Polres Bantul Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

Posted by tribratanewsbantul on 15:10

Wakapolres Bantul Kompol Sancoko P. Seksono SIK SH MH memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman Mapolres Bantul, Selasa (17/1/2023).

Upacara dihadiri Pejabat Utama (PJU) Polres Bantul, dan sebagai peserta upacara seluruh anggota Polres Bantul, baik Perwira, Bintara maupun ASN.

Wakapolres dalam kesempatan tersebut membacakan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara lainnya.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK melalui amanatnya yang dibacakan oleh Wakapolres mengatakan bahwa upacara yang kita selenggarakan setiap bulan ini merupakan perwujudan rasa bangga dan cinta tanah air kita terhadap bangsa Indonesia, sekaligus sebagai ungkapan untuk mengisi dan meneruskan jasa-jasa para pejuang, para pendiri negeri ini yang telah gugur mendahului kita semua.

Di hadapan peserta upacara, Wakapolres menyampaikan bahwa kita baru saja meniggalkan tahun 2022 dengan berbagai peristiwa dan kejadian nasional seperti bencana alam, tragedi sepakbola, kasus pembunuhan, narkoba, hingga bom bunuh diri.

“Semua peristiwa tersebut tak lepas dari penanganan Polri, walaupun kita ketahui semua, kejadian tersebut berada di luar wilayah Kabupaten Bantul. Akan tetapi dampaknya dapat kita rasakan bersama, tuntutan profesionalisme Polri sedang diuji  sejauh mana institusi Polri dapat menjawab tuntutan publik tersebut,” kata Wakapolres.

Menurutnya hal itu menjadi tugas berat bagi Polri untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat.

“Namun kita patut bersyukur seiring dengan berjalannya waktu dan penanganan berbagai kasus nasional yang sudah diselesaikan Polri. Dengan segala daya dan upaya serta profesionalisme bersama yang tidak mengenal lelah survey kepuasan publik pada bulan januari 2023 meningkat kembali menjadi  69 persen,” ungkapnya.

Hal tersebut adalah hasil kerja keras bersama dan harus selalu ditingkatkan. Polri adalah institusi yang paling dekat dengan masyarakat dan paling sering berinteraksi dengan rakyat. Untuk itu, anggota Polri wajib tanggap dan meresepon dengan cepat setiap kejadian di tengah masyarakat, sehingga kepercayaan kepada Polri akan tumbuh dengan cepat dan pastikan masyarakat terlayani dengan baik.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa perayaan Natal dan tahun baru 2023 di Kabupaten Bantul dapat berjalan dengan aman dan khidmat. Hal tersebut adalah upaya kita bersama yang tak mengenal lelah dalam mengamankan jalannya perayaan Natal, sehingga semua kegiatan ibadah umat Kristiani dapat berjalan dengan khidmat. Demikian pula dengan kegiatan pengamanan malam tahun baru 2023 dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah disimulasikan bersama, sehingga tidak ada kemacetan dan gangguan kamtibmas.

Masih dalam amanatnya, Wakapolres menyampaikan bahwa di tahun 2023/2024 merupakan tahun politik dan pemilu akan berlangsung kurang lebih tiga belas bulan dari sekarang.

“Pesta demokrasi akan dilaksanakan pada 14 februari 2024. Gaung pesta demokrasi 5 tahunan ini sudah dimulai dari sekarang, seperti pengerahan massa yang dikemas  Parpol dengan berbagai acara sudah mulai nampak, seperti peresmian laskar, kumpul relawan, pemantapan kader, dan lain-lain sudah dimulai,” sambungnya.

Wakapolres menegaskan, Polri harus bersiap diri dengan mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan pemilu 2024. Untuk itu, ia berharap seluruh satuan utamanya Polsek sebagai ujung tombak dalam terciptanya harkamtibmas menjelang pemilu 2024 untuk segera mengenali :
1.    Partai politik yang ada di wilayah masing-masing beserta pengurus dan sayap Parpol serta relawannya;
2.    Kenali petugas PPK dan Panwaslu di masing-masing Kapanewon;
3.    Kenali potensi konflik antar Parpol / sayap Parpol, relawan Capres, yang ada di wilayah masing-masing guna menunjang terciptanya situasi Pemilu yang kondusif;
4.    Ikuti dan cermati setiap pentahapan pemilu 2023 di masing-masing Kapanewon;
5.    Cermati dan koordinasikan dengan petugas Pemilu, PPK/PPS terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, karena hal tersebut  rentan dengan permasalahan  sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang berlarut-larut yang dapat mengganggu jalannya proses demokrasi yang sedang berjalan.

“Semoga tugas-tugas kedepan dapat kita selesaikan dengan baik atas bimibingan Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Wakpolres.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Wakapolres menyampaikan beberapa hal yakni, seluruh personel Polres Bantul menghadapi tahun politik, anggota Polri untuk tetap netral dan tidak memihak Parpol maupun pasangan Capres, (tidak boleh turut politik praktis sesuai dengan UU).

Kemudian tingkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri dengan memberikan pelayanan yang terbaik. (Humas Polres Bantul) (Humas Polres Bantul)




Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:10

0 komentar:

CB