30 September 2016

Evaluasi Bakti Sosial TNI-KB Kesehatan Tingkat DIY 2016 Di Balai Desa Donotirto

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK beserta Kapolsek jajaran menghadiri kegiatan Monitoring dan Evaluasi Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan Tingkat DIY Tahun 2016 di Balai Desa Donotirto Kecamatan Kretek Bantul, Jumat, 30 September 2016 pukul 08.00 Wib.

Hadir dalam giat tersebut adalah Ketua Tim Monitoring Letkol Arm. Indro Respati, Dandim Bantul Letkol Inf. Agus Widianto, Kasubditkerma Ditbinmas Polda DIY AKBP Heri Fatnanta, S.Psi, Bupati Bantul H Suharsono, Ketua BKKPPKB Bantul Drs Joko Sulasno Nimpuno, Kapolsek sejajaran Polres Bantul, Danramil sejajaran Kodim Bantul, Camat sejajaran Kab. Bantul, Muspika Kec. Kretek beserta intansi terkait,  PLKB dan Kader PKK se Kecamatan Kretek dan tamu undangan.

Di lokasi, Tim Monitoring melaksanakan peninjauan terhadap beberapa data dan program yang dilaksanakan seperti Data Posko Bakti Sosial TNI-KB-KES di ruang data, Gelar UPPKS, BKL, PIK R, Pelayanan KB di Puskesmas Kretek, KIE Kesehatan Reproduksi di SMK Muhammadiyah Kretek dan Kelompok kegiatan Keterpaduan BKB- YANDU- PAUD dan KIE KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang /MKJP di Dusun Gading Lumbung.

Setelah selesai melaksanakan peninjauan di lapangan, Tim Monitoring kembali lagi ke Balai Desa Donotirto untuk menyampaikan kesan dan pesan serta evaluasi dari Tim Monitoring.

Kesan dan Pesan disampaikan oleh Ibu Ita Suryani dari BKKBN Propinsi yang intinya mengucapkan terima kasih atas partisipasi intansi terkait dan warga masyarakat Kec. Kretek yang telah mendukung kegiatan ini.

Sementara itu Camat Kretek Bpk Hasto Wibowo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Tim Monitoring yang telah menunjuk Kec. Kretek  untuk melaksanakan Bakti Sosial TNI- KB- Kesehatan Tingkat DIY Tahun 2016, serta memohon maaf atas nama Muspika, Intansi dan warga masyarakat apabila ada kekurangan dalam penyambutan. Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Kepala KUA Kec. Kretek Bpk Suryadi, S.Ag. (Sihumas Polsek Kretek)

Hujan Lebih Tiga Jam, Kapolsek Dlingo Himbau Warga Di Zona Rawan Longsor Waspada

Karena hujan lebat yang terus menerus  melanda Dlingo menyebabkan terjadinya tanah longsor di Dusun Gunung Cilik Desa Muntuk Dlingo Bantul.

Dalam peristiwa itu rumah milik bapak Diharjo rusak bagian dapur karena kelongsoran tanah. Namun dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Hingga saat ini evakuasi tanah longsor itu belum selesai, Jumat, 30 September 2016.

Kapolsek Dlingo AKP Amir Mahmud yang saat itu dilokasi mengatakan, meski tidak sampai merenggut korban jiwa. Namun hal tersebut perlu diwaspadai, karena jika hujan terus mengguyur ancaman longsor bisa terjadi dimana saja, katanya.

Pada cuaca seperti saat ini, Kapolsek menghimbau kepada warga yang tempat tinggalnya masuk pada zona merah rawan longsor terutama pada saat hujan lebat agar selalu waspada.

Kawasan yang masuk kategori zona merah bahaya longsor menurut data dari BPBD Bantul yakni Desa Srimartani dan Sitimulyo di Kecamatan Piyungan, Desa Selopamioro, Sriharjo, Giriharjo, Karangtengah dan Wukirsari Kecamatan Imogiri, Desa Wonolelo Kecamatan Pleret, Desa Triwidadi Kecamatan Pajangan, Desa Seloharjo Kecamatan Pundong dan seluruh desa di Kecamatan Dlingo.

"Bagi warga yang rumahnya masuk zona merah, wajib waspada apabila terjadi hujan deras antara dua hingga tiga jam, maka warga harus siap-siap mengungsi ditempat yang aman, " jelas Kapolsek. (Sihumas Polsek Dlingo)

Hujan Disertai Angin, Rumah Ponimin tertimpa Pohon

Kamis, 29 September 2016 sekitar pukul 19.30 Wib wilayah Dlingo Bantul dilanda hujan deras disertai angin kencang.

Akibat peristiwa alam ini, sebuah rumah milik warga bernama Ponimin Widiyanto (55 tahun) di Dusun Nglampengan RT 03, Desa Temuwuh tertimpa pohon sengon yang tumbang.

“Mendapat laporan ada rumah warga yang tertimpa pohon, anggota Polsek Dlingo bersama-sama Koramil, RAPI dan warga datang untuk melakukan evakuasi,” kata Kapolsek Dlingo AKP Amir Machmud yang ikut sibuk memotongi dahan pohon.

Kapolsek menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun rumah milik Ponimin Widiyanto mengalami kerusakan dibeberapa bagian. “Saat ini proses pembersihan pohon masih berlangsung dan warga yang rumahnya tertimpa pohon beserta keluarganya sudah dalam keadaan aman,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Dlingo)

Polsek Bambanglipuro giliran membantu Pembangunan Talud Kali Konteng

Jalinan sinergitas yang baik antara TNI/Polri tercermin dari dukungan Polres Bantul terhadap program TMMD Sengkuyung ke 97 tahap II TA 2016 di Dusun Ngrame Tamantirto Kasihan dengan mengirimkan personel Polsek jajaran secara bergiliran untuk membantu giat tersebut.

Kali ini, Kamis, 29 September 2016 personel dari Polsek Bambanglipuro yang mendapat giliran untuk membantu giat ini.

Dipimpin Kanit Lantas Iptu Sarjiman, seluruh personel Polsek Bambanglipuro bahu-membahu bersama dengan anggota TNI dari Kodim Bantul dan masyarakat mengerjakan pembangunan Talud Kali Konteng. Semangat kebersamaan antara TNI, Polri dan warga masyarakat cukup terasa dalam TMMD ini.

“Kegiatan ini sangat positif karena bisa menumbuhkan semangat gotong royong dan kebersamaan antara TNI/Polri dengan masyarakat,” kata Kanit Lantas Polsek Bambanglipuro Iptu Sarjiman.

Menurutnya, selama melaksanakan pekerjaan harus didasari dengan keikhlasan.”Kalau ikhlas, pekerjaan yang berat akan terasa ringan,” ujarnya (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Hari Ketiga, Festival Ketoprak Digelar Di Sanden

Hari ketiga giat Festival Ketoprak antar Kecamatan se Kabupaten Bantul yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bantul digelar di Pendopo Balaidesa Murtigading, Sanden, Bantul, Kamis, 29 September 2016 mulai jam 20.00 Wib.

Kali ini Festival Ketoprak menampilkan empat grup ketoprak dari Kecamatan Sanden, Srandakan, Bambanglipuro, dan Kecamatan Kretek.

Hadir dalam giat tersebut perwakilan dari Disbudpar Bantul, Camat Sanden Drs. Fatoni, Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana, Pj. Lurah Murtigading Rudi Suharta, Bhabinkamtubmas Desa Murtigading Aiptu Sabari, serta warga masyarakat yang menyaksikan pertunjukan festival ketoprak.

Festival Ketoprak antar Kecamatan se Kabupaten Bantul rencannya akan dilaksanakan selama lima hari, yaitu mulai tanggal 27 September s.d. 1 Oktober 2016. Sebelum digelar di Sanden, Festival Ketoprak sebelumnya telah dilaksanakan di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Jetis yang diikuti Kecamatan Jetis, Pundong, Dlingo, Imogiri dan di Kecamatan Piyungan yang diikuti Kecamatan Bantul, Piyungan, Pleret, Banguntapan.

Untuk 2 putaran terakhir rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Kasihan yang akan diikuti Kecamatan Kasihan, Sewon, Pajangan, Sedayu dan di Kecamatan Pandak  yang hanya diikuti Kecamatan Pandak. Dalam festival, setiap grup ketoprak diberikan waktu tampil selama 60 menit dengan lakon "Sukro Sutikno".

Kegiatan festival ketoprak ini sendiri bertujuan untuk melestarikan kesenian ketoprak sekaligus untuk memberi wadah seniman-seniwati ketoprak Kabupaten Bantul.

Selama kegiatan berlangsung, jajaran anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan hingga giat berakhir. (Sihumas Polsek Sanden)

Muspika Jetis Berantas Sarang Nyamuk

Pagi Ini, Jumat, 30 September 2016, secara serentak seluruh anggota Bhabinkamtibmas bersama unsur Muspika turun ke dusun berantas Sarang Nyamuk (PSN) untuk mencegah merebaknya penyakit Demam Berdarah di wilayah Jetis.

Tim PSN yang terdiri dari pegawai se Kec Jetis, Puskesmas, Koramil, Polsek dan para pamong sejak Pukul 07.00 Wib sudah langsung menuju sasaran di empat desa wilayah kecamatan Jetis untuk memberantas sarang nyamuk.

Seperti data  resmi dari Puskesmas Jetis I, akhir-akhir ini serangan Nyamuk Aides Aygepty terhadap warga cukup meningkat sehingga gerakan PSN dioptimalkan  mengingat cuaca yang tidak menentu sangat mendukung perkembangan nyamuk penyebab demam berdarah ini.

Tim PSN dibagi 4 Tim dengan sasaran berbeda hal tersebut didasarkan pada data Puskesamas dan hasil laporan Posyandu dusun atau PKK tentang kasus DB yang menjangkit disuatu dusun.

Adapun sasaran PSN adalah bak mandi air serta tampungan air yang berada di dalam rumah maupun di lokasi luar rumah yang rentan dengan genangan air yang dapat menjadi media tumbuh kembangya Nyamuk Aides Aygepty. Seperti pada tumpukan ban Bekas kaleng bekas dan tempat yang sekiranya dapat menjadi tumbuh kembangnya nyamuk. (Sihumas Polsek Jetis) 

Evan Senang, HPnya Yang Hilang Telah Kembali

Kanit Intelkam Polsek Jetis, Aiptu Paidi kembalikan HP android temuanya kepada pemiliknya yaitu Kinayungan Satriananda (14 tahun) Pelajar, warga Bakulan, Trirenggo, Bantul.

Hand Phone itu ditemukan oleh Aiptu Paidi hari Kamis pagi, 28 September 2016 dijalan Ringroad Manding Bakulan. Saat itu Aiptu Paidi sedang melintas di TKP di salip sebuah sepeda motor matic dengan kecepatan tinggi. Tanpa disadari HP milik si pengendara matic tersebut jatuh tepat di depannya.

Oleh Aiptu Paidi HP tersebut diambil lalu berusaha mengejar si pemilik HP, namun karena yang bersangkutan berkecepatan tinggi, Aiptu Paidi kehilangan jejak. Ia akhirnya memutuskan untuk kembali ke Polsek Jetis.

Atas inisiatif anggota Humas lalu HP temuan itu diumumkan di media sosial Info Cegatan Jogja/ICJ dengan harapan informasi temuan ini cepat menyebar luas ke masyarakat hingga kepemiliknya.

Namun tidak lama kemudian, seorang anak lelaki bernama Evan datang di Polsek Jetis mengaku sebagai pemilik HP tersebut. Didepan petugas, Evan mengaku mengetahui HP-nya berada di Polsek Jetis berkat keberadaan sinyal HP miliknya terdekteksi melalui GPS.

Mengetahui titiknya berada di Polsek Jetis, selanjutnya Evan memberanikan diri untuk menanyakan keberadaan HP miliknya ke anggota jaga. Dia juga mengaku, belum sempat melihat info yang dikirimkan di ICJ oleh Humas Polsek Jetis.

Tak lupa Evan menyampaikan banyak terima kasihnya kepada pak Aiptu Paidi yang telah menemukan HP miliknya. HP selanjutnya diserahkan kepada Evan oleh Ka SPKT III Aiptu Wakidi. Aiptu Wakidi berpesan agar lain kali hati-hati agar kejadian tersebut tidak terulang lagi. (Sihumas Polsek Jetis) 

Pembukaan Pameran Seni Rupa Kaligrafi Nusantara Di Langit Art Space

Kapolsek Kasihan Kompol Supardi mengahdiri acara Pembukaan Pameran Seni Rupa Kaligrafi Nusantara di Langit Art Space Jl. IKIP PGRI Sonosewu Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Rabu, 28 September 2016 pukul 19.45 Wib. Penanggungjawab acara bapak Sriyono Hadi dengan tema "Waktu dan Lelaku".

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Danramil Kasihan Mayor Inf. Nurhadi Suswanto,  Waka Polsek Kasihan AKP Safpe Tambatua Sinaga, S.Kom dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan akan dilaksanakan hingga 28 Oktober 2016 dan dibuka secara resmi oleh Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) yang sekaligus memberikan tausiyah tentang seni dengan diselingi hiburan Bergodo Wirosobo dari Dusun Sonosewu Ngestiharjo dan Musik Band Kyai Kanjeng.

Kegiatan dihadiri sekitar 500 orang pecinta seni dan berakhir pukul 01.05 Wib dalam keadaan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Kasihan)

Kanit Sabhara Polsek Kasihan Masuki Masa Pensiun

Kapolsek Kasihan diwakili Wakapolsek AKP Safpe Tambatua Sinaga, S.Kom melepas memimpin upacara pelepasan Kanit Sabhara AKP Tuhadi  yang akan memasuki masa pensiun.

pelepasan AKP Tuhadi dilaksanakan setelah pelaksanaan olah raga pagi, Jumat, 30 September 2016.

Waka Polsek Kasihan AKP Safpe Tambatua Sinaga, S.Kom atas nama anggota menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta rasa terima kasih atas kinerja, dedikasi dan loyalitas dari AKP Tuhadi selama menjalankan tugas di Polsek Kasihan.

Waka Polsek juga menambahkan, walaupun sudah memasuki purna Tugas, diharapkan masih dapat mengabdi dalam wujud yang berbeda yaitu dengan memberikan saran dan sumbangsihnya untuk kemajuan Polsek Kasihan.

Sementara itu, AKP Tuhadi saat memberikan sambutan mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya kepada seluruh pimpinan dan anggota selama berdinas. “Apabila selama berdinas banyak kesalahan, saya atas nama pribadi dan keluarga memohon maaf yang sebesar-besarnya,” tuturnya.  (Sihumas Polsek Kasihan)

29 September 2016

Polsek Banguntapan Sita Ratusan Botol Miras Di Dusun Banjardadap

Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno, SH bersama anggotanya mengrebek rumah milik YN (perempuan,40 tahun) di Dusun Banjardadap Potorono Banguntapan Bantul, Kamis, 29 September 2016.

Dalam pengrebekan itu Kapolsek menemukan ratusan botol berisi minuman keras berbagai merek siap edar. Kini barang bukti itu disita dibawa ke Mapolsek Banguntapan guna keperluan proses hukum.

Kapolsek Banguntapan didampingi Kanit Sabhara AKP Gunarto SH dilokasi kejadian mengatakan, pengrebekan ini berkat adanya laporan warga bahwa setiap hari Kamis ada truk boks memasok miras di rumah YN itu.

Laporan langsung ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Ketika Kanit Sabhara Polsek Banguntapan turun ke lapangan pada pukul 11.00 hingga pukul 13.30 Wib belum ada  tanda mobil masuk. Diduga pemasokan Miras itu dilakukan pagi harinya,  jelas Kapolsek.

Karena target tidak muncul, kami berinisiatif untuk menyamar sebagai pembeli. Namun hal itu tidak mudah, anak dari pemilik miras itu tidak mau melayani.  Petugas kemudian masuk lewat sisi barat dan diintip dari jendela. Setelah mendapatkan barang bukti, polisi langsung masuk, Jelas Kapolsek.

Kanit Sabhara menambahkan, rumah tersebut sebenarnya sudah lama mengedarkan minuman keras. Namun baru kali ini kami berhasil menggrebek rumah ditepi  jalan itu. Oleh karena itu, Kami kembali mengajak kepada warga masyarakat agar jangan ragu ragu melaporkan ke polisi bila melihat pekat di lingkunganya.  Kami sangat membutuhkan peran aktif masyarakat dalam pemberantasan peredaran miras, katanya. (Bag Humas Polres Bantul)

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Bantul Bulan OKTOBER 2016


Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan OKTOBER 2016 adalah sebagai berikut :


NoHariTanggalJamTempat
I.Sabtu01 Oktober 201617.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
2.Senin03 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKelurahan Banguntapan
3.Selasa04 oktoberr201609.00 - 12.00 WibPolsek Srandakan
4.Rabu05 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPolsek Pundong
5.Kamis06 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKecamatan Kretek
6.Jumat07 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
7.Sabtu08 Oktober 201617.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
8.Senin10 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKelurahan Srigading
9.Selasa11 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPolsek Pajangan
10Rabu12 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKelurahan Trimulyo
11.Kamis13 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKecamatan Pandak
12.Jumat14 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
13.Sabtu15 Oktober 201617.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
14.Senin17 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKid's Funs
15.Selasa18 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPolsek Dlingo
16.Rabu19 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPyramid Cafe
17.Kamis20 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKelurahan Mulyodadi
18.Jumat21 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPolsek Pleret
19.Sabtu22 Oktober 201617.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
20.Senin24 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKelurahan Tamantirto
21.Selasa25 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPolsek Srandakan
22.Rabu26 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPolsek Pundong
23.Kamis27 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKecamatan Kretek
24.Jumat28 Oktober 201609.00 - 12.00 WibKecamatan Banguntapan
25.Sabtu29 Oktober 201617.00 - 21.00 WibLapangan Paseban
26.Senin31 Oktober 201609.00 - 12.00 WibPolsek Bantul

Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB dan Sabtu pukul 17.00 - 21.00 WIB

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa berlakunya habis lebih dari 3 bulan tidak bisa dilayanan SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Mujahadah Milad ke 4 SMK Ki Ageng Pemanahan

Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro, menghadiri Pengajian Akbar dan Mujahadah dalam rangka Milad ke 4 SMK Ki Ageng Pemanahan yang beralamat di Jl Parangtrtis Km 12 Patalan, Jetis, Bantul, Rabu, 28 Sepetember 2016.

Personel Polsek Jetis juga diturunkan untuk mengamankan giat Pengajian Akbar dan Mujahadah tersebut. Pengamanan dipimpin Kanit Sabhara Ipda Hendri Triyono beserta Kanit Reskrim Polsek Jetis Ipda Anar F dengan tugas utama memberikan kemudahan bagi jamaah yang akan menyeberang jalan mengingat tempat kegiatan berada di di tepi Jalan Parangtritis dengan arus lalu lintas yang padat.

Hadir pula dalam kegiatan ini Jajaran Muspika Kecamatan Jetis, Lurah Patalan dan pamong desa, murid SMK Kiageng Pemanahan beserta wali murid serta tamu undangan.

Dalam Milad kali ini, SMK Ki Ageng Pemanahan menghadirkan Kyai Hasan dan Kyai Syeh Habib Agil Al Kuthban.  Dengan tema " Membangun Akhlakul Karimah Dalam  Mencari Ridho Illahi" dihadiri oleh ratusan jamaah.

Kepala Sekolah SMK Ki Ageng Pemanahan Ibu Westi Eka dalam sambutannya berharap siswa-siswi SMK Ki Ageng Pemanahan mempunyai nilai-nilai keimanan dan keIslamam yang semakin kuat.

Adapun inti pengajian yang disampaikan oleh Kyai Hasan adalah sesuai dengan perintah Nabi, bahwa membangun akhlak sangatlah penting sebab Allah lebih mengutamakan akhlak daripada harta dan keelokan rupa. Oleh sebab itu kita harus mempunyai akhlakul karimah yang baik agar selamat di dunia dan di akhirat, ujarnya.  (Sihumas Polsek Jetis)

Supervisi Siwas Di Polsek Jetis

Tim Supervisi Siwas Polres Bantul dipimpin Kasiwas  Iptu Murtiningsih, Rabu, 28 September 2016, melaksanakan kunjungan ke Polsek Jetis.

Tim Supervisi Siwas diterima langsung oleh Kapolsek Jetis didampingi Kasium Polsek Jetis Aiptu Mugiriyatmi.

Di Polsek Jetis Tim Supervisi Siwas melaksanakan pemeriksaan administrasi seperti perencanaan dan pengorganisasian Polri, Pelaksanakan Program Kerja Kapolri 100 hari tentang Profesional, Modernisasi dan Terpercaya (Promoter),  Rengiat, Hasil Giat dan Sprin pelaksanaan tugas serta jawaban checklist Tim Supervisi masing-masing Unit dan Seksi yang ada di Polsek Jetis.

Selanjutnya tim melaksanakan pemeriksaan di masing-masing ruang unit yang ada di Polsek Jetis untuk melihat dari dekat administrasi serta penggunaan anggaran yang ada di masing-masing unit. Tak luput juga meliputi kebersihan mako, serta kesiapan personel Polsek Jetis dalam pelaksanaan tugas.

Selesai supervisi pukul 11.30 Wib tim Siwas Polres Bantul melanjutkan supevisi ke Polsek yang lain sesuai jadwal. (Sihumas Polsek Jetis)

Supervisi Siwas Semester II Di Polsek Pandak

Tim Supervisi Siwas Polres Bantul dipimpin Kasiwas Iptu Murtiningsih berkunjung ke Polsek Pandak dalam rangka supevisi, Kamis, 29 September 2016 pukul 09.30 Wib. Kedatangan Tim Supervisi Siwas disambut langsung oleh Kapolsek Pandak AKP S. Parmin didampingi para Kanit dan Kasie.

Supervisi dalam rangka Wasrik Siwas Semester II Tahun 2016 ini bertujuan sebagai pengawasan serta memonitor langsung tentang pelaksanaan tugas pokok, perencanaan dan pengorganisasian Polri guna menyiapkan jajaran Polsek terutama dalam menindak lanjuti pelaksanakan Program Kerja Kapolri 100 hari tentang Profesional, Modernisasi dan Terpercaya (Promoter).

Di Polsek Pandak, Tim melaksanakan pengecekan dan tanya jawab berdasarkan ceklist yang telah dibagikan kepada para Kanit dan Kasi di masing-masing fungsi dan Staf tentang Rencana Kegiatan, Hasil Kegiatan serta Kinerja Satker juga Penyerapan Anggaran masing-masing fungsi dan staf.

Sesuai jadwal kegiatan, selesai melaksanakan wasrik di Polsek Pandak, Tim akan melaksakana Wasrik di Polsek Srandakan. (Sihumas Polsek Pandak)


Pelantikan Konversi Pamong Dan Penjabat Pamong Desa Sendangsari

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. bersama Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri Pelantikan Konversi Jabatan Pamong dan Penjabat (PJ) Pamong Desa Sendangsari bertempat di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Rabu 28 September 2016 jam 09.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Kantor Pemerintah Desa Kab. Bantul Bpk. Jaelani, Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun, Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, SE, Kasipem Kec. Pajangan Solehudin Rabani, SE, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Suyadi, Kepala KUA Pajangan Asrori, S.H., Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Ketua BPD Desa Sendangsari Miskidjo, S.I.P., Ketua LPMD Dalijo, Ketua TP PKK Desa Sendangsari Suprihatin, S.E., Para Dukuh, Pamong yang dilantik dan tamu undangan sejumlah ± 50 orang

Pantikan ini didasarkan pada Undang-Undang No. 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Undang-Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa dan telah diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 47 tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 2014, Permendagri No. 84 tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, Perda Kab. Bantul No. 1 tahun 2015 tentang Penetapan Desa, Perda Kab. Bantul No. 3 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Dan Pemberhentian Lurah Desa, Perda Kab. Bantul No. 5 tahun 2016 tentang Pamong Desa, Peraturan Bupati Bantul No. 42 tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa dan diubah dengan Peraturan Bupati Bantul Nomor 55 Tahun 2016 tentang Perubahan Bupati Bantul No. 42 tahun 2016 dan erdes No. 24 tahun 2016 tentang SOTK (Struktur Organisasi Tata Kepemerintahan) Desa Sendangsari.

Kali ini terjadi 2 kali pelantikan, yang pertama Pelantikan Konversi Pamong Desa Sendangsari didasarkan pada Surat Keputusan Lurah Desa Sendangsari No. 25 tahun 2016 tentang penyesuaian sebutan dan pengangkatan Carik Desa, Kepala Seksi, Kepala Urusan Dan Dukuh Desa Sendangsari Kec. Pajangan Kab. Bantul ke dalam Jabatan Baru menjadi Carik Desa, Kepala Seksi, Kepala Urusan dan Dukuh. Dan dilanjutkan pelantikan Penjabat (PJ) Pamong Desa Sendangsari berdasarkan Surat Keputusan Lurah Desa Sendangsari No. 26 tahun 2016 tentang Pengakatan Penjabat (PJ) Kepala Seksi Kesejahteraan, Penjabat (PJ) Kepala Urusan Perencanaan Desa Sendangsari Kec. Pajangan Kab. Bantul.

Adapun Penjabat (PJ) Pamong yang dilantik PJ. Kasi Kesejahteraan oleh Bpk. Sabari (Kasi Pelayanan) dan PJ. Kaur Perencanaan Bpk. Miskidi (Kaur Tata Usaha dan Umum ) sedangkan untuk PJ. Carik Desa Sendangsari masih sesuai pelantikan yang dulu dan dijabat oleh Sugiman, S.Pd (Kasi Pemerintahan). Jabatan yang kosong untuk Desa Sendangsari diantaranya Carik, Kasi Kesejahteraan, Kaur Perencanaan dan Dukuh Jetis.

Camat Pajangan Dra. Sri Kayatun dalam arahannya menyampaikan Kita harus tunduk dan melaksanakan pada peraturan yang berlaku. Apa pun kesibukannya kita harus hadir dalam acara pelantikan ini. Kita tingkatkan koordinasi lagi antara, Pamong, Pemerintah Desa, Kecamatan dan Muspika Pajangan dengan mengadakan apel rutin di Desa Sendangsari yang diikuti oleh Pamong dan Dukuh serta pertemuan Rutin Pamong Desa Sendangsari.

Dengan dilantiknya ini diharapkan masyarakat dalam meminta tanda tangan harus sesuai dengan nama-nama konversi Pamong yang berlaku. Dengan pelantikan ini kita bisa mengetahui Kekosongan jabatan dan nantinya harus kita isi. Kita laksanakan tugas sesuai Undang-Undang yang berlaku. Kita tingkatkan lagi sinergitas dan komitmen bersama untuk kesuksesan kita bersama. Ada permasalahan di bawah bisa dikomunikasikan bersama, saya siap di undang dalam pertemuan-pertemuan Pamong, tambahnya.

Acara pelantikan Konversi Pomong dan Penjabat (PJ) Pamong Desa Sendangsari berakhir pada jam 11.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).

Dialog Bersama Warga Dusun Pengkol

Untuk membangun kebersamaan dalam menjaga kamtibmas antara polisi dan masyarakat terutama di pedesaan, Kanit Binmas AKP Haryono beserta anggotanya menyambangi warga di Balai dusun Pengkol, Sriharjo Imogiri, Rabu, 28 September 2016.

Kedatangan Kanit Binmas disambut oleh Petugas Koramil, Petugas Kecamatan Imogiri, Bapak Dukuh, Ketua RT, Toga, Tomas dan warga setempat. Selanjutnya Kanit Binmas langsung melakukan sambung rasa dan dialog membicarakan kondisi keamanan pedesaan dengan warga Pengkol.

Dalam dialog tersebut Kanit Binmas menjaring aspirasi masyarakat secara langsung, baik dari aspek pelayanan, keamanan, hingga ide dan masukan untuk bahan meningkatkan kinerja polri agar semakin baik dan profesional. Kanit Binmas juga memberikan petunjuk dan himbauan kepada warga tentang Kamtibmas agar tercipta keamanan dan ketertiban di masyarakat Pengkol.

Bapak Dukuh Pengkol mengatakan, selaku wakil dari masyarakat merasa senang dengan kegiatan ini, Efek positif dari kegiatan ini adalah tercipta komunikasi yang erat antara polisi dan masyarakat sehingga kami tak canggung untuk menginformasikan segala perkembangan menyangkut keamanan kepada polisi," katanya.

Setelah selesai melakukan dialog, Kanit Binmas memberikan bantuan alat alat ronda seperti Lampu Kedip, Borgol dan lain lainya. (Sihumas Polsek Imogiri)

28 September 2016

Kapolda DIY Minum Wedang Jahe Bersama Warga Bantul

Dalam rangka kepedulian dan membangun komunikasi dengan masyarakat, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Prasta Wahyu Hidayat, SH, MM, M.Hum tidak sungkan sungkan minum Wedang Jahe bersama masyarakat di Angkringan milik Bapak Misbah dusun Mandingan, Ringinharjo, Bantul, Rabu pagi, 28 September 2016.

Suasana saat itu penuh keceriaan dan canda tawa diantara anggota polisi, masyarakat, serta rekan media terlihat seperti tanpa ada jarak. Hadir pula saat itu para pejabat teras Polda DIY, Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK beserta jajaranya, Dra Endang Rachma wati, MM, Lurah Bantul, Lurah Ringinharjo dan warga sekitar.

Dalam kesempatan itu, Kapolda DIY menyerahkan sumbangan gerobak angkringan kepada bapak Misbah yang kesehariannya juga sebagai guru mengaji. Sebagai pedagang angkringan, bantuan gerobak sangatlah bermanfaat bagi bapak Misbah dalam mencari nafkah untuk keluarga.

"Semoga sedikit kepedulian kita ini bermanfaat, silakan ditekuni dan ditelateni, dijalani dengan iklhas semoga rejeki berlimpah dan barokah", pesan Kapolda kepada bapak Misbah.

Sebelumnya itu, Kapolda juga membagikan bantuan sembako kepada warga dan menyerahkan bantuan pembangunan MCK kepada Bapak Supriyandi di dusun Kaligawe, Bantul, Bantul.

Adapun pembiayaan dari bantuan ini yaitu dari hasil iuran sukarela dan infak dari seluruh anggota Polri yang dikumpulkan secara berkala. Bantuan program polisi peduli ini juga diberikan kepada warga kurang mampu dan mantan narapidana untuk membuka usaha agar mandiri. (Bag Humas Polres Bantul)

Polsek Jetis Kirim Personil TMMD Di Kasihan

Pagi ini, Rabu, 28 September 2016, Personil Polsek Jetis dibawah kendali Kanit Bimmas Aiptu Sugiarto bersama puluhan personil lainya berpartisipasi melaksanakan Kegiatan TMMD sengkuyung ke 97 tahap II di Dsn Ngrame, Tamantirto,Kasihan. Bantul.

Adapun target fisik TMMD IV yaitu membangun Talud sungai Konteng di dusun Ngrame, yang dilaksanakan mulai tanggal 20 September 2016, dengan target waktu 21 hari dan hingga saat ini sudah berjalan 7 hari.

Kegiatan pengerjaan pagi ini adalah, pemindahan material dari tepi Jalan menuju lokasi pembangunan Talud dan pengerjaan talud.

Dari pantauan anggota Humas, pembangunan talud ini terhambat adanya lokasi yang sempit serta adanya musim hujan yang setiap datang hujan lokasi dipenuhi air berakibat menyulitkan dalam pengerjaannya. Namun petugas tetap mengupayakan pekerjaan ini selesai sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan. (Shumas Polsek Jetis)

Antipasi Tawuran, Ratusan Siswa Yang Akan Bertanding Futsal Digeledah

Guna mengantisipasi tawuran antar pelajar dalam event Liga Fulsal Pelajar (LFP) yang digelar di lapangan futsal Dwi Windu Bantul, terlebih dahulu ratusan siswa SMA I Kretek yang hendak berangkat bertanding diapelkan dan diperiksa barang bawaannya oleh petugas Kepolisian Sektor Kretek, Rabu, 28 September 2016 pukul 14.00 wib.

Semua barang barang bawaan siswa yang tidak pantas dan membahayakan disita oleh petugas sebagai tindak antisipasi agar tawuran pelajar tidak terjadi.

Panit Shabara Polsek Kretek Ipda Paidi, saat mengapelkan siswa tersebut di halaman SMA I Kretek mengatakan, ”Kita hanya antisipasi saja, karena tiap ada even, tawuran itu sering terjadi, katanya.

Dalam penggeladahan ini semua barang-barang yang kita anggap membahayakan kita sita, sehingga saat memasuki tempat futsal tidak membahayakan penonton lainnya. Berangkat dan pulangnyapun mereka kita kawal agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan, tambahnya. (Sihumas Polsek Kretek)

Operasi Pekat, Polsek Bambanglipuro Ringkus Penjual Togel

Dalam rangka membersihkan Pekat, Polsek Bambanglipuro rutin melaksanakan operasi Pekat. Operasi pekat kali ini berhasil menangkap tersangka judi togel jenis Hongkong berinisial HP (29 tahun) warga Jetis, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Selasa 27 September 2016 jam 21.30 wib.

Tersangka tertangkap tangan setelah sebelumnya dilakukan penyelidikan. Dari tanganya petugas mengamankan barang bukti berupa sebuah HP, selembar kertas rekap nomor togel dan uang tunai Rp 57.000,-.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto SH, MH didampingi Kanit Reskrim Ipda Yan Indah S.sos mengatakan tersangka terancam pidana perjudian pasal 303 KUH Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.

”Kepolisian saat ini menggelar operasi Pekat, dan kami memberikan apresiasi kepada masyarakat yang turut serta memerangi Pekat serta memberikan informasi kepada polisi sehingga penyakit masyarakat di wilayah Bambanglipuro dapat diminimalisir”, kata Kapolsek. (Sihumas Polsek Bambanglipuro) 

Anggota Polri Harus Bisa Menjadi Suri Tauladan

Kabag Sumda Polres Bantul Kompol Nugroho Budi Lustomo, S.Pd mengambil apel pagi di Polsek Dlingo, Rabu, 28 September 2016. Apel pagi diikuti oleh Kapolsek Dlingo AKP Amir Machmud, Kanit  dan seluruh anggota serta PNS Polsek Dlingo.

Dalam arahannya Kabag Sumda mengingatkan agar seluruh anggota mendukung program Promoter Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

"Tujuan program promoter adalah untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri dengan mewujudkan polisi yang lebih profesional, modern dan terpercaya, itu yang disebut promoter," ujarnya.

Kabag Sumda juga memberikan penekanan tentang ketertiban dan kedisiplinan anggota Polri. Menurutnya, anggota Polri harus dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

“Hindari pelanggaran-pelanggaran baik disiplin maupun kode etik yang dapat menurunkan citra Polri,” tegas Kabag Sumda.

Mantan Kapolsek Tempel Polres Sleman ini juga berharap agar tidak ada lagi pelanggaran yang dilakukan anggota kepolisian, apalagi terkait kasus Narkoba, yang jelas-jelas akan mencoreng Polri di mata masyarakat yang tengah berupaya berbenah untuk mengembalikan kepercayaan publik.

“Hukuman tegas bagi oknum yang bermasalah, merupakan modal untuk keberhasilan reformasi internal. Tindakan tegas akan menjadi pelajaran dan efek jera bagi anggota kepolisian lain untuk melakukan pelanggaran,” pungkanya. (Sihumas Polsek Dlingo)

Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Banguntapan III

Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno, SH menghadiri lokakarya mini lintas sektoral dari puskesmas Banguntapan III di balai pedukuhan Sorowajan Banguntapan, Selasa, 27 September 2016 pukul 11.00 Wib.

Hadir dalam acara tersebut Kasi Promkes Dinkes Kab Bantul Gupiyanto Susilo, SE MM, Camat Banguntapan Jati Bayubroto SH, M.Hum, Danramil Banguntapan Kapten Suyadi, Puskesmas Sekecamatan Banguntapan Lurah Desa Banguntapan Putut Damarjati, SE dan Pamongnya serta kader kesehatan setiap pedukuhan se-Banguntapan.

Dalam sambutannya Camat Banguntapan menyampaikan lokakarya untuk mencari solusi pemecahan masalah kesehatan, saling bertukar informasi serta laporan tentang penanganan kesehatan masyarakat di Kecamatan Banguntapan.

Kasi Promkes Dinkes Kab Bantul Banguntapan harus terbebas dari AKI (Angka Kematian Ibu), bebas kematian bayi baru lahir, bebas demam berdarah, bebas gizi buruk dan HIV maupun Napza. Untuk bisa terwujud harus bekerja sama antar semua instansi terkait bahu membahu mewujudkan wilayah Banguntapan terbebas dari semua yang disebutkan diatas, tutupnya.

Dari Kepala Puskesmas Banguntapan III Sri Rejeki Arum Wahyuni, SKM, MM menyampaikan bahwa Puskesmas sudah memberikan pelayanan mulai dari penanganan ibu hamil, TBC dan upaya pembebasan dari DB serta upaya menciptakan lingkungan yang sehat baik dalam keluarga maupun warga masyarakat. Pemantauan bayi dan Balita di Posyandu setiap pedukuhan maupun desa sudah dilaksanakan. Pengelolaan sampah dihimbau pada semua warga untuk selektif pemisahan sampah organik dan non organik. Dan pemanfaatan sampah yang dikelola dan bisa dijual kembali untuk menambah kas RT maupun RW pada setiap kelurahan.

Menutup paparannya Sri Rejeki Arum Wahyuni menghimbau kepada semua peserta untuk memberikan masukkan demi peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Menutup acara ditandatangani komitmen bersama antara puskesmas dan masyarakat disaksikan Muspika, untuk meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan Puskesmas pada masyarakat acara selesai pukul 14.00 Wib berlangsung lancar dan aman. (Sihumas Polsek Banguntapan)

27 September 2016

Poniri Gantung Diri

Poniri (30 tahun) warga Kanoman, Girirejo, Imogiri, Bantul ditemukan gantung diri di kamar rumahnya, Selasa, 27 September 2016 pukul 10.30 wib.

Menurut Ketua RT bapak Iwan, korban ditemukan warga sudah dalam keadaan tergantung tali plastik dan langsung dilaporkan ke Polsek Imogiri.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Polisi dan petugas Medis korban mati murni karena gantung diri karena pada tubuhnya tidak ditemukan tanda tanda penganiayaan.

Selanjutnya korban diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan. Untuk penyebab pastinya hingga saat masih dalam penyelidikan polisi. (Sihumas Polsek Imogiri)

Modus KTP Palsu, Komplotan Penipuan Rental Mobil Dibekuk

Sat Reskrim Reskrim Polres Bantul berhasil membekuk lima tersangka kasus penipuan rental mobil dengan modus KTP palsu. Kelima tersangka masing-masing berinisial AE alias Dengok (23 Tahun) warga Madiun,HG (26 tahun) warga Madiun, SM alias Nano (26 tahun) warga Madiun, MK alias Anto (28 tahun) warga Nganjuk dan RN alias Petrik (32 tahun) warga Madiun.

“Terbongkarnya kasus ini setelah kami mendapat laporan dari korban Petra Aulia (27 tahun) warga Dusun Kerto RT 02, Pleret, Bantul,” ungkap Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Anggaito Hadi Prabowo, SH, SIK didampingi Kasubbag Humas AKP Leonisya Sagita, SIK dalam jumpa pers dengan wartawan di halaman Mapolres Bantul, Selasa, 27 September 2016.

Awalnya AE menyewa sebuah mobil di Rental Jogja Transport milik korban di Jalan Imogiri Barat pada hari Minggu, 25 September 2016 dengan jaminan sebuah KTP atas nama Bemmy Candra Kusuma. Setelah harga disepakati, mobil kemudian dibawa oleh AE. Setelah mobil dibawa, korban merasa curiga dengan keaslian KTP yang digunakan sebagai jaminan. Setelah dicek dengan teliti dan korban merasa yakin bahwa KTP tersebut palsu, korban bergegas menuju Polres Bantul untuk membuat laporan.

Setelah mendapat laporan tersebut, petugas yang dipimpin oleh Kanit Idik I Sat Reskrim Ipda Supriyadi, SH langsung melakukan pengejaran terhadap AE.

AE akhirnya berhasil dibekuk petugas pada hari itu juga disebuah rumah makan di Jalan Parangtritis Bangunharjo Sewon Bantul bersama rekannya HG. Lalu dari pengembangan, petugas berhasil menangkap kawanan ini, yakni SM dan MK di sebuah hotel di Prawirotaman Yogyakarta beserta belasan KTP palsu yang diduga digunakan mereka untuk melancarkan aksinya.

Dihadapan petugas, para tersangka membeberkan, bila KTP palsu tersebut dibuat oleh sesorang berinisial RNA warga Madiun. Hari itu juga, petugas langsung meluncur ke Madiun dan berhasil mengamanakan RNA dirumahnya.” Sebenarnya RNA yang memiliki usaha percetakan ini bukan bagian dari komplotan, namun karena perannya yang membuat KTP palsu, menjadikannya terseret dalam kasus ini,” imbuh Kasat Reskrim.

Dari tangan para tersangka, petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti berupa 1 unit mobil Toyota Avanza warna silver No Pol AB 1750 HK, belasan KTP palsu, nota rental atas nama Bemmy Candra Kusuma, laptop, printer, mesin laminating dan pemotong kertas.

“Untuk identitas yang tertera dalam KTP semuanya itu asli, namun fotonya diganti dengan foto salah seorang tersangka,” ujar  Mantan Kapolsek Montallat Polres Barut ini.

Para tersangka juga mengaku rencananya akan menjual mobil hasil kejahatan mereka tersebut ke daerah Surabaya Jawa Timur dengan harga Rp. 25 – 30 juta.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini kelimanya harus merasakan dinginnya lantai tahanan Polres Bantul. “Mereka kami jerat dengan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokuman dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara,” pungkas Kasat Reskrim. (Bag Humas Polres Bantul)

Babak Kualifikasi Futsal Paf Tribun Yogyakarta Antar SMA Sederajat Se Kab Bantul

Senin, 26 September 2016 pukul 14.00 Wib telah berlangsung kegiatan Babak kualifikasi futsal Paf Tribun Yogyakarta  antar SMA sederajat se Kabupaten Bantul di lapangan Dwi Windu Bantul.

Pertandingan pertama pada pukul 14.00 - 14.40 Wib yaitu SMA N 1 Kasihan VS SMA N 1 Pundong dengan Skor 2-1 dimenangkan oleh SMA N 1 kasihan.

Pertandingan kedua pada Pukul 14.20 - 15.20 Wib yaitu MAN Gandekan VS SMA N 1 Banguntapan dengan Skor 4 - 2 dimenangkan oleh MAN Gandekan.

Pertandingan ketiga pada pukul 15.20 - 16.00 WIB yaitu SMA PL Sedayu VS SMK Putra Tama dengan Skor 1-1.

Pertandingan keempat pada pukul 16.00 - 16.40 Wib yaitu SMK N 1 Sewon VS SMA N 1 Bantul dengan skor 1 - 2 dimenangkan SMA N 1 Bantul.

Pertandingan kelima pada pukul 16.40 - 17.20 Wib yaitu SMA N 1 Dlingo VS SMA Muhammadiyah 1 Bantul dengan skor 1-7 dimenangkan oleh SMA Muhammadiyah 1 Bantul.

Pertandingan dari awal hingga akhir dipimpin wasit Danang, Jatmiko, dan Priyo disaksikan oleh ratusan penonton dengan pengamanan personil Polsek Bantul dibantu Polres Bantul. (Sihumas Polsek Bantul)

Peresmian SPBU Universitas Ahmad Dahlan

Kapolsek Sedayu Kompol Moch.Nawawi, S.Pd menghadiri peresmian SPBU UAD (Universitas Ahmad Dahlan) di jalan Wates Km 13 Dusun Tinalan Argosari Sedayu Bantul, pada hari Senin, tanggal 26 September 2016 pukul 10.00 Wib.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Asisten 2 Perekonomian dan Pembangunan Kota Bantul Ir. Suyoto, Danramil Sedayu Kapten Inf. Kusmin, Camat Sedayu Priyo Atmojo, Lurah Argosari Drs. Hidayaturohman, Jajaran Rektor UAD, Perwakilan Pertamina Rewulu Edi Saputra, Pimpinan Pusat Pertamina Muh.Haidar Nasir serta  para tamu undangan warga sekitar SPBU sebanyak 100 orang.

Direktur Utama PT Adhi Multi Energi Muhammad Sawar dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemilik SPBU UAD adalah Universitas Ahmad Dahlan, Fasilitas yang ada selain bangunan Utama SPBU UAD terdapat juga taman dan pohon perindang rest area, parkir mobil, mushola berkapasitas 30 orang dan toilet sebanyak 5 buah. Untuk jenis bahan bakar yang tersedia antara lain Pertamax, Pertalite dan Premium.

Kegiatan peresmian tersebut berakhir pada pukul 12.00 SPBU UAD resmi dibuka dengan menggunting pita sebagai tanda bahwa SPBU UAD sudah beroperasional selama 24 jam. (Sihumas Polsek Sedayu)

Giliran Polsek Bantul Bangun Talud Kali Konteng

Hari ini Selasa, 27 September 2016, giliran Polsek Bantul yang mengirimkan personilnya ke TMMD di Dusun Ngrame Tamantirto Kasihan Bantul.

Sengaja Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK mengilir polsek jajaranya untuk ikut  kegiatan TMMD membangun Talud kali Konteng di dusun Ngrame Tamantirto Kasihan Bantul hingga selesai.

Hal ini dimaksudkan agar semua personil dijajaranya dapat ikut ambil dalam pembangunan dan bisa menyatu dengan masyarakat.

Sementara dalam kegiatan ini TNI, Polri dan masyarakat menjadi satu bahu membahu bangun Talud Kali Konteng sehingga pekerjaan terasa enteng juga bisa menambah tali silahturohmi dan bisa menumbuh kembangkan budaya gotong royong serta keperdulian dan kebersamaan terhadap masyarakat.

Polri akan selalu siap sedia membantu masyarakat apabila dibutuhkan tenaganya untuk pembangunan atau pun perbaikan jalan atau lainya karena kegiatan kegiatan seperti ini sangat menguntungkan semua pihak dan perlu ditingkatkan pelaksanaanya. (Sihumas Polsek Bantul)

Pembangunan Talud Irigasi Di Dusun Bedog - Busuran Dimulai 29 September ini

Kapolsek Kretek Kompol Salim menghadiri Rapat Rehabilitasi dan Pemeliharaan Afvur dari Dana APBD Kabupaten Bantul TA 2016 di Dusun Busuran rumah Lurah Desa Donotirto, Kretek, Bantul, Senin, 26 September 2016 pukul 13.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan ini Dinas SDA Kabupaten Bantul dipimpin oleh Sigit Pulunggono, ST, M.Eng, Lurah Desa Donotirto Juremi, Bhabinkamtibmas Aiptu Sugito , Dukuh Busuran Anas Marwanta, SE, Dukuh Bedog Suyudi, sekitar 50 warga, Kemitraan Pemborong meliputi Galih dari CV Hendra Tama Citra Persada Palbapang, Istiharto dari CV Karya Manunggal Banguntapan.

Dalam rapat ini dibahas pembangunan irigasi di Dusun Bedog-Busuran dan Mersan, Donotirto, Kretek.

Adapun pembangunan talud akan dimulai pd Kamis 29 September 2016 dalam waktu 80 hari dengan tinggi talud 2m dan panjang 383 m yang akan menghabiskan dana Rp 773.954.000,-.

Kapolsek Kretek Kompol Salim dalam sambutannya berpesan kepada pemborong apabila menitipkan material dan peralatan agar menunjuk salah satu warga sebagai koordinator kaamanan serta dalam menempatkan barang maupun material jangan sampai mengganggu kepentingan umum. Demikian juga dalam membangun, pemborong  harus sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur. (Sihumas Polsek Kretek)

Personil Polsek Imogiri Bangun Talud Kali Konteng

Tadi pagi, Senin, 26 September 2016 anggoto Polsek Imogiri melaksanakan TMMD membangun Talud kali Konteng di dusun Ngrame Tamantirto Kasihan Bantul.

Pembangunan talud ini dikerjakan oleh gabungan TNI Polri, Instansi terkait dan Masyarakat bertujuan agar pengairan lancar serta mencegah longsor.

Hari ini pekerjaan yang dikerjakan adalah membangket talud disungai Konteng dengan dikerjakan secara gotong royong, ada petugas yang menyiapkan adonan semen, ada juga petugas yang mengankat batu dan lain lainya sehingga pekerjaan terasa ringan.

Petugas dan warga bersemangat dalam Pembuatan talud ini, mereka berharap pekerjaan segera selesai sehingga dapat dinikmati oleh warga sekitar. (Sihumas Polsek Imogiri)

Kirab HUT SMAN I Sedayu

Personel Polsek Sedayu mengamankan kegiatan kirab dalam rangka HUT SMAN 1 Sedayu, Minggu, 25 September 2016 pukul 08.00 Wib. Personel Polsek Sedayu ditempatkan dibeberapa titik untuk menjaga dan melancarkan arus lalu lintas.

Kirab dengan mengenakan pakaian adat ini menempuh jarak kurang lebih sejauh 2 Km. Start dari SMAN 1 Sedayu kearah utara sampai ke Museum Jenderal Besar Soeharto kearah Barat jalan perempatan Nulis ke kiri melewati SMK Sedayu selanjutnya belok kiri, Finish kembali di SMAN 1 Sedayu.

Dalam sambutannya Iptu Agus Supraja yang mewakili Kapolsek Sedayu mengucapkan selamat berulang tahun kepada SMAN I Sedayu dan menghimbau kepada penonton serta peserta kirab agar menjaga ketertiban sehingga kegiatan berlangsung aman lancar.

Selesai kirab, para siswa SMAN1 sedayu menggelar pentas seni band kreasi sendiri dan ditutup denagn pengundian doorprise berhadiah 3 buah sepeda. (Sihumas Polsek Sedayu)

Enam Siswa SMA Kesatuan Bangsa Sedayu Dapat Mendali Di Ajang IYIA

Bupati Bantul Drs. Suharsono bertindak sebagai Pembina Upacara Bendera di SMA Kesatuan Bangsa Sedayu, Senin, 26 September 2016 pukul 07.00 Wib.

Selain seluruh guru dan siswa SMA Kesatuan Bangsa, upacara juga diikuti oleh Muspika Kecamatan Sedayu seperti Danramil Sedayu Kapten Kusmin dan Panit 1 Unitbinmas Polsek Sedayu Iptu Agus Suprojo yang mewakili Kapolsek Sedayu.

Bapak Bupati Bantul dalam amanatnya mengatakan masa depan yang gemilang bukan datang begitu saja tetapi diraih dengan kerja keras, perjuangan dimulai dengan kerja keras dari bangku sekolah, berlatihlah untuk bisa memimpin dan dipimpin.

“Masa depan kalian ada di genggaman kalian, untuk itu tempalah kepribadianmu, kembangkan prestasi, jalin persahabatan hormatilah orang tua dan gurumu,” kata Bupati.

Selesai menyampaikan amanat, Bupati Bantul menyerahkan penghargaan / medali kepada siswa berprestasi diajang Internasional Young Invention Award 2016 yang digelar di Surabaya. Penerima penghargaan diantaranya, peraih medali emas yakni Shavira Pandan Wangi dan Nabila Zannuba. Keduanya mengangkat tema ‘Flanana As Bacteria Eradicator on Toilet Seat Waste.

Sementara penghargaan juga diberikan kepada peraih medali perak Avina Amelia Iskandar dan Azmi Subha Adil P dengan judul Smart Forest Fire Prevention System. Tim ketiga meraih medali perak yakni Tisya Rizki Ananda, Azalea Rahma S dengan judul Non Electial Vaccine Box for A Better Word. Proyek sains Kesatuan Bangsa  kerjasama dengan I Wayan Mustika  (UGM) dan Evi Yulianty (UNY). (Sihumas Polsek Sedayu)

26 September 2016

Maling Motor, Dua Residivis Meringkuk Di Tahanan Polsek Sewon

Aksi pencurian kendaraan bermotor di jalan Dusun Ngoto, Desa Bangunharjo, Sewon Bantul yang terjadi pada tanggal 28 Juli 2016 lalu berhasil di ungkap oleh unit Reskrim Polsek Sewon.

Kanit Reskrim Sewon Iptu Riyan Permana Putra,SIK, Senin, 26 September 2016 mengungkapkan dalam kasus ini petugas berhasil mengamankan dua tersangka masing-masing berinisial AR alias AG (29 tahun) warga Serengan, Surakarta, yang berperan sebagai pemetik dan MF (30 tahun) warga Magelang Jawa Tengah selaku penadah.

Kasus pencurian sepeda motor ini terjadi pada Kamis, 28 Juli 2016 di jalan Dusun Ngoto, Desa Bangunharjo, Sewon, Bantul pukul 12.00 Wib. AR nekat mencuri sepeda motor milik Tukidi warga Geger RT 01/15, Seloharjo, Pundong, Bantul karena alasan ekonomi. Saat itu korban dan tersangka sama-sama bekerja di proyek pembangunan talud di Dusun Ngoto.

Kejadian bermula ketika korban memarkir kendaraannya korban bersama sepeda motor lainnya di sebuah rumah milik warga yang dikontrak untuk proyek pembangunan talud tak jauh dari proyek.

Melihat situasi di sekitar kelihatan aman, AR menghentikan pekerjaannya selanjutnya berjalan menghampiri sepeda motor milik korban dan berniat mengambilnya. AR lantas mengambil kunci kontak sepeda motor yang disimpan di saku jaket milik korban yang ditaruh diatas sepeda motor. Selanjutnya pelaku membawa kabur sepeda motor tersebut menuju Magelang.

Sesampainya di Magelang AR menjual sepeda motor hasil curiannya kepada MF seharga Rp. 2.100.000,00. Dari keterangan AR, uang hasil dari mencuri tersebut sudah habis untuk biaya hidup.

Iptu Riyan menambahkan, kedua tersangka yang diamankan tersebut merupakan residivis. “Untuk tersangka AR pada tahun 2004 pernah berstatus sebagai narapidana di Lapas Solo dalam kasus penggelapan dan di vonis 4 bulan penjara. Sedangkan MF juga pernah mendekam di Lapas Magelang dalam kasus penadahan dan di vonis 8 tahun penjara,” imbuh Iptu Riyan.

Dari kedua pelaku, unit reskrim polsek Sewon berhasil mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor Yamaha Vega warna merah No Pol AB 2897 CS milik korban. "Kini keduanya meringkuk di sel tahanan Polsek Sewon untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," pungkas Iptu Riyan. (Sihumas Polsek Sewon)

Penyuluhan Hukum Kepada Linmas Dan Pamong Desa Canden

Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro, didampingi Bhabinkamtibmas Desa Canden Aipda Heri Pratana, melaksanakan pembinaan dan penyuluhan hukum kepada Pamong Desa dan Linmas Canden, Jumat, 23 September 2016.

Pembinaan dan penyuluhan ini terselenggara atas prakarsa Pemerintah Desa Canden untuk membekali Perangkat Desa Canden agar lebih mengetahui aturan-aturan hukum yang berlaku.

Binluh hukum ini juga sebagai bekal bagi Perangkat Desa Canden dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di tengah-tengah masyarakat yang heterogen dengan berbagai permasalahannya. Diharapkan dengan binluh ini dapat memberikan gambaran tentang hukum secara luas dan sanksi hukumnya.

Kapolsek Jetis AKP Slamet Subiantoro menyampaikan materi terkait dengan seluk-beluk hukum pidana yang berlaku di Indonesia. Kapolsek juga menyampaikan permasalahan hukum yang sering dihadapi masyarakat. disamping materi tersebut Kapolsek Jetis juga menyampaikan materi berkaitan dengan kenakalan remaja, Narkoba dan KDRT yang sering dijumpai ditengah tengah masyarakat.

Binluh Hukum yang berlangsung malam ini, dikemas oleh Kapolsek Jetis AKP Subiantoro dengan bahasa yang simpel dengan prinsip Sersan "serius tapi santai".

Peserta Binluh mengikuti penyuluhan dengan antusias, hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya pertanyaan dari Peserta Binluh hukum yang hadir, suasana Binluh yang cair dengan materi yang disampaikan Kapolsek Jetis.

Diakhir pemamparan materi, Kapolsek mengajak Perangkat Desa dapat bersama sama  taat hukum dan bersama sama memerangi Narkoba yang saat ini sudah pada titik yang sangat memperihatinkan. (Sihumas Polsek Jetis)

Operasi Cipta Komndisi, Polsek Jetis Tertibkan Pasangan Muda Mudi Di SSA Bantul

Guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, personel gabungan fungsi Polsek Jetis menggelar operasi cipta kondisi di seputaran wilayah Kecamatan Jetis, Minggu, 25 September 2016.

Aiptu Masrodin Ka SPKT II Polsek Jetis yang memimpin giat mengatakan selain Miras, Sajam, Narkoba  dan Handak, sasaran dalam operasi cipta kondisi ini adalah kelompok-kelompok remaja yang nongkrong pada jam-jam rawan gangguan Kamtibmas.

Lokasi yang didatangi oleh petugas antara lain kompleks Perumahan Sindet, Stadion Sultan Agung dan Obyek-Obyek Vital di wilayah Kecamatan Jetis.

Dalam giat yang dilaksanakan dari pukul 23.00 hingga dini hari ini, petugas menemukan beberapa pasangan muda-muda yang sedang nongkrong di Kompleks Stadion Sultan Agung hingga larut malam.

Petugas melakukan pemeriksaan identitas, kelengkapan kendaraan serta barang bawaan terhadap muda-mudi yang nongkrong. Dalam pemeriksaan tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan dan mengarah ke perbuatan kriminal.

Aiptu Masrodin juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar pemuda-pemudi tidak nongkrong lagi di SSA hingga larut malam. Karena hal tersebut dapat mengundang terjadinya kriminalitas. Selanjutnya mereka diminta kembali ke rumah masing-masing. (Sihumas Polsek Jetis)