polsek Kretek)
 

FAQ

Frequently Asked Questions (FAQ) adalah daftar kumpulan pertanyaan dan jawaban yang sering di pertanyakan tentang berbagai hal. Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat terkait Pelayanan SKCK di Polres Bantul.

1.    ΚΑΡΑΝ PELAYANAN SKCK DIBUKA?

Pelayanan SKCK buka setiap hari Senin s.d Jumat Pukul 08.00 s.d 14.00 WIB dan Sabtu Pukul 08.30 s.d 12.00 WIB, namun selama masa pandemi covid 19 pelayanan buka setiap hari Senin s.d Jumat Pukul 08.00 s.d 12.00 WIB dan Sabtu Pukul 08.30 s.d 11.00 WIB.

2.    APA ITU SKCK?

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan surat resmi yang diterbitkan oleh Kepolisian untuk warga atau Pemohon yang isinya menerangkan tentang ada atau tidak adanyacatatan kriminal dari yang bersangkutan. SKCK biasanya dipakai untuk syarat Melamar Pekerjaan, Mendaftar CPNS, permohonan pembuatan Paspor dan Visa, atau kebutuhan lainnya.

3.    APA SAJA PERSYARATAN UNTUK MEMBUAT SKCK?

Syarat Perpanjangan SKCK:

•    Fotocopy KTP
•    Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
•    Fotocopy Akta
•    Surat Rekomendasi dari Polsek Setempat
•    SKCK Lama
•    Pas Foto 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan dan berkerah. Bagi yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh.

4.    UNTUK PEMBUATAN SKCK?

Biaya penerbitan SKCK sebesar Rp. 30.000,- Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 Tentang Biaya atas PNBP yang berlaku pada Polri

5.    PERSYARATAN UNTUK MEMBUAT SKCK?

•    Syarat membuat SKCK baru:
•    Fotocopy KTP
•    Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
•    Fotocopy Akte
•    Surat Rekomendasi dari Polsek Setempat
•    Rumus Sidik Jari
•    Pas Foto 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah. berpakaian sopan dan berkerah. Bagi yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh.

6.    BAGAIMANA CARA MEMBUAT SKCK SECARA ONLINE?

Langkah-langkah membuat SKCK secara Online:
Kunjungi https://skck.polri.go.id/
Isi formulir dan unggah persyaratan dokumen yang sudah di scan
Setelah itu pemohon akan mendapatkan barcode/bukti daftar online melalui email
Datang ke loket pelayanan SKCK yang dipilih dengan membawa dokumen
Persyaratan dan print out bukti daftar onlinenya
Bagi pemohon baru. akan dilakukan pengambilan rumus sidik jari oleh petugas
Pencetakan SKCK dilakukan di Kantor Kepolisian

7.    BAGAIMANA CARA MEMBUAT SKCK SECARA OFFLINE?

Langkah langkah membuat SKCK secara Offline:

Pemohon datang langsung ke loket pelayanan SKCK di kantor Polisi dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan Pemohon mengisi lembar Pertanyaan dan Kartu Tik yang sudah disediakan Petugas akan mengecek semua dokumen pemohon Bagi pemohon baru. Dilakukan pengambilan rumus sidik jari oleh petugas "Proses pencetakan SKCK

8.    BERAPA LAMA MASA BERLAKU SKCK?

Sesuai dengan Perkap No.18 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penerbitan SKCK, masa berlaku SKCK paling lama 6 bulan terhitung mulai tanggal penerbitan SKCK

9.    APAKAH KTP LUAR BANTUL BISA MEMBUAT SKCK DI POLRES BANTUL?

Untuk penerbitan SKCK sesuai dengan KTP Pemohon.

10.    APAKAH PEMBUATAN SKCK BISA DIWAKILKAN?
Untuk perpanjangan atau sudah memiliki sidik jari bisa diwakilkan oleh keluarga kandung / saudara kandung. namun untuk SKCK baru tidak bisa diwakilkan karena membutuhkan sidik jari yang bersangkutan.
 

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pada Unit Layanan SKCK Polres Bantul Periode Semester I Tahun 2022

Dalam rangka mempercepat proses Reformasi Birokrasi Polri tahap II yaitu dengan mengevaluasi kinerja pelayanan penerbitan SKCK peningkatan kualitas pelayanan prima kepolisian khususnya bidang penerbitan SKCK maka perlu dilaksanakan analisa untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan SKCK dan selanjutnya sebagai dasar pertimbangan dan kebijakan pimpinan.

Tujuan Survei Kepuasan Masyarakat adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan SKCK Polres Bantul. Sedangkan tujuan penyusunan Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat  adalah :

1.    Memberikan informasi tingkat kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan SKCK Polres Bantul.

2.    Sebagai  bahan  penetapan  kebijakan  yang  perlu  diambil  dan  upaya  tindak  lanjut  yang  perlu  dilakukan  atas  hasil  Survei Kepuasan Masyarakat pada Unit Layanan SKCK Polres Bantul.

3.    Mendorong dan memotivasi unit pelayanan agar selalu menjaga dan meningkatkan fungsi dan kinerja pelayanan pada Unit Layanan SKCK Polres Bantul.

Survei Kepuasan Masyarakat pada Unit Layanan SKCK Polres Bantul pada Periode Semester I Tahun 2022 dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik sehingga pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat menggunakan indikator penilaian kepuasan masyarakat yang mendasarkan 9 (sembilan) unsur yang diwajibkan dalam peraturan tersebut yang meliputi:

1.    persyaratan yaitu syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif.

2.    prosedur yaitu tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan.

3.    waktu penyelesaian yaitu jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan.

4.    biaya/tarif yaitu ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat.

5.    produk spesifikasi jenis pelayanan yaitu hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan.

6.    kompetensi pelaksana yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, ketrampilan, dan pengalaman.

7.    perilaku pelaksana yaitu sikap petugas dalam memberikan pelayanan.

8.    penanganan pengaduan, saran dan masukan yaitu tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.

9.    sarana yaitu segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). sarana digunakan untuk benda yang bergerak (komputer, mesin) dan prasarana untuk benda yang tidak bergerak (gedung).

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada Unit Layanan SKCK Polres Bantul Periode Semester I Tahun 2022 yang disampaikan dengan metode pengisian kuesioner melalui pengisian sendiri yang diselenggarakan tanggal 1 Januari 2022 s.d. 30 Juni 2022.

Berdasarkan hasil analisa data terhadap survei kepuasan masyarakat disimpulkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada Unit Layanan SKCK Polres Bantul sebesar 96 dengan nilai rata-rata 3,84 dan berada pada kategori A (Sangat Baik).

Kami berharap kepada semua pihak untuk dapat memberikan masukan atau kritikan yang sifatnya membangun terhadap hasil survei ini, agar dapat memperbaiki tingkat kekurangan, serta menjadi referensi terhadap proses perbaikan pelayanan publik yang ada, dengan harapan semoga dapat menjadi pelayanan yang prima sebagaimana yang diharapkan masyarakat sebagai pengguna layanan.

Hadiri Takziah, Panit Binmas Polsek Sedayu Sampaikan Duka Cita Kepada Keluarga Almarhum

Panit Binmas Polsek Sedayu Aiptu Mujiyono SH bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aipda Agus Muslim melaksanakan takziah di Dusun Pereng Wetan, Argorejo, Sedayu, Bantul, Selasa (27/9/2022) siang.

Warga binaan yang meninggal dunia, yaitu almarhum Dwi Heri Siswanto.

Dalam kesempatan tersebut Panit Binmas Aiptu Mujiyono SH mewakili Keluarga Besar Polsek Sedayu menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga almarhum.

“Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta keikhlasan,” ucapnya. (Humas Polsek Sedayu)

Polisi Tetapkan Pelaku Pencabulan Anak Penyandang Disabilitas Sebagai Tersangka

Satreskrim Polres Bantul telah menetapkan status tersangka kepada pelaku pemerkosaan dengan korban yang seorang anak penyandang disabilitas berinisial KIW (12).

Saat ini pelaku, yakni BJ (52) warga Sewon telah ditahan di Polres Bantul .  
Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana mengatakan setelah ditingkatkan ke penyidikan dan telah melakukan gelar perkara, Satreskrim Polres Bantul telah menetapkan BJ sebagai tersangka.

BJ sendiri juga seorang penyandang disabilitas tuna rungu.

"Benar, yang bersangkutan telah ditetapkan tersangka dan saat ini sudah ditahan," katanya dalam keterangan persnya, Selasa (27/9/2022).

Dari hasil pemeriksaan, kronologi kejadian bermula saat korban menaruh sepeda di depan rumah BJ.

Saat itu pelaku menarik tangan korban dan membawa korban ke kebun samping rumahnya.

Saat itu korban sempat melakukan perlawanan, namun kalah dari segi kekuatan.

"Korban sempat melawan dengan cara mendorong badan terlapor. Pelaku juga sempat memukul tangan korban. Yang kemudian terjadi pencabulan ," ungkapnya.  

Jeffry menambahkan, atas kejadian tersebut, ibu korban melaporkan ke pihak kepolisian pada 24 September kemarin dan langsung ditindaklanjuti Satreskrim Polres Bantul melakukan penyelidikan.

Hingga pada tanggal 26 September 2022, petugas pun mengamankan pelaku di rumahnya yang berada di Panggungharjo, Sewon, Bantul .

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 81 UU RI No 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU RI No 1 tahun 2016 tentang Perubahan kedua Atas UU RI No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Tersangka terancam hukuman pasal 81 UU RI No 17 Tahun 2016 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun," tambahnya.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Takziah Meninggalnya Warga Binaan

Popkema (Polisi Peduli Kedukaan Masyarakat), Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi melaksanakan takziah di Dusun Sungapan Dukuh, Argodadi, Sedayu, Bantul, Selasa (27/9/2022) siang.

Warga binaan yang meninggal dunia yaitu almarhum Wagiman, warga Dusun Sungapan Dukuh.

Kedatangannya di rumah duka merupakan bentuk kepedulian serta rasa empati terhadap warga binaan yang sedang tertimpa musibah.

Atas nama Keluarga Besar Polsek Sedayu, Bhainkamtibmas  Aiptu Baryadi menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga almarhum.

“Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta keikhlasan,” ucapnya. (Humas Polsek Sedayu)

27 September 2022

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Hadiri Giat Pengajian Bersama Warga Binaan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Moh Riyadi menghadiri pengajian rutin bersama warga dan Majlis Husnul Khatimah Dusun Ngentak Kadibeso Kalurahan Sabdodadi Bantul, Senin (27/09/2022) malam.

Pada pengajian tersebut menghadirkan Ustad Catur Andriyana sebagai penceramah.

Aipda Moh Riyadi mengatakan bahwa, giat pengajian seperti ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturrahmi antar warga, sebagai sarana membangun hubungan sinergis bersama warga binaan dan berharap persatuan akan terjaga sehingga terjalin kerukunan hidup dalam masyarakat.

Dengan demikian kondusifitas wilayah tetap terjaga. (Humas Polsek Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Sambangi Sekolah TK Kemala Bhayangkari 07 Bantul

Kegiatan sambang oleh anggota Bhabinkamtibmas merupakan upaya pendekatan kepada warga binaannya dari seluruh elemen masyarakat. Adapun tujuannya untuk meningkatkan sinergitass dalam pemeliharaan kamtibmas yang aman kondusif.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aipda Agus Bandianto melakukan sambang ke sekolah TK Kemala Bhayangkari 07 Bantul sebagai upaya menjalin kemitraan bersama pihak sekolah, Senin (26/9/2022).

Pada kesmpatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Agus Bandianto menyampaikan pesan kamtibmas kepada para guru untuk bersama-sama pihak orangtua dalam mengawasi anak didiknya. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Bersihakan Kerikil dan Pasir Yang Tumpah di Jalan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Moh Riyadi bersama Babinsa, Pamong Kalurahan, Dukuh Kadibeso dan FPBR Sabdodadi membersihkan tumpahan batu kerikil serta pasir di Simpang empat Manding, Jalan Parangtritis Bantul.

Tumpahan batu kerikil dan pasir itu diduga dari truk pengkut material yang melebihi kapasitas.

Kondisi jalan aspal yang berpasir dan berkerikil dapat membahayakan bagi pengguna motor, salah satunya mengakibatkan motor tergelincir.

Untuk mencegah timbulnya kecelakaan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Moh Riyadi mengambil inisiatif untuk membersihkanya bersama warga, Senin (26/9/2022) sore hari

“Kecelakaan di jalan raya bukan hanya faktor human error saja, akan tetapi keberadaan kerikil, pasir dan tanah yang berserakan di jalan, bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas . Untuk itu, sebelum kejadian harus sudah diantisipasi,” ujar Aipda Moh Riyadi. (Humas Polsek Bantul)

Persiapan Pengamanan G20 di Bali, Kakorlantas Imbau Hal Ini ke Masyarakat

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi terus menyiapkan pengamanan dalam pergelaran presidensi G20 yang akan digelar di Bali. Operasi pengamanan ini nantinya akan menjadi operasi terpusat yang akan melibatkan banyak stakeholders.

"Bapak Kapolri sudah memberikan arahan, bahwa operasi ini sifatnya adalah operasi kewilayahan sekarang ditarik menjadi demokrasi terpusat. Artinya beliau melihat satu potensi kesiapan yang jauh lebih besar yang harus kita laksanakan sehingga dapat mengangkat struktur organisasi ini menjadi operasi terpusat," kata Firman dalam keterangannya, Selasa, (27/9/2022).

Firman menuturkan, operasi ini disiapkan dari mulai kegiatan yang bersifat preventif seperti penjagaan-penjagaan, pengaturan, mencadangkan kegiatan yang bersifat kontingensi sampai dengan penanggulangan bencana. Semuanya akan dijaga sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan, keamanan tanpa adanya ketakutan di masyarakat.

Selain itu, dalam pengamanan ini Polri akan memanfaatkan teknologi yaitu kendaraan listrik baik roda 2 maupun roda 4. Pemanfaatan ETLE secara koordinatif dan kolaboratif menggunakan kamera-kamera di Bali juga dilakukan untuk bisa memantau setiap wilayah.

"Ini satu langkah besar menangani satu lalu lintas, bisa memanfaatkan kamera-kamera ini dengan banyak hal dengan pemantauan perjalanan bisa melihat kondisi traffic terdampak dari adanya rekayasa dari kegiatan yang dilaksanankan," ujarnya.

Untuk jumlah personel pengamanan, lanjut Firman, sudah ada standar operasional prosedur (SOP) baik pengamanan biasa hingga tamu VVIP. Bahkan, pihaknya sudah mulai melakukan pelatihan bersama dengan Paspampres (pasukan pengamanan presiden) untuk mengetahui bagaimana cara bertindak dalam melakukan pengawalan.

"Kami sudah melakukan survei seperti pada kegiatan sebelumnya yang sudah dilakukan, berapa personel yang harus di libatkan di titik-titik tadi dan seluruhnya dioptimalkan untuk kelancaran lalu lintas bersama, agar masyarakat tidak merasa terganggu," katanya.

Ia pun menjelaskan, beberapa hal yang menonjol yang mungkin dihadapi yaitu ada beberapa ruas jalan yang tidak cukup lebar di Bali. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat sekitar untuk tidak memarkirkan kendaraan di pinggi jalan pada saat tanggal-tanggal tertentu.

"Ruas jalan yang tidak mungkin dilakukan secara dua lajur berlawanan langsung akan di tutup sementara jadi sifatnya buka tutup di jalan-jalan tertentu," ucapnya.

Lebih lanjut, dalam pengamanan pihaknya akan melibatkan masyarakat dan Pemda guna melancarkan lalu lintas selama kegiatan KTT G20 mulai dari bandara, venue hingga tempat kepala atau pimpinan negara menginap.

"Dalam hal ini kami memberikan prioritas dan bukan mengorbankan masyarakat tetapi mempersilahkan tamu G20  agar nyaman dalam melaksanakan kegiatan tersebut," katanya.

Terakhir ia pun menyampaikan keberhasilan suatu operasi karena keterlibatan aktif seluruh stakeholder, termasuk masyarakat. Berbicara tentang lalu lintas, menurutnya masyarakat yang terlibat di dalamnya tentunya akan memberikan peran yang sangat besar ketika jalan itu menjadi jalan yang nyaman untuk dilalui.

"Bagaimana masyarakat ikut menyiapkan kegiatan ini dengan para pemilik kendaraan tidak memarkirkan kendaraan yang ada di pinggir jalan," katanya.

Bhabinkamtibmas Panggungharjo, Hadiri Pertemuan Rutin Warga Dongkelan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo, melaksanakan giat sambang dan binluh dalam pertemuan rutin warga pedukuhan Dongkelan, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Senin (26/09/2022) malam.

Pertemuan rutin yang digelar di salah satu rumah warga dusun Dongkelan ini, oleh Aiptu Jedik Praptowo dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan pesan kamtibmas salah satunya, masyarakat berperan aktif menjaga keamanan lingkungan dengan mengaktifkan fungsi pos ronda. Warga diimbau tidak mudah percaya akan berita hoax apalagi sampai menyebarkannya yang akan mengganggu kenyamanan dan ketentraman di lingkungan masyarakat.

“Untuk mencegah adanya tindak kejahatan, mari kita tingkatkan kegiatan siskamling, terutama saat waktu menjelang dini hari, hal ini untuk mengantisipasi niat para pelaku kejahatan,” pesan Aiptu Jedik Praptowo.

“Adakan patroli keliling kampung, sebab, dengan adanya warga yang masih siaga, bisa memberikan rasa aman bagi warga lainnya,” lanjutnya. (Humas Polsek Sewon)