31 August 2023

Sampaikan Pesan Kamtibmas, Polsek Srandakan Gelar Patroli dan Sambang

Polsek Srandakan menggelar kegiatan patroli dengan menyambangi perbankan dan petokoan di wilayah Kapanewon Srandakan, Bantul, Kamis (31/8/2023).

Kegiatan patroli tersebut dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Srandakan, AKP Poniman.

Saat berpatroli, AKP Poniman bersama anggotanya melakukan sambang dialogis dengan petugas Satpam dan juru parkir untuk menyampaikan pesan-pesan serta imbauan kamtibmas. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Hadiri Acara Sarsehan di Kalurahan Tamanan

Kapolsek Banguntapan yang diwakili Kanit Binmas AKP Sarim mewakili menghadiri acara Sarasehan Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa yang digelar di Pendopo Kalurahan Tamanan, Banguntapan, Bantul, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Anggota DPRD Komisi C Bidang pembangunan H. Ispriyatun Katir Triatmodjo, Danramil diwakili Peltu Sumarno, Lurah Tamanan diwakili Kamituwo, Dukuh, Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamanan Aiptu Setyo Prabowo, Babinsa Sertu Muh Anwar dan segenap tamu undangan.

Sarasehan tersebut menghadirkan narasumber Pakar Budaya Jawa dan Keistimewaan DIY Drs. Bambang Wisnu Handoyo, Dinsos DIY dan dari  Dinsos Kabupaten Bantul.

AKP Sarim mengatakan, sarasehan ini sebagai upaya untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya Jawa yang mulai tergerus budaya modern. Selain itu, mengajak masyarakat untuk membiasakan berbudaya Jawa dalam kehidupan sehari-hari mulai dari lingkup keluarga. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Sambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Unit Lantas Polsek Pleret Bagikan Paket Sembako

Dalam rangka menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Unit Lalu Lintas Polsek Pleret dipimpin Kanit Lantas Iptu Mugiyono melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah Kapanewon Pleret, Bantul, Kamis (31/8/2023).

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 tahun 2023, semoga bermanfaat bagi warga,” Iptu Mugiyono.

Sementara itu, salah satu warga penerima bantuan yaitu ibu Sri Wiyati mengucapkan terima kasih kepada Polri khususnya Unit Lantas Polsek Pleret atas bantuan tersebut.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat, terutama dalam mememnuhi kebutuhan sehari-hari, terima kasih banyak bapak-bapak Polisi,” ucapnya. (Polsek Pleret Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan bersama Bhayangkari Jenguk Anggota yang Sakit

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH bersama Ketua Ranting Bhayangkari Banguntapan Ny. Murni Irwiantoro dan pengurus Bhayangkari Ranting Banguntapan menjenguk anggotanya yang sakit, Rabu (30/8/2023).

Anggota Polsek Banguntapan yang sedang sakit yaitu Aiptu Gandung Sugiyanto SH, di Dusun Tamanan Wetan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek bersama pengurus Bhayangkari Ranting Banguntapan memberikan dukungan dan semangat kepada Aiptu Gandung, serta mendoakan semoga lekas sembuh dan sehat kembali seperti sedia kala.

Sementara itu, Aiptu Gandung beserta keluarga mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan perhatian tersebut. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kapolres Bantul Pimpin Pengecekan Kendaraan Dinas Jelang Pemilu

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta, memimpin pemeriksaan kendaraan dinas dan perlengkapan kendaraan, sebagai upaya memastikan kelaikan kendaraan dinas yang digunakan personel Polri di jajarannya dalam rangka menunjang kegiatan kepolisian.

“Kegiatan pengecekan ini untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024,” kata Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta dalam keterangannya di Bantul, Kamis (31/8/2023).

Ada pun jenis kendaraan yang dilakukan pemeriksaan di antaranya kendaraan dinas roda dua, kendaraan roda empat, roda enam, kendaraan taktis (rantis) Tambora, AWC dan mobil pengungurai masa.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres turut melakukan pengecekan satu persatu kendaraan dinas guna memastikan kelaikan, termasuk kelengkapan bawaan kendaraan diantaranya, lampu rotator, helm, serta kelengkapan bawaan lain seperti bagasi motor.

Tidak terkecuali alat kelengkapan Dalmas seperti senjata api laras panjang dan pendek, flash ball beserta amunisi dan juga peralatan komunikasi handy talky dan mobil inventaris lainnya tidak luput dari pemeriksaan.

Dalam kesempatan ini, Kapolres berpesan kepada personelnya, agar dapat memelihara kendaraan dinas dengan baik, dan hanya digunakan untuk kepentingan dinas dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

“Rawat dan jaga seakan barang milik sendiri,” imbau dia.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan sebuah kesiapan yang sudah menjadi kebijakan dari pimpinan, terkait dengan siap personel dalam pelaksanaan tugas ke depan.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan pengecekan berkala ini, perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan dengan optimal, sehingga pelaksanaan Pemilu serentak nanti berjalan aman dan damai.

“Juga untuk memastikan kondisi sarana dan prasarana sehingga sewaktu-waktu digunakan dalam pengamanan Kamtibmas tidak bermasalah,” tandasnya.
 

Polsek Piyungan Berikan Pelatihan Tata Upacara Bendera di SMP Negeri 2 Piyungan

Unit Binmas Polsek Piyungan beserta Babinsa Koramil memberikan pelatihan tata upacara bendera kepada siswa-siswi di SMP Negeri 2 Piyungan, Bantul, Kamis (31/8/2023).

Panit Binmas Polsek Piyungan, Aiptu Edi Rusmadi saat mendampingi pelatihan tersebut mengatakan,  materi latihan yang diberikan antara lain baris berbaris, pembacaan UUD 1945, pemimpin upacara, pengibaran bendera serta petugas pembaca susunan upacara.

Harapannya dengan pelatihan tersebut para siswa dapat melaksanakan upacara dengan baik dan benar.

“Kegiatan ini sekaligus untuk melatih kedisiplinan, serta memupuk rasa cinta tanah air para siswa,” tandasnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Sewon Hadiri Penilaian Lomba Tata Upacara Tingkat Kabupaten Bantul 2023

Kapolsek Sewon yang diwakili Kanit Binmas AKP Sri Wigiyati bersama Panit Binmas Ipda Heru Mulyono dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH menghadiri kegiatan penilaian lomba Tata Upacara Bendera tingkat SD se Kabupaten Bantul tahun 2023, SD Negeri Timbulharjo, Sewon, Bantul, Kamis (31/8/2023) pagi.

Hadir di antaranya Panewu Anom Bambang Hudaliayanto SH MM, Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Sewon Ahmad Rugayana Daenglala S.Sos, Lurah Timbulharjo Anif Arkham Haibar S.Pd, Korwil Pendidikan Sewon, Babinsa Koramil 04/Sewon Serda Heri Purwanto dan Kepala Puskesmas Sewon 1.

Kanit Binmas Sri Wigiyati mengatakan, SD Negeri Timbulharjo mewakili Kapanewon Sewon maju dalam lomba tata upacara tingkat Kabupaten Bantul tahun 2023. Kegiatan penilaian dilakukan oleh tim juri Kabupaten Bantul, yang terdiri dari Polres Bantul, Kesbangpol Kabupaten Bantul, Kodim 0729/Bantul, Dinas Dikpora Bantul, Satpol PP Kabupaten Bantul, Kemenag dan Purna Paskibra Bantul.

“Untuk kriteria penilaian antara lain Pembina Upacara, Pengatur Upacara, Pembawa Acara, Pemimpin Upacara, Pembaca Teks UUD 1945, Dirigen, Pembaca Doa, Kelompok Barisan, Pengibar Bendera Merah Putih dan Amanat Pembina Upacara,” jelasnya.

Setelah kegiatan penilaian, kemudian dilakukan evaluasi oleh tim juri guna menyampaikan masukan dan saran untuk perbaikan kegiatan upacara kedepannya.

“Tidak hanya untuk sekolah-sekolah yang mengikuti lomba saja, akan tetapi di sekolah lainnya, sehingga tujuan lomba tersebut untuk memupuk rasa kebangsaan dan disiplin, serta pembinaan mental generasi penerus dapat terwujud,” tandasnya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Ciptakan Kamseltibcar Lantas, Polsek Sewon Gelar Pos Pagi

Untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas), Polsek Sewon menggelar kegiatan rutin pos pagi di simpul-simpul jalan yang rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas di wilayah Kapanewon Sewon, Bantul, Kamis (31/8/2023).

Kanit Lantas Polsek Sewon AKP Kartiman mengatakan, kegiatan pos pagi bertujuan agar tercipta kamseltibcar lantas serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Dengan Polisi turun ke jalan mengatur lalu lintas dan membantu penyeberangan, diharapkan masyarakat pengguna jalan pun juga merasa lebih aman dan nyaman,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut para petugas juga memberikan imbauan keselamatan berlalu lintas bagi para pengguna jalan. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul: BIAS Untuk Perkuat Antibodi Anak

Dalam rangka mendukung Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Bantul, Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aipda Agus Bandianto memantau pelaksanaan BIAS di SD Muhammadiyah Bantul Kota, Rabu (30/8/2023).

Aipda Agus Bandianto mengatakan, tujuan BIAS adalah untuk memperkuat antibodi anak.

“BIAS adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakt campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks,” katanya.

Program BIAS sangat penting, karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi.

Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar sederajat yang pelaksanaanya serentak di Indonesia dengan nama BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah)

Sasaran pelaksanaan BIAS di SD Muhammadiyah Bantul Kota adalah anak kelas 2, 5 dan 6.

“Anak kelas kelas 2 dan 5 akan mendapatkan imunisasi Td, sedangkan anak Perempuan kelas 5 dan 6 akan mendapatkan imunisasi HPV,” pungkasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Sambang Pos Kamling

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aipda Agus Bandianto menyambangi pos kamling di Dusun Jebugan, Bantul, Bantul, Rabu (30/8/2023) malam.

Kegiatan sambang tersebut dilakukan bertujuan untuk menjalin sinergitas dengan warga masyarakat, menciptakan situasi aman dan kondusif, mencegah terjadinya tindak kriminalitas.

Pada kesempatan tersebut Aipda Agus Bandianto memberikan imbauan kamtibmas kepada warga yang sedang melaksanakan ronda malam.

Diimbau agar meningkatkan kewaspadaan pada saat melakukan ronda malam dengan memperhatikan lingkungan, khususnya rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya dan saling menjaga serta saling berkoordinasi satu sama lain.

Dengan kesadaran bersama-sama dalam pemeliharaan kamtibmas, diharapkan tercipta situasi yang aman dan kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Takziah di Dusun Masahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH melaksanakan takziah di Dusun Masahan Dk. Gedongan, Trirenggo, Bantul, Rabu (30/8/2023) siang.

Warga yang meninggal dunia yaitu almarhum Surojo pada usia 65 tahun.

Kepada keluarga almarhum, Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi SH menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya almarhum. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Setelah 2 Pelajar Tenggelam, Wahana Air Sungai Oyo di Selopamioro Park Resmi Ditutup

Sungai Oyo yang berada di kawasan Desa wisata Selopamioro Park (Selopark) resmi ditutup oleh jajaran Polsek Imogiri, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Panewu Imogiri dan sejumlah pejabat berkepentingan termasuk pihak Pengelola Selopark.

Kapolsek Imogiri, Kompol Suharno, mengatakan, penutupan itu dilakukan untuk menindaklanjuti dan mengevaluasi kejadian laka air di Sungai Oyo-Selopark.

Pasalnya, di lokasi itu, terdapat kejadian laka air yang mengakibatkan dua pelajar meninggal dunia.

Di mana, masing-masing waktu kejadian berlangsung pada Sabtu (26/8/2023) dan Selasa (29/8/2023).

"Untuk itu, sementara wisatawan yang main di air tidak diperbolehkan, tetapi kalau sekadar main di daratan dan mencicipi kuliner di daratan masih diperbolehkan," jelasnya, Rabu (30/8/2023).

Disampaikannya, penutupan khusus wahana air Sungai Oyo di Selopark akan berlangsung sampai tempat wisata tersebut dilengkapi oleh alat keamanan yang tepat.

"Kami mengharapkan pengelola segera membentuk organisasi yang sah dan segera melengkapi alat keamanan khususnya terkait wisata air," tutur Kompol Suharno.

"Kalau perlu, para pengelola bisa mengikuti pelatihan kepada ahlinya seperti SAR dan lain sebagainya. Sehingga jangan sampai kejadian laka air terjadi lagi," pesannya.

Dihubungi terpisah, Panewu Imogiri, Slamet Santosa, menyampaikan bahwa lokasi tersebut telah berdiri sekitar tahun 2018-2021 lalu.

Kemudian, dikelola oleh beberapa belah pihak, satu di antaranya yakni para pemuda setempat.

Namun, hingga kini, lokasi tersebut dapat dikatakan memiliki keamanan wisata air yang belum memenuhi standar sehingga pihaknya bersama jajaran Forkompinkap Imogiri dan pengelola Destinasi Wisata Alam Selopark bersepakat untuk tidak membuka wahana permainan air.

"(Pinggir-pinggir atau akses dari daratan ke perairan) Sungai Oyo, untuk sementara ini kami tutup. Ada sekitar tiga kilometer akses dari daratan ke sungai itu yang kami tutup," bebernya.

"Lokasi utama penutupan ada di tempat kejadian perkara (TKP) laka air kemarin. Kemudian menjalar ke lokasi di sekitarnya," imbuh Slemat.

Kemudian, menindak lanjuti terjadinya dua kali kejadian laka air di sungai Oyo, maka pihaknya merekomendasikan pengelola destinasi wisata Selopark untuk menyiapkan organisasi / struktur pengelola wisata yang lengkap dan menyiapkan alat keamanan yang lengkap.

"Kami juga merekomendasikan kepada pihak pengelola tempat wisata itu untuk membuat rambu-rambu peringatan dan larangan untuk mandi di Sungai Oyo serta merekomendasikan kepada pihak pengelola agar selalu menghimbau para wisatawan untuk tidak mandi di sungai," jelas dia.

 

Layani Masyarakat, Anggota Polsek Kasihan Laksanakan Pos Pagi di Simpang Tiga Jujur

Anggota Polsek Kasihan melaksanakan kegiatan rutin pos pagi di kawasan padat lalu lintas wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul, Rabu (30/8/2023) pagi.

Seperti di Simpang tiga Jujur jalan wates Ngestiharjo Kasihan Bantul, padatnya kendaraan bermotor pada jam-jam masuk sekolah atau masuk kantor dapat menimbulkan kerawanan laka lantas dan kemacetan lalu lintas.

“Kami laksanakan kegiatan pos pagi mulai pukul 06.30 sampai 08.00 WIB, tujuannya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat pengguna jalan,” tutur Kapolsek Kasihan Kasihan, AKP Nandang Rochman SH MH.

 

Kapolres Bantul: Pusaran Air Sungai Oyo Jadi Penyebab Dua Remaja di Bantul Tewas Tenggelam

Dua remaja asal Kabupaten Bantul dilaporkan tewas tenggelam saat berenang di Sungai Oyo, tepatnya di Selopamioro Park (Selopark), Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul dalam empat hari terakhir.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta, berujar bahwa jajarannya telah meninjau lokasi kejadian tersebut yang menewaskan dua remaja tersebut.

"Setelah jajaran kami dan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul mengecek tempat kejadian perkara (TKP), memang di bawah itu ada pusaran air," katanya, Rabu (30/8/2023).

Akan tetapi, dirinya belum mengetahui secara persis penyebab pusaran air itu muncul.

Namun, diperkirakan pusaran air itu muncul dari kontur bentuk Sungai Oyo.

Kemudian, pusaran air itu berpotensi menghisap benda maupun orang yang sedang berada di sekitarnya.

"Apalagi, korban terakhir, berdasarkan keterangan saksi dan teman-temannya telah melakukan upaya penyelamatan. Namun, korban itu tidak muncul (dari Sungai Oyo) dan setelah di cek ternyata di dalam Sungai Oyo ada pusaran air," tutur AKBP Michael.

"Jadi, nanti siang akan kami tindak lanjuti. Saya melalui Polsek setempat akan kumpulkan pengelola (Selopark dan Sungai Oyo) untuk menindaklanjuti kejadian itu dan paling tidak sebelum ada prosedur yang jelas, maka kami sarankan (Selopark) untuk tidak beroperasi dulu," imbuh dia.

Atas kejadian itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhari-hati saat berada di sejumlah destinasi wisata, utamanya di destinasi wisata alam.

"Kemudian, kepada pengelola destinasi wisata di mana pun yang berhubungan dengan risiko itu dari pengelola harus menyiapkan atau melakukan SOP keamanan," tandasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, mengatakan bahwa dirinya akan turut serta mengecek lokasi tersebut pada Rabu siang.

"Nanti kami lihat dulu kondisi di sana dan mencari tahu seperti apa langkah yang tepat untuk kembali menghidupkan destinasi wisata alam itu," pungkasnya.
 

Lagi, Seorang Pelajar di Bantul Tenggelam di Sungai Oyo, Nyawa Korban Tak Tertolong

Seorang pelajar asal Kabupaten Bantul berinisial RASR (16) tewas tenggelam di Sungai Oyo - Selopark tepat di Padukuhan Jetis, Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul pada Selasa (29/8/2023) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kapolsek Imogiri, Kompol Suharno, mengungkapkan, sebelum meninggal dunia atau tepat saat selepas pulang sekolah, korban bersama rekan-rekannya bermaksud berswafoto di Selopark.

"Dari rombongannya itu, ada empat orang, termasuk korban mandi di Sungai Oyo - Selopark. Tapi, sebelum mandi, mereka berempat sebenarnya sempat dilarang oleh rekan-rekannya yang lain karena ada tulisan larangan mandi di sungai tersebut," tuturnya.

Akan tetapi, empat anak tersebut tidak menghiraukan saran dan larangan dari rekan-rekannya.

Dari situ, tiga orang lainnya asik bersama-sama mandi di sungai tersebut dan tidak mengetahui keberadaan RASR.

Rupanya, RASR sempat terbawa arus bawah Sungai Oyo dan 10 menit kemudian mengapung di tepi Sungai Oyo.

"Saat mengapung, semua rekan-rekannya mengira bahwa korban sedang gaya-gayaan. Saat dicek, ternyata kobran telah meninggal dunia," beber Kompol Suharno.

Atas kejadian itu, seluruh rekan-rekan korban langsung berteriak untuk meminta tolong kepada warga di lokasi kejadian.

"Lalu, sejumlah warga yang mengetahui itu langsung menolong korban. Tapi, sayangnya, nyawa korban sudah tidak ada," katanya.

"Kemudian, sebagian warga di sana ada yang telepon kami dan tidak lama kami datang ke tempat kejadian perkara (TKP) itu. Kami datang juga bersama Inafis Polres Bantul," sambung dia.

Dari hasil pemeriksaan, korban tidak ditemukan tanda-tanda pengaiayaan dan dinyatakan murni meninggal dunia karena tenggelam terseret aliran sungai bagian bawah Sungai Oyo.

"Dari situ, kami langsung kami kembalikan ke pihak keluarga. Sedangkan, lokasi TKP dan di sekitarnya, kami segel sepanjang sekitar dua kilometer untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang serupa," terang Kompol Suharno.

"Itu kami lakukan karena belum lama ini juga pernah ada kejadian yang sama di lokasi tersebut. Waktu itu ada anak pelajar yang juga tenggelam di sana," lanjut dia.

Disampaikannya, penyegelan tersebut akan dilakukan sampai lokasi tempat wisata itu dinyatakan aman dan memenuhi standarisasi keamanan pariwisata.

"Ketika itu sudah memenuhi standarisasi keamanan pariwisata, maka akan kami buka kembali," tandas Kompol Suharno.


 

LSI: 86,1% Responden Puas Atas Penanganan TPPO Oleh Polri

Jakarta. Sebanyak 86,1% responden menyatakan puas atas kinerja polri memberantas tindak pidana perdagangan orang (TPPO) melalui satuan tugas khusus (satgasus) bentukan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. Kepuasan itu diumumkan Lembaga Survei Indonesia (LSI) atas 1.220 responden.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, 35% responden mengetahui salah satu kasus TPPO adalah penjualan ginjal yang melibatkan WNI di Kamboja. Dari responden yang mengetahui kasus ini, sebanyak 86,1% merasa puas dengan kinerja Polri.

“Jadi ini isu yang dihargai atau diapresiasi oleh masyarakat," ujar Djayadi, Rabu (30/8/23).

Ia merinci, responden menyatakan sangat puas 18,7%; cukup puas 67,4%; kurang puas 9,6%; tidak puas sama sekali 1,5%; tidak jawab 2,8%.

Survei LSI ini dilakukan pada 3-9 Agustus 2023 dengan populasi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah, ketika survei dilakukan. Dari populasi itu, dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden. Margin of error dari survei ini +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95% berdasarkan multistage random sampling.

30 August 2023

Polsek Srandakan Gelar Pengajian Rutin Bersama Personel

Bertempat di Mushola Polsek Srandakan telah dilaksanakan pengajian rutin dan yasinan, Rabu (30/8/2023) pagi.

Pengajian dan yasinan tersebut dihadiri Kapolsek Srandakan Kompol Gunardi Tejamurti SH MH, para Kanit, Panit, Kasi dan anggota Polsek Srandakan yang beragama Islam.

Kegiatan diawali dengan yasinan dipimpin oleh Panit Binmas Aiptu Azhar Mustaqim, dilanjutkan pengajian oleh Kanit Binmas AKP Nurgiyanta dan diakhiri doa yang dipimpin Kanit Intelkam AKP Parmanta. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Ciptakan Kamtibmas Yang Aman Kondusif, Polsek Srandakan Gelar Patroli

Guna menciptakan kamtibmas yang aman kondusif di lingkungan sekolah, Polsek Srandakan Bantul menggelar patroli menyambangi sekolahan. Salah satunya menyambangi SD 2 Srandakan Bantul, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan patroli kali ini dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Srandakan Bantul AKP Poniman

Dalam patroli tersebut petugas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada sekuriti dan Guru sekolah agar meningkatkan kewaspadaan saat bertugas dan di sambut antusias para siswa untuk berjabat tangan dengan petugas patroli dan tidak lupa menghimbau kepada Guru dan petugas sekuriti  agar terus bersinergi dan segera melaporkan apabila ada hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)
 

Sambut HUT Ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara, Unit Lantas Polsek Banguntapan Gelar Bakti Sosial

Unit Lalu Lintas Polsek Banguntapan menggelar kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara tahun 2023, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan bakti sosial ini dilakukan dengan memberikan paket sembako kepada tukang becak dan tukang tambal ban yang ada di sekitar  Pos Polisi Ketandan.

Kanit Lantas Polsek Banguntapan Iptu Agung Setyawan SH MM mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian menjelang HUT Lalu Lintas Bhayangkara pada tanggal 22 September 2023.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini sekaligus untuk menjalin silaturahmi dengan warga masyarakat serta menyosialisasikan kamseltibcar lantas. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polres Bantul Resmikan Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba di Padukuhan Jomblangan

Selamatkan generasi muda, Satuan Reserse Narkoba Polres Bantul, Polda DIY meresmikan Kampung Tangguh Bebas dari Narkotika dan obat obatan terlarang atau narkoba.

Peresmian kampung bebas narkoba ini dilaksanakan di Padukuhan Jomblangan, Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Rabu (30/8/2023).

Dipilihnya Padukuhan Jomblangan sebagai Kampung Tangguh Bebas Narkoba karena sudah mempunyai basic dalam pencegahan dan pengendalian narkoba di masyarakat, sehingga untuk semakin menyempurnakan dan memantapkan semangat itu dilakukan peresmian.

"Dengan diresmikannya Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba yang berawal dari Jomblangan, Banguntapan ini, diharapkan dapat menekan jumlah kasus penyalahgunaan Narkoba di Bantul," kata Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta saat meresmikan Kampung Tangguh Bebas Narkoba.

Selain itu, kata dia, Padukuhan Jomblangan ini terdapat di wilayah Kecamatan Banguntapan yang berbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta dengan kepadatan penduduk tinggi, mobilitas masyarakat tinggi, serta pergerakan masyarakat yang dinamis.

"Kampung tangguh ini sebenarnya basicnya sudah ada sejak 2018, pionirnya di Kabupaten Bantul ini Padukuhan Jomblangan Banguntapan. Makanya basic yang sudah ada di masyarakat ini kita akan sempurnakan," kata dia.

Kapolres mengatakan, peresmian Kampung Tangguh Bebas Narkoba ini juga sebagai tindak lanjut program dari Mabes Polri, bahwa pada tahun 2023 mengadakan lomba dalam rangka sebagai pemicu atau pelopor untuk membangun motivasi bagi setiap warga masyarakat untuk bebas dari narkoba.

"Terutama di wilayah padukuhan untuk mencanangkan wilayahnya itu bebas dari narkoba dengan beberapa langkah pembinaan, pengawasan. Jadi ini kita sempurnakan, kita ikutkan lomba, syukur-syukur di Polda DIY bisa terpilih mewakili DIY di tingkat Mabes Polri," terang dia.

Penyalahgunaan narkoba di Indonesia, kata Kapolres, terus menjadi perhatian bersama untuk diberantas dan ditekan. Dia menyebut penyalahgunaan narkoba secara global hampir empat juta jiwa, setiap tahun mengalami kenaikan sekitar 20 persen.

“Dan di Bantul sendiri pada 2023 sampai saat ini laporan polisi yang berkaitan dengan narkoba ada 70 kasus, makanya ini harus terus kita tekan," katanya.

Untuk itu, Kapolres berkomitmen terus berkomitmen untuk memberantas dan mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bantul.

"Otomatis, kami terus bentengi masyarakat atau anak muda agar tidak mudah tergelincir dengan pengaruh narkoba yang ada," ujar dia.

Ia berharap selain di Jomblangan, kampung bebas narkoba ini bisa dibentuk di padukuhan- padukuhan lainnya di Kabupaten Bantul.

"Mudah mudahan, wilayah lainnya bisa terangsang membangun kampung bebas narkoba dengan tujuan membentengi generasi anak bangsa kita," tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, secara simbolis Kapolres Bantul memukul gong tanda diresmikannya Padukuhan Jomblangan sebagai Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba.

Kapolres juga menyerahkan rompi kepada Relawan Kampung Tangguh Bebas dari  Narkoba. Kegiatan juga dimeriahkan dengan lomba mewarnai untuk anak Taman Kanak-kanak (TK).

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Posko Kampung Bebas dari Narkoba oleh Kapolres Bantul dan undangan.

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Edukasi Siswa SD, Stop Bullying di Sekolah

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi melakukan sosialisasi tentang pencegahan kekerasan stop bullying kepada peserta didik di MI Al Muhsin Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Rabu (30/8/2023).

Bripka Mulyadi mengatakan, sosialisasi stop bullying kepada pelajar sangat perlu dilakukan, sebagai upaya antisipasi pencegahan kekerasan bagi siswa-siswi di sekolah.

“Ini adalah penyuluhan sekaligus pembinaan kepada anak-anak sekolah dasar sebagai bentuk pendisiplinan untuk mencegah bullying dan perundungan antara teman-teman di lingkungan sekolah," katanya.

Kegiatan itu diikuti oleh puluhan siswa-siswi mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Pada kesempatan tersebut Bripka Mulyadi menyampaikan materi dengan sangat baik sehingga para siswa sangat antusias dan senang mengikutinya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Polsek Banguntapan Berikan Pembinaan Terhadap Pengamanen dan Pengemis Jalanan

Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya pengamen dan pengemis jalanan yang meminta uang receh dengan cara memaksa, Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH langsung merespon laporan tersebut dengan menggelar patroli, Rabu (30/8/2023)

Kegiatan patroli langsung diarahkan ke kawasan Jalan Ringroad Selatan, wilayah Kapanewon Banguntapan, Bantul.

Sejumlah pengamen dan pengemis jalanan yang ditemukan di kawasann tersebut diberikan pembinaan oleh petugas.

“Jika masih kedapatan meminta uang dengan cara memaksa, maka akan kami tindak tegas sesuai atauran yang berlaku, pengajuan proses tipiring ataupun kami serahkan ke Satpol PP untuk dilakukan rehabilitasi,” ungkap Kapolsek. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Dibangunkan Tidak Merespon, Ternyata Sokheri Sudah Meninggal Dunia

Polsek Piyungan menindaklanjuti laporan dari masyarakat tetang kejadian orang meninggal dunia di Dusun Bangkel, Srimulyo, Piyungan Bantul, Rabu (30/8/2023) pagi.

Petugas yang dipimpin Ka SPKT Aiptu Riyo Nugroho mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan didapati seorang  laki-laki telah meninggal dunia. Identitas laki-laki tersebut bernama Sokheri (46), warga Gunung Lurah, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk memastikan penyebab kematian korban, pertugas Polsek Piyungan menghubungi tim medis dari Puskesmas Piyungan dan tim Inafis Polres Bantul.

Dari hasil pemeriksaan bahwa korban sudah meninggal lebih dari dua jam. Pada tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda adanya kekerasan atau penganiayaan dan kondisi tubuh sudah kaku.

Menurut keterangan saksi Purwanto (39), sekitar pukul 07.30 WIB dirinya datang ke tempat kerjaannya di penggergajian kayu untuk menyiapkan peralatan kerja.

Saat masuk ke ruangan, saksi melihat korban masih tidur. Kemudian saksi bermaksud membangunkan dengan mengoyang-goyangkan tubuh korban.

Namun saat dibangunkan beberapa kali, korban tidak bangun dan tidak ada respon. Lalu saksi meminta bantuan temannya yang bernama Santoso (41) untuk melaporkan kejadian itu ke Polsek Piyungan. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Unit Lantas Polsek Sedayu Adakan Kegiatan Polisi Sahabat Anak

Unit Lalu lintas Polsek Sedayu dipimpin Kanit Lantas AKP Sarijan melaksanakan PSA (Polisi Sahabat Anak) di Sekolah Kelompok Bermain Khairu Ummah, Dusun Bandut Lor, Argorejo, Sedayu, Bantul, Rabu (30/8/2023).

Dalam kegiatan itu AKP Sarijan mengenalkan rambu-rambu lalu lintas dan mengajarkan cara menyeberang jalan secara aman kepada anak-anak di sekolah tersebut.

"Kami kenalkan rambu-rambu lalu lintas ini sejak usia dini, tujuannya agar kelak saat dewasa terbiasa tertib berlalu lintas," kata Sarijan. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Sambangi Pemukiman Perumahan Warga, Bhabinkamtibmas Bangunharjo Sisipkan Pesan-Pesan Kamtibmas

Sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di pemukiman perumahan, Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Polres Bantul Aipda Suhanto, melakukan kegiatan sambang ke pemukiman warga. Dalam kesempatan tersebut, Aipda Suhanto menyisipkan pesan-pesan kamtibmas kepada security maupun warga perumahan Citra Gemilang I, dusun Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Bantul dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap potensi tindak kejahatan.

Dengan semangat pelayanan dan kepedulian terhadap keamanan warga, Bhabinkamtibmas Bangunharo menyambangi scurity dan beberapa waga perumahan yang sedang santai di Pos Penjagaan. Pada kesempatan tersebut Aipda Suhanto menyampaikan pesan-pesan kamtibmas yang penting bagi kehidupan sehari-hari warga. Melalui dialog dan interaksi yang ramah, Bhabinkamtibmas berusaha membangun komunikasi yang baik dengan warga, sehingga pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan dipahami secara menyeluruh.

Dalam pesan Kamtibmasnya, Aipda Suhanto mengingatkan warga tentang pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar, menjaga keamanan rumah dan harta benda, serta menghindari tindakan yang dapat memicu konflik atau keributan. Selain itu, ia juga memberikan informasi terkait program-program kamtibmas yang dapat dimanfaatkan oleh warga, seperti program keamanan lingkungan dan pengenalan sistem keamanan teknologi.

Melalui kegiatan sambang di pemukiman perumahan warga, diharapkan dapat membangun hubungan yang baik dengan masyarakat serta meningkatkan partisipasi dan kesadaran warga dalam menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggal mereka. Pesan-pesan kamtibmas yang disampaikan setidaknya dapat menjadi panduan bagi warga dalam menghadapi situasi yang memungkinkan terjadinya tindak kejahatan.

“Dengan kehadiran Bhabinkamtibmas yang aktif dan proaktif, diharapkan tercipta pemukiman yang aman, harmonis, dan nyaman bagi seluruh warga. Kegiatan sambang dan penyebaran pesan-pesan kamtibmas ini menjadi bukti nyata dari peran polisi dalam memberikan perlindungan dan pelayanan terhadap masyarakat secara langsung, serta sebagai upaya menjaga keamanan wilayah bersama-sama” ungkap Aipda Suhanto. (Humas Polsek Sewon)

Patroli Dialogis Polsek Bantul Sambangi Sekolah, Sampaikan Himbauan Kamtibmas

Dalam rangka harkamtibmas wilayah Kapanewon Bantul khususnya di lingkungan Sekolah, Polsek Bantul dipimpin Aiptu Rukijo melaksanakan giat patroli dan sambang dialogis di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Selasa (29/8/2023) siang.

Giat sambang dialogis tersebut memberikan himbauan kepada Satpam dan siswa saat jam istirahat, antara lain agar tetap berada dalam lingkungan sekolah dan tidak melakukan hal yang negatif.

Hal tersebut diberikan sebagai edukasi dalam upaya cegah dini terkait kenakalan remaja anak usia sekolah dan memberikan semangat dan motivasi untuk disiplin saat masih berlangsungnya giat belajar di sekolah. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Melaksanakan Sambang Kamling

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Polsek Bantul Aipda Agus Bandianto melaksanakan kegiatan sambang ke pos kamling di Dusun Bejen RT 05 Kalurahan Bantul, Selasa (29/8/2023).

Giat sambang tersebut dilakukan bertujuan untuk menjalin sinergitas dengan warga masyarakat, menciptakan situasi aman dan kondusif, mencegah terjadinya tindak kriminalitas.

Pada kesempatan tersebut Aipda Agus Bandianto memberikan himbauan kamtibmas kepada warga yang sedang melaksanakan ronda malam, agar meningkatkan kewaspadaan pada saat melakukan ronda malam dengan memperhatikan lingkungan, khususnya rumah kosong yang di tinggalkan pemiliknya dan saling menjaga, saling koordinasi satu sama lain.

Dengan kesadaran bersama-sama dalam harkamtibmas, diharapkan Kamtibmas akan tetap stabil dan kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)
 

Anggota Polsek Sedayu Laksanakan Pengajian dan Doa Bersama

Anggota Polsek Sedayu melaksanakan kegiatan pengajian dan doa bersama di Aula Polsek Sedayu, Rabu (30/8/2023) pagi.

Kegiatan ngaji dan doa bersama kali ini dipimpin Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh. Kegiatan ini digelar secara rutin untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Hari ini pengajian di Polsek Sedayu mengundang penceramah yakni Habib Syarif bin Hilmi Al Kaf dari Argorejo Sedayu.

Dalam ceramahnya Habib Syarif mengajak personel Polsek Sedayu untuk selalu meluaskan hati, bersyukur dengan apa yang telah di berikan Allah SWT.

"Mari luaskan hati kita dengan selalu bersyukur kepada Allah SWT dan jangan lupa untuk selalu bersalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW" Ucap Habib.

Setelah mengaji, dilanjutkan arahan dan penyampaian informasi terkait situasi kamtibmas di wilayah Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)
 

Nongkrong Saat Jam Pelajaran, Polisi Minta Pelajar Kembali ke Sekolah

Patroli Polsek Kasihan dipimpin Kanit Samapta Iptu M Riyadi memberikan himbauan kepada para Siswa Sekolah di seputar jalan Bugisan Selasa (29/08/2023) Pagi.

Patroli tersebut mendapati para siswa salah satu Sekolah Menengah Atas di wilayah Kasihan sedang nongkrong di warung makan pada jam pelajaran sekolah.

Iptu M Riyadi menghimbau para siswa agar segera meninggalkan watung dan kembali ke Sekolah untuk mengikuti proses belajar, dan juga agar tidak mengundang kejadian negatif apabila bertemu dengan siswa sekolah lain.

"Silahkan yang nongkrong disini agar kembali ke sekolah karena masih jam pelajaran," kata Kanit Samapta.

Selanjutnya kanit samapta memberikan edukasi kepada pemilik toko untuk melarang Siswa yang akan nongkrong di tempat usahanya pada jam pelajaran dan ikut berperan mengingatkan para siswa untuk kembali ke sekolah.

Patroli sambang ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas yang dipicu dari kenakalan remaja, dan menjauhkan para siswa dari dampak buruk untuk kedepannya.
 

Wakapolsek Kasihan Hadiri Rakor Rencana Tindak Lanjut Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

Wakapolsek Kasihan AKP Sukris Sigit P menghadiri kegiatan rapat koordinasi rencana tindak lanjut pengelolaan sampah berbasis masyarakat  kapanewon kasihan di Joglo Kapanewon Kasihan, Selasa (29/8/2023).

Hadir dalam kegiatan kepala DLH Kabulaten Bantul, Panewu Kasihan, Danramil Kasihan, Wakapolsek Kasihan, Lurah se kapanewon Kasihan dan Tamu Undangan Pengelolaan sampah berbasis masyarakat merupakan gerakan membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengurangan sampah dari sumber sampah (rumah tangga).

Pemilahan sampah yang terdiri atas sampah organik, sampah anorganik dan sampah spesifik dilakukan sejak dari sumbernya. Sampah organik bisa diolah menjadi komposter dan eco enzyme.

Sedangkan sampah anorganik bisa dijual atau diberikan kepada penyedia jasa pengelola sampah RT/Kalurahan. Untuk itu perlu untuk mengoptimalkan kelompok pengelola sampah dan membangun model pengelolaan sampah berbasis Badan Usaha Milik Kalurahan (Bumkal).

Peran Kalurahan dalam pengelolaan sampah cukup besar, untuk itu akan diberikan reward kepada kalurahan yang berhasil mengelola sampahnya dengan baik untuk mendukung Bantul Bersih 2025.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Lakukan Pengamanan Lelayu

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aiptu Agus Muslim melaksanakan pengamanan lelayu di Dusun Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul, Selasa (29/8/2023) siang.

Mengetahui ada warganya yang meninggal dunia, Bhabinkamtibmas Aiptu Agus bergegas menuju lokasi rumah duka.

Mengingat rumah duka yang berada di pinggir jalan raya, sehingga perlu adanya pengamanan dengan melakukan pengaturan arus lalulintas.

Diharapkan dengan pengamanan tersebut para pelayat merasa aman terutama saat menyeberang jalan.

"Kami melakukan pengamanan ini agar warga yang datang melayat mersa aman, mengingat rumah duka yang dekat dengan jalan raya,” ujar Bhabinkamtibmas Aiptu Agus. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Personel Polsek Sedayu Pengamanan Pertandingan Bola Voli Argosari Cup 2023

Personel Polsek Sedayu dipimpin oleh Iptu Sugito bersama anggota Koramil Sedayu melaksanakan pengamanan pertandingan bola voli di Dusun Jambon, Argosari, Sedayu, Bantul, Selasa (29/8/2023) malam.

Dalam pengamanan tersebut petugas juga menyampaikan imbauan kepada para penonton agar tetap menjaga ketertiban selama pertandingan berlangsung

Sementara itu, pertandingan bola voli tersebut dalam rangka Argosari Cup 2023. Tim yang bertanding yaitu Dusun Gayam Vs Dusun Gunungmojo dan dimenangkan oleh tim Dusun Gayam. Dilanjutkan pertandingan antara Dusun Botokan Vs Dusun Jaten yang dimenangkan oleh tim Dusun Jaten. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Polwan Polres Bantul Berikan Bantuan Nenek yang Lapar Dihakimi Massa karena Curi Kue

Sempat viral di media sosial dan pesan WhatsApp (WA) ada seorang ibu paruh baya yang dimassa di pasar.

Ibu itu berinisial N, warga Kapanewon Kasihan, Bantul, yang sebelum dimassa diduga melakukan tindak pencurian di Pasar Niten, Kasihan, Bantul pada Sabtu (26/8/2023).

N kedapatan membawa makanan berupa bakpia dari salah satu pedagang di pasar tersebut.

Menurut pengakuan N bahwa dirinya tidak bermaksud mencuri dan ingin membayar makanan tersebut. Namun ada yang meneriaki maling yang akhirnya berkumpulah massa, sehingga membuat N panik.

Dari massa yang datang diduga ada yang melakukan aksi kekerasan terhadap N. Tak berselang lama keributan tersebut bisa diredam oleh masyarakat baik pedagang maupun pembeli, yang kemudian mengamankannya dari massa.

Setelah diamankan, N dimediasi bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kasihan.

Adanya kejadian tersebut direspon cepat oleh Kapolres Bantul AKBP Micahel R. Risakotta SH SIK bersama jajaran, khususnya Polsek Kasihan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, diketahui bahwa N membutuhkan uluran tangan.

Kapolres menerangkan, N yang kesehariannya sebagai pemulung rosok itu, hanya menempati gubuk kecil untuk tempat tinggal bersama suaminya. Sebuah tempat tinggal dengan kondisi yang tidak layak, berdinding sambungan banner bekas dan berdampingan dengan barang-barang bekas.

Menindaklanjuti hal itu, pada Selasa (29/8/2023), Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti Prihandini SIK MM didampingi Kabag Logistik Polres Bantul Kompol Sri Basariah beserta perwakilan personel Polwan mengantar bantuan berupa sembako, seperti mie instan, telur, beras dan uang santunan.

"Tidak banyak, namun bisa cukup membantu dan bermanfaat,"  kata Wakapolres.

Bantuan sembako tersebut, sambungnya, juga menjadi bagian kegiatan bakti sosial 'Polwan Peduli dan Berbagi' dalam rangka menyambut Hari Jadi Polwan yang ke-75 tahun 2023.

Lebih jauh, terkait kejadian di Pasar Niten, Wakapolres menyayangkan adanya tindak kekerasan seperti yang ada dalam video tersebut.

"N menerima dan meminta maaf bahwa ia tidak bermaksud mencuri," ujarnya.

"Cukup kejadian terakhir, dan berharap masyarakat tidak main hakim sendiri, bagaimanapun penganiayan tidak dibenarkan”, tutup Wakapolres.

Sementara itu, saat mendapat bantuan tersebut, ibu N menyampaikan terima kasih kepada Polres Bantul. Dia bahkan sampai menangis.

"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak dan ibu-ibu Polisi yang telah memberikan bantuan ini, sekali lagi terima kasih banyak pak Polisi dan ibu Polisi, maturnuwun," ucapnya.

29 August 2023

Sambut HUT Ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara, Unit Lantas Polsek Piyungan Gelar Bakti Sosial

Unit Lalu Lintas Polsek Piyungan menggelar kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara pada 22 September 2023 mendatang, Selasa (29/8/2022).

Kegiatan bakti sosial ini dilakukan dengan memberikan paket sembako kepada warga masyarakat kurang mampu yang ada di sekitaran Pos Lantas Piyungan.

Kanit Lantas Polsek Piyungan Iptu Giyarto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian menjelang peringatan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-68.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini sekaligus untuk menjalin silaturahmi dengan warga masyarakat serta menyosialisasikan kamseltibcar lantas. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Unit Samapta Polsek Banguntapan Laksanakan Patroli dan Berikan Imbauan Cegah Curanmor

Anggota Unit Samapta Polsek Banguntapan melaksanakan patroli dengan memberikan imbauan cegah curanmor di wilayah hukum Polsek Banguntapan, Senin (28/8/2023).

Petugas mengingatkan warga petani yang memarkir sepeda motornya tanpa dikunci setang atau kunci pengaman lainnya.

“Pastikan kendaraan sudah terkunci dan jangan tinggalkan barang berharga di kendaraan,” pesan petugas.

Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan curanmor. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Patroli Dialogis Polsek Banguntapan Jalin Kemitraan Dan Komunikasi Dengan Masyarakat

Mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan mencegah tindak kejahatan baik pencurian maupun penipuan Polsek Banguntapan tingkatkan patroli dialogis dengan warga masyarakat di wilayah hukum Polsek Banguntapan, patroli dipimpin Ipda Agus Widhijanto, Selasa (29/8/2023).

Patroli sambang dialogis untuk membangun hubungan yang baik antara polisi dan masyarakat serta menjalin kemitraan yang kuat dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan.

Dengan ramah dan sopan, Polsek Banguntapan berdialog dengan warga masyarakat, membuka diri untuk menerima masukan dan informasi dari masyarakat tentang masalah keamanan dan ketertiban dan mendengarkan keluhan warga saran atau permintaan bantuan.

Tugas utama kami menjaga dan memelihara Kamtibmas sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat serta penegakan hukum silakan sampaikan informasi masukan ataupun kritik saran kepada kami untuk meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat, imbuh Kompol Irwiantoro SH.
 

Keluarga Besar Polsek Banguntapan Takziah Atas Meninggalnya Ibunda Aiptu Hery Siswantoro

Keluarga besar Polsek Banguntapan melaksanakan takziah di rumah duka almarhumah Sri Umi Lestari di Dusun Sumberagung, Moyudan, Sleman, Selasa (29/8/2023).

Almarhumah merupakan ibu kandung Aiptu Hery Siswantoro SH MH, Ka SPKT Polsek Banguntapan.

Kapolsek Banguntapan atas nama Keluarga Besar Polsek Banguntapan menyampaikan belasungkawa kepada pihak keluarga almarhum. Teriring doa semoga almarhumah husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran serta keikhlasan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Srandakan bersama Koramil Latih Tata Upacara Bendera di SD Negeri 1 Srandakan

Panit Lantas Polsek Srandakan Ipda Wiwid bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji dan anggota Koramil Srandakan memberikan pelatihan Tata Upacara Bendera kepada siswa-siswi di di SD Negeri 1 Srandakan, Bantul, Selasa (29/8/2023).

Pelatihan tersebut sebagai persiapan lomba upacara bendera tingkat Kabupaten Bantul pada September 2023 mendatang.

Adapun materi latihan yang diberikan antara lain penataan dan kerapian barisan peserta upacara, pembacaan teks UUD 1945, Pemimpin Upacara dan petugas Pengibar Bendera Merah Putih. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Srandakan Latih Tata Upacara Bendera di SMP Negeri 2 Srandakan

Kanit Binmas Polsek Srandakan AKP Nurgiyanta bersama Panit Binmas Aiptu Yus Ediyanto, Bhabinkamtibmas Poncosari Aipda Ali Murtopo dan Babinsa Serda Purnama memberikan pelatihan Tata Upacara Bendera kepada siswa-siswi di SMP Negeri 2 Srandakan, Bantul, Selasa (29/8/2023).

Pelatihan tersebut sebagai persiapan lomba upacara bendera tingkat Kabupaten Bantul pada September 2023 mendatang.

Adapun materi latihan yang diberikan antara lain penataan dan kerapian barisan peserta upacara, pembacaan teks UUD 1945, Pemimpin Upacara dan petugas Pengibar Bendera Merah Putih. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Anggota Polsek Kretek Laksanakan Commander Wish Pagi di Simpang Empat Angkruksari

Berbagai cara dilakukan kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada warga salah satunya adalah commander wish pagi. Inilah yang dilaksanakan oleh anggota Polsek kretek Aipda Wiwid yang melaksanakan Commander Wish di simpang 4 Angkruksari, Selasa (29/8/2023) pagi.

Pelaksanaan kegiatan pengaturan pagi dilaksanakan pada jam 06.15 – 07.15 WIB, karena pada jam tersebut adalah waktu yang paling rawan terjadinya kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Kepadatan arus lalu lintas meningkat karena semua pengguna jalan secara bersamaan memakai jalan untuk beraktifitas baik pegawai, warga masyarakat akan ke pasar dan lain-lain yang semua orang akan melakukan aktifitasnya dimulai pada pagi hari.

“Kegiatan mengatur lalulintas guna membantu warga masyarakat merupakan salah satu bentuk pelayanan Kepolisian kepada warga masyarakat agar masyarakat merasa terbantu dengan kehadiran polisi di tengah-tengah mereka," kata Aipda Wiwid.
(Sihumas Polsek Kretek)
 

AKP Parmanta latih tata Upacara Bendera di SMK AR Rahman Srandakan

Kanit Intelkam Polsek Srandakan AKP Parmanta bersama Banit Provos Bripka Edi Irawan dan anggota Koramil Srandakan Serma Sudarisman memberikan pelatihan Tata Upacara Bendera kepada siswa-siswi di SMK AR Rahman, Srandakan, Bantul, Selasa (29/8/2023).

Pelatihan tersebut sebagai persiapan lomba upacara bendera tingkat Kabupaten Bantul pada September 2023 mendatang.

Adapun materi latihan yang diberikan antara lain penataan dan kerapian barisan peserta upacara, pembacaan teks UUD 1945, Pemimpin Upacara dan petugas Pengibar Bendera Merah Putih. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Sambangi Kegiatan BIAS di SD 1 Muhammadiyah Serut

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Bripka Pikur Eri Rusdiana SH menyambangi kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) di SD 1 Muhammadiyah Serut, Palbapang, Bantul, Senin (28/8/2023).

Imunisasi tersebut kepada siswa-siswi Kelas I, V dan VI yang dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Bantul 1.

Kegiatan imunisasi tersebut merupakan program dari pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Bantul untuk meningkatkan antibodi anak. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Patroli Polsek Bantul Sambangi SMA Negeri 3 Bantul

Untuk pemeliharaan kamtibmas di lingkungan sekolah, Polsek Bantul menggelar patroli dan sambang dialogis ke sekolah-sekolah di wilayah Kapanewon Bantul, Bantul. Kali ini menyambangi SMA Negeri 3 Bantul, Senin (28/8/2023) siang.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Aiptu Ismanto dengan memberikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada Satpam sekolah untuk lebih intensif memantau siswa-siswi terutama pada saat jam istirahat.

Antara lain, para siswa agar tetap berada di dalam lingkungan sekolah dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar tata tertib sekolah.

Tujuannya agar tidak terjadi hal-hal yang dapat mengganggu jalannya kegiatan belajar mengajar di sekolah. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

As SDM Ingatkan Pentingnya Peran Polwan Dalam Mengawal Pemilu Damai 2024

Jakarta. Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen. Pol. Dedi Prasetyo menegaskan bahwa peran polwan dalam pengamanan Pemilu damai 2024 sangatlah penting. Polwan akan memiliki porsi yang sama dengan polisi laki-laki dalam mengawal pesta demokrasi yang aman dan damai.

“Peran polwan sangat besar sama dengan laki-laki, kehadiran di tengah masyarakat, bhabinkamtibmas, di TPS,” ujar As SDM dalam sambutannya di diskusi HUT Polwan, Selasa (29/8/23).

Menelisik kembali Pemilu 2019, As SDM menyebut, polwan dalam menjaga keamanan dari tingkat Bhabinkamtibmas sangat diapresiasi. Jajaran polwan bekerja keras tanpa lelah dan takut mengawal serta menghadapi tantangan.

Lebih lanjut As SDM menuturkan, tak dipungkiri bahwa tahapan pilkada dan sengketa pemilu menjadi yang sangat memerlukan peran Polri. Sebab, dalam dua tahapan itu, relawan yang sangat militan rentan terjadi gesekan.

“Pembekalan pemilu ini temen-teman harus pahami agar selalu siap,” ungkapnya.

Tak lupa, Jenderal Bintang Dua ini mengingatkan pesan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo agar seluruh jajaran selalu menambah dan menekankan kompetensi. Bahkan, As SDM memastikan selalu memberikan dukungan penuh kepada anggota yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam ataupun luar negeri.

Dalam penekanan Jenderal Sigit, seluruh anggota harus memiliki kompetensi etik. Kemudian, yang kedua kompetensi teknis.

“Ketiga, kompetensi leadership. Meski perempuan harus bisa mimpin, baik itu diri sendiri, satuan kamu, sampe nanti kamu dikasih kesempatan mimpin seperti bu Ida Utari,” jelas As SDM.

Personel Polsek Piyungan Pengamanan Upacara Kupatan dan Kenduri Akbar Merti Dusun Kring Jolosutro

Personel Polsek Piyungan bersama Koramil dan Paksikaton melaksanakan pengamanan Upacara Kupatan dan Kenduri Akbar Merti Dusun Kring Jolosutro bertempat di Lapangan SD Jolosutro, Sirmulyo, Piyungan, Bantul, Senin (28/8/2023) siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Dinas Budaya Kabupaten Bantul Tri Jaka Suhartaka, Anggota DPRD Bantul Teguh Santoso SE, Panewu Piyungan Muhammad Baried S.Sos M.M, Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si, Danramil Piyungan diwakilkan Peltu Heriyanto, Kepala Puskesmas Piyungan dr. Sigit Hendro Sulistyo, Lurah Srimulyo Drs. Wajiran, Kepala Sekolah SD Jolosutro, Dukuh se Kalurahan Srimulyo dan tamu undangan beserta warga masyarakat.

Acara tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan suguhan tarian bregodo Padukuhan Jolosutro.

Dalam sambutannya, Lurah Srimulyo Drs. Wajiran menyampaikan bahwa upacara ini sudah dikenalkan pada masa Sunan Geseng yang mana pagelaran ini rutin digelar setiap tahunnya pada hari Senin Legi di bulan Sapar.

Disampaikan, dalam kirab jodang ini disajikan aneka uba rampe seperti nasi gurih, ingkung, serta aneka jajanan pasar dan hasil bumi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, tambahnya.

Menurutnya dengan digelarnya Kupatan Jolosutro ini mampu menunjukkan semangat membangun masyarakat dengan basis gotong royong yang salah satu mejadi nafas dari Gerakan Pengembangan Desa Terpadu (Gerbang Madu) Desa Simulyo.

Setelah serangkaian Upacara Kupatan, dilanjutkan pemotongan ketupat oleh Tri Jaka Suhartaka dan disaksikan para tamu undangan, sekaligus menandai kirab jodang dimulai dengan bregodo dari tiap-tiap Padukuhan menuju ke Kompleks Makam Sunan Geseng. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Sambangi Kos-kosan, Petugas Patroli Polsek Kasihan Sampaikan Pesan Kamtibmas

Personel Polsek Kasihan dipimpin Kanit Samapta Iptu M. Riyadi melakukan patroli dengan menyambangi kos-kosan di wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul, Senin (28/8/2023).

Salah satunya menyambangi rumah kos di Dusun Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Saat bertemu dengan penghuni kos, petugas patroli menyampaikan pesan-pesan kamtibmas tentang parkir kendaraan agar di tempat yang aman dan diberi kunci ganda.

Selain itu, diimbau apabila bepergian agar memastikan pintu dan jendela sudah dalam keadaan terkunci untuk menghindari aksi pencurian.

“Rumah kos sering menjadi sasaran tindak pencurian. Untuk itu, kami imbau agar penghuni kos di wilayah Kasihan selalu berhati-hati dan waspada,” pesan Iptu M. Riyadi. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bobol Swalayan di Jalan Imogiri Timur, Dua Buruh Harian Lepas Dibekuk Polisi

Jajaran Polsek Pleret , Bantul membekuk dua pelaku tindak pidana pencurian

Dua pelaku yang berprofesi buruh harian lepas ini, masing-masing berinisial RHK (50) asal Kota Yogyakarta dan NY (34), asal Kabupaten Grobongan, Provinsi Jawa Tengah.
 
Kapolsek Pleret, AKP Wiyadi, mengungkapkan RHK dan NY ketahuan mencuri pakaian di swalayan WS yang berada di Jalan Imogiri Timur, Kalurahan Wonokromo, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul pada Rabu (16/8/2023) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Motif mereka mencuri karena untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," jelasnya saat menggelar jumpa pers di halaman Mapolsek Pleret, Senin (28/8/2023).

Adapun modus operandi dua pelaku pencurian tersebut dilakukan dengan cara membagi tugas.

Pelaku NY ditugaskan untuk mengawasi keadaan sekitar lokasi pencurian.

Setelah dirasa aman, NY dan RHK masuk ke swalayan WS tersebut melalui pintu depan.

Kemudian, mereka berjalan menuju rak etalase khusus celana panjang dan berdiri sambil memilih celana panjang yang ada di rak tersebut.

"Lalu, RHK menyuruh NY untuk bergeser ke kanan dan RHK menyuruh NY untuk mengambil barang berupa tiga celana panjang warna coklat merk Cardinal dengan cara melepas sensor alarm yang berada di celana tersebut," beber dia.

"Setelah itu, RHK memasukkan atau menyembunyikan barang curian tersebut ke dalam jaket dan celana yang dipakai oleh RHK. Lalu, RHK juga mengambil tiga celana panjang warna coklat merk Cardinal dan dimasukkan atau disembunyikan ke dalam jaket yang dipakai RHK," imbuh AKP Wiyadi.

Setelah melancarkan aksinya, dua pelaku pencurian tersebut bermaksud ingin keluar dari swalayan WS.

Namun, sayangnya, seorang karyawan yang bekerja di swalayan tersebut mengetahuinya dan berteriak meminta tolong kepada rekan-rekannya.

Sontak, petugas keamanan yang berjaga ditoko tersebut langsung mengamankan dua orang pelaku pencurian tersebut.

"Kemudian, atasan karyawan swalayan WS itu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pleret," lanjutnya.

Atas kejadian tersebut swalayan WS mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp.2.524.000.

Dua pelaku juga dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 3e dan 5e KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

"Saat kami introgasi, mereka ini ternyata sempat melakukan pencurian juga di toko yang ada di Kota Yogyakarta dan saat ini masih kami dalami kejadian tersebut," tandasnya.

 

Ketahuan Mencuri, Mantan ART di Pleret Bantul Diringkus Polisi

Jajaran Polsek Pleret, Bantul, mengamankan seorang mantan asisten rumah tangga (ART) di Padukuhan Tegalrejo, Kalurahan Bawuran, Kapanewon Pleret, Kapanewon Bantul berinisial A.

Wanita berusia 38 tahun ini diringkus polisi usai terbukti melakukan tindak pidana pencurian.

Kapolsek Pleret, AKP Wiyadi, berujar pelaku sebelumnya bekerja sebagai ART di rumah korban bernama Tinarsih (43) di Padukuhan Tegalrejo pada pertengahan 2022.

Namun, pelaku diberhentikan dari pekerjaannya pada Mei 2023.

"Pelaku diberhentikan karena korban merasa curiga, di mana sejumlah barang milik korban ada yang hilang," katanya saat jumpa pers di Mapolsek Pleret, Senin (28/8/2023).

Beberapa barang yang hilang di kediaman korban tersebut berupa cincin emas dan sejumlah uang tunai.

Setelah itu, korban memasang CCTV untuk mengetahui siapa pelaku pencurian yang kerap mencuri di rumahnya.

Selanjutnya korban menjalankan aktivitas seperti biasanya.

"Kemudian, pada Senin (7/8/2023) sekitar pukul 09.00 WIB, saat korban baru kembali ke rumahnya dari pasar dan bermaksud mengecek CCTV rumah. Namun saat itu tidak bisa diakses," tuturnya.

"Korban langsung menghubungi teknisi CCTV untuk mengakses CCTV tersebut. Pada saat sudah bisa diakses, ternyata ia melihat pada hari itu juga sekitar pukul 05.30 WIB, terdapat seorang perempuan masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel jendela dan berusaha mengambil sesuatu," jelas AKP Wiyadi.

Akan tetapi, setelah rekam kejadian itu muncul, selanjutnya CCTV berhenti/rusak.

Saat dicek ternyata box power supply CCTV telah hilang.

Atas kejadian tersebut, korban melaporkannya kepada Polsek Pleret untuk dilakukan tindak lanjut.

Setelah mendapatkan informasi lebih lanjut, unit Reskrim Polsek Pleret langsung meringkus pelaku di kediamannya yang juga berlokasi di Padukuhan Tegalrejo pada Senin (7/8/2023).

"Alasan pelaku mengambil box power supply CCTV itu karena mungkin dipikir oleh pelaku bahwa itu adalah memori rekaman CCTV. Sedangkan alasan pelaku mencuri adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan melunasi hutang-hutangnya," ungkapnya.

"Saat ini, pelaku kami tahan dan kami kenakan pasal 363 ayat (1) ke 3e dan 5e KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara," tandas AKP Wiyadi.