31 May 2016

Linmas Guwosari Dilatih Padamkan Kebakaran

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan dan Kualitas Penanggulangan Bencana Alam Dalam Rangka Pembentukan Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) di Kabupaten Bantul bertempat di Balai Desa Guwosari Pajangan Bantul, Senin, 30 Mei 2016. Kegiatan ini diikuti oleh Linmas Desa se Kecamatan Pajangan.

Hadir dalam acara ini Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi, Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, SH, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Kasitrantib Kec. Pajagan Halumuan Marbun, SH,  Kasipem Desa Guwosari Muh. Taufik, Kasipem Desa Sendangsari Sugiman, S.Pd, Kasipem Desa Triwidadi Giyanta, S.Pd, Yohannes Widyatmoko dari Unit Damkar Kabupaten Bantul, Dewanto Dipoyono, S.STP Kasi Pengurangan Resiko Bencana BPBD Kab. Bantul.

Yohanes Widyatmoko dalam arahannya mengharapkan dibentuknya tim anti kebakaran dalam rumah tangga yang terdiri dari orang pertama bertugas memadamkan kebakaran, orang kedua menyelamatkan dokumen penting, orang ketiga bertugas memutus aliran listrik,  orang ke empat sebagai alarm meminta bantuan dan orang kelima bertugas menelpon pemadam kebakaran maupun Kepolisian.

Yohanes menambahkan, apabila dalam 5 menit api tidak bisa dipadamkan, agar segera menyelamatkan diri karena api akan membesar.

Menurut Yohanes, tugas Balakar apabila terjadi kebakaran adalah memadamkan api jika bisa, melaporkan kejadian ke Pemadam Kebakaran, mensterilkan jalan untuk mobil pemadam masuk dan memberi tahukan titik-titik sumber air kepada pemadaman.

Untuk keselamatan, Balakar juga diminta mengenakan helm saat membantu petugas Pemadam Kebakaran. Yohanes menegaskan, yang berhak melakukan pemadaman adalah Unit Pemadam Kebakaran, Balakar hanya membantu mensterilkan area saja.

“Bagi masyarakat Bantul, apabila membutuhkan layanan Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantul dapat menghubungi di nomor telepon 0274 368222 dan 6462100, nomor tersebut juga bisa untuk melaporkan bencana alam lainnya,” imbuh Yohanes.

Selanjutnya dilakukan latihan cara penggunaan apar (alat pemadam kebakaran ringan), pemadaman langsung kebakaran tabung gas dan pemadaman api ringan. Para peserta pelatihan diminta untuk mencoba menggunakan peralatan pemadam kebakaran agar terampil apabila sewaktu-waktu dimintai bantuan. (Sihumas Polsek Pajangan)

Gubernur DIY Resmikan Revitalisasi dan Pembangunan Sendang Mangunan


Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, meresmikan revitalisasi dan pembangunan Sendang Mangungan di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Senin, 30 Mei 2016.

Keberadaan Sendang Mangunan ini dinilai sangat penting karena menjadi salah satu sumber air bersih bagi puluhah warga di Padukuhan Mangunan dan sekitarnya. Pada saat kemarau, sendang ini tidak pernah kering dan menjadi sasaran antrian warga dalam mencari air bersih.

Hadir pula dalam acara peresmian tersebut Wakil Bupati Bantul Drs Abdul Halim Muslih,  Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Mulia Hasudungan Ritonga, M.Si, Kepala Perhubungan Kab Bantul, Kepala Dinas Pariwisata Kab Bantul, Kepala LH Kab Bantul,  Muspika Kecamatan Dlingo, Lurah Desa se Kecamatan Dlingo, Pamong Desa Mangunan serta Pokdarwis Desa Mangunan.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X yang disaksikan oleh para tamu yang hadir.

Sebelum meresmikan wahana ini, beliau gubernur mewawancarai ketua pokdarwis tentang kemanfaatan bantuan gubernur ini. Yang diminta beliau kegiatan atau bangunan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata.

Beliau juga meminta agar ada konsolidasi dengan warga masyarakat untuk akhirnya menahan wisatawan lebih lama tinggal dengan ramah menerima kunjungan mereka, menyediakan kebutuhan tinggal dengan membuat homestay yang pendanaannya melalui koperasi yang dibentuk untuk itu, serta siap menampilkan daya tarik wisata berupa seni budaya setempat di samping melestarikan keindahan alam yang ada.

Sri Sultan juga mengatakan, bantuan pengembangan desa wisata tersebut diberikan atas dasar usulan dari desa dan pokdarwis di desa wisata setempat. Harapannya, dengan dibangunnya fasilitas-fasilitas itu akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Inikan aspirasi satu tahun yang lalu dimana Pak Lurah mengundang saya untuk berdialog, yang dibutuhkan apa kemudian say bantu. Saa berharap dengan selesaianya pembangunan air port pariwisata kita juga sudah bisa take off ,” kata Sultan. (Sihumas Polsek Dlingo)

Lakalantas, Liswatun Khasanah Meninggal Dunia

Liswatun Khasanah (21 Tahun) Mahasiswa, warga  Pranti Rt 01, Gadingharjo, Sanden, Bantul meninggal dunia setelah mengalami lakalantas di jalan Srandakan tepatya di dusun Jigudan, Triharjo, Pandak Bantul, Senin, 30 Mei 2016 jam 19.00 Wib.

Menurut saksi Duchoni  (46 Tahun) warga Ngabean, Rt. 03, Triharjo, Pandak, Bantul, bahwa saat korban mengendarai  sepeda motor Honda AB-6998-MC melaju dari arah utara ke selatan sesampainya di TKP lepas kendali dan oleng ke kanan. Bersamaan dengan itu dari arah belakang melaju sepeda motor tanpa identitas langsung menabrak korban yang sudah terjatuh. Kemudian sepeda motor tanpa identitas tersebut langsung melarikan diri setelah menabrak Korban.

Saat ini sepeda motor milik korban diamankan di Mapolsek Pandak dan penabrak masih dalam penyelidikan polisi. (Sihumas Polsek Pandak)

Pengukuhan Pengurus RAPI Kecamatan Bantul

Ketua RAPI Kabupaten Bantul Drs. Riyantono, M.Si melantik dan mengukuhkan pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kecamatan Bantul di pendopo Kecamatan Bantul , Senin, 30 Mei 2016.

Hadir dalam acara tersebut Camat Bantul Dra. Hj. Endang Racmawati, MM, Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH, Danranmil Bantul Mayor Inf. Sutarno, Kepala KUA Bantul Drs. Ishadi Fatah Wijaya, M.Si, Anggota RAPI Kecamatan Bantul serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Riyantono yang masih aktif menjabat Sekda Kabupaten Bantul melantik dan mengukuhkan kepengurusan untuk masa bakti 2016-2018 dengan susunan Maryanto sebagai Ketua dan Dalyadi sebagai Wakilnya.

Dalam sambutannya, Riyantono mengatakan RAPI itu berawal dari sekedar hobi dengan teman- teman yang berkomunikasi melalui frekuensi. Berawal dari hobi ngebrik akhirnya diarahkan untuk kegiatan yang positif.

Riyantono berharap RAPI Kecamatan Bantul dapat mandiri dan menggunakan sarana dan prasarana yang ada dengan sebaik-baiknya. “Semoga RAPI Kecamatan Bantul sukses,” tutupnya. (Sihumas Polsek Bantul)

Pandak Expo Tahun 2016 Telah Dibuka

Kadis Perindagkop Kabupaten Bantul  Drs. Sulistiyanto, M.Pd membuka Pandak Expo tahun 2016 di halaman Kantor Kecamatan Pandak, Senin, 30 Mei 2016.

Event yang rencananya akan digelar selama dua hari ini, mengambil tema “Dengan Expo Usaha Mikro Kecil Kita Dorong Pengembangan Produk-Produk Andalan Setempat Untuk Siap Menghadapi Persaingan Global”.

Dalam event ini panitia membuka 48 stand pameran yang meliputi usaha produk pertanian, perkebunan, perikanan, kerajinan tangan, batik, kuliner, aneka minuman sehat dan lain sebagainya.

Dalam sambutannya, Camat Pandak Drs. Agus Sulistiyana, MM mengapresiasi penyelenggaraan Pandak Expo ini. Menurutnya event ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk memperkenalkan produk-produk lokal khusunya wilayah kecamatan Pandak sebagai potensi daerah dalam kerangka pembangunan ekonomi daerah.

Selain itu menjadi juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi, penguatan jaringan, dan perluasan informasi kepada publik, mengenai potensi yang dimiliki khusunya wilayah Kecamatan Pandak.

Dari ajang Pandak Ekspo tahun 2016 ini diharapkan dapat terjalin sinergitas antar sesama peserta dan pelaku usaha, sehingga pada gilirannya dapat memberikan dampak positif yang besar bagi perekonomian masyarakat Pandak khususnya dan Bantul pada umumnya.

Dalam acara tersebut pihak panitia juga menyelenggarakan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Bantul. (Sihumas Polsek Pandak)   

Ziarah Di Makam Bupati Bantul Pertama, KRT Mangun Negoro

Dalam rangka hari jadi Kabupaten Bantul ke 185, rombongan para pejabat Pemda Bantul ziarah di Makam Bupati Bantul pertama, KRT Mangun Negoro di komplek Pemakaman Sasono Sentono Dusun Pagergunung Sitimulyo Piyungan Bantul, Senin, 30 Mei 2016.

Setibanya di komplek pemakaman, rombongan disambut  oleh Muspika Kecamatan Piyungan dan juru kunci makam Sasono Sentono.

Kasat Pol PP Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji, SIP yang memimpin rombongan ziarah mengatakan bahwa ziarah ke makam Bupati Bantul pertama ini merupakan  acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun menjelang HUT Kabupaten Bantul.

Selain itu ziarah ini juga sebagai introspeksi sekaligus motivasi kerja jajaran Pemda Bantul apakah kinerja selama ini sudah sesuai dengan cita-cita Bupati Bantul pertama yaitu mewujudkan Bantul yang sejahtera aman dan tenteram.

Rombongan ziarah kemudian melakukan tabur bunga di Makam Bupati Bantul pertama, KRT Mangun Negoro. (Sihumas Polsek Piyungan)

Razia Kendaraan Di Dusun Bulak Bantul

Petugas gabungan polsek rayon IV Polres Bantul melaksanakan operasi cipta kondusi dengan merazia kendaraan di jalan Manding - Jetis tepatnya di dusun Bulak Belukan, Sabdodadi, Bantul, Selasa, 31 Mei 2016 pukul 00.10 Wib.

Razia yang dipimpin oleh Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH menyasar Surat Surat Kendaraan, Handak (Mercon), Senpi, Sajam, Miras, Narkoba dan barang barang berbahaya lainya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman menjelang bulan suci Ramadhan 1437 H.

Dalam razia ini petugas menghentikan kendaraan yang dicurigai denganpaksa kemudian memeriksaan barang bawaan serta surat surat kendaraaan. Namun setelah razia dilaksanakan lebih dari dua jam petugas tidak menemukan barang barang yang dimaksud, petugas hanya terpaksa menilang sepeda motor karena melanggar tatatertib lalulintas. (Sihumas Polsek Bantul)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Samsat Bantul

Gubernur D.I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuono X hari ini Senin, 30 Mei 2016 pukul 08.00 Wib meletakan batu pertama pembangunan gedung KPPD Samsat DIY di jalan Wahidin Sudirohusodo dusun Badegan Bantul Bantul Bantul.

Peletakan batu pertama ini dihadiri oleh Dir lantas polda DIY kombes pol MH Ritonga Msi, Kepala Pengadilan Negri Yogyakarta, Wakil bupati Bantul, Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK, Jajaran Forkominda Bantul, Muspika Bantul serta para tamu undangan lainya.

Kegiatan diawali dengan doa oleh Saefudin Madilanjutkandengan penekanan tombol dimulai pengecoran oleh Gubenur DIY dan peninjauan pembangunan awal Samsat.

Latar belakang dibangunya gedung Samsat yang baru ini karena mengingat lokasi letak kantor samsat yang  lama kurang strategis dan letaknya di dalam perkampungan yang padat penduduk, mengganggu jalan di sekitar lingkungan karena limpahan parkir yang tidak tertampung di halaman kantor samsat yang lama. Selain itu juga ruang tunggu kantor Samsat yang lama sudah tidak bisa lagi mampu menampung para wajib pajak yang jumlahnya 411.000 pada tahun 2015.

Pembangunan gedung Samsat ini juga dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, untuk itu diperlukan dukungan sarana dan prasarana yang memadahi.

Gedung ini dibangun diatas tanah seluas seluas 5.492 m2 yang dibeli dari para pemilik tanah 9 orang oleh KPPD DIY Di Kab.Bantul pada tahun 2013. Kemudian pada tahun 2016 KPPD DIY di Bantul mengawali pembangunan gedung KPPD (Kantor bersama SAMSAT) Bantul dengan biaya 17 milyar berlantai 3 dengan luas bangunan total 3.070 m2 yang terdiri lantai besement untuk layanan dive true R2 dan R4 worksop plat no parkir, lantai 1 ruang layanan pajak dan pengesahan STNK berkapasitas 750 orang, lantai 2 ruang perkantoran dan holl kapasitas 500 orang dan lantai  ruang arsip KBM.

Harapanya bangunan yang di rencanakan adalah bangunan yang berakses sosial kemasyarakatan ramah terhadap lingkungan, informatif, profesional dalam pelayanan (wajib pajak) dalam visi pelayanan profesional dengan cepat, tepat dan aman demi kepuasan masyarakat. (Bag Humas Polres Bantul)

Tabrak Lari, Liswatun Khasanah Meninggal Ditempat

Seorang mahasiswi bernama Liswatun Khasanah (21 tahun) warga dusun Pranti Rt: 01, Gadingharjo, Sanden, Bantul meninggal dunia setelah mengalami lakalantas di jalan Srandakan, dusun Jigudan, Triharjo, Pandak Bantul, Senin tanggal 30 Mei 2016 jam 19.00 Wib.

Menurut saksi Duchoni (46 tahun) warga Ngabean, Triharjo, Pandak, Bantul, kejadian berawal saat korban mengendarai Honda No Pol  AB-6998-MC melaju dari arah utara ke selatan sesampainya di TKP lepas kendali dan oleng ke kanan bersamaan dengan itu dari arah belakang melaju mobil tanpa identitas dan langsung menabrak korban yang sudah terjatuh. Kemudian pelaku langsung melarikan diri setelah menabrak Korban.

Karena kejadian itu korban langsung meninggal dunia ditempat dan sudah ditangani polisi. Hingga saat pelaku dalam lidik. (Sihumas Polsek Pandak)

30 May 2016

Ziarah Ke Makam Mantan Bupati Bantul Peringati Hari Jadi Bantul Ke 185,

Senin, 30 Mei 2016 jam 10.00 wib rombongan tim ziarah Pemkab Bantul berziarah kemakam mantan plt. Bupati Bantul Alm Drs. H.Mujono di dusun Bulusan Canden Jetis Bantul.

Hadir dalamkesempatan itu Rombongan Tim ziarah Kab. Bantul di pimpin oleh kadinas Dikdas kab. Bantul bapak Totok Sudarto, Muspika kec. Jetis, Lurah beserta perangkat desa canden, Tomas dan toga.

Dalamkesempatan itu Keluarga Alm bapak Mujono menyampaikan sambutan yang intinya mengucapkan terimaksih dan selamat datang kepada rombongan ziarah kab. Bantul yang telah hadir dalam acara ziarah ini,. Keluarga berharap dengan acara ini selalu tercipta jalinan silaturahmi yang baik antara pemkab. Bantul dan keluarga almarhum. Selanjutnya keluarga juga berharap dengan adanya ziarah sekaligus doa untuk almarhum bapak Mujono kiranya Allah Swt dapat menerima segala amal baik almarhum dan mengampuni segala dosa dosanya.

Ketua rombongan ziarah dalam sambutanya menyampaikan bahwa  ziarah dan silaturahmi ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi kab. Bantul yang ke 185 dan  berharap dengan mengenang dan mendoakan para pemimpin yang sudah mendahului nanti nya kab. Bantul akan lebih sejahtera.

Acara dilanjutkan dengan doa dan tabur bunga di pusara makam  almarhum bapak Mujono dengan pengamanan dari personil Polsek Jetis. (Sihumas Polsek Jetis)

Truck Gandeng Muatan Kedelai Terguling Di Selatan Pasar Pundong

Sebuah truck gandeng bermuatan kedelai bernopol AE 8087 UC yang disopiri Darsono warga Jalan Srikandi Dusun Guyangan Bagor Nganjuk Jawa Timur, Senin, 30 Mei 2016 sekitar pukul 11.15 WIB, terguling di Jalan Pundong - Potrobayan, tepatnya selatan Pasar Pundong.

Informasi dilapangan menyebutkan, kecelakaan tersebut bermula ketika truck yang melaju dari arah barat menuju gudang Juragan Sembako milik H Parjono sedang mencari posisi parkir.

Diduga karena terlalu menepi dan struktur tanah yang gembur tidak mampu menahan beban sehingga truck pengangkut kedelai tersebut terguling ke kiri. Tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian, namun truk mengalami kerusakan.

Agar tidak timbul kemacetan anggota Polsek Pundong melakukan pengaturan arus kendaraan di lokasi kejadian. Saat ini truck beserta muatannya sedang dalam proses evakuasi dan menjadi tontonan gratis warga. (Sihumas Polsek Pundong)

Pengamanan Pentas Campursari Di Goa Selarong

Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kab. Bantul menggelar pentas Campur Sari di Obyek Wisata Goa Selarong Guwosari Pajangan, Bantul, Minggu 29 Mei 2016 jam 13.00 Wib.

Kegiatan ini dalam rangka mengasah kemampuan berkreasi pelaku Kesenian dan Kebudayaan di Kab. Bantul serta mempromosikan Goa Selarong sebagai tempat wisata.

Kelompok Campur Sari Mudho Laras dari Sewon Bantul ditunjuk untuk tampil di Goa Selarong dengan menampilkan artis-artis andalanya Wulan Anjani, Ajizah dan Devi, Muryadi dan dipandu MC Paijo. Meskipun dalam suasan hujan banyak penonton yang menyaksikan.

Anggota Sihumas Polsek Pajangan Bripka Moh. Arin Ashudi yang sedang melaksanakan pemantauan menyampaikan, saat ini situsi obyek wisata Goa Selarong mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk melepas penat khususnya hari Sabtu dan Minggu. Goa Selarong digunakan untuk tempat lekreasi keluarga, reuanian dan kegiatan outbond dari masyarakat.

Dihimbau untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan agar para wisatawan memarkir kendaraannya di tempat yang sudah ditentukan dan mentaati peraturan di Obyek Wisata Goa Selarong. (Sihumas Polsek Pajangan).

Brigadir Agus Meminta Siswa SDN Srunggo Imogiri Disiplin

Bhabinkamtibmas Desa Mangunan, Brigadir Agus Purnama memberikan pembekalan kepada siswa-siswi SDN Srunggo Imogiri yang sedang melaksanakan outbond di Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul, Senin, 30 Mei 2016.

Dihadapan para siswa, Brigadir Agus mengingatkan pentingnya menanamkan sikap disiplin sejak dini. Menurutnya, disiplin merupakan kunci keberhasilan. Oleh karenanya tidak ada alasan untuk tidak berdisiplin apabila ingin cita-citanya dapat diraih.

Salah satu disiplin yang ditekankan oleh Brigadir Agus adalah disiplin dalam belajar. Karena dengan disiplin belajar, seseorang akan bisa memahami pelajaran-pelajaran dari guru sehingga menjadi anak yang pandai.

Selain berbicara masalah disiplin, Brigadir Agus juga mengingatkan agar selama mengikuti outbond, para siswa diminta berhati-hati dan menjaga keselamatan. “Semoga kegiatan outbond ini, dapat mengajarkan kalian menjadi lebih kompak dan setia kawan,” harapnya. (Sihumas Polsek Dlingo)

Ruwahan 2016 Di Sorowajan Banguntapan

Sabtu, 28 Mei 2016 pukul 14.00 wib di gedung serbaguna Sorowajan Banguntapan Banguntapan Bantul telah berlangsung Doa bersama lintas Agama" Ruwahan 2016 " yang diselenggarakan oleh Pok Giat Sorowajan dengan penanggungjawab bapak Sularto selaku kepala dukuh Sorowajan Banguntapan.

Ruwahan dihadiri  Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Kepala kesbangpol kab. Bantul, Muspika Kec. Banguntapan, Lurah desa Banguntapan Puthut Damarjati, SE serta Tokoh Agama Islam, Nasrani, Hindu dan Budha.

Ketua Panitia bapak Sularto menyampaikan selamat datang kepada seluruh hadirin dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga Sorowajan atas partisipasinya dalam kegiatan Sadranan dan doa bersama yang mana event ini sebagai momentum untuk menjaga kerukunan antar warga masyarakat dan umat beragama serta mengirim doa kepada para leluhur yang sudah mendahului kita semua.

Dilanjut Kepala Kesbangpol Kab. Bantul menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada masyarakat Sorowajan Banguntapan Bantul, yang mana masyarakat sini sangat komplek beragam agama dan budaya yang beragam dan komplek sekali sehingga mungkin saja bila tidak ada moment seperti ini akan saling berbenturan. Namun adanya moment Sadranan Ruwahan 2016 ini, bagi warga yang belum sependapat dengan giat sadranan ini mari kita rangkul dan kita pahamkan / kita luruskan agar mau berbaur dengan masyarakat dalam moment seperti ini.

Bupati Bantul menyampaikan, pada kesempatan yang baik ini, kami menyampaikan apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada seluruh masyarakat, atas peran sertanya dalam upaya pelestarian tradisi budaya Ngayogyakarta, dalam moment Upacara Adat Tradisi Ruwahan / Nyadran yang kita laksanakan hari ini.

Di Kabupaten Bantul sebagai salah satu penyangga budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, tentunya banyak diwariskan hasil karya budaya yang adihulung. Kebudayaan tersebut hingga saat ini masih dan harus tetap hidup dan terpelihara. Sebagai warga negara yang baik dan mencintai bangsanya, seharusnya kita ikut menjaga dan melestarikan kebudayaan agar tidak punah seiring dengan berjalannya waktu yang semakin meningkatnya dunia modern.

Budaya Ngayogyakarta adalah ciri khas daerah ini dengan berbagai keaneka ragaman adat-adat yang ada. Kita harus bangga atas keberagaman tersebut karena semua itu adalah kekayaan yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Budaya Ngayogyakarto Hadiningrat memiliki nilai yang unik dan bernilai tinggi. Budaya warisan dari nenek moyang kita ini adalah budaya yang sangat berharga. Seiring dengan berjalannya waktu, maka zaman yang akan menghargai budaya dengan harga  yang tak ternilai.  Sebaliknya,  jika tidak dijaga,  tidak dirawat, dan tidak dilestarikan, maka sesungguhnya jangan merasa kecewa jika kemudian budaya kita diklaim oleh bangsa atau  negara lain.

Upacara Adat Tahunan Tradisi Nyadran yang merupakan kebudayaan jawa ini sangat penting untuk dilestarikan. Karena mengandung makna yang sangat mulia yang berasal dari petuah para leluhur kita sebagai pedoman dalam kehidupan. Karena saat ini kita semua turut prihatin, banyak generasi muda  yang telah mengalami krisis moral diantaranya karena generasi muda sudah banyak yang melupakan budaya adiluhung dari nenek moyang kita ini. Bahkan ironisnya lagi, generasi muda kita sekarang banyak yang menjadikan budaya bangsa asing sebagai kiblat cara hidupnya, padahal budaya tersebut sangat tidak sesuai dengan karakter bangsa kita.

Akhirnya saya berpesan, hal-hal yang sudah berjalan dengan baik untuk melestarikan dan mengembangkan seni, tradisi, budaya, dan teknologi hendaknya dilanjutkan dan ditingkatkan demi kokohnya tradisi masyarakat Bantul. Semoga pada penyelenggaraan berikutnya dapat sukses lagi sehingga wilayah ini dapat ayem tenteram, jauh dari segala marabahaya. Aamiin, tutupnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 700 orang berakhir pukul 16.45 wib berlangsung aman terkendali. Pengamanan dilakukan oleh Polsek Banguntapan baik terbuka maupun tertutup dibatu Sat pol PP, linmas dan TNI. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Sambut Ramadhan, Polsek Pajangan Gelar Operasi Cipkon

Anggota gabungan fungsi Polsek Pajangan dipimpin oleh Kanit Binmas Iptu Muh. Sugeng menggelar operasi cipta kondisi dengan merazia penyakit masyarakat (pekat) miras, judi dan prostitusi di wilayah Pajangan, Jumat, 27 Mei 2016 jam 21.00 Wib.

Dalam razia ini petugas mendatangi tempat tempat yang dicurigai dijadikan tempat judi, protistusi maupun jual miras.

Diantaranya petugas mendatangi sebuah Toko milik TT yang ada di dusun Butuh Kidul RT 02 Triwidadi Pajangan Bantul, namun ditempat ini petugas tidak menemukan barang bukti. Kemudian petugas mendatangi sebuah tempat di Simpang 4 terminal 77 namun petugas juga tidak menemukan barang bukti yang dimaksud.

Kanit Binmas Iptu Muh. Sugeng mengatakan, biarpun malam ini kami kecelik akan tetapi tempat tempat ini suatu saat akan kami datangi lagi. Kami menghimbau kepada para remaja agar tidak nongkrong nongkrong di malam hari apalagi sambil minum miras karena bisa memancing tawuran dan menganggu kenyamanan masyarakat.

Gunakan waktu malam untuk istirahat atau belajar dan jangan gunakan malam untuk begadang apalagi hingga larut malam, ajaknya.

Operasi Cipkon ini akan  terus menerus dilakukan sesuai perintah Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Prasta Wahyu Hidayat, SH, MM, M.Hum, tegasnya.

Operasi ini selain untuk menciptakan kenyamanan dalam menyambut bulan suci  Ramadhan juga untuk memberantas Pekat terutama Miras yang belum lama ini sudah memakan puluhan korban jiwa diwilayah Bantul. (Sihumas Polsek Pajangan)

Si Polim Polsek Bantul Menyapa Anak Yatim Desa Bantul

Program Silaturahmi Polisi Bersama Anak Yatim atau yang disingkat Si Polim Polsek Bantul, Selasa, 24 Mei 2016, kembali dilaksanakan. Kali ini program Si Polim menyapa anak yatim Desa Bantul.

Acara yang digelar di Pendopo Balai Desa Bantul ini dihadiri oleh Kapolsek Bantul, Kompol Fajar Pamuji, SH, Kanit Bimas Iptu Lukman, Panit Bimas Ipda Subaroto, Babinkamtibmas Desa Bantul Bripka Winardi dan Lurah Desa Bantul H.M Zubaidi.

Program yang digagas sendiri oleh Kapolsek Bantul ini adalah dalam rangka berbagi rezeki dengan anak yatim dan telah dilaksananakan sejak Kompol Fajar Pamuji, SH resmi menjabat Kapolsek Bantul beberapa waktu lalu. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulannya dengan lokasi yang selalu bergantian di desa-desa yang ada Kecamatan Bantul.

Dana yang digunakan untuk menyantuni anak yatim ini merupakan sumbangan sukarela dari anggota Polsek Bantul setiap bulannya. Santunan diberikan kepada sebanyak 23 anak yatim yang ada di wilayah Desa Bantul.

Lurah Desa Bantul H.M Zubaidi dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada Polsek Bantul. Menurutnya, Program Si Polim ini dapat  menjadi contoh yang baik dan menjadi inspirasi bagi dirinya selaku Lurah Desa Bantul untuk mengadakan hal serupa.

Sementara itu Kapolsek Bantul di hadapan anak-anak yatim yang hadir tidak lupa memberikan motivasi agar tetap rajin dalam belajar. Kendatipun berada dalam keadaan yang serba terbatas, Kapolsek meminta agar anak-anak tidak pernah merasa minder.

“Jangan melihat jumlah yang diterimakan, tapi lihatlah dari sisi perhatia, semoga bantuan ini bermanfaat bagi adik-adik sekalian,” tutup Kapolsek Bantul. (Sihumas Polsek Bantul)

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Bantul Bulan Juni 2016

Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan Juni 2016 adalah sebagai berikut :


NOHARITANGGALWAKTUTEMPAT
1.Rabu01 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Srandakan
2.Kamis02 Juni  201609.00-12.00 WibKelurahan Srigading
3.Jumat03 Juni  201609.00- 12.00 WibKecamatan Sedayu
4.Sabtu04 Juni  201617.00-21.00 WibLapangan Paseban
5.Senin06 Juni   201609.00-12.00 WibKecamatan Pandak
6.Selasa07 Juni  201609.00-12.00 WibKid's Funs
7.Rabu08 Juni  201609.00- 12.00 WibKecamatan Kretek
8.Kamis09 Juni  201609.00-12.00 WibKelurahan Banguntapan
9.Jumat10 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Pleret
10Sabtu11 Juni 201609.00-12.00 WibPolsek Pajangan
11.Senin13 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Imogiri
12.Selasa14 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Bambanglipuro
13.Rabu15 Juni  201609.00-12.00 WibKelurahan Trimulyo
14.Kamis16 Juni  201609.00-12.00 WibPyramid Cafe
15.Jumat17 Juni  201609.00-12.00 WibKelurahan Tirtotirmolo
16.Sabtu18 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Dlingo
17Senin20 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Srandakan
18.Selasa21 Juni 201609.00-12.00 WibKelurahan Srigading
19.Rabu22 Juni  201609.00-12.00 WibKecamatan Pandak
20.Kamis23 Juni 201609.00-12.00 WibKid's Funs
21.Jumat24 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Pundong
22.Sabtu25 Juni  201609.00-12.00 WibKecamatan Kretek
23Senin27 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Bantul
24.Selasa28 Juni  201609.00-12.00 WibKecamatan Sedayu
25.Rabu29 Juni  201609.00-12.00 WibKecamatan Banguntapan
26.Kamis30 Juni  201609.00-12.00 WibPolsek Pleret


Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB dan Sabtu pukul 17.00 - 21.00 WIB

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa berlakunya habis lebih dari 3 bulan tidak bisa dilayanan SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Dikun Meninggal Dunia Mendadak Di Pasar Pleret

Diduga karena terkena serangan jantung, Dikun (67 tahun)  warga Kauman RT 02 Pleret Bantul, meninggal dunia di Pasar Pleret, Senin, 30 Mei 2016.

Kapolsek Pleret AKP Budi Kustanto, SH menjelaskan, pria yang berprofesi sebagai cleaning service di Kantor Camat Pleret, tiba-tiba jatuh terlungkup ketika sedang berbincang dengan rekannya yang bernama Murni.

Karena khawatir dengan kondisi Dikun yang sudah tak bergerak, Murni bersama warga lainnya berusaha menolong Dikun dengan membawanya ke Rumah Sakit Permata Husada.

Sesampainya di rumah sakit, dokter yang memeriksa Dikun menyatakan bahwa yang bersangkutan telah meninggal dunia sebelum tiba di rumah sakit. Di tubuh Dikun juga idak ditemukan tanda-tanda penganiayaan. Diduga Dikun meninggal karena terkena serangan jantung. 

“Saat ini jenazah korban sudah diambil oleh pihak keluarga, dan keluarga korban sudah menerima kejadian ini dengan ikhlas,” tutup Kapolsek. (Kasihumas Polsek Pleret)

Festival Perahu Naga Kembali Digelar Di Laguna Pantai Depok

Festival Perahu Naga kembali digelar di Laguna Pantai Depok, Minggu, 29 Mei 2016. Festival ini diselenggarakan oleh Jogja Chinese Art and Culture Centre (JCACC) atau Pusat Seni dan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PSBTY) dan difasilitasi Dinas Pariwisata DIY dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul.

Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta, M.Si, Bupati Bantul Drs. Suharsono, Ipda Paidi mewakili Kapolsek Kretek serta tamu undangan lainnya.

Bupati Bantul Suharsono dalam sambutannya mengatakan acara seperti ini dapat semakin menggairahkan wisata pantai di Bantul, serta menjadi agenda pariwisata secara nasional. Untuk itu pihaknya akan terus mendukung acara-acara seperti ini untuk semakin mempromosikan wisata di Bantul.

“Acara seperti ini sangat bagus untuk menarik wisatawan, saya sangat mendukung,” katanya

Festival yang sudah menjadi agenda tahunan ini digelar dalam serangkaian perayaan Peh Cun, suatu perayaan suci masyarakat Tionghoa dan gelaran Festival Perahu Naga tahun ini merupakan yang ke delapan.

Sebanyak 20 tim yang berasal dari DIY dan luar DIY akan bertanding di laguna pantai Depok ini. Mereka akan beradu kecepatan di lintasan sepanjang 500 meter untuk meraih tropi Gubernur DIY dan uang pembinaan total Rp 100 juta.

Festival Perahu Naga ini disaksikan ratusan wisatawan dan pengamanan dilaksanakan personel dari Polsek Kretek, Koramil Kretek, Dit Polair, SAR dan TNI AL. (Sihumas Polsek Kretek)

Persinga Ngawi Kalahkan Persiba Bantul Dengan Skor 1-2

Polres Bantul kembali mengamankan laga lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) B Grup 5 antara Persiba Bantul vs Persinga Ngawi di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu malam, 29 Mei 2016.

Dalam pelaksanaan pengamanan, Polres Bantul di back up pasukan dari Sat Brimobda dan Dit Sabhara Polda DIY. Anggota ditempatkan dibeberapa titik, seperti di gerbang utama barat dan timur serta pintu masuk stadion.

Anggota melakukan pemeriksaan ketat kepada para suporter yang akan memasuki stadion. Seluruh barang bawaan suporter dari tas hingga jok sepeda motor tak luput dari pemeriksaan. Termasuk beberapa potongan bambu maupun kayu yang digunakan untuk mengibarkan bendera suporter, juga ikut diamankan.

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK saat memimpin pengamanan menegaskan bahwa fokus pengamanan tidak hanya di dilakukan di Stadion, melainkan saat kedatangan dan kepulangan suporter juga menjadi perhatian.

“Kami perintahkan agar setelah pertandingan berakhir, anggota Polsek Jajaran untuk melakukan pengawalan kepulangan suporter ke wilayahnya masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu, hasil pertandingan berakhir dengan kemenangan Persinga Ngawi dengan skor 1-2. Dua gol Persinga dicetak oleh Larso dan Aiman. Sedangkan gol balasan Persiba dicetak oleh Johan Manaji melalui titik putih. (Bag Humas Polres Bantul)

Polsek Bantul Temukan Puluhan Botol Ciu Di Ladang Tebu

Ada seorang warga datang ke Mapolsek Bantul melaporkan adanya tempat penyimpanan dan penjualan Miras oplosan di tengah ladang tebu yang terletak di sebelah utara SMK dusun Neco, Sabdodadi, Bantul, Sabtu malam, 28 Mei 2016.

Setelah mendapat informasi itu, Kapolsek Bantul Kompol Fajar Pamuji, SH beserta anggota gabungan fungsinya segera mendatangi TKP. Namun pada saat petugas datang para penjual miras tersebut lari kocar kacir meninggalkan daganganya Miras Oplosanya.

Dalam penggerebekan itu, petugas menemukan 50 botol air mineral berisi miras oplosan ciu siap jual dan 2 orang pembelinya.

Pemilik ciu yang berinisial W (27 tahun) beralamat di dusun Rendeng, Timbulharjo, Sewon juga lari meninggalkan dagangannya, kemudian semua barang yang ditemukan tersebut di amankan ke Mapolsek Bantul. Sementara pemilik barang haram tersebut masih dalam pengejaran petugas. (Sihumas Polsek Bantul)

Olah Raga Bersama Di Kecamatan Kasihan

Jumat, 27 Mei 2016 pukul 08.00 Wib bertempat di halaman Kecamatan Kasihan telah dilaksanakan Olahraga bersama Muspika Kasihan yang diikuti oleh Camat Kasihan Drs Soekendro, Kapolsek Kasihan Kompol Suwandi, Lurah se Kecamatan Kasihan dan perwakilan dari masing masing instansi se Kecamatan Kasihan yang berjumlah 50 Orang.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dengan pembacaan Doa oleh Kepala UPT Kecamatan Kasihan dilanjutkan dengan senam SKJ berasma. Selesai senam dilanjutkan dengan ramah tamah. Kegiatan berakhir pukul 09.20 Wib berjalan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Kasihan)

Ulang Tahun BBD Wisanggeni Kabupaten Bantul

Minggu, 29 Mei 2016 pukul 20.00 Wib bertempat dilapangan Tamantirto, Kasihan, Bantul telah dilaksanakan pagelaran wayang kulit dalam rangka HUT BPD Wisanggeni Kabuapten Bantul.

Pagelaran wayang kulit dihadiri oleh Assek 1 Kabupaten Bantul Bapak Bambang Guritno, Ketua Asosiasi BDP Bantul Bapak Ahmad Badawi, Camat Kasihan Drs H Soekendro, Kapolsek Kasihan diwakili IPTU Hadi Prayitno, Danramil Kasihan Mayor Nurhadi dan seluruh anggota BPD Kabupaten Bantul yang berjumlah 200 Orang.

Ketua Panitia Bapak Andreas Suratno dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tamu undangan dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua anggota BPD yang telah membantu dalam bentuk materiiil maupun imateriil sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Sambutan Assek 1 Kabupaten Bantul Bapak Bambang Guritno menyampaikan selamat kepada BPD Kabupaten Bantul yang telah berumur 1 tahun dan berharap BPD Wisanggeni akan semakin matang dan profesional dalam melayani masyarakat. Ulang tahun adalah moment untuk intropeksi dan refleksi serta menarik pelajaran guna memperbaiki diri agar lebih baik di masa depan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tokoh pewayangan Wisanggeni dari Bapak Ahmad Badawi kepada Ki Dalang Suharno dengan lakon Wisanggeni Duta.

Kegiatan berakhir pukul 04.00 Wib berjalan aman dan lancar dengan pengamanan dari personil polsek Kasihan. (Sihumas Polsek Kasihan)

29 May 2016

Pagelaran Wayang Kulit Di Dusun Sabrang Kidul Pajangan

Sabtu, 28 Mei 2016 jam 20.00 wib, telah berlangsung Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk bertempat di Rumah Bpk. Suradi Dusun Sabrang Kidul RT 004 Desa Triwidadi Kec. Pajangan.

Hadir dalam kesempatan ini H. Sapta Sarosa, S. Psi DPRD Kab. Bantul, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Bpk. Mardiono Tokoh Masyarakat Desa Triwidadi, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman, Kasihumas Polsek Pajangan Aiptu Sunarto, Kepala Dukuh Sabrang Kidul Bpk. Pardi, Ketua RT, tokoh masyarakat, pelaku seni budaya Desa Triwidadi dan warga Sabrang Kidul sejumlah ±  200 orang.

Dalang pagelaran Wayang Kulit ini adalah Ki Cermo Hadi Sutoyo dari Pringgading Guwosari Pajangan dan di iringi kelompok Karawitan Antrigeni (Anak Triwidadi Gemar Seni) asuhan Bpk. Sukimin dengan Pesinden, Ibu Yati, Ibu Suti dan Ibu Wakiyem serta Ibu Marinem.

Pagelaran Wayang Kulit ini dilaksanakan dalam rangka Gelar Budaya Dusun Sabrang Kidul melalui dana Aspirasi anggota DPRD H. Sapta Sarosa, S. Psi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab Bantul.

Lurah Triwidadi Slamet Riyanto dalam sambutannya mengatakan ikut berbahagia dan apresiasi dalam pagelaran Wayang Kulit ini.  Ia berpesan agar kita semua, warga masyarakat agar melestarikan kesenian dan kebudaya kita Wayang Kulit ini. Ia mengharapkan agar semua warga masyarakat giat dan gotong-royong  dalam pembangunan infratruktur dilingkungannya masing-masing.

H. Sapta Sarosa, S. Psi dalam sambutannya mengajak agar kita semua menguri-uri (melestarikan) kesenian dan budaya kita yang adi luhung. Jangan sampai seni budaya kita diakui oleh negara lain dan kemasukan budaya dari luar negeri. Ia minta doa dari seluruh warga Sabrang kidul mudah-mudahan Ia bisa melaksanakan tugas dengan baik dan selamat hingga akhir.

Selanjutnya dilakukan penyerahan tokoh Wayang Gathotkoco kepada Ki Dalang oleh Bpk. Mardiono. Hingga selesainya pagelaran Wayang Kulit di Sabrang Kidul situasi berakhir dalam keadaan aman dan kondusif dengan pengamanan dari personil Polsek Pajangan. (Sihumas Polsek Pajangan)

Konfrensi Cabang ke VI IPNU IPPNU Anak Cabang Pajangan Periode 2014 – 2016

Telah diakukan Kegiatan Konfrensi Cabang ke VI IPNU IPPNU Anak Cabang Pajangan Periode 2014 – 2016 bertempat di Balai Desa Sendangsari Pajangan, Minggu 29 Mei 2016 Jam 09.00 Wib.

Acara pembukaan di hadiri Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST (MWC NU Pajangan), Ketua GMNU Kec. Pajangan Sdr. Naffiqin, Ketua PC IPNU Kab. Bantul Sdr. Ahmad Sidiq, Ketua IPNU Kec. Pajangan Sdr. Muh. Aqimudin, Ketua IPPNU Kec. Pajangan Sdri. Siti Khoirudiniyah, Ketua PAC IPNU IPPNU se Kab. Bantul, peserta kegiatan sejumlah ± 45 orang.

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST dalams sambutannya menyampaikan IPNU - IPPNU harus tetap berpegang teguh kepada Ajaran Ahlussunnah Wal Jama'ah, tekun beribadah, beramal Sholeh soleha dan berakhlaqul karimah, karena sebaik baik manusia adalah yang baik akhlaknya.

IPNU -  IPPNU harus mampu melaukan kegiatan nyata guna menangkal gerakan Radikalisme yang mulai marak saat ini. IPNU - IPPNU Kec. Pajangan harus bisa menjaga serta menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia sebagai implementasi dari Hablum Minannaas. Kerukunan antar sesama adalah ajaran dan harga mati. IPNU - IPPNU harus mampu memberi contoh dan berada di jajaran terdepan dengan membentuk pengurusan hingga tingkat Desa.

Ketua IPNU Kec. Pajangan Sdr. Muh. Aqimudin menjelaskan bahwa kegiatan kali ini dimaksudkan untuk melakukan pemilihan ketua IPNU – IPPNU Kec. Pajangan periode berikutnya. Dalam pengurusan IPNU dan IPPNU untuk Ketua hanya boleh terpilih satu kali dan periode berikutnya harus diganti dengan yang baru.

Dari Konfrensi Cabang ke VI IPNU - IPPNU Anak Cabang Pajangan dihasilkan Ketua baru IPPNU – IPPNU periode 2016 - 2018. Ketua IPPNU Anak Cabang Pajangan Sdr. Muhammad Khoirul Anwar (Dukuh - Guwosari) dan Ketua IPPNU Anak Cabang Pajangan Sdri. Nurfitrotul Janah (Dadapbong – Sendangsari). Pelantikan akan menunggu Surat keputusan dari IPNU – IPPNU Kab. Bantul.

Acara Konfrensi Cabang ke VI IPNU - IPPNU Anak Cabang Pajangan selesai pada jam 18.00 Wib dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).

Pelantikkan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Dan Pimpinan Cabang Aisyiyah Kecamatan Pajangan Periode 2015 - 2020

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H menghadiri acara pelantikkan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Aisyiyah Kec. Pajangan periode 2015 -  2020 bertempat di Balai Desa Triwidadi Pajangan Bantul, Minggu, 29 Mei 2016.

Hadir pula dalam acara ini jajaran Muspika Pajangan seperti Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Kepala KUA Pajangan Asrori, S.H.,  Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Lurah Triwidai Slamet Riyanto, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Bantul Drs. Suwandi Dani Subroto dan Bpk. Amrulloh, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kec. Pajangan Muhamad Arwan Amd. Perkes, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab. Bantul Dra. Hj. Her Muryani dan Dra. Nur Kadariyah dan Pimpinan Cabang Aisyiyah Kec. Pajangan Ibu Hanifah Astuti serta tamu undangan lainnya.

Muhammad Arwan,  Amd. Perkes dilantik menjadi pimpinan Cabang Muhammadiyah Kec. Pajangan untuk periode 2015-2020. Sementara Hanifah Astuti diangkat menjadi Pimpinan Cabang Aisyiyah Kec. Pajangan untuk lima tahun ke depan.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam sambutannya menyambut baik ajakan Muhammadiyah untuk meningkatkan sinergi Pemerintah dengan Muhammadiyah dalam menghadapi problematika yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia. Apabila ke tiga unsur bisa sinergi masyarakat bisa maju dan sejahtera, pertama Pemerintah yang merupakan kunci untuk regulasi dan mengatur pemerintahan, yang kedua adalah pihak swasta termasuk organisasi-organisasi soasial dan yang terakhir masyarakat.

Menurutnya, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah dalam menghadapi masalah bangsa, kemiskinan dan sosial kemasyarakatan. Pemerintahan yang mengatur pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan bersama Muhammadiyah untuk menghadapi masalah Bangsa tersebut.

Drs. Suwandi a.n. pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Bantul menyampaikan siapa pun yang tergabung dalam Muhammadiyah untuk menyampaikan apa yang perintahkan dan apa yang dilarang oleh Alloh SWT yang disampaikan melalui Nabi Muhammad SAW. Apa yang kita punyai kita korbankan untuk Muhammadiyah ini, waktu, harta benda ilmu dan sebagainya untuk menyampaikan tugas-tugas kerisalahan tersebut.

Menurutnya Dakwah adalah sebuah proses perubahan sosial untuk menuju kualitas kehidupan yang lebih baik menurut tata ajaran agama Islam. Kehidupan termasuk ekonomi, pendidikannya, kegiatannya dan budayanya harus lebih baik. Muhammadiyah melalui Muktamar di Makassar memantapkan apa yang akan di lakukan 100 Tahun kemudian dengan tema “Gerakkan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan”.

Acara ditutup dengan doa oleh Kepala KUA Pajangan Asrori S.H. acara selesai pada pukul 11.00 WIB dalam keadaan aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)

PSIM Jogya Vs PPSM SAKTI Magelang

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK memimpin jalanya pengamanan pertandingan antara klub sepak bola PSIM Jogya Vs PPSM SAKTI Magelang di Stadion Sultan Agung (SSA), Sewon, Bantul, Sabtu sore, 28 Mei 2016.

Pengamanan ini melibatkan ratusan personil gabungan dari Polres Bantul dibantu Polda DIY, Brimob, TNI dan petugas instansi terkait lainya.

Pengamanan yang ketat ini juga diadakan pemeriksaan kepada seluruh penonton dengan sasaran sajam, miras mercon dan barang berbahaya lainya diberbagai pintu masuk stadion.

Dalam pemeriksaa ini petugas menyita ratusan tongkat bambu, Sajam Miras dan barang barang berbahaya lainya demi kelancaran pertandingan sepak bola serta mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan.

Pertandingan Sepak Bola dimenangkan oleh PPSM Sakti Magelang dengan skor 2-0 berakhir situasi aman tertib. (Bag Humas Polres Bantul)

28 May 2016

Operasi Cipta Kondisi, Polsek Banguntapan Sita Ribuan Botol Miras

Polsek Banguntapan berhasil menangkap mobil Box nomor polisi E 1565 SA yang bermuatan ratusan kardus berisi 1.512 botol miras dalam Operasi cipta kondisi yang digelar, Jumat, 27 Mei 2016.

Kanit Sabhara Polsek Banguntapan, AKP Gunarto mengatakan, penangkapan mobil box berawal saat tertangkapnya tersangka SH warga Desa Wirokerten. Setelah digeledah di rumahnya ditemukan barang bukti puluhan miras berbagai merk yaitu 46 botol anggur merah, 20 botol anggur kolesom, 3 botol  vodka dan 16 botol brik frest.

Tersangka SH yang telah lama menjadi target polisi ini selanjutnya dibawa ke Mapolsek Banguntapan. Berdasarkan pemeriksaan, tersangka mengakui telah memperjual belikan miras dalam waktu yang cukup lama.

Selanjutnya pada pukul, 11.00 Wib, petugas yang memantau rumah SH mengetahui ada mobil box pengangkut miras datang. Kemudian sejumlah anggota bergegas menuju rumah SH untuk melakukan penyergapan dan ditemukan barang bukti 126 kardus berisi ribuan botol miras, sopir berikut barang bukti mobil box diamankan. Saat penangkapan, polisi juga mengamankan H, warga Kecamatan Piyungan yang akan  mengambil pasokan miras ditempat tersebut,” jelas Kanit Sabhara.

Kanit Sabhara Polsek Banguntapan, AKP Gunarto mengatakan, mobil box yang disopiri EK  setelah dilakukan pemeriksaan mengaku kalau miras yang dia bawa dari Semarang, Jateng tersebut tujuan utamanya yakni Kabupaten Gunungkidul.

“Namun sebelum menuju ke sana, dia disuruh mampir ke tersangka SH untuk mengantar beberapa miras pesanan SH,” jelas kanit.

”Sampai saat ini masih dilakukan pengembangan, bagi penjual miras tetap akan kita tindak sampai  persidangan,” tegas Kanit. (Sihumas Polsek Bangutapan)

Sosialisasi Dan Pembinaan Penanaman Nilai Budaya Sehat Bagi Siswa SD Negeri Krekah

Sosialisasi dan Pembinaan Penanaman nilai budaya sehat bagi siswa / warga sekolah dalam peningkatan derajat kesehatan ini terselenggara karena beberapa saat yang lalu ada sekitar 3 atau empat keluarga anak didik dan keluarganya terserang penyakit Demam Berdarah.

Menanggapi hal yang demikian Kepala Sekolah SD Negeri Krekah Gilangharjo Pandak Bantul Bp. Wiyono, SPd menghadirkan Tim Penyuluh Kesehatan dari Puskesmas Pandak  I yang diketuai oleh dr. Seta Nurhayati beserta Tim untuk melaksanakan kegiatan tersebut di sekolahnya. 

Kegiatan Sosialisasi ini dilaksnakan pada hari Sabtu, 28 Mei 2016 mulai pukul 08.00 Wib yang dihadiri oleh Muspika Pandak, Subiyanto Humas kec. Pandak, Aiptu Subrata Kasihumas Polsek dan Koptu Marjiyanto Babinsa Koramil , Heri Kusdarmanto Kepala UPTD Pandak, Surojo dari Penyuluh KUA dan para Wali murid yang anaknya terserang penyakit DB serta Para Siswa SDN Krekah kelas V sejumlah 30 siswa.

Dalam paparan singkat oleh dr. Seta Nurhayati beserta Tim Penyuluh mengatakan Penyakit Demam Berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang mana nyamuk tersebut membawa virus  Demam Berdarah Dengeu (DBD) dan menyerang pada siapa saja (semua Usia) serta dimana saja yang biasanya waktunya pagi hingga sore hari.

Untuk pencegahanya di lakukan 3M plus yakni Menguras bak mandi, vas dan tempat penampungan air minimal 1 minggu sekali. Menabur bubuk abete atau altosid pada tempat-tempat penampungan air yang sulit dikuras, Menutup rapat-rapat tempat penampungan air atau memelihara ikan di tempat-tempat penampungan air dan Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air, Kemudian PLUS disini adalah membiasakan diri dengan bererilaku hidup bersih dan sehat.

Demikian uraian singkat Ketua Tim Penyuluh Kesehatan Puskesmas Pandak I  dengan harapakan setelah Sosialisasi ini berakhir Para Siswa / Warga sekolah menjadi Kader Jumanthik Mandiri Siswa / warga sekolah untuk bisa diterapkan di lingkungan keluarga / warga sekitar masing – masing.

Demikian acara hingga selesai pukul 10.30 Wib terdapat situasi aman terkendali. (Sihumas Polsek Pandak )

Pesan Aa Gym Kepada Warga Kalangan Banguntapan

Sabtu, 28 Mei 2016 pukul 04.30 Wib di Masjid Al Manaar Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul telah berlangsung kegiatan Pengajian Tauhid Subuh dalam rangka menyambut Ramadhan dengan pembicara Ustadz KH Abdullah Gymnastyar (Aa Gym) dari Bandung.

Kegiatan diselenggarakan oleh Takmir Masjid Al Manaar dan Remaja Islam Al Manaar selaku panitia dengan Penanggungjawab H. M. Djauhar Siddiq, M. Pd.

Pengajian dihadiri oleh Wakil Bupati H. Abdul Halim Muslih, Camat Banguntapan R. Jati Bayubroto, SH, M. Hum, Lurah Ds. Baturetno Sarjaka, Dukuh Kalangan Fahrudin dan ribuan jamaah.

Dalam tauziahnya KH Abdullah Gymnastyar menyampikan yang membahayakan diri kita adalah kejelekan diri sendiri. Salah satu yang bahaya dari diri kita adalah masalah prioritas, antara pujian dan koreksi.

Jika orang sudah merasa sholeh/sholehah tidak akan menjadi lebih baik. Karena sudah merasa lebih dari yang lain. Jika orang yang mempunyai jabatan/kedudukan, lebih tinggi maka semakin sedikit orang yang berani memberikan koreksi/masukan. Jika tidak bisa memberikan contoh yang baik, jangan memberikan contoh yang salah. Seharusnya kita membenahi diri terlebih dahulu dan mau menerima koreksi

Selama berlangsungnya pengajian personil Polsek Baguntapan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Penutupan Agro Exspo Kecamatan Bantul 2016

Sabtu 28 Mei 2016 pukul 08.00 wib telah dilakukan  penutupan Agro Expo Kecamatan Bantul tahun 2016 oleh Kepala BKP3 Kecamatan Bantul Ir. D. Haris Riyanto, MMA.

Acara tersebut bertempat di Kantor BPP Kismo Raharjo, Klembon, Trirenggo Bantul  diikuti oleh KWT, Poktan dan Gapoktan se Kecamatan Bantul.

Stand penjualan meliputi tanaman agribisnis, produk ovop Bantul karang yaitu emping ketela dan ovopTegaldowo berupa aneka minuman herbal instan (kunir, jahe dll), aneka makanan produksi KWT  5 Desa, dan aneka makanan olahan lainnya.

Agro expo ini sebagai ajang promosi hasil produk setempat, sekaligus untuk mendekatkan BPP Kecamatan kepada masyarakat.

Dalam penutupan acara tersebut  juga diselenggarakan senam sehat  berhadiah puluhan doorprise, kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Camat Bantul Dra. Endang Rachmawati, Aiptu Sumarno mewakili Kapolsek Bantul, tamu undangan dan peserta senam kurang lebih 100 peserta.

Kegiatan berakhir pada pukul 10.00 wib dengan lancar dengan pengamanan dari personil Polsek Bantul. (Sihumas Polsek Bantul)

Bola Voly Pancasila Cup I, Tim Bola Voly Dari Ngentak Juara 1

Jumat, 22 Mei 2016 pukul 20.30 wib di  lapangan bola voli dusun Kiringan Jetis Bantul telah berlangsung final memperebutkan juara 1-2 pertandingan bola voli pemuda pancasila cup I antara tim dari Ngrendeng Bantul VS Tim dari  Ngentak Pundong Bantul yang dimenangkan oleh tim dari Ngenthak Pundong Bantul dengan skor skor 3 - 1 .

Pertandingan yang di pimpin oleh wasit 1 Subandiyo dan wasit 2 Joko ini disaksikan kurang lebih 1000  orang penonton tersebut berlangsung hingga pukul 23.05 Wib, di lanjutkan degan pembagian hadiah atau uang pembinan dan tropy.

Adapun juara pertama adalah dari tim bola volli Ngenthak Pundong Bantul menerima uang pembinaan Rp 5 juta dan tropi. Juara ke dua (2 ) di menangkan oleh tim dari Ngrendeng Trirenggo Batul menerima uang pembinaan Rp 4.juta dan tropi . Juara ke tiga di menangkan oleh tim dari Bibis Timbulharjo Sewon Bantul menerima uang pembinaan  Rp 3 juta dan tropi. Kemudian juara ke empat di menangkan oleh tim dari Cimpom Tirtosari Kretek Bantul menerima uang pembinaan  Rp 2 juta dan tropi .

Giat selesai dalamkeadaan aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Jetis. (Siumas Polsek Jetis)

Olahraga Bersama Di Koramil Sedayu

Kapolsek Sedayu bersama anggotanya dan Unsur Muspika kec. Sedayu melaksanakan olah raga pagi senam di halaman Kantor Koramil Sedayu, Jumat, 27 Mei 2016 jam 07.30 Wib.

Kegiatan  olah raga pagi dimaksudkan untuk menjalin ajang silaturahmi antar instansi sehingga satu dan lainnya saling mengenal. Olah raga ini dilaksanakan  secara bergiliran antar Istansi se kecamatan Sedayu  setiap Hari Jumat minggu ke 2 dan ke 4. Pesertanya yaitu karyawan maupun PNS,Pamong desa se kecamatan sedayu.

Peserta melaksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat, untuk menjaga kesehatan dan kesetabilan tubuh agar tetap segar bugar dan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. (Sihumas Polsek Sedayu)