31 July 2023

Lulusan Si Prodi PKJR UNY Dengan Predikat Cumlaude IPK 3.71 Lulus Seleksi Penerimaan Bintara Polri

Pilah sampah merupakan program unggulan dari Karangtaruna dusun Sindet Jetis Bantul sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, sebuah Program yang di inisiasi oleh seorang pemuda aktif lulusan SI Fakultas Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PKJR) Universitas Negeri Yogyakarta bernama David Luky Hermawan atau yang sehari-harinya disapa David.

David adalah adalah putra dari pasangan Bapak Tugiyo yang bekerja sebagai buruh harian dan Ibu Sutini, sebagai anak ketiga dari tiga bersaudara David merupakan anak yang cerdas dan kreatif juga aktif dalam organisasi kepemudaan yang ada di dusunnya.

Selain memiliki prestasi akademik yang luar biasa, lulus UNY cumloade dengan IPK 3,71, David  juga  memiliki prestasi olahraga yang patut diajungi jempol, pernah mendapatkan juara 2 atletik lari no 1500 m POMDA DIY 2018, lanjut tahun 2019 kembali meraih juara 2 atletik lari 1500 m PORDA DIY XV, ditahun yang sama kembali meraih juara 3 atletik lari 800 m PORDA DIY.

Tentu saja prestasi akademik dan Olahraga ini menjadi modal David dalam mewujudkan cita-citannya menjadi seorang Polisi, David mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi menjadi bintara Polri jalur prestasi.
 
Bapak Tugiyo dan Ibu Sutini mengatakan kepada pewarta” Saya bersyukur kepada Allah SWT anak saya sekali daftar polisi langsung diterima masuk bintara Polri, saya berterima kasih kepada Polda DIY anak saya lulus seleksi bintara Polri dengan gratis tidak bayar, saya doakan anak saya David diberikan kelancaran dalam menempuh Pendidikan dan menjadi Polisi yang baik”.

“Kami tidak menyangka David bisa menjadi Polisi karena selama ikut seleksi David tidak pernah bercerita, hanya menyampaikan ingin mencari kerja, ternyata pekerjaan menjadi Polisi, saya sangat terharu, saya  mendoakan semoga kedepan Polri semakin maju dan di percaya masyarakat”pungkasnya.

Selain itu Kepala Dusun Sindet atas nama Muji Widodo mengatakan “David anak yang cerdas, aktif dilingkungan sebagai karangtaruna, banyak prestasi yang dimilikinya, keluarganya terbilang tidak mampu namun David tidak pernah putus asa, David menjadi contoh bagi warga lain di dusun kami, dan sangat menginspirasi”.

Pada kesempatan bertemu di SPN Selopamioro David juga menyampaikan” Keinginan menjadi Polisi sudah ada sejak kecil, saya pernah mengikut seleksi Bintara Polri waktu SMA namun gagal, lalu saya kuliah di UNY,  Setelah lulus kuliah saya mencoba mendaftar kembali menjadi Bintara Polri dan Alhamdulilah saya lulus tahun 2023, jika ditanya mengapa  saya tidak mendaftar yang Perwira Polri, sedangkan saya lulusan sarjana karena jurusan kuliah saya kebetulan sedang tidak ada dalam penerimaan, namun saya sangat bersyukur bisa lulus Bintara Polri dengan prestasi yang saya miliki, yang pasti saya percaya Polri melaksanakan Rekrutmen dengan sistem BETAH, yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis”.

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Bapak Dukuh Sindet, Bapak H.Pargino tetangga dekat David juga menyampaikan bahwa “kelulusan David sangat mengejutkan dan membuat haru  seluruh warga Sindet, saya  ikut menangis, ini adalah sebuah kejutan bagi warga Sindet Trimulyo Bantul, semoga memotivasi remaja lainnya” pungkasnya

Anak Buruh Tani, Dengan Prestasi Purna Paskibraka Jadi Polisi

Sosok Dani Triyanto yang saat itu masih tercatat sebagai siswa SMP memiliki angan-angan untuk menjadi Polisi. Impian tersebut kembali dikuatkan dengan perkataan dari Alm. Ayahnya bernama Madiutomo pada saat Dani masih menduduki kelas 1 SMK. 


Beliau berpesan agar kedepan bisa menaikkan derajat kedua orang tua, walaupun orang tuanya hanya seorang petani yang mengandalkan rezeki dari hasil tani, akan tetapi anaknya bisa menjadi abdi negara.

Mendengar nasihat tersebut membuat Dani tergugah untuk menjadi seorang abdi negara dengan mulai berlatih secara mandiri mempersiapkan fisik.

Binarno tetangga Dani mengatakan sejak SMK sudah rajin lari, sampai banyak tetangga yang merasa kasihan jika tidak diterima, karena tekad dan kemauannya besar.

Dani Triyanto adalah sosok anak yang bertanggung jawab, setelah ayahnya (Alm. Madiutomo) meninggal dunia karena jatuh dari pohon saat mencari pakan ternak 2 tahun yang lalu, Dani melanjutkan hidup berdua dengan Ibunya yang bernama Ratikem di sebuah rumah sederhana di wilayah Karangduwet Paliyan Gunung Kidul.

Sebagai anak buruh tani yang hidup pas-pasan, Dani sangat mengerti keadaan ibunya, disela-sela kesibukannya sebagai siswa SMK, Dani senantiasa membantu Ibunya, dengan turut membantu di sawah juga mencari pakan ternak untuk 1 ekor kambing yang dimilikinya.

Adapun prestasi yang ditorehkan oleh Dani dan menjadi hal yang membanggakan adalah pada tahun 2021 mendapatkan kesempatan menjadi Paskibraka di Kabupaten Gunung Kidul.

Meskipun pernah gagal mengikuti seleksi penerimaan Polri sekali dan TNI dua kali, tidak membuat Dani putus asa. Tekad kuat membuatnya semakin bersemangat dan pantang menyerah untuk terus berlatih.

Hingga akhirnya di tahun 2023 tepatnya tanggal 19 Juli mimpi Dani untuk menjadi Polisi terwujud, Dani lulus seleksi penerimaan bintara Polri dan mengikuti Pendidikan di SPN Selopamioro Polda DIY.

“Saya sangat bahagia dan bangga anak saya, bisa menjadi Polisi, dapat mengangkat derajat orangtuanya yang hanya seorang buruh tani, semoga anak saya lancar dalam Pendidikannya” Kata Ratikem dengan mata berkaca-kaca menahan tangis haru.

Pak Camat setempat mengucapkan selamat kepada Ibu Ratikem, Dani berhasil lolos penerimaan Bintara Polri dan semoga selama pendidikan dapat berjalan dengan lancar hingga lulus dan resmi menjadi seorang abdi negara.  

“Kedepannya kami akan kembali mengunjungi Ibu Ratikem, dan siap memfasilitasinya agar bisa hadir secara langsung disaat pelantikan esok,” ujar Pak Camat.

Di tempat terpisah Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto, S.I.K, M.H mengatakan, Dani adalah salah satu contoh remaja yang gigih untuk mewujudkan cita-citanya, akan selalu ada kesempatan sukses bagi mereka yang tidak putus asa. Tutupnya
 

Bikin Bangga, Anak Buruh Petani di Bantul Lulus Seleksi Masuk Polisi

Rasa bahagia sekaligus haru dirasakan Tugiyo (59) dan Sutini (64) , warga Padukuhan Karang Semut, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul.

Pasalnya, putra ketiga mereka David Lucky Hermawan (23) dinyatakan lolos sebagai calon Bintara Polri periode pendaftaran tahun 2023.

"Saya tidak menyangka anak saya bisa lolos masuk polisi," ucap Tugiyo, ayah David, kepada awak media di kediamannya, Senin (31/7/2023).

Ia pun sempat terkejut ketika mendengar kabar bahwa anak terakhirnya itu lolos menjadi anggota Polri.

Sebab, David sendiri tidak pernah menceritakan keinginannya untuk menjadi bagian dari Polri.

"Dia enggak pernah cerita kalau mau jadi polisi. Cuma iya, David itu suka ikut lari. Dia sering ikut lomba dan dapat juara," tutur Tugiyo.

Di samping itu, Tugiyo yang merupakan seorang buruh tani juga mengatakan bahwa sebelumnya David mengaku sedang mencari pekerjaan seusai lulus kuliah di salah satu Universitas Negeri di DIY.

"Dia enggak pernah cerita apa-apa soal itu (saat sedang mencari pekerjaan). Tiba-tiba saya sama orang rumah dikabarin kalau dia (David) lolos masuk polisi," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sutini yang sehari-hari hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga.

"Dia memang tidak pernah mau cerita kalau mau jadi polisi. Dulu waktu kecil, David memang punya cita-cita, tapi bukan jadi polisi. Waktu itu David pengen jadi pemain sepak bola. Terus waktu SMA, David pengen jadi pelari profesional," papar Sutini.

"Jujur, saya masih terharu dan tidak menyangka kalau dia menjadi polisi. Jadi polisi juga bukan keinginan atau paksaan dari keluarga, kayaknya memang keinginan David sendiri," imbuhnya.

Saat ini, David tengah menempuh pendidikan di Sekolah Polisi Negara Selopamioro.

Ia pun bersyukur, David mampu menjadi bagian anggota Polri tanpa menggunakan embel-embel uang pendaftaran.

"Biasanya kan kalau masuk polisi itu pakai uang. Nah, David ini sama sekali enggak pakai uang. Saya sangat bersyukur," urai dia.

Sementara itu, Kasubbid Penmas Bidhumas Polda DIY, AKBP Verena Sri Wahyuningsih, menegaskan bahwa pendaftaran maupun penerimaan anggota Polri secara umum tidak dikenakan biaya sepeserpun.

"Kami menggunakan Sistem Betah. Betah itu bersih, transparan, akuntabel, dan humanis. Itu yang harus diyakini oleh masyarakat semua bahwa pendaftaran polisi itu tidak menggunakan uang," ujarnya.

"Jadi kalau berniat mendaftar polisi silahkan persiapkan saja apa yang menjadi persyaratan untuk bisa lolos menjadi anggota polisi. Baik itu secara jasmani, akademik maupun lain sebagainya," tandasnya.


 

Terlibat Laka Lantas di Pleret, Warga Magelang Meninggal Dunia

Personel Unit Lalu Lintas Polsek Pleret mendatangi TKP Kejadian laka lantas di Jalan Jejeran-Pleret, Wonokromo, Pleret, Bantul, Senin (31/7/2023).

Kanit Lantas Iptu Mugiyono mengatakan, dalam kecelakaan tersebut melibatkan antara Sepeda motor Honda Kharisma AA 3211 NA dengan Sepeda motor Yamaha Vixion warna merah. Akibatnya, pengendara Honda Kharisma an.Ridwan (41) warga Magelang, Jawa Tngah meninggal dunia.

"Korban meninggal dunia saat perjalanan ke rumah sakit karena mengalami luka parah di bagian kepala belakang. Dan diduga, kecelakaan ini terjadi lantaran kurang hati-hati pengendara hingga hilang kendali," jelas Iptu Mugiyono.

Kasus ini masih dalam penanganan pihak kepolisian. Dan selanjutnya kasus kecelakaan ini ditangani oleh Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul. (Polsek Pleret Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonolelo Hadiri Sosialisasi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wonolelo Aiptu Supomo menghadiri giat Sosialisasi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi di Gedung Paud Dusun Cegokan RT 02, Wonolelo, Pleret, Bantul, Senin (31/7/2023).

Kegiatan sosialisasi keluarga berencana dan kesehatan  reproduksi dengan narasumber Petugas Puskesmas Pleret diikuti oleh Lurah Wonolelo dan Ibu-Ibu Kader PKK.

Kegiatan Sosialisasi Keluarga berencana dan Kesehatan Reproduksi bertujuan untuk membangun tingkat kesadaran setiap keluarga, bukan hanya dari kaum wanita melainkan juga dari pihak pria sebagai kepala keluarga.

Penyuluhan kesehatan reproduksi ini berfokus pada pemenuhan hak-hak reproduksi. (Polsek Pleret Polres Bantul)
 

Rumah Warga di Padukuhan Badegan Bantul Terbakar, Kerugian Capai Rp30 juta.

Sebuah musibah kebakaran menimpa satu rumah milik warga Padukuhan Badegan, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Senin (31/7/2023)).

Kepala Seksi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, kebakaran yang menimpa rumah milik Sarjiyo (63) itu terjadi pada Senin (31/7/2023) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

"Kronologi kejadian berlangsung pada saat istri korban, yakni Tamiyati membuat makanan lastrek/kerupuk ketela di dapur yang dimasak menggunakan kayu bakar pada Minggu (30/7/2023) sekitar pukul 20.00 WIB," tuturnya.

Setelah itu, Tamiyati sempat bermaksud untuk beristirahat di kamar tidurnya seusai melihat jam pada pukul 23.50 WIB.

Akan tetapi, sebelum beristirahat, Tamiyati sudah memadamkan api yang dipergunakan untuk memasak tadi.

Tiba-tiba, pada Senin (31/7/2023) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, Tumiyati terbangun dan melihat dapur yang dipergunakan untuk masak itu muncul kobaran api.

Mengetahui dapurnya terbakar, Tumiyati pun membangunkan suaminya yang sudah tertidur di kamar.

"Karena panik, Tumiyati dan pemilik rumah meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api. Akan tetapi, kobaran api semakin membesar," tutur Jeffry.

Kemudian, warga di sekitar tempat tinggal koban berhamburan dan ada yang meminta bantuan BPBD Kabupaten Bantul untuk membantu menangani tragedi kebakaran itu.

Tak lama kemudian, anggota pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Bantul tiba di lokasi kejadian dan berhasil memadamkan api tersebut.

"Dari keterangan Sarjiyo dan istrinya, dimungkinkan penyebab kebakaran dikarenakan adanya percikan bara yang mengenai kayu bakar ketika dipadamkan. Sehingga membakar dua dapur yang salah satunya terbuat dari kayu," ungkap dia.

"Menurut keterangan pemilik rumah kerugian tersebut ditafsir sebesar Rp30 juta," tutupnya.
 

Kapalsek Srandakan Sambangi Kantor Panwaslu, Ini Tujuannya

Kapolsek Srandakan Kompol Gunardi Tejamurti, menyambangi kantor Panwaslu Kapanewon Srandakan, di Trimurti Srandakan Bantul, Senin (31/7/2023).

Selaim melakukan silaturahmi, hal itu dalam rangka koordinasi menjelang perhelatan demokrasi di Kapanewon Srandakan.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolsek disambut langsung Petugas Panwaslu Kapanewon Srandakan.

Kapolsek Srandakan, menyampaikan kepada petugas Panwaslu diharapkan dapat bekerjasama dan bersinergi dalam pelaksanaan tugas dalam setiap tahapan-tahapan  Pemilu dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas sehingga terciptanya situasi kamtibmas aman dan kondusif. (Humas polsek Srandakan)
 

Unit Propam Polsek Banguntapan Gelar Gaktibplin Personel

Unit Propam Polsek Banguntapan menggelar operasi Gaktibplin (Penegakan, Ketertiban dan Disiplin) personel di halaman Mapolsek Banguntapan, Senin (31/7/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kanit Propam Polsek Banguntapan, Ipda Sudaryanto.

Dalam kegiatan itu dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh personel antara lain sikap tampang, gampol, dan surat-surat kelengkapan diri seperti KTP, SIM dan KTA.

Kanit Propam Ipda Sudaryanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan anggota. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Banguntapan Amakan Kegiatan Harlah Ke-7 Brigade 9

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH memimpin pengamanan kegiatan Harlah ke-7 Brigade 9 yang menggelar ziarah di Makam Pasarean Mataram, Komplek Masjid Gede Mataram, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Minggu (30/7/2023).

Dalam kegiatan itu para simpatisan Brigade 9 agar tetap menjaga ketertiban.

“Silahkan laksanakan agenda kegiatan dengan tertib dan hormati pengguna jalan yang lain,” imbau Kapolsek.

Setelah berziarah, rombongan Brigade 9 melakukan silaturahmi ke Ponpes Nurul Hadi Gedongkuning. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Unit Binmas Polsek Piyungan Sambangi Sekolahan

Unit Binmas Polsek Piyungan melaksanakan kegiatan patroli sambang sekolahan. Diantaranya menyambangi SD Negeri Kabregan, Piyungan, Bantul, Senin (31/7/2023) pagi.

Ditemui Kepala Sekolah Mustija S.Pd, Kanit Binmas Polsek Piyungan AKP Moh Widayadi Sanani yang memimpin patroli tersebut menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas agar pihak sekolah meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan, seperti pencurian.

Selain itu, disampaikan pula apabila ada hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas di lingkungan sekolah agar segera melaporkan ke Polsek Piyungan atau menghubungi Bhabinkamtibmas.

Kegiatan patroli dan sambang tersebut sebagai wujud Polri hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya di kalangan pendidikan. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Kanit Intelkam Polsek Pleret Hadiri Pelantikan Dukuh Demangan

Kapolsek Pleret yang diwakili Kanit Intelkam Aiptu Kusbiantoro SH menghadiri acara Pelantikan Dukuh Demangan di Pendopo Kalurahan Wonokromo, Pleret, Bantul, Senin (31/7/2023).

Pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan sumpah jabatan Dukuh terpilih oleh Lurah Kalurahan Wonokromo sesuai dengan Surat Keputusan Lurah Wonokromo Nomor 49 tahun 2023 tentang Pengangkatan Dukuh Terpilih yaitu Muhammad Khaisar Ajiprasetyo SE sebagai Dukuh Demangan Kalurahan Wonokromo Kapanewon Pleret.

Dukuh terpilih Muhammad Khaisar Ajiprasetyo SE menggantikan Tugiman yang memasuki purna tugas. Pada acara tersebut diberikan cindera mata sebagai kenang-kenganan kepada Tugiman. (Polsek Pleret Polres Bantul)

Polsek Srandakan Latih Tata Upacara Bendera di SMA Ar Rahman

Anggota Polsek Srandakan yang dipimpin Kanit Intelkam AKP Parmanta memberikan materi latihan Tata Upacara Bendera kepada siswa-siswi di SMA Ar Rahman Srandakan, Bantul, Senin (31/7/2023) pagi.

Kegiatan pelatihan ini sebagai persiapan lomba upacara bendera tingkat Kabupaten Bantul.

Adapun materi latihan yang diberikan antara lain barisan peserta upacara, pembaca teks UUD 1945, pemimpin upacara dan petugas pengibar Bendera Merah Putih. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Apel Pagi Personel Polsek Bantul Dilanjutkan Gaktibplin dan Pemeriksaan Senpi

Apel Pagi Anggota Polsek Bantul, Senin (31/7/2023) di Mapolsek Bantul dilanjutkan dengan Gaktibplin dan Pemeriksaan Senpi berikut surat2 kelengkapannya, oleh Unit Propam Polsek Bantul.

Pemeriksaan senjata dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perawatan barang inventaris milik negara yang diberikan/pinjam pakai anggota Polri.

Penggunaan senjata api selalu dipantau dan tidak boleh sembarangan serta harus sesuai dengan prosedur/SOP, demikian arahan dan penekanan dari Kanit Propam Polsek Bantul. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul).
 

Ipda Zaenal Mustaqim Tauziah Kamtibmas Pada Giat Pengajian Rutin Warga

Panit Binmas Polsek Bantul Ipda Zaenal Mustaqim menghadiri sekaligus menyampaikan tausyiah dan Ceramah Kamtibmas pada giat Pengajian Rutin Ahad Paing di Masjid Bersyukur Dusun Manding Kalurahan Sabdodadi Bantul, Minggu (30/7/2023) sore hari.

Pengajian diikuti pengurus Takbir masjid bersama warga masyarakat Paguyuban ibu-ibu Jama'ah Masjid Baitussyakur Dusun Manding Kalurahan Sabdodadi Bantul.

Ipda Zaenal Mustaqim menghimbau dan mengajak kepada seluruh jamaah untuk ikut berperan aktif dalam harkamtibmas khususnya di lingkungan tempat tinggal dan saling mengingatkan/memantau terkait aktifitas dan kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak baik dalam keluwarga maupun dilingkungan masyarakat. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Pengamanan Kirab Budaya Merti Dusun

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agus S,SH  melaksanakan pengamanan kegiatan kirab budaya Kalurahan Tamantirto   di Tamantirto Kasihan , Bantul, Minggu (30/7/2023).

Dalam pengamanan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Agus S,SH  dibantu Linmas Kalurahan Tamantirto, Jaga Warga serta relawan Kalurahan Kasihan.

Kegiatan kirab tersebut dihadiri Bupati Bantul,  Forkopimkap Kasihan,  Lurah Kasihan,  beserta Pamong dan tokoh masyarakat, serta disaksikan oleh warga masyarakat Kalurahan Kasihan.

kirab Budaya  merupakan sebuah perayaan tradisi yang dilestarikan masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah alam dan kehidupan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, Kirab Budaya ini  juga untuk mempererat tali silaturahmi antar warga, membangun kebersamaan saling peduli dan menguatkan nilai-nilai sosial budaya yang diwariskan oleh para pendahulu
 

Menjadi Inspektur Upacara, Kapolsek Sewon, Ajak Siswa Raih Cita Cita Dan Jauhi Narkoba

Satu kehormatan yang baik, Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W. S.H., M.Si., selaku Inspektur upacara bendera yang di gelas rutin setiap hari Senin pada setiap minggunya di SMP Negeri 4 Sewon, Senin, (31/07/2023) pagi.

Dihadiri oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Sewon Dra.Ratna Handarini M.Pd., Guru, Karyawan dan siswa siswi SMP Negeri 4 Sewon, Panit 1 Binmas Ipda Heru Mulyono, Bhabinkamtibmas Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto, S.Psi., dan selaku perangkat upacara tim inti siswa siswi SMP Negeri 4 Sewon.

Dalam amanatnya Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W. S.H., M.Si. mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Sewon, beserta para Guru dan karyawan serta siswa-siswi dirinya bisa berkesempatan menjadi pembina upacara.

"Ini pertama kali saya menjadi pembina upacara di SMP Negeri 1 Sewon dan bisa bergabung dengan para Guru dan karyawan serta siswa-siswi SMP Negeri 4 Sewon,"ungkapnya.

Lebih lanjut dalam amanatnya Kapolsek Sewon menyampaikan ada empat hal yang wajib diketahui oleh para guru dan siswa-siswi, diantaranya peraturan berlalu lintas, dimana anak dibawah umur belum boleh untuk menggunakan kendaraan bermotor, karena pada umur 17 tahun baru bisa untuk mengajukan pembuatan SIM dalam berkendaraan harus menggunakan helm, dan jangan kebut kebutan, dan yang kedua mengenai bahaya narkoba dan minuman keras, karena barang haram dapat merusak mental, dapat terjerumus dalam tindakan kriminal dan sangsi pidananya berat bagi mereka yang kedapatan dengan sengaja mengedarkan, memakai maupun memproduksinya.

Kapolsek juga menyampaikan pesan bijaklah dalam menggunakan medsos (media sosial), jangan mudah memposting hal-hal yang belum tentu benar.

Diakhir amanatnya AKP Hanung mengajak siswa maupun siswi, jika ada yang bercita-cita mendaftar jadi Polisi atau TNI agar dipersiapkan dari sekarang baik fisik, kesehatan, dan mentalnya, kemudian untuk para Guru agar dapat menjalin hubungan silaturahmi dan selalu berkomunikasi dengan pihak Kepolisian Sektor Sewon.

"Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan diberikan kemudahan untuk menjalankan tugas baik sebagai pendidik dan kami sebagai pelindung dan pengayom masyarakat,"tutup Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)
 

Personel Polsek Sedayu Pengamanan Pengajian di Kalurahan Argosari

Personel Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan pengajian di balai Kalurahan Argosari, Sedayu, Bantul, Minggu (30/7/2023) malam.

Pengajian tersebut dalam rangka Mujahadah Dzikrul Ghofilin.

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh saat memimpin pengamanan mengatakan, sejumlah personelnya ditempatkan di beberapa titik, di antaranya kantong- kantong parkir dan jalur perlintasan jamaah menuju panggung pengajian.

"Para personel melakukan pengaturan lalu lintas, serta mengarahkan para jamaah untuk parkir kendaraannya di tempat -tempat yang telah disediakan oleh panitia", ujarnya.

Dalam melaksanakan pengamanan Polsek Sedayu juga di bantu oleh Linmas, FPRB, Banser dan relawan Kalurahan Argosari. (Humas Polsek Sedayu) 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Selopamioro Hadiri Acara Merti Dusun di Dusun Srunggo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Selopamioro Aiptu Mardikun bersama Babinsa Pelda Suyanto menghadiri acara merti dusun di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Minggu (30/7/2023).

Acara merti dusun juga dihadiri Bupati Bantul Abdul Halim muslih, Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, Lurah Selopamioro Sugeng, Dukuh Srunggo dan disaksikan warga masyarakat sekitar.

Sementara itu, pada acara tersebut juga digelar kirab dengan membawa gunungan hasil bumi, start dari Terminal Srunggo dan finish di halaman depan Goa Cerme. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Polsek Sedayu Laksanakan KRYD Dengan Polsek Pajangan

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S. Pd.I.,MM memimpin langsung Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) gabungan dengan Polsek Pajangan, Bantul, Sabtu (29/7/2023) malam.

Kegiatan di awali dengan apel di simpang 3 pasar Sungapan yang diikuti oleh personel Polsek Sedayu dan Polsek Pajangan.

Setelah apel dilanjutkan dengan patroli menyusuri route pasar Sungapan - PT. Anggun - SMP Negeri 2 - simpang Mulai - simpang Klangon - Gereja Gubug - Pertamina dan kembali ke titik awal pasar Sungapan.

Kapolsek Sedayu mengatakan bahwa kegiatan patroli tersebut untuk menciptakan rasa aman kepada masyarakat dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas seperti pencurian ataupun kejahatan jalanan. (Humas Polsek Sedayu)  
 

Polsek Sedayu Pengamanan Upacara Baritan di Dusun Cawan

Personel Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan kegiatan upacara tradisional Baritan di Padukuhan Cawan Argodadi, Sedayu, Bantul, Minggu (30/7/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Sedayu, Lurah Argodadi, Pamong Argodadi, Babinsa dan warga masyarakat sekitar.

Upacara Baritan tersebut merupakan kegiatan yang di lakukan rutin secara turun temurun setiap tahunnya.

Adapun tujuan dari upacara Baritan tersebut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki berupa hasil bumi yang melimpah. (Humas Polsek Sedayu)  
 

30 July 2023

Polsek Pleret Raih Penghargaan 'Polisi Sektor Ramah Anak' Terbaik

Polsek Pleret Polres Bantul meraih penghargaan sebagai Polisi Sektor Ramah Anak terbaik dari Pemerintah Kabupaten Bantul, karena komitmennya dalam memberikan perlindungan dan layanan yang ramah anak.

Penghargaan ‘Polsek Ramah Anak’ ini secara resmi diberikan oleh Bupati Abdul Halim Muslih saat puncak peringatan Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023, di Pendopo Manggala Parasamya I, Komplek Kantor Bupati, Minggu (30/7/2023).

Selain itu, yang membanggakan jajaran Polsek Pleret ini karena penghargaan tidak hanya dari Pemerintah Kabupaten Bantul. Polsek Pleret juga mendapatkan predikat ‘Polsek Ramah Anak’ tingkat Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta yang dalam waktu dekat ini diserahkan langsung Gubernur Sultan Hamengku Buwono X.

Bupati Bantul mengapresiasi komitmen Polsek Pleret dalam memberikan pelayanan yang sepenuhnya ramah kepada anak-anak, perempuan dan penyandang disabilitas.

"Kami apresiasi jajaran Kepolisian yang memiliki komitmen sama untuk mewujudkan Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak, bahkan layanan yang ada di Kepolisian saat ini turut menyesuaikan dengan visi-misi ini, di antaranya Polsek Pleret," kata Bupati.

Menurutnya, untuk mewujudkan Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak yang paripurna setelah pada 2023 meraih kategori utama, dibutuhkan peran dan kolaborasi dari berbagai instansi pemerintah, termasuk jajaran Kepolisian, TNI dan Kejaksaan.

"Polsek Pleret kini memiliki perhatian lebih kepada anak, dan saya berharap ini akan diikuti oleh-oleh Polsek yang lain, sangat baik kolaborasi ini, tinggal kita mengimplementasikan ini di lapangan," tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani mengatakan bahwa anak itu merupakan masa depan sebuah keluarga, masyarakat, bangsa, bahkan negara. Sehingga anak tersebut harus wajib diberikan perlindungan dan diberikan hak-hak selayaknya seorang anak.

"Untuk memperoleh predikat itu, Polsek Pleret telah memberikan sarana prasarana hak-hak anak, dalam hal ini anak yang bermasalah atau berhadapan dengan hukum, selain itu untuk mencegah anak bermasalah atau berhadapan dengan hukum tentunya kita ada beberapa inovasi," katanya.

AKP Titik menyebutkan inovasi di Polsek Pleret yaitu pendidikan etika tertib berlalu lintas baik di sekolah mulai tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Dengan demikian, selain hadir sebagai pembina upacara hari Senin, Polisi juga sebagai konsultan dalam pemecahan masalah baik dalam lalu lintas, kenakalan remaja, narkoba dan sebagainya.

“Dari sosialisasi etika berlalu lintas berhasil melatih anak-anak dalam patroli keamanan sekolah dan bisa membantu menyeberangkan teman-temannya,” jelasnya.

Selain itu, ada program Polisi Sahabat Anak (PSA) yang diadakan di Mapolsek Pleret.

“Jadi kita mengubah image bahwa kegiatan sekolah itu tidak hanya dilakukan di sekolah saja, tapi kita lakukan di Polsek, dan menanamkan kecintaan anak kepada Polisi sejak usia dini, kita tanamkan kedisiplinan terkait tentang tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Kemudian ada program ‘Siji’ atau Sinau Uji SIM. Dimana Polsek Pleret memfasilitasi anak-anak yang sudah memenuhi syarat umur untuk membuat SIM dalam hal ujian teori maupun ujian praktek secara gratis.

Di bidang pendidikan, Polsek Pleret melalui program Melek Bangun Desa Intelektual telah memberikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu untuk melanjutkan kuliah. Saat ini Polsek Pleret telah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa ‘APMD’ Yogyakarta.

Kapolsek menambahkan, di Polsek Pleret juga disediakan ruang laktasi untuk ibu menyusui, ruang bermain anak, ruang penyidikan khusus bagi anak, ruang mediasi, ruang Ngopi untuk konseling dan sebagainya, dan ada ruang khusus difabel.

Bagi AKP Titik, prestasi tingkat Kabupaten dan Provinsi ini merupakan keberhasilan jajarannya dalam merangkul masyarakat dalam berbagai program yang tujuannya membantu mereka menjadi lebih baik.

Kapolres Bantul Hadiri Peresmian Renovasi Talud Posal Samas dan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih

Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK bersama unsur Forkopimda menghadiri acara peresmian renovasi Talud Posal Samas dan gerakan 10 juta Bendera Merah Putih di Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Samas, tepatnya di Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupten Bantul, Minggu (30/7/2023).

Peresmian talud dilakukan oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita MM  M.Tr. Hanla, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan tumpeng.

Danlanal mengatakan bahwa Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta terus berupaya melakukan pencegahan abrasi akibat percepatan arus air yang deras, termasuk di Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Samas, Bantul.

Upaya yang dilakukan di antaranya dengan perbaikan Talud Posal Samas.

"Perbaikan tersebut dilakukan tidak hanya untuk mencegah abrasi, namun juga untuk mencegah longsor dan menjaga ekosistem lingkungan di sekitarnya," tutur Danlanal saat meresmikan perbaikan Talud Posal Samas.

Talud yang dibangun sejak 2015 itu belum lama ini sempat mengalami kerusakan di sebagian bangunan. Kini, perbaikan talud tersebut telah selesai dan langsung diresmikan.

Selanjutnya, dilakukan pembagian Bendera Merah Putih kepada masyarakat untuk menyukseskan gerakan 10 juta Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

"Kegiatan itu (pembagian Bendera Merah Putih) juga dilakukan untuk meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan negara, serta memantapkan jiwa Nasionalisme atau rasa kebanggaan bagi jiwa generasi muda di Kabupaten Bantul," tuturnya.

Polda DIY Gelar Jumat Curhat bersama Masyarakat Kalurahan Canden

Polda DIY kembali menggelar program Jumat Curhat untuk membuka ruang masyarakat dalam menyampaikan aspirasi serta kritik kepada pihak kepolisian di Aula Kalurahan Canden, Jetis, Bantul, Jumat (28/7/2023) sore.

Pada kesempatan kali ini, Jumat Curhat Polda DIY menghadirkan narasumber Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol Tartono, Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal dan Wadirkum Polda DIY, serta didampingi Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK.

Kegiatan juga dihadiri kapolsek Jetis AKP Aji Pramono SH MH, Danramil Jetis Kapten CHB Sarmin, Kanit Polmas Satbinmas Polres Bantul Iptu Basuki, Lurah Canden Bejo, perwakilan Jaga Warga dan FPRB.

Dirbinmas Polda DIY, Kombes Pol Tartono mengatakan, Jumat Curhat bertujuan untuk warga terkait pelayanan Polri maupun gangguan kamtibmas yang terjadi di lingkungan masyarakat.

"Di sini kita bincang-bincang untuk menyelesaikan masalah dan mencari solusi,” ungkap Kombes Pol Tartono.

Pada kesempatan tersebut Dirbinmas juga menyampaikan tentang tugas Polisi RW, di antaranya untuk membantu kinerja Bhabinkamtibmas, serta menyelesaikan permasalah-permasalahan yang ada di tingkat Padukuhan.

Sementara itu, terkait bidang lalu lintas disampaikan oleh Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal.

Ia mengungkapkan beberapa permasalahan dalam lalu lintas antara lain, kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas dan kemacetan lalu lintas.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat khususnya para orangtua agar tidak mengizinkan putra-putrinya yang belum cukup umur mengendarai kendaraan bermotor.

“Kepada masyarakat khususnya para orangtua agar mengingatkan putra-putrinya yang masih di bawah umur untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor, sebelum memenuhi syarat sesuai aturan perundang-undangan,“ jelas Alfian Nurrizal.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Wadirkum Polda DIY tentang pinjaman online (pinjol) ilegal.

Pada kegiatan tersebut juga digelar sesi tanya jawab dari perwakilan masyarakat yang hadir dengan para narasumber. (Humas Polres Bantul)

Ipda Zaenal Mustaqim Sampaikan Ceramah Kamtibmas Pada Pengajian Rutin Ahad Paing

Panit Binmas Polsek Bantul Ipda Zaenal Mustaqim menghadiri sekaligus memberikan ceramah kamtibmas pada pengajian rutin Ahad Paing di Masjid Baitul Mukarromah, Dusun Gandekan, Trirenggo, Bantul, Minggu (30/7/2023) pagi.

Pengajian diikuti pengurus Takmir Masjid dan jamaah Masjid Baitul Mukarromah.

Pada kesempatan tersebut Ipda Zaenal Mustaqim menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan antar warga, kebersamaan dalam harkamtibmas, tanggap lingkungan serta senantiasa menjaga sinergitas bersama Kepolisian.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh jamaah untuk saling mengingatkan aktivitas yang dilakukan oleh anak-anak, baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Kapolsek Sewon Pimpin Patroli KRYD

Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri W. SH M.Si memimpin langsung Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), Sabtu (29/7/2023) malam.

Kegiatan diawali dengan apel di halaman Mapolsek Sewon dan diikuti oleh anggota piket fungsi.

Dalam arahannya, Kapolsek mengungkapkan, kegiatan patroli KRYD bertujuan untuk mencegah terjadinya curat, curas, curanmor (C3) dan kerawanan lainnya.

“Kita juga antisipasi kelompok motor dan balapan liar, serta tempat-tempat nongkrong anak-anak muda,” katanya.

Lebih lanjut, patroli KRYD ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pada malam hari di wilayah hukum Polsek Sewon.

“Oleh Karena itu, kita juga berikan imbauan kepada seluruh warga masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” tandasnya. (Humas Polsek SewonPolres Bantul)

Kapolsek Bantul Hadiri Tradisi Merti Dusun di Padukuhan Sumuran

Merti Dusun merupakan tradisi atau adat kebudayaan diadakan rutin setiap tahun yang bertujuan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Seperti yang digelar oleh warga masyarakat Padukuhan Sumuran, Palbapang, Bantul pada hari Sabtu (29/7/2023) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek Bantul AKP Riyan Permana Putra SIK MH, Panewu Bantul, Anggota DPRD Bantul, Pendamping Kebudayaan, Lurah Palbapang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta warga masyarakat Padukuhan Sumuran. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Kapolsek Sewon Dampingi Kegiatan Safari Jumat Bupati Bantul

Kapolsek Sewon AKP Hanung W. SH M.Si turut mendampingi Bupati Bantul dalam kegiatan Safari Jumat di Masjid Baitul Mukhlisin, Dusun Banyon, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Jumat (28/7/2023).

Turut serta dalam kegiatan tersebut Panewu Sewon, Bhabinkamtibmas Pendowoharjo Aiptu Wawan, Babinsa dan Lurah Pendowoharjo H. Hilmi Hakimudin S.Pd I.

Kegiatan diawali dengan salat Jumat berjamaah di masjid tersebut. Selanjutnya dalam safarinya, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengimbau warga untuk lebih baik dalam mengelola sampah.

Pada kesempatan itu pula Bupati juga memberikan bantuan untuk pembangunan Masjid Baitul Mukhlisin. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Melalui Problem Solving, Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Selesaikan Permasalahan Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Aipda Ari Priyono melaksanakan mediasi penyelesaian permasalahan warga melalui problem solving yang digelar di Mapolsek Banguntapan, Jumat (28/7/2023).

Yakni mediasi warga yang terlibat perkelahian di Pelemwulung, Banguntapan, Banguntapan, Bantul.

Trurut hadir di antaranya tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Pelemwulung, serta kedua pihak yang selisih paham.

Hasil dari mediasi tersebut kedua pelah pihak sepakat untuk berdamai secara kekeluargaan dan saling memaafkan. Selanjutnya dituangkan dalam surat pernyataan bersama dan disaksikan oleh para saksi. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan Pimpin Pengamanan Acara Wisuda di JEC

Anggota Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan acara wisuda mahasiswa UAD Yogyakarta di Gedung JEC, Banguntapan, Bantul, Sabtu (29/7/2023).

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH memimpin langsung pengamanan tersebut.

Ia mengatakan, pengamanan dilakukan demi kelancaran acara wisuda yang diikuti 1.200 wisudawan-wisudawati UAD Yogyakarta.

“Kami ploting anggota di lokasi wisuda dan di jalan untuk pengaturan lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan. Sehingga diharapkan acara wisuda dapat berjalan lancar dan aman,” terang Kapolsek. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Patroli Polsek Kasihan Sambangi Satpam Kampus Alma Ata

Sebagai petugas Satuan Pengamanan atau Satpam merupakan bagian dari mitra Polri yang membantu dalam pengamanan di wilayahnya, baik lingkungan kantor, perusahaan maupun sekolahan.

Patroli Polsek Kasihan yang dipimpin  Aiptu Sumarna  menyambangi petugas Satpam di Kampus Universitas Alma Ata, Kasihan, Bantul, Sabtu (29/7/2023).

Pada kesempatan itu Aiptu Sumarna memberikan pengarahan dan pembinaan kepada petugas Satpam yang sedang tugas jaga. Disampaikan agar meningkatkan kewaspadaan serta secara rutin berpatroli di lingkungan kampus.

Aiptu Sumarna menambahkan, jika terjadi tindak kejahatan atau hal-hal yang mencurigakan agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Kepolisian terdekat. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Anggota Polsek Pleret Pengamanan Acara Pembukaan Pra-resmi Monumen Antroposen Yogyakarta

Anggota Polsek Pleret dipimpin Kanit Reskrim Ipda I Nengah Arta Wardhana S.Pd melaksanakan pengamanan pembukaan Pra-resmi Monumen Antroposen Yogyakarta (MOA) oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia, di Monumen Antroposen Yogyakarta, Padukuhan Sentulrejo, Bawuran, Pleret, Bantul, Sabtu (29/7/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Ruth Luise Lepel, Direktur Program Goethe Institut Jakarta Dr. Ingo Schoeningh, Ketua Yayasan MOA RM. Altiyanto Henryawan, Tim Kurator MOA dan Tim dari Goethe Institute & German Embassy.

Selain itu hadir pula Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi S.S M.A, Parinadya Pati Kaistimewaan DIY Aris Eko Nugroho S.P M.Si dan Anggota DPRD Kabupaten Bantul Fraksi PAN Hj. Suratun SH, serta Panewu Pleret Evie Nur Siti Fathonah S.Sos MM.

Pada acara tersebut juga dilakukan penanaman pohon dan pelepasan burung merpati.

Monumen Antroposen Yogyakarta hadir ditengah masyarakat untuk menjadi salah satu wadah dalam mengelola sampah menjadi suatu barang yang bernilai, baik secara ekonomi maupun seni. Melalui pembangunan Monumen Antroposen Yogyakarta ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan alam.

Adapun Monumen Antroposen Yogyakarta memiliki 3P program pokok yaitu Program Art & Culture, Program Ecology dan Program Economy Cyrcular. Monumen Antroposen Yogyakarta ini dapat menjadi milik bersama dalam pengelolaan sampah demi mewujudkan kemanfaatan yang nyata bagi masyarakat serta terwujudnya harmonisasi alam. (Polsek Pleret Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Bantu Kegiatan Rabas-rabas Pohon

Untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang akibat angin kencang, warga masyarakat Dusun Pepe, Trirenggo, Bantul mengadakan kegiatan rabas-rabas pohon, Sabtu (29/7/2023).

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH juga ikut terjun langsung membantu kegiatan tersebut.

Adapun pohon yang dirabas atau dipangkas yaitu pohon yang sudah tua dan terlalu tinggi atau lebat.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi SH juga memberikan edukasi kepada warga masyarakat agar selalu waspada terhadap pohon besar dan rindang yang sewaktu-waktu rawan tumbang. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Hadiri Acara Pentas Wayang Orang di Dusun Bakal Dukuh

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi menghadiri acara pentas wayang orang di Dusun Bakal Dukuh, Argodadi, Sedayu, Bantul, Sabtu (29/7/2023) malam.

Turut hadir di antaranya Lurah Argodadi, Pamong Argodadi, Babinsa dan tokoh masyarakat.

Acara pentas wayang orang digelar dalam rangka syukuran serah terima Dukuh setempat, dari Dukuh lama Sriyono kepada Dukuh yang baru, Rojam.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Baryadi mengajak kepada Dukuh yang baru untuk bersama-sama bersinergi memelihara keamanan di wilayah Argodadi. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Polsek Pleret Pengamanan Pentas Campursari di Dusun Demangan

Kanit Reskrim Polsek Pleret Ipda I Nengah Arta Wardhana S.Pd memimpin pengamanan Pentas Campursari di Dusun Demangan, Wonokromo, Pleret, Bantul, Sabtu (29/7/2023) malam.

Acara tersebut digelar dalam rangka syukuran Dukuh Demangan H. Tugiman yang telah purna tugas dan digantikan oleh Dukuh yang baru, M. Kaisar Aji Prasetyo.

Sementara itu, pada pentas campursari tersebut menampilkan group campursari Bas Production dari Pundong Bantul dan disaksikan oleh warga masyarakat sekitar. (Polsek Pleret Polres Bantul)

Kapolsek Piyungan Pimpin Patroli KRYD, Jaga Kamtibmas di Wilayah Hukumnya

Sebagai langkah upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya, Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si memimpin patroli KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan), Sabtu (29/7/2023).

Kegiatan patroli ini dilakukan pada malam hingga pagi dini hari dengan tujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas atau tindak kriminalitas 3C (curat, curas, curanmor) serta kejahatan jalanan.

Adapun sasarannya antara lain perkantoran, ATM, Bank, pemukiman penduduk dan tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas pada malam hari.

Dalam patroli tersebut Kapolsek bersama anggotanya secara humanis memberikan imbauan kamtibmas kepada remaja yang masih nongkrong hingga larut malam untuk segera pulang.

Harapannya dengan kegiatan patroli dapat mencegah niat para pelaku kejahatan yang akan melakukan aksinya. Sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitasnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

29 July 2023

Seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Laksanakan Pemantauan Jentik Nyamuk

Seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Sewon melaksanakan kegiatan Pemantauan Jentik Nyamuk (PJN) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah yang menjadi tanggung jawab binaannya.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi bersama seluruh Pamong Kalurahan Pendowoharjo, petugas Puskesmas Sewon, Ketua RT, TP PKK dan FKK Kalurahan Pendowoharjo serta warga masyarakat melaksanakan kegiatan tersebut di Dusun Sawahan Pendowoharjo Sewon Bantul, Jumat (28/07/2023) pagi.

PJN merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat agar masyarakat tidak mudah terserang penyakit, salah satunya penyakit demam berdarah.

Selain untuk mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk yang menyebarkan wabah penyakit demam berdarah, kegiatan PJN dan PSN ini juga sebagai sarana untuk memberikan pengertian kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo mengatakan, kondisi lingkungan tempat tinggal yang aman dan kondusif harus dibarengi dengan kondisi lingkungan yang sehat. Maka perlu adanya peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan serta keamanan lingkungan tempat tinggal masing-masing. (Humas Polsek Sewon)

Patroli Dialogis Samapta Polsek Sewon, Antisipasi Gangguan Kamtibmas Di Wilayah Kapanewon Sewon

Personel Samapta Polsek Sewon Polres Bantul guna mengantisipasi tindak kriminalitas, dengan melakukan patroli secara mobile dengan menyasar beberapa titik lokasi yang di anggap rawan, Jumat (28/07/2023) siang

Kanit Samapta AKP Sumanta mengatakan, patroli siang hari tersebut dilakukan untuk memonitoring kegiatan masyarakat sekaligus mengantisipasi gangguan kamtibmas.

”Petugas melaksanakan patroli dialogis untuk mengantisipasi kejahatan konvensional C3 (curas, curat, dan curanmor) sehingga hadirnya Polri di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” kata AKP Sumanta

Kanit Samapta memerintahkan personel  Samapta untuk meningkatkan kegiatan patroli pada jam-jam rawan.

“Giat Patroli rutin siang hari dan malam hari dilaksanakan setiap hari serta ditingkatkan pada saat jam rawan guna mencegah terjadinya tindak pidana di wilayah hukum Polsek Sewon” tutup AKP Sumanta.

Polsek Piyungan Amankan Turnamen Bola Voli NGK Cup II 2023

Anggota Polsek Piyungan melaksanakan pengamanan pertandingan bola voli pada Turnamen Bola Voli NGK Cup II 2023 yang digelar di Lapangan Voli dusun Ngijo, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Jum'at (28/7/2023) malam.

Turnamen ini berlangsung sejak tanggal 23 Juli 2023 hingga 9 Agustus 2023 mendatang, dengan  diikuti 14 tim peserta dari beberapa tim pedukuhan yang ada di Kapanewon Piyungan.

Pada pertandingan malam ini mempertemukan CVT Cikal Vs Intra Kabregan yang dimenangkan Intra Kabregan dengan score 3-0, sementara pada pertandingan kedua mempertemukan Gasvo Klenggotan Vs Pervom Mloko dan dimenangkan oleh Gasvo Klenggotan dengan score 3-0.

Dengan ditempatkannya personel Polsek Piyungan untuk melaksanakan pengamanan selama berlangsungnya turnamen tersebut diharapkan dapat berjalan lancar dan aman. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Bersama TNI dan Masyarakat, Polsek Sedayu Gotong Royong Membangun Jalan

Sinergitas Personel Polsek Sedayu dengan TNI dan masyarakat bersama-sama bergotong-royong membangun jalan di Sambikerep, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Jum'at (28/7/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka TMMD ke 117 Sengkuyung di Dusun Sambikerep, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Hari ini Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh mengirimkan 5 anggotanya untuk ikut berperan serta bersama-sama dengan masyarakat dalam pembangunan jalan di wilayah tersebut.

"Dalam kegiatan ini semua menjadi satu, ada Polri, TNI, pemerintah dan masyarakat bersama-sama membaur bergotong-royong membangun jalan untuk kepentingan masyarakat," ungkap Kapolsek. (Humas Polsek Sedayu)  

Polisi Srandakan Bersedekah, Bagikan Sembako Bagi Warga Kurang Mampu

Bentuk kepedulian kepada masyarakat terus diwujudkan oleh jajaran Polsek Srandakan  Bantul Salah satunya dengan kegiatan  Lisan Berkah  atau Polisi Srandakan Bersedekah yang digelar di rumah bapak Dukuh Jragan Poncosari Srandakan Bantul,  Jumat (28/7/2023).

Lisan Berkah  adalah sebuah aksi sosial berbagi sembako gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kapolsek Srandakan Kompol Gunardi Tejamurti SH.,MH mengatakan, kegiatan Jumat Berkah memang selalu rutin digelar jajarannya tiap hari Jumat  Bentuk kegiatannya sendiri berupa pembagian sembako atau yang lain.

“Sembako gratis kami berikan kepada masyarakat yang kurang mampu,” kata Gunardi.

Kegiatan Jumat Berkah memang merupakan aksi sosial dari Polsek Srandakan Bantul dan menjadi wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat.

”Giat ini merpakan salah satu sarana Polri untuk menyampaikan pesan-pesan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.

“Semoga bermanfaat,“ ungkapnya. (Humas Polsek Srandakan)
 

Indahnya Berbagi, Polsek Bantul Santuni Anak Yatim

Polsek Bantul di pimpin oleh kapolsek Bantul AKP Riyan Permana Putra S.I.K,MH kembali melaksanakan kegiatan bhakti sosial Santunan Anak Yatim Piatu di Aula Balai Kalurahan Trirenggo Bantul, Jumat (28/07/2023).siang

Kegiatan santunan ini merupakan Progran Sipolin yang diagendakan rutin setiap bulan hari Jumat menggunakan dana infaq anggota Polsek Bantul di setiap bulannya. Santunan kali ini diberikan kepada 25 anak yatim yang ada di wilayah Bantul, Bantul.

Kegiatan ini di hadiri oleh AKP Riyan Permana Putra (Kapolsek Bantul). Ernawati Kusumaningsih, M. Or (Lurah Trirenggo), AKP Sukarto (Kanit Binmas Polsek Bantul).Ipda Zaenal (Panit 1 Binmas Polsek Bantul). Aiptu Andi Fitri(Ps. Panit 2 Binmas Polsek Bantul).Bhabinkamtibmas Polsek Bantul.Koptu M. Riyanto(Babinsa Kal. Trirenggo).Bp. Maryatno(Kamituo Kal. Trirenggo).Perwakilan wali orang tua anak yatim wilayah Kalurahan Trirenggo.

Dalam sambutannya  Ernawati Kusumaningsih, M. Or(Lurah Trirenggo)  menyampaikan Semoga kegiatan ini berguna untuk keluarga masyarakat dan negara, Amin, mudah-mudahan ke depan cita-citanya tercapai baik yang mau menjadi polisi mudah-mudahan cita-citanya tercapai, apapun cita-citanya doa terbaik bagi kita semua, sekali lagi kami dari pemerintah Kalurahan Trirenggo menghaturkan terima kasih kepada semua pihak, tetap semangat Insyaallah perjuangan bapak ibu yang hadir di sini, orang tua ini menjadi ladang amal untuk kita semua untuk panjenengan semua khususnya doa terbaik dari kami pemerintah Kalurahan Trirenggo.

Terima kasih kasih Pak Kapolsek mudah-mudahan silaturahmi tetap terjaga dan doa terbaik untuk panjenengan dari kami Kalurahan Trirenggo, semoga kepolisian Polsek Bantul mudah-mudahan diberikan rezeki yang banyak,berkah untuk semua masyarakat umum, kami apabila banyak kekurangan mohon maaf.

Sambutan dari kapolsek Bantul AKP Riyan Permana Putra, SIK., MH menyampaikan Kegiatan ini bahwa tidak lain dan  untuk kita merupakan saling bersilaturahmi, sangat kuat doa-doa yang disampaikan dari Kalurahan Trirenggo, untuk Pak Polisi, TNI dan bapak ibu ibu semuanya yang hadir di sini kita semua jangan merasa sendiri, semua saudara apabila ada apa-apa jadi kita nggak sendiri hidup di dunia ini dengan segala macam permasalahan dan problem yang semua dihadapi baik dari bapak-bapak, ibu-ibu yang di hadapan saya dan kita semua.


Tugas dari Polsek dan Kalurahan Trirenggo dan Instansi lain merupakan tanggung jawab semua kita harus saling peduli dengan sesama manusia lain, kita juga berdoa kepada yang di atas semoga saya juga mendoakan untuk bapak-bapak, ibu-ibu dan adik-adik ini semoga semuanya selalu sehat dan jangan selalu merasa sendiri, semoga dalam menjalani kehidupan diberikan kemudahan, kelancaran dan cita-citanya semua harapan yang diimpikan dapat tercapai.

Saya Kapolsek Bantul baru disini, senang sekali saya bisa bertugas di Polsek Bantul bisa bertemu dengan pemerintah Kalurahan Trirenggo dan sta, setelah selesai kegiatan ini harus masih berlanjut untuk silaturahminya, harapannya seperti itu yang disampaikan oleh bu Lurah tadi dalam menjalin silaturahmi jadi setelah kegiatan ini sangat penting untuk tetap berlanjut.

Kemudian acara dilanjutkan doa bersama yang dipimpin Panit Binmas Ipda Zaenal dan pemberian santunan secara simbolis kepada anak yatim oleh Lurah Trirenggo, Kapolsek Bantul, Kanit Binmas Polsek Bantul, Panit Binmas Polsek Bantul dan Babinsa Kalurahan Trirenggo. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Kalurahan Caturharjo Buat Gerakan 5.000 Jugangan untuk Atasi Permasalahan Sampah, Bhabinkamtibmas Berikan Dukungan

Pemerintah Kabupaten Bantul meminta agar warga masyarakat mulai melakukan pemilahan sampah .

Selain pemilahan sampah , juga bisa dengan membuat tempat pembuangan sampah atau biasa disebut jugangan untuk sampah organik.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kalurahan Caturharjo mengadakan Gerakan 5.000 Jugangan di setiap padukuhan di wilayah Kalurahan Caturharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul , DIY.

Lurah Caturharjo, Wasdianto mengatakan, program Gerakan 5.000 Jogangan dimanfaatkan untuk menampung sampah organik dengan memanfaatkan lahan yang ada.

“Dalam masa darurat sampah di Kabupaten Bantul , peran serta dari masyarakat sangat penting dalam pengelolaan sampah . Karena kita tahu, sampah kita, tanggung jawab kita,” ujarnya, Jumat (28/7/2023).

Wasdianto mengajak warga masyarakat agar dapat memilah sampah di tingkat rumah tangga.

Sehingga nantinya sampah organik dan anorganik dapat dipisahkan.

Untuk kemudian, sampah organik dapat diarahkan untuk dimasukkan ke jugangan.

“Sementara untuk sampah anorganik seperti plastik yang bisa dijual, silakan dijual. Dan untuk yang sampah residu nanti akan ditangani oleh BUMKal Caturharjo,” imbuhnya.

Program ini pun telah didukung oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalurahan Caturharjo yang telah membantu melakukan sosialisasi gerakan pilah sampah di tingkat rumah tangga.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa, yang setiap hari selalu melakukan edukasi kepada warga untuk melakukan gerakan pilah sampah di tingkat rumah tangga,” ungkapnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kalurahan Caturharjo, Aiptu Agus Nugroho mengatakan, agar masyarakat dapat bekerjasama sukseskan pengelolaan sampah Caturharjo untuk mendukung Bantul bersih bebas sampah.

Warga pun dapat memanfaatkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bank Sampah Mandiri Barokah Kuroboyo.

Di TPST yang dimiliki Caturharjo ini, sampah yang sudah tidak dapat didaur ulang dibakar di water terminator.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena dalam proses pembakaran ini, asap yang keluar ditampung di cerobong dan nantinya akan dialirkan ke drum dan akan diolah menjadi air,” ungkapnya.
 

Bangunan Kafe di Kasihan Bantul Roboh

Sebuah bangunan kafe di Kasihan, Bantul, roboh.

Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman membenarkan adanya peristiwa bangunan kafe roboh tersebut.

"Yang roboh bangunan baru," katanya, Kamis (27/7/2023).

Anggota Polsek Kasihan setelah mendapati informasi dari warga adanya bangunan roboh anggota langsung mendatangi lokasi. Selanjutnya melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan sejumlah saksi.

Berdasarkan informasi salah satu karyawan café, peristiwa robohnya rumah terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

Saat itu  saksi yang sedang mengambil gelas kotor, tiba-tiba bangunan joglo roboh ke arah barat.

Sementara kerugian ditaksir mencapai Rp70 juta.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry menambahkan bahwa bangunan yang roboh berada di belakang kafe. Bangunan tersebut masih satu rangkaian dengan kafe.

"Itu yang belakang, yang dekat kolam yang roboh," kata Jeffry.

 

Polsek Banguntapan Gelar Safari Jumat di Masjid Nurul Yaqin Balong kidul Potorono

Agenda rutin setiap hari Jumat Polsek Banguntapan laksanakan kegiatan Safari salat Jumat yang dilaksanakan bergiliran di masjid - masjid wilayah hukum Polsek Banguntapan. Dan jumat ini dilaksanakan di Masjid Nurul Yaqin Balong kidul Potorono Banguntapan Bantul, Jumat (28/07/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Kanit Binmas Polsek Banguntapan AKP Sarim bersama Kanit Intelkam Iptu Jamingan SH, Panit Samapta Ipda Agus Widhijanto, Bhabinkamtibmas, Humas Aiptu Edi Siswanto.

Safari salat Jumat untuk lebih dekat dengan warga masyarakat, jalin kemitraan dan Komunikasi dengan masyarakat. Sehingga tercipta hubungan baik Polri dengan masyarakat.

Kanit Binmas menyampaikan situasi Kamtibmas wilayah hukum Polsek Banguntapan, angka kriminalitas menurun berkat kerjasama Polsek Banguntapan dengan warga masyarakat yang peduli dengan keamanan lingkungan.

Lanjut mengajak dan menghimbau warga untuk bersama menyikapi perkembangan fenomena penutupan pengolahan sampah di Piyungan agar dapat mengelola sampah secara mandiri dan jangan buang sampah sembarangan.
 

Respon Cepat Patroli Polsek Banguntapan, Tolong Korban Kecelakaan

Unit Samapta Polsek Banguntapan dipimpin Aiptu Agus Priyono, saat sedang melaksanakan patroli wilayah Kelurahan Potorono menemukan lakalantas di Jalan Potorono - Pleret pukul 00.40 WIB yang melibatkan dua kendaraan, Jumat (28/07/2023)

Respon cepat petugas langsung memberikan pertolongan kejadian laka lantas dan mengantarkan ke Rumah Sakit RC Jambidan.

Kemudian melaporkan ke Unit Lantas Polsek Banguntapan untuk penanganan lebih lanjut.

“Kami mengimbau pada masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara, utamakan keselamatan berlalu lintas dan jadikan keselamatan sebagai kebutuhan,” kata  Aiptu Agus Priyono.
 

Bhabinkamtibmas Polsek Banguntapan, Sosialisasi Penguatan Hukum Masyarakat di Kalurahan Jambidan

Giat untuk memberikan pemahaman tentang penerapan dan penegakan hukum di Wilayah Kabupaten Bantul, telah dilaksanakan sosialisasi penguatan hukum masyarakat di Kalurahan Jambidan Kapanewon Banguntapan Bantul. Kamis (27/07/2023) pukul 13.30 WIB.

Sebagai narasumber kegiatan sosialisasi penguatan hukum masyarakat kapak hukum setda Kabupaten Bantul Suparman, SIP., M.Hum bersama Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo, ST, Kejaksaan Bantul Feri M Kurniawan SH MH, KBO Reskrim Polres Bantul Iptu Imam Sutrisna.

Giat sosialisasi diikuti oleh Forkompinkap Banguntapan, Kanit Binmas Polsek Banguntapan AKP Sarim, para lurah se-kapanewon Banguntapan, Bhabinkamtibmas Polsek Banguntapan dan Babinsa Koramil Banguntapan serta Instansi terkait.

Pokok sosialisasi penguatan hukum masyarakat dengan tema mengedepankan restoratif Justice. Restoratif justice adalah satu paradigma dalam sistem keadilan yang fokus pada pemulihan dan Rekonsiliasi antara pelaku, korban dan masyarakat setelah terjadi suatu tindak kriminal atau konflik.

Tujuan utama sosialisasi restorative Justice adalah untuk menciptakan sistem keadilan yang lebih manusiawi terlibat dan berfokus pada pemulihan rekonsiliasi dan pencegahan tindak kriminal di masa mendatang.

Peserta sosialisasi mengikuti dengan seksama dan diharapkan dapat mengimplementasikan Pada pelaksanaan tugas penanganan perkara dari tindak pidana yang timbul di masyarakat.
 

Jalin Kemitraan Bersama Tokoh Agama dan Warga, Bhabinkamtimas Kalurahan Sabdodadi Hadiri Pengajian

Dalam rangka menjalin kemitraan bersama Tokoh Agama dan warga masyarakat ditempat tugasnya, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aiptu Moh Riyadi menghadiri giat Pengajian Rutin Jum'at Pagi bersama Jamaah Pengajian At-tin Dusun Manding Serut Kadibeso Kalurahan Sabdodadi Bantul, Jum'at (28/7/2023).

Pengajian dilaksanakan dengan pencerahan dan tausiyah oleh Ustadz Suba Muryanto dan pada kesempatan tersebut dihadapan jamaah, Aiptu Moh Riyadi menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

“Tingkatkan kewaspadaan demi menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif,” kata Aiptu Moh Riyadi. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul).
 

Berikan Binluh Pada Ibu-Ibu PKK, Bhabinkamtibmas Bantul Ajak Bersama - Sama Jaga Kamtibmas

Sudah menjadi tugas pokok sebagai anggota Bhabinkamtibmas selalu ada di tengah-tengah masyarakat, seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aipda Agus Bandianto memberikan pembinaan dan penyuluhan kamtibmas kepada warga masyarakat.

Kali ini Aipda Agus Bandianto melaksanakan kegiatan sambang dan binluh kepada ibu-ibu kelompok PKK Kalurahan Bantul, Kamis (27/7/2023) pukul 20.00 WIB.

Aipda Agus Bandianto mengajak kepada ibu-ibu PKK untuk ikut berperan aktif dalam harkamtibmas khususnya dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul).
 

Antisipasi Pencurian Hewan Ternak, Bhabinkamtibmas Polsek Bantul Sambangi Warga Peternak

Antisipasi Pencurian Hewan Ternak, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo (Polsek Bantul) Aiptu Wahyudi Sutanto menyambangi warga peternak yang ada di wilayah binaannya di Dusun Soropaten, Deresan. Sanggrahan dan Bantulkarang Kalurahan Ringinharjo Bantul, Kamis (27/7/2023).

Aiptu Wahyudi Sutanto dengan humanis Door too door menyambangi dan memberikan himbauan kamtibmas untuk waspada, intensif menjaga dan mengawasi hewan ternak miliknya, agar tidak menjadi korban tindak pidana pencurian hewan ternak.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas juga berpesan kepada pemilik ternak, selalu menjaga kebersihan kandang ternaknya serta demi keamanan senantiasa berkoordinasi dengan pihak Kepolisian. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul).