31 January 2023

PLT Kapolsek Kretek Hadiri Uji Coba Fungsional Jembatan Kretek 2

PLT Kapolsek Kretek AKP Paidi menghadiri kegiatan Uji coba Fungsional Jembatan Kretek 2 Dusun Depok Parangtritis Kretek Bantul, Selasa (31/01/2023) jam 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Singgih Riyadi, SE, MM, PUPR PPK 1 DIY-Jateng bapak Julian Situmorang ST, Kasat Lantas Polres Bantul diwakili Kanit Kamsel Bekti Budi Riyanto S.H, Panewu Kretek Cahya Widada S.Sos.,M.H, PLT Kapolsek Kretek AKP Paidi, Danramil Kretek diwakili Peltu Jumiran, Bhabinkamtibmas Kalurahan Parangtritis Bripka Tohari dan Babinsa Parangtritis Sertu Firman.

Bertempat di Jembatan Kretek 2 Dusun Depok Parangtritis Kretek Bantul telah berlangsung kegiatan Uji coba Fungsional Jembatan Kretek 2. Dimana kegiatan uji coba tersebut dibuka oleh Bupati Bantul Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih. Yang mana Jembatan Kretek 2 di buka sampai Dengan adanya peresmian.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan uji coba oleh Bupati Bantul beserta rombongan menggunakan Mobil dan juga dengan menggunakan sepeda motor melintasi jembatan Kretek 2.

Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. PLT Kapolsek Kretek AKP Paidi beserta personil Polsek Kretek melaksanakan pengamanan sampai dengan kegiatan selesai. ( Sihumas Polsek Kretek)
 

Kapolsek Piyungan Laksanakan Pengecekan Kendaraan Bermotor Dinas

Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si melaksanakan pengecekan kendaraan bermotor (ranmor) dinas di halaman Mapolsek Piyungan, Selasa, (31/1/2023).

Pemeriksaan randis tersebut untuk mengetahui kondisi kendaraan operasional yang dimiliki Polsek Piyungan. Sehingga, bila dibutuhkan siap untuk digunakan.

Ranmor dinas berupa roda dua, dan roda empat pada setiap masing-masing Unit dilakukan pemeriksaan satu persatu yang bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik kendaraan.

Kapolsek Piyungan menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk memastikan kendaraan dinas tidak ada  terkendala saat digunakan dalam pelaksanaan tugas, seperti patroli, mendatangi TKP, dan tugas kepolisian lainnya,” kata Kapolsek.

Diharapkan dengan pemeriksaan randis ini tugas-tugas yang akan dilakukan Polri khususnya jajaran Polsek Piyungan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Jalin Kedekatan Dengan Siswa, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Sambang Sekolah

Dalam rangka mendekatkan diri kepada anak-anak sekolah untuk memberikan motivasi dan semangat belajar, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Bantul Aiptu Sugiyanto, SH menyambangi sekolah SD Unggulan Aisyiyah Bantul, Selasa (31/1/2023).

Giat sambang tersebut dilakukan sebagai upaya menjalin sinergitas bersama pihak Sekolah, sekaligus pantau situasi wilayah binaan khususnya dilingkungan sekolah.

Aiptu Sugiyanto,SH berharap kedepan bisa terus terjalin kedekatan dengan siswa-siswi untuk membangun kecintaan terhadap Polisi serta menjadikannya sebagai Mitra dan Sahabat bagi Anak-anak. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Polisi Beri Imbauan Kepada Pelajar Yang Nongkrong Saat Jam Pelajaran Sekolah

Dalam rangka mencegah kenakalan remaja, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi, SH melaksanakan patroli rutin dengan sasaran di tempat-tempat yang sering digunakan nongkrong anak sekolah pada Selasa (31/1/2023).

Beberapa lokasi yang menjadi sasaran Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo dalam antisipasi pelajar bolos atau kenakalan remaja antaranya di dapati beberapa pelajar sedang duduk-duduk di warung saat jam pelajaran sekolah.

Selanjutnya oleh petugas mereka dihimbau untuk segera kemabli ke sekolah.

“Tujuannya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tawuran dan lain sebagainya,” katanya.

 

Kapolsek Sedayu Sambang di Gereja Theresia Gubug

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S. Pd. I., M. M melaksanakan sambang dan silahturahim di Gereja Theresia Dusun Gubug Kalurahan Argosari Sedayu Bantul, Selasa (31/1/2023) siang.

Kedatangan Kapolsek Sedayu disambut langsung Romo Antonius Hadi Cahyono Pr Dan Romo Ambrosius Heri Krismawanto Pr.

Adapun maksud kedatangan Kapolsek Sedayu adalah silahturahim dan memperkenalkan diri sebagai Kapolsek Sedayu yang baru sekaligus bertukar informasi terkait situasi kamtibmas di Kapanewon Sedayu.

Pada kesempatan kali ini Kapolsek Sedayu mengajak pihak Gereja untuk bersama-sama menjaga keamanan dan menjaga sikap toleransi antar umat beragama di wilayah Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)  
 

Kapolsek Sewon Hadiri Puncak Hari Amal Bakti MTs N 1 Bantul Ke 55

Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W, SH.,M.Si didampingi Bhabinkamtibnas Bangunharjo Aiptu Suhanto menghadiri undangan acara puncak Hari Amal Bakti (HAB) di komplek MTs N 1 Bantul, Jalan Imogiri Barat km 4,5 Dokaran, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Selasa(31/01/2023) pagi.

Bhabinkamtibmas Bangunharjo menjelaskan Hari Amal Bakti atau HAB merupakan acara yang di selengarakan dalam rangka memperingati hari jadi MTs N 1 Bantul yang ke 55 atau yang dulu di kenal dengan MTs N N Gondowulung, dan acara hari ini merupakan puncak dari rangkain HAB, jelasnya.

Dalam sambutannya kepala sekolah MTs N 1 Bantul Hidayat,S.Ag.,M.A menyampaikan pada awalnya MTs Negeri Gondowulung merupakan lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1967 bernama Sekolah Diniyah dan Salafiyah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Fitrah yang didirikan oleh KH. Nawawi di Jejeran.

Semula hanya terdapat Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), namun seiring dengan perkembangannya didirikan juga Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTs AIN) yang dinegerikan tahun 1968. Pada tahun 1970-an, madrasah ini pindah ke sebelah Utara SMP Negeri Gondowulung . MTs Negeri Gondowulung berusaha melakukan akreditasi, sebagai upaya memperoleh pengakuan resmi sebagai madrasah yang layak dijadikan tempat belajar baik oleh pemerintah maupun masyarakat dan berdasarkan SK Kakanwil Nomor 68 Tahun 2017. Tentang Perubahan Nama Madrasah Negeri tertanggal 27 Januari 2017 maka sejak Februari 2017, MTs Negeri Gondowulung berubah nama menjadi MTsN 1 Bantul.

Sementara itu sambutan dari kepala kantor Kemenag Kabupaten Bantul H. Ahmad Shidqi, S.Psi.,M.Eng menyampaikan harapannya di usianya yang ke 55 tahun , Madrasah Sanawiyah Negeri Satu Bantul mampu berperan aktif di dalam melaksanakan program – progam pemerintah khusunya mencerdaskan anak bangsa yang berkebribadian  dan berahklak mulia, hal ini sudah terbukti MTs N 1 Bantul telah banyak berkiprah khusunya dalam hal pendidikan ataupun mendidik peseta didiknya yang saat ini sudah banyak mengeluarkan alumi yang sudah banyak tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bantul H. Subhan Nawawi, Kepala Kantor Kementrian agama Kabupaten Bantul H. Ahmad Shidqi S.Psi M.Eng, Pengawas Madrasah Etyk Nurhayati S.Pd M.Pd, Kepala Basnaz Bantul Drs. H. Damanhuri, Panewu Sewon Hartini SIP. MM, Wadanramil Sewon Kapt. Inf. Sugiharto, Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W SH. Msi, Lurah desa Bangunharjo Nur Hidayat S.Ag. MS.I , Komite Sekolah, Wali murid, Tokoh masyarakat dan undangan. (Humas Polsek Sewon)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Gadingharjo Laksanakan Takziah di Rumah Ibu Jarwo Subroto di Pedukuhan Merten

Wujud kepedulian Bhabinkamtibmas terhadap warga masyarakat yang sedang mengalami musibah  adalah salah satunya  ikut melaksanakan takziah ke rumah duka.

Hal ini di laksanakan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Gadingharjo ,Polsek Sanden Aipda Dwi Purwanto yang melaksanakan takziah di rumah Ibu Jarwo Subroto (74) di rumah duka di Pedukuhan Merten,Rt.01,Kalurahan Murtigading,Kapanewon Sanden,Senin 30/01/2023.

Aipda Dwi Purwanto menyampaikan bahwa kegiatan takziah ini merupakan bentuk kepedulian Bhabinkamtibmas kepada warga masyarakat  dengan mendoakan kepada jenazah dan memberikan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan.

Selain itu kegiatan takziah  juga sebagai sarana untuk interaksi  dengan warga masyarakat sekitar dan di harapkan terjalin  kedekatan Bhabinkamtibmas dengan warganya dan bisa merasakan kesedihan warga  yang terkena musibah.
 

Sambang Sekolah, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Beri Himbauan Kepada Satpam

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Moh Riyadi melaksanakan sambang dialogis kepada petugas Satpam Sekolah MAN 2 Bantul, Senin (30/1/2023).

Kegiatan sambang dialogis yang dilakukan adalah dalam rangka harkamtibmas dan pantaun situasi lingkungan sekolah, menjalin kemitraan sekaligus memberikan pembinaan kepada petugas Satpam.

Dalam dialogisnya, Aipda Moh Riyadi mengimbau dan menyampaikan pesan kamtibmas, agar senantiasa waspada dalam menjalankan tugas, jangan lengah terutama saat malam hari dan mewaspadai orang yang tidak dikenal memasuki wilayah kerjanya.

"Apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan, segera hubungi Kepolisian atau Bhabinkamtibmas," pesannya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Sat Binmas Polres Bantul Gelar Pembinaan Pelajar di SD Negeri Gunungmulyo

Sat Binmas Polres Bantul menggelar pembinaan pelajar di SD Negeri Gunungmulyo Sedayu Bantul, Selasa (31/1/2023).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Bantul AKP Estikomah, A.Md.Kep, S.H, M.Psi.

Materi yang disampaikan Kasat Binmas adalah tentang "Antisipasi  Penculikan Anak".

Dalam materinya, Kasat Binmas memberikan beberapa pesan dan imbauan terkait maraknya isu-isu penculikan anak yang marak belakangan ini.

Ia meminta para pelajar tidak mudah terprovokasi oleh kabar yang beredar. Segala informasi yang tersebar harus dicari terlebih dahulu kebenarannya.

Akan tetapi kewaspadaan harus selalu dijaga. Salah satunya, agar berhati-hati terhadap orang asing yang belum dikenal.

“Tolak suatu ajakan atau pemberian hadiah, apabila hal tersebut dari orang asing yang belum kita kenal,” kata Kasat Binmas.

Para siswa juga diajarkan mengenai bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain.

“Katakan "tidak" jika ada orang asing yang belum dikenal menyentuh bagian tubuh tertentu dan membuat tidak nyaman,” jelasnya.

Di akhir pembinaan, Kasat Binmas memberikan hadiah kepada para pelajar yg bisa menjawab pertanyaan dan mengikuti giat tersebut dengan antusias.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Takziah Atas Meninggalnya Bapak Budi Wiyono di Pedukuhan Dodogan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srigading Bripka Afif Rudiyanto SH  melaksanakan takziah  atas meninggalnya  Bpk. Budi Wiyono (95) di rumah duka pedukuhan Dodogan, Kalurahan Srigading Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul , Senin (30/01/2023).

Kegiatan takziah di tengah masyarakat tersebut merupakan sarana untuk mempererat silahturahmi  hubungan masyarakat dengan Kepolisian sehingga terjalin kedekatan Polisi dengan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Bripka Afif Rudiyanto menyampaikan turut bela sungkawa dan mendoakan semoga segala amal ibadah di terima Allah ta'ala dan segala dosa dosanya di ampuniNya.

"Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian maka bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini," ungkap Bripka Afif Rudiyanto SH.
 

Kapolsek Imogiri Jadi Narasumber Binluh Penyalahgunaan Narkoba

Kapolsek Imogiri Polres Bantul Kompol Suharno M.Kom, CEH, CHFI  menjadi narasumber dan binluh penyalahgunaan Narkoba di pendopo Dusun Talaban Kebonagung, Senin (30/1/2023) malam.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Kebonagung Kapanewon Imogiri dalam rangka Pelatihan Penyuluhan Kepemudaan Tingkat Kalurahan.

Hadir dalam kegiatan Anggota DPRD Kabupaten Bantul Suratman, Lurah Kebonagung Marjiyem, Kanit Binmas Polsek Imogiri AKP Pariyem, dan anggota  Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, tokoh  pemuda dan tokoh masyarakat.

Kapolsek dalam  pembicaraannya  memberikan pemahaman tentang bahaya Narkoba kepada masyarakat terutama terhadap generasi muda, dan warga masyarat.

“Usia remaja sangat rentan terpengaruh hal negatif yang muncul dari pergaulan. berawal dari ingin coba-coba atau sekedar ikut-ikutan hingga pada akhirnya mengalami ketergantungan,” katanya.

Adapun dampak negatif penyalahgunaan Narkoba pada remaja, di antaranya perubahan sikap pada diri remaja, perangai dan kepribadian, emosi tidak terkontrol seperti mudah marah dan tersinggung.

“Kemudian, adanya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja, penurunan prestasi, kedisplinan dan nilai-nilai pelajaran dan pergaulan bebas,” imbuhnya.

Untuk pencegahannya Kapolsek memberikan saran untuk diperbanyak ilmu agama, mengikuti kegiatan kegiatan yang mengarah positif serta taat kepada orang tuanya. (Humas Polsek Imogiri)
 

30 January 2023

Hilang Kendali, Bus Tabrak Pembatas Jalan di Banguntapan

Sebuah bus menabrak pembatas jalan di Ring Road Selatan Bantul pada Senin, 30 Januari 2023 pada pukul 00.15 WIB.

Beruntung dalam peristiwa kecelakaan di Ring Road Selatan Bantul tidak ada korban jiwa, tapi sopir bus harus dilarikan ke rumah sakit.

Kecelakaan di Bantul ini terjadi di jalan Ring Road Selatan atau tepatnya di barat RM Watu Lumpang, Kepanjen, Kapanewon Banguntapan, Bantul yang melibatkan sebuah bus Mira dengan nomor polisi S 7306 VS.

Beruntung tidak ada korban jiwa atas insiden kecelakaan tunggal tersebut, meskipun pengemudi bus tersebut harus dilarikan ke rumah sakit.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan kronologi dari insiden tersebut. Mulanya bus Mira yang dikemudikan oleh EP (43) melaju dari arah selatan menuju utara.

Sesampainya di lokasi kejadian karena diduga hilang kendali, bus tersebut terlalu berada di sisi kanan jalan atau mendekati pembatas jalan.

Kecelakaan di Ring Road Selatan Bantul ini pun terjadi setelah bus menabrak pembatas jalan dan pohon yang ada di lokasi tersebut.

“Hilang kendali saat melaju dari selatan ke utara, terlalu ke kanan dan menabrak pohon serta pembatas jalan,” jelas Jeffry.

Polisi Datangi TKP Pemancing yang Meninggal Dunia di Pantai Pandansari

Anggota Polsek Sanden di pimpin Ka.SPKT Aiptu Agung bersama Tim Inafis Polres Bantul mendatangi TKP orang meninggal mendadak di Pantai Pandansari Dusun Wonoroto Kalurahan Gadingsari Kapanewon Sanden, Senin (30/1/2023).

Ka SPKT Aiptu Agung menyampaikan bahwa, awalnya petugas Piket mendapat informasi keberadaan orang meninggal dunia secara mendadak. 

Korban yang awalnya memancing di Pantai Pandansari, tiba-tiba merasa pusing, selanjutnya korban meminta tolong pada rekannya untuk memapah ke rumah terdekat yang berada di pantai tersebut. 

Namun belum sampai di rumah di maksud, korban terjatuh selanjutnya rekan korban meminta bantuan pada warga yang berada di sekitar TKP. 

Setelah diadakan pemeriksaan sementara oleh warga denyut nadi korban sudah tidak ada.

Selanjutnya  setelah diadakan pemeriksaan Tim Identifikasi Polres Bantul dan Tim Medis Puskesmas Sanden yang dipimpin oleh dr. Nurul Fauziah disaksikan Ka SPKT Polsek Sanden Aiptu Agung beserta piket fungsi lainnya.

Tidak ditemukan bekas tanda penganiayaan,  selanjutnya jenasah diserahkan kepada keluarga untuk dikebumikan.

Adapun identitas korban adalah BHJ warga Mangiran  Trimurti, Kapanewon Srandakan.


 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Selopamioro Takziah di Dusun Kalidadap

Bhabinkamtibmas Kalurahan Selopamioro  Aiptu takziah ke salah satu warga binaannya di Dusun Kalidadap Kalurahan Selopamioro, Senin (30/1/2023) pagi.

Menurut  Bhabinkamtibmas Selopamioro melaksanakan takziah bersama Babinsa di samping menjalin Sinergitas TNI Polri melaksanakan takziah ke rumah duka merupakan bentuk nyata kepedulian  Bhabinkamtibmas terhadap sesama di wilayah binaannya.

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas juga mengucapkan turut bela sungkawa kepada keluarga  almahum Mangun Sentono semoga  almahum  diampuni dosanya diterima amalnya serta keluarga yang ditinggalkan diberi keiklasan dan ketabahan.

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas mengikuti mengikuti prosesi upacara  pemberangkatan jenazah ke makam. (Humas Polsek Imogiri)
 

Personel Polsek Piyungan Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas, Bantu Pengguna Jalan

Personel Polsek Piyungan melaksanakan pengaturan lalu lintas di jalan raya membantu kelancaran masyarakat pengguna jalan yang beraktivitas pagi.

Pengaturan lalulintas tersebut dilaksanakan di simpul-simpul jalan yang rawan kemacetan maupun laka lantas seperti simpang empat munggur, simpang tiga piyungan, depan pasar dan sekolahan, Senin (30/1/2023).

Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si mengatakan, pengaturan lalu lintas pagi hari dilaksanakan secara rutin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terciptanya kamseltibcar lantas.

“Kami gelar personel melaksanakan pos pagi, semata-mata memberikan pelayanan kepada pengguna jalan agar dapat terciptanya kamseltibcar lantas,” ujar Kapolsek.

“Personel yang melakukan pengaturan lalu lintas tergelar di persimpangan jalan dan titik rawan kemacetan di wilayah Piyungan,” imbuhnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
 

Kapolsek Pleret Jadi Pembina Upacara Bendera di SMK Negeri 1 Pleret

Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani, S.I.Kom, M.M menjadi Pembina Upacara Bendera dan Pembinaan Ketertiban Terhadap Siswa SMK Negeri 1 Pleret di Pandes Wonokromo Pleret Bantul, Senin (30/1/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani, S.Kom.,M.M, Kanit Lantas Iptu Mugiono, Kanit Binmas Ipda Tobroni, Kanit Reskrim (Ipda I Nengah Artha W. S.H), Kanit Intelkam (Aiptu Kusbiantoro, S.H), Personil Polsek Pleret 6 orang, Kepala SMK Negeri 1 Pleret Pariyana, S.Pd.,M.T beserta Guru dan Staf, Siswa SMK Negeri 1 Pleret sejumlah 880 orang.

Dalam amanatnya Kapolsek Pleret Menyampaikan Remaja merupakan penduduk dengan rentan usia 10 - 19 tahun dimana pada usia remaja memilik tingkat emosial yang masih labil dan mudah dipengaruhi. Jangan sampai para siswa SMK Negeri 1 Pleret terpengaruh dengan hal-hal yang menyimpang apalagi terlibat dengan tindak pidana seperti tindak kejahatan jalanan karena dapat merugikan diri sendiri dan keluarga serta akab ditindak tegas oleh Polri sesuai hukum yang berlaku.

Dalam berkendara para siswa harus tertib berlalu lintas seperti melengkapi surat-surat kendaraan, kelengkapan komponen kendaraan dan budayakan keselamatan itu nomor satu. Untuk mencegah tindak pencurian bermotor (curanmor) agar dalam memarkirkan kendaraan dalam keadaan dikunci stang, kunci dicabut atau diberikan kunci pengamanan ganda. Untuk mengantisipasi tindak pencurian di lingkungan sekolah agar penjaga malam melaksanakan jaga dengan optimal dan melakukan patroli disekitar lingkungan sekolah, serta memasang CCTV di area sekolah untuk mengontrol situasi di sekolah dan sekitarnya.

Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan penertiban terhadap tas dan barang bawaan milik siswa SMK Negeri 1 Pleret dengan sasaran rokok, sajam dan miras.

Kegiatan pembinaan dan penertiban dilaksanakan untuk menegakan kedisiplinan kepada siswa baik didalam maupun diluar sekolahan sehingga dapat mencegah perilaku menyimpang dan kenakalan remaja.
 

Polsek Sedayu Berikan Pelatihan Dalmas Peserta Diklatsar Banser

Kanit Samapta Polsek Sedayu Iptu Badri di ampingi Aiptu Santoso memberikan pelatihan Dalmas dan Beladiri di Kalurahan Argosari Sedayu Bantul, Minggu (29/1/2023) siang.

Pelatihan tersebut diberikan kepada peserta Diklatsar Banser gabungan Kapanewon Sedayu dan Kapanewon Kasihan sebanyak 31 orang.

Adapun materi yang disampaikan berupa pengertian Dalmas, formasi Dalmas, tujuan Dalmas dan beladiri.

Setelah memberikan materi secara teori, Iptu Badri mengajak peserta Diklatsar Banser melakukan praktek sesuai dengan materi yang telah disampaikan.

Terlihat semua peserta Diklatsar Banser mengikuti seluruh rangkain kegiatan dengan serius dan semangat hingga selesai. (Humas Polsek Sedayu)  

Unit Binmas Polsek Sedayu Jadi Narasumber Seminar Security Awareness di Pertamina Rewulu

Unit Binmas Polsek Sedayu Aiptu Mujiyono SH didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Argomulyo Aiptu Ekwan menjadi narasumber seminar Security Awareness di Fuel Terminal Pertamina Rewulu Sedayu Bantul, Senin (30/1/2023) siang.

Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh PT. Pertamina Rewulu dalam rangka bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional Fuel Terminal Rewulu tahun 2023 dan diikuti oleh perwakilan anggota satpam, perwakilan HSE K3 dan perwakilan TAD (Tenaga Ahli Daya).

Diharapkan dengan adanya sosialisasi security awareness tersebut semua sistem pengamanan, yaitu aset fisik ataupun aset digital ( Pengamanan Data) yang ada di lingkungan PT. Pertamina Rewulu akan berfungsi dengan baik, benar dan aman.

Sehingga seluruh aset fisik maupun data yang di miliki oleh PT. Pertamina Rewulu akan terhindar dari ancaman yang dapat merugikan dari orang/hacker yang tidak bertanggung jawab. (Humas Polsek Sedayu)  
 

Sambangi Sekolah, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Beri Himbauan Kepada Siswa

Salah satu upaya yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Bantul untuk Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul, Aipda Amat Riyadi, SH untuk terus menjalin kemitraan yang baik dengan pihak sekolah, yakni melaksanakan giat sambang di wilayah binaan, mendatangi SMAN 2  Bantul, Senin (30/1/2023).

Adapun tujuan dari giat sambang sekolah tersebut, untuk menjalin kemitraan bersama pihak Sekolah sekaligus pantau situasi Kamtibmas di lingkungan Sekolah.

Pada giat sambangnya, saat jam istirahat sekolah, Aipda Amat Riyadi, SH menghampiri siswa, menyampaikan pesan dan himbauan antara lain agar tidak mudah percaya dan menanggapi berita/kabar tentang berita-berita yang belum pasti kebenarannya serta tidak mudah terpengaruh ajakan yang bersifat provokasi dengan berbagai modus.

"Bijak dalam bertindak, bijak bermedsos dan senantiasa berhati-hati untuk memilih teman bergaul serta jauhi pergaulan bebas, sebab hanya akan menimbulkan penyesalan dikemudian hari," pesannya.

"Kami (Polisi) peduli kepada generasi dan remaja, jangan sampai menjadi korban bahkan menjadi pelaku tidak kriminalitas yang akan membawa ke ranah hukum," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Police Goes to Scholl, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Jadi Pembina Upacara

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Moh Riyadi menjadi Pembina Upacara Bendera di SMP Patria Bantul, Senin (30/1/2023).

Upacara Bendera berlangsung di halaman Sekolah, dan diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, Staf dan siswa.

Dalam amanatnya Aipda Moh Riyadi menyampaikan himbauan antara lain tentang adab sikap sopan santun  yang harus dimiliki oleh seorang siswa dan senantiasa hormat kepada Orangtua dan Guru di Sekolah.

Begitu juga dengan sikap saling menghargai sesama teman harus dipupuk sejak dini. Dengan sikap saling menghargai sesama teman, akan memupuk jiwa persatuan dan kebersamaan siswa.

"Dengan Giat upacara Bendera yang dilaksanakan bertujuan untuk memupuk cinta Tanah Air dan melatih Kedisiplinan siswa," ujar Aipda Moh Riyadi.

"Berhati-hati saat perjalanan pulang sekolah, tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal serta tidak boleh mengendarai sepeda motor, karena belum cukup umur," tambahnya.

"Raih prestasimu, capai cita-citamu agar sukses masa depanmu," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Karangtalun Bantu Pengaturan Lalu Lintas di Pintu Masuk Pasar Hewan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtalun Polsek Imogiri Polres Bantul Briptu Angga Aditya Pratama memantau kegiatan pasar klitikan/ pasar hewan Dusun Karangtalun jalan Imogiri Panggang, Senin (30/1/2023).

Disamping  melaksanakan pemantauan Bhabin  juga membatu petugas pasar dalam pengaturan lalu lintas baik keluar masuk pintu pasar untuk kelancaran arus lalu lintas.

Dalam kesempatan tersebut Briptu Angga Aditya Pratama juga memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada pedagang pasar maupun pengunjung pasar agar tetap hati-hati dan waspada dalam memarkirkan kendaraannya karena maraknya kasus Curanmor di wilayah Kabupaten Bantul.

Diharapkan dengan dengan himbauan Kamtibmas  tersebut para pedagang dan pengunjung terhindar dari pencurian. (Humas Polsek Imogiri)
 

Patroli Dialogis Polsek Bantul, Sambangi Santri di Pondok Pesantren

Melalui giat patroli wilayah, Polsek Bantul hadir ditengah masyarakat sebagai pelindung dan pengayom, diharapkan kehadirannya bisa dirasakan dan masyarakat merasa aman terlindungi.

Polisi harus mampu memberikan yang terbaik dan menjamin keamanan bagi masyarakat tanpa kecuali.

Hal tersebut laksanakan dengan giat patroli wilayah dipimpin Aiptu Rukijo dilanjutkan dengan sambang dan mengunjungi Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-Ien Tajeman Kalurahan Palbapang, Bantul, Minggu (30/1/2023) malam.

Giat sambang Ponpes tersebut sebagai upaya membangun silaturahmi dan menjalin kedekatan dengan santri dan santriwati sekaligus menyampaikan pesan dan himbauan kamtibmas.

Aiptu Rukijo mengatakan, Sambang dialogis bertujuan menjalin silaturrahmi untuk membangun sinergitas bersama tokoh Agama dan Santri dan memberikan motivasi kepada para santri dalam menuntut ilmu agama serta menghimbau senantiasa menjaga persatuan dan berperan aktif dalam memelihara keamanan dilingkungan Pondok Pesantren.

"Melalui kegiatan sambang Ponpes ini, diharapkan akan memberi dampak positif terhadap santri untuk menambah wawasan pengetahuan tentang Kantibmas", kata Aiptu Rukijo. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Jadi Pembina Upacara di TK ABA Mardi Putra

Kegiatan Polisi menjadi Pembina upacara adalah bentuk upaya dan kepedulian Polri khususnya Polsek Bantul untuk ikut membina, mengawasi dan mengarahkan anak-anak usia sekolah agar lebih disiplin serta terhindar dari prilaku negatif yang berpengaruh secara langsung ataupun tidak langsung terhadap situasi kamtibmas.

Menjadi Pembina Upacara merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada siswa, seperti yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bantul untuk Kalurahan Bantul Kapanewon Bantul,  Aipda Agus Bandianto, menjadi pembina upacara di TK ABA Mardi Putra Bantul, Senin (30/1/2023).

“Dengan mendekatkan diri dan saling mengenal antara siswa dengan Polisi, maka akan menghilangkan rasa takut anak-anak terhadap Polisi,” ungkap Aipda Agus Bandianto.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Agus Bandianto menyampaikan pesan kepada para siswa, tentang pentingnya belajar dengan rajin, patuhi guru dan orang tua demi untuk meraih cita-cita dimasa depan.

Selain memberikan motivasi kepada para siswa, Aipda Agus Bandianto juga menerangkan bahwa mengikuti upacara Bendera adalah salah satu wujud kecintaan kepada Tanah Air.

"Dengan hadirnya Polisi disekolah-sekolah, akan menumbuhkan kedekatan antara Polisi dengan Siswa dan Guru, dengan harapan kedepannya menjadi mitra Kamtibmas yang baik," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo: Jangan Terpancing Hoaks Isu Penculikan Anak

Bhabinkamtibmas  Kalurahan Girirejo Aiptu Toto Choirudin  bertindak sebagai Pembina Upacara di TK PKK Gejayan 1 dan diikuti oleh staf dewan guru beserta peserta anak didik, Senin (30/1/2023).

Dalam amanatnya, Aiptu Toto Choirudin  menyampaikan bahwa anak didik diharapkan memiliki kepribadian  yang baik di keluarganya, sekolah maupun di luar sekolah.

Ia juga berharap agar anak didik  tetap waspada terhadap orang  tidak dikenal yang akan memberikan sesuatu atau mengajak bermain dan sebagainya.

Selain itu, Bhabjnkamtibmas  juga menghimbau kepada Guru dan staf pengajar  agar lebih bijak dalam menggunakan Medsos,  terutama dalam menyebar berita di sosial media jangan terpancing dengan berita hoaks terkait dengan isu penculikan anak. (Humas Polsek Imogiri)
 

Polsek Srandakan Amankan Operasi Pasar Beras Medium di Poncosari

Personel Polsek Srandakan dipimpin Panit Intel Ipda Purwanta melaksanakan pengamanan operasi pasar beras medium untuk warga Kalurahan Poncosari bertempat di Balai Kalurahan setempat, Senin (30/1/2023).

AKP Nurgiyanto mengatakan, operasi pasar ini dalam rangka sebagai upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan beras.

“Beras yang dijual Rp 9.450,-/kg, maksimal 5 kg per KK dan dibatasi hanya 400 paket,” kata Purwanto.

Melalui operasi pasar ini, diharapkan dapat menstabilkan pasokan dan harga pangan, khusunya beras.

Kapolsek Sewon Jadi Pembina Upacara Bendera Hari Senin di SMK N 1 Sewon

Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W, S.H., M.Si menjadi pembina upacara bendera hari Senin di SMK Negeri 1 Sewon, yang beralamat di jalan Pulutan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Senin (30/01/2023) pagi.

Dalam sambutannya Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W, S.H., M.Si terlebih dahulu memperkenalkan diri kepada seluruh peserta upacara termasuk guru dan murid sebagi Kapolsek Sewon yang baru. Selanjutnya dalam arahannya Kapolsek Sewon menyampaikan bahwa salah satu upaya untuk menyiapkan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa agar tidak terjerumus dalam tindak kenakalan remaja adalah dengan menumbuhkan sikap kedisiplinan merupakan awal sebuah kesuksesan.

Kapolsek Sewon mengajak kepada seluruh siswa agar tetap giat untuk belajar serta jangan sampai terlambat datang kesekolah, atur waktu dengan sebaik-baiknya. Diharapkan para siswa jangan terpengaruh oleh hal-hal negatif yang bisa merusak konsentrasi belajar serta bijak dalam bersosial media agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kapolsek Sewon menghimbau kepada seluruh siswa khususnya bagi yang sudah kelas XII (duabelas) agar benar-benar memanfaatkan waktu untuk belajar karena sebentar lagi akan mengahapi ujian nasional untuk menentukan kelulusannya. Para siswa pada saat diluar sekolah atau dirumah jangan banyak membuang waktu untuk bermain, biasakan mengatur waktu dengan baik mulai dari membiasakan bangun pagi dan mempersiapkan pelajaran selanjutnya. Jangan belajar jika akan ada ulangan atau ujian saja tapi biasakan belajar rutin agar setiap pelajaran yang telah diterimakan di sekolah bisa dengan mudah diserap.

Selesai memberikan sambutan, Kapolsek Sewon mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Sekolah atas undangan dan kerjasamanya dalam upaya pembinaan terhadap seluruh siswa, tak lupa Kapolsek Sewon juga mengucapkan terima kasih kepada petugas upacara yang telah melaksanakan tugas dengan baik. (Humas Polek Sewon)
 

Waspada Modus Penipuan Undangan Pernikahan via WhatsApp, Bisa Curi OTP dan Kuras Rekening Korban

Istimewa
Modus penipuan online dengan mengirimkan file berformat APK melalui pesan WhatsApp kembali terjadi dengan modus berbeda. Bila sebelumnya modus kiriman paket, sekarang modus undangan pernikahan tanpa menyebutkan siapa pihak yang mengundang.

Pelaku tanpa memperkenalkan diri langsung mengirimkan file APK berukuran 6,6 MB dengan nama "Surat Undangan Pernikahan Digital". Dan kalimat “Kami harap kehadiran nya.”

“Saat ditanya, pelaku tidak menjawab dan justru mengarahkan penerima pesan untuk membuka file APK tersebut,” kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Senin (30/1/2023).

Hingga saat ini memang belum ada laporan yang terjadi di wilayah Bantul. Namun dengan adanya kasus yang mirip dengan penipuan online berbentuk resi kiriman paket yang pernah terjadi di wilayah Bantul, Polres Bantul kembali mengimbau kepada warga Bantul dan sekitarnya untuk waspada akan adanya modus penipuan berbentuk APK.

“Jika korban klik atau membuka file dokumen tersebut sama saja korban menginstal dan akan dicurinya kredensial OTP (One-Time Password) dari perangkat korbannya,” imbuh Jeffry.

Setelah berhasil mencuri OTP, maka akan terjadi perpindahan akun m-Banking dari ponsel korban ke ponsel pelaku. Sehingga pelaku akan leluasa menguras rekening m-Banking korban.

Oleh karena itu, masyarakat diharap jeli akan berbagai peringatan yang ada. Para penggua m-Banking untuk ekstra hati-hati dengan cara :

- Jangan instal aplikasi apa pun dari luar Play Store

- Jangan berikan akses baca atau kirim SMS ke aplikasi tidak dikenal

- Pantau aplikasi yang bisa mengakses SMS dan hapus aplikasi yang tidak esensial

- Jika menemukan aplikasi pencuri SMS, segera hapus dan reset m-Banking

“Terakhir, pengguna m-Banking yang sudah terlanjur menginstal APK dapat segera mengganti kata sandi dan PIN persetujuan transaksi. Dan melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib,” pungkas Jeffry.
 

Kasat Binmas Polres Bantul Hadiri Bakti Sosial Santunan Anak Yatim di Kasihan

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Estiqomah A.Md Kep SH M.Psi  didampingi Wakapolsek Kasihan AKP Sukris Sigit P menghadiri Bakti Sosial Anak Yatim di Aula Kapanewon Kasihan, Minggu (29/1/2023).

Kegiatan bhakti sosial diselenggarakan oleh  MJC (Mbah Joyo Center) dan dihadiri Bupati Bantul Abdul halim Muslih, Kasi Binpenaka Dir Binmas Polda DIY Kompol Utari, Panewu Kasihan Subarta S.Sos,Msi, serta tamu undangan

Dalam kegiatan tersebut MJC bekerjasama dengan DPC PBB (Pemuda Batak Bersatu)  memberikan santunan dan sembako untuk anak yatim sebanyak 104 paket untuk 4 Kalurahan dan diwakili oleh 10 anak.

Bahwa kegiatan setiap akhir bulan yang dilaksanakan setiap akhir bulan untuk memberikan Santunan kepada perwakilan anak-anak yatim disetiap Kapanewon di Kabupaten Bantul.
 

29 January 2023

Polsek Bantul Gelar Patroli Blue Light Patrol Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Polsek Bantul dipimpin Ipda Purnomo melaksanakan Blue Light Patrol guna memantau situasi Kamtibmas di wilayah Kapanewon Bantul, Sabtu (28/1/2023) hingga dini hari.

Ipda Purnomo mengatakan, Blue Light Patrol sebagai upaya cegah dini timbulnya gangguan kamtibmas yang merupakan tindakan preemtif dan preventif dilaksanakan rutin malam hari, mobiling dengan sasaran tempat nongkrong atau berkumpulnya warga dan tempat lain yang rawan kriminalitas curat, curas, curanmor (3C), balap liar dan kejahatan jalanan.

"Giat Blue Light Patrol ini dilaksanakan sebagai upaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat demi kamtibmas yang kondusif dan berharap masyarakat menyadari bahwa dengan kehadiran Polisi, situasi akan tetap aman," ungkapnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Edukasi Pemuda, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Imbau Jauhi Pergaulan Bebas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo, Aipda Amat Riyadi, SH melaksanakan giat pembinaan dan edukasi kepada pemuda-pemudi Dusun Gandekan Kalurahan Trirenggo Bantul, Sabtu (28/1/2023) malam.

Giat tersebut diberikan bertujuan, agar para pemuda sebagai generasi yang berkarakter, berkepribadian dan bertanggungjawab dan terhindar dari segala bentuk kenakalan remaja.

Dalam edukasinya, Aipda Amat Riyadi, SH berpesan, hindari perilaku negatif dan jauhi pergaulan yang bisa menjerumuskan dan menimbulkan kerugian baik diri sendiri, keluarga maupun masyarakat lingkungan.

“Jangan sampai menjadi korban ataupun pelaku tindak kriminalitas yang akhirnya berurusan dengan hukum,” pesannya.

Dihimbau juga, hendaknya para pemuda menjadi garda terdepan dalam pembangunan dan stabilitas Kamtibmas serta senantiasa bersinergi bersama pihak Kepolisian. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Ngobrol Bersama Warga di Pos Kamling, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo, Perkuat Sinergitas

Pos Kamling atau Pos Ronda dijadikan oleh Aiptu Sugiyanto,SH sebagai wadah dan sarana untuk mempererat tali silaturrahmi dengan warga binaan.

Sebagai anggota Bhabinkamtibmas untuk Kalurahan Ringinharjo, sambang merupakan giat rutin yang dilakukan untuk mengenal satu sama lain dan upaya mendekatkan diri dengan warga sekaligus pantauan situasi wilayah binaan.

Melalui obrolan santai bersama awak kamling, saat menyambangi Pos Kamling di Dusun Soropaten Rt.04 Kalurahan Ringinharjo Bantul, Aiptu Sugiyanto saling bertukar informasi terkait perkembang situasi kamtibmas diwilayah binaan, Sabtu (28/1/2024) dini hari.

Dengan memberikan semangat dan motivasi, diharapkan, warga tumbuh kesadaran untuk berperan aktif dalam harkamtibmas dilingkungan tempat tinggalnya.

“Dengan seringnya Polisi berkunjung dan menyambangi warga, akan tercipta hubungan yang dekat, sehingga melalui kebersamaan akan cepat terwujud kamtibmas yang kondusif,” kata Aiptu Sugiyanto,SH. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Ciptakan Kamtibmas Yang Aman Kondusif, Polres Bantul Gelar Blue Light Patrol

Untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan di wilayah Kabupaten Bantul, Polres Bantul menggelar Blue Light Patrol, Sabtu (28/1/2023) malam.

Patroli dimulai pukul 23.00 sampai dengan 04.00 dini hari dengan sasaran wilayah yang rawan terjadi kejahatan jalanan.

Kegiatan Blue Light Patrol kali ini dipimpin langsung oleh oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK yang diawali dengan apel kesiapan di halaman Mapolres Bantul.

Kapolres Bantul mengatakan, Blue Light Patrol bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya pada malam hari.

“Blue light patrol memang kita fokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Dengan menyalakan lampu rotator biru pada malam hari,” terannya.

Blue Light Patrol kali ini menyasar wilayah perkampungan guna mengantisipasi pencurian kendaraan bermotor dan melaksanakan imbauan pada pemuda yang masih nongkrong untuk pulang ke rumah masing-masing.

Dengan blue light patrol, imbuhnya, masyarakat diharapkan akan merasa aman saat beraktivitas maupun yang beristirahat karena kehadiran petugas keamanan.

“Kita melaksanakan patroli skala besar untuk menekan angka kejahatan di wilayah Bantul, terutama aksi kejahatan jalanan,” kata Kapolres.

Ditambahkan, kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab Polres Bantul dalam upaya meciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat Bantul. (Humas Polres Bantul)
 
 

Peduli Tahanan, Polres Bantul Bagikan Nasi Kotak Melalui Jumat Berkah

Sebagai bentuk kepedulian kepada para tahanan yang menjalani hukuman akibat perbuatannya sebelum di sidang dan dijatuhkan vonis, Polres Bantul berbagi nasi kotak ke rutan Mapolres Bantul, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari bakti sosial Jumat Berkah yang rutin digelar setiap hari Jum’at.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melalui Kasi Humas Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn menyebutkan baksos ke dalam tahanan merupakan bentuk kepedulian Polres Bantul, yang mana saat ini polisi-lah merupakan keluarga baru bagi mereka.

Menurutnya, mereka yang saat ini menjalani hukuman ini bukan sepenuhnya salah, mungkin ketidaksengajaan, khilaf ataupun terpaksa, sehingga apapun yang dilakukan berupa tindak kejahatan dan pidana akan dipertanggungjawabkan.

Selain itu sembari mengingatkan agar tetap sabar, ikhlas dan tabah dalam menjalani hukuman, tetap berdoa dan berjanji untuk tidak mengulangi dan menjadikan pelajaran hidup yang berharga sehingga kedepannya bisa menjadi manusia yang lebih baik dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

”Kami sebagai keluarga baru, akan berdoa dan saling mengingatkan agar saudara-saudara tidak kembali lagi di rutan Mapolres Bantul,” tutupnya.
 

Gelar Jumat Berkah, Polres Bantul Bagikan Nasi Kotak ke Masyarakat

Polres Bantul menggelar kegiatan bakti sosial Jumat Berkah dengan membagikan ratusan nasi kotak kepada masyarakat, di depan Mapolres Bantul, Jumat (27/1/2023).

Bakti sosial tersebut dengan sasaran pedagang asongan, juru parkir, tukang becak, tukang ojek dan lainnya.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menyampaikan bahwa kegiatan Jumat Berkah Polres Bantul ini merupakan gerakan kepedulian terhadap sesama dengan membagikan nasi kotak kepada masyarakat.

“Kegiatan Jumat Berkah ini kami gelar setiap hari Jumat, sekaligus sebagai sarana silaturahmi Polri bersama masyarakat,” sambungnya.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan bahwa dana Jumat Berkah berasal dari infaq seluruh anggota Polres Bantul yang dikumpulkan setelah kegiatan apel pagi.

“Dalam kegiatan Jumat Berkah kami juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk senantiasa mentaati tata tertib berlalu lintas. Dan semoga kegiatan ini bermanfaat,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)
 

Gelar Patroli Dialogis, Polsek Bantul Sambangi Obyek Wisata

Berbagai upaya dilakukan Polsek Bantul, guna mengantisipasi timbulnya gangguan kamtibmas.Salah satunya dengan dengan patroli mobiling pantau situasi dan laksanakan sambang dialogis.

Pada giat patrolinya, Polsek Bantul menyambangi Obyek Wisata Taman Puspa Gading dan Edum Park Tegaldowo Bantul, Sabtu (28/01/2023).

Giat Patroli dengan sambang dialogis yang dilakukan bertujuan memberikan rasa aman kepada warga masyarakat khususnya pengunjung obyek wisata dan menyampaikan pesan kamtibmas sekaligus pantau perkembangan situasi wilayah. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Polsek Piyungan Amankan Wisuda Tahfizh SD Muhammadiyah MBS Prambanan Tahun 2022 - 2023

Dipimipin Kanit Samapta AKP Suhirno, anggota Polsek Piyungan melaksanakan pengamanan kegiatan Wisuda Tahfizh SD Muhammadiyah MBS Prambanan Tahun 2022 - 2023 di Gedung Olahraga Prapto Raharo Srimulyo, Piyungan, Bantul, Sabtu (28/1/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Direktur PPM MBS Yogyakarta Ustad Rohmad Susanto, Plt Kepala Sekolah Ustadzah Rizana Avida S.T, Forkopimkap Piyungan, Panewu Prambanan Ishadi Zayid S.H, Ketua PCM Prambanan Ustad Putut Himawan S.Pd, peserta Wisuda 169 siswa serta para wali siswa dan tamu undangan.

Pengamanan dilaksanakan guna mencegah terjadi gangguan kamtibmas, serta memberikan rasa aman sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

AKP Suhirno mengatakan bahwa Polri khususnya Polsek Piyungan hadir di tengah kegiatan masyarakat guna memberikan pelayanan kepada masyarakat serta untuk memberikan rasa aman dan kelancaran  suatu kegiatan masyarakat.

“Pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Selain itu, juga untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas,” ujar AKP Suhirno. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Takziah Meninggalnya Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto,SH melaksanakan takziah meninggalnya warga binaan di Dusun Deresan RT 08 Kalurahan Ringinharjo, Bantul, Sabtu (28/1/2023).

Warga binaan yang meninggal dunia yaitu Almarhummah Ibu Siti Yatimah pada usia 56 tahun.

Kepada keluarga almarhumah, Aiptu Sugiyanto,SH menyampaikan ucapan belasungkawa dan turut berduka cita atas meninggalnya Almarhumah.

“Semoga diterima amal ibadahnya, dan diampuni dosa-dosanya,” katanya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtimas Kalurahan Palbapang Jadi Narasumber Saat Giat Pengajian Wali Murid di Sekolah

Kepolisian Sektor Bantul melalui Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Aipda Gunawan menghadiri kegiatan pengajian rutin Paguyuban Orang Tua Wali Murid SD Negeri Palbapang Baru, Palbapang Bantul, Minggu (29/1/2023).

Giat tersebut dihadiri Kepala Sekolah SD negeri Palbapang, Guru dan karyawan dan Orang Tua Wali Murid.

Pada giat pengajian tersebut Aipda Gunawan sebagai narasumber Binluh tentang peran Orang tua/Wali, dalam menghadapi putra-putrinya agar tidak terjerumus kedalam pergaulan yang mengarah kepada kenakalan remaja.

Kepada para Orang tua/Wali, Aipda Gunawan berpesan, agar intensif dalam pengawasan sehari-hari, memantau keberadaan dan giat yang dilakukan saat di rumah maupun diluar rumah.

Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi agar putra-putrinya terselamatkan dari dampak pergaulan bebas, apalagi sebagai pelaku maupun korban tindakan kriminal yang bisa merugikan diri sendiri, keluwarga dan masyarakat pada umumnya, demikian pesannya.

"Berikan kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat sebagai kesibukan saat waktu luang," tambahnya.

"Mari, Mulai saat ini kita melakukan perubahan, peka dan tanggap situasi, senantiasa memberikan yang terbaik dan melakukan apapun demi masa depan putra-putri kita," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Polsek Bantul Laksanakan Giat Pengamanan Misa Minggu Pagi di Gereja St Yakobus Bantul

Dalam rangka cipta kondisi tempat ibadah khususnya di Gereja St Yakobus Klodran Bantul, Polsek Bantul laksanakan giat pengamanan giat Misa Minggu Pagi, Minggu (29/1/2023) pagi.

Giat pengamanan dilaksanakan bertujuan memberikan rasa aman kepada Jemaat, sehingga bisa tenang saat melaksanakan giat ibadah keagamaannya

Hal tersebut sebagai wujud pelayanan prima Kepolisian untuk menjamin keamanan seluruh warga masyarakat, tanpa kecuali. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Polsek Bantul Laksanakan Safari Sholat Subuh di Masjid Nurul Islam Dusun Sabrangkali

Dalam kegiatan Safari Sholat Subuh di Masjid Nurul Islam Dusun Sabrangkali Bantul, Ipda Zaenal Mustaqim (Panit Binmas Polsek Bantul) menjadi Imam dan memberikan Kultum, Minggu, (29/1/2023).

Melalui giat safari Sholat Subuh tersebut, Polsek Bantul berupaya membangun hubungan yang sinergis dengan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif ditengah-tengah masyarakat.

Pada Kultum yang disampaikannya, Ipda Zaenal Mustaqim memberikan pesan dan himbauan Kamtibmas kepada jamaah.

Untuk mempererat silaturrahmi, usai Sholat Berjamaah dilanjutkan dialog bersama jamaah, bertukar informasi terkait kamtibmas.

"Kehadiran Polisi ditengah-tengah masyarakat bertujuan membangun komunikasi dan silaturahmi serta menyampaikan himbauan tentang kamtibmas sekaligus memantau perkembangan dan situasi kamtibmas," kata Ipda Zaenal Mustaqim. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Unit Binmas Polsek Sedayu Laksanakan PSA di SD Bandutkidul

Unit Binmas Polsek Sedayu di pimpin Aiptu Mujiyono SH melaksanakan PSA (Polisi Sahabat Anak) di SD Negeri Bandutkidul Argorejo Sedayu Bantul, Jumat (27/1/2023).

Kepala sekolah, Guru, staf pengajar dan siswa-siswi kelas 1 sampai Kelas 5 mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut untuk lebih mendekatkan diri sebagai anggota Polri kepada anak - anak usia Sekolah Dasar, sehingga anak-anak tidak lagi merasa takut apa bila melihat sosok Polisi di manapun berada.

Adapun materi yang di sampaikan mengenai, tata tertib berlalulintas, bahaya rokok, bahaya narkoba dan stop bullying di lingkungan sekolah.

"Di harapkan sekolah akan menjadi lingkungan yang ramah terhadap anak dan tidak ada korban bullying di sekolah karena perbuatan tersebut adalah perbuatan yang melanggar hukum" Ucap Aiptu Mujiyono. (Humas Polsek Sedayu)

 

Kapolsek Sedayu Hadiri Pembukaan Diklatsar Banser

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S. Pd. I., M. M. menghadiri kegiatan Pembukaan Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) Banser gabungan Kapanewon Sedayu dan Kapanewon Kasihan di Kalurahan Argosari Sedayu Bantul, Sabtu (28/1/2023) sore.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dewan Pembina GP Ansor Kab. Bantul (Bupati Bantul), Rois syuriah MWC NU Sedayu (Kyai Muhadi), Ketua Tanfidziyah NU Sedayu (Kyai Zubaidi), Ketua PAC Ansor Bantul, Ketua PAC Ansor Sedayu, Panewu Anom Sedayu, Lurah Argosari dan peserta Diklatsar sebanyak 31 orang.

Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh PAC Gerakan Pemuda Ansor Sedayu dan PAC Gerakan Pemuda Ansor Kasihan dengan mengusung tema "Berangkat dengan ikhlas, menuju khidmat tanpa batas dalam menyambut satu abad Nahdlatul Ulama".

Adapun kegiatan Diklatsar Banser tersebut akan di laksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 28 - 29 Januari 2023 dan selama kegiatan berlangsung seluruh peserta Diklatsar menginap di Kalurahan Argosari Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Laksanakan Safari Sholat Subuh di Masjid Al Huda Dusun Neco

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi, Aipda Moh Riyadi melaksanakan Safari Sholat Subuh di Masjid Al Huda Dusun Neco Kalurahan Sabdodadi Bantul, Minggu (29/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Moh Riyadi bertindak menjadi imam sholat Subuh dan dilanjutkan dengan memberikan Kultum.

“Melalui giat sambang rutin ini, bertujuan menjalin kuat sinergitas dengan berbagai elemen masyarakat dan diharapkan warga semakin tumbuh kesadaran untuk berperan aktif dalam harkamtibmas,” katanya.

Pada hakekatnya, kehadirannya ditengah masyarakat tidak hanya memberikan  rasa aman dan nyaman, namun juga ada nilai-nilai tauladan bagi masyarakat dari segi agama dan mempraktekannya dengan bijak.

Melalui Kultumnya, dihadapan para jamaah, Moh Riyadi menyampaikan himbauan dan pesan, mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kerukunan antar warga dalam kehidupan sehari-hari, agar senantiasa tercipta kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

Diakhir kultumnya, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi mewakili keluarga besar Polsek Bantul berterimakasih kepada warga masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam menjaga situasi diwilayah dan lingkungan tempat tinggal masing-masing, sehingga relatif aman dan kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Polisi Datangi TKP Penemuan Orang Meninggal Dunia dalam Mobil di Banguntapan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jambidan Aiptu Basori bersama piket fungsi Polsek Banguntapan mendatangi TKP penemuan orang meninggal dunia di dalam mobil di area Perumahan Royal Mansion Jambidan Banguntapan Bantul, Sabtu (28/1/2023).

Belakangan korban diketahui bernama Nawizi (43) warga Kasihan Bantul.

Korban pertama kali ditemukan oleh saksi bernama Satria sekitar pukul 07.50 WIB. Saat ditemukan korban sudah dalam keadaan meninggal di dalam mobil Toyota Calya Nopol AD 9131 MN.

Saksi melihat mobil berhenti menghadap ke selatan, kaca jendela semua sedikit terbuka dan pintu depan kanan terbuka sedikit (tidak tertutup rapat).

Saat ditemukan, korban dalam keadaan masih duduk di kursi sopir, dan sabuk pengaman masih terpasang, mesin mobil mati, namun kunci masih on.

Setelah melihat hal tersebut, saksi berusaha memanggil korban, namun korban tidak merespon. Dan di kaos yang di pakai korban, ada bekas muntahan.

Dari hasil pemeriksaan dokter Puskesmas 1 Banguntapan dan Inafis Polres Bantul tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban.

Keluarga korban sudah menerima, dan jenazah langsung dibawa pulang ke rumahnya.

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Sambangi Tempat Wisata Kolam Renang

Bhabinkamtibmasmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto,SH melaksanakan sambang dialogis di Kolam Renang Tirto Widodo Dusun Mandingan Kalurahan Ringinharjo Bantul, Sabtu (28/1/2023).

Pada kesempatan sambangnya, Aiptu Sugiyanto,SH menyempatkan diri berbincang dengan pengunjung dan menyampaikan pesan kamtibmas.

Kepada penjaga Obwis, juga dihimbau untuk bekerja sama dengan pihak Kepolisian demi keamanan wilayah, dan tidak segan-segan melaporkan bilamana ditemui sesuatu yang mencurigakan terkait keamanan kendaraan pengunjung yang terparkir di lingkungan Kolam Renang. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Giat Patroli Polsek Bantul, Sambangi Awak Kamling

Polsek Bantul berusaha hadir ditengah-tengah warga, silaturrahmi jalin kedekatan dengan tujuan membangun hubungan sinergitas yang semakin kuat.

Untuk mewujudkan semua itu, pada giat patrolinya, Polsek Bantul dipimpin Aiptu Sudarko menyambangi warga yang sedang melaksanakan giat ronda di Pos Kamling wilayah Palbapang Bantul, Jum'at (27/01/2023) dini hari.

Pada kesempatan sambang dialogisnya, kepada awak kamling, Petugas menyampaikan pesan kamtibmas dan himbauan untuk kerjasamanya dalam harkamtibmas lingkungan tempat tinggal.

"Sebagai langkah antisipasi dini, segera hubungi Kepolisian jika terjadi hal-hal yang bisa memicu timbulnya gangguan kamtibmas," himbaunya.

Kedekatan Polri dengan masyarakat seperti inilah yang diharapkan, dengan menyampaikan himbauan dan edukasi kepada warga masyarakat, segala permasalahan yang ada, bisa terdeteksi sedini mungkin.

"Dengan kegiatan sambang dialogis seperti ini, dapat meningkatkan kemitraan antara Polri dengan warga masyarakat untuk bersama-sama dalam rangka Harkamtibma, dan sebagai sarana untuk menyerap berbagai informasi," jelas Aiptu Sudarko. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Ngobrol Bersama Warga, Bhabinkamtimas Kalurahan Palbapang Sambang Pos Kamling

Dalam upaya harkamtibmas dan jalin kedekatan dengan warga, giat sambang dialogis sekaligus pantau situasi di wilayah binaan merupakan giat rutin yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas.

Tak terkecuali Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang, Aipda Gunawan, dalam giat sambang dialogisnya kepada warga binaan di Pos Kamling Dusun Bolon Rt.01 Kalurahan Palbapang Bantul, Jum'at (27/01/2023) malam.

Pada giat sambang tersebut, selain pantau situasi wilayah, juga sebagai sarana untuk mendapatkan berbagai informasi dan curhat tentang kamtibmas serta dalam upaya menumbuhkan sadar kamtibmas warga, sekaligus sebagai ajang Silaturrahmi untuk lebih mendekatkan lagi hubungan yang sinergis antara Polisi dan warga masyarakat.

Kepada awak kamling, Aipda Gunawan tidak lupa memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul).
 

Jalin Kedekatan, Bhabinkamtimas Kalurahan Trirenggo Sambangi Warga Petani di Sawah

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi, SH melaksanakan patroli dengan menyambangi kelompok petani di Bulak Nogosari Trirenggo Bantul, Jum'at (27/01/2023).

Menurut Aipda Amat Riyadi, kehadiran anggota Polisi khususnya Bhabinkamtibmas melalui giat patroli dan sambang dialogis ditengah-tengah warga binaan, diharapkan dapat memberikan rasa aman, sehingga warga merasa terlindungi.

“Selain memberikan rasa aman, kegiatan ini juga sebagai upaya mengajak masyarakat meningkatkan sadar kamtibmas untuk berperan aktif dalam harkamtibmas,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Aipda Amat Riyadi, menyampaikan himbauan agar menjaga sepeda motornya aman dari pencurian.

“Saat memarkir kendaraan sebaiknya di tempat yang aman, ketika ditinggal kerja, pastikan kendaraan dalam keadaan dikunci, sehingga tidak mengundang aksi kejahatan,” imbaunya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

28 January 2023

Satlantas Polres Bantul Gencarkan Operasi Knalpot Blombongan

Satlantas Polres Bantul gencar menggelar operasi kendaraan berknalpot blombongan. Hal ini diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Bantul, Iptu Fikri Kurniawan STrK SIK MM saat ditemui diruang kejanya, Jumat (27/1/2023).

Disampaikan bahwa pengendara bermotor berknalpot blombongan atau tidak sesuai standar pabrikan tercantum dalam Pasal 285 Ayat 1, Undang-Undang (UU) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

lebih lanjut, Polres Bantul akan menindak tegas bagi pengendara kendaraan bermotor yang masih menggunakan knalpot yang tidak sesuai standar SNI yang dapat mengganggu konsentrasi pengendara lainnya, sehingga berpotensi mengganggu kenyamanan masyarakat.

"Penggunaan knalpot blombongan ini sangat mengganggu. Suaranya yang bising, sangat mengganggu sekali. Sudah banyak keluhan masyarakat," kata Iptu Fikri.

Operasi penindakan terhadap kendaraan bermotor menggunakan knalpot blombongan merupakan instruksi Kapolda DIY maupun Dirlantas Polda DIY. Selain itu, sebagai tindaklanjut dari keluhan masyarakat terhadap dampak penggunaan knalpot blombongan yang menimbulkan kebisingan dan mengganggu ketenangan masyarakat, terutama yang bermukim di pinggir jalan umum.

Iptu Fikri juga menjelaskan, bagi pelanggar lalu lintas atau pengguna knalpot blombongan yang terjaring operasi tidak ditilang, tetapi ditindak dengan sistem pelaksanaan Surat Tanda Penerimaan (STP). Yakni ditahan surat tanda kepemilikan kendaraan atau boleh kendaraannya yang ditahan.

"Penindakan atau penyitaan sementara kendaraan tetap kami lampirkan STP," terangnya.

Selanjutnya pemilik boleh mengambil surat-surat atau kendaraannya di Polres Bantul setelah kendaraannya dipasang knalpot yang SNI dan dipasang kelengkapan kendaraan lainnya, seperti spion, plat nomor sesuai standar atau aturan. Sedangkan knalpot yang blombongan diserahkan dan diamankan di Mapolres Bantul.

"Kendaraan yang sudah terpasang knalpot standar nantinya dapat diambil oleh pemiliknya dengan syarat menunjukkan STP, STNK dan SIM yang sah," ujar Iptu Fikri.

Selain itu, pelanggar juga membuat surat pernyataan penyerahan knalpot blombongan denga materai Rp. 10.000,- kepada petugas.

Terkait itu, Kasat Lantas mengimbau kepada masyarakat, khususnya pengendara kendaraan bermotor agar tidak menggunakan knalpot blombongan karena sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat.

"Bagi pengendara yang masih bandel menggunakan knalpot blombongan akan kami lakukan tindakan penyitaan terhadap knalpot blombongan tersebut, dan sekaligus menggantinya dengan knalpot standar di depan petugas," imbuhnya.

Saat ini, kata Iptu Fikri, sudah ada ratusan knalpot blombongan yang diamankan. Karena kesulitan pemusnahannya, direncanakan knalpot blombongan tersebut akan disusun menjadi patung untuk monumen mengingatkan agar pemilik kendaraan bermotor tidak memasang knalpot blombongan.

Adapun aturan tentang knalpot tertulis dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009. Di dalamnya disebutkan bahwa motor berkubikasi 80-175 cc, tingkat maksimal kebisingan 80 dB, dan untuk motor diatas 175 cc maksimal bising 83 dB.

Kanit Samapta Polsek Kretek Hadiri Kegiatan Kick Off Vaksinasi PMK

Kanit Samapta Polsek Kretek AKP Paidi menghadiri kegiatan Kick Off Vaksinasi PMK dan penyerahan kompensasi bantuan dalam keadaan tertentu darurat PMK oleh Kementrian Pertanian dan Bupati Bantul di Dusun Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul, Sabtu (28/1/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Ir. Sugeng Purwanto MMA, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul Joko Waluyo S.Pt M.Si, Panewu Kretek Cahya Widada S.Sos MH, Tim Vaksin Hewan PMK dipimpin Hariyanto, Plt Kapolsek Kretek AKP Paidi, Danramil Kretek diwakili Peltu Jumiran, Bhabinkamtibmas kalurahan Parangtritis Bripka Tohari, Babinsa Serka Firman, Lurah Parangtritis Topo, Kepala Kelompok Ternak Empat Lima Depok Awal Naryadi dan Pemilik Sapi Kelompok Ternak Empat Lima Depok.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan DIY Ir. Sugeng Purwanto MMA yang menyampaikan bahwa acara kick off pengendalian dan penanggulangan PMK Nasional 2023 ini sebagai langkah awal dari pengandalian dan penanggulangan PMK Nasional 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Bahwa di DIY, PMK mencapai angka rata-rata 14.600 ekor. Dengan kick off vaksinasi PMK diharapkan di tahun 2023 ini PMK bisa bersih.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan kompensasi bantuan dalam keadaan tertentu darurat PMK oleh Bupati Bantul dengan perwakilan dari masing-masing Kapanewon di Kabupaten Bantul. Acara ditutup dengan vaksinasi dan penandaan ternak secara simbolis oleh bupati Bantul dengan sasaran sapi yang belum pernah divaksin PMK. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)