Kapolres Bantul: Kami Siap Amankan Seluruh Rangkaian Pemilu Tahun 2024

Posted by Humas Polres Bantul on 15:03

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul menggelar Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024 di Stadion Sultan Agung Kabupaten Bantul, DIY, guna mengajak seluruh elemen masyarakat turut serta melakukan pengawasan tahapan pemilu.

“Allhamdulillah, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan berkumpul deitempat ini dalam acara Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK dalam sambutannya, Minggu (26/2/2023).


Ihsan menambahkan, dalam beberapa minggu ini sudah banyak kegiatan pemanasan yang dilaksanakan sempalan dari partai politik. Menurutnya, harus ada cooling system supaya situasi tetap dingin sehingga Pemilu dapat berjalan aman, damai dan tidak dalam situasi panas.

“Kami dari TNI Polri siap untuk melaksanakan mengamankan seluruh rangkaian kegiatan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bantul Harlina usai deklarasi mengatakan, deklarasi pengawasan bersama tersebut dalam rangka mengoptimalkan pengawasan partisipatif dari berbagai aspek.


Menurut dia, pengawasan bersama oleh jajaran Bawaslu dan elemen masyarakat pada Pemilu 2024 merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga demokrasi yang berkualitas dan bermartabat, sehingga pemilu nanti bisa terlaksana dengan luber (langsung, umum, bebas dan rahasia) dan jurdil (jujur dan adil).

Dia mengatakan, deklarasi pengawasan bersama ini juga merupakan suatu puncak momentum tindak lanjut satu tahun menjelang Pemilu 2024, di mana pada 14 Februari 2023 sesuai dengan Instruksi Bawaslu RI maka Bawaslu Bantul telah melakukan "Aksi Siaga Kampanye Pengawasan Bersama".

"Aksi siaga kampanye pengawasan juga dilakukan secara serentak sampai di tingkat panwaslu (panitia pengawas pemilu) kecamatan dan panwaslu desa se-Kabupaten Bantul," katanya.

Dia juga mengatakan, Bawaslu Kabupaten Bantul beberapa waktu lalu juga melakukan sosialisasi terkait "Jarimu Awasi Pemilu" yang merupakan komunitas digital pengawasan partisipatif dengan berfokus peran masyarakat pada pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Khususnya pertukaran informasi pengawasan Pemilu secara digital serta sosialisasi posko kawal hak pilih," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Bawaslu Kabupaten Bantul juga akan memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat tentang pengawasan pemilu.

"Sehingga akan tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengawasan tahapan pemilu demi menjaga kualitas dan integritas penyelenggaraan Pemilu 2024 di Bantul," katanya.

Kegiatan Deklarasi Pengawasan Bersama Pemilu Serentak Tahun 2024 yang dihadiri seluruh jajaran Bawaslu, Forkopimda Bantul, KPU Bantul, Camat, Lurah Desa APU (Antipolitik Uang) pimpinan ormas, serta masyarakat umum tersebut dimulai dengan senam bersama.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:03

0 komentar:

CB