29 February 2024

Bhabinkamtibmas Kalurahan Patalan Laksanakan Pengamanan Pendistribusian Bantuan Beras

Bhabinkamtibmas Kalurahan Patalan Bripka Fajar melaksanakan pengamanan pendistribusian bantuan berupa beras bagi 2.622 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kalurahan Patalan, Jetis, Bantul, Kamis (29/2/2024).

Pengamanan dan pengawasan tersebut bertujuan mendukung program pemerintah serta memastikan pendistribusian bantuan tepat sasaran.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Fajar juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada warga penerima bantuan. (Polsek Jetis Polres Bantul)

Polsek Banguntapan Kawal Pergeseran Logistik Pemilu 2024 dari PPK ke KPU

Untuk memastikan keamanan kelancaran pergeseran logistik Pemilu 2024 dari PPK Banguntapan ke KPU Bantul, Polsek Banguntapan melakukan pengamanan dan pengawalan, Rabu (28/2/2024).

Rekapitulasi penghitungan pemungutan suara Pemilu 2024 tingkat PPK Banguntapan telah selesai dan selanjutnya dikirim ke KPU Bantul.

Pergeseran losgistik Pemilu tersebut berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kapolri Tekankan Persatuan-Kesatuan Modal Utama Wujudkan Indonesia Emas 2045 di Rapim Polri

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa akan menindaklanjuti instruksi serta pengarahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2024.

Hal itu disampaikan Sigit saat membuka pelaksanaan Rapim Polri di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis, 29 Februari 2024.

"Hari ini adalah rangkaian kegiatan Rapim TNI-Polri yang kemarin telah dibuka Bapak Presiden di Cilangkap. Tentunya masing-masing melaksanakan Rapim untuk tindaklanjuti beberapa direktif dari Bapak Presiden," kata Sigit.

Pada Rapim Polri, Sigit mengungkapkan bahwa, ada beberapa agenda penting yang harus diamankan oleh personel kepolisian. Mulai dari tahapan Pemilu yang masih berjalan, kesiapan pengamanan Bulan Ramadan hingga Idul Fitri, event internasional hingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 37 Provinsi Indonesia.

Lebih dalam, Sigit menekankan soal pentingnya menjaga nilai persatuan-kesatuan Bangsa Indonesia. Menurutnya, hal itu adalah modal utama dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

Meskipun dalam Pemilu terjadi perbedaan pendapat, kata Sigit, persatuan dan kesatuan merupakan nilai yang harus terus dijaga oleh seluruh unsur lapisan masyarakat, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas tahun 2045.

"Menjaga persatuan dan kesatuan sebagai modal utama stabilitas keamanan sebagai prasyarat utama untuk betul-betul bisa menuju Visi Indonesia Emas 2045. Yang saat ini kita rasa, kita sudah melihat angka-angkanya, on the track dibandingkan negara lain. Indonesia saya kira angkanya sudah sangat bagus," ujar Sigit.

Dengan adanya tren positif itu, Sigit menyebut, seluruh elemen masyarakat harus bersatu padu mempertahankan hal tersebut. Mengingat, Indonesia bisa terus bertumbuh di saat negara lain menghadapi resesi.

"Ini harus dipertahankan, beberapa negara menghadapi situasi resesi termasuk beberapa negara maju. Tapi Indonesia bisa dalam kondisi yang baik. Ini jadi modal yang tentunya harus kita pertahankan bersama," ucap Sigit.

Oleh karena itu, Sigit mengingatkan untuk tidak larut dalam perbedaan yang berpotensi melahirkan polarisasi masyarakat. Yang paling terpenting saat ini, kata Sigit adalah, bersinergi serta bekerjasama untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sudah baik.

"Tentunya tugas kita semua untuk mengawal ini. Karena sulit dan tidak mudah. Namun kita yakin kalau kita semua bersatu, seluruh stakeholder dengan seluruh masyarakat,  kita jaga jangan sampai terjadi polarisasi, seluruh kementerian/lembaga, utamanya polisi, bisa menjaga stabilitas kamtibmas, kita yakin pencapaian ini bisa tercapai pada waktunya," papar Sigit.

Disisi lain, Sigit akan mengingatkan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk menyiapkan pengamanan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri.

"Kita tetap memiliki tugas pokok yang harus kita kawal dan kita jaga. Karena sebentar lagi kita masuk Bulan Ramadan di bulan Maret dan ini juga membutuhkan perhatian khusus karena akan terjadi pergerakan mudik yang sangat besar, yang tentunya harus mampu kita amankan," tutur Sigit.

Tak hanya itu, Sigit menjelaskan, aparat kepolisian juga menyiapkan pengamanan dalam menghadapi Event Internasional di Bali yang dihadiri oleh 43 negara. Serta, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 37 Provinsi Indonesia.

"Alhamdulillah, sampai sekarang, hari ini berbagai dinamika yang ada kita bisa kelola. Memang ramai di medsos dan juga mungkin ada yang turun di lapangan terkait hasil. Namun demikian semuanya dalam kondisi yang terkendali, terukur dan tentunya saya harapkan menjadi bagian demokrasi kita yang terus bisa kita jaga," tutup Sigit.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jambidan Pengamanan Pendistribusian Beras Untuk KPM

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jambidan Ipda Basori melaksanakan pengamanan penyaluran beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kalurahan Jambidan, Banguntapan, Bantul, Kamis (29/2/2024).

Bantuan beras tersebut dibagikan kepada 1.086 KPM dan masing-masing menerima 10 kilogram beras.

Pada kegiatan itu Bhabinkamtibmas Kalurahan Jambidan mengimbau kepda para penerima bantuan beras agar tetap menjaga ketertiban, sehingga pendistribusian dapat berjalan lancar. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Ikut Bantu Pendistribusian Beras

Bhabinkamtibmas Kalurahan Banguntapan Aipda Ari Priyono bersama Babinsa serta Linmas membantu pendistribusian beras di Kalurahan Banguntapan, Banguntapan, Bantul, Rabu (28/2/2024).

Bantuan beras tersebut dibagikan kepada 1.765 KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Sementara itu, mengingat banyaknya jumlah penerima bantuan beras, Bhabinkamtibmas mengatur dan memisahkan antara lansia dengan warga lainnya agar dapat berjalan tertib. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Laksanakan Pengamanan Pendistribusian Beras

Program pemerintah untuk membantu warga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, melalui Dinas Sosial dan Bulog menyalurkan bantuan beras.

Bertempat di Aula Kalurahan Singosaren, Banguntapan, Bantul, Rabu (28/2/2024), telah dilaksanakan pendistribusian beras untuk 339 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Yakni setiap KPM menerima 10 kilogram beras.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aiptu Sutopo bersama Babinsa melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Panit Binmas Polsek Banguntapan Hadiri Rakor Tanggap Darurat Kebencanaan

Merujuk pada situasi kedaruratan kerawanan bencana alam, telah dilaksanakan rapat koordinasi tanggap darurat kebencanaan di Kapanewon Banguntapa, Bantul, Rabu (28/2/2024).

Mengikuti rapat tersebut Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa, Kapolsek Banguntapan diwakili Panit Binmas Aiptu Subandi, Danramil Banguntapan diwakili Peltu Padang, Damkar, BPBD, Relawan FPRB serta instansi terkait.

Rapat tersebut digelar untuk mengatasi situasi darurat yang disebabkan oleh bencana alam, menyatukan upaya dan sumber daya dari berbagai lembaga instansi dan pihak terkait guna memberikan respon yang efektif dan terkoordinasi terhadap bencana alam.

Selain itu untuk merumuskan rencana tindakan dan strategi penanggulangan bencana yang terintegrasi dan efektif untuk mengurangi dampak serta mempercepat pemulihan.

Melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan dan respon terhadap bencana alam serta menyampaikan informasi kepada mereka untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Sambangi Pasar, Bhabinkamtibmas Sampaikan Pesan Kamtibmas ke Pedagang

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat disingkat Bhabinkamtibmas atau lebih dikenal oleh warga dengan panggilan Pak Bhabin selalu hadir ditengah masyarakat di wilayah yang menjadi binaannya.

Hari ini, Kamis (29/2/2024), Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aipda Yoyok Hendratmoko SH menyambangi Pasar Kepek, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Rabu (28/2/2024).

Dalam kegiatan sambang tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Yoyok menyapa para pedagang berdialog sekaligus menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas. Di antaranya agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Panit Binmas Polsek Sewon bersama Bhabinkamtibmas Laksanakan Gladi Upacara Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan NKRI

Panit Binmas Polsek Sewon Ipda Jedik Praptowo bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi melaksanakan gladi tata upacara Penegakan Kedaulatan NKRI tingkat Kapanewon Sewon yang akan digelar di lapangan upacara SMP Negeri 2 Sewon, Rabu (28/2/2024).

Kegiatan gladi juga dihadiri oleh Kepala Sekolah, guru SMP Negeri 2 Sewon, Babinsa dan diikuti oleh siswa-siswi SMP Negeri 2 Sewon.

"Gladi ini untuk persiapan upacara peringatan Hari Penegakan Kedaulatan NKRI yang akan dilaksanakan besok, dan pada latihan gladi ini difokuskan pada seluruh perangkat upacara, agar upacara dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata Ipda Jedik.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bhabinkamtibamas Bripka Mulyadi bahwa dengan latihan tersebut diharapkan pada saat pelaksanaan nanti bisa berjalan lancar.

Semetaera itu, Hari Penegakan Kedaulatan Negara adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara. Peringatan tersebut untuk mengenang dan menghormati para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Patroli Polsek Srandakan Sambangi Pembangunan Jembatan Pandansimo

Kanit Samapta Polsek Srandakan AKP Poniman memimpin patroli menyambangi proyek pembangunan Jembatan Pandansimo di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Kamis (29/2/2024).

Kegiatan patroli tersebut untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif. Selain itu untuk menjalin kemitraan serta berdialog menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada para pekerja proyek, serta warga masyarakat setempat.

Sementara itu, pembangunan Jembatan Pandansimo tersebut akan menghubungkan dua Kabupaten, yakni Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo, DIY. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Catat! 4-17 Maret, Polres Bantul Gelar Operasi Keselamatan Progo 2024, Ini Sasarannya

Polres Bantul akan menyelenggarakan operasi kepolisian dengan sandi operasi Keselamatan Progo- 2024 pada 4 sampai 17 Maret 2024.

Operasi digelar untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

“Operasi akan mengedepankan giat preemtif, preventif disertai gakkum dengan humanis dan edukatif,” kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, melalui keterangan tertulis, Rabu (28/2/2024).

Dalam operasi kali ini, Jeffry menyatakan pihaknya akan tetap mengedepankan penindakan tilang elektronik dengan ETLE (Elektronik Traffic Law Enforcement) statis maupun mobile.

“Tujuan digelarnya operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas sehingga tercipta Kamseltibcarlantas,” ucap Jeffry.

Selain itu, lanjut Jeffry, dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Sebagai informasi, sasaran dalam Operasi Keselamatan Progo-2024 adalah segala jenis pelanggaran yang kasatmata.

“Seperti pengemudi yang menggunakan HP, pengemudi dibawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, pengemudi yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi dalam pengaruh alkohol, melawan arus, tidak menggunakan safety belt, knalpot brong dan pelanggaran odol,” terang Jeffry.

Operasi Keselamatan Progo juga akan menyasar lokasi yang disinyalir sering terjadi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Dari data Satlantas Polres Bantul, daerah di Kabupaten Bantul yang kerap terjadi pelanggaran lalu lintas adalah Jalan Parangtritis dan Blok O, sementara untuk daerah yang angka kecelakaannya tinggi adalah Jalan Srandakan dan Jalan Parangtritis,” tandas Jeffry.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Monitoring Proyek Dana Desa

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aiptu Agus Muslim melaksanakan monitoring pekerjaan proyek Dana Desa Kalurahan Argosari di Dusun Tapen Argosari, Sedayu, Bantul, Rabu (28/2/2024)

Hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa Argosari, Ulu-ulu ArgosariTape dan Dukuh Tapen Argosari.

Pembangunan kali ini mengarah kepada pekerjaan drainase di pedukuhan Tapen dengan pelaksana TPK Kalurahan Argosari.

Sebagai Bhabinkamtibmas, Aiptu Agus akan selalu monitor dan mengawal anggaran yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat Desa.

Hal tersebut dilakukan tujuannya agar tidak terjadi penyelewengan dalam penggunaan anggaran, mengingat dana yang dikucurkan pemerintah kewilayah pedesaan cukup besar terutama dalam hal pembangunan infrastruktur.

Aiptu Agus juga menghimbau kepada semua perangkat desa maupun pengelola dana desa agar menggunakan dana desa sesuai dengan prosedur.

"Gunakan dana desa sesuai dengan prosedur," pesannya. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Laksanakan Binluh di Kalurahan Argorejo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Aiptu Murgyadi melaksanakan Binluh (Pembinaan dan Penyuluhan) Kader Kesehatan dan Posyandu Argorejo di Aula Kalurahan Argorejo, Sedayu, Bantul, Rabu (28/2/2024)

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Puskesmas Sedayu 2, Kamituwo Argorejo dan Kader Kesehatan Argorejo serta anggota Posyandu se Kalurahan Argorejo.

Adapun binluh yang di sampaikan oleh Aiptu Murgyadi berkaitan dengan permasalahan sosial dalam keluarga.

Permasalahan sosial dalam ruang lingkup keluarga  mayoritas terjadi karena ketidak harmonisan orang tua dalam rumah tangga.

Masalah sosial ini cukup serius karena akan menggangu atau mempengaruhi orang lain seperti kerabat, tetangga ataupun anak.

"Masalah sosial dalam ruang lingkup keluarga dapat diatasi dengan musyawarah, menyelesaikan masalah yang ada di dalam keluarga dengan kepala dingin dan bijak dalam mengambil keputusan yang akan dipilih," ucap Murgyadi.

"Masalah sosial ini juga dapat di atasi dengan saran atau masukan dari luar seperti kerabat ataupun keluarga yang berdampak positif," imbuhnya.

Harapanya setelah di lakukan binluh tersebut, para Kader Kesehatan dan Posyandu yang ada Kalurahan Argorejo dapat mencegah terjadinya permasalahan sosial dalam keluarga sekaligus mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam keluarga. (Humas Polsek Sedayu)

Polsek Kasihan Gelar Rakor Situasi Kamtibmas Pasca Pemungutan Suara

Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH bersama para Kanit dan Kasi Polsek Kasihan menggelar rapat koordinasi (rakor) di Mapolsek Kasihan, Rabu (28/2/2024).

Rakor tersebut situasi kamtibmas wilayah kapanewon Kasihan pasca Pemungutan suara 2024 dan antisipasi kejahatan jalanan .

Harapannya dengan Rakor ini dapat mengkoordinasikan setiap kegiatan Polsek Kasihan dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga tercipta Kamyibmas di wilayah Kapanewon Kasihan.

Wujud Empati Serta Peduli, Kapolsek Kasihan Jenguk Anggotanya Yang Sakit

Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian, Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH di berserta anggota menjenguk anggotanya yang sedang sakit dan di rawat di PKU Muhammadiyah Gamping Rabu ( 28/02/2024 ).

Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian sosial kepada anggota, sekaligus menjalin hubungan silaturahmi dan kebersamaan antar anggota dan pimpinannya.

Masih dikatakan Kapolsek, bahwa anggotanya yang sedang sakit yaitu Personil Samapta Aiptu Sukardi yang mana sudah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit.

“Saya bersama anggota Polsek Kasihan mendoakan agar Aiptu sukardi segera sembuh dan dapat beraktfitas seperti sedia kala.” Tegas Kapolsek.

Kapolsek menambahkan bahwa apa yang kami lakukan sebagai dukungan moril dan wujud kepedulian serta kebersamaan baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam hubungan kekeluargaan. Jadi apabila ada anggota sakit kita kunjungi dan berikan motifasi agar cepat sembuh.

“Kita ini adalah keluarga besar, di rumah saya punya keluarga dan di kantor saya pun punya banyak anggota. Itulah keluarga besar saya,” jelas Kapolsek

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Ikut Gotong Royong Pemasangan Genting Rumah Warga di Dusun Tegalrejo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo polsek Imogiri Aiptu Toto Choirudin bersama Pamong dan warga masyarakat gotong royong Pemasanga genting kembali akibat bencana kerobohan pohon jati di Dusun Tegalrejo, Rabu (28/2/2024) sore.

Rumah Rajiman warga tegakrejo terkena kerobohan pohon jati akibat hujan di sertai angin yang terjadi di wilayah kapanewon Imogiri pada hari Rabu sore..

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun kayu usuk pada rusak(patah)serta genteng rumah juga pecah.

Kerusakan akibat bencana kerobohanb pohon dapat di kondisikan oleh Warga sekitar dan pamong serta Bhabinkamtibnas. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Pendowoharjo Sambang Security PT Sang Saka

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Wawan Giyarto S.Psi., pagi ini melaksanakan patroli sambang dialogis wilayah yang menjadi binaannya, guna memonitoring langsung situasi Kamtibmas serta permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat, selain itu tujuan dari patroli sambang ini juga untuk menjalin silaturahmi dengan warga masyarakat.

Adapun sambang pagi ini Bhabinkamtibmas Pendowoharjo mengunjungi security PT. Sang Saka Surya Karunia yang berlokasi di Jl. Bantul No.39, Diro, Pendowoharjo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Senin (26/02/2024).

Dikonfirmasi diruang kerjanya usai melaksanakan sambang Aiptu Wawan menyampaikan PT Sang Saka Surya Karunia atau yang disebut PT SSK merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang telekomunikasi dan konstruksi, dan hari ini sengaja menyambangi scurity yang sedang melaksanakan tugas jaga, guna menyampaikan pesan Kamtibmas serta menjalin komunikasi dan silaturahmi.

" Pada kesempatan itu saya sampaikan kepada Scurity untuk meningkatkan kewaspadaan, dan mengadakan kontrol dilingkungan perusahaan untuk mengantisipasi setiap gangguan yang ada dilingkungan perusahaan, serta menciptakan situasi lingkungan perusahan maupun diluar yang kondusif sehingga karyawan dapat bekerja dengan aman dan nyaman" jelasnya

Pada kesempatan tersebut saya juga menyampaikan agar pegawai dan staf pabrik bisa ikut serta dalam menjaga stabilitas Kamtibmas, minimal di sekitar lokasi pabrik. Faktor keselamatan para pekerja juga harus menjadi prioritas utama imbuhnya. ( Humas Polsek Sewon ).

Personel Polsek Bantul Laksanakan Patroli Siang Hari di Pasar Bantul

Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, serta mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bantul, Personel Polsek Bantul melaksanakan patroli siang hari di pasar Bantul di pimpin oleh Kanit Sabara AKP Sudiasih, rabu (28/2/2024)

Dalam sambang dialogisnya tersebut, petugas patroli menyampaikan imbauan, agar selalu waspada dalam menjalankan tugas parkir, hingga terjamin keamanan kendaraan yang diparkir dan terhindar dari tindak kejahatan curanmor. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Jambidan Pantau Pendistribusian BLT DD

Bhabinkamtibmas Jambidan Ipda Basori pantau pendistribusian BLT DD untuk 77 warga Kalurahan Jambidan Banguntapan Bantul. Pendistribusian BLT DD di Ruang Rapat Kalurahan Jambidan. Rabu tanggal 28 Februari 2024 pukul 10.30 WIB

Hadir pada kegiatan tersebut Lurah Jambidan Zubaidi bersama Pamong dan dukuh Kelurahan Jambidan, Bhabinkamtibmas Ipda Basori dan 77 warga penerima BLT DD.

Bhabinkamtibmas Jambidan Ipda Basori menerangkan pendistribusian BLT DD untuk 2 bulan Januari dan Februari 2024. Setiap warga terdaftar menerima Rp.300.000,- ribu setiap bulannya.

Semoga dapat membantu meringankan kebutuhan hidup sehari-hari dan bermanfaat untuk semua.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Pantau Pembagian Beras Bantuan Pangan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo memantau pembagian beras bantuan pangan tahun 2023 dari Dinsos DIY untuk warga Kelurahan Wirokerten Banguntapan Bantul, di balai kalurahan setempat, Rabu (28/2/2024).
 
Hadir pada kegiatan tersebut Lurah Wirokerten Hj. Rakhmawati W SE bersama Pamong dan dukuh Kelurahan Wirokerten, Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Aipda Indra Prasetyo dan warga penerima bansos beras.

Bhabinkamtibmas Wirokerten Aipda Indra Prasetyo menerangkan bahwa warga penerima Bansos beras bantuan pangan warga Kelurahan Wirokerten sejumlah 1247 keluarga, dan setiap warga menerima 10 kg beras.

Semoga dapat membantu meringankan kebutuhan hidup sehari-hari dan bermanfaat untuk semua.

28 February 2024

Petugas Patroli Polsek Banguntapan Dibantu Warga Gagalkan Tawuran Pelajar

Anggota Unit Samapta Polsek Banguntapan saat menggelar patroli mendapat informasi adanya sekelompok pelajar yang melakukan konvoi di wilayah Kapanewon Banguntapan, Bantul, Selasa (27/2/2024).

Diduga sekelompok pelajar dari salah satu sekolah di Banguntapan tersebut akan melakukan tawuran dengan pelajar sekolah lain.

Sementara itu, petugas patroli Polsek Banguntapan dipimpin Ipda Agus Priyono dan dibantu warga dapat mencegah sekelompok pelajar yang akan tawuran.

Selanjutnya belasan pelajar tersebut diamankan di Polsek Banguntapan untuk dilakukan pemeriksaan dan pembinaan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Piyungan Gelar Problem Solving Terkait Tindakan Bullying

Unit Binmas Polsek Piyungan bersama dengan Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimartani Aiptu Anwar Yasin menggelar problem solving di Mapolsek Piyungan, Rabu (28/2/2024).

Yakni permasalahan terkait dugaan bullying atau perundungan terhadap siswa di salah satu sekolah tingkat SMP di wilayah Piyungan Bantul.

Ipda Agus Hartana yang memimpin mediasi menjelaskan bahwa kejadian itu telah diselesaikan musyawarah dengan mendatangkan kedua belah pihak serta didampingi oleh orang tua dan pihak sekolah.

"Kedua belah pihak telah sepakat diselesaikan secara kekeluargaan dan kepada siswa yang melakukan perundungan menyampaikan permohonan maaf dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi,” ujar Ipda Agus.

"Selanjutnya kedua belah pihak menandatangi surat kesepakatan damai yang disaksikan para orang tua dan pihak sekolah,” tambahnya.

Petugas Unit Binmas Polsek Piyungan berpesan kepada pihak sekolah agar senantiasa meningkatkan pengawasan terhadap siswa-siswinya, sehingga kejadian bullying atau perundungan tidak terulang lagi. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Polsek Banguntapan Kawal Kotak Logistik Surat Suara Pemilu 2024

Setelah proses rekapitulasi surat suara tingkat PPK Banguntapan, selanjutnya surat suara dikirim ke gudang KPU Kabupaten Bantul.

Untuk keamanan dan kelancaran pergeseran surat suara tersebut, Kapolsek Banguntapan AKP Chandra Satria Adi Pradana SIK bersama anggota melakukan pengawalan logistik surat suara dari gudang PPK Banguntapan ke gudang KPU Bantul, Selasa (27/2/2024).

“Kami bersama Polres Bantul melaksanakan pengamanan dan pengawalan surat suara ini dari gudang PPK Banguntapan ke gudang KPU Bantul,” kata Kapolsek.

Sebanyak 11 armada yang mengangkut logistik Pemilu 2024 dari gudang PPK Banguntapan tiba di gudang KPU Bantul dengan aman. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Hadiri Deklarasi dan Panen Karya P5 SMAN 1 Banguntapan

Dengan berakhirnya kegiatan pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas X SMAN 1 Banguntapan, selanjutnya digelar deklarasi dan panen karya P5 dengan tema "Bangunlah Jiwa dan R%aga", Senin (26/2/2024).

Pada kegiatan tersebut para pelajar SMAN 1 Banguntapan mendeklarasikan anti perundungan (bullying), anti kekerasan secara fisik maupun psikis antar teman, anti tawuran, anti genk pelajar. Kemudian menolak kegiatan negatif aksi kejahatan jalanan, menolak peredaran narkoba dan bijak bermedia sosial.

Hadir pada kegiatan tersebut Panewu Banguntapan, Kapolsek Banguntapan diwakili Kanit Binmas Iptu Winardi, Kampus UAD, Kepala Sekolah Dra. Yati Utami Purwaningsih M.Pd, Bhabinkamtibmas Kalurahan Baturetno Aiptu Irawan Adhi S. SH. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Imogiri Amankan Penyaluran Bantuan Beras CPP

Anggota Polsek Imogiri melaksanakan pengamanan penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahun 2024, Rabu (28/2/2024).

Penyaluran bantuan beras tersebut dilakukan di masing-masing Kalurahan yang berada di wilayah Kapanewon Imogiri, Bantul. Di antaranya Kalurahan Selopamioro, Kalurahan Wukirsari dan Kalurahan Karangtalun.

Kegiatan penyaluran bantuan beras tersebut berjalan aman, lancar dan terseib. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Polsek Srandakan Amankan Penyaluran BLT DD Kalurahan Poncosari

Anggota Polsek Srandakan melaksanakan pengamanan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap 1 dan 2 (bulan Januari dan Februari) Tahun Anggaran 2024 di Kalurahan Poncosari, Srandakan, Bantul, Rabu (28/2/2024).

Jumlah warga penerima BLT DD Kelurahan Poncosari berjumlah 56 KK. Adapun setiap KK menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu.

Selama kegiatan tersebut berjalan aman, lancar dan tertib. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Memasuki Purna Tugas, AKP Sumanta Berpamitan kepada Personel Polsek Sewon

Momen perpisahan memang selalu mengundang keharuan tersendiri. Tak terkecuali saat meninggalkan pekerjaan yang telah puluhan tahun digeluti. Meski berat untuk meninggalkan, namun semua itu harus dilewati karena merupakan proses bagi semua anggota Polri.

Hari ini, Rabu (28/2/2024) pagi, bertempat di halaman Mapolsek Sewon, AKP Sumanta yang menjabat Kanit Samapta Polsek Sewon berpamitan dengan seluruh anggota Polsek Sewon karena sudah memasuki masa pensiun.

“Purna tugas atau pensiun bukan berarti putus jalinan silaturahmi. Walaupun sudah memasuki masa pensiun, pemikiran dan kontribusi terhadap institusi Polri masih dibutuhkan terutama di lingkungan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas tetap aman dan kondusif ,“ kata Kapolsek Sewon, Kompol Hanung Tri Widayanto.

Pada kesempatan itu, Kapolsek juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dedikasinya yang baik selama bertugas dan mengabdi di Institusi Kepolisian.

“Terima kasih Pak Sumanta, saya harap tetap terjalin silaturahmi. Terima kasih pula kepada ibu Bhayangkari yang telah dengan setia mendampingi dan mendukung suaminya selama dinas di Institusi Polri,” ucap Kapolsek.

Kapolsek juga berharap, setelah pensiun agar dapat menjadi mitra Polri dan Polmas (Polisi Masyarakat) di lingkungannya dengan tetap menjalin komunikasi dan kemitraan dengan Kepolisian.

Lebih lanjut, Kapolsek Sewon berpesan kepada pada personel yang masih aktif agar dapat mengikuti jejak dan keteladanan AKP (Purn) Sumanta dalam pengabdiannya di institusi Kepolisian.

“Bahkan kita pun harus menghormati dan belajar dari beliau tentang arti sebuah pengabdian,” tandasnya.

Sementara itu dalam sambutanya, AKP (Purn) Sumanta menyampaikan terima kasih kepada pimpinan serta seluruh personel Polsek Sewon atas perhatian dan kerjasamanya selama bertugas di Polsek Sewon.

“Saya mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan, dan selama mengemban tugas di Kepolisian ada kekurangan maupun kekhilafan,” ucap AKP (Purn) Sumanta. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Donotirto Sambangi Pasar Angkruksari

Bhabinkamtibmas Kalurahan Donotirto Aiptu Sri Sukamto menyambangi Pasar Angkruksari, Donotirto, Kretek, Bantul, Rabu (28/2/2024) pagi.

Pada kegiatan itu Bhabinkamtibmas Aiptu Sri Sukamto berdialog dengan para pedagang sekaligus memantau ketersedian sembako di pasar tersebut.

Kegiatan sambang tersebut sekaligus sebagai upaya untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek kretek, khususnya di lingkungan pasar aman dan kondusif. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

Polsek Kasihan Kawal Logistik Pemilu ke Gudang KPU Bantul

Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH memimpin pengamanan dan pengawalan pergeseran logistik Pemilu 2024 dari gudang logistik PPK Kapannewon Kasihan ke gudang logistik KPU Kabupaten Bantul, Selasa (27/2/2024).

Logistik Pemilu dari PPK Kapanewon Kasihan dan seluruh material logistik Pemilu ini diangkut dengan menggunakan 11 truk dikawal oleh personel dari Polres Bantul dan Polsek Kasihan.

“Dengan selesainya rapat pleno terbuka di tingkat PPK Kapanewon Kasihan, maka logistik Pemilu digeser ke gudang KPU Bantul,” kata Kapolsek.

“Keamanan logistik Pemilu ini tanggung jawab kita, jadi kita kawal selama pleno dan kita pastikan aman sampai ke gudang KPU Kabupaten Bantul,” imbuhnya. (Humas Polsek Kasiahan Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Kasihan Hadiri Acara HUT SLB N 1 Bantul

Kanit Binmas Polsek Kasihan Iptu Basuki menghadiri acara peringatan HUT SLB N 1 Bantul yang ke-28, di SLB N 1 Bantul, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Selasa (27/2/2024) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadispora DIY, Kadispora Kabupaten Bantul, Forkopim Kapenewon Kasihan, Lurah Kalurahan Ngestiharjo, Kepala sekolah SLB N 1 Kasihan berserta guru dan staf, peserta didik SLBN 1 Bantul serta tamu undangan.

Adapun tema HUT SLB N 1 Bantul yang ke-28 ini adalah Jalin Inkusi bina Harmoni. Sementara itu, Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Bantul dalam acara ini menampilkan pentas seni oleh para siswa. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Sambangi Tempat Penggilingan Padi

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aiptu Agus Muslim melaksanakan patroli dan sambang di Dusun Jaten, Argosari, Sedayu, Bantul, Selasa (27/2/2024).

Kali ini Bhabinkamtibmas Aiptu Agus Muslim menyambangi tempat penggilingan padi dan tempat penjualan beras milik bu Masih, warga setempat.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Agus menyampaikan imbauan kamtibmas berkaitan dengan ketersediaan bahan pokok.

"Jangan terprovokasi dengan isu kelangkaan bahan pokok," pesannya.

Ia juga mengimbau kepada warga yang memiliki usaha penggilingan padi dan toko kelontong agar tidak melakukan penimbunan beras. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Pantau Stok Pangan di Wilayahnya

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali.Murtopo melaksanakan pemantauan ketersediaan bahan pangan di Toko Chanda Dusun Singgelo Poncosari Srandakan Bentul ,Selasa ( 27/2/2024)

Maksud dari pemantauan tersebut adalah, untuk mengetahui stok ketersediaan bahan pokok, mengantisipasi penimbunan serta binluh kepada masyarakat agar tidak terprovokasi isu-isu kelangkaan bahan pangan.

Adapan hasil pemantauan di toko Chanda, terdapat bahan pangan yang mengalami kenaikan harga yaitu beras jenis mapan yang semula Rp. 15.000,- menjadi Rp. 17.000,- dan harga telur semula Rp. 30.000,- menjadi Rp. 32.000,-.

Selama giat pemantauan berlangsung lancar, stok bahan pangan masih cukup dan tidak ada kelangkaan serta tidak ditemukan penimbunan bahan pangan di wilayah Kal. Poncosari. (Humas Polsek Srandakan)

Jadi Korban Pencurian Modus Ganjal ATM, Pria di Bantul Rugi Jutaan Rupiah

Seorang warga Pedukuhan Kresen, Kalurahan Bantul, Kabupaten Bantul menjadi korban pencurian uang modus ganjal ATM di salah satu swalayan Bantul. Akibatnya korban mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan, kejadian berawal saat korban, UM (31) melakukan penarikan tunai di ATM salah satu swalayan daerah Bantul, Minggu (25/2) pukul 17.45 WIB. Namun, setelah memasukkan kartu tiba-tiba ATM error.

"Kartu ATM korban awalnya seret ketika dimasukkan. Nah, ketika sudah bisa masuk di layar ATM keluar tulisan 'sorry, mesin tidak dapat beroperasi'," katanya, Selasa (27/2/2024).

Tiba-tiba, kata Jeffry, ada orang yang sebelumnya mengantre masuk ke ATM menawarkan bantuan kepada korban. Karena segera membutuhkan uang tunai, korban mempersilakan pelaku untuk membantunya.

"Lalu terlapor memencet tombol dan pelapor disuruh memasukkan PIN tetapi tidak keluar kartunya," ujarnya.

Karena itu, korban langsung berinisiatif pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, korban mendapat notifikasi M-banking jika saldonya berkurang jutaan rupiah.

"Uang yang berkurang dari rekening korban yaitu Rp 4,3 juta," ucapnya.

Merasa dirugikan, korban melaporkan kejadian itu ke Polres Bantul. Menurut Jeffry, saat ini polisi masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

"Sampai saat ini masih dalam lidik (penyelidikan)," katanya.

Terlepas dari hal tersebut, Jeffry meminta kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaannya saat melakukan transaksi melalui ATM. Menurutnya, masyarakat bisa memilih ATM yang berlokasi di bank guna memastikan keamanannya.

"Kemudian, masyarakat harus memperhatikan kondisi di sekitar ATM. Jika ada yang mencurigakan seperti ada orang yang tengah mengintai sebaiknya jangan ambil uang di ATM itu," ujarnya.

Masyarakat juga diminta mengecek kondisi lubang tempat memasukkan kartu tersebut. Pasalnya untuk modus ganjal ATM pasti terdapat benda yang sengaja terpasang di lubang kartu untuk menghambat kartu ATM keluar.

"Dan yang terpenting jangan meminta bantuan kepada orang yang bukan petugas resmi. Selain itu, jangan pernah memberitahukan nomor PIN kartu ATM kepada siapapun, kecuali kepada orang yang sudah dikenal dan dipercaya untuk menarik uang," ucapnya.

Jalan-Jalan Tengah Malam, Seekor Sapi Diamankan Polisi

Polisi mengevakuasi seekor sapi yang sempat berkeliaran di Jalan Samas, Bambanglipuro, Bantul. Ternyata sapi itu milik salah seorang warga yang ikatannya lepas.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry mengatakan bahwa kejadian berawal saat salah seorang pengguna jalan melihat seekor sapi berjalan di Jalan Samas pukul 01.30 WIB dini hari tadi. Saat itu, sapi berjalan dari arah utara ke selatan.

"Karena sapi itu tidak ada pemiliknya, saksi melaporkan ke Polsek Bambanglipuro," kata Jeffry, Selasa (27/2/2024).

Mendapat laporan tersebut, polisi langsung mendatangi lokasi sapi itu. Selanjutnya, polisi bersama warga mengikat sapi tersebut dan mencari siapa pemiliknya.

"Setelah sapi terevakuasi, polisi dan warga mencari apakah ada warga yang merasa kehilangan sapi di Kanutan," ujarnya.

Akan tetapi, upaya polisi dan warga tidak membuahkan hasil. Akhirnya, sapi tersebut polisi amankan ke Polsek Bambanglipuro.

"Karena tidak ada yang merasa kehilangan sapi maka sapi itu diamankan polisi dengan cara menuntunnya ke mako Polsek Bambanglipuro," ucapnya.

Baru sekitar pukul 05.00 WIB datang seorang warga Kanutan, Sumbermulyo, Bambanglipuro ke Polsek Bambanglipuro. Pria ini mengaku sapinya hilang.

"Pukul 05.15 WIB datang warga Kanutan yang merasa kehilangan sapi tersebut dan mengambilnya untuk dibawa pulang. Pemilik sapi itu atas nama Sukirno, warga Kanutan," jelasnya.

Terkait penyebab sapi bisa berjalan-jalan di Jalan Samas, Jeffry menyebut karena ikatan pada sapi lepas. Hal itu membuat sapi kabur dari kandang pemiliknya.

"Dari pengakuan pemilik, sapi itu talinya lepas sehingga sapi jalan-jalan di Jalan Samas itu tadi," pungkasnya.

27 February 2024

Gelar Isra Mikraj, Personel Bhayangkara Diingatkan Pentingnya Ketakwaan Dalam Bertugas

Jakarta. Peringatan Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H diselenggarakan Mabes Polri. Acara ini dihadiri Irwasum Polri Komjen. Pol. Ahmad Dofiri dan pejabat utama, anggota Polri, serta Buya Dr. H. Arrazy Hasyim Lc., S.Fil.I, M.A.Hum.

Irwasum Polri pun mewakili Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo membacakan sambutan. Isra Mikraj ini pun diselenggarakan dengan tema Hikmah Isra Mikraj Menanamkan Moral Dalam Mewujudkan Polri Presisi Siap Mengawal Pemilu Damai.

Dalam sambutan itu, Kapolri menyampaikan bahwa peringatan Isra Mikraj ini sebagai salah satu pembinaan bagi para anggota. Perjalanan kehidupan Nabi Muhammad SAW menuai berbagai pelajaran penting yang dapat dijadikan contoh.

“Perjalanan ilahiyah Nabi Besar Muhammad SAW, peristiwa yang hanya berlaku satu kali dalam sejarah umat manusia, lambang kebesaran dan kehormatan, serta merupakan mukjizat bagi Rasulullah SAW,” ungkap Irwasum mewakili Jenderal Sigit, Selasa (27/2/24).

Kisah Nabi Muhammad SAW yang diperingati, ujar Irwasum, harus disikapi untuk meningkatkan iman dan ketakwaan. Dengan keimanan, maka personel Korps Bhayangkara diharapkan dapat mengabdi kepada institusi dan negeri sebaik mungkin.

“Sekaligus menjadi benteng di era global, di mana nilai moral semakin pudar dalam kehidupan sosial politik, kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Diharapkan, ujar Irwasum, Isra Mikraj ini dapat lebih memantapkan iman, sehingga berimplikasi kepada kehidupan sehari-hari dalam bekerja. Selain itu diharapkan, jajaran personel sadar bahwa pengabdian yang dilakukan selama ini bukan semata-mata tugas duniawi, melainkan adanya aspek ukhrawi dan teologis yang didasari batin.

Terlebih, ujar Irwasum, dalam waktu dekat akan tiba bulan suci Ramadan. Diharapkan, peringatan Isra Mikraj ini juga menjadi penyambut baik bulan suci tersebut.

“Mari kita bersama-sama memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, agar kita senantiasa diberikan kesehatan, ketakwaan, dan ketabahan, serta kekompakan dalam menghadapi tugas, khususnya dalam pengamanan pesat demokrasi 2024, sehingga berjalan aman dan kondusif,” ungkap Irwasum.

Di sisi lain, Buya Arrazy menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Dari cerita nabi tersebut diharapkan ada hikmah yang bisa mempertebal iman jajaran Polri.

“Menjaga negeri ini bagian dari rasa syukur terhadap pemberian Allah. Bapak ibu ini punya tugas yang kami semua ngga bisa lakuin, berat tugasnya. Menjaga kedamaian di bumi Allah, Bumi Indonesia,” ungkap Buya.

Ia mengingatkan, menjaga kedamaian di negeri ini menjadi salah satu tugas mulia. Sebab, apabila negara tidak kondusif, maka umat beragama tidak dapat melakukan ibadah dengan tenang.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Bantu Tebang Pohon Yang Berpotensi Tumbang

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Aiptu Toto Choirudin ikut membantu penebangan pohon kayu putih di kawasan hutan BKSDA, Pajimatan, Girirejo, Imogiri, Bantul, Selasa (27/2/2024).

Penebangan pohon tersebut dipimpin oleh BKSDA  bersama Lurah Girirejo Yuli Purwanti SH, FBRB, serta tenaga penebang pohon.

Menurut Bhabinkamtibmas Aiptu Toto Choirudin bahwa penebangan pohon tersebut merupakan usulan dari warga masyarakat setempat. Karena berpotensi tumbang apabila terjadi hujan deras disertai angin kencang. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtengah Hadiri Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral

Kapolsek Imogiri yang diwakili Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtengah Aiptu Wisnu Susanto menghadiri kegiatan lokakarya mini lintas sektoral di Gedung Pardiman Center, Dusun Numpukkan, imogiri, Bantul, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan lokakarya mini tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kapanewon Imogiri yang bekerjasama dengan Puskesmas Imogiri 1.

Hadir di antaranya Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, perwakilan dari Dinas Kesehatan Bantul, Kepala KUA Imogiri, Puskesmas Imogiri 1 dan 2, Lurah, serta Kader Kesehatan.

Lokakarya mini ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama untuk memantau cakupan pelayanan Puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Sambangi Kegiatan Seleksi O2SN Tingkat Kapanewon Sewon

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Wawan Giyarto S.Psi melaksanakan menyambangi kegiatan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kapanewon Sewon yang digelar di GOR Kalurahan Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Senin (26/2/2024).

Kegiatan seleksi O2SN merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk berprestasi dan berkompetisi secara sehat.

“Seleksi O2SN memberikan pengalaman belajar yang baik, seperti belajar cara bekerjasama, mematuhi peraturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan, serta mengilhami nilai-nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat dan bertanggung jawab) merupakan manfaat dari O2SN itu sendiri,” kata Aiptu Wawan.

Ia juga mengatakan bahwa kehadirannya sebagai bentuk partisipasi langsung anggota Polri untuk mendukung serta pengamanan kegiatan tersebut. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Takziah di Dusun Prancak Pandes

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi  melaksanakan takziah di rumah duka salah satu warga di Dusun Prancak Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Selasa (27/2/2024).

Warga yang meninggal dunia yaitu almarhumah Ny. Siti Anari.

Kehadirannya di rumah duka sebagai bentuk kepedulian terhadap warga di wilayah binaan yang sedang mengalami kedukaan. Ia juga turut mendoakan semoga almarhumah husnul khotimah dan keluaraga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta keikhlasan. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Panit Binmas Polsek Piyungan Sambangi Warga dan Sampaikan Pesan Kamtibmas

Panit Binmas Polsek Piyungan Ipda Agus Hartana melaksanakan patroli dialogis dengan menyambangi warga yang memiliki usaha budidaya ikan lele di Dusun Pos Piyungan, Srimartani, Piyungan, Bantul, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan yang dilakukan Ipda Agus tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus untuk mengetahui situasi kamtibmas di wilayah binaannya.

Pada kesempatan tersebut Ipda Agus memberikan motivasi dan semangat kepada warganya agar terus mengembangkan usahanya tersebut.

Selain itu, disampaikan pula imbauan dan pesan-pesan kamtibmas agar senantiasa berhati-hati dan tetap waspada terhadap aksi kejahatan. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Kegiatan PSA, Anak-anak TK Masyithoh Karangmojo Kunjungi Polsek Bantul

Polsek Bantul menerima kunjungan anak-anak TK  Masyithoh Karangmojo, Trirengggo, Bantul, Selasa (27/2/2024) pagi. Kunjungan ini dalam rangka kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA).

Kedatangannya diterima langsung oleh Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos beserta jajarannya.

Di Polsek Bantul, anak-anak TK diajak untuk mengenal lingkungan Polsek Bantul secara lebih dekat. Mereka diperkenalkan dengan berbagai tugas kepolisian, mulai dari bidang Lalu Lintas, Reskrim, Intelkam, Binmas dan Samapta.

Pada kegiatan itu Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos menghidupkan suasana dengan mengajak anak-anak TK bernyanyi dan bermain serta tanya jawab.

Dengan ramah, ia pun menjelaskan tentang rambu-rambu lalu lintas serta cara yang aman untuk menyeberang jalan.

Selama kegiatan tersebut mata anak-anak tampak berbinar-binar saat mereka belajar hal-hal baru tentang peran Polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Wakapolsek Kasihan Hadiri Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional

Wakapolsek Kasihan AKP Sukris Sigit menghadiri kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 dan launcing operasional ITF Pasar Niten, serta penandatanganan MoU PT SBI di Pasar Niten, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Selasa (27/2/2024).

Hadir pula Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Kepada Pusat Pengendalian Pembangunan Lingkungan Hidup, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bantul, Direktur PT Solusi Bangun Indonesia, Forkopimkap Kasihan dan Forkopimkap Sewon.

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tahunnya. Sampah yang menumpuk merupakan salah satu penyebab terjadi banjir di berbagai wilayah, khusunya di kota-kota besar.

Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bijak mengolah sampah hingga lahirnya berbagai inovasi penanggulangan sampah oleh para ahli juga terus digencarkan. Namun nyatanya sampah masih menjadi permasalahan serius di negara kita.

Kesadaran dan tanggung jawab kita, masyarakat Indonesia sangat diperlukan. Kita perlu selalu mengingat dampak buruk sampah yang mengancam kehidupan kita, disertai dengan perilaku bijak yang dapat mengurangi peningkatan jumlah sampah. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamanan Laksanakan Pengamanan Pendistribusian Beras

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamanan Aiptu Setyo Prabowo melaksanakan pendistribusian bantuan beras untuk warga masyarakat di Kalurahan Tamanan, Banguntapan, Bantul, Senin (26/2/2024).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Setyo Prabowo juga turut membantu proses pendistribusiannya.

Adapun jumlah penerima bantuan beras untuk Kalurahan Tamanan sejumlah 999 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan masing-masing menerima 10 kilogram beras. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Cek Ketersedian Sembako di Sejumlah Toko

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aiptu Sutopo melaksanakan sambang ke sejumlah toko sembako di wilayahnya. Salah satunya menyambangi toko sembako yang berada di komplek Pasar Burung Singosaren, Singosaren, Banguntapan, Bantul, Senin (26/2/2024).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Sutopo mengecek ketersedian sembako serta harga beras per kilogram.

Selain itu, ia juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada pemilik toko sembako agar senantiasa berhati-hati serta meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Sembilan Warga Bantul Dapat Penghargaan dari Kapolres

Sembilan warga mendapat penghargaan dari Kapolres Bantul berkat jasanya mengamankan pelaku tindak kejahatan jalanan di Jalan Ringroad Timur, Banguntapan, Bantul beberapa waktu lalu.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Kepolisian kepada masyarakat karena sudah membantu dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Adapun penyerahan penghargaan berupa piagam tersebut diserahkan langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK, saat memimpin Apel Pemberian Penghargaan di halaman Mapolres Bantul, Selasa (27/2/2024) pagi.

“Baru saja kita saksikan bersama pemberian penghargaan kepada warga masyarakat, yang telah berjasa membantu tugas Polri mengamankan terduga pelaku kejahatan jalanan. Yaitu berhasil mencegah aksi yang terindikasi akan melakukan tawuran antar kelompok pemuda di Jalan Ringroad Timur atau tepatnya Simpang empat Karangturi, Banguntapan, Bantul,” kata Kapolres Bantul mengawali amanatnya.

Untuk itu, lanjut Kapolres, saya beserta seluruh Keluarga Besar Polres Bantul mengucapkan selamat, dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan kepedulian terhadap kamtibmas terutama terkait kejahatan jalanan.

Kapolres berharap apresiasi yang diberikan oleh institusi Kepolisian itu bisa semakin memotivasi dan menjadi contoh bagi warga masyarakat lainnya.

“Maka semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap kamtibmas, maka akan mempersempit ruang gerak bagi para pelaku kejahatan jalanan,” tuturnya.

Namun demikian Kapolres berpesan, apabila berada di jalan dan menjumpai kembali aksi kejahatan jalanan, agar memperhatikan faktor keselamatan, bertindak secara proporsional dan selalu koordinasi dengan petugas Kepolisian terdekat.

“Jangan melakukan tindakan yang bertentangan dengan aturan hukum yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu sebelum mengakhiri amanatnya, lebih jauh Kapolres mengingatkan kembali bahwa saat ini tahap Pemilu masih berlangsung yaitu tahap rekapitulasi suara. Rekapitulasi di PPK dan dilanjutkan di tingkat KPUD, rangkaiannya masih cukup panjang sampai dengan penetapan suara hasil Pemilu.

“Untuk itu tetap jaga kesehatan, sempatkan berolah raga, istirahat yang cukup dan minum vitamin yang telah dibagikan,” pesan Kapolres.

“Demikian amanat saya, sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada seluruh warga masyarakat yang telah menerima penghargaan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang  Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk serta kekuatan kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tutupnya. (Humas Polres Bantul)

Wakapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 4 Pati Polri

Jakarta - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Agus Andrianto memimpin upacara kenaikan pangkat atau Korps Raport empat perwira tinggi (Pati) di Rupatama Mabes Polri, Senin (26/2/2024).

"Bahwa siang tadi sekitar pukul 13.30 WIB, Bapak Wakapolri telah memimpin kenaikan pangkat empat Pati Polri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis.

Trunoyudo menuturkan kenaikan pangkat para pati yang mendapatkan promosi jabatan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor:STR/472/II/KEP/2024 tanggal 22 Februari 2024.

Keempat Pati Polri naik setingkat lebih tinggi dari Kombes menjadi Brigjen. Mereka sambung Truno, adalah Brigjen Pol Adang Suherman dengan jabatan Agen Intelijen Baintelkam Polri, kemudian Brigjen Pol Hisar Siallagan yang saat ini Pati Lemdiklat Polri dengan penugasan di Badan Narkotika Nasional (BNN), lalu Brigjen Pol Rudi Hananto Nugroho menjabat sebagai Analis dan Advokasi di Divisi Hukum Polri, dan terakhir Brigjen Pol Edfrie R Maith saat ini menjabat Pati Lemdiklat Polri yang ditugaskan di Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

"Selamat kepada para Pati Polri yang mendapat kenaikan pangkat semoga amanah mengemban tugasnya," kata Trunoyudo.

Kapolsek Sedayu Laksanakan Sosialisasi Bahaya Bullying

Kapolsek Sedayu Kompol Khabibulloh melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bahaya Bullying dan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan di Pendopo Karso Soewitan Dusun Plawonan Argomulyo Sedayu, Bantul, Senin (26/2/2024) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pendidikan non Formal Kabupaten Bantul, Ketua Komite PKBM Delima Argomulyo, Kepala Pinilik Pendidikan non Formal, Dukuh Surunayan dan Kepala Sekolah Pendidikan non formal PKBM Delima.

Dalam sambutannya Kapolsek Sedayu menyampaikan sosialisasi bahaya bullying dan kekerasan di lingkungan Pendidikan.

"Bullying atau perundungan merupakan salah satu tindakan tidak terpuji yang merugikan korbannya bahkan hingga mempengaruhi kesehatan psikis korban" Ujar Kapolsek.

Kasus bullying juga kerap ditemukan di mana saja, mulai dari sekolah hingga tempat kerja.

"Jika dibiarkan, dampak bullying bisa merugikan korban secara berkepanjangan, misalnya stres, depresi, bahkan trauma," Imbuhnya.

Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan tidak ada lagi kasus bullying yang menimpa kalangan pelajar di lingkungan pendidikan. (Humas Polsek Sedayu)

Kanit Lantas Polsek Sedayu Ikut Donor Darah HUT Ke-78 Persit Kartika Chandra Kirana

Kanit Lantas Polsek Sedayu AKP Sarijan mengikuti kegiatan donor darah yang digelar di Kodim Bantul, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan donor darah tersebut dalam rangka HUT ke-78 Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2024 Cabang XXX DIM 0729 Koorcab Rem 072 PD IV/Diponegoro.

Donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan.

"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat terutama bagi yang membutuhkan," ucap AKP Sarijan. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Kapolsek Bantul Hadiri Pengajian Rutin Al Anwar ‘Malam Selasa Wage’

Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos menghadiri pengajian rutin Al Anwar ‘Malam Selasa Wage’ di Madrasah Diniyah Al Anwar, Dusun Guyengan, Ngringinan, Palbapang, Bantul, Senin (26/2/2024) malam.

Hadir di antaranya KH. Aris Munawar S.Pd M.Pdi (Pengasuh Ponpes Al Anwar Bolon Palbapang Bantul), Mayor Arm. Mespan (Danramil 01/Bantul), Kang Deni Aden (Nasyid Bacpacker) dan para jamaah pengajian.

Dalam pengajian tersebut juga diisi dengan dzikir, tahlil, sholawat dan tausiyiah oleh KH. Aris Munawar S.Pd M.Pdi. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Gelar Problem Solving Permasalahan Warganya

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi melakukan mediasi penyelesaian permasalahan warga di Aula Polsek Sedayu, Sedayu, Bantul, Selasa (27/2/2024) dini hari.

Permasalahan tersebut terkait permasalahan keluarga yang menimpa warga di salah satu dusun di wilayah tugasnya.

Mendapatkan laporan warga bahwa ada warga binaannya yang bermasalah, Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi segera mengumpulkan warganya tersebut di Aula Polsek Sedayu untuk dilakukan mediasi.

"Kegiatan ini adalah upaya untuk mendamaikan kembali warga kami yang bermasalah dengan warga lainnya," ucap Aiptu Baryadi.

Menurutnya, Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Kepolisian di kewilayahan harus selalu hadir ditengah masyarakat, serta membantu menyelesaikan permasalahan (problem solving) yang dialami warganya. (Humas Polsek Sedayu)