30 June 2023

100 Anggota Polres Bantul Dapat Kenaikan Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi

Sebanyak 100 anggota Polres Bantul dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya terhitung mulai tanggal 1 Juli 2023.

Upacara korps raport kenaikan pangkat digelar di halaman Mapolres Bantul, Jumat (30/6/2023).

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan bertindak sebagai Irup dalam upacara yang dihadiri Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti, PJU Polres Bantul, Kapolsek Jajaran, Ketua Bhayangkari Cabang Bantul, serta seluruh anggota Polres Bantul yang mendapat kenaikan pangkat beserta istri tersebut.

Adapun rincian anggota yang mendapat kenaikan pangkat adalah sebagai berikut: 1 pers naik dari AKP ke Kompol Pengabdian, 2 pers naik dari Iptu ke AKP, 52 pers naik dari Aipda ke Aiptu, 1 pers naik dari Bripka ke Aipda, 24 pers naik dari Briptu ke Brigadir serta 20 pers naik dari Bripda ke Briptu.

Dalam upacara tersebut, juga dilaksanakan pelepasan purna tugas anggota Polres Bantul Semester I tahun 2023 sebanyak 25 personel.

Kapolres Bantul, dalam amanatnya mengatakan, kenaikan pangkat merupakan wujud penghargaan negara atas prestasi dan pengabdian yang ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan, sekaligus merupakan suatu kehormatan dan pengakuan serta bukan merupakan hak setiap anggota.

“Oleh karena itu saya mewakili keluarga besar Polres Bantul mengucapkan selamat kepada 100 personel yang hari ini melaksanakan korps raport kenaikan pangkat,” katanya.

Kapolres berharap, dengan pangkat yang baru dapat memotivasi untuk lebih meningkatkan profesionalisme dan prestasi dalam bekerja.

Kepada 25 personel terbaik Polres Bantul yang purna tugas, Kapolres juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala dedikasi, pengabdian, dan dharma bakti yang sudah diberikan untuk Polres Bantul.

“Kami doakan semoga dalam menjalani masa purna bakti, saudara sekalian selalu diberikan kesehatan, keberkahan dan kebahagiaan bersama keluarga tercinta, serta dapat melanjutkan pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.
 

Polsek Bantul Gelar Safari Salat Jum'at di Masjid Khalid Bin Walid Karasan

Polsek Bantul bersama Kanit Binmas AKP Sukarto dan anggota melaksanakan giat Safari Salat Jum'at bersama warga masyarakat di Masjid Khalid Bin Walid Karasan Palbapang Bantul, Jum'at (30/6/2023).

Pada pelaksanaan Salat tersebut, sebagai Imam dan Khotib Ipda Zaenal Mustaqim (Panit Binmas Polsek Bantul).

Dengan kehadiran Polisi ditengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat dirasakan oleh warga, tercipta situasi wilayah yang aman dan kondusif, sehingga warga masyarakat bisa dengan tenang dalam menjalankan ibadah. Terlihat personel membaur bersama jamaah, dan dengan hikmat mendengarkan khotbah Salat Jumat yang disampaikan oleh Ipda Zaenal Mustaqim (Panit Binmas Polsek Bantul).

Usai Salat Jum'at, dilanjutkan dialog dan curhat kamtibmas dengan petugas Takmir Masjid, jamaah/warga,  serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, menghimbau untuk kebersamaan dalam harkamtibmas. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Ciptakan Situasi Kondusif, Polsek Bantul Intensifkan Giat Patroli Malam

Untuk mewujudkan situasi Kamtibmas tetap kondusif, Polsek Bantul rutin gelar Patroli Malam, hingga menjelang pagi.
 
Giat Patroli bertujuan cegah dan deteksi dini agar gangguan Kamtibmas tidak terjadi.

Dipimpin Aiptu Sudarko, Patroli difokuskan kepada aktifitas warga dimalam hari, tempat yang rawan terjadi gangguan Kamtibmas serta sambang Obyek Vital dan pemukiman warga, Kamis (29/6/2023).

Kapolsek Bantul AKP Riyan Permana Putra  S.I.K., M.H.mengatakan bahwa untuk memberikan rasa aman dan nyaman Kepada masyarakat, Polsek Bantul selalu rutin melaksanakan giat Patroli wilayah, baik siang maupun malam hari.

Selain berpatroli, anggota juga diperintahkan untuk berdialog dengan masyarakat, guna menampung informasi terkait kamtibmas diwilayah Kapanewon Bantul.

“Dengan rutin melaksanakan Patroli, diharapkan masyarakat merasa terlindungi atas kehadiran Polri ditengah-tengah aktivitasnya dan pelaku kejahatan yang hendak melancarkan aksi, dapat mengurungkan niatnya", tuturnya . (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Sambang Kamling, Sampaikan Pesan Kamtibmas

Dalam melaksanakan tugas Kepolisian melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat dan guna lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, anggota Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Polsek Bantul Bripka Pikur Eri Rusdiana,SH laksanakan Patroli dan sambang dialogis, sekaligus sampaikan himbauan kamtibmas.

Dalam giatnya kali ini, Bripka Pikur Eri Rusdiana,SH bergantian menyambangi warga yang sedang jaga di Pos Kamling di Dusun Jetis Sumuran Palbapang, Poskamling Dusun Serut Rt 5 Palbapang dan Dusun Poskamling Jedingan Peni Palbapang Bantul, Kamis (29/6/2023) malam.

Pada kesempatan dialognya, Bripka Pikur Eri Rusdiana,SH menyampaikan pesan kamtibmas secara langsung dan himbauan untuk senantiasa koordinasi dan kerjasamanya dalam harkamtibmas.

"Kedekatan Polri dengan masyarakat seperti inilah yang diharapkan, dengan menyampaikan himbauan dan edukasi kepada warga diwilayah binaan, segala permasalahan yang ada, bisa terdeteksi sedini mungkin, serta diharapkan Kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas akan lebih dikenal warga masyarakat dan sekaligus menyerap aspirasi warga yang berkaitan dengan situasi kamtibmas," tutur Bripka Pikur.

"Dengan kegiatan sambang dialogis seperti ini, dapat meningkatkan kemitraan antara Polri dengan warga masyarakat untuk bersama-sama dalam rangka harkamtibma",  pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Patroli Polsek Kasihan Ingatkan Warga Parkir Kendaraan Tempat Aman

Patroli Polsek Kasihan dipimpin Kanit Samapta Iptu M Riyadi  melaksanakan patroli di wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul, Kamis (29/6/2023) malam.

Sebagai upaya mengurangi terjadinya aksi kejahatan curanmor, Polsek Kasihan meningkatkan kegiatan patroli pada jam-jam rawan aksi kejahatan.

Kegiatan patroli kali ini sasarannya adalah mobil atau motor yang terparkir di halaman rumah kontrakan atau kos. Petugas juga mengingatkan pemiliknya untuk memarkir di tempat yang aman.

“Sebagai petugas keamanan kita harus peduli terhadap kamtibmas di lingkungan masyarakat. Saat kita laksanakan tugas patroli menemukan kendaran terparkir di luar rumah langsung kita ingatkan pemiliknya. Hal ini merupakan upaya awal untuk mencegah terjadinya curanmor,” kata Iptu M Riyadi.
 

Sambut Hari Bhayangkara ke-77, Polri Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Jajaran Polres Bantul mengikuti agenda doa bersama lintas agama dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 secara virtual melalui zoom meeting bertempat di Masjid Gede Mataram Kotagede Banguntapan Bantul, Jumat (30/6/2023).

Kapolres Bantul AKBP Ihsan didampingi Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti dan sejumlah tokoh agama hadir di lokasi.

Doa bersama yang dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara ini dihadiri langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Adapun tema doa bersama adalah 'Merajut Nasionalisme dan Toleransi Beragama Guna merawat Kebhinekaan dalam Bingkai Persatuan dan Kesatuan Bangsa untuk Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju'.

Selain doa bersama, ada juga penganugerahan lomba bidang keagamaan dan revitalisasi situs budaya/agama.

Dalam sambutannya melalui zoom meeting, Kepala Biro Perawatan Personel SSDM Polri Brigjen Anwar mengatakan lomba bidang keagamaan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 ini diikuti oleh seluruh agama perwakilan dari polda di seluruh Indonesia. Lomba ini sudah dilakukan pada 13 Juni hingga 27 Juni.

"Polri telah melaksanakan lomba berkaitan dengan bidang keagamaan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 yang diikuti oleh seluruh agama perwakilan dari polda seluruh Indonesia, di mana telah dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 13 Juni-27 Juni 2023," ujar Anwar.

Tak hanya itu, Polri juga telah menyelenggarakan kegiatan revitalisasi situs budaya/agama. Anwar mengatakan kegiatan itu dilakukan agar situs budaya atau agama tetap dijaga dan tidak mengalami penurunan kualitas.

"Pada kesempatan peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun ini juga telah diselenggarakan kegiatan revitalisasi situs budaya/agama dengan maksud agar situs budaya/agama tetap dijaga dan dirawat supaya tidak mengalami degradasi/penurunan kualitas, potensi fisik maupun nilai pentingnya yang disebabkan oleh kerusakan," ujarnya.

"Selain itu agar situs budaya/agama dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal maka dapat dilakukan kegiatan revitalisasi dengan menggandeng stake holder terkait dan ahli pada bidangnya," sambung Anwar.
 

Polsek Piyungan Laksanakan Patroli Antisipasi Tindak Kejahatan

Anggota Polsek Piyungan melaksanakan Patroli antisipasi terjadinya tindak kejahatan pada malam hari di wilayah Hukum Polsek Piyungan Bantul, Kamis (29/6/2023) malam.

Kegiatan patroli tersebut dipimpin oleh Pawas Iptu Giyarto dengan sasaran kantor perbankan serta sambangi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang ada di wilayah Piyungan.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah dan menghindari terjadinya tindakan kejahatan pembobolan dan aksi skimming ATM serta akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang akan menggunakan ATM pada malam hari.

Dalam pelaksanaan patroli selain di kantor perbankan dan ATM, anggota juga melaksanakan patroli dengan menyambangi tempat tempat rawan lainnya seperti pemukkman penduduk dan Objek Vital agar keamanan tetap terjaga dan kondusif. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
 

Polsek Banguntapan Amankan Lomba Karnaval Takbir Idul Adha 1444 H

Agenda tahunan setiap hari raya Idul Adha, diadakan lomba karnaval takbir semarak Idul Adha 1444 H. Lomba karnaval takbir memperebutkan piala bergilir Gubernur DIY. Dan event kali ini merupakan yang ke 27 penyelenggaraan Karnaval takbir, star dari Lapangan Potorono dan Finish di lapangan Jambidan, Kamis (29/06/2023).

Berkenan membuka star mulai lomba karnaval takbir semarak Idul Adha 1444 H di Kapanewon Banguntapan oleh Wakil Bupati Bantul Drs. H. Joko Purnomo bersama Istri Wabup dan didampingi Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa, Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH, Danramil diwakili Serka Maryanto, Lurah Potorono Prawata dan Bhabinkamtibmas Potorono Aipda Maryadi.

Karnaval takbir semarak Idul Adha ke 27 merupakan kegiatan untuk syiar islam dan meningkatkan ukhuwah islamiyah. Mengembangkan kreasi generasi muda dan semangat kebersamaan. Kegiatan diselenggarakan oleh IRM Jambidan dan diikuti 24 kelompok.

Anemo masyarakat yang cukup tinggi dan untuk menciptakan ketertiban dan kelancaran arus Lalu Lintas Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH pimpin langsung pengamanan karnaval takbir. Pengamanan dibantu oleh Linmas, SAR DIY dan Kokam ditempatkan pada perempatan yang rawan kemacetan.

Kegiatan karnaval takbir finish di lapangan Jambidan berjalan dengan aman dan tertib tidak ada gangguan kamtibmas.
 

Maknai Hari Bhayangkara Ke-77, Kapolres Bantul dan Personel Ziarahi Taman Makam Pahlawan

Menyambut Hari Bhayangkara ke-77, Polres Bantul melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Bantul, Jumat (30/6/2023).

Didampingi Wakapolres serta seluruh PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Bantul, Kapolres Bantul AKBP Ihsan memimpin acara ziarah ini.

Kapolres menjelaskan akan pentingnya mengenang dan mengingat jasa-jasa para pahlawan.

Termasuk para anggota Polri yang telah gugur saat menjalankan tugasnya.

"Karena beliau-beliau ini juga menekankan nilai-nilai keberanian, dedikasi dan pengabdian. Tentunya hal ini yang harus terus dijunjung tinggi oleh seluruh anggota Polres Bantul," jelasnya.

Dalam acara ziarah, para peserta membawa rangkaian bunga sebagai simbol penghormatan sekaligus penghargaan kepada pahlawan.

Dengan khidmat, mereka berjalan menyusuri Taman Makam Pahlawan sembari menaburkan bunga di makam para pahlawan.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini tidak hanya sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan.

Tetapi juga sebagai ajakan kepada seluruh masyarakat untuk terus mengenang dan menghargai perjuangan mereka.

"Dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, semangat dan semangat pahlawan harus terus hidup dalam diri setiap anggota Polri serta masyarakat umum," ujarnya.

Dengan dilaksanakannya acara ziarah dan tabur bunga ini, Polres Bantul mengharapkan semangat Bhayangkara tetap berkobar dan menjadi landasan dalam menjalankan tugas kepolisian demi keamanan dan ketertiban masyarakat.
 

Polsek Sedayu Pengamanan Takbir Keliling di Kalurahan Argomulyo

Personel Polsek Sedayu melaksanakan kegiatan pengamanan takbir keliling dalam rangka merayakan Hari Raya Idhul Adha 1444 H di wilayah Kalurahan Argomulyo, Sedayu, Bantul, Kamis (29/6/2023) malam.

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh.

Kapolsek Sedayu menyampaikan bahwa kegiatan takbir keliling ini diikuti 19 peserta dari masing-masing pedukuhan di Kalurahan Argomulyo.

"Takbir keliling ini diikuti 19 peserta dari masing-masing pedukuhan, adapun rute yang akan dilalui start dari halaman kampus UMBY dan finis di Dusun Srontakan" Ucap Kapolsek.

Dalam kegiatan takbir keliling tersebut mendapatkan pengamanan dari Polsek Sedayu, Linmas dan Ormas mitra Kamtibmas Kalurahan Argomulyo yang ditempatkan di titik-titik persimpangan jalan yang dilalui peserta takbir. (Humas Polsek Sedayu)  
 

29 June 2023

Rayakan Idul Adha 1444 H, Polres Bantul Gelar Salat Id dan Penyembelihan Hewan Kurban

Keluarga Besar Polres Bantul, Kamis (29/6/2023) pagi, melaksanakan ibadah salat Idul Adha 1444 H di Masjid Baitun Nikmah Polres Bantul. Setelah kegiatan yang berlangsung khusuk tersebut, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yaitu dua ekor sapi dan satu ekor kambing.

Penyembalihan hewan kurban dilakukan di halaman Masjid Baitun Nikmah dan langsung didistribusikan ke warga masyarakat di sekitar lingkungan Polres Bantul.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK yang didampingi PJU Polres Bantul menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan kurban.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengatakan, katauladanan Nabi Ismail AS patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena poin utamanya adalah pengorbanan yang dilakukan dengan ketulusan. Begitu pula pengorbanan dalam pelaksanaan tugas.

Selanjutnya, Kapolres juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud syukur dan salah satu ajaran dalam agama Islam.

“Semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadikan amal barokah yang diridhoi Allah SWT,” ucap Kapolres.

Kapolres berharap, kegiatan keagaamaan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara Kepolisian dengan masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah hukum Polres Bantul. (Humas Polres Bantul)

Polsek Banguntapan Pengamanan Salat Idul Adha 1444 H

Anggota Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan salat Idul Adha 1444 H di wilayah Kapanewon Banguntapan, Bantul pada Rabu (28/6/2023) dan Kamis (29/6/2023).

Pengamanan tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat umat Islam dalam merayakan Idul Adha 1444 H.

Polsek Banguntapan dalam melaksanakan pengaman dibantu dari Koramil Banguntapan, Linmas, FPRB dan Kokam.

Sementara itu, Kapolsek Banguntapan Kompol Irwantoro SH mengatakan bahwa perayaan hari raya Idul Adha 1444 H di wilayah Kapanewon Banguntapan aman kondusif. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Bantul Berikan Pengamanan Malam Takbiran dan Salat Idul Adha 1444 H

Polsek Bantul melaksanakan pengamanan malam takbiran hari raya Idul Adha 1444 H di wilayah Kapanewon Bantul, Bantul, Rabu (28/6/2023) malam.

Kapolsek Bantul AKP Riyan Permana Putra S.I.K  MH mengatakan, selain melakukan pengamanan malam takbiran, personel Polsek Bantul juga akan mengamankan salat Idul Adha pada keesokan harinya.

“Selain mengamankan malam takbiran, kami juga akan mengamankan salat Id besok pagi,” ujarnya.

Menurutnya, pengamanan dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Islam pada perayaan Idul Adha 1444 H. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Polsek Imogiri Pengamanan Pawai Takbir Idul Adha 1444 H di Sriharjo

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno M.Kom CEH CHFI memimpin pengamanan pawai takbir di Sriharjo, Imogiri, Bantul, Rabu (28/6/2023) malam.

Pawai takbir tersebut diselenggarakan dalam rangka hari raya Idul Adha 1444 H.

Hadir Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, Lurah Sriharjo Titik Istiyawatun Khasanah SIP dan Karang Taruna Kalurahan Sriharjo.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 13 kelompok peserta dari wilayah Kalurahan Sriharjo.

Sementara itu, dalam pengamanan tersebut Polsek Imogiri menerjunkan personelnya dengan dibantu dari FPRB, Linmas dan Koramil Imogiri. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Wakapolsek Kasihan bersama Forkopimkap Pantau Perayaan Malam Takbiran Idul Adha 1444 H

Wakapolsek Kasihan AKP Sukris Sigit menghadiri acara pertemuan bersama Forkopimkap guna memantau perayaan malam takbiran menyambut hari raya Idul Adha 1444 H wilayah Kapanewon Kasihan, yang digelar di Aula Kapanewon Kasihan, Bantul, Selasa (27/6/2023).

Hadir di antaranya Panewu Kasihan, Danramil, Kepala KUA Kasihan, Kepala Puskesmas Kasihan 1 dan 2, perwakilan Paksikaton, RAPI dan FKPM.

Kegiatan ini dipimpin oleh Panewu Kasihan dengan agenda pantauan malam takbiran Idul Adha 1444 H di wilayah Kapanewon Kasihan.

Harapannya kegiatan malam takbiran berjalan lancar dan perayaan hari raya Idul Adha 1444 H situasi kamtibmas aman kondusif.

Setelah kegiatan pertemuan, dilanjutkan patroli bersama memantau situasi kamtibmas di wilayah Kapanewon Kasihan. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Polsek Sedayu Pengamanan Salat Idul Adha di Masjid Al Inayah Plawonan

Anggota Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan kegiatan ibadah Salat Idul Adha 1444 H di Masjid Al Inayah, Dusun Plawonan, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Kamis (29/6/2023) pagi.

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S.Pd I MM mengatakan, pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam yang akan melaksanaan ibadah salat Idul Adha.

“Pengamanan ini agar kegiatan ibadah salat Id berjalan aman dan lancar, mengingat banyaknya jamaah yang mengikuti salat Idul Adha. Sedangkan lokasi masjid berada di pinggir jalan raya Jogja – Wates. Maka untuk kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan para jamaah diperlukan pengamanan serta pengaturan lalu lintas,” kata Kapolsek. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Polsek Pleret Berikan Pengamanan Salat Idul Adha di Masjid Al-Huda Karanganom

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonokromo Bripka Nur Rohman bersama anggota Unit Lantas Polsek Pleret melaksanakan pengamanan salat Id pada hari raya Idul Adha 1444 H di Masjid Al-Huda Dusun Karanganom, Wonokromo, Pleret, Bantul, Kamis (29/6/2023) pagi.

Pada pelaksanaan salat Idul Adha di masjid tersebut, banyaknya jamaah yang hadir  hingga meluber ke bahu jalan raya. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan petugas Polsek Pleret melakukan pengamanan serta pengaturan lalu lintas.

"Atas nama jamaah Masjid Al-Huda, kami mengucapkan terima kasih kepada Polsek Pleret atas pengamanan salat Idul Adha. Sehingga para jamaah dapat melaksanakan salat dengan khusuk dan nyaman," tutur Ketua Takmir Masjid. (Polsek Pleret Polres Bantul)

Kapolsek Pleret Imbau, Takbir Keliling dengan Tertib dan Patuhi Surat Edaran Bersama

Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani S.I.Kom MM memberikan imbauan kepada warga masyarakat yang melaksanakan takbir keliling menyambut Idul Adha 1444 H agar tetap menjaga ketertiban, serta mematuhi Surat Edaran Bersama tentang pelaksanaan takbiran dan salat Idul Adha 1444 H di wilayah Kabupaten Bantul.

Seperti yang terlihat di Simpang empat Jejeran, Pleret Bantul pada Rabu (28/6/2023) malam. Kapolsek Pleret secara humanis mengimbau rombongan takbiran yang kedapatan menggunakan kendaraan bak terbuka (truk dan mobil pick up) dengan sound system yang keras.

“Imbauan kita berikan agar mereka tertib, mematuhi aturan lalu lintas dan melaksanakan sesuai Surat Edaran Bersama,” tegasnya.

Dalam Surat Edaran tersebut disebutkan, agar masyarakat Bantul melaksanakan takbiran hari raya Idul Adha 1444 H di masjid atau mushola dengan tetap menjaga ketertiban di lingkungan masing-masing. Kemudian untuk kegiatan takbir keliling, kendaraan yang digunakan harus memenuhi syarat teknis dan layak jalan, antara lain STNK terdaftar, knalpot tidak blombongan atau harus standar pabrikan, kelengkapan kendaraan lengkap dan syarat lainnya yang berlaku.

Selain itu, pengeras suara (sound system) diatur sehingga tidak mengganggu masyarakat lainnya. (Polsek Pleret Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan bersama Forkopimkap Gelar Rakor Terkait Kegiatan Malam Takbiran Idul Adha 1444 H

Forkopimkap Banguntapan menggelar rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan malam takbiran hari raya Idul Adha 1444 H, di Pendopo Kapanewon Banguntapan, Bantul, Selasa (27/6/2023).

Rakor tersebut dipimpin Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa S.Psi M.Psi bersama Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH dan Danramil Banguntapan Kapten CHB Hermanto. Serta dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat dan FKUB Kapanewon Banguntapan.

Dalam rakor tersebut disampaikan Surat Edaran Bersama tentang pelaksanaan takbiran dan salat Idul Adha 1444 H. Antara lain, pelaksanaan takbir keliling dan lomba takbiran paling lama sampai dengan pukul 23.00 WIB. Pelaksanaan takbiran hanya dilaksanakan di lingkup Kapanewon.

Kemnudian, selesai lomba takbiran, peserta kembali ke rumah masing-masing dengan tidak membunyikan pengeras suara atau sound system. Peserta takbir keliling dan lomba takbir dilarang membawa senjata tajam, minuman keras, petasan, mercon, obor api, kembang api dan barang lain yang membahayakan keselamatan orang lain.

Pengeras suara atau sound system diatur sehingga tidak mengganggu masyarakat.

Selain itu, panitia lomba takbiran memberitahukan kegiatan lomba takbir keliling paling lambat 3 hari sebelum pelaksanaan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kanit Lantas Polsek Imogiri Hadiri Rakor bersama Forkopimkap Imogiri

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno M.Kom CEH CHFI yang diwakili Kanit Lantas AKP Kartiman menghadiri rapat koordinasi (Rakor) bersama Forkompimkap Imogiri di ruang pertemuan Kapanewon Imogiri, Bantul, Selasa (27/6/2023).

Rapat tersebut dipimpin Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP dan dihadiri perwakilan dari Dinas Kebudayaan Bantul, Danramil Imogiri diwakili Pelda Suyanto, perwakilan KUA Imogiri, Ketua Forcip Ir. Sudaryanto, Lurah dan Puskesmas.

Dalam rapat tersebut membahas rencana kegiatan prosesi Kirab Siwur yang akan dilaksanakan pada hari Kamis (17/7/2023) mendatang.

Terkait kegiatan itu Kanit Lantas AKP Kartiman menyampaikan kesiapannya dalam pengamanan demi lancarnya kegiatan Kirab Siwur tersebut. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

28 June 2023

Polsek Banguntapan Pengamanan Malam Takbir Idul Adha 1444 H

Sebagian besar masyarakat wilayah Kapanewon Banguntapan malam ini, Selasa tanggal 27 Juni 2023, menyambut hari Raya Idul Adha 1444 H dan melaksanakan takbiran.

Sebagai penanggung jawab Kamtibmas Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH menempatkan anggota untuk memberikan pelayanan dan pengamanan takbiran.

Kapolsek Banguntapan menyampaikan agar anggota Polsek Banguntapan memberikan himbauan boleh takbiran namun keluar wilayah apalagi menggunakan sound yang bervolume sangat keras, Maksimal selesai takbiran pukul 23.00 WIB dan menjaga ketertiban serta saling menghormati antar warga masyarakat.

Wilayah Kapanewon Banguntapan yang mengadakan takbiran keliling diantaranya Masjid Al-Ittihad Ketandan dan Padukuhan Mantup Baturetno.

Forkompinkap Banguntapan Pantau langsung malam takbiran Idul Adha 1444 H. Takbiran wilayah Kapanewon Banguntapan berlangsung dengan aman dan tertib serta saling menjaga toleransi beragama antar masyarakat.
 

Kapolsek Sewon Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Idul Adha 1444 H

Apel kesiapan pengamanan malam takbiran Idul Adha 1444 Hijriyah di wilayah hukum Polsek Sewon di gelar di halaman Mako Polsek Sewon, Selasa (27/06/2023) malam.

Kegiatan apel ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri Widiyanto S.H.,M.Si., yang dihadiri oleh personil Polsek Sewon. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kesiapan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukum polsek Sewon jelang pelaksanaan malam takbiran Idul Adha 1444 Hijriyah.

” Meski sudah kita sampaikan Himbauan kepada masyarakat dan takmir masjid bahwa giat takbir keliling dilaksanakan di lingkungan, tidak keluar dari wilayah dan tidak diperkenankan mempergunakan kendaraan bermotor atau kendaraan terbuka dan mobil, namun malam ini tetap kita antisipasi bila mana masih ada yang mempergunakan kendaraan bermotor atau kendaraan terbuka dan mobil , ” ucap Kapolsek.

Personel telah di ploting dan diturunkan untuk memantau situasi sambil pengamanan di setiap titik yang telah ditentukan dan guna mengantisipasi kegiatan masyarakat lainnya di wilayah Hukum Polsek Sewon.

Sebelum mengakhiri arahannya Kapolsek Sewon juga berpesan kepada seluruh personel agar tetap mengedepankan tindakan persuasif dan humanis, ajak masyarakat untuk tetap jaga keamanan lingkungan imbuh Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)
 

Kapolsek Imogiri Pimpin Langsung Pengamanan Sholat Idul Adha 1444

Kapolsek Imogiri polres Bantul Kompol Suharno MKom, CEH. CHFI pimpin langsung pengamanan Sholat idhul adha di wilayah hukum Polsek Imogiri.

Kapolsek Imogiri mengungkapkan untuk wilayah Kapanewon Imogiri pada hari Rabu 28 Junj 2023 ada beberapa tempat yang digunakan untuk melaksanakan sholat Idul adha 1444 H.

Kegiatan tersebut diantaranya di laksanakan di Lapangan bekas pasar Imogiri dengan Imam khotib Drs H Saebani MM, di Lapangan Kenyaen Girirejo  H Amrori SAg, lapangan Demi Wukirsari Nurhadi Wijaya SAg,  Halaman SDN Kebonagung H Muh Yusuf Dwi P, Lapangan Lanteng Selopamioro dengan Imam khotib Rungky Haryanto MPDI.  serta halaman Kalurahan Karangtengah dengan Imam Khotib Arif Widodo SIP,

Dalam melaksanakan pengamanan Polsek Imogiri bersama Relawan Kokam, Form, Pemuda Gereja Materdei selesai berjalan aman. (Humas polsek Imogiri)
 

Polsek Bantul Laksanakan Giat Pengamanan Malam Takbir Idul Adha 1444 H

Polsek Bantul melaksanakan pengamanan Takbir Keliling guna menjaga ketertiban dan kelancaran acara Takbir Malam Idul Adha di wilayah Kapanewon Bantul pada Selasa (27/6/2023) malam.

Pengamanan dilaksanakan dengan mengatur arus kendaraan warga masyarakat yang melakukan takbir keliling agar tidak terjadi kemacetan akibat penumpukan kendaraan. 

"Secara umum, pelaksanaan takbir keliling di wilayah Kapanewon Bantul berjalan dengan aman dan tertib," kata Kapolsek Bantul AKP Riyan Permana Putra. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Pengamanan Sholat Idul Adha Polsek Sewon

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat saat pelaksanaan shalat Idul Adha di wilayah Kapanewon Sewon, Polsek Sewon Polres Bantul hari ini , Rabu (27/06/2023), pagi, menerjunkan personilnya untuk melakukan pengamanan di Mesjid-mesjid, maupun lapangan sebagai tempat yang dilaksanakannya shalat idul Adha 1444 H.

Salah satu pengamanan sholat Idul Adha yang di laksanakan oleh Polsek Sewon yang berada di lapangan sepak bola Kalurahan Timbulharjo jalan Margorejo, Cangkringmalang, Timbulharjo Sewon Bantul oleh Bhabinkamtibmas Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH yang bersinergi dengan Babinsa Koramil 04 Sewon Serka Basuki.

Usai melaksanakan kegiatan pengamanan tersebut Aiptu Ibnu Wakhid SH mengatakan lapangan Kalurahan Timbulharjo setiap tahunnya dipergunakan untuk sholat Idul Adha maupun Idul Fitri, dengan jumlah jamaah yang cukup banyak.

" Setiap tahunnya lapangan Timbulharjo dipergunakan untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri maupun Idul Adha, sebagai penyelenggara diprakarsai oleh organisasi kepemudaan Putra Melati Selanggen, Takmir masjid At Taufiq Selanggen dan PRM Timbulharjo" jelas Aiptu Ibnu Wakhid.

Bhabinkamtibmas Timbulharjo juga menambahkan pengamanan ini dilaksanakan mengingat banyaknya jamaah yang mengikuti sholat Ied, sedangkan lokasi berada di pinggir jalan raya, maka untuk kelancaran arus dan keselamatan para jamaah diperlukan pengaturan lalulintas.
 

Polsek Kasihan Pengamanan Salat Idul Adha 1444 H

Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan kegiatan ibadah Salat Idul Adha 1444 H di wilayah Kapanewon  Kasihan, Bantul, Rabu 28/6/2023

Kapolsek Kasihan, AKP Nandang Rochman mengatakan, pengamanan Salat Id  dilaksanakan di beberapa tempat, baik lapangan maupun masjid yang ada di wilayah Kasihan.

“Pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam pada pelaksanaan ibadah Salat Id,” katanya.

Ada beberapa lokasi yang menggelar Salat Id antara lain di Lapangan Madukismo, Lapangan SLBN 1 Bantul, Lapangan Tamantirto, Lapangan Sembungan, Lapangan Kalipucang, Lapangan Parkir Wisata Jalan Kasongan, Lapangan Bathok Bangunjiwo, Lapangan Ngenthak Bangunjiwo, Lapangan Karangjati Bangunjiwo, Lapangan Asriharjo Bangunjiwo, Halaman UMY Tamantirto danHalaman Komplek Perguruan Mutiara Persada.

"Personel yang diturunkan melakukan pengamanan baik terbuka berseragam polisi maupun pengamanan tertutup," jelas dia.
 

Personel Polsek Piyungan Amankan Shalat Idul Adha 1444 H

Personel Polsek Piyungan menggelar pengamanan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 H dibeberapa tempat di wilayah Kapanewon Piyungan Bantul, Rabu (28/6/2023) pagi.

Kegiatan pengaman yang dilakukan oleh personel Polsek Piyungan ini dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha.

Dengan kehadiran anggota Polsek Piyungan dalam pengamanan ini, merupakan wujud komitmen Polri yang hadir untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kegiatan masyarakat khususnya sholat Idul Adha 1444 H dapat berjalan lancar, aman dan kondusif.

Adapun tempat Shalat Idul Adha yang mendapatkan pengamanan Polsek Piyungan antara lain Lapangan Sudarsono Petir Srimartani, Lapangan Piyungan Srimulyo, Jalan Baru "Dalam Anyar Payak" Srimulyo dan Lapangan Tegalyoso Sitimulyo. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
 

Kapolsek Kasihan Pimpin Apel Siaga Malam Takbiran dan Idul Adha 2023

Polsek Kasihan  Polres Bantul mengelar apel siaga dalam rangka pengamanan malam Takbir dan  Hari Raya Idul Adha 2023  di wilayah hukum Polsek Kasihan  yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman SH MH , Selasa  (27/6/2023) pukul 19.30 WIB.

Apel siaga dilaksanakan di halaman Mapolsek Kasihan  dan diikuti oleh Kapolsek Kasihan , Wakapolsek, para Kanit, Kasi, Ka SPKT dan anggota Polsek Kasihan

Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman SH MH  menyampaikan, bahwa malam ini kita mengamankan malam Takbir Hari Raya Idul Adha di wilayah Hukum Polsek Kasihan . Terima kasih atas semangat semua peserta apel malam hari ini.

Anggota agar tetap menghimbau kepada warga untuk tidak melaksanakan kegiatan takbir keliling  sesuai anjuran pemerintah. Termasuk kegiatan sholat Idul Adha besok pagi silahkan anggota melakukan patroli pemantauan di masjid-masjid dan lapangan  yang melaksanakan kegiatan ibadah Sholat Idul Adha.

Selain itu, dengan kegiatan patroli tersebut agar warga yang melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha merasa aman dan nyaman.

Selesai kegiatan apel, Kapolsek Kasihan  langsung memimpin patroli memantau pelaksaan takbiran serta antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Polsek Kasihan.
 

Polsek Sedayu Pengamanan Takbir Keliling Idul Adha 1444 H

Personel Polsek Sedayu melaksanakan kegiatan pengamanan takbir keliling dalam rangka merayakan Hari Raya Idhul Adha 1444 H di wilayah Kalurahan Argorejo, Sedayu, Bantul, Selasa (27/6/2023) malam.

Kegiatan pengamanan diawali dengan apel kesiapan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S. Pd.I., MM di aula Polsek Sedayu.

Dalam arahannya Kapolsek Sedayu menyampaikan, mari laksanakan tugas ini dengan keikhlasan dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Untuk pelaksanaan giat pengamanan tersebut, personil Polsek Sedayu di tempatkan di beberapa titik dan ruas jalan di Wilayah Kapanewon Sedayu yang akan di lalui oleh peserta takbir keliling. (Humas Polsek Sedayu) 

Polsek Sedayu Pengamanan Salat Idul Adha 1444 H

Untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan salat Idul Adha 1444 H, personel Polsek Sedayu menggelar pengamanan di wilayah Kapanewon Sedayu, Bantul, Rabu (28/6/2023) pagi.

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh,S.Pd.I.,MM menyampaikan pengamanan salat Idul Adha 1444 H ini di lakukan untuk menciptakan situasi yang aman dan nyaman kepada warga masyarakat yang hendak melakukan salat Idul Adha.

Adapun sasaran pengamanan tempat yang di gunakan untuk salat Idul Adha di Kapanewon Sedayu antara lain Lapangan Hibrida Argomulyo Sedayu, Halaman Masjid kampus UMBY,  Masjid Nurul khasanah Argomulyo dan Lapangan Argodadi.

Dalam melaksanakan pengamanan tersebut, personil Polsek Sedayu telah di plotting di masing-masing tempat ibadah yang akan di gunakan untuk salat Idul Adha, sehingga pelaksanaan ibadah salat Idul Adha 1444 H dapat berjalan secara aman dan nyaman. (Humas Polsek Sedayu)
 

Polsek Bantul Laksanakan Giat Pengamanan Pelaksanaan Salat Idul Adha 1444 H

Personel Polsek Bantul mengamankan ibadah salat Idul Adha 1444 H di wilayah Kapanewon Bantul, Rabu (28/6/2023).

Kapolsek Bantul, AKP Riyan Permana Putra, melalui Kasihumas Aiptu Endang Susilowati mengatakan, tujuan pengamanan tersebut untuk mengantisipasi adanya kriminalitas, memberikan rasa aman, dan kelancaran bagi para jamaah.

"Petugas siap melakukan pengamanan di lokasi sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman menjalankan ibadah tanpa adanya hambatan mengganggu kekhusu`an jamaah," ucapnya.

Ada beberapa lokasi yang menggelar salat id di wilayah Bantul, di antaranya di Lapangan Trirenggo, Alun-Alun Paseban, Lapangan Ringinharjo, Lapangan Guyengan dan Lapangan Keyongan.

"Personel yang diturunkan melakukan pengamanan baik terbuka berseragam polisi maupun pengamanan tertutup," jelas dia. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Personel Polsek Pleret Amankan Festival Takbir Keliling Idul Adha 1444 H

Personel Polsek Pleret laksanakan pengamanan Festival takbir keliling Idul Adha 1444 H yang diselenggarakan oleh PHBI Kal Pleret dalam rangka Hari Raya Idhul Adha 1444 H dengan tema Kejayaan Mataram Islam (Sultan Agung) di Lapangan Sultan Agung,Pleret,Bantul, Selasa (27/6/2023) malam.

Kegiatan pengamanan diawali dengan apel kesiapan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani,S.I.Kom,M.M di halaman Mapolsek Pleret.

Dalam arahannya Kapolsek Pleret menyampaikan,mari laksanakan tugas ini dengan keikhlasan dan penuh rasa tanggung jawab.Banyak warga masyarakat yang akan ikut serta dan menyaksikan di sepanjang rute takbir keliling untuk itu laksanakan pengaturan arus agar tidak terjadi krodit sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Personil Polsek Pleret menempati posnya masing-masing di beberapa titik dan ruas jalan di Wilayah Kapanewon Pleret yang akan di lalui oleh peserta takbir keliling. (Polsek Pleret Polres Bantul)
 

Polsek Srandakan Terjunkan Anggotanya Amankan Tempat Salat Idul Adha 1444 H

Personel Polsek Srandakan melaksanakan pengamanan salat Idul Adha 1444 H di berbagai tempat di wilayah hukum Polsek Srandakan, Rabu (28/06/2023).

Kapolsek Srandakan Kompol Gunardi Tejamurti mengatakan, tujuan pengamanan tersebut untuk mengantisipasi adanya kriminalitas, memberikan rasa aman, dan kelancaran bagi para jamaah.

"Petugas siap melakukan pengamanan di lokasi sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman menjalankan ibadah tanpa adanya hambatan mengganggu kekhusu`an jamaah," ucapnya.

Ada beberapa lokasi yang menggelar salat id di wilayah Srandakan, di antaranya di Lapangan Kedungbule, Lapangan Poncosari, Lapangan Mangiran, Lapangan Bendo, Lapangan SD Koripan, Oro-oro Pandansimo dan Lapangan Nengahan.

"Personel yang diturunkan melakukan pengamanan baik terbuka berseragam polisi maupun pengamanan tertutup," jelas dia.

Gunardi juga mengucapkan terimakasih kepada personel yang telah melaksanakan pengamanan yang direncanakan selama dua hari ke depan dari malam takbir dan keesokan harinya melaksanakan pengamanan salat Idul Adha.

“Dan ini merupakan salah satu layanan kami kepada masyarakat,” tandasnya. (Sihumas Polsek Srandakan)
 

Polres Bantul Salurkan Hewan Kurban ke Sejumlah Masjid dan Ponpes di Bantul

Polres Bantul menyerahkan hewan kurban sejumlah 11 ekor kambing dan dua ekor sapi ke beberapa pondok pesantren, masjid dan panti asuhan di wilayah Kabupaten Bantul, menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1444 H, Selasa (27/6/2022).

Penyerahan hewan kurban dilakukan langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK didampingi Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti Prihandini SIK MM beserta PJU Polres Bantul, di halaman Masjid Baitun Nikmah Polres Bantul.

Kapolres Bantul mengatakan, ibadah kurban tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial dan sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa keikhlasan.

"Di hari raya Idul Adha kali ini kami menyalurkan hewan kurban sebanyak 11 ekor kambing dan dua ekor sapi," kata Kapolres.

Hewan kurban berupa dua ekor sapi masing-masing diserahkan ke Masjid Baitun Nikmah Polres Bantul dan Masjid Al Mutaqim, Dlingo, Bantul. Hewan kurban diterima oleh perwakilan pengurus takmir masjid.

Sementara penyaluran hewan kurban 11 ekor kambing diserahkan ke Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak Sewon, Pondok Pesantren Az Dzikro Imogiri, Pondok Pesantrel Al Anwar Palbapang dan Masjid Agung Mataram Kotagede. Masing-masing menerima dua ekor kambing.

Selain itu, tiga ekor kambing lainnya diserahkan ke Pondok Pesantren Al Imdad Pajangan, Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Bantul dan Panti Asuhan Annur Ringinharjo.

Belasan hewan kurban tersebut merupakan swadana dari anggota Polres Bantul yang berkurban. Sebelum disalurkan hewan-hewan kurban itu telah diperiksa petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul dan dinyatakan sehat.

"Sebelum kami kirim hewan-hewan tersebut sudah dinyatakan sehat dengan surat keterangan oleh dinas terkait," tandas Kapolres.

Aniaya Pelajar, Mahasiswa di Bantul Diamankan Polisi

Batang Kayu Yang Digunakan Pelaku
Seorang mahasiswa berinisial VWK (20) warga Srandakan Bantul harus berurusan dengan polisi lantaran diduga telah melakukan tindak pidana penganiayaan.

Korbannya adalah MNF (16) warga Srandakan Bantul yang masih berstatus pelajar.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengkonfirmasi, kejadian tersebut berlangsung di Jalan Srandakan, Padukuhan Gunungsaren, Kalurahan Trimurti, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul pada Selasa (27/6/2023) pukul 02.00 WIB.

"Akibat kejadian tersebut korban dibawa ke rumah sakit UII untuk dilakukan perawatan," kata Jeffry.

Adapun motif penganiayaan itu terjadi disebabkan adanya rasa tersinggung seusai saling menyalip saat mengendarai sepeda motor.

"Kala itu, korban berboncengan dengan saksi 1, RA (16) menggunakan sepeda motor Honda Scoopy warna merah dan melaju dari arah barat ke timur," tuturnya.

Kemudian, sesampainya di tempat kejadian perkara, korban dihadang oleh pelaku dan temannya menggunakan motor Honda PCX warna merah.

Lalu, pelaku tersebut turun dari kendaraannya dan memukul korban menggunakan batang kayu hingga mengenai kepala korban.

"Pelaku itu masih diperiksa di polsek setempat. (Atas tindakan itu, pelaku) bisa dikenakan Pasal 351 tentang penganiayaan," tandas Jeffry.

 

Ganggu Ketertiban Umum, Polisi Tilang 5 Kendaraan Saat Malam Takbiran

Polres Bantul menindak 5 pelanggar peraturan lalu lintas yang terjadi pada malam takbiran, Selasa (27/6/2023) malam.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, melalui Kasihumas, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, kendaraan yang ditilang adalah tiga unit kendaraan bak terbuka dan dua unit sepeda motor.

“Tindakan terpaksa dilakukan petugas lantaran para pengemudi melanggar Surat Edaran Bersama Pelaksanaan Takbiran dan Salat Hari Raya Idul Adha 1444 H,” katanya pada Rabu (28/6/2023).

Larangan yang dilanggar antara lain, pengunaan pengeras suara yang mengganggu masyarakat serta penggunaan knalpot blombongan. Bahkan ada yang nekat mengangkut anak kecil di kendaraan terbuka.

Kendati sempat diamankan di Mapolres Bantul, kendaraan yang ditindak selanjutnya dilepas, usai pengendara membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

“Apabila kembali melanggar, maka kendaraan akan ditahan hingga sebulan ke depan,” tegasnya.

Ia menjelaskan tindakan penertiban ini dilakukan karena pengendara sudah menggangu ketertiban umum. Polres Bantul tidak melarang adanya pelaksanaan takbiran asalkan sesuai aturan.

"Intinya sudah sangat menggangu ketertiban umum. Juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan, maupun mencegah terjadinya gesekan antar warga," terangnya.

Adanya perbedaan penentuan waktu Hari Raya Idul Adha, sehingga pelaksanaan malam takbir sebanyak dua kali. Untuk itu, bagi warga yang akan melaksanakan takbir keliling pada malam hari nanti, diimbau untuk menjaga ketertiban umum.

“Kami mengimbau, bagi warga masyarakat yang akan melakukan takbir keliling supaya tertib dan tidak melanggar surat edaran bersama,” tandasnya.


 

27 June 2023

Polres Bantul: Boleh Takbiran, Asalkan Sesuai Dengan Surat Edaran


Kapolres Bantul AKBP Ishsan SIK menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama perwakilan Panitia Lomba Takbir se Kabupaten Bantul dalam rangka kesiapan pengamanan malam takbir dan salat Idul Adha 1444 H, di Aula Wira Pratama Polres Bantul, Selasa (27/6/2023).

Kegiatan rakor tersebut juga dihadiri Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti Prihandini S.I.K MM, Kabagops Polres Bantul Kompol Sumanto, Kasat Intelkam Polres Bantul AKP Joko Nugroho dan Kapolsek jajaran.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Bantul menyampaikan bahwa rakor ini digelar untuk menyatukan presepsi, demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman kondusif pada malam takbiran menyambut hari raya Idul Adha 1444 H.

“Rakor ini untuk menyatukan persepsi, yaitu demi terciptanya kamtibmas yang aman kondusif pada malam takbiran menyambut hari raya Idul Adha 1444 H, baik yang dilaksanakan malam hari ini atau pun besok,” kata Kapolres.

Sementara itu, dalam rakor tersebut menyepakati beberapa hal berdasarkan Surat Edaran Bersama Bupati Bantul, Kapolres Bantul, Damdim Bantul, Kepala Kemenag Bantul dan Ketua MUI Bantul tentang pelaksanaan takbiran dan salat Idul Adha 1444 H di wilayah Kabupaten Bantul. Antara lain, pengeras suara (sound system) diatur sehingga tidak mengganggu masyarakat. Peserta takbir keliling dan lomba takbiran dilarang membawa senjata tajam, minuman keras, petasan, mercon, obor api, kembang api, dan barang-barang lainnya yang membahayakan keselamatan orang lain.

Kemudain, kendaraan yang dipergunakan harus memenuhi syarat teknis dan laik jalan (tidak menggunakan knalpot blombongan/brong).

Selesai kegiatan lomba takbiran, peserta kembali ke rumah masing-masing dengan tidak membunyikan pengeras suara atau sound system.

Pelaksanaan Takbir Keliling dan Lomba Takbiran di malam hari paling lama sampai dengan pukul 23.00 WIB. (Humas Polres Bantul)

Operasi Cipta Kondisi Jelang Idul Adha 1444 H, Polsek Pleret Gelar Razia Miras dan Petasan

Guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman bagi masyarakat pada malam takbiran Idhul Adha 1444 H, Kapolsek Pleret AKP Titik Esthi Handayani S.I.Kom MM memimpin operasi cipta kondisi (cipkon) dengan sasaran miras (minuman keras) dan petasan, Selasa (27/6/2023).

Kegiatan operasi cipta kondisi dengan sasaran miras dan petasan di wilayah Kapanewon Pleret, Bantul.

Dalam kegiatan tersebut petugas mendatangi sejumlah rumah warga yang diduga mengoplos atau memperjualbelikan minuman keras. Namun setelah diadakan penggledahan tidak ditemukan adanya minuman beralkohol maupun barang berbahaya lainnya, seperti pesatan.

“Meskipun dalam operasi ini tidak diketemukan miras maupun petasan, kami berpesan kepada warga masyarakat jika mengetahui adanya tempat penjual miras atau petasan di wilayah Pleret, silahkan melaporkan ke Polsek Pleret. Kami jamin kerahasiaannya dan laporan itu akan kami tindaklanjuti," kata AKP Titik. (Polsek Pleret Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimartani Hadiri Penyuluhan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimartani Aipda Anwar Yasin menghadiri kegiatan penyuluhan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Aula Balai Kalurahan Srimartani, Piyungan, Bantul (27/6/2023) siang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tenaga ahli psikologi DP3APPKB Kabupaten Bantul Rizqi Karomatul Khoiroh S.Psi MA, Jawatan Sosial Kapanewon Piyungan Marsono SE, KUA Piyungan Nur Abadi S.Ag M.Si, Lurah Srimartani H. Mulyana, Babinsa Srimartani Sertu Israil, Satgas PPA Srimartani dan Kader Kesehatan.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang penanganan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Rizqi Karomatul Khoiroh menyampaikan, dampak psikologis kekerasan pada perempuan dan anak, kekerasan terhadap perempuan memiliki dampak psikologis yang buruk seperti trauma, reaksi fisik, keinginan bunuh diri dan berbagai reaksi negatif lainnya.

Namun hal itu dapat dicegah sejak dini melalui peran keluarga dalam upaya perlindungan anak dengan menerapkan pola asuh yang responsif kepada anak, serta mengajak komunikasi yang efektif dalam keluarga.

“Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah faktor penyebab tayangan kekerasan seks pornografi di media sosial, perkembangan IT internet gadget, sistem sosial masyarakat yang masih banyak mengandung gander,” ujarnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat melindungi perempuan dan anak, serta memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis yang ditujukan untuk mencapai kesetaraan gender seperti berkurangnya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Anggota Polsek Kasihan Laksanakan Apel Pengamanan Kunker RI-2 di Wilayah DIY

Anggota Polsek Kasihan yang dipimpin Kanit Lantas Polsek Kasihan AKP Boidi mengikuti kegiatan apel pengamanan jalur VVIP kunjungan kerja (kunker) RI-2 di wilayah DIY. Apel digelar di halaman Kampus Mercubuana, Sedayu, Bantul, Senin (26/6/2023) siang.

Dalam arahan apel yang diikuti oleh TNI-Polri itu, disampaikan bahwa pengamanan jalur VVIP RI-2, agar anggota yang terlibat pengamanan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab dan sesuai ploting.

Sementara itu, Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman SH MH berpesan kepada anggotanya anggotanya agar melakukan pengamanan dengan body sistem.

“Mari kita laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab,” pesannya. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Hadiri Rakor Tingkat Kalurahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistiyono SH menghadiri rapat koordinasi (rakor) di Aula Balai Kalurahan Tamantirto, Kasihan, Bantul, Senin (27/6/2023).

Kegiatan ini terkait sosialisasi program kerja Pemerintah Kalurahan kepada masyarakat Kalurahan Tamantirto, serta Musrenbang Kalurahan RPJM Kalurahan. Tujuannya untuk melakukan evaluasi pendampingan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat, serta mengkoordinasikan kegiatan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Tamantirto, Carik Kalurahan Tamantirto, Kasi Pem Desa Tamantirto, Ketua Karang Taruna Tamantirto, Ketua Bamuskal, Ketua TP PKK Tamantirto, Ketua FPRB, Dukuh, Ketua Pokgiat Tamantirto, Ketua RT dan tokoh masyarakat. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Hadiri Pelantikan Dukuh Talkondo

Kapolsek Srandakan yang diwakili Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali.Murtopo menghadiri pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Dukuh Talkondo di Pendopo Kalurahan Poncosari, Srandakan, Bantul, Senin (26/6/2023) siang.

Dukuh yang dilantik yakni Ibu Vivin Indrawati SE setelah dinyatakan lolos seleksi.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pemilihan Pamong Dukuh, yakni Carik Poncosari Bapak Sunu Pambuko  mengatakan bahwa terhitung tanggal 26 Juni 2023 Ibu Vivin Indrawati telah dinyatakan sah sebagai Dukuh Talkondo

untuk itu lurah Kalurahan membentuk tim seleksi pemilihan pamong yang bekerjasama dengan akademika APMD Yogyakarta

“Tahapan-tahapan sudah dilaksanakan sesuai ketentuan mulai dari penjaringan , pendaftaran sampai ujian seleksi. Setelah lolos seleksi dan direkomendasi Lurah Poncosari Supriyanto SE.SPt, Ibu Vivin Indrawati dilantik menjadi Dukuh Talkondo," tandas Supriyanto.

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Sambangi Pos Kamling

Dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat dan guna lebih mendekatkan diri dengan warganya, Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Bripka Pikur Eri Rusdiana SH secara rutin melaksanakan patroli dan sambang di wilayahnya.

Kegiatan kali ini, Senin (26/6/2023) malam, Bhabinkamtibmas Bripka Pikur Eri Rusdiana  menyambangi warga yang sedang ronda di pos kamling.

Adapun pos kamling yang disambangi yaitu di Dusun Pokoh, Dusun Taskombang, Dusun Jedingan, Dusun Peni, Dusun Prenggan, Dusun Karangasem, Kalurahan Pabapang, Bantul.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Pikur Eri Rusdiana menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

“Dengan kegiatan sambang seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kemitraan antara Polri dengan masyarakat dalam menjaga kamtibmas yang aman kondusif,” ujarnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Polres Bantul Tidak Larang Takbir Keliling Idul Adha 1444 H, Asalkan Tertib

Polisi akan mengawal kegiatan takbiran keliling di seluruh wilayah Kabupaten Bantul. Polres Bantul tidak melarang kegiatan malam takbiran Idul Adha 1444 H asalkan dilakukan secara tertib.

Kegiatan takbiran menjadi tradisi masyarakat menyambut hari raya Idul Adha. Kegiatan tersebut kerap dilakukan masyarakat baik di masjid-masjid terdekat maupun keliling di jalan.

"Kita tidak pernah melarang masyarakat yang akan melaksanakan takbir keliling. Kita akan amankan dan kita kawal supaya lebih tertib,” ujar Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK di Mapolres Bantul, Selasa (27/6/2023).

Namun demikian, pihaknya memberikan beberapa rekomendasi untuk pelaksanaan takbir keliling pada Hari Raya Idul Adha 1444 H.

"Kami merekomendasikan pelaksanaan lomba takbir keliling dengan batas waktu maksimal pukul 23.00 WIB. Setelah pelaksanaan lomba, diharapkan para peserta untuk langsung kembali ke wilayah atau rumah masing-masing, dan selama perjalanan pulang tidak membunyikan musik yang berlebihan," tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, diperlukan peran tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan seluruh elemen masyarakat untuk mengkampanyekan kegiatan takbir keliling yang tertib dan tidak mengganggu kenyamanan, keamanan, dan keselamatan masyarakat.

Kapolres menambahkan, untuk pengamanan malam takbiran, seluruh anggota Polres maupun Polsek jajaran dikerahkan. Titik-titik vital yang dapat menimbulkan kemacetan, dan kerawanan yang lainnya menjadi perhatian Polisi.

"Kita juga imbau kepada masyarakat untuk tetap santun dan senantiasa mentaati peraturan lalu lintas saat mengikuti kegiatan tersebut," tandas Kapolres. (Humas Polres Bantul)

Polsek Kasihan Patroli KRYD Malam Hari Kontrol ATM, Cegah Kejahatan

Polsek Kasihan melaksanakan Patroli  KRYD Malam Hari Kontrol ATM Center Cegah Kejahatan Perbankan Dan Berikan Himbauan Kamtibmas Kepada Petugas Keamanan, Senin (26/06/2023) malam.

Patroli KRYD Polsek Kasihan dipimpin oleh Panit Samapta Aiptu Gunawan menyasar  obyek vital (Obvit) di wilayah Kapanewon Kasihan.

Ditemui tempat terpisah Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman SH MH mengatakan patroli malam hari ini dilaksanakan guna mencegah terjadinya tindak kriminalitas.

“Di samping itu juga melaksanakan patroli dialogis dan mengimbau kepada petugas keamanan apabila melaksanakan tugas malam hari agar berhati-hati dan waspada terhadap tindak kejahatan perbankkan dan terhadap orang yang gerak geriknya mencurigakan,” katanya.

Selain itu petugas patroli juga melaksanakan pengecekan mesin ATM dan memastikan bahwa mesin ATM dalam keadaan aman, tidak ada indikasi bahwa mesin ATM dipasangi alat pembobol uang nasabah atau skimming. Petugas patroli juga menghimbau kepada para nasabah untuk selalu berhati–hati dalam membawa uang yang baru diambil dari ATM.
 

Polisi di Bantul Revitalisasi Situs Budaya dan Agama Jelang Hari Bhayangkara ke-77

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar program revitalisasi situs budaya atau agama di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77, salah satunya yakni Masjid Gede Mataram Kotagede terletak di Kalurahan Jagalan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diketahui, Masjid Gedhe Mataram telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Situs pada 2007, seperti dikutip dari laman Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 77 ini menggagas program nasional, yaitu revitalisasi situs budaya atau agama.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait revitalisiasi situs budaya atau agama yang akan dikerjakan kepolisian di tempat situs agama tersebut.

Menurut Kapolres Bantul, salah satu aspek yang akan dikerjakan Polres Bantul untuk merealisasikan program revitalisasi situs budaya atau agama di Masjid Gede Mataram adalah aspek fisik.

“Aspek fisik, dengan melaksanakan bakti sosial, dan kerja bakti bersih-bersih di area Masjid Gede Mataram,” ujar AKBP Ihsan, Selasa (27/6/2023).

Selain itu, kepolisian juga akan melakukan pengecatan di area Masjid Gede Mataram tersebut.

Menurut AKBP Ihsan, revitalisasi ini bertujuan merawat kebhinekaan. Selain itu, juga untuk melestarikan situs budaya atau agama tersebut agar tetap eksis.

“Kemudian ada pesan dari revitalisasi ini, supaya khalayak tergerak, bahwa di tempat daerah tempat tinggal mereka punya situs bersejarah yang perlu dilestarikan,” pungkas AKBP Ihsan.
 

26 June 2023

Polres Bantul Paparkan Konsep Uji SIM C Tanpa Pola Zig-zag dan Angka 8

Polres Bantul membuat konsep baru ujian praktik pembuatan surat izin mengemudi atau SIM untuk kendaraan bermotor roda dua. Warga tidak perlu lagi bermanuver angka 8 dan zig-zag saat menjalani ujian SIM C. Sebelum diberlakukan, konsep itu akan diusulkan ke Markas Besar Polri untuk mendapat persetujuan.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK mengatakan, pembuatan konsep baru itu berawal dari keresahan melihat banyaknya kejadian kecelakaan lalu lintas di Bantul.

”Rata-rata hampir setiap tahun itu berkisar 1.500 kasus kecelakaan lalu lintas sehingga tentunya perlu kita evaluasi,” katanya saat pemaparan pelaksanaan Uji Praktik SIM Satpas Polres Bantul, Senin (26/6/2023).

Ihsan menyebut, kecelakaan lalu lintas di Bantul didominasi kendaraan roda dua. Sekitar 51 persen kecelakaan disebabkan faktor manusia. Beberapa di antaranya minimnya pengetahuan soal rambu lalu lintas, kurangnya konsentrasi, dan kecerobohan dalam berkendara.

”Inilah yang mendasari kami melakukan perbaikan terkait ujian praktik SIM,” ujarnya.

Menurut Ihsan, alasan lainnya adalah ujian praktik SIM selama ini tidak linier dengan ujian teori. Dalam ujian teori, warga diuji pengetahuan soal rambu lalu lintas, marka jalan, dan sebagainya. Namun, dalam ujian praktik, prosesnya hanya menitikberatkan pada keterampilan berkendara.

”Pada saat praktik, selama ini lebih ke skill (keterampilan), bagaimana keterampilan melewati angka delapan, kemudian zig-zag,” ujarnya.

Ihsan memaparkan, konsep baru ujian SIM C itu menekankan kompetensi berkendara yang berkait dengan tiga aspek, yakni pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Selain itu, ujian SIM juga menjadi sarana edukasi bagi warga tentang rambu-rambu lalu lintas.

”Ujian ini juga praktis karena tes yang kami laksanakan itu satu rangkaian,” ucapnya.

Ihsan menjelaskan, rangkaian ujian praktik itu diawali dengan peserta ujian SIM naik ke sepeda motor, lalu memasang helm. Pemasangan helm harus dilakukan dengan benar hingga terdengar bunyi klik.

Setelah itu, peserta harus mengendarai sepeda motor di lintasan sempit. Lebarnya hanya sekitar 60 sentimeter.

Di lintasan tersebut, peserta harus mengendarai sepeda motornya secara seimbang. Dia tidak boleh menurunkan kakinya.

”Ini untuk menilai keseimbangan atau keterampilan dalam mengendarai motor,” kata Ihsan.

Sesudah itu, peserta akan dihadapkan pada lampu lalu lintas. Saat lampu merah menyala, peserta harus berhenti di belakang garis stop.

”Pengendara yang berhenti di depan garis stop tentunya akan mendapat pengurangan nilai. Kondisi di lapangan, banyak pemotor yang berhentinya melewati garis stop,” tutur Ihsan.

Setelah lampu hijau menyala, peserta bisa lanjut berjalan dan diharuskan berbelok ke arah kiri. Sebelum berbelok, dia harus menyalakan lampu sein untuk memberi tanda pada pengendara di belakangnya.

Kemudian, peserta akan dihadapkan U-turn atau putaran balik. Sebelum putar balik, peserta harus menghentikan laju sepeda motor, lalu menengok ke kanan dan kiri untuk memastikan tidak ada kendaraan lain yang melintas.

Sesudah itu, peserta dihadapkan pada dua jalur, yakni cepat dan lambat. Di situ juga terdapat rambu yang memerintahkan pengendara kendaraan roda dua untuk masuk ke jalur lambat. Oleh karena itu, peserta mesti mengarahkan sepeda motornya ke jalur lambat.

”Banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua lalu masuk ke jalur cepat. Ini sering menyebabkan kecelakaan sehingga kami buat ada jalur cepat dan jalur lambat untuk edukasi pada masyarakat,” ungkap Ihsan.

Sementara itu, Wakapolda DIY, Brigjen Pol. R. Slamet Santoso, saat hadir di lokasi mengatakan, konsep tersebut sebenarnya masih berada dalam tahap pengajuan kepada Mabes Polri.

Pihaknya pun berencana mengembangkan konsep tersebut di tingkat Polda DIY.

"Kami ajukan dahulu, mudah-mudahan dalam waktu yang singkat dan dalam tempo yang secepat-cepatnya itu bisa berlaku di seluruh nasional," katanya saat menghadiri pelaksanaan Uji Praktik SIM Satpas Polres Bantul.

Di sisi lain, sejak beberapa tahun yang lalu untuk pelaksanaan ujian teori SIM itu sudah berubah.

Di mana, sebelumnya berup textbook, kini menjadi electronic audio video integrated system.

Selanjutnya, hal itu disinkronkan di Polres Bantul antara pelaksanaan ujian teori dan ujian praktik.

"Materinya yang banyak dikeluhkan dari masyarakat itu kan terkait dengan pola zig-zag dan angka delapan. Ujian teori itu sudah disinkronkan dengan ujian praktik yang ada di sini sehingga ada beberapa hal yang kami tidak berlakukan dan tidak laksanakan pada ujian teori," tutur Brigjen Pol. R. Slamet Santoso.

"Dalam konsep uji praktik itu, (uji zig-zag dan angka delapan) di-skip, kemudian diubah dengan yang lain. Di antaranya itu, sudah mewakili dari uji keseimbangan reaksi dan perilaku pengendara," imbuh dia.

Artinya, terkait dengan materi ujian SIM saat ini, pihaknya menyebut ada lima item yang bakal dijadikan alat penilaian untuk menentukan lulus tidaknya peserta ujian SIM.

Di antaranya adalah keseimbangan, perilaku pengendara, reaksi dan ketrampilan lainnya.

Ia menyampaikan, konsep uji SIM C yang berbeda itu diusung berdasarkan analisis dan evaluasi kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Kabupaten Bantul.

Di mana, terdapat sejumlah kecelakaan kendaraan roda dua yang disebabkan oleh hampir 51 persen manusia.

"Entah dari segi knowledge-nya, skill, maupun attitude-nya. Kami tadi sudah diskusi tentang konsep ini dengan para ahli yang ada di wilayah DIY," urai Brigjen Pol. R. Slamet Santoso.

Dalam kesempatan itu,  Dosen Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus Aktivis Pusat Study dan Transportasi Universitas Gadjah Mada, Pangesti Wiedarti, menyampaikan bahwa konsep uji SIM yang baru ini merupakan konsep uji SIM terbaik dan menyesuaikan dengan beberapa negara lain berupa Taiwan, Austalia, maupun Jepang.

"Semoga naskah bisa segera disusun dan diusulkan ke tingkat nasional, namun harus melalui beberapa tahap yang berjenjang dan bisa dipedomani serta dipahami oleh masyarakat sehingga bisa lebih tertib berlalu lintas," tandasnya.