31 December 2023

Gelar Apel Pengamanan, Polres Bantul Siap Amankan Malam Tahun Baru 2024

Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK memimpin apel pengamanan malam tahun baru 2024, di halaman Mapolres Bantul, Minggu (31/12/2023).

Apel dihadiri Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti Prihandini SIK MM, PJU Polres Bantul dan diikuti anggota Polres Bantul yang terlibat pengamanan.

Dalam arahannya, Kapolres Bantul mengatakan bahwa apel ini dilakukan untuk mengecek kesiapan personel dalam pengamanan malam tahun baru 2024.

"Pengamanan malam ini dilaksanakan dengan cara menempatkan personel di tempat-tempat keramaian, rawan ganguan kamtibmas dan rawan kemacetan maupun laka lantas," tutur Kapolres.

Adanya pengamanan ini, lanjut dia, maka potensi gangguan kamtibmas bisa dianalisa dan diantisipasi, sehingga perayaan malam tahun baru 2024 di wilayah Bantul dapat berjalan dengan aman, lancar serta kondusif.

"Kita semua berharap, masyarakat dapat merayakannya dengan aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Ia juga mengimbau, agar seluruh masyarakat tidak melakukan euforia dengan perayaan ataupun pesta yang berlebihan.

Mengakhiri arahannya, Kapolres berpesan agar seluruh personel melaksanakan tugas pengamanan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, serta jaga keselamatan dan tetap tingkatkan kewaspadaan.

“Laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, serta jaga keselamatan dan tetap waspada dengan berbagai tindak kejahatan atau gangguan kamtibmas,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan Beri Ucapan Selamat Kepada Anggotanya yang Naik Pangkat

Bertempat di halaman Mapolres Bantul sebanyak 133 personel Polres Bantul melaksanakan upacara kenaikan pangkat, Minggu (31/12/2023).

Dari sejumlah personel yang naik pangkat tersebut, sembilan di antaranya adalah personel Polsek Banguntapan. Yakni Kanit Lantas Polsek Banguntapan AKP Agung Setyawan SH MM yang sebelumnya berpangkat Iptu, kemudian 4 personel naik dari Aipda ke Aiptu dan 4 personel naik dari Briptu ke Brigadir.

Kapolsek Banguntapan AKP Candra Satria Adi Pradana SIK yang turut hadir dalam upacara kenaikan pangakt tersebut juga memberikan ucapan selamat kepada anggotanya.

Terkait kenaikan pangkat anggotanya itu, Kapolsek berpesan untuk tidak berpuas diri. Karena semakin tinggi, maka semakin berat konsekuensi yang tengah dihadapi.

Pasalnya, ada aspek pengetahuan, keterampilan dan loyalitas yang menjadi tanggung jawab harus diterima dari sebelumnya.

“Dengan kenaikan pangkat anggota kami, kita berharap peran dan fungsi personel bisa meningkat juga,” harap Kapolsek.

Tentunya hal ini bisa dipraktekkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari yakni bertanggung jawab dan disiplin dalam mengemban tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Dengan begitu, sambung Kapolsek, pelayanan kepada masyarakat dapat diwujudkan dengan jiwa disiplin dan tanggung jawab dalam mengemban setiap tugas-tugasnya. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polres Bantul Gelar Upacara Kenaikan Pangkat dan Pelepasan Purna Tugas

Di penghujung tahun 2023, Polres Bantul menggelar upacara kenaikan pangkat periode 01 Januari 2024 kepada 133 personel dan pelepasan purna tugas semester II tahun 2023.

Upacara ini dilaksanakan di halaman Mapolres Bantul, Minggu (31/12/2023) pagi.

Pelaksanaan upacara kenaikan pangkat tersebut dipimpin langsung Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK dan dihadiri Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti Prihandini SIK MM, PJU Polres Bantul, Kapolsek jajaran, Ketua Bhayangkari Cabang Bantul, serta seluruh personel Polres Bantul yang mendapat kenaikan pangkat.

Adapun rincian personel yang mendapat kenaikan pangkat yaitu 4 personel naik dari AKP ke Kompol, 10 personel naik dari Iptu ke AKP, 17 personel naik dari Ipda ke Iptu, 50 personel naik dari Aipda ke Aiptu, 6 personel naik dari Bripka ke Aipda, 1 personel naik dari Brigadir ke Bripka, 42 personel naik dari Briptu ke Brigadir serta 3 personel naik dari Bripda ke Briptu.

Dalam upacara tersebut, juga dilaksanakan pelepasan purna tugas anggota Polres Bantul Semester II tahun 2023 sebanyak 14 personel.

Dalam amanatnya Kapolres Bantul mengatakan bahwa pada momen ini, kita tidak hanya merayakan kenaikan pangkat, tetapi juga menghormati pengabdiannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Ini adalah saat yang penting dan bermakna dalam karier anggota Polri.

"Perlu saya sampaikan bahwa kenaikan pangkat bukanlah hanya simbol penghargaan dari institusi saja, tetapi juga menandakan peningkatan tanggung jawab dan harapan yang lebih besar dari masyarakat," kata Kapolres.

Dengan kenaikan pangkat ini, Kapolres berharap semua dapat terus memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih responsif kepada masyarakat.

"Saya selaku pimpinan Polres Bantul dan mewakili seluruh Keluarga Besar Polres Bantul mengucapkan selamat atas kenaikan pangkatnya. Semoga dengan kenaikan pangkat yang baru dapat menambah kebahagiaan dan keberkahan dalam keluarga, serta meningkatkan motivasi dan semangat dalam bertugas sebagai anggota Polri," tuturnya.

Selain kenaikan pangkat, lanjut Kapolres, pada kesempatan ini kita juga akan melepas 14 rekan-rekan kita yang telah memasuki masa purna tugas.

"Saya selaku pimpinan beserta segenap Keluarga Besar Polres Bantul mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdiannya selama masih berdinas aktif di Polres Bantul. Dan kami mengucapkan selamat memasuki masa purna tugas, semoga para purnawirawan selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan," ucapnya.

Masih dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan bahwa pada saat ini, kita sudah memasuki rangkaian agenda Pemilu.

"Pemilu ini adalah momentum penting bagi demokrasi. Kita sebagai anggota Polri memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlindungan, menjaga keamanan, dan memastikan proses demokrasi berjalan dengan lancar," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres menekankan kembali bahwa sebagai anggota Polri harus bersikap netral dalam Pemilu 2024.

Sementara itu, sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres Bantul mengingatkan kepada seluruh personel untuk menjauhi pelanggaran maupun perbuatan-perbuatan yang dapat menurunkan citra Polri yang kita cintai ini. Agar Polri semakin dicintai oleh masyarakat.

"Demikian amanat saya, sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada anggota yang naik pangkat dan selamat memasuki masa purna tugas untuk para purnawirawan, semoga diberikan kesehatan selalu. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan kekuatan kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara," tutup Kapolres. (Humas Polres Bantul)

Panit Samapta Polsek Kasihan Hadiri Pelantikan Kepala Urusan Danarta Kalurahan Ngestiharjo

Panit Samapta Polsek Kasihan Ipda Sigut Budi Hartana menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Urusan Danarta Kalurahan Ngestiharjo di Rumah Hakka, Soragan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Sabtu (30/12/2023).

Pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin Panewu Kasihan kepada Heni Menamwati yang menggantikan pejabat lama Sri lestari yang telah memasuki masa purna tugas.

Heni Menamwati terpilih sebagai Kepala Urusan Danarto Ngestiharjo yang baru setelah mengikuti seleksi dan uji kompetensi dengan memperoleh nilai terbaik. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Polsek Sewon Gelar Patroli di Pusat Keramaian

Polsek Sewon gencar menggelar patroli dengan sasaran pusat keramaian di wilayah Kapanewon Sewon, Bantul, Sabtu (30/12/2023) siang.

Panit 2 Samapta Polsek Sewon Iptu Harjana mengatakan, patroli tersebut bersifat preventif atau sebagai upaya pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kami memantau situasi dan kondisi di pusat keramaian seperti di pasar tradisional, pertokoan, SPBU dan tempat keramaian lainya,” ujar Iptu Harjana.

Dalam kegiatan itu petugas juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada masyarakat. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Cegah Gangguan Kamtibmas, Unit Samapta Polsek Sewon Gelar Patroli

Unit Samapta Polsek Sewon melaksanakan patroli guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan sasaran perumahan, pemukiman warga, jalan protokol dan obyek vital lainnya, Sabtu (30/12/2023) malam.

Dalam kegiatan patroli tersebut, petugas juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada warga masyarakat yang ditemui.

Sementara itu, Kapolsek Sewon AKP Hanung Tri Widayanto SH M.Si saat dikonfirmasi mengatakan, keberadaan anggota di lapangan sangat dirasakan oleh masyarakat dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

"Kegiatan patroli yang dilaksanakan pada siang ataupun malam hari sangat dirasakan masyarakat, serta diharapkan dapat tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah hukum Polsek Sewon,” tuturnya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Cegah Kejahatan, Polsek Piyungan Pasang Spanduk Berisi Imbauan

Personel Polsek Piyungan memasang spanduk himbauan kamtibmas di tempat-tempat strategis di wilayah Kapanewon Piyungan, Bantul, Sabtu (30/12/2023) siang.

Dipimpin Panit Binmas Ipda Agus Hartana, Spanduk tersebut dipasang di depan Mapolsek Piyungan dan tempat-tempat strategis lainnya diantaranya depan Pasar Piyungan serta Jalan Baru IKS (Ibukota Srimulyo).

Pemasangan spanduk tersebut bertujuan untuk mengingatkan kepada warga masyarakat agar senantiasa selalu waspada terhadap aksi kejahatan, baik curat, curas maupun curanmor dan aksi kejahatan lainnya.

Lebih dari itu,diharapkan warga masyarakat dapat berperan aktif membantu pihak Kepolisian dalam mencegah dan menanggulangi tindak kejahatan terutama di lingkungan tinggal masing-masing. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Polsek Sedayu Laksanakan Pengamanan Kegiatan Ibadah di Gereja

Untuk memberikan pelayanan serta jaminan keamanan dan kenyamanan bagi umat kristiani dalam melaksanakan ibadah di gereja, personel Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan di sejumlah gereja yang ada di wilayah Sedayu, Bantul, Minggu (31/12/2023) pagi.

Pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para jemaat, serta mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

Selama kegiatan ibadah berlangsung personel Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan hingga selesai dalam keadaan aman dan lancar. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Polres Bantul Minta Warga Tidak Konvoi Saat Malam Tahun Baru

 Polres Bantul meminta masyarakat untuk tidak melakukan konvoi saat malam pergantian tahun. Hal itu untuk mencegah gesekan di lapangan.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry mengatakan kepolisian meminta masyarakat masyarakat untuk tidak melakukan konvoi saat malam pergantian tahun.

"Mari bersama-sama kita menjaga situasi kamtibmas dengan baik dengan tidak konvoi atau arak-arakan ya. Apalagi rencananya ada car free night di beberapa ruas jalan untuk mencegah adanya konvoi saat tahun baru," kata Jeffry, Sabtu (30/12/2023).

Menurut Jeffry, konvoi dan arak-arakan hanya akan mengganggu aktivitas masyarakat. Selain itu, konvoi juga berpotensi memicu gesekan yang berujung gesekan.

"Karena itu sekali lagi mari saling jaga kondusivitas, tidak konvoi, tidak arak-arakan dan kemudian juga hindari perbuatan-perbuatan yang memang dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Pasalnya, saat malam pergantian tahun banyak warga yang merayakannya di luar rumah. Untuk itu, Jeffry meminta kepada masyarakat agar menggelar kegiatan di daerahnya sendiri untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

"Kita imbau masyarakat yang tidak berkepentingan untuk tidak ke luar rumah ya, hindari jalan-jalan protokol. Kalau perlu buat kegiatan sendiri bersama keluarga," ucapnya.

Jeffry juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menyalakan petasan saat malam pergantian tahun.

"Kami ingatkan jangan menyalakan petasan, karena itu berbahaya. Selain itu, kami ingatkan juga untuk tidak berlebihan dalam menyalakan kembang api, karena jika berlebihan berpotensi membahayakan," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X (HB X) meminta anak muda tak konvoi keliling Kota Jogja saat malam tahun baru, apalagi dalam jumlah banyak.

"Jadi tidak perlu harus keliling kota apalagi nanti berbondong-bondong, bergerombol-gerombol dengan kepadatan yang mungkin tinggi karena yang berkunjung ke Jogja juga relatif tinggi," jelas Sultan kepada wartawan di Kompleks Kepatihan, Kamis (21/12).

"Nanti (lalu lintas) bisa stuck di tempat, di jalan-jalan itu. Itu coba kita hindari sehingga keramaian kita pecah sampai di kabupaten yang ada," imbuhnya.

Polsek Sedayu Gelar Patroli KRYD Cegah Gangguan Kamtibmas

Polsek Sedayu menggelar patroli KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) di wilayah Kapanewon Sedayu, Bantul, Sabtu (30/12/2023) malam.

Patroli KRYD kali ini dipimpin oleh Panit Samapta Polsek Sedayu, Iptu Sugito.

Adapun sasaran patroli antara lain perkantoran, perbankan dan gerai ATM, pertokoan, serta tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya aksi kejahatan.

Dengan kegiatan patroli tersebut diharapkan dapat mencegah niat para pelaku kejahatan yang akan melakukan aksinya, sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitasnya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi bersama FPRB dan Linmas Pendowoharjo melaksanakan pengamanan pagelaran wayang kulit di Dusun Monggang, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Jumat (29/12/2023) malam.

Pagelaran wayang kulit tersebut digelar dalam rangka syakuran khitanan anak dari salah satu warga setempat.

Selama kegiatan berlangsung Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman dan lancar. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

30 December 2023

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024, Polri dan TNI Patroli Bersama

Untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan maupun aksi kriminalitas lainnya di wilayah Kabupaten Bantul, Polres Bantul bersama personel TNI menggelar Blue Light Patrol skala besar, Sabtu (30/12/2023) dini hari.

Patroli ini, sekaligus sebagai wujud sinergitas Polri dan TNI dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif menjelang Pemilu 2024.

Kegiatan Blue Light Patrol kali ini dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Bantul, Iptu Maryono yang diawali dengan apel kesiapan di halaman Mapolres Bantul.


Iptu Maryono mengatakan, Blue Light Patrol bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan khususnya pada malam hari.

“Blue light patrol memang kita fokuskan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Dengan menyalakan lampu rotator biru pada malam hari,” terannya.

Blue Light Patrol kali ini menyasar wilayah perkampungan guna mengantisipasi pencurian kendaraan bermotor dan melaksanakan imbauan pada pemuda yang masih nongkrong untuk pulang ke rumah masing-masing.

“Kita melaksanakan patroli skala besar untuk menekan angka kejahatan di wilayah Bantul, terutama aksi kejahatan jalanan,” katanya.

Selain itu, petugas juga melaksanakan patroli ke KPU, Bawaslu dan gudang logistik KPU di Jalan Parangtritis.

Dengan blue light patrol, imbuhnya, masyarakat diharapkan akan merasa aman saat beraktivitas maupun yang beristirahat karena kehadiran petugas keamanan.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab Polres Bantul dalam upaya meciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat Bantul,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)


TTNT & Asade Polres Bantul, Gelar Bakti Sosial di Panti Asuhan Mukti Insani

Ikatan Alumni Dikmaba (Ikaba) Polri TA 2002 Polres Bantul yang tergabung dalam TTNT & Asade Community menggelar acara bakti sosial.

Kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun ke-21 Dikmaba (Ikaba) Polri TA 2002 ini, diisi dengan pemberian bantuan bingkisan berupa sembako.

Ketua Panitia Pelaksana bakti sosial, Aipda M. Anas Ma'ruf, S.H. mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari Ikatan Alumni Dikmaba Polri TA 2002 Polres Bantul kepada sesama yang membutuhkan uluran tangan.

"Kegiatan ini untuk memperingati HUT ke-21 pengabdian kami di Institusi Polri. Kami melihat, kondisi masyarakat yang membutuhkan. Maka, sedikit kami sisihkan rezeki untuk membantu mereka," terang Anas, Sabtu (30/12/2023).

Puluhan sembako yang disalurkan, kata Anas, dibagikan ke anak-anak Panti Asuhan Mukti Insani. Panti asuhan yang dihuni oleh penyandang disabilitas dengan alamat di Tingas, Jl. Cepoko Raya No.Rt 05, Bondalem, Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Meski bantuan yang diserahkan tak seberapa, semoga dapat meringankan beban mereka yang kekurangan dan membutuhkan,” jelasnya.

Anas menambahkan, kegiatan bakti sosial semacam ini akan rutin dilaksanakan setiap di bulan Desember bertepatan dengan ulang tahun Alumni Dikmaba (Ikaba) Polri TA 2002.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Hadiri Pengukuhan dan Pembekalan Pengurus FPRB

Bhabinkamtibmas  merupakan ujung tombak kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Untuk itu bhabinkamtibmas diharapkan selalu hadir dalam setiap kegiatan yang berada di Wilayahnya seperti yang dilakukan Oleh Aiptu Toto Choir udin Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Polsek Imogiri menghadiri Pengukuhan dan Pembekalan Pengurus FPRB Kelurahan Jumat(29/12/2023) malam.

Kegiatan pembekalan tersebut langsung dihadiri lurah Giritejo Dwi Yuli Purwanti Staf dan pamong Perwakilan BPPD Kabupaten Bantul, Babinsa serta Personel FPRB.

Menurut Bhabinkamtibmas Pengukuhan dan Pembekalan Pengurus FPRB ini dengan masa jabatan 2023 SD 2028 (Humas polsek Imogiri)

Patroli Samapta Polsek Kasihan Sambang Satpam Perumahan di Wilayah Kasihan

Demi menjaga keamanan di wilayah hukum kapanewon Kasihan , Polsek Kasihan menggencarkan kegiatan patroli guna menciptakan sutasi Kamtibmas wilayah Polsek Kasihan yang aman dan terkendali.

Anggota Patroli Polsek Kasihan dipimpin Kanit samapta Iptu M Riyadi melakukan patroli ke perumahan untuk memberikan edukasi kepada satpam perumahan agar meningkatkan kewaspadaanya terhadap pelaku kriminalitas, Jumat (29/12/2023).

Dalam pelaksanaan patroli mengunujngi perumahan Griya alvita di Desa Ngestiharjo Kasihan Bantul untuk bertemu dengan Satpam perumahan  guna memberikan edukasi tingkatkan keamanan dan  menyampaikan pesan-pesan kamtibmas untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan sejuk.

“Tadi kami sambangi pos satpam komplek perumahan situasi dan kondisi dalam keadaan kondusif dan aman serta personil satpam juga siaga,” ujar Iptu M Riyadi.

Kapolsek Pajangan Hadiri Perpisahan Panewu Anom Kapanewon Pajangan

Kapolsek Pajangan AKP Anar Fuadi, S.H, M.I.P menghadiri Perpisahan (Purna Tugas) Panewu Anom Kapanewon Pajangan Bpk Murwat SIP bertempat RM Ingkung Kuali 4 Kalakijo Guwosari Pajangan Bantul, Jumat (29/12/2023).


Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Panewu Pajangan Anjar Arintaka putra S.Sos MM, Danramil Pajangan Mayor CHB Mardiyono serta tamu undangan lainnya.


Panewu Pajangan Bpk Anjar Arintaka putra S.Sos MM dalam sambutannya menyampaikan pada kesempatan ini kita mengadakan kegiatan Perpisahan ( Purna Tugas ) Bapak Panewu Anom Pajangan.


“Bahwa kami merasa Bpk Panewu anom baru sebentar tetapi hari ini kita melaksanakan pelepasan,Teriring doa harapan kami semoga silaturahmi tidak berhenti di sini tetapi harus terus kita laksanakan,” katanya.

Sambang, Bhabinkamtibmas KalurahanTrimurti Sampaikan Pesan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Kal.Trimurti Bripka Eko Rustamaji laksanakan giat Sambang warga Trimurti Srandakan Bantul dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan Pesan Kamtibmas Jum'at (29/12/2023)

Serta himbauan warga agar selalu berhati hati dalam memarkirkan kendaraan agar tidak menjadi korban curanmor serta menyampaikan Himbauan Politik menyambut Pesta Demokrasi tahun 2024 agar masyarakat ikut serta menjaga Kemanan dan kerukunan warga ditengah tengah Perbedaan Pilihan. (Humas Polsek Srandakan)

Waspada Kejahatan, Polsek Imogiri Pasang Spanduk Berisi Imbauan

Jajaran Polsek Imogiri Polres Bantul melalui Kanit Binmas Iptu Pariyem memasang spanduk imbauan dari Kapolres Bantul di titik titik keramaian yang padat aktivitas masyarakat Jumat (29/12/2023) siang.

Spanduk tersebut berisi Himbauan tentang waspada pencurian, waspada ganjal ATM  serta waspada malam tahun baru

Dalam pelaksanaannya Kanit Binmas bersama anggotanya dan Kasihumas memasang spanduk tersebut di Depan Mapiksek Imogiri, Simpang depan Kapanewon, serta terminal Wisata pajimatan.

Dengan pemasangan spanduk Himbauan tersebut di harapkan warga masyarakat bisa membaca dan mengerti sehingga terhindar dari Kejahatan. (Humas Polsek Imogiri).

Edisi Penutup Jumat Curhat 2023, Kapolda DIY Kembali Sapa Mahasiswa

Di edisi terakhir Jumat Curhat 2023 ini, Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan kembali menyapa mahasiswa dengan mendatangi Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI), Jumat (29/12/2023).

Dalam acara tersebut, Kapolda DIY beserta rombongan disambut hangat Rektor Universitas Teknologi Digital Indonesia Sri Redjeki, dan ratusan mahasiswa.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Pendidikan Widya Bakti Teguh Wijono Budi Prasetijo, Wakapolda DIY Brigjen Adi Vivid AB, Pejabat Utama Polda DIY.

Mengawali acara, Sri Redjeki mengucapkan terima kasih kepada Polda DIY khususnya Kapolda DIY telah hadir untuk memberikan semangat kepada para mahasiswa.

“Terima kasih juga untuk para mahasiswa yang antusias mengikuti acara ini, silakan bila ada pertanyaan bisa langsung disampaikan saja,” ucapnya.

Kapolda DIY, Irjen Suwondo menyatakan bahwa Polda DIY mempunyai ukuran kerja sebagai standar, maka diperlukan adanya masukan serta penilaian dari masyarakat.

"Kita akan melakukan upaya untuk terus memperbaiki apa yang kurang dari kami, serta kami akan dengarkan apa yang menjadi masukan dari masyarakat," ucap Kapolda.

Selain memberikan sambutan, Kapolda juga menjawab pertanyaan dan masukan dari para mahasiswa yang hadir dalam acara Jumat Curhat kali ini.

Salah satunya dari Aurelis Suryopaluh salah satu mahasiswa dari Flores. Dalam kesempatan ini, Aurelis bertanya kepada Kapolda DIY terkait sikap Polda DIY dalam menghadapi penipuan yang marak terjadi.

"Kita sudah melakukan upaya preemtif, preventif, dan penegakkan hukum. Kita akan terus mengupayakan untuk mengurangi kasus penipuan yang ada," jawab Kapolda.

Kapolsek Banguntapan Hadiri Pertemuan FKUB

Kapolsek Banguntapan AKP Candra Satria Adi Pradana SIK menghadiri pertemuan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kapanewon Banguntapan di Gereja Santo Paulus Pringgolayan Banguntapan Bantul, Kamis (28/12/2023).

Hadir di antaranya Panewu Banguntapan Drs. I Nyoman Gunarsa S.Psi M.Psi, Kanit Binmas Polsek Banguntapan, Danramil Banguntapan diwakili Babinsa, Kepala KUA Banguntapan H. Ngatijan S.Ag., M.Ag, Lurah Banguntapan, pengurus FKUB Banguntapan, Romo Agus Ariawan Pr, Kepala Puskesmas Banguntapan dan Kepala BPD Baturetno.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Banguntapan menyampaikan, pertemuan FKUB ini untuk meningkatkan kemitraan dan hubungan yang harmonis antara Pemerintah Kapanewon dengan FKUB guna menciptakan kesepahaman serta memperkuat toleransi kerukunan umat beragama.

Dengan kata lain, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan peran dan fungsi FKUB dalam menjaga keharmonisan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bakti Sosial, Polisi Polsek Srandakan Bersedekah

Personel Polsek Srandakan melaksanakan bakti sosial Lisan Berkah (Polisi Polsek Srandakan Bersedekah) di Dusun Talkondo, Poncosari, Srandakan, Bantul, Jumat (29/12/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolsek Srandakan Kompol Slamet Subiyantoro SH dengan memberikan bantuan untuk warga  berupa sembako.

Pemberian bantuan sembako tersebut merupakan wujud kepedulian Polri terhadap warga masyarakat.

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet Subiyantoro SH menjelaskan, selain untuk membantu warga, kegiatan tersebut juga untuk mempererat tali silaturrahmi antara Kepolisian dengan masyarakat.

“Pemberian sembako ini bertujuan untuk membantu meringankan kebutuhan warga, dan semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga,” ucap kapolsek. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Takziah di Dusun Priyan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH melaksanakan takziah di rumah duka warga yang meninggal dunia, di Dusun Priyan, Trirenggo, Bantul, Jumat (29/12/2023).

Kepada pihak keluarga, Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya almarhum. Teriring doa semoga almarhum husnul khotimah, serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan.

Kehadirannya dalam takziah tersebut sebagai bentuk kepedulian serta rasa empati terhadap keluarga almarhum. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Pimpin Jumpa Pers Akhir Tahun, Kapolres Bantul Paparkan Pencapaian Kinerja Polres Bantul dan Jajajaran Selama Tahun 2023

Data situasi Kamtibmas Polres Bantul, periode tahun 2022, crime total sebanyak 1.557 kasus, tahun 2023 sebanyak 917 kasus atau turun 660 kasus.

“Data itu dilihat perkasus yaitu mencakup penganiayaan, pengroyokan, pencurian, penggelapan/penipuan, kasus narkoba, laka lantas dan mecelakaan laut,” ungkap Kapolres Bantul, AKBP Michael R. Rosakotta SH SIK, pada jumpa pers akhir tahun 2003, di Mapolres setempat, Jumat (29/12/2023).

Dijelaskan, Polres Bantul juga mencatat, selama tahun 2023 telah menangani 26 kasus kejahatan jalanan, 14 kasus menggunakan senjata tajam. dan telah mengamankan 23 pelaku masih berstatus anak di bawah umur.

Untuk kasus pencurian sepeda motor (curanmor), selama tahun 2022 terjadi 149 kasus, dan di tahun 2023 terjadi 90 kasus.

“Sebanyak 89 laporan kasus curanmor R2, 13 motor hilang karena kunci motor masih menempel di motor,” kata Michael.

Untuk kasus penipuan atau perbuatan curang selama tahun 2022 terjadi sebanyak 188 kasus, sementara pada tahun 2023 turun menjadi 134 kasus.

Untuk kasus penipuan online selama tahun 2022 terjadi sebanyak 80 kasus, sementara pada tahun 2023 turun menjadi 74 kasus.

Kasus penipuan di Bantul cenderung mengalami penurunan, namun penipuan online masih marak terjadi selama ini di ruang digital.

“Kasus penipuan terjadi akibat kurang hati-hati atau terlalu mudahnya korban termakan bujuk rayu dari pelaku,” ujar dia.

Untuk kasus penyalahgunaan narkoba, pada periode 2022 terjadi 104 kasus, sementara pada tahun 2023 terjadi kenaikan menjadi 129 kasus.

“Itu artinya, kasus penyalahgunaan narkoba terjadi kenaikan 25 kasus,” ujar Michael.

Adapun rinciannya, dari 129 kasus tersebut, 74 adalah pengedar dan 55 sebagai pemakai.

Sementara untuk jenisnya, 43 kasus psikotropika, 12 kasus narkotika, dan 74 kasus obat berbahaya.

“Barang bukti yang berhasil diamankan adalah ganja seberat 975,5 gram, psikotropika sebanyak 2.861 tablet, obat berbahaya sebanyak 259.992 butir, tembakau super 3,13 gram dan sabu seberat 0,76 gram,” jelas dia.

Selama periode tahun 2022, terjadi kasus kecelakaan sebanyak 2.525 kasus. Sementara pada tahun 2023, terjadi 2.020 kasus.

Sementara untuk korban laka lantas, pada tahun 2022, sebanyak 162 orang meninggal dunia dan 2.964 orang mengalami luka ringan. Untuk tahun 2023, korban jiwa sebanyak 129, sementara 2.389 orang lainnya mengalami luka ringan.

“Untuk kerugian material, tahun 2022 sebesar Rp 1.237.856.800,-, tahun 2023 sebesar Rp 792.383.300,-.,” terangnya.

Dalam rangka menjaga ketertiban umum, Polres Bantul juga melakukan penindakan tegas terhadap pemakaian knalpot tidak sesuai standar atau knalpot brong.

“Selama tahun 2023 ini, kami telah melakukan penindakan berupa penyitaan sebanyak 3.199 buah,” bebernya.

Capaian kondiisi kamtibmas selama tahun 2023 di wilayah hukum Polres Bantul tidak terlepas dari peran seluruh lapisan masyarakat.

“Terima kasih kepada masyarakat bantul stakeholder dan juga media massa yang telah membantu dan menjaga kondusifitas Kabupaten Bantul selama 2023, selamat Natal bagi yang merayakan dan selamat tahun baru 2024,” tandasnya.

29 December 2023

Anggota Polsek Piyungan Lakukan Evakuasi Pohon Bambu Yang Tumbang di Ruas Jalan Jogja-Wonosari

Hujan deras yang melanda di wilayah Piyungan mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di ruas Jalan Yogyakarta-Wonosari, tepatnya di Padukuhan Tambalan, Srimartani, Piyungan, Bantul, Kamis (28/12/2023) sore.

Kondisi ini tentunya sangat membahayakan bagi keselamatan para pengguna jalan, mengingat arus lalu lintas sangat ramai di jalur tersebut.

Guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, petugas Polsek Piyungan melakukan evakuasi pohon tumbang tersebut.

Panit Lantas Polsek Piyungan, Aiptu Kholis Dwi Suranto mengatakan, pihaknya mendapat informasi adanya pohon tumbang, yakni serumpun bambu yang tumbang hingga melintang menutup ruas jalan tersebut.

“Mendapat informasi dari warga adanya pohon bambu yang roboh, pihaknya langsung bertindak cepat dengan mendatangi lokasi guna mengevakuasi pohon bambu tersebut,” kata Aiptu Kholis.

“Setelah kita evakuasi, arus lalu lintas yang sempat tersendat dapat kembali lancar seperti semula," imbuhnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Polsek Kasihan Gelar Patroli Rutin, Ciptakan Kamtibmas Yang Aman Kondusif

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menciptakan situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Kasihan, salah satunya dengan mengintensifkan patroli secara rutin.

Anggota Polsek kasihan dipimpin Panit Binmas Aiptu Rista melaksanakan patroli dengan menyambangi perbankan, perkantoran, pertokoan, SPBU dan tempat-tempat obyek vital lainnya di wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul, Kamis (28/12/2023).

Kegiatan patroli tersebut secara rutin digelar. Adapun tujuannya agar wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul tetap aman dan kondusif.

"Kegiatan patroli ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, serta mencegah terjadinya aksi kejahatan,” kata Aiptu Rista.

"Diharapkan dengan kegiatan patroli, warga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitasnya," tandasnya. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Sambangi Kegiatan Posyandu di Dusun Jaranan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi menyambangi kegiatan Posyandu Lansia di Gedung Paud, Dusun Jaranan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Kamis (27/12/2023).

Sambang Posyandu Lansia tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap Polri dalam mendukung program pemerintah di bidang kesehatan khususnya warga Lansia.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada warga yang hadir dalam kegiatan Posyanmdu Lanisa tersebut. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Laksanakan Sambang Warga di Karanggondang

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Wawan Giyarto S.Psi melaksanakan kegiatan sambang pada pertemuan warga di Kampung Karanggondang Dk. Sawahan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (27/12/2023).

Kegiatan sambang tersebut merupakan upaya untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan warga masyarakat.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas, sekaligus menyampaikan tentang program Polri di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kita mengajak warga masyarakat untuk proaktif dan bersinergi dalam menjaga kemanan di lingkungan tempat tinggal. Selain itu, kita juga meminta warga masyarakat agar aktif melaporkan setiap kejadian atau hal-hal yang dapat berpotensi terjadinya gangguan kamtibmas,” tutur Aipda Wawan usai melaksanakan kegiatan sambangnya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmaas Kalurahan Pendowoharjo Sambangi Gerai ATM

Patroli sambang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sewon untuk mendekatkan diri dengan warga masyarakat. Kegiatan ini sekaligus untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, serta mencegah terjadinya aksi kejahatan di wilayah tugasnya.

Seperti yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto S.Psi, yang melaksanakan patroli dan menyambangi gerai ATM di SPBU Pertamina 44.557.11, Pucung, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Kamis (28/12/2023).

Melalui kegiatan patroli dan sambang tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Wawan juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada warga masyarakat yang mengambil uang di gerai ATM.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut masyarakat merasa aman dan tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Polsek Sedayu Lakukan Pengamanan Kegiatan Penertiban APK

Personel Polsek Sedayu melakukan pengamanan kegiatan Panwascam Sedayu dalam penertiban APK (Alat Peraga Kampanye) di wilayah Kapanewon Sedayu, Bantul, Kamis (28/12/2023).

Penertiban tersebut dilakukan karena banyak APK yang melanggar aturan.

Turut dalam kegiatan tersebut Satpol PP Kabupaten Bantul, Bawaslu Bantul, Dishub Bantul dan Panwascam Sedayu.

APK yang ditertibkan yaitu karena menyalahi aturan dalam pemasangan. Antara lain di pasang atau ditempel di tempat fasilitas umum seperti tiang listrik, tiang telpon, rambu-rambu lalu lintas, pohon perindang dan tempat fasilitas umum lainnya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Personel Polsek Kasihan Laksanakan Patroli dan Sambang Warga di Rusun Nawa Tamba

Personel Polsek Kasihan dipimpin Pawas Panit Samapta Ipda Sigit Budi H melaksanakan patroli malam dan sambang warga di Rusun Nawa Tambak Ngestiharjo Kasihan Bantul, Kamis (28/12/2023) malam.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Kapolsek Kasihan AKP nandanng Rochman SH MH menegaskan bahwa patroli dan sambang tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Wakapolres Bantul, Cek Kesiapan Pos Pam Lilin Progo Druwo

Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti Prihandini SIK MM, hari ini melakukan pengecekan kesiapan pos pengamanan (Pos Pam) Operasi Lilin Progo 2023 Pos Pam Druwo yang berlokasi di Ruko Paris Square, Jl. Ringroad Selatan, Druwo, Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Kamis (28/12/2023), siang.

Dalam pengecekan tersebut, Wakapolres melaksanakan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana pendukung di Pospam, serta kesiapan personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Progo 2023.

Wakapolres Bantul Kompol Ika Shanti Prihandini SIK MM mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pengecekan kesiapan Polres Bantul dalam rangka mengamankan dan menjaga kamtibmas selama kegiatan Ops Lilin Progo Tahun 2023.

“Kami minta seluruh personel mengupayakan kerja maksimal dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat pada natal dan tahun baru,” ungkap Wakapolres.

Ia juga berpesan agar seluruh personil melakukan buddy system dalam pelaksanaan tugas di lapangan dan melaporkan setiap perkembangan situasi secara berjenjang.

Wakapolres juga menyampaikan bahwa kegiatan Ops Lilin Progo 2023 dalam Pam perayaan natal dan tahun baru akan berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, dengan kapasitas pengendara atau pemudik yang jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Oleh karena itu, saya berharap seluruh personil dapat melaksanakan tugas operasi ini dengan sungguh-sungguh, dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan SOP yang ada, sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas maupun kemacetan,” tutup Wakapolres. (Humas Polsek Sewon)

Cegah KLB Keracunan Pangan, Puskesmas Sedayu 1 Lakukan Pembinaan di TFU dan TPP Wilayah Sedayu

Personel Polsek Sedayu bersama Koramil Sedayu melaksanakan pendampingan kepada Puskesmas Sedayu 1 dalam kegiatan Pembinaan dan Pengawasan TFU (Tempat Fasilitas Umum) dan TPP (Tempat Pengelolaan Pangan) di wilayah Sedayu, Kamis (28/12/2023)

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pemantauan arus mudik dan arus balik Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024.

Sekaligus sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan dini KLB keracunan pangan dan penyakit berbasis lingkungan saat kondisi matra arus mudik maupun arus balik perayaan Natal dan tahun baru 2024.

Kepala puskesmas Sedayu 1, dr. Seta Nurhayati Mularum M. Sc. menjelaskan berdasarkan data kejadian luar biasa (KLB) keracunan pangan yang tercatat di Kementerian Kesehatan per tanggal 7 Desember 2023 sebanyak 113 kejadian.

Maka Kemenkes, Dinkes Provinsi, Dinkes Kabupaten, kantor Kesehatan Pelabuhan, Balai kesehatan lingkungan pengendalian penyakit dan Laboratorium Kesehatan Daerah serta Tenaga kesehatan puskesmas perlu membentuk tim terpadu melakukan pembinaan dan pengawasan keamanan pangan yang ada di Posko kesehatan arus mudik, rest area, destinasi wisata dalam mencegah KLB keracunan pangan. (Humas Polsek Sedayu)  

Polsek Sedayu Pengamanan Penertiban APK di Wilayah Sedayu

Polsek Sedayu melakukan pengamanan dan mendampingi Panwaskap Sedayu melakukan penertiban APK atau Alat Peraga Kampaye di wilayah Kapanewon Sedayu, Bantul, Kamis (28/12/2023).

Kegiatan penertiban dilakukan karena banyaknya APK yang melanggar aturan di wilayah kapanewon Sedayu.

Hadir dalam penertiban tersebut Sat pol PP Kab. Bantul, Bawaslu Bantul, Dishub Bantul dan Panwaskap Sedayu.

APK yang ditertibkan adalah yang menyalahi aturan dalam pemasangan. Diantaranya di pasang menempel tempat fasilitas umum seperti tiang listrik, tiang telpon, rambu-rambu lalu lintas, dikaitkan di pohon dan lokasi pemasangan yang mengganggu arus lalu lintas. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Sambangi Bengkel Motor di Manding

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Bantul Aiptu Moh Riyadi menyambangi  Bengkel Motor di Manding Sabdodadi Bantul, Kamis (28/12/2023) siang.

Dalam sambang tersebut Bhabinkamtibmas pada bengkel sepeda motor untuk memberikan imbauan agar lebih waspada karena banyak pelaku kejahatan yang menjual barang kejahatannya dengan berbagai modus, misal dengan cara gadai, atau menjual dengan harga murah ataupun secara mutilasi mesin onderdil lainnya.

“Akibat dari tindakan pelaku kejahatan akan menyeret kita dalam permasalahan hukum, untuk itu apabila ada orang yang mencurigakan menggadai, menjual tanyakan dulu asal usul barang atau kelengkapan suratnya agar nantinya terlepas dari permasalahan hukum,” kata Aiptu Moh Riyadi

Bhabinkamtibmas  Sabdodadi Bantul selalu menghimbau kepada masyarakat agar melaporkan setiap kejadian sekecil apapun, dan berikan informasi kepada pihak kepolisian untuk meminimalisir setiap kejadian. (Humas Polsek Bantul)  

Keluarga Besar Polsek Bantul Jenguk Anak Anggota yang Sedang Sakit

Kapolsek Bantul, Kompol Budi Riyanto S.Sos bersama Ketua Ranting Bhayangkari Bantul dan Pengurus Bhayangkari Ranting Bantul menjenguk anak anggotanya yang sakit, Kamis (28/12/2023) siang.

Anak Anggota Polsek Bantul yang sedang sakit yaitu anak dari Aiptu Agus Riyanto SH, di Sribit Bambanglipuro Bantul.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Keluarga Besar Polsek Bantul terhadap anggota maupun keluarganya yang mengalami sakit.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Kapolsek Bantul menyampaikan turut prihatin atas cobaan yang menimpa anak dari Aiptu Agus Riyanto SH.

Lebih lanjut, Kapolsek Bantul juga mendoakan ananda yang sakit agar segera diberikan kesembuhan, sehingga dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Ranting Bantul memberikan tali asih serta bingkisan sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap anggota Polsek Bantul.

Atas kunjungan tersebut, Aiptu Agus Riyanto SH dan keluarga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan kepedulian Keluarga Besar Polsek Bantul yang telah meluangkan waktu untuk menjenguk putranya. (Humas Polsek Bantul)

28 December 2023

Kapolri Beri Penghargaan Pin Emas Kepada Prajurit TNI dan Anggota Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz 2023

Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo Msi memberikan penghargaan berupa Pin Emas kepada Prajurit TNI dan Anggota Polri Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 yang dinilai berhasil dalam upaya penegakkan hukum terhadap KKB dan KKP di Papua.

Pemberian penghargaan Pin Emas Kapolri tersebut diberikan dalam kegiatan seremonial upacara yang dipimpin oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Petrus Patridge Rudolf Renwarin, S.H., M.Si. (mewakili Kapolri) di Lapangan upacara Batalyon B Satbrimob Polda Papua, Timika, Kamis (28/12/2023).

Penghargaan Pin Emas Kapolri diberikan kepada 418 Anggota Polri dan 131 prajurit TNI.

Pin Emas Kapolri merupakan bentuk apresiasi Polri kepada seseorang yang dinilai layak untuk menerimanya. Sebab pemberian pin emas kapolri telah melalui serangkaian tahapan pemilihan sesuai syarat yang ditetapkan.

Wakapolda Papua Brigjen Pol. Petrus Patridge Rudolf Renwarin, S.H., M.Si. menyampaikan kepada awak media bahwa ia mewakili Kapolri untuk memberikan penghargaan tersebut.

"Pagi ini saya mewakili Bapak Kapolri menyematkan Pin Emas Kapolri kepada personel satgas Operasi Damai Cartenz baik TNI Maupun Polri" Ujar Patridge

Terkait pemberian penghargaan, Patridge menilai bahwa personel TNI Polri satgas damai cartenz layak menerimanya

"Saya sebagai Wakapolda Papua tahu persis bagaimana perjuangan rekan-rekan satgas Operasi Damai Cartenz karena saya selalu memonitor laporan, kejadian dan ungkap kasus yang dilakukan Ops Damai Cartenz dalam proses penegakan hukum terhadap KKB” ujar Patridge.

“Bagaimanapun juga mereka telah meninggalkan keluarganya selama kurang lebih satu tahun, menghadapi KKB dan berjuang di hutan pedalaman Papua dengan logistik yang terbatas serta menghadapi cuaca dan kontur pegunungan yang cukup ekstrim di Papua ini" katanya lagi.

Dalam rilis akhir tahun (20/12/2023), Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani S.Sos, SIK, MH, menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2023 Penegakkan hukum terhadap KKB dan KKP sebanyak 98 kali, sebanyak 33 orang KKB diproses hukum, 19 orang KKB tewas saat kontak tembak, 7 orang KKP diproses hukum,  berhasil menyita 32 pucuk senjata api, 1.279 butir amunisi, 25 unit magazen, 107 alat komunikasi, 31 bilah senjata tajam, 334 barang lainnya (atribut, bendera dll) dan berhasil menduduki/menguasai sebanyak 42 titik markas KKB.

"Tahun ini cukup banyak keberhasilan yang dicapai, Saya rasa mereka memang layak mendapatkan penghargaan Pin Emas dari Kapolri" Ujar Patridge.

Lebih lanjut Wakapolda Papua menyampaikan bahwa Pin emas ini juga untuk meningkatkan kinerja anggota supaya kedepan lebih baik lagi serta untuk meningkatkan sinergitas TNI-Polri yang telah bahu membahu dalam upaya penegakkan hukum terhadap KKB Papua.

"Selain itu, tentunya dalam momen natal tahun ini, Kapolri ingin memberikan kado natal spesial dan terbaik kepada personel damai cartenz yang berprestasi yaitu Pin Emas Kapolri." Ujar Patridge.

Ditempat yang sama, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023 AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH  mengucapkan terima kasih kepada Kapolri atas penghargaan tersebut.

"Kami atas nama personel Operasi Damai Cartenz 2023 menghaturkan ucapan terima kasih kepada Kapolri yg telah menganugerahkan PIN Emas kepada kami di akhir penugasan Operasi Damai Cartenz 2023. Hal ini sangat memotivasi kami utk bekerja dengan lebih baik lagi di penugasan berikutnya" Ujar Bayu.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Dampingi Kegiatan Program RTLH

Untuk mendekatkan diri serta meningkatkan sinergitas dengan masyarakat dan instansi, Bhabinkamtibmas Polsek Imogiri senantiasa hadir dalam setiap kegiatan masyarakat dan tingkat Kalurahan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Aipda Wahyu Apri Winarto yang turut hadir, serta mendampingi kegiatan pengecekan lokasi rumah dalam program RTLH dari BKKBN, Kamis (28/12/2023).

Dalam kegiatan itu dilakukan peninjauan lokasi rumah warga yang mendapat bantuan program RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) di wilayah Kalurahan Wukirsari, Imogiri, Bantul. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Unit Samapta Polsek Sewon Gelar Patroli, Ciptakan Kamtibmas Yang Aman

Unit Samapta Polsek Sewon melaksanakan Blue Light Patrol atau patroli dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kegiatan patroli ini difokuskan pada sasaran tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya aksi kejahatan.

Kanit Samapta Polsek Sewon, AKP Sumanta mengatakan, Blue Light Patrol merupakan salah satu kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan. Dengan patroli tersebut masyarakat akan tahu kehadiran Polisi, sehingga merasa aman dan nyaman. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Polsek Piyungan Amankan Pengajian Akbar di Bintaran Kulon

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud S.I.Kom memimpin pengamanan pengajian akbar di Dusun Bintaran Kulon, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (27/12/2023) malam.

Pengajian akbar yang bertajuk "Pita Biru Bersholawat" diselenggarakan dalam rangka mengumpulkan donasi untuk Palestina dengan menghadirkan Habib Musthofa Sayyidi Baraqbah Lc.

Pada acara tersebut diisi dengan pengajian dan lantunan sholawat yang dipimpin oleh Habib Musthofa Sayyidi Baraqbah Lc dengan iringan hadroh Al Asyikin Yogyakarta.

Sementara itu, dalam pengamanan tersebut personel Polsek Piyungan melakukan pengaturan lalu lintas dan membantu menyeberangkan para jamaah, serta pengamanan di lokasi pengajian.

Pengamanan juga melibatkan anggota Koramil Piyungan dan Banser Piyungan. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Laksanakan Patroli dan Sambang Pergudangan

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon terus bekerja maksimal untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah yang menjadi binaannya dengan rutin melaksanakan patroli sambang.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aipda Yoyok Hendratmoko SH. Dengan berpatroli ia menyambangi gudang toko Anugrah yang berlokasi di Dusun Dadapan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Rabu (27/12/2023).

Bhabinkamtibmas Aipda Yoyok mengatakan, patroli tersebut juga bertujuan untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif

“Patroli dan sambang yang kami lakukan bertujuan untuk menciptakan kamtibmas yang aman kondusif. Selain itu, meningkatkan silaturahmi dan kedekatan Polri dengan masyarakat,” ujarnya.

Dalam pesannya, Bhabinkamtibmas Aipda Yoyok menyampaikan agar meningkatkan kewaspadaan serta mengecek situasi di sekitar gudang toko.

Apabila ada hal-hal yang mencurigakan segera laporkan ke Bhabinkamtibmas atau Polsek Sewon. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Laksanakan Sambang Satpam

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Ipda Wahyudi menyambangi Satpam di Pengadilan Negeri Bantul, Rabu (27/12/2023).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Ipda Wahyudi menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas, serta agar meningkatkan kewaspadaan dalam bertugas.

Kegiatan sambang tersebut juga bertujuan untuk memotivasi Satpam agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Hari Raya Natal, Satbinmas Polres Bantul Sambangi Kos Mahasiswa Nasrani Berikan Bingkisan Natal

Panit Binmas Polsek Kasihan Aiptu Sutrasno dan Aiptu Rista F mendampingi Kasat Binmas Polres Bantul AKP Rumpoko menyambangi kost Mahasiswa yang beragama Nasrani di Sonopakis Kidul Ngestiharjo Kasihan Bantul, Rabu (28/12/2023) siang.

Pada kesempatan tersebut Kasat Binmas Polres Bantul menyampaikan imbauan atau pesan kamtibmas kepada mahasiswa asal Papua. Dalam kunjungan itu juga diberikan bingkisan Natal berupa sembako.

Kunjungan Kasat Binmas Polres Bantul tersebut sekaligus untuk meningkatkan sinergitas bersama seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan kamtibmas yang aman kondusif di wilayah hukum polres bantul.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Sambangi Pos Kamling Wilayah Tugasnya

Bhabinkamtibmas Kalurahan Palbapang Bripka Pikur sambang warga dan pos kamling di pos kamling Serut RT 07, pos kamling Taruban Ngringinan RT 03 dan Prenggan DK Karangasem RT 03 Palbapang, Bantul, Rabu (27/12/2023) malam.

Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat oleh karena itu kegiatan sambang rutin dilaksanakan guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta untuk mengetahui Kegiatan warga dan situasi wilayah setiap hari sehingga sekecil apapun yang terjadi di masyarakat segera diketahui.

Melalui kegiatan sambang tersebut Bhabinkamtibmas  menyampaikan agar warga dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta melakukan pengawasan yang melekat kepada putra putrinya agar terhindar dari kenakalan remaja.(Humas Polsek Bantul)  

Kapolda DIY Cek Pospam Ops Lilin Progo 2023 Sedayu

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan S. I. K., M. H. memastikan kesiapan jajarannya dalam pelaksanaan Ops Lilin Progo 2023 yang digelar guna pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di pospam Sedayu, Bantul, Rabu (27/12/2023).

Dengan didampingi beberapa pejabat utama Polda DIY, kedatangannya di sambut langsung oleh Kapolsek Sedayu AKP Khabibulloh dan anggota yang sedang melaksanakan piket jaga.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan personel di lapangan siap dan mampu melaksanakan tugas dengan baik. Karena tugas polisi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat terutama yang saat ini berlibur dan berwisata.

Kunjungan Kapolda DIY juga memberikan motivasi kepada anggota pos yang terdiri dari anggota Polri hingga elemen lain yang bertugas saat itu untuk selalu semangat dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. (Humas Polsek Sedayu)  

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Takziah di Dusun Sungapan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi melaksanakan takziah di rumah duka warga yang meninggal dunia, di Dusun Sungapan, Argodadi, Sedayu, Bantul, Rabu (27/12/2023) siang.

Kepada pihak keluarga, Bhabinkamtibmas Aiptu Baryadi menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya almarhum. Teriring doa semoga almarhum husnul khotimah, serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan.

Kehadirannya dalam takziah tersebut sebagai bentuk kepedulian serta rasa empati terhadap keluarga almarhum. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Laksanakan Takziah di Nogosari

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH melaksanakan takziah ke rumah duka di Nogosari RT 06 Trirenggo  Bantul, Rabu (27/12/2023) siang.

Kehadirannya di tengah-tengah masyarakat tersebut merupakan wujud kepedulian dan pelayanan Kepolisian, khususnya Bhabinkamtibmas.

Selain itu, diharapkan kegiatan seperti ini dapat menjalin silaturahmi dan menumbuhkan rasa kekeluargaan, sehingga dapat menciptakan hubungan yang baik antara Polisi dengan masyarakat.

“Sesibuk apapun jika ada warga yang meninggal dunia, maka kita sempatkan takziah ke rumah duka,” ujar Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo.

Dalam kegiatan Takziah tersebut Bhabinkamtibmas juga membatu pengaturan lalu lintas untuk kelancaran pelaksanaan prosesi pemakaman jenazah. (Humas Polsek Bantul)

Ciptakan Situasi Kondusif, Polsek Srandakan Gelar Patroli ke Tempat Ibadah

Guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayahnya, Polsek Srandakan Bantul melaksanakan patroli di tempat ibadah, Rabu (27/12/2023).

Salah satu lokasi yang menjadi sasaran patroli adalah GKJ Gunturgeni Poncosari Srandakan Bantul.

Kegiatan patroli ini dilaksanakan selain merupakan tugas pokok juga sebagai salah satu arahan Kapolres Bantul untuk senantiasa menciptakan situasi kamtibmas yang aman di masyarakat.

Dengan adanya polri ditengah-tengah masyarakat, diharapkan mereka semakin merasa aman dalam melakukan aktivitas peribadatan, selain itu juga sebagai salah satu cara polri untuk mencegah niat dari pelaku tindak kriminal melaksanakan niatnya.

Dalam pelaksanaan patroli ini juga, anggota mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga Kamtibmas. (Humas Polsek Srandakan)

Polsek Piyungan Gelar Patroli Ciptakan Kamtibmas yang Aman Kondusif

Polsek Piyungan menggelar patroli untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah Kapanewon Piyungan, Bantul, Rabu (27/12/2023).

Kegiatan patroli dipimpin oleh Kanit Samapta Polsek Piyungan, AKP Suhirno. Adapun sasaran patroli antara lain objek vital, pertokoan, perbankan dan permukiman penduduk.

Pada kegiatan tersebut petugas menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kriminalitas atau gangguan kamtibmas lainnya.

Dengan patroli tersebut diharapkan dapat menekan terjadinya tindak kriminalitas, sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif. Selain itu dapat mendekatkan diri dengan masyarakat. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)