31 October 2023

Polsek Kasihan Lepas AKP Sumarjono Yang Sudah Memasuki Masa Purna Tugas

Polsek Kasihan melepas AKP (Purn.) Sumarjono yang sudah memasuki masa purna tugas. Pelepasan dilaksanakan di halaman Mapolsek Kasihan setelah kegiatan apel pagi, Selasa (31/10/2023).

Acara pelepasan dipimpin oleh Wakapolsek Kasihan AKP Sukris Sigit yang digelar secara sederhana.

Kata pamit dan permohonan maaf disampaikan oleh AKP Sumarjono kepada seluruh personel Polsek Kasihan.

“Purna tugas bukan berarti purna juga persaudaraan kita, walaupun saya sudah purna tugas namun saya mohon kekeluargaan di antara kita akan tetap terjalin sampai kapanpun. Semoga kedepan, Polri khususnya Polsek Kasihan semakin baik dan profesional, Aamiin," ucap AKP (Purn.) Sumarjono.

Sementara itu, Wakapolsek Kasihan AKP Sukris Sigit atas nama Keluarga Besar Polsek Kasihan menyampaikan rasa terima kasih atas pengabdian serta dedikasi yang tinggi selama bertugas sebagai Kanit Binmas di Polsek Kasihan.

“Saya dan seluruh anggota hanya bisa mendoakan semoga dalam menjalani masa purna tugas, AKP (Purn.) Sumarjono senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan. Amiiin,” tuturnya.

Pada acara pelepasan tersebut Keluarga Besar Polsek Kasihan memberikan tali asih kepada AKP Sumarjono sebagai tanda ucapan terima kasih dalam pengabdiannya sebagai anggota Polri. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Polsek Srandakan Gelar Patroli ke Obyek Vital

Polsek Srandakan menggelar patroli dan sambang di wilayah Kapanewon Srandakan, Bantul, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan patroli dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Srandakan AKP Poniman dengan menyambangi perbankan, pertokoan dan pasar.

Dalam kegiatan itu petugas patroli menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada Satpam dan warga masyarakat yang ditemui. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Sejumlah Jabatan di Lingkungan Polres Bantul Alami Perubahan, Berikut Daftarnya

Sejumlah jabatan di lingkungan Kepolisian Resor (Polres) Bantul mengalami perubahan.

Kabag SDM Polres Bantul yang sebelumnya dijabat AKP Cherli Evi Prayudati Sela digantikan Kompol Etty Haryanti, S.Kom yang sebelumnya menjabat Kabagren Polres Bantul. Selanjutnya AKP Cherli diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasibinpenakta Subditbintibsos Ditbinmas Polda DIY.

Sementara itu, Kapolsek Srandakan, Kompol Gunardi Tejamurti, S.H, M.H. ditunjuk untuk menggantikan Kompol Etty sebagai Kabagren Polres Bantul.

Jabatan Kapolsek Srandakan yang ditinggalkan Kompol Gunardi, diserahterimakan kepada Kompol Slamet Subiyantoro, S.H. yang sebelumnya menduduki jabatan Kapolsek Tegalrejo Polresta Yokyakarta.

Selanjutnya, Kasatsamapta Polresta Sleman, Kompol Budi Riyanto, S.Sos diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Bantul yang sebelumnya mengalami kekosongan.

Dan Kapolsek Patuk Polres Gunungkidul, AKP Amir Machmud, S.Kom diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Piyungan Polres Bantul menggantikan Kompol Sugihartono, S.Sos, M.Si yang dipindahtugaskan menjadi Kapolsek Berbah Polresta Sleman.

Jabatan Kapolsek yang juga mengalami perubahan adalah jabatan Kapolsek Jetis yang diemban AKP Aji Pramono, S.H., M.H. Ia digantikan oleh AKP Yan Indah, S.Sos yang sebelumnya menjabat Kaurtoring Subbagdumassanwas Itwada Polda DIY. AKP Aji diangkat dalam jabatan baru sebagai PS Kanit 1 Subdit 1 Ditresnarkoba Polda DIY.

Tak hanya itu, sejumlah jabatan Kepala Satuan (Kasat) di lingkungan Polres Bantul juga mengalami perubahan. Di antaranya jabatan Kasat Lantas Polres Bantul yang sebelumnya dijabat Iptu Fikri Kurniawan, STrK, SIK, MM digantikan oleh AKP Satya Dhiraanggoro Arrya Nugraha STrK, SIK, MSc yang sebelumnya menjabat Kasatlantas Polres Gunungkidul. Iptu Fikri selanjutnya diangkat dalam jabatan baru sebagai PS Paursubbagmutjab Bagbinkar Ro SDM Polda DIY.

Sementara itu, Kasatresnarkoba Polres Bantul AKP Wahyu Aji Wibowo, STK, SIK. digantikan oleh Iptu Decky Erlando, STrK, SIK. Msi yang sebelumnya menjabat PS Paursubbagmutjab Bagbinkar Ro SDM Polda DIY. Dan Iptu Wahyu Aji selanjutnya diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasihartah Subditharwattah Dittahti Polda DIY.

Jabatan Kasatpolairud Polres Bantul, juga mengalami pergantian. AKP Rohkimin digantikan oleh Iptu Martono yang sebelumnya menjabat Kasubbagdalops Bagops Polres Bantul. AKP Rohkimin  selanjutnya menduduki jabatan yang ditinggalkan Iptu Martono.

Terakhir, jabatan yang mengalami pergantian adalah jabatan Kasikum Polres Bantul yang dijabat AKP Basungkawa SH, MH. Ia dipromosikan menjadi Kapolsek Kotagede Polresta Yogyakarta. Jabatannya digantikan oleh Iptu Jamingan, SH yang sebelumnya  menjabat Kanitintelkam Polsek Banguntapan.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) digelar di Lapangan Mapolres Bantul, Selasa (31/10/2023). Bertindak sebagai irup, Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta.

Upacara sertijab sendiri, diikuti oleh para pejabat utama di lingkungan Polres Bantul, Kapolsek jajaran, anggota dan ASN Polres Bantul.

Selain penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan, dalam upacara tersebut, juga dilakukan pengambilan sumpah jabatan dari pejabat yang baru.

Kapolres Bantul, mengucapkan terima kasih kepada para pejabat lama atas kerja sama dan pengabdiannya selama bertugas di Polres Bantul.

“Saya, atas nama pribadi dan selaku pimpinan mengucapkan selamat atas promosi jabatan yang diperoleh dan semoga ditempat tugas yang baru dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya,” ujar dia.

Kapolres Bantul juga mengucapkan selamat kepada pejabat baru atas promosi jabatan yang diberikan. “Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan kemampuan yang saudara miliki selama ini, saudara akan mampu melaksanakan tugas dengan baik,” katanya. (Humas Polres Bantul)

Bidpropam Polda DIY Laksanakan Gaktiblin Personel di Polsek Imogiri

Bidpropam Polda DIY menggelar operasi Gaktibplin (Penegakan, Ketertiban dan Disiplin ) personel di Polsek Imogiri, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan dipimpin oleh Kaurbinplin Bidpropam Polda DIY AKP Eka Dany dengan melakukan pengecekan terhadap sikap tampang, gampol serta kelengkapan surat-surat berupa SIM, STNK, KTP dan KTA Polri.

Dalam arahannya, AKP Eka Andy mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja digelar secara mendadak guna melakukan pengecekan personel seperti kedisiplinan personel, kelengkapan dinas, kartu identitas diri maupun kebersihan senjata api bagi anggota Polri pemegang senpi.

“Kegiatan ini bukan semata-mata untuk mencari kesalahan anggota, namun kita mengontrol dan mengingatkan kepada seluruh jajaran agar disiplin dan tertib sebelum kita menertibkan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, ia menekankan agar anggota Polri harus bersikap netral dalam Pemilu 2024 sesuai yang diatur dalam Pasal 28 Ayat 1 Undang Undang No. 2 Tahun 2002 yang menyatakan bahwa Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Hadiri Loka Karya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Banguntapan 1

Kapolsek Banguntapan diwakili Kanit Binmas AKP Sarim menghadiri loka karya mini lintas sektoral yang diselenggarakan Puskesmas Banguntapan 1 di Klampok Limasan Sekarsuli Sendangtirto Berbah Sleman, Selasa (31/10/2023).

Hadir pula pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr Fauzan, Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa SPsi., MPsi bersama, Pj Danramil Banguntapan Kapten Inf. MB Barhaen Sancoko, Kapuskesmas Banguntapan 1 Agus Ruhari SKM, KUA Banguntapan, Lurah (Baturetno, Potorono, Jambidan bersama ketua PKK), Bhabinkamtibmas dan Babinsa (Baturetno, Potorono, Jambidan), Humas Aiptu Edi Siswanto.

Lokakarya lintas sektoral dilaksanakan sebagai upaya mengatasi masalah-masalah kompleks yang memerlukan kolaborasi dan koordinasi antara berbagai pihak, Diharapkan masalah yang timbul dapat diatasi dan diselesaikan secara efektif dan berkelanjutan.

Lokmin membahas program pengentasan stunting, Kesehatan ibu hamil, KB, kesehatan reproduksi remaja dan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya pokja puskesmas 1 yakni Kalurahan Baturetno, Potorono dan Jambidan.

Garis besar paparan Kapuskesmas 1 Banguntapan, Angka kematian ibu dan bayi untuk Pokja Puskesmas 1 Banguntapan turun, kesadaran warga memeriksakan sejak awal kehamilan menjadi kunci keberhasilan penurunan resiko kematian ibu dan bayinya.
 
Sambutan Panewu Banguntapan terima kasih kepada semua semua pihak yang berperan serta sehingga angka stunting di Kapanewon Banguntapan turun drastis. Dukungan "ceting besek" Sangat membantu memenuhi kebutuhan gizi pada balita.

Sambutan Danramil Banguntapan tingkatkan sosialisasi penyakit menular HIV / AIDS pada ibu dan anaknya. Cegah stunting sejak awal bumil diberikan kesadaran memeriksakan kehamilannya.

Sambutan Kapolsek Banguntapan diwakili Kanit Binmas AKP Sarim, penanganan ODGJ agar berkelanjutan dalam pengobatannya. Apresiasi dari masyarakat respon positif atas penanganan ODGJ pada tim kesehatan puskesmas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa).

Penutup dari Dinkes Bantul Memberikan apresiasi pada Forkompinkap Banguntapan dan instansi terkait (puskesmas, KUA Banguntapan, Kapanewon Koramail dan Polsek Banguntapan) kerjasama dalam upaya pencegahan stunting, pembekalan calon pengantin, pemenuhan gizi pada ibu hamil dan anak balita yang terkena stunting  berjalan dengan kompak dan berkesinambungan.
 

Meninggal Dunia, Kasium Polsek Sewon Dimakamkan Secara Dinas Kepolisian

Kabag Ops Polres Bantul Kompol Sumanto S.H., menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara persemayaman jenazah almarhum Ipda Subandi yang dimakamkan secara dinas Kepolisian di rumah duka Dusun Pandes, Kalurahan Panggungharjo Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Senin (30/10/2023).

Dalam upacara pemakaman tersebut, dihadiri oleh Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta bersama PJU Polres Bantul, jajaran Kapolsek, personel Polres Bantul dan Polsek jajaran, serta Bhayangkari Ranting Sewon, dan para pelayat.

Setelah dilaksanakannya upacara di rumah duka, selanjutnya jenazah diberangkatkan untuk dimakamkan di TPU setempat, dan dimakamkan secara Dinas Kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta.

Almarhum Ipda Subandi merupakan anggota Polri yang berdinas di Polsek Sewon, Polres Bantul, Polda DIY., dan menjabat sebagai Kasium. Almarhum meninggal dunia pada usia 55 tahun, pada hari Senin, 30 Oktober 2023 pukul 01.30 WIB di Rumah Sakit Dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta dikarenakan sakit. Almarhum meninggalkan seorang istri dan 2 (dua) orang anak.

Secara pribadi maupun kedinasan, Kapolres Bantul menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga almarhum. Teriring doa semoga almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul).
 

Anggota Polsek Banguntapan, Takziah ke Rumah Duka Ipda Subandi

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH bersama anggota, melaksanakan takziah atas meninggalnya Almarhum Ipda Subandi Kasium Polsek Sewon di Pandes Rt. 01 Panggungharjo Sewon Bantul, Senin (30/10/2023) pukul 13.20 WIB.

Sebagai keluarga besar Polres Bantul, pihak kepolisian saling mendukung dan memberikan support kepada keluarga yang sedang mendapatkan musibah, serta saling mendoakan dalam hal kebaikan.

Saat menghadiri takziah, Kapolsek Banguntapan atas nama keluarga besar Polsek Banguntapan, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan, beliau mendoakan semoga Almarhum diampuni segala kesalahannya, diterima amal ibadahnya, ditempatkan di tempat terbaik, serta husnul khotimah. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta keikhlasan.

Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Kretek Gelar Patroli Malam

Personel Polsek Kretek yang dipimpin PS KA SPKT Aiptu Arisna, melaksanakan Patroli Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan kejahatan jalanan malam hari di wilayah hukum Kapanewon Kretek, Bantul, Senin (30/10/2023) pukul 23.00 WIB.

Kegiatan Patroli yang dilaksanakan oleh Anggota Polsek Kretek ini merupakan langkah antisipasi terhadap aksi Premanisme, kejahatan jalanan, serta gangguan kamtibmas lainnya yang dapat meresahkan masyarakat, dimana akhir-akhir ini sangat marak terjadinya kejahatan jalanan. Selain melaksanakan antisipasi terjadinya kejahatan jalanan, dalam kegiatan tersebut disampaikan pula pesan-pesan kamtibmas kepada penjaga keamanan di Perbankan dan Perkantoran yang ada di wilayah hukum Polsek Kretek.

Dalam menyampaikan himbauannya, PS KA SPKT Aiptu Arisna menekankan agar penjaga malam disetiap kantor instansi, sekolahan, dan perbankan untuk melaksanakan pengecekan rutin setiap ruangan, dan diminta untuk segera melaporkan ke Polsek Kretek apabila terdapat hal-hal yang mencurigakan.

Selain itu juga disampaikan pesan-pesan kamtibmas serta himbauan kepada warga masyarakat, untuk senantiasa waspada dengan orang asing yang memasuki dusun tanpa tujuan yang jelas.

Diharapkan dengan hadirnya Anggota Polri di tengah-tengah masyarakat ini, dapat membuat masyarakat merasa tenang dan nyaman dalam beraktivitas di malam hari serta dapat menekan terjadinya kejahatan jalanan. (Sihumas Polsek Kretek)
 

Polsek Sewon Amankan Kirab Budaya Siswa-siswi SMK Negeri 1 Sewon

Dalam rangka memastikan situasi keamanan, ketertiban dan keselamatan serta kelancaran arus lintas, personel gabungan fungsi Polsek Sewon melaksanakan pengamanan Kirab Budaya siswa-siswi SMK Negeri 1 Sewon, Senin (31/10/2023) pagi.

Kanit Samapta AKP Sumanta selaku perwira pengendali menjelaskan bahwa pengamanan dilakukan sepanjang rute yang dilalui oleh peserta kirab, terutama di penggal-penggal jalan dan pintu masuk ke SMK Negeri 1 Sewon.

“Selain mengamankan kirab kami juga melakukan rekayasa arus lalu lintas dibeberapa lokasi yang dijadikan jalur peserta kirab budaya serta mencarikan jalur alternatif lain untuk menghindari penumpukan arus.” ungkapnya.

“Kirab budaya ini dalam rangka HUT SMK Negeri 1 Sewon yang diikuti oleh seluruh siswa, siswi, guru dan karyawan dengan menampilkan berbagai pertunjukan, pakaian adat, dan karya seni lainnya.” tambahnya.

AKP Sumanta juga menjelaskan bahwa kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) SMK Negeri 1 Sewon ini dilaksanakan setiap tahun sekali yang diselenggarakan dalam susunan dan adat jawa, sehingga seluruh petugas atau peserta menggunakan busana adat, namun untuk tahun ini berbeda dari sebelumnya.

Cegah Gangguan Kamtibmas Polsek Kretek Gelar Patroli Wilayah

Personel Polsek Kretek yang dipimpin PS Panit Samapta Purwanta melakukan patroli wilayah siang hari guna mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kretek, Senin (30/10/2023) jam 14.30 WIB.

Kegiatan patroli yang dilakukan oleh Polsek Kretek merupakan bagian dari tugas dan tanggungjawab sebagai aparatur keamanan. Selain itu, juga bertujuan untuk memastikan keamanan masyarakat yang sedang menjalankan aktivitas dan agar masyarakat merasa dilindungi dengan adanya patroli dari polri ini.

Patroli dilaksanakan secara dialogis ditempat-tempat yang ramai dikunjungi oleh masyakarat. Sasaran dari kegiatan patroli ini adalah obyek vital, perkantoran, dan juga antisipasi kejahatan jalanan. Selama patroli, petugas memberikan himbauan kamtibmas kepada penjaga di perkantoran, sekolah, SPBU dan juga perbankan yang ada di Kapanewon Kretek agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati.

Polsek Kretek juga mengajak masyarakat untuk bekerjasama dengan Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Upaya patroli wilayah siang hari ini merupakan bentuk komitmen pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Kretek demi kebaikan bersama.

Sambang Pos Kamling, Petugas Patroli Polsek Kasihan Sampaikan Pesan Kamtibmas

Petugas patroli Polsek Kasihan hadir di tengah-tengah masyarakat dengan menyambangi pos kamling di komplek Perumahan Kasongan Permai, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Senin (29/10/2023) malam.

Kegiatan sambang ke pos kamling tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada warga masyarakat, karena telah membantu tugas Polisi dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut petugas memberikan imbauan kamtibmas kepada awak kamling agar tetap meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan tugas ronda lingkungan tempat tinggal.

Lebih lanjut, disampaikan pula dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilu 2024 agar tetap menjaga kerukunan dan persatuan, serta bersama-sama menjaga kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Polres Bantul Kehilangan Salah Satu Anggota Terbaiknya, Selamat Jalan Ipda Subandi!

Polres Bantul kembali kehilangan satu anggota terbaiknya, Ipda Subandi yang menjabat sebagai  Kasium Polsek Sewon Polres Bantul.

Polisi lulusan TA Milsuk 1990 ini, meninggal dunia dalam usia 55 tahun karena sakit di RSPAU Dr. S. Hardjolukito Yogyakarta pada Senin (30/10/2023).

Upacara pemakaman digelar di Pemakaman Umum Dusun Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul, dan bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta.

Turut hadir dalam upacara yang digelar secara tersebut antara lain pejabat utama Polres Bantul, Kapolsek jajaran, dan anggota serta ASN Polres Bantul.

Suasana duka sangat terasa saat jenazah almarhum diberangkatkan menuju peristirahatan terakhir di tempat pemakaman umum.

Beberapa rekan kerja dan keluarga nampak tak kuasa menahan air mata kesedihan. Tembakan salvo sebagai penghormatan terakhir mengiringi prosesi pemakaman.

Ipda Subandi merupakan sosok anggota Polri yang santun dan bersahaja. Semasa hidupnya, almarhum dikenal memiliki dedikasi dan integritas tinggi dalam menjalankan tugas.

“Selaku pimpinan dan mewakili seluruh anggota Polres Bantul dan jajaran menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. Kita sangat kehilangan sosok polisi teladan,” ujar AKBP Michael, Senin (30/10/2023).

“Semoga arwah Almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan diampuni segala dosa-dosanya. Kepada keluarga semoga di berikan ketabahan dan keikhlasan menghadapi cobaan ini,” imbuhnya.
 

Polsek Pajangan Mengamankan Pentas Kesenian Reog Kyai Gadung Mlati Dusun Kedung Hari Jadi Kaurah Guwosari Ke 77

Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan pentas kesenian Reog Kyai Gadung Mlati dalam rangka peringatan hari jadi Kalurahan Guwosari ke 77 di Alun Alun Guwosari, Minggu (29/10/2023).

Lurah Guwosari Masduki Rahmat SIP mengatakan Reog Gadung Mlati dari Dusun Kedung Guwosari Pajangan Slamet Riyadi.

Semoga kedepannya Reog Kyai Gadung Mlati akan semakin berkembang dan terus ikut melestarikan kebudayaan di Kalurahan Guwosari.

Kami dari Pemerintah Kalurahan Guwosari sangat mendukung Kesenian Reog Kyai Gadung Mlati ini. Kami berharap seluruh masyarakat juga memberikan dukungan yang sama, imbuhnya.

Ratusan penonton menyaksikan kesenian Reog ini. Selama kegiatan situasi berjalan dengan aman dan lancar. (Polsek Pajangan Polres Bantul)
 

Polsek Pajangan Mengamankan Jathilan Klasik Kuda Mataram Watugedug

Personel Polsek Pajangan dipimpin Bhabinkamtibmas Kalurahan Guwossari Aipda Supri Handono, SH melaksanakan pengamanan pentas kesenian Jathilan Klasik Kuda Mataram di Alun Alun Guwosari, Sabtu (28/10/2023).

Aipda Supri mengatakn pentas kesenian Jathilan Klasik Kuda Mataram dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Kalurahan Guwosari ke 77.

Jathilan Kuda Mataram berasal dari Dusun Watugedug pimpinan Bapak Mistidjan. Kegiatan berakhir pada jam 17.00 wib dalam keadaan aman kondusif. (Polsek Pajangan Polres Bantul)
 

Jelang Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas Argosari Himbau Warga Jangan Terprovokasi Berita Hoax

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aiptu Agus bersama dengan Babinsa melaksanakan patroli sambang dengan mendatangi pos kamling di wilayah binaannya Dusun Gunungmojo, Argosari, Bantul, Senin (30/10/2023) malam.

Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung pelaksanaan OMB (Operasi Mantap Brata) tahun 2023 dalam menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif.

Sembari berbincang, Bhabinkamtibmas mengingatkan para awak kamling agar senantiasa meningkatkan keamanan di wilayah masing-masing.

Ia juga berpesan agar dalam pelaksanaan pemilu 2024 nanti, walaupun ada perbedaan pilihan agar tetap menjaga kerukunan antar warga serta tidak mudah terprovokasi adanya berita hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. (Humas Polsek Sedayu) 

Dukung OMB 2023, Polsek Sedayu Tingkatan Patroli Malam Hari

Dalam mendukung pelaksanaan OMB (Operasi Mantap Brata) tahun 2023, berbagai upaya dilakukan oleh Polsek Sedayu untuk menciptakan keamanan di wilayahnya, salah satu upaya yang dilakukan tersebut adalah dengan melaksanakan patroli pada malam hari, Senin (30/10/2023) malam.

Dalam pelaksanaannya selain dilakukan dengan cara mobile untuk menyambangi objek-objek vital atau tempat-tempat yang memiliki potensi gangguan gangguan kamtibmas, juga dengan cara mengadakan dialogis dengan warga masyarakat yang dijumpai.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka upaya untuk menekan terjadinya kejahatan C3 (curat, curas,curanmor) dan kriminal lainya, serta untuk memelihara keamanan ketertiban masyarakat tetap dalam keadaan aman kondusif.

Selain itu dalam melaksanakan patroli, petugas juga menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax, terutama menjelang pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. (Humas Polsek Sedayu)
 

Kapolsek Sedayu Hadiri Upacara Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSA Duta Wacana

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S.Pd.I, MM menghadiri upacara peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Akademi Duta Wacana di Dusun Kalakan, Argorejo, Sedayu, Bantul, Senin (30/10/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul, Dinas Pertanahan Bantul, Kepala PU Bantul, Dinas Penanaman Modal Bantul, Panewu Sedayu, Danramil Sedayu, Rektor UKDW, Ketua Yayasan UKDW, Lurah Argorejo, Tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Dalam sambutannya ketua Yayasan UKDW, Prof. Nindio Pramono menyampaikan bahwa pembangunan rumah sakit tersebut untuk mencerdaskan bangsa melalui rumah sakit menuju Indonesia Emas 2045.

Selama kegiatan berlangsung mendapatkan pengamanan dari Polsek Sedayu dengan melakukan pengaturan arus lalulintas, mengingat lokasi berada di pinggir jalan raya Wates. (Humas Polsek Sedayu)  
 

30 October 2023

Polisi Bekuk Residivis Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid di Bantul

Tindak pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Nurul Amin Dk. VIII, Dusun Puluhan Kidul, Trimurti, Srandakan, Bantul.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prada Widnyana, mengungkap identitas tersangka tindak pencurian tersebut, yakni W (62) yang merupakan warga Kapanewon Bambanglipuro, Bantul yang berprofesi sebagai buruh tani.  

“Peristiwa pencurian ini terjadi pada hari Selasa (10/10/2023) pukul 04.00 WIB. Kejadian ini terekam di CCTV milik masjid.” ucapnya, Senin (30/10/2023).

Iptu I Nengah Jeffry Prada Widnyana, juga mengungkapkan bahwa dalam penyelidikan ini, terdapat 4 (empat) saksi dan beberapa barang bukti yang disita dari tersangka.

Pada kronologi kejadiannya, pencurian terjadi pada hari Selasa tanggal 10 Oktober 2023, sekitar pukul 04.00 WIB. Berawal saat salah satu jamaah akan melaksanakan sholat subuh berjamaah memberikan informasi ketua takmir bahwa kotak infaq dalam keadaan rusak atau tercongkel dan uang didalamnya sudah hilang.

Selanjutnya, ketua takmir mengecek CCTV milik masjid agar mendapatkan rekaman video yang jelas, dan diketahui pada hari Senin tanggal 9 Oktober 2023, pukul 13.05 WIB ada seorang laki-laki memakai jaket/hoodie berwarna hitam dan bagian depan terdapat tulisan berwarna putih.

Dalam rekaman video tersebut tersangka berjalan memasuki masjid dan berdiri di depan kotak infaq lalu menggoyang-goyangkan kotak tersebut, kemudian keluar untuk mengambil obeng yang telah disiapkan, selanjutnya tersangka merusak dengan cara mencongkel pada lubang kotak infaq dan mengambil uang yang ada didalam kotak tersebut yang berisi kurang lebih Rp100 ribu rupiah.

Setelah itu, ketua takmir melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Srandakan dengan membawa bukti rekaman CCTV. Atas laporan tersebut Unit Reskrim Srandakan melakukan penyelidikan. Pada hari Minggu, tanggal 22 Oktober 2023, pukul 14.00. WIB, penyidik memperoleh informasi keberadaan pelaku di sekitaran Pantai Parangkusumo, Kretek Bantul. 

Selanjutnya pelaku ditangkap saat sedang tiduran di kos yang ada di daerah Barat Parangkusumo dan selanjutnya tersangka dibawa ke Polsek Srandakan guna proses penyidikan lebih lanjut.

Dari hasil penyelidikan, tersangka mengaku bahwa  pernah melakukan pencurian di Masjid An-Nur Guntur Geni, Polosio, Poncosari, Srandakan, Bantul dan pada tahun 2015 pernah melakukan pencurian handphone di Wilayah Polsek Kasihan dan dijatuhi hukuman 7 bulan dari Pengadilan Negeri Bantul. Selain itu, pada tahun 2016 pernah melakukan pencurian beras di Wilayah Kretek Bantul dan dijatuhi hukuman 5 bulan dari Pengadilan Negeri Bantul.

Atas perbuatannya, tersangka W dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 5 KUHP, tentang tindak pidana Pencurian. Maka, tersangka mendapatkan ancaman hukuman maksimal 9 (sembilan) tahun penjara.
 

Polisi Bekuk Residivis Curanmor di Bantul Modus Minta Sumbangan

Polisi berhasil membekuk seorang pelaku tindak pencurian kendaraan sepeda motor milik salah satu warga di Jalan Samas, Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.  

Akibat kasus tersebut, korban pencurian sepeda motor kehilangan 1 (satu) unit Sepeda Motor Merk Honda Supra Fit seharga Rp4 juta.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prada Widnyana, mengungkap identitas tersangka tindak pencurian tersebut, yakni KRD (46) yang merupakan warga Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

“Kami berhasil mengamankan satu orang tersangka pelaku pencurian sepeda motor pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 di Jalan Samas, yang mana pelaku pernah terjerat tindak pidana yang sama, yaitu pencurian pada tahun 2022 lalu,” ungkapnya saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Senin (30/10/2023).

Sebelum diamankan pihak Kepolisian, telah terjadi aksi pengejaran pelaku yang dilakukan oleh korban bersama temannya. Dalam pengejaran tersebut, korban berhasil membuat pelaku terjatuh dari sepeda motor dan berhasil membekuknya. Setelah petugas Kepolisian dari Polsek Sanden tiba di TKP, pelaku beserta beberapa barang buktinya segera diamankan dan diserahkan ke Polsek Bantul guna proses lebih lanjut.

Jeffry juga menyampaikan modus tindak pencurian yang dilakukan oleh pelaku, dimana pencurian sepeda motor yang terjadi, diawali dengan cara berpura-pura meminta donasi dengan membawa kotak amal.

“Modus pencurian yang dilakukan tersangka, mulanya diniatkan untuk berpura-pura meminta donasi sodaqoh berupa uang dengan membawa kotak amal. Yang kemudian melancarkan aksinya dengan mengambil sepeda motor tanpa izin yang terparkir dengan posisi kunci kontak masih menancap di lubang kuncinya,” jelasnya.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 362 KUHP, yang berbunyi barang siapa yang mengambil barang sesuatu, atau yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain dengan maksud untuk memiliki secara melawan hukum, dihukum karena pencurian.

“Dengan ini pelaku diancam dengan hukuman selama-lamanya maksimal 5 tahun penjara,” tandas Jeffry.

Jalin Silaturahmi, Polsek Imogiri Sambangi Kantor Kalurahan Wukursari

Kanit Propam Polsek Imogiri Polres Bantul Aiptu Purnama Eka Wahyudi melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Kantor Kalurahan Wukursari, Senin (30/10/2023) pagi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan merupakan tindak lanjut program Kapolsek Imogiri sebagai preemtif dalam mengurangi gangguan Kamtibmas di wilayah Imogiri.

Kegiatan berkunjung Silaturahmi ke Kalurahan setiap hari senin ini di laksanakan oleh para Kanit maupun Panit.

Menurut Kapolsek kegiatan silaturahmi tersebut berguna untuk menyampaikan pesan pesan kamtibmas serta kejadian yang terjadi di wilayah Bantul khususnya Polsek Imogiri.

Disamping menyampaikan pesan pesan Kamtibmas juga imbal balik menerima masukan dari Pamong Kalurahan tentang kejadian / permasalahan maupun Kesan-kesan atau kritik dan saran untuk kemajuan Polsek.

Menurut Kapolsek Kegiatan tersebut juga sebagai detensi dini untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas. (Humas polsek Imogiri)
 

Polsek Banguntapan Laksanakan Binluh di Sekolah, Cegah Aksi Tawuran dan Geng Sekolah

Polsek Banguntapan melakukan pembinaan dan penyuluhan di SMP Negeri 1 Banguntapan, Senin (30/10/2023).

Kegiatan dilaksanaka oleh Unit Binmas Polsek Banguntapan dan diikuti siswa-siswi SMP Negeri 1 Banguntapan.

Kapolsek Banguntapan, Kompol Irwiantoro menyampaikan Polsek Banguntapan menyambangi sekolah-sekolah memberikan edukasi di kalangan pelajar guna mencegah terjadinya kenakalan remaja, aksi tawuran dan geng sekolah.

Dalam giat itu, petugas memberikan himbauan dan pemahaman bahaya melakukan tindakan kriminal, aksi tawuran dan geng sekolah yang pelakunya diduga kebanyakan masih anak-anak sekolah.

Untuk lebih meningkatkan keakraban petugas polsek Banguntapan berdialog langsung dengan para pelajar mendengarkan apa yang ingin disampaikan serta memberikan pemahaman dan kesadaran bahwa masa belajar kembangkan potensi diri untuk meraih masa depan, jangan hancurkan dengan kegiatan yang menyimpang dan cenderung merugikan diri sendiri.
 

Polsek Banguntapan Amankan Kunjungan Menkopolhukam

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH memimpin pengamanan kegiatan Menkopolhukam RI Mahfud MD menghadiri undangan Askonas (Asosisasi Kontraktor Nasional) di Sokowaten Tamanan Banguntapan Bantul, Minggu (29/10/2023) pukul 15.30 WIB.

Pengamanan untuk menciptakan situasi kamtibmas aman kondusif juga bentuk pelayanan polri pada masyarakat, menjaga ketertiban dan keamanan kegiatan.

Kapolsek juga menempatkan anggota Polsek Banguntapan dan piket fungsi melaksanakan pengamanan jalur yang dilalui, untuk Kamseltibcarlantas.
 

Panit Binmas Polsek Srandakan Hadiri Acara Deklarasi di SMP Negeri 2 Srandakan

Kapolsek Srandakan yang diwakili Panit 1 Binmas Aiptu Yus Ediyanto menghadiri acara Deklarasi Anti Narkoba, Perundungan dan Kejahatan Seksual, yang digelar di SMP Negeri 2 Srandakan, Bantul, Senin (30/10/2023).

Hadir di antaranya Kepala BNN Kabupaten Bantul Afin Mujanah, Kabid Dikpora Kabupaten Bantul Retno Yuliastuti, Panewu Srandakan Sarjiman SIP ME, Danramil Srandakan diwakili Serka Supriyanto, Kepala KUA Srandakan, Lurah Poncosari Supriyanto SE SPt, Kepala Puskesmas Srandakan diwakili drg. Cristina, Kepala SMP Negeri 2 Srandakan Zamzami M.pd dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh seluruh siswa dengan sangat antusias.

Deklarasi ini sebagai bentuk pencegahan sejak dini terhadap Narkoba, Perundungan dan Kejahatan Seksual di kalangan pelajar. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Satsamapta Polres Bantul Gelar Patroli ke KPU, Bawaslu dan Gudang Logistik Pemilu di Bantul

Anggota Satsamapta Polres Bantul yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Mantap Brata 2023-2024 melaksanakan patroli dan sambang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu dan Gudang Logistik Pemilu di Bantul, Minggu (29/10/2023).

Kapolres Bantul melalui Kasi Humas I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn menjelaskan, patroli tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan pada Pemilu 2024 mendatang.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung,” tuturnya.

Dengan patroli dan pengamanan ini, diharapkan proses Pemilu 2024, khusunya di wilayah Bantul dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Hadiri Pengajian di Rumah Simbah Kyai Khudori Pepe

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat R menghadiri undangan kegiatan pengajian di rumah simbah Kyai Khudori Pepe Bogoran Trirenggo Bantul, Minggu (29/10/2023) malam.

Pengajian tersebut dihadiri oleh simbah Kyai Khudori, Habib Umar Qurban, Gus Zaenal Arifin, Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo, serta jamaah pengajian.

Kegiatan pengajian ini merupakan acara rutin yang diadakan setiap malam Senin wage setelah sholat isya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan silaturahmi antara warga, mendoakan kerabat atau saudara yang sudah meninggal, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, dan untuk memperbanyak bekal ilmu agama.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan para jamaah pengajian agar interaksi lebih akrab.

Wujud Kepedulian, DTT SMDE Mapolda Jateng Kirim Bantuan Air Bersih ke Warga di Bantul Yogyakarta

Dampak El Nino masih dirasakan masyakat di berbagai wilayah di Indonesia. Walapun sudah sebagian turun hujan, namun belum merata. Beberapa wilayah, masyarakat masih membutuhkan air bersih untuk mencukupi kebutuhannya.

Sebagai wujud kepedulian, DTT-SMDE alumni Dikmaba Polri tahun 2000 Mapolda Jateng mengirimkan bantuan air bersih untuk warga masyarakat. Kali ini, wilayah yang mendapat bantuan yaitu di Dusun Dermojurang, Kelurahan Seloharjo, Kecamatan Kapanewon Pundong Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (28/10/2023). Kegiatan yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini, DTT SMDE Mapolda Jateng Kirim Bantuan 4 tangki air bersih.

Ketua DTT-SMDE Mapolda Jateng AKP Sindu Gesang menyampaikan, penyaluran bantuan air bersih ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama, yang saat ini sangat membutuhkan bantuan air bersih.

“Kami mendapatkan informasi dari rekan DTT-SMDE Yogyakarta bahwa warga di wilayah Kabupaten Bantul membutuhkan bantuan air bersih. Oleh karena itu, kami bergerak untuk membantu warga yang membutuhkan air bersih,” ungkap AKP Sindu.

Salah satu warga Dusun Dermojurang yang enggan disebut namanya menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan.

“Kami mewakili warga Dusun Dermojurang mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan DTT-SMDE Polda Jateng atas bantuannya droping air bersih, semoga menjadi amal ibadah dan mendapatkan ganjaran yang lebih dari Allah SWT,” ungkapnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kalurahan Seloharjo Aipda Sutriyono mngucapkan terima kasih atas kepedulian DTT-SMDE alumni Dikmaba Polri tahun 2000 Mapolda Jateng atas kegiatan penyaluran bantuan air bersih di wilayahnya.

“Terima kasih kepada teman-teman dari DTT-SMDE alumni Dikmaba Polri tahun 2000 Mapolda Jateng yang sudah memberikan bantuan air bersih untuk warga,” tandasnya.

2 Remaja di Bantul Luka Parah, Usai Sepeda Motor yang Ditumpanginya Tertabrak Truk

Sebuah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dan truk terjadi di simpang empat Canden, Kapanewon Jetis, Bantul, Minggu (29/10/2023) pagi. Akibat kecelakaan tersebut, dua pelajar yang mengendarai sepeda motor masih menjalani perawatan intensif di RS UII Bantul akibat luka parah yang dideritanya.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, kecelakaan tersebut melibatkan dua kendaraan yaitu Isuzu dump truk AB-8780-BT dengan Honda Supra AB-2260-OK. Kecelakaan itu terjadi di Jalan Bulak Canden di Dusun Canden, Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis, Bantul.

"Lokasi kecelakaan tepat di simpang empat barat Kalurahan Canden," kata dia, Minggu (29/10/2023).

Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Awalnya ADS (14) warga Kemloko, Kalurahan Srimartani, Kapanewon Piyungan, berboncengan Honda Supra AB-2260-OK dengan rekannya RA (13) warga Dusun Petir, Kalurahan Srimartani Kapanewon Piyungan. Motor ini melaju dari arah utara ke selatan hendak melintasi perempatan.

Pada waktu bersamaan dump truk yang dikemudikan SN (29) warga Krapyak Kulon, Kalurahan Panjangrejo, Kapanewon Pundong, Bantul melaju dari arah barat ke timur.

"Karena jarak terlalu dekat, tabrakan tak bisa dihindari," ujarnya.

Truk terus meluncur tak terkendali kemudiam menabrak lampu penerangan jalan dan masuk ke sawah. Kedua remaja tersebut terkapar di tengah jalan dan sepeda motor yang mereka kendarai rusak parah.

Akibat kecelakaan tersebut ADS mengalami luka cidera kepala berat dan tidak sadarkan diri dan dirawat di RS UII Bantul. Sementara pemboncengnya, RAM yang mengalami luka cidera kepala ringan juga dirawat di rumah sakit yang sama.

“Kasus ini masih ditangani Unit Gakkum Satlantas Polres Bantul,” pungkasnya.

Pelajar di Bantul Kedapatan Bawa Celurit Saat Hendak Tawuran

Seorang remaja berinisial RJI diamankan warga karena kedapatan membawa senjata tajam berwujud celurit. Bocah yang masih berstatus pelajar sebuah MTs di Kabupaten Bantul ini diamankan ketika hendak tawuran dengan pelajar yang lain, Sabtu (28/10/2023) siang.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prada Widnyana menuturkan bocah asal Kalurahan Timbulharjo Kapanewon Sewon ini diamankan oleh warga Dusun Demi Kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri Sabtu sore, sekira pukul 16.00 WIB. RIJ diamankan warga setelah terjatuh dari sepeda motor saat berkonvoi dengan rekan-rekannya di jalan Imogiri Timur.

"Dalam video yang kami terima, warga sudah menyemut ketika kami evakuasi,"ujarnya, Minggu (29/10/2023).

Usai dievakuasi ke Mapolsek Imogiri dan dilakukan pemeriksaan, bocah yang membawa celurit tersebut mengaku dari sebuah geng sekolah.

Di mana hari Sabtu kemarin sekira pkl 13.00 wib Aliansi 212 yang berjumlah 30 orang dengan menggunakan 15 sepeda motor berkumpul di dekat salah satu SMP di Sewon. Mereka menunggu/ menghadang rombongan Supporter Futsal dari SMP lain di Lapangan Futsal GPS Arena .

Sekira pukul 14.30 WIB, geng dari pelaku tersebut mendapat informasi bahwa supporter dari SMP lain sudah menuju Simpang empat Sudimoro langsung menghadang di utara Traffic  light. Namun karena sudah tahu jika dihadang, rombongan SMP tersebut putar arah melarikan diri

"Karena Rombongan Supporter Futsal SMP lainnya tersebut melarikan diri, selanjutnya rombongan geng pelaku konvoi ke arah selatan,"kata dia.

Geng tersebut konvoi dengan rute Simpang empat Sudimoro - Simpang empat Polsek Jetis - Simpang empat Balai Desa Trimulyo Lanjut Ke selatan arah Imogiri menuju sebuah SMP di Jetis. Kemudian rombongan tersebut kembali melalui daerah Barongan menuju Imogiri.

Di jalan Imogiri Timur tepatnya Dusun Demi kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri,  Bantul seorang snak laki-laki yang membawa Sajam tersebut jatuh dari motor yang selanjutnya diamankan oleh warga sekitar,
 

Cegah Kejahatan, Polsek Bantul Gelar Patroli Malam

Untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan gangguan Kamtibmas, personel Polsek Bantul  melaksanakan patroli di kantor perbankan di wilayah Kapanewon Bantul, salah satunya  dengan menyambangi Bank BRI Bantul untuk memantau situasi Kamtibmas, Minggu (20/10/2023)

Dalam Kegiatan sambang tersebut personel Polsek Bantul memberikan himbauan kamtibmas kepada satpam  guna mengajak bersama –sama menjaga kamtibmas.

“Awasi setiap kendaraan yang terparkir di depan bank dan para pemakai jasa ATM yang akan melakukan transaksi bisa jadi ada pelaku kejahatan yang berpura pura padahal sedang mengincar korbannya, apabila tidak ada CCTV segera dipasang agar apabila ada kejahatan yang menimpa Bank BRI maka pihak kepolisian bisa segera mengusut dan mencari pelakunya lewat rekaman CCTV tersebut,”

Dalam patroli tersebut petugas juga menyampaikan pesan dan himbauan kamtibmas kepada satpam agar selalu berhati-hati dan waspada dalam melaksanakan tugas serta peka terhadap orang yang dianggap mencurigakan.

Patroli obyek vital seperti ini diharapkan mampu memberikan efek positif kepada masyarakat, yakni bertujuan mempersempit ruang gerak pelaku kriminal meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar dari segala bentuk ancaman kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya. (Humas Polsek Bantul)
 

Anggota Unit Samapta Polsek Sedayu Pengamanan Seni Jathilan

Anggota Unit Samapta Polsek Sedayu dipimpin oleh Aiptu Prabowo melaksanakan pengamanan pentas kesenian Jathilan di Dusun Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Minggu (29/10/2023) siang.

Penyelenggaraan pentas seni Jathilan tersebut dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023.

Pengamanan dilaksanakan untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat yang datang menonton pentas Jathilan tersebut.

Disamping melaksanakan pengamanan, Aiptu Prabowo juga memberikan imbauan kamtibmas kepada para pengunjung agar tetap waspada dengan barang bawaan dan memarkirkan kendaraan secara rapi di tempat yang disediakan oleh panitia. (Humas Polsek Sedayu)  

 

Kapolsek Sedayu Hadiri Final Bola Voli Kapolsek Sedayu Cup I 2023

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh S.Pd I MM menghadiri pertandingan final bola voli Kapolsek Sedayu Cup I 2023 di Lapangan Bola Voli Dusun Surobayan, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Minggu, (29/10/2023) malam.

Pada babak final tersebut mempertemukan antara tim Sukoharjo yang berhadapan dengan tim Kaliberot untuk memperebutkan juara pertama.

Pertandingan dimenangkan oleh tim Sukoharjo dengan skor 3-0. Dengan hasil tersebut maka tim bola voli Sukoharjo berhasil meraih juara pertama Kapolsek Sedayu Cup I tahun 2023.

Dalam sambutannya Kapolsek Sedayu menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Kapolsek Sedayu Cup I tahun 2023 sehingga semua rangkaian kegiatan bisa berjalan lancar dan aman.

Selama jalanya pertandingan mendapatkan pengamanan dari Polsek Sedayu, Koramil Sedayu, Linmas dan mitra kamtibmas Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)
 

Polsek Pajangan Mengamankan Apel Peringatan Hari Santri 2023 Kalurahan Guwosari

Personel Polsek Pajangan dipimpin langsung Kapolsek AKP Anar Fuadi, SH, MIP melaksanakan Apel Peringatan Hari Santri 2023 Kalurahan Guwosari di Alun-alun Kalurahan Guwosari, Minggu pagi (29/10/2023).

Apel diikuti GP Ansor, Fatayat NU, Muslimat NU, IPPNU, IPNU, TPA dan TPQ yang ada di Kalurahan Guwosari lebih kurang 700 orang.

Selesai apel kegiatan dilanjutkan dengan pawai dengan Rute sebagai berikut: Start Alun-alun Guwosari - Simpang 4 Dusun Santan - Dusun Karangber - Simpang 3 Bakso Goyang Lidah - Simpang 3 Sindon - Goa Selarong - Dewi Gumi - Dusun Dukuh - Finish Alun-alun Guwosari.

Pengawalan dan pengamanan penggal penggal jalan dilakukan Polsek Pajangan bersama, Koramil dan Linmas. Selama berlangsung kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. (Polsek Pajangan Polres Bantul)
 

Polsek Pajangan Mengamankan Kegiatan Partai Politik di Mangir Kidul

Polsek Pajangan dipimpin oleh Aiptu Teguh Raharjo melaksanakan pengamanan kegiatan Harlah Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) ke-2 di Komplek Wisata Mangir, Sendangsari, Pajangan Bantul Minggu pagi (29/10/2023).

Peringatan Harlah diisi dengan Senam Sehat, Deklarasi dan Ziarah yang diikuti sekira 50 orang.

Ketua PKN Kabupaten Bantul Agus Setia Budi, SH Menyampaikan Terima kasih kepada pak basri dan warga pajangan, kami memaknai bahwa kita mengenal dan mencintai budaya sesuai moto dari Partai PKN. Kami perwakilan dari pimpinan kabupaten Bantul mengucapkan terima kasih. Selanjutnya acara ini saya buka dengan jalan sehat menuju rumah ki Ageng Mangir sebagai pelestarian budaya, ujarnya.

Hingga selesainya acara, situasi berjalan aman dan lancar. (Polsek Pajangan Polres Bantul)
 

Kapolsek Pajangan Hadiri Ngaji Bareng Catur Manunggal di Jambean Triwidadi

Kapolsek Pajangan AKP Anar Fuadi, SH, MIP dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Triwidadi Aiptu Ngadiman menghadiri ngaji bareng Catur Manunggal Jambean dan Hadroh Ishari dari Triwidadi bertempat di Rumah Bapak Dahuri Dusun Jambean Rt. 007 Triwidadi Pajangan Bantul, Sabtu malam (28/10/2023).

Pengajian diisi oleh Bapak K.H. Ahmad Musta'in dari Majelis Ta'lim "Nurul Hikmah" Sindet, Wukirsari, Imogiri, Bantul bersama Ust Muhajirin dan Ust Mukaroman.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dan pergantian pengurus Karang Taruna Dusun Jambean, yang dihadiri lebih kurang 300 jama'ah.

Hingga selesainya kegiatan situasi aman dan lancar. (Polsek Pajangan Polres Bantul)
 

29 October 2023

Penggelaran Personel Polsek Banguntapan Berikan Rasa Aman Kepada Masyarakat

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH melaksanakan penggelaran personel di titik-titik rawan tindak kejahatan atau gangguan kamtibmas, Sabtu (28/10/2023) malam. Hal ini sebagai upaya menciptakan kamtibmas agar tetap aman kondusif di wilayah hukumnya.

Salah satunya di Simpang empat Karangturi, Banguntapan, Bantul. Di lokasi ini diploting personel mulai dari malam hari hingga subuh.

Menurut Kapolsek, kegiatan ini digelar setiap akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu dengan melibatkan seluruh personel, baik staf maupun anggota piket fungsi.

“Kegiatan ini untuk mengoptimalkan pelayanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, serta mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas,” ujarnya. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan Saksikan Pentas Seni Ketoprak Dalam Rangka Hari Jadi Kalurahan Tamanan

Kapolsek Banguntapan Kompol Irwiantoro SH bersama Panewu I Nyoman Gunarsa S.Psi M.Psi, Pj. Danramil Kapten Inf. MB. Barhaen Sancoko menghadiri acara pentas seni Ketoprak di Lapangan Kalurahan Tamanan, Banguntapan, Bantul, Sabtu (28/10/2023).

Pentas seni Ketoprak tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kalurahan Tamanan, sekaligus melestarikan warisan leluhur.

Pada acara tersebut antusiasme warga untuk menyaksikan penta seni keroprak cukup tinggi, terbukti dengan jumlah penonton yang hadir.

Sementara itu, untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung, Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamanan Aiptu Setyo Prabowo bersama anggota Polsek Banguntapan dan Linmas melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Panit Binmas Polsek Kasihan Hadiri Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Dusun Ngepreh

Kapolsek Kasihan yang diwakili Panit Binmas Aiptu Sutrasno menghadiri acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 dan pelantikan relawan keamanan Manggala Ngepreh di Dusun Ngepreh, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Sabtu (28/10/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Lurah Ngestiharjo, Dukuh, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo, Babinsa, Jogoboyo, pemuda-pemudi serta warga setempat.

Pada acara tersebut Aiptu Sutrasno menyampaikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini mengambil tema “Bersama Majukan Indonesia”. Untuk itu, diharapkan setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

“Dengan acara peringatan ini, kita sebagai generasi penerus dapat mengingat peristiwa bersejarah yang terjadi pada tahun 1928 lalu,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, membangkitkan jiwa dan rasa nasionalisme pemuda-pemudi dan seluruh rakyat Indonesia untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Anggota Polsek Sewon Monitoring Acara Nobar Film “Kejarlah Janji” di Kampus ISI Yogyakarta

Anggota Polsek Sewon monitoring kegiatan nonton bareng film berjudul “Kejarlah Janji” yang digelar di Kampus ISI Yogyakarta, Sewon, Bantul, Sabtu (28/10/2023).

Acara nonton bareng tersebut diselenggarakan oleh KPU Bantul.

Hadir serta menyaksikan pemutaran film tersebut antara lain dari KPU DIY Ibah Mutiah SH M.Si, Rektor Kampus ISI yang diwakili  Dekan 2 Falkutas Pertunjukan Joanes Catur Wibono S.Sn M.Sn, Ketua KPU Bantul diwakili Kasubag Hukum Demy Widiyaningsih SH, Tim Sekretariat KPUD Bantul, PPK Kapanewon Sewon dan Mahasiswa ISI Yogyakarta.

Ibah Mutiah SH M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa acara nonton bareng film yang disutradarai oleh Garin Nigroho ini digelar serentak di seluruh Indonesia bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Di wilayah DIY sendiri, kata dia,  digelar di 10 titik, salah satunya di Kampus ISI Yogyakarta.

Sementara itu, Dekan 2 Seni Pertunjukan Joanes Catur Wibono S.Sn M.Sn atas nama Kampus ISI Yogyakarta menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada KPU yang telah mengadakan acara nobar film berjudul “Kejarlah Janji” di Kampus ISI Yogyakarta.

“Pada hari ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, kami beserta mahasiswa merasa sangat bangga karena program ini salah satu inovasi dalam rangka mensosialisasikan Pemilu 2024, untuk menggunakan hak pilihnya,” kata dia.

Menurutnya sosialisasi melalui film ini sangat penting, yang mana film ini mengemas tentang Pemilu 2024.

“Terima kasih kepada KPU yang sudah mengagendakan program ini, semoga di dalam pemungutan suara pada Pemilu tahun 2024, tidak ada problem dan bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan,” pungkasnya.

Mayat Perempuan Ditemukan di Bawah Jembatan Sungai Gajahwong Banguntapan

Mayat seorang perempuan ditemukan di bawah Jembatan Sungai Gajahwong, Banguntapan, Bantul, Sabtu (28/10) pukul 11.00 WIB.

“Hasil identifikasi, diketahui mayat itu bernama Sumiyati (48), warga Grojokan Tamanan Banguntapan Bantul,” terang Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn.

Lebih lanjut, penemuan mayat tersebut pertama kali diketahui oleh warga setempat, kemudian diinformasikan kepada salah satu Anggota Brimob Gondowulung AKP Yoga dan diteruskan ke SPKT Polsek Banguntapan.

Pada saat petugas datang ke lokasi kejadian, mayat perempuan tersebut masih menggunakan baju warna hijau lengan panjang serta celana panjang warna coklat. Namun kondisi mayat sudah dalam keadaan membusuk.

“Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari Puskesmas Banguntapan II dan Inafis Polres Bantul, di tubuh korban tidak terdapat luka atau tanda-tanda bekas penganiayaan. Korban diperkirakan meninggal sudah sekitar 2 hari,” imbuh Iptu Jeffry.

Iptu Jeffry juga mengatakan, Polisi telah meminta keterangan kepada sejumlah saksi diantaranya Gunarsi (43) selaku adik kandung korban dan Bowo (48) yang merupakan tetangga korban.

“Berdasarkan keterangan saksi Gunarsi dan para saksi lain, korban pergi meninggalkan rumah dalam keadaan sakit depresi,” tandasnya.

Kapolsek Sewon Bertindak Selaku Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-95

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 tahun 2023 tingkat Kapanewon Sewon digelar di lapangan upacara SMK Negeri 1 Sewon, Sewon, Bantul, Sabtu (28/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yaitu Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri Widayanto SH M.Si, Perwira Upacara AKP Sumanta, Komandan Upacara Ipda Muklas Makruf, Komadandan Peleton Sersan Satu Bintang, Aipda Sigit Artanto, serta Ajudan Irup oleh Briptu Kirdiansah.

Sedangkan peserta upacara diikuti oleh anggota Polsek Sewon dan Koramil 04/Sewon, pegawai instansi, guru dan pelajar, Pamong, Pramuka, FPRB dan RAPI Sewon.

Dalam upacara tersebut dibacakan keputusan kongres pemuda tahun 1928. Kemudian sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI oleh Inspektur Upacara. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Patroli Unit Samapta Polsek Sewon Sambangi Perumahan

Anggota Unit Samapta Polsek Sewon melaksanakan patroli rutin dengan sasaran pemukiman warga dan tempat-tempat yang dianggap rawan aksi kejahatan di wilayah Kapanewon Sewon, Bantul, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan patroli tersebut guna menciptakan kamtibmas yanag aman kondusif.

Panit 2 Samapta Polsek Sewon Iptu Harjana mengatakan, sasaran patroli kali ini pemukiman warga, baik komplek perumahan maupun perkampungan, serta titik-titik rawan tindak kejahatan

Pada patroli tersebut petugas juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada dengan security serta warga.

“Kita juga sampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada security perumahan mauapun warga yang kita temui,” ujarnya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Laksanakan Pengamanan Pentas Orgen Tunggal

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Bripka Pikur Eri bersama Babinsa melaksanakan pengamanan pentas orgen tunggal yang digelar di Lapangan Voli Dusun Bolon, Palbapang, Bantul, Sabtu (28/10/2023) malam.

Acara pentas orgen tunggal tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-95.

Sementara itu, kegiatan pengamanan oleh Bhabinkamtibmas bertujuan agar pentas orgen tunggal berjalan aman dan lancar, serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelum acara dimulai, Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang naik ke atas panggung memberikan imbauan kepada para penonton agar tetap menjaga ketertiban dan dilarang mengkonsumsi miras.

Acara pentas orgen tunggal berlangsung aman, tertib dan lancar hingga selesai. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Jelang Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Imbau Warga Tetap Jaga Kerukunan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aiptu Ekwan menyambangi pos ronda di Dusun Pedes, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Sabtu (28/10/2023) malam.

Kegiatan tersebut guna mendukung kegiatan OMB (Operasi Mantap Brata) 2023 dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas di wilayah binaannya tetap aman kondusif.

Sambang kamtibmas tersebut merupakan sarana menjalin komunikasi dengan warga masyarakat, sehingga dapat menyerap informasi kamtibmas yang berkembang di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Aiptu Ekwan juga berpesan kepada warga masyarakat agar pada Pemilu 2024, walaupun berbeda pilihan agar tetap menjaga kerukunan dan persatuan antar warga.

"Dalam pelaksanaan pemilu nanti walaupun berbeda pilihan, mari tetap jaga kerukunan dan persatuan," pesannya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Panit Intelkam Polsek Sedayu Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95

Kapolsek Sedayu yang diwakili Panit Intelkam Ipda Arviandi CK menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 di SMA Negeri 1 Sedayu, Bantul, Sabtu (28/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Panewu Sedayu, Anton Yulianto.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan sambutan dari Menpora RI bahwa upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia".

Dengan mengusung tema tersebut memiliki makna agar bangsa Indonesia yang berasal dari lintas generasi, lintas institusi, dapat saling bergotong royong untuk memajukan Indonesia.

Mengakhiri amanatnya, ia berpesan kepada seluruh peserta upacara dan masyarakat pada umumnya untuk senantiasa menjaga kerukunan antar umat, antar warga dan mencegah sikap intoleran dalam hidup bermasyarakat. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

28 October 2023

Polri, Dewan Pers, dan Pimpinan Media Deklarasi Pemilu Damai 2024

Puluhan pemimpin redaksi media massa, Divisi Humas Polri, dan Dewan Pers menggelar deklarasi pemilu damai. Deklarasi Kawal Pemilu Damai 2024 ini menjadi komitmen bersama sebagai bentuk sinergitas menghadapi pesta demokrasi.

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho menjelaskan, deklarasi tersebut merupakan pernyataan bersama untuk sepakat pemilu harus damai, punya semua pihak, dan memiliki tanggung jawab moril. Diharapkan dengan demikian, pemilu dapat berjalan dengan aman, damai, dan bermartabat.

“Pesan morilnya, perlu kita semua menjaga keberagamaan bangsa ini, peradaban yang telah dipupuk, kebhinekaan yang sudah lama terbangun. Mari kita jaga bersama semua,” jelas Kadiv Humas, Sabtu (28/10/23).

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, menambahkan bahwa peran media sangat penting dalam menentukan kesuksesan pesat demokrasi tersebut. Berbagai upaya pencegahan kerawanan menjelang Pemilu 2024 pun harus dilakukan bersama-sama.

"Karena media dan pers bukan menjadi contoh, tapi menjadi penentu tata kelola pemerintahan kita, menjunjung tinggi demokrasi itu adalah tanggung jawab pers," ujar Ketua Dewan Pers, Sabtu (28/10/23).

Lebih lanjut Ketua Dewan Pers mengingatkan, pers menjadi penentu sistem demokrasi Indonesia. Sebab, sangat berpengaruh menjadikan masyarakat sebagai partisipasi aktif, memberikan informasi akurat, memberikan hiburan tata kelola pemilu, menjadi kontrol, mengelola daya pikir masyarakat, dan menjaga keberagaman yang ada di Indonesia.

"Atas nama Dewan Pers dengan seluruh konstituen para jurnalis dan pimpinan redaksi, saya ucapkan terima kasih kepada Kapolri dan Pak Kadiv Humas atas inisiasi deklarasi ini," ungkap Ketua Dewan Pers.

Pembacaan deklarasi pun dipimpin oleh Ketua Dewan Pers dan diikuti oleh para pemimpin redaksi media massa.

"Kami pimpinan redaksi media siap menjaga Pemilu Tahun 2024 yang damai, aman, sejuk dan bermartabat demi sebesar-besarnya kemaslahatan publik," ujar Ketua Dewan Pers yang diikuti para pemimpin redaksi.

Dalam deklarasi itu juga para pemimpin redaksi media menyatakan siap mentaati semua peraturan dan ketertiban yang terkait penyampaian informasi kepada masyarakat Indonesia. Poin selanjutnya, siap memberikan informasi yang akurat, netral dan obyektif kepada masyarakat Indonesia.

"Kami pimpinan redaksi media berkomitmen untuk menghindari publikasi berita yang bersifat bohong, tendensius, menyesatkan atau bersifat sensasional," ujar para pemimpin redaksi.

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Hadiri Manasik Haji TK Al Azhar 38 Bantul

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Aipda Agus Bandianto menghadiri kegiatan Manasik Haji TK Al Azhar 38 Bantul di SMP Al Azhar Karasan Palbapang Bantul, Sabtu (28/10/2023) pagi.

Kegiatan ini di hadiri oleh KD TK Al Azhar 38 Bantul, Bhabinkamtibmas Desa Bantul,, gukar, orang tua wali dan siswa kelas B.

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Aipda Agus Bandianto mengatakan kegiatan manasik haji ini bertujuan untuk menanamkan ketaqwaan dan keimanan kepada anak-anak sejak dini dan sebagai pembelajaran untuk anak-anak bahwa iman dan taqwa timbul dari dalam diri sejak kecil.

“Selain itu dengan diadakannya kegiatan manasik haji oleh TK Al Azhar 38 ini juga untuk melahirkan generasi penerus yang mampu menjadi tumpuan bangsa dan agama,” katanya. (Humas Polsek Bantul)

Polres Bantul Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 95 dengan tema “Bersama Majukan Indonesia”

Polres Bantul menggelar upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 95 dengan tema “Bersama Majukan Indonesia”.

Waka Polres Bantul, Kompol Ika Shanti Prihandini memimpin secara langsung dengan menjadi Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh anggota dan ASN Polres Bantul di Lapangan Mapolres Bantul, Sabtu (28/10/2023).

Dalam sambutannya, Ika membacakan Sambutan Menteri Olahraga dan Pemuda Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang berbicara tentang sejarah lahirnya Sumpah Pemuda yang menjadi pengingat bahwa Sumpah Pemuda 1928 berhasil menebar semangat jiwa patriotisme dan turut melahirkan komitmen kebangsaan.

“Visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia,” ujar dia.

Pemerintah mengangkat tema “Bersama Majukan Indonesia” yang memiliki makna agar bangsa Indonesia yang berasal dari lintas generasi, lintas institusi, dapat saling bergotong royong untuk memajukan Indonesia.

“Dalam hal ini, diharapkan Indonesia turut mendapatkan peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP),” imbuhnya.

Dalam teks yang dibacakan Wildan, Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi
pemuda-pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama.

“Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional,” tandasnya.