30 April 2023

Cegah Laka Laut, Petugas Imbau Wisatawan Pantai Baru Tidak Mandi di Laut

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo bersama anggota Pos Polair Kuwaru dan SAR Satlinmas Pantai Baru melaksanakan objek wisata Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Bantul, Minggu (30/4/2023).

Keberadaan petugas tersebut untuk memberikan rasa aman terhadap para wisatawan yang berkunjung di objek wisata Pantai Baru.

Dalam pengamanan tersebut petugas juga memberikan imbauan kepada para pengunjung supaya tidak mandi di laut.

“Kita berikan imbauan kepada para wisatawan untuk tidak mandi di laut, sebab sangat membahayakan bagi keselamatan wisatawan itu sendiri. Sudah banyak contoh kejadian wisatawan yang terseret ombak pantai selatan, yang tanpa disadari karena wisatawan tidak mengindahkan larangan mandi di laut ataupun imbauan dari petugas," kata Aipda Ali Murtopo. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Anggota Polsek Srandakan bersama TNI dan Tim SAR Lakukan Pengamanan di Obyek Wisata Pantai Pandansimo

Anggota Polsek Srandakan bersama TNI dan Tim SAR melaksanakan pengamanan obyek wisata, di TPR Pantai Pandansimo, Poncosari, Srandakan, Bantul, Minggu (30/4/2023).

Di TPR tersebut, petugas juga memberikan imbauan kepada wisatawan agar memarkir kendaraannya di tempat yang aman dan selalu waspada serta menjaga barang bawaan.

Para wisatawan juga diimbau supaya tidak mandi di laut, hal ini demi keselamatan wisatawan itu sendiri.

Kapolsek Srandakan Kompol Sudarsono SH mengatakan, pengamanan dilakukan oleh petugas gabungan dari Polsek Srandakan dan Koramil Srandakan serta Tim SAR untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung di obyek wisata Pantai Pandansimo selama libur Lebaran 2023.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk sinergitas dalam menjaga kamtibmas di wilayah Kapanewon Srandakan agar tetap kondusif,” tandasnya. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Segoroyoso bersama Babinsa Laksanakan Sambang ke Tokoh Masyarakat

Bhabinkamtibmas Kalurahan Segoroyoso Aipda Nurhadiyanto bersama Babinsa Sertu Budi Sarmanto melaksanakan sambang ke tokoh masyarakat di wilayah tugasnya, Kalurahan Segoroyoso, Pleret, Bantul, Minggu (30/4/2023).

Tokoh masyarakat yang disambangi yaitu Muhammad Bangun dan Samsudin. Keduanya merupakan Dukuh Dahromo II dan Dukuh Karanggayam.

Kegiatan sambang yang dilakukan Bhabinkamtibmas dan Babinsa tersebut selain mempererat silaturahmi, juga bertujuan menyampaikan pesan Kamtibmas.

“Saya mengharap dukungan dari tokoh masyarakat khususnya dan seluruh elemen masyarakat umumnya, kita bersama-sama memberikan ketenangan dan kedamaian ditengah masyarakat,” ujar Aipda Nurhadiyanto.

Sementara itu, Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani S.I.Kom MM menjelaskan bahwa pengemban fungsi Bhabinkamtibmas adalah untuk menggalang seluruh lapisan masyarakat guna wujudkan situasi kamtibmas yang tentram dan damai.

“Dengan sambang kunjung dan silaturahmi diharapkan dapat mencegah berbagai macam gangguan kamtibmas. Disamping itu bisa meningkatkan hubungan tali silaturahmi di antara warga masyarakat, serta wujud sinergitas antara Bhabinkamtibmas dan Babinsa," tandasnya.

Panit Binmas Polsek Srandakan Hadiri Pengajian dan Syawalan di Balai Kalurahan Poncosari

Kapolsek Srandakan yang diwakili Panit Binmas Aiptu Yus Ediyanto menghadiri pengajian dan syawalan di Balai Kalurahan Poncosari, Srandakan, Bantul, Jumat (28/4/2023).

Acara tersebut sekaligus dalam rangka Mangayubagyo Tindak Haji bagi para calon jamaah haji Kapanewon Srandakan tahun 2023.

Dalam acara tersebut sebagai pembicara yaitu Ustadz KH. Fachrudin S.Ag dari Bantul dan dihadiri ratusan jamaah. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Polsek Kasihan Amankan Kirab Tebu Manten Pabrik Gula Madukismo

Personel Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan kirab Tebu Manten Pabrik Gula Madukismo, Sabtu (29/4/2023).

Kirab tersebut sebagai tanda dimulainya giling dan suling tebu di Pabrik Gula Madukismo, Kasihan, Bantul.

Rute kirab Tebu Manten dimulia start dari Gedung Maducandya, kemudian berjalan mengelilingi Pabrik Madukismo dan finish di Pabrik Madukismo. Adapun peserta kirab antara lain pasukan bregodo, drum band, jatilan, petani dan lainnya.

Setelah itu, dilakukan prosesi ritual serta memanjatkan doa agar selama proses giling tebu berjalan lancar dan sukses.

Kegiatan kirab Tebu Manten berjalan aman dan lancar, serta disaksikan oleh warga masyarakat sekitar. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Patroli Polsek Kasihan Sambang Pos Ronda

Anggota Polsek Kasihan melaksanakan sambang kamling ke pos ronda yang ada di wilayah Kalurahan Ngestiharjo, Minggu (30/04/2023) dini hari.

Kegiatan tersebut dilakukan guna menumbuhkan kesadaran warga desa tentang pentingnya pelaksanaan siskamling.

Panit Samapta Aiptu Sumarna tidak lupa menyampaikan pesan dan informasi Kamtibmas pada warga yang sedang melaksanakan ronda, agar pelaksanaan ronda malam lebih meningkatkan kewaspadaan pada lingkungan sekitar.

Imbauan kamtibmas disampaikan yaitu apabila yang melaksanakan pos kamling menemukan orang tidak dikenal bisa menanyakan indentitas dan keperluannya,dan melihat suatu tindak kriminal segera hubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek Kasihan.

“Kita ajak warga untuk selalu waspada. Jika ada suatu hal yang mencurigakan segera laporan kepada Bhabinkamtibmas. Bisa via WA ataupun tilpon,” kata Panit Samapta

Sementara itu, Kapolsek kasihan AKP Nandang Rochman SH MH  mengatakan bahwa sambang malam tersebut rutin di lakukan guna memberikan semangat kepada warga yang melaksamakan ronda malam sehingga bisa tercipta keamanan dan kenyamanan pada warga sedang beristirahat malam. “Harapannya jika warga aktif ronda malam, maka keamanan dari level terkecil yaitu mulai dari RT di tiap desa bisa terjaga. Sehingga terciptalah situasi aman dan kondusif di wilayah kecamatan Kasihan ini,” ungkap Kapolsek Kasihan.

Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Kalurahan Wukirsari Kompak Hadiri Pengajian dan Halal Bil Halal Idhul Fitri 1444

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Aipda Wahyu Apri Wunarto dan Bhabinsa Kalurahan Wukirsari Serka Supandi menghadiri  Pengajian dan Halal Bil Halal Idhul Fitri 1444 bersama pemerintah Kalurahan di lapangan Bola Volly Giriloyo, Jumat (28/4/2023) malam.

Kegiatan pengajian ini diselenggarakan oleh pemerintah Padukuhan Cengkehan Giriloyo dan sebagai penanggung jawabjawab  Muhammad Amrullah

Hadir dalam pengajian Bapak Lurah Wukirsari Susilo Hapsoro SE, Ustad Mico Cak Coy, Dukuh  Giriloyo, Dukuh Cengkehan serta Warga Masyarakat se Giriloyo

Dalam pelaksanaan pengajian sekaligus halal bil halan ini pemerintah Padukuhan Cengkehan ini menghadirkan KH Muslih Ashari  Pengasuh Pondok Pesantren Al Muna Giriloyo  sebagai penceramah. (Humas Polsek Imogiri)
 

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalurahan Pleret Kompak Laksanakan Kerja Bakti di Ponpes Nahdlatusy Syubban 2

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pleret Aipda Rofiq DH bersama Babinsa Serda Sudarman melaksanakan kegiatan kerja bakti di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubban 2, Dusun Kanggotan, Pleret, Pleret, Bantul, Sabtu (29/4/2023) pagi.

Kegiatan kerja bakti tersebut juga dilakukan oleh para santri dan warga masyarakat, yakni dalam rangka persiapan acara pengajian akbar dan halal bi halal, serta haul ke-2 KH Waziruddin.

Terkait kegiatan itu, Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani S.I.Kom MM mengatakan bahwa keikutsertaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat salah satunya lingkungan pondok pesantren.

"Kegiatan ini juga dapat memberikan edukasi warga untuk kebersamaan, serta merupakan upaya untuk melestarikan budaya gotong-royong," imbuhnya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubban 2, Gus Fahmi menyampaikan terima kasih atas kegiatan tersebut.

Ia merasa terbantu dengan kehadiran TNI - Polri yang dapat memberikan penyemangat bagi pihak pondok pesantren dan warga, yang telah membantu dalam persiapan acara halal bi halal dan haul pada 3 Mei 2023 mendatang.

"Kami atas nama Ponpes Nahdlatusy Syubban 2 mengucapkan banyak terima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sudah meluangkan waktu untuk kegiatan kerja bakti ini," ujar Gus Fahmi.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, semoga ini menjadikan ladang pahala bagi kita semua," pungkasnya.

 

Habatnya TNI/Polri Kompak Atur Lalu Lintas di Jalan Parangtritis

Anggota TNI dan Polri kompak melakukan pengaturan arus lalu lintas di Jalan Parangtritis, tepatnya di depan TPR Parangtritis, Minggu (30/4/2023).

Kekompakan mereka dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terciptanya kelancaran arus lalu lintas bagi warga masyarakat yang hendak berlibur di Pantai Parangtritis.

“Tugas utama tentara adalah melindungi negara dari datangnya ancaman. Begitu pula Polisi, mereka bertugas untuk menegakkan hukum yang berlaku di masyarakat,” kata Kasatgas V Operasi Ketupat Progo 2023 Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Minggu (30/4/2023).

Namun ketika dihadapkan pada kepentingan umum, baik TNI maupun Polri, sama-sama punya kewajiban membantu mereka yang membutuhkan.

Mengingat hari ini adalah hari libur, diprediksi pengunjung Pantai Parangtritis akan membludak. Sehingga menyebabkan arus lalu lintas akan padat dan berpotensi menyebabkan kemacetan.

Perlu diperhatikan untuk para pengunjung, Pantai Paris memang sangat memukau tetapi ombaknya kadang berbahaya, maka perlu berhati-hati dan waspada.

“Saya sampaikan kepada para wisatwan yang tengah berlibur di pantai supaya tidak mandi di laut, karena di Laut Selatan terdapat palung dan ombaknya besar,” imbau Jeffry.

Kejadian laka lait bukanlah hal pertama, jadi tentunya bisa menjadi peringatan kita semua. Data yang dimiliki Polres Bantul, telah terjadi laka laut yang menimpa rombongan wisatawan dari Subang Jawa Barat pada Rabu (26/4/2023) sekitar pukul 09.45.

Dimana tiga orang palajar dilaporkan terseret gelombang Pantai Parangtritis. Dua korban berhasil diselamatkan Tim SAR gabungan yang siaga di lokasi. Namun satu korban berinisial FA (14) ditemukan dua hari stelahnya dalam keadaan tak bernyawa..

Sehari sebelumnya juga terjadi kejadian serupa menimpa wisatawan asal Surabaya Jawa Timur. Beruntung, korban ZC (22) yang terseret ombak Pantai Parangtitis berhasil diselamatkan.
 

Sambang Pos Kamling, TNI-Polri di Trirenggo Kompak Imbau Warga Aktif Ronda Malam

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi bersama Babinsa melakukan sambang kamling di Pos Kamling Dusun Priyan dan Dusun Nogosari Trirenggo Bantul, Sabtu (29/4/2023) malam.

Kegiatan bersama antara kedua personel TNI-Polri tersebut merupakan wujud kekompakan kedua institusi dalam menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif.

Dalam sambang tersebut Bhabinkamtibmas mengajak warga agar ikut berperan menjaga situasi kamtibmas salah satunya dengan aktif menggelar ronda malam.

"Kita ajak untuk aktif dalam ronda malam demi menjaga keamanan lingkungan sekitar," kata Aipda Amat Riyadi.

Ia menerangkan bahwa keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas dari Kepolisian atau TNI saja namun seluruh warga masyarakat juga bisa berperan aktif menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing masing salah satunya dengan aktif ronda malam.

"Keamanan dimulai dari level terkecil, paling tidak setiap orang bisa menjadi polisi dalam keluarga sendiri dan juga di dalam lingkungan sekitar untuk bersama sama menjaga kamtibmas,"  tegasnya.

Kemudian untuk antisipasi tindak kriminal seperti Curas, Curat ataupun Curanmor Bhabinkamtibmas menekankan kepada warga agar selalu hati hati dan waspada terhadap gangguan kamtibmas.

Ia berpesan agar setiap meninggalkan rumah, warga tak lupa mengunci pintu dan juga kendaraan bermotor.


Bhabinkamtibmas dan Babinsa hadiri Pengajian Halal Bil Halal Kalurahan Sriharjo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Raharjo Bripka Wahyono dan Babinsa Kalurahan Sriharjo Serka Iswanto menghadiri  Pengajian dan Halal Bil Halal Idhul Fitri 1444 bersama pemerintah Kalurahan di Gedung olah raga Kalurahan, Jumat (28/4/2023) malam.

Kegiatan pengajian ini diselenggarakan oleh pemerintah Kalurahan dengan penanggung jawab kegiatan lurah Sri harjo Titik Istiyawatun Khasanah SIP.

Kegiatan pengajian ini di hadiri oleh Panewu Imogiri Bapak Slamet Santoso SIP, Lurah Sriharjo Ibu Titik Istiyawatun Khasanah SIP, Panit Reskrim Iptu Margono mewakili Kapolsek Kepala Puskesmas Imogiri II  Drg Imung soco Hayati, Bamuskal Sriharjo  Pamong Kalurahan Sriharjo serta Rt Se Kalurahan Sriharjo.

Dalam pelaksanaan pengajian sekaligus halal bil halan ini pemerintah Kalurahan menghadirkan penceramah yakni H Asmuni Abdurrahman dari Giriloyo Wukursari dan selama kegiatan berjalan lancar. (Humas polsek Imogiri)
 

29 April 2023

TNI dan Polri di Bantul Solid Antisipasi Kejahatan Jalanan

Dalam rangka mengantisipasi kejahatan jalanan di wilayah Bantul, Polres Bantul bersama Kodim 0729/Bantul dan relawan Kamtibmas secara rutin melaksanakan patroli dan penjagaan bersama di titik-titik rawan kejahatan jalanan dan gangguan Kamtibmas lainnya khususnya di masa libur lebaran saat ini.

Berdasarkan data yang disampaikan Polres Bantul beberapa waktu lalu, bahwa kejahatan jalanan menjadi salah satu ancaman kerawanan yang menjadi perhatian khusus Polda DIY, termasuk Polres Bantul,

“Apalagi saat ini memasuki libur sekolah sehingga potensi terjadinya tawuran antar genk sekolah dan kejahatan jalanan sangat dimungkinkan terjadi apabila tidak ada upaya antisipasi dari pihak-pihak berwenang,” kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan dalam keterangan persnya, Sabtu (29/4/2023).

Menurutnya, sinergitas TNI-Polri dan relawan dalam mengantisipasi kejahatan jalanan yang telah terjalin baik selama ini patut diapresiasi.  

Beberapa waktu lalu, Kapolres Bantul, juga memberikan penghargaan kepada salah satu anggota TNI Praka Kristian Harmeda anggota Tanyanrad Pok Jau Rai C Yon Armed 11 Kostrad yang berhasil mengamankan pelaku kejahatan di wilayah Bantul.

“Kami sangat berterimakasih atas sinergisitas dan dukungan penuh dari rekan-rekan TNI khususnya Kodim 0729/Bantul yang selama ini ikut membersamai kami dalam mengamankan wilayah Bantul agar tetap aman dan kondusif, terutama dalam rangka antisipasi kejahatan jalanan,” pungkasnya.
 

TNI dan Polri Kompak Jaga Keamanan Idul Fitri di Kabupaten Bantul

Sinergitas yang solid antara TNI-Polri di Bantul terjalin erat saat pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2023 di Bantul sehingga dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Pengamanan bersama dengan personel TNI AD dari Kodim 0729/Bantul dilaksanakan jelang, saat, hingga pasca hari raya.

“Kegitan dilakukan mulai dari patroli gabungan saat bulan puasa, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas,” ujar Kasatgas V Operasi Ketupat Progo 2023 Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Sabtu (29/4/2023).

Tak hanya itu, lanjut Jeffry, kekompakan juga ditunjukkan saat TNI-Polri di Bantul melakukan pengamanan arus mudik, malam takbir, salat id, obyek wisata hingga pengamanan arus balik secara bersama-sama.

“Kehadiran Personel TNI merupakan hasil kordinasi yang kami lakukan untuk membangun sinergitas demi pelayanan kepada masyarakat saat hari raya Idul Fitri," jelasnya.

Sementara Kapolres Bantul, AKBP Ihsan juga mengapresiasi kerja sama yang dibangun antar sesama personel itu.

"Apresiasi yang sebesar-besarnya atas keterlibatan personel TNI serta instansi terkait lainnya, seperti Pemkab, Dishub, Satpol PP, PMI, BPBD Sar Linmas dan para relawan dalam tugas pengamanan selama operasi," ujarnya.
 

Warga: Ada Layanan Tambal Ban Gratis, Terima Kasih Polres Bantul

Keberadaan fasilitas perbaikan kendaraan di Pos Pam Operasi Ketupat Progo 2023 Druwo seperti saat ban bocor, manfaatnya dapat dirasakan oleh para pengguna jalan.

Tak hanya pemudik yang dapat memanfaatkan fasilitas ini, namun warga lokal pun bisa memanfaatkan layanan yang buka 24 jam ini.

Salah satunya wanita asal Gunungkidul yang kebetulan melintas di Pos Pam Druwo dan kebetulan mengalami ban bocor.

Mengetahui ada informasi perihal layanan tambal ban gratis di Pos Pam Druwo, ia pun segera menambalkan ban sepeda motornya yang bocor.

“Alhamdulillah, tadi kendaraan saya mengalami ban bocor, dan ada layanan tambal ban gratis ini, terima kasih kepada Polres Bantul,” katanya

Sementara itu, Muhammad Siroji yang melaksanakan tugas tambal ban itu mengaku diajak oleh Polres Bantul untuk melancarkan arus mudik selama Lebaran ini. Bagi pemudik yang mengalami masalah kendaraan bisa memanggil layanan ini.

"Bisa servis gratis pula dan tidak ada pembayaran kecuali ganti spare part kendaraan," katanya.

Sejak dibuka pada 17 April lalu, sudah banyak pemudik yang memanfaatkan layanan ini di antaranya tambal ban dan ganti aki. Kalau kendaraan yang bermasalah jauh dari Pos PAM Druwo, pemudik bisa memanggil layanan ini ke lokasi.

"Keliling, kami panggilan juga. Selama ini masih seimbang banyak mobil dan motor. Biasanya tambal ban atau ganti aki," katanya.

Dalam kesempatan lain, Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, mengatakan fasilitas perbaikan kendaraan ini beroperasi selama 24 jam. Kapolres mengungkapkan layanan ini akan tersedia hingga 1 Mei 2023 mendatang dan tentunya fasilitas ini tidak dipatok biaya alias gratis.

"Layanan kesehatan bisa dimanfaatkan untuk cek kesehatan dan beristirahat. Tambal ban gratis sudah banyak dimanfaatkan masyarakat," katanya Sabtu (29/4/2023).
 

28 April 2023

Korban Laka Laut Parangtritis Ditemukan Tak Bernyawa

Fida Auni (14) korban laka laut Pantai Parangtritis ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Pantai Widuri Grogol IX Parangtritis, Jumat (28//4/2023).

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, korban ditemukan sekitar 1,5 km arah barat lokasi kejadian

“Ditemukan sekitar pukul 13.00 siang,” ungkap Jeffry.

Korban ditemukan oleh tim SAR gabungan yang memang saat itu sedang melakukan operasi pencarian. Pelajar asal Subang Jawa Barat itu diketahui terapung di Pantai Widuri.

"Korban kemudian dievakuasi lalu dibawa ke markas SAR Parangtritis untuk dilakukan identifikasi," ujarnya.

Jeffry mengungkapkan, kondisi jasad korban masih utuh mudah untuk dikenali. Pun demikian dari pemeriksaan serta keterangan sang ayah, bahwa korban yang ditemukan itu tak lain adalah anaknya.

“Korban sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan,” pungkas Jeffry.

Persiapan Polri Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyiapkan 2.627 personel guna mengamankan penyelenggaraan Konfrensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit pada 9 hingga 11 Mei 2023. Pelaksanaan ASEAN Summit berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, ribuan personel Polri yang diturunkan merupakan gabungan dari Mabes Polri, Polda NTT dan Polda NTB.

"Rencana personel yang dikerahkan yakni sebanyak 2.627 yang berasal dari Mabes Polri sebanyak 947 personel, Polda NTT 1.660 personel, dan Polda NTB 20 personel," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 April 2023.

Sandi mengatakan, ribuan personel tersebut akan disebar di berbagai tempat, mulai dari bandara, akomodasi para delegasi atau kepala negara yang hadir hingga venue penyelenggaraan.

Sebelum main event tanggal 9 hingga 11 Mei, Sandi menuturkan akan ada side event yang digelar pada 7 hingga 9 Mei. Untuk side event nantinya akan menjadi tanggung jawab penuh dari Polri.

"Polri memberikan bantuan BKO personel di ring 1, 2, dan 3. Untuk side events menjadi tanggung jawab penuh dari Polri," ujarnya.

Adapun beberapa hal yang diperkuat yakni fasilitas yang ada di Labuan Bajo. Contohnya keberadaan CCTV untuk memperkuat pengendalian dari Command Center, dari Bandara sampai tempat acara dan akomodasi.

"Terkait dengan camera body warm, CCTV statis dan mobile bisa kita penuhi," katanya.

Nantinya, kata Sandi, CCTV tersebut akan dilengkapi dengan teknologi face recognition guna mendeteksi daftar atau orang-orang yang dicurigai akan melakukan tindak pidana.

Dalam pengamanan ini, Polri pun akan berkoordinasi dengan stakeholders lainnya dan pihak akomodasi. Hal ini guna memastikan apakah ada kendala yang membutuhkan bantuan

Secara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di NTT, Sandi menuturkan terjadi penurunan tren kejahatan. Beberapa hal yang menjadi perhatian yakni meningkatknya angka kecelakaan lalu lintas dari tahun 2021 ke 2022.

"Potensi bencana di NTT ada kerawanan gempa bumi dan abrasi. Kemudian hidrome trilogi dan juga tingkat panas di NTT yang cukup tinggi," katanya.

Dengan semua persiapan tersebut, Sandi menegaskan Polri siap menjaga keamanan para delegasi dan kepala negara menghadiri penyelenggaraan KTT ASEAN.

"Polri siap menjaga keamanan dan kenyamanan para delegasi dan kepala negara dalam penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT," ujarnya.

Personel Polsek Imogiri hadiri Pengajuan di Pendopo Kapanewon

Kanit Samapta Polsek Imogiri Polres Bantul Akp Suklis Sukliyanto mewakili kapolsek menghadiri  Pengajian dan Halal Bil Halal Idhul Fitri 1444 H di Pendopo Kapanewon Imogiri Dusun Ngancar Kalurahan Karangtalun, Jumat (28/4/2023) pagi.

Kegiatan pengajian Forkompimkap dan instansi ini diselenggarakan oleh Kapanewon Imogiri dengan penanggung jawab kegiatan Panewu Imogiri Bp Slamet Santoso, SIP.

Pengajian Instansi dengan ustad H Asmuni Abdurrahman dari Giriloyo Wukirsari yang menjelaskan tentang tiga amalan yang diridhoi alloh ini di hadiri Panewu Imogiri Bp Slamet Santos, SIP. Kapolsek Imogiri diwakili Kanit Samapta AKP Sulis Sukliyanto  Danramil 10 Imogiri diwakili Serma Supriyono, kepala KUA Imogiri Bp Muhamad Rois Wisda, Puskesmas  Imogiri. Lurah dan Pamong Imogiri. serta tamu undangan lain sekitar 100 orang. (Humas Polsek Imogiri)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Laksanakan Pengamanan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi turut melaksanakan prosesi dan  pengamanan pemakaman jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19 di TPU Pelemsewu Panggungharjo Sewon, Bantul, Kamis (27/04/2023) malam.

Usai melaksanakan melaksanakan prosesi dan  pengamanan pemakaman jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19,yang merupakan salah satu warga di wilayah tugasnya, Bhabinkamtibmas Panggungharjo menjelaskan, pengamanan pemakaman jenazah pasien Covid-19 untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan prosesi pemakaman dapat berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kami juga menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan jangan lengah serta tetap menjaga kesehatan dengan cara menjaga kebersihan, mengatur pola makan, serta berolahraga untuk mencegah kembalinya  penyakit Covid-19,” ungkapnya.

Proses pemakaman, imbuhnya, dilakukan oleh Tim Kubur Cepat FPRB Kalurahan Panggungharjo, sesuai dengan prosedur ketat pemakaman pasien terkonfirmasi Covid-19.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi, Jogoboyo Kalurahan Panggungharjo M. Ali Yahya SH dan Satgas Covid-19 dan perwakilan dari keluarga. (Humas Polsek Sewon)
 

Pererat Silaturrahim, Polsek Bantul Sambang Tokoh Agama

Dalam rangka harkamtibmas, membangun sinergitas, bekerjasama untuk wujudkan kondusifitas wilayah dan merangkul semua elemen masyarakat, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda yang ada diwilayah Kapanewon Bantul.

Upaya tersebut dilakukan Polsek Bantul agar terjalin ukuwah islamiyah bersama warga masyarakat dengan bersilaturrahmi kepada Kyai Muslih Nahrowi di Dusun Tanuditan Kalurahan Trirenggo dan giat sambang ke Kyai Aris Munawar Pondok Pedantren Al Anwar Bolon Palbapang Bantul, Kamis (27/4/2023).

Giat sambang tersebut sebagai upaya Kepolisian dalam menjalin kedekatan dengan berbagai komponen masyarakat. Dengan hadirnya Polisi ditengah-tengah masyarakat, berharap membuat masyarakat merasa aman dan nyaman. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul).
 

Warung Makan dan Gudang Furniture di Jalan Kapuk Terbakar

Warung Makan Bu Cempluk dan Gudang "Kresna" Furniture and Handicraft Recycle Teak Wood Production yang beralamat di Jalan Kapuk Karangnongko RT. 09 Panggungharjo, Sewon, Bantul, Kamis (27/04/2023), yang berlokasi di Jalan Kapuk Karangnongko RT. 09 Panggungharjo, Sewon, Bantul, dilalap si jago merah.

Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri Widiyanto S.H., M.Si, membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran di wilayah hukum Polsek Sewon dan kejadian kebakaran tersebut diketahui pukul 15.00 WIB.

Dalam penjelasannya Kapolsek Sewon menyampaikan Kebakaran tersebut diketahui pertama kali oleh Prianta (62), warga Suryodiningrat MJ. 02/811A RT. 044 RW.013, Suryodiningrat, Mantrijeron, Yogyakarta, yang kebetulan pada waktu kejadian, sedang memanen padi di sawah yang berlokasi tepat di depan TKP, melihat ada kobaran api yang berasal dari warung makan Ramesan Bu Cempluk.

Melihat kejadian tersebut saksi memberi tahu kepada pemilik Gudang "Kresna" Furniture and Handicraft Recycle Teak Wood Production bapak Iskandar (61) Mangkuyudan MJ. 3/233 RT. 024 RW. 07 Mantrijeron, Mantrijeron, Yogyakarta yang kebetulan berada tidak jauh dari TKP kebakaran.

Lanjut Kapolsek selanjutnya keduanya berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, dibantu beberapa warga, namun api semakin membesar dan merembet ke Gudang "Kresna" Furniture and Handicraft Recycle Teak Wood Production yang kebetulan lokasinya berada di belakang warung yang terbakar , selanjutnya saksi menghubungi Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantul dan Polsek Sewon.

“Mendapatkan informasi tersebut personel Polsek Sewon dari unit Lalu Lintas Pospol Druwo langsung meluncur ke TKP, dan menutup akses jalan jalur lambat dari arah timur simpang tiga sate ambal, ringroad selatan dan membuka akses jalan untuk membantu kelancaran mobil pemadam kebakaran menuju lokasi kejadian kebakaran yaitu dari simpang tiga Kweni jalan Bantul “ jelas Kapolsek.

AKP Hanung menambahkan butuh 1 jam untuk menjinakan api, dengan mengerahkan 3 unit mobil kebakaran, dan dari hasil olah TKP, dimungkinkan api berasal dari warung makan dan merembet ke gudang furniture, sedangkan barang barang di warung dan gudang merupakan barang barang yang mudah terbakar.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa namun untuk kerugian dari pemilik warung ditaksir Rp. 8.000.000,00, sedangkan untuk Gudang "Kresna" Furniture and Handicraft Recycled Teak Wood Production di taksir 40.000.000.00, “ ungkap AKP Hanung. (Humas Polsek Sewon)

Syawalan Kalurahan Banguntapan

Bertempat di Kelurahan Banguntapan Bantul, Selasa tanggal 25 April 2023 pukul 08.30 WIB telah dilaksanakan syawalan Pamong Kelurahan Banguntapan dengan warga Banguntapan.

Menghadiri kegiatan syawalan tersebut Kepala KUA Banguntapan Ngatijan SAg, Kapolsek Banguntapan diwakili Kanit Lantas AKP Rumpoko SH, Danramil Diwakili Pelda Mulyawan, Instansi Forkompinkap. Lurah Banguntapan Basirudin beserta Pamongnya serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga masyarakat Banguntapan.

Kelurahan Banguntapan melaksanakan syawalan untuk saling memaafkan jajaran pelayanan Kelurahan kepada warga masyarakat serta instansi terkait Polsek, Koramil dan Kapanewon Banguntapan. Menghapus kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja agar kembali fitri.
 

Halal Bihalal Forkompinkap Banguntapan

Rabu tanggal 26 April 2023 pukul 07.30 WIB bertempat di kapanewon Banguntapan Bantul telah berlangsung kegiatan syawalan/halal bihalal Forkompinkap Banguntapan.

Kegiatan diikuti Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa SPsi., MPsi, Kapolsek Banguntapan diwakili Kanit Binmas AKP Sarim, Danramil Kapten CHB Hermanto S.Sos, Ketua TP PKK Kapanewon Banguntapan Ny. Mega Gunarsa, Kepala Puskesmas Banguntapan 1-3, Lurah Se-Kapanewon Banguntapan bersama pamongnya, Anggota Polsek Banguntapan, Polwan Polsek Banguntapan, ASN Kapanewon Banguntapan, Instansi forkompinkap terkait, Piket fungsi Polsek Banguntapan, Humas Aipda Edi Siswanto

Acara dimulai dengan ikrar Syawalan yang diucapkan bersama semua hadirin tersebut diatas. Ikrar Syawalan menyatakan saling maaf memaafkan dan kembali bersih.

Sambutan Panewu Banguntapan. Momen lebaran untuk introspeksi diri memperbaiki diri sendiri dalam semua hal, kendalikan pola fikir karena akan mempengaruhi semua tindakan kita ucapan kita. Kata "Maaf" Mudah diucapkan namun sulit dalam memaknainya, mari kita terbuka ketulusan dan keikhlasan hati untuk saling memaafkan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Masehi Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Selanjutnya ditutup dengan doa dan Berjabat tangan semua yang hadir halal bihalal.
 

27 April 2023

Polsek Sanden Laksanakan Patroli di Pantai Pandansari dan Goa Cemara

Anggota Polsek Sanden di pimpin PS.KSPKT Aiptu Semiyanto melaksanakan patroli pada objek wisata pantai Pandansari dan Goa Cemara wilayah Kapanewon Sanden guna pastikan keamananan pengunjung selama libur Idul Fitri 1444H, Rabu (25/04/2023).

Selain patroli dalam kesempatan tersebut petugas memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada pengunjung pantai agar mentaati imbaun petugas terkait larangan mandi dan bermain di bibir pantai, karena hal itu sangat berbahaya di mana geografis pantai Goa cemara maupun Pandansari cukup curam dan terdapat palung .

Sementara itu fokus  pengamanan  pada libur lebaran saat ini adalah pengamanan jalur wisata seperti S4 Jembatan Merah ,S3 Pengklik dan objek wisata Pantai Goa Cemara dan Pantai Pandansari .

Semoga  liburan Idul Fitri 2023 dapat berjalan dengan aman lancar diantaranya yang berada di objek wisata wilayah Sanden.
 

Bhabinkamtibmas Wirokerten pantau pembagian beras dari Dinsos DIY

Kamis tanggal 27 April 2023 pukul 09.00 WIB di Aula Kalurahan Wirokerten Banguntapan telah berlangsung pembagian beras miskin kepada 1.200 Keluarga penerima manfaat warga masyarakat Wirokerten Banguntapan.

Hadir pada kegiatan tersebut Lurah Wirokerten Hj. Rakhmawati Wijaya Ningrum SE bersama pamongnya membagikan pada warga penerima. Pengamanan Bhabinkamtibmas Wirokerten Aipda Indra Prasetyo bersama Linmas Kalurahan Wirokerten.

Bhabinkamtibmas memberikan himbauan warga penerima bantuan beras dari Dinsos untuk menjaga ketertiban dengan antri sesuai nomer kedatangan.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Pengamanan Pembagian Beras Untuk Warga

Kamis tanggal 27 April 2023 pukul 09.00 WIB di Aula Kalurahan Banguntapan telah berlangsung pembagian beras miskin kepada 974 Keluarga penerima manfaat warga masyarakat Banguntapan.

Hadir pada kegiatan tersebut Lurah Banguntapan Basirudin bersama pamongnya, Bhabinkamtibmas Banguntapan Aiptu Agung Aji Wijaya SH., MPar, Babinsa Sertu Ahmad Suroto.

Bhabinkamtibmas bersama Babinsa melaksanakan pengamanan kegiatan untuk menciptakan ketertiban saat pembagian beras untuk warga kurang mampu dari pemerintah, menghimbau tertib sesuai nomer kehadiran.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Pantau Objek Wisata Pantai Baru

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari  Aipda Ali.M bersama SAR Satlinmas Pantai Baru dan anggota Pramuka melaksanakan pantauan objek wisata Pantai Baru, Kamis (27/4/2023).

Selain melaksanakan pantauan, Bhabinkamtibmas juga melaksanakan edukasi dan imbauan larangan mandi di laut.

“Mandi di laut sangat berbahaya karena banyak palung di pantai selatan,” jelas Ali.

Ia juga secara langsung berdialog dengan wisatawan untuk memberikan imbauan agar selalu waspada dan berhati-hati. (Humas Polsek Srandakan)
 

Blue Light Patrol Polsek Bantul, Antisipasi Guantibmas C3 (Curat, Curas. Curanmor)

Dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru, mobile di wilayah Kapanewon Bantul antisipasi gangguan kamtibmas, tindak kejahatan 3C (Curas, Curat, Curanmor) dan Kejahatan Jalanan.

Kegiatan patroli kali ini dipimpin Ipda Purnomo sebagai langkah tindakan preemtif dan preventif dilaksanakan hingga menjelang pagi, difokuskan pada sasaran tempat-tempat rawan kejahatan antara lain objek vital, perkantoran, pasar, pertokoan, Sekolahan dan pemukiman warga.

Pada pelaksanaan giat patrolinya, pantau situasi wilayah, dialogis dan memberikan himbauan/pesan kamtibmas kepada warga masyarakat yang masih beraktifitas pada dini hari, Rabu (26/4/2023).

"Blue Light Patrol ini dilaksanakan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan dan diharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat bahwa Polisi mampu memberikan yang terbaik dan rasa aman kepada seluruh lapisan masyarakat", kata Ipda Purnomo.

"Dengan adanya giat patroli, diharapkan situasi di Kapanewon Bantul tetap aman dan terkendali," pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Pererat Silaturrahim, Kapolsek Bantul Sambang Tokoh Agama

Dalam rangka harkamtibmas, membangun sinergitas, bekerjasama untuk wujudkan kondusifitas wilayah dan merangkul semua elemen masyarakat, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda yang ada diwilayah Kapanewon Bantul.

Upaya tersebut dilakukan Polsek Bantul melalui Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP dan anggota agar terjalin ukuwah islamiyah bersama warga masyarakat dan menyambangi Tokoh Agama Kyai  Muhyiddin di Dusun Gemahan Ringinharjo Bantul, Rabu (26/4/2023).

Dalam kesempatan dialognya, Kompol Wahyu Sudadi,SH MAP menyampaikan pesan-pesan dan himbauan kamtibmas.

Sambang kepada Tokoh Agama tersebut sebagai upaya Kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, dengan hadirnya Polisi ditengah-tengah masyarakat, berharap membuat masyarakat merasa aman dan nyaman. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Kapolsek Sewon Hadiri Pembukaan Festival Klangenan Bantul 2023

Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W SH Msi, menghadiri acara pembukaan festival Klangenan Bantul 2023, di Komplek Pasar Seni Gabusan (PSG), jalan Parangtritis km 09 Gabusan Timbulharjo, Sewon, Bantul, Rabu (26/04/2023), siang.

Pembukaan Festival Klangenan Bantul 2023 resmi dibuka oleh Bupati Bantul H. Halim Muslih yang di hadiri oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Ketua penggerak PKK Kabupaten Bantul sekaligus ketua dekranasda kabupaten Bantul, Forkompinda Bantul, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Yogyakarta Kepala Dinas Perindag Yogyakarta, Kepala Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Sekretaris Daerah, kepala Bank BPD cabang Bantul, Kepala OPD Kabupaten Bantul dan tamu undangan.

Adapun Festival Klangenan Bantul 2023 diprakarsai oleh pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul.

Festival Klangenan Bantul 2023. Mulai tanggal 26 sampai dengan 30 April 2023, pukul 10.00 - 22.00 WIB di Pasar Seni Gabusan dan dikuti 50 tenant kuliner dan non kuliner edisi klangenan.

Usai menghadiri acara tersebut Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W SH Msi menyampaikan selama ifent Festival Klangenan Bantul 2023, Polsek Sewon akan mengintensifkan patroli terutama saat pengunjung ramai, dan biasanya terjadi pada sore hari. (Humas Polsek Sewon)
 

Aparatur di Sanden Gelar Apel Bersama Jajaran Forkopimkap Sanden

Setelah melaksanakan cuti bersama  pada momen hari raya Idul Fitri 1444 H jajaran Forkmpimkap plus Kapanewon Sanden  langsung masuk kerja dengan semangat baru  .Seluruh pegawai lintas sektoral di wilayah Sanden  diminta langsung kembali bekerja dengan semangat kerja yang baru setelah selesai merayakan libur lebaran.

Demikian salah satu amanat yang di sampaikan Panewu Sanden Deny Ngajis Hartono SSTP,MPA pada momen apel bersama jajaran Forkopimkap Sanden dan pamong/pegawai se Kapanewon Sanden..Kegiatan apel di laksanakan di halaman Kapanewon Sanden yang di pimpin Panewu Sanden, Rabu (26/04/2023).

Adapun kegiatan apel di ikuti oleh Panewu Sanden ,Kapolsek Sanden,Danramil.Sanden,Ka Puskesmas Sanden,Ka.KUA Sanden,Dan Pos TNI AL Samas,Lurah Sekapanewon Sanden,Ka Sekolah Sekapanewon Sanden,anggota Polsek dan Koramil ,Pamong Kalurahan dan relawan.

Sementara itu dalam sambutannya, panewu Sanden menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari pertama bagi kita pegawai atau pamong masuk kerja setelah melaksanakan cuti bersama Idul Fitri 1444 H. "Mari kita kembali fokus pada pekerjaaan ,kita adalah abdi negara harus siap memberikan yang terbaik demi masyrakat Sanden,"ucap Panewu Sanden.

Selanjutnya selesai apel bersama giat di lanjut ramah tamah .
 

Ciptakan Rasa Aman, Polsek Kasihan Laksanakan Patroli KRYD

Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, Polsek Kasihan menggelar patroli KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan), Selasa (26/1/2023).

Patroli KRYD kali ini dipimpin Kanit Provos Polsek Kasihan Ipda Basroni Achmadi.

Kegiatan tersebut untuk mengantisipasi aksi kriminalitas dan kejahatan jalanan di wilayah hukum Polsek Kasihan.

Ipda Basroni Achmadi mengatakan, patroli KRYD dengan sasaran ke tempat-tempat yang rawan terjadi aksi kriminalitas.

“Selain itu, kami juga sampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam harkamtibmas, yaitu dengan mengaktifkan Siskamling di wilayah masing-masing,” ujarnya
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Laksanakan Pengamanan ke Obyek Wisata

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Polsek Imogiri Polres Bantul Aiptu Toto Choirudin bersama Bhabinss Serka Sujadi melaksanakan pengamanan ke obyek wisata yang berada di wilayahnya, Selasa (25/4/2023) siang.

Dalam pelaksansannta Bhabinkamtinnas dan Bhabinsa bersama Linmas, FPRB, jaga warga melaksanakan pantauan di Taman Kuliner Bumi Arum Kalurahan Girirejo serta obyek Wisata Makam Raja Mataram di Padukuhan Pajimatan Girirejo.

Menurut Bhabinkamtinnas Girirejo bahwa di obyek wisata Makam Raja Pajimatan setiap hari Lebaran pasti banyak pengunjung baik yang dari wilayah Imogiri maupun dari luar daerah.

Para pengunjung memanfaatkan liburan dengan naik andong yang ada setahun sekali ini dari terminal Imogiri sampai dengan terminal pajimatan.

Pada kesempatan itu Aiptu Toto Choirudiin bersama Bhabinsa bertatap muka dengan pengelola obyek wisata untuk selalu waspada dan hati-hati kepada para pengunjung serta selalu koordinasi dengan Polsek bila ada permasalahan di Lapangan. (Humas polsek Imogiri)

26 April 2023

Polisi Imbau Wisatawan yang ke Bantul, Jangan Mandi di Laut

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, kembali mengimbau agar para wisatawan di destinasi wisata pantai tidak mandi di laut. Hal tersebut dilakukan agar menghindarkan wisatawan dari kecelakaan laut (laka laut).

Ia menjelaskan, banyak wisatawan yang mengujungi pantai di Bantul seperti Parangtritis, Samas, Pandansimo dan Baru.

“Saya sampaikan kepada para wisatwan yang tengah berlibur di pantai supaya tidak mandi di laut, karena di Laut Selatan terdapat palung dan ombaknya besar,” kata Ihsan, Rabu (26/4/2023).

Menurutnya, kawasan pantai di Kabupaten Bantul menyimpan potensi ancaman bahaya bagi wisatawan. Berupa titik palung di sejumlah kawasan pesisir pantai.

Ia membenarkan para wisatawan kerap tergoda. Awalnya hanya bermain di tepi pantai. Tak selang lama mulai bergeser ke sisi tengah.

Tanpa disadari, arus laut bawah mulai menarik tubuh ke tengah laut. Apabila tak bisa berenang, maka wisatawan akan tergulung arus dalam.

“Paling berbahaya kalau airnya tenang. Arus balik bawah sangat deras, jadi memang dilarang untuk mandi di laut,” paparnya.

Data yang dimiliki Polres Bantul, telah terjadi laka laut yang menimpa rombongan wisatawan dari Subang Jawa Barat pada Rabu (26/4/2023) sekitar pukul 09.45.

Dimana tiga orang palajar dilaporkan terseret gelombang Pantai Parangtritis. Dua korban berhasil diselamatkan Tim SAR gabungan yang siaga di lokasi. Namun satu korban berinisial FA (14) hingga berita ini diturunkan masih dalam pencarian.

Sehari sebelumnya juga terjadi kejadian serupa menimpa wisatawan asal Surabaya Jawa Timur. Beruntung, korban ZC (22) yang terseret ombak Pantai Parangtitis berhasil diselamatkan.

Antisipasi Pencurian Rumah kosong Saat Lebaran, Polsek Sewon Intensifkan Patroli

Aksi pencurian di rumah kosong kerap terjadi pada musim mudik Lebaran. Para pelaku terkadang nekat beraksi mengincar barang berharga di rumah yang ditinggalkan pemiliknya.

Hal itu pula yang menjadi fokus dan perhatian khusus Polsek Sewon Polres Bantul untuk menciptakan situasi kamtibmas Polsek Sewon, dimana banyak warga yang melaksanakan mudik , maupun bersilaturahmi dengan keluarga atau pergi untuk berwisata.

Menanggapi itu, Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W. S.H., Msi., mengatakan, melalui Operasi Ketupat Progo 2023, pihaknya akan meningkatkan patroli selama Lebaran dengan melibatkan semua unit satuan.

Meskipun Kapanewon Sewon relatif aman dan kondusif, ia mengimbau masyarakat tidak lengah dan waspada. Sebisa mungkin menjaga keamanan barang pribadi, misalnya, menitipkan kendaraan kepada orang terpercaya sebelum mudik. “Jangan lupa juga barang berharga agar diamankan atau tidak ditinggalkan," ucapnya.

Selain itu, sebelum berangkat, pemudik diimbau terlebih dahulu mengecek kondisi rumah, termasuk memastikan tidak ada potensi bahaya.

“Mulai mengunci tiap jendela dan pintu hingga dalam keadaan aman, mematikan semua barang elektronik, melepas steker dari stop kontak, mencabut selang dari tabung gas, menyalakan lampu teras rumah, serta menutup keran air” jelas Kapolsek.

Selain itu, sebelum meninggalkan rumah, mudik dianjurkan untuk memberitahukan kepada tetangga atau ke ketua RT setempat, bahwa akan pulang ke kampung halaman, tujuannya, petugas keamanan bisa memetakan lokasi tersebut untuk dilakukan patroli rutin imbuhnya.

"Masyarakat harus tetap menjadi polisi bagi diri sendiri. Dalam artian harus mawas diri dan peduli dengan keamanan diri sendiri dulu," tutupnya. ( Humas Polsek Sewon )
 

Urai Antrian Panjang, Petugas Unit Lantas Polsek Sewon Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Petugas Unit Lantas Polsek Sewon Pos Polisi Druwo melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Parangtritis atau tepatnya Simpang empat Druwo, Sewon, Bantul, Selasa (25/4/2023) malam.

Rekayasa lalu lintas dilakukan oleh petugas dari unit lalulintas Polsek Sewon dalam rangka mengurangi sekaligus mengurangi penumpukan arus lalu lintas dari arah selatan, dengan sistem 2 kali lampu merah 1 kali jalan.

Menurut Kanit Lantas Polsek Sewon, Iptu Sri Susanti, antrean panjang di Simpang Druwo didominasi oleh kendaraan bus, travel dan kendaraan pribadi yang berwisata di kawasan wisata pantai selatan Kabupaten Bantul.

“Sejak hari pertama lebaran hingga saat ini alhamdulilah arus lalu lintas cukup padat, namun berkat dedikasi dan kesigapan dari personil dibantu dari Pos Pam Ketupat Progo, dimana setiap terjadi penumpukan arus yang dari selatan kita tarik  ,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kanit Lantas Polsek Sewon juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah bersedia menunggu dengan sabar saat dilaksanakan rekayasa lalu lintas.

Untuk itu, ia mengimbau para pengendara untuk tetap menjaga ketertiban berlalu lintas. (Humas Polsek Sewon).

Kapolres Bantul: Lalulintas Libur Lebaran Terkondisi dengan baik

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan, pihaknya telah bekerja keras guna mengantisipasi potensi lonjakan kunjungan wisatawan selama libur lebaran 2023.

Ihsan menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakehorder terkait di Kabupaten Bantul, serta badan otorita agar menyiapkan destinasi wisata dengan baik selama musim libur lebaran.

“Di Bantul, arus lalu lintas dari awal libur lebaran sampai hari ini, masih terkondisi dengan baik,” kata Ihsan, Rabu (26/4/2023).

Dari data Posko Operasi Ketupat 2023 yang ada, Pantai Parangtritis masih menjadi primadona destinasi kunjungan wisatawan di wilayah Bantul, bahkan di Yogyakarta.

“Hal ini tentu saja membuat jalan raya di Bantul menjadi padat, khususnya Jalan Parangtritis,” jelasnya.

Untuk mencegah terjadinya kemacetan, Kapolres Bantul telah memerintahkan anggotanya yang terlibat Operasi Ketupat, ditambah dengan personel staf, untuk siaga dipenggal-penggal jalan sepanjang Jalan Parangtritis untuk mengurai apabila terjadi kemacetan.

“Alhamdulillah, karena kerja keras anggota di lapangan, serta bantuan dari instansi terkait dan relawan, arus lalu lintas di sepanjang Jalan Parangtritis terpantau lancar,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Polres Bantul menggelar Operasi Ketupat Progo 2023 selama 14 hari, yakni dari tanggal 17 April sampai 1 Mei 2023.

“Selama 14 hari, hingga berkahirnya operasi, kami akan terus bersiaga mengantisipasi lonjakan wisatawan serta arus balik,” ungkapnya.

Polisi patroli di Pantai Pandansimo pastikan keamanan libur Lebaran 2023

Polisi dari Polsek Srandakan, Polres Bantul, Polda DIY melakukan patroli guna memastikan dan mewujudkan keamanan di Pantai Pandansimo yang dipadati pengunjung saat libur Lebaran 2023.

Kapolsek Srandakan, Kompol Sudarsono SH, mengatakan dengan banyaknya jumlah pengunjung membuat jajarannya melakukan pengawasan guna menciptakan rasa aman dan suasana kondusif di pantai itu.

"Sampai sekarang pengunjung pantai yang ingin berlibur jumlahnya luar biasa, banyak sekali. Jadi kami dari Polsek Srandakan khususnya, saya selaku Kapolsek menyampaikan kepada anggota saya selalu melaksanakan patroli," katanya.

Dia menyampaikan yang menjadi atensi dalam melakukan patroli yakni memastikan pengunjung pantai tersebut tidak mandi di laut.

"Saya menyampaikan kepada pengunjung Pantai Pandansimo ini apabila berlibur di Pantai Pandansimo untuk tidak mandi di laut demi keselamatan bersama," ujar dia.

Tim Biro Paminal Divisi Propam Polri Lakukan Pengecekan ke Pos Pengamanan di Pos Pam Piyungan

Tim Biro Paminal Divisi Propam Polri melakukan pemantauan dan pengecekan langsung ke Pos Pengamanan (Pos Pam) Lebaran Tahun 2023 Polda DIY di Pos Pam Piyungan Polres Bantul, Selasa (25/04/2023).

Kegiatan tersebut dipimipin oleh Katim Ops Ketupat Polda DIY AKBP Yuliarso Endry, yang bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel Pos Pam Piyungan, selain itu juga untuk mengecek kelengkapan serta memastikan situasi dan kondisi wilayah Piyungan dalam keadaan aman dan kondusif.

Kedatangan Tim Biro Paminal Divisi Propam Polri beserta rombongan disambut langsung Ka Pos Pam Piyungan Iptu Giyarto dan petugas jaga di Pos Pengamanan Piyungan.

Dalam kesempatan itu AKBP Yuliarso Endry memberikan arahan kepada personel yang jaga agar selalu melakukan pengawasan dan pemantauan di lingkungan sekitar Pospam.

Lebih lanjut, AKBP Yuliarso juga berpesan kepada anggota agar selalu menjaga keselamatan, kesehatan dan kebersihan Pospam, tambahnya.

Menurutnya, Operasi ini merupakan Operasi Kemanusiaan jadi untuk personel yang tersprint dalam kegiatan ini agar memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang mudik maupun masyarakat sekitar secara maksimal dan humanis. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
 

25 April 2023

Seorang Pejalan Kaki Tewas Tertabrak Motor di Jalan Imogiri Barat

Kecelakaan dialami seorang wanita pejalan kaki hingga tewas akibat tertabrak sepeda motor di kawasan Jalan Imogiri Barat Km 13 Dusun Denokan Trimulyo Jetis Bantul Yogyakarta, Selasa (25/4/2023).

Dalam informasi yang didapat, korban yang bernama, Suyatin (65) warga Sewon Bantul, diduga mengalami luka cukup parah.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul Ipda Reni Juliani mengungkapkan, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 00.15, berawal saat sepeda motor Suzuki Shogun ber-nopol AB 4539 EG yang dikendarai Kirmiyanto (38) warga Imogiri Bantul, melaju dari arah utara ke selatan dengan kecepatan tinggi.

Kemudian sesampainya di TKP, pemotor tersebut diduga tidak melihat keberadaan korban yang sedang berjalan kaki sehingga menabraknya.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka-luka yang cukup serius.

“Korban meninggal dunia di TKP, kemudian jenazahnya dievakuasi ke RSUD Panembahaan Senopati Bantul,” jelas Reni.

Sementara pengemudi sepeda motor mengalami luka berupa patah bahu kiri, cidera kepala ringan dan lecet pada tangan.

“Saat ini kasus tersebut sudah ditangani Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul,” jelas Reni.
 

Dibanding Minggu Sebelumnya, Angka Laka Lantas di Bantul Turun

Angka kecelakaan lalu lintas di Bantul diklaim menurun selama Minggu ke III bulan April 2023. Satlantas Polres Bantul mengklaim, turunnya angka kecelakaan itu merupakan buah dari upaya sosialisasi dan imbauan kepada para pengguna jalan.

Apalagi saat ini sedang berlangsung Operasi Ketupat Progo Tahun 2023.

Data Satlantas Polres Bantul menyebutkan selama periode Minggu ke III Bulan April 2023 ada sebanyak 33 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan koban sebanyak 1 orang meninggal dunia. Angka itu turun dibandingkan Minggu ke II lalu yang tercatat sebanyak 39 kejadian, dengan korban meninggal dunia sebanyak 1 orang.

"Artinya upaya kami berhasil sehingga korban laka ini semakin menurun," kata Kasat Lantas Polres Bantul Iptu Fikri Kurniawan, Selasa (25/4/2023).

Fikri mengatakan pihaknya telah memberikan imbauan kepada para pengguna jalan agar terus waspada saat berkendara dan tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

"Upaya kami mulai dari sosialiasi hingga memasang banner daerah rawan kecelakaan. Harapannya agar tidak terjadi laka lantas," katanya.

Pihaknya juga sering membuat video edukasi untuk masyarakat, terutama menyasar kaum milenial. Upaya itu menurutnya mampu secara efektif menyampaikan pesan kepada kepada para milenial agar lebih berhati-hati saat berkendara.

"Misalnya, ada kendaraan tak sesuai spesifikasi teknis, kalau kena musibah kecelakaan, yang rugi siapa? Anak itu sendiri dan juga orang tua. Pesan seperti itu yang sering saya sampaikan," imbuh Fikri.

Jamin Keamanan Wisatawan, Polsek Srandakan Gelar Patroli Pantai

Memasuki libur lebaran hari ketiga, Polsek Srandakan melaksanakan pengamanan beberapa tempat wisata di wilayahnya. Salah satunya adalah patroli pantai di pesisir pantai Pandan Simo, Senin (24/4/2023).

Berdasarkan pantauan, sebanyak ratusan wisatawan mengunjungi Pantai Pandansimo.

“Pantai Pandan Simo adalah salah satu destinasi favorit di wilayah Srandakan, selain Pantai Kuearu dan Pantai Baru,” jelas Kapolsek Srandakan, Kompol Sudarsono.

Pihaknya gaga terus bersinergi dengan stakeholder maritim dan instansi terkait. Ini sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaann laut. Caranya dengan melakukan pemasangan tanda bahaya keberadaan palung laut.

“Patroli ini terus agar wisatawan tetap waspada. Kami ingatkan agar berenang di daerah aman serta menjaga anak-anak agar dalam pantauan serta menjaga barang bawaan dengan baik.” katanya.

 

Polsek Banguntapan Pantau Obyek Wisata saat Libur Lebaran

Anggota Unit Samapta Polsek Banguntapan melaksanakan patroli wilayah untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif pasca Lebaran, Senin (24/4/2023).

Patroli yang dipimpin Aiptu Agus Priyono ini menyasar tempat wisata, salah satunya objek wisata Balong Waterpark di Potorono Banguntapan Bantul.

“Patroli objek wisata libur Lebaran untuk memberikan imbauan kewaspadaan agar pengunjung menjaga barang miliknya dan melakukan pengawasan pada putra-putrinya,” kata Aiptu Agus.
 

Jaga Sitkamtibmas Tetap Kondusif, Polsek Imogiri laksanakan Patroli Dialogis

Dalam rangka menjaga sitkamtibmas agar tetap aman serta kondusif anggota Polsek Imigiri Polres Bantul melaksanakan kegiatan Patroli Dialogis dengan cara menyambangi dan bertatap muka/ bersilaturahmi dengan masyarakat seperti yang dilakukan oleh Aipda Barno Febrianto bersama dua anggota di terminal Imogiri serta keramain lainnya di wilayah Kapanewon Imogiri, Senin (24/4/2023).

Kegiatan sambang tersebut dilakukan selain untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat juga dapat menampung berbagai informasi mengenai situasi kamtibmas yang sedang berkembang ditengah-tengah masyarakat yang sedang merayakan liburan hari lebaran.

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno MKom CEH CHFI di tempat terpisah mengungkapkan bahwa setiap Anggota Polri dalam melaksanakan tugasnya wajib dan harus berperan aktif ditengah-tengah masyarakat serta tanggap akan situasi yang sedang dihadapi di Lapangan,” ungkap Kapolsek

Dalam kegiatan tersebut Aipda Barno dan anggotanya menyampaikan pesan kamtibmas dan mengajak agar seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif  menjaga kamtibmas serta tetap bersinergi dengan Polri.

“Sesegera mungkin melaporkan kepada Polsek Imogiri di nomor pengaduan Polsek Imogiri 0813 2715 7473,” kata Aipda Barno. (Humas Polsek Imogiri)
 

24 April 2023

Wakapolda DIY Cek Pospam Piyungan, Pantau Situasi Lalu Lintas Jalur Jogja-Wonosari

Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso SH SIK mengecek kesiapsiagaan personel yang bertugas di Pospam Piyungan Ops Ketupat Progo 2023, Senin (24/4/2023) siang.

Kedatangan Wakapolda tersebut sekaligus untuk memantau situasi arus lalu lintas di jalur Yogya-Wonosari.

Pada kesempatan itu Wakapolda juga memberikan arahan serta memotivasi para personel yang bertugas untuk tetap semangat memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta selalu menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan.

“Laksanakan operasi kemanusiaan ini sesuai dengan SOP, jaga kesehatan dan keselamatan saat bertugas,” pesannya.

“Lakukan koordinasi dengan petugas lainnya baik TNI maupun instansi terkait, serta laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” tambahnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Sambangi Warga di Pos Ronda, Patroli Polsek Kasihan Imbau Warga Waspada Tindak Kejahatan

Anggota Polsek Kasihan melaksanakan sambang malam ke Pos Ronda yang ada di wilayah Kalurahan Tamantirto, Minggu (23/04/2023) malam tadi.

Kegiatan tersebut dilakukan guna menumbuhkan kesadaran warga desa binaan tentang pentingnya pelaksanaan siskamling.

Panit Samapta Ipda Sigit Budi H  tidak lupa menyampaikan pesan dan informasi Kamtibmas pada warga yang sedang melaksanakan ronda, agar pelaksanaan ronda malam lebih meningkatkan kewaspadaan pada lingkungan sekitar.

Imbauan kamtibmas disampaikan yaitu apabila yang melaksanakan pos kamling menemukan orang tidak dikenal bisa menanyakan indentitas dan keperluannya,dan melihat suatu tindak kriminal segera hubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek Kasihan.

“Kita ajak warga untuk selalu waspada. Jika ada suatu hal yang mencurigakan segera laporan kepada Bhabinkamtibmas. Bisa via WA ataupun tilpon,” kata Panit Samapta

Sementara itu, Kapolsek kasihan AKP Nandang Rochman SH MH  mengatakan bahwa sambang malam tersebut rutin di lakukan guna memberikan semangat kepada warga yang melaksamakan ronda malam sehingga bisa tercipta keamanan dan kenyamanan pada warga sedang beristirahat malam. “Harapannya jika warga aktif ronda malam, maka keamanan dari level terkecil yaitu mulai dari RT di tiap desa bisa terjaga. Sehingga terciptalah situasi aman dan kondusif di wilayah kecamatan Kasihan ini,” ungkap Kapolsek Kasihan.

 

Kapolres Bantul Ucapkan Terima Kasih, Idul Fitri Berjalan Aman

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul, AKBP Ihsan SIK, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik dalam pengamanan Idul Fitri 1442 H atau Lebaran di wilayah hukum Polres Bantul sehingga berjalan aman, damai dan kondusif.

 
“Semua terwujud atas ijin Allah SWT, serta berkat kerja sama antara Polri yang didukung TNI, stakeholder terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh relawan yang ada,” jelas Kapolres Bantul, Senin (24/4/2023).
 

Tidak lupa Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers dan media yang sudah membantu melalui pemberitaan kepada masyarakat tentang informasi Idul Fitri.


“Kedepannya kerjasama yang baik ini tentunya kita pertahankan, bahkan bisa ditingkatkan untuk Bantul yang kita cintai bersama,” jelas Kapolres Bantul.

 
Kapolres Bantul menegaskan pihaknya akan terus bekerja keras untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Idul Fitri termasuk mengantisipasi terjadinya kejahatan dan gangguan Kamtibmas lain di wilayah Kabupaten Bantul.


“Kami akan terus mengoptimalkan patroli di setiap wilayah untuk memastikan masyarakat dapat merasakan situasi kamtibmas yang kondusif,” paparnya.


Kapolres Bantul juga berharap agar kerukunan dan ketenangan selama Idul Fitri dapat terus berlanjut dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat Bantul tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan.


“Selamat hari raya Idul Fitri bagi masyarakat Bantul, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.
 

Polsek Banguntapan Gelar Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas Saat Lebaran

Anggota piket siaga lebaran Polsek Banguntapan melaksanakan patroli di wilayah Kapanewon Banguntapan, Bantul, Minggu (23/4/2023) malam.

Kegiatan patroli tersebut guna mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan atau gangguan kamtibmas selama libur lebaran.

Sementara itu, Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro mengatakan, situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bangutapan saat lebaran secara umum aman kondusif. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan Pimpin Blue Light Patrol

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH memimpin kegiatan blue light patrol di wilayah hukumnya, Sabtu (22/4/2023) malam.

Kegiatan blue light patrol dengan sasaran tempat-tempat yang dianggap rawan aksi kejahatan atau gangguan kamtibmas.

Pada kegiatan itu pula, Kapolsek Banguntapan dan anggotanya juga menyambangi pos kamling guna menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada awak kalming. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

23 April 2023

Ada Tambal Ban Gratis di Pos Pam Druwo

Polres Bantul dan Pemkab Bantul mempersiapkan berbagai sarana fasilitas layanan kesehatan dan perbaikan kendaraan bagi pemudik yang melintas di Jalan Parangtritis Ring Road Selatan.

Adapun fasilitas kesehatan yang disediakan di Pos PAM Druwo berupa pemeriksaan tensi, pemberian vitamin, dan layanan konsultasi personel pengaman dan pemudik. Untuk fasilitas perbaikan kendaraan yang diberikan bagi pemudik seperti ban bocor dan kendaraan mogok yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, mengatakan fasilitas perbaikan kendaraan ini beroperasi selama 24 jam, sedangkan fasilitas kesehatan dibuka dari pagi pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Kapolres mengatakan kedua layanan ini akan tersedia hingga 1 Mei 2023 mendatang dan tentunya fasilitas ini tidak dipatok biaya alias gratis.

"Layanan kesehatan bisa dimanfaatkan untuk cek kesehatan dan beristirahat. Tambal ban gratis sudah banyak dimanfaatkan masyarakat," katanya Sabtu (22/4/2023).

Muhammad Siroji yang melaksanakan tugas tambal ban dan perbaikan kendaraan itu mengaku diajak oleh Polres Bantul untuk melancarkan arus mudik selama Lebaran ini. Bagi pemudik yang mengalami masalah kendaraan bisa memanggil layanan ini.

"Bisa servis gratis dan tidak ada pembayaran kecuali ganti spare part kendaraan," katanya.

Sejak dibuka pada 17 April lalu sebanyak 40 sampai 50 pemudik sudah memanfaatkan layanan ini di antaranya tambal ban dan ganti aki. Kalau kendaraan yang bermasalah jauh dari Pos PAM Druwo, pemudik bisa memanggil layanan ini ke lokasi.

"Keliling, kami panggilan juga. Selama ini masih seimbang banyak mobil dan motor. Biasanya tambal ban atau ganti aki," katanya.