31 October 2022

Pesan Kapolri Kepada 1.028 Taruna: Sinergisitas TNI-Polri Akan Menjamin Stabilitas Keamanan dan Politik

MAGELANG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri upacara Wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2022 di Magelang, Jawa Tengah, Senin (31/11/2022).

Wisuda kali ini diikuti 1.028 Taruna terdiri dari 379 Pratar Akmil, 250 Pratar AAL, 149 Pratar AAU dan 250 Bhatar Akpol. Mereka telah berhasil menyelesaikan Program Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dengan baik.

"Saya ucapkan selamat kepada 1.028 Taruna yang merupakan pemuda-pemudi calon pimpinan bangsa masa depan," kata Sigit dalam sambutannya.

Menurut Sigit, keberhasilan tersebut harus menjadi pemacu semangat bagi seluruh Taruna, karena perjalanan kedepan masih panjang. Dimana setiap orang masih berpeluang untuk menjadi juara.

Oleh sebab itu, Sigit meminta mereka untuk terus berlatih dan jangan menyerah sebagaimana perkataan dari petinju legendaris Muhammad Ali bahwa, “I hated every minute of training, but I said don’t quit, suffer now and live the rest of your life as a champion” (Saya benci setiap menit dalam berlatih, tapi saya berkata jangan menyerah, menderitalah sekarang dan nikmati sisa hidupmu sebagai juara).

"Hal tersebut sangat penting agar kelak nantinya para Taruna dapat menjadi perwira-perwira muda
yang mampu berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai tantangan bangsa di masa depan," ungkap mantan Kabareskrim Polri itu.

Sigit mengungkapkan, para Taruna perlu mengetahui bahwa saat ini bangsa Indonesia tengah menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks baik dalam pada tataran global, regional, maupun nasional.

Penyelesaian berbagai tantangan tersebut kata dia merupakan tanggung jawab seluruh elemen bangsa, terutama TNI-Polri sebagai garda terdepan penjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Melihat hal tersebut, maka tentunya sinergisitas dan soliditas TNI-Polri harus terus diperkokoh. Apabila
sinergisitas dan soliditas TNI-Polri kokoh, maka tentunya juga dapat menjamin stabilitas
keamanan dan politik.

"Hal tersebut sejalan dengan penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa, “Kalau dilihat Polri solid, kemudian bergandengan dengan TNI solid, saya memberikan jaminan, stabilitas keamanan kita, stabilitas politik kita pasti akan baik," tegasnya.

Dikatakan Sigit, sebagai langkah untuk memupuk soliditas dan sinergisitas TNI-Polri sejak dini, maka TNI dan Polri telah membuat nota kesepahaman untuk menyelenggarakan Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian.

Oleh sebab itu, mantan Kadiv Propam Polri itu  berpesan kepada para Taruna agar terus meningkatkan soliditas dan sinergisitas yang telah terjalin selama menempuh pendidikan dasar integrasi.

Sehingga diharapkan pada tahun 2026 ketika rekan-rekan menyelesaikan pendidikan maka akan lahir sosok-sosok perwira TNI-Polri yang mampu berjuang bersama dalam rangka mempererat kebhinekaan guna mewujudkan Indonesia Maju.

Lebih jauh Sigit mengungkapkan bahwa  para Taruna memiliki peran yang sangat penting dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan bersama. Pada tahun 2030 sampai 2035 ketika bangsa kita akan memetik manfaat dari momen bonus demografi, rekan-rekan sudah menyandang pangkat Kapten atau AKP sebagai motor organisasi yang memimpin langsung personel di lapangan.

"Bukan hanya itu, pada tahun 2045 ketika kita berhasil mewujudkan Visi Indonesia Emas, rekan-rekan sudah berpangkat Letkol atau AKBP dan akan menduduki jabatan strategis seperti Kapolres, Dandim serta Danyon yang memimpin personel dalam jumlah besar," tandasnya.

Melihat berbagai hal tersebut, Sigit berpesan para Taruna tentunya harus terus menempa diri, karena salah satu kunci utama guna memetik manfaat dari bonus demografi dan mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 adalah dukungan sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

Sigit memahami menempuh pendidikan sebagai seorang Taruna bukanlah perjalanan yang mudah. Dibutuhkan semangat dan pengorbanan dalam menempuh pendidikan sehingga dapat menjadi perwira tangguh dan memiliki resiliensi yang tinggi untuk bertahan menghadapi segala tantangan.

"Oleh karena itu, saya berpesan kepada para Taruna sekalian agar terus mengasah 3 kompetensi, meliputi kompetensi teknis, leadership dan etika, serta latihlah diri untuk menerapkan Servant Leadership yaitu pemimpin teladan yang menempatkan anggota maupun masyarakat sebagai prioritas utama. Selain itu,
jangan lupa juga untuk terus membiasakan berbuat baik dalam keseharian, sehingga nantinya para Taruna memiliki sifat pribadi yang unggul," ungkapnya.

Lebih lanjut Sigit meminta para Taruna terus mengasah berbagai hal tersebut. Dia yakin para Taruna kelak akan menjadi perwira yang berkarakter karena memiliki kompetensi, kepemimpinan dan sifat pribadi yang unggul. Ibarat sebuah patung yang melalui proses pemahatan yang panjang agar menjadi mahakarya yang indah. Para Taruna juga harus melalui proses pendidikan yang berat agar menjadi sosok perwira yang kehadirannya selalu diharapkan, karena dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Diakhir sambutannya, mantan Kapolda Banten itu menitipkan masa depan bangsa Indonesia dipundak para Taruna. Manfaatkan setiap waktu dengan sebaik-baiknya untuk terus belajar sebagaimana perkataan dari Mahatma Gandi bahwa, “Live as if you were to die tomorrow, learn as if you were to live forever.” (Hiduplah seolah-olah anda akan mati besok dan belajarlah seolah-olah anda akan hidup selamanya).

Personel Polsek Srandakan Berpartisipasi Dalam Donor Darah Dalam Rangka Peringatan Sumpah Pemuda

Personel Polsek Srandakan melaksanakan bakti sosial berupa donor darah di di Gedung Balai Muslimin Dusun Celan Trimurti Srandakan Bantul, Minggu (30/10/2022).

Kasihumas Polsek Srandakan Aiptu Didik Rukiyanto SH MH mengatakan, donor darah diselenggarakan Garda Muda Celan (GMC) bekerjasama dengan PMI Bantul dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94.

“Peserta donor darah dari masyarakat sebanyak 17 orang sedangkan dari Polri sebanyak 8 personel,” katanya. (Humas Polsek Srandakan)
 

Ada Longsor di Piyungan, Ini Jalur Alternatif Jogja – Wonosari

Longsor terjadi di jalur utama Jogja – Wonosari yang berada di wilayah Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul. Akibatnya, jalan hanya dapat dilalui dengan buka tutup dari kedua arah, yakni arah Jogja maupun arah Wonosari.

“Peristiwa longsor ini membuat arus lalu lintas dari Yogyakarta tersendat. Petugas pun harus melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan arus,” kata Kasihumas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana, Senin (31/10/2022).

Lebih lanjut dikatakan, petugas merekomendasikan sejumlah jalur alternatif bagi pengguna jalan raya yang hendak ke Gunungkidul dari Yogyakarta.

Menurutnya terdapat 2 jalur alternatif yang dimanfaatkan untuk mengalihkan arus.


“Jalur alternatif bisa melewati jalur Sambeng-Cawas melewati Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jalur ini direkomendasikan untuk kendaraan dengan muatan lebih dari 30 ton,” terangnya.

Sementara itu jalur alternatif lain bagi kendaraan bermotor dapat melewati jalur Getas (Playen) – Dlingo dan Jalur Panggang -Siluk. Dua jalur tersebut tembus di wilayah Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul. Dua jalur ini diperuntukan bagi kendaraan roda dua dan empat jenis mobil pribadi.

“Sementara itu bus pariwisata dan truk muatan di bawah 30 ton tetap diarahkan melewati jalur utama Yogya-Wonosari. Nantinya masih akan diterapkan sistem buka-tutup,” tambanya.

Polres Bantul juga mengimbau agar pengandara lebih waspada terhadap cuaca yang masuk dimusim penghujan.

“Dimohon kepada masyarakat khususnya pengendara untuk lebih berhati-hati. Apalagi bila melewati jalur yang rawan longsor. Dan tingkatkan juga konsentrasi dalam berkendara guna keselamatan Bersama,” pungkasnya.



Kecelakaan Maut di Jalan Parangtritis, Tukang Becak Meninggal Diseruduk Truk

Sebuah kecelakaan maut terjadi di di Jalan Parangtritis km 8 Dusun Dadapan Timbulharjo Kepanewon Sewon Kabupaten Bantul, Minggu (30/10/2022) sekitar pukul 05.15 WIB.

Kasihumas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana menjelaskan, kecelakaan melibatkan kendaraan truk ber-nopol KT 8262 RA dengan sebuah becak kayuh.

Akibat kejadian tersebut, pengemudi becak kayuh atas nama Dul Kusnan (75) warga Slangen RT 04, Timbulharjo Sewon Bantul meninggal dunia di lokasi kejadian.

Jeffry menjelaskan, sebelum kejadian truk dan becak sama-sama melaju dari arah selatan ke utara.

Sesampainya di Jalan Parangtritis Km 8  Dadapan, Timbulharjo, Sewon, Bantul tepatnya Depan Java Land Coffee diseruduk truk yang dikendaraai TH (32) warga Karang Gunung, Saptosari, Gunungkidul..

“Karena jarak yang terlalu dekat sehingga truk tersebut menabrak becak kayuh sehingga pengemudi becak tersebut terjatuh di jalan raya dan meningal dunia di TKP,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara diketahui pengemudi truk tersebut tidak memikiki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan tidak ada STNK.

“Saat ini kasusnya sudah ditangani Stalantas Polres Bantul,” pungkasnya.

Lagi, Polres Bantul Kembali Dapat Miras Oplosan

Polres Bantul kembali menggelar razia peredaran miras illegal di wilayah Kabupaten Bantul.

Dalam razia miras yang dilaksanakan Sabtu (29/10/2022) malam, petugas berhasil mengamankan berbagai jenis miras di wilayah Gandekan Trirenggo Bantul, Jotawang Bangunharjo Sewon, warung Jalan Ringroad Selatan Sewon dan Cepoko Jajar Sitimulyo Piyungan.

“Ada 12 (dua belas) botol 600 ml berisi minuman oplosan, 40 (empat puluh) plastik berisi minuman beralkohol, 9 (sembilan) botol 1,5 liter berisi minuman beralkohol jenis Gedang Klutuk dan 1 (satu) botol 600 ml berisi minuman beralkohol yang berhasil kita amankan,” kata Kasihumas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana, Senin (31/10/2022).

Menurut Jeffry, hilangnya nyawa yang pernah terjadi di wilayah jetis menjadi komitmen Polres Bantul untuk menjadikan Bantul bebas dari miras khususnya miras oplosan. Hal ini demi menjaga kamtibmas yang aman dan nyaman di wilayah Bantul.

“Sering kali miras menjadi faktor pertama dalam tindak kejahatan, dan miras juga dapat membahayakan kesehatan bahkan dapat mengakibatkan hilangnya nyawa bila berlebihan atau menggunakan bahan bahaya yang tentunya tidak layak konsumsi,” jelasnya.

Jeffry juga mengimbau peran serta masyarakat dalam memberantas peredaran miras di wilayah Bantul.

“Apabila ada warga masyarakat yang mengetahui adanya penjualan miras illegal, segera laporkan kepada kami,” kata Jeffry.
 

Cegah Perilaku Menyimpang Pada Anak, Bhabinkamtibmas Palbapang Berikan Penyuluhan Kepada Siswa

Polsek Bantul memberikan penyuluhan tentang kenakalan remaja kepada siswa-siswi SD N 1 Palbapang Bantul, Sabtu (29/10/2022).

Sebagai pemateri Aipda Gunawan Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang dan Aipda Tri Wahyu Utami.

Kegiatan penyuluhan ini bertujuan agar siswa-siswi terhindar dari sifat atau perilaku menyimpang.

Aipda Gunawan mengatakan, perilaku pemyimpang bisa saja terjadi, hal tersebut timbul akibat kemajuan tehnologi antara lain pengaruh dari handphone yang dimilikinya.

Adapun giat penyuluhan tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anak-anak sekolah mulai usia dini, agar tidak terpengaruh hal-hal negatif.

Ditambahkannya, dalam penyuluhan tersebut juga dijelaskan terkait Bulying atau perundungan yang sering dilakukan kepada sesama teman baik di lingkungan sekolah maupun ketika berada di rumah dan banyak hal yang sangat memprihatikan untuk anak didik.

“Dampak dari teknologi memang harus diwaspadai, anak-anak harus harus disiapkan internet yang sehat sehingga mereka mendapatkan informasi yang positif. Tentunya ini harus dilakukan secara bersama,

"Kerjasama antara pihak sekolah, orangtua, dan Kepolisian sangat diperlukan agar anak-anak bisa terselamatkan dari pengaruh dunia luar yang negative," ujar Aipda Gunawan.

Melalui giat penyuluhan ini, Polsek Bantul berupaya dekat dan menjalin kemitraan bersama Sekolah, untuk menyelamatkan Generasi dan berpartisipasi dalam upaya penguatan pendidikan yang berkarakter. (Humas Polsek Bantul)
 

Sambangi Awak Kamling, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Jalin Kemitraan Bersama Warga

Sambang wilayah binaan sekaligus bersilaturahmi dengan warga yang sedang melaksanakan jaga keamanan di Pos Kamling adalah salah satu upaya yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bantul dalam menjalin kemitraan bersama masyarakat.

Dalam rangka harkamtibmas tersebut, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Kapanewon Bantul Aipda Moh Riyadi menyambangi Pos Kamling Jogroho Dusun Keyongan Kalurahan Sabdodadi Bantul, Santun (29/10/2022) pukul 00.15 WIB.

Dengan menyambangi warga saat sedang melaksanakan giat ronda, Aipda Moh Riyadi berupaya menjalin kemitraan agar hubungan Polri dan masyarakat semakin harmonis untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman dengan saling memberikan informasi terkait kamtibmas.

Kegiatan sambang dijadikan sebagai sarana untuk menggali informasi dari masyarakat, sehingga gangguan kamtibmas sedini mungkin dapat diantisipasi.

“Sekecil apapun informasi dari warga, merupakan hal yang sangat berharga sebagai langkah antisipasi tindakan yang akan dilakukan kedepan", kata Aipda Moh Riyadi.

"Dengan mengedepankan Polisi Berdialog, Aipda Moh Riyadi siap menampung informasi terkait kamtibmas, dan selalu bersama masyarakat dalam Harkamtibmas.

“Selaku anggota Bhabinkamtibmas, saya akan selalu mengajak warga masyarakat untuk terus aktif dan peduli terhadap keamanan lingkungan, karena pada dasarnya keamanan bukan hanya tanggungjawab Polisi, melainkan tanngungjawab bersama" pungkasnya. (Humas Polsek Bantul)
 

Tanamkan Kedisiplinan Sejak Usia Dini, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Laksanakan Giat Polisi Sahabat Anak

Polisi Sahabat Anak merupakan salah satu program dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Program ini menyasar anak-anak usia dini dengan tujuan antara lain menanamkan kedisiplinan kepada anak-anak sejak dini, demikian dikatakan Bhabinkamtibmas Polsek Bantul Kalurahan Sabdodadi Kapanewon Bantul Aipda Moh Riyadi.

Melalui Giat Polisi Sahabat anak, Aipda Moh Riyadi memberikan bimbingan kepada siswa TK.Lembaga Tama 3 Sutran Kadibeso Kalurahan Sabdodadi Bantul, Sabtu (29/10/2022).

Di TK.Lembaga Tama 3  Aipda Agus Bandianto melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak, dengan memberikan bimbingan diberikan dengan pengenalan Tertib Berlalulintas dan Disiplin dalam berkendara serta rambu-rambu lalu lintas.

Didampingi Guru, Aipda Moh Riyadi dengan santun memperkenalkan tugas pokok Polisi yaitu sebagai Pelindung, Pengayom, dan Pelayan masyarakat yang disampaikan dengan bahasa sederhana, humanis dengan metode belajar sambil bermain. (Humas Polsek Bantul).

"Keceriaan mewarnai wajah-wajah mereka. Dengan demikian diharapkan anak-anak tidak ada rasa takut lagi, ketika bertemu dengan Polisi,” ujar Aipda Agus Bandianto.

Bagi anak-anak, biasanya Polisi kerap dilihat sebagai sosok yang "Menakutkan" Terlebih para orang tua terkadang menakut-nakuti anaknya, jika nakal

"Kegiatan Polisi Sahabat Anak ini merupakan kegiatan positif, dengan menanamkan kecintaan anak-anak kepada Polri sejak dini, demikian pula sebaliknya", pungkas Aipda Agus Bandianto. (Humas Polsek Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Dampingi Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Lansia

Bhabinkamtibmas Polsek Bantul untuk Kalurahan Ringinharjo Kapanewon Bantul Aiptu Sugiyanto,SH melaksanakan pantauan dan pendampingan Ibu-ibu Kader Dusun Mandingan RT 02 dalam melaksanakan kegiatan Posyandu Lansia, Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan Posyandu Lansia ini dilaksanakan rutin untuk memberikan layanan kesehatan bagi kaum lansia.

Kepada para Lansia yang hadir, Aiptu Sugiyanto,SH mengimbau agar terus memanfaatkan layanan tersebut dengan mengunjungi Posyandu Lansia untuk memeriksakan kesehatannya. (Humas Polsek Bantul)
 

Ciptakan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif, Polsek Bantul Rutin Gelar Patroli Malam

Guna ciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayahnya, Polsek Bantul rutin gelar patroli malam.

Giat Patroli dipimpin Ipda Purnomo, mobiling pada jam-jam rawan hingga menjelang subuh dengan sasaran Obyek vital antara lain SPBU, Bank/ATM, Perkantoran, pemukiman warga dantempat-tempat keramaian, Senin (31/10/2022).

"Aktifitas masyarakat yang semakin meningkat membuat aksi kriminalitas rentan terjadi, untuk itu, pihaknya menggelar patroli cipta kondisi guna mengantisipasi adanya aksi kejahatan.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas maupun kejahatan jalanan lainnya," ujar Ipda Purnomo

"Giat Patroli dilaksanakan dengan prioritas tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat (pusat keramaian) maupun wilayah yang rawan terjadinya aksi kriminalitas serta melakukan penyisiran di Jalan raya, komplek dan juga pemukiman warga," tambahnya.

"Sambil berkeliling, Petugas juga melakukan edukasi kepada masyarakat dan mengajak untuk ikut berperan aktif dalam menjaga wilayah dari aksi kajahatan dan memberikan edukasi kepada remaja yang masih nongkrong-nongkrong," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul)
 

Dalam Rangka Harkamtibmas, Patroli Polsek Bantul Sambangi Obyek Wisata

Dalam rangka harkamtibmas sebagai upaya antisipasi timbulnya gangguan kamtibmas, Polsek Bantul giatkan patroli ke tempat wisata yang ada di wilayah Kapanewon Bantul.

Hal tersebut dilakukan mengingat pada saat hari libur, jumlah pengunjung obyek wisata mengalami peningkatan.

Unit Samapta Polsek Bantul dipimpin Aiptu Rukijo melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran tempat wisata Taman Puspa Gading Tegaldowo Bantul, Minggu (30/10/2022).

Giat patroli dialogis tersebut bertujuan menciptakan situasi kondusif, memberikan rasa aman kepada para pengunjung dan senantiasa bekerjasama dengan pengelola, petugas keamanan dan petugas parkir Obyek Wisata.

Selain memberikan sara aman, petugas Patroli juga menyampaikan himbauan kamtibmas kepada pengunjung, untuk berhati-hati dan waspada agar tidak menjadi korba tindak kejahatan. (Humas Polsek Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Laksanakan Pengamanan Pernikahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aipda Ekwan bersama dengan Linmas Kalurahan Argomulyo melaksanakan pengamanan hajatan pernikahan warganya di Dusun Panggang Argomulyo, Sedayu, Bantul, Minggu (30/10/2022) siang.

Warga yang mempunyai hajat yakni Bpk. Basuki warga Dusun Panggang Kalurahan Argomulyo Sedayu Bantul.

Kegiatan tersebut adalah salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat, dengan harapan dengan adanya kehadiran anggota Polri dapat memberikan rasa aman bagi warga masyarakat.

Terlebih rumahnya yang dekat dengan jalan raya sehingga sangat rawan menimbulkan kemacetan bahkan kecelakaan sehingga dengan kehadiran anggota Polri kegiatan bisa berjalan dengan tertib dan aman.

"Kegiatan ini adalah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, khusus lagi bagi keluarga yang mempunyai hajat," ucap Aipda Ekwan. (Humas Polsek Sedayu)
 

Problem Solving, Bhabinkamtibmas Argodadi Selesaikan Masalah Warganya

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi melaksanakan problem solving untuk menyelesaikan permasalahan warga binaannya di Dusun Cawan Argodadi, Sedayu, Bantul, Minggu (30/10/2022) sore.

Problem solving tersebut berkaitan dengan kejadian tawuran di pasar Sungapan yang terjadi pada hari Jumat (28/10/2022) antara siswa Sekolah Menengah Pertama yang ada di wilayah Sedayu dengan siswa Sekolah Menengah Pertama yang ada di wilayah Pajangan Bantul.

Dengan problem solving tersebut kedua belah pihak telah bersepakat saling memaafkan kemudian akan menyelesaikan masalah secara kekeluargaan.

Dalam kesempatan ini Bhabinkamtibmas Argodadi memberikan imbauan kepada para siswa tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya dan fokus sekolah belajar dengan sungguh-sungguh untuk dapat menggapai cita-cita. (Humas Polsek Sedayu)
 

Hadiri Harlah Fordam, Kapolsek Sedayu Berikan Pesan Kamtibmas

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S. Pd, MH di dampingi Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi menghadiri Harlah Fordam (Forum Argodadi Damai) ke V tahun 2022 di Aula Kalurahan Argodadi, Sedayu, Bantul, Minggu (30/10/2022) siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Sedayu, Danramil Sedayu, Lurah Argodadi, Toga Argodadi, Puskesmas Sedayu 2, Rapi Argodadi, Babinsa dan anggota Fordam Argodadi.

Di hari lahirnya yang ke V Fordam Kalurahan Argodadi melaksanakan kegiatan baksos dengan memberikan bantuan untuk perbaikan pada 5 mushola yang ada di wilayah Argodadi serta pembagian seragam baru untuk anggota Fordam.

Dalam sambutannya Kapolsek Sedayu menyampaikan ucapan terimakasih kasih kepada anggota Fordam yang telah turut serta membantu pelaksanaan tugas Kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Argodadi.

"Mari bersama - sama kita menjaga situasi kamtibmas di wilayah Argodadi dan Sedayu pada umumnya agar tetap aman terkendali dan kondusif" pesan Kapolsek Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)
 

Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Laksanakan Pengamanan Jathilan di Dusun Gejayan

Bhabinkamtibmas kalurahan Girirejo Polsek Imogiri Polres Bantul besama Babinsa Serka Sujadi melaksanakan pengamanan kegiatan pentas Jathilan di Dusun Gejayan Kalurahan Girirejo, Minggu (30/10/2022) siang.

Kegiatan hiburan Jathilan diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Girirejo bekerjasama dengan grup Jathilan Doger Macan Gembong Gejayan dalam rangka HUT ke 6 berdirinya grup jathilan.

Dalam pestas jathilan ini dihadiri oleh Lurah Girirejo Dwi Yuli Purwanti SH, Pamong Kalurahan, Dukuh Gejayan serta warga masyarakat sekitar serta mahasiswa KKN dari UPN Veteran Yogyakarta.

Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Girirejo sinergis melaksanakan pengamanan sempai kegiatan selesai berjalan lancar (Humas Polsek Imogiri)
 

30 October 2022

Kapolres Bantul Hadiri Jalan Sehat Sambut Muktamar Muhammadiyah Ke-48

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri jalan sehat menyambut Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang akan berlangsung di Solo bulan November mendatang.

Semarak Muktamar Muhammadiyah ini dimeriahkan dengan jalan sehat yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul pada Minggu (30/10/2022).

Rute Jalan Sehat dimulai dari Lapangan Paseban dan finish kembali di Lapangan Paseban.

Kegiatan dilepas dan diikuti langsung oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih beserta Wakil Bupati Bantul Jojo Purnomo.

Pihak Panitia menyediakan berbagai hadiah menarik seperti sepeda gunung, kulkas, mesin cuci serta aneka doorprize menarik lainnya. Untuk mega doorprize adalah 2 (dua) ekor sapi dan 2 (dua) unit sepeda motor yang sudah disiapkan kepada peserta jalan sehat yang beruntung.

Kegiatan yang diikuti ribuan orang ini mendapat pengamanan dari personel Polres Bantul.

“Demi kelancaran acara, personel Polres Bantul diturunkan untuk menjaga keamanan. Petugas juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan,” kata Kasihumas Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Hadiri Giat Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Kapanewon Bantul Aipda Gunawan menghadiri dan monitoring kegiatan Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) dan Simulasi Bencana, Sabtu (29/10/2022).

Sosialisasi tersebut dalam rangka Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul dan dilaksanakan di SD N1 Palbapang Bantul.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Palbapang, Kepala Sekolah SD N1 Palbapang, Ketua FPRB Kalurahan Palbapang, Pengawas Sekolah, Dukuh Ngringinan, Staf dan Guru, Wali Murid, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalurahan Palbapang.

Kegiatan ini menerangkan tentang kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi maupun langkah yang diambil apabila terjadi bencana. (Humas Polsek Bantul)
 

Awas! Ada Longsor di Jalan Jogja-Wonosari Bukit Bintang Piyungan, Pengendara Diimbau Cari Jalan Alternatif

Tanah longsor terjadi di Jalan Jogja-Wonosari, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, DIY. Longsor memakan hampir setengah badan jalan.

Longsor terjadi di tikungan sebelum restoran Sido Kumpul (SKP) Bukit Bintang, tepatnya di Pedukuhan Plesedan, Kalurahan Srimartani, jika dari arah Jogja. Longsor berada di sisi kanan jalan.

Lubang longsor cukup besar. Polisi berjaga di lokasi kejadian.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengatakan saat ini personel bersama relawan di lokasi membantu mengatur arus lalu lintas.

"Telah terjadi longsor di bawah restoran SKP Bukit Bintang Jalan Jogja-Wonosari," kata Jeffry, mengutip laporan dari petugas Polsek Piyungan, Sabtu (29/10/2022).

Demi keamanan, personel Polsek Piyungan memasang garis polisi di sekitar ruas jalan yang amblas sebagai tanda bagi pengendara.

Jeffry mengimbau pada semua pengendara untuk dapat lebih bersabar. Terlebih bagi mereka yang hendak melintasi ruas jalan Jogja - Wonosari.

Mengingat saat ini tengah diterapkan skema buka tutup tadi. Untuk lebih mengurai penumpukan kendaraan, kata Jeffry, masyarakat bisa mencari rute lain untuk menuju ke Gunungkidul maupun ke arah Jogja.

"Kami imbau masyarakat yang akan melewati jalur Jogja Wonosari maupun sebaliknya untuk berhati-hati dan jaga konsentrasi dalam berkendara. Serta dapat juga gunakan jalur alternatif lain melalui jalur wilayah Dlingo," tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Piyungan Kompol Soegihartono mengatakan karena berpotensi mengganggu arus lalu lintas, saat ini polisi tengah menerapkan sistem buka tutup di jalur tersebut. 

"Polisi dan relawan juga melakukan pengaturan arus lalu lintas secara manual dengan buka tutup dari kedua arah, yakni arah Jogja maupun arah Wonosari," imbuhnya.


Peduli Kemanusiaan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Bantu Mengantar Pengobatan Warga ODGJ

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi,SH membantu proses evakuasi ODGJ AM (39) warga Banten yang berdomisili di Dusun Kweden Trirenggo Bantul ke RS.Grhasia Pakem Sleman, Jum'at (28/10/2022).

Kegiatan evakuasi dilaksanakan bersama Kamituwo, Dukuh Kweden, Babinsa dan FPRB Kalurahan Trirenggo.

"Tujuan membawa ke RSJ Grhacia tersebut, untuk mendapatkan perawatan yang semestinya, dengan harapan apabila sudah sembuh dan kondisi sudah normal, bisa berkumpul dengan keluarga serta warga sekitarnya,” kata Aipda Amat Riyadi,SH.

Selain upaya pengobatan, evakuasi warga binaan yang mengalami gangguan jiwa ini dilakukan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, yang bisa membahayakan dirinya, keluarga maupun warga masyarakat disekitarnya. (Humas Polsek Bantul)
 

Polsek Bantul Gelar Safari Sholat Subuh di Masjid Baiturrahman Dusun Manding

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP memimpin giat patroli tersebut, selanjutnya melaksanakan Safari Sholat Subuh berjamaah bersama warga di Masjid Baiturrahman Dusun Manding Serut Sabdodadi Bantul, Minggu (30/10/2022).

Dalam pelaksanaan Sholat, Kapolsek Bantul bersama jajaran Unit Binmas dan warga berjamaah dan sebagai Imam adalah Ipda Zaenal Mustaqim (Panit Binmas).

Usai Sholat berjamaah, Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP dihadapan jamaah, memberikan pesan kamtibmas serta sosialiasi tentang Layanan Pengaduan Masyarakat Cepat via WA. Layanan tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan keluh kesah, saran atau permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Dengan dibukanya Layanan tersebut, Polsek Bantul dengan cepat mengetahui segala permasalahan dan segera dicarikan solusinya serta diharapkan masyarakat proaktif kebersamaan dalam harkamtibmas.

Lebih lanjut Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP menghimbau bilamana ada masalah bisa menghubungi langsung dengan menggunakan WA Polsek Bantul yang sudah ada dan membuka layanan pribadi tentang pengaduan permasalahan warga masyarakat khususnya di Wilayah Hukum Polsek Bantul.

Dengan telah dibukanya Layanan Pengaduan Masyarakat tersebut bertujuan memberikan kontak langsung kepada seluruh warga masyarakat khususnya di Wilkum Polsek Bantul, dan bisa dengan leluasa kapan saja waktunya bisa menghubungi Polsek Bantul untuk menyampaikan ataupun mengadukan permasalahan yang ada,  dengan demikian akan tercipta kebersamaan dan rasa kekeluargaan antara masyarakat dan Polsek Bantul. (Humas Polsek Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Laksanakan Takziah di Dusun Gemahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto,SH melaksanakan takziah di Dusun Gemahan Rt.3 Kalurahan Ringinharjo Kapanewon Bantul, Sabtu (29/10/2022).

Warga yang meninggal dunia adalah Ny. Tugirah yang meninggal kartena sakit dalam usia 83 tahun.

Sugiyanto mengatakan giat ta'ziah ini, sebagai wujud kepedulian dan rasa empati, kepada warga masyarakat yang sedang berduka dikarenakan salah satu keluarganya meninggal dunia dan menyampaikan belasungkawa kepada keluwarga.

“Melalui Takziah, kita bisa bersilaturrahmi dengan warga sekaligus memantau situasi wilayah binaan,” katanya. (Humas Polsek Bantul).
 

Kapolsek Kasihan Jadi Irup Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94

Kapolsek Kasihan menjadi irup dalam kegiatan Upacara bendera memperingati hari sumpah pemuda ke 94  di halaman Kapanewon Kasihan.  Jumat 28 Oktober 2022

Sebagai Perwira Upacara Iptu Sumarjono, Komandan Upacara Ipda Sigit Budi H, pengibar bendera dari siswi SMA N 1 Kasihan dan peserta dari TNI POLRI, ASN kapanewon Kasihan, perwakilan Siswa SD Paadokan dan pamong desa Se Kapanewon Kasihan.

Sumpah Pemuda adalah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia karena menjadi tonggak dimulainya pergerakan organisasi pemuda.

Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 ini, Pemerintah Kapanewon kasihan mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kasihan untuk bersatu dalam membangun bangsa kita.
 

Panit Binmas Polsek Imogiri bersama Bhabinkamtibmas ikuti Pengajian

Panit Binmas Polsek Imogiri Polres Bantul Aiptu Riyanto bersama Bhabinkamtibmas Sriharjo Bripka Wahyono  menghadiri mujahatan rutin Lailatul ijtima' di Masjid Nurul Huda Pedukuhan Muri Kalurahan Sriharjo Jumat (28/20/2022) malam

Kegiatan mujahaddah yang di selenggarakan oleh pengurus LDNU MWC NU Kapanewon Imogiri dalam rangka melaksanakan program rutin MWC NU dihadiri Habib Hasan Aqil Ba'abud, Dr KH. Zuhdi Muhdzor, Emi Masruroh Abdul Halim Muslih, Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, kepala KUA Imogiri Moch Rois Wizda, lurah Sriharjo Titik Istiyawatun Khasanah, jamah muslimat NU

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno MKom, CHFI, CHFI, ditempat terpisah mengatakan menghadiri kegiatan masyarakat sebagai wujud menjalin silaturahmi dengan masyarakat serta dapat memahami situasi kondisi di lapangan.

Diharapkan dengan kehadiran polri dapat tercipta keakraban sehingga lebih mudah dalam menyampaikan pesan pesan Kamtibmas tandas " Kompol Suharno (Humas Polsek Imogiri)
 

Stop Bullying Pada Kalangan Pelajar,Unit Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Berikan Sosialisasi Di SD Negeri Krapyak Wetan

Unit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Polres Bantul, melaksanakan sosialisasi tentang Stop kekerasan dan bullying di SD Negeri Krapyak Wetan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Jumat (28/10/2022) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Bripka Mulyadi, Aiptu Imron Rosadi secara bergantian menyampaikan materi tentang Anti atau perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal fisik' maupun sosial' di Dunia maya ataupun Nyata' yang membuat seseorang merasa tidak nyaman' sakit hati dan tertekan baik yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok.

Tujuannya untuk memberikan pengetahuan bagi adik adik tentang anti Bullying/Perundungan, jenis perundungan,mengenali korban perundungan dan cara mengatasi perundungan, karena para pelajar rentan menjadi pelaku atau korban bullying hingga penganiayaan.Diharapkan dengan dilaksanakan sosialisasi tersebut tidak ada Bullying/perundungan lagi kepada pelajar.

“Kami berharap, jangan menjadikan teman untuk di bullying yang nantinya akan berakhir dengan kekerasan hingga berujung ke ranah hukum, Ini butuh peran orang tua dan guru, terutama guru di lingkungan sekolah,” katanya.

Bripka Mulyadi Dan Aiptu Imron Rosadi dalam kesempatan tersebut juga berpesan agar rajin belajar, jangan mencari musuh tapi perbanyaklah teman. apabila terjadi masalah tidak pakai emosi, semua permasalahan ada jalan keluarnya, jangan merusak masa depan kalian karena kelak kalian sebagai penerus bangsa", pesannya. ( Humas Polsek Sewon )
 

Aipda Wawan Giyarto S.Psi, Takjizah Di Dusun Ngaglik Pendowoharjo

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Polres Bantul, Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi melaksanakan Takziah sebagai bentuk kepedulian dan empati terhadap warga di wilayah binaannya yang meninggal dunia.

Sebagai makhluk sosial, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo juga melakukan hal yang sama dengan masyarakat pada umumnya, ketika ada warga masyarakat di kalurahan yang menjadi binaannya yang sedang dilanda kesusahan, Polri pun turut hadir untuk sekedar memberikan ucapan duka cita.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Pendowoharjo mewakili keluarga besar Polsek Sewon mengucapkan turut bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Almarhum bapak Moh.Zaenuri yang merupakan warga dusun Ngaglik Pendowoharjo, Sewon, Bantul, semoga ditempatkan disisi Allah SWT dan diampuni semua dosa-dosanya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

“Dengan turut hadirnya Bhabinkamtibmas dalam setiap kegiatan masyarakat seperti kali ini, diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dan kepercayaan masyarakat dengan pihak Kepolisian, demi terwujudnya kamtibmas yang aman dan kondusif,” ujar Aipda Wawan. (Humas Polsek Sewon)
 

Waspada! Terjadi Longsor di Ruas Jalan Yogya-Wonosari Piyungan

Tanah longsor yang terjadi di ruas jalan Yogya - Wonosari tepatnya di Dusun Plesetan Srimulyo Piyungan Bantul mengakibatkan kemacetan lalulintas yang panjang, Sabtu (29/10/2022) malam.

Untuk mengurai kemacetan tersebut Unit Lantas dan Samapta Polsek Piyungan melakukan pengaturan lalulintas dengan sistem buka tutup satu jalur mengingat setengah badan jalan longsor.

Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si saat di konfirmasi di TKP mengatakan bahwa anggotanya setelah mendapatkan informasi adanya tanah longsor anggota segera mendatangi TKP dan melakukan pengamanan jalur disepanjang jalan area longsor.

"Begitu mendapat informasi tanah longsor anggota bergegas ke TKP untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalulintas di jalur yang longsor," ujar Kapolsek.

Selain itu, untuk mencegah adanya korban anggota Polsek Piyungan beserta Relawan Jalan Raya (RJR) memasang traffic cone maupun pita garis polisi di sepanjang jalur yang longsor, tambahnya.

Semoga perbaikan jalan longsor ini segara di lakukan mengingat jalan yogya - wonosari ini sangat padat sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal, harapnya. (Humas Polsek Piyungan)
 

Polsek Sedayu Pengamanan Senam Bersama

Personel Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan kegiatan ceremonial, senam bersama, pasar malam dan bakti sosial di lapangan hibrida Kalurahan Argomulyo, Sedayu, Bantul, Minggu (30/10/2022) pagi.

Kegiatan tersebut dalam rangka Regeng Ngayuh Kamulyan ( Pasar malam dan gelar potensi budaya Argomulyo) yang di hadiri sekitar 500 warga Kalurahan Argomulyo dan sekitarnya.

Dalam bakti sosial di adakan donor darah dan pemberian santunan kepada anat yatim piatu warga Kalurahan Argomulyo serta di sediakan doorprize menarik bagi peserta senam bersama yang hadir.

Dalam kesempatan ini personil Polsek Sedayu menghimbau kepada warga masyarakat yang hadir agar menjaga ketertiban dan keamanan serta menjaga barang berharga bawaannya. (Humas Polsek Sedayu)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Melaksanakan Pengalaman Kegiatan Senam Sehat

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH melaksanakan pengamanan kegiatan Senam Sehat bertempat di Kalurahan Tirtohargo Kretek Bantul, Minggu (30/10/2022) jam 07.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Tirtohargo bapak Sugiyamto, Panit Min Intelkam polsek kretek Aiptu FX Dono Indarto, Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH, Dukuh Muneng dan warga Tirtohargo.

Bertempat di Kalurahan Tirtohargo Kretek Bantul telah berlangsung kegiatan Senam sehat Bebarengan dengan tema "Dusunku Sehat Dusunku Hebat". Kegiatan senam tersebut diselenggarakan oleh Muda - Mudi Padukuhan Muneng dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Selain itu juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat dusun Muneng.

Selama kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar. Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH melaksanakan pengamanan sampai dengan kegiatan selesai. (Sihumas Polsek Kretek)
 

Jaga Sitkamtibmas tetap Kondusif, Polsek Piyungan Gelar Razia Miras

Sebagai langkah menjaga situasi kamtibmas wilayah piyungan yang aman kondusif, Kapolsek Piyungan memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan Operasi Penyakit Masyarakat razia minuman keras beralkohol di wilayah hukum Polsek Piyungan, Sabtu (29/10/2022) malam.

Seperti tampak pada malam hari ini, Kanit Intelkam AKP Wido Dwiono memimpin anggota Polsek Piyungan yang terseprint untuk melaksanakan razia minuman keras di kawasan wisata Watu Amben Srimulyo Piyungan.

Dalam pelaksanaannya satu persatu warung/ kedai didatangi dan dilakukan pemeriksaan, tidak lepas para pengunjung juga dilakukan pemeriksaan badan maupun tas barang bawaannya.

Upaya ini sebagai langkah represif yang harus dilakukan, mengingat pengaruh minuman keras begitu luas dan bisa menjadi pemicu timbulnya tindak kriminalitas.

Selama giat berlangsung, berjalan aman terkendali dan tidak diketemukan minuman keras maupun barang yang mencurigakan. (Humas Polsek Piyungan)
 

Kapolsek Kretek Laksanakan Patroli Dialogis Berikan Himbauan Kamtibmas Kepada Pengunjung Pantai Parangtritis

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi bersama anggota melaksanakan patroli dialogis memberikan himbauan kamtibmas kepada wisatawan di Pantai Parangtritis Kretek Bantul, Minggu (30/10/2022) jam 10.00 WIB
.
Bertempat di Pantai Parangtritis Kretek Bantul Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi beserta anggota melaksanakan Patroli dialogis memberikan himbauan kamtibmas kepada pengunjung pantai Parangtritis. Kegiatan Patroli yang dilaksanakan oleh Polsek Kretek ini merupakan tugas dan tanggungjawab sebagai aparatur kemanan dengan tujuan agar masarakat yang sedang menjalankan aktivitas dapat merasa aman dan merasa dilindungi dengan adanya patroli dari POLRI ini.

Dalam kegiatan patroli tersebut Kapolsek Kretek memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat yang ada di obyek wisata agar selalu waspada dan berhati-hati. Kami juga berharap kepada masyarakat untuk selalu menerapkan Protokol kesehatan serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama POLRI menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Kretek)
 

Kapolda DIY sidak pelayanan satlantas dan satintelkam polresta Yogyakarta

Pelayanan kepolisian menjadi salah satu poin penting bagi Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H.

Hal tersebut terlihat dari seringnya beliau melakukan pengecekan di satuan fungsi pelayanan kepolisian.

Jumat (28/10/2022) siang, usai menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Stadion Mandala Krida, orang nomor satu di Polda DIY tersebut kembali turun ke lapangan meninjau Satpas SIM Polresta Yogyakarta.

Disana beliau menyapa masyarakat sekaligus  menggali sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas kepolisian.

Selanjutnya Kapolda bergeser mengunjungi Polresta Yogyakarta untuk melihat pelayanan permohonan SKCK dan perijinan.

Didampingi Wakapolresta AKBP Fahmi Arifriyanto, Kapolda kembali menyapa warga  masyarakat yang sedang mengurus permohonan SKCK.

Dikesempatan itu, Kapolda memberikan penekanan agar segala permohonan perijinan dari warga masyarakat dipermudah.

Sebagaimana Commander Wish Kapolda DIY, di mana pelayanan kepolisian menjadi poin penting dan mendapatkan penekanan. Kapolda DIY menegaskan, bahwa aspek pelayanan harus dioptimalkan. Sehingga, masyarakat yang datang dan memerlukan pelayanan kepolisian mendapatkan penyelesaian atas permasalahan yang dilaporkan.

Orasi Kebangsaan Sumpah Pemuda, Kapolri: Persatuan-Kesatuan Wujudkan Indonesia Emas 2045

Semarang - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri undangan untuk memberikan orasi kebangsaan terkait dengan momentum peringatan sumpah pemuda di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu, 29 Oktober 2022.

"Jadi baru saja saya mendapatkan kesempatan untuk mengisi orasi kebangsaan terkait dengan makna dan memaknai sumpah pemuda. Tentunya di dalam kegiatan ini kita mengingatkan kembali dalam sejarah perjalanan bangsa dari mulai jaman penjajahan sampai tantangan kedepan yang kita hadapi," kata Sigit usai mengisi orasi kebangsaan tersebut.

Dalam orasi kebangsaannya, Sigit menekankan, pentingnya menjaga dan merawat semangat sumpah pemuda yang digelorakan oleh para pendahulu bangsa. Refleksi dari peringatan tersebut, kata Sigit, adalah bagaimana terus mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Menurut Sigit, dengan menjaga persatuan dan kesatuan, hal itu menjadi syarat utama untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Seluruh elemen harus terus bersatu dan bergandengan tangan dalam menghadapi segala bentuk tantangan zaman yang ada.

"Tentunya juga menjadi modal bagi kita untuk terus bisa melangkah dan melaksanakan apa yang menjadi visi misi kita menuju Indonesia Emas di tahun 2045," ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Lebih dalam, Sigit menyebut, rasa persatuan dan kesatuan dari seluruh elemen bangsa termasuk mahasiswa dan pemuda dewasa ini sangat dibutuhkan. Mengingat, diungkapkan Sigit, lingkungan global saat ini sedang mengalami dinamika penuh dengan ketidakpastian.

Tentunya, kata Sigit, hal itu juga akan berpengaruh pada situasi regional termasuk di Indonesia. Dinamika yang berkembang saat ini diantaranya adalah Pandemi Covid-19, konflik antara Negara Rusia dan Ukraina hingga rangkaian pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

"Tentunya dalam kesempatan ini semangat persatuan dan kesatuan selalu kita gelorakan. Dan tadi dari adik-adik UIN mengikrarkan sumpah pemuda dan diikuti kita semua," ucap mantan Kapolda Banten itu.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Sigit menegaskan, hal itu merupakan salah satu komitmen bersama bahwa sumpah pemuda, persatuan dan kesatuan untuk menjaga nusa, bangsa dan bahasa dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dengan dasar Pancasila, semboyan Bhinneka Tunggal Ika tentunya selalu kita jaga yang tentunya tadi menjadi kesepakatan dan nilai-nilai yang terus kita besarkan untuk menjaga agar tidak ada polarisasi di tengah situasi seperti ini," tutup Sigit.

29 October 2022

Operasi Cipta Kondisi, Polsek Bantul Gelar Razia Minuman Keras

Dalam rangka cipta kondisi, Polsek Bantul menggelar razia minuman keras, Jumat (28/10/2022) malam.

Razia dilakukan di tempat-tempat yang sering digunakan nongkrong anak-anak muda di wilayah Kapanewon Bantul.

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP mengatakan, pihaknya akan terus melakukan razia, sebagai langkah cipta kondisi di wilayah Hukum Polsek Bantul.

Menurutnya, dampak dan pengaruh minuman keras begitu luas dan bisa menjadi pemicu timbulnya tindak kriminalitas.

"Upaya ini sebagai langkah represif yang harus dilakukan, mengingat kamtibmas wilayah yang kondusif harus diwujudkan agar warga masyarakat merasa aman,” tandasnya. (Humas Polsek Bantul)

Adakan Safari Shalat Jumat, Kapolsek Kasihan Sampaikan Pesan Kamtibmas Kepada Jamaah

Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif Wibowo SH MH melaksanakan safari shalat Jumat di Masjid Al Ikhlas Tamantirto Kasihan Bantul, Jumat (28/10/2022).

Setelah pelaksanaan shalat Jumat, AKP Satrio Arif Wibowo SH MH terlebih dahulu memperkenalkan diri sebagai Kapolsek Kasihan yang baru.

Lebih lanjut, Kapolsek mengatakan, tujuan kegiatan safari shalat Jumat sebagai upaya untuk mendekatkan diri pada masyarakat.

“Kami mohon dukungan masyarakat untuk menjadikan Kapanewon Kasihan khusunya Kalurahan Tamantirto tetap rukun, damai dan tentram,” kata Kapolsek.

Ia juga menyampaikan, keberadaan Polri untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan dia meminta dukungan masyarakat bagi anggota Polri yang menjalankan tugas.

“Kami akan membuka diri untuk tatap muka maupun via telepon atau WA apabila ada keluhan yang ingin disampaikan,” ujarnya.

”Kontak pengaduan akan kami berikan, setiap keluhan terkait kamtibmas bisa kami layani,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek juga berpesan kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga kamtibmas di lingkungan masyarakat. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibnmas Aipda Wawan Giyarto Berikan Penyuluhan Siswa-siswi SD Muhammadiyah Pendowoharjo

Dalam upaya mencegah kenakalan remaja dan menyiapkan generasi penerus bangsa, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi memberikan penyuluhan kepada siswa-siswi di SD Muhammadiyah Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Jumat (28/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo memberikan pengarahan kepada siswa-siswi SD Muhammadiyah Pendowoharjo di antaranya agar anak-anak menghormati orangtua, guru dan teman sekolah.

“Belajar yang rajin dan ibadah yang baik, hindari pergaulan yang negatif. Hindari narkoba dan jangan tawuran, karena itu semua akan merugikan diri sendiri, keluarga dan orang lain,” pesan Aipda Wawan.

Harapannya, semoga kelak para siswa bisa meraih cita-cita seperti yang diinginkan. (Humas Polsek Sewon)

Polsek Bantul Adakan Kegiatan Safari Shalat Jumat Bersama Warga

Polsek Bantul mengadakan kegiatan Safari Shalat Jumat di Masjid Kholid Bin Walid Dusun Karasan Palbapang Bantul, Jumat (28/10/2022).

Pada kegiatan tersebut Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP dan anggotanya melaksanakan ibadah shalat Jumat bersama para jamaah. Bertindak sebagai imam dan khotib adalah Ipda Zaenal Mustaqim (Panit Binmas Polsek Bantul).

Usai pelaksanaan ibadah shalat Jumat, Kapolsek Bantul menyampaikan imbauan kamtibmas dan mensosialisasikan nomor WA (WhatsApp) Polsek Bantul tentang pelayanan pengaduan masyarakat.

“Silahkan memanfaatkan layanan ini, untuk melaporkan hah-hal terkait kamtibmas dan permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat,” kata Kapolsek di hadapan para jamaah.

“Layanan tersebut online 24 jam, jadi kapanpun warga dipersilahkan memanfaatkannya,” imbuhnya. (Humas Polsek Bantul)

Kapolsek Sedayu Laksanakan Safari Jumat Keliling di Masjid Al-Hikmah Dusun Surobayan

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S.Pd MH bersama Kanit Binmas AKP Dedi Tunandi melaksanakan safari Jumat keliling di Masjid Al-Hikmah Dusun Surobayan Argomulyo Sedayu Bantul, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan tersebut menjadi ajang silahturahmi antara Kapolsek dengan masyarakat di wilayah Kapanewon Sedayu sekaligus sebagai wadah untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Menurut Kapolsek Sedayu, selain untuk meningkatkan iman dan takwa dalam beribadah, kegiatan safari Jumat keliling juga menjadi ajang silahturahmi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Sedayu mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal dan patuhi peraturan lalu lintas.

Ia juga mensosialisasikan nomor WA (WhatsApp) Polsek Sedayu terkait pelayanan pengaduan masyarakat.

Sementara itu, pemngurus Takmir Masjid mengucapkan terima kasih atas kegiatan safari Jumat Keliling oleh Polsek Sedayu, harapannya semoga bermanfaat dan membawa keberkahan dalam menjalankan tugas. (Humas Polsek Sedayu)

Diduga Oleng, Kijang Inova Alami Kecelakaan Tunggal di Jalan Wates Sedayu

Anggota Unit Lantas Polsek Sedayu yang dipimpin AKP Sarijan melakukan evakuasi sebuah mobil yang mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Wates atau tepatnya Dusun Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul, Jumat (28/10/2022) pagi.

AKP Sarijan menerangkan, sebuah mobil Kijang Inova dengan nopol AB 1477 CR yang dikemudikan oleh AD (31) warga Kedunggong Wates Kulonprogo melaju dari arah Jogja menuju Wates. Setelah sampai TKP (Tempat Kejadian Perkara) tiba-tiba mobil mengalami oleng dan terperosok di sisi barat jalan.

“Atas kejadian itu, warga kemudian melaporkan ke Unit Lantas Polsek Sedayu dan anggota kami langsung menuju ke TKP untuk melakukan TPTKP laka lantas,” ujarnya.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun mobil mengalami kerusakan di beberapa bagian. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolres Bantul Gelar Safari Shalat Jumat, Ingatkan Jamaah Bahaya Radikalisme

Untuk semakin mendekatkan diri dan menampung aspirasi serta informasi dari masyarakat Bantul terkait kamtibmas, Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melaksanakan safari shalat Jumat bersama perwakilan PJU Polres Bantul, Jumat (28/10/2022).

Kali ini, kegiatan safari shalat Jumat dilaksanakan di Masjid Baitul Anwar, Dusun Piring, Murtigading, Sanden, Bantul.

Sebelum pelaksanaan ibadah shalat jumat, kegiatan diawali dengan diskusi dan obrolan santai atau yang disebut “Curhat Kamtibmas” oleh Kapolres Bantul bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat. Antara lain berdiskusi terkait permasalahan kamtibmas, apa yang menjadi keluhan dan harapan masyarakat dalam hal kamtibmas khususnya di wilayah Kalurahan Murtigading, Sanden.

Kemudian setelah pelaksanaan ibadah shalat Jumat, dilanjutkan penyampaian pesan-pesan kamtibmas oleh Kapolres Bantul di hadapan para jamaah.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi warga selama ini dalam ikut menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Bantul agar tetap aman dan kondusif,” ucap Kapolres.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Bantul juga mensosialisasikan nomor pelayanan pengaduan melalui WhatsApp (WA) yang dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat sebagai sarana komunikasi antara warga dengan Polres Bantul.

Kapolres Bantul juga mengingatkan jamaah akan bahaya radikalisme.

Mengakhiri kegiatan safari shalat Jumat, Kapolres Bantul menyerahkan bantuan peralatan kebersihan berupa sapu dan alat pel kepada Takmir Masjid Baitul Anwar.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Baitul Anwar sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan safari shalat Jumat yang dilakukan Polres Bantul.

“Semoga dengan silaturahmi ini, antara masyarakat dan Polri makin dekat lagi,“ ujarnya. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Imogiri Bersama Forkopimkap Adakan Safari Shalat Jumat

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno M.Kom CEH CHFI bersama Forkopim Kapanewon Imogiri melaksanakan kegiatan safari shalat Jumat di Masjid Al Ikhlas, Dusun Tegalrejo, Girirejo, Imogiri, Bantul, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan ini dipimpin oleh Panewu Slamet Santoso SIP bersama Kapolsek Imogiri, Danramil 10/Imogiri, Kepala KUA, Kepala Puskesmas Imogiri, Bhabinkamtibmas kalurahan Girirejo dan Babinsa.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Imogiri turut menyampaikan pesan kamtibmas serta mensosialisasikan nomor WA (WhatApp) pelayanan pengaduan yang bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat sebagai sarana komunikasi antara warga dengan Polres Bantul. (Humas Polsek Imogiri)

Kunjungi Polsek Sanden, Kapolres Bantul Tekankan Hal Ini

Kunjungan Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK beserta PJU Polres Bantul dalam rangka mengecek kesiapsiagaan baik Mako di Polsek Sanden untuk mengetahui situasi serta kinerja anggota dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan kepada masyarakat, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan kunjungan kerja ke Polsek jajaran Polres Bantul sudah menjadi program Kapolres Bantul guna mengecek kesiapan semua personel Polri dilapangan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Selain itu, kunjungan kerja tersebut dilaksanakan untuk melihat secara langsung kondisi serta keadaan Polsek dan situasi yang berada di wilayah hukum Polres Bantul.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Bantul menyampaikan kepada Kapolsek Sanden AKP Haryanto SH beserta anggotanya agar selalu menjaga kekompakan, melayani masyarakat dengan hati serta bisa menyatu dengan masyarakat, sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang erat sekaligus harmonis antara Polisi dan masyarakat.

Kapolres Bantul mengatakan, tentunya kegiatan ini dilaksanakan untuk mengecek situasi dan administrasi Polsek dalam rangka kesiapan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Polsek Sanden.

“Saya meminta kepada seluruh personel agar melayani masyarakat dengan hati, jalin silahturahmi yang baik dengan aparat TNI, instansi samping serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama, sehingga nantinya dapat bersinergi dalam menjaga kamtibmas agar tetap aman dan kondusif,” tuturnya.

Kapolres juga berpesan kepada seluruh personel Polsek Sanden agar bekerja dengan baik dan dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Apa yang sudah baik agar dijaga, dan ditingkatkan lagi,” pesannya.

Selanjutnya, dalam kegiatan ini Kapolres Bantul bersama PJU juga melakukan pengecekan kantor, sarana dan prasarana, serta kekuatan personel. (Humas Polres Bantul)

28 October 2022

Polsek Banguntapan Ajak Siswa SDN Potorono Jauhi Tindakan Bullying dan Penyalahgunaan Narkoba

Unit Binmas Polsek Banguntapan melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) di SDN Potorono Banguntapan, Jumat (28/10/2022) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin Kanit Binmas Polsek Banguntapan AKP Sarim bersama Panit Binmas Aiptu Subandi. Bamin Unit Binmas Bripka Erny Rokhayati dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Potorono Aipda Maryadi.

Adapun materi yang disampaikan tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba dan stop bullying.

Kanit Binmas AKP Sarim  mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi siswa menjauhi tindakan bullying dan penyalahgunaan narkoba. Sehingga terciptanya generasi muda yang berguna bagi bangsa dan negara.

“Kami harapkan para siswa agar menjauhi tindakan bullying dan penyalahgunaan narkoba. Ini sebagai bekal para siswa agar bisa menjaga dirinya sendiri dari bahaya narkoba serta perilaku bullying,” katanya. (Humas Polsek Banguntapan)

Polsek Pundong Laksanakan Kegiatan Safari Jumat Keliling di Masjid Al Barokah Piring

Polsek Pundong Polres Bantul melaksanakan kegiatan rutin berupa safari Jumat keliling Masjid Al Barokah, Dusun Piring, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan dipimpin oleh Kanit Sabhara Polsek Pundong Ipda Mohtar.

Setelah sholat Jumat Ipda Mohtar menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada jamaah sholat jumat, diharapkan warga masyarakat tetap menjaga keamanan lingkungan termasuk juga ke aktifan pos kamling sebagai upaya dalam menjaga keamanan lingkungan.

Kegiatan safari Sholat Jumat keliling juga dapat memberikan rasa aman dan tenang pada jamaah.

Terlihat personel membaur dengan jamaah dengan hikmat mendengarkan khotbah Sholat Jumat.

Kapolsek Pundong AKP Cherly Evi Prayudati Sella membenarkan bahwa Anggota Polsek Pundong melaksanakan kegiatan safari Sholat Jumat hal ini untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperkuat tali silaturahmi dengan masyarakat.
 

Polsek Bantul Berikan Pembinaan dan Konseling Kepada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul

Polsek Bantul terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan senantiasa membangun sinergitas bersama seluruh komponen masyarakat.

Salah satunya adalah dengan melaksanakan pembinaan dan konseling terhadap siswa-siswi di sekolah. Kali ini di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dengan menghadirkan orangtua siswa, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan Pembinaan dan konseling diberikan oleh Panit Binmas Polsek Bantul Ipda Zaenal Mustaqim. Adapun tujuan kegiatan tersebut menumbuhkan mental yang baik bagi siswa, sehingga mereka dapat menjadi pelajar yang berkarakter dan bertanggungjawab. (Humas Polsek Bantul)

Kapolri Apresiasi Dukungan Moril dan Kepercayaan Purnawirawan Jenderal ke Para Juniornya

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi kepada seluruh mantan Kapolri yang telah memberikan dukungan kepada generasi penerusnya untuk terus membawa institusi Polri menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Para Purnawirawan Jenderal tersebut menyambangi Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada kemarin hari, Kamis, 27 Oktober 2022. Mereka memberikan masukan, dukungan dan pokok-pokok pemikiran kepada Kapolri dan pejabat utama untuk institusi Polri kedepannya.  

"Terima kasih pak atas dukungan moril pada kami semua. Dan kami adik-adik bapak sangat senang, yang tentunya akan memperkaya kami dalam melakukan langkah-langkah kebijakan baik jangka pendek ataupun jangka menengah," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.

Menurut Sigit, untuk saat ini, dirinya beserta jajaran Polri juga telah menyiapkan strategi-strategi untuk terus membawa Korps Bhayangkara menjadi lebih baik lagi. Semua langkah itu dilakukan demi kecintaan dan kebaikan terhadap institusi.

Menurut Sigit, hal itu dilakukan, dengan mendengarkan dan menyerap seluruh aspirasi berbagai pihak, demi mewujudkan sosok polisi yang diharapkan dan dicintai oleh seluruh masyarakat.

Dengan ditambah adanya dukungan moril dari Purnawirawan Jenderal, Sigit meyakini bahwa, pada akhir tahun ini akan dapat meraih kembali tingkat kepercayaan publik terhadap Polri, yang sempat menjadi salah satu lembaga yang paling tinggi dipercaya masyarakat.

"Dan harapan kami akhir tahun kita bisa segera angkat. Yang kita bisa segera lakukan adalah mendengarkan apa yang sekarang ini masih dirasakan masyarakat menjadi hal-hal yang harus kami perbaiki dan itu tentunya yang terus kami lakukan dan sehingga posisi Polri bisa kembali seperti sebelumnya," ujar Sigit.

Sigit menegaskan, akan menyampaikan kepada seluruh jajaran Polri, baik pejabat utama, Kapolda, Kapolres dan Kapolsek, soal adanya dukungan moril dari para senior yang masih peduli dan mencintai organisasi Polri.

"Seluruh pejabat utama, seluruh Kapolda yang tentunya nanti akan kami sampaikan dan sampai dengan tingkat Polsek bahwa masih ada senior senior kami di PP Polri yang sangat peduli dan tentunya selalu menjaga institusi Polri," ucap Sigit.

Sementara itu, mantan Kapolri Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri meyakini bahwa kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mampu meraih lagi tingkat kepercayaan publik yang tinggi terhadap institusi Polri.

"Tetapi Insya Allah dengan apa yang disampaikan Bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) tadi bahwa langkah konkret sedang dan dalam dilaksanakan oleh Polri di seluruh Indonesia. Mulai dari Mabes Polri hingga tingkat Polsek," ucap Bambang.

Menurut Bambang, para mantan Kapolri, sangat mendukung penuh dan siap memberikan masukan kepada generasi penerus Korps Bhayangkara untuk mengimplementasikan komitmen yang dilakukan.

"Selanjutnya kita menyampaikan para purnawirawan Polri, tolong masyarakat bisa memberikan support sepenuhnya kembali pada Polri untuk menjalankan apa yang menjadi arahan Bapak Presiden," tutur Bambang.

Disisi lain, mantan Kapolri lainnya, Jenderal (Purn) Tan Sri Da'i Bachtiar menyampaikan, saat bertemu dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan pejabat utama Mabes Polri lainnya sudah mendapatkan paparan soal langkah konkret untuk mengimplementasikan arahan dari Presiden Jokowi terhadap institusi Polri.

"Kami pun mengikuti, bahwa perhatian yang cukup besar dari pimpinan tertinggi Polri yaitu bapak Presiden harus dijadikan acuan untuk segera dijabarkan atau diimplementasikan di lapangan. Dan kami sudah mendengar, apa yang telah dan akan dilakukan oleh Polri sebagai bentuk implementasi dari arahan dari bapak Presiden," papar Da'i Bachtiar.

Lebih dalam, Da'i mengungkapkan bahwa, para mantan Kapolri pada masanya juga telah menyampaikan dukungan, pokok pikiran, hingga masukan kepada generasi penerus di Polri untuk tindaklanjuti instruksi Presiden.

"Sehingga apa yang kita diskusikan bersama tadi, semoga melengkapi apa yang sudah dilakukan oleh Polri saat ini. Dan dari pandangan kami melihat, Insya Allah apa yang disampaikan oleh Bapak Kapolri bahwa pada akhir tahun ini, semua dapat diimplementasikan atas arahan Presiden," tutup Da'i.

Adapun para mantan Kapolri yang hadir dalam memberikan dukungan moril tersebut, diantaranya adalah;

1. Jenderal Pol (P) Drs. H. Bambang Hendarso Danuri.

2. Jenderal Pol (P) Drs. Roesmanhadi.

3. Jenderal Pol (P) Drs. Chaerudin Ismail.

4. Jenderal Pol (P) Prof. Dr. Tan Sri Dai Bachtiar, A.O.

5. Jenderal Pol (P) Drs. Soetanto.

6. Jenderal Pol (P) Drs. Timur Pradopo.

7. Jenderal Pol (P) Drs. Badrodin Haiti.

8. Komjen Pol (P) Drs. R. Makbul Padmanagara.

9. Komjen Pol (P) Drs. Togar M Sianipar.

10. Irjen Pol (P) Drs. Soenarko Danu Ardanto.

11. Irjen Pol (P) Drs. H. Suedi Husein, S.H.

12. Irjen Pol (P) Dr. E. Winarto Hadiwasito, S.H.

Personel Polsek Banguntapan Ikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Personel Polsek Banguntapan mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 tahun 2022 di Halaman Kantor Kapanewon Banguntapan, Jumat (28/10/2022).

Bertindak sebagi inspektur upacara Panewu Banguntapan I Nyoman Gunanya S.Psi., M.Psi. Dan Petugas upacara dari purna paskibra Kecamatan Banguntapan gabungan pelajar SMA se Kecamatan Banguntapan.

Upacara dilaksanakan agar kita semua mengingat, menghormati serta menghargai akan perjuangan para pemuda sehingga Indonesia merdeka sampai saat ini, serta Membangkitkan semangat para pemuda untuk mengisi dan melanjutkan pembangunan disegala bidang.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan tertib, pengamanan dari Polsek Banguntapan dipimpin Ipda Agus Widhijanto.