Kasat Binmas Polres Bantul: Peran Orangtua Dalam Menangkal Kejahatan Jalanan

Posted by Humas Polres Bantul on 14:47

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Estiqomah A.Md  Kep SH M.Psi mengajak kepada para orangtua murid untuk bisa berperan aktif dalam upaya menangkal kenakalan remaja ataupun kejahatan jalanan. Karena berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan, para pelaku kejahatan jalanan masih usia sekolah atau remaja.

Hal itu dikemukakan saat Kasat Binmas menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan orangtua murid terkait kejahatan jalanan, di SMA Negeri 2 Bantul. Kamis (22/12/2022) pagi.

Lebih lanjut, Kasat Binmas menyampaikan bahwa peranan orangtua dan keluarga sangat vital untuk bisa membimbing anak-anaknya.

Menurutnya kepedulian orangtua, pengawasan dan figlur orangtua harus bisa menjadi tauladan yang baik bagi anak-anaknya.

"Awasi anak-anak kita, periksa HPnya dan kontrol pergaulannya," imbuh Kasat Binmas.

Ia juga berharap peran dari orangtua dalam menangkal anak-anaknya dari pengaruh kenakalan remaja atau hal-hal yang melanggar hukum, seperti kejahatan jalanan.

"Jangan sampai anak-anak kita jadi korban ataupun pelaku kejahatan jalanan," pesannya.

Disebutkan oleh Kasat Binmas bahwa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi fenomena kejahatan jalanan, di antaranya melalui ruang pendidikan keluarga. Yakni orangtua harus memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak remajanya.

Kemudian orangtua harus mengetahui kegiatan anak remaja di luar rumah. Dengan mengetahui kegiatan di luar rumah orangtua bisa melakukan kontrol secara berkala terhadap anak remajanya.

Selain itu, orangtua juga perlu memiliki komunikasi yang baik dengan pihak sekolah, serta memberikan tugas dan tanggung jawab kepada remaja dengan kegiatan yang bermanfaat. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:47

0 komentar:

CB