17 May 2024

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Laksanakan PSN di Padukuhan Singosaren I

Bhabinkamtibmas Kalurahan Singosaren Aiptu Sutopo melaksanakan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Padukuhan Singosaren I, Singosaren, Banguntapan, Jumat (17/5/2024) pagi.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama petugas dari Kapanewon Banguntapan, Puskesmas Banguntapan, Kalurahan Singosaren dan Kader Kesehatan setempat.

Dari kegiatan PSN kali ini diperoleh hasil ABJ (angka bebas jentik) sebesar 96,6 %. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Penulis: Fernanda
Editor: I. Sakbani

Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan kepada calon siswa Bintara Polri yang menjadi korban begal hingga jari tangannya putus di Kebun Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), Satrio Mukhti (18). Jenderal Sigit merekrut Satrio untuk ikut pendidikan Bintara Polri melalui jalur khusus disabilitas.

“Bapak Kapolri prihatin dengan kejadian yang dialami casis tersebut. Namun Bapak Kapolri pun bangga, casis tersebut memiliki keberanian melawan komplotan begal, dan casis tersebut tetap semangat ingin mengikuti rekrutmen,” kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5/2024).

"Sehingga Bapak Kapolri memberikan penghargaan kepada adik kita, Satrio Mukhti, diterima sebagai anggota Polri," lanjut Irjen Dedi.

Seperti diketahui, Satrio Mukhti dibegal di Jalan Arjuna, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Satrio sempat berduel melawan pelaku bersenjata golok.

"Awalnya saya tidak melihat dia bawa senjata tajam, jadi berantem pertama tidak membawa senjata tajam. Sempat satu lawan satu," ujar Satrio saat ditemui detikcom di rumahnya di Tanjung Duren Utara, Grogol, Jakarta Barat, Rabu (15/5).

Satrio mengungkapkan, awalnya, pada Sabtu (11/5), dia tengah berangkat untuk tes psikotes bintara Polri di SMK Media Informatika Pasanggrahan, Jakarta Selatan. Dia berangkat pukul 04.00 WIB karena tes dilakukan pada pukul 05.00 WIB.

"Pelaku itu satu motor tapi tiga orang. Pas berantem itu orang pertama kalah, tapi temannya yang tengah langsung turun dan ngeluarin senjata tajam," kata Satrio.

Pelaku yang membawa golok langsung mengayunkan senjatanya hingga ditangkis oleh Satrio. Akibatnya, jari kelingking korban hampir putus.

"Pertama pas dibacok saya nggak merasa tangan saya kena, karena saya merasa nangkisnya pegangan goloknya. Dua kali dibacok, tangan dan kaki, alhamdulillah saya pakai helm jadi kepala nggak kena," ujar Satrio.

Akibat pembegalan ini, Satrio mengalami luka parah di tangan. Jari kelingkingnya hampir putus karena menangkis golok.

"Kalau luka yang parah tangan, kaki juga cukup parah. Tulang kelingkingnya putus, tapi masih nyantel, pas operasi saya masih pegang jari saya," ucap Satrio.

Satrio akhirnya terjatuh. Sementara para pelaku berhasil membawa kabur motor dan ponsel miliknya.

Dengan kejadian yang dialaminya, Satrio berharap masih bisa mengikuti rangkaian tes bintara Polri. Satrio mengaku telah dua kali mengikuti tes bintara Polri. Menurut dia, menjadi polisi adalah cita-citanya sejak kecil.

"Dengan kejadian ini, jika mimpi saya harus terkubur saya ikhlas. Tapi kalau dengan kejadian ini saya bisa jadi anggota Polri, saya siap," tegas Satrio.

Pada kesempatan berbeda, Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Sutrisno menuturkan korban telah menjalani operasi penyambungan jari. "Sudah, sudah dioperasi. Sudah disambung," kata kepada detikcom, Selasa (15/5/2024).

Personel Polsek Bantul Ikuti Olahraga Bersama Instansi

Personel Polsek Bantul mengikuti kegiatan olahraga senam bersama instansi di Lapangan Trirenggo, Bantul, Jumat (17/5/2024) pagi.

Kegiatan olahraga bersama tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos mengatakan, anggota Polsek Bantul secara rutin mengikuti olahraga bersama instansi lain.

“Bukan hanya untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar, tetapi juga untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan sinergitas,” ujarnya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Penulis: Fernanda
Editor: I. Sakbani

Bhabinkamtibmas Tirtonirmolo Monitoring Penyerahan BLT DD

Bhabinkamtibmas Tirtonirmolo Polsek Kasihan Polres Bantul Dwi Nur Wahono melakukan pendampingan dan pengawasan dalam rangka penyerahan BLT-DD kepada warga penerimaan manfaat.

Penyerahan bantuan tersebut langsung diserahkan kepada warga penerimaan manfaat yang dilaksanakan di Balai Kalurahan Tirtonirmolo , Kamis (16/1
05/2024).

Pada kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas mengambil bagian untuk mendampingi dan menyerahkan Bantuan Langsung Dana Desa (BLT-DD) secara langsung kepada masyarakat yang layak untuk mendapatkan bantuan langsung dana desa.

Bhabinkamtibmas juga mengimbau kepada penerima manfaat agar memanfaatkan BLT-DD dengan sebijak mungkin dan sesuai kebutuhan.

Penulis : Puji
Editor : Ibnu

Kapolsek Piyungan Dampingi Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud S.I.Kom melakukan pendampingan terhadap kader jemantik yang sedang melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Wilayah Kalurahan, Srimartani, Piyungan, Bantul, Jumat (17/5/2024).

Di sela-sela kegiatannya AKP Amir Machmud mengatakan bahwa kegiatan PSN dilaksanakan sebagai upaya dalam menanggulangi dan mencegah perkembangan nyamuk demam berdarah di wilayah lingkungan Desa setempat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat agar masyarakat tidak mudah terserang penyakit, di antaranya penyakit demam berdarah,” jelas Kapolsek.

Selain untuk mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk yang menyebarkan penyakit Demam Berdarah, kegiatan PSN sebagai sarana untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara itu, di tempat yang berbeda Bhabinkamtibmas Srimulyo dan Bhabinkamtibmas Sitimulyo melakukan hal sama mengikuti kegiatan PSN di masing-masing wilayahnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Penulis : Puji
Editor : Ibnu

Melalui Program Jum'at berkah, Polsek Sedayu Bagikan Paket Makanan di Ponpes Tahfidz Hayyinul Qur'an

Melalui program Jum'at berkah yang dilaksanakan hari ini, Jumat (17/5/2024), Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH bersama anggotanya memberikan bantuan paket makanan di Ponpes Tahfidz Hayyinul Qur'an di Dusun Kaliurang Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Kapolsek Sedayu mengatkan, kegiatan jum'at berkah ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama. Selain itu, sekaligus untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat.

"Walaupun hanya sedikit, semoga apa yang telah diberikan kepada masyarakat dapat bermanfaat," ujarnya. (Humas Polsek Sedayu)

Penulis : Puji
Editor : Ibnu

Anggota Polsek Sedayu Laksanakan Olahraga Bersama Forkopimkap

Anggota Polsek Sedayu melaksanakan olahraga bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon (Forkopimkap) Sedayu di halaman Kalurahan Argosari, Sedayu, Bantul, Jumat (17/5/2024) pagi.

Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH mengatakan, kegiatan olahraga tersebut selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran juga sebagai sarana menjalin sinergitas kemitraan yang baik dengan instansi samping.

"Pelaksanaan olahraga ini untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjalin silaturahmi,” ujarnya. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Penulis: Fernanda
Editor: I. Sakbani

2 Hari Tak Masuk Kerja, Setelah Dijenguk, Pria Warga Dlingo Ini Sudah Tak Bernyawa

Seorang laki-laki berinisial JWP (30), warga Dlingo, Kabupaten Bantul ditemuakan dalam kondisi tak bernyawa.

Dua hari tidak kelihatan masuk kantor, membuat rekan-rekannya bertanya-tanya. Saat dua rekannya menjenguk ke rumah kontrakannya di Pleret, Bantul, ternyata JWP sudah meninggal dan dalam kondisi sudah membusuk.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widyana mengungkapkan, mayat tersebut ditemukan oleh teman korban yakni IS (26), asal Magelang, Jawa Tengah dan HBF (27), asal Madiun, Jawa Timur.

“Pada hari itu, sekira pukul 12.15 WIB, IS dan HBF datang ke kontrakan korban, dikarenakan korban tidak berangkat kerja sejak Senin (13/5/2024) lalu,” bebernya kepada awak media.

Namun, sesampainya di kontrakan korban, dua rekan korban itu marasa curiga.

Pasalnya, kontrakan dalam keadaan terkunci dan dari depan kontrakan tercium bau tidak sedap.

Setelah itu, IS mencoba menghubungi istri korban terkait hal tersebut.

Tak lama kemudian, istri korban datang ke kontrakan dan menghubungi petugas Polsek Pleret untuk mengecek kediaman kontrakan korban.

“Setelah dicek ke dalam kontrakan ditemukan bahwa korban dalam keadaan menggantung di kusen pintu kontrakan dan meninggal dunia,” ucapnya.

Dengan sigap, Polsek Pleret langsung menghubungi tim Inafis Polres Bantul dan Puskesmas Pleret untuk melakukan evakuasi da pemeriksaan terhadap tubuh korban.

“Dari hasil pemeriksaan, korban dinyatakan meninggal dunia, nemun tidak ditemukan tanda-tanda penganiyaan, sehingga meninggal dunia dikarenakan murni gantung diri,” jelas Jeffry.

Dari hasil identifikasi, tubuh korban itu sudah dalam kedaan membusuk, namun kulit masih utuh dan tulang leher diidentifikasi patah.

“Kemudian, korban diperkirakan meninggal dunia sejak dua hari yang lalu,” ungkap Jeffry.

Usut punya usut, korban meninggal dunia dengan cara gantung diri diduga karena masalah ekonomi.

“Selanjutnya, jenazah korban akan dikembalikan ke keluarga untuk menjalani proses pemakaman,” tandas Jeffry.

Penulis : Puji
Editor : Ibnu

Tabrakan 3 Motor di Jalan Jogja-Wonosari Bantul, 4 Orang Terluka

Kecelakaan yang melibatkan tiga unit motor terjadi di Jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di sebelah barat Puskesmas Piyungan, Bintaran, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Akibatnya, empat orang mengalami luka-luka.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jefrry Prana Widnyana menjelaskan, kejadian berawal saat motor bernomor polisi AB 4495 M yang dikendarai Sukamto (30), warga Nglipar, Gunungkidul, melaju dari arah barat ke timur pada pukul 17.15 WIB, Kamis (16/5). Sukamto lalu berupaya menyalip kendaraan di depannya.

"Di saat bersamaan, dari arah timur ke barat melaju motor lain dan karena jarak terlalu dekat keduanya bertabrakan," kata Jeffry, Jumat (17/5/2024) malam.

Motor yang ditabrak Sukamto bernomor polisi AB 5286 JR, dikendarai Gilang Bagas Saputra (22) berboncengan dengan Nanang Aryanto (21), warga Srimulyo, Piyungan. Akibat benturan itu, salah satu motor terpental dan mengenai satu motor lain.

"Motor AB 4495 M terpental dan menabrak motor AB 2361 RP, sehingga laka lantas tadi melibatkan tiga motor," ucapnya.

Pengendara motor bernomor polisi AB 2361 RP bernama Wiwik Rahayu (34), warga Ponjong, Gunungkidul. Amir menyebut Wiwik hanya mengalami luka lecet pada kaki dan sempat dirawat di RSPAU Hardjolukito.

"Sedangkan pengendara motor AB 4495 M mengalami luka lecet di kaki kiri dan memar di punggung. Pengendara motor AB 5286 JR mengalami luka terbuka di pelipis mata kiri dan lecet di tangan, pembonceng lecet di dahi," ucapnya.

Ketiga korban mendapatkan perawatan di RSPAU Hardjolukito. Akibat kecelakaan itu, dua motor mengalami kerusakan pada bagian bodi.

Penulis : Puji
Editor : Ibnu

Tabrakan Motor di Ring Road Bantul, 2 Orang Luka

Kecelakaan lalu lintas dua sepeda motor terjadi di Ring Road Selatan di Kapanewon Sewon, Bantul. Akibatnya dua orang mengalami luka-luka.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan kejadian berawal saat motor bernomor polisi AB 3974 JD yang dikendarai inisial H (37) warga Banguntapan, Bantul, melaju di jalur lambat Ring Road Selatan dengan kecepatan sedang sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu H melaju dari arah timur ke barat.

"Sampai di simpang tiga sate ambal Tegal Krapyak, Panggungharjo, Sewon, tiba-tiba ada motor melaju dari arah barat mau belok ke utara. Karena jarak yang terlalu dekat akhirnya kedua motor bertabrakan," katanya, Kamis (16/5/2024).

Adapun motor yang melaju dari arah barat bernomor polisi AB 3624 WF dikendarai P (46) warga Sewon, Bantul.

"Untuk pemotor (H) mengalami luka pada bagian kaki dan cedera kepala ringan, yang bersangkutan sudah menjalani observasi di PKU Muhammadiyah Bantul," ujarnya.

"Kalau pemotor satunya (P) mengalami luka pada bagian mulut dan tadi dibawa ke Klinik Gading Mantrijeron, Kota Jogja," lanjutnya.

Sementara itu kedua motor yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan.

Anggota Unit Lantas Polsek Sedayu Lakukan Pengamanan Lokasi Penebangan Pohon

Anggota Unit Lantas Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di lokasi penebangan pohon yang berada di Jalan Jogja-Wates, atau tepatnya di Dusun Kalakan, Argorejo, Sedayu, Bantul, Kamis (16/5/2024).

Kanit Lantas Polsek Sedayu Kompol Sarijan mengatakan, pohon yang ditebang tersebut karena sudah terlalu tinggi dan rawan tumbang sehingga membahayakan para pemakai jalan.

Sementara itu, kegiatan pengamanan tersebut agar penebangan pohon berjalan aman dan lancar, serta tidak menimbulkan kemacetan arus lalu lintas. (Humas Polsek Sedayu Polres Bantul)

Penulis: Fernanda
Editor: I. Sakbani

Polsek Kasihan Sambangi SMP Mataram Jelang Pengumuman Kelulusan

Dalam rangka menjaga situasi kamtibmas mengumumkan pengumuman kelulusan siswa sekolah, Kanit Binmas Polsek Kasihan Iptu Basuki bersama Panit Binmas dan Babinkamtibmas Tirtonimolo melakukan kunjungan ke SMP Mataram di Tirtonimolo Kasihan Bantul, Kamis (17/5/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kanit Binmas Polsek Kasihan berkoordinasi dengan kepala sekolah SMP Mataram Beliau menyampaikan kekhawatirannya tentang potensi aksi konvoi kendaraan oleh para siswa saat pengumuman kelulusan.

Hal ini dapat membahayakan keselamatan mereka sendiri maupun orang lain.

Oleh karena itu, Kanit Binmas meminta kepada pihak sekolah untuk menyampaikan himbauan kepada para siswa agar tidak melakukan konvoi kendaraan.

Beliau juga mengajak pihak sekolah untuk meningkatkan pengawasan terhadap para siswa, terutama pada saat pengumuman kelulusan. Selain itu, Kanit Binmas meminta kepada pihak sekolah untuk berkoordinasi dengan aparat kepolisian jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Orang Tua Anggota Meninggal Dunia, Kapolsek Kasihan Beserta Anggota Melayat ke Rumah Duka

Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH beserta anggotanya melayat ke rumah duka Ibu dari Aiptu Yusuf S Panit Intelkam Polsek Kasihan di Dusun Sawunga RT 01 Bambanglipuro, Bantul, Rabu (15/05/2024).

Ibj Sri Hastuti merupakan ibu dari Aiptu Yusuf S Panit Intelkam Polsek Kasihan yang meninggal dunia pada hari Selasa 14 Mei 2024 karena sakit.

Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya almarhum.

"Kami Keluarga Besar Polsek Kasihan berbelasungkawa atas meninggalnya almarhum. Semoga almarhum husnul khotimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta keikhlasan," ucapnya. (Humas Polsek Kasihan)

Penulis : Puji

Editor : Ibnu



16 May 2024

Polri Turunkan Pasukan Berkuda Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Polri menurunkan Detasemen Turangga atau pasukan berkuda dalam Operasi Puri Agung 2024 guna mengamankan penyelenggaran Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024.

Kasubsatgas Sterilisasi Satgas Preventif Operasi Puri Agung 2024, Kombes Harri Muharram Firmansyah mengatakan, pasukan berkuda ini berasal dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri.

"Ada 4 kuda yang disiapkan berasal dari Polda Bali. Jenis kudanya warmblood berasal dari Belanda," kata Harri di Bali, Kamis (16/5/2024).

Harri mengatakan, pasukan berkuda ini ditempatkan pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya preventif, diantaranya patroli khususnya di jalur atau sekitar ITDC dimana menjadi tempat pelaksanaan World Water Forum.

"Detasemen Turangga atau pasukan berkuda ini untuk melaksanakan kegiatan yang sifatnya atau medannya yang tidak bisa dilalui kendaraan. Oleh karena itu bisa menggunakan Turangga ini namun pada pelaksanaan event ini melaksanakan patroli yang sifatnya jaraknya sedang," katanya.

Tak hanya pasukan berkuda, pihaknya juga mengerahkan sebanyak 34 anjing pelacak atau K9 yang diturunkan untuk mengamankan mulai dari Pelabuhan Gilimanuk hingga Ketapang. Lalu sampai perbatasan NTB guna mencegah preventif kejahatan.

Sementara itu, drh Nadia Kamila selaku dokter hewan mengatakan, pihaknya harus mempersiapkan kondisi kuda yang diturunkan secara maksimal, dengan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin.

"Hal ini untuk menghindari dropnya kondisii menghadapi perubahan cuaca. Kita tidak sendiri tapi juga bekerja sama dengan para pawangnya," katanya.

TNI-Polri Gelar Apel Pasukan Pengamanan World Water Forum Ke-10 di Bali

 

TNI dan Polri menggelar apel gelar pasukan terkait pengamanan event Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024. Apel gelar pasukan digelar di Lapangan Niti Mandala Renon hari ini, Rabu (15/5/2024).

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran selaku Kepala Operasi Puri Agung 2024 mengatakan, apel gelar pasukan kali ini untuk  memastikan kesiapan personel TNI Polri dalam mengamankan WWF.

"Sebelum apel gelar pasukan ini kita rapat personel yang sifatnya detail, lalu ada Tactical Floor Game (TFG) dan Latihan Pra Operasi. Hari ini gelar pasukan mengecek kesiapan personel dan peralatan mengamankan acara," kata Fadil.

Fadil mengatakan, sistem pengamanan yang dilakukan terpadu dengan semangat sinergis. Pada ring 1 akan dilakukan Paspampres, ring 2 TNI dan ring 3 akan dilakukan Polri dimana akan mengamankan tamu VIP beserta kegiatan lainnya di luar main event.

"Konsep ini biasa dilakukan dengan teman-teman TNI. TNI membentuk satgas dan kami menggelar Operasi Puri Agung," katanya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan, event WWF ini sangat penting karena membicarakan isu air. Menurutnya, isu air, pangan dan energi merupakan isu krusial untuk saat ini dimana dunia harus satu suara.

Nantinya ada 43 kepala negara yang direncanakan hadir. Kemudian 4 organisasi internasional dan 194 Menteri negara dan tentu dari menteri kabinet Indonesia maju.

"Polri melibatkan 5.791 personel dengan dilengkapi command center diharapkan lebih optimal pelaksanaan tugas," ucapnya.

Lebih lanjut, Fadil mengatakan, untuk jadwal kedatangan peserta dan tamu negara sudah ada. Nantinya sudah ada tim Walrolakir mengantar dari bandara menuju tempat registrasi dan akomodasi.

"Kepala negara tiba tanggal 18 ada tim yang menerima dan Polri dilibatkan sebagai petugas pengawal tamu VVIP. ring 3 melakukan pengamanan sterilisasi dimana nanti ada unit k9, polisi pariwisata, polisi obvit, sabhara yang bertugas memberikan rasa aman dan nyaman," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Fadil mengatakan atas nama Kapolri dan Polri mengucapkan apresiasi kepada masyarakat Bali atas dukungan dan pengertiannya selama penyelenggaraan WWF berjalan lancar dan aman.

Ia pun mengimbau agar tetap menjaga kondusivitas situasi selama penyelenggaraan WWF dan meminta maaf jika nanti adanya pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas yang sifatnya situasional.

"Kegiatan ini (WWF) kita tak mau mengganggu aktivitas wisata yang menjadi urat nadi ekonomi Bali. Kami ingin jadikan contoh ada event tak ada gangguan tapi ada dampak buat masyarakat," katanya.

Ia pun menjelaskan, nantinya akan ada 17 ribu peserta yang akan hadir dalam WWF. Hal ini tentu berdampak pada perekonomian masyarakat Bali.

"Mudah-mudahan balancing keduanya antara perekonomian menggeliar dan isu air bisa membawa kesejahteraan bagi kita semua," katanya.

Sementara itu, Pangkogabwilhan II Marsekal Madya TNI Muhammad Khairil Lubis mengatakan, kegiatan KTT WWF ini sudah berlangsung beberapa tahun sebelumnya yang mana tahun ini Indonesia jadi tuan rumah.

Permasalahan air, katanya, tak terlepas dari isu global warming yang memang dari 15 tahun lalu dari zaman SBY presiden sudah mengingatkan dan memang sudah kita rasakan bahwasanya global warming itu nyata.

"Air kita sudah berkurang karena hutan kita sudah gundul, banjir akhirnya sering terjadi dengan longsor dan sebagainya," ujarnya.

Dengan kehadiran beberapa kepala negara, ia berharap pembicaraan masalah air untuk kesejahteraan bagi masyarakat bisa terselesaikan.

Khairil menuturkan, kegiatan KTT ini sudah berkali-kali dilakukan di Bali. Ia pun bersyukur kepada masyarakat Bali yang memang sangat welcome untuk kegiatan ini.

"Dengan sistem keamanan yang TNI Polri lakukan yang udah ada pembagiannya dengan kekuatan alusista yang dikerahkan, kita berharap ini dapat berjalan dengan aman dan lancar dengan kita tetap mengantisipasi adanya gangguan sekecil apapun," ujarnya

Jamin Keamanan WWF ke-10 di Bali, Polri Aktifkan Posko Command Center 91

Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali aktifkan Command Center 91 selama Operasi Puri Agung 2024 berlangsung. Posko yang berada di komplek ITDC Nusa Dua, Bali ini untuk menjamin keamanan kegiatan KTT World Water Forum (WWF) berjalan dengan lancar.

"Operasi Puri Agung merupakan operasi kepolisian terpusat, yang mana operasi ini dengan Sandi Puri Agung sengaja dibentuk, operasi ini guna menjamin pemeliharaan keamanan yang dilaksanakan selama KTT World Water Forum berlangsung," kata Kepala Posko Command Center 91 Operasi Puri Agung 2024, Brigjen Pol Muhammad Firman di Posko Command Center 91, Kamis (16/5/2024).

Firman menerangkan, sebanyak 5.791 personil yang tergabung dalam 8 satgas dan 2 satgas wilayah dikendalikan melalui Posko Command Center 91. Selain itu, dari posko ini juga dapat menonitor langsung setiap kegiatan di mana seluruh anggota sudah disebar di seluruh klaster. Ia mengatakan  ada lima klaster yang menjadi objek pengamanan yaitu Klaster Nusa Dua Utara, Nusa Dua Selatan, Jimbaran, Kuta dan Sanur.

"Kemudian untuk memonitor kegiatan pengamanan ini tidak hanya objek kegiatan tapi di objek-objek penginapan para delegasi nanti," terangnya.

Firman melanjutkan, posko Command Center 91 juga terkoneksi dengan kamera CCTV yang berada di Bali. Para petugas sambungnya, pada saat diperlukan untuk melaksanakan kegiatan di lapangan bila ada permasalahan, ancaman dan gangguan di lapangan dapat dikendalikan dengan cepat.

"Anggota sudah disebar berdasarkan surat perintah yang sudah dikeluarkan, kemudian untuk memonitor dan melaporkan situasi ada beberapa alat komunikasi untuk memonitor mereka, berupa HT, kemudian CCTV yang terkoneksi dengan posko, kemudian CCTV yang terpasang di objek-objek tertentu, kemudian HT yang terkoneksi video analytic itu saja," bebernya.

Dirinya mengatakan, keberadaan posko ini untuk menjamin kegiatan aktivitas masyarakat tidak terganggu selama KTT WWF berlangsung mulai 18-25 Mei besok. Menurutnya, masyarakat di Pulau Dewata juga telah terbiasa dengan adanya event nasional maupun internasional.

"Keberadaan operasi ini menjamin aktifitas dari masyarakat tidak terganggu, kemudian menjamin pelaksanaan KTT ini berlangsung dengan aman. Sehingga beriringan ini tentunya pengendalian anggota di lapangan tidak sampai mengganggu aktifitas Masyarakat juga di lapangan," tutur Firman.


"Kami berharap masyarakat Bali tentunya terkhusus mendukung kegiatan ini dan sama-sama kita menjaga sehingga event internasional ini sebagai citra kita di mata Internasional dapat kita bawa lebih baik," tambahnya

Polsek Banguntapan Berikan Pembinaan Tentang Pencegahan Judi Online

Untuk mencegah maraknya kegiatan judi online, Polsek Banguntapan melalui Panit Reskrim Ipda Windarto S.kom memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat. Kali ini sasarannya para karyawan di Qhomemart, Banguntapan, Bantul, Rabu (15/5/2024 ).

Pada kesempatan tersebut Ipda Windarto menginformasikan dan menjelaskan bahwa pelaku judi online dapat dijerat Pasal 27 Ayat 2 UU ITE dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun penjara dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan imbauan kepada warga masyarakat agar menghindari segala bentuk perjudian demi terciptanya kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum Polsek Banguntapan.

“Salah satu timbulnya gangguan kamtibmas juga dipengaruhi oleh adanya aktivitas perjudian,” ungkapnya.

Disamping itu, ia juga menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan monitoring di wilayahnya terkait segala bentuk aktivitas perjudian.

“Kami juga secara insentif melakukan monitoring, dan tidak segan untuk melakukan tindakan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya. (Humas Polsek Banguntapan Polres Bantul)

Penulis: Fernanda
Editor: I. Sakbani

Kanit Propam Polsek Imogiri Hadiri Pertemuan Kaum Rois

Kapolsek Imogiri yang diwakili Kanit Propam Aiptu Purnama Eka Wahyudi menghadiri kegiatan pemberdayaan kaum rois Kapanewon Imogiri, di Gedung Graha Kalurahan Kebonagung, Imogiri, Bantul, Kamis(16/5/2024) pagi.

Hadir di antaranya Bupati Bantul H. Halim Abdul Halim Muslih, Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, Kabag Kesra Kabupaten Bantul, Lurah, Kaun Rois Kapanewon Imogiri, Kepala KUA  Imogiri Ahmad Rois Wizda, serta Danramil Imogiri diwakili Serka Ngatijo.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Bantul memberikan apresiasi kepada para kaum rois atas peran sertanya dalam menjaga kerukunan beragama dan kamtibmas yang aman kondusif. (Humas polsek Imogiri Polres Bantul)

Penulis: Fernanda
Editor: I. Sakbani

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Laksanakan Pengamanan Pawai Mobil Hias TK Pembina Manding

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aiptu Moh Riyadi bersama Babinsa melaksanakan pengamanan kegiatan pawai mobil hias TK Pembina Manding, yang start dan finish di TK Pembina, manding, Sabdodadi, Bantul, Kamis (16/5/2024) pagi.

Kegiatan pawai mobil hias diikuti 10 mobil pick upyang dihias. Adapun kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hardiknas.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Moh Riyadi mengingatkan para peserta agar tertib selama mengikuti pawai. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Penuluis: Fernanda
Editor: I. Sakbani

Polsek Piyungan Gelar Kegiatan Rutin Pos Pagi

Personel Polsek Piyungan melaksanakan kegiatan rutin pos pagi di tempat-tempat yang telah ditentukan guna membantu kelancaran arus lalu lintas di pag hari, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan pos pagi tersebut sebagai bentuk komitmen Polsek Piyungan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta untuk mencegah terjadinya laka lantas dan kemacetan lalu lintas.

Kapolsek Piyungan AKP Amir Machmud S.I.Kom mengatakan bahwa dengan kehadiran personel Polsek Piyungan turun ke jalan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan serta menciptakan kamseltibcar lantas di wilayah Piyungan, Bantul.

“Personel yang tergelar melakukan pengaturan lalu lintas dan menjadikan sosok Polisi yang humanis, hadir untuk memberikan pelayanan masyarakat,” ujarnya. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Penulis: Fernanda
Editor: I. Sakbani

Patroli Polsek Kasihan Laksanakan Patroli ATM Berikan Rasa Aman

Personel Polsek Kasihan dipimpin Panit samapta Aiptu Gunawan H melaksanakan patroli kewilayahan antisipasi gangguan kamtibmas dan tindak kriminalitas dengan sasaran kantor perbankan maupun ATM yang ada di wilayah Kapanewon Kasihan, Bantul, Rabu(16/5/2024).

Hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya pembobolan ataupun aksi skimming ATM. Selain itu juga memberikan rasa aman dan nyaman terhadap warga yang akan menggunakan ATM.

Pada patroli tersebut petugas secara dialogis menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada security agar senantiasa berhati-hati dan waspada dalam setiap tugas pengamanan, baik siang maupun malam hari.

Diingatkan pula agar Satpam selalu mengawasi CCTV. Apabila ada hal yang mencurigakan segera melaporkan ke Kepolisian terdekat.

Diharapkan dengan kegiatan patroli tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan bertransaksi menggunakan mesin ATM pada malam hari. (Humas Polsek Kasihan)

Penulis : Puji
Editor : Ibnu

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Ikuti Sosialisasi Penanganan Stunting dan Gizi

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji mengikuti kegiatan Sosialisasi Penanganan Stunting dan Pemberian Gizi untuk anak anak yang terindikasi Stunting warga kalurahanTrimurti Srandakan Bantul, Kamis (16/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut anak anak  yang terindikasi stunting di ukur tinggi dan berat badan serta diberikan makanan tambahan Susu,Sayur,dan Nutrisi untuk memperbaiki Pertumbuhan anak giat tersebut bukti kepedulian polri beserta instansi terkait untuk menanggulangi bersama sama (Humas Polsek Srandakan)

Penulis : Humas Polsek Srandakan
Editor : Puji

Kapolsek Kretek Hadiri Pembukaan Turnamen Bola Voli Metuk #6 Tarkam Tahun 2024

Kapolsek Kretek AKP Haryanto, SH.,M.A.P menghadiri acara pembukaan Turnamen Bola Voli Metuk #6 tarkam tahun 2024 yang diselenggarakan di lapangan bola voli metuk, Donotirto, Kretek, Rabu (15/5/2024).

Turut hadir dalam pembukaan turnamen bola voli metuk antara lain Ketua komisi D DPRD Kab Bantul Fraksi PDI P Bpk Suratman S.T, Kabid Perwasitan PBVSI Kab. Bantul Parjono, Kabid Pelatihan PBVSI Kab Bantul Kasmadi, Lurah Donotirto H.Jurahimi, Bhabinkamtibmas Donotirto Aiptu Sri Sukamto, Bhabinsa Donotirto Serda Eka Purwanta dan Serda Ari Susanto, Dukuh Metuk Agus Hasta Pranata.

Kegiatan turnamen kali ini merupakan turnamen antar padukuhan yang diikuti oleh beberapa tim dari 5 Kapanewon di wilayah Bantul meliputi Kretek, Sanden, Pundong, Pandak, Bambanglipuro.

Adapun penanggung jawab kegiatan turnamen bola voli metuk Bapak istono mengatakan turnamen ini digelar untuk mencari bibit-bibit atlet voli yang nantinya dipersiapkan untuk ke jenjang profesional dan bisa mengharumkan nama kabupaten Bantul di kancah voli nasional maupun internasional.
(sie humas polsek kretek)

Penulis : Humas Polsek Kretek
Editor : Puji

Polsek Sedayu Gelar Patroli Pantau Objek Vital

Guna mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya tindak kriminal dan gangguan kamtibmas lainnya, anggota Polsek Sedayu melaksanakan patroli ke objek vital (obvit), Rabu (15/5/2024) malam.

Patroli obvit mengarah di area perbankan, ATM, perkantoran, perumahan, Pertamina dan obvit lainnya yang ada di wilayah Sedayu.

Pada kesempatan lain, Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto mengatakan bahwa kegiatan patroli ini rutin dilaksanakan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan kriminal.

Selain itu patroli semacam ini bertujuan untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. (Humas Polsek Sedayu)

Penulis : Humas Polsek Sedayu
Editor : Puji

Wujud Empati Serta Peduli, Kapolsek Kasihan Jenguk Anggotanya Yang Sakit

Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian, Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH beserta anggota menjenguk anggotanya yang sedang sakit dan di rawat di salah satu Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul, Rabu ( 15/05/2024).

Kapolsek Kasihan Kompol Nandang Rochman SH MH mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian sosial kepada anggota, sekaligus menjalin hubungan silaturahmi dan kebersamaan antar anggota dan pimpinannya.

Masih dikatakan Kapolsek, bahwa anggotanya yang sedang sakit yaitu Personil Samapta Aiptu Rusiyanta yang mana sudah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit.

“Saya bersama anggota Polsek Kasihan mendoakan agar Aiptu Rusiyanta segera sembuh dan dapat beraktfitas seperti sedia kala.” Tegas Kapolsek.

Kapolsek menambahkan bahwa apa yang kami lakukan sebagai dukungan moril dan wujud kepedulian serta kebersamaan baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam hubungan kekeluargaan. Jadi apabila ada anggota sakit kita kunjungi dan berikan motifasi agar cepat sembuh.

“Kita ini adalah keluarga besar, di rumah saya punya keluarga dan di kantor saya pun punya banyak anggota. Itulah keluarga besar saya,” jelas Kapolsek

Sementara itu, Aiptu Rusiyanta menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kapolsek Kasihan dan Anggota bahwa ditengah kesibukannya disempatkan untuk menjenguk saya, Kunjungan yang dilakukanya menambah semangat saya untuk sembuh dan tak lupa saya ucapkan juga untuk jajaran personil polsek kasihan yang sudah memberikan dla ucapan untuk kesembuhan saya.

“Mohon doanya dari Kapolsek dan anggota agar saya diberi kesembuhan dan bisa melaksanakan aktifitas kembali,” jelas Aiptu Rusiyanta.

Bhabinkamtibmas Timbulharjo, Sambang Di SMP Negeri 1 Sewon

Salah satu upaya yang dilakukan Bhabinkamtibmas untuk terus menjalin kemitraan yang baik dengan lapisan masyarakat maupun di dunia pendidikan, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan sambang.

Pagi ini, Bhabinkamtibmas Timbulharjo, Aipda Yoyok Hendratmoko,S.H., melaksanakan kegiatan sambang sekolah, kali ini sambang yang di laksanakan di SMP Negeri 1 Sewon, Jl. Parangtritis, Dadapan, Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul.

"Kegiatan ini untuk menjalin kemitraan dan mendekatkan diri dengan dunia pendidikan yang ada di wilayah, sekaligus memberikan motivasi dan semangat belajar kepada para siswa dan siswi di sekolah tersebut," ungkap Yoyok.

Pada kesempatan ini saya juga berpesan kepada siswa untuk belajar secara sungguh-sungguh, patuh, disiplin, sopan dan santun kepada orang tua dan guru ataupun kepada orang yang lebih tua. Itu akan menunjukan bahwa pelajar SMP Negeri 1 Sewon merupakan siswa yang memiliki akhlak yang baik, imbuhnya

“Adik-adik adalah generasi penerus bangsa, yang menjadi harapan generasi tua. Dan nantinya melanjutkan perjuangan, melanjutkan misi pembangunan ini. Tanggungjawab pembangunan ada di pundak kalian," jelas Aipda Yoyok. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Laksanakan giat Pembinaan dan Penyuluhan Kenakalan Remaja

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trimurti Bripka Eko Rustamaji dipimpin Panit Bimas Aiptu Ashar Mustaqim laksanakan giat Pembinaan dan Penyuluhan Kenakalan Remaja  dan Kejahatan Jalanan yang diikuti oleh Ibu ibu Pengajian warga Padukuhan Proketen Trimurti Srandakan Bantul, Rabu (15/5/2024).

Dalam giat tersebut warga sangat antusias dalam menerima arahan dari anggota polri karena karena saat ini sedang marak maraknya tentang kenakalan remaja dan kita harus bisa mengawasi anak anak remaja kita agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja yang rata rata kurang perhatian dari orang tua maupun terlalu bebas dalam fasilitas dari orang tua terutama dalam kendaraan bermotor dan juga dalam bermedsos. (Humas Polsek Srandakan)

Layani Masyarakat, Polsek Srandakan Atur Lalu Lintas Pagi Hari

Pelayanan kepada masyarakat tidak mengenal waktu. Dimulai dari pagi hari hingga malam. Kegiatan pengaturan lalu lintas, awal untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang beraktifitas di pagi hari sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman serta untuk menghindari terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas utamanya bagi warga yang akan menyeberang jalan, Kamis (16/5/2024).

Anggota Polsek Srandakan Bantul terlihat mengatur lalu lintas pada titik yang telah ditentukan untuk membantu masyarakat dan ketika hendak menyeberang jalan, petugas juga melakukan pengaturan terhadap kendaraan yang beraktifitas di jalan raya.

Kegiatan pengaturan yang merupakan protap setiap pagi ini telah dilaksanakan oleh anggota Polsek Srandakan sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan pengaturan lalu lintas tersebut dilakukan secara terus menerus khususnya saat hari kerja untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalu lintas. Masyarakat juga dihimbau untuk mematuhi segala bentuk peraturan dalam berlalu lintas agar tidak mengganggu pengguna jalan lain. (Humas Polsek Srandakan)

Polsek Imogiri Amankan Majelis Sholawat dan Pengajian Bersama di Mushola Masyitoh Dusun Sindet

Personel Polsek Imogiri Polres Bantul melaksanskan pengamanan kegiatan masyarakat berupa Majelis Sholawat dan Pengajian Bersama di halaman Mushola Masyitoh Dusun Sindet Rt 01 Wukirsari, Imogiri, Bantul, Kamis (7/5/2024) malam.

Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh panitia pengajian dan pengurus mushola Rusmanto dalam rangka Syawalan Agung Dusun Sindet Wukirsari Imogiri.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Al Habib Musthafa Sayyidi Baraqbah, Lc.selaku penceramah dan pimpinan majlis Sholawat, Panewu Imogiri Slamet Santoso S.I.P, Kapolsek Imogiri yang diwakili Kanit Binmas Polsek Imogiri AKP Pariyem, Lurah Wukirsari Susilo Hapsoro S.E, Dukuh Dusun Sindet Wukirsari Imogiri Nur Khoironi, Dukuh Sindet Trimulyo Jetis Muji Widodo

Dalam melaksanakan pengamanan personel gabungan Polres Bantul dan polsek imogiri bersama TNI dan relawan  yang dihadiri sekitar 2000 jamaah sholawat selesai berjalan aman. (Humas polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Takziah di Rumah Salah Satu Warga di Badegan

Bhabinkamtibmas Desa Bantul Aiptu Agus Bandianto takziah di rumah salah satu warga masyarakat yang meninggal dunia sebagai wujud rasa kepedulian di Badegan Rt 05 Bantul, Rabu (15/05/2024) siang.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Bantul  mengucapkan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum dan kepada keluarga. Semoga almarhum ditempatkan disisi Allah SWT dan diampuni segala dosa-dosanya, serta keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan.

Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos mengatakan bahwa, kegiatan takziyah tersebut sebagai upaya Kepolisian untuk lebih mendekatkan diri dengan warga masyarakat dan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga, serta bentuk rasa empati terhadap keluarga almarhum. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Laksanakan Sambang di SMP Patria Bantul

Bhabinkamtibmas kelurahan Sabdodadi Aiptu Moh Riyadi laksanakan sambang di SMP Patria Bantul, Rabu (15/5/2024) siang.

Bhabinkamtibmas kalurahan Sabdodadi Aiptu Moh Riyadi memberikan himbauan kepada  Kepala sekolah dan Guru SMP Patria Bantul agar sepulang ASPD  jangan sampai siswa-siswi didiknya terlibat konvoi kendaraan dan tawuran atau ikut genk motor,yang merugikan diri sendiri dan pihak sekolah, Bhabinkamtibmas  melakukan pendekatan  dengan pihak Sekolah untuk bersama-sama mengawasi anak didiknya ( pelajar) ketika selesai pulang Sekolah, untuk antisipasi tawuran atau korban dari tawuran, agar ketika kembali kerumah dengan nyaman tenang dan selamat sampai tujuan,

Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos mengatakan kehadiran Anggota Polri / Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat maupun dilingkungan Sekolah untuk saling memberi kepercayaan antara Sekolah dengan Polri, agar jika akan terjadi sesuatu dilingkungan Sekolah ataupun diluar Sekolah, selesai bubaran Sekolah bisa saling menginformasikan kejadian apapun, agar  bisa cepat ditangani, dan jika ada kegiatan apapun di Sekolah bisa informasikan, agar Bhabinkamtibmas bisa hadir di kegiatan apapun di dalam lingkungan Sekolah atau diluar Sekolah serta untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri. (Humas Polsek Bantul)

15 May 2024

Bhabinkamtibmas Tamantirto Hadiri Sinau Pancasila di RM Nairin

Bhabinkamtibmas Tamantirto Polsek Kasihan Bripka Agustinus Sulistiyono SH menghadiri Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) DIY dilaksanakan di Rumah Makan Nairin Bangunjiwo Kasihan, Bantul, Selasa (15/5/2024).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kecamatan Kasihan dengan Badan Kesbangpol DIY dengan tema

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Kesbangpol DIY, Panewu Kasihan, FKUB Wil Kasihan, Perwakilan Tomas Wil Kasihan, Perwakilan Kadus , Perwakilan Karang Taruna , Perwakilan Linmas, Perwakilan PKK, Babinsa Kal Tamantirto dan Bhabinkamtibmas Kal Tamantirto

Kegiatan sinau Pancasila diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan  Indonesia Raya, Pembacaan Pansila dan UUD 45 dilanjutkan sambutan oleh Panewu Kasihan dan pemaparan materi oleh para narasumber, serta tanya jawab oleh para peserta dengan narasumber. Ada beberapa hal yang disampaikan oleh narasumber terkait 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Anggota Polsek Piyungan Jenguk Aiptu Anwar Yasin Pasca Operasi

Bentuk kepedulian terhadap anggota yang sakit, Anggota Polsek Piyungan beserta Bhayangkari Ranting Piyungan menjenguk Aiptu Anwar Yasin yang baru selesai menjalani operasi di  kediamannya di Dusun Wanujoyo, Srimartani, Piyungan, Bantul, Rabu (15/5/2024).

Aiptu Anwar Yasin yang menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Kalurahan Srimartani didiagnosa dokter menderita penyakit batu ginjal dan sudah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit Pusat TNI AU (RSPAU) Harjolukito Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut Kanit Binmas AKP Moh Widayadi Sanani yang memimpin rombongan memberikan motivasi serta mendoakan kepada Aiptu Yasin untuk segera diberikan kesembuhan.

"Saya bersama Keluarga Besar Polsek Piyungan mendoakan agar Pak Yasin segera diberi kesembuhan, sehingga dapat beraktivitas seperti sedia kala,” tutur AKP Widayadi.

Sementara itu, Aiptu Yasin yang saat itu didampingi istrinya mengucapkan terima kasih kepada anggota Polsek Piyungan yang telah menyempatkan untuk menjenguk.

“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh rekan-rekan yang sudah meluangkan waktunya, mohon doanya agar saya segera diberi kesembuhan dan bisa dinas kembali,” ucap Aiptu Anwar Yasin. (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Monitoring Pembangunan Lapangan Bola Bangunjiwo

Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Bripka Siswantoro melaksanakan Monitoring dan pengecekan Renovasi Pembangunan lapangan Bola Desa Bangunjiwo Kasihan Bantul,  Rabu (15/5/2024).

Kegiatan pembangunan yang dimonitoring adalah kegiatan renovasi lapangan Bola yang akan digunakan dalam Pordes Bangunjiwo.

Tujuan pemantauan pembangunan Lapangan ini adalah untuk mengetahui perkembangan pekerjaaan, dan untuk melakukan evaluasi atas pekerjaan yang telah dilaksanakan.

Dihubungi secara terpisah, Kapolsek Kasuhan Kompol Nandang Rochman SH MH membenarkan adanya kegiatan pemantauan dan pengecekan oleh Bhabinkamtibmas ini.

“Pemantauan kegiatan ini perlu dilakukan untuk dapat memantau secara langsung proses pekerjaan yang dilaksanakan, juga untuk melakukan evaluasi terhadap pembangunan agar semakin baik ke depannya”, jelas Kapolsek.
 
Selanjutnya Kapolsek Kasihan menambahkan “Ini adalah salah satu bentuk dukungan kita terhadap pembangunan yang melaksanakan pemerintahan desa, kita laksanakan monitoring dan kita memberikan koreksi untuk perbaikan-perbaikan di dekatnya, agar setiap pembangunan di desa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Polsek Banguntapan Laksanakan Pembinaan Karyawan Qhomemart Banguntapan

Kanit Lantas Polsek Banguntapan AKP Agung Setyawan SH., MH bersama Panit Reskrim Ipda Windarto S.Kom melaksanakan pembinaan pada karyawan Qhomemart Bamguntapan Bantul. Rabu (15/05/2024) pukul 07.30 WIB.

Pembinaan dan Sosialisasi wujud kerjasama Polsek Banguntapan sebagai pembina kamtibmas wilayah salah satunya dengan Qhomemart.

AKP Agung Setyawan SH., MM menyampaikan pembinaan tentang keselamatan berlalu lintas, Safety Riding, serta mengajak kesadaran staf dan karyawan Qhomemart menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Selanjutnya nara sumber Ipda Windarto S.Kom menyampaikan pencegahan Judi online dan pinjaman online. Menyampaikan pengertian judi/pinjaman online, Jenis-jenis judi/pinjaman online, Konsekuensi jika terjerat judi/pinjaman online.

Berawal dari Judi online berkelanjutan ke Pinjaman Online, terjerat dan memancing tindak kejahatan. Memberikan tips pencegahan Judi / Pinjaman online diantaranya Gaya hidup sederhana (sesuaikan kemampuan tidak menuruti kemauan)

Kegiatan diikuti Chief HRD Qhomemart Surya, Staf HRD Qhomemart Robertus Sudaryanto, Chief Security Eko Arbiyanto, Staf dan Karyawan Qhomemart.

Bhabinkamtibmas Bangunharjo, Aiptu Suhanto Sambang Di SMA Negeri 1 Sewon

Pagi ini, usai melaksanakan pos pagi, Bhabinkamtibmas Bangunharjo Aiptu Suhanto S.H., melaksanakan sambang silaturahmi di SMA Negeri 1 Sewon dan bertemu dengan scurity maupun guru bidang kesiswaan, Rabu (15/05/2025).

":Giat ini merupakan kegiatan kemitraan Polri dengan masyarakat khususnya dengan dunia pendidikan, serta sebagai upaya untuk penyampaian himbauan dan pesan Kamtibmas untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif" ungkap Aiptu Suhanto saat di konfirmasi di ruang kerjanya.

Bhabinkamtibmas kelurahan Bangunharjo juga mengungkapkan sambang sekolah dengan siswa dan siswi serta guru dan scurity sekolah bertujuan untuk menjaga talisilahturahim antara polri dan masyarakat serta peduli dengan dunia pendidikan pungkas Suhanto.

Bhabinkamtibmas juga berpesan agar siswa jangan sampai terjerumus kedalam pergaulan bebas yang tidak sesuai dengan norma agama dan juga norma kebangsaan serta jauhi narkoba yang dapat menghancurkan cita-cita. ( Humas Polsek Sewon)

Pos Pagi Tidak Bosan Bosannya Bhabinkamtibmas Timbulharjo Ingatkan Orang Tua Siswa Untuk Memakai Helm Saat Mengantar Anak

Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa/Kalurahan yang memiliki wewenang yakni untuk mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat sedangkan tugas pokok dari bhabinkamtibmas adalah melaksanakan pembinaan masyarakat, deteksi dini serta mediasi atau negosiasi supaya tercipta kondisi yang lebih kondusif di desa ataupun kelurahan.

Pagi ini Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aipda Yoyok Hendratmoko,S.H., melaksanakan kegiatan rutin pos pagi di depan TK Pembina Bantul yang berlokasi di jalan Tembi Sudimoro, atau lebih tepatnya di dusun Tembi Timbulharjo Sewon Bantul, Rabu, ( 15/05/2024 ).

" Ini memeng salah satu tugas rutin saya, yang bertujuan untuk membantu penyebrangan orang tua siswa TK Negeri Bantul, saat mengantar anak ke sekolah, selain itu jalan Tembi Sudimoro jika pagi hari cukup padat, selain jalannya sempit, namun tidak jauh dari sini ada SD Negeri dan Simpang tiga Dadapan, dimana sering krodit, meskipun sudah ada petugas yang juga gaktur " jelas Yoyok.

Saya juga berpesan kepada orang tua yang mengantarkan anaknya ke sekolah untuk sabar, dan patuhi petugas serta tetap memakai helm.

" Sudah sering kali saya mengingatkan kepada orang tua maupun pengantar untuk memakai helm, namun masih banyak juga yang tidak memakai dengan alasan cuma dekat, lewat jalan kampung," ungkap Bhabinkamtibmas Timbulharjo. ( Humas Polsek Sewon)

Cegah Tawuran Pelajar, Bhabinkamtibmas Argosari Sambangi Siswa Yang Nongkrong

Guna mencegah terjadinya tawuran anak-anak sekolah, anggota Bhabinkamtibmas Kalurahan Argosari Aiptu Agus Muslim menggelar patroli dengan menyambangi sekolah-sekolah di wilayah Kapanewon Sedayu, Bantul, Selasa (14/5/24).

Pak Bhabin memberikan imbauan kepada para siswa pada saat jam kepulangan sekolah agar langsung pulang ke rumah masing-masing.

Selain itu, ia juga menyambangi anak-anak sekolah yang masih nongkrong, baik di warung ataupun di jalan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di wilayah Sedayu.

Sementara itu, Kapolsek Sedayu AKP Jarwanto SH MH menjelaskan, saat ini adalah musim kelulusan sekolah, untuk mencegah terjadinya tawuran antar pelajar, Polsek Sedayu terus menggelar patroli ke sekolah-sekolah sekaligus memberikan imbauan-imbauan. (Humas Polsek Sedayu)  

Kanit Binmas Polsek Kasihan Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Kasihan 2

Kanit Binmas Polsek Kasihan Iptu Basuki menghadiri kegiatan lokakarya mini lintas sektoral yang diselenggarakan Puskesmas Kasihan II di Puskesmas Kasihan II, Tirtonirmolo Kasihan Bantul, Selasa (14/5/2024).

Hadir di antaranya Panewu Kasihan Danramil Kasihan, Kepala Puskesmas Kasihan II, Lurah beserta Pamong, TP PKK, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Lokakarya mini lintas sektoral sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kompleks yang memerlukan kolaborasi dan koordinasi antara berbagai pihak.

Pada lokakarya mini kali ini membahas program pengentasan stunting, kesehatan ibu hamil, KB, kesehatan reproduksi remaja dan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya Pokja Puskesmas Kasihan II.

Dalam paparannya Kepala Puskesmas Banguntapan II mengajak kesadaran warga masyarakat akan pola hidup bersih dan sehat, serta mengaktifkan kembali Puskesmas Pembantu untuk menjangkau pelayanan kesehatan pada masyarakat

Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif Pasca Kelulusan, Polsek Kasihan Sambangi Sekolahan

Panit Binmas Polsek Kasihan Aiptu Rista F Bersama Bhabinkamtibmas Bangunjiwo Bripka Siswantoro melaksanakan sambang dan menyampaikan pesan kamtibmas kepada Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Bangunjiwo di Bangunjiwo Kasihan Bantul, Selasa (14/5/2024).

Panit Binmas mengatakan kegiatan sambang ini guna melakukan pembinaan dan Koordinasi dalam rangka situasi pasca pengumuman kelulusan siswa kelas XII .
Dalam kunjungannya itu, Aiptu Rista memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas yang antara lain meminta agar para Guru meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekaligus meminta supaya para guru memberikan pengawasan terhadap siswa siswinya karena pada saat ini sedang marak kenakalan remaja dalam merayakan kelulusan kelas XII.

“Kami mohon agar para guru untuk dapat memantau kegiatan anak didiknya utamanya yang barusaja menerima pengumuman kelulusan pada saat disekolah, ,” terang Aiptu Rista

Bripka Siswantoro selaku Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunjiwo juga berpesan agar Kepala Sekolah maupun para Guru, apabila terjadi suatu tindak kekerasan terhadap anak, baik sesama teman maupun yang dilakukan pihak lain, agar segera untuk dilaporkan jangan sampai permasalahan maupun kasus tersebut berlarut larut dan menimbulkan kerugian psikis bagi anak di kemudian hari.

Kapolsek Pajangan Hadiri Wiwit Ageng di Dusun Bulak Kunden

Kapolsek Pajangan, AKP Anar Fuadi ,SH ,MIP menghadiri Wiwit Ageng bertempat di Dusun Bulak Kunden RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Selasa (15/5/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Sendangsari di Pajangan, Bantul.

Acara ini merupakan tradisi tahunan yang diadakan untuk menandai dimulainya panen padi dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah.

Upacara ini tidak hanya menjadi ajang syukur tetapi juga untuk melestarikan tradisi dan memperkuat ikatan sosial di masyarakat. Berbagai kegiatan budaya turut meramaikan acara, menunjukkan kekayaan budaya lokal di tengah era modernisasi.

Acara Wiwit Ageng ini diharapkan dapat terus dilestarikan sebagai warisan budaya dan sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas rezeki yang diterima.

Kapolsek Kretek Hadiri Wisuda Purna Siswa SMAN 1 Kretek

Kapolsek Kretek AKP Haryanto, SH.,M.A.P menghadiri acara wisuda purna siswa kelas XII SMAN 1 KRETEK yang diselenggarakan di Halaman SMAN 1 KRETEK, Selasa (14/5/2024).

Hadir dalam acara tersebut Panewu Kretek Cahya Widada, S.Sos, MH, Ka Puskesmas Kretek Drg. Suyatmi, MM, Kapolsek Kretek AKP Haryanto, S.H.,M.A.P, Danramil Kretek diwakili Peltu Jumiran, Plt Kepala Sekolah SMA N 1 Kretek Gami Sukarjo M.Pd, Ketua Komite Sekolah SMA N 1 Kretek, Bhabinkamtibmas Tirtomulyo Bripka Suharyono, Lurah Tirtomulyo Ridwan Anas, Guru dan Wali murid siswa Kelas XII SMAN 1 KRETEK.

Adapun Jumlah siswa yang diwisuda sejumlah 118 orang terdiri dari kelas IPA 54 orang dan IPS 64 orang. Acara di awali dengan sambutan dari Plt Kepala Sekolah SMAN 1 KRETEK dan dilanjutkan dengan pemberian ijazah kepada siswa kelas XII yang telah dinyatakan lulus. Acara di akhiri dengan ramah tamah dan hiburan pentas seni dari siswa-siswi SMAN 1 KRETEK.

Selamaat ulang tahun Kapolsek Banguntapan AKP Chandra Satria AP SIK!

Anggota Polsek Banguntapan memberikan surprise kepada Kapolsek Banguntapan AKP Chandra Satria Adi Pradana SIK yang hari ini ulang tahun yang ke-34, Selasa (14/05/2024) pukul 11.45 WIB.

Wujud kedekatan antar pimpinan dengan anggota serta mempererat hubungan kekeluargaan Polsek Banguntapan.

Pada momen ulang tahun Kapolsek Banguntapan semua anggota berpartisipasi,  mempersiapkan secara mandiri dan menjaga rahasia agar kejutan tetap menjadi kejutan yang menyenangkan.

Semua anggota Polsek Banguntapan mendoakan Kepada beliau semoga diberikan kesehatan, panjang umur, kebahagian dan keselamatan dunia akhirat, sukses dalam karir kepolisian.

Jalin Komunikasi, Kanit Binmas Polsek Banguntapan Sambang ke Lurah Jambidan

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Iptu Winardi bersama Bhabinkamtibmas Kalurahan Jambidan Ipda Basori sambang dan komunikasi dengan Lurah Jambidan Zubaidi bersama Jogoboyo serta pamong dan Kepala dukuh Kalurahan Jambidan, Selasa (14/05/2024) pukul 10.30 WIB.

Menjalin komunikasi yang efektif Binmas Polsek Banguntapan dan Bhabinkamtibmas Jambidan dengan Lurah Jambidan berikut pamongnya Kelurahan untuk monitoring dan evaluasi situasi Kamtibmas wilayah Kelurahan Jambidan.

Komunikasi dan koordinasi pemetaan kerawanan wilayah, monitoring pembentukan dan forum komunikasi masyarakat, penyuluhan/pembinaan masyarakat dan Merespon masukan /keluhan masyarakat.

Dengan demikian tercipta kesamaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, jelas Iptu Winardi.

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Hadiri Pertemuan Pemberdayaan Kaum Rois Kabupaten Bantul Tahun 2024

Kanit Binmas Polsek Banguntapan Iptu Winardi bersama Bhabinkamtibmas Jambidan Ipda Basori  mewakili Kapolsek menghadiri pertemuan Pemberdayaan Kaum Rois Kabupaten Bantul Tahun 2024 Kapanewon Banguntapan di Kalurahan Jambidan Banguntapan Bantul. Selasa (14/05/2024) pukul 09.00 WIB.

Hadir mengikuti giat tersebut Wabup Bantul H Joko B Purnomo, Ka Bazarnas Kabupaten Bantul, Kabag Kesra Kabupaten Bantul Pambudi, Forkompinkap Banguntapan, KUA Banguntapan Ngatijan SAg, Lurah Jambidan Zubaidi, Kaum Rois Jambidan Banguntapan.

Wabup Bantul dalam sambutannya menyampaikan toleransi umat beragama Kapanewon Banguntapan terjalin dengan baik, melalui kaum rois mengajak untuk bekerjasama mengajak menjaga keamanan dan kerukunan warga masyarakat.

14 May 2024

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Laksanakan Pengamanan Acara Wisuda Purna Siswa

Bhabinkamtibmas Kalurahan Kebonagung Aiptu Arri Sulistyo melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan wisuda purna siswa SMA Muhammadiyah Imogiri yang digelar di Gedung Kalurahan Kebonagung, Imogiri, Bantul, Selasa (14/5/2024) pagi.

Acara wisuda dihadiri Kepala Serkolah, guru dan peserta wisuda purna siswa.

Kegiatan wisuda kelulusan sekolah tersebut sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan oleh pihak sekolah. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Laksanakan Sambang Sekolahan

Bhabinkamtibmas Kalurahan Wukirsari Aipda Wahyu Apri Winarto melaksanakan kegiatan sambang sekolahan di SMA Negeri 1 Imogiri, Bantul, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan sambang tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari, terutama menjelang kelulusan maupun setelah kelulusan sekolah.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aipda Wahyu Apri Winarto bertemu dengan guru dan Satpam sekolah. Ia juga menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas. (Humas Polsek Imogiri Polres Bantul)

Kapolsek Bantul Jenguk Istri Anggotanya Yang Sakit

Kapolsek Bantul Kompol Budi Riyanto S.Sos bersama anggotanya menjenguk istri dari Bripka Tri Widodo yang sakit dirumahnya, Dusun Kasongan, Kasihan, Bantul, Selasa (14/5/2024).

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Bantul memberikan dukungan dan semangat kepada istri Bripka Widodo, serta mendoakan semoga lekas sembuh dan sehat kembali seperti sedia kala.

Sementara itu, Bripka Tri Widodo beserta keluarga mengucapkan terima kasih atas kepedulian Keluarga Besar Polsek Bantul yang telah meluangkan waktu untuk menjenguk istrinya. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)

Kanit Binmas Polsek Piyungan Berikan Imbauan dan Penyuluhan Kamtibmas Siswa-siswi SMA Negeri 1 Piyungan

Kanit Binmas Polsek Piyungan AKP Moh Widayadi Sanani di dampingi Bhabinkamtibmas Sitimulyo Bripka One Novutardi S.H memberikan himbauan dan penyuluhan kamtibmas kepada siswa siswi SMA Negeri 1 Piyungan, Bantul, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja dan tawuran dikalangan pelajar sehingga akan tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.
       
Dalam kegiatannya, Kanit Binmas AKP Widayadi menekankan pentingnya menjaga kedamaian dan keamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. “Kami menghimbau kepada para pelajar untuk tidak terlibat dalam tindakan tawuran yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di wilayah Piyungan dan khususnya dilingkungan sekolahan.

Selain itu, AKP Widayadi juga memberikan wejangan kepada para siswa-siswi agar fokus dalam belajar serta melakukan kegiatan yang positif dan tidak melakukan kegiatan yang bersifat merugikan diri sendiri, keluarga maupun sekolahan.

Semoga dengan kegiatan tersebut, para siswa bisa paham dan mengerti sehingga mereka tidak melakukan hal yang tidak di harapkan tersebut, ujarnya kembali (Humas Polsek Piyungan Polres Bantul)


Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Hadiri Acara Wisuda Purna Siswa MAN 2 Bantul

Bhabinkamtibmas Kalurahan Sabdodadi Aiptu Moh Riyadi menghadiri acara wisuda dan pelepasan purna siswa Kelas XII MAN 2 Bantul tahun ajaran 2023/2024 di Joglo Yoso, Palbapang, Bantul, Selasa (14/5/2024).

Pada acara tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Moh Riyadi menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa yang dinyatakan lulus, serta mengimbau agar tidak merayakan kelulusan secara berlebihan.

Ia juga mengajak pihak sekolah untuk terus bersinergi dalam memajukan pendidikan dan menjaga kamtibmas yang kondusif di lingkungan sekolah. (Humas Polsek Bantul Polres Bantul)