30 November 2022

Pelaku Pencurian Spesialis HP Modus Korban Lengah Ditangkap Polsek Bantul

Polsek Bantul, Polres Bantul menangkap pelaku pencurian spesialis HP berinisial JH. Pria berusia 41 tahun ini, melancarkan aksinya saat para korbannya lengah.

Aksi pencurian pertama terjadi pada Minggu tanggal 6 November 2022 sekira pukul 10.00 WIB di Jalan Wachid Hasyim Bantul, Bantul. Korbannya adalah S (20) yang merupakan pedagang es durian.
 
Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melalui Kasihumas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana S.Sn mengungkapkan, awalnya pelaku datang memesan empat bungkus es durian, namun sewaktu mau dilayani usai melayani pembeli lain, tiba-tiba pelaku membatalkan pesanannya dan langsung pergi.


Karena curiga, korbanpun lantas mengecek barang-barang miliknya dan benar saja tas hitam miliknya yang berisi tiga unit HP, surat-surat berharga dan sejumlah uang telah raib.

“Korban mengalami kerugian sebesar Rp 3,7 juta,” ujar Jeffry saat jumpa pers di Mapolsek Bantul, Rabu (30/11/2022).

Peristiwa pencurian kedua, lanjut Jeffry, terjadi pada hari yang sama sekira pukul 10.47 WIB di sebuah warung makan gudek di Jalan Urip Sumoharjo Bejen, Bantul. Dimana korban yang berinisial J (35) menderita kerugian hampir Rp 3 juta karena HP-nya digasak pelaku.

“Modusnya sama, pelaku mengambil HP korban saat korban sibuk melayani pembeli, lalu pelaku membatalkan pesanan dan langsung pergi,” papar Jeffry.

Mendapat laporan tentang kedua aksi pencurian tersebut, Unit Reskrim Polsek Bantul kemudian melakukan penyelidikan dengan memeriksa korban dan saksi-saksi. Petugas juga menganalisa rekamanan CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian.

“Petugas akhirnya berhasil membekuk pelaku di tempat persembunyiannya di Cluwak Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada hari Sabtu  tanggal 19 November 2022 sekira pukul 01.00 WIB,” imbuh Jeffry.

Pelaku kemudian digelandang ke Polsek Bantul berikut barang bukti satu unit sepeda motor Honda Scoopy warna putih yang digunakan pelaku untuk menlancarkan aksinya serta satu unit HP.

“Pelaku disangkakan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” tandas Jeffry.


 

Cegah Laka Lantas, Polisi Bersihkan Tumpahan Cor Semen Yang Berceceran di Simpang Madukismo

Anggota Unit Lalu Lintas Polsek Kasihan Aiptu Andri S bersama Aipda Andreas Tri S membersihkan tumpahan cor semen di Simpang Empat Madukismo, Kasihan, Bantul, Selasa (29/11/2022).

Saat sedang melaksanakan patroli, petugas mendapati tumpahan cor semen yang tercecer di jalan raya tersebut.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melalui Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana S.Sn menuturkan, apa yang dilakukan petugas patroli Polsek Kasihan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian yang tinggi dan sadar akan bahaya bagi pengguna jalan raya khususnya pengendara sepeda motor.

Lebih lanjut, Iptu Jeffy mengatakan, ini terjadi akibat kurang kehati-hatian dari pengemudi yang memuat cor semen yang melintas di lokasi ini.

“Tentunya ini berpotensi menimbulkan gangguan dalam keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas). Terutama menimbulkan potensi kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Sehingga sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas bagi para pengendara yang melintas, petugas langsung bergerak cepat melakukan pembersihan.

Menurutnya, jalur ini merupakan jalur yang cukup ramai bagi pengendara yang melintas, sehingga memerlukan tindakan cepat dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Jalur ini merupakan salah satu jalur yang cukup ramai bagi pengendara yang melintas. Sehingga langsung dilakukan pembersihan, yang mana tumpahan cor semen ini dapat membahayakan pengendara motor. Tentunya dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada para pengemudi kendaraan yang memuat cor semen, kerikil, pasir, maupun tanah galian untuk tetap memperhatikan keselamatan pengguna jalan lainnya.

“Pastikan muatan aman dan tidak tumpah, sebab jika tidak dihiraukan selain dapat menggangu kenyamanan pengguna jalan lainnya, tentunya dapat mengancam keselamatan,” imbaunya. (Humas Polres Bantul)

Polsek Bantul Ringkus Pencuri HP, Pelaku Sempat Tinggalkan Surat Permohonan Maaf

Jajaran Unit Reskrim Polsek Bantul Polres Bantul berhasil meringkus pelaku pencurian handphone di tempat ia bekerja.

Pria berinisial TAS alias BG (41) warga Mantrijeron, Yogyakarta ini, diduga telah muncuri tiga unit HP di konter tempat ia bekerja di Jalan Bantul, Dusun Melikan, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul.

Uniknya tersangka meninggalkan sepucuk surat permohonan maaf untuk bos alias pemilik konter.  


Aku jaluk maaf, aku neng kene wes ga iso golek uang gantinya. Aku arep neng luar kota, secepatnya aku udah dapat uang aku kembalikan semua. Kunci di bawah lampu lava kidul (aku minta maaf, aku di sini sudah tidak bisa mencari uang gantinya, aku mau ke luar kota, secepatnya jika aku sudah dapat uang aku kembalikan semua. Kunci di bawah lampu Lava Selatan)”  

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melalui Kasihumas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana, S.Sn, menjelaskan peristiwa pencuriannya terjadi pada 31 Oktober 2022 sekitar pukul 01.00 WIB lalu.

Tersangka membuka etalase dan dengan mudah mengambil tiga unit HP.

Ia pun pergi dengan menutup pintu dengan gembok dan meninggalkan kunci di bawah lampu sesuai pesan yang ada di suratnya.

“Keesokan harinya sekitar pukul 09.00 WIB saksi S yang merupakan sesama penjaga konter datang ke konter dan menemukan surat dari tersangka. Hal itupun dilaporkan ke pemilik konter yang langsung memutuskan untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bantul,” ungkap Jeffry saat jumpa pers di Mapolsek Bantul, Rabu (30/11/2022).

Setelah dilakukan penyelidikan dengan memeriksa tempat kejadian perkara (TKP), meminta keterangan saksi dan memeriksa CCTV.

“Pada 7 November petugas berhasil melacak keberadaan tersangka BG. Yang bersangkutan akan menuju ke Solo, Jawa Tengah. Petugas menangkapnya di bus jurusan Solo, tepatnya di sekitar Janti Fly Over,” ujarnya.

Petugas membawa tersangka ke Polsek untuk dilakukan pemeriksaan.

Hasilnya, tersangka mengakui perbuatannya.  BG mengaku terpaksa mencuri karena selama ini gajinya tidak cukup untuk menghidupi keluarganya.

Rencana tiga unit HP akan dijual semua, namun ia baru sempa menjual dua unit HP dan uangnya digunakan untuk ongkos ke Solo.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Bhabinkamtibmas Bersama Pamong Kerja Bakti Kondisikan Tanggul Ambruk

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sriharjo Polsek Imogiri Polres Bantul Bripka Wahyono bersama Lurah mengecek bencana tanah longsor di Dusun Sompo, Rabu (30/11/2022) pagi

Menurut Bripka Wahyono kegiatan pengecekan tanah longsor oleh Pemerintah Kalurahan ini di pimpin langsung oleh lurah Sriharjo Titik Istiyawatun Khasanah SIP merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan kepada masyarakat yang baru mengalami musibah bencana alam tanah longsor

Dikatakan bahwa tanggul depan rumah milik salah satu warga Dusun Sompok sekitar 6 meter mengalami longsor/ambruk akibat hujan deras.

Dalam pelaksanaannya Bhabinkamtibmas, FPRB, dan warga sekitar membatu  kerja bakti mengkondisikan tanggul rumah milik warga yang abruk. (Humas Polsek Imogiri)
 

Kapolsek Kretek Jadi Narasumber Kegiatan Peningkatan Kapasitas TP PKK Kalurahan Parangtritis

Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi menjadi narasumber dalam kegiatan peningkatan kapasitas TP PKK Kalurahan Parangtritis dan sosialisasi Desa Bersinar (Bersih Narkoba) yang digelar di Balai Padukuhan Grogol VIII, Parangtritis, Kretek Bantul, Rabu (30/11/2022).

Hadir di antaranya Kepala KUA Kapanewon Kretek Yulianta S.Ag, Ketua TP PKK Kalurahan Parangtritis Topo Sudarti, Pendampingan TP PKK Kalurahan Parangtritis Zimah, Dukuh Grogol, Ketua Karangtaruna dan Ibu-ibu PKK Kalurahan Parangtritis.

Kegiatan tersebut dalam rangka penguatan kepada ibu-ibu PKK dan upaya pencegahan kenakalan remaja.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi memberikan penyuluhan tentang kenakalan remaja dan KDRT. Yang diawali dengan penyampaian tentang tugas Polri adalah hadir ditengah masyarakat agar wilayah Kretek khusus Parangtritis aman kondusif.

Selain itu, disampaikan pula tentang tugas Polri sesuai UU No 20 tahun 2002 memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. (Humas Polsek Kretek)

Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif, Polsek Bantul Intensifkan Kegiatan Blue Light Patrol

Dalam rangka Cipta Kondisi (Cipkon), Polsek Bantul mengintensifkan kegiatan Blue Light Patrol dengan menyasar di beberapa lokasi, seperti yang digelar pada Rabu (30/11/2022) dini hari.

Kegiatan blue light patrol yang dipimpin oleh Ipda Purnomo dengan mobiling menyisir obyek vital, pemukiman penduduk hingga ke tempat-tempat yang berpotensi menjadi sasaran kejahatan pencurian, di antaranya pertokoan dan kios-kios di wilayah Kapanewon Bantul, Bantul.

Ipda Purnomo mengatakan, kegiatan blue light patrol digelar mulai malam hari hingga dini hari menjelang subuh.

“Kita pantau situasi kamtibmas melalui kegiatan blue light patrol. Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif dan masyarakat merasa aman dalam setiap aktivitasnya, terutama warga masyarakat yang sedang beristirahat malam hari,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP mengatakan, kegiatan cipta kondisi dilaksanakan dengan mengedepankan cara yang humanis.

“Dengan berdialog langsung dengan masyarakat, petugas patroli menyampaikan pesan-pesan kamtibmas untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman kondusif,” ungkapnya. (Humas Polsek Bantul)

Kapolres Bantul Gelar Curhat Kamtibmas Bersama Ikatan Warga Madura

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK menggelar Curhat Kamtibmas bersama warga Madura yang tergabung dalam IKRA (Ikatan Warga Madura) yang berdomosili di wilayah Sewon Bantul, Rabu (30/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Bantul bersama warga Madura mengobrol santai tentang Kamtibmas.

Suasana juga nampak sangat cair, terlihat dari keakraban yang terjalin, sehingga masyarakat tanpa ragu menyampaikan berbagai kendala dan masalah yang dihadapinya kepada Kapolres Bantul.

Dalam sambutannya Kapolres Bantul juga mengajak warga Madura untuk turut serta mewujudknan Bantul yang aman dan kondusif.

Tak lupa Kapolres juga mensosialisasikan layanan pengaduan masyarakat sehingga permasalahan yang ada di masyarakat dapat direspon secara cepat oleh Polres Bantul.

“Mari kita wujudkan Bantul yang aman,nyaman dan kondusif,” ajak Kapolres.
 

Kapolsek Sedayu Hadiri Kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kapsitas Linmas

Kapolsek Sedayu Kompol Masnoto S.Pd MH menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas peran aktif kelembagaan Satlinmas dan Jaga Warga di Aula Kapanewon Sedayu, Bantul, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Panewu Sedayu, Danramil Sedayu, perwakilan anggota Linmas se Kapanewon dan anggota Jaga Warga Sedayu.

Disamping untuk meningkatkan kemampuan Satlinmas dan Jaga Warga, kegiatan tersebut juga untuk persiapan pengamanan dalam perayaan malam Nataru (Natal dan Tahun Baru).

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Sedayu bersama Danramil Sedayu menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air untuk meningkatkan rasa nasionalisme, persatuan dan kesatuan, sikap saling peduli dengan sesama serta saling membantu dan gotong royong.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan anggota Linmas dapat melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus penanggulangan dan penanganan bencana serta dapat membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Monitoring Penyaluran BLT DD Tahap XI

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi melaksanakan pengamanan dan monitoring penyaluran BLT DD tahap XI bulan November tahun 2022 di Balai Kalurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul, Rabu (30/11/2022) pagi.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Mulyadi mengimbau warga masyarakat penerima BLT DD untuk tertib mengantre sesuai urutannya. Adapun jumlah penerima BLT DD tahap XI bulan November tahun 2022 sebanyak 1.556 penerima dan penyaluran dilakukan oleh petugas Kantor Pos Sewon.

Di tempat terpisah, Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH mengatakan, kehadiran Bhabinkamtibmas pada kegiatan masyarakat di wilayahnya merupakan tugas rutin yang dilaksanakan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Selain itu, sekaligus untuk menjalin silaturahmi dan menjaga kamtyibmas di wilayah binaannya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Sambangi Penghuni Kos di Wilayah Binaan

Terjalinnya komunikasi yang baik dalam melaksanakan tugas di wilayah binaan dan menjaga hubungan silaturahmi dengan warga masyarakat yang ada di lingkungan kelurahan binaan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi melaksanakan sambang ke tempat kos-kosan di wilayah binaannya.

Salah satu tempat kos yang disambangi yaitu Kos Cool di Dusun Kaliputih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Selasa (29/11/2022).

Pada saat melakukan sambang, Bhabinkamtibmas Aipda Wawan Giyarto bertemu dengan salah satu mahasiswa  yang sedang bersantai di lobi kos.

Dalam perbincangannya, Bhaibnkamtibmas Aipda Wawan Giyarto juga menyampaikan pesan untuk menjaga ketertiban di lingkungan tempat kos dan berbaur dengan masyarakat serta mematuhi aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat setempat.

Ia juga mengajak dan menghimbau agar selalu meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah timbulnya tindak pidana yang mengganggu kamtibmas di tengah masyarakat terutama pencurian kendaraan bermotor.

Sementara itu, Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH mengatakan, Polsek Sewon berkomitmen akan menerjunkan anggota khususnya Bhabinkamtibmas untuk melakukan patroli sambang, karena hal tersebut merupakan kewajiban dan tanggung jawab Polri di bidang harkamtibmas sehingga setiap perhelatan masyarakat dapat berjalan dengan aman. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Patroli Polsek Bantul Sambang Wilayah dan Berikan Imbauan Kamtibmas

Anggota Polsek Bantul yang dipimpin Panit Samapta Ipda Purnomo melaksanakan patroli dengan menyambangi pos kamling, pabrik, sekolah dan perkantoran di wilayah Kapanewon Bantul, Bantul, Selasa (29/11/2022) malam.

Ipda Purnomo mengatakan, kegiatan patroli tersebut guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kegiatan patroli sambang tersebut untuk mengantisipasi terjadinya segala bentuk gangguan kamtibmas. Selain itu untuk memantau perkembangan situasi kamtibmas di lingkungan masyarakat.

“Kami juga berpesan kepada warga masyarakat dan penjaga malam untuk meningkatkan kewaspadaan, apabila ada hal-hal yang mencurigakan laporkan ke Kepolisian terdekat atau ke 110,” ungkap Ipda Purnomo (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Sambangi Awak Kamling di Dusun Neco

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Riyadi dan Babinsa melaksanakan kegiatan sambang dan pembinaan terhadap awak kamling di Dusun Neco Sabdodadi Bantul, Rabu (30/11/2022) dini hari.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak kamling yang secara rutin melaksanakan kegiatan ronda.

Ia juga mengimbau kepada awak kamling agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan tetap menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga menghimbau apabila hendak bepergian jangan lupa mengunci pintu dan jendela, memeriksa kompor dan matikan alat-alat elektronik yang tidak sedang digunakan. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Anggota Unit Lantas Polsek Sedayu Atur Lalu Lintas Saat Perbaikan Jalan

Anggota Unit Lantas Polsek Sedayu Polres Bantul melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di lokasi perbaikan jalan di Simpang Pedes Jalan Jogja – Wates, Sedayu, Bantul, Selasa (29/11/2022) malam.

Kanit Lantas Polsek Sedayu, AKP Sarijan mengatakan, pengamanan dan pengatuaran yang dilakukan oleh anggota Polantas tersebut merupakan wujud pelayanan kepada masyarakat dengan cara memberikan kelancaran bagi pengguna jalan, serta memberikan keamanan bagi petugas yang sedang mengerjakan pengaspalan jalan.

“Kami juga mengimbau kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati dalam berkendara, karena sebagian badan jalan masih dalam pengerjaan,” imbuhnya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

29 November 2022

Kapolres Bantul Hadiri Upacara Bendera Peringati HUT Korpri Tahun 2022

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2022 di Lapangan Trirenggo Bantul, DIY, Selasa (29/11/2022).

Upara yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bantul ini mengambil tema yaitu: "Korpri Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri”.

Upacara tersebut dipimpin Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Dalam amanatnya, Bupati Bantul membacakan amanat Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrulloh. Dalam amantanya Zudan mengatakan tema hari ulang tahun Korpri pada ulang tahun ini adalah Korpri Melayani Berkontribusi Dan Berinovasi Untuk Negeri.

Korpri merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan perjuangan pengabdian serta kesetiaan kepada Pancasila.

“Organisasi Korpri ini sebentar lagi bertransformasi menjadi korps pegawai ASN Republik Indonesia dengan harapan tetap menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi aparatur sipil negara serta mewujudkan jiwa korps ASN sebagai pemersatu bangsa dan sebagai bagian integral dari pemerintahan yang harus terus diperkuat sebagai salah satu komponen yang sangat strategis,” katanya.

Untuk itu maka Korpri diminta tetap Solid sebagai organisasi di dalam kedinasan sehingga aspirasi ASN dapat ditampung diformulasikan dan disalurkan secara proporsional dan profesional maka Korpri harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati dengan merubah mindset bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani tetapi yang melayani seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu, hendaknya bekerja dengan ikhlas dan tuntas, integritas dan profesionalitas mampu melahirkan inovasi-inovasi baru bagi solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya sehingga masyarakat merasa terlindungi terayomi dan merasa hidup dalam kebersamaan merasa tidak terasingkan atau terpinggirkan.

“Sehingga keberadaan Korpri dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terakhir dalam kesempatan yang baik,” katanya.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Pasang Stiker Imbauan Kamtibmas di Wilayah Binaan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH memasangan stiker berisi imbauan kamtibmas dan sosialisasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat di wilayah Binaannya, Selasa (29/11/2022) siang.

Stiker-stiker itu selain dipasang di tempat-tempat umum dan obyek vital, juga dibagikan ke warga untuk ditempel di rumah masing-masing.

Kegiatan tersebut sebagai upaya menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah binaannya. Salah satu imbauan kamtibmas yang disampaikan yaitu agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan khususnya curanmor yang akhir-akhir ini marak terjadi di wilayah Bantul. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Kapolsek Piyungan Hadiri Upacara Peringatan Hari Korpri Ke-51 Tahun 2022

Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si mengikuti upacara peringatan Hari Korpri Ke-51 Tahun 2022 di halaman Kantor Kapanewon Piyungan, Bantul, Selasa (29/11/2022) pagi.

Hadir dalam upacara tersebut Panewu Piyungan, Kapolsek Piyungan, Danramil Piyungan, Kepala Puskesmas Piyungan, Kepala KUA Piyungan dan Lurah se- Kapanewon Piyungan. Peserta upacara diikuti oleh perwakilan ASN se Kapanewon Piyungan.

Panewu Piyungan Muhammad Barried S.Sos M.M yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Bupati Bantul dengan tema Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri.

Menurutnya, tema ini memiliki tujuan yaitu mengajak anggota Korpri untuk meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik serta kepedulian terhadap masyarakat.

"Korpri harus melayani dengan sepenuh hati dan merubah mindset bawah ASN bukanlah orang yang harus dilayani, tetapi melayani seluruh lapisan masyarakat,” kata M. Barried.

Lebih lanjut, Panewu Piyungan menyampaikan, hendaknya bekerja dengan ikhlas dan tuntas, berintegritas dan profesionalitas sehingga mampu melahirkan inovasi-inovasi baru sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Sehingga masyarakat merasa terlindungi terlayani dan merasa hidup dalam kebersamaan tidak terasingkan atau terpinggirkan dan keberadaan Korpri dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Mengakhiri amanatnya, Panewu Piyungan mengucapkan selamat bertugas kepada Korpri, pengabdian dan hasil kerja seluruh jajaran Korpri selalu dinantikan oleh masyarakat, bangsa dan negara. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kemampuan SAR Sat Samapta Polres Bantul

Kapolres Bantul AKBP Ihsan S.I.K membuka kegiatan Pembinaan Peningkatan Kemampuan SAR Sat Samapta Polres Bantul dan Polsek jajaran di Laguna Depok Parangtritis Kretek Bantul, Senin (28/11/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek Kretek Kompol Yosephine Iswantari S.Psi, Kasat Samapta Polres Bantul AKP Margono SH, Kasat Polair Polres Bantul AKP Rokhimin, Kasi Propam Polres Bantul AKP Heru Suryadi SH MH dan diikuti oleh Kanit Samapta Polsek se Polres Bantul, personel Sat Samapta Polres Bantul serta personel Sat Polair Polres Bantul, BPBD Bantul, TRC, dan Sat Linmas Parangtritis.

Dalam arahannya Kapolres Bantul AKBP Ihsan S.I.K mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan apel dan kegiatan Pembinaan Kemampuan Bantuan SAR tersebut.

Dikatakan, pelatihan ini dalam rangka meningkatakan kemampuan SAR saat dibutuhkan ddalam penanganan bencana. Selain itu, juga sebagai proses belajar untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian setiap personel Polri dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan.

Harapannya dengan pelatihan ini kedepannya dapat membantu masyarakat di wilayah Bantul karena wilayah di Bantul terdiri dari perairan dan pegunungan yang sering terjadi bencana.

Setelah kegiatan apel dilanjutkan dengan pelatihan bantuan SAR berupa pendirian tenda lapangan, evakuasi korban jatuh dalam sumur, tali temali, potong pohon, pemadam kebakaran dan evakuasi korban kecelakaan air. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamanan Laksanakan Pengamanan Pendistribusian BLT BBM

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamanan Aiptu Setyo Prabowo melaksanakan pengamanan dan pemantauan pendistribusian BLT BBM untuk warga Kalurahan Tamanan Banguntapan Bantul, Senin (28/11/2022).

Kegiatan yang digelar di Balai Kalurahan Tamanan ini, membagiakan BLT BBM kepada 789 warga terdaftar sebagai penerima.

Pendistribusian BLT BBM kepada warga yang berhak menerima untuk membantu meringankan beban kebutuhan hidup sehari-hari warga kategori tidak mampu dan berhak menerima bantuan.

Hadir dan mendampingi pendistribusian BLT BBM Lurah Tamanan Hartoyo, pendamping dari Kapanewon, para Dukuh, 789 warga penerima BLT BBM.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan / penumpukan warga, pembagian dibagi menjadi dua sesi.

Aiptu Setyo Prabowo selalu menghimbau kepada warga untuk menerapkan protokol kesehatan dan jangan sepelekan pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Mediasai Permasalahan Warganya

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aipda Sutopo menerima warganya yang tinggal di Singosaren Banguntapan Bantul, melaporkan menjadi korban penganiayaan, Senin (28/11/2022)..

Warga tersebut kemudian menyampaikan kronologis kejadian kepada Aipda Sutopo. Atas kesepakatan dari korban penganiayaan akan dilaksanakan mediasi kedua pihak bersama Pamong dan Bhabin Singosaren bertempat di Balai Kalurahan Singosaren.

Korban penganiayaan dan pelaku penganiayaan yang tinggal satu RT itu, dipertemukan di Kalurahan Singosaren dan didampingi Jogoboyo Singosaren Cahya Setya Adiin, Kepala Dukuh setempat dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aipda Sutopo.

Hasil mediasi / problem solving kedua pihak sepakat menyelesaikan perkara penganiayaan secara mufakat kekeluargaan
 

Kapolsek dan Anggota Polsek Imogiri Ikuti Upacara HUT Korpri Ke-51

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno M.Kom CEH CHFI beserta anggotanya mengikuti upacara bendera HUT Korp Pegawai Republik Indonesia ke-51, di halaman Kantor Kapanewon Imogiri, Imogiri, Bantul, Selasa (29/11/2022) pagi.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Panewu Imogiri yang juga bertindak selaku Inspektur Upacara. Hadir pula Danramil 10/Imogiri yang diwakili Serma Suyanto, Kepala UPK Kapanewon Imogiri, Lurah, Kepala Puskesmas Imogiri, ASN, Pamong dan Pelajar.

Peringatan HUT Korpri tahun ini mengusung tema Korpri Melayani Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri.

Kegiatan upacara berjalan tertib dan khidmat, serta mendapat pengamanan dari Polsek Imogiri. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Sat Samapta Polres Bantul Gelar Pelatihan SAR Untuk Tingkatkan Kemampuan Personel Hadapi Bencana

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota dalam menghadapi bencana, personel Sat Samapta Polres Bantul melaksnakan kegiatan pembinaan peningkatan kemampuan SAR (Search And Rescue), Senin (28/11/2022).

Kegiatan pembinaan peningkatan kemampuan SAR yang digelar di Laguna Pantai Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul itu dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Bantul, AKP Margono SH MAP.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK yang turut hadir dan menyaksikan langsung kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan pembinaan peningkatan kemampuan personel Sat Samapta ini untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan pembekalan keterampilan teknis penggunaan peralatan yang dimiliki dalam pelaksanaan operasi SAR khususnya dalam penanganan kecelakaan maupun bencana yang terjadi di wilayah hukum Polres Bantul.

"Tentunya kegiatan ini untuk mengecek kesiapan SDM atau personel, sarana dan prasarana, serta logistik dalam menghadapi bencana," jelas Kapolres.

Lebih lanjut, kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan, sehingga ilmu yang sudah didapat nantinya mampu diterapkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang kompeten, serta para personel dibekali kemampuan operasional di lapangan dan keterampilan teknis memanfaatkan perlatan yang dimiliki.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai cara untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana dan juga sebagai wujud pembinaan personel.

"Setiap personel harus memiliki kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan," ujar ihsan.

Sasaran latihan lebih difokuskan pada ketahanan personel dan evakuasi, serta untuk sarana mendidik, melatih personel agar paham akan tugas pokok masing-masing.

"Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri," sambungnya.

Dengan adanya kegiatan pembinaan atau pelatihan tersebut, kata Kapolres, tentunya diharapkan dapat membantu meningkatkan dan mempercepat response time pada saat terjadi suatu kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan jiwa manusia sehingga akan menghasilkan pelayanan SAR yang lebih cepat, tepat, dan efektif.

Sementara itu, kegiatan pembinaan peningkatan kemampuan personel Sat Samapta Polres Bantul tersebut menyertakan tim pelatih dari Sat Samapta Polres Bantul, Pammat Polda DIY, TRC BPBD Kabupaten Bantul, Damkar dan Tim SAR Parangtritis.

Adapun materinya antara lain mendirikan bivak atau tenda, evakuasi korban jatuh dalam sumur, evakuasi pohon tumbang dan tali temali, pemadaman api, water rescue dan latihan operator U Save. (Humas Polres Bantul)

Polisi Sahabat Anak, TK ABA Kalangan Baturetno kunjungi Polsek Banguntapan

Polsek Banguntapan kedatangan puluhan siswa-siswi TK ABA Kalangan Baturetno Banguntapan Bantul, Senin (28/11/2022).

Kedatangan para siswa-siswi TK tersebut dalam rangka Polisi Sahabat Anak (PSA) dan diterima langsung oleh Kanit Binmas Polsek Banguntapan AKP Sarim bersama Kanit Lantas, polwan Polsek Banguntapan, Kanit Propam dan Humas

Kunjungan TK ke Polsek Banguntapan untuk memperkenalkan atau edukasi tentang tugas-tugas Kepolisian dan profil Polsek Banguntapan. Polsek Banguntapan sebagai polisi sahabat anak menjelaskan satu persatu tugas Kepolisian dan memperkenalkan beberapa pelayanan Polri kepada masyarakat.

Ditambahkan juga pengenalan materi tentang rambu dan aturan lalu lintas untuk menanamkan sejak dini kedisiplinan dan kepatuhan mematuhi aturan lalu lintas untuk menjadikan pelopor keselamatan berlalu lintas.

Pada kunjungan tersebut juga diajarkan budi pekerti luhur serta mengajak berkomunikasi dan mengasah mental untuk berani tampil maju ke depan. Para siswa mengikuti edukasi dengan seksama dan tercipta keakraban serta menyanyi bersama.
 

Polisi Sahabat Anak, Kanit Binmas Sambangi TK PKK Harapan Bangsa Sembungan

Upaya menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi terus dilakukan di Polsek Kasihan. Polisi Sahabat Anak merupakan sebuah program dari Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menyasar salah satunya kepada anak-anak usia dini.

Program ini bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan dan memberikan proses pembelajaran tentang disiplin, sopan santun juga pengenalan rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak sejak dini.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kanit Binmas Iptu Sumarjono dan Panit Binmas Aiptu Sutrasno, pada Senin (28/11/2022) pagi, yang mengunjungi Taman Kanak-kanak (TK) PKK 18 Harapan Bangsa Sembungan Bangunjiwo Kasihan Bantul.

Sembari bermain, kepada para anak-anak TK tersebut murid Iptu Sumarjono bersama Aiptu Sutrasno memperkenalkan tugas polisi sebagai pelindung, pangayom, pelayan masyarakat yang disampaikan.

Kapolsek Kasihan AKP Satrio Arif Wibowo SH MH mengatakan, tujuan kegiatan Polisi Sahabat Anak ini adalah untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi sejak dini. Selain itu dengan ditanamkan sejak dini, diharapkan anak-anak tersebut kelak kalau sudah dewasa bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan perundang-undangan.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Pengamanan Acara Gelar Budaya Kalurahan Tamantirto

Polsek Kasihan melakukan pengamanan kegiatan masyarakat berupa Gelar Budaya Kalurahan Tamantirto di Randu Kuning Tamantirto Kasihan Bantul, Minggu (27/11/2022).

Pengamanan tersebut dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agus S SH bersama dengan Babinsa dan Linmas.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Agus S SH juga memberikan imbauan kamtibmas kepada para penonton agar ikut menjaga ketertiban selama acara berlangsung, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

"Mengingat kegiatan gelar budaya tersebut mengundang banyak warga masyarakat yang menonton, kami selaku petugas wajib menjaga keamanan, ketertiban penonton baik yang berada di dalam lokasi pementasan maupun yang berada di luar," kata  Bhabinkamtibmas Bripka Agus S SH. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Pengamanan Takziah di Dusun Panggang

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aipda Ekwan melaksanakan pengamanan takziah di Dusun Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Senin (28/11/2022).

Mengetahui ada warga binaannya yang meninggal dunia, Bhabinkamtibmas Aipda Ekwan langsung menuju ke rumah duka.

Mengingat rumah duka yang terletak dekat dengan jalan raya Pedes-Godean, Bhabinkamtibmas Aipda Ekwan melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas dibantu Satuan Linmas Kalurahan Argomulyo.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah kemacetan lalu lintas dan membantu penyeberangan warga yang datang melayat, sehingga tercipta situasi yang aman dan lancar sampai prosesi pemakaman selesai. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Pengamanan Penyaluran Bantuan Sosial Bagi KPM

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH melaksanakan pengamanan penyaluran bantuan sosial (bansos) di Pendopo Kapanewon Kretek, Bantul, Senin (28/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Kretek Cahya Widada S.Sos M.Hum, Kapolsek Kretek diwakili Panit Intel Aiptu Dono Indarta, Petugas TKSK Kapanewon Kretek Agus Jaka, Babinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH, Babinsa Serma Musdiana dan KPM (Keluarga Penerimaan Manfaat).

penyaluran bansos tersebut merupakan program sembako periode November, BLT-BBM Tahap II, BPNT bulan Oktober, November, Desember dan PKH tahap IV tahun 2022. Bantuan disalurkan kepada 328 KPM Kalurahan Tirtohargo.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada KPM yang hadir agar waspada terhadap aksi curanmor. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

28 November 2022

Rumahnya Hancur Akibat Gempa Cianjur, Polwan Bhabinkamtibmas Ini Tetap Jalani Tugas Layani Masyarakat

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat menimbulkan kerusakan ribuan rumah warga. Tak hanya rumah warga, rumah beberapa anggota Polri di wilayah Cianjur juga ikut terdampak kerusakan. Salah satunya rumah dari polisi wanita (polwan) bernama Aiptu Reni Triyani.

Rumah polwan yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Cianjur, Polres Cianjur, Jawa Barat ini mengalami kerusakan cukup parah, dimana genting rumah runtuh, bagian depan rumah roboh dan kamar-kamar rusak parah.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, meskipun ikut menjadi korban gempa Cianjur, Aiptu Reni tetap menjalankan tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas di wilayah Kelurahan Bojong Herang, Cianjur.

"Anggota Polri yang merupakan Polwan tetap menjalankan tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas meskipun rumahnya juga hancur karena gempa," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/11/2022).

Dedi menuturkan, apa yang dilakukan Aiptu Reni adalah bentuk pengabdiannya sebagai anggota Polri yaitu memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat.

"Ini adalah bentuk dedikasi anggota Polri yang selalu memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat," ujarnya.

Dalam menjalankan tugas sebagai Bhabinkamtibmas, Aiptu Reni tetap membantu para korban di pengungsian dan menghibur anak-anak yang menjadi korban gempa.

"Aiptu Reni ingin warganya tetap merasa aman dan nyaman pasca gempa di pengungsian. Ia juga ingin memulihkan psikologi anak-anak yang menjadi korban gempa dan berharap semuanya kembali pulih," katanya.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Hadiri Rakor bersama Pemerintah Kalurahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Polsek Imogiri Polres Bantul Aipda Arri Sulistyo bersama Babinsa mengikuti rapat koordinasi (rakor) bersama Pemerintah Kalurahan di Aula Kalurahan Kebonagung, Imogiri, Bnatul, Senin (28/11/2022).

Rakor tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Kalurahan Kebonagung dalam rangka evaluasi tugas Pamong kalurahan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Lurah Kebonagusng, Marjiyem dan diikuti para Pamong Kalurahan.

Kegiatan rakor berjalan lancar serta menghasilkan keputusan yang disepakati oleh peserta rakor. (Humas Polsek Imogiri)

"Surat Cinta Untuk Pak Bhabin'"

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aipda Ekwan melakukan terobosan baru untuk mencegah kenakalan remaja di sekolah, yakni melalui program "Surat Cinta Untuk Pak Bhabin".

Program ini digalakkan sebagai upaya untuk mencegah dan meminimalisir kasus perundungan atau bullying yang terjadi di kalangan siswa di sekolah.

Hari ini, Senin (28/11/2022), Bhabinkamtibmas Aipda Ekwan menerima puluhan surat dari siswa salah satu SD (Sekolah Dasar) di Sedayu, Bantul di antaranya berisikan curhatan mengenai tindakan yang mengarah pada kenakalan remaja seperti perundungan atau bullying.

Menurut Bhabikamtibmas Aipda Ekwan tujuan program ini adalah untuk mengetahui semua permasalahan yang ada di sekolah, sehingga bisa menjadi solusi dalam melakukan pencegahan dan mengedukasi siswa agar bijak dalam berinteraksi dengan sesama teman di sekolah. Selain itu meminimalisir perilaku perundungan fisik maupun verbal serta memberi pengertian terhadap dampak negatifnya.

"Program (Surat Cinta Untuk Pak Bhabin) ini diharapan dapat membuat efek jera bagi pelaku perundungan atau bullying, sehingga tidak terjadi lagi kasus perundungan di sekolah," ujarnya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Potorono Laksanakan Pengamanan Posesi Pemakaman Secara Prokes

Bhabinkamtibmas Kalurahan Potorono Aipda Maryadi bersama Babinsa melaksanakan pemakaman secara prokes di TPU Dusun Salakan Potorono Banguntapan Bantul, Kamis (24/11/2022).

Warga yang meninggal sebelumnya sempat mendapatr perawatan di RSUD Nyi Ageng Serang, Wates, Kulonprogo dan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara itu proses pemakaman dilakukan oleh tim kubur cepat Kalurahan Potorono dan berjalan lancar. (Humas Poslek Banguntapan Polres Bantul)

Personel Polsek Bantul Melaksanakan Kegiatan Rutin Pos Pagi

Personel Polsek Bantul melaksanakan kegiatan rutin pos pagi sebagai salah satu wujud pelayan kepada masyarakat di penggal-penggal jalan yang dianggap rawan terjadinya laka lantas di wilayah polsek Bantul,senin (28/11/2022) pagi

"Kegiatan rutin pos pagi dengan pengaturan lalu lintas dan membatu menyeberangkan warga," kata kapolsek Bantul

Lebih lanjut, kegiatan pos pagi bertujuan untuk terciptanya kamseltibcar lantas disaat masyarakat mulai beraktivitas pagi.

"Kami menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan agar tetap berhati-hati, patuhi rambu-rambu lalu lintas serta melengkapi diri dengan kelengkapan yang sebagaimana diatur dalam undang-undang yang berlaku," pungkas Kapolsek. (Humas Polsek Bantul)

 

Polsek Sewon Laksanakan Pengamanan Lomba Baris Berbaris Tingkat Pelajar SMP/MTSN dan SMA /SMK/MA Sederajat Se Kabupaten Bantul

Minggu (27/11/2022), bertempat di Area Pasar Seni Gabusan, jalan  Parangtritis Km 09  Gabusan,  Timbulharjo, Sewon, Bantul telah berlangsung kegiatan lomba baris berbaris Tingkat Pelajar SMP/MTSN dan SMA /SMK/MA Sederajat se Kabupaten Bantul.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 dan Hari Pahlawan tahun 2022 diprakarsai oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Bantul yang bekerja sama dengan Kepolisian Resor Bantul dan Kodim Bantul.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran tersebut Polsek Sewon, Polres Bantul menerjunkan kurang lebih 10 personilnya selama kegiatan tersebut berlangsung,

Panit Sabhara Polsek Sewon AKP Sumanta menyampaikan pengamanan yang dilaksanakan oleh Polsek Sewon yang pada kesempatan ini juga dibantu dari Koramil 04/Sewon guna menjamin keamanan dan kelancaran selama kegiatan lomba Baris berbaris ini berlangsung.

“ Kita dalam pengamanan juga dibantu dari Koramil Sewon, mengingat peserta cukup banyak , baik siswa siswi peserta lomba bapak ibu guru pendamping maupun pendukung dari masing masing sekolah, dan kegiatan ini diperkirakan sampai sore hari” ungkap AKP Sumanta.

Kanit Sabhara Polsek Sewon juga menambahkan untuk lomba baris berbaris tahun ini diikuti oleh 44 Pleton tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA, yang terdiri dari Tingkat Pelajar SMP/MTS sebanyak  20 Pleton,  Tingkat Pelajar SMA /SMK/MA sebanyak 24 Pleton.

Pada Kesempatan tersebut Kapolres Bantul AKBP Ihsan, SIK dalam sambutanya mengutip salah satu ungkapan dari Presiden RI 1, " Beri aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia "  bermakna kebanggaan terhadap pemuda dan pemuda harus punya mimpi.

Baris berbaris itu sendiri dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab , sedangngkan dalam PBB juga menumbuhkan rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas dan disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keikhlasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kapolres Bantul AKBP Ikhsan, SIK, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Bantul Drs Isdarmoko, MPd. MM. Par - Panewu Sewon Hartini, S.IP., MM. , Wadanramil Kapten Inf. Sugiharto dalam kesempatan ini mewakili Dandim Bantul.

Pada perlombaan Baris Berbaris Tingkat Pelajar SMP/MTSN dan SMA /SMK/MA Sederajat Se Kabupaten Bantul juara 1 Pleton Tingkat SMP/MTS diboyong SMP N 1 Bantul Juara 2 SMP N 1 Banguntapan dan SMP N 1 Banguntapan, sedangkan untuk  Juara Peleton Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat Juara 1 SMA N 1 Pundong, Juara 2 SMA N 1 Jetis dan Juara 3 SMA N  1 Sewon. ( Humas Polsek Sewon )

Polsek Bantul Amankan Pengajian "Bantul Bersholawat" di Lapangan Trirenggo

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP melaksanakan pengamanan pengajian bertajuk Bantul Bersholawat bersama KH. R. Muhammad Ali Sadikin dan KH. R. Mahfud Chamid, Minggu ((27/11/2022) malam.

Acara pengajian tersebut dalam rangka puncak Hari Santri Nasional yang digelar di lapangan Trirenggo, Bantul,

Hadir dalam pengajian tersebut antara lain Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kapolres Bantul AKBP Ihsan S.I.K, Danramil Bantul Kapten CBA Mardiono, Kepala Kemnenag Bantul KH. Ahmad Shidqi Psi M.Eng dan tamu undangan lainnya.

Kapolsek Bantul mengatakan, kegiatan pengamanan ini dilakukan sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat.

“Melalui pengamanan ini, kami berupaya memberikan rasa aman kepada masyarakat. khususnya jamaah pengajian, agar mereka tenang dalam melaksanakan ibadah ini,” ujarnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Polsek Sewon Gelar Personilnya, Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat Pada Pagi Hari

Terciptanya situasi arus lalu lintas yang lancar dan aman Polsek jajaran Polres Bantul, Polda DI.Yogyakarta, melaksanakan kegiatan rutin giat pos pagi sebagai salah satu wujud pelayanan kepada masyarakat, dengan menempatkan petugas di tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya Laka lantas seperti di simpul-simpul jalan.

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto , SH mengatakan, dalam pelaksanaan pos penggal pagi sepanjang jalan yang di mana terdapat persimpangan yang ramai saat masyarakat yang sedang melakukan aktifitas, Senin (20/11/2022) pagi.

“Dalam giat Gatur Lalin di pagi hari ini bertujuan agar terciptanya Kamseltibcar Lantas dan mengantisipasi terjadinya Laka Lantas. Dengan adanya Polisi untuk melaksanakan pengaturan dan penyeberangan yang di persimpangan, masyarakat pun juga merasa lebih aman dan nyaman,” ujar Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, Kegiatan tersebut tentu sangat membantu di situlah terdapat kerawanan yang perlu kehadiran anggota Polisi untuk mengatur arus lalu lintas di tempat tempat penyebrangan sekaligus untuk menghindari kecelakaan lalu lintas dan juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan melintas.

”Kehadiran anggota Polisi di lapangan diharapkan dapat memberikan pelayanan simpatik secara tulus, senyum sapa salam dan memberikan rasa aman , nyaman dan lancar dalam berlalu lintas dan aman bagi semua pengguna jalan,” tegas Kapolsek.

”Selain itu kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan merasa aman dan nyaman, keuntungan lain yang didapat saat melakukan pengaturan badan menjadi sehat, kan anggota bergerak memberhentikan kendaraan maupun melakukan pengaturan arus lalin jadi anggota tersebut secara tidak langsung melakukan senam, selain membantu masyarakat anggota secara disadari sudah melakukan olah raga,” pungkasnya. (Humas Polsek Sewon)
 

Panit Binmas Polsek Imogiri Hadiri Acara HUT RAPI Ke-7 dan Peresmian Kantor Sekretariat

Kapolsek Imogiri yang diwakili Panit Binmas Ipda Riyadi menghadiri acara Hari Ulang Tahun RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) yang ke-7 di Pendopo Kapanewon Imogiri, Bantul, Minggu (27/11/2022) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul yang diwakili Kadin Kominfo Ir. Bobot Ariffi'aidin, Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo ST, Ketua RAPI Kabupaten Bantul Drs. Riyantoni M.SI, Ketua RAPI DIY, Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, Ketua RAPI Lokal Imogiri Wijayanto, Lurah, perwakilan RAPI Dlingo, Jetis, Bantul dan Pleret serta simpatisan RAPI.

Pada acara tersebut juga dilakukan peresmian Kantor Sekretariat RAPI di komplek Kapanewon Imogiri oleh Bupati Bantul yang diwakili Kadin Kominfo.

Dalam sambutanya Ketua Panitia Wijayanto mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan.

Disampaikan, RAPI tidak sebatas orang yang gemar dengan radio, namun banyak kontribusi yang telah dilakukan di antaranya penanganan bencana alam serta kedauratan lainnya.

Wilayah Kapanewon Imogiri adalah daerah yang rawan bencana alam, sehingga keberadaan RAPI ikut berkontribusi dalam penanganannya.

Lebih lanjut, terjadinya musibah gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat RAPI juga ikut berkontribusi dengan membuka kotak donasi untuk Cianjur. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Kapolres Bantul Hadiri Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Raja Hamengku Buwono X

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Raja Hamengku Buwono X di Gelanggang Pacuan Kuda Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Ahad (27/11/2022).

Kejuaraan yang diikuti ratusan kuda dan joki ini, sempat vakum vakum selama dua tahun imbas pandemi Covid-19.

Pada gelaran yang ke-12 ini diikuti oleh 157 ekor kuda dari 10 daerah di Indonesia. Kejuaraan pacuan kuda Piala Raja ini diharapkan menjadi satu wisata unggulan di Bantul, selain itu juga untuk memunculkan bibit-bibit atlet berkuda yang baru.

Selama kejuaraan berlangsung, pengamanan dilakukan oleh Polres Bantul dan Polsek dibantu Kodim dan Paksikaton.
 

27 November 2022

Gasak Baterai Hybrid di Pantai Goa Cemara, Pemuda ini Terancam Penjara 7 Tahun

Ilustrasi
Kepolisian Sektor (Polsek) Sanden, Polres Bantul mengamankan pencuri baterai hybrid di Pantai Goa Cemara, Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden pada Sabtu (26/11/2022) dini hari.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melalui Kasihumas Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana mengungkapkan, penangkapan itu bermula ketika hari Jumat (25/11/2022) warga bermaksud memasang CCTV di sekitar rumah hybrid, komplek Pantai Goa Cemara.

Pasalnya dua hari sebelumnya, sebanyak enam baterai hybrid yang disimpan telah hilang dicuri.

Dengan hilangnya enam baterai tersebut, Pokdarwis Goa Cemara mengalami kerugian mencapai Rp 5 juta.

“Karena ada kasus pencurian, warga pun memasang CCTV untuk meningkatkan pengamanan. Nah saat itulah, warga melihat ada tiga baterai hybrid di bawah pohon ketela, di sebelah timur lokasi penyimpanan,” ujarnya, Minggu (27/11/2022).

Warga menduga, bahwa pelaku sengaja menyimpan baterai tersebut untuk kemudian akan diambilnya lagi.

Untuk memastikan kecurigaan tersebut, warga pun berjaga-jaga dan terus memantau CCTV yang telah terpasang.  

Benar saja, pada malam harinya, warga melihat di CCTV, ada seorang pria yang mengendap-endap akan mengambil baterai tersebut.

Warga yang sudah menunggu pun langsung meringkus pelaku.

Adapun pelaku yakni berinisial RA, (20) warga Lendah, Kulonprogo, tak bisa berkutik ketika tertangkap basah warga.

“Warga melihat pelaku di CCTV dan menangkapnya. Pelaku pun dibawa ke Polsek Sanden untuk diproses lebih lanjut,” tandasnya.
 
Saat ini petugas masih melakukan pendalaman kasus. RA pun harus mendekam di ruang tahanan.

RA terancam pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.
 
 

Kapolres Bantul: Jauhi Paham Intoleransi

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan pentingnya baris-berbaris untuk membentuk jiwa disiplin. Disiplin dalam hal ini, mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu.

“Selain itu, berguna dalam menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, menciptakan rasa persatuan yang senantiasa menanamkan rasa tanggung jawab antar personel,” ujar Ihsan saat memberikan sambutan dalam kegiatan lomba baris-berbaris Tingkat Pelajar SMP/MTSN dan SMA /SMK se Kabupaten Bantul di area Pasar Seni Gabusan, Ahad (27/11/2022).


“Silahkan berlomba secara sportif dengan tujuan membentuk karakter pada jiwa peserta,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Ihsan juga menyuplik kalimat Presiden RI pertama, Ir Soekarno, " Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia ". Menurtnya ini bermakna kebanggaan terhadap pemuda, serta pemuda harus mempuanyai mimpi.

“Tahun 2030-2035 Indonesia didominasi oleh pemuda-pemuda sehingga pembentukan karakter pemuda harus dimulai dari hari ini,” tukasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres juga mengingatkan paham-paham intoleransi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Bantul dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 dan Hari Pahlawan tahun 2022.

Peserta lomba terdiri dari 44 pleton yaitu 20 pleton siswa SMP dan 24 pleton siswa SMA untuk memperebutkan trofi dan uang pembinaan total Rp 30 juta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih dan Kadisporo Kabupaten Bantul, Drs Isdarmoko, MPd. MM. Par.
 

Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa di Daerah Pelosok, Polri Gunakan Motor Trail

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus berupaya membantu mengirimkan bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat. Bersama masyarakat serta komunitas motor trail, Polri mengirimkan bantuan ke pelosok-pelosok yang tak terjangkau dengan kendaraan roda empat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, pendistribusian bantuan untuk korban gempa menggunakan motor trail dilakukan pada Minggu, 27 November 2022. Dua wilayah yang menjadi sasaran yakni di Kecamatan Cugenang dan Nagrak.

"Sebanyak 32 personel dan 32 sepeda motor trail membawa bantuan untuk korban gempa yang tidak terjangkau oleh mobil," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/11/2022).

Dedi menuturkan, pelepasan pendistribusian bantuan menggunakan motor trail dilakukan oleh Wakapolda Jawa Barat Brigjen Bariza Sulfi. Adapun bantuan yang dibawa yakni sembako, tenda, selimut, alas tempat tidur dan perlengkapan masak dapur.

"Tim pendistribusian berangkat dari Polres Cianjur dan akan menuju ke pelosok-pelosok yang dimana warga korban gempa tak bisa diakses pakai mobil," katanya.

Pendistribusian bantuan, kata Dedi, akan terus dilakukan baik melalui jalur darat maupun udara. Hal ini dilakukan agar semua korban gempa dapat menerima bantuan.

"Polri akan terus berusaha mendistribusikan bantuan ke saudara-saudara kita korban gempa. Semoga semuanya dapat menerima dan bantuan ini dapat meringankan beban warga," ujarnya.

Polsek Kretek Laksanakan Pengamanan Kegiatan Misa di Gereja Katolik Santo Yusuf Kretek

Polsek Kretek yang dipimpin Kanit Samapta AKP Paidi melaksanakan Pengaman kegiatan Misa di Gereja Katolik Santo Yusuf Dusun Mriyan Donotirto Kretek Bantul, Minggu (27/11/2022) jam 07.00 WIB.

Bertempat di Gereja Katolik Santo Yusuf Dusun Mriyan Donotirto Kretek Bantul telah berlangsung kegiatan Misa yang dihadiri oleh 150 Jemaat. Dalam pelaksanaan Misa di Gereja Katolik Santo Yusuf di Pimpin oleh Romo Wepi.

Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar Polsek Kretek yang dipimpin Kanit Samapta AKP Paidi bersama piket fungsi  melaksanakan pengamanan sampai dengan kegiatan selesai. Selain melaksanakan pengamanan Kanit Samapta juga memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada jemaat yang hadir. Diharapkan dengan dilaksanakan pengamanan dari pihak Kepolisian para jemaat yang hadir di Gereja Katolik Santo Yusuf ini dapat melaksanakan kegiatan Misa dengan aman dan hikmat. (Sihumas Polsek Kretek)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bersama Mahasiswa UGM dan KP2B Tanam Mangrove

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH melaksanakan Penanaman Mangrove bersama mahasiswa Teknik Geodesi UGM dan Pengelola Mangrove/KP2B (Keluarga Pemuda Pemudi Baros) bertempat di Mangrove Baros Tirtohargo Kretek Bantul, Minggu (27/11/2022) jam 09.00 WIB.

 Bertempat di hutan mangrove Dusun Baros Tirtohargo Kretek Bantul telah berlangsung Kegiatan penanaman mangrove. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka Fakultas Teknik Geodesi UGM peduli lingkungan bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH dan juga pengelola mangrove/KP2B. Selain itu juga merupakan kepedulian dalam rangka pencegahan rob dan juga melestarikan alam yang ada di hutang magrove.

 Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Winarko SH mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Teknik Geodesi UGM yang telah perduli dengan lingkungan dengan cara menanam magrov dan juga membersihkan sampah yang ada di wilayah magrove dusun Baros. (Sihumas Polsek Kretek)
 

Kanit Samapta Polsek Imogiri Pimpin Pengamanan Giat Gereja Materdei Imogiri

Kanit Samapta Polsek Imogiri Polres Bantul Iptu Sulis Sukliyanto pimpin pengamanan giat gereja Materdei Imogiri, Minggu (27/11/2022) pagi.

Pelaksanaan pengamanan yang di laksanakan Polsek Imogiri merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk pelayanan polri kepada masyarakat khususnya kepada umat Nasrani yang sedang melaksanakan ibadah.

Di tempat terpisah Kapolsek Imogiri Kompol Suharno MKom CEH. CHFI mengatakan pengmanan bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaah gereja, selain itu untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di lingkungan sekitar gereja.

Di samping melaksanakan pengamanan Kanit Samapta dan anggota membatu pengaturan di pintu masuk gereja diharapkan jamaah dalam menjalankan ibadah dengan hikmat. (Humas Polsek Imogiri)