Wakapolres Bantul Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Waspada Paham Radikalisme

Posted by Humas Polres Bantul on 14:24

Kepolisian Resor Bantul menggelar Upacara Bendera dalam rangka Hari Kesadaran Nasional, sebagai salah satu upaya untuk menggelorakan semangat pengabdian dan memupuk disiplin sebagai anggota Polri.

Kegiatan upacara digelar di halaman Mapolres Bantul, Senin (19/12/2022) pagi.

Hadir dalam upacara tersebut Wakapolres Bantul.Kompol Sancoko Punjung Seksono SIK SH MH yang bertindak selaku inspektur upacara, para PJU Polres Polres Bantul, para Kapolsek jajaran, serta personel Polres Bantul.

Dalam amanatnya Wakapolres Bantul mengatakan bahwa dalam bulan Desember ini, kita akan melaksanakan pengamanan baik pengamanan perayaan hari Natal yang akan terfokus di gereja-gereja yang ada di wilayah Bantul dan pengamanan pergantian tahun baru dari tahun 2022 menuju ke tahun 2023 yang akan kita fokuskan pada tempat-tempat yang akan menyelenggarakan perayaan malam pergantian tahun, serta pengamanan mobilitas warga masyarakat di jalan.

“Perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan pengamanan ini harus melalui proses penyusunan yang terencana dengan manajemen yang baik, serta harus melibatkan seluruh potensi dan kerjasama masyarakat dan seluruh instansi terkait agar meminimalisir potensi gangguan keamanan,” tuturrnya.

Sebagaimana kita ketahui, lanjut Wakapolres, pengamanan Natal dan tahun baru ini bersamaan dengan liburan sekolah sehingga adanya berbagai peningkatan aktivitas masyarakat, terutama di tempat ibadah gereja, pusat perbelanjaan serta lokasi wisata.

Selain itu, fenomena khas tahunan masyarakat akan mengakibatkan mobilitas arus transportasi manusia, barang dan kendaraan secara masive. Kondisi ini membawa pengaruh terhadap timbulnya berbagai potensi kerawanan, baik dari segi kriminalitas maupun keamanan, keselamatan, kelancaran, arus lalu lintas seperti kemacetan dan kecelakaan.

Dikatakannya, dalam rangka menghadapi pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru diperlukan suatu upaya yang sungguh-sungguh disertai dengan kebulatan tekad dan komitmen untuk bersama–sama mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki, sehingga pengamanan Natal dan tahun baru tahun 2023 berjalan dengan lancar dan menumbuhkan kepercayaan publik terhadap Polri yang akhir-akhir ini mengalami penurunan.

Pada kesempatan tersebut Wakapolres Bantul juga menyampaikan beberapa penekanan dalam memberikan pelayan prima kepada masyarakat terkait pengamanan Natal dan tahun baru 2023. Antara lain, lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas di lapangan, untuk mengetahui dinamika dan perkembangan di masyarakat, sehingga seluruh potensi yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban dapat diantisipasi sedini mungkin.

Kemudian berikan imbauan baik melalui media cetak maupun elektronik, sebarkan leaflet dan pasang spanduk tentang tertib berlalu lintas, serta selalu waspada terhadap setiap ancaman kriminalitas. Lakukan penggelaran kekuatan secara tepat pada setiap titik rawan macet, rawan kecelakaan lalu lintas, serta lakukan upaya antisipasi terhadap potensi aksi gangguan keamanan dan penyelewengan penimbunan sembako.

Selain itu, tingkatkan kewaspadaan diri dan kesatuan terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror yang memanfaatkan masa liburan Natal dan tahun baru 2023.

Optimalkan penggunaan peralatan, sarana dan prasarana yang dimiliki untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pengamanan Natal dan tahun baru. Berdayakan pengamanan swakarsa dan satuan pengamanan di lingkungan tempat kerja guna membantu Polri untuk mencegah terjadinya berbagai aksi tindak kejahatan.

Lakukan terobosan kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, untuk mewujudkan kamtibmas dan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang aman, nyaman dan kondusif selama pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru.

Dan yang terakhir, lakukan tindakan tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas maupun keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas selama perayaan Natal dan tahun baru.

Sementara itu, sebelum menutup amanatnya Wakapolres berpesan kepada seluruh personel agar mewaspadai paham radikalisme. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:24

0 komentar:

CB