30 September 2023

Polsek Banguntapan Laksanakan Safari Salat Jumat dan Jumat Curhat di Masjid Margo Rahayu Grojogan

Polsek Banguntapan melaksanakan kegiatan Safari Salat Jumat dan dilanjutkan Jumat Curhat di Masjid Margo Rahayu, Grojogan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Banguntapan, AKP Sarim.

Di hadapan para jamaah, Kanit Binmas AKP Sarim mengatakan bahwa melalui Safari Salat Jumat dan Jumat Curhat ini diharapakan dapat meningkatkan jalinan kemitraan dan komunikasi dengan masyarakat, terutama dalam pemeliharaan kamtibmas yang aman kondusif.

Ia juga mengajak peran serta seluruh warga masyarakat dalam mencegah aksi kejahatan jalanan, agar meningkatkan pengawasan serta perhatian terhadap anak-anak remajanya.

Sementara itu, mengakhiri kegiatan tersebut Polsek Banguntapan memberikan sarana kontak kepada takmir masjid setempat. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Sewon Gelar Blue Light Patrol, Ciptakan Kamtibmas Kondusif

Upaya yang dilakukan Polsek Sewon dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, salah satunya dengan menggelar Blue Light Patrol. Kegiatan ini digelar pada malam hingga dini hari, seperti yang dilaksanakan pada Jumat (29/9/2023) malam.

Blue light patrol kali ini dipimpin oleh Panit Samapta Polsek Sewon, Iptu Harjana.

Kegiatan patroli tersebut difokuskan pada sasaran tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya aksi kejahatan.

Kanit Samapta AKP Sumanta mengungkapkan, kegiatan blue light patrol digelar mulai pukul 24.00 WIB hingga menjelang waktu subuh. Adapun tujuannya untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas terutama pada saat warga masyarakat sedang beristirahat.

Sehingga dengan kegiatan patroli tersebut diharapkan dapat tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif khusunya di wilayah Kapanewon Sewon. (Humas Polsek Sewon polres Bantul)

Anggota Polsek Sewon Bantu Evakuasi ODGJ ke Ru,mah Sakit Grhasia

Anggota Polsek Sewon bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi membantu proses evakuasi yang dilakukan sejumlah relawan terhadap warga penderita ODGJ di Dusun Krapyak Wetan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Jumat (29/9/2023).

Evakuasi terhadap penderita ODGJ tersebut dilakukan lantaran mengamuk dan membuat warga resah.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi mengatakan, penderita ODGJ tersebut memang kerap mengamuk ketika saat kambuh, sehingga meresahkan warga sekitar.

“Selanjutnya, penderita ODGJ tersebut kita dibawa ke RS Grhasia Pakem Sleman untuk dilakukan penanganan medis lebih lanjut,” kata Bripka Mulyadi. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Unit Samapta Polsek Sewon Gelar Patroli dan Sambang

Untuk menjaga kamtibmas yang aman kondusif, Kepolisian Sektor Sewon melalui Unit Samapta melaksanakan patroli kewilayahan, Jumat (29/9/2023).

Adapun sasarannya perkantoran, perbankan dan pertokoan yang ada di wilayah Kapanewon Sewon, Bantul.

Salah satu yang disambangi petugas patroli yaitu Bank BPR. Pada kesempatan tersebut petugas patroli juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada security.

Sementara itu, Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri Widayanto SH M.Si membenarkan bahwa anggotanya secara rutin menggelar patroli baik sambang maupun dialogis. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas, serta memberikan rasa aman kepada masyarakat. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Polsek Kasihan Amankan Acara Pentas Seni Avenoir Smada Festival 16

Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman SH MH memimpin pengamanan acara pentas seni Avenoir Smada Festival 16 yang digelar di Sportorium Kampus UMY, Kasihan, Bantul, Jumat (29/9/2023).

Pentas seni tersebut digelar dalam rangka lustrum SMA Negeri 2 Yogyakarta dengan menampilkan beberapa grup band di antaranya band Reality Club , band Fell Koplo, dan band For Revenge.

acara tersebut berjalan aman, lancar dan tertib. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Cegah Gangguan Kamtibmas, Patroli Polsek Bantul Sambangi Pos Kamling

Untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan tindak kriminalitas malam hari, anggota Sabhara Polsek Bantul dipimpin oleh Aiptu Rukijo melaksanakan patroli dan menyambangi petugas ronda di Pos Kamling Dusun Gemahan Ringinharjo Bantul, Jum'at (29/9/2023) malam.

Kegiatan ini kata Aiptu Rukijo juga sebagai upaya pemeliharaan Kamtibmas agar tetap kondusif.

“Situasi malam hari sangat rawan terjadinya gangguan kamtibmas maupun tindak kriminalitas. Demi menjaga dan menciptakan kamtibmas yang aman kondusif, Polsek Bantul meningkatkan kegiatan patroli sebagai upaya pencegahan,” katanya.

Aiptu Rukijo juga menyampaikan, peran aktif warga dengan melaksanakan ronda di pos kamling sebagai mitra Polisi yang diperlukan untuk menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masyarakat tetap kondusif. (Humas Polsek Bantul)  
 

Polisi Evakuasi Pria Paruh Baya yang Ditemukan Lemas di Bantaran Sungai Progo

Kepolisian Sektor (Polsek) Srandakan mengevakuasi pria paruh baya asal Magelang, Jawa Tengah, berinisial IR, yang ditemukan telantar di Bantaran Sungai Progo , Padukuhan Singgelo, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul , DI Yogyakarta.

Kapolsek Srandakan, Kompol Gunardi Teja Murti, mengkonfirmasi, pria berusia 60 tahun itu ditemukan telantar dalam keadaan lemas dan sakit pada Kamis (28/9/2023) siang.

"Infomasi pria terlantar itu kami dapatkan dari warga setempat. Mengetahui itu, kami langsung mengecek dan mendapatkan kondisi pria itu dalam keadaan lemas dan tidak membawa identitas," katanya, Jumat (29/9/2023).

Disampaikannya, kondisi tubuh pria paruh baya yang lemas tersebut sempat susah untuk diajak komunikasi.

Sehingga, pria tersebut harus dilarikan ke Puskesmas Srandakan.

Namun, dikarenakan kondisinya agak parah, maka pria paruh baya itu dirujuk ke RSUD Panembahan Senopati Bantul guna mendapatkan perawatan intensif.

Hingga saat ini, IR masih mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut.

"Dalam penanganannya kami lakukan bersama Dinas Sosial Kabupaten Bantul untuk bisa dirujuk dan mendapatkan perawatan di RSUD tersebut. Sedangkan, untuk olah tempat kejadian perkara, kami lakukan bersama Sabhara, Reskrim, Intel dan Bhabinkamtibmas," jelasnya.

"Kemudian kami juga melakukan komunikasi dengan yang bersangkutan (IR) saat keadaannya sudah membaik," imbuh Kompol Gunardi.

Adapun alasan IR bisa sampai ditemukan dalam keadaan telantar di Bantaran Sungai Progo tersebut tak lain karena memiliki keluarga baru di wilayah DIY.

"Informasi yang kami terima terakhir, bahwa memiliki keluarga di Magelang. Kemudian, keluarga itu sudah bercerai dan yang bersangkutan memiliki keluarga lagi di wilayah DIY. Namun, sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi terbaru dari keluarga yang berada di wilayah DIY," terang dia.

"Kami juga bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bantul untuk mencari keluarga lain yang berada di Magelang. Sehingga, yang bersangkutan (IR) nanti akan kami kembalikan bersama keluarganya tersebut. Karena, identitas dari Magelang ," lanjutnya.

Atas kejadian itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap peduli sesama masyarakat dan segera melaporkannya apabila menemukan kembali orang dalam kondisi telantar.

"Masyarakat bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib dalam hal ini adalah Polsek setempat maupun Pemerintah Kalurahan setempat untuk bisa segera dilakukan tindak lanjut," tandas Kompol Gunardi.


 

20 Kasus Kejahatan Jalanan di Kabupaten Bantul Berhasil Diungkap oleh Jajaran Polres Bantul

Dari data yang ada, tercatat, setidaknya ada 20 kasus kejahatan jalanan yang berhasil diungkap oleh Polres Bantul selama Januari-September 2023.

Kapolres Bantul , AKBP Michael R Risakotta, membeberkan, kasus tersebut kerap dilakukan oleh para remaja atau orang masih berada di bawah umur di sejumlah wilayah.

"Wilayah yang paling sering kami temukan kejahatan jalanan itu ada di empat kapanewon yakni Kapanewon Banguntapan, Kasihan, Sewon dan Kretek," katanya kepada awak media di sela-sela tugasnya, Jumat (29/9/2023).

Hal itu terjadi lantaran Kapanewon Kasihan, Sewon dan Banguntapan memiliki mobilitas yang tinggi.

Kemudian, lokasi itu juga berada di perbatasan dengan Kota Yogyakarta dan tempat berkumpulnya anak-anak muda.

Begitu pula di Kapanewon Kretek.

Di mana, AKBP Michael menyebut bahwa Kapanewon Kretek memiliki sejumlah tempat wisata yang kemudian kerap menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda pada malam hari libur atau malam akhir pekan.

"Pada malam Sabtu dan malam Minggu, lokasi itu (sejumlah tempat wisata di Kapanewon Kretek) kerap menjadi tempat nongkrong atau tujuan para remaja mengendarai kendaraan secara beriringan," terang AKBP Michael.

Disampaikannya, kejadian kejahatan jalanan itu kerap dilakukan pada waktu yang berbeda

Beberapa bulan lalu, kejahatan jalanan itu dilakukan oleh sejumlah remaja pada pukul 23.00-03.00 WIB.

Namun, pada saat ini, kejahatan jalanan itu sering dilakukan pada sekitar pukul 02.00-06.00 WIB.

"Makanya kami selalu memberikan imbauan kepada masyarakat utamanya para orang tua untuk tidak membiarkan anak-anaknya berkeliaran di atas pukul 22.00 WIB," tuturnya.

"Imbauan itu kami berikan agar para remaja terhindar sebagai pelaku atau korban kejahatan jalanan. Sehingga, tidak ada lagi kesempatan melakukan kejahatan atau sasaran kejahatan jalanan," imbuh dia.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa remaja yang diamankan saat kedapatan melakukan kejahatan jalanan itu tidak mau mengakui alasan atau motifnya.

Akan tetapi, berdasarkan analisis aspek psikologis, AKBP Michael mengatakan bahwa sebagian besar para remaja melakukan kejahatan jalanan itu.

(Berita ini telah tayang di Tribunjogja.com)

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Sambangi Pos Security PT Palm Craf

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat. R,SH melaksanakan sambang dan patroli ke Pos Security PT Palm Craf di Nogosari Trirenggo Bantul, Jum'at (29/09/2023) malam.

Bhabinkamtibmas mengimbau pesan-pesan Kamtibmas, yakni selalu meningkatkan kewaspadaan, adakan kontrol dilingkungan perusahaan untuk mengantisipasi setiap gangguan yang ada dilingkungan perusahaan, ciptakan situasi yang kondusif

Satpam Pabrik menyampaikan terimakasih atas kunjungan bhabinkamtibmas dan serta imbauan yang diberikan. (Humas Polsek Bantul)
 

Jajaran Polsek Sedayu Laksanakan Patroli KRYD

Jajaran Polsek Sedayu melaksanakan patroli KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) Rayon IV Polsek Sedayu dan Polsek Pajangan, jum'at (29/9/2023) malam.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel kesiapan di simpang tiga pasar Sungapan Argodadi.

Setelah kegiatan apel, dilanjutkan kegiatan patroli mengarah pada objek vital, perkantoran dan sekolah-sekolah serta melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan bermotor dengan sasaran sajam, miras dan narkoba.

Kegiatan tersebut untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah Sedayu. (Humas Polsek Sedayu) 

Bhabinkamtibmas Argomulyo Pengamanan Giat Masyarakat Parade Hadroh

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aiptu Ekwan melaksanakan pengamanan giat parade hadroh di Dusun Srontakan Argomulyo, Sedayu, Bantul, Jum'at (29/9/2023) malam.

Kegiatan parade hadroh tersebut dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H.

Dalam melaksanakan pengamanan di bantu oleh linmas dan jaga warga Kalurahan Argomulyo dengan melakukan pengaturan arus lalulintas agar tidak terjadi kecelakaan atau kemacetan. (Humas Polsek Sedayu)
 

Curhat Jumat, Upaya Polsek Imogiri Dekatkan Hubungan Silaturahmi Dengan Masyarakat

Kegiatan Curhat Jumat yang aktif dijalankan oleh Polsek Imogiri Polres Bantul  secara rutin adalah menjadi salah satu upaya Polri untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat.

Seperti yang dilaksanakan di Masjid Nurrohmah  Dusun Siluk Kalurahan Selopamioro, dipimpin Kapolsek Imogiri Kompol Suharno. MKom. CEH. CHFI didampingi Kanit, Panit, Kasi dan Bhabinkamtibmas Jumat (29/09/2023)

Dalam sambutannya Kapolsek  mengucapkan terimakasih kepada pengurus masjid Mijiono dan jamaahvyang telah menerima rombongan Polsek untuk mengikuti sholat jumat berjamaah.

Selanjutnya Kapolsek memberikan gambaran situasi Kamtibnas yang terjadi diwilayah Imogiri.

Ia berharap, dengan adanya Jurhat Jumat bisa komunikasi  serta akan terjalin hubungan yang baik antara Polri dan kemasyarakatan serta mampu menyerap aspirasi dan menekan potensi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Imogiri.

Di akhir pelaksanaan jurhat Jumat Polsek Imogiri mrmberikan tali asih berupa tukar dan diterima oleh Pengurus Masjid (Mujiono). (Humas polsek Imogiri)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Parangtritis Hadiri Rapat Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah

Bhabinkamtibmas Kalurahan Parangtritis Bripka Nurmahrudin Saputra menghadiri Rapat Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Kalurahan Parangtritis yang diselenggarakan di gedung serbaguna Musliman Dusun Samiran, Kamis (28/9/2023).

Kegiatan musyawarah tersebut dilaksankan sebagai ajang silahturahmi antar anggota Muhammadiyah dan Aisyiyah yang ada di kelurahan Parangtritis. Selain silahturahmi kegiatan tersebut sekaligus memilih susunan kepengurusan ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah periode 2022-2027 di kelurahan Parangtritis.

Dalam giat tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Parangtritis berpesan agar kedepan Muhammadiyah dan Aisyiyah bisa menjadi motor penggerak kegiatan keagamaan sehingga meningkatkan iman dan taqwa warga di kelurahan Parangtritis.
 

Antisipasi Kejahatan Jalanan, Polres Bantul Gelar Blue Light Patrol

Untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan maupun aksi kriminalitas lainnya di wilayah Kabupaten Bantul, Polres Bantul menggelar Blue Light Patrol skala besar, Sabtu (30/9/2023) dini hari.

Patroli ini, menyasar wilayah yang rawan terjadi gangguan kamtibmas.

Kegiatan Blue Light Patrol kali ini dipimpin oleh Kasat Sanapta Polres Bantul, Iptu Maryono yang diawali dengan apel kesiapan di halaman Mapolres Bantul.

Iptu Maryono mengatakan, Blue Light Patrol bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya pada malam hari.

“Blue light patrol memang kita fokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Dengan menyalakan lampu rotator biru pada malam hari,” terannya.

Blue Light Patrol kali ini menyasar wilayah perkampungan guna mengantisipasi pencurian kendaraan bermotor dan melaksanakan imbauan pada pemuda yang masih nongkrong untuk pulang ke rumah masing-masing.

“Kita melaksanakan patroli skala besar untuk menekan angka kejahatan di wilayah Bantul, terutama aksi kejahatan jalanan,” katanya.

Selain itu, petugas juga melaksanakan razia kendaraan bermotor dibeberapa titik.

Dengan blue light patrol, imbuhnya, masyarakat diharapkan akan merasa aman saat beraktivitas maupun yang beristirahat karena kehadiran petugas keamanan.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab Polres Bantul dalam upaya meciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat Bantul,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)
 

Polres Bantul Gelar Silaturahmi Kamtibmas Wujudkan Pemilu 2024 Damai

Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di lingkungan pemerintah kabupaten setempat menggelar silaturahmi keamanan dan ketertiban masyarakat guna mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 yang aman dan damai.

Acara ini dihadiri sejumlah jajaran Forkopimda Bantul di antaranya, Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf. Arif Hermad,  Plt. Ketua KPU Bantul, Joko Santoso, Ketua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, serta elemen mahasiswa Kabupaten Bantul.

"Tujuan silaturahmi kamtibmas ini, adalah memberikan energi positif dalam mengamankan dan mewujudkan Pemilu 2024 di Bantul yang aman dan damai, silaturahmi ini juga dapat menjadi nilai penting yang dapat disampaikan kepada seluruh masyarakat Bantul," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Michael R Risakotta dalam sambutan silaturahmi Kamtibmas di Mapolres Bantul, Jumat (29/9/2023) sore.

Pemilu tahun 2024, kata Kapolres, merupakan pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahunnya, sehingga jangan sampai terjadi perpecahan hanya karena berbeda pilihan atau warnanya.

“Diharapkan nantinya, para tokoh agama dan tokoh masyarakat dapat menyampaikan kepada umatnya dan seluruh masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan berita berita hoaks,” ujar dia.

TNI dan Polri, lanjutnya, akan bersinergi dan bekerjasama  dalam mengamankan Pemilu tahun 2024.

Kapolres Bantul juga mengharap dukungan dari stakeholder lainnya, seperti Bupati, KPU dan Bawaslu serta semua tokoh-tokoh yang ada di Bantul, untuk mewujudkan Pemilu yang damai.

“Kami yakinkan bahwa asas tolong menolong, rasa toleransi di antara warga Bantul masih sangat kuat,. Hal ini yang membuat kami optimis bahwa Bantul tetap akan aman karena rasa persaudaraan dan persatuan dalam sebuah ikatan tali silaturahmi sebagai orang Bantul yang kuat,” bebernya.

Perwira menengah dengan dua melati di pundak ini juga berpesan, agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita hoaks yang arahnya mengadu domba.

“Jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita hoaks, apalagi berita berita tersebut dari orang luar Bantul, jangan sampai terjadi. Kita warga Bantul harus tetap kuat dalam ikatan tali silaturahmi sesama warga Bantul,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan  apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kapolres Bantul atas upayanya mewujudkan hubungan yang harmonis antara semua tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kabupaten Bantul.

“Perbedaan biarlah berjalan, tetapi akan muncul keselarasan dan keharmonisan berjalan dengan sinergi,” katanya.

Pemilu 2024, kata Halim, adalah hajatan demokrasi lima tahunan negeri ini yang akan digelar awal tahun depan.

“Siapapun yang terpilih menjadi Presiden sudah dibaiat dan tanda tangan perjanjian dengan rakyat sudah pasti akan setia dengan NKRI dan Pancasila,” ujar dia.

Melalui forum yang mulia ini, Halim mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dapat mendinginkan situasi dalam kompetisi yang biasa-biasa saja ini.

“Kita telah memiliki pengalaman yang panjang tentang demokrasi, mestinya membuat kita menjadi lebih dewasa. Berbeda itu adalah hal yang biasa saja, tidak perlu baper-baper-an, karena gelem ora gelem, seneng.ora seneng kita memang harus melewati prosedur demokrasi yaitu Pemilu,” katanya.

Diakhir sambutannya, Halim yakin apabila masyarakat Bantul, adalah masyarakat yang bisa diajak berkomunikasi dengan baik dan dapat diarahkan untuk selalu hidup rukun dan damai.

“Karena kita memiliki kebudayaan gotong royong,” pungkas Halim.

Plt. Ketua KPU Bantul, Joko Santoso dalam kesempatannya menyampaikan, sesuai dengam jadwal, KPU Bantul saat ini sedang menverfikasi Caleg yang akan memperebutkan kursi DPRD Kabupaten Bantul. Semetara kampanye yang bersifat tertutup, akan dimulai pada tanggal 28 November mendatang.

“Pemilu bukan hanya hajatan dari KPU, tetapi hajatan bersama dan diharapkan peran serta dan dukungan dari semua pihak untuk mendoakan penyelanggeraan Pemilu dapat berjalan sukses,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, KPU Bantul juga sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 742.074 pemilih, 3.166 TPS yang tersebar di 75 kalurahan dan 17 kapanewon.

Menurut Joko, berdasarkan pelaksanaan Pemilu 2019, kerawanan terjadi biasanya pada hari H, bagaimana KPU melayani pemilih yang bukan dari Bantul, akan tetapi yang bersangkutan ingin menggunakan hak pilihnya di Bantul.

Hal ini, jelas Joko, sudah diakomodir dengan TPS Lokasi Khusus (Loksus) sesuai dengan  peraturan KPU nomor 17 tahun 2022.

“Kita kurang lebih ada 44 TPS Loksus, ini lokasinya di kampus maupun pesantren untuk mengakomodir mahasiwa dan santri yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya di daerah asal karena sedang tugas belajar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho dalam sambutannya mengatakan, Bawaslu akan melaksanakan intruksi dari Bawaslu pusat, yakni mendahulukan pencegahan supaya tidak terjadi konflik.

Bawaslu, kata Didik, juga sudah memetakan indeks kerawanan terkait dengan politik uang, pemilih di luar negeri, media sosial, netraliitas ASN, dan politisasi SARA.

“Kami berharap Pemilu di Bantul bisa menjadi ayem tentrem dengan asas yang sudah disampiakan Bupati Bantul yaitu gotong royong’ punkasnya.

Kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin Kepala Kantor Kemenag Bantul, Ahmad Shidqi.
 

Sepeda Motor Tabrak Truk di Bantul, 2 Orang Luka Serius

Kecelakaan lalu lintas antara truk dan sepeda motor terjadi di Jalan Jogja-Wates, Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul. Akibatnya dua pemotor mengalami luka serius.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry menjelaskan kejadian bermula saat truk bernomor polisi AB 8139 JC yang dikemudikan inisial J (43) melaju dari arah barat ke timur di Jalan Jogja-Wates, Pedukuhan Pedusan, Kalurahan Argosari, Sedayu, sekitar pukul 14.00 WIB. Selanjutnya truk menyalakan lampu sein ke arah kanan karena akan masuk di salah satu perusahaan yang ada di pinggir jalan tersebut.

"Sampai TKP ada dua orang boncengan pakai motor melaju dari arah timur ke barat," kata Jeffry, Rabu (27/9/2023).

Motor jenis matik bernomor polisi AB 3248 PO ini dikendarai inisial RS (32) berboncengan dengan RA (30). Keduanya warga Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo.

"Karena jarak sudah terlalu dekat, pengendara tidak dapat mengendalikan laju motornya dan menabrak pelindung roda belakang sebelah kiri dari truk," jelasnya.

Akibat kecelakaan itu, pengendara dan pembonceng motor mengalami luka cukup serius dan dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan sopir truk tidak mengalami luka.

"Pengendara motor luka patah tulang dan luka di kepala, pembonceng luka di kepala," ungkapnya.

Sementara akibat benturan itu, truk mengalami kerusakan di pelindung roda belakang sebelah kiri. Untuk motor mengalami kerusakan pada bagian depan.
 

29 September 2023

Optimalkan Restoratif Justice dalam penyelesaian Perkara, Kapolres Simalungun kembali selesaikan 61 kasus

Simalungun - Restorative justice atau metode penyelesaian hukum tanpa pengadilan ini merupakan anjuran sekaligus instruksi dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang menjadi pintu bagi masyarakat agar keadilan itu tidak hanya ditegakkan, tetapi juga dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung SIK, MH mengoptimalkan Restoratif Justice dalam penyelesaian perkara, kali ini 61 kasus diselesaikannya.

Bertempat di Polsek Bangun acara yang dilaksanakan mulai pukul 9 pagi itu menarik perhatian banyak pihak. Selain melibatkan para tersangka, kegiatan ini juga dihadiri oleh General Manager PTPN IV, Waka Polres dan para Kapolsek, Camat, Pangulu/Kepala desa hingga tokoh agama dan masyarakat.

Dalam Restoratif Justice masaal kali ini, pihak pelapor meminta agar tersangka diberikan sanksi sosial seperti membersihkan tempat ibadah dan perkantoran", ungkap Kapolres Simalungun, Jumat (29/9).

Namun ia juga menyampaikan, tidak semua kasus bisa diselesaikan melalui Restoratif Justice. Beberapa kasus seperti pencurian kendaraan bermotor, pembunuhan, dan kasus yang meresahkan masyarakat dan mendapat penolakan dari masyarakat, tetap akan dilanjutkan proses hukumannya.

"Ada 61 perkara yang diselesaikan. Perkara-perkara itu dari tahun 2022 hingga 2023," pungkas Ronald.

Polda DIY Tampung Keluhan Masyarakat Melalui Program Jumat Curhat

Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol Tartono beserta sejumlah pejabat utama menerima beragam keluhan masyarakat dalam program Jumat Curhat di Kabupaten Bantul.

Kegiatan yang digelar di Joglo Adyatma Jln Rejodadi Onggobayan Ngestiharjo Kasihan Bantul, Jumat (29/9/2023) ini, dihadiri oleh Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol FX. Endriadi, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kedatangan Pejabat Polda DIY di wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul.

“Kegiatan Jumat Curhat merupakan momen yang cukup penting sebagai media komunikasi antar masyarakat dengan kepolisian tentang informasi dan curahan keluhan masyarakat dalam mencari solusi untuk meningkatkan keharmonisan di wilayah Bantul,” kata Halim.

Sementara itu, Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol Tartono mengatakan, tujuan dari Jumat Curhat ini adalah untuk mendengarkan langsung masukan, saran dan pendapat masyarakat terkait Polri khususnya masalah Keamanan, Ketertiban masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Kapolres Kulonprogo tersebut mengatakan bahwa di Yogyakarta telah dibentuk Omah Jaga Warga yang didirikan di tingkat kalurahan.

Tujuannya untuk mewadahi kelompok Jaga Warga yang sudah terbentuk di tahun-tahun sebelumnya. Melalui program ini harapannya dapat menyelesaikan berbagai persoalan sosial yang berkembang di masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya Omah Jaga Warga, permasalahan yang terjadi di masyarakat dapat selesaikan secara kekeluargaan,” kata dia.

Lebih lanjut Tartono mengatakan, kebijakan Kapolri yang diimplementasikan oleh Kapolda DIY ada tiga, yakni polisi yang meberikan rasa aman, polisi yang melayani dan polisi yang mendukung pembangunan.

“Untuk itu, kami siap memberikan rasa aman kepada masyrakat, dengan memberikan pelayanan terbaik, serta mendukung pembangunan yang sedang berlansgung,” bebernya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Warga yang hadir juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai keluhan.

Pertanyaan yang disampaikan masyarakat di antaranya bagaimana membedakan berita bohong dengan berita benar.

“Minimal pada saat menerima berita jangan buru-buru dishare pastikan kebenarannya terlebih dahulu dengan sharing ke teman ataupun aparat,” kata Tartono.

Sementara itu, menyangkut banyaknya warga yang terkena korban pinjol menanyakan apakah sudah ada tindakan patroli cyber dan apa langkah yang diambil untuk mencari solusi apabila warga menjadi korban pinjol, Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol FX. Endriadi memberikan jawaban yang lugas.

“Solusinya agar meminjam ke tempat yang legal dan sudah berbadan hukum serta sudah dilakukan patroli Cyber dan sudah dilakukan penangkapan dibeberapa tempat dan yang bisa diproses adalah yang melanggar hukum seperti menagih dengan cara kekerasan, pemaksaan dan teror melalui medsos,” katanya.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta menambahkan, terkait pinjol apabila mendapatkan teror agar diabaikan saja dan apabila sudah ada pengancaman dan tindakan kekerasan agar dilaporkan ke Polisi.

“Kepolisian sudah membuat program Polisi RW sehingga lebih memudahkan warga berkomunikasi dengan polisi apabila mengetahui atau mendapati suatu tindak pidana bisa segera ditindaklanjuti,” katanya.

Polri Gandeng Ustaz Das'ad Latif untuk Mendorong Pemilu Damai

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggandeng para ulama untuk meredam isu-isu negatif yang berkaitan dengan Pemilu 2024. Salah satunya yakni ustaz kondang, Das'ad Latif.

Polri berupaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan mencegah polarisasi yang kemungkinan terjadi pada saat Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya, akan banyak isu-isu SARA dan juga provokasi di media sosial yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan Bangsa.

Sebagai perwakilan dari Polri, Wakabareskrim Irjen Asep Edi Suheri menemui Ustaz Das'ad Latif di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2923) kemarin. Jenderal bintang dua yang mendapat amanat sebagai Kepala Operasi Nusantara Cooling System' (Kaops NCS) meminta petuah dari ustaz yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

"Alhamdulillah, Ustaz Das'ad Latif bersedia membantu tugas Polri," kata Irjen Asep Edi dalam keterangannya, Jumat (29/9/2023).

Selain itu, Asep menuturkan, bahwa Ustaz Das'ad Latif juga bersedia melakukan safari dakwah. Bahkan, akan menjembatani dengan tokoh-tokoh agama lainnya untuk membantu tugas Polri dalam cooling system.

"Ustaz juga akan berdakwah dan menjembatani dengan tokoh-tokoh agama di wilayah yang menjadi atensi dan eskalasi tinggi terkait kerawanan dalam rangkaian Pemilu 2024," tandasnya.

Irjen Asep juga berharap kepada masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kendati berbeda pilihan dalam Pemilu 2024 mendatang.

Polsek Bantul Santuni 25 Anak Yatim di Kalurahan Ringinharjo

Polsek Bantul kembali kegiatan bakti sosial santunan anak yatim dan piatu. Kali ini digelar di Aula Balai Kalurahan Ringinharjo Bantul, Bantul dan dipimpijn oleh Kanit Binmas AKP Sukarto, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin Polsek Bantul pada setiap bulannya dengan memberikan santunan kepada 25 anak yatim piatu yang ada di wilayah Kapanewon Bantul.

AKP Sukarto mengatakan bahwa kegiatan santunan anak yatim dan piatu sudah menjadi agenda rutin Polsek Bantul. Adapun sumber dana berasal dari infaq anggota Polsek Bantul.

“Harapannya santunan tersebut dapat bermanfaat bagi anak-anak yatim piatu yang ada di wilayah Kapanewon Bantul,” tuturnya.

Selanjutnya, acara santunan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Panit 1 Binmas Polsek Bantul, Ipda Zaenal. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Polsek Sewon Ikut Berpartisipasi Dalam Kegiatan TMMD di Dlingo

Polsek Sewon turut berpatipasi dalam kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap III tahun 2023, di Dusun Tangkil, Muntuk, Dlingo, Bantul.

Partisipasi Polsek Sewon diwujudkan dengan mengirimkan personelnya untuk mengikuti kegiatan TMMD tersebut, Jumat (29/9/2023).

Adapun sasaran pokok dalam TMMD kali ini antara lain pembangunan fisik berupa pembuatan jalan sepanjang 300 meter, pembuatan jalan Makadam sepanjang 300 meter, cor blok jalan sepanjang 200 meter, pembuatan talut sepanjang 54 meter, jambanisasi 1 unit dan RTLH 1 unit.

Sedangkan sasaran non fisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan kesehatan dan penyuluhan pemberdayaan masyarakat. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Polsek Sewon Berikan Pembinaan Siswa-siswi di SD Negeri Balong

Polsek Sewon melaksanakan kegiatan pembinaan siswa-siswi di SD Negeri Balong, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Sewon, AKP Sri Wigiyati bersama Aipda Sigit Artanto dan Aipda Wawan Giyarto S.Psi.

Adapun materi pembinaan yang disampaikan yaitu pemahaman tentang dampak negatif dan bahaya yang ditimbulkan dari tindakan bullying di kalangan pelajar.

Sementara itu, pesan-pesan yang disampiakan kepada para siswa agar saling menghormati dan menjaga persahabatan. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Sambangi Posyandu Balita di Tegaldowo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aipda Agus Bandianto menyambangi kegiatan Posyandu Balita di Tegaldowo, Grujugan, Bantul, Jumat (29/9/2023).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Agus Bandianto memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada ibu-ibu orangtua Balita.

Kehadiran Bhabikamtibmas tersebut sekaligus untuk bersilaturahmi dengan warga masyarakat di wilayah tugasnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Berikan Penyuluhan Tentang Narkoba

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtohargo Bripka Tohari memberikan penyuluhan kepada pemuda-pemudi di Kalurahan Tirtohargo, Kretek, Bantul, Jumat (29/9/2023).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Tohari menyampaikan materi tentang jenis-jenis narkoba, pasal yang bisa menjerat bagi pengguna maupun pengedar narkoba, serta dampak yang ditimbulkan apabila menkonsumsi narkoba.

Ia juga berpesan agar menjauhi narkoba, karena narkoba dapat merusak masa depan. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

Polsek Piyungan Adakan Kegiatan Jumat Curhat di Dusun Karangtengah

Kanit Binmas Polsek Piyungan AKP Moh Widayadi Sanani memimpin kegiatan Jumat Curhat di Masjid Al Ikhlas, Dusun Karangtengah, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kemitraan antara Polri dengan masyarakat dalam menjaga serta memelihara kamtibmas yang aman kondusif.

Dalam kesempatan tersebut AKP Widayadi menyampaikan pesan-pesan kamtibmas berkaitan pencegahan kebakaran, laka lantas dan tindak kriminalitas 3C (Curat, Curas, Curanmor).

Selain itu, ia menyampaikan program Kapolda DIY "Ibu Memanggil" untuk mengantisipasi kenakalan remaja dan kejahatan jalanan.

Dikatakan, Jumat Curhat ini juga menjadi sarana untuk mendengar masukan dari masyarakat yang dapat dijadikan referensi untuk mengambil kebijakan dalam menciptakan lingkungan yang aman kondusif. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Kapolsek Pajangan Hadiri Upacara Adat Kuras Sendang Angin Angin

Kapolsek Pajangan AKP Anar Fuadi SH MIP mengikuti upacara adat kuras Sendang Angin Angin di Dusun Guwo, Triwidadi, Pajangan, Bantul, Kamis (28/9/2023).

Kegiatan diawali dengan kirab bregodo, pementasan tari sintren dari Sanggar Safitri dan upacara serah terima siwur. Upacara adat kuras sendang merupakan warisan dari leluhur secara turun-temurun dan telah mendapat penghargaan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul.

Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kekompakan, kebersamaan dan kegotong-royongan warga masyarakat setempat.

Sementara itu demi kelancaran acara tersebut, personel Polsek Pajangan melakukan pengamanan. (Polsek Pajangan Polres Bantul)

Anggota Polsek Sedayu Datangi TKP Kebakaran Lahan Kosong

Anggota Polsek Sedayu medatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara) kebakaran lahan kosong di Dusun Gunung Bulu, Argorejo, Sedayu, Bantul, Jumat (29/9/2023).

Mendapat laporan dari warga masyarakat terkait peristiwa kebakaran tersebut, anggota Polsek Sedayu bergegas mendatangi TKP kebakaran lahan kosong yang banyak ditumbuhi rumput liar yang telah mengering akibat kemarau.

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh membenarkan adanya peristiwa kebakaran lahan kosong tersebut.

“Kebakaran tersebut berhasil dipadamkan setelah didatangkan satu unit mobil Damkar,” kata Kapolsek.

Ia juga mengibau warga masyarakat sekitar agar selalu waspada terhadap kebakaran lahan, mengingat saat ini musim kemarau dan rentan terjadi kebakaran lahan. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Anggota Polsek Srandakan Laksanakan Olahraga Bersama Forkopimkap

Anggota Polsek Srandakan melaksanakan olahraga senam areobik bersama jajaran Forkopimkap yang digelar di halaman Mapolsek Srandakan, Jumat (29/9/2023) pagi.

Kegiatan olahraga bersama tersebut untuk menjaga kebugaran tubuh, sekaligus menjalin silaturahmi dan meningkatkan sinergitas antar instansi.

Sementara itu, kegiatan olahraga senam areobik dipandu oleh seorang instrukutur senam dan diikuti oleh anggota TNI-Polri, pegawai serta Pamong dengan penuh semangat. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Personel Polsek Kasihan Ikut Olahraga Jalan Sehat bersama Forkopimkap

Personel Polsek Kasihan mengikuti kegiatan olahraga jalan sehat bersama jajaran Forkopimkap Kasihan, Jumat (29/9/2023) pagi.

Kegiatan olahraga tersebut bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh, sekaligus menjalin silaturahmi dengan jajaran instansi.

Diharapkan dengan tubuh yang sehat dan bugar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara masksimal. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Kapolsek Imogiri Pimpin Pengamanan Kirab Budaya Hari Jadi Kalurahan Imogiri Ke-193

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno M.Kom CEH CHFI memimpin pengamanan kegiatan Hari Jadi Kalurahan Imogiri yang ke-193, di Imogiri, Bantul, Kamis (28/9/2023) siang.

Yakni pengamanan kirab budaya dengan rute dari Lapangan Demi Imogiri dan finish di Pendopo Kantor Bupati Juru Kunci Surakarta Dusun Paseban Imogiri.

Peringatan Hari Jadi Kalurahan Imogiri dengan tema "Manunggalung Sedyo Mbangun Deso Kanthi Greget Lan Karep Makaryo Tumuju Masyarakat Mulyo".

Acara tersebut dihadiri Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Wakil Ketua I DPRD Bantul Nur Subianto S.I.Kom, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Fraksi Demokrat Roni Wijaya Indra Gunawan SH, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Fraksi PAN  Surotun dan Sekretaris Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul Slamet Pamuji S.Pd M. Pd.

Hadir pula Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP dan Lurah Imogiri Budi Purwanto SH. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Polsek Bantul Gelar Patroli, Ciptakan Kamtibmas yang Kondusif

Guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kaamtibmas) di wilayah Kapanewon Bantul yang kondusif, Polsek Bantul menggelar kegiatan patroli kewilayahan, Kamis (28/9/2023).

Kegiatan patroli dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Bantul, Aiptu Rukijo.

“Sasaran patroli antara lain perkantoran, perbankan dan pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Kapanewon Bantul,” katanya.

Dalam kegiatan itu petugas patroli juga menyampaikan pesan dan imbauan kamtibmas kepada Satpam maupun juru parkir. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Polsek Sedayu Berikan Pengamanan Giat Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Personel Polsek Sedayu telah melaksanakan pengamanan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Dusun Srontakan, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Kamis (28/09/2023) malam.

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh menyampaikan bahwa tujuan dari pengamanan ini adalah salah satu wujud Polri hadir ditengah-tengah masyarakat antara lain dengan memberikan pelayanan berupa pengamanan setiap kegiatan warga masyarakat, salah satunya dengan melakukan pengamanan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H tersebut.

"Kehadiran personel Polri dalam setiap kegiatan masyarakat dapat memberikan rasa aman hingga terwujudnya kondusifitas diwilayah hukum Polsek Sedayu,” ujar Kapolsek.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kepolisian dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat juga memberikan pelayanan berupa pengaturan arus lalulintas di jalan utama sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada para jamaah yang hadir. (Humas Polsek Sedayu)  


28 September 2023

Polisi Tangkap Warga Sleman Pelaku Penggelapan Mobil Rental di Bantul

Polisi menangkap SN (33), pelaku penggelapan mobil rental di Banguntapan, Bantul. Warga Prambanan, Sleman itu menggadaikan dua unit mobil yang direntalnya.

Kapolsek Banguntapan. Polres Bantul, Kompol Irwiantoro menerangkan peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (8/6/2023) silam.

“Modusnya pelaku datang ke korban untuk berpura-pura merental mobil. Lalu mobil yang dirental itu tidak dikembalikan sesuai batas waktu yang ditentukan. Setelah waktu yang dijanjikan, kendaraan tidak dikembalikan. Ternyata kendaraan sudah dipindah tangan ke orang lain," ungkapnya saat jumpa pers di Polsek Banguntapan, Rabu (28/9/2023).

Pelaku diduga memiliki komplotan. Ia tidak beraksi sendiri. Ia berkomplot dengan seseorang berinisial YP untuk merental mobil tersebut.

"Jadi modusnya sengaja menyiapkan dana untuk rental. Setelah terjadi transaksi, kemudian kendaraan dilarikan dan digadaikan ke pihak yang lain," jelas dia.

Kedua mobil tersebut lalu digadaikan di daerah Prambanan, Sleman dengan harga Rp 40 juta per unitnya. "Tersangka SN hanya mendapat bagian Rp300 ribu per unitnya dari YP karena ada utang piutang di antara mereka," bebernya.

Setelah dilaporkan, polisi akhirnya berhasil mengamankan SN. Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit mobil Toyota Avanza tahun 2022 dan satu unit mobil Toyota Innova tahun 2017.

“Saat ini kami masih memburu rekan pelaku berinisial YP,” terang dia.

Pelaku akan dijerat pasal 372 KUHP, tentang penggelapan. “Ancaman hukumannya penjara selama-lamanya empat tahun,” tandasnya.

 

Komitmen Berantas Mafia Bola, Polri Tetapkan 6 Tersangka Match Fixing Liga 2

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuktikan komitmennya menindaklanjuti instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberangus seluruh mafia sepak bola di Indonesia. Hal itu dilakukan demi menciptakan iklim persepakbolaan yang bersih bebas dari praktik pengaturan skor (match fixing).

Komitmen itu terbukti dari penegakan hukum yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Bola. Dalam hal ini, telah ditetapkan enam orang tersangka kasus dugaan suap terkait pengaturan pertandingan Liga 2.

"Dari hasil penyidikan, penyidik telah memperoleh bukti yang cukup. Maka ditetapkan enam orang sebagai tersangka," kata Kasatgas Anti-Mafia Bola Polri Irjen Asep Edi Suheri dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 27 September 2023.

Keenam tersangka itu adalah, K selaku LO wasit, A selaku kurir pengantar uang, R sebagai wasit tengah, T selaku asisten wasit 1, R asisten wasit 2 dan A yang merupakan wasit cadangan.

Untuk terus menciptakan iklim sepak bola Indonesia yang bebas dari mafia, kata Asep, Satgas tersebut terus melakukan analisis terhadap sejumlah pertandingan baik yang sudah berjalan maupun berlangsung.

Tak hanya itu, Asep menekankan, proses penegakan hukum ini sendiri hasil dari sinergitas antara Polri dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Pasalnya, organisasi sepak bola tanah air itu menyampaikan laporan dari Sport Radar Intelligence dan Investigation dari FIFA yang diserahkan pada tanggal 24 Juni 2023.

Dalam standar internasional, FIFA menggunakan jasa dari Sport Radar untuk menganalisa dan mengumpulkan data intelijen terkait dugaan match fixing.

"Dalam laporan tersebut, terjadi match fixing pada pertandingan dari tahun 2018 sampai dengan 2022. Tidak menutup kemungkinan prakfik seperti itu masih terjadi di tahun 2023. Dikarenakan target tersebut masih diduga masih berkecimpung dalam kegiatan persepakbolaan Indonesia sampai saat ini," ujar Asep.

Masih dalam laporan yang sama, Asep mengungkapkan bahwa, terdapat wasit terindikasi terlibat dalam praktik match fixing pada pertandingan Liga 2 antara klub X dan klub Y pada November 2018.

Menerima laporan tersebut, Satgas Anti-Mafia Bola bergerak cepat melalui laporan polisi bernomor LP/A/15/IX/2023/SPKT.DITTIPIDSIBER/BARESKRIM POLRI per tanggal 5 September 2023.

Selanjutnya, Satgas Anti-Mafia Bola Polri pun telah melakukan pemeriksaan terhadap 15 orang saksi yang berasal dari pihak klub, wasit yang terlibat dalam pertandingan, pengawas pertandingan, pihak-pegawai hotel, panitia penyelenggara pertandingan dan Komdis PSSI. Tak hanya itu, penyidik juga telah meminta keterangan dari enam ahli pidana.

Dari rangkaian tersebut, Asep menyatakan, pihaknya menemukan fakta modus operandi yang dilakukan pihak klub untuk melobi perangkat wasit guna memenangkan pertandingan salah satu klub dengan iming-iming uang.

"Pihak klub memberikan uang sebesar Rp100 juta ke para wasit di hotel tempat menginap dengan maksud agar klub X menang melawan klub Y. Menurut keterangan klub mereka sudah mengeluarkan uang kurang lebih sekitar Rp1 miliar untuk melobi wasit di sejumlah pertandingan. Klub yang diduga terlibat masih aktif dalam pertandingan liga 1. Akan tetapi hal tersebut masih akan kami telusuri dan dalami," papar Asep.

Atas perbuatannya, untuk tersangka K dan A dijerat dengan Pasal 2 UU Nomor 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1. Dengan ancaman pidana selama-lamanya lima tahun dan denda sebanyak-banyakny Rp15 juta.

Sedangkan tersangka, R, T, R, dan A disangka melanggar Pasal 3 UU Nomor 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1. Dengan ancaman pidana selama-lamanya tiga tahun dan denda sebanyak-banyaknya Rp15 juta.
 

Bripka Mulyadi Sambangi Security, Perumahan Dan Gudang di Wilayahnya

Menjaga situasi yang aman dan kondusif bukan hanya milik Polri semata, namun juga merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua sebagai warga masyarakat.

Guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif,serta menjalin kedekatan dengan warga salah satunya yang bergerak di bidang pengamanan Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Polres Bantul Kalurahan Panggungharjo, Bripka Mulyadi hari ini melaksanakan sambang dialogis dengan security perumahan maupun gudang yang berada di wilayah Panggungharjo, Rabu (28/09/2023) siang.

maupun security melaksanakan sambang ke pos satpam perumahan Griya Waringin Indah, Rabu (11/01/2023) sekaligus memberikan himbauan kamtibmas kepada anggota satpam yang bertugas.

Usai melaksanakan kegiatan tersebut Bripka Mulyadi menyampaikan saat melaksanakan sambang  tidak lupa juga menyampaikan pesan kepada anggota Satpam agar lebih waspada dan meningkatkan kegiatan patroli baik siang, sore maupun malam hari bahkan menjelang pagi hari dengan cara bergantian sehingga keberadaan satpam.

“ Saya mewanti wanti kepada mereka apabila terdapat hal – hal yang mencurigakan dan apabila terdapat pelaku yang ditangkap masa segera laporkan ke saya selaku Bhabinkamtibmas yang membawahi Kalurahan Panggungharjo atau langsung ke Polsek Sewon serta jangan main hakim sendiri”tegas Bripka Mulyadi.

Bripka Mulyadi juga menjelaskan terjadinya hubungan baik Bhabinkamtibmas dengan Security atau satpam, karena salah satu tugas satpam membantu tugas kepolisian dalam hal menjaga keamanan dan apabila di dalam suatu wilayah terjadi gangguan kamtibmas sedangkan hubungan Bhabinkamtibmas tidak harmonis maka tidak ada satpam menghubungi Kepolisian. ( Humas Polsek Sewon ).
 

Pak Bhabin Kalurahan Bangunharjo, Sambangi Pedagang Pasar Tradisional Triwindu

Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat ( Bhabinkamtibmas ), atau yang sering di panggil akrab oleh warga masyarakat Pak Bhabin, selalu melaksanakan sambang warga di wilayah yang menjadi binaanya, Kegiatan sambang juga merupakan salah satu cara untuk menjalin silaturahmi, serta mengetahui langsung situasi dan kondisi kamtibmas di wilayah yang menjadi binaannya.

Seperti hari ini, Rabu, (27/09/2023), siang, Aiptu Suhanto, Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Kalurahan Bangunharjo, mengunjungi salah satu pedagang pasar Triwindu yang merupakan pasar tradisional yang berlokasi di jalan Imogiri Barat, Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Bantul.

“ Menjalin keakraban dan kedekatan dengan warga masyarakat memang sangat diperlukan antara aparatur negara Kepolisian Republik Indonesia khususnya anggota Bhabinkamtibmas , untuk itu saya  tidak ingin menyia-nyiakan waktu dan kesempatannya untuk lebih erat lagi di dalam membina hubungan silaturahmi dengan warga di wilayah yang menjadi binaan saya yaitu Kalurahan Bangunharjo” jelas Aiptu Suhanto saat di konfirmasi di ruang kerjannya usai melaksanakan kegiatan sambang.

Bhabinkamtibmas Bangunharjo tersebut juga menambahkan dalam giat sambang yang dilakukan dengan menyapa para pedagang yang memiliki lapak di sekitar pasar, dan berdialog langsung dengan para pedagang dan pengunjung pasar, dengan demikian kita dapat mendengarkan keluh kesah, kritik maupun saran yang tentunya untuk membangun keamanan dan ketertiban bersama,

Lanjut Aiptu Suhanto tidak lupa juga menyampaikan himbauan dan arahan terkait dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai aksi dan modus penipuan, gendam, maupun uang palsu yang menjadikan para pedagang dan warga masyarakat lainnya sebagai korban kejahatannya. ( Humas Polsek Sewon )
 

Personel Polsek Sedayu Pengamanan Pengaspalan Jalan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Aiptu Murgyadi S. I. Kom bersama anggota Samapta dan Lalulintas Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan dan pengaturan di lokasi pengaspalan jalan di jalan Dusun Metes Argorejo, Sedayu, Bantul, Rabu (27/09/2023).

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh mengemukakan bahwa saat ini di jalan Metes sedang dilakukan pengaspalan, dan hal tersebut membutuhkan kehadiran Polri untuk memberikan keamanan dan keselamatan baik bagi para pekerja maupun pengendara yang melintas di sekitar lokasi.

“Kegiatan pengaspalan di ruas jalan Metes saat ini sedang dilaksanakan. Hal ini Tentu membutuhkan kehadiran Polri untuk memberikan pelayanan berupa keamanan dan keselamatan baik kepada para pekerja ataupun para pengendara yang melintasi jalan tersebut.” Ungkapnya

Dilokasi tersebut juga, petugas memasang rambu terkait aktifitas pengaspalan jalan, sehingga para pengendara bersikap hati-hati saat melintas dan memberikan imbauan agar mengambil jalur alternative lain. (Humas Polsek Sedayu)
 

Apel Kesiapan Pengamanan Jalur VVIP Wilayah Bantul

Dalam rangka kesiapan pengamanan jalur VVIP kunjungan RI-1 beserta rombongan menteri yang akan melaksanakan kegiatan di Propinsi DIY, digelar apel kesiapan pengamanan jalur VVIP wilayah Bantul dipimpin Pasiop Kodim Bantul Kapten Inf. Sukir. Apel dilaksanakan di Halaman JEC Banguntapan Bantul, Rabu (27/9/2023).
 
Hadir pada apel tersebut Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH, Kanit Lantas Iptu Agung S SH., MM, panit Samapta Polsek Banguntapan Ipda Agus Widhijanto, Kanit Propam Ipda Sudaryanto, Gabungan anggota Kodim Bantul dan Anggota Polsek Banguntapan.

Pengambil apel Pasiop Kodim Bantul Kapten Infanteri Sukir menyampaikan terima kasih kepada semua anggota yang hadir melaksanakan apel kesiapan pengamanan jalur VVIP kunjungan RI-1 bersama rombongan ke Provinsi DIY.

Kita melaksanakan pengamanan jalur VVIP mulai dari JFO - Gedong Kuning perbatasan dengan wilayah kota. Jangan dianggap tugas rutinitas namun merupakan tugas baru dan siap siaga laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Untuk waktu pastinya kita masih menunggu informasi, namun tetap siap siaga tidak mninggalkan lokasi ploting sampai beliau melintas.

Setelah pelaksanaan apel anggota langsung menempati ploating masing-masing dan melaporkan secara berjenjang kepada padal / pimpinan masing-masing  Mari laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
 

Kapolsek Banguntapan Hadiri Pengajian Peringatan Maulid Nabi di Masjid Patok Negoro

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro menghadiri pengajian memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Patok Negoro Plumbon Banguntapan Bantul, Rabu (27/9/2023).

Hadir pula dalam kegiatan ini Bupati Bantul Drs. H. Abdul Halim Muslih, mendampingi Bupati Bantul Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa SPsi., M.Psi serta Lurah desa Banguntapan  Basirudin, Ketua Takmir Masjid Patok Negoro.

Dalam sambutannya Bupati Bantul mengajak jamaah meneladani semua perilaku Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, jaga kerukunan dalam keberagaman umat beragama di Kapanewon Banguntapan.

Pengamanan kegiatan dari Polsek Banguntapan, pengajian berlangsung aman tertib.
 

Polsek Piyungan Amankan Kirab Merti Dusun Banyakan

Anggota Polsek Piyungan mengamankan pelaksanaan kirab Merti Dusun Banyakan, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Kamis (28/9/2023).

Marti dusun merupakan sebuah acara atau perayaan tradisional sebagai ungkapan rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga kebersamaan dan menguatkan nilai-nilai sosial budaya yang diwariskan oleh generasi sebelumnya.

Sementara itu, Panit Intelkam Polsek Piyungan Aiptu Hermawan yang memimpin kegiatan pengamanan menyampaikan, “pengamanan dilakukan sepanjang jalan yang dilalui peserta kirab terutama di pengal-pengal jalan yang dilalui, tuturnya.

"Kirab budaya Merti Dusun ini menampilkan beberapa peserta ataupun kelompok dengan berpakaian adat Jawa serta membawa gunungan yang berisikan sayuran dan buah-buahan", jelasnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul) 

Bhabinkamtibmas Desa Palbapang Takziah ke Rumah Warga

Bhabinkamtibmas Desa Palbapang Bripka Pikur melaksanakan tahziah di rumah salah satu warga masyarakat yang meninggal dunia sebagai wujud rasa kepedulian di Karasan RT 04 Palbapang Bantul, Rabu (27/09/2023).

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Palbapang mengucapkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum dan kepada keluarga. Semoga almarhum ditempatkan disisi Allah SWT dan diampuni segala dosa-dosanya, serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan.

Kapolsek Bantul AKP Riyan Permana Putra SIK. MH mengatakan bahwa, kegiatan takziyah tersebut sebagai upaya Kepolisian untuk lebih mendekatkan diri dengan warga masyarakat dan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga, serta bentuk rasa empati terhadap keluarga almarhum. (Humas Polsek Bantul)
 

Butuh Dana Cepat, Motif Pria Asal Pekalongan Gasak Laptop Saudaranya

Jajaran Unit Reskrim Polsek Banguntapan berhasil meringkus pelaku pencurian berinisial BRS (25), warga Pekalongan, Jawa Tengah.

Pelaku diduga telah mengambil laptop milik ZA (19) yang juga sama-sama berasal dari Pekalongan.

“Korban merupakan saudara jauh dari pelaku," kata Kapolsek Banguntapan, Kompol Irwiantoro saat jumpa pers di Mapolsek Banguntapan, Rabu (27/9/2023).

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (20/8/2023) lalu, saat korban sedang berpergian ke Boyolali, Jawa Tengah.

Korban yang menaruh laptop tersebut di kosnya yang berada di Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, tiba-tiba dihubungi rekan kosnya bahwa laptop miliknya yang diletkkan di atas meja kamar kos telah hilang.

"Mengetahui itu, korban langsung kembali ke indekosnya dan benar, korban mendapati laptop miliknya yang diletakkan di atas meja kamar kos sudah tidak ada di tempatnya atau hilang," terangnya.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian berupa satu unit laptop merk Asus seharga Rp14 juta dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Banguntapan.

Kasus itu langsung diusut oleh Polsek Banguntapan yang kemudian berhasil diamankan di Klaten, Jawa Tengah pada Kamis (14/9/2023).

"Adapun motif tersangka BRS melakukan tindakan itu tak lain dikarenakan membutuhkan uang dengan cepat," ungkapnya.

Atas kejadian itu, tersangka dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman kurungan maksimal lima tahun.


27 September 2023

Istri Hendak Melahirkan, Karyawan Catering di Bantul Bawa Kabur Motor Juragannya

Jajaran Unit Reskrim Polsek Banguntapan berhasil mengamankan pelaku penggelapan sepeda motor berinisial RRS (29) warga Senen Jakarta Pusat.

Pria yang berprofesi sebagai karyawan catering ini nekat membawa kabur dan menggadaikan motor milik pengusaha catering tempatnya bekerja, di Kalurahan Singosaren, Banguntapan.

Kapolsek Banguntapan, Kompol Irwiantoro, menjelaskan motif pelaku melakukan aksinya lantaran desakan ekonomi karena istrinya akan melahirkan.

Peristiwa ini terjadi pada Kamis (24/8/2023) lalu. Sementara barang bukti yang diamankan sebuah motor Honda Beat tahun 2023 dengan nomor polisi AB 4955 TR,” ujar dia saat jumpa pers di Mapolsek Banguntapan, Rabu (27/9/2023).

Ia menuturkan kronologi kejadian ini bermula ketika seorang karyawan lain di tempat catering tersebut minta dijemput di sebuah hotel di kawasan Malioboro. RRS pun meminta izin kepada pemilik katering meminjam motornya untuk menjemput karyawan tersebut.

“Namun sepeda motor tidak segera dikembalikan. Sampai ditunggu tiga hari tidak dikembalikan, sehingga korban melaporkan kejadian ke Polsek Banguntapan dan segera kami tindaklanjuti. Ternyata kendaraan sudah digadaikan ke seseorang di wilayah Cirebon, Jawa Barat,” paparnya.

Pelaku berhasil ditangkap pada Selasa (19/9/2023) di wilayah Purwakarta, Jawa Barat. Setelah penangkapan pelaku, polisi kemudian mendatangi tempat digadaikannya motor korban dan ternyata masih utuh, sehingga bisa diamankan sebagai barang bukti.

Berdasarkan keterangan pelaku, ia nekat menggadaikan motor milik bosnya sendiri karena terdesak kebutuhan ekonomi keluarganya.

“Kalau tidak salah pelaku melakukan penggelapan karena terdesak kebutuhan, istrinya mau melahirkan. Tapi masih kami dalami apakah yang disampaikan benar,” kata dia.

Atas perbuatannya, RRS dikenakan Pasal 372 KUHP yang menyebutkan Barangsiapa dengan sengaja memiliki dengan melawan hak sesuatu barang yang sama sekali atau sebagainya termasuk kepunyaan orang lain dan barang itu ada dalam tangannya bukan karena kejahatan, dihukum karena penggelapan, dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun.

Polsek Kasihan Laksanakan Pengamanan Hajatan Mitra Grab 2023

Anggota Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan hajatan Mitra Grab 2023 wilayah DIY yang digelar di Sportorium Kampus UMY, Kasihan, Bantul, Selasa (26/9/2023).

Hajatan Mitra Grab tersebut dihadiri Mitra Pengemudi dan Mitra Merchant beserta keluarga.

Acara ini juga dimeriahkan oleh OM Wawes dan Hasoe Angels. Acara berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Unik, Polisi di Bantul Main Kethoprak, Tak Lupa Sisipkan Edukasi Kamtibmas

Kepolisian Resor (Polres) Bantul menggelar pertunjukan Kethoprak Bhayangkara, di halaman depan Pasar Bantul, Selasa (26/9/2023) malam.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dengan Forum Komunikasi Kethoprak Bantul (FKKB) dan Kundha Kabudayaan Bantul.

Pementasan ini menjadi hiburan bagi warga masyarakat Bantul. Kegembiraan nampak di wajah mereka yang menyaksikan jalannya maupun adegan demi adegan yang tak luput dari humor dan edukasi tentang persoalan sosial dan Kamtibmas.

Cerita atau lakon  ketoprak kali ini merupakam carangan (karangan) berjudul Jaga Warga. Berisi pesan-pesan edukasi membuat kenyamanan dan keamanan warga maupun lingkungan.

Pentas kethoprak mataraman kali ini menjadi tontonan cukup menarik bagi ratusan penonton. Sesekali muncul pula dialog khas kepolisian, yang justru menjadi daya tarik tersendiri dan mengundang gelak tawa para penontonnya.

“Acara Kethoprak Bhayangkara ini selain untuk melestarikan kebudayaan khususnya dari Kabupaten Bantul, juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga masyarakat Kabupaten Bantul,” ungkap Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta dalam kesempatannya.

Kapolres berharap, melalui kebudayaan masyarakat tertarik untuk menyaksikan dan menyimak karena di balik skenario cerita disisipkan pesan-pesan Kamtibmas dalam rangka mencegah maupun memberikan informasi jenis-jenis jenis-jenis kejahatan terbaru

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo selaku sutradara Kethoprak Bhayangkara menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres Bantul berserta jajarannya atas terselenggaranya pertunjukan tersebut.

“Ternyata Pak Kapolres beserta seluruh jajarannya anggota Polres Bantul, Kapolsek-Kapolsek bisa bermain kethoprak, walaupun latihannya cuma sekali, tetapi sangat bisa menguasai pementasan yang sangat luar biasa,” puji dia.

Tentunya hal ini, lanjut Joko, akan menjadi suatu penyemangat untuk masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bantul dalam melestarikan budaya, khusunya kethoprak.

“Tentunya kita, Pemerintah Kabupaten Bantul sangat berterima kasih kepada bapak Kapolres dan seluruh jajarannya sampai dengan Polsek yang sudah memberikan hiburan kepada masyarakat, terima kasih,” tandasnya.

Polisi Sahabat Anak, Polsek Banguntapan Terima Kunjungan Anak-anak TK ABA Al Falah

Polsek Banguntapan menerima kunjungan anak-anak dari Taman Kanak-Kanak (TK) ABA Al Falah Ngentak Baturetno dalam rangka kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA), Selasa (21/2/2023).

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH mengatakan, kegiatan Polisi Sahabat Anak ini untuk menghilangkan kesan Polisi yang menakutkan di mata anak-anak usia dini.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar tentang pengenalan rambu-rambu lalu lintas saja, tetapi juga diselingi dengan menyanyi lagu anak-anak,” imbuhnya.

Selain itu, personel Polsek Banguntapan tak lupa mengenalkan profesi Kepolisian serta pakaian seragam Polisi saat berdinas dan kendaraan dinas yang digunakan.

Harapannya dengan kegiatan ini anak-anak juga bisa mengingatkan orangtuanya agar selalu tertib berlalu lintas, contohnya pada saat dibonceng motor ke sekolah agar selalu mengenakan helm baik pengemudi maupun penumpangnya demi keselamatan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sitimulyo Laksanakan Pengamanan Penyaluran Bantuan Beras

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sitimulyo Bripka One Novutardi SH melaksanakan pengamanan penyaluran bantuan beras dari Pemerintah RI kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Pendopo Kalurahan Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (27/9/2023) siang.

Pengamanan tersebut merupakan upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri, dimana kehadiran Polri sangat diharapkan setiap ada kegiatan masyarakat.

Disampaikan oleh Kapolsek Piyungan Kompol Sugihartono S.Sos M.Si bahwa personelnya melakukan pengamanan untuk memastikan penyaluran bantuan pembagian beras dapat berjalan kondusif.

“Dengan kehadiran Bhabinkamtibmas, diharapkan dapat membantu petugas dalam mengatur warga agar tetap antre dengan tertib,” ungkapnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Sitimulyo Bripka One mengatakan bahwa Kalurahan Sitimulyo telah menyalurkan beras 10 kilogram kepada 1.700 Keluarga Penerima Manfaat.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya warga Sitimulyo,” ungkapnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)