31 March 2023

Anggota Polsek Banguntapan Bantu Evakuasi Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kapanewon Banguntapan Bantul, Kamis (30/3/2023) sore.

Peristiwa hujan deras dan angin kencang itu mengakibatkan pohon tumbang di beberapa lokasi. Di antaranya yang terjadi di wilayah Kalurahan Tamanan. Sejumlah pohon tumbang telah menutup ruas jalan raya Jalan Imogiri Timur, sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Atas kejadian itu anggota Polsek Banguntapan bertindak cepat bersama warga masyarakat dan tim BPBD mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang tersebut. Sehingga arus lalu lintas kembali lancar. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Banguntapan Gelar Jumat Curhat di Masjid Al Muhtada Kepanjen

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH bersama anggotanya melaksanakan Safari Salat Jumat di Masjid Al-Muhtada, Dusun Kepanjen, Jambidan, Banguntapan, Bantul, Jumat (31/3/2023).

Kegiatan diawali dengan melaksanakan ibadah salat Jumat.

Setelah itu dilanjutkan kegiatan Jumat Curhat yang menyampaikan hal-hal terkait kamtibmas khususnya di wilayah Kpanewon Banguntapan.

Membuka sambutannya, Kapolsek Banguntapan menyampaikan situasi kamtibmas di wilayah Kapanewon Banguntapan secara umum aman kondusif. Kendati demikian, pihaknya senantiasa mengajak warga masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan lingkungan.

Lebih lanjut, Kapolsek juga menyampaikan bahwa di Ramadhan 1444 H ini, pihaknya fokus mencegah tindak kejahatan ataupun gangguan kamtibmas lainnya.

“Kita juga mengantisipasi aksi kejahatan jalanan, tawuran dan petasan. Oleh karena itu, setiap malam kita laksanakan patroli sampai pagi. Adapun tujuannya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat di bulan puasa ini,” ujarnya.

Sementara itu, pada kegiatan Jumat Curhat tersebut juga digelar sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan para warga menyampaikan uneg-uneg atau masukan terkait kamtibmas. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Srandakan Adakan Kegiatan Jumat Curhat di Masjid Shirotol Mustaqim Dusun Gedungbule

Polsek Srandakan melaksanakan Jumat Curhat di Masjid Shirotol Mustaqim, Dusun Gedungbule, Trrimurti, Srandakan, Bantul, Jumat (31/3/2023).

Kegiatan Jumat curhat dilaksanakan setelah ibadah salat Jumat dan dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Srandakan AKP Nurgiyanta.

Pada kesempatan tersebut AKP Nurgiyanta menyampaikan pesan-pesan kamtobmas kepada pengurus takmir masjid dan para jamaah. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Kisah Sukses Juragan Bolen, Bisa Berdayakan Emak-Emak

Inspirasi usaha datang kembali dari Bhayangkari Polres Bantul. Dwi Sulis, istri dari Aipda Sulis Trianto sukses mengembangkan Gadin Bolen di rumahnya. Selain meningkatkan ekonomi keluarga, wanita tersebut juga sukses memberdayakan masyarakat sekitar sebagai karyawan.

Dwi mengatakan, usaha membuat bolen sudah ditekuninya sejak tahun 2020 lalu. Awalnya, kue khas Bandung Jawa Barat itu hanya dibuat untuk suguhan tamu dan santapan keluarga. Namun seiring waktu berjalan, Dwi pun didorong agar bolen buatannya bisa dijadikan ladang usaha lantaran memiliki rasa yang enak. Sehingga didirikanlah usaha Gading Bolen yang beralamat di Padukuhan Dukuh RT.01, Seloharjo, Pundong, Bantul, Jogjakarta.

Dalam menjalankan usaha tersebut, Dwi mengaku, selalu mengutamakan kualitas bahan dan rasa. Entah itu adonan tepung maupun pisang yang menjadi bahan utamanya. Proses pembuatan dan pengemasannya pun ia jamin sangat higienis agar yang diterima konsumen benar-benar bolen yang bermutu.

"Konsistensi produk menjadi andalan kami, dengan adanya skrining penjaminan mutu produk sebelum dikemas," ujar Dwi, Kamis (30/3).

Untuk saat ini, lanjut Dwi, produk Gading Bolen sudah dipasarkan secara online, open reseller, serta dititipkan ke pusat oleh-oleh. Namun disamping itu, produk kue pisang buatannya juga dikembangkan untuk partai besar dengan kemasan yang beragam. Seperti untuk hampers hantaran, bingkisan hajatan, atau parcel lebaran.

Dalam proses mengembangkan usahanya itu, Dwi juga ikut memberdayakan masyarakat sekitar sebagai karyawan. Tak kurang dari sepuluh ibu-ibu rumah tangga atau emak-emak yang dipekerjakan untuk membantu proses produksi hingga pengemasan bolen Gading Bolen.

"Dalam sebulan kami bisa menjual 1.000 sampai 1.500 dos Gading Bolen,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengaku, sangat mengapresiasi dan mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dikelola oleh bhayangkari. Karena selain dapat membantu perekonomian keluarga, usaha yang dikembangkan oleh istri polisi tentunya juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

"Hal ini tentu sangat berperan dalam pertumbuhan perekonomian nasional," katanya.

(Artikel ini telah tayang di Koran Radar Jogja edisi Jumat, 31 Maret 2023)
 

Knalpot Brong Hasil Sitaan Dikreasikan Jadi Monumen Kuda Lumping oleh Polres Bantul

Taman Adipura Bantul kedatangan penghuni baru. Penghuni tersebut adalah sebuah patung kuda lumping dari bahan knalpot brong hasil sitaan petugas Satlantas Polres Bantul.

Patung yang tersusun dari ratusan knalpot yang tidak standar tersebut dipajang bersebelahan dengan Tugu Adipura.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK, melalui Kasi Humas Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, patung kuda lumping berbahan knalpot brong itu di bangun sebagai sarana edukasi masyarakat.

Knalpot bising tersebut selama ini disita karena melanggar aturan dan mengganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat.

“Patung ini kami buat untuk monumen peringatan kepada masyarakat bahwasanya penggunaan knalpot brong itu dilarang,” ujarnya, Jumat (31/3/2023).

Menurutya, knalpot brong masuk dalam pelanggaran lalu lintas karena tidak memenuhi persyaratan teknis laik jalan.

Selain disita, lanjut Jeffry pemilik knalpot brong juga bisa dikenakan sanksi satu bulan penjara atau denda Rp 250 ribu. Karena itu, pembangunan patung knalpot brong diharapkan meningkatkan kesadaran pengguna jalan agar tidak melanggar aturan.

‘’Ide pembangunan patung kuda lumping berbahan knalpot brong itu muncul saat melihat banyaknya knalpot brong yang disita dari pengguna jalan,’’ ujarnya.

Konsep kuda lumping merupakan pilihan dari Kapolres Bantul. Kuda lumping dipilih karena sesuai dengan kebudayaan masyarakat Jawa yang ada di Bantul, yang masih mempertahankan kesenian kuda lumping.

“Monumen itu untuk pengingat agar terus membudaya, maka dipilihlah bentuk kuda lumping dimana kesenian yang juga kerap disebut jathilan atau jaran kepang oleh masyarakat Jawa ini, menampilkan sekelompok prajurit yang tengah menunggang kuda yang merefleksikan semangat heroisme,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Jefrry menyampaikan harapannya ke depannya, kepada semua pihak untuk menjaga dan merawat patung tersebut.

‘’Semoga patung kuda lumping ini, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bijak dan santun dalam berkendara,’’ tutupnya.
 

Adakan Safari Salat Jumat dan Jumat Curhat, Kapolsek Piyungan Berikan Imbauan Kamtibmas

Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si beserta anggotanya melaksanakan kegiatan Safari Salat Jumat dan Jumat Curhat di Masjid An Nur, Dusun Padangan, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Jumat (30/3/2023).

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan sebagai sarana menampung masukan serta keluhan dari masyarakat yang berkaitan dengan kamtibmas.

Pada kegiatan tersebut, Kapolsek Piyungan menyampaikan secara umum situasi kamtibmas di wilayah Kapanewon Piyungan aman kondusif.

Selain itu, disampaikan pula pesan-pesan kamtibmas dan pencegahan tindak kriminalitas.

Kompol Sugihartono juga meminta kepada para jamaah agar bersama-sama menjaga dan memelihara kamtibmas di lingkungan sekitarnya, sehingga diharapkan dapat tercipta situasi yang aman kondusif.

“Kami Polsek Piyungan mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir ini agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan, yang biasanya angka kriminalitas meningkat di bulan Ramadhan,” tuturnya.

“tetap waspada dan berhati-hati saat memarkirkan sepeda motor, bila perlu ditambah kunci ganda untuk mencegah aksi curanmor,” imbuh Kapolsek.

Lebih lanjut, Kapolsek meminta peran serta orangtua untuk mengingatkan putra-putrinya dalam pergaulan, agar jangan sampai menjadi korban atau bahkan menjadi pelaku tindak kriminalitas seperti kejahatan jalanan.

Dalam kegiatan itu Kapolsek juga memberikan kesempatan kepada para jamaah untuk bertanya atau menyampaikan keluhan-keluhan terkait kamtibmas. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Polsek Bantul Laksanakan Safari Salat Jumat di Masjid Al-Barokah Dusun Manding Kidul

Polsek Bantul melaksanakan kegiatan Safari Salat Jumat di Masjid Al-Barokah, Dusun Manding Kidul, Trirenggo, Bantul, Jumat (31/3/2023).

Dalam kegiatan itu Panit Binmas Polsek Bantul Ipda Zaenal Mustaqim bertindk sebagai imam dan khotib.

Dengan kehadiran Polisi ditengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi warga masyarakat, serta tercipta kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Kapolsek Srandakan dan Anggotanya Hadiri Pengajian Lintas Sektoral

Kapolsek Srandakan Kompol Sudarsono SH dan anggota mengikuti kegiatan pengajian lintas sektoral yang digelar di Pendopo Kalurahan Trimurti, Srandakan, Bantul, Jumat (31/3/2023) pagi.

Hadir di antaranya penceramah Ustadz  Drs. H.Sujadi, Panewu Srandakan, Danramil Srandakan Kapten Inf Nuryanto, Kepala KUA Srandakan, Lurah, staf dan Pamong Kalurahan, serta perwakilan instansi se Kapanewon Srandakan.

Dalam sambutannya Panewu Srandakan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimkap Srandakan dan pegawai instansi yang telah hadir pada pengajian tersebut.

Menurutnya kegiatan pengajian tersebut sebagai sarana mengeratkan tali silaturahmi lintas sektor serta untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Sementara itu, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta meraih kebahagiaan dunia dan akhirat, Ustadz Drs. H.Sujadi dalam tausyiahnya memberikan motivasi kepada para jamaah pengajian agar senantiasa memperbanyak sedekah dan sabar. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Anggota Polsek Kretek Ikuti Pengajian Bersama Bulan Ramadan

Personel Polsek Kretek mengikuti pengajian Bulan Ramadan yang diselenggarakan Kapanewon Kretek di Laguna Depok, Parangtritis, Kretek, Jumat (31/3/2023).

Hadir dalam kegiatan pengajian tersebut di antaranya Panewu Kretek, Kapolsek Kretek, Danramil Kretek, Anggota Polsek dan Koramil Kretek, Forkopimkap Kretek serta masyarakat sekitar.

Pengajian tersebut diisi oleh Ustadz Sudaryanto dengan tema ceramah meningkatkan iman dan taqwa selama bulan Ramadan dengan menambah sholat sunat.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Lakukan Pengamanan Penyaluran BLT DD

Untuk memastikan penyaluran BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) berjalan dengan aman dan tertib, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Aiptu Sugiyanto SH turut hadir dan melakukan pengamanan.

Penyaluran BLT DD kali ini dilaksanakan di Balai Kalurahan Ringinharjo, Bantul, Bantul, Kamis (30/3/2023).

Adapun dana BLT DD untuk Kalurahan Ringinharjo disalurkan kepada 40 orang KPM (Keluarga Penerima Manfaat) untuk bulan Januari – Maret 2023. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Polsek Bantul Laksanakan Patroli Dialogis dengan Sambangi Pos Kamling

Melalui kegiatan patroli dialogis dan sambang, Polsek Bantul hadir ditengah-tengah masyarakat.

Kegiatan kali ini dipimpin oleh Aiptu Rukijo yang menyambangi pos kamling di Dusun Prenggan, Palbapang, Bantul, Kamis (30/3/2023) malam.

Pada kesempatan tersebut petugas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta mengajak warga agar meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan di lingkungannya.

“Segera hubungi Kepolisian jika terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas,” imbaunya.

Dengan sambang tersebut diharapkan dapat meningkatkan sinergitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Giat Patroli Subuh, Polsek Bantul Antisipasi Dan Cegah Dini Timbulnya Korban Akibat Ledakan Petasan

Guna Ciptakan Kamtibmas yang kondusif dan berikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, agar khusu' dan dapat dengan tenang saat melaksanakan ibadah khusus pada bulan Ramadhan, Polsek Bantul gelar Patroli Subuh guna antisipasi dan cegah dini timbulnya korban akibat ledakan petasan dan aksi Balap Liar.

Patroli menyisir jalan dan Bulak Persawahan yang sepi diwilayah Kapanewon Bantul antara lain Bulak Priyan dan Jln.Ringroad Code - Manding Bantul dan tempat lain yang rawan Petasan dan aksi Balap Liar, Jum'at (31/3/2023).

Pada pelaksanaannya, petugas Patroli memantau dan mencegah agar tidak terjadi adanya ledakan2 petasan, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sehingga dapat dengan tenang melaksanakan Ibadah pada bulan suci Ramadhan.

Langkah tersebut guna mencegah agar tidak terjadi ledakan petasan sekaligus upaya cegah dini timbulnya korban akibat ledakan petasan dan aksi balap liar.

Polsek Bantul senantiasa hadir melalui langkah/tindakan preemtif/preventif dan terus berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat untuk memelihara Kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Cegah Laka Lantas, Anggota Unit Lantas Polsek Sedayu Bersihkan Tumpahan Kerikil di Ruas Jalan Jogja Wates

Anggota Unit Lantas Polsek Sedayu membersihkan tumpahan kerikil dari muatan truk yang melintas di Jalan Jogja Wates Km. 12, Argorejo, Sedayu, Bantul, Kamis (30/3/2023).

Kanit Lantas Polsek Sedayu AKP Sarijan mengatakan, tumpahan kerikil itu terjadi akibat ulah dari pengemudi truk pengankut kerikil yang kurang hati-hati dan tidak memperhatikan muatannya.

“Tentunya dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Lokasi terjadinya tumpahan kerikil merupakan jalur yang padat kendaraan, sehingga untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, anggota Unit Lantas Polsek Sedayu dengan sigap membersihkan kerikil-kerikil tersebut. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Pantau Penyaluran BLT DD

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi melaksanakan pengamanan kegiatan pencairan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) di Kalurahan Argodadi, Sedayu, Bantul, Kamis (30/3/2023).

Kegiatan tersebut merupakan pencarian BLT DD tahap I, II dan III tahun 2023 yang disalurkan kepada 72 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dari warga Argodadi.

Adapun jumlah yang diserahkan kepada masing-masing KPM yakni sebesar Rp 900 ribu.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibas Aiptu Baryadi menyampaikan agar bantuan tersebu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

30 March 2023

Polres Bantul Bagikan Bantuan Sosial kepada Warga Kurang Mampu di TPST Piyungan

Polres Bantul menggelar bakti sosial "Bantuan Kemanusiaan Dari Kapolri" berupa pembagian paket sembako kepada warga masyarakat kurang mampu di TPST Piyungan Bantul, Kamis (30/3/2023) siang.

Kegiatan ini dipimpin Kasat Binmas Polres Bantul AKP Estiqomah A.Md Kep SH M.Psi dan didampingi Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si.

Dalam bakti sosial ini, Polres Bantul menyalurkan  paket sembako kepada masyarakat yang berprofesi sebagai pemulung maupun pengepul rongsok di TPST Piyungan Bantul Yogyakarta.

“Hari ini kami memberikan bantuan dari Kapolri, diberikan kepada saudara kami yang ada di tempat TPST Piyungan Yogyakarta. Jangan dilihat barang dan harganya ya, tapi lihat niat dan tulus niat kami untuk berbagi di Bulan Ramadhan ini," tutur Kompol Sugihartono.

Sementara itu, Sokirah (57) warga Ngablak Piyungan salah satu penerima bantuan mengatakan, bantuan yang diberikan sangatlah bermanfaat bagi keluarga dan dirinya.

“Terima kasih atas bantuan dari Bapak Ibu Polisi, bantuan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami para pemulung,” ucapnnya.
 

Ciptakan Ramadan Aman Kondusif, Polsek Banguntapan Gelar Patroli Dialogis

Panit Samapta Polslek Banguntapan Ipda Agus Widhijanto memimpin patroli wilayah dialogis dengan sasaran pemilik dan anak kos / kontrakan, perumahan serta asrama Banten di wilayah Kalurahan Banguntapan Bantul, Kamis (30/03/2023) pukul 09.44 WIB.

Patroli dialogis langsung ke wilayah upaya mencegah tindak pidana pencurian di lingkungan Asrama, Kontrakan maupun perumahan, memberikan kesadaran kepada anak Asrama / kos / kontrakan maupun pemilik kos / kontrakan kesadaran Pentingnya menjaga keamanan lingkungan.

Petugas menyampaikan imbauan kepada anak kos / kontrakan lebih memperhatikan keamanan barang miliknya seperti handphone laptop sepeda motor maupun barang elektronik lainnya.

“Mari kita menjadi Polisi untuk diri sendiri dan lingkungan. Tingkatkan keamanan di bulan Ramadhan dengan menjaga barang berharga,” kata Ipda Agus Widhijanto.

Dan kepada pemilik kos / kontrakan untuk meningkatkan keamanan lingkungan dengan menambahkan pagar pengaman maupun memasang CCTV di beberapa titik strategis lingkungan kost / kontrakan.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Amankan Pendistribusian BLT DD Tahun 2023

Bhabinkamtibmas Singosaren Aipda Sutopo melaksanakan penagamanan pembagian BLT Dana Desa tahun 2023 bulan Januari - Maret 2023 di balai Kalurahan Singosaren Banguntapan Bantul, Kamis (30/3/2023) mulai pukul 10.00 WIB.

Hadir pada acara tersebut lurah Desa Singosaren H. Joko Prayitno beserta Pamong dan dan kepala dukuh Dukuh Singosaren. Pendamping dari Kapanewon Banguntapan, warga penerima BLT DD.

Pendistribusian BLT DD tahun 2023 diperuntukan untuk 26 warga Kalurahan Singosaren. Setiap warga menerima bantuan sebesar Rp. 900.000,- (sembilan ratus ribu).
Bhabinkamtibmas bersama lurah Singosaren membantu warga penerima BLT DD yang tuna netra, kemudian mengantarnya sampai rumah untuk menjaga keamanan / mencegah kerawanan gangguan tindak kejahatan.

Polsek Banguntapan Gencarkan Patroli Subuh, Cegah Tawuran Petasan dan Balap Liar di Bulan Ramadhan 1444 H

Untuk menjaga ketertiban di bulan suci Ramadhan 1444 H dari segala bentuk gangguan kamtibmas, Polsek Banguntapan, selama bulan Ramadan meningkatkan patroli subuh. Patroli dilaksanakan setiap hari. Kamis 30 Maret 2023 pukul 04.30 - 07.30 WIB.

Dalam pelaksanaannya kegiatan patroli subuh mulai dari JFO (Janti Fly Over) sampai dengan Simpang Empat Wojo. Dan dibagi menjadi 4 tim (JFO - S4 Ketandan, Ketandan - Karangturi, Karangturi-Gondowulung, Gondowulung-Wojo). Sepanjang Jalan Ringroad Selatan yang masuk wilayah Banguntapan.

Sasaran prioritas utama patroli subuh Polsek Banguntapan selama bulan Ramadhan mencegah terjadinya tawuran bermain petasan maupun balap liar. Tujuan utamanya sudah jelas untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan dan menciptakan Kamtibmas aman kondusif.

Jika menemukan sekelompok warga / anak-anak remaja yang sedang berkumpul ataupun nongkrong lakukan pemeriksaan dan himbauan Humanis untuk segera membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing. Namun jika kedapatan mengindikasi akan melakukan tawuran berikan tindakan tegas kepada mereka untuk memberi efek Jera.
 

Tindak Lanjuti Arahan Pimpinan Polri, Polres Bantul Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Kurang Mampu

Kepolisian Resor (Polres) Bantul melepas bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat kurang mampu bertempat di Mapolres Bantul, Kamis (30/3/2023).

Penyaluran bantuan sosial ini dalam rangka menindaklanjuti arahan pimpinan Polri.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK mengatakan, pada hari ini sebanyak 300 paket sembako didistribusikan ke masyarakat.

“Hari ini kami dari Polres Bantul melaksanakan bakti social, berupa pemberian bantuan social kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK, Kamis (30/3/2023).

Nantinya, lanjut Ihsan, bantuan sosial akan didistribusikan di wilayah Piyungan, tepatnya di sekitar TPST Piyungan .

Tujuan dari kegiatan ini, kata Ihsan adalah untuk meringankan beban masyarakat. dimana beberapa minggu terakhir ini terdapat kenaikan harga-harga bahan pokok penting.

“Inilah bentuk kehadiran Polri khususnya Polres Bantul di tengah-tengah masyarakat, untuk meringankan beban masyarakat di bulan puasa,” imbuhnya.

Patroli Dialogis Polsek Banguntapan Sambangi Ronda Warga

Kiat menjalin kemitraan dan komunikasi Polsek Banguntapan dengan masyarakat, Anggota Polsek Banguntapan dipimpin Panit Samapta Aiptu Agus Priyono, melakukan patroli dialogis dan sambang ke beberapa Pos Kamling di wilayah Banguntapan sebagai upaya dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, Kamis (30/3/2023) dini hari.

Patroli dialogis dilakukan dengan memberikan pesan-pesan kamtibmas secara humanis kepada masyarakat yang melaksanakan ronda.

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH memerintahkan pada anggota samapta dan Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan patroli dialogis dan menyambangi warga masyarakat dengan tujuan dapat menjalin silaturahmi untuk mempererat hubungan dan kerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat antara Polri dengan masyarakat.

Patroli dilakukan setiap hari pada jam rawan gangguan kamtibmas maupun tindak kriminalitas, dan lebih ditingkatkan lagi pada bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan kegiatan patroli ditambahkan lagi selepas subuh sampai pukul 07.30 WIB guna mencegah tawuran, petasan maupun balap liar.
 

Tingkatkan Keamanan, Patroli Polsek Banguntapan Sambangi Toko Kelontong

Salah satu tugas utama Kepolisian adalah menjaga dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat, Panit samapta Polsek Banguntapan Aiptu Agus Priyono pimpin patroli harkamtibmas wilayah Banguntapan bersama piket fungsi. Rabu (29/03/2023) pukul 23.00 WIB.

Polsek Banguntapan pada bulan Ramadhan meningkatkan patroli wilayah untuk lebih meningkatkan polisi berseragam di tengah-tengah  masyarakat, pencegahan bertemunya niat dan kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan.

Anggota Polsek Banguntapan memberikan himbauan kepada pemilik warung sembako di Wonocatur agar memperhatikan keamanan lingkungannya, tambahkan penerangan dan CCTV. pastikan terkunci dengan aman pada saat tutup toko.

Polsek Banguntapan melalui Babinkamtibmas dan piket fungsi, selalu melaksanakan patroli menghimbau untuk selalu mengingatkan kepedulian menjaga keamanan lingkungan. Kesadaran warga masyarakat peduli menjaga keamanan lingkungan dan barang berharga miliknya dapat menekan tindak kejahatan untuk itu mengajak kerja samanya mewujudkan Banguntapan aman dan kondusif.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jagalan Tarawih Keliling Bersama Lurah dan Pamong

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jagalan Aiptu Muhammad Syarifudin, melaksanakan safari tarawih di Masjid At Tauhid Citran Jagalan Banguntapan Bantul, Rabu tanggal 29 Maret pukul  19.00 WIB.

Hadir bersama melaksanakan tarawih keliling Lurah Jagalan Drs. Kaharudin Noor beserta pamong kalurahan Jagalan.

Maksud dan tujuan pemerintah Kalurahan Jagalan melaksanakan tarawih keliling untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan juga menjalin silaturahmi serta kedekatan Lurah bersama pamongnya dan warga binaan Bhabinkamtibmas.

Selesai Shalat Isya dan tarawih berjamaah dilanjutkan ramah tamah Bhabinkamtibmas, Lurah dan Pamong Jagalan. Pada kesempatan tersebut Lurah mengajak semua warga meningkatkan keimanan dan ketakwaan, Bulan ramadhan merupakan momentum untuk memperbaiki diri dalam semua hal. Menyampaikan program kerja pembangunan kalurahan Jagalan untuk kemajuan dan kemakmuran Jagalan.

Bhabinkamtibmas menambahkan Upaya kepolisian dalam menjaga dan menciptakan kamtibmas aman ayem tertib, meningkatkan patroli untuk mencegah tindak kriminalitas maupun gangguan kamtibmas. Pada Bulan ramadhan kami menghimbau kepada orang tua lebih peduli keberadaan putra-putri remajanya, cek keberadaan jangan dibiarkan keluar rumah tanpa tujuan yang jelas.

Menyampaikan kebijakan Kapolres Bantul bahwa akan menindak tegas jika kedapatan bermain petasan ataupun melakukan tawuran, maka dari itu kami menghimbau untuk kerjasamanya menjaga putra-putrinya. Mari Ciptakan Ramadhan yang penuh keberkahan dan ladang pahala.

Patroli Sore, Polsek Bantul Amankan Giat Ngabuburit Warga Masyarakat di Pasar Bantul

Selama bulan Ramadhan Kepolisian Sektor Bantul menggiatkan patroli pada jam-jam rawan, misalnya saat menjelang berbuka puasa, shalat Tarawih dan pagi hari menjelang fajar, guna mempertahankan kamtibmas agar tetap kondusif.

Untuk itu seperti biasa Polsek Bantul menggiatkan patroli sore menjelang buka puasa dipusat perbelanjaan Pasar Bantul dan sekitarnya, Rabu (29/3/2023) sore hari.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan juga sebagai wujud pelayanan Polri kepada masyarakat dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman khususnya selama bulan Ramadhan.

Dengan santun 3S (Senyum, Sapa Salam), Anggota Polsek Bantul menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di keramaian untuk tetap waspada dengan barang bawaannya.

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP mengatakan, bahwa giat patroli ini rutin dilaksanakan saat jam-jam rawan. Khusus di bulan Ramadhan ini Petugas laksanakan giat Patroli sore menjelang buka (ngabuburit). Semua ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Polri terhadap keamanan masyarakat, agar masyarakat merasa aman dan tenang dalam menjalankan ibadah dibulan Ramadhan. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Ini Yang Di Sampaikan Aipda Wawan, Saat Kultum Tarawih di Masjid Baitul Nur

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi, melaksanakan pengamanan sekaligus sholat tarawih di masjid Baitul Nur  bersama warga di Kalaiputih, Kalurahan Pendowoharjo Kapanewon Sewon kabupaten Bantul. Rabu (29/03/2023) malam.

"Dengan melaksanakan sholat tarawih berjamaah bersama warga masyarakat di wilayah binaan, Polri selaku pelayan pelindung dan pengayom masyakat akan selalu berada dimana saja baik di keramaian, tempat pertemuan dan tempat tempat ibadah," ungkap Aipda Wawan.

Kegiatan sholat tarawih berjamaah tersebut juga untuk meningkatkan tali silaturahmi antara Bhabinkamtibmas dan masyarakat sehingga tercipta suatu hubungan yang positif untuk bersama sama menjaga situasi kamtibmas, lanjut Bhabinkamtibmas Pendowoharjo.

Dalam kultum nya, Bhabinkamtibmas bertitip pesan kepada warga agar selalu menjaga keamanan lingkungan. Sehingga, pelaku kejahatan bisa dicegah.

“Mari kita bersama sama untuk menjaga ciptakan Situasi Kamtibmas di wilayah kita, agar tetap aman kondusif, ini adalah menjadi tanggung jawab kita semua,” ajak Aipda Wawan Giyarto. (Humas Polsek Sewon)
 

Polsek Bantul Giat Safari Salat Taraweh Bersama Warga Masyarakat Dusun Serayu

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP bersama anggota dan warga masyarakat melaksanakan giat safari Ramadhan, yakni jamaah Shalat Isya dan Tarawih di Masjid Al Ikhlas Dusun Serayu Kalurahan Bantul, Rabu (29/3/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, usai Salat Tarawih, Kompol Wahyu Sudadi, SH MAP mengisi Kultum (Dakwah Kamtibmas) dan kepada Jamaah menyampaikan pesan, himbauan serta mengajak untuk ikut berperan aktif dalam Harkamtibmas, terutama sebagai upaya mengantisipasi tindak kejahatan jalanan. Kompol Wahyu  juga berpesan kepada para orang tua untuk tingkatkan pengawasan, memantau keberadaan terhadap putra-putrinya agar tidak keluar terutama pada malam hari.

"Sebaiknya upaya ini harus dilakukan agar putra-putrinya tidak menjadi korban ataupun pelaku tindak kejahatan tersebut yang bisa menyeret ke ranah hukum," tambahnya.

"Kemudian, dalam bulan suci Ramadhan ini, untuk mengisi waktu luang hendaknya anak-anak diberikan giat yang positif, agar tidak ada kesempatan melakukan hal-hal yang bisa merugikan diri, keluarga dan masyarakat luas," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Laksanakan Tarawih Keliling di Masjid Baiturahman

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH  menghadiri kegiatan Tarawih Keliling di Masjid  Baiturahman Jomegatan  Ngestiharjo Kasihan Bantul, Rabu  (29/3/2023).

Hadir di antaranya Lurah Desa Ngestiharjo, Pamong desa Ngestiharjo, Takmir Masjid dan Jamaah Sholat Tarawih

Safari tarawih diawali salat isya dan salat tarawih berjamaah. Setelah itu, dilanjutkan ramah tamah Bhabinkamtibmas desa Ngestiharjo dan pemerintah desa Ngestiharjo bersama takmir dan  jamaah tarawih Masjid  Baiturahman Jomegatan.

Adapun kegiatan safari tarawih merupakan wahana membangun komunikasi antara warga masyarakat dengan pemerintah, bersilaturahmi dan menyapa langsung masyarakat.
 

Jalin Kedekatan Bersama Tokoh Agama, Kapolsek Bantul Bersilaturrahmi Dengan KH.Saebani

Kapolsek Bantul Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP melaksanakan sambang Kamtibmas kepada Tokoh Agama Bpk.KH.Saebani di kediamannya, Dusun Gandekan Rt.07 Bantul, Rabu (29/3/2023).

Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP mengatakan, bahwa Silaturrahmi Kamtibmas tersebut, merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menjalin kedekatan dan meningkatkan sinergitas bersama Tokoh, baik Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda dan seluruh elemen masyarakat.

Giat sambang kepada masyarakat sangat efektif, karena dalam misi dan penyampaian pesan, bisa langsung diterima oleh masyarakat.

"Kehadiran Polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, berkunjung dan silaturrahmi, langsung menyapa warga yang ditemui dan berdialog leluasa, menjadikan Polri lebih dekat dengan masyarakat," tambahnya.

"Melalui giat sambang, diharapkan Polisi mampu menjalin lebih dekat hubungan silaturrahmi bersama warga dan melalui kebersamaan, kedepan akan terwujud kamtibmas yang kondusif," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Sedayu Laksanakan Patroli

Unit Samapta Polsek Sedayu melaksanakan patroli siang hari, menyambangi pemukiman dan perumahan di wilayah Sedayu, Bantul, Rabu (29/3/2023).

Selain menyambangi perumahan dan pemukiman penduduk, petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat.

Kegiatan patroli tersebut untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, seperti curat, curas dan curanmor serta kejahatan jalanan.

Diharapkan, dengan melakukan patroli secara rutin dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat di wilayah Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)  
 

Polsek Sedayu Pengamanan Salat Tarawih di Masjid Al Ikhlas Dusun Karanglo

Agar para Jamaah shalat Tarawih lebih Khusyu dalam melaksanakan ibadahnya, dan pastikan situasi aman dan kondusif, personel Polsek Sedayu melaksanakan patroli dan pengamanan di Masjid Al Ikhlas Dusun Karanglo, Sedayu, Bantul, Rabu (29/03/2023).

Pengamanan ini dimaksudkan untuk memastikan situasi Kamtibmas yang kondusif saat masyarakat sedang melaksanakan ibadah shalat tarawih sehingga dapat berjalan dengan lancar dan aman tanpa adanya gangguan Kamtibmas.

Sementara itu, Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S. Pd. I., MM menjelaskan bahwa pengamanan ibadah salat tarawih menjadi prioritas kami untuk memberikan rasa nyaman dan memastikan kelancaran bagi umat muslim dalam menjalankan ibadahnya selama bulan Ramadhan saat ini. (Humas Polsek Sedayu)  
 

29 March 2023

Kapolri Mutasi Ratusan Personel Polri, 7 Kapolda Alami Pergantian

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran terhadap ratusan perwira baik pati hingga pamen di lingkungan Polri. Tercatat, ada 473 personel yang dimutasi dan dirotasi jabatannya.

Keputusan mutasi itu tertuang dalam 4 surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/712/III/Kep./2023, ST/713/III/Kep./2023, ST/714/III/Kep./2023 dan ST/715/III/Kep./2023. Semuanya tertanggal 27 Maret 2023 dan ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan perihal mutasi dan rotasi yang dilakukan Kapolri. Menurutnya, mutasi dan rotasi jabatan adalah hal yang biasa dalam organisasi Polri.

"Jadi pada hari ini Pak Kapolri mengeluarkan 4 TR mutasi. Dari TR mutasi tersebut, jumlah keseluruhan yang mengalami rotasi dan mutasi ada 473 personel," kata Dedi, Rabu (29/3/2023).

Dari ratusan personel yang dimutasi, 7 Kapolda mengalami pergantian. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mendapatkan promosi jabatan menjadi Kabaharkam Polri. Ia menggantikan Komjen Arief Sulistyanto yang memasuki pensiun.

Pengganti Irjen Fadil menjadi Kapolda Metro Jaya yakni Irjen Karyoto yang sebelumnya menjadi Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kemudian Kapolda Jawa Barat akan dijabat oleh Irjen Pol Akhmad Wiyagus. Irjen Akhmad akan menggantikan Irjen Pol Suntana yang memasuki purnatugas.

Lalu Kapolda Lampung yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Akhmad Wiyagus akan digantikan oleh Irjen Pol Helmy Santika. Posisi Helmy Santika yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Gorontalo akan diisi Irjen Pol Angesta Romano Yoyol.

Lalu, Kapolda Kalimantan Barat akan dipimpin oleh Brigjen Pol Pipit Rismanto. Dilanjutkan dengan posisi Kapolda Sulawesi Selatan yang sebelumnya dijabat Irjen Nana Sudjana akan berganti ke Irjen Pol Setyo Boedi Moemponi Harso.

Ada Kapolda Sulawesi Tengah yang akan dijabat Irjen Pol Agus Nugroho. Irjen Agus menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi yang dimutasi sebagai Pati Lemdiklat Polri.

Selain mutasi Kapolda, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar juga dimutasi sebagai pati Densus 88 Antiteror Polri. Komjen Boy memasuki masa pensiun.

Jenderal bintang tiga lainnya yang mengalami mutasi dan rotasi adalah Komjen Rycko Amelza Dahniel dimutasi sebagai pati Densus 88 Antiteror Polri. Jabatan sebelumnya Komjen Rycko yaitu Kelemdiklat Polri akan diisi oleh Komjen Purwadi Arianto.

Selama Bulan Ramadhan 1444 H, Polsek Imogiri Gelar Patroli Subuh

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno M.Kom CEH CHFI memimpin langsung kegiatan patroli subuh di wilayah Kapanewon Imogiri, Bantul, Rabu (29/3/2023).

Patroli subuh di bulan Ramadhan ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi petasan maupun balapan liar dan lainnya.

Kegiatan patroli menyasar di kawasan Jalan Bulak Sawah Karangtengah, Jalan Bendung Tegal Kebonagung, Jalan Bulak Sawah Dusun Dukuh dan Lapangan Kalurahan Wukirsari. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Patroli Polsek Banguntapan Berikan Imbauan Pelajar Jaga Ketertiban di Bulan Ramadan

Upaya menciptakan bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan, kedamaian, ketentraman, Unit Samapta Polsek Banguntapan giatkan patroli wilayah sambang tempat rawan gangguan kamtibmas.

Rabu tanggal 29 Maret 2023 pukul 09.45 WIB, patroli dipimpin panit Samapta Ipda Agus Widhijanto menyambangi perumahan perumahan di wilayah Banguntapan.

Saat patroli melintas di daerah Janti Banguntapan menemukan adanya sekelompok remaja yang sedang berkumpul, kemudian mendatangi dengan humanis dan berdialog dengan para pelajar untuk segera pulang ke rumah masing-masing.

Memberikan nasehat untuk menjaga situasi Kamtibmas wilayah Banguntapan dan Yogyakarta selama bulan Ramadan aman tertib kondusif, Jangan lakukan aksi tawuran maupun petasan maupun balap liar. Beresiko dan dapat menimbulkan bahaya untuk diri sendiri dan orang lain serta ada konsekuensi hukumnya.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Berikan Pembinaan Terhadap Pelajar Yang Kedapatan Bolos Sekolah

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji memberikan pembinaan terhadap pelajar yang kedapatan bolos sekolah, Rabu (29/3/2023).

Di saat berpatroli, Bhabinkamtibmas Bripka Eko Rustamaji mendapati para pelajar yang bolos sekolah.

Kemudian para pelajar yang kedapatan membolos tersebut dilakukan pembinaan, serta diberikan pemahaman akan pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Hadiri Safari Tarawih di Masjid Tambak

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Bripka Budi S SH menghadiri kegiatan Safari Tarawih Kalurahan Ngestiharjo di Masjid Tambak, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Selasa  (28/3/2023).

Hadir di antaranya Lurah Ngestiharjo, Pamong, Babinsa Ngestiharjo, Pengurus Takmir Masjid Tambak dan para jamaah.

Safari tarawih diawali salat isya dan salat tarawih berjamaah. Kemudian dilanjutkan ramah tamah bersama Lurah Ngestiharjo.

Adapun kegiatan safari tarawih merupakan wahana membangun komunikasi antara warga masyarakat dengan pemerintah, bersilaturahmi dan menyapa langsung masyarakat. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Patroli Polsek Bantul Sambangi Sekolahan

Anggota Polsek Bantul yang dipimpin Kanit Samapta AKP Sudiasih melaksanakan patroli dan sambang ke sekolahan yakni di SMA Muhammadiyah 1 Bantul, Selasa (28/3/2023).

Kegiatan patroli dan sambang sekolahan saat jam istirahat siswa adalah upaya untuk menciptakan situasi kamtibmas di lingkungan sekolahan agar tetap aman dan kondusif.

Dalam kegiatan itu petugas patroli juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada Satpam sekolahan agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan atau gangguan kamtbmas lainnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Sambangi Warga Petani

Kehadiran anggota Polri khususnya Bhabinkamtibmas melalui kegiatan patroli dan sambang dialogis ditengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat dirasakan dan mampu memberikan rasa aman bagi warga masyarakat.

Selain memberikan rasa aman, upaya tersebut bertujuan untuk meningkatkan sinergitas, menjalin silaturahmi, serta meningkatkan sadar kamtibmas bagi warga masyarakat.

Pada patroli kali ini, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aipda Moh Riyadi menyambangi kelompok petani di Bulak Sawah Dusun Kadibeso, Sabdodadi, Bantul, Selasa (28/3/2023).

Bhabinkamtibmas Aipda Moh Riyadi berbincang dan bertukar informasi serta menampung keluh kesah warga masyarakat.

Pada kesempatan itu pula, Bhabinkamtibmas Aipda Moh Riyadi menyampaikan imbauan serta pesan-pesan kamtibmas kepada warga petani. Antara lain, agar memarkir kendaraannya di tempat yang aman dan pastikan dalam keadaan dikunci.

Apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Aipda Moh Riyadi tersebut adalah untuk mewujudkan kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Hormati Ramadan, Kapolres Bantul Imbau Warga Tak Bermain Petasan

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK, mengimbau kepada masyarakat untuk menghormati bulan Ramadan. Salah satunya dengan tidak bermain petasan.

Sebagaimana diketahui, ledakan bubuk mercon alias bahan petasan terjadi di Dusun Junjungan, Desa Giriwarno, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, pada Minggu (26/3/2023), yang menyebabkan satu korban meninggal dunia dalam kejadian itu.

Selain mengakibatkan seorang meninggal dunia, ledakan di Magelang tersebut juga mengakibatkan dua orang mengalami luka-luka dan tiga orang menderita sesak napas.

Di samping itu, sedikitnya 11 rumah di sekitar tempat kejadian perkara mengalami kerusakan.

“Kami mengimbau masyarakat dalam menghormati bulan Ramadan tidak usah pakai petasan biar tertib dan ayem,” kata Kapolres Bantul melalui Kasi Humas Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Rabu (29/3/2023).

Jeffry menyampaikan ancaman penggunaan bahan peledak tergolong berat. Hal itu sesuai dengan Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

“Barang siapa dengan sengaja memasukkan ke Indonesia, yang menggunakan, membawa, menyimpan, dan yang membuat terkait dengan bahan peledak ancamannya hukuman mati, seumur hidup, dan maksimal 20 tahun. Jadi tolong masyarakat untuk tahu tentang undang-undang tersebut,” katanya.

Berbagai upaya telah dilakukan Polres Bantul guna mencegah warga bermain petasan.

Salah satunya dengan melaksanakan patroli setelah Subuh dibeberapa lokasi, seperti JJLS dan beberapa lokasi yang disinyalir biasa digunakan untuk menyalakan petasan.

“Bapak Kapolres telah memerintahkan anggota untuk melakukan patroli setiap pagi hari di JJLS. Polsek Jajaran juga diperintahkan untuk melakukan hal sama di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Dari razia yang digelar, Polres Bantul berhasil menyita ratusan buah petasan yang akan dinyalakan.

“Menjelang Lebaran ini, kami betul-betul mengimbau masyarakat untuk tidak main-main dengan kembang api atau petasan karena berbahaya dan ancamannya berat,” pungkasnya.

Selama Bulan Ramadhan, Personel Polres Bantul Tadarusan Setiap Pagi

Setelah kegiatan apel pagi, personel Polres Bantul yang bergama Islam melaksankan tadarus Al-Quran di Masjid Baitun Nikmah Polres Bantul, Rabu (29/3/2023).

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan, tadarusan dilaksanakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terutama di bulan suci Ramadhan 1444 H.

"Selama menjalankan ibadah puasa tentunya harus kita isi dengan kegiatan yang positif, yang bernilai ibadah," ujarnya.

Kapolres juga berharap, selama bulan puasa ini anggota Polres Bantul agar bisa menuntaskan 30 juz.

“Selain itu, kegiatan tadarus yang bakal digelar setiap hari, sekaligus sebagai bentuk tholabul ilmi guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita," imbuhnya.

Kemudian setelah tadarusan, Kapolres meminta jajarannya kembali hadir di tengah masyarakat, antisipasi kriminalitas dan gangguan kamtibmas lainnya. (Humas Polres Bantul)

Ribuan Paket Sembako dari Kapolri Disebar ke Masyarakat di Slum Area Jaksel

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus melakukan kegiatan pembagian bantuan sosial (bansos) dari Kapolri ke masyarakat. Pembagian bansos kali ini dilakukan di wilayah Jakarta Selatan, Rabu (29/3/2023).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, pada hari ini sebanyak 2 ribu paket sembako dibagikan ke seluruh jajaran Polres Jakarta Selatan, yang nantinya didistribusikan ke masyarakat.

"Nanti didistribusikan lagi sesuai dari arahan pak Kapolres kepada seluruh Polsek dan nanti langsung diserahkan ke slum area artinya kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan," ujar Dedi di Mapolres Jakarta Selatan.

Dedi menuturkan, pendistribusian bansos dan paket sembako ini merupakan perintah dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Beberapa tempat sudah didistribusikan bansos dari Kapolri seperti di wilayah Polda Metro Jaya ada 7.500 paket sembako dibagikan. Kemudian di Jawa Timur ada 50 ton diserahkan ke masyarakat dan kaum disabilitas. Lalu di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga dibagikan 5 ribu paket sembako.

"Pak Kapolri juga komitmen bahwa kami diperintahkan setiap saat mendistribusikan bantuan sosial kepada masyarakat khususnya di bulan Ramadan," ujarnya.

Dedi pun berharap semoga bantuan sembako dari Kapolri minimal bisa meringankan beban masyarakat. "Bantuan ini akan terus dilakukan. Para Kapolda dan Kapolres diminta Kapolri juga mendistribusikan bantuan sosial terutama di bulan ramadan," katanya.

Sementara itu, salah seorang warga yang menerima bansos bernama Dedi menyampaikan terima kasihnya kepada Polri dan khususnya kepada Kapolri. Menurutnya, bansos yang diberikan sangat membantu.

"Ini sangat membantu sekali untuk masyarakat. Apalagi pada saat bulan ramadan semuanya (bahan pokok) pada naik. Jadi ini bermanfaat sekali," katanya.

Warga Jagakarsa Jakarta Selatan ini pun berharap bansos yang diberikan Polri terus berlanjut, bahkan hingga hari raya Idul Fitri nanti. "Jadi kita harapkan kelanjutannya ada menjelang Idul Fitri. Mudah-mudahan Kepolisian Republik Indonesia jaya selalu," katanya.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtosari Sambangi Budidaya Tanaman Porang di Dusun Pangkah

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtosari Aipda Sigit menyambangi budidaya tanaman porang di Dusun Pangkah, Tirtosari, Kretek, Bantul, Rabu (28/3/2023).

Menurutnya tanaman porang ini selain penanamannya mudah, juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi terutama untuk diekspor ke luar negeri, salah satunya ke negara Korea Selatan.

Selama dua tahun ini Bhabinkamtibmas Aipda Sigit terus membina dan mendorong masyarakat untuk membudidayakan tanaman porang. Adapun tujuannya agar perekenomian masyarakat meningkat dan lebih sejahtera. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

Asyik, Polisi Bagi-bagi Takjil untuk Pengguna Jalan

Kepolisian Resor (Polres) Bantul membagikan takjil untuk berbuka puasa bagi pengguna jalan yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Bantul, Selasa (29/3/2023) petang.

Dalam kegiatan yang dipimpin Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK itu juga diisi dengan sosialisasi keselamatan berkendara.

Kapolres Bantul mengatakan pembagian takjil bertujuan untuk meningkatkan semangat saling berbagai kepada sesama serta mengharapkan keberkahan di bulan Ramadhan.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, Polres Bantul menyiapkan sekitar 200 paket takjil yang tidak hanya dibagikan kepada pengendara kendaraan bermotor, juga tukang becak maupun pekerja di sekitar lokasi.

Lebih lanjut, dia mengatakan selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, pihaknya juga meningkatkan kegiatan patroli terutama dalam rangka penindakan terhadap aksi kejahatan jalanan, perang sarung maupun petasan.

Menurut dia, kegiatan patroli untuk mengantisipasi kejadian tersebut dilakukan setiap malam pada pukul 22.00 WIB hingga 07.00 WIB.

"Harapan kami masyarakat Bantul dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyu," tegasnya.

Kapolsek Sedayu Hadiri Safari Tarawih di Masjid Al Ikhlas Dusun Tonalan

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S.Pd I MM didampingi Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari menghadiri kegiatan Safari Tarawih Forkopimda Kabupaten Bantul di Masjid Al Ikhlas, Dusun Tonalan, Argosari, Sedayu, Bantul, Selasa (28/3/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo SE, Sekretaris Dinas Kebudayaan Bantul Fauzan Arifin, Badan Kesbangpol Bantul Ambar Sutadi, Panewu Sedayu Anton Yulianto, Danramil Sedayu Kapten Chb Reja Mulya dan Lurah.

Kegiatan tersebut bukan sekedar rutinitas semata, namun sebagai bentuk kedekatan dengan warga masyarakat untuk meningkatkan sinergitas antar kompenen daerah, sehingga akan tercipta kebersamaan dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Tingkatkan Iman dan Taqwa di Bulan Ramadhan, Polsek Sedayu Gelar Pengajian

Jajaran personel Polsek Sedayu melaksanakan pengajian di Aula Polsek Sedayu, Selasa (28/3/2023).

Kegiatan pengajian tersebut dipimpin oleh Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S.Pd I MM. Pengajian diawali dengan pembacaan Surat Yasiin dan tahlil.

Dalam pengajian tersebut menghadirkan penceramah Habib Zaky Assegaf dari Wonogiri dan Habib Muhammad Assegaf dari Kulonprogo.

Kapolsek Sedayu menjelaskan, pengajian ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di bulan Ramadhan 1444 H. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

28 March 2023

Kapolsek Banguntapan Hadiri Safari Tarawih Forkopimda Kabupaten Bantul di Singosaren

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH menghadiri kegiatan Safari Tarawih Forkopimda Kabupaten Bantul di Masjid Al Ikhsan Singosaren Banguntapan Bantul, Senin (27/3/2023).

Kegiatan safari tarawih tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo.

Hadir di antaranya Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa, Danramil Kapten CHB Hermanto, Lurah Singosaren H. Joko Prayitno beserta Pamong, Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aipda Sutopo dan Babinsa Koptik Budi Cahyono.

Safari tarawih diawali salat isya dan salat tarawih berjamaah. Setelah itu, dilanjutkan ramah tamah bersama Wakil Bupati dan jamaah.

Adapun kegiatan safari tarawih merupakan wahana membangun komunikasi antara warga masyarakat dengan pemerintah, bersilaturahmi dan menyapa langsung masyarakat.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Bantul juga memberikan bantuan untuk Masjid Al Ikhsan Singosaren. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Tabrak Truk, Warga Gunungkidul Meninggal Dunia

Seorang pria pengendara sepeda motor warga Ngalang-Ngalangsari, Plajan, Saptosari, Gunungkidul, Budi Santoso (44) meninggal usai terlibat kecelakaan lalulintas di Jalan Parangtritis Km. 5,6 Simpang Tiga Sangkal, Tarudan, Bangunharjo, Sewon Bantul, Senin (27/03) malam.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul Iptu Reni Juliani menjelaskan peristiwa tragis itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Berawal saat sebuah truk nomor polisi AB 8719 AT, yang disopiri oleh Priyo Atmojo (41) warga Wojo, Bangunharjo, Sewon Bantul, melaju dari arah selatan ke utara.

Sampai di tempat kejadian perkara (TKP), truk bermaksud belok ke kiri. Namun nahas disaat bersamaan, melaju dari arah utara ke selatan sepeda motor Suzuki Satria Fu nomor polisi AB 6552 WW dengan kecepatan sedang, yang dikendarai oleh Budi Santoso.

Karena jarak sudah dekat, Budi tak bisa menghindar sampai akhirnya menabrak bodi truk samping kiri. Hal ini mengakibatkan Budi mengalami cidera kepala berat dan sempat dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati Bantul, namun nyawanya tak tertolong.

“Korban (Budi Santoso) meninggal, menderita luka serius di kepalanya," ujar Reni, yang memimpin langsung olah TKP kecelakaan lalu lintas tersebut, Senin malam.

Kejadian ini masih diselidiki oleh Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul. Pihaknya masih meminta keterangan sejumlah saksi, menganalisis kamera CCTV dan juga sopir truk. Sementara truk dan sepeda motor korban yang mengalami rusak ringsek pada bagian bodi depan ini diamankan sebagai barang bukti.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Amankan Penyaluran BLT DD

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo melaksanakan pengamanan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Sumber Dana Desa (BLT DD).

Pembagian BLT DD ini merupakan tahap  Januari sd Maret Tahun Anggaran 2023 bertempat di Balai Kalurahan Poncosari, Selasa (28/3/2023).

Adapun warga penerima BLT DD Kelurahan Poncosari berjumlah 77 KK.

Setiap KK menerima uang tunai Rp. 300.000.- X 3 bulan sehingga total diterimakan Rp. 900.000,-. (Humas Polsek Srandakan)
 

Giat Patroli Siang, Polsek Bantul Sambangi Tempat Ibadah

Polsek Bantul menggelar patroli dengan sasaran sejumlah tempat ibadah di wilayah Kapanewon Bantul, Bantul, Senin (27/3/2023) siang.

Kegiatan patroli dipimpin Aiptu Sudarko, di antaranya menyambangi Masjid Agung Manunggal Bantul, Masjid Gede Bejen, Masjid Al-Aman Bantulwarung dan Gereja St.Yakobus Klodran Bantul.

Disamping menyambangi tempat-tempat ibadah, petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat.

“Dengan kegiatan patroli ini diharapakan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam setiap aktivitasnya,” ujar Aiptu Sudarko. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)