31 January 2024

Cincin Tertinggal, 'Bayi Edan' Tertangkap

Tim Opsnal Polsek Pleret berhasil menangkap seorang residivis pencuri ternak yang beraksi di Pedukuhan Kauman, Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul. Pelaku tertangkap lantara cincin akiknya tertinggal di dekat kandang sasarannya.

Kapolsek Pleret, AKP Wiyadi, mengatakan, pencurian itu diketahui oleh korban, Mardiyono (42) saat hendak memberi makan ternaknya pada Selasa (23/1) pukul 05.30 WIB.

"Sampai kandang ternyata dua ekor ayam dan empat ekor itik milik korban hilang," kata Wiyadi saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Rabu (31/1/2024).

Selanjutnya, korban memeriksa sekitar kandang dan menemukan jaring kandang dalam kondisi rusak. Korban juga menemukan cincin akik berwarna cokelat di dekat kandang.

"Korban dan rekannya lalu melacak dengan cara memposting di Facebook dan mengarah ke warga Tambalan yang sering dipanggil Bayi Edan," ujar Jeffry.

Ternyata, tetangga korban ada yang mengenal si Bayi Edan itu dan berinisiatif mendatangi rumahnya pada Rabu (24/1) pukul 23.00 WIB. Awalnya si Bayi Edan tidak mengakui perbuatannya.

"Sempat mengelak, tapi saat ditunjukkan cincin akik itu, dia (pelaku) tidak bisa mengelak," ungkap Wiyadi.

Setelah pelaku mengakui perbuatannya, korban dan rekannya langsung menghubungi Polsek Pleret.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan tersangka Bayi Edan, didapat keterangan bahwa tersangka melakukan pencurian bersama rekannya berinisial ADS.

“Berdasarkan informasi dan petunjuk, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Pleret memburu ADS ke daerah Gandu Sendang Tirto Berbah Sleman dan berhasil mengamankannya,” tambah Wiyadi.

"Kedua pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun," pungkas Wiyadi.

Petugas Polsek Banguntapan Mediasi Permasalahan Warga

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Iptu Winardi bersama Bhabinkamtuibmas Kalurahan Potorono Aiptu Maryadi mediasi permasalahan warganya, di Mapolsek Banguntapan, Rabu (31/1/2024).

Mediasi dihadiri oleh kedua belah pihak yang terlibat perselisihan, Ketua RT, Dukuh serta tokoh masyarakat dan petugas penyidik Unit Reskrim Polsek Banguntapan.

Setelah dilakukan mediasi, tercapai kesepakatan kedua pihak dan permasalahan selesai secara kekeluargaan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kapolsek Srandakan Pimpin Pengamanan Pembagian Beras di Kalurahan Trimurti

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet Subiyantoro SH memimpin pengamanan pembagian beras yang digelar di GOR Graha Murti, Kedungbule, Trimurti, Srandakan, Bantul, Rabu (31/1/2024).

Bantuan beras dari pemerintah tersebut dibagikan untuk warga Kalurahan Trimurti sebanyak 2020 Kepala Keluaraga (KK) dan masing-masing menerima 10 kilogram per KK.

Di sela-sela kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kapolsek Srandakan mengimbau kepada warga penerima bantuan agar tetap menjaga ketertiban, sehingga pembian beras dapat berjalan lancar. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Polisi Bekuk Pelaku Penipuan Rp432 juta, Modus Penggandaan Uang

Polisi berhasil membekuk NF (44), warga Lumajang, jawa timur di Denpasar, Bali pada Senin (29/1/2024) lalu.

Laki-laki berbadan gempal ini, ditangkap Tim opsnal Polres Bantul bersama Unit Reskrim Polsek Piyungan karena diduga telah melakukan penipuan dengan modus pengandaan uang.

Adapun besaran kerugian korban dari penipuan yang dilakukan oleh NF mencapai Rp432 juta.

Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengungkapkan NF ditangkap berdasarkan laporan dari korban RW (47), warga Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul. Awalnya pada Mei 2019, korban bertemu dengan pelaku NF di Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman.

Saat itu, pelaku NF mengaku bisa menggandakan uang dan meminta izin kepada korban untuk meminjam ruangan di rumah korban sebagai tempat ritual menggandakan uang. Ritual itu dilakukan dengan menggunakan 12 kardus, yang masing-masing berisi Rp1juta, sehingga secara total ada Rp12 juta. Nantinya, pelaku mengatakan kepada korban satu kardus itu (yang berisi Rp1 juta) akan berisi uang Rp7 miliar.

“Syaratnya, setiap bulannya, kardus itu harus terisi uang tersebut. Namun, sekitar Februari 2023, korban baru sadar bahwa dirinya menjadi korban penipuan. Sebab, penggandaan uang yang dijanjikan tak kunjung ada,” kata Jeffry saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Rabu (31/1/2024).

Sadar jika ditipu, korban pun meminta pelaku meninggalkan rumahnya pada November 2023. Dan, sejak meninggalkan rumah korban, pelaku sudah tidak bisa dihubungi korban.

“Lalu korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Piyungan pada 23 Januari 2024,” jelasnya.

Dari situ, Polsek Piyungan bersama dengan Reskrim Polres Bantul mulai melakukan pengejaran pelaku di Jember didasarkan pada alamat yang ada.

Dalam perkembangannya, petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku ada di Bali. “Kemudian, kami melakukan pengejaran dan pelaku berhasil ditangkap di Denpasar," urai Jeffry.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa kardus hitam, sisa dupa, kembang setaman, alquran hingga buku yang merupakan catatan doa atau mantra milik NF.

Jeffry mengungkapkan berdasarkan pengakuan pelaku, hasil penipuan itu dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Atas perbuatannya, NF disangkakan pasal 378 KUHP.

“Pidana penjara paling lama empat tahun," ungkapnya.

Jajaran Polres Bantul mengingatkan masyarakat agar tidak terkena tipu daya oleh aksi tindak penipuan dengan iming-iming penggandaan uang.

"Ada orang-orang yang tawarkan penggandaan uang. Dan masih ada yang percaya, padahal penggandaan uang adalah hal yang mustahil," kata Jeffry.

Ia menyebut, modus penipuan penggandaan uang yang digunakan oleh pelaku adalah dengan mengaku memiliki kemampuan spiritual atau ilmu tertentu untuk menggandakan uang.

Pelaku juga menawarkan investasi dengan janji keuntungan yang besar dalam waktu singkat.

Untuk meyakinkan korban, pelaku biasanya menunjukkan trik penggadaan uang.

Namun, uang tersebut hanyalah uang palsu atau uang yang sengaja disiapkan oleh pelaku.

Jeffry juga meminta masyarakat agar tidak menyikapi atau mengikuti tawaran sejumlah oknum yang menawarkan penggandaan uang.

Masyarakat diminta berpikir secara rasional. Ia meminta masyarakat pun diminta untuk segera melaporkan tindakan tersebut ke kepolisian.

“Kalau orang bisa menggandakan uang, pasti dia akan menggandakan uang untuk dirinya sendiri, dan pastinya orang tersebut sudah kaya raya,” jelas Jeffry.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jagalan Bantu Bagikan Beras ke Warga

Bertempat di Balai Kalurahan Jagalan, Banguntapan, Bantul telah berlangsung pembagian beras dari pemerintah melalui Dinsos DIY yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu, Rabu (31/1/2024).

Penerima bantuan beras warga Kalurahan Jagalan sebanyak 267 KK dan masing-masing menerima 10 kilogram beras.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jagalan Aiptu Muh Syarifudin yang hadir dalam kegiatan tersebut turt membantu pendistribusian beras kepada warga.

Ia juga mengimbau warga penerima bantuan beras agar tetap menjaga ketertiban dengan mengantre sesuai nomor kedatangan.

Selain itu, ia juga berpesan agar bantuan beras tersebut dipergunakan sesuai peruntukannya. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kanit Intelkam Polsek Banguntapan Hadiri Kegiatan Bimbingan Teknis Petugas Pengawas TPS

Untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan pemahaman petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), telah dilaksanakan bimbingan teknis oleh Panwascam Banguntapan di Aula Kalurahan Jambidan, Banguntapan, Bantul, Selasa (30/1/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Panwascam Banguntapan Ima Nur Fitriana SE MM, Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa S.Psi M.Psi, Kapolsek Banguntapan diwakili Kanit Intelkam Iptu Muh Asnawi SE, tim KPU Bantul dan Anggota Panwascam Banguntapan.

Kegiatan bimbingan teknis tersebut untuk memastikan bahwa setiap petugas Pengawas TPS memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga proses Pemilihan Umum 2024 dapat berlangsung dengan transparan, jujur, adil dan akuntabel. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Amankan Pembagian Beras Bantuan Pangan Tahun 2024

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aiptu Sutopo mengamankan pembagian beras bantuan pangan tahun 2024 dari Dinsos DIY bertempat di aula balai kalurahan setempat, Rabu (31/1/2024).

Hadir pada kegiatan tersebut Lurah Singosaren H. Joko Prayitno, Pamong dan dukuh Kelurahan Singosaren, bhabinkamtibmas Singosaren Aiptu Sutopo dan warga penerima bansos beras.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren menjelaskan bahwa warga penerima Bansos beras bantuan pangan warga Kelurahan Singosaren sejumlah 339 warga, dan setiap warga menerima 10 kg beras. Semoga dapat membantu meringankan kebutuhan hidup sehari-hari dan bermanfaat untuk semua.


Bhabinkamtibmas Kalurahan Sitimulyo Pengamanan Penyaluran Bantuan Beras

Pemerintah Kalurahan Sitimulyo menyalurkan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada masyarakat penerima bantuan di Pendopo Kalurahan Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (31/1/2024).

Guna mendukung kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sitimulyo Bripka One Novutardi beserta Babinsa Serka Suparman melaksanakan pengamanan dan monitoring.

Pengamanan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada petugas maupun masyarakat penerima bantuan. Selain itu memantau jalannya pembagian bantuan oleh petugas Kalurahan agar berjalan lancar dan tertib.

Bantuan beras tersebut diberikan secara langsung kepada masyarakat sejumlah 1.489 KPM yang masing-masing mendapat 10 kilogram.

Dalam kegiatan itu Bhabinkamtibmas Bripka One turut membantu proses pendistribusian untuk mencegah antrean panjang. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Patroli Polsek Kasihan Sambangi Pos Kamling

Polsek Kasihan meningkatkan kegiatan patroli untuk menciptakan kamtibmas yang aman kondusif di wilayah hukumnya.

Kegiatan patroli kali ini dipimpin oleh Kanit Provos Aiptu Budi dengan menyambangi pos kamling, satu di antaranya di Padukuhan Menayu, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Selasa (30/1/2024).

Dalam kegiatan itu petugas menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada awak kamling.

Sementara itu, Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH mengatakan, sambang pos kamling bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesadaran warga dalam melaksanakan ronda malam, karena menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) merupakan tanggungjawab bersama. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Polsek Kasihan Gelar Kegiatan Rutin Pos Pagi


Personel Polsek Kasihan setiap pagi hari melaksanakan kegiatan rutin pos pagi sebagai salah satu wujud pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan.

Panit Samapta Polsek Kasihan Ipda Sigit Budi memimpin kegiatan pos pagi di Simpang empat Kasongan, Kasihan, Bantul, Rabu (31/1/2024) pukul 06.30 WIB.

"Kegiatan rutin pos pagi dengan pengaturan lalu lintas dan membantu menyeberangkan warga," kata Ipda Sigit.

Lebih lanjut, kegiatan pos pagi bertujuan untuk terciptanya kamseltibcar lantas disaat masyarakat mulai beraktivitas pagi.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan agar tetap berhati-hati, patuhi rambu-rambu lalu lintas serta melengkapi diri dengan kelengkapan yang sebagaimana diatur dalam undang-undang yang berlaku," tuturnya. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Personel Polsek Pajangan Lakukan Pengamanan Kunjungan Presiden RI di Gudang Bulog

Personel Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan kunjungan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Gudang Bulog, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Selasa (30/1/2024).

Dalam pengamanan tersebut sejumlah personel ditempatkan di penggal-penggal jalan wilayah Pajangan yang dilalui irirng-iringan rombongan Presiden.

Sementara dalam kunjungannya itu, Presiden Joko Widodo membagikan bantuan beras kepada  1000 KPM (Keluarga Pnenrima Manfaat) dan masing-masing menerima 10 kilogram beras.

Kegiatan kunjungan Presiden tersebut berjalan aman dan lancar. (Polsek Pajangan Polres Bantul)

Polsek Sewon, Laksanakan Pengamanan Jalur , Kunjungan Presiden RI Di Kabupaten Bantul

Memaksimalkan sinergi bersama Jajaran TNI dan Stakeholder Terkait, Polres Bantul bersama Polsek Jajaran,bersinergi bersama tajaran TNI dan Stakeholder Terkait, menurunkan personilnya masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan jalur kunjungan Presiden RI Ir. Joko Widodo bersama rombongan di Kabupaten Bantul, Selasa, (30/01/2024), siang.

Hal ini terlihat dari personil yang berjaga di sepanjang jalur yang akan dilewati oleh Presiden Republik Indonesia beserta rombongan menuju tempat kegiatan.

Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri widayanto, S.H.M.Si., disela memimpin personil Polsek sewon dalam pengamanan jalur tersebut kunjungan tersebut mengatakan, pihaknya telah menempatkan personilnya untuk melakukan pengamanan terbuka dan tertutup untuk mendukung kelancaran kegiatan kunjungan bapak Presiden RI Ir.Joko Widodo.

“Kita juga melakukan pengamanan dengan menempatkan personil di sepanjang jalur yang akan dilalui, baik di persimpangan, atau tempat yang mobilitas warga cukup tinggi,” ungkap Kapolsek.

Untuk diketahui, Presiden RI Ir. Joko Widodo beserta rombongan sebelumya telah melaksanakan beberapa agenda di Wilayah Kota Yogyakarta dan hari ini kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Presiden beserta rombongan akan melaksanakan kunjungan di wilayah Kabupaten Bantul, dan Gunungkidul, pangkas Kapolsek. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo, Sambangi Posko FPRB

Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo, Aipda Yoyok Hendratmoko S.H., melaksanakan sambang di Posko Forum Pengurangan Resiko Bencana ( FPRB ) Kalurahan Timbulharjo, yang berada di Komplek Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Senin, (30/01/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut di Aipda Yoyok untuk selalu bersinergi dengan Polsek Sewon, maupun instansi samping lain saat pencegahan maupun penanganan bila terjadi bencana alam seperti banjir bandang, pohon tumbang, dan kebencanaan lainya, mengingat akhir-akhir ini kondisi cuaca sangat tidak bersahabat,  Hujan lebat disertai angin kencang yang sering terjadi di wilayah Yogyakarta, khususnya Kapanewon Sewon.

“Dengan melaksanakan langkah langkah antisipasi dengan membersihkan lingkungannya seperti got disekitar rumah, melaksanakan pemangkasan pohon rindang yang berada di dekat rumah dan  jika terjadi sesuatu agar segera berkoordinasi dengan Polsek Sewon melalui Bhabinkamtibmas atau perangkat kalurahan untuk bersama sama dan bersinergi melaksanakan penanganan lebih lanjut.

Saat dikonfirmasi Bhabinkamtibmas Timbulharjo mengatakan bahwa “Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi, mempererat hubungan dan sinergitas kemitraan antara polri dengan masyarakat , khususnya relawan FPR,” ungkap Aipda Yoyok. (Humas Polsek Sewon)

Saat Sambang, Bhabinkamtibmas Panggungharjo ajak Warga Jaga Kamtibmas

Sambang warga merupakan salah satu tugas rutin Bhabinkamtibmas yakni dengan melaksanakan kunjungan secara langsung kepada masyarakat di wilayah yang menjadi binaannya, yang bertujuan  untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta menggali berbagai informasi yang sedang berkembang di masyarakat, dengan harapan agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Pagi ini Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Polres Bantul Kalurahan Panggungharjo, Bripka Mulyadi  menyambangi beberapa warga yang sedang santai, pada kesempatan yang baik tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas di antaranya mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan serta untuk bersama-sama ikut serta menjaga keamanan lingkungan guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

“Dengan kegiatan seperti ini yang langsung turun langsung ke warga masyarakat , dengan harapan warga dapat menyampaikan setiap informasi atau permasalahan sekecil apapun yang terjadi maupun berkembang di lingkungannya, untuk sesegera mungkin dilaporkan kepada aparat Kalurahan, maupun tokoh masyarakat dan Bhabinkamtibmas untuk dipecahkan dan diselesaikan  bersama –sama, namun apabila tidak bisa di selesai secara kekeluargaan baru dilaporkan ke Polsek untuk penanganan lebih lanjut” jelas Bripka Mulyadi.

Semantara itu Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto S.H.M.Si., mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas untuk selalu hadir dan menjalin komunikasi serta membangun kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat, guna mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif serta kehadiran Polri benar benar dapat dirasakan oleh masyarakat. (Humas Polsek Sewon)

Panit Binmas Polsek Sedayu Pengamanan Pendistribusian Bantuan Beras

Panit Binmas Polsek Sedayu Ipda Mujiyono SH bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aiptu Agus Muslim dan anggota lainnya melaksanakan pengamanan pendistribusian bantuan beras di Kalurahan Argosari Sedayu, Bantul, Rabu (31/12/2024).

Kehadiran petugas tersebut untuk memastikan penyaluran bantuan beras berjalan aman dan lancar.

Disampimng melakukan pengamanan, petugas juga menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat yang hadir.

Sementara itu di masa kampanye Pemilu 2024, Ipda Mujiyono mengajak warganya untuk tetap menjaga kerukunan. (Humas Polsek Sedayu)  


Tingkatkan Iman dan Taqwa, Polsek Srandakan Rutin Baca Yasin dan Kultum

Personel Polsek Srandakan melaksanakan kegiatan pembacaan surat Yasin di Mushola Polsek Srandakan, Rabu (31/1/2024).

Kapolsek Srandakan, Kompol Slamet Subiyantoro mengatakan, surat Yasin dan Kultum merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan satu kali seminggu.

“Membaca Yasin dan Kultum dilakukan rutin setiap Rabu pagi guna menambah iman dan taqwa bagi para anggota agar supaya dalam menjalankan tugas tiap hari dan bersinergi dengan masyarakat kita punya bekal ilmu keagamaan.

Kanit Binmas AKP Nurgiyanto bertugas sebagai pemberi Kultum dan setelah selesai dilanjutkan doa dipimpin oleh Kanit intelkam AKP Parmanta.

Berikan Rasa Aman, Polisi Hadir Melayani Masyarakat

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan melakukan aktifitas di pagi hari, Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi melakukan pengaturan lalulintas di depan pasar Sungapan, Argodadi, Sedayu, Bantul, Rabu (31/1/2024).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan dan juga sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas di pasar Sungapan.

"Kami selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan" Ujar Baryadi.

Pengaturan lalu lintas pada pagi hari merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh anggota Polsek Sedayu dengan tujuan untuk memberikan keamanan dan kelancaran bagi masyarakat pengguna jalan. (Humas Polsek Sedayu)

30 January 2024

Hari Ini, Presiden Joko Widodo Lakukan Kunjungan Kerja di Wilayah Bantul

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Bantul dengan mengunjungi Gudang Bulog yang berlokasi di Sendangsari, Pajangan, Bantul, Selasa (30/1/2024).

Di Gudang Bulog tersebut Presiden Joko Widodo membagikan beras kepada ribuan masyarakat yang hadir.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada warga yang berhak menerima manfaat akan diberikan pada Januari hingga Maret 2024.

“Bapak ibu semua sudah terima yang 10 kilogram ya, sudah ya.ada yang belum? Ini nanti akan diberikan bulan Januari, Februari, Maret,” kata Presiden.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa beras yang dibagikan itu merupakan beras pilihan dan didistribusikan oleh pemerintah kepada masyarakat pemegang kartu penerima manfaat.

“Beras yang diterima bukan beras medium, tapi beras premium. Sampai di rumah langsung dimasak dan dicoba,” ucapnya.

Melanjutkan sambutannya bahwa setelah bulan Maret, akan dilanjutkan lagi bantuan pangan beras tersebut untuk bulan April, Mei, dan Juni.

Lebih  lanjut, Presiden Joko Widodo juga mengatakan setelah bantuan pangan beras untuk bulan Juni disalurkan, maka pemerintah akan menghitung anggaran lagi untuk melanjutkan pemberian bantuan.

“Nanti setelah Juni saya akan hitung lagi APBN kita, kalau memungkinkan akan dilanjutkan lagi,” tutur Presiden.

Dalam kesempatan itu Presiden Joko Widodo juga menjelaskan kepada warga tentang Bantuan Langsung Tunai (BLT) El-Nino.

Setelah membagikan bantuan di Gudang Bulog, Presiden Joko Widodo juga melakukan kegiatan serupa di Lapangan Keyongan, Sabdodadi, Bantul.

Sementara itu dalam kegiatan kunjungan kerja Presiden RI tersebut, Polres Bantul menerjunkan ratusan personelnya untuk melakukan pengamanan dan dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul, AKBP Michael R. Risakotta SH SIK.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Hadiri Sosialisasi Pengisian Pamong

Untuk keberlangsungan dalam pelayanan masyarakat dan Pemerintahan Kalurahan Banguntapan, bertempat di Gedung Kesenian Pringgolayan Banguntapan Bantul berlangsung sosialisasi pengisian Pamong Kalurahan formasi jabatan Carik Kalurahan Banguntapan, Senin (29/1/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Banguntapan I Nyoman Vunarsa S.Psi M.Psi, Lurah Banguntapan Basirudin, Bamuskal, Dukuh dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Aiptu Agung Aji Wijaya SH M.Par.

Sosialisasi pengisian lowongan Pamong untuk formasi Carik ini dengan mengundang para tokoh masyarakat.

Sebagai informasi bahwa jabatan Carik Kalurahan Banguntapan kosong karena menindaklanjuti aturan bahwa Carik tidak boleh berstatus ASN atau PNS. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Unit Binmas Polsek Banguntapan Berikan Penyuluhan Guru Pengajar Gugus Paud 5 Banguntapan

Wujud kerjasama untuk mempersiapkan generasi penerus sejak dini, Unit Binmas Polsek Banguntapan melaksanakan pembinaan kering penyuluhan para guru pengajar Gugus Paud 5 Banguntapan di KB Aisyiyah Cahaya Hati Pranti, Juru Gentong, Banguntapan, Bantul, Selasa (30/1/2024).

Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Aiptu Subandi bersama Aipda Erny Rokhayati dan diikuti para guru pendidik tergabung dalam Gugus Paud 5 Banguntapan.

Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan sekolah ramah anak di Gugus Paud 5 Kapanewon Banguntapan. Adapun materi yang disampaikan tentang kamtibmas dan bahaya narkoba. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Hadiri Sosialisasi Program PTSL

Bertempat di Aula Kalurahan Banguntapan Bantul berlangsung sosialisasi dan penjelasan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun 2024, Senin (29/1/2024).

Hadir pada kegiatan tersebut tim PTSL Kabupaten Bantul, Lurah Banguntapan Basirudin, Dukuh, Bamuskal dan Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Aipda Ari Priyono.

Sosialisasi dan penjelasan program pendaftaran tanah sistematis lengkap dengan maksud dan tujuan untuk lebih memudahkan pengurusan sertifikat tanah serta menghindari mafia tanah dan percaloan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Hadiri Pertemuan FKUB Kapanewon Banguntapan

Kapolsek Banguntapan diwakili Kanit Binmas Iptu Winardi menghadiri pertemuan FKUB (Forum Keruklunan Umat Beragama) di Ruang Rapat Kantor Kapanewon Banguntapan, Banguntapan, Bantul, Selasa (30/1/2024).

Hadir di antaranya Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa S.psi M.Psi, Danramil Banguntapan Kapten Inf. MB. Barhaen Sancoko, Kepala KUA Banguntapan H. Ngatijan S.Ag M.Ag, Lurah dan pengurus FKUB Banguntapan.

Pertemuan rutin tersebut untuk menjaga kerukunan dalam keberagaman umat beragama di wilayah Kapanewon Banguntapan.

Pada kesempatan tersebut Kanit Binmas meminta dukungan semua pihak dalam mengatasi segala permasalahan yang ada.

Ia juga berharap pemilu 2024 berjalan dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Amankan Pembagian Beras Bantuan Pangan Tahun 2024

Bertempat di aula Balai Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul, telah dilaksanakan pembagian beras bantuan pangan tahun 2024 dari Dinsos DIY untuk warga Kalurahan Wirokerten Banguntapan Bantul, Selasa (30/12024).

Hadir pada kegiatan tersebut Lurah Wirokerten Hj. Rakhmawati W SE bersama Pamong dan dukuh Kelurahan Wirokerten, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Banguntapan Aipda Indra Prasetyo dan warga penerima bansos beras.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo menerangkan bahwa warga penerima Bansos beras bantuan pangan warga Kelurahan Wirokerten sejumlah 1200 keluarga, dan setiap warga menerima 10 kg beras.

“Semoga dapat membantu meringankan kebutuhan hidup sehari-hari dan bermanfaat untuk semua,” katanya.

Kanit Intelkam Polsek Banguntapan Hadiri Pelantikan Susulan Pengawas TPS

Kapolsek Banguntapan yang diwakili Kanit Intelkam Iptu Muh Asnawi SE menghadiri pelantikan susulan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024, di Gedung Serbaguna Kalurahan Jambidan, Banguntapan, Bantul, Selasa (30/1/2024).

Hadir di antaranya Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa, Danramil Banguntapan, Katua Panwascam Ima Nur Fitriana SE MM.

Pelantikan susulan PTPS tersebut dilakukan lantaran ada petugas pengawas TPS yang mengundurkan diri, sakit dan tidak hadir saat pelantikan pertama.

Pengawas TPS merupakan ujung tombak pengawasan yang akan menentukan suksesnya Pemilu 2024, agar petugas benar-benar menguasai aturan dalam mengawasi proses pemungutan suara di TPS. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Laksanakan Takziah di Rumah Duka Salah Satu Warga Dusun Sindet

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Aipda Wahyu Apri Winarto melaksanakan takziah di rumah duka salah satu warganya yang meninggal dunia di Dusun Sindet, Selasa (30/1/2024) pagi.

Mendengar salah satu warganya yang bernama Aji Budiyanto meninggal dunia, Aipda Wahyu Apri Winarto langsung bergegas menuju rumah duka di Dusun Sindet

Kegiatan  tersebut bhabin lakukan sebagai wujud kepedulian dan ungkapan bela sungkawa terhadap warganya yang sedang berduka.

Menurut Aipda Wahyu Apri W  takziah (silaturahmi) di setiap kejadian di wilayahnya  merupakan wujud nyata Bhabinkamtibmas melaksanakaan komunikasi sosial dengan warganya  sehingga terjalin silaturahmi yang akrab antar Bhabinkamtibmas dengan warga binaannya.

Bhabinkamtibmas juga tidak lupa mengucapkan turut belasungkawa, kepada keluarga atas meninggalnya alm Bpk Aji Budiyanto  semoga diampuni segala dosanya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Laksanakan Sambang Toserba

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Wawan Giyarto S.Psi melaksanakan patroli dialogis. Seperti yang telah diketahui patroli dialogis ini dilakukan dengan tujuan memberikan imbauan kamtibmas, menggali informasi , serta menjalin sinergitas dengan masyarakat.

Hari ini, Selasa (30/1/2024), Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Wawan Giyarto menyambangi salah satu Toserba di wilayahnya.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiprtu Wawan berpesan kepada para karyawan agar selalu berhati-hati dan waspada dalam bekerja.

“Apabila ada hal-hal yang mencurigakan segera laporkan ke Bhabinkamtibmas atau Polsek Sewon,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto SH M.Si mengatakan bahwa kegiatan patroli tersebut merupakan bagian dari komitmen Polsek Sewon dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dengan adanya patroli dialogis seperti ini, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan turut berperan aktif dalam menjaga keamanan di lingkungannya,” ujarnya.

Kegiatan patroli dialogis ini juga menjadi wujud dari sinergitas antara Kepolisian dan masyarakat dalam menjaga kamtibmas, sehingga tercipta lingkungan yang aman dan kondusif. (Humas Polsek Sewon polres Bantul)

Babinkamtibmas Kalurahan Jambidan Pantau Pendistribusian Beras Bansos

Program pemerintah untuk membantu kebutuhan dasar hidup sehari-hari terutama warga yang kategori tidak mampu, melalui Kementrian sosial memberikan bantuan sosial beras pangan tahun 2024.

Babinkamtibmas Jambidan Ipda Basori melaksanakan pantauan pendistribusian beras Bansos untuk 1200 warga Kalurahan Jambidan di Aula Kalurahan Jambidan, Senin (29/1/2024).

Untuk menjaga ketertiban warga yang antri untuk menerima Bansos beras pangan, Ipda Basori mengimbau untuk tertib antri serta memisahkan warga lansia antri tempat terpisah.

Setiap warga yang terdaftar menerima Bansos beras pangan 10 kg, semoga bermanfaat dan mampu membantu kebutuhan dasar hidup sehari-hari.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Hadiri Pertemuan Desa Siaga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo menghadiri undangan giat pertemuan Desa Siaga yang membahas tentang pelaksanaan  Posyandu  kesehatan ibu hamil, stunting, makanan tambahan dan vaksin  di Pendopo Kalurahan Poncosari, Selasa  (30/1/2024).

Kegiatan dihadiri Lurah desa Poncosari Supriyanto SE.Spt. Ketua TP PKK Kalurahan Poncosari Marwatiningsih, Bidan Desa Warismi, dan Kader Kesehatan se Kal. Poncosari.

Dalam kesempatan tersebut tidak lupa Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas karena di tahun politik ini masyarakat agar jangan gampang terkena rayuan maupun hasutan. Yang bisa memecah belah kerukunan (Humas Polsek Srandakan)

Personel Polsek Pajangan Amankan Penyaluran Beras Bantuan Pangan CBP

Personel Polsek Pajangan mengamankan penyaluran beras bantuan pangan CBP (Cadangan Bantuan Pemerintah) tahun 2024 untuk PBP (Penerima Bantuan Pangan) se-Kapanewon Pajangan, Senin, 29 Januari 2024.

Kapolsek Pajangan AKP Anar Fuadi mengatakan, kegiatan dilaksanakan di masing-masing Kantor Kalurahan se Kapanewon Pajangan.

Dalam kegiatan pelaksanan pengadaan Beras Bantuan Pangan untuk PBP (Penerima Bantuan Pangan) warga masyarakat seKapanewon Pajangan diambilkan dari Gudang Bulog Pajangan.

“Adapun mekanisme penyaluran Penyaluran Beras Bantuan Pangan - CBP dengan cara setiap PBP (Penerima Bantuan Pangan) mendapatkan undangan dari masing-masing Pemerintah Kaluharan setempat,” kata Anar.

Selama Kegiatan Penyaluran Beras Bantuan Pangan - CBP (Cadangan Bantuan Pemerintah) tahun 2024, berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Alami Masalah Pengereman, Truk Muat Kayu Tabrak Pohon Beringin di Bantul

Sebuah kecelakaan tunggal terjadi di Bantul, di mana truk yang mengangkut kayu menabrak pohon beringin, Senin (29/1/2024)..

Kecelakaan tersebut disebabkan pengereman kendaraan yang tidak berfungsi dengan baik.

Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan kecelakaan tersebut terjadi di Jalan Umum jurusan Dlingo menuju Imogiri atau masuk ke wilayah Dusun Cempluk, Kalurahan Mangunan, Dlingo.

Berawal saat truk Fuso Nopol R 9548 DT yang dikemudikan Karyadi (50) pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB melaju dari Dlingo menuju ke Imogiri atau dari timur ke barat.

Sesampanua di jalan yang menurun, pada kendaraan tersebut terjadi pengeremen tidak normal atau blong.

Karyadi pun tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya hingga akhirnya truk tersebut menabrak pohon beringin.

“Kendaraan tersebut tidak dapat dikendalikan oleh pengemudinya kemudian menabrak pohon beringin yang ada di sebelah kiri jalan,” kata Jeffry, Selasa (30/1/2024).

Dalam laka lantas tersebut tidak ada korban jiwa hanya kendaraan tersebut mengalami kerusakan ringan dibagian depannya.

Evakuasi pun berjalan hingga sore hari di mana angkutan kayu harus dipindahkan ke kendaraan lain.

“Untuk kayu sudah dipindahkan ke mobil lain sementara saat ini truk sudah dievakuasi,” pungkasnya.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Donotirto Dampingi Kegiatan Pengubinan Padi

Bhabinkamtibmas Kalurahan Donotirto Aiptu Sri Sukamto melaksanakan pendampingan kegiatan pengubinan padi di bulak sawah Dusun Gading Lumbung, Donotirto, Kretek, Bantul, Selasa (30/1/2024).

Kegiatan pengubinan padi dilakukan oleh Tim BPP yang dipimpin Drh. Eka dan diikuti kelompok tani setempat serta Babinsa Sertu Eka.

Pengubinan padi dilakukan untuk untuk mengetahui hasil panen petani guna mendukung program ketahanan pangan nasional. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

Cegah Curanmor di Area Persawahan, Petugas Patroli Polsek Kasihan Imbau Petani Pasang Kunci Pengaman Ganda

Anggota Polsek Kasihan dipimpin Panit Samapta Ipda Sigit Budi melaksanakan patroli di area persawahan, Dusun Jetis, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Senin (29/1/2024).

Kegiatan patroli tersebut untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan pencurian sepeda motor (curanmor) milik petani saat ditinggal menggarap sawah.

Petugas patroli mengimbau kepada para petani bagi yang mambawa motor agar diberi kunci pengaman ganda. Hal ini untuk mencegah tindak kejahatan curanmor. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Hadiri Rapat bersama Pamong

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi menghadiri rapat koordinasi bersama Pamong Kalurahan Argodadi di Aula Kalurahan Argodadi, Sedayu, Bantul, Senin (29/1/2024).

Kegiatan rapat dipimpin oleh Lurah Argodadi dan diikuti Pamong serta Dukuh.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Baryadi menyampaikan pesan-pesan dan imbauan terkait kamtibmas.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah Kalurahan Argodadi untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, serta menjaga kerukunan antar warga di masa kampanye Pemilu 2024. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Renovasi Ruko, Warga Bantul Tewas Tersengat Listrik

Seorang pekerja bangunan ditemukan meninggal dunia di atap gapura masuk salah satu perumahan di Jalan Pleret KM 2.5, Jambidan, Banguntapan, Bantul. Pekerja itu tersengat listrik saat mengecek instalasi air di atap bangunan tersebut.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan, kejadian bermula saat korban yakni Aji Budianto (39), warga Sindet, Wukirsari, Imogiri, Bantul mengerjakan renovasi ruko di Jambidan pukul 16.00 WIB tadi. Saat itu korban mendapat bagian pekerjaan memasang keramik kamar mandi.

"Korban itu tugasnya mengerjakan keramik kamar mandi. Nah, saat cek pipa kamar mandi yang bermasalah, korban cek instalasi air yang ada di atas atap gapura. Itu keterangan dari saksi," kata Jeffry kepada detikJogja, Senin (29/1/2024).

Memasuki pukul 16.30 WIB, salah satu rekan kerja korban menyusul ke atap. Pasalnya, korban tidak kunjung turun.

"Saat dicek ternyata korban sudah dalam kondisi terlentang. Saksi mencoba mendekat dan memegang kaki korban tapi sama sekali tidak ada respons," ujarnya.

Saksi langsung berteriak minta tolong. Warga kemudian melapor ke Polsek Banguntapan. Polsek Banguntapan dan Tim Inafis Polres Bantul tiba sekitar pukul 18.00 WIB. Petugas medis juga ke lokasi untuk memeriksa tubuh korban.

"Dari keterangan medis, saat ditemukan korban dalam keadaan meninggal dunia, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban dan terdapat luka lecet pada bagian jari kaki dan tangan," ucap Jeffry

"Selain itu terdapat pula luka bakar sengatan listrik pada pinggang bagian belakang korban," sambungnya.

Jeffry menyebut penyebab korban meninggal karena tersengat listrik. Selanjutnya jenazah korban dibawa ke rumah duka. Keluarga korban disebut sudah menerima kejadian itu sebagai musibah.

Polisi Amankan Tiga Pelajar Asal Bantul yang Diduga Hendak Tawuran di Prambanan

Tiga pelajar laki-laki asal Kabupaten Bantul diamankan polisi lantaran diduga akan melakukan aksi tawuran dengan kelompok pelajar lain di daerah Prambanan, Sleman.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengungkapkan tiga pelajar itu berinisial DRS (16), KDH (18) dan RP (18).

"Pengamanan terhadap tiga pelajar itu dilakukan di Ring Road Timur, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul,  Sabtu (27/1/2024), sekira pukul 02.50 WIB," katanya, Sabtu (27/1/2024).

Adapun kronologi pengamanan bermula sekira pukul 00.30 WIB, di mana para pelajar sudah berkumpul di Lapangan Sidokabul Umbulharjo, Yogyakarta.

Setelah itu kelompok pelajar tersebut menuju Lapangan Sidokabul Umbulharjo dan disana sudah ditunggu teman - temannya yang berjumlah 20 orang.

"Tidak selang lama kemudian rombongan pelajar tersebut yang berjumlah 35 orang bergerak hendak menuju ke arah Prambanan," jelasnya.

Pada saat rombongan pelajar tersebut sampai di tempat kejadian perkara (TKP), tiba-tiba ada petugas patroli antisipasi kerawanan malam hari Polsek Banguntapan dan Pokdar Kamtibmas DIY,  selanjutnya melakukan pengecekan terhadap rombongan pelajar tersebut.

"Setelah dilakukan pengecekan ternyata rombongan pelajar tersebut hendak melakukan aksi tawuran dengan rombongan pelajar lainnya di daerah Prambanan," bebernya.

"Rombongan pelajar tersebut kemudian dibawa ke Polsek Banguntapan guna pemeriksaan lebih lanjut," tutup Jeffry.



Petani di Bantul Temukan Sepeda Motor Tak Bertuan, Diduga Barang Bukti Hasil Kejahatan

Seorang buruh tani bernama Sugito (50), asal Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, menemukan satu unit sepeda motor tak bertuan.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengungkapkan sepeda motor tersebut bermerek Honda Beat AB 3230 QL.

"Sepeda motor itu ditemukan Sugito saat sedang mencari rumput di sekitar Embung Samas, Padukuhan Wonoroto, Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Kabhpaten Bantul, Minggu (28/1/2024) sekitar pukul 11.00 WIB," jelasnya kepada awak media, Senin (29/1/2024).

Temuan itu kemudian dilaporkan oleh Sugito ke jajaran Polsek Sanden untuk dilakukan penyelidikan.

Unit reskrim Polsek Sanden yang mengetahui itu selanjutnya melakukan penyelidikan.

"Ternyata, sepeda motor tersebut merupakan barang bukti kejahatan," beber Jeffry.

Selanjutnya, Unit reskrim Polsek Sanden berkoordinasi dengan Reskrim Polres Kulonprogo.

Pasalnya, dari hasil penyelidikan, sepeda motor tersebut diduga merupakan barang bukti hasil kejahatan, yaitu pencurian sepeda motor di wilayah Kulonprogo dan dilaporkan di Polres Kulonprogo.

"Selanjutnya, barang bukti sepeda motor akan diserahkan oleh Polres Kulonprogo sesuai lokus delicti perkara yang dilaporkan," tutup Jeffry.

29 January 2024

Polres Bantul Siap Amankan Kunjungan Presiden RI di Bantul

Jajaran Polres Bantul menerjunkan ratusan personel Polri dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan ke Bantul pada Selasa 30 Januari 2024.

"Tercatat, Polres Bantul telah mempersiapkan 116 personel dalam pengamanan kunjungan Presiden RI di Bantul," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Senin (29/1/2024).

Dia menjelaskan Polres Bantul dan jajaran-nya siap mengamankan kunjungan kerja Presiden RI di Bantul.

"Tentunya dalam pengamanan RI 1, dengan bekerja sama dengan unsur TNI dan Paspampres yang ada," tuturnya.

Jeffry menyebut bahwa personel Polres Bantul yang sudah disiapkan akan ditempatkan di pos-pos pengamanan, pengamanan jalur dan lokasi yang telah ditentukan .

"Kita sudah siapkan ploting personel pengamanan bersama-sama dengan TNI dan stakeholder pemangku kepentingan , sesuai hasil koordinasi dengan Tim Advance maupun Paspampers di antaranya Pos Pengamanan yang sudah ditetapkan serta Pam Jalur yang akan dilewati Presiden RI," ujarnya.

Pengamanan ini akan melibatkan berbagai aspek, termasuk pengamanan jalur yang akan dilalui oleh Presiden, serta pengamanan terbuka dan tertutup selama berlangsungnya kegitan.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan maksimal demi kesuksesan kunjungan kerja Presiden RI di Bantul," tambahnya.

Polres Bantul telah mengikuti apel gelar pasukan Pengamanan VVIP sebagai bagian dari persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI bertempat di Lapangan Pijenan, Wijirejo, Pandak, Bantul.

Apel tersebut dipimpin oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0709/Kebumen, Letkol Czi Ardianta Purwandhana dan dihadiri oleh Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta, serta Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Lebih lanjut Jeffry menjelaskan, sesuai agenda Presiden akan mengunjungi Gudang Bulog Pajangan.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Selopamioro Hadiri Musyawarah Tingkat Kalurahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Selopamioro Aiptu Mardikun menghadiri musyawarah tingkat kalurahan yang digelar di Balai Kalurahan Selopamioro, Imogiri, Bantul, Senin (28/1/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Lurah Selopamioro, Sugeng, yang diikuti staf dan Pamong.

Dalam kegiatan itu, Lurah Selopamioro menyampaikan tentang APBKAL tahun 2023. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Hadiri Musyawarah Tingkat Kalurahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Aiptu Arri Sulistyo menghadiri musyawarah tingkat kalurahan yang digelar di Aula Kelurahan Kebonagung, Imogiri, Bantul, Senin (28/1/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Lurah Kebonagung Marjiyem yang diikuti staf dan Pamong.

Dalam kegiatan itu Lurah Kebonagung menyampaikan tentang persiapan penyaluran bantuan beras dan Hari Jadi Kalurahan Kebonagung ke-100 tahun (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Bantu Evakuasi Pohon Tumbang

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo ikut membantu evakuasi pohon kelapa yang tumbang di Dusun Jragan 1, Poncosari, Srandakan, Senin (29/1/2024).

Pohon kelapa tersebut tumbang pada Senin pagi sekitar pukul 06.00 WIB dan menimpa rumah milik Rohmad (50), warga setempat.

Akibat kejadian itu rumah korban mengalami kerusakan pada bagian atap dapur dengan kerugian materi sekitar Rp 5 juta.

“Tidak ada korban jiwa, untuk kerugian materi ditaksir sekitar Rp 5 juta,” tutur Bhabinkamtibmas Aipda Ali Murtopo. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Sewon Pengamanan Halaqah Nasional Strategi Peradaban Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak

Personel Polsek Sewon dan Polres Bantul melaksanakan pengamanan Halaqah Nasional Strategi Peradaban Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Al Munawwir, Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Senin (29/1/2023).

Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widiyanto SH M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian Harlah Ke-101 NU, dimana sehari sebelumnya tepatnya pada Minggu (28/1) dibuka dengan Istighatsah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Bantul. Sedangkan Konferensi Besar (Konbes) NU akan dilaksanakan di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, pada Selasa (30/1).

Menurut informasi, lanjut Kapolsek, untuk puncak Harlah ke-101 NU akan dilaksanakan hari Rabu (31/1) di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, yang menurut rencana akan dihadiri oleh Presiden RI.

Sementara itu, guna mendukung kelancaran dan keamanan selama berlangsungnya kegiatan tersebut, jajaran personel Polsek Sewon dan Polres Bantul melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan Pimpin Pengamanan Jalur Simpatisan Kampanye Capres

Kapolsek Banguntapan AKP Chandra Satria Adi Pradana SIK memimpin pengamanan simpatisan parpol yang akan mengikuti kampanye Capres di Alun Alun Wates, Kulonprogo, Minggu (28/1/2024).

Pengamanan tersebut digelar di titik kumpul dan jalur yang dilalui para simpatisan di wilayah Kapanewon Banguntapan, Bantul. Adapun tujuannya untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman kondusif.

Sementara itu dalam pengamanan tersebut petugas juga memberikan imbauan kepada para simpatisan untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak menggunkan knalpot brong.

Selama pengamanan tersebut berjalan lancar hingga kepulangan para simpatisan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Anggota Unit Lantas Polsek Piyungan Turlalin di Lokasi Perbaikan Jalan Jogja-Wonosari KM 15.5

Anggota Unit Lantas Polsek Piyungan melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di lokasi perbaikan jalan di Jalan Jogja-Wonosari KM 15.5, Tambalan, Srimartani, Piyungan, Bantul, Senin (29/1/2024) siang.

Pengamanan dan pengaturan lalu lintas tersebut dilakukan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas di ruas jalan dilokasi perbaikan dinding tebing yang beberapa waktu lalu mengalami longsor.

Panit Lantas Polsek Piyungan Aiptu Barmawi yang berada dilokasi mengatakan, pengaturan lalulintas secara prioritas dilakukan bila terjadi kemacetan.

“Kami melakukan pengaturan lalu lintas manakala terjadi kemacetan,” ujarnya.

Menurutnya, pengamanan ini merupakan wujud pelayanan kepada masyarakat dengan cara memberikan kelancaran bagi pengguna jalan serta keamanan bagi para pekerja yang sedang melakukan perbaikan. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Bimtek KPPS Kalurahan Singosaren Persiapan Pemilu 2024

Bertempat di aula Kalurahan Singosaren Banguntapan Bantul berlangsung Bimtek KPPS Singosaren. Hadir pada giat tersebut Lurah Singosaren H. Joko Prayitno, PPS Kalurahan Singosaren , PPK Banguntapan, KPU Bantul dan Panwascam Banguntapan, Bhabinkamtibmas Aiptu Sutopo dan Babinsa Koptu Budi Cahyanto, Sabtu (27/1/2024) pukul 20.00 WIB.

Bimtek untuk persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar tertib jujur dan adil. Serta jika ada kendala dalam pelaksanaan pemungutan suara cara dapat segera mengatasi kepada siapa dan kemana jalur untuk konfirmasi.

Seluruh anggota KPPS dan PPS Kelurahan Singosaren mengikuti dengan seksama penjelasan dari petugas KPU Bantul dan Panwascam Banguntapan.

Bhabinkamtibmas Timbulharjo, Menjadi Pembina Upacara Di TK Negeri Pembina

Menjadi Bhabinkamtibmas bukan perkara mudah. Selain harus mampu mengelola Kamtibmas di Kalurahan binaan agar selalu kondusif, seorang Bhabinkamtibmas juga harus bisa berperan berbagi profesi, sekaligus teladan tidak hanya bagi kalangan.

Seperti pagi ini, Aipda yoyok Hendratmoko S.H., yang merupakan bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Polres Bantul, yang membawahi kalurahan Timbulharjo. Disela-sela kesibukannya berpatroli sambang dengan warga di wilayah binaanya, menyempatkan diri menjadi pembina upacara di TK Negeri Pembina Bantul yang beralamat di Tembi, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (29/01/2024) pagi.

Upacara yang diikuti oleh Kepala Sekolah, segenap guru dan karyawan Siswa TK Negeri Pembina Bantul tersebut, Aipda Yoyok menyampaikan pesan diantaranya siswa siswi untuk belajar dengan sungguh sungguh,berperilaku jujur, sopan terhadap orang tua, patuhi bapak ibu guru maupun orang tua, serta semangat dalam belajar.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widiyanto S.H.M.si., mengungkapkan, setiap Bhabinkamtibmas jajarannya memang sudah dibekali dengan berbagai kemampuan, dengan harapan dapat menyampaikan program program Polri di tengah masyarakat.

“Kita instruksikan saat menjadi pembina upacara di sekolah, para Bhabinkamtibmas dapat memberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, hukum dan lain-lain, agar mereka kelak bisa menjadi generasi yang tidak hanya tangguh, jujur, berakhlak mulia,  tetapi juga memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,” tegasnya. ( Humas Polsek Sewon )

Jaga Ketertiban, Polsek Kasihan Amankan Jalur Simpatisan Parpol

Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban jalur yang akan dilalui simpatisan parpol yang akan menghadiri kegiatan kampaye deklarasi paslon salah satu capres cawapres di wilayah Kulon Progo, Kapolsek Kasihan AKP Nandang Rochman SH MH pimpin pengamanan jalur di wilayah Kasihan, Minggu (28/1/2024) pukul 08.00 WIB.

Kapolsek Kasuhan menempatkan personel pada S4 Madukismo, S4 Tamantirto, S3 Jujur, S4 Kasongan dan S4 Bangunjiwo.

“Serta titik kumpul di depan SMKI dan dusun Nitipiran,” kata Kapolsek

Pada titik kumpul petugas memberikan himbauan agar simpatisan tertib tidak menggunakan knalpot blombongan, serta selesai acara pulang kembali ke rumah masing-masing dengan tertib dan tidak melaksanakan konvoi.

Pada pengamanan simpatisan parpol lintas wilayah dilakukan pengawalan guna mencegah bentrok antar simpatisan parpol lainnya.