31 March 2024

Polsek Jetis Amankan Tiga Remaja yang Diduga Hendak Perang Sarung

Personel Polsek Jetis mengamankan tiga remaja yang diduga akan melakukan perang sarung.

Ketiga remaja tersebut diamankan polisi saat personel Polsek Jetis melakukan patroli.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, membeberkan pengamanan itu dilakukan di depan pintu gerbang sisi selatan Stadion Sultan Agung Bantul Ponggok II, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul pada Minggu (31/3/2024) dini hari pukul 00.25 WIB.

"Awalnya, sebelum pengamanan, personel Polsek Jetis melaksanakan Patroli dengan mengambil rute melewati selatan Stadion Sultan Agung Bantul," jelasnya kepada wartawan.

Saat itu, tepat di pintu gerbang sisi selatan Stadion Sultan Agung Bantul, personel Polsek Jetis melihat tiga orang remaja.

Dan saat dilakukan pengecekan maupun penggeledahan, ditemukan dua buah sarung yang ujungnya diikat.

Dua sarung itu ditemukan dalam posisi yang berbeda.

Di mana, satu sarung ditemukan bawah jok sepeda motor yang dikendarai oleh salah satu remaja tersebut.

Sedangkan, satu sarung lagi, ditemukan di bawah pintu gerbang Stadion Sultan Agung.

"Adapun tiga remaja tersebut berinisial DDNI (17), warga Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul; MR (16) dan RMS (15), warga Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul," kata Jeffry.

Tiga remaja itu masih mengenyam pendidikan di tingkat yang berbeda, berupa SMK/SMA dan MTs di Kabupaten Bantul.

Selanjutnya, tiga orang remaja tersebut dibawa ke Polsek Jetis untuk penangganan lebih lanjut.

Yakni berupa pemberian pembinaan dan wajib apel di Polsek Jetis seminggu dua kali, pada Senin dan Kamis.

Tidak hanya itu, personel Polsek Jetis juga menghubungi orangtua anak-anak tersebut untuk kemudian dilakukan penjemputan.

"Dan anak-anak itu harus membuat surat pernyataan yang disaksikan oleh orangtua anak/keluarga, agar tidak kembali melakukan hal yang serupa," tutupnya.


2 Kelompok Pemuda Nyaris Bentrok di Sedayu Bantul, 10 Remaja Diamankan

Dua kelompok pemuda nyaris bentrok di kawasan Argorejo, Sedayu, Bantul, Sabtu (30/3). Sedikitnya 10 orang diamankan Polres Bantul untuk dimintai keterangan.

Kejadian dipicu saling salip saat berpapasan di ruas jalan Argorejo hingga akhirnya berujung saling tantang dan nyaris bentrok. Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry menuturkan, saat diamankan sejumlah pemuda dalam kondisi terpengaruh minuman beralkohol. Inilah yang diduga menyebabkan terjadinya ketersinggungan saat berpapasan di jalan raya.

"Dari keterangan kelompok satu menerangkan bahwa sepulang dari nongkrong di wilayah Tugu bermaksud untuk pulang ke rumah, akan tetapi pada saat melintas di jalan Sedayu dari kelompok lain mendahului dengan kencang serta memepet rombongan kelompok satu," jelasnya, Minggu pagi (31/3/2024).

Kelompok pertama, lanjut Jeffry, tidak terima karena disalip saat berkendara. Hingga akhirnya terjadi aksi saling kejar hingga kawasan perkampungan Argorejo, Sedayu, Bantul.

"Mengejar sampai masuk perkampungan di wilayah Argorejo. Pada saat di Argorejo terjadilah cekcok dan selisih paham di antara kedua kelompok itu," katanya.

Kericuhan ini sempat mencuri perhatian warga setempat. Terlebih berlangsung di ruas jalan perkampungan. Hingga akhirnya berujung pada pelaporan gangguan ketertiban umum ke Polsek Sedayu.

Usai diamankan, Polisi lalu membawa kedua kelompok ke Mapolsek Sedayu. Setidaknya ada 10 pemuda yang diamankan dari kejadian tersebut. Di antaranya inisial EDP (20), GW (23), CMHB (17), BSA (22), MHPW (18), MSS (19), MSAS, BNA (17), MFI (19) dan HG (16).

"Langsung dimediasi dan kedua belah pihak sepakat saling memaafkan dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi, dengan membuat surat pernyataan," ujarnya.

Tanpa mau menyebut nama, Jeffry menuturkan ada 4 pemuda yang kedapatan mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu beberapa pemuda tersebut juga tercatat sebagai residivis kasus penganiayaan.

"Tetap menjadi atensi kami, namun mereka sudah membuat surat pernyataan bahwa sudah berdamai dan tidak mempermasalahkan lagi kejadian tersebut," katanya.

Libur Lebaran, Polres Bantul Rekayasa Jalan ke Beberapa Tempat Wisata

Rekayasa lalu lintas diterapkan di sejumlah titik yang menuju ke destinasi wisata di Kabupaten Bantul, DIY selama libur Lebaran Idul Fitri 2024. Utamanya di titik yang rawan terjadinya kemacetan lalu lintas.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, Jalan Parangtritis merupakan jalur utama menuju wisata pantai, berpotensi terjadinya kepadatan arus lalu lintas yang menyebabkan kemacetan.

Persimpangan di Jalan Parangtritis, akan dipadati kendaraan wisatawan dari berbagai arah, sehingga berpotesi menimbulkan penumpukan kendaraan terutama di persimpangan.

"Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur utama menuju Pantai Parangtritis, kami siapkan rekayasa lalu lintas," katanya, , Ahad (31/3/2024).                    

Pihaknya akan melakukan pengalihan arus di Sempalan Pundong, apabila kendaraan sudah antre di Jembatan Kretek.

“Nantinya akan dipasang petunjuk arah pada penggal-penggal yang dilakukan rekayasa lalu lintas,” jelasnya.

Kendaraan yang dialihkan, kata Jeffry, adalah sepeda motor dan mobil penumpang. Sementara bus dan kendaraan besar atau angkutan barang tetap melalui Jalan Parangtritis.

“Kami juga menempatkan tim urai di Simpang Tiga Jembatan Kretek I, yang merupakan jalur rawan kepadatan arus,” terangnya.

Selain rekayasa di jalur menju pantai, polisi akan berkoordinasi dengan Pokdarwis dan relawan sebagai tim ganjal ban, serta menutup jalur Cinomati bagi wisatawan. Jalur yang bisa dilewati bus adalah jalur Imogiri Terong dan Patuk Dlingo.

Tidak hanya itu, jalur Imogiri-Dlingo juga hanya boleh dilalui kendaraan roda empat dan roda dua. Sedangkan, khusus untuk bus pariwisata berukuran besar juga diberlakukan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut.

“Jalur Imogiri-Dlingo hanya boleh dilalui kendaraan roda empat dan roda dua dikarenakan tikungan Kaliurang tidak cukup untuk manuver kendaraan besar seperti bus,” kata Jeffry.
 
Pihaknya juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Wonosari saat libur Lebaran. “Bila antrian kendaraan di simpang Ketandan panjang, maka akan dimanualkan,” ucap Jeffry.

Untuk di kawasan Bukit Bintang, juga akan dilakukan patroli oleh petugas selama libur Lebaran. Pihaknya pun mengimbau pengendara untuk tidak parkir ataupun berhenti di bahu jalan di sekitar kawasan Bukit Bintang.

Selain itu, juga akan ditempatkan personel urai di Simpang Empat Wiyoro. Termasuk akan dipasang tolo-tolo di Simpang Empat Sampakan Kids Fun, dan Simpang Empat Wiyoro agar tidak terjadi crossing di simpang tersebut.

“Wisatawan agar tetap berhati-hati saat berkendara, patuhi aturan lalu lintas dan imbauan petugas,” tegasnya.

Catat! Ini Jalur Rawan Kecelakaan di Bantul

Polres Bantul memetakan jalur rawan kecelakaan lalu lintas dan rawan bencana di Bantul agar masyarakat dan pemudik lebih berhati-hati saat berkendara di jalan raya. Berikut ini datanya.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan ada beberapa titik yang menjadi langganan kecelakaan di Jalan Srandakan, Jalan Bantul, Jalan Jogja-Wonosari, Jalan Jogja-Wates dan Jalan Parangtritis.

"Tapi yang paling rawan itu di Jalan Srandakan dan Jalan Parangtritis (Simpang Druwo-Simpang Bakulan). Juga di Jalan Imogiri Timur dan Jalan Imogiri-Dlingo," kata Jeffry, Sabtu (30/3/2024).

Menurut dia ada banyak faktor penyebab titik-titik tersebut rawan kecelakaan. Di Jalan Srandakan, Jeffry bilang, kecelakaan biasa terjadi karena jalannya ramai dan menjadi salah satu jalur utama dari Bantul menuju Kulon Progo.

"Kebanyakan karena arus lalin (lalu lintas) di jalan-jalan itu sangat ramai, khususnya saat jam berangkat-pulang kerja," ujarnya.

Selanjutnya, Jeffry mengungkapkan beberapa titik yang berpotensi tergenang air akibat bencana banjir. Secara rinci, titik-titik tersebut seperti di Jalan Parangtritis Km 21 atau tepatnya di Klegen, Panjangrejo, Pundong, dan di Jalan Samas, Karen, Tirtomulyo, Kretek, Bantul.

"Di lokasi-lokasi itu ada dam yang digunakan untuk irigasi pertanian. Saat terjadi hujan intensitas tinggi dan pintu dam tidak dibuka, air bisa meluap ke jalan raya," ucapnya.

Jeffry mengimbau pemudik yang masuk wilayah Bantul untuk berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Kapolsek Pajangan Hadiri Sendangsari Berbagi

Kapolsek Pajangan AKP Anar Fuandi.SH.M.IP menghadiri kegiatan Sendangsari berbagi di Pendopo Kalurahan Sendangsari Pajangan, Sabtu (30/3/2024).

Kegiata yang mengambil tema "Sendangsari Berbagi Berkah untuk Semua" ini, juga dihadiri Danramil Pajangan diwakili Babinsa Sendangsari Sertu Indarso, Lurah Sendangsari Bpk Durori, S.Pd.I, M.Pd, Kepala KUA Pajangan Sugianto.S.Ag, Bhabinkamtibmas Kalurahan Sendangsari Aipda Moh Jumadi serta undangan lainnya.

Acara ini dilaksanakan oleh Karang Taruna Sejati, LPMK,dan PKK Kalurahan  Sendangsari untuk memberikan santunan kepada anak yatim/piatu dan Dhuafa se Kalurahan Sendangsari.

Dalam kegiatan ini, dilakukan santunan kepada 75 anak yatim serta kaum Dhuafa se Kalurahan Sendangsari.

Kapolsek Banguntapan Pimpin Langsung Rangkaian Ibadah Paskah 2024

Rangkaian perayaan ibadah Paskah 2024 ditutup pada hari Minggu tanggal 31 Maret 2024. Pengamanan dipimpin langsung oleh wakapolsek Banguntapan AKP Sarim bersama Kanit lalu lintas Polsek Banguntapan AKP Agung Setiawan SH MH.

Adapun gereja yang melaksanakan perayaan Minggu Paskah 2024 yakni, Gereja Santo Paulus pringgolayan, gkj Wonocatur dan gkj Karang Bendo, jelas AKP Sarim.

Bahwa mulai ibadah Kamis putih Jumat Agung dan Minggu Paskah 2024 gereja di wilayah kapanewon Banguntapan, yang melaksanakan ibadah semua dilaksanakan pengamanan oleh anggota Polsek Banguntapan bersama Koramil Banguntapan serta dibantu Banser relawan FPRB, FKUB Banguntapan serta Paksi Katon, imbuh AKP Sarim.

Ada 9 (sembilan) Gereja yang melaksanakan perayaan paskah, Wujud sinergitas Forkompinkap Banguntapan, Panewu banguntapan serta Danramil Banguntapan juga turun langsung bergabung bersama anggota yang melaksanakan pengamanan mulai dari Kamis putih Jumat Agung hingga Minggu Paskah 2024. Kegiatan Paskah wilayah Kapanewon Banguntapan berlangsung aman kondusif, tutup AKP Chandra Satria AP SIK.

Kanit Binmas Polse Banguntapan Hadiri Pembagian Paket Lebaran Untuk Kaum Dhuafa

Bertempat di Kantor Yayasan pemberdayaan umat Indonesia Jalan Pring Mayang RT 12 pringgolayan Banguntapan Bantul telah dilaksanakan pembagian paket lebaran untuk kaum dhuafa dari Yayasan tersebut di atas dilanjutkan buka puasa bersama, Sabtu (30/03/2024).

Hadir pada kegiatan tersebut Pnewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa SPsi.,MPsi bersama Danramil Kapten Inf. MB Barhaen Sancoko, Kapolsek Banguntapan diwakili Kanit Binmas Iptu Winardi, Bhabinkamtibmas Banguntapan Aipda Ari Priyono dan Babinsa Sertu Ahmad Suroto serta warga penerima paket lebaran.

Kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan Yayasan pemberdayaan umat Indonesia menjelang lebaran berbagi paket pada kaum duafa dan warga tidak mampu wilayah Banguntapan.

Giat sebagai wujud kepedulian pada mereka yang tidak mampu untuk ikut merasakan kebahagiaan Idul Fitri.

Polsek Imogiri Amankan Rangkaian Hari Raya Paskah

Polsek Imogiri Polres Bantul kembali melaksanakan pengamanan rangkaian  hari raya paskah di wilayah hukum kapanewon Imogiri, Minggu (31/3/2024) pagi.

Untuk kali ini personel di tempatkan di beberapa gereja di antaranya Materdei Imogiri, Gereja Jawa Miri Srihatjo Imogiri

Untuk gereja Materdei umat kristiani melaksanakan Kegiatan Ibadat Perayaan Ekaristi Misa Paskah Pagi dipimpin  oleh Romo Augustinus Toto S. Pr dari Paroki ST Yakobus Klodran dihadiri  250 Jamaat wilayah imogiri.

Untuk gereja Kristen Jawa (GKJ) Patalan pepathan Imogiri dipimpin oleh Sdri. Gracianatita Antera Puspa S. Fil dengan mengambil tema "Bangkit untuk menata kehidupan dan diikuti sekitar 50 jemaat.

Dalam pelaksanaan pengamanan personel polsek Imogiri bersama telawan paksikaton membantu pengaturan lalu lintas di gerbang pintu masuk gereja, dengan harapan pelaksanaan ibadah berjalan lancar. (Humas Polsek Imogiri)

Jaga Kondusifitas Ramadhan Polsek Srandakan Amankan JJLS saat Liburan

Personel Polsek Srandakan yang dipimpin Kapolsek Srandakan Kompol Slamet Subiyantoro SH melaksanakan kegiatan pengamanan gabungan di Jalur JJLS dalam rangka liburan sekolah dan hari libur dalam bulan puasa  Ramadhan 1445 H  / 2024, Minggu ( 31/3/2024).                            

“Guna Mengantisipasi anak anak Main Petasan, sajam, miras, dan balap liar di Jalur JJLS, selain kita sweeping juga melaksanakan pendekatan ke kawula muda agar tidak nongkrong nongkrong apa lagi membunyikan petasan yang bisa jadi penyebab tawuran sesama anak anak muda,” kata Slamet.

Untuk pengamanan   bertempat , Simpang empat Kuwaru,TPR pandan Simo ,TPR Cangkring serta patroli sepanjang JJLS  Poncosari Srandakan, Bantul. ( Humas Polsek Srandakan )

Bhabinkamtibmas Pendowoharjo, Sambangi Warga Yang Sedang Ronda Malam

Untuk mendapatkan Informasi dari masyarakat tentang situasi keamanan dan ketertiban yang terjadi, Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Polres Bantul Kalurahan Pendowoharjo, Aiptu Wawan Giyarto,S.Psi., rutin menyambangi warganya yang sedang melaksanakan ronda.

Malam ini, Bhabinkamtibmas Pendowoharjo sambang kepada warganya yang sedang melakukan giat Siskamling / ronda malam di pos ronda dusun Piringan, Rt 02, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Sabtu (30/03/2024)  .

“Banyak cara yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian dalam hal pencegahan tindak kriminal terutama yang terjadi di malam hari kegiatan rutin yang dilakukan adalah mengadakan patroli di jam-jam yang dianggap rawan terjadi tindak kriminal” ungkap Aiptu Wawan.

Ronda malam ini juga dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa pencegahan tindak kriminal adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab satu pihak saja di butuhkan sinergitas antara warga dengan aparat kepolisian agara situasi kamtibmas dapat terpelihara dengan baik imbuh Aiptu Wawan

“Saya berharap melalui kegiatan ronda malam maka kegiatan patroli lingkungan akan sering dilakukan dengan demikian kesempatan bagi orang yang akan berbuat kejahatan pasti tidak dilakukannya,” ucap Wawan.

Ia juga menambahkan “Masyarakat harus berperan aktif dalam rangka mengamankan lingkungan sekitarnya dengan melakukan ronda malam, dengan demikian keamanan dan ketertiban akan semakin terkendali,” tutupnya. ( Humas Polsek Sewon )

Bhabinkamtibmas Panggungharjo Pagi Ini Sambangi SPBU Pertamina 44.551.18 Sewon

Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo, Bripka Mulyadi, pagi ini, melaksanakan kegiatan sambang di SPBU Pertamina 44.551.18 Sewon, yang berlokasi di Jl. Parangtritis Km. 5.2, Pandes, Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Minggu (31/03/2024).

Pada kesempatan yang baik ini Bhabinkamtibmas Panggungharjo Bripka Mulyadi menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada petugas SPBU maupun warga yang sedang mengantri tentang pentingnya peran serta masyarakat, menciptakan situasi yang aman dan tertib di lingkungannya sehingga aktivitas berjalan baik tanpa ada perasaan was-was.

Disamping itu dihimbau juga kepada pengelola untuk tidak melayani masyarakat yang menggunakan jerigen dalam jumlah besar guna mencegah terjadinya penimbunan BBM, serta memastikan ketersediaan BBM menjelang hari raya Idul Fitri.

Sementara itu  Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto,S.H.,M.Si.,mengatakan Bhabinkamtibmas selalu selalu hadir ditengah masyarakat di wilayah binaannya guna menjalin komunikasi dan membangun kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif, dengan demikian diharapkan kehadiran polri dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. ( Humas Polsek Sewon ).

Kapolsek Sewon, Pimpinan Langsung Pengamanan Rangkaian Paskah

Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto S.H.,M.Si., memimpin langsung rangkaian kegiatan pengamanan paskah di gereja Santo Martinus yang berlokasi di jalan Imogiri Barat, Semail Bangunharjo, Sewon, Bantul.

Di sela-sela memimpin pengamanan, Kapolsek Sewon mengatakan, pengamanan peribadatan  Paskah yang di laksanakan oleh Polsek Sewon sudah dilaksanakan sejak kemarin pada peribadatan Kamis Putih, Jumat agung, maupun pada hari ini Sabtu (30/03/2024), dan besok pada hari minggunya.

Sama halnya pada Jumat Agung kemarin juga dilakukan pengamanan di seluruh gereja yang berada di wilayah Kapanewon Sewon.

"Dalam pengamanan ini, Polsek Sewon menerjunkan paling sedikit 8 personil dari seluruh fungsi, dan di lapangan akan dibantu oleh, Koramil 04/Sewon, Linmas Kalurahan dan pihak gereja," jelasnya.

Kapolsek juga menambahkan, di wilayah Kapanewon Sewon terdapat tiga gereja dan seluruhnya melaksanakan rangkaian peribadatan perayaan Paskah.

"Semoga situasi di wilayah hukum Polsek Sewon tetap aman kondusif, dan saya mewakili rekan-rekan dari Polsek mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya, sehingga prosesi peribadatan Paskah dapat berjalan dengan lancar dan aman," pungkasnya. (Humas Polsek Sewon)

Kapolsek imogiri Dampingi Bupati Bantul Kunjungi di Gereja Materdei Imogiri

Kapolsek Imogiri Polres Bantul Kompol Suharno. MKom. CEH. CHFI bersama Forkompimkap dampingi Bupati Bantul melaksanakan kunjungan di Gereja Materdei Imogiri, Sabtu (30/3/2024) malam.

Kegiatan kunjungan Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih bersama rombongan melaksabakan kunjungan ke Gereja dalam rangka pemantauan kesiapan PAM Gereja oleh Forkompinda Kabupaten Bantul.

Hadir dalam kegiatan Staf Ahli Bupati Bantul Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan ( Yulius Suharta, S.Sos, M.Si ), Sekda Kabupaten Bantul ( Agus Budi Raharjo.MT ), Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bantul ( Hermawan Setiadji, S.I.P, M.H ), Kasat Pol PP Kabupaten  Bantul ( R. Djati Bayu Broto, S.H, M. Hum ) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul ( Singgih Riyadi, SE., M.M ), Kepala Bakesabangpol Kabupaten Bantul ( St Heru Wismantara S.I.P., M.M ), Kepala Kemenag Kab Bantul ( KH. Ahmad Shidqi S.PS.I,.M.Eng ), Panewu Imogiri ( Slamet Santosa. SIP ), Danramil Imogiri ( Kapten CZI Suyadi).

Kegiatan Perayaan Misa Malam Paskah di Gereja Materdai Imogiri, Kapanewon Imogiri malam ini dipimpin oleh Romo Feri Melo dari CMF Paroki ST Yakobus Klodran  dengan tema  Tirakatan Kebangkitan Tuhan dann dihadiri ± 400 Jamaat wilayah imogiri. (Humas polsek Imogiri)

Kapolsek Sedayu Pimpin Apel KRYD

Personel Polsek Sedayu bersama Polsek Pajangan melaksanakan patroli KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan). Kegiatan ini  dipimpin langsung oleh Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto, Minggu (31/3/2024) malam dini hari.

Menurut Kapolsek bahwa kegiatan tersebut untuk mencegah tindak kejahatan seperti Curat, Curas dan Curanmor serta kejahatan lainnya. Sehingga diharapkan dapat tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif terutama di bulan Ramadhan saat ini.

“Patroli ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mencegah tindak pidana, khususnya di bulan Ramadhan saat ini" kata Kapolsek Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolsek Sedayu Hadiri Pengajian dan Santunan Anak Yatim

Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH bersama Bhabinkamtibmas Argodadi Aiptu Baryadi menghadiri pengajian dan santunan anak yatim di Asrama Putri Qolbun Salim Dusun Sumberan Argodadi, Sedayu, Bantul, Sabtu (30/3/2024).

Kegiatan tersebut telah rutin di lakukan setiap bulan Ramadhan.

Dalam kesempatan itu Kapolsek Sedayu berkesempatan memperkenalkan diri sebagai Kapolsek baru di Sedayu.

Kapolsek juga menyampaikan imbauan kamtibmas serta mengajak para santri untuk selalu menjaga ketertiban serta tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum. (Hukum Polsek Sedayu) 

Kapolsek Sedayu Pimpin Apel Siaga Bersama Linmas dan Jaga warga

Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH memimpin apel siaga bersama Linmas dan Jaga Warga di halaman Kalurahan Argomulyo, Sedayu, Bantul, Sabtu (30/3/2024) malam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Argomulyo, Babinsa, Bhabinkamtibmas Argomulyo dan Jogo boyo Argomulyo.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Sedayu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Lurah Argomulyo dan seluruh unsur keamanan di Kalurahan Argomulyo yang telah bersama sama bersinergi dengan Polsek Sedayu dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

"Semoga hubungan baik ini akan terus terjalin, sehingga wilayah Argomulyo Sedayu selalu dalam keadaan aman" Ucap Kapolsek.

Setelah apel dilanjutkan patroli dan penempatan personel Linmas, Jaga Warga dan Jogo boyo di tempat-tempat yang rawan tindak kriminal. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Sambang Tokoh Masyarakat

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Aiptu Murgyadi melaksanakan patroli sambang warga dan tokoh masyarakat di Kalurahan binaanya. Sabtu (30/3/2024) malam.

Untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas di wilayah binaannya Aiptu Murgyadi melaksanakan sambang dialogis sekaligus berikan pesan-pesan kamtibmas, antisipasi kejahatan C3 dan tindak pidana yang kerap terjadi.

Dalam kegiatan tersebut Aiptu Murgyadi mengadakan tatap muka serta dialogis dengan para pemuda dan tokoh masyarakat sambil memberikan imbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas serta mengajak warga untuk menjaga kamtibmas bersama di lingkungan tempat tinggal masing-masing. (Humas Polsek Sedayu) 

Polsek Sedayu Pantau SPBU Cegah Kecurangan

Polsek Sedayu di pimpin Kapolsek AKP Jarwanto SH MH melaksanakan patroli dialogis dan pantauan SPBU yang ada di wilayah Sedayu, Bantul, Sabtu (30/3/2024)

Dalam menghadapi arus mudik lebaran yang sebentar lagi, jajaran Polsek Sedayu meningkatkan patroli ke SPBU yang ada di wilayah Sedayu.

Selain patroli dalam memelihara kamtibmas, Polsek Sedayu melakukan pengecekan di sejumlah SPBU untuk memastikan tidak ada praktik kecurangan, penimbunan maupun pengoplosan BBM yang dapat merugikan masyarakat.

"Menjelang Idul Fitri 1445 H kami akan terus memantau SPBU untuk memastikan tidak ada kecurangan seperti penimbunan maupun pengoplosan BBM, sehingga masyarakat yang akan mudik tahun ini bisa berjalan lancar" Ucap Kapolsek. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Kelurahan Argosari Sambang Warga Door To Door Warga Binaan

Bhabinkamtibmas Kelurahan Argosari Sedayu Aiptu Agus Muslim melaksanakan kegiatan sambang warga di wilayah Argosari Sedayu, Sabtu (30/3/2024)

Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian di lapangan dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat, dari itulah Aiptu Agus Muslim selaku Bhabinkamtibmas Argosari selalu melakukan blusukan kamtibmas secara door to door mengunjungi warga yang menjadi tanggungjawab binaannya.

Dalam rangka menjaga situasi kamtibmas wilayah binaannya, Bhabinkamtibmas Argosari selalu aktif menyambangi warga binaannya.

Melalui giat sambang ini secara tidak langsung menjalin hubungan yang bersinergi antara masyarakat dengan petugas kepolisian.

Kapolsek Sedayu  AKP Jarwanto selalu menghimbau kepada anggotanya terutama Bhabinkamtibmas agar bisa menjadi sosok panutan yang baik dan memberikan rasa nyaman di tengah masyarakat. (Humas Polsek Sedayu)

Konvoi di Jalan Lingkar Selatan, 12 Remaja Diamankan Polsek Kasihan

Petugas Polsek Kasihan Bantul meringkus 12 remaja usia 13 hingga 16 tahun yang hampir semua pelajar SMP di Yogya dan Bantul. Mereka diringkus di Jalan Lingkar Selatan wilayah Kasihan, Sabtu (30/3/2023) sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, malam itu mereka konvoi di Jalan Lingkar Selatan di wilayah Kasihan mengendarai 7 sepeda motor ada yang boncengan bertiga, ada yang sepeda motornya tanpa plat Polisi, ada pula yang berhenti dan nongkrong-nongkrong.

Sehingga aksi mereka menimbulkan kecurigaan Polisi yang sedang patroli. Kemudian Polisi menguntit mereka.

Ketika sedang konvoi kebetulan ada yang mengalami kecelakaan, sepeda motornya bersenggolan dengan temannya sendiri. Kemudian Polisi menghentikan mereka dan dilakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan petugas menemukan senjata sabuk gasper dan kembang api lontar.

Selanjutnya mereka digiring ke Polsek Kasihan untuk dilakukan pembinaan dan memanggil orang tua untuk hadir dan menjemput anaknya dari Polsek. Mereka diwajibkan apel seminggu dua kali, sepeda motor di tahan untuk jangka waktu minimal 2 minggu.

Sementara Minggu (31/3/2024) dini hari pukul 00.50 petugas Polsek Jetis mengamankan 3 orang anak yang di duga akan melakukan perang sarung.

Mereka diamankan petugas patroli Polsek Jetis yang dipimpin Kapolseknya ji AKP Yan Indah S.Sos di sisi selatan gerbang Stadion Sultan Agung.

Sebelumnya, Sabtu (30/3/2024) petugas Polsek Sedayu Bantul juga mengamankan 10 pelajar rata- rata usia 17 tahun. Mereka dari 2 kelompok yang diduga akan melakukan tawuran di Argorejo Sedayu.

Dari mereka ada 4 anak yang kondisinya sedang mabuk dan ada yang residivis karena kasus penganiayaan. Kasus tersebut sudah ditangani petugas Polsek Sedayu.

Pada hari yang sama Polsek Sewon juga mengamankan 4 pelajar yang pulang dari acara Bukber di Pyramid Jln Yogya- Yogya, tetapi kedapatan membawa kembang api jenis roman candel.

30 March 2024

Polres Bantul Sidak SPBU, Pastikan Tidak Ada Kecurangan BBM

Jajaran Polres Bantul menggelar patroli ke sejumlah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di wilayah Kabupaten Bantul, Jumat (29/3/2024).

Kegiatan ini merupakan upaya pencegahan terhadap potensi kelangkaan serta tindak kecurangan dalam penjualan bahan bakar minyak (BBM) menjelang Lebaran 2024.

Kapolres Bantul melalui Kasi Humas AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn menjelaskan, kegiatan ini guna memastikan ketersediaan stok BBM yang memadai serta menjaga integritas dalam transaksi penjualan.

Tidak hanya melakukan pengecekan teknis, namun petugas Polres Bantul juga memberikan imbauan kepada para petugas SPBU.

“Petugas SPBU agar melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjauhi segala bentuk praktik kecurangan,” tegasnya.

Disampaikan, hingga saat ini tidak ditemukan adanya indikasi kecurangan dalam penjualan BBM di wilayah Bantul.

“Bagi masyarakat yang mengetahui atau merasa dirugikan oleh praktik-praktik yang tidak benar di SPBU, silakan untuk melaporkannya kepada kepolisian agar dapat ditindaklanjuti dengan tegas,” tandasnya.

Kapolsek Sewon Laksanakan Tarling Bersama Forkopimda

Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto SH M.Si beserta anggotanya mengikuti tarawih keliling (Tarling) yang dilaksanakan oleh Forkopimda Kabupaten Bantul, di Masjid Al Hikmah, komplek Perum Alam Citra, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Jumat (29/3/2024).

Kegiatan tarawih keliling dipimpin oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, serta dihadiri Sekda Kabupaten Bantul, Komandan Kodim Bantul, Forkopimkap Sewon, Lurah dan Pamong, Bhabinkamtibmas Polsek Sewon, Babinsa Koramil 04/Sewon, serta jamaah Masjid Al-Hikmah Perumahan Alam Citra.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan warga masyarakat serta menguatkan toleransi antar umat beragama.

Dalam kegiatan tarawih keliling tersebut Bupati Bantul memberikan bingkisan kepada anak yatim piatu serta dana renovasi masjid. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Sambangi SPBU di Wilayahnya

Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aipda Yoyok Hendratmoko SH melaksanakan sambang di SPBU Pertamina 44.558.03 Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Jumat (29/3/2023).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Yoyok sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan imbauan untuk bersama-sama menjaga kamtibmas khususnya di lingkungan masing-masing. Diharapkan jika melihat atau mendengar ada gangguan kamtibmas agar segera melaporkan ke pihak yang berwajib untuk ditindaklanjuti.

Adapun kegiatan sambang tersebut merupakan salah satu metode yang biasa dilakukan Bhabinkamtibmas untuk menciptakan kamtibmas kondusif dengan mengedepankan senyum, sapa dan salam. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Polsek Kasihan Laksanakan Pengamanan Misa Paskah di Gereja Pantekosta Kadipiro

Personel Polsek Kasihan mengamankan ibadah rangkaian perayaan Paskah di Gereja Pantekosta, Dusun Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jumat (29/3/2024).

Pengamanan tergelar di lokasi gereja, tempat parkir, serta melakukan pengaturan lalu lintas dan membantu menyeberangkan para jemaat.

“Sudah menjadi kewajiban kami untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan ibadah di gereja-gereja yang ada di wilayah Kasihan. Oleh karena itu, kami menerjunkan anggota untuk melaksanakan penjagaan di gereja-gereja tersebut selama rangkaian kegiatan ibadah selesai,” kata Kapolsek.

Sementara itu, Panita Gereja Pantekosta Kadpiro mengucapkan terima kasih kepada kepolisian yang sudah membantu mengamankan dan membuat nyaman jemaat, sehingga kegiatan ibadah dapat berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Polsek Sedayu Amankan 10 Remaja Yang Diduga Melakukan Perkelahian

Jajaran Polsek Sedayu yang dipimpin Kapolsek AKP Jarwanto mengamankan 10 remaja yang diduga melakukan perkelahian di wilayah Sedayu, Bantul, Sabtu (30/3/2024).

Kapolsek Sedayu mengungkapkan sekelompok remaja tersebut diamankan di salah satu komplek perumahan di Argorejo, Sedayu pada Sabtu dini hari.

"Setelah menerima laporan dari warga, anggota kami langsung menuju lokasi untuk mengamankan dan membawa remaja-remaja tersebut ke Polsek Sedayu," kata Kapolsek.

"Sepuluh remaja tersebut merupakan 2 kelompok yang terlibat perkelahian," imbuhnya.

Petugas berhasil mengamankan 10 remaja beserta 6 kendaraan sepeda motor yang digunakan oleh para remaja tersebut.

Setelah dilakukan mediasi yang dipimpin oleh Kapolsek Sedayu bersama Kanit Reskrim dan Bhabinkamtibmas, kedua kelompok remaja tersebut bersedia saling memaafkan dan selanjutnya diserahkan kembali kepada orang tua masing-masing. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Urusan Cinta Segitiga, Membuat Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Harus Bertindak

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo Aiptu Ekwan menggelar problem solving di Mapolsek Sedayu, Bantul, Jumat (29/3/2024).

Bukan hanya urusan kriminal atau kemacetan lalu lintas, tapi urusan cinta segitiga juga membuat Bhabinkamtibmas Kalurahan Argomulyo yakni Aiptu Ekwan yang sering disapa Pak Ekwan harus bertindak, untuk menyelesaikan masalah percintaan yang terjadi di wilayah binaannya itu.

Singkat cerita bahwa M (21) seorang mahasiswi yang mempunyai hubungan asmara dengan RH (22) merasa tidak terima karena cintanya diduakan oleh RH dan terjadilah cekcok antara keduanya.

Mendapati laporan tersebut, Pak Ekwan langsung bergegas mendatangi lokasi dan mengajak kedua belah pihak ke Mapolsek Sedayu untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

"Sebagai seorang Bhabinkamtibmas, tentu harus siap menghadapi setiap permasalahan yang timbul di wilayah," ujar Pak Ekwan.

"Bukan hanya urusan kriminal atau kemacetan lalu lintas, tapi urusan percintaan pun kita harus siap mencarikan jalan keluarnya," imbuhnya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Polsek Piyungan Gelar Patroli Subuh

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud S.I.Kom memimpin langsung patroli subuh Icon Ramadhan di wilayah Kapanewon Piyungan, Bantul, Sabtu (30/3/2024).

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan selama Bulan Ramadhan 1445 H untuk mencegah aksi balapan liar, main petasan maupun gangguan kamtibmas lainnya.

AKP Amir mengatakan, ada beberapa titik atau tempat favorit yang kerap dijadikan lokasi balapan liar dan main petasan. Untuk itu, pihaknya melakukan patroli ke lokasi tersebut guna mengantisipasinya.

"Pagi ini kita melaksanakan patroli antisipasi balapan liar dan petasan di beberapa titik tempat, di antaranya Jalan Baru KIK, Dusun Mandungan, Ngampon dan Karangtengah," katanya.

“Kita berikan imbauan kepada anak-anak yang kita temui untuk tidak main petasan dan balapan, agar tidak mengganggu warga masyarakat yang sedang menunaikan ibadah puasa," tambah AKP Amir. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Patroli Polsek Piyungan Sambangi Sejumlah SPBU

Guna memastikan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang mudik Lebaran 1445 H, personel Polsek Piyungan melakukan patroli pengecekan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di wilayah Kapanewon Piyungan, Bantul, Jumat (29/3/2024) siang.

Patroli tersebut menyasar tiga SPBU yakni SPBU Munggur Srimartani, SPBU Payak Srimulyo dan SPBU Tegalyoso.

Pada kesempatan tersebut petugas patroli secara dialogis menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada operator maupun pengusaha SPBU agar dalam melayani masyarakat tidak ada praktik-praktik kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat.

Selain itu, petugas patroli juga memastikan antrean di SPBU berjalan tertib dan terlayani dengan baik oleh operator SPBU. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Polres Bantul Petakan Jalur Rawan Laka dan Rawan Bencana

Untuk memastikan kelancaran arus mudik saat Lebaran 2024, Polres Bantul memetakan jalur rawan kecelakaan maupun bencana di wilayah Bantul.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffri Prana Widnyana S.Sn menjelaskan, jalur rawan bencana terdapat di beberapa titik lokasi dengan potensi terjadinya banjir. Seperti di Jalan Parangtritis Km 21 atau tepatnya di Dusun Klegen Panjangrejo Pundong dan Jalan Samas, tepatnya Dusun Karen Tirtomulyo Kretek Bantul. Sabtu (30/3/2024).

“Di lokasi itu ada Dam yang digunakan untuk irigasi pertanian, sehingga saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan pintu Dam tidak dibuka, air bisa meluap ke jalan raya,” ujarnya.

Sementara itu, jalur yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, dia menyebut ada beberapa ruas jalan, seperti Jalan Srandakan, Jalan Bantul, Jalan Jogja-Wonosari, Jalan Jogja-Wates dan Jalan Parangtritis.

“Jalan Srandakan dan Jalan Parangtritis (Simpang Druwo-Simpang Bakulan) itu rawan, kemudian juga ada ruas Jalan Imogiri Timur dan Jalan Imogiri-Dlingo,” sebutnya.

AKP Jeffry juga mengimbau kepada para pemudik yang masuk ke DIY, khususnya wilayah Bantul untuk berhati-hati dan patuhi peraturan lalu lintas.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada pengguna jalan terutama bagi para pemudik agar tetap berhati-hati dan waspada, serta patuhi peraturan lalu lintas di jalan raya,” tandasnya.

29 March 2024

Polsek Banguntapan Amankan Ibadah Kamis Putih Paskah 2024 di Wilayahnya

Memperingati Paskah 2024, Kapolsek Banguntapan AKP Chandra Satria Adi Pradana SIK bersama Danramil Kapten Inf. MB Barhaen Sancoko pimpin pengamanan rangkaian kegiatan paskah 2024 geraja Wilayah Kapanewon Banguntapan, Kamis (28/3/2024).

Adapun gereja yang melaksanakan ibadah paskah 2024 yakni Gereja Santo Paulus Pringgolayan, GKJ Wonocatur dan GKJ Karangbendo.

Untuk gereja Santo Paulus Pringgolayan ibadah kamis putih dilaksanakan 2 kali. Misa paskah kamis putih pertama dipimpin Romo Agustinus Ariawan pr, mulai pukul 17.00 WIB, diikuti jemaat kurang lebih 800 jemaat. Dilanjut misa kamis putih kedua dimulai pukul 20.00 WIB, dipimpin Romo Yustinus, diikuti 700 jemaat.

Gereja Kristen Jawa (GKJ) Karangbendo Banguntapan Bantul melaksanakan ibadah Kamis putih. Ibadah Kamis Putih dipimpin pendeta Imanuel Geovasky S.Theol diikuti 325 jemaat warga GKJ Karangbendo.

GKJ Wonocatur kebaktian kamis putih dimulai pukul 18.00 WIB, dipimpin Pendeta David Rubingan diikuti 350 jemaaat.

Untuk mencegah gangguan Kamtibmas dan memberikan rasa aman jemaat dalam melaksanakan ibadah Paskah 2024, setiap gereja dilaksanakan pengamanan dan pelayanan jemaat yang akan melaksanakan ibadah, mulai kedatangan sampai selesai kegaiatan, jelas AKP Chandra Satria AP SIK.

Ibadah Kamis Putih 3 gereja tersebit diatas  berlangsung dengan khidmat aman dan kondusif.

Anggota Polsek Bantul Amankan Misa Kebaktian Jumat Agung di GKJ BOPKRI Bantul

Anggota Polsek Bantul melaksanakan pengamanan Misa kebaktian Jumat Agung dengan tema Kebangkitannya membarui dan memuliakan kebutuhan ciptaannya di GKJ BOPKRI Bantul, Jum'at (29/3/2024).pagi

Pengamanan tersebut dilaksanakan guna memberikan rasa aman kepada para jemaat, sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan tenang.

Kegiatan pengamanan tersebut sebagai wujud pelayanan prima Kepolisian untuk menjamin keamanan seluruh warga masyarakat. (Humas Polsek  Bantul)

Samapta Polsek Sewon, Patroli Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Pertamina Dan Tempat Keramaian Lainya Di Wilayah Hukum Polsek Sewon

Polsek Sewon gencar menggelar patroli dengan sasaran pusat keramaian di wilayah Kapanewon Sewon, Bantul, Sabtu (30/12/2023) siang.

Siang ini Unit Samapta Polsek Sewon Polres Bantul melaksanakan patroli sambang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Pertamina 44.551.18 yang berlokasi di Jl. Parangtritis Km. 5.2, Pandes, Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul.

Di tempat terpisah Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto,S.H.,M.Si., mengatakan, adapun tujuan utama kegiatan ini adalah untuk melakukan monitoring terhadap pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada masyarakat.

“Selama patroli, petugas juga berinteraksi secara dialogis dengan petugas SPBU, maupun warga yang sedang mengisi BBM dengan memberikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Dalam patroli ini, terpantau bahwa stok BBM di SPBU masih aman dan mencukupi,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek juga mengatakan, patroli tersebut bersifat preventif atau sebagai upaya pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kami juga memantau situasi dan kondisi di pusat keramaian seperti di pasar tradisional, pertokoan, dan tempat keramaian lainnya, dikarenakan sudah mendekati hari lebaran, warga mulai banyak yang berbelanja,” ujar Kapolsek. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Samapta Polsek Sewon, Patroli Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Pertamina Dan Tempat Keramaian Lainya Di Wilayah Hukum Polsek Sewon

Polsek Sewon gencar menggelar patroli dengan sasaran pusat keramaian di wilayah Kapanewon Sewon, Bantul, Sabtu (30/12/2023) siang.

Siang ini Unit Samapta Polsek Sewon Polres Bantul melaksanakan patroli sambang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Pertamina 44.551.18 yang berlokasi di Jl. Parangtritis Km. 5.2, Pandes, Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul.

Di tempat terpisah Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto,S.H.,M.Si., mengatakan, adapun tujuan utama kegiatan ini adalah untuk melakukan monitoring terhadap pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada masyarakat.

“Selama patroli, petugas juga berinteraksi secara dialogis dengan petugas SPBU, maupun warga yang sedang mengisi BBM dengan memberikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Dalam patroli ini, terpantau bahwa stok BBM di SPBU masih aman dan mencukupi,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek juga mengatakan, patroli tersebut bersifat preventif atau sebagai upaya pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kami juga memantau situasi dan kondisi di pusat keramaian seperti di pasar tradisional, pertokoan, dan tempat keramaian lainnya, dikarenakan sudah mendekati hari lebaran, warga mulai banyak yang berbelanja,” ujar Kapolsek. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Jaga Kamtibmas Kondusif Selama Ramadhan, Bhabinkamtibmas Pendowoharjo Sambangi Masjid Al Hidayah Pucung

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Polres Bantul, Kalurahan Pendowoharjo,Aiptu Wawan Giyarto,S.Psi., sore ini melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada jamaah dan remaja masjid A Hidayah yang berlokasi di dusun Pucung Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Kamis (28/03/2024) sore.

Pada moment tersebut Aiptu Wawan Giyarto S.Psi, menyampaikan himbauan Kamtibmas diantaranya kepada seluruh jamaah meninggalkan rumah memastikan kompor atau tungku di dalam rumah sudah di padam dan pitu dalam keadaan terkunci, dan tidak menggunakan kendaraan knalpot bising disaat malam hari karena akan mengganggu kegiatan ibadah dan jam istirahat warga," himbau Aiptu Wawan.

"Kepada seluruh jamaah untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas selama pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan dan tetap saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan pendapat dalam agama," pesan Bhabinkamtibmas Pendowoharjo.

Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto, S.H.,M.Si., menyebutkan kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Pendowoharjo itu bertujuan mempererat tali silaturahmi dengan tokoh maupun warga muslim yang saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1445 H.

“Melalui kegiatan buka puasa bersama ini diharapkan akan terjalin komunikasi yang dapat mempererat tali silaturahmi yang bersinergi untuk bersama-sama menjaga serta menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Sewon,” imbuh Kapolsek

Kapolsek Sewon Bersama Personil Polsek Sewon, Bersilaturahmi Dan Berbagi Di Pondok Pesantren Al Fatah

Sore ini Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto,S.H.,M.Si., bersama dengan personil Polsek Sewon bersilaturahmi dan berbagi dengan anak yatim di Pondok pesantren Al Fattah yang berlokasi di dusun Dukuhan, pedukuhan Dadapan, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Kamis (28/03/2023).

Dalam kesempatan tersebut rombongan langsung di sambut oleh ibu nyai Mistakhul Munir sekaligus mewakili pengasuh pondok.

Pada kesempatan ini Kapolsek Sewon menyampaikan maksud kedatangan rombongan personil dari Polsek Sewon yang mana maksud kedatangan dalam rangka bersilaturahmi sekaligu berbagi takjil dengan anak yatim yang berada di Pondok pesantren Al Fattah.

Sementara itu Ibu Nyai Mistakhul Munir mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada personil Polsek Sewon yat telah menyempatkan waktu bisa silaturahmi ke pondok al Fattah.

Ibu Nyai mewakili pihak pondok Al Fattah atas tanda sayang berupa nasi takjil dari pihak polsek kepada pondok al Fattah selalu di berikan berkah.

" Selama bulan Ramadhan Polsek Sewon berupaya agar momentum bulan Ramadhan dapat berbagi sesama walaupun nilainya tidak seberapa namun yang utama niat untuk berbuat baik, memberikan manfaat dan mendekatkan diri dengan Allah SWT" tutup Kapolsek. (Humas Polsek Sewon).

Bhabinkamtibmas Pendowoharjo Ajak Jamaah Dan Remaja Masjid Al Hidayah, Jaga Kamtibmas Kondusif Selama Ramadhan

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Polres Bantul, Kalurahan Pendowoharjo,Aiptu Wawan Giyarto,S.Psi., sore ini melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada jamaah dan remaja masjid A Hidayah yang berlokasi di dusun Pucung Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Kamis (28/03/2024) sore.

Pada moment tersebut Aiptu Wawan Giyarto S.Psi, menyampaikan himbauan Kamtibmas diantaranya kepada seluruh jamaah meninggalkan rumah memastikan kompor atau tungku di dalam rumah sudah di padam dan pitu dalam keadaan terkunci, dan tidak menggunakan kendaraan knalpot bising disaat malam hari karena akan mengganggu kegiatan ibadah dan jam istirahat warga," himbau Aiptu Wawan.

"Kepada seluruh jamaah untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas selama pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan dan tetap saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan pendapat dalam agama," pesan Bhabinkamtibmas Pendowoharjo.

Kapolsek Sewon Kompol Hanung Tri Widayanto, S.H.,M.Si., menyebutkan kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Pendowoharjo itu bertujuan mempererat tali silaturahmi dengan tokoh maupun warga muslim yang saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1445 H.

“Melalui kegiatan buka puasa bersama ini diharapkan akan terjalin komunikasi yang dapat mempererat tapi silaturahmi yang bersinergi untuk bersama-sama menjaga serta menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di daerah hukum Polsek Siantar Barat,” imbuh Kapolsek.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Rakor Persiapan Pengamanan Malam Takbir dan Sholat Idul Fitri

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Aiptu Murgyadi S.I.Kom melaksanakan Rakor dengan Pemerintah Kalurahan Argorejo di Aula Kalurahan Argorejo, Sedayu, Bantul, Kamis (28/3/2024) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Argorejo, Dukuh se-Kalurahan Argorejo, Babinsa dan Bamuskal.

Rapat kali ini membahas tentang persiapan malam takbir dan sholat Idul Fitri yang akan di laksanakan di wilayah Argorejo Sedayu.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Murgyadi menyampaikan himbauan pentingnya menjaga kerukunan antar warga dan mengajak para takmir masjid untuk menciptakan situasi yang aman selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran. (Humas Polsek Sedayu) 

Kapolsek Sedayu Pimpin Pengamanan Paskah 2024

Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH pimpin pengamanan kegiatan perayaan Paskah 2024 di sejumlah gereja di wilayah kapanewon Sedayu, Kamis (28/3/2024).

Dalam melaksanakan pengamanan, anggota Polri juga di bantu oleh Babinsa, Sat pol PP, Linmas, FPRB, Paksikaton dan pihak internal gereja.

Pengamanan tersebut di lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan merayakan Paskah 2024.

Personel memberikan pengamanan dengan melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas, sehingga selama kegiatan berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Sedayu)  

Kapolsek Sedayu Pimpin Patroli Pantau SPBU

Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH bersama anggotanya melaksanakan patroli dialogis di SPBU yang ada di wilayah Sedayu, Bantul, Kamis (28/3/2024)

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Sedayu memberikan himbauan kepada pengusaha SPBU untuk tidak melakukan praktik kecurangan yang dapat merugikan konsumen/masyarakat.

Hal itu di lakukan dalam rangka menjaga situasi  kamtibmas yang aman kondusif di wilayah Sedayu menjelang pelaksanaan mudik Lebaran 1445 H.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan di SPBU" Ucap Kapolsek.

"Mengingat sebentar lagi lebaran tiba, di harapkan masyarakat yang akan mudik mendapatkan pelayanan yang baik" Tutup Kapolsek. (Humas Polsek Sedayu)

Polsek Piyungan Amankan ibadah Misa Kamis Putih di Gereja Santo Yohanes Pembaptis Payak

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud S.I.Kom pimpin pengamanan jalannya ibadah Misa Kamis Putih, di Gereja Santo Yohanes Pembaptis Payak Srimulyo  Piyungan, Bantul, Kamis (28/3/2024) sore.

Pengamanan ini dilakukan untuk megantisipasi adanya gangguan kamtibmas serta untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kelancaran bagi jemaat yang akan melaksanakan ibadah Misa.

Kapolsek Piyungan AKP Amir mengatakan bahwa dirinya beserta anggota melaksanakan pengamanan tidak lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap pemeluk agama dan kepercayaan saat melakukan ibadah.

"Kami akan selalu berupaya memberikan keamanan dan kenyamanan kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan kegiatan, tak terkecuali pengamanan ibadah keagamaan," ucapnya.

"Seperti pada sore ini, kami melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalulintas membantu penyeberangan kepada jemaat yang akan melaksanakan ibadah di gereja,” tambahnya.

Sementara itu dalam perayaan Misa tersebut diikuti kurang lebih 250 orang jemaat yang dipimpin oleh Romo Bernadus Agus Rukmono, adapun tema Paskah 2024 yakni "Hidup sebagai Alat Kebenarannya". (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Ikuti Rapat Persiapan Pawai Takbir

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girirejo Aiptu Toto Chourudin menghadiri rapat koordinasi bersama pemerintah di pendopo kalurahan, Kamis (28/3/2024) malam.

Kegiatan rapat tersebut di selenggarakan oleh pemerintah Kalurahan dalam rangka persiapan pawai takbir se Kapanewon Imogiri.

Hadir dalam rapat Lurah Girirejo Dwi Yuli Purwanti, Dukuh se Girirejo, Ketua takmir masjid se Girirejo, Karang taruna, Babinsa.

Dalam rapat yang dimpin lurah Girirejo menyampaikan kepada peserta pawai takbir 1445 H yang akan mengikuti lomba takbir untuk selalu mentaati peraturan tata tertib yang sudah ditentukan oleh panitia takbir serta turut menjaga ketertiban dan keamanan selama pawai pawai takbir. (Humas Polsek imogiri)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtengah Laksanakan Safari Tarawih di Masjid As Sobirin Dusun Karangrejek

Bhabinkamtibmas Kalurahan Karangtengah Polsek Imogiri Polres Bantul Aiptu Wisnu Susanto mengikuti  safari tarowih sekaligus melaksanakan sholat bersama warga masyarakat di Masjid As Sobirin Dusun Karangrejek Kamis (28/03/2024) malam.

Kegiatan sholat tarowih tersebut  laksanakan oleh tim safari tarowih pemerintah Kalurahan  Karangtengah yang di pimpin oleh lurah Haryanto dan diikuti Staf pamong kalurahan.

Menurut Bripka Wahyono mengikuti Sholat tarowih berjamaah tersebut adalah untuk meningkatkan tali silaturahmi antara Bhabinkamtibmas dan masyarakat sehingga tercipta suatu hubungan yang positif untuk bersama sama menjaga situasi kamtibmas.

Bhabinkamtibmas akan selalu hadir setiap ada kegiatan yang berada  di wilayahnya sebagai pelayan pelindung dan pengayom masyakat akan selalu berada dimana saja baik di keramaian, tempat pertemuan dan tempat tempat ibadah. (Humas Polsek Imogiri)

Polsek Imogiri Polres Bantul Amankan Perayaan Misa Kamis Putih di Gereja Materdei

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti kegiatan ibadah di Gereja dalam rangka perayaan misa kamis Putih tahun 2024 personel Polsek Imogiri Polres Bantul memberikan pengamanan di Gereja Materdei, Kamis (28/3/2024) malam.

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno MKom. CEH. CHFI menempatkan  personelnya untuk melaksanakan pengamsnan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat kristiyani yang akan melaksanakan ibadah.

Dalam melaksanakan pengamanan personel juga berkoordinasi dengan personel pengamanan gereja Materdei untuk selalu waspada bila ada seseorang warga yang tidak dikenal untuk di mintai keterangan dulu sebelum masuk gereja dan selalu koordinasi dengan personel Polsek. Imogiri.

Kapolsek berharap dengan adanya kehadiran Kepolisian di tengah-tengah masyarakat dapat dirasakan oleh jemaat serta bisa memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga semua kegiatan ibadah gerejan dapat berjalan dengan aman dan nyaman. (Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Sambangi Satpam di Pengadilan Negeri Bantul

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Ipda Wahyudi menyambangi petugas Satpam di kantor Pengadilan Negeri Bantul, kamis (28/3/2024) siang.

Kegiatan sambang tersebut bertujuan untuk bersilaturahmi serta menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas.

Ia juga menyampaikan kepada petugas Satpam sebagai garda terdepan dalam bidang keamanan di lingkungan tempat kerja, agar meningkatkan kewaspadaan serta menjalin komunikasi dengan Polri dalam menjaga dan memelihara kamtibmas. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Kelurahan Ringinharjo Sambangi Petugas Satpam dan Guru SD Al-Azhar

Dalam rangka mengantisipasi segala bentuk kamtibmas yang terjadi diwilayah Kelurahan Ringinharjo,Bhabinkamtibmas Kelurahan Ringinharjo Ipda Wahyudi  menyambangi petugas Satpam dan guru SD Al-Azhar di Gemahan Ringinharjo Bantul, Kamis (28/03/2024) siang.

Dalam kegiatan sambangnya Ipda Wahyudi menghimbau dan mengajak kepada petugas Satpam agar selalu waspada terhadap situasi keamanan sekolah. Waspadai juga terhadap orang-orang yang dicurigai dan segera laporkan kepada petugas kepolisian atau Bhabinkamtibmas sehingga bisa ditindaklanjuti.

Waspada pula terhadap kasus-kasus bullying yang masuk ke dalam anak-anak sekolah. (Humas Polsek Bantul)

28 March 2024

Kapolsek Banguntapan Rakor Persiapan Hadapi Lebaran 2024

Forkompinkap Banguntapan melaksanakan rapat koordinasi membahas kegiatan malam takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Rapat tersebut digelar di Pendopo Kapanewon Banguntapan, Bantul, Rabu (28/3/2024).

Kegiatan dihadiri oleh Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa S.Psi M.Psi, Danramil Banguntapan Kapten MB Barhaen Sancoko, Kapolsek Banguntapan AKP Chandra Satria Adi Pradana SIK, Wakapolsek Banguntapan AKP Sarim, para Kanit Polsek Banguntapan, Lurah, FKUB Banguntapan, TP PKK Kapanewon Banguntapan, Anggota Koramil Banguntapan dan Anggota Polsek Banguntapan.

Rapat tersebut merupakan salah satu bentuk kesiapan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Pada kesempatan itu Kapolsek Banguntapan mengatakan bahwa dalam pengamanan lebaran 2024 akan digelar Operasi Ketupat Progo 2024. Tujuan dari operasi ini adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat terkait dengan berbagai kegiatan seperti ibadah, mudik, rekreasi dan lain-lain.

Harapannya pengamanan berjalan lancar, serta malam takbiran dan serangkaian Hari Raya Idul Fitri 1445 H berjalan aman. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Sehari, Polisi Sita 30 kilogram Bahan Baku Petasan di Bantul

Polres Bantul, menyita sebanyak 30 kilogram bahan baku petasan dalam razia yang digelar pada Rabu (27/3) untuk menciptakan situasi kondusif selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah kali ini.

Menurut Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, puluhan kilogram bahan baku petasan itu disita dari empat lokasi berbeda.

"Kita juga berhasil amankan tiga pelaku, saat ini ketiganya sedang kami periksa secara intensif," kata Jeffry, Kamis (28/3/2024).

Ia menuturkan, pengungkapan kasus puluhan kilogram bahan baku petasan itu merupakan tindak lanjut atas kejadian bubuk petasan yang meledak di Pandak, Bantul beberapa waktu lalu yang menyebabkan 4 korban luka-luka.

Awalnya anggota Satuan Reskrim Polres Bantul menangkap NM (22) warga Pandak, Bantul. Dari tangan NM, petugas berhasil menyita 3 kilogram bubuk mercon dan 1 buah mercon ukuran besar dengan panjang 40 cm.

Petugas juga mengamankan S (21) warga Jetis Bantul dengan barang bukti 1 kilogram bubuk mercon.

“Dihadapan petugas, S mengaku bila dirinya menjual serbuk bahan petasan,” jelas Jeffry.

Selanjutnya, petugas juga mengamankan MAP (22) warga Pandak, Bantul. Saat dilakukan penggeledahan di rumah MAP, petugas mendapati  serbuk bahan petasan sebanyak 5 kilogram bubuk mercon.

Setelah dilakukan penyelidikan, MAP mengaku bahwa bahan baku petasan tersebut ia peroleh dari AY, yang juga warga Pandak, Bantul.

"Kami lalu melakukan penyelidikan ke rumah AY dan ditemukan 21 kilogram bubuk mercon, namun saat digeledah, AY tidak sedang berada di rumah," ujar Jeffry.

Saat ini, petugas sedang memburu keberadaan AY.

Jeffry lebih lanjut menjelaskan, ancaman penggunaan bahan peledak tergolong berat. Hal itu sesuai dengan Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

“Barang siapa dengan sengaja memasukkan ke Indonesia, yang menggunakan, membawa, menyimpan, dan yang membuat terkait dengan bahan peledak ancamannya hukuman mati, seumur hidup, dan maksimal 20 tahun. Jadi tolong masyarakat untuk tahu tentang undang-undang tersebut,” katanya.

Selain itu, kata Jeffry, aturan terkait tindak pidana petasan atau bahan peledak, juga tertuang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Menilik pasal 308 disebutkan, siapa pun yang mengakibatkan kebakaran, ledakan atau banjir akan dikenai pidana mulai dari Pidana penjara paling lama 9 tahun, jika karena perbuatan tersebut timbul bahaya keamanan umum bagi orang atau barang. Kemudian Pidana penjara maksimal 12 tahun, jika karena perbuatan tersebut menimbulkan luka berat bagi orang lain.

“Dan Pidana penjara paling lama 15 tahun, jika perbuatan tersebut mengakibatkan orang kehilangan nyawa,” imbuh dia.

Jeffry selanjutnya mengimbau, agar masyarakat tidak bermain petasan, karena selain melanggar ketentuan undang-undang, jenis mainan tersebut juga sangat berbahaya.

"Apabila terjadi keteledoran, maka berpotensi menyebabkan kerusakan, seperti yang telah terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di wilayah Pandak, Bantul beberapa waktu lalu," katanya.

Jelang Paskah, Polisi Sterilisasi Gereja Santo Paulus Pringgolayan Banguntapan

Menjelang perayaan Paskah umat Kristiani dan untuk memastikan keamanan dalam melaksanakan ibadah, Tim Gegana Polda DIY melakukan sterilisasi di Gereja  Katholik Santo Paulus, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, Rabu (27/3/2024).

Sterilisasi dipimpin Danden Gegana Sat Brimobda Polda DIY Kompol Suripto bersama 7 anggota Gegana Polda DIY.

Mendampingi sterilisasi Kasubag Dalops Polres Bantul Iptu Srimartono, Kanit Binmas Polsek Banguntapan Iptu Winardi dan Ka SPKT Aiptu Heri Siswantoro SH MH. Selain itu dari pihak gereja yaitu Ketua Panitia Perayaan Paskah dan Keamanan Gereja Dodi Gunawan.

Kompol Suripto mengatakan, semua area komplek gereja dilakukan sterilisasi, guna memastikan keamanan lokasi dan mencegah benda berbahaya masuk dilingkungan gereja.

“Dari hasil sterilisasi dinyatakan tidak ditemukan bahan peledak maupun benda berbahaya lainnya, gereja steril dan aman digunakan perayaan Paskah,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Banguntapan Iptu Winardi  menagatakan bahwa setelah dilakukan sterilisasi akan dijaga keamanan lingkungan gereja, akses keluar masuk satu pintu dan jika ada orang asing atau bukan warga jemaat akan diperiksa untuk memastikan keamanannya. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Srandakan Pasang Spanduk Larangan Nyalakan Petasan

Petugas Polsek Srandakan memasang spanduk larangan menyalakan petasan atau mercon di sejumlah titik strategis yang sering digunakan anak-anak remaja berkumpul setelah ibadah subuh, Kamis (28/3/2024).

Pemasangan spanduk tersebut dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Srandakan AKP Nurgiyanto.

Spanduk dipasang di Bundaran Srandakan, depan pertokoan dan jalur JJLS, Srandakan, Bantul.

Kegiatan ini merupakan upaya preventif untuk mencegah terjadinya insiden atau hal-hal yang tidak diinginkan akibat dari bahaya bermain petasan.

AKP Nurgiyanto mengatakan, pemasangan spanduk tersebut merupakan kepedulian pihak Kepolisian terhadap keselamatan dan kenyamanan masyarakat selama bulan suci Ramadhan.

“Diharapkan masyarakat sadar akan bahaya petasan. Selain itu, melanggar peraturan yang bisa dijerat pidana,” ujarnya. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Hadiri Kegiatan Sosialisasi di Kalurahan Pendowoharjo

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Wawan Giyarto S.Psi menghadiri kegiatan sosialisasi perencanaan tata ruang Kalurahan Pendowoharjo di Gedung Serbaguna Manggolo Manis Kalurahan Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (28/3/2024).

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Kabupaten Bantul.

Adapun tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang rencana detail tata ruang yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan pelaku usaha agar pemilihan lokasi kawasan yang akan dimanfaatkan sesuai dengan rencana detail tata ruang yang telah ditetapkan.

Selain itu, kegiatan sosialisasi penting dilakukan agar masyarakat semakin paham mengenai tugas pokok dan fungsi Dinas Pertanahan dan Tata Ruang.

Hadir dalam kegiatan tersebuti Kepala Dispertaru Kabupaten Bantul, Lurah Pendowoharjo beserta Pamong dan Bamuskal, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Bhabinkamtibmas Pendowoharjo. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)