Marak Pencurian Modus Ganjal ATM di Bantul, Ini Tips dan Himbauan Polisi untuk Masyarakat

Posted by tribratanewsbantul on 13:00

Bantul - Dalam beberapa waktu belakangan, aksi kejahatan pencurian yang mengincar warga yang sedang bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) memang sedang marak di Bantul.

Modusnya pun beragam, diantaranya yakni pura-pura membantu korban. Padahal pelaku dengan cepatnya langsung menukar atau mengganjal ATM milik calon korbannya.

Terkait hal tersebut, Kapolres Bantul AKBP Ihsan melalui Kasihumas Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan hati-hati agar tidak menjadi korban pelaku kejahatan saat bertransaksi di ATM.

Dikatakan Jeffry, usahakan jika ingin menarik uang atau bertransaksi pada mesin ATM, lokasinya aman dan ada petugas keamanan internal layaknya Satpam.

Kemudian, masyarakat harus memperhatikan kondisi di sekitar ATM. Jika ada yang mencurigakan seperti ada orang yang tengah mengintai, atau ada tempelan kertas yang menyatakan harus menghubungi nomor telpon tertentu bila mengalami masalah saat bertransaksi, di mana nomor tersebut diragukan kebenarannya.

"Saat memasukkan PIN ATM usahakan posisi tombol tidak terlihat oleh camera CCTV atau orang lain yang berada disekitar anda," lanjut Jeffry.

Yang paling penting, dan kerap terjadi sesaat sebelum modus pencurian dilancarkan pelakunya, bila kartu tersangkut di mesin ATM, cek kondisi lobang tempat memasukkan kartu tersebut.

Apakah ada benda yang mengganjal atau tidak. Terlebih, jangan meminta bantuan kepada orang yang bukan petugas resmi. Masyarakat bisa memanggil atau meminta bantuan Satpam yang berpakaian dinas yang ada di sekitar lokasi.

Tak hanya itu, masyarakat sebaiknya tidak memberitahu nomor PIN kartu ATM kepada siapapun, kecuali kepada orang yang sudah dikenal dan dipercaya untuk menarik uang.

"Jangan percaya dengan pemberitahuan lewat pesan SMS, WA, BBM atau Telepon yang menginformasikan anda mendapat hadiah dan meminta untuk membayar biaya administrasi melalui transfer ATM, atau menyuruh anda mengecek uang masuk di rekening anda atas panduan orang yang tidak anda kenal melalui telepon," sambungnya.

Jeffry berharap, tips dan himbauan ini hendaknya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pengguna kartu ATM agar tidak menjadi korban kejahatan.

Baru-baru ini, terjadi dua kasus pencurian modus tukar atau ganjal ATM yang terjadi di Bantul Salah satunya menimpa seorang pria berinisial SS (58).

Korban kehilangan uang Rp 17,7 juta lebih setelah gagal melakukan penarikan uang di sebuah mesin ATM di Gedongkuning Banguntapan.



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:00

0 komentar:

CB