30 November 2023

FKUB Kota Makassar Dukung Ops NCS Polri Wujudkan Pemilu Damai

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Makassar mendukung penuh kegiatan Operasi Nusantara Cooling System Polri dalam mewujudkan pemilu 2024 yang aman dan damai.

Ketua FKUB Kota Makassar, Arifuddin Ahmad berterima kasih kepada Operasi Nusantara Cooling System atas terselenggaranya acara Deklarasi Netralitas TNI-Polri dalam rangka Pemilu Damai 2024 di Mapolrestabes Makassar.

"Terima kasih kepada Nusantara Cooling System mudah-mudahan bisa menjadi teladan penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil. FKUB bersama majelis agama akan mendukung pernyataan netralitas TNI Polri kami akan bersama berkoordinasi terintegrasi mewujudkan pemilu aman dan damai," kata Arifuddin di Mapolrestabes Makassar, Kamis (30/11/2023).

Sementara Wakil Operasi Nusantara Cooling System, Brigjen Yuyun Yudhantara mengatakan selain kegiatan deklarasi komitmen netralitas TNI dan Polri, pihaknya juga melakukan kegiatan bakti sosial. Selain membagikan 4.000 paket sembako, Ops NCS Polri juga memberikan bantuan sumur bor di tiga wilayah yang kekurangan air bersih.

"Kegiatan Preemtif ini untuk menggelorakan pemilu damai. Masyarakat harus menjaga persatuan dan kesatuan jangan terpecah-belah hanya beda pilihan dalam pemilu nanti," tandasnya.

Adapun isi Deklarasi Netralitas TNI-Polri dalam rangka Pemilu Damai Tahun 2024 yang dibacakan Kapolrestabes Makassar, Kombes Mokhamad Ngajib dan Dandim 1408 Makassar Letkol Inf Lizardo Gumai yang diikuti seluruh anggota TNI-Polri sebagai berikut;

Kami Anggota TNI Polri Menyatakan:
1. Menjaga dan Menegakkan Prinsip Netralitas.
2. Menghindari Konflik Kepentingan dan Tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Peserta Pemilu.
3. Bersama-sama melakukan upaya pencegahan pelanggaran Pemilu dan Politik Uang.
4. Saling Bersinergi untuk menjaga Kondusifitas Penyelenggaraan Pemilu.

Polsek Piyungan Laksanakan Sosialisasi Saber Pungli

Guna mencegah praktek pungutan liar (pungli), Polsek Piyungan mensosialisasikan Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) di Kantor Bank BRI Piyungan, Bantul, Kamis (30/11/2023).

Melalui Kanit Binmas AKP Moh Widayadi Sanani dan Panit Binmas Aiptu Edi Rusmadi, mengedukasi dan mensosialisasikan tentang larangan pungutan liar kepada Satpam, juru parkir dan nasabah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang dasar hukum yang masuk dalam ranah Satgas Saber Pungli.

Pada kesempatan tersebut Kanit Binmas menyampaikan imbauan kepada warga masyarakat apabila mengetahui ada indikasi pungli di lingkungannya agar segera melaporkan ke Satgas Saber Pungli.

"Apabila menemukan pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, segera laporkan ke Satgas Saber Pungli atau ke Polsek terdekat,” ujarnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Kapolsek Imogiri Hadiri Kegiatan Paparan Akhir KRB Makam Raja-raja Imogiri

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno M.Kom CEH CHFI menghadiri  kegiatan paparan akhir KRB Makam Raja-raja Imogiri di Aula Kapanewon Imogiri, Imogiri, Bantul, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan paparan tersebut diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul yang bekerjasama dengan Pemerintah Kapanewon Imogiri.

Hadir di antaranya Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, Danramil Imogiri yang diwakili Serka Ngatijo, FPRB, Lurah Imogiri Budi Purwanto SH, Lurah Wukursari Susilo Hapsoro SE dan Lurah Girirejo Dwi Juli Purwanto.

Dalam kegiatan itu, tim BPBD Kabupaten Bantul memaparkan tentang rencana kontigensi bencana tanah longsor di kawasan Makan Raja-raja Mataram Imogiri dan kajian risiko bencana. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Sambangi Kegiatan Pasar Murah di Kaluputih

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi melaksanakan pengamanan kegiatan pasar murah yang digelar di Dusun Kaliputih, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Kamis (30/11/2023) siang.

Pasar murah tersebut diselenggrakan oleh Dinas Pertanian D.I. Yogyakarta dengan sasaran warga masyarakat yang kurang mampu.

Dalam pengamanan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Wawan Giyarto juga menyamnpaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada warga masyarakat yang hadir. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Kapolsek Srandakan Hadiri Acara Merti Dusun di Dusun Ngentak

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet Subiantoro SH menghadiri acara merti dusun di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Kamis (30/11/2023).

Acara merti dusun diselenggarakan setiap tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Merti dusun ini merupakan bentuk kerukunan dan kebersamaan warga masyarakat setempat. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Hadiri Pertemuan Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi menghadiri pertemuan rutin warga di Karanggondang Dk. Sawahan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (29/11/2023) malam.

Kehadiran Bhabinkamtibmas Aipda Wawan tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap warga di wilayah binaan, serta salah satu upaya mempererat tali silaturahmi antara Polri dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Wawan memberikan imbauan kepada warga agar meningkatkan kegiatan siskamling guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Kapolsek Kretek Hadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024

Kapolsek Kretek AKP Haryanto SH menghadiri acara rapat koordinasi dan deklarasi kampanye damai Pemilu 2024 yang digelar di Pendopo Kapanewon Kretek, Kretek, Bantul, Rabu (29/11/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Panewu Kretek, Danramil Kretek, Kepala KUA Kretek, Kepala Puskesmas Kretek, perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024, staff Kapanewon Kretek dan Lurah.

Acara diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan dari Panewu Kretek yang menyampaikan harapan agar Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan lancar. Pihaknay juga mengimbau setiap partai politik menaati peraturan kampanye yang telah disepakati.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Kretek menyampaikan harapannya Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan lancar.

"Polri siap mengamankan jalannya Pemilu 2024 dan tetap menjaga netralitasnya dalam segala aspek yang berhubungan dengan Pemilu 2024," kata Kapolsek Kretek. (Humas Polsek Kretek polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Hadiri Pembinaan Keluarga Sakinah

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistiyono SH menghadiri kegiatan pembinaan keluarga sakinah bagi calon pengantin dan pengantin baru yang digelar di aula Kalurahan Tamantirto, Kasihan, Bantul, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan ini dengan narasumber Kepala KUA Kapanewon Kasihan, Rohwan S.Ag.

Hadir di antaranya Kamituwo Kalurahan Tamantirto Sigit R, Bhabinkantibmas Kalurahan Tamantirto dan 6 orang pasangan calon pengantin. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Sambangi Komunitas Scooter

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aiptu Agus Muslim memberikan penyuluhan kepada komunitas motor scooter yang sedang beristirahat di area SPBU UAD Argosari, Sedayu, Bantul, Rabu (29/11/2023).

Penyuluhan yang disampaikan yakni tentang ketertiban berlalu lintas, bahaya Narkoba, genk motor dan pencegahan gangguan kamtibmas.

“Kita juga mengimbau agar saling menghormati antar komunitas motor dan mengingatkan tertib berlalu-lintas serta mengutamakan keselamatan,” tuturnya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Bakti Kesehatan Bhayangkara, Anggota Polsek Sedayu Ikuti Donor Darah

Panit Intelkam Polsek Sedayu Ipda Kawit beserta anggota lainnya mengikuti Bakes (Bakti Kesehatan) donor darah di kampus ISI Yogyakarta, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan donor darah tersebut di selenggarakan oleh Polda DI. Yogyakarta.

Ipda Kawit mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan merupakan wujud kepedulian dan rasa kemanusian yang diharapkan dapat membantu kebutuhan darah, khususnya Yogyakarta.

"Semoga donor darah yang kami lakukan bisa memberi manfaat bagi yang membutuhkan nantinya,” ucapnya. (Humas Polsek Sedayu)  
 

29 November 2023

Wakapolri Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai Dengan Kegiatan Sosial

Yogyakarta. Wakapolri Komjen. Pol. Agus Andrianto menghadiri Bakti Sosial dan Kesehatan, Dalam Rangka Pemilu Damai 2023-2024 di ISI Yogyakarta, Rabu (29/11/23). Turut hadir pada acara tersebut Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H, serta para pejabat utama Mabes Polri dan Polda DIY.

Wakapolri pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Polda DIY yang telah menyelenggarakan Bhakti Kesehatan ini.

“Terima kasih kepada Polda DIY telah menggelar pelayanan pemeriksaan kesehatan, yang juga menjadi salah satu program Kapolri,” jelas Wakapolri.

Selanjutnya, Wakapolri memberikan 4 (empat) doorprize berupa Umroh Gratis kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut. Tidak hanya itu, rombongan paket sembako kepada 20 panti asuhan di wilayah Bantul juga dilepas secara simbolis.

Bhakti Kesehatan dan Bhakti Sosial ini diselenggarakan menjelang Pemilu 2024 guna merangkul masyarakat untuk sama-sama mewujudkan pesta demokrasi aman dan damai. Polda DIY menyediakan beberapa pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dan bakti sosial.

Pelayanan pemeriksaan kesehatan diberikan kepada 2.410 masyarakat umum baik dari kalangan anak-anak hingga lansia. Bagi kalangan anak-anak terdapat pemeriksaan deteksi dini stunting dan pemberian makanan sehat serta penyuluhan dan pelayanan kesehatan gigi mulut.

Diberikan secara gratis juga pemeriksaan umum dan spesialis, Screening Anemia, Screening Osteoporosis, Donor Darah, Operasi Katarak, Operasi Bedah Minor dan pemeriksaan serta pemberian 1.000 kacamata baca. Selain itu, tersedia Medical Check Up gratis bagi siswa pelajar atau yang berminat mengikuti seleksi Penerimaan Polri.

Tak hanya itu, dalam bakti sosial tersebut diberikan 2.000 paket sembako kepada masyarakat. Seluruhnya diharapkan dapat benar-benar menjadi manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Perwakilan masyarakat bernama Wanti menyatakan terima kasih dan apresiasi apresiasi atas pelayanan pemeriksaan kesehatan tersebut. Baginya, hal itu memang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Diucapkan terimakasih kepada Polri yang telah mengadakan acara ini, kami senang selain mendapatkan pelayanan kesehatan, kami juga menerima bingkisan,” ungkap Bu Wanti.

Hal serupa diutarakan warga bernama Sari. Dengan kondisi keuangan yang terbatas, ia merasa bantuan kesehatan ini sangat berarti.

“Saya merasa senang karena pelayanan pemeriksaan kesehatannya gratis, jadi saya tidak perlu mengeluarkan biaya,” ujar Bu Sari.

Polsek Srandakan Gelar Patroli Gabungan bersama Koramil 17/Srandakan.

Personel Polsek Srandakan dan Koramil 17/Srandakan melaksanakan patroli gabungan TNI-Polri di wilayah Kapanewon Srandakan, Bantul, Rabu (29/11/2023).

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet Subiantoro SH mengatakan, kegiatan patroli gabungan TNI-Polri merupakan upaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, sekaligus mengantisipasi tindak kriminalitas serta gangguan keamanan di wilayah Kapanewon Srandakan.

Kegiatan patroli bersama dilakukan dengan sasaran tempat keramaian seperti pasar dan pertokoan. Sesekali petugas patroli turun dan menyapa warga, serta menyampaikan imbauan kamtibmas.

“Patroli gabungan TNI-Polri ini, petugas melakukan dialogis dengan warga serta menyampaikan pesan kamtibmas. Kegiatan patroli ini tentunya bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” kata Kapolsek Srandakan, Kompol Slamet Subiantoro SH.

Ia menambahkan, kegiatan patroli gabungan ini juga sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri.

“Semoga dengan sinergitas TNI-Polri dapat mewujudkan kamtibmas yang aman kondusif,” pungkasnya. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Sambangi Kegiatan Padat Karya di Padukuhan Pepe

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH menyambangi kegiatan padat karya angkat walet di Padukuhan Pepe, Trirenggo, Bantul, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan ini bukan hanya membersihkan talud dan saluran irigasi, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya menjaga kebersihan dan keteraturan lingkungan.

Adanya sampah yang dibuang di saluran irigasi tentunya menghambat aliran air dan merugikan para petani. Oleh karena itu, diharapkan ke depannya masyarakat lebih tertib dan bertanggung jawab dalam membuang sampah yakni dibuang pada tempatnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Cooling System Pemilu 2024, Polda DIY Gelar Bakti Kesehatan Bhayangkara

Polda DIY menggelar Bakti Kesehatan Bhayangkara dalam rangka “cooling system” Pemilu 2024 di wilayah Polda DIY.

Kegiatan Bhakti Kesehatan Bhayangkara ini merupakan Implementasi Program Quick Wins Presisi Polri dan dihadiri langsung oleh Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto.

Kunjungan Wakapolri ke Polda DIY adalah dalam rangka melaksanakan perintah Kapolri untuk melakukan pengecekan pelaksanaan Program Quick Wins Presisi Triwulan III dan IV yang dilaksanakan Polda DIY.

“Dari laporan yang disampaikan Kapolda DIY, program kegiatan bakti kesehatan, bakti sosial.kepada masyarakat sudah banyak sekali dilaksanakan, termasuk bongkar rumah,  bantuan sumur, kegiatan operasi katarak, bibir sumbing dan lain sebagainya,” kata Wakapolri saat meninjau pelaksanaan Bakti Kesehatan Bhayangkara di Gedung Serba Guna Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Jl. Parangtritis No.KM.6.5, Glondong, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (29/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolri berharap di manapun anggota Polri berada harus dekat dengan masyarakat dan harus mampu menjadi bagian yang memberi solusi bagi masyarakat.

“Polri tidak bisa bekerja sendiri Polri, tentunya dengan menggandeng stakeholder lainnya, seperti pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, unsur TNI yang ada di wilayah, para penggiat profesi kesehatan, pelaku-pelaku usaha sukses di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolri juga menegaskan netralitas Polri dalam Pemilu 2024.

“Apabila ada polisi yang melanggar, laporkan. Sesuai dengan perundang-undangan, Polri netral,” tegasnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, tujuan dari digelarnya Bakti Kesehatan Bhayangkara adalah membangun kedekatan  masyarakat dengan Polri dan meningkatkan peran Polri dalam mendukung Program Pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menuju Indonesia Maju.

Jeffry menjelaskan dalam rangkaian Bakti Kesehatan ini dilaksanakan mulai dari MCU bagi calon peserta seleksi recruitmen Polri, penyuluhan dan Yankes Gilut, pemeriksaan dan pemberian 1000 kacamata baca, screnning anemia dan pemberian vitamin, screnning osteoporosis, donor darah, operasi katarak, pengobatan umum dan  spesialis, operasi bedah minor dan stunting.

“Kami menargetkan hingga 2.410 orang peserta,” beber Jeffry.

Kompolnas: Kampanye Hari Pertama Berjalan Kondusif

Jawa Barat. Kompolnas melakukan pemantauan atas pelaksanaan kampanye hari pertama di wilayah hukum Polda Jawa Barat. Pemantauan dilakukan oleh Anggota Kompolnas Irjen  Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M., dan H. Mohammad Dawam S.H.I., M.H., dengan didampingi Brigpol Rizal Permana, S.H., M.H.

Pudji mengatakan, Polda Jawa Barat dipilih sebagai obyek yang mendapat perhatian khusus. Sebab, jumlah populasi penduduk dan pemilih pemilu 2024 ini tercatat terbesar dari seluruh wilayah Indonesia.

“Oleh karenanya potensi kerawanan cukup tinggi,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/11/23).

Selain itu, Provinsi Jawa Barat sebagai wilayah yang dikunjungi oleh dalam melakukan fungsi pemantauan persiapan Polri di Polda jajaran pada Operasi Mantap Brata 2023 menjadi relevan dan strategis.

“Hari pertama kampanye pemilu 2024, menjadi penting bagi Kompolnas ikut melakukan giat pemantauan persiapan Satuan Wilayah Polri dengan memberikan himbauan khusus netralitas kepada para Anggota pada proses dan tahapan Pemilu 2024 ini. Ini adalah komitmen sekaligus pesan penting kami kepada seluruh jajaran anggota Polri diseluruh wilayah Indonesia," ujar Pudji.

Setelah kunjungan ke Polda Jawa Barat, Tim melanjutkan ke Polrestabes Bandung dan Polres Purwakarta dalam rangka hal yang sama. Pudji pun berpesan sikap profesionalisme dan netralitas dalam pelayanan masyarakat sebagaimana Surat Telegram (ST) Kapolri nomor: 1160, tertanggal 31 Mei 2023 harus terus dipegang teguh. Selain itu, seluruh personel tidak lelah menjaga situasi harkamtibmas agar Indonesia tetap kondusif pada proses tahapan pemilu 2024 yang sedang berlangsung.

Ditambahkan Mohammad Dawam selaku Anggota Kompolnas, tugas yang diemban Polri adalah tugas mulia. Disebutkannya, pertama, menegakkan keadilan hukum dan harkamtibmas, sebagai mandat struktur kelembagaan dibawah langsung Presiden sebagai Kepala Negara.

Kemudian, melaksanakan fungsi-fungsi pelayanan publik yang bermanfaat bagi masyarakat luas sebagai mandat kelembagaan dibawah langsung Presiden selaku Kepala Pemerintahan.

“Hal itu sangat strategis demi terciptanya situasi kamtibmas proses pemilu 2024 yang aman, damai, berkualitas serta bermartabat,” jelasnya.

Sementara itu, Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes. Pol. Kalingga menjelaskan bahwa Polda Jawa Barat telah menyiapkan Aplikasi One Data yang telah terkoneksi dan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi Polda Jabar. One Data itu berisikan pemantauan CCTV mako dengan teknologi face recognation (FR) yang terkoneksi dengan data dukcapil, pemantauan CCTV jalur arteri, CCTV objek wisata, CCTV objek vital, pemantauan sebaran anggota lalu lintas, sebaran mobil patroli sabhara, dashboard peta wilayah hukum Polda Jabar beserta peta kerawanan kamtibmas, pemantauan sebaran bhabin hingga polisi RW sampai ke tingkat desa/kelurahan.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irwasda menyambut baik misi kunjungan kerja Tim Kompolnas dalam pelaksanaan pengawasan kesiapan Ops Mantap Brata 2023-2024 di wilayah hukum Polda Jabar guna mewujudkan manajemen operasi yang baik dan lancar sehingga situasi kamtibmas yang kondusif bisa tercapai.

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Edukasi Guru dan Karyawan SD Negeri 4 Kotagede

Polsek Banguntapan melaksanakan edukasi stop bullying di SD Negeri 4 Kotagede, Banguntapan, Bantul, Selasa (28/11/2023).

Sebagai Narasumber yaitu Kanit Binmas Polsek Banguntapan Iptu Winardi bersama Panit Binmas Aiptu Subandi dan peserta para guru serta karyawan SD Negeri 4 Kotagede .

Pada kesempatan tersebut Iptu Winardi menyampaikan tentang jenis-jenis bullying dan konsekuensi hukum.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut para guru lebih meningkatkan pengawasan terhadap anak didik serta dapat mencegah aksi bullying di lingkungan sekolah. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunharjo Laksanakan Pos Pagi di Depan SMA Negeri 1 Sewon

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunharjo Aiptu Suhanto SH melaksanakan pos pagi di depan SMU Negeri 1 Sewon, Bantul, Rabu (29/11/2023) pagi.

Kegiatan tersebut guna menjamin kelancaran lalu lintas bagi masyarakat pengguna jalan dalam rutinitasnya setiap pagi, seperti mengantar anak ke sekolah, berangkat ke tempat kerja dan lainnya.

“Pos pagi atau pengaturan lalu lintas dilakukan setiap hari saat masyarakat mulai berangkat menjalankan aktivitasnya,” ujarnya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Cegah Kejahatan Jalanan di Wilayah Kretek,Polsek Kretek Laksanakan Patroli Malam

Personel Polsek Kretek melaksanakan patroli malam hari guna mencegah kejahatan jalanan di wilayah Kretek, Selasa (28/11/2023).

Patroli malam kali ini dipimpin langsung oleh PS Panit 2 Samapta Aiptu Timbul Ruwanta dengan menyusuri jalan-jalan khususnya jalan sepi yang ada di wilayah kretek. Tak lupa personel melaksanakan stand by di persimpangan jalan yang dirasa rawan terjadi kejahatan.

"Harapan kami dengan kehadiran polisi yang melaksanakan patroli rutin malam hari masyarakat merasa aman dan situasi kamtibmas di wilayah kretek tetap kondusif," kata Aiptu Timbul Ruwanta.
 

Panit Binmas Polsek Sewon, Hadiri Giat Monev Minat Literasi dan Sosialisasi Sumbu Filosofi

Panit 2 Binmas Polsek Sewon Polres Bantul Ipda Jedik Praptowo, yang dalam kesempatan ini mewakili Kapolsek Sewon, menghadiri undangan Giat Monev minat Literasi dan Sosialisasi Sumbu Filosofi yang dilaksanakan di SD Negeri Balong dan SD Negeri Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Selasa (28/11/2023), siang.

Disela menghadiri kegiatan tersebut Panit 2 Binmas Polsek Sewon Ipda Jedik Praptowo menyampaikan, pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran untuk memberikan beragam pemahaman dan pengalaman kepada peserta didik dalam bentuk kesempatan belajar, sehingga peserta didik dapat memahami suatu konsep secara menyeluruh serta dapat meningkatkan sumber dayanya, Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang literat.

Senanda dengan Panit Binmas, Panewu Sewon Hartini SIP.MM. juga menyampaikan kemampuan literasi dasar berperan penting dalam kehidupan seseorang untuk kesuksesan akademiknya. Kemampuan literasi inilah yang harus menjadi senjata utama bagi generasi bangsa Indonesia dan harus diajarkan sejak usia dini.

Minat baca masyarakat di Indonesia sendiri masih terbilang rendah. Masyarakat Indonesia khususnya peserta didik memahami membaca mempunyai banyak manfaat, tetapi pada prakteknya masih belum benar-benar membiasakan membaca, maka perlu adanya penguatan budaya literasi sejak usia dini. Menanggapi hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat gerakan membaca yang berafiliasi dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Berdasarkan Peraturan Menteri No. 23 Tahun 2013, GLS dikembangkan untuk mendorong siswa dalam rangka menumbuhkan budaya membaca dan menulis baik di dalam maupun di luar kelas ungkap Panewu Sewon.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bunda literasi Kapanewon Sewon ibu Sri Hartini, Panewu Sewon Hhartini SIP.MM, Panit 2 Binmas Ipda Jedik Praptowo, Danramil 04/ Sewon diwakili Pembantu Letnan Satu ( Peltu ) Agus R.,Bhabinkamtibmas Timbulharjo Aipda Yoyok H. S.H., Kepala Sekolah, guru dan karyawan SD Negeri Balong dan SD Negeri Timbulharjo. (Humas Polsek Sewon)

Sampaikan Pesan Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Sambangi Wilayah Tugasnya

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi, melaksanakan sambang atau bertatap muka langsung dengan warga masyarakat diwilayahnya, Selasa, (28/11/2023), sore.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi serta kebersamaan dalam meningkatkan silaturahmi sambil menitipkan pesan-pesan dan imbauan Kamtibmas.

“Kegiatan sambang ini rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada toga, tomas, toda maupun tokoh yang lainnya serta warga masyarakat untuk memberikan pesan-pesan dan himbauan kamtibmas,” ucap Bripka Mulyadi.

Dalam sambangnya, Bhabinkamtibmas Panggungharjo juga menitipkan beberapa pesan kamtibmas diantaranya agar warga masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya tindak pidana kejahatan serta mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal.

“Waspadalah terhadap penduduk pendatang dan selalu bekerja sama dgn aparat desa ataupun bhabinkamtibmas dalam hal memberikan informasi tentang adanya gangguan kamtibmas dan masyarakat jangan mudah terprovokasi sehingga terwujudnya Rasa aman dan damai di lingkungan sekitar,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa selain terjalin hubungan yang baik antara warga masyarakat dengan Polri, anggota Bhabinkamtibmas secara langsung aka mengetahui perkembangan situasi kamtibmas di wilayah Kalurahan Panggungharjo. (Humas Polsek Sewon)
 

Cegah Gangguan Kamtibmas, Patroli Polsek Kasihan Sambang Warga

Patroli, merupakan salah satu giat yang dilaksanakan Polsek Kasihan dalam rangka Harkamtibmas guna ciptakan situasi wilayah agar tetap aman kondusif.

Giat patroli kali ini, Polsek Kasihan yang dipimpin panit Samapta Ipda Sigit Budi H sambang ke perumahan Warga desa Brajan Tamantirto Kasihan Bantul Selasa (29/11/2023) malam.

Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman SH MH mengatakan, pihaknya terus menjalin kemitraan yang baik dengan warga, dengan cara sambang dialogis mendatangi perumahan warga.

“Tujuannya untuk menyampaikan imbauan Kamtibmas kepada warga, untuk meningkatkan peran aktif pengawasan terhadap kamtibmas,” katanya.

Petugas juga mengimbau agar melaporkan kepada Kepolisian, apabila terjadi gangguan di lingkungan sekolah
 

Kapolsek Sedayu Pimpin Apel Pengamanan Kampanye

Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh memimpin apel persiapan pengamanan kampanye pertemuan terbatas partai Gerindra di Aula Polsek Sedayu, Selasa (28/11/2023) malam.

Apel pengamanan tersebut diikuti oleh personel Polsek Sedayu yang terlibat dalam OMB (Operasi Mantap Brata) 2023 - 2024.

Kampanye pertemuan terbatas tersebut dilakukan oleh Caleg DPRD tingkat I Provinsi DI. Yogyakarta dari partai Gerindra yakni Danang Wahyu Broto yang di selenggarakan di Dusun Kalijoho Argosari Sedayu.

Kapolsek Sedayu mengatakan bahwa pihaknya akan selalu siap memberikan pengamanan di setiap kegiatan tahapan kampanye yang di selenggarakan di wilayah Kapanewon Sedayu.

"Kami siap memberikan pengamanan setiap kegiatan masyarakat di Kapanewon Sedayu, supaya setiap kegiatan masyarakat dapat berjalan aman dan tertip" Ujar Kapolsek. (Humas Polsek Sedayu)  

 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Jemput Pasien ODGJ

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi melaksanakan penjemputan pasien ODGJ di RSJ. Magelang Jawa Tengah, Selasa 28/11/3023.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Dukuh Brongkol, TKSK Kapanewon Sedayu, Babinsa Argodadi dan keluarga pasien.

Pasien ODGJ tersebut untuk selanjutnya akan di pindahkan di Shelter Dinas Sosial Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk selalu hadir dan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan. (Humas Polsek Sedayu) 

Polsek Pajangan bersama BNNK Bantul Gelar Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Pajangan

Polsek Pajangan bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bantul menggelar sosialisasi tentang pencegahan Narkoba di Balai  Kalurahan Sendangsari, Pajangan, Bantul, Selasa (28/11/2023).

Sosialisasi diikuti oleh  ibu - ibu kader PKK di Sendangsari sejumlah 50 orang.

Kapolsek Pajangan, AKP Anar Fuandi dalam materinya mengatakan mengajak ibu-ibu PKK Sendangsari menjadi promotor di wilayahnya masing-masing dalam pencegahan Narkoba.

“Kita semua harus berperan dalam mencegah beredarnya Narkoba di Pajangan khususnya di Sendangsari ini,” katanya.

Menurut Anar, awal mula masuknya Narkoba itu banyak sekali, bisa dari teman terdekat bahkan dari media sosial dan dari internal keluarga sendiri.

“Jika keluarga tidak harmonis anak terlantar bisa jadi anak jalanan dan terpapar Narkoba,” jelasnya.

Anar juga mengajak peran aktif warga masyarakat dalam pencegahan Narkoba.

“Jika bapak-ibu mencurigai seseorang silahkan menyampaikan ke Pak Dukuh ,Pak Dukuh biar menyapaikan ke Pak Bhabin, sampaikan saja. Kalaupun mau ke saya silahkan WA saja WA saya aktif 24 jam,” tandasnya.
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Laksanakan Sambang ke Sejumlah Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Polsek Imogiri Aiptu Toto Choirudin melaksanakan kegiatan sambang ke sejumlah warga di wilayahnya, Selasa (12/11/2023) siang.

Kegiatan sambang tersebut dilaksanakan dalam rangka menyampaikan pesan kamtibmas serta memberikan imbauan.

Dalam pertemuannya dengan warga, yang berlangsung di salah satu rumah warga di Padukuhan Payaman, Dronco, Aiptu Toto Choirudin menyampaikan pesan untuk selalu menjaga anak-anaknya  yang masih sekolah karena sekarang maraknya kelompok anak-anak nongkrong di luar melewati tengah malam di jalan yang bisa mengakibatkan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Pada kesempatan itu  Bhabinkamtibmas juga berkesempatan mengingatkan kepada seluruh warga untuk menjaga stabilitas keamanan di lingkungan kita menjelang Pemilu tahun 2024  harus menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan menjalankan proses demokrasi dengan damai dan tertib, kata Aiptu Toto Choirudin.
 

Truk Kontainer di Bantul Tertimpa Pohon hingga Bikin Macet 30 Menit

Sebuah truk kontainer tertimpa pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani Kemasan RT 001, Singosaren, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta pada Selasa (28/11/2023).

Kecelakaan itu berawal saat truk kontainer H 8334 OA yang dikendarai Agus, warga Kota Semarang, Jawa Tengah, melintas di jalur lambat sekitar pukul 11.35 WIB.

Tiba-tiba pohon yang berada di tepi jalan berjenis Munggur melintang di atas jalur lambat.

"Kabin truk lolos, tetapi kontainer tidak lolos sehingga menabrak pohon Munggur tersebut sehingga tumbang dan mengenai kabin truk penarik tersebut," ujar Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana.

Akibat kecelakaan itu, truk tidak bisa berjalan.

Warga kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Banguntapan.

Petugas yang datang melakukan evakuasi pohon bersama Damkarmat BPBD Bantul, petugas BPBD, FPRB Banguntapan, dan masyarakat.

"Arus lalulintas sempat macet kurang-lebih 30 menit dan saat ini sudah normal kembali," kata Jeffry.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi sempat menyebabkan kemacematan hingga 30 menit.

Diduga penyebab pohon tumbang karena faktor usia.

Apalagi di sepanjang Jalan Ahmad Yani Ring Road Selatan Banguntapan, Bantul, banyak pohon perindang yang sudah berusia tua dan rapuh sehingga apabila terjadi hujan atau angin berpotensi lagi terjadi pohon tumbang yang membahayakan penguna jalan.

"Tinggi kontainer kurang lebih 6 meter sehingga tidak bisa melintas di jalur lambat yang banyak terdapat pohon perindang jalan yang melintang," kata dia.
 

28 November 2023

Dikunjungi Kaops NCS, Gus Yahya Nilai Polri Berhasil Jaga Ketentraman Jelang Pemilu

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menilai upaya Polri melalui Operasi Nusantara Cooling System (NCS) cukup berhasil dalam mendinginkan suasana jelang pemilu 2024.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Gus Yahya ini usai menerima kunjungan Kepala Operasi NCS Polri, Irjen Asep Edi Suheri ke Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023) siang. Ia beralasan berhasilnya upaya pihak kepolisian lantaran tidak ada gejolak masyarakat terkait dengan pesta demokrasi.

"Alhamdulilllah baru saja kami menerima kunjungan dari Mabes Polri yang bertugas untuk memelihara ketentraman dan ketenangan di tengah masyarakat ini dipimpin oleh pak Asep," kata Gus Yahya.

"Saya bersyukur sekali sampai saat ini keadaan sangat kondusif di masyarakat. Ini berarti strategi dari aparat termasuk dari Polri dalam memelihara ketentraman cukup berhasil dan harus dilanjutkan karena ini sangat dibutuhkan apalagi pada saat politik sekarang ini," sambungnya

Dirinya juga berharap tidak hanya untuk warga NU, namun seluruh masyarakat Indonesia bisa menjaga ketentraman, persatuan dan kesatuan jelang pesta demokrasi.

Setelah dari Kantor PBNU, Kaops NCS beserta rombongan bersilaturahmi ke Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar di Masjid Istiqlal. Sama dengan perihal kunjungan ke Gus Yahya, Irjen Asep Edi meminta dukungan dan kerja sama untuk mengajak masyarakat Indonesia tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

Nasaruddin menyerukan kepada masyarakat terutama umat Islam agar menikmati suasana pemilu ini dengan riang gembira. Sementara kepada tiga pasangan calon Capres dan Cawapres bisa bersaing secara objektif dan positif. Ia berharap tidak ada isu primordialisme dan rasial apalagi membawa-bawa politik identitas.

Dikatakannya, apa yang digagas agar pemilu 2024 berjalan aman dan damai harus didukung. "Kita mencari pemimpin yang baik dengan cara-cara yang baik. Saya imbau kepada umat Islam untuk mendoakan mari semoga pemimpin yang yang dipilih mampu menjalankan roda kepemipinan bangsa," pungkasnya.

Seluruh Elemen Masyarakat Deklarasi Ciptakan Bitung Damai

Sulut. Deklarasi damai digelorakan oleh perwakilan organisasi, kemasyarakatan Minahasa dan keagamaan muslim. Deklarasi ini juga menjadi komitmen Forkopimda yang disimbolkan dengan tandatangan deklarasi damai.

Tertuang dalam deklarasi bahwa seluruh pihak sepakat untuk mengakhiri setiap konflik yang terjadi secara damai. Kemudian, mendukung penegakkan hukum terhadap pelaku yang terlibat, secara transparan, dan berkeadilan.

Selain itu, sepakat menolak segala bentuk provokasi, pergerakkan massa dari luar kota Bitung, maupun pemberitaan melalui media sosial yang sifatnya hoaks yang berkaitan dengan permasalahan di Kota Bitung. Terakhir, bersama menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Kota Bitung.

Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen. Pol. Setyo Budiyono menyambut baik deklarasi damai berbagai elemen masyarakat tersebut. Ia meyakini, melalui deklarasi ini penyelesaian permasalahan dilakukan dengan hal-hal baik.

“Saya bersyukur bahwa saudara-saudara berkenan hadir ini merupakan kehormatan untuk saya sebagai Kapolda untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah terjadi kemudian kita melangkah kedepan untuk mengisi hari-hari baru, sehingga anak-anak kota sekolah dengan tenang, keluarga-keluarga kita bisa bekerja dengan tenang,” jelas Kapolda, Selasa (28/11/23).

Menurut Kapolda, segala persoalan selaiknya diselesaikan dengan duduk bersama. Persaudaraan dan kebersamaan, ujarnya, diharapkan menjadi hal terpenting untuk semua pihak.

“Semoga dengan pembacaan isi deklarasi ini dapat dilaksanakan dengan baik agar situasi Sulut khususnya Kota Bitung menjadi Kondusif. Terima kasih karena semua perwakilan Kota Bitung sudah bersama-sama untuk berjalan ke depan untuk hal-hal yang baik dan positif,” ungkap Kapolda.

Polsek Piyungan Laksanakan Pos Pagi Pengaturan Lalu Lintas di Depan Pasar Piyungan

Polsek Piyungan menggelar personelnya untuk melaksanakan pos pagi pengaturan lalu lintas di depan Pasar Piyungan, Selasa (28/11/2023) pagi.

Giat pengaturan lalu lintas ini bertujuan agar terciptanya Kamseltibcar Lantas dan mengantisipasi terjadinya Laka Lantas, Semoga dengan adanya Polisi yang selalu berada di jalan masyarakat pun merasa lebih aman dan nyaman.

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud S.I.Kom mengatakan, pengaturan lalu lintas pagi hari dilaksanakan secara rutin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terciptanya kamseltibcarlantas.

“Kami laksanakan pos pagi semata-mata untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan dan terciptanya kamseltibcar lantas,” ujar Kapolsek.

“Personel yang melakukan pengaturan lalu lintas tergelar di persimpangan jalan dan titik rawan kemacetan di wilayah Piyungan,” imbuhnya.

Diharapkan masyarakat yang melaksanakan aktivitas pagi selalu berhati hati dan mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara, sehingga tidak terjadi kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)
 

Cegah Kemacetan, Anggota Unit Lantas Polsek Sewon Lakukan Pengaturan Lalu Lintas

Anggota Unit Lalu Lintas Polsek Sewon dipimpin Kanit Lantas AKP Kartimam melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas di Simpang empat Druwo dan Simpang empat Wojo, Sewon, Bantul, Senin (27/11/2023) sore.

Kegiatan rutin tersebut guna menciptakan kamseltibcar lantas, yang mana aktivitas arus lalu lintas pada sore hari terjadi peningkatan bersamaan dengan jam kepulangan para pekerja.

Kanit Lantas AKP Kartimam mengatakan, situasi arus lalu lintas pada sore hari mengalami peningkatan. Oleh karena itu, petugas turun ke jalan melakukan pengaturan lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan maupun laka lantas.

“Tiap sore kita lakukan pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan ataupun laka lantas,” ujarnya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Unit Samapta Polsek Sewon Laksanakan Patroli Dialogis

Anggota Unit Samapta Polsek Sewon dipimpin Panit 2 Samapta, Iptu Harjana, melaksanakan patroli dialogis dengan menyambangi sejumlah tempat obyek vital dan pemukiman warga di wilayah Kapanewon Sewon, Bantul, Rabu (28/11/2023).

Patroli dialogis sebagai sarana mendekatkan diri dengan warga, serta menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas.

Pada kesempatan itu, petugas patroli juga mengimbau Satpam perumahan agar tetap meningkatkan kewaspadaan.

ia juga berpesan apabila ada hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas diharapkan segera melaporkan ke Kepolisian terdekat.

Iptu Harjana mengatakan, kegiatan patroli dialogis secara rutin dilaksanakan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Sewon.

“Kita lakukan patroli dialogis sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi dengan warga, sekaligus untuk menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas," ujarnya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Polres Bantul Siap Amanakan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Polres Bantul menggelar apel kesiapan pengamanan tahapan kampanye Pemilu 2024 dalam Operasi Mantap Brata (OMB) 2023-2024, di halaman Mapolres Bantul, Selasa (28/11/2023) pagi.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bantul, Kompol Sumanto SH, yang juga sebagai Karendalopsres.

Apel kesiapan pengamanan tahapan kampanye Pemilu 2024 ini diikuti oleh seluruh personel Polres Bantul dan Polsek jajaran yang terlibat Operasi Mantab Brata 2023-2024.

Pada kesempatan tersebut, Karendalopsres Kompol Sumanto menyampaikan arahan terkait dengan persiapan menghadapi tahapan kampanye yang dimulai pada hari ini Selasa, tanggal 28 November 2023.

Kompol Sumanto menekankan pentingnya tugas dan tanggung jawab anggota Polres Bantul dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan kampanye.

"Kita harus siap sepenuhnya untuk mengamankan setiap tahapan kampanye Pemilu 2024 yang akan dimulai hari ini. Jaga netralitas sebagai anggota Polri, laksanakan tugas dengan penuh integritas dan profesionalisme," ujar Kompol Sumanto.

Dalam arahannya, dia juga menyampaikan cara bertindak dalam pengamanan kampanye, sistem pelaporan pengamanan kampanye, dan menekankan pentingnya menjaga netralitas sebagai anggota Polri dalam setiap situasi.

Lebih lanjut, Operasi Mantap Brata di Polres Bantul ini merupakan wujud komitmen aparat Kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung.

"Dengan semangat dan kedisiplinan yang tinggi, diharapkan Polres Bantul dapat memberikan kontribusi positif dalam menjamin keberlangsungan Pemilu 2024 yang aman, sejuk, damai dan demokratis," tutupnya.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Sambangi Pos Kamling di Wilayah Tugasnya

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Bripka Pikur menyambangi pos kamling di wilayah tugasnya, Kalurahan Palbapang, Bantul, Senin (27/11/2023).

Semabri ngobrol, Bhabinkamtibmas Bripka Pikur juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada awak kamling.

Ia juga mengimbau apabila ada hal-hal yang mencurigakan atau berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas agar segera melaporkan kepada pihak Kepolisian. (Humas Polsek Bantul)
 

Anggota Polsek Kretek Laksanakan Kegiatan Rutin Pos Pagi

Anggota Polsek Kretek melaksanakan kegiatan rutin pos pagi di wilayah Kapanewon, Kretek, Bantul, Selasa (28/11/2023).

Seperti yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Donotirto Aiptu Sri Sukamto di depan Pasar Angkruksari dengan melakukan pengaturan lalu lintas dan membantu menyeberangkan jalan warga masyarakat.

Kegiatan pos pagi merupakan salah satu bentuk pelayanan Polri terhadap masyarakat pengguna jalan demi terciptanya kamtibcarlantas dan mencegah terjadinya laka lantas.

Adapun kegiatan pos pagi digelar mulai pukul 06.30 WIB sampai dengan pukul 07.30 WIB. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

Kapolsek Bantul Pimpin Apel Rutin Bulanan bersama Pamong Kalurahan Bantul

Wujudkan sinergitas bersama instansi lain khususnya Pemerintah Kalurahan, Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos menghadiri kegiatan apel rutin bulanan bersama Pamong Kalurahan. Kali ini dilaksanakan di Kalurahan Bantul, Bantul, Senin (27/11/2023) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Bantul memimpin apel serta memberikan arahan.

Kapolsek Bantul menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya yang baik dengan Polsek Bantul dalam pemeliharaan kamtibmas yang aman kondusif.

“Sinergitas ini akan terus terjalin agar wilayah Kapanewon Bantul khususnya Kalurahan Bantul tetap aman kondusif,” ujarnya. (Humas Polsek Bantul)  
 

27 November 2023

Komisi III Yakin Komitmen Jajaran Polri Netral Dalam Pemilu 2024

Jakarta. Anggota Komisi III DPR Fraksi PKB Mohammad Rano Alfath meyakini Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo untuk menjaga netralitas aparat menjelang Pemilu 2024. Menurutnya, Polri memiliki prinsip yang teguh dan akan tunduk kepada undang-undang, khususnya UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia.

"Sebagai mitra yang bekerja dekat dengan Polri, saya meyakini sepenuhnya bahwa Pak Kapolri bisa secara penuh tanggung jawab dan profesional menjaga netralitas jajaran yang dipimpinnya. Komitmen ini juga tercermin dari surat telegram yang sudah ia terbitkan, sehingga memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan adil dan bebas dari pengaruh yang tidak seharusnya," jelasnya kepada wartawan, Senin (27/11/23).

Ia mengatakan, netralitas Polri merupakan hal yang krusial untuk memastikan keadilan dan kepercayaan publik dalam proses pemilu. Menurutnya netralitas tersebut dapat mempertahankan kepercayaan publik.

"Simpelnya, netralitas Polri adalah fondasi dari integritas pemilu. Netralitas aparat kepolisian membantu mempertahankan kepercayaan publik dalam proses demokrasi," ujarnya.

Ditambahkannya, jika masyarakat percaya bahwa polisi bertindak dengan integritas dan netralitas, maka memperkuat kepercayaan kepada lembaga-lembaga demokratis dan hasil pemilihan.

Di sisi lain, ia memandang Operasi Mantap Brata yang diluncurkan Polri untuk pengamanan pemilu sudah cukup matang. Selain itu, baginya jumlah personel yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata sudah sesuai, yakni sebanyak 261.695 personel dengan rincian 2.130 personel untuk Satgas Opspus dan 259.565 personel untuk Satgas Opsda.

"Hal ini menjadi bukti bahwa Pak Kapolri sangat memahami pentingnya strategi yang terarah dan efisien dalam menghadapi situasi yang kompleks selama periode pemilihan. Saya berharap agar semangat netralitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan oleh Polri selama proses pesta demokrasi ini tetap terjaga dalam berbagai aspek tugas dan tanggung jawab mereka. Dan terpenting, saya minta seluruh jajaran kepolisian implementasikan dengan baik arahan yang sudah diberikan Kapolri ini," jelasnya.

Cegah Gangguan Keamanan, Polsek Srandakan Laksanakan Patroli ke Sekolah

Personel Polsek Srandakan Polres Bantul dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Srandakan AKP Nurgiyanta melaksanakan patroli di SMA Negeri 1 Srandakan, Senin (27/11/2023) sore.

Patroli dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di sekitar sekolah, seperti tawuran, kebut-kebutan, dan balap liar. Selain itu, patroli juga dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para siswa dan warga yang berada di sekitar sekolah.

Dalam patrolinya, AKP Nurgiyanta dan anggotanya juga menyambangi sejumlah lokasi yang dianggap rawan gangguan kamtibmas, seperti halte bus, pasar, dan gang-gang kecil. Selain itu, mereka juga menyosialisasikan tertib berlalu lintas kepada para siswa dan warga yang berada di sekitar sekolah.

Patroli berjalan lancar dan tertib. Tidak ada gangguan kamtibmas yang terjadi di sekitar sekolah. Para siswa dan warga yang ditemui oleh AKP Nurgiyanta dan anggotanya juga menyambut baik patroli ini. Mereka berterima kasih kepada pihak kepolisian yang telah menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar sekolah. (Humas Polsek Srandakan)
 

Kapolsek Imogiri Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan

Kapolsek Imogiri Polres Bantul Kompol Suharno. M.Kom. CEH. CHFI menghadiri kegiatan lokakarya mini lintas sektor bidang kesehatan di gedung pertemuan  Puskesmas Imogiri 2, Senin (27/11/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Puskesmas dan dihadiri Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, Danramil 10 Imogiri Kapten CZi Sutafi, Kepala Puskesmas Imogiri II  Dg Imung soco Hayati sebagai nara sumber Lurah Selopamioro Sugeng, Lurah Sriharjo Titik Istiyawayun Khasanah SIP, lurah Kebonagung Marjiyen  dan Lurah Karang tengah Haryanto (wilayah kerja Puskesmas Imogiri 2) Bhabinkamtibmas Bripka Wahyono Babinsa, serta Kader Sehat wilayah Puskesmas Imogiri .

Kapolsek imogiri dalam kesempatannya mengungkapkan bahwa kegiatan  Loka Karya Mini Puskesmas Imogiri 2 ini yang ke 4 dilaksanakan dan merupakan implementasi terhadap amanat permenkes tentang manajemen puskesmas serta sebagai bentuk dukungan kepada puskesmas dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara layanan kesehatan di wilayah Kapanewon Imogiri.

“Serta sebagai sebagai sarana pelaporan kinerja Puskesmas Imogiri 2 dan juga evaluasi peran lintas sectoral," ujar Kapolsek. (Humas Polsek Imogiri)
 

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sitimulyo laksanakan Pengamanan Karnaval di SD Negeri Ngablak

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sitimulyo Bripka One Novutardi SH melaksanakan pengamanan kegiatan karnaval di SD Negeri Ngablak, Piyungan, Bantul, Senin (27/11/2023).

Karnaval tersebut dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) ke-78.

Bripka One mengatakan, kehadirannya untuk mengamankan kegiatan karnaval agar berjalan aman dan tertib, sekaligus menjalin silaturahmi dengan guru dan siswa-siswi SD Negeri Ngablak.

”Kegiatan karnaval ini adalah untuk memeriahkan Hari Guru ke-78. Tujuannya untuk menciptakan keharmonisan dan tali silaturahmi antara guru dan anak didiknya," kata Bripka One.

Ia juga mengapresiasi kegiatan tersebut dengan harapan dapat melatih kemandirian, percaya diri dan mengekspresikan semangat anak-anak sebagai generasi emas di masa depan,” ucapnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Polda Sulut Tahan 7 Tersangka Bentrok di Bitung

Sulut. Polda Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan dan menahan tujuh orang tersangka dalam kasus bentrok di Bitung, Sabtu (25/11/23). Ketujuh orang tersebut berasal dari dua ormas yang terlibat dalam bentrok.

Kapolda Sulut Irjen. Pol. Setyo Budiyanto menjelaskan, kondisi Kota Bitung saat ini aman dan terkendali.

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Kota Bitung dan umumnya masyarakat Sulut serta seluruh masyarakat Indonesia, sampai dengan malam ini situasi dan kondisi di wilayah Kota Bitung aman dan terkendali,” ujar Kapolda dalam konferensi pers, Minggu (26/11/23).

Menurut Kapolda, pihaknya telah bekerja sama dengan para tokoh agama, masyarakat, dan sejumlah komunitas untuk menyelesaikan perkara tersebut. Sehingga, sejak tadi malam aktivitas masyarakat sudah kembali normal.

“Namun demikian pelaksanaan penugasan, khususnya anggota dari Polres Bitung yang kemudian di-'backup' (dukung) dari Kodim Bitung serta melibatkan anggota Polda Sulut sampai dengan malam ini dan hari-hari selanjutnya tentu masih akan melaksanakan kegiatan penugasan pengamanan, dan utamanya kegiatan patroli, termasuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya statis di jalan atau di tempat-tempat yang diperlukan pengamanan, ini menjadi prioritas kami semua,” jelasnya.

Ditambahkan Dirreskrimum Polda Sulut Kombes. Pol. Gani Siahaan, tujuh orang tersangka yang ditahan, lima orang di antaranya berinisial FS, GL, BL, AQ, dan LA. Mereka terlibat dalam kejadian di TKP jalan Sudirman dengan korban dari ormas adat.

“Dari kelima tersangka ini ada satu orang yang merupakan anak di bawah umur,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dua orang tersangka lainnya diamankan di TKP daerah Kelurahan Sari Kelapa dengan korban AM dari pihak ormas keagamaan. Menurut Direktur, untuk TKP di Sari Kelapa ini, pihaknya masih melakukan pengembangan, di mana ditemukan fakta ada tersangka yang lari ke Kota Manado, Tomohon dan Minahasa.

“Kita masih melakukan pengembangan tersangka. Jadi tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru yang ditetapkan,” ujarnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 170 dan Pasal 338 dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun.

Kebakaran Hebat Landa Pabrik Sarung Tangan di Bantul

Sebuah pabrik di Jalan Pleret, Jambidan, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, terbakar pada Sabtu (25/11/2023) malam. Kebakaran pabrik sarung tangan ini berhasil dipadamkan sekitar 3 jam kemudian.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan, kebakaran pabrik ini terjadi sekitar pukul 20.35 WIB. Kebakaran ini pertama kali diketahui oleh dua orang satpam pabrik.

Setelah proses produksi selesai sekitar pukul 20.00 WIB, kedua satpam mengecek ruangan produksi pabrik.

"Kedua saksi (satpam) setelah mengecek ruangan kembali ke pos. Lalu terdengar suara ledakan "bluk" dari ruang produksi selanjutnya muncul kobaran api," kata Jeffry saat dihubungi melalui telepon, Minggu (26/11/2023).

Satpam langsung menghubungi salah seorang sopir dari pemilik pabrik, dan melanjutkan ke pos pemadam kebakaran di Banguntapan.

Sejumlah unit pemadam kebakaran dari Bantul, dibantu unit dari Kota Yogyakarta, dan UGM lalu datang memadamkan api.

"Api bisa padam pada pukul 24.00 WIB selanjutnya dilakukan pendinginan sampai hari Minggu pukul 01:15 WIB," kata Jeffry.

Jeffry mengatakan, untuk kerugian masih didata, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kebakaran untuk info awal dari saksi akibat korsleting listrik ruang produksi.
 

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Jadi Irup Upacara Bendera Hari Guru di SMP Negeri 3 Banguntapan

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Iptu Winardi menjadi Irup pada upacara bendera dalam rangka Hari Guru  di SMP Negeri 3 Banguntapan, Senin (27/11/2023).

Upacara diikuti oleh semua siswa-siswi, guru dan karyawan SMP Negeri 3 Banguntapan.

Dalam amanatnya, Irup mengingatkan semua peserta upacara merenungkan kembali tentang apa tugas dan tanggung jawab kita masing - masing, sebagai pelajar tanggung jawabnya adalah belajar dengan sebaik mungkin mempersiapkan diri menyongsong masa depan untuk mengejar cita-cita.

“Kembangkan potensi diri untuk meraih prestasi sebagai langkah awal menuju masa depan yang lebih baik. Jauhi perilaku negatif, jaga pergaulan tidak terlibat geng pelajar, tawuran, vandalisme apalagi terlibat kejahatan jalanan,” katanya.

Irup juga mengajak agar para siswa tekun belajar dan tingkatkan prestasi serta tingkatkan iman dan takwa kepada Tuhan YME.

“Hindari penyalah gunaan narkoba. Hindari tawuran serta merugikan diri sendiri, bila tertangkap petugas nama baik akan tercemar. stop aksi vandalism,” imbuhnya.

Menutup amanatnya, atas nama Polsek Banguntapan, Irup mengucapkan selamat hari guru. "Bergerak bersama rayakan merdeka belajar, terima kasih kepada bapak ibu guru atas bimbingan, kesabaran dalam mendidik kami,” pungkasnya.
 

Wujudkan Pemilu Damai, Polsek Banguntapan Gelar Silaturahmi Forkompinkap Bersama Laskar Politik se Kapanewon Banguntapan

Polsek Banguntapan menggelar silaturahmi Forkompinkap bersama Laskar Politik se Kapanewon Banguntapan di Joglo Kopi Plumbon, Banguntapan, Bantul, Minggu (26/11/2023).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Polsek Banguntapan ini mengambil tema "Bersama Kita Kelola Sitkamtibmas Yang Aman, Damai dan Kondusif Di Wilayah Kapanewon Banguntapan Menuju Kesuksesan Pemilu 2024".

Kegiatan dihadiri Kapolsek Banguntapan, Kompol Irwiantoro, Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa, Pj. Danramil Banguntapan Kapten Inf. MB. Barhaen Sancoko, Katua Panwascam Kapanewon Banguntapan Ima Nur Fitriana dan Ketua PPK Kapanewon Banguntapan Nurdin dan diikuti sembilan ketua laskar partai politik yang ada di Kapanewon Banguntapan.

Kapolsek Banguntapan, Kompol Irwiantoro dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatanganya dalam acara silaturahmi ini, sehingga ke depannya acaranya kampanye dapat berjalan dengan aman dan tertib.

“Saya selaku Kapolsek Banguntapan menyampaikan terkait dengan kampanye akan dilaksanakan tanggal 28 November 2023 s/d 10 Februari 2024, penekanan saya kampanye dilaksankan dengan tertib tidak mengganggu masyarakat lain,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah termakan hoaks yang beredar di melalui media sosial yang belum terjamin kebenarannya.

“Tetap waspada dalam menggunakan medsos,” imbuh Irwiantoro.

Kegiatan dilanjutkan dengan ikrar damai untuk menciptakan kampanye dan pemilu yang damai dan bermartabat, saling menghormati antar simpatisan parpol dan taat aturan saat kampanye dengan tidak menggunakan knalpot brong dan memakai helm.

Dilanjutkan Penandatangan komitmen bersama kesepakatan damai oleh perwakilan ketua laskar.
 

Laksanakan Pos Pagi, Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bantu Seberangkan Anak-anak Sekolah

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi  melaksanakan pos pagi di depan SD Negeri 1 Sewon, Sewon, Bantul, Senin (27/11/2023) pagi.

Kegiatan pos pagi merupakan salah satu bentuk pelayanan Polri terhadap masyarakat pengguna jalan guna terciptanya kamtibcarlantas dan mencegah terjadinya laka lantas.

Pos pagi dengan melakukan pengaturan lalu lintas dan membantu penyeberangan dimulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 07.30 WIB.

Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri Widayanto SH M.Si mengatakan,  kegiatan pos pagi wajib dilaksanakan oleh setiap anggota Polsek Sewon sesui dengan lokasi posnya masing-masing. Dalam kegiatan ini sekaligus menyampaikan pesan-pesan keselamatan dan tertib berlalu lintas. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Kapolsek Kretek Hadiri Mancing Bareng Senopati Fishing Club

Kapolsek Kretek AKP Haryanto, SH menghadiri acara Mancing Bareng (MANBAR) Senopati Fishing Club di Pantai Pelangi, Parangtritis, Kretek, Minggu (26/11/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Senopati Fishing Club yang Ke 33.

Dalam Sambutannya Ketua Senopati Finishing Club Bambang Sepur mengucapkan terimakasih yang banyak kepada tamu undangan yang sudah datang di manbar Senopati ke 33.

 “Terimakasih juga kepada seluruh komunitas mancing dari Trenggalek, Pacitan, Yogyakarta, Purworejo sampai Cilacap,” katanya.

Acara mancing tersebut dihadiri sekitar 1900 peserta.

Selain mancing bersama dalam acara tersebut juga dilaksanakan Pelepasan 33 ekor Tukik hasil konservasi kompak pelangi ke laut agar ekosistem tukik tetap terjaga.

Acara tersebut mendapatkan pengamanan dari Personel Polsek Kretek dan Ditpolairud Polda DIY. (Sihumas Polsek Kretek)
 

Kapolsek Sewon, Bhabinkamtibmas Wajib Sambangi Pos Kamling

Kegiatan rutin menyambangi pos kamling dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sewon. Hal ini ditekankan oleh Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri Widayanto SH M.Si yang bertujuan untuk mendorong partisipasi warga masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggalnya.

Dikatakannya, kehadiran anggota Bhabinkamtibmas juga untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

“Kita minta kepada seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di lingkungan tempat tinggalnya, terutama jelang Pemilu 2024,” ungkap Kapolsek.

Kegiatan sambang tersebut, lanjutnya, sekaligus untuk menggali informasi yang berkembang di masyarakat terutama terkait kamtibmas. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Laksanakan Sosialisasi Saber Pungli

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aiptu Agus Muslim melaksanakan sosialisasi saber pungli di Kalurahan Argosari, Sedayu, Bantul, Senin (27/11/3023)

Aiptu Agus mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tentang saber pungli ini merupakan kegiatan yang diinstruksikan dari pimpinan Polri hingga ke level bawah untuk menyampaikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang tugas, peran dan manfaat saber pungli yang dibentuk.

"Ini merupakan kegiatan untuk memerangi keberadaan para pelaku pungutan liar di wilayah hukum Polsek Sedayu," ujarnya.

"Masyarakat juga agar ikut berperan dalam memberantas hal tersebut dengan cara melaporkan apabila mengetahui terjadinya pungli, penyalahgunaan dana karena pemberi maupun penerima sama-sama melanggar hukum," Imbuhnya.

Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini, pengetahuan masyarakat tentang saber pungli semakin baik sehingga mencegah dan mengurangi tindakan tindakan dengan kategori pungli yang meresahkan masyarakat. (Humas Polsek Sedayu)  

 

Sambangi Pemuda Nongkrong, Ini yang Disampaikan Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi. menyambangi anak-anak muda yang sedang berkumpul di sebuah toko Parfum Untung di Jalan Bantul Km. 07, tepatnya dusun Pucung Kalurahan Pendowoharjo Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul, Sabtu (24/11/2023), malam.

Kegiatan ini sebagai salah satu cara dan upaya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Pendowoharjo dalam rangka menjalin komunikasi dan silaturahmi serta mengantisipasi aksi kriminalitas dan untuk menciptakan wilayah binaannya aman, nyaman dan dapat mengatasi serta memberikan solusi permasalahan yang timbul dimasyarakat

"Saat menyambangi anak-anak muda yang sedang berkumpul, pertama kali saya langsung memberikan salam sebagai langkah awal membuka pembicaraan, selanjutnya memperkenalkan diri dan berbincang hangat dengan mereka," ungkap Aipda Wawan.

Pada kesempatan tersebut saya juga diberikan himbauan, tentang larangan minum minuman keras ( miras ) ataupun penyalahgunaan Narkoba, karena selain dapat merusak kesehatan penggunanya banyak tindak kejahatan yang dilakukan akibat menggunakan miras dan Narkoba imbuhnya.

"Yang saya betul betul tekankan kepada mereka agar tidak meminum minuman keras karena dapat menjadi pemicu adanya aksi kejahatan dan menegaskan agar mereka tidak mengkonsumsi narkoba terlebih jadi pengedarnya, karena bahaya Narkoba akan merusak kehidupan dan masa depan generasi bangsa," jelasnya. (Humas Polsek Sewon)
 

Polsek Bantul Amankan Pentas Jathilan Rangkaian Hari Jadi Kalurahan Trirenggo ke 77 Tahun

Personel Polsek Bantul mengamankan pentas kesenian jathilan dalam rangka rangkaian Hari Jadi Kalurahan Trirenggo ke 77 Tahun di Lapangan Trirenggo Jalan Ir. H. Juanda No. 1 Dusun Nogosari RT. 04, Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Minggu (26/11/2023).

Kaspolsek Bantul, Kompol Budi Riyanto mengatakan, pertunjukan jathilan dibagi menjadi dua sesi pukul 15.00 s.d 17.30 WIB penampilan dari Jathilan Sekar Kinanthi dari Bantul Selatan, diikuti Lk 300 Orang.

Pukul 20.00 s.d 23.20 WIB Penampilan dari Kesenian Bolo Sambatan, diikuti Lk 1000 Orang.

Kegiatan rangkaian Hari Jadi Kalurahan Trirenggo ke 77 Tahun berjalan dengan aman dan lancar.
 

Wakapolsek Kasihan Hadiri Upacara Hari Jadi PGRI Ke-78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023

Wakapolsek Kasihan AKP Sukris Sigit menghadiri upacara peringatan Hari Jadi PGRI Ke-78 dan Hari Guru Nasional tahun 2023 di Lapangan SMKI Ngestiharjo Kasuhan Bantul, Sabtu (25/11/2023).

Adapun tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini yaitu Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju.

Dalam upacara tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. Hadir di antaranya Forkopimda Kasihan, para Kepala Sekolah dan guru serta perwakilan pelajar.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Wakapolsek Kasihan turut menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional tahun 2023.

“Ini merupakan wujud dan rasa terima kasih kepada guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa,” ujarnya.

Menurutnya tanpa peran guru, kita mungkin tidak bisa berhasil seperti saat ini.

“Berkat ilmu yang diberikannya, kita semua bisa menjadi orang-orang yang berhasil,” tandasnya. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)