Polres Bantul Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Posted by tribratanewsbantul on 10:57

Kepolisian Resor Bantul melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, di halaman Mapolres Bantul, Kamis (1/6/2023) pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakapolres Bantul, Kompol Sancoko Punjung Seksono SIK SH MH. Turut hadir para PJU dan perwira Polres Bantul, serta dikuti seluruh anggota Polres Bantul.

Sebelum amanat upacara dibacakan, Wakapolres Bantul membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Selanjutnya dalam amanatnya, Wakapolres Bantul membacakan sambutan Gubernur DIY. Disampaikan bahwa secara lini waktu, generasi milineal inilah yang akan menduduki posisi kepemimpinan pada saat “Indonesia Emas“ di tahun 2045 nanti, sekaligus menjadi kebangkitan bangsa seiring bonus Demografi di tahun 2030.

Inti dari Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2023 yaitu “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia” dengan kata lain, Aktualisasi Pancasila tidak akan bisa membumi, jika tetap hanya dijadikan mitos belaka.

“Dengan menjadikan Pancasila ideologi praktis maka setiap perbedaan dapat diselesaikan secara damai dan bermartabat, karena memiliki landasan nilai atas dasar prinsip musyawarah dan mufakat,” kata Wakapolres.

Dengan peringatan hari lahir Pancasila ini, lanjutnya, sebagai upaya menumbuhkembangkan nilai-nilai luhur Pancasila agar tertanam di dalam jiwa masyarakat Indonesia, terutama bagi para kawula muda untuk bisa berkiprah dalam mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Usai upacara di halaman Mapolres Bantul, kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Aula Wira Pratama Polres Bantul. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:57

0 komentar:

CB