30 April 2024

Bhabinkamtibmas Singosaren Sambang Pengelola Parkir Wisata Singosaren

Upaya mencegah dan menekan kejadian tindak pidana Pencurian sepeda motor, Bhabinkamtibmas Singosaren Aiptu Sutopo sambang pengelola parkir wisata Singosaren Banguntapan Bantul. Senin (29/04/2024) pukul 13.30 WIB.

Mendampingi giat tersebut Kanit Intelkam Polsek Banguntapan beserta anggota, Pengelola Parkir Singosaren Bapak Didik dan Pedagang Komplek Parkir Singosaren

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren melaksanakan sambang komplek parkir wisata Singosaren, sekaligus pantauan giat Halal bihalal Pedagang Komplek Parkir wisata Singosaren serta sampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada pengelola Parkir Singosaren, guna pencegahan kasus pencurian dan penipuan serta kewaspadaan terhadap curanmor.

Polsek Banguntapan Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Vs Uzbekistan

Untuk menunjukkan dukungan pada Timnas Indonesia U-23, yang melakoni laga semifinal Piala Asia U-23 melawan Uzbekistan, Polsek Banguntapan menyelenggarakan nonton bareng (Nobar) di halaman Mapolsek Banguntapan, Senin (29/4/2024) malam.

Acara Nobar dihadiri Kapolsek Banguntapan AKP Chandra Satria Adi Pradana SIK, Danramil Banguntapan Kapten Inf. MB Barhaen Sancoko, Wakapolsek Banguntapan AKP Sarim, para Kanit, Panit dan Kasie Polsek Banguntapan, anggota Koramil Banguntapan, anggota Polsek Banguntapan dan warga masyarakat.

Pada acara Nobar tersebut Polsek Banguntapan juga menyediakan aneka minuman dan camilan tradisional untuk penonton.

Selama pertandingan berlangsung, para penonton tampak semangat memberikan dukungan pada timnas sepakbola Indonesia U-23. Dengan harapan bisa menang dan melaju ke babak final. Namun, hasil akhir Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Uzbekistan dengan skor 0-2. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Polsek Bantul Buka Kotak Infak Untuk Anak Yatim

Anggota Polsek Bantul membuka kotak infak untuk anak yatim, di Mapolsek Bantul, Selasa (30/4/2024).

Dana infak yang terkumpul tersebut akan disalurkan kepada anak yatim melalui program Santunan Anak Yatim.

Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos mengatakan, program Santunan Anak Yatim merupakan program tetap Polsek Bantul yang dilaksanakan setiap bulannya.

Program Santunan Anak Yatim ini merupakan bentuk kepedulian anggota Polsek Bantul terhadap sesama dengan menyisihkan sebagian rezekinya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Patroli Polsek Banguntapan Sambangi Kos-kosan Antisipasi Curanmor

Untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta mencegah terjadinya curanmor, Polsek Banguntapan melaksanakan patroli dan sambang kos-kosan di wilayah Kapanewon Banguntapan, Bantul, Senin (29/4/2024).

Kegiatan patroli dipimpin Ipda Agus Widhijanto. Pada kesempatan tersebutn ia bersama anggotanya menyampaikan kepada pemilik maupun penghuni kos agar ikut menjaga keamanan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan pencurian sepeda motor.

“Jangan sampai kunci kontak tertinggal di kendaraan, agar tidak mengundang kesempatan dan niat pelaku kejahatan untuk beraksi, apabila terjadi kerawanan kamtibmas segera melapor Kepolisian terdekat ata Bhabinkamtibmas,” pesannya. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Kanit Intelkam Polsek Banguntapan bersama Bhabinkamtibmas Laksanakan Kegiatan Sambang

Kanit Intelkam Polsek Banguntapan bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aiptu Sutopo menyamnbangi pengelola parkir di area parkir wisata Singosaren, Banguntapan, Bantul, Senin (29/4/2024).

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud keaktifan personel Polsek Banguntapan dalam menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif melalui kerjasama yang baik antara Polri dan pengelola parkir serta warga masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Sutopo juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunjiwo Monitoring Tempat Pengelolaan Sampah dan Budidaya Magot

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunjiwo Bripka Siswantoro melaksanakan monitoring tempat pengelolaan sampah dan pembudidayaan Magot Desa Bangunjiwo di Dusun Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Senin (29/4/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Lurah Bangunjiwo, Ulu Ulu Bangunjiwo serta Ketua Pengelola TP3SR Bangunjiwo.

Monitoring tempat pengelolaan sampah Kalurahan Bangunjiwo sekaligus untuk evaluasi jangka panjang dalam penanganan sampah dan budidaya Magot di wilayah tersebut. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wirokerten Respon Cepat Aduan Warganya

Bhabinkamtibmas Wirokerten Aipda Indra Prasetyo merespon cepat dan aduan warganya adanya kehilangan barang, Bhabinkamtibmas mempertemukan kedua pihak di Kalurahan Wirokerten agar tidak menimbulkan permasalahan dan kesalahpahaman antar warganya. Senin (29/04/2024) pukul 12.04 WIB

Hal tersebut diatas merupakan salah satu bentuk pelayanan masyarakat serta menjalin komunikasi dan kemitraan dengan warga.

Aipda Indra Prasetyo mendengarkan penjelasan dari kedua pihak, adanya kejadian kehilangan barang milik salah satu warganya. Selanjutnya memberikan solusi pada kedua warganya untuk menjaga kerukunan dan ketentraman dilingkungan masyarakat.


Babinkamtibmas Kelurahan Jagalan Sambangi Pamong

Babinkamtibmas Kelurahan Jagalan Aiptu Muh Syarifudin menyambangi Pamong dan Dukuh di Balai Kalurahan Jagalan, Banguntapan, Bantul, Senin (29/4/2024).

Kegiatan tersebut untuk menjalin komunikasi dan meningkatkan sinergitas antara Bhabinkamtibmas Kalurahan Jagalan dengan para Pamong Kelurahan Jagalan.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Koordinasi Persiapan Upacara Hardiknas Tingkat Kapanewon Banguntapan

Jelang peringatan hari pendidikan nasional tahun 2024 tingkat Kapanewon Banguntapan, Polsek Banguntapan koordinasi dengan Kapanewon Banguntapan di Aula Polsek Banguntapan, untuk melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hardiknas, Senin (29/04/2024) pukul 10.00 WIB.

Wakapolsek Banguntapan AKP Sarim menerima tim koordinator Kapanewon Banguntapan Bapak Indra dan M Ikral untuk koordinasi persiapan upacara.

Hasil koordinasi pelaksanaan upacara Hardiknas 2024 tingkat Kapanewon Banguntapan dilaksanakan pada Kamis tanggal 02 Mei 2024 pukul 07.30 WIB. Untuk petugas dari Anggota Polsek Banguntapan dan Irup Kapolsek Banguntapan.

Selanjutnya agar petugas melaksanakan latihan pada hari selasa 30 April 2024 di halaman Kapanewon Banguntapan.

Polsek Sedayu Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23

Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH menggelar Nobar (Nonton Bareng) semifinal Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia U-23 Vs Timnas Uzbekistan U-23, di Aula Polsek Sedayu, Senin (29/4/2024) malam.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para Kanit, Panit, Kasi, tokoh masyarakat sekitar dan anggota Polsek Sedayu.

Kapolsek Sedayu menjelaskan bahwa kegiatan Nobar tersebut merupakan wujud dukungan kepada Timnas Indonesia U-23 yang sedang bertanding melawan tim Uzbekistan di Qatar.

"Malam ini Polsek Sedayu melaksanakan Nobar untuk mendukung Timnas Indonesia," kata Kapolsek.

"Ayo kita dukung dan doakan langkah Garuda Muda Indonesia agar bisa memberikan yang terbaik," tandasnya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Polsek Piyungan Gelar Nonton Bareng Semifinal Piala AFC Asian Cup U-23, Indonesia vs Uzbekistan

Polsek Piyungan menggelar nonton bareng (nonbar) babak semifinal Piala AFC Asian Cup U-23 Tahun 2024, antara Timnas Indonesia menghadapi Uzbekistan di halaman Mapolsek Piyungan, Bantul, Senin (29/4/2024) malam.

Acara nonbar diselenggarakan oleh Polsek Piyungan bersama dengan BPBD Kabupaten Bantul. Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Piyungan, Kasi Ketentraman dan Ketertiban Kapanewon Piyungan, anggota Polsek Piyungan serta ratusan penonton yang memadati halaman Mapolsek Piyungan.

Di acara tersebut, para penonton telah disediakan berbagai makanan snack dan minuman serta dimanjakan dengan pertunjukan musik dari friends music acoustic Prambanan.

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud, S.I.Kom dalam sambutannya, mengatakan kegiatan nonbar ini merupakan bentuk dukungan kepada Timnas Indonesia untuk melaju ke partai puncak dan lolos ke Olimpiade Paris.

Pihaknya pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyaksikan dan mendoakan perjuangan Timnas Indonesia U-23 yang berlaga agar diberikan kemenangan.

"Diharapkan melalui pergelaran nobar ini dapat meningkatkan semangat nasionalisme, ini juga wujud kecintaan Polsek Piyungan terhadap olahraga sepak bola serta untuk menjalin hubungan positif antara Polri dan masyarakat,” ucap Kapolsek Piyungan.

Sementara itu, Maryadi (58) salah satu penonton mengapresiasi inisiasi kegiatan nonton bareng yang diselenggarakan Polsek Piyungan. Ia berharap kegiatan nonton bareng ini bisa kembali diadakan saat Timnas Indonesia berlaga melaju ke babak selanjutnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Personel Polsek Bantul Gelar Nonton Bareng Laga Indonesia vs Uzbekistan

Personel Polsek Bantul dipimpin oleh Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos menggelar nonton bareng (Nobar) di halaman Mapolsek Bantul, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB

laga semifinal antara Tim Nasional (timnas) Indonesia vs Uzbekistan ini berlangsung di Stadion Bin Khalifa, Doha, Qatar dan disiarkan secara live melalui stasiun TV Swasta nasional.

Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos mengatakan penyelenggaraan acara nonton bareng (nobar) ini merupakan sebagai bentuk dukungan Polsek Bantul  kepada Timnas U-23 untuk meraih juara Pada pertandingan sepak bola Piala Asean Cup tahun 2024.

“Kegiatan Nobar ini sebagai bentuk Dukungan kepada timnas Garuda Muda yang sudah berhasil masuk semifinal, ini merupakan prestasi luar biasa dan membanggakan yang telah di raih oleh timnas Indonesia,”ujarnya. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Polsek Srandakan Laksanakan Pantauan di Area Pertanian Lokasi Wedi Kengser

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo melaksanakan pantauan progres Penyiapan Penambahan Lahan Tanaman Pangan di lokasi Wedi Kengser di Dusun Ngentak Poncosari Srandakan, Senin (29/4/2024).

Adapun progres untuk hari ini adalah sebagian warga penggarap telah melakukan pematokan pada batas lokasi garapan masing masing sebelum dilakukan pemerataan permukaan tanah maupun dibajak.

Adapun untuk petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul pada hari ini melaksanakan pemeriksaan kandungan PH pada sample tanah yang diambil dari lokasi wedi kengser.(Humas Polsek Srandakan)

29 April 2024

Polsek Piyungan Gelar Patroli Jaga Kamtibmas Aman Kondusif

Kanit Samapta Polsek Piyungan AKP Suhirno memimpin kegiatan patroli di wilayah hukum Polsek Piyungan. Hal ini sebagai upaya menjaga situasi kamtibmas agar aman dan kondusif, Senin (29/4/2024) siang.

Kegiatan patroli kewilayahan dilaksanakan pada jam-jam rawan terjadinya gangguan kamtibmas dengan sasaran objek vital, pertokoan, perbankan dan permukiman penduduk yang ada di wilayah Kapanewon Piyungan, Bantul.

Pada kegiatan tersebut petugas secara dialogis menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta imbauan kepada masyarakat maupun security agar selalu waspada terhadap gangguan kamtibmas dan tindak kriminalitas.

"Kita sampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat maupun security agar selalu waspada terhadap gangguan kamtibmas atau tindak kriminalitas," ujar AKP Suhirno.

Dengan kegiatan patroli tersebut diharapkan dapat menekan terjadinya tindak kriminalitas, sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman kondusif. Selain itu dengan patroli dapat mendekatkan diri dengan warga masyarakat. (Humas Polsek Piyungan Pores Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Sambangi Juru Parkir dan Sampaikan Pesan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH menyambangi juru parkir di gerai ATM RSUD Panembahan Senopati, Trirenggo, Bantul, Senin (29/4/2024).

Dalam sambang tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi  menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas. Ia meminta kepada juru parkir agar meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap kendaraan-kendaraan diparkir. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Ia juga berpesan agar melaporkan ke Kepolisian terdekat atau Bhabinkamtibmas, apabila ada hal-hal yang berpontesi terjadinya gangguan kamtibmas. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Nobar Timnas U-23, Polres Bantul Sediakan Tempat Parkir Untuk Penonton

Untuk mendukung kelancaran acara nonton bareng (Nobar) pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 melawan Timnas Uzbekistan U-23 yang digelar di Lapangan Paseban Bantul, Senin (29/4/2024) malam, Polres Bantul akan menyediakan tempat parkir bagi masyarakat yang hadir.

Kita ketahui Timnas Indonesia U-23 akan melakoni babak semifinal Piala Asia U-23, setelah berhasil menumbangkan Timnas Korea Selatan U-23 pada babak perekpat final.

Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan Timnas Indonesia U-23, maka Pemkab Bantul bersama Polres Bantul dengan menggandeng Gmedia menggelar acara Nobar.

Terkait tempat parkir kendaraan bagi masyarakat yang hadir, Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn telah berkoordinasi dengan paguyuban parkir di kawasan Paseban.

"Kami sudah koordinasi, untuk penyediaan kantong-kantong parkir di beberapa titik,” katanya, Senin (29/4/2024) siang.

Adapun lokasi tempat parkir untuk kendaraan masyarakat dan tamu undangan pada acara Nobar tersebut antara lain, Taman Milenial dan jalan-jalan kecil menuju Lapangan Paseban.

"Selain itu, kami juga mempersilahkan masyarakat untuk parkir di halaman Mapolres Bantul," imbuh AKP Jeffry.

Sebagai bentuk antisipasi lain, juga akan diterjunkan personel Polres Bantul untuk mengatur lalu lintas dan pengamanan saat kegiatan Nobar tersebut berlangsung. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Sambang Pergudangan

Untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas di wilayah binaanya, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjon Aiptu Wawan Giyarto S.Psi melaksanakan patroli dan sambang. Kali ini menyambangi salah satu gudang di Dusun Blunyahan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Senin (29/4/2024).

Kegiatan sambang tersebut bertujuan untuk membangun sinergitas dan kemitraan antara Polri dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut ia bertemu dengan securty gudang sekaligus menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas. Diharapkan kehadirannya dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Apabila ada suatu permasalahan atau informasi sekecil terkait kamtibmas, segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek Sewon dengan nomor (0274) 445585,” pesannya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Pimpin Apel Pagi di Kalurahan, Kapolsek Imogiri Sampaikan Informasi Tentang Kamtibmas

Guna mewujudkan keamanan dan ketertiban, serta mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas, Polsek Imogiri memberikan imbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada Perangkat Kalurahan untuk diteruskan ke masyarakat luas, Senin (29/4/2024).

Hal tersebut dilakukan pada kegiatan apel pagi di Kalurahan wilayah Kapanewon Imogiri. Satu di antaranya digelar di halaman Balai kalurahan Kebonagung Imogiri, Bantul.

Pada kesempatan tersebut Kapoksek Imogiri dan para Kanit yang ditunjuk memberikan informasi tentang situasi kamtibmas di wilayah Kapanewon Imogiri.

Adapun kegiatan apel diikuti oleh Lurah, staf dan Dukuh. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Laksanakan Pengamanan Pentas Jatilan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistyono SH melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat berupa kesenian jatilan Turonggo Satrio, di Dusun Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Minggu (28/4/2024).

Pengamanan tersebut bertujuan agar selama pementasan kesenian jatilan berjalan aman dan lancar, serta tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

Ia juga berpesan kepada para penonton agar tetap menjaga ketertiban selama pentas seni jatilan berlangsung. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Jenguk Warganya Yang Sakit

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistiyono SH menunjukkan kepeduliannya dengan menjenguk warganya yang sakit, Minggu (28/4/2024).

Warga yang sakit yaitu Pak Walidi, warga Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Dalam kunjungannya, Bhabinkamtibmas Bripka Agustinus Sulistiyono SH menyampaikan keprihatinannya atas sakit yang diderita Pak Walidi.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mendoakan untuk kesembuhan dan kesehatan Pak Walidi agar bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Ia berpesan kepada pihak keluarga agar sabar, tabah dan merawat Pak Walidi dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, pihak keluarga mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang ditunjukkan oleh Babinkamtibmas Bripka Agustinus untuk datang menjenguk. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Kapolsek Bantul Hadiri Syawalan Purnawirawan Polri Ranting Bantul

Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos didampingi Bhabinkamtibmas Kalurahan Ringinharjo Ipda Wahyudi Sutanto menghadiri acara Syawalan Keluarga Besar Punawirawan Polri Ranting Bantul yang digelar di kediaman bapak Ngatijan, di Dusun Mandingan, Ringinharjo, Bantul, Minggu (28/4/2024).

Hadir di antaranya Purnawirawan Polri Ranting Bantul, Lurah Ringinharjo dan Dukuh Mandingan.

Dalam sambutanya, Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos menyampaikan bahwa syawalan adalah sebagai momentum untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, serta saling memaafkan dengan sesama untuk mempererat hubungan persaudaraan. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Hadiri Pertemuan Fordam Argodadi

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argodadi Aiptu Baryadi menghadiri pertemuan rutin dengan komunitas Fordam (Forum Argodadi Damai) di Dusun Ngepek, Argodadi, Sedayu, Bantul, Minggu (28/4/2024).

Komunitas Fordam merupakan salah satu mitra kamtibmas yang dibentuk di Kalurahan Argodadi. Tujuannya untuk membantu tugas Kepolisian dalam menjaga dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah Argodadi.

"Kami atas nama Polsek Sedayu mengucapkan terima kasih kepada Fordam yang turut aktif menjaga keamanan di wilayah Argodadi, semoga bisa selalu bersinergi untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," kata Aiptu Baryadi. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Polsek Sedayu Pengamanan Acara Mujahadah dan Sholawatan di Dusun Sumberan

Personel Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan acara Mujahadah dan Sholawatan di Dusun Sumberan, Argodadi, Sedayu, Bantul, Minggu (28/4/2024) malam.

Acara tersebut dalam rangka syukuran pernikahan salah satu warga setempat dengan mengundang Habib Anis bin Haidar bin Yahya dari Boyolali, Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Argodadi, tokoh masyarakat dan tokoh agamaserta jamaah pengajian.

Dalam pengamanan tersebut, Polsek Sedayu dibantu oleh Babinsa, Banser dan Rapi Sedayu. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Ayo Ramaikan..!! Polres Bantul bersama Pemkab Bantul Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Timnas Uzbekistan U-23

Polres Bantul bersama Pemerintah Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Gmedia akan menggelar acara nonton bareng (Nobar) pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 melawan Timnas Uzbekistan U-23 pada babak semifinal Piala Asia U-23.

Acara Nobar ini dijadwalkan berlangsung pada Senin, 29 April 2024 pukul 20.00 WIB, di Lapangan Paseban Bantul.

Kapolres Bantul AKBP Michael R. Risakotta SH SIK melalui Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn mengatakan, Timnas Indonesia U-23 telah mengukir sejarah baru dalam perjalanan mereka di Piala Asia U-23. Para pemain Garuda Muda berhasil melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Korea Selatan dalam drama adu penalti yang memukau pada Jumat, 26 April 2024.

Semangat Timnas Indonesia ke babak semifinal, kata AKP Jeffry, perlu dukungan kita semua, meskipun sekedar nonton bareng. Tetapi kita dapat menyaksikan sejarah pertandingan.

"Nobar diadakan di lapangan Paseban, untuk masyarakat Bantul dipersilahkan ikut meramaikan. Acara ini gratis, siapa saja boleh hadir," tuturnya, Minggu (28/4/2024).

Tetapi pihaknya juga mengimbau dan mengingatkan kembali agar masyarakat tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, serta tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas.

Sementara itu, terkait pengumuman dan pernyataan dari MNC Grup tentang larangan Nobar, AKP Jeffry menjelaskan bahwa pihak penyelenggara tentu menghormati pernyataan MNC Group selaku pemegang hak ekslusif.

"Kami juga sudah meminta persetujuan atau izin dari MNC Group bahwasanya akan mengadakan Nobar besok," katanya.

MNC Group dengan bangga memberikan dukungan penuh kepada Timnas U-23. Melalui saluran televisi RCTI dan platform streaming Vison+, dapat memastikan bahwa pertandingan-pertandingan Timnas U-23 dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“MNC Group memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyelenggarakan Nobar secara non-komersil dengan pengertian tidak boleh dimonetisasi atau dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi,” ujarnya.

Lebih jauh, menurut AKP Jeffry bahwa sepak bola bukan hanya tentang pertandingan di lapangan, tetapi juga tentang bagaimana bisa menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang untuk merayakan sebuah peristiwa besar.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk ikut partisipasi, namun tetap tertib dan tidak membuat gangguan kamtibmas.

Tak kalah pentingnya, masyarakat yang hadir diimbau agar tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama.

"Dilarang keras membawa benda yang membahayakan seperti senjata tajam maupun tumpul, atau laser pointer yang dapat mengganggu. Dilarang juga membawa minuman yang mengandung alkohol," tegasnya.

Polres Bantul, imbuhnya, tentu akan dengan tegas menyita dan mengamankan benda-benda yang berbahaya dan melanggar hukum.

28 April 2024

Polwan Polres Bantul Bagikan Nasi Kotak di Pasar Kliwonan dan Klithikan Bantul

Personel Polwan Polres Bantul membagi-bagikan nasi kotak di Pasar Kliwonan dan Klithikan Bantul, Minggu (28/4/2024) pagi.

Ipda Ervita yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat yang sedang menjalankan aktivitas.

“Kegiatan Minggu Kasih ini merupakan kegiatan rutin Polres Bantul untuk berbagi rezeki, serta sebagai bentuk rasa syukur kami karena telah diberikan kesehatan, keselamatan dan kelancaran dalam menjalankan tugas,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus sebagai sarana silaturahmi Polri dengan masyarakat.

“Ini merupakan bentuk kepedulian Polres Bantul. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat dan mendapat keberkahan. Kami juga berharap agar masyarakat lebih dekat dengan Polisi khususnya Polres Bantul,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Laksanakan Patroli Bersama di Objek Wisata Pantai Baru

Bhabinkamtibmas Kalurahan Poncosari Aipda Ali Murtopo bersama Babinsa dan anggota SAR Satlinmas Pantai Baru melaksanakan patroli di objek wisata Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Bantul, Minggu (28/4/2024).

Dalam patroli tersebut petugas juga memberikan imbauan dan pesan-pesan kamtgibmas kepada para pengunjung.

Antara lain, para pengunjung diimbau untuk tidak mandi di laut, serta menjaga barang bawaannya. Petugas juga berpesan agar ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat di kawasan pantai. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Hadiri Upacara Pembukaan Pesta Siaga Ranting Kwarran Kasihan Tahun 2024

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Aipda Budi Sunaryo SH menghadiri upacara pembukaan Pesta Siaga Ranting Kwarran Kasihan Tahun 2024 di Lapangan komplek SLB Negeri 1 Bantul, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Sabtu (27/4/2024).

Hadir di antaranya Penewu Kasihan, Ketua Gugus Depan Pramuka Bantul, Ketua Gugus Depan Pramuka Kasihan, Danramil Kasihan, Lurah Ngestiharjo dan Pramuka Siaga Kwarran.

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Pembimbing Kwarran Kasihan mengatakan bahwa Pesta Siaga Tahun 2024 ini menjadi langkah dalam membina generasi bangsa menjadi insan yang berkualitas kuat secara fisik dan mental.

“Sebagai tingkatan Pramuka di Indonesia yang paling muda, Pramuka Siaga dalam aktivitasnya menggunakan pola bermain penuh kegembiraan yang memiliki nilai pendidikan dan kreatifitas untuk menanamkan nilai-nilai positif bagi perkembangan peserta,” tuturnya.

Bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pesta Siaga Ranting Kasihan yang diikuti 350 siswa. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Potorono Hadiri Sosialisasi Pembangunan TPS3R Kalurahan Potorono

Bhabinkamtibmas Kalurahan Potorono Aiptu Maryadi menghadiri sosialisasi pembangunan TPS3R Kalurahan Potorono. Sosialisasi dilaksanakan di Gedung aula Kelurahan Potorono, Banguntapan, Bantul, Sabtu (27/4/2024).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Lurah Potorono Prawata bersama Carik serta para Dukuh, Ketua Bumdes, Ketua RT dan tokoh masyarakat.

Kegiatan sosialisasi tersebut menyampaikan tentang rencana pembangunan TPS3R di Padukuhan Mertosanan Kulon untuk menampung pengolahan sampah se Kalurahan Potorono. Yakni pengolahan sampah secara modern dan penyaluran residu pengolahan sampah yang sudah siap menampung sisa pengolahan sampah residu. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Sambangi Pos Kamling, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Ajak Warga Aktif Jaga Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendowoharjo Aiptu Wawan Giyarto bersama Babinsa Koramil 04/Sewon Sertu Pragiyanto melaksanakan sambang pos kamling di Dusun Rogoitan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Sabtu (27/4/2024).

Kedua personel Polri dan TNI tersebut secara rutin sambang pos kamling di wilayah tugasnya.

Dalam sambang tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Wawan Giyarto mengajak warga agar ikut berperan aktif menjaga kamtibmas salah satunya dengan aktif menggelar ronda malam.

Ia juga menerangkan bahwa keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas dari Kepolisian atau TNI saja. Namun seluruh warga masyarakat juga bisa berperan aktif menjaga situasi kamtibmas di lingkungan temapt tinggal.

“Keamanan dimulai dari level terkecil, paling tidak setiap warga bisa menjadi polisi dalam keluarga sendiri dan juga di lingkungan sekitar untuk bersama-sama menjaga kamtibmas,” pesannya. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Polsek Sewon Amankan Lomba Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Seri I dan Pertiwi Cup Tahun 2024

Personel Polsek Sewon melaksanakan pengamanan lomba pacuan kuda Piala Tiga Mahkota Seri I dan Pertiwi Cup Tahun 2024, Minggu (28/2/2024).

Kegiatan lomba ini berlangsung di Lapangan Pacuan Kuda, komplek Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul.

Kanit Samapta Polsek Sewon, Iptu Harjana megatakan, dalam pengamanan tersebut petugas Polsek Sewon melakukan pengaturan lalu lintas serta membantu menyeberangkan para penonton.

Selama kegiatan lomba berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)

Ipda Zaenal Mustaqim Laksanakan Safari Subuh di Masjid Nurul Islam Dusun Sabrangkali

Panit Binmas Polsek Bantul Ipda Zaenal Mustaqim melaksanakan Safari Subuh di Masjid Nurul Islam, Dusun Sabrangkali, Bantul, Bantul, Minggu (28/4/2024) pagi.

Safari Subuh secara rutin dilaksanakan setiap Ahad Kliwon bersama warga masyarakat, dilanjutkan pengajian kultum (kuliah tujuh menit) oleh Ipda Zaenal Mustaqim.

Melalui kultumnya, Ipda Zaenal Mustaqim menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada para jamaah.

Kegiatan Safari Subuh tersebut sebagai upaya menjalin hubungan silaturahmi dan meningkatkan sinergitas bersama warga masyarakat dalam rangka harkamtibmas.. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Hadiri Acara Syawalan TP PKK Kapanewon Banguntapan

Kapolsek Banguntapan yang diwakili Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aiptu Sutopo menghadiri acara syawalan TP PKK Kapanewon Banguntapan di Aula Kalurahan Singosaren, Banguntapan, Bantul, Sabtu (27/4/2024).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Emi Masruroh S.Pd. Hadir pula Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa S.Psi M.Psi, Panewu Anom Kapanewon Banguntapan, Ketua TP PKK Kapanewon Banguntapan, Ketua TP PKK Kalurahan dan Pengurus TP PKK Kapanewon Banguntapan.

Pada acara tersebut juga diisi materi pembinaan dan penyuluhan keluarga sakinah oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bantul. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Anggota Polsek Srandakan Laksanakan Pengamanan HUT Adiyiswa Klasis Yogyakarta Selatan Ke-15

Anggota Polsek Srandakan dipimpin Panit Intelkam Ipda Haryadi melaksanakan pengamanan acara HUT Adiyiswa Klasis Yogyakarta Selatan ke-15, Sabtu (27/4/2024).

Adapun acara tersebut digelar di Gereja Kristen Jawa Gunturgeni, Poncosari, Srandakan, Bantul.

Acara HUT Adiyiswa Klasis Yogyakarta Selatan ke-15 dihadiri oleh perwakilan jemaat umat Kristiani wilayah Bantul.

Selama acara berjalan lancar dan aman. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Kapolsek Sedayu Hadiri Pengajian Bertajuk "Kadibeso Bersholawat"

Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH menghadiri acara pengajian bertajuk Kadibeso Bershlawat yang digelar di Pondok Pesantren Fadhlillah, Dusun Kadibeso, Argodadi, Sedayu, Bantul, Sabtu (27/4/2024) malam.

Acara tersebut dalam rangka peresmian Pondok Pesantren Fadhlillah dan MTs Fadhlillah.

Hadir di antaranya Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Panewu Sedayu, Danramil Sedayu, Habib Syekh bin Abdul qodir Al Attas, KH. Yasin Nawawi, tokoh agama dan para jamaah.

Sementara itu acara pengajian diisi oleh penceramah KH. Damanhuri dari Pandak Bantul. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

27 April 2024

Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat

Sekolah Polisi Wanita bersama Lemdiklat Polri dan Quantum Akhyar Institute yang dipimpin oleh Ust. Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A., membuka program pelatihan pendidikan siswa Qur'ani. Program tersebut diperuntukan bagi siswa bintara Polwan.

Program di Sekolah Polisi Wanita memang tidak hanya memfokuskan pada pelatihan kepolisian, tetapi juga pada peningkatan iman dan taqwa, serta penguatan pondasi kehidupan melalui pengetahuan agama Islam. Para bintara polwan dididik bahwa moralitas yang kokoh adalah kunci dalam menjalankan tugas kepolisian dengan integritas dan keadilan.

Wakalemdiklat Polri, Irjen. Pol. Dr. Eko Budi Sampurno, M.Si., menyampaikan, program ini dirancang untuk menciptakan kader-kader kepolisian yang tidak hanya terampil dalam bidang keamanan, tetapi juga memiliki kedalaman spiritual yang kuat.

"Hari ini kita menyaksikan sebuah langkah revolusioner dalam pembangunan karakter kepolisian wanita kita," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/4/24).

Menurutnya, dengan menyatukan pengetahuan kepolisian dan pemahaman yang mendalam tentang agama, diyakini bahwa para siswa Polwan peserta pelatihan akan menjadi pilar-pilar kekuatan positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pentingnya integrasi antara keilmuan kepolisian dan pengetahuan agama sebagai fondasi yang solid bagi seorang anggota polisi menjadi makna dari program ini. Oleh karenanya, program pendidikan siswa Qur'ani ini akan berlangsung di Sekolah Polisi Wanita sebagai upaya konkret untuk mewujudkan visi kepolisian yang profesional dan berintegritas, yang tidak hanya berkompeten dalam bidang teknis, tetapi juga berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

“Dengan demikian, Al Qur'an akan menjadi panduan hidup yang utama bagi para anggota polisi, memandu mereka dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian dengan kebijaksanaan, keadilan, dan kecintaan kepada sesama,” ungkapnya.

Di antara bintara polwan yang menjadi peserta, terdapat  sosok Salma Maria Naifa yang menarik perhatian. Dia merupakan siswa Sespolwan yang menghafal Al-Quran.

Salma Maria Naifa, seorang siswa dari Jawa Tengah yang telah menghafal 30 Juz Al-Qur'an. Dia saat ini tengah menjalani pendidikan pembentukan bintara polwan angkatan ke-55 di Sekolah Polisi Wanita, menjadi fokus perhatian ketika diuji bacaan Al-Qur'an oleh Ust. Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A. dalam kesempatan tersebut.

Dengan kepiawaian dan ketelitian yang luar biasa, Salma berhasil menjawab semua tantangan yang diberikan dan mendapatkan pujian langsung dari Ust. Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A. Kepiawaian Salma dalam menghafal Al-Qur'an serta kemampuannya dalam membaca dengan baik menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya di Sekolah Polisi Wanita.

Prestasinya juga menunjukkan bahwa pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan siswa, bahkan dalam lingkungan pendidikan kepolisian. Salma Maria Naifa, dengan keahlian dan dedikasinya, membawa semangat baru dalam program pelatihan pendidikan siswa Qur'ani di Sekolah Polisi Wanita, menjadi contoh bagi generasi muda untuk mengejar prestasi dan mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Program tersebut dan Salma menjadi bukti kepiawaian polwan sebagaimana yang diutarakan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. Polwan dipandang telah menunjukkan kiprahnya yang luar biasa dalam berbagai bidang, baik operasional, pembinaan, pendidikan, maupun sosial.

“Polwan telah menjadi bagian penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Polwan juga telah menjadi garda terdepan dalam melindungi perempuan dan anak,” jelas Jenderal Sigit.

Pria Paruh Baya Ditemukan Meninggal Dunia di Kontrakannya, di Padukuhan Kedaton Pleret

Seorang pria paruh baya berinisial MJN (51) ditemukan telah meninggal dunia di rumah kontrakannya di Padukuhan Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, Jumat (26/4/2024).

Kapolsek Pleret AKP Wiyadi mengungkapkan, jasad MJN warga Margoyasan PA II/491 RT 029/07, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta ini, ditemukan sekitar pukul 20.00 WIB oleh dua orang temannya.

Awalnya, pada hari Rabu tanggal 24 April 2024, teman korban yang bernama Kuat Rinto Raharjo (54) masih berkomunikasi dengan korban melalui pesan WA untuk berencana pergi memancing ikan.

“Namun, keesokan harinya, yakni pada hari Kamis tanggal 25 April 2024 sekira pukul 07.00 WIB, korban meminta tolong keponakannya yang bernama Surya Indah Ika (21) untuk mengeroki, karena korban merasa tidak enak badan (masuk angin),” kata Kapolsek.

“Setelah dikeroki, korban langsung tidur di kamar kontrakannya. Sore harinya korban bangun untuk makan, kemudian tidur lagi,” imbuhnya.

Kemudian sekira pukul 18.25 WIB, lanjut Kapolsek, teman korban menanyakan lagi perihal rencana mancing ikan melaui pesan WA, namun tidak direspon oleh korban.

Selang sehari, pada hari Jumat tanggal 26 April 2024 pukul 16.10 WIB, Kuat Rinto Raharjo menelpon korban beberapa kali, namun tidak ada jawaban. Lalu, sekitar pukul 20.00 WIB, ia mendatangi rumah kontrakan korban.

Saat di rumah kontrakan tersebut, ia bertemu keponakan korban. Lalu mereka membangunkan korban yang diketahui sedang tidur di kamarnya.

“Namun saat dibangunkan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia dan terbujur kaku,” terangnya.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Pleret. Polisi yang tiba di lokasi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Sementara dari hasil pemeriksaan Inafis Polres Bantul dan petugas medis Puskesmas Pleret, tidak ditemukan adanya tanda kekerasan pada tubuh korban.

“Dari hasil pemeriksaan, korban diperkirakan telah meninggal dunia sekitar 24-36 jam yang lalu,” jelas Kapolsek.

Selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Hadiri Syawalan Kelompok Penambang Pasir Manual

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji bersama Babinsa menghadiri acara Syawalan Kelompok Penambang Pasir Manual di Trimurti, Srandakan, Bantul, Sabtu (27/4/2024).

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Eko Rustamaji menyampaikan sambutannya dan ucapan terima kasih atas kebersamaan kelompok penambang dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Terima kasih, mari bersama-sama kita jaga keamanan di lingkungan tempat tinggal agar tetap aman kondusif,” ucapnya. (Humas Polsek Srandakan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Sambangi Warga Yang Akan Gelar Resepsi Pernikahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistyono SH menyambangi rumah warga yang akan menggelar resepsi pernikahan di Dusun Kasihan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Jumat (26/4/2024).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Agustinus menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada warga.

Sementara itu, Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan sambang dan imbauan yang dilakukan Bhabinkamtibmas diharapkan dapat tercipta kamtibmas yang aman kondusif di wilayah binaannya.

“Hubungan yang harmonis antara aparat keamanan dan masyarakat juga menjadi kunci utama dalam menciptakan lingkungan yang aman kondusif,” ujarnya. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Melayat Meninggalnya Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistiyono SH bersama Babinsa Serda Fajrul melayat ke rumah duka Almarhumah Ny. Murjilah di Dusun Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Jumat (27/4/2024).

Ia juga menyampaikan turut berduka cita kepada pihak keluarga atas meninggalnya Almarhumah Ny. Murjilah.

Selain itu, Bhabinkamtibmas Bripka Agustinus Sulistiyono melakukan pengamanan selama acara takziah hingga pemberangkatan jenazah ke TPU. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Hadiri Acara Syawalan RT 02 Padukuhan Bantulwarung

Bhabinkamtibmas Kalurahan Bantul Aiptu Agus Bandianto menghadiri acara syawalan warga RT 02 Padukuhan Bantulwarung, yang digelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Bantul, Jumat (26/4/2024).

Hadir di antaranya Babinsa, Dukuh Bantulwarung, Ketua RT dan warga masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pembacaan ikrar syawalan oleh tokoh agama setempat dan dilanjutkan dengan pengajian.

Sementara itu, kehadiran Bhabinkamtibmas Aiptu Agus Bandianto dalam acara tersebut sekaligus bersilaturahmi, sehingga terjalin hubungan yang erat antara Polri dengan warga dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimulyo Bantu Evakuasi Pohon Tumbang Yang Menimpa Rumah Warga

Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimulyo Bripka Suwarno membantu proses evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Dusun Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Sabtu (27/4/2024) pagi.

Disampaikan, sekira pukul 06.00 WIB telah terjadi pohon tumbang yang menimpa rumah warga setempat.

"Pohon jati yang tumbang ini menimpa rumah milik bapak Teguh Wiyono, diduga tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang sejak semalam dan baru diketahui pagi ini," terang Bripka Suwarno.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini, namun rumah milik korban mengalami kerusakan pada bagian atap,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengimbau warganya untuk mewaspadai pohon-pohon yang sudah rapuh dan berada di lingkungan pemukiman warga.

“Hendaknya ditebang untuk mencegah kejadian serupa yang menimpa rumah warga,” pesannya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Bhayangkari Ranting Kretek Laksanakan Kegiatan Bhakti Sosial

Bhayangkari Ranting Kretek melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian sembako kepada warga kurang mampu di di Dusun Samiran, Parangtrtitis, Kretek, Bantul, Sabtu (27/4/2024) pagi.

Kegiatan bakti sosial kali ini dipimpin langsung oleh Ketua Bhayangkari Ranting Kretek Ny. Retno Haryanto dan didampingi Kapolsek Kretek AKP Haryanto SH MAP.

Sejumlah paket sembako yang dibagikan diharapkan dapat membantu untuk meringankan beban warga dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

Kapolsek Kretek Hadiri Acara Syawalan Bersama Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat

Kapolsek Kretek AKP Haryanto SH M.A.P menghadiri acara syawalan bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat di Balai Kalurahan Tirtomulyo, Kretek, Bantul, Kamis (25/4/2024).

Hadir di antaranya Kepala KUA Kretek Abu Yazid S.Pd.I, Kepala Puskesmas Kretek diwakili Kepala TU Yohanes Marwoto, Danramil Kretek Kapten Inf. Sukir, Lurah Tirtomulyo Ridwan Anas dan tokoh agama serta tokoh masyarakat wilayah Kretek.

Kegiatan syawalan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Tirtomulyo Ridwan Anas. Memasuki acara inti syawalan yaitu tausiyah dan pembacaan ikrar syawalan yang dipimpin oleh Ustadz Miftahul Khoir S.sos (Cak Coy) yang diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtosari Sambangi Pasar dan Berikan Imbauan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tirtosari Aipda Sigit menyambangi pasar tradisional, yaitu di Pasar Tegalpaten, Tirtosar, Kretek, Bantul, Jumat (26/4/2024).

Dalam kegiatan itu Bhabinkamtibmas Aipda Sigit memantau situasi kamtibmas di pasar tersebut. Ia juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada pengunjung pasar maupun pedagang agar selalu menjaga barang bawaan pribadinya.

Selain itu, Bhabinkamtibmas Aipda Sigit monitoring ketersediaan dan harga bahan pokok yang seperti beras, minyak, gula, sayuran, telur dan daging. (Humas Polsek Kretek Polres Bantul)

26 April 2024

Tim Gegana Sat Brimob Polda DIY Musnahkan Bubuk Mesiu Mercon Hasil Sitaan Polres Bantul

Tim Gegana Sat Brimob Polda DIY bersama Polres Bantul memusnahkan bubuk mesiu bahan petasan atau mercon, di kawasan Pantai Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul, Jumat (26/4/2024).

Bubuk bahan mercon yang dimusnahkan kali ini mencapai 31 kilogram dan merupakan barang bukti yang diamankan dari masyarakat melalui razia yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Bantul selama bulan Ramadan 1445 H.

Komandan Tim Gegana Jibom Gegana Satuan Brimob Polda DIY, Kompol Suripto yang dikonfirmasi menjelaskan, kegiatan kali ini adalah pemusnahan benda-benda yang berkaitan dengan bahan peledak, namun yang dilaksanakan ini adalah low explosive berbahan dasar KCLO4.

“Kegiatan ini adalah merupakan kegiatan disposal yang dalam hal ini memusnakan benda-benda yang berkaitan dengan bahan peledak baik low explosive maupun high explosive, namun yang akan kita laksanakan ini adalah low explosive yang berbahan dasar KCLO4,” jelasnya.

Adapun tujuan pemusnahan ini, lanjutnya, untuk mengamankan bahan peledak tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Pada kesempatan tersebut kompol Suripto mengimbau kepada warga masyarakat apabila masih menyimpan bahan-bahan petasan atau mercon agar segera saja melaporkan kepada pihak berwajib, yakni ke Polsek atau Polres setempat.

“Kami mengimbau kepada warga masyarakat apabila masih menyimpan bahan-bahan peledak ini, segera saja melaporkan kepada pihak berwajib dalam hal ini bisa ke Polsek atau ke Polres untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbaunya.

Kompol Suripto menambahkan, bahan peledak yang dimiliki masyarakat awam ini sangat berbahaya. Apalagi kalau kepemilikan oleh masyarakat dalam jumlah yang cukup banyak, bisa memicu terjadinya ledakan yang dapat menghancurkan bangunan rumah serta juga bisa menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Peristiwa meledaknya bahan baku mercon di Pandak, Bantul beberapa waktu lalu harus menjadi pelajaran bagi masyarakat.

Kendati bahan peledak tersebut jenis low explosive, lanjutnya, tetap bisa membahayakan jika jumlahnya banyak dan kemudian meledak.

“Makanya, yang aman adalah dimusnahkan, seperti kegiatan hari ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Bayu Sila Pambudi menegaskan, pemusnahan bubuk mesiu bahan baku petasan tersebut berasal dari hasil operasi selama bulan Ramdan 1445 H yang dilakukan oleh jajaran Polres Bantul.

“Dari giat operasi itu telah diamankan total sebanyak 31 kilogram mesiu bahan baku petasan,” bebernya.

Kasat Reskrim juga mengatakan, bahan peledak tersebut harus segera dimusnahkan. Sebab jika bahan peledak tersebut disimpan terlalu lama dan cara penyimpanannya tidak tepat akan sangat berisiko. (Humas Polres Bantul)

Pecah Ban, Truk Box Terguling di Depan Pasar Ngipik Banguntapan

Sebuah truk box dengan nopol AB 8056 QE terguling di depan Pasar Ngipik, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Kamis (25/4/2024) siang.

Kapolsek Banguntapan AKP Chandra Satria Adi Pradana menerangkan kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Truk box yang mengangkut 500 paket minyak goreng kemasan botol itu awalnya melaju dengan kecepatan sedang.

Sesampainya di lokasi kejadian, truk box tiba-tiba mengalami pecah ban pada bagian belakang sebelah kiri. Hal itu mengakibatkan truk hilang keseimbangan dan oleng ke kiri, hingga akhirnya terguling di badan jalan.

Sopir selamat dalam insiden tersebut. Sementara proses evakuasi terhadap truk dilakukan oleh Polisi dan dibantu warga setempat. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jambidan Laksanakn PSA di SD Negeri 1 Jambidan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Jambidan Ipda Basori melaksanakan kegiatan PSA (Polisi Sahabat Anak) di SD Negeri 1 Jambidan, Banguntapan, Bantul, Jumat (26/4/2024).

Hadir mengikuti kegiatan tersebut Ketua Komite SD Negeri 1 Jambidan, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Jambidan, POT Murid SD Negeri 1 Jambidan, Guru SD Negeri 1 Jambidan dan siswa-siswi SD Negeri 1 Jambidan.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkatibmas Ipda Basori memberikan materi tentang stop bullying. Hal ini untuk mencegah tindakan bullying di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Wakapolsek Banguntapan Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral

Wakapolsek Banguntapan AKP Sarim menghadiri kegiatan lokakarya mini lintas sektoral yang diselenggarakan Puskesmas Banguntapan II di Puskesmas Banguntapan II, Banguntapan, Bantul, Kamis (25/4/2024).

Hadir di antaranya Panewu Banguntapan I Nyoman Gunarsa S.Psi M .Psi, Danramil Banguntapan Kapten MB Barhaen Sancoko, Kepala Puskesmas Banguntapan II, Lurah beserta Pamong, TP PKK, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Lokakarya mini lintas sektoral sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kompleks yang memerlukan kolaborasi dan koordinasi antara berbagai pihak.

Pada lokakarya mini kali ini membahas program pengentasan stunting, kesehatan ibu hamil, KB, kesehatan reproduksi remaja dan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya Pokja Puskesmas II.

Dalam paparannya Kepala Puskesmas Banguntapan II mengajak kesadaran warga masyarakat akan pola hidup bersih dan sehat, serta mengaktifkan kembali Puskesmas Pembantu untuk menjangkau pelayanan kesehatan pada masyarakat. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Hadiri Syawalan dan Halal Bihalal Satlinmas

Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo SH menghadiri acara syawalan dan halal bihalal Satuan Linmas Kalurahan Ngestiharjo yang dilangsungkan di Balai Padukuhan Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Kamis (25/4/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Ngestiharjo, Pamong Kalurahan Ngestiharjo, perwakilan relawan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo , Babinsa dan anggota Linmas Kalurahan Ngestiharjo.

Pada saat mmeberikan sambutan, Bhabinkamtibmas Kalurahan Ngestiharjo mengimbau untuk senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama dan keamanan di lingkungan tempat tinggal. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)

Patroli Polsek Kasihan Sambangi Sekolahan

Patroli Polsek Kasihan yang dipimpin Panit Samapta Ipda Sigut Budi menyambangi SMP Negeri 3 Kasihan, Bantul, Kamis (25/4/2024).

Dalam kegiatan tersebut petugas menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada para siswa pada saat jam istirahat belajar.

Dengan sambang tersebut diharapkan dapat memantau situasi kamtibmas di lingkungan sekolah agar tertap aman kondusif. (Humas Polsek Kasihan Polres Bantul)