28 February 2023

Polres Bantul Gelar Pemeriksaan Kesehatan Berkala Bagi Personel Polri dan ASN Polri

Personel Polres Bantul dan Polsek jajaran mengikuti Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) berkala T.A. 2023, di Aula Wira Pratama Polres Bantul, Selasa (28/2/2023).

Rikkes berkala ini dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian. Adapun kegiatan ini juga diikuti oleh ASN Polri Polres Bantul dan bakal digelar hingga 2 Maret 2023.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan, tujuan diadakannya Rikkes berkala ini adalah untuk deteksi dini terhadap berbagai jenis penyakit atau kelainan kesehatan, sehingga dapat segera diambil tindakan medis.

Selain itu untuk memantau kondisi kesehatan anggota Polri guna pemeliharaan, perlindungan dan pembinaan dalam mencegah serta mengurangi penyakit degeneratif yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas.

Pemeriksaan kesehatan berkala diawali dengan tahapan pendaftaran bagi anggota, kemudian pemberian formulir, pengambilan sample darah, urine, observasi tanda-tanda vital (cek tekanan darah, nadi), pemeriksaan gigi, pengecekan EKG, Foto Thorax dan pengisian pertanyaan dalam therapy kesehatan jiwa.

“Apabila nantinya dalam hasil pemeriksaan diketahui ada anggota Polri yang menderita penyakit tertentu, akan diberikan penjelasan dan diserahkan kepada pihak BPJS selaku pihak penjamin untuk selanjutnya dilaksanakan upaya perawatan dan penyembuhan,” jelas Kapolres Bantul.

Dalam Rikkes berkala ini melibatkan Biddokkes Polda DIY dan Sidokkes Polres Bantul, serta bekerjasama dengan Laboratorium Klinik Budi Sehat Yogyakarta.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Sambangi Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Lansia

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo bersama Babinsa menyambangi kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis di Dusun Sambeng 1, Poncosari, Srandakan, Bantul, Selasa (28/2/2023).

Pemerikasaan kesehatan tersebut diperuntukkan bagi warga lanjut usia (Lansia) yang diselenggarakan oleh Yayasan Untuk Teman Indonesia bekerjasama dengan mahasiswa UGM.

Selain pemeriksaan gratis juga digelar senam lansia dan pembagian sembako gratis. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Kapolsek Srandakan Makan Telur dan Minum Susu Bareng Anak-anak KB Ceria

Kapolsek Srandakan Kompol Sudarsono SH makan telur dan minum susu bersama anak-anak di Kelompok Belajar (KB) Ceria, Dusun Polosiyo, Poncosari, Srandakan, Bantul, Selasa (28/2/2023) pagi.

Kegiatan tersebut guna mendukung program Kapolri terkait zero stunting dan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap anak penderita stunting.

“Anak-anak merupakan masa depan, supaya anak-anak kita sehat dan pintar, mari ajak mereka makan telur dan minum susu sebagai asupan gizi, sehingga dapat tumbuh dengan baik dan cerdas,” kata Kapolsek. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Polres Bantul Laksanakan Penilaian ZI di Polsek Piyungan

Guna memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Polres Bantul menyelenggarakan Lomba Zona Integritas (ZI) antar Polsek se Polres Bantul.

Hari ini Polsek Piyungan mendapat giliran penilaian dari Tim Penilai Lomba Zona Integritas (ZI) Polres Bantul yang dipimpin Kabagren Polres Bantul Kompol Eti Haryanti S.I.Kom, Selasa (28/2/2023).

Kedatangan Tim Penilai disambut langsung oleh Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si beserta para Kanit, Kasi, Panit dan anggota Polsek Piyungan.

Sementara itu, kriteria yang menjadi dalam penilaian Lomba Zona Integritas antara lain fasilitas pendukung pelayanan publik seperti tempat bermain anak, ruang laktasi dan lainnya. Selain itu, sarana pendukung operasional dalam pelayanan masyarakat.

Dengan diselenggarakannya lomba ZI tersebut diharapkan masing-masing Polsek dapat mewujudkan birokrasi cepat, tepat, anti korupsi menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Seorang Lelaki Tanpa Identitas Tewas Laka Lantas di Pundong

Dua unit sepeda motor terlibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Parangtritis Km 18,5 tepatnya di Jamprit, Panjangrejo, Pundong, Bantul, Senin (27/02) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB.

Insiden ini mengakibatkan seorang pemotor lelaki yang belum diketahui identitasnya, tewas di lokasi kejadian.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul Iptu Reni Juliani mengatakan, peristiwa tragis ini terjadi berawal ketika pengendara sepeda motor Honda Vario nomor polisi AB 2881 IK, yang dikendarai oleh Andi melaju dengan kecepatan sedang dari arah utara ke selatan.

Sampai di lokasi kejadian, warga Glondong, Donotirto, Kretek Bantul itu tiba-tiba mengalami oleng ke kanan hingga melewati garis marka jalan.

Nahas disaat bersamaan, dari arah berlawanan melesat sepeda motor Honda Astrea nomor polisi AB 5534 CA, yang dinaiki korban yang berboncengan dengan seorang wanita. “Lantaran jarak sudah dekat dan tidak bisa menghindar, tabrakan tak terelakkan,” kata Reni.

Peristiwa itu mengakibatkan, seorang lelaki yang belum diketahui identitasnya tewas di lokasi kejadian. Sementara Wanita yang diboncengnya mengalami luka-luka dan tidak sadarkan diri.

“Selanjutnya korban dievakuasi ke RSUD Panembahan Senopati Bantul,” terang Reni.

Sementara, Andi mengalami luka patah patah tulang kaki dan jari, telah mendapatkan perawatan medis.

“Kasus ini sudah dalam penyelidikan,” pungkasnya.


Parkir Motor di Luar Rumah, Patroli Polsek Kasihan Ingatkan Pemiliknya

Sebagai upaya untuk menekan terjadinya tindak pidana Curanmor, Polsek Kasihan meningkatkan patroli pada jam rawan di wilayah hukum Polsek Kasihan, Senin (27/2/2023).

Patroli yang dipimpin Panit Samapta Aiptu Sumarna ini memprioritaskan sasaran mobil atau sepeda motor yang terparkir di luar pagar rumah, baik di kontrakan atau kos. Petugas juga  memberikan imbauan kepada pemiliknya agar memarkirkan kendaraannya di tempat yang aman.

“Kita harus peka terhadap situasi kamtibmas di lingkungan masyarakat. Kita lakukan tugas patroli, dan jika menemukan adanya kendaran yang terparkir di luar lingkungan rumah langsung kita ingatkan ke pemiliknya. Hal ini merupakan upaya awal dan kepedulian kita sebagai petugas keamanan untuk mencegah terjadinya pencurian kendaaraan bermotor,” kata Aiptu Sumarna. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Imogiri Bersama Anggota Laksanakan Pemantauan Pelaksanaan Operasi Pasar

Kanit Binmas Polsek Imogiri Polres Bantul Iptu Pariyem bersama anggota melaksanakan pemantauan pelaksanaan operasi pasar di taman kuliner Bumi Arum Kalurahan Girirejo, Selasa (28/2/2023) pagi.

Adapun kegiatan merupakan progam dari Badan Pangan Nasional RI yang dilaksanakan dari DKUKMPP ( Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten  Bantul  yang bekerjasama dengan pemerintahan Kalurahan Girirejo yang bertujuan  Stabilisasi Pasokan Harga Pangan Beras, mengupayakan ketersediaan dan menekan kestabilan harga sembako menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 2023

Dalam Pasar murah SPHB (Stabilisasi Pasokan Harga Pangan Beras) ini DKUKMPP melaksanakan operasi pasar dengan menjual  Minyak  600 Liter Program pemerintah dengan harga Rp 13.500,- /Kg. Beras Medium program pemerintah / perum Bulog Kanwil DIY sejumlah 4 ton dengan harga Rp 9.400,- /Kg. Beras premium tanpa subsidi sejumlah 300 kg dengan harga Rp 12.000,- /Kg. serta Gula paris sejumlah 480 Kg seharga RP 13.500,- /Kg.

Hadir dalam kegiatan Ka.DKUKMPP Kab. Bantul  Arum Bidayati S.I.P., M.A Lurah Girirejo Dwi Yuli Purwanti. SH, Staf Pelayanan Publik Perum Bolog DIY  Galih Prasojo Dukuh Kradenan  Agus Purwono

Selama pelaksanaan operasi pasar mendapat pengamanan dari Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Giritejo dan selesai berjalan lancer. (Humas Polsek Imogiri)

 

Kapolsek Bantul Hadiri Pertemuan Kaum Rois se Kalurahan Trirenggo

Kaum Rois memiliki tugas strategis dalam masyarakat dan diharapkan dapat membantu tugas Polri dalam menangani konflik jika sewaktu-waktu terjadi di tengah masyarakat.

Peran kaum Kaum Rois ditengah-tengah masyarakat selalu dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat, seperti dalam acara pernikahan, kematian, orang sakit dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Polsek Bantul berupaya bersinergi dan selalu dekat dengan Kaum Rois atau tokoh agama untuk bersama-sama dalam harkamtibmas dan menjaga situasi wilayah agar tetap kondusif.

Guna mempererat tali silaturahmi antara Polri dengan masyarakat khususnya Kaum Rois, Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi SH MAP bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH menghadiri kegiatan pertemuan Kaum Rois se Kalurahan Trirenggo, Selasa (28/2/2023).

Kapolsek Bantul berharap seluruh elemen masyarakat khususnya Kaum Rois dapat bersinergi dengan Polri untuk mendeteksi segala potensi dan hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

Kegiatan pertemuan Kaum Rois dilaksanakan di Dusun Tanuditan Dk.Kweden, Trirenggo, Bantul.

giat pertemuan tersebut dengan Giat Pengajian dihadiri oleh Kepala KUA Bantul, Lurah Trirenggo, Kaum Rois se Trirenggo dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo.

Hadir diantaranya Gus Ahid Yasin pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Palbapang sebagai penceramah dan KH Muslih Nahrowi sebagai narasumber. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Polsek Kasihan Kegiatan PSA di TK Aisyah Kembaran

Untuk mengenalkan serta mendekatkan sosok Polisi yang baik dan ramah kepada masyarakat khususnya anak-anak usia dini, Polsek Kasihan yang dipimpin Kanit Binmas AKP Sunarjono bersama panit Binmas Aiptu Sutrasno dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agus S, SH melaksanakan program Polisi Sahabat Anak (PSA).

Kegiatan PSA tersebut digelar di sekolah TK Aisyah Kembaran Tamantirto , Kasihan, Bantul, Rabu (28/2/2023).

Dengan humanis, anak-anak TK diberikan motivasi agar rajin belajar, menghormati serta patuh terhadap orangtua dan guru. Selain itu, saling menyayangi sesama teman.

Melalui kegiatan PSA tersebut, Polsek Kasihan berupaya menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan anak-anak kepada Polisi sejak dini. Diharapkan anak-anak memiliki karakter dan disiplin sejak dini baik saat di sekolah maupun di lingkungan keluarga.

Tak kalah penting bahwa anak-anak akan mengenal sosok Polisi sebagai sahabat dan teman yang melindungi, bukan sebagai sosok Polisi yang menakutkan
 

Tim Penilai Lomba ZI Polres Bantul Kunjungi Polsek Sewon

Guna mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Bebas dan Melayani (WBBM), dibutuhkan peningkatan kualitas pembangunan dan pengelolaan Zona Integritas (ZI) pada unit kerja.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Terkait hal ini Polres Bantul Polda DI.Yogyakarta, melaksanakan lomba ZI menuju WBK dan WBBM untuk Polsek Jajaran.

Pada Selasa, (28/02/2023) pagi, tim penilaian lomba Zi Polres Bantul yang dipimpin oleh Kabagren Polres Bantul, Kompol Kompol Etty Haryanti, S.I.Kom yang beranggotakan Kasiwas AKP Murtiningsih, Kasubag Renprogar Winartiningsih Kanit Provos Ipda Hisyam diterima langsung oleh Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri Widayanto, S.H.,M.Si., para Kanit dan Kasi.

Sebelum melaksanakan penilaian Kabagren Polres Bantul, Kompol Kompol Etty Haryanti, S.I.Kom mengatakan, saat ini, seluruh instansi berlomba-lomba untuk mendapatkan predikat tersebut mengingat pentingnya predikat zona integritas tersebut.

“Apabila Polsek Jajaran yang ada di Polres Bantul yang telah memiliki predikat yang dimaksud, dapat dipastikan telah memiliki standarisasi pelayanan yang baik, bebas dan bersih dari praktik korupsi,” ujar Kabag Ren Polres Bantul, Kompol Kompol Etty Haryanti, S.I.Kom.

Lanjut Kabagren Polres Bantul, ,sebelum mendapat predikat tersebut, jajaran Polsek yang dinilai harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh Tim Lomba Zona Integritas Polres Bantul, yang memiliki kewenangan untuk menetapkan Polres atau Polsek mana yang pantas untuk dijadikan wilayah percontohan Reformasi Birokrasi.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, mampu memberi manfaat bagi Jajaran Polsek maupun Polres Bantul dalam membangun zona integritas. (Humas Polsek Sewon)
 

Polsek Bantul Gelar Blue Light Patrol Ciptakan Kamtibmas Aman Kondusif

Blue Light Patrol adalah kegiatan patroli yang dilaksanakan Polsek Bantul guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Senin (27/2/2023) malam.

Kegiatan tersebut juga untuk mengantisipasi tindak kriminalitas Curas, Curat, Curanmor dan kejahatan jalanan.

Adapun sasaran patroli antara lain pertokoan, perkantoran, perbankan dan ATM, pemukiman warga, serta tempat-tempat yang dianggap rawan kejahatan.

Kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat melalui kegiatan patroli, diharapan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam memberikan rasa aman dan menciptakan kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Kapolsek Sedayu Hadiri Acara Peringatan Serangan Oemoem 1 Maret 1949

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S.Pd I MM bersama dengan unsur pejabat daerah dan Forkopimkap menghadiri acara peringatan bersejarah Serangan Oemoem 1 Maret 1949, di Taman Makam Pejuang Soemenggalan, Dusun Kemusuk Kidul, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Selasa (28/2/2023) pagi.

Peringatan ke-74 tahun Serangan Oemoem 1 Maret 1949 dengan mengambil tema "Memaknai Peristiwa Kemusuk - Somenggalan Dalam Serangan Oemoem 1 Maret 1949”.

Peringatan Serangan Oemoem 1 Maret 1949 diperingati setiap tahun untuk mengenang peristiwa sejarah sekaligus menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangannya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam peringatan Serangan Oemoem 1 Maret ini dilakukan tabur bunga di Makam para pejuang dan dilanjutkan dengan Seminar Nasional di Museum Jenderal Besar Soehato.

Sebagai generasi penerus bangsa harus mempunyai semangat juang yang tinggi dalam mengisi kemerdekaan dengan disiplin dan semangat pantang menyerah untuk menggapainya cita-cita bangsa. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Hadiri Kegiatan Penyuluhan Hukum

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi menghadiri kegiatan penyuluhan hukum dari LBH Tentrem Yogyakarta di Kalurahan Argodadi, Sedayu, Bantul, Senin (27/2/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut narasumber dari LBH Tentrem Yogyakarta, Lurah Argodadi, Pamong Argodadi, Babinsa dan perwakilan warga masyarakat Argodadi.

Adapun penyuluhan hukum yang disampaikan yakni mensosialisasikan Undan-Undang Nomor 16 tahun 2011 tentang perlindungan anak yang berhadapan dengan hukum.

Dalam kegiata ini LBH Tentrem Yogyakarta juga membuka layanan konsultasi hukum, pendampingan hukum dan mediasi. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Polsek Pajangan Gelar Patroli Cegah Terjadinya Gangguan Kamtibmas

Untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, Polsek Pajangan menggelar patroli dialogis di wilayah Kapanerwon Pajangan, Bantul, Senin (27/2/2023).

Kapolsek Pajangan AKP Wiyadi SH menyampaikan bahwa patroli tersebut bersifat preventif, yakni sebagai upaya pencegahan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Petugas memantau situasi dan kondisi di lokasi publik, pusat aktivitas masyarakat dan di pusat keramaian,” ujarnya.

Dalam patroli tersebut petugas mengajak warga masyarakat agar ikut berperan serta dalam menjaga kamtibmas tetap kondusif.

Selain itu, kegiatan patroli ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah Kapanewon Pajangan. (Polsek Pajangan Polres Bantul)

Unit Lantas Polsek Bantul Gelar Patroli, Pantau Situasi Lalu Lintas di Seputaran Bantul Kota

Unit Lalu Lintas Polsek Bantul dipimpin Aipda Ervin Widayanto melaksanakan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan), yakni kegiatan patroli guna memberikan rasa aman ditengah masyarakat untuk menekan jumlah pelanggaran maupun angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polsek Bantul, Senin (27/2/2023) malam.

Pada kegiatan patroli tersebut, petugas mengimbau masyarakat pengguna jalan agar selalu mengutamakan keselamatan berlalu lintas di jalan raya dengan mematuhi peraturan yang berlaku.

Patroli kali ini memantau situasi arus lalu lintas di seputaran Bantul Kota pada malam hari. adapun rute yang dilalui mulai dari Simpang empat Klodran – Jalan Jendral Sudirman – Jalan Pemuda – Jalan Samas - Simpang empat Palbapang. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

27 February 2023

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Ajak Para Pamong Bersama-sama Jaga Keamanan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo,  memberikan pembinaan dan arahan kepada para Pamong Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul bertempat di Depan Balai Kalurahan Wirokerten, Senin tanggal 27 Februari 2023 pukul 08.45 WIB.
.
Hadir pada apel tersebut Lurah Wirokerten Hj. Rachmawati Widya Ningrum SE dan semua Pamong Kalurahan Wirokerten.

Apel pagi untuk meningkatkan kedisiplinan para pamong dan menyampaikan informasi berkaitan tugas pelayanan pada masyarakat.

Aipda Indra Prasetyo memberikan masukan kepada para pamong (Kepala Dusun) untuk bersama-sama berupaya memberikan kesadaran warga masyarakat untuk lebih peduli menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.
 

Polsek Banguntapan Amankan Pentas Seni Tradisional Jathilan di Padukuhan Krobokan

Personel Unit Samapta Polsek Banguntapan dipimpin Aiptu Agus Priyono melaksanakan pengamanan hiburan masyarakat pentas seni tradisional jathilan di Padukuhan Krobokan Tamanan Banguntapan Bantul, Minggu (26/2/2023).

Pengamanan pentas seni jathilan oleh anggota Polsek Banguntapan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pentas seni jathilan.

Babinkamtibmas Kalurahan Tamanan Aiptu Setyo Prabowo memberikan himbauan kepada penanggung jawab kesenian tradisional dan pemangku hajat untuk komitmen menjaga ketertiban dan keamanan.

Serta pentas selesai tepat waktu sesuai izin yang diberikan yakni maksimal pukul 17.30 WIB.

Pentas seni berjalan dengan aman dan tertib serta selesai sesuai dengan waktu yang telah disepakati.
 

Cegah Gangguan Kamtibmas, Unit Samapta Polsek Piyungan Laksanakan Patroli

Unit Samapta Polsek Piyungan melaksanakan patroli dialogis dengan menyambangi rumah makan cepat saji "Rocket Chicken" Sitimulyo Piyungan, Bantul, Senin (27/2/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah upaya untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan aksi kriminalitas. Selain itu, kegiatan patroli dialogis sebagai upaya menjalin komunikasi aktif dengan masyarakat.

Dalam kegiatannya petugas memberikan pesan-pesan kamtibmas yang disampaikan kepada karyawan jaga agar selalu peduli dan ikut menjaga kamtibmas di lingkungan sekitarnya.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut wilayah hukum Polsek Piyungan dapat terwujud situasi kamtibmas yang aman kondusif sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
 

Polsek Kretek Laksanakan Patroli Malam Cegah Gangguan Kamtibmas

Polsek Kretek melaksanakan patroli malam guna antisipasi dan mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas di wilayah Kretek, Minggu (26/2/2023).

Patroli malam kali ini dipimpin langsung oleh Kanit lantas Polsek Kretek AKP Suyatno menyambangi siskamling warga yang berada di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul.

AKP Suyatno menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar selalu waspada dengan orang asing yang masuk dusun dengan gelagat mencurigakan.

“Segera laporkan ke polisi bila terjadi gangguan Kamtibmas,” katanya.


 

Polisi Amankan Konser "Tulus Tur Manusia 2023" di Jogja Expo Center

Personel Polres Bantul dan Polsek Banguntapan mengamankan Konser "Tulus Tur Manusia 2023" di Jogja Expo Center, Sabtu (25/2/2023).

Pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK dan Kapolsek Banguntapan, Kompol Irwiantoro, SH.

Selain dilokasi konser, personel polisi juga ditempatkan di gerbang masuk JEC, antrian tiket serta pintu masuk konser.

Hingga berakhirnya konser, situasi aman dan terkendali.

Kapolres Bantul mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, karena telah tertib saat menonton konser.

“Terima kasih kepada warga masyarakat Bantul karena telah tertib saat menonton konser,” katanya.

Konser "Tulus Tur Manusia 2023" telah sukses digelar di kota Yogyakarta pada kemarin. Sebelumnya, Tulus telah melangsungkan konsernya di 9 kota besar Indonesia sejak 1 Februari lalu.

Yogyakarta merupakan kota ke-10 dari 11 kota yang disambangi Tulus selama rangkaian konser Tur ini. Konser tur ini diselenggarakan.

Sebelum Tulus tampil, acara konser ini dibuka oleh seorang tamu istimewa, Rahmania Astrini. Ia menyanyikan 6 lagu, salah satunya ada lagu barunya yang debut di konser Tur Tulus Manusia 2023.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Sambang ke Tukang Parkir

Upaya mencegah tindak pidana pencurian sepeda motor di wilayah tugasnya , Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo, tingkatkan sambang wilayah dan dialogis pada tukang parkir bank BNI di Jalan Imogiri Timur km 07 Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul, Senin (27/2/2023).

Maksud dan tujuan giat untuk lebih meningkatkan kedekatan Polri dengan masyarakat, agar terjalin komunikasi yang lebih baik, serta pembinaan menjaga keamanan lingkungan.

Aipda Indra Prasetyo koordinasi langsung dengan pengelola / tukang parkir tersebut dia tas, bahwa pemilik ruko akan menambakan / memasang CCTV di beberapa titik strategis di area Ruko guna mencegah tindak kejahatan serta membantu pengungkapan jika terjadi kriminalitas.

Aipda Indra P menambahkan petugas parkir jangan hanya meminta haknya namun juga melaksanakan kewajiban memberikan pelayanan yang baik dan menjaga keamanan lingkungan sekitar. Bhabin mengucapkan terimakasih atas kerja samanya
 

Aiptu Riyanto Hadiri Loka Karya Mini Lintas Sektor

Kapolsek Imogiri yang diwakili Panit Binmas  Aiptu Riyanto menghadiri kegiatan loka karya mini  lintas sektor di Joglo Opak Dusun Singosaren Kalurahan Wukirsari, Senin (27/2/2023)

Kegiatan loka karya mini ini di laksanakan oleh Dinas Kesehatan Puskesmas Imogiri 2 yang bekerjasama dengan pemerintah Kapanewon dalam rangka meningkatkan cakupan SPM. Standar Pelayanan Masyarakat dibidang kesehatan khususnya kelurahan yang dibawah wilayah kerja UPTD Puskesmas Imogiri 2 yakni Kalurahan Selopamioro, Sriharjo, Karangtengah, serta Kalurahan Kebonagung

Hadir dalam kegiatan Panewu Imogiri Slamet Santoso, SIP, Danramil 10 Imogiri Kapten CZi Suyadi, Kepala Kus Moh Rois Wuzda, Bhabinkamtibmas, Bhabinkamtibmas Wilayah kerja, kepala Puskesmas Imogiri 2 , lurah Wilayah kerja  yakni Lurah Selopamioro, Sriharjo, Kebonagung, dan Karangtengah , kepala Dukuh, serta kader lansia,

Lokakarya mini  lintas sektor Triwulan I Puskesmas Imogiri 2 merupakan suatu pertemuan antar petugas Puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas. (Humas Polsek Imogiri)
 

Ciptakan Kondisi Yang Aman , Unit Samapta Polsek Sewon Laksanakan Patroli Siang

Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif, diperlukan kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat dan menjadi bagian dari masyarakat guna mengetahui situasi dan kondisi dalam kehidupan masyarakat, sehingga dapat mencegah bilamana terjadi potensi gangguan kamtibmas sebelum menjadi gangguan nyata.

Dipimpin langsung oleh Panit 2 Samapta Polsek Sewon Iptu Harjana, bersama anggotanya melaksanakan patroli dialogis dan menyampaikan pesan kamtibmas, yang bertujuan untuk membangun komunikasi dan berinteraksi yang harmonis serta menyerap informasi dari masyarakat.

Ditemui usai melaksanakan patroli Iptu Harjan menyampaikan di ruang kerjanya bahwa patroli ini digelar rutin, dan untuk sasaran kali ini di titik beratkan di rumah makan ataupun resto yang pengunjungnya cukup banyak terutama pada jam jam makan siang.

“Kami berikan himbauan kepada pemilik atau penanggung jawab dan petugas parkir maupun security rumah makan tersebut, agar tetap menjaga keamanan lingkungan terutama dengan warga sekitar, dan terlebih dalam menata parkir agar tidak menggangu pengguna jalan lain,” jelas Iptu Harjana.

Iptu Harjana juga menambahkan  selai di warung warung makan, patroli juga diarahkan di tempat pemukiman penduduk, perumahan dan obyek vital lainnya, dan dalam patroli selalu berhenti dan menemui warga guna menyampaikan pesan kamtibmas. (Humas Polsek Sewon)
 

Gelar Patroli, Polsek Bantul Sambangi Tempat Ibadah

Guna menjaga dan memelihara kamtibmas yang aman kondusif, Polsek Bantul mengintensifkan kegiatan patroli.

Pada patroli kali ini menyasar ke sejumlah obyek vital dan tempat ibadah. Salah satunya menyambangi Gereja St.Yakobus Klodran, Bantul, Minggu (26/2/2023) malam.

Aiptu Sudarko yang memimpin kegiatan patroli menyampaikan bahwa sambang ke tempat ibadah guna memastikan situasi kamtibmas di lingkungan tempat ibadah dalam keadaan aman.

Selain menyambangi tempat ibadah, petugas patroli juga sambang ke tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya tindak kriminalitas. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Takziah di Dusun Manding Serut

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Moh Riyadi melaksanakan takziah di Dusun Manding Serut Dk.Kadibeso, Sabdodadi, Bantul, Senin (27/2/2023).

Adapun warga yang meninggal dunia yaitu almarhum Sarjono pada usia 53 tahun.

Pada kesempatannya Bhabinkamtibmas Aipda Moh Riyadi menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum. Kehadirannya sebagai bentuk kepedulian dan rasa empati kepada warga yang sedang kedukaan. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Sambang di Pos Kamling Dusun Pepe

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi,SH melaksanakan sambang di Pos Kamling Dusun Pepe RT.03 Kalurahan Trirenggo Bantul, Minggu (26/2/2023).

Pada pelaksanaan giat sambangnya, Aipda Amat Riyadi,SH tak bosan-bosannya selalu mengingatkan kepada warga yang melaksanakan ronda agar berhati-hati dan tetap waspada.

“Sebaiknya tidak dilakukan sendiri, melainkan minimal 2 (dua) orang dan bergantian saat berkeliling,” ujarnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Hadiri Pengajian Akhirusanah Rutin Lapanan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul Aipda Amat Riyadi,SH menghadiri giat Pengajian Akhirusanah Rutin Lapanan, Minggu (26/2/2023).

Pengajian tersebut dilaksanakan bersama Majelis Sistuduror bertempat di kediaman Simbah Kyai Khudori Pepe Bogoran dengan menghadirkan penceramah Habib Umar Zaki Assegaf dari Maguwoharjo Sleman.

"Dengan hadir pada giat pengajian tersebut, selain menjalin kedekatan dengan Tokoh Agama dan warga, sekaligus pantauan situasi Kamtibmas wilayah," ujar Aipda Amat Riyadi. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Amankan Pengajian dan Sholawat di Kalurahan Pendowoharjo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi, melaksanakan kegiatan pengamanan pengajian dan sholawat, Pendowoharjo Layak Anak, di Gedung Serbaguna Manggolo Manis komplek Kalurahan Pendowoharjo,  Minggu, (26/02/2023) siang.

Usai melaksanakan kegiatan pengamanan tersebut Aipda Wawan menyampaikan bahwa kegiatan bersholawat bersama anak ini dalam rangka memperingati hari isra’miraj,  dan diprakarsai oleh TP PKK Kalurahan Pendowoharjo , dan kegiatan hari ini sebagai wujud mensukseskan program Kalurahan Layak Anak dengan menghadirkan Al Habib Musthofa Sayyidi Baraqbah untuk bersholawat bersama.

Bhabinkamtibmas Pendowoharjo juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh Panewu Sewon Hartini S.IP.MM, Lurah Pendowoharjo H. Hilmi Hakimudin, S.Pdi, Ketua TP.PKK Kalurahan Pendowoharjo bersama pengurus, TK se Kelurahan Pendowoharjo, dan tamu undangan.

Aipda Wawan juga menambahkan karena banyaknya peserta yang datang dan lokasi kegiatan berada di Kalurahan Pendowoharjo, dan berada di Jalan Bantul yang syarat akan kendaraan maka diperlukan personil guna membantu penyeberangan para peserta yang akan ke tempat acara.

“ Saya dibantu dengan Linmas kalurahan Pendowoharjo, melaksanakan pengaturan lalu lintas guna membantu penyebrangan bagi tamu  undangan maupun peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut, dan Alhamdulilah dari awal sampai berakhirnya kegiatan tersebut situasi aman dan lancar “ pangkas Aipda Wawan. (Humas Polsek Sewon)
 

Sambangi Warga Pemilik Toko, Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Beri Imbauan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang, Aipda Gunawan memberikan edukasi terkait keamanan kepada pemilik Toko warga Dusun Karasan Rt.01 Kalurahan Palbapang Bantul, Minggu (26/2/2023) malam.

Kegitan ini sebagai upaya mengantisipasi tindak kejahatan pencurian.

Menurutnya, sebagai Bhabinkamtibmas, ia berkewajiban untuk menciptakan lingkungan di wilayah tugasnya tetap aman kondusif.

Berbagai upaya dilakukan seperti giat patroli, sambang dialogis kepada warga untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dengan tujuan memberikan rasa aman bagi warga.

Aipda Gunawan menyarankan, sistem pengamanan harus ditingkatkan sedemikian rupa dengan memasang CCTV. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Hadiri Sosialisasi Pendaftaran Calon Dukuh Kaliurang

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aiptu Ekwan menghadiri sosialisasi pengisian lowongan Pamong Kalurahan Argomulyo untuk formasi Dukuh Kaliurang. Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan di Dusun Kaliurang, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Minggu (26/2/2023).

Hadir di antaranya Panewu Anom Sedayu, Lurah Argomulyo, Bamuskal Argomulyo, tokoh masyarakat, Babinsa dan perwakilan warga masyarakat Dusun Kaliurang.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa pendaftaran calon Dukuh akan dibuka mulai tanggal 6 - 11 Maret 2023. Selanjutnya ujian seleksi dilaksanakan pada tanggal 9 April 2023 di Kalurahan Argomulyo. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Patroli Polsek Kasihan Ingatkan Agar Parkir Tidak Sembarangan

Sebagai upaya untuk mengurangi terjadinya Curanmor, Polsek Kasihan meningkatkan patroli pada jam rawan di wilayah hukum Polsek Kasihan, Minggu (26/02/2023) siang.

Patroli yang Panit Intelkam Ipda Sujito memprioritaskan sasaran mobil atau motor yang terparkir di luar pagar rumah kontrakan dan kos serta mengingatkan pemiliknya untuk segera memindahkan masuk ke dalam rumah.

Patroli Polsek kasihan mendapati sepeda motor yang parkir diluar  di kos Dusun Tundan Tamantirto Kasihan Bantul.

Petugas patroli melaksanakan imbauan kepada pemilik kendaraan agar diparkir di dalam gerbang.

“Kita sebagai petugas harus  peduli terhadap situasi yang berkembang di masyarakat, jika kita laksanakan tugas patroli mengetahui atau menemukan adanya kendaran terparkir di luar langsung kita ingatkan pemiliknya, hal ini merupakan upaya awal dan kepedulian kita sebagai petugas untuk mencegah terjadinya pencurian kendaaraan,” kata Ipda Sujito.
 

Polsek Kretek Amankan Acara Coast To Coast Night Trail Ultra 2023 di Parangtritis Geomaritime Science Park

Anggota Polsek kretek dipimpin Kapolsek kretek AKP MUCHAMAD MASHURI SH mengamankan acara lari lintas alam bertajuk coast to coast night trail ultra 2023 yang kali ini diselenggarakan di Parangtritis Geomaritime Science Park, Kretek, Bantul, Minggu (26/02/2023).

Acara Lari Lintas Alam (Trail Running) Coast To Coast Night Trail Ultra 2023, yang dilaksanakn di Geomaritim Parangtritis JJLS dibagi dengan berbagai macam katagori yaitu jarak 5km, 13km, 25km, 70km,50 km dan yang terjauh 100km dan diikuti peserta lari kurang lebih 1.499 orang.

Tidak ketinggalan juga Wakapolres Bantul Kompol Sancoko PS ,SIK,S.H.,M.H. ikut memeriahkan acara tersebut sebagai peserta lari pada jarak 50km dan berhasil memasuki garis finis pagi tadi. (Sihumas Polsek kretek)

26 February 2023

Kapolres Bantul: Kami Siap Amankan Seluruh Rangkaian Pemilu Tahun 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul menggelar Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024 di Stadion Sultan Agung Kabupaten Bantul, DIY, guna mengajak seluruh elemen masyarakat turut serta melakukan pengawasan tahapan pemilu.

“Allhamdulillah, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan berkumpul deitempat ini dalam acara Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK dalam sambutannya, Minggu (26/2/2023).


Ihsan menambahkan, dalam beberapa minggu ini sudah banyak kegiatan pemanasan yang dilaksanakan sempalan dari partai politik. Menurutnya, harus ada cooling system supaya situasi tetap dingin sehingga Pemilu dapat berjalan aman, damai dan tidak dalam situasi panas.

“Kami dari TNI Polri siap untuk melaksanakan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bantul Harlina usai deklarasi mengatakan, deklarasi pengawasan bersama tersebut dalam rangka mengoptimalkan pengawasan partisipatif dari berbagai aspek.


Menurut dia, pengawasan bersama oleh jajaran Bawaslu dan elemen masyarakat pada Pemilu 2024 merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga demokrasi yang berkualitas dan bermartabat, sehingga pemilu nanti bisa terlaksana dengan luber (langsung, umum, bebas dan rahasia) dan jurdil (jujur dan adil).

Dia mengatakan, deklarasi pengawasan bersama ini juga merupakan suatu puncak momentum tindak lanjut satu tahun menjelang Pemilu 2024, di mana pada 14 Februari 2023 sesuai dengan Instruksi Bawaslu RI maka Bawaslu Bantul telah melakukan "Aksi Siaga Kampanye Pengawasan Bersama".

"Aksi siaga kampanye pengawasan juga dilakukan secara serentak sampai di tingkat panwaslu (panitia pengawas pemilu) kecamatan dan panwaslu desa se-Kabupaten Bantul," katanya.

Dia juga mengatakan, Bawaslu Kabupaten Bantul beberapa waktu lalu juga melakukan sosialisasi terkait "Jarimu Awasi Pemilu" yang merupakan komunitas digital pengawasan partisipatif dengan berfokus peran masyarakat pada pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Khususnya pertukaran informasi pengawasan Pemilu secara digital serta sosialisasi posko kawal hak pilih," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Bawaslu Kabupaten Bantul juga akan memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat tentang pengawasan pemilu.

"Sehingga akan tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengawasan tahapan pemilu demi menjaga kualitas dan integritas penyelenggaraan Pemilu 2024 di Bantul," katanya.

Kegiatan Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024 yang dihadiri seluruh jajaran Bawaslu, Forkopimda Bantul, KPU Bantul, Camat, Lurah Desa APU (Antipolitik Uang) pimpinan ormas, serta masyarakat umum tersebut dimulai dengan senam bersama.
 

Kapolres Bantul Hadiri Jalan Sehat Dalam Rangka 1 Abad NU

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK menghadiri kegiatan jalan sehat dalam rangka 1 Abad NU di Alun-Alun Paseban pada Minggu (26/2/2023).

Kegiatan yang digelar PCNU Bantul ini diikuti ribuan warga masyarakat dan dihadiri pula oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.

Untuk rute jalan sehat start dan finish di Lapangan Paseban Bantul. Dimulai dari Jalan Gadjah Mada – Perempatan Gose – Samsat – NU Mart (pengumpulan tiket) – Perempatan Jalan Hos Cokroaminoto – Perempatan Jalan Jenderal A. Yani – Pertigaan Jalan Mayjend Sutoyo – Finish perempatan Paseban Bantul.

Di sepanjang rute yang dilalui ada panggung hiburan di sejumlah titik; yakni di depan Samsat Bantul. perempatan Pantes, depan Radio Persatuan, depan Pasar Bantul dan persimpangan selatan PKU Bantul.

Personel Polres Bantul dan Polsek Bantul ditempatkan di sepanjang rute jalan sehat untuk melaksanakan pengamanan.

Kapolres Bantul mengucapkan terima kasihnya kepada warga masyarakat yang telah tertib dalam melaksanakan kegiatan jalan sehat.

“Terima kasih kepada warga masyarakat yang telah tertib, sehingga kegiatan jalan sehat berjalan dengan lancar,” katanya.
 

Polsek Piyungan Amankan Pernikahan di Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz

Personel Polsek Piyungan melaksanakan pengamanan kegiatan hajatan pernikahan di Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz Piyungan Bantul, Minggu (26/2/2023).

Dipimpinan Panit Lantas Polsek Piyungan Aiptu Barmawi, anggota Polsek Piyungan yang melaksanakan pengamanan dibagi menjadi dua tim yakni di simpang tiga Karang Ploso dan di simpang empat Karang Gayam Sitimulyo Piyungan.

Pengamanan ini dilakukan guna memberikan rasa aman serta untuk lancarnya hajatan tersebut, mengingat tamu yang diundang diperkirakan banyak dari berbagai kalangan.

Dengan kehadiran Polri ditengah-tengah kegiatan masyarakat ini diharapkan dapat tercipta situasi kamtibmas yang kondusif dan terwujud kedekatan Polri khususnya Polsek Piyungan dengan masyarakat. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul) 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Amankan Olah Raga Bersama Warga Padukuhan Dukuh

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi, Aipda Moh Riyadi melaksanakan giat pengamanan Jalan Sehat & Senam Bersama bertempat dipanggung Budaya Sukardi Pawiro Sudarmo Dukuh Sabdodadi Bantul, Minggu (26/2/2023) pagi.

Kegiatan ini diselenggarakan masyarakat Pedukuhan Dukuh bersama Mahasiswa KKN UAD Yogyakarta.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi mengatakan hadir pada setiap kegiatan kemasyarakatan, merupakan upaya Polsek Bantul dalam menjalin kedekatan dengan warga sekaligus memantau situasi Kamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Moh Riyadi juga berbaur bersama warga mengikuti giat olah raga senam. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bangun Sinergitas bersama Tokoh Agama, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Hadiri Pengajian IPHI

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul Aipda Amat Riyadi,SH menghadiri giat Pengajian Ahad Pon bersama IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia), Minggu (26/2/2023) pagi.

Giat Pengajian tersebut dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Dusun Trirenggo Bantul dengan menghadirkan penceramah Drs.H.Hamim Ilyas M.A Dosen UIN Sunan Kalijogo Yogyakarta.

"Dengan hadir pada giat pengajian tersebut, selain menjalin kedekatan bersama Tokoh Agama, sekaligus pantauan situasi Kamtibmas wilayah", ujar Aipda Amat Riyadi,SH. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Ciptakan Kondusifitas Wilayah, Polsek Bantul Gelar Blue Light Patrol

Polsek Bantul dipimpin Kanit Binmas AKP Sukarta,SH menggelar Blue Light Patrol memantau Kamtibmas di Wilayah Kapanewon Bantul, Sabtu (25/2/2023) hingga dini hari.

Blue Light Patrol merupakan tindakan preemtif dan preventif dilaksanakan rutin malam hari hingga menjelang subuh, mobile dengan sasaran tempat-tempat rawan kriminalitas C3 (Curas, Curhat, Curanmor), dan kejahatan jalanan lainnya.

"Giat Blue Light Patrol ini dilaksanakan sebagai upaya Harkamtibmas agar tetap kondusif dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat," ujar AKP Sukarta SH. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Kapolsek Piyungan Berikan Binluh Kamtibmas kepada Warga Pedukuhan Karanganom

Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si beserta jajaran Unit Binmas Polsek Piyungan memberikan Pembinaan dan Penyuluhan Kamtibmas kepada warga Pedukuhan Karanganom Rt. 01 Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Sabtu (25/2/2023) malam.

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Padukuhan Karanganom dihadiri pula Kanit Binmas Polsek Piyungan AKP Moh Widayadi Sanani beserta jajarannya. Hal ini sebagai langkah upaya pencegahan gangguan kamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek memberikan informasi tentang gambaran umum tentang desa aman kamtibmas, serta disampaikan pula tentang pencegahan tindak kriminalitas maupun permasalahan kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga.

Lebih dari itu, Kompol Sugihartono juga menjelaskan bahwa keamanan tidak hanya menjadi tanggung jawab Kepolisian saja namun juga menjadi tanggung jawab bersama di seluruh lapisan.

"Untuk itu kita harus bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan Kondusif", ungkapnya.

Menurutnya dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga masyarakat dapat memahami dan sanggup untuk bermitra / membantu Polri dalam upaya pencegahan terjadinya gangguan kamtibmas yang ada di dilingkungan sekitarnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul) 

Scoopy vs Viar Makan Korban

Seorang warga Dusun Kunden, Kalurahan Sendangsari, Pajangan, Bantul bernama Siti Noworetno, 51, meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dengan pengendara Viar pada Sabtu (25/2/2023) pukul sekitar pukul 08.00 WIB di Jalan Raya Pajangan, Dusun Benyo, Sendangsari.  

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan kejadian bermula ketika pengendara Honda Scoopy bernomor polisi (nopol) AB4467BN yang dikendarai Siti melaju dari arah Timur atau Pandak menuju ke Barat dengan kecepatan sedang.

“Dari arah berlawanan atau dari Sedayu menuju Pandak melaju kendaraan bermotor Viar bernomor polisi AB 3866 AB yang dikendarai Sumaryono warga Plambongan, Triwidadi, Pajangan. Pengendara Viar tersebut bermaksud mendahului mobil Honda Jazz, namun karena jarak yang terlalu dekat dan tidak berhati-hati, maka menabrak pengendara Honda Scoopy,” kata Jeffry, Sabtu (25/2/2023).

Pengendara Honda Scoopy tersebut lantas terlempar ke Parit dan mengalami luka pendarahan di kepala, mulut, hidung, dan telinga. Tidak hanya itu, kaki kanan dan tangan kiri korban patah. Kejadian tersebut membuat korban tewas di tempat. Siti lantas dibawa ke RSUD Panembahan Senopati Bantul.

"Kasus ini masih dalam penanganan Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul,” ungkap Jeffry.

Polsek Bantul Amankan Misa Minggu Pagi di Gereja St. Yakobus Bantul

Personel Polsek Bantul laksanakan giat pengamanan Misa Minggu Pagi di Gereja St.Yakobus Klodran Bantul, Minggu (26/2/2023).

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi mengatakan, pengamanan tersebut rutin dilaksanakan setiap hari Minggu bertujuan memberikan rasa aman kepada warga masyarakat yang melakukan ibadah.

“Hal tersebut sebagai wujud pelayanan prima Kepolisian untuk menjamin keamanan seluruh warga masyarakat, tanpa kecuali,” katanya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Polsek Imogiri Amankan Rute Gowes Event GNFY

Polsek Imogiri mengamankan pengamanan jalur gowes di wilayah hukum Polsek Imogiri, Minggu (26/2/2022) pagi.

Pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolsek Imogiri Polres Bantul Kompol Suharno MKom, CEH, CHFI.

Kegiatan Gowes yang diselenggarakan oleh panita Event GNFY Ini dalam rangka latihan mengikuti event di Bali mendatang.

Dalam kegiatan tersebut wilayah Polsek Imogiri menjadi salah satu bagian rute yang dilewati.

Untuk kelancaran arus lalu lintas Kapolsek Imogiri menempatkan personelnya di simpang simpang akan dilewati yakni simpang Singosaren, simpang patung Jendran Sudirman (kuda), simpang Pundung serta simpang Nogosari Wukirsari.

Kegiatan gowes melewati wilayah Polsek Imogiri berjalan lancer. (Humas Polsek Imogiri)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Hadiri Pertemuan Rutin Anggota Linmas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Polsek Bantul Aipda Moh Riyadi manghadiri pertemuan rutin anggota Linmas Kalurahan Sabdodadi, Sabtu (25/2/2023) malam.

Kegiatan yang diadakan di Dusun Keyongan Lor dihadiri Lurah, Carik, Jogoboyo dan Kamituwo Kalurahan Sabdodadi.

Aipda Moh Riyadi mengatakan keberadaan Linmas sangat penting, dengan segala kontribusinya membantu dalam mendukung tugas Polri dalam upaya mewujudkan situasi wilayah yang kondusif.

Pertemuan tersebut oleh Aipda Moh Riyadi dijadikan sebagai ajang dalam upaya membangun sinergitas bersama elemen masyarakat (khususnya Anggota Linmas), menjalin Silaturrahmi serta memanfaatkannya untuk menyampaikan imbauan dan pesan-pesan kamtibmas secara langsung. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Patroli Kewilayahan, Upaya Polsek Srandakan Cegah Gangguan Kamtibmas

Dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kecamatan Srandakan yang kondusif, personel Polsek Srandakan terus melakukan upaya kegiatan patroli kewilayahan, Sabtu (25/02/2023).

Kegiatan patroli dipimpin oleh Panit Sabhara Aiptu Kus Fajar.

“Sasaran patroli adalah kantor perbankan, serta pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Srandakan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut petugas menyampaikan pesan kamtibmas kepada Satpam Bank maupun juru parkir untuk berhati-hati dan selalu waspada.

“Tujuan dilaksanakannya patroli adalah untuk menciptakan rasa aman serta untuk mencegah dan mewaspadai berbagai macam bentuk gangguan kamtibmas,” tandasnya.
 

Antisipasi Kejahatan Jalanan, Polres Bantul Gelar Blue Light Patrol

Guna mengantisipasi aksi kejahatan jalanan di wilayah Kabupaten Bantul, Polres Bantul menggelar Blue Light Patrol, Minggu (26/2/2023) dini hari.

Patroli menyasar  wilayah yang rawan terjadi kejahatan jalanan.

Kegiatan Blue Light Patrol dipimpin oleh Waka Polres Bantul Kompol Sancoko Punjung Seksono yang diawali dengan apel kesiapan di Halaman Mapolres Bantul.

Waka Polres Bantul mengatakan, Blue Light Patrol bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya pada malam hari.

“Blue light patrol memang kita fokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Dengan menyalakan lampu rotator biru pada malam hari,” terannya.

Dengan blue light patrol, imbuhnya, masyarakat diharapkan akan merasa aman saat beraktivitas maupun yang beristirahat karena kehadiran petugas keamanan.

“Kita melaksanakan patroli skala besar untuk menekan angka kejahatan di wilayah Bantul, terutama aksi kejahatan jalanan,” katanya.

Ditambahkan, kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab Polres Bantul dalam upaya meciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat Bantul. (Humas Polres Bantul)
 

Kasi Humas Polsek Imogiri Hadiri Hari Amal Bakti ke 55 MTs Negeri 3 Bantul

Kasi Humas Polsek Imogiri Polres Bantul Aiptu Eko Surahman mewakili Kapolsek menghadiri Undangan di MTs Negeri 3 Bantul Dusun Giriloyo Wukirsari Sabtu (25/2/2023).

Kegiatan berupa memperingati Hari amal bakti ke 55 MTs Negeri 3 Bantul dan wisuda tahfidz dengan mengambil tema "Pemberdayaan Madrasrah Wujudkan Prestasi Penuh Berkah”.

Hadir dalam kegiatan Bupati Bantul Bapak H. Abdul Halim Muslih, S.I, Kepala Depag Kabupaten Bantul Bapak H. Ahmad Shidqi. M.Eng, Panewu Imogiri di wakili Jawatan Kemakmuran Bapak Budi,  Kepala KAU Imogiri Much Rois Wizda, Sag.i, Danramil 10/Imogiri diwakili Serka Supandi, Lurah Kalurahan Wukirsari Bapak Susilo Hapsoro, SE, Kepala MTsn 3 Bantul Bapak Sugeng Hari, S. Pd beserta Staf dan Karyawan. Pengasuh Ponpes Alromli Bapak K.H Ahmad Zambidi serta Orang tua wali siswa-siswi MTsn 3 Bantul.
 
Hari Amal Bakti ke 55 MTsN 3 Bantul ini diawali  pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia raya  dilanjutkan mars MTsN, Gema wahyu, Penampilan wisuda, Sambutan Kepala Madrasah, Penyampaian penghargaan wisudawan tahfidz terbaik. Sambutan bupati dilanjutkan Pembagian baksos, Sambutan Kepala urusan agama Bantul serta Doa oleh KH Ahmad Zabidi.

Kegiatan selesai pukul 11.45 Wib dan berjalan lancar (Humas Polsek Imogiri)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunharjo Hadiri Pelantikan Pengurus Forum Anak Bangunharjo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunharjo, Aipda Suhanto, menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Forum Anak Bangunharjo,yang di gelar di gedung serbaguna komplek Kalurahan Bangunharjo, jl Imogiri Barat, Km 6,5, dusun Semail, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Sabtu (25/02/2023).

Usai menghadiri kegiatan tersebut Aipda Suhanto saat ditemui mengungkapkan Forum Anak Bangunharjo adalah suatu wadah bagi anak yang dibina oleh Pemerintah Bangunharjo, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah Bangunharjo dengan anak-anak di Kalurahan Bangunharjo dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Bhabinkamtibmas Bangunharjo juga menyampaikan dalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba lukis untuk anak – anak yang diikuti oleh perwakilan TK, maupun SD di wilayah Bangunharjo.

Kegiatan pelantikan dan pengukuhan pengurus Forum Anak Bangunharjo juga dihadiri oleh Panewu Sewon Hartini S.IP.MM, Lurah Bangunharjo Nurhidayat, S Ag, M SI, Babinsa Koramil 04/Sewon, dan tamu undangan. ( Humas Polsek Sewon )