31 March 2018

Senam Bersama Dalam Rangka HUT Ke 40 SMP 1 Bambanglipuro

Dalam rangka HUT ke 40  SMP 1 Bambanglipuro digelar kegiatan senam bersama di halaman sekolah setempat, Sabtu (31/3/2018) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Pora Kab Bantu Drs Sapta Priyana MM, Kasi Olah raga Dispora,.  Marsinem SIP, Camat Bambanglipuro Julius Suharta, Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH, Danramil Bambanglipuro Kapten CBA Mardiono, Kepala Sekolah SMP 1 Bambanglipuro Dra Tri Yatmiyati, Kepala UPT Bambanglipuro Drs Heri Kusdarmanto, Lurah Mulyodadi Ari Sapta Nugraha SH, seluruh siswa SMP 1 Bambanglipuro sekitar 800 orang dan warga masyarakat sekitar 150 orang.

Kepala Sekolah SMP 1 Bambanglipuro Dra Tri Yatmiyati dalam sambutannya mengatakan usia 40 tahun merupakan sebuah usia yang matang untuk selalu meraih prestasi unggul.

Dengan membawa tema "Melalui kebersamaan kita bangun SMP 1 Bambanglipuro lebih maju" diharapkan dapat memberikan spirit, baik bagi siswa maupun guru agar mengubah pola pikir yang lebih baik."Marilah kita bersama-sama mengubah mindset kita masing masing ke arah yang lebih positif guna meningkatkan mutu pendidikan terhadap seluruh perangkat di sekolah.Agar menjadikan SMP 1 Bambanglipuro lebih maju dan menjalankan programnya dengan baik," kata Dra Tri Yatmiyati.

Julius Suharta dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun kepada SMP 1 Bambanglipuro semoga program yang dijalankan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kata Julius Suharta.

Lebih lanjut Camat Bambanglipuro menambahkan agar pembinaan dan proses belajar mengajar seperti pendidikan  karakter agar terus ditingkatkan. Jangan biarkan anak- anak kita sampai terjerumus ke hal yang negatif.

"Pembinaan dan bimbingan kepada anak -anak harus terus ditingkatkan sehingga nantinya dapat mencetak putra-putri bangsa yang berkualitas dan berprestasi,"" kata Julius Suharta.

Selama berlangsung Personil Polsek Bambanglipuro melaksanakan Pengamanan di sekitar lokasi kegiatan tersebut. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)

Kasi Humas Polsek Sedayu RAT Koperasi KUD Tani Sari Di Argorejo

Kasi humas Polsek Sedayu Aiptu Suraya didampingi Babinkamtibmas Argorejo mewakili Kapolsek Sedayu menghadiri undangan  Koperasi KUD  Tani Sari di Argorejo Sesayu Bantul. Sabtu 31 Maret 2018 Pukul 09.00 Wib.

Adapun KUD  Tani sari telah berbadan hukum ; No.1054/BH/XI/P, tanggal 13 Januari 1976 alamat semampir Argorejo Sedayu Bantul

Sebagai Ketua Koperasi KUD Tanisari bapak Drs. Samani Sudarmoko dalam sambutannya menyampaikan Koperasi tani sari saat ini mengalami kemunduran, namun dengan adanya RAT ini mengajak kepada anggota koperasi untuk meningkatkan kinerja melakukan terobosan dalam usaha disegala bidang.

Adapun  kegiatan koperasi yang dimilik oleh Kec. Sedayu ini memilik satu buah toko  untuk menjual hasil produk tangan trampil dari masyarakat Sedayu diantaranya bantal guling untuk bayi, anak anak dan orang dewasa serta barang lainnya, sedang  usaha lain melayani  pembayaran Listrik baik bulanan atau pulsa, pemayaran PBB, pembayaran PDAM.

Kepala Dinas Koperasi UKM Bantul bapak Sulis memberikan Apresiasi kepada KUD  tanisari yang masih eksis melaksanakan RAT. Koperasi Tanisari ini adalah milik keacamatan dan sebagai pilar ekonomi masyarakat Sedayu.

Kalau memang tidak menguntungkan agar di rubah dengan sistem baru,  kita harus berani melakukan perubahan menatap tantangan yang baru. Koperasi harus beruntung dan dapat membahagiakan anggota. Apabila ada kendala kesulitan agar segera melaporkan ke Bantul untuk dapat segera diatasi.

Sambuatan bapak Sumiharto Ketua Puskud Yogyakarta menyampaikan Koperasi apabaila ingin maju dan berkembang ada 3 hal yang harus dilaksanakan yaitu Pengurus dan pelaksana harus bisa mengolah ekonomi, Anggota yang aktif segala usaha yang di lakukan harus didukung oleh seluruh anggota dan harus bisa melakukan trobosan yang dapat menguntungkan Koperasi. (Humas Polsek Sedayu)

Polsek Sanden Memasang Spanduk Pendaftaran Akpol, Bintara Dan Tamtama 2018

Polsek Sanden melaksanakan pemasangan Spanduk Pendaftaran Polri T.A. 2018 untuk semua jenjang Pendidikan Polri, Kamis (29/03/2018) jam 10.00 WIB.

Pemasangan spanduk ini sebagai salah satu sarana dalam mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pengumuman penerimaan calon anggota polri. Spanduk dipasang di tempat-tempat strategis yang mudah dibaca masyarakat, salah satunya di depan Mapolsek Sanden.

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menjelaskan, awal tahun 2018 ini Polri kembali membuka kesempatan kepada putra putri terbaik Warga Negara Republik Indonesia yang berkeinginan untuk bergabung menjadi calon anggota Korps Bhayangkara. Polri membuka pendaftaran untuk ketiga jenjang pendidikan sekaligus, yaitu Akpol, Bintara dan Tamtama.  Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.penerimaan.polri.go.id dari tanggal 26 Maret s/d 11 April 2018 di Biro SDM Polda DIY tidak dipungut biaya alias gratis.

Ini adalah kesempatan yang sangat bagus  bagi para pemuda - pemudi warga Yogyakarta untuk menjadi anggota Polri. Bagi masyarakat yang memenuhi syarat dan berkeinginan untuk masuk menjadi anggota Polri agar mempersiapkan diri baik fisik maupun mental dan kemampuan. (Humas Polsek Sanden)

Anggota Polsek Pleret Melatih Siswa-Siswi Anggota PKS SD Muhammadiyah Pandes

Polsek Pleret menghadirkan Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan bersama Brigadir M. Zulkham memberikan pelatihan kepada siswa-siswi anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) SD Muhammadiyah Pandes, Sabtu (31/3/2018).

Dalam pelatihan tersebut, petugas memberikan materi tentang Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dan kamseltibcar lantas serta mengajarkan 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Sehingga diharapkan mereka mengetahui dan terampil sebagai perpanjangan tangan Kepolisian untuk mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

"Harapan kami, mereka memahami 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Sehingga dapat mempraktekan langsung dan tidak ragu lagi untuk mengatur lalu lintas di depan sekolahannya maupun saat membatu temannya menyeberang jalan", kata Bripka Gunawan. (Humas Polsek Pleret)

Bhaninkamtibmas Desa Timbulharjo Hadiri Deklarasi GERMAS dan STBM

Bhabinkamtibmas desa Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH, menghadiri acara senam bersama warga masyarakat desa Timbulharjo serta Deklarasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di halaman komplek balai desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Sabtu (31/03/2018), pagi.

Menurut Aiptu Ibnu Wakhid, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  (GERMAS) merupakan suatu tindakan terencana dan sistimatis yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, tuturnya.

Hadir dalam deklarasi tersebut Camat Sewon Drs Danang Erwanto, Dinas Kesehatan kabupaten Bantul, Kepala UPT PP Kec. Sewon Medi Siswantoro, Kepala KUA Kec. Sewon Tarso, S.Ag, Lurah Desa Pendowoharjo Hilmi Hakimudin, Lurah Desa Timbulharjo Drs. Kandar, Pamong, dan warga masyarakat Timbulharjo.

Dalam sambutannya Camat Sewon menyampaikan  ”Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini, kita mengajak seluruh masyarakat Sewon untuk melakukan aktifitas fisik, minimal selama 30 menit untuk tiap harinya.

Selain itu juga mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, serta cek kesehatan secara rutin untuk mengurangi angka meningkatnya PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti hipertensi, kolesterol, dan diabetes, yang merupakan penyakit sering timbul di masyarakat kita. Dengan kampanye Germas ini, diharapkan masyarakat kecamatan Sewon dapat merubah pola hidup, dari yang kurang baik, menjadi lebih baik lagi”.

Rangkaian acara selanjutnya yang merupakan acara Pendeklarasian Gernas yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas I dr. Jaka Harda Laksana.

Kegiatan Germas yang dimulai pukul 06:30 Wib ini, diawali dengan senam bersama yang diikuti oleh seluruh tamu undangan beserta masyarakat desa Timbulharjo. Dengan menggunakan atribut biru – biru masyarakat begitu antusias mengikuti gerakan senam yang dipimpin oleh para instruktur.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acara seelsai dalam keadaan aman tertib.  (Humas Polsek Sewon)

Pengamanan Kunjungan Kerja Kapolri Ke UII Taman Siswo Mergangsan Yogyakarta

Kapolres Bantul AKBP M. Sahat Hasibuan,  SIK., SH., MH pimpin pengamanan giat kunjungan kerja Kapolri ke UII Taman siswo Mergangsan Yogyakarta. Sabtu tanggal 31 Maret 2018 pukul 07.00 Wib.

Pengamanan diawali dengan apel kesiapan di di Halaman Parkir JEC Banguntapan yang diikuti oleh Kabag Ops Polres Bantul Kompol Yan Benyamin, S. Sos, Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi,  SH.,  MH beserta anggota dan jajaran Lalu lintas Polres Bantul.

Dalam arahannya Kapolres menyampaikan kita hari ini laksanakan pengamanan rute kunker Kapolri. Setiap personil harus mengetahui dan menguasai lokasi ploting, baik sikon dan kemungkinan kerawanan. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab dan sesuai prosedur, tegasnya. (Humas Polsek Banguntapan)

Pengamanan Perayaan Paskah Pekan Suci Kamis Putih Di Gereja Santo Simon Gunturgeni Desa Poncosari

Pada hari Kamis tanggal 29 Maret 2018 mulai pukul 19.00 wib bertempat di Gereja Santo Simon Gunturgeni desa Poncosari Srandakan telah berlangsung rangkaian kegiatan perayaan paskah yaitu perayaan pekan suci Kamis Putih dipimpin oleh Romo Manuel Sanchez dari Kentungan Yogyakarta.

Adapun tema dalam misa kamis putih ini adalah Mengasihi Dengan Kata dan Perbuatan. Dihadiri sekitar 300 jamaat.

Pada rangkaian kegiatan perayaan paskah di Gereja Santo Simon Dusun Gunturgeni Desa Poncosari Srandakan, mendapat pengamanan dari Personil Polsek Srandakan dan anggota Koramil Srandakan yang dipimpin langsung Kapolsek Srandakan Kompol Slamet.

Selama kegiatan dari awal hingga akhir kegiatan pada pukulm 21.00 Wib berlangsung aman dan Kondusif. (Humas Polsek Sranndakan)

Pengamanan Misa Jumat Agung Di Gereja Katholik Santo Simon Dusun Gunturgeni

Bertempat di gereja Katholik Santo Simon dusun Gunturgeni desa Poncosari Srandakan telah dilaksanakan kegiatan Misa Jumat Agung  pada hari Jumat, 30 Maret 2018 dimulai pkl 15.00 wib

Misa dipimpin oleh romo Stepanus Sigit Pranoto. SJC dihadiri oleh jamaat sekitar 200 orang.

Selama kegiatan Misa Jumat Agung berlangsung hingga akhir pada pukul 18.00 Wib berlangsung aman dan kondusif. Pengamanan dilaksanakan oleh 5 personil Polsek Srandakan yang  dipimpin langsung oleh Kapolsek Srandakan Kompol Slamet. (Humas Polsek Sranndakan)

Pengamanan Jalannya Ibadah Jumat Agung Di Gereja HKTY Ganjuran

Petugas gabungan dari Polsek Bambanglipuro, Sat Sabhara Polres Bantul serta dari TNI di pimpin Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH melaksanakan pengamanan jalannya ibadah Jumat agung di Gereja HKTY Ganjuran, Jumat  (30/3/2018) sore.

Pengamanan ini dilaksanakan untuk menciptakan rasa aman dan kondusif bagi ribuan jemaat yang datang dari berbagai daerah.

Kapolsek Bambanglipuro mengatakan sebelum kegiatan ibadah, terlebih dahulu gereja disterilkan oleh personil Sabhara Polsek Bambanglipuro untuk memastikan tidak ada benda - benda yang mencurigakan sehingga ibadah bisa aman dan nyaman.

Sementara itu bapak Windu Kuntoro yang merupakan pengurus Gereja HKTY Ganjuran mengucapkan terima kasih kepada personil gabungan keamanan yang terlibat yang telah membantu kami selama ibadah berlangsung. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Melaksanakan Pengamanan Ibadah Jumat Agung

Bhabinkamtibmas desa Triharjo Bripka Subawa SH bersama, Brigadir Subianto dan Piket fungsi melaksanakan pengamanan ibadah Jumat Agung di Gereja Pepanthan dan Kerasulan Baru yang berada di wilayah desa Triharjo, Pandak. Jumat (30/03/2018).

Pengamanan ini bertujuan untuk menghindari segala bentuk gangguan keamanan dan juga agar jemaat melaksanakan ibadah dengan rasa aman dan hikmat.

Ibadah Jumat Agung di Gereja Pepanthan di mulai pada pukul 08.00 Wib di pimpin oleh Pendeta Triyono dari Gereja Bopkri Bantul diikuti oleh sekitar 30 Jemaat.

Sedangkan ibadah Jumat Agung di Gereja Kerasulan Baru di mulai pada pukul 10.00 Wib di pimpin oleh Pendeta Indra Heryanto (Pendeta setempat) di ikuti oleh sekitar 25 Jemaat selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Pandak)

Pengamanan Ibadah Jumat Agung Di Gereja Gpdi Dan Kapel Maria Rosari

Bhabinkamtibmas desa Wijirejo Aiptu Suryono bersama piket Fungsi dan Babinsa melaksanakan pengamanan ibadah Jumat Agung di Gereja Pantekosta Di Indonesia (GPDI) dan Kapel Maria Rosari. Jumat (30/03/2018).

Jumat Agung adalah hari jumat sebelum Minggu Paskah, hari penyaliban Yesus Kristus dan wafatnya di Golgota. Diwilayah desa Wijirejo ada 2 Gereja yang melaksanakan ibadah jumat agung.

Kebaktian pekan suci Jumat Agung di Gereja Pantekosta Di Indonesia ( GPDI ) yang beralamat di Gesikan IV, Wijirejo, Pandak, Bantul di mulai pada pukul 07.00 Wib sampai 09.00 Wib dipimpin oleh Pendeta Tripomo Haryanto S.TH (Pendeta gereja setempat) di ikuti oleh sekitar 100 Jemaat.

Sementara di Kapel Maria Rosari Pijenan Dk Bergan, Wijirejo, Pandak, Bantul kebaktian dimulai pada pukul 14.30 Wib dipimpin oleh Romo YG. Marwoto SCJ dari Kentungan Yogyakarta. Dengan tema "Mengasihi dengan kata dan perbuatan" di hadiri sekitar 400 jemaah.

Selama kegiatan berlangsung aman dan tertib. Personil Polsek Pandak melaksanakan pengamanan sampai dengan acara selesai. (Humas Polsek Pandak)

Pengamanan Misa Jumat Agung DiGereja Santo Yosef Donotirto

Panit Shabara Polsek Kretek Iptu Nurgiyanto pimpin pelaksanaan pengamanan Misa paskah Jum'at Agung di Gereja Santo Yosef Mriyan Donotirto Kretek Bantul. Jumat (30/3/2018)  pukul 15.00 WIB.

Misa Paskah Jumat Agung  dipimpin oleh Romo A.Eko Santoso dengan tema " Mengasihi dengan kata dan perbuatan " dan diikuti oleh 250 orang jemaat.

Pada misa jumat Agung ini gereja tidak mengadakan perayaan Ekaristi, tetapi ibadat kusus untuk mengenang sengsara dan wafat Tuhan Yesus Kristus yang dikorbankan untuk menyelamatkan umat manusia,maka sudah seharusnya kita mengenang dan menghormatinya dengan sepenuh hati dan jiwa kita.

Selama berlangsungnya Misa Jumat Agung, anggota melakukan pemantauan Kamtibmas guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat selesai pukul 17.00 WIB. (Humas Polsek Kretek).

Pengamanan Misa Di Kapel Santo Yusuf Baros Tirtohargo

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak pimpin pelaksanaan pengamanan Misa paskah Jum'at Agung di Kapel Santo Yusuf Baros Tirtohargo Kretek Bantul. Jumat (30/3/2018)  pukul 15.00 WIB.

Misa Paskah Jumat Agung  dipimpin oleh Romo Emanuel dengan tema " Mengasihi dengan kata dan perbuatan " dan diikuti oleh 200 orang jemaat.

Pada misa jumat Agung ini gereja tidak mengadakan perayaan Ekaristi, tetapi ibadat kusus untuk mengenang sengsara dan wafat Tuhan Yesus Kristus yang dikorbankan untuk menyelamatkan umat manusia, maka sudah seharusnya kita mengenang dan menghormatinya dengan sepenuh hati dan jiwa kita.

Selama berlangsungnya Misa Jumat Agung, anggota melakukan pemantauan Kamtibmas guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat selesai pukul 17.00 WIB. (Humas Polsek Kretek).

Riki Meninggal Dunia Tersengat Listrik

Agus Riki Wibowo BP (27) warga Ngentak Rt 05, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul  meninggal dunia kesetrum listrik saat bekerja di proyek pembangunan Rumkit UII Pandak, Bantul Sabtu (30/03/2018) jam 14.30 Wib.

Menurut keterangan Tata (60) warga dusun Gereh Rt 12, Kadilaju, Karangnongko, Klaten, saat korban akan memasang Seling pengangkat GRC di lantai 3, tiba tiba korban terpental kesetrum listrik, katanya.

Sedangkan saksi Tohir (31) yang saat itu berada di lantai 4 juga melihat korban kesetrum dan berteriak memberi kode kepada pekerja lainya yang berada di lantai 6 agar memcabut saklar, jelas Saksi Tata.

Seketika itu juga, kata saksi Tata, saya menolong korban tapi malah ikut kesetrum juga, namum dapat lepas. Setelah listrik dimatikan, kemudian Saya, Tohir dan Sukardi yang semuanya pekerja di proyek tersebut membawa korban ke RS PKU Muhamadiyah Bantul dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pandak.

Setelah mendapatkan laporan, Personil Polsek Pandak dan Tim Inafis Polres Bantul mendatangi TKP dan melaksanakan olah TKP. Dari pernyataan dokter Rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul tidak menemuan tanda tanda penganiayaan pada tubuh korban, dinyatakan korban meninggal murni karena kesetrum listrik saat bekerja di Proyek tersebut. (Humas Polsek Pandak)

Polsek Kasihan Amankan Misa Paskah Di Gereja Salib Suci Gunung Sempu

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Aipda Ari Dwi Purnomo, SH bersama Anggota Polsek Kasihan dan Babinsa mengamankan Misa paskah  di Gereja Salib Suci Gunung Sempu (Paroki Pugeran) Tamantirto Kasihan, Bantul Jumat (30/3/2018)  pukul 15.00 WIB.

Misa Paskah dipimpin oleh Romo P .Supriya, Pr,  dengan tema " panjenengane nandhang tatu marga dosa dosaku,  dihadiri umat sekira jemaat 500 orang.

Selama kegiatan Misa  berlangsung, anggota melakukan pemantauan Kamtibmas guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat selesai pukul 17.30 WIB, terlaksana dengan aman dan kondusif.  (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Srandakan Takziah Ke Rumah Almarhum Purwanto

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet beserta staf pada hari Kamis, 29 Maret  2018 pukul 21.00 Wib melaksanakan takziah ke rumah almarhum Purwanto (61) di Pedukuhan Dusun Srandakan Rt 01 Desa Trimurti Srandakan Bantul.

Almarhum adalah bapak Kandung anggota Staf  Sabhara Polsek Srandakan Brigadir Aditya Budi Laksono. Almarhum meninggal karena sakit pada pada hari Kamis, 29 Maret 2018 pukul 19.15 Wib.

Atas nama keluarga besar Polsek Srandakan, Kapolsek Srandakan Kompol Slamet menyampaikan turut berduka cita yang sedalam dalamnya kepada keluarga semoga keluarga yang tinggal diberi ketabahan.

Kegiatan berakhir pada pukul 22.30 Wib berlangsung aman dan kondusif. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Hadiri Sarasehan Pembangunan Di Pedukuhan Sonlor

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH menghadiri Sarasehan Pembangunan, di pedukuhan Sonopakis lor, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jumat (30/3/2018) malam.

Adapun pebicara dalam Sarasehan Pembangunan tersebut yaitu Anggota DPRD Kabupaten Bantul dari Fraksi PDI-P Bpk Purwana,  dan Istrinya  Lurah Desa Ngestiharjo Ibu Oni Oktavani.

Kegiatan tersebut dihadiri  Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH., Ketua BPD, Dukuh, Ketua Rt sepedukuhan Sonopakis lor dan warga  jumlah sekira 200 orang. (Humas Polsek Kasihan)

30 March 2018

Anggota Polsek Piyungan Aiptu Muhadi Meninggal Dunia

Innalillaahi wa inna ilayhi raaji’uun, telah meninggal dunia Aiptu Muhadi (44 tahun) anggota Sabhara Polsek Piyungan Res Bantul pada hari Jum at 30 Maret 2018 pukul 07.30 Wib saat melaksanakan tugas jaga di Mapolsek Piyungan.

Almarhum meninggal dunia mendadak karena serangan jantung dan rencana akan dimakamkan pada hari ini pukul 16.00 wib di pemakaman umum dusun Tanubayan Rt 09 Trirenggo Bantul secara Dinas Kepolisian. Almarhum meninggalkan 1 orang istri dan 4 orang anak.

Semoga almarhum meninggal dalam keadaan husnul khotimah, diampuni dosa-dosanya serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Amin 3x.  (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Pleret Mengikuti Rangkaian Peringatan 4 Abad Dusun Jejeran

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan mengikuti rangkaian kegiatan 4 abad dusun Jejeran, Jumat (30/3/2018) pagi. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Masjid Kagungan Dalem Kraton Yogyakarta, dusun Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Diawali dengan sholat subuh berjamaah pada pukul 04.30 WIB, kemudian dilanjutkan ziarah ke Makam Kyai Jejer, Makam Kyai Kriyan, Makam Garwo Dalem HB III, Kyai Mlati, Kyai Klekeng dan ke Maqbaroh KH. Nawawi.

Pada saat sholat subuh berjamaah, bacaan rakaat pertama Surat As Sajadh dan rakaat kedua Surat Al-Insan dengan imam KH Yaimul Umam (Gus Yain). Hal ini mewarisi dan meneruskan amaliyah kasepuhan Kraton Yogyakarta dan Dusun Jejeran, serta mengikuti sunnah Nabi Muhammad Saw (Kitab At-Tabiyan fii Adabi Hamalatil Quran, Abi Dzakariya Asy-Syafii : 94-95). Yaitu untuk tolak balak dusun Jejeran dan menciptakan dusun gemah ripah loh jinawi.

Selama kegiatan tersebut berlangsung, petugas Polsek Pleret melaksanakan pengamanan hingga selesai pada pukul 06.00 WIB. (Humas Polsek Pleret)

Unit Binmas Polsek Pleret Binluh Di SMP N 2 Pleret

Unit Binmas Polsek Pleret memberikan pembinaan dan penyuluhan (binluh) di SMP N 2 Pleret dengan menghadirkan Aiptu Supomo dan Bripka Gunawan, Kamis (29/3/2018). Binluh diikuti lebih dari 200 siswa didampingi Kepala Sekolah Trismi Haryatiningsih, M.Pd beserta para guru.

Dalam binluh tersebut Aiptu Supomo menyampaikan materi tentang kedisiplinan. Bahwa untuk meraih masa depan yang cerah, para siswa harus menerapkan hidup disiplin, baik disiplin belajar, disiplin waktu maupun disiplin beribadah.

Aiptu Supomo juga melarang siswa-siswi SMP N 2 Pleret mengendarai sepeda motor ke sekolah, karena masih dibawah umur dan itu melanggar aturan.

Sementara itu Bripka Gunawan menyampaikan materi tentang narkoba. Bahwa narkoba sangat berbahaya bagi siapapun dan merusak mental bagi generasi muda.

"Jangan sekali-kali mendekati narkoba", pesan Bripka Gunawan.

Disamping itu para siswa juga diingatkan agar patuh terhadap peraturan, baik peraturan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Terlebih lagi para sisiwa juga harus patuh dan hormat kepada orangtua serta guru. (Humas Polsek Pleret)

Pengamanan Ibadah Kamis Putih Di Gereja Pepanthan Dusun Siyangan

Bhabinkamtibmas desa Triharjo Bripka Subawa dan Aipda Didik melaksanakan pengamanan misa  Kamis Putih di Gereja Pepanthan dusun Siyangan, Triharjo, Pandak, Bantul. Kamis (29/03/2018) jam 19.00 Wib

Pelaksanaan misa  dipimpin oleh Pendeta Emiritus Bambang Sumbodo dari Mergangsan,Yogyakarta yang dihadiri kurang lebih 50 Jemaat dari dusun Siyangan dan sekitarnya.

Selain melaksanakan pengamanan Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa juga memberikan himbauan kamtibmas kepada jemaat yang baru hadir agar memarkirkan kendaraannya di tempat parkir yang telah disediakan. (Humas Polsek Pandak)

Personil Polsek Pandak Mengamankan Misa Kamis Putih Di GKJ Jodog

Personil Polsek Pandak dipimpin Ipda Parmanta beserta Bhabinkamtibmas desa Gilangharjo Aiptu Sugi dan Babinsa melaksanakan pengamanan Kamis Putih di Gereja Kristen Jawa Jodog Dusun Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul. Kamis (29/03/2018) jam 18.00 Wib

Pelaksanaan ibadah Kamis Putih di GKJ Jodog  dipimpin oleh Pendeta Harjono yang merupakan pendeta dari GKJ Jodog sendri. Tema dalam ibadah Kamis Putih hari ini adalah "merengkuh kematian demi kehidupan". Yang dihadiri oleh sekitar 150 jemaat dari sekitar Gereja.

Pengamanan ini dilakasanakan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan juga agar jemaat yang melaksanakan ibadah merasa aman  dan hikmat.

Selain melaksanakan pengamanan Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo juga memghimbau kepada jemaat yang hadir agar selalu mewaspadai dengan adanya orang baru dan mencurigakan. Apabila dirasa ada yang mencurigakan segera laporkan kepada pihak pengamanan agar dapat diantisipasi secara dini untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak kebhinekaan dalam beragama. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Kretek Pimpin Pengamanan Misa Ekaristi Kamis Pethak Di Gereja Santo Yosef Mriyan

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak beserta anggotanya melaksanakan pengamanan misa Ekaristi Kamis pethak di Gereja Santo Yosef Mriyan, Donotirto, Kretek, Bantul. Kamis (29/03/2018) Pukul 19.00 WIB.

Misa Kamis pethak ini dilaksanakan oleh umat katholik dalam rangka pra Paskah di Gereja Santo Yosef Mriyan yang dipimpin oleh Romo Sumarno SJ dengan tema " Ngudi tulusing katresnan kinanten ing lathi lan laku " serta diikuti oleh sekitar 350 Jemaat.

Kompol Leo Fasak menjelaskan bahwa Pengamanan Misa Kamis pethak ini merupakan agenda rutin yang wajib dilaksanakan oleh anggota agar umat Katholik dalam melaksanakan sembahyang bisa berjalan dengan khitmad. (Humas Polsek Kretek).

Pengamanan Perayaan Misa Ekaristi Di Kapel ST. Yusuf Tirtohargo

Personil Polsek Kretek dipimpin Panit Provost Ipda Suwijo melaksanakan pengamanan misa Ekaristi kamis pethak di Kapel St.Yusuf Baros, Tirtohargo, Kretek, Bantul. Kamis, (29/03/2018) Pukul 19.00 WIB.

Misa Ekaristi Kamis pethak dalam rangka pra Paskah di Kapel ST Yusuf Baros dipimpin oleh Romo Sigit SCI dengan tema " Ngudi tulusing katresnan kinanten lathi lan laku " dan diikuti oleh sekitar 200 Jemaat.

Brigpol Winarko SH selaku Bhabinkamtibmas desa Tirtohargo menjelaskan bahwa pengamanan untuk misa Kamis pethak ini merupakan agenda rutin agar umat Katholik dalam melaksanakan sembahyang bisa berjalan dengan khitmad dan lancar. (Humas Polsek Kretek)

Pengamanan Acara Peringatan 4 Abad Dusun Jejeran Di Depan Komplek Makam Kyai Jejer

Acara Peringatan 4 Abad Dusun Jejeran, Haul Kyai Jejer, Kyai Kriyo dan Garwo Dalem HB III dilangsungkan di depan Komplek Makam Kyai Jejer dusun Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul pada Kamis (29/3/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo, SH, M.Ed, Muspika Kecamatan Pleret, Kapolsek Pleret yang diwakili Kasihumas Aiptu Sawaldi, Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan, HM. DJawis Masruri, tokoh agama dan Tokoh masyarakat serta warga masyarakat dusun Jejeran.

Dalam sambutannya HM. Djawis Masruri selaku Ketua Majlis Rembug Dusun Jejeran menyampaikan hal-hal yang melatari peringatan empat Abad ini. Rangkaian kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, antara lain Ziarah Maqbaroh, semaan Al-Quran dilanjutkan pengajian akbar. Dengan peringatan ini masyarakat dusun Jejeran bertekad menjadikan Jejeran sebagai tujuan wisata religi.

Nama dusun Jejeran sendiri diambil dari seorang tokoh, yaitu Kyai Jejer yang membabat hutan di wilayah ini, kemudian menjadikannya wilayah pemukiman (pedukuhan) dan namanya diabadikan sebagai nama dusun.

Kyai Jejer adalah ayah mertua dari raja besar Mataram, Sultan Agung Hanyakrakusuma. Kyai Jejer juga merupakan tokoh yang mengajarkan tentang Islam, dan ajarannya masih diikuti masyarakat Jejeran sampai sekarang.

Sementara itu Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo, SH, M.Ed membacakan sambutan Ngarso Dalem HB X bahwa peringatan ini merupakan perwujudan nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi ciri-ciri suatu bangsa. Peringatan ini dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat.

Diharapkan dari rangkaian kegiatan ini sekiranya mampu dan mempunyai nilai yang sangat penting bagi kita semua dan kemajuan agama untuk generasi penerus.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pleret melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Pleret)

Pengamanan Malam Kamis Putih Di Gereja Maria Rosari Pandak

Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono bersama piket fungsi dibantu Babinsa Serka Nurhadi melaksanakan pengamanan misa Kamis Putih di Gereja Maria Rosari dusun Pijenan, Wijirejo, Pandak, Bantul. Kamis (29/03/2018) jam 19.00 Wib.

Kegiatan Misa Kamis Putih di Gereja Maria Rosari ini di pimpin oleh Pastur Doni Ala Dominikus Pr dari Flores. Yang menyatakan bahwa kegiatan Kamis putih ini merupahkan rangkaian Tri Hari suci dan puncaknya adalah hari Paskah. Adapun tema pada misa Kamis putih ini mengambil tema "Mengasihi dengan kata dan perbuatan "  yang di hadiri sekitar 500 jemaat dari warga sekitar kecamatan Pandak dan Pajangan.

Selain melaksanakan pengaman personil Polsek Pandak juga melaksanakan pengaturan lalu lintas dan menyebrangkan jemaat dimana Gereja Maria Rosari ini terletak di pinggir jalan Pandak Pajangan yang sangat ramai arus lalu lintasnya.

Kegiatan perayaan misa Kamis Putih berlangsung aman dan lancar dilanjutkan dengan perarakan Tubuh dan darah Tuhan Yesus mengitari Gereja sebelum disimpan dan dilanjutkan dengan tuguran dengan maksud mengenang perjamuan Kamis Putih. Adapun tuguran dilaksanakan sampai pagi dengan pembagian perlingkungan se wilayah Maria Rosari Gesikan. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Imogiri Menghadiri Giat Mujahadah Doa Bersama Di Pendopo Balai Desa Wukirsari

Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho W S.H bersama Bhabinkamtibmas Wukirsari Bripka Wahyu Apri W menghadiri undangan Giat Mujahadah doa Bersama di Pendopo Balai Desa Wukirsari.

Kegiatan mujahadah dalam rangka Permohonan agar dalam dalam Pemilihan Pamong Desa dan Pemilihan Lurah Wukirsari th 2018 berjalan aman dan lancar.

Kh Fauzan dari dusun Ponggok Jetis Bantul dalam ceramahnya dihadapan tomas, toda, toda, pamong dan warga sekitar 200 orang mengatakan pentingnya sejarah para tokoh pendahulu agar bisa mengambil suri tauladannya.

Selalu ingat kepada sang pencipta Alloh Swt di setiap saat selalu berpedoman bahwa tingkah laku kita ada yg melihat dimana saja, kapan saja agar dalam nenjalankan tugas tidak keluar dari aturan agama. (Humas Polsek Imogiri)

Pengamanan Misa Kamis Putih Di Gereja Mater Imogiri

Kamis 29/3/2028 pukul 19.00 Wib Kanit Binmas Polsek Imigiri AKP Suharyono pimpin pengamanan misa kamis putih di gereja Mater Imogiri Bantul.

Kegiatan pengamanan giat gereja ini dilkukan untuk  menjaga situasi kamtibmas wilayah Imogiri agar tetap aman kondudif dan sesuai perintah Kapolsek agar setiap ada kegiatan di gereja dilakukan pengamanan baik terbuka maupun  tertutup.

Dalam melaksanakan pengamanan anggota yang menggunakan pakaian dinas uniform membantu penyebrangan jalan para jamaat baik yang keluar maupun masuk kemudian untuk anggota yang berpakaian preman melaksanakan pemantauan di sekitar lokasi gereja.

Dalam doa nya Joko supriyanto RR sebagai pembicara/ceramah dihadapan sekitar 200 orang memohon agar para imam dalam melaksanakan tugas pelayanan dengan penuh cinta kasih. Yang diberi tanggung jawab agar mendasari kewajiban dengan persaudaraan pengapdian yang tulus ikhlas. Kegiatan gereja selesai pukul 20.30 wib berjalan aman. (Humas Polsek Imogiri)

Polsek Kasihan Amankan Misa Kamis Putih Di Gereja Salib Suci Gunung Sempu

Anggota Polsek Kasihan melaksanakan  pengamanan Misa paskah kamis putih di Gereja Salib Suci Gunung Sempu (Paroki Pugeran) Tamantirto Kasihan, Bantul Kamis (29/3/2018)  pukul 19.00 WIB. Pengamanan dipimpin oleh Panit Lantas Polsek Kasihan Ipda Alfan Sukroni.

Misa Paskah Kamis Putih  dipimpin oleh Romo  Jono, SVD dengan tema "Ia mengasihi kita sampai saat terakhir" dan diikuti jemaat sebanyak 650 orang.

Selama kegiatan Misa  berlangsung, anggota melakukan pemantauan Kamtibmas guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat selesai pukul 21.30 WIB, terlaksana dengan aman dan kondusif.  (Humas Polsek Kasihan)

Pengamanan Misa Kamis Putih Di Gereja HKTY Ganjuran

Suasana perayaan misa Kamis Putih yang di gelar di Gereja HKTY Ganjuran berjalan aman, lancar dan tanpa mengalami masalah. Sekitar 2000 jemaat hadir dalam misa Kamis Putih, Kamis ( 29/3/2018) malam.

Selama misa berlangsung tampak personil Polsek Bambanglipuro dipimpin Kapolsek Bambanglipuro  AKP Wahyu Sudadi SH terlihat - jaga di sekitar Gereja HKTY.

Personil Jaga juga melakukan pemeriksaan terhadap semua orang yang akan masuk dan mengikuti misa tersebut. Hal itu dilakukan agar para jemaat bisa aman dalam menjalankan ibadah.

Untuk pengamanan ini personil Polsek Bambanglipuro juga dibantu dari unsur keamanan lainnya seperti TNI dan para relawan ikut terlibat untuk mengamankan rangkaian misa Paskah tersebut. Perlu diketahui ada dua kali prosesi misa yang di gelar di Gereja HKTY Yakni pada pukul 18.00 wib dan pukul 21.00 wib.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH mengatakan Untuk pengamanan di Gereja HKTY sendiri di bagi menjadi dua lapis yakni dalam dan luar. Khusus yang bertugas di luar selain memantau kemanan sekaligus bertugas mengatur lalu - lintas kepada jemaat yang hendak menyeberang. "Anggota disebar di luar dan didalam selama ibadah berlangaung," kata AKP Wahyu Sudadi SH.

Sementara itu Kapolsek Bambanglipuro menambahkan sampai sejauh ini situasi keamanan di wilayah Bambanglipuro tetap kondusif, namun pihaknya selalu waspada hal-hal yang dapat menganggu jalannya perayaan Paskah tersebut."Saya berharap masyarakat di wilayah Bambanglipuro bisa saling membantu untuk menjaga keamanan dan ketertiban," tambah AKP Wahyu Sudadi SH. (Humas Polsek Bambanglipuro).

Pengamanan Perayaan Paskah Kamis Putih Di Gereja Kristen Muria Indonesia Dusun Baran

Pada hari Kamis Tanggal Tanggal 29 Maret 2018 Pukul 19.00 Wib personil polsek Pundong Bantul melaksanakan pengamanan perayaan paskah Kamis Putih di Gereja Kristen Muria Indonesia Dusun Baran, Desa Srihardono pundong.

Perayaan Paskah Kamis Putih dipimpin oleh Pdt Anang Sumanto diikuti lebih kurang 150 jemaat.  

Giat berakhir pada pukul 20.30 wib berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Pundong ).

29 March 2018

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Bantul Bulan APRIL 2018


Jadwal waktu dan tempat bus pelayanan SIM keliling Polres Bantul bulan April 2018 adalah sebagai berikut :



NoHariTanggalJamTempat
I.Minggu01 April 201806.00 - SelesaiDepan Pasar Bantul
2.Senin02 April 201809.00 - 12.00 Wib Kids Fun Piyungan
3.Selasa03 April 201809.00 - 12.00 Wib Kecamatan Sedayu
4.Rabu04 April 201809.00 - 12.00 WibPyramid Cafe Sewon
5.Kamis05 April 201809.00 - 12.00 WibPolsek Srandakan
6.Jumat06 April 201809.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
7.Sabtu07 April 2018-Libur
8.Minggu08 April 201806.00 - SelesaiDepan Pasar Bantul
9.Senin09 April 201809.00 - 12.00 WibKids fun Piyungan
10Selasa10 April 201809.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
11.Rabu11 April 201809.00 - 12.00 WibPyramid Cafe Sewon
12.Kamis   12 April 201809.00 - 12.00 WibPolsek Srandakan
13.Jumat13 April 201809.00 - 12.00 WibPolsek imogiri
14.Sabtu14 April 2018-Libur
15.Minggu15 April 201806.00 - SelesaiDepan Pasar Bantul
16.Senin16 April 201809.00 - 12.00 WibKids Fun Piyungan
17.Selasa17 April 201809.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
18.Rabu18 April 201809.00 - 12.00 WibPyramid Cafe Sewon
19.Kamis19 April 201809.00 - 12.00 WibPolsek Srandakan
20.Jumat20 April 201809.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
21.Sabtu21 April 2018- Libur
22.Minggu22 April 201806.00 - SelesaiDepan Pasar Bantul
23.Senin23 April 201809.00 - 12.00 WibKids Fun Piyungan
24.Selasa24 April 201809.00 - 12.00 WibKecamatan Sedayu
25.Rabu25 April 201809.00 - 12.00 WibPyramid Cafe Sewon
26.Kamis26 April 201809.00 - 12.00 WibPolsek Srandakan
27.Jumat27 April 201809.00 - 12.00 WibPolsek Imogiri
28.Sabtu28 April 2018-Libur
29.Minggu29 April 201806.00 - SelesaiDepan Pasar Bantul
30.Senin30 April 201809.00 - 12.00 WibKids Fun Piyungan


Jam operasional : Senin - Jumat Pukul 09:00 - 12:00 WIB,  Sabtu pukul 17.00 - Selesai dan Minggu pukul 06.00 - Selesai.

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru, SIM Hilang dan apabila masa berlakunya habis tidak bisa dilayanani di SIM Keliling.

Syarat perpanjangan SIM A atau C sebagai berikut :
            Foto Kopi KTP yang masih berlaku
            Foto Kopi SIM lama serta SIM asli
            Bukti Cek Kesehatan

Salah Masuk Rumah, Wanita Ini Diamankan Polisi

Seorang wanita yang diduga mengalami gangguan kejiwaan diamankan Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo Aipda Sugianto bersama warga setelah masuk ke rumah orang di Dusun Gemahan Ringinharjo, Selasa (27/03/2018) pukul 22.00 WIB.

“Tiba-tiba wanita ini masuk ke dalam rumah salah seorang warga, setelah di dalam wanita ini langsung menguncinya,” jelas Aipda Sugianto.

Karena menimbulkan keresahan, warga bersama Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo kemudian mengamankan wanita tersebut. Selanjutnya wanita yang tidak ada identitasnya tersebut, dibawa ke Camp Assesment Dinas Sosial DIY di Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta untuk mendapatkan perawatan.

“Mungkin dia mengira itu rumahnya, maknya dia bernai masuk,” tandas Aipda Sugianto. (Humas Polsek Bantul)

Kendati Hujan, Aiptu Sugianto Tetap Laksanakn Pos Pagi di Depan SD Unggulan Aisyiyah Bantul

Personel Polsek Bantul rutin melaksanakan pos pagi pengaturan lalu lintas di penggal-penggal jalan. Kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan setiap pagi hari ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalulintas di pagi hari serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat membantu warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan menyeberang jalan supaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Kehadiran polisi memang selalu dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas di jalan mengingat dipagi hari jalan raya diwilayah Bantul dipadati dengan kendaraan.

Maka dari itu anggota Polsek Bantul setiap pagi  hari mulai jam 06.00 hingga 08.00 WIB selalu ada di jalan raya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat pengguna jalan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo Aipda Sugianto yang melaksanakan  pos pagi di depan SD Unggulan Aisyiyah Bantul, Rabu (28/3/2018). Kendati cuaca hujan, ia tetap melaksanakan tugas pos pagi tersebut dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. (Humas Polsek Bantul)

Jelang Paskah, Gereja HKTY Ganjuran Disterilisasi Polisi

Pasukan penjinak bom (Jibom) dari Gegana Sat Brimobda Polda DIY melakukan sterilisasi di Gereja HKTY Ganjuran Bambanglipuro, Kamis (29/3/2018) pada pukul 09.00 WIB .

Kegiatan tersebut bagian dari upaya pengamanan tempat ibadah menjelang perayaan Paskah tahun 2018. Enam personel pasukan penjinak bom menyisir bagian dalam dan luar gereja tempat ibadah ribuan anggota jemaat itu menggunakan metal detector. Dengan bantuan anggota Polsek Bambanglipuro, mereka juga memeriksa sudut – sudut ruangan

Komandan Tim Jibom Iptu Trijoko mengatakan sterilisasi di Gereja HKTY Ganjuran karena selain jemaatnya ribuan, gereja ini juga akan dikunjungi oleh jemaat dari luar daerah. Iptu Trijoko menjelaskan penyisiran dilakukan mulai dari pintu masuk gereja, tempat jemaat, altar dan ruang-ruang lain termasuk ruang Romo.

Sementara itu, Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH menjelaskan, untuk pengamanan misa Paskah nanti, personel Polsek Bambanglipuro akan diback ups personel dari Polres Bantul. “Kami imbau jemaat juga ikut aktif membantu aparat keamanan,” tandasnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Jelang Paskah, Gereja Santo Yakobus Disterilisasi

Sebelum digunakan untuk ibadah Paskah 2018, Gereja Santo Yakobus Klodran Bantul disterilkan oleh Unit Jibom Gegana Polda DIY, Kamis (29/03/2018) siang.

Kapolsek Bantul Kompol Paimun SH yang mendampingi proses sterilisasi menjelaskan, sterilisasi dilakukan disejumlah titik baik di halaman maupun di dalam Gereja Santo Yakobus. Seluruh bangku dan ruangan tak luput diperiksa dengan metal detector. Bahkan seluruh bagian tempat parkir juga disterilisasi.

Dijelaskan, bahwa Polsek Bantul akan memberikan pengamanan pada saat umat Kristiani merayakan Paskah.

"Semua gereja yang ada di wilayah Polsek Bantul ini akan kami tempatkan anggota untuk melaksanakan pengamanan selama ibadah Paskah berlangsung,” tandasnya. (Humas Polsek Bantul)

Kanit Binmas Polsek Pandak Hadiri Pemberdayaan Sat Linmas Desa Triharjo

Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiantoro mewakili Kapolsek Pandak menghadiri sosialisasi dan pemberdayaan Sat Linmas dalam rangka mensukseskan Pilurdes serentak 2018 dan Pemilu 2019 di Balai Desa Triharjo, Rabu (28/03/2018) pukul 08.00 WIB.

Hadir pula dalam acara tersebut Camat Pandak Diwakili Widi Sofyan, Kaur Pem, Sat Pol PP Kabupaten Bantul, Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa SH dan Linmas Desa Triharjo berjumlah 50 orang.

Dalam kegiatan ini dijelaskan bahwa tugas Sat Linmas yaitu membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas bidang perlindungan masyarakat dan tugas lain yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Selain itu pemberdayaan anggota Satuan Linmas untuk meningkatkan kapasitas anggota Satuan Linmas dalam pelaksanaan tugas Sat Linmas juga membantu dalam pengadaan Pemilu, yang bertugas di TPS senantiasa membantu Ketua KPPS dalam melaksanakan Pemungutan Suara demi terwujudnya keamanan, ketertiban dan kenyamanan di lokasi TPS.

Kanit Binmas Iptu Subiantoro juga berharap dengan kehadiran Sat Linmas Desa Triharjo ini dapat mewujudkan perlindungan masyarakat dan dapat hadir membantu bila terjadi bencana, kamtramtibmas dan giat sosial kemasyarakatan. (Humas Polsek Pandak)

Setelah Dikurung Selama 30 Tahun, Sugiyatmi Akhirnya Dibawa ke RSJ Grhasia

Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo Aiptu Sudarsana melaksanakan pengawalan proses pembebasan seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bernama Sugiyatmi yang dikurung keluarganya di Dusun Mrisi RT 07, Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul,  Kamis (29/3/ 2018) pagi.

Pembebasan Sugiyatmi ini dalam rangka menjalankan amanah  Peraturan Gubernur DIY Nomor 81 tahun 2014 tentang penanggulangan pasung bagi ODGJ.

Pemasungan isolasi protektif terhadap Sugiyatmi sudah berlangsung selama 30 tahun sejak yang bersangkutan menderita skizofrenia setelah pulang dari menjadi TKW di Malaysia. Keluarga mengaku terpaksa mengurung Sugiyatmi didalam karena takut akan ada yang menyakitinya.

Petugas pembebasan pasung terdiri dari berbagai unsur seperti Puskesmas yang dihadiri Kepala Puskesmas Eko Budi Santoso SST. M.Kes dan Petugas Pelaksana Program Kesehatan Jiwa Siti Mulyani, Amd.Kep,  petugas Polsek Kasihan Aiptu  Sudarsana sedangkan Petugas Dinsos Oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) antara lain Junaidi, Suhardiman, Joko dan Dwi.

Selanjutnya Sugiyatmi dibawa ke RSJ Grhasia Pakem Sleman, untuk dilakukan pengobatan. (Humas Polsek Kasihan)

Polsek Banguntapan Amankan Pencuri HP

Ka SPKT Polsek Banguntapan Aiptu Budiantara beserta anggota lainya mengamankan pelaku pencurian handphone yang ditangkap oleh warga di Toko Aji Tegalsari Rt. 05 Jomblangan Banguntapan Bantul. Jumat, 23 Maret 2018 sekira pukul 09.00 wib. Beruntung petugas cepat datang di TKP sehingga pelaku tidak sempat menjadi bulan bulanan warga.

Dihadapan petugas, pelaku berinisial AH (46) warga Jetis Sumberejo Tempel Sleman mengaku pada hari Selasa tanggal 20 Maret 2018 sekira pukul 07.30 Wib telah mengambil Handphone Xiomi Redmi 3 milik Pungky Meiwulan (26) warga Maguwo Rt. 018 Banguntapan Bantul.

Pada hari dan tanggal serta jam tersebut diatas, pelaku sedang berbelanja makanan di Toko Aji Jomblangan Banguntapan Bantul. Saat keluar dari toko melihat ada tas yang tergantung serta sedikit terbuka pada sepeda motor. Melihat situasi seperti itu pelaku langsung membuka tas mengambil Handphone lalu membawanya pergi.

Sementara itu setelah pulang sampai rumah, korban menemukan HP di tasnya sudah hilang. Lalu korban kembali ke TKP untuk menjelaskan bahwa HP miliknya hilang di tempat parkir. Kemudian korban dan pemilik toko mengecek rekaman di CCTV dan terlihat jelas siapa pelaku pencurinya, lalu melaporkan ke Polsek Banguntapan. 3 hari kemudian pelaku datang toko dan langsung dibekuk oleh warga. (Humas Polsek Banguntapan)

Kapolsek Sewon Hadiri Musyawarah Masyarakat Desa II PKL Kebidanan Politekes Kemenkes Yogyakarta

Kapolsek Sewon Kompol Subadi menghadiri acara Musyawarah Masyarakat Desa II Praktik Kerja Lapangan Kebidanan Komunitas Prodi Sarjana Terapan Politekes Kemenkes Yogyakarta di Balai Desa Timbulharjo Sewon Bantul, Kamis (29/03/2018) siang.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Sewon Drs. Danang Erwanto M. Si, Komandan Rayon Militer (Danramil) 04 Sewon Mayor Infantri Agus Priyadi SE, Kepala Puskesmas Sewon I dr. Jaka Hardalaksana, Lurah desa Timbulharjo dsr. Kandar Kasi Trantib kecamatan Sewon, Dukuh Mriyan, PKK, dan tokoh mayarakat pedukuhan Mriyan.

Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Politekes Kemenkes Yogyakarta jurusan Kebianan Diyah Noviawati Setya Arum S.SiT, M.Keb., Kepala Prodi Politekes Kemenkes Yogyakarta Yuliana Eka Purwaningrum S.ST,M.Ph, Sekretaris Prodi Politekes Kemenkes Yogyakarta Anita Rahmawati, S.SiT,M.Ph,  Dosen serta mahasiswa Politekes Kemenkes Yogyakarta yang sedang melaksanakan praktek kerja lapangan.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakn paparan kegiatan dan efaluasi tentang  kegiatan yang telah di laksanakan  serta kendala kendala yang di hadapi oleh Tiyas Aisyah Putri dan Septana.

Pada sesii tanya jawab Sumirah dari puskesmas Sewon I (satu) bagian KIP yang  menyoroti tentang surve yang telah di laksanakan oleh mahasiswa sebaiknya di laksanakan pendataan secara akurat tentang tingkat penegtahuan masyarakat tentang Kesehatan, Imunisasi, Kesehatan reproduksi, dan untuk segala kegiatan penyuluhan di dokumentasikan dan di paparakan, serta  melaksnakan pendataan permaslahan Kesehatan di setiap keluarga.

Sementara itu Kapolsek Sewon memberikan masukan kepada mahasiswa bahwa untuk kedepanya pada saat melaksanakan penyuluhan di berikan juga penyuluhan tentang bahaya minuman keras di karenakan hal tersebut juga selaras dengan intruksi bupati bantul yan menyatakan perang dengan minuman keras.

Sementara itu Kepala puskesmas satu sewon menyampaiakan hasil rakernis kesehatan yang telah di laksanakan di jakarta tentang penyakit TBC dimana untuk TBC menjadi prooritas saatbini di indonesia dalam hal pengobatan, di karenakan penyakit TBC tidak mudah di ketahui data yang siknivikan, sedangkan untuk pengobatan juga memerlykan waktu yang cukup panjang dan dengan biaya yang cukup mahal, dimana satu paket pengobaan pasien TBC di butuhkan biaya antara 80 juta sampai dengan 200 juta tergantung dari fase penyakit ini, maka pemerintah mengucurkan dana yang cukup besar untuk membantu pengobatan paparnya.

Dilanjutkan dengan sambutan lurah desa Timbulharjo yang menyampaikan atas nama pemerintah desa Timbulharjo dan warga masyarakat Timbulharjo mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa yang trlah mengimplementasikan ilmu yang di peroleh kepada masyarakat, dan berharap ilmu yang telah di sampaikan dapat bermanfaat bagi warga.

Dalam kesempatan tersebut juga di laksanakan serah terima dan penarikan mahasiswa Politekes Kemenkes Yogyakarta dari Camat Sewon selaku pemerintah Kecamatan Sewon dan diterima langsung oleh Kepala Jurusan Kebidanan ibu Diyah Noviawati Setya Arum, S.SiT. M.Keb. dilanjutkan dengan pemberian kenang kenangan. (Humas Polsek Sewon)

Takmir Masjid Jogokariyan Bantu Melunasi Hutang Salah Satu Mustahiq Zakat

Kapolsek Sanden AKP Riwanta bersama anggotanya mendampingi pengurus Takmir Masjid Jogokariyan Yogyakarta saat memberikan bantuan pelunasan kepada salah seorang mustahiq zakat, Rabu siang (28/03/2018) jam 12.45 WIB.

Pengurus Takmir Masjid Jogokariyan dipimpin M. Risqi Rahim selaku Ketua Baitul Mal Masjid Jogokariyan. Mereka memberikan bantuan  pelunasan hutang ibu Sri Maryati (63) warga Perum Guwosari Pajangan yang tinggal bersama saudaranya di Dusun Wonoroto, Gadingsari, Sanden. Sri Maryati adalah seorang janda yang tinggal bersama anaknya, Muhammad Efendi (37) dan sakit diabetes dan saat ini kaki kanannya sudah diamputasi.

M. Risqi Rahim saat memberikan bantuan menjelaskan, Minggu tanggal 19 Maret 2018 jam 18.15 , Ibu Sri Maryati datang ke Masjid Jogokariyan untuk meminta bantuan terkait kondisinya saat ini. Dijelaskan bahwa beliau seorang janda yang sehari-hari kerja menjahit kain perca dan disetorkan ke pabrik tas. Saat ini terjerat hutang dengan belasan rentenir yang jumlahnya mencapai jutaan rupiah. Semua aset termasuk rumahnya di Perum Guwosari sudah dijual untuk membayar hutangnya namun tetap belum lunas dan semakin hari bunganya semakin banyak. Kemudian hari Kamis tanggal 22 Maret 2018 takmir melakukan survey dan hasilnya memang beliau layak mendapatkan bantuan, katanya.

"Hari ini kami minta bantuan Polsek Sanden unuk mendampingi pelunasan hutang Ibu Sri  Maryati. Semua rentenir yang meminjami hutang saya kumpulkan semua dan membawa bukti pinjaman. Setelah itu, seluruh hutangnya kami lunasi agar beliau terbebas dari hutang," jelas M. Risqi Rahim.

Dalam kesempatan tersebut, Haryanto selaku perwakilan keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Takmir Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang telah memberikan bantuan pelunasan hutang kepada salah satu saudaranya. (Humas Polsek Sanden)

Panit Binmas Polsek Srandakan Hadiri Rakor Forum Komunikasi Umat Beragama

Panit Binmas Polsek Srandakan Iptu Wahono mewakili Kapolsek Srandakan mengikuti rapat koordinasi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Srandakan bertempat di aula Kecamatan Srandakan, Rabu (28/3/2018) pukul 09.45 WIB.

Hadir pula pada acara tersebut Camat Srandakan, Danramil Srandakan, Kapolsek Srandakan, Kapuskesmas Srandakan, Ka KUA Srandakan, Kepala Desa Trimurti dan Poncosari Srandakan, Kepala Dusun se Kecamatan Srandakan, perwakilan Tokoh Agama se Kecamatan Srandakan.

Dalam sambutannya selaku narasumber FKUB H Mulyono mengatakan dalam rangka menghadapi tahun politik, perlu diciptakan situasi rukun dan damai tidak terjadi konflik antar umat beragama.

Konflik adalah perbedaan dalam memandang sesuatu yang menyebabkan orang memiliki tujuan yang bertabrakan dan pertentangan dan atau situasi dimana dua pihak atau lebih dihadapkan pada perbedaan kepentingan.

Menurutnya, agama sebagai faktor menyatukan dan dapat juga menjadi faktor perpecahan. Jika terjadi perpecahan dan konflik antar umat beragama, maka harus segera pengambilan sikap melakukan klasifikasi mencari kejelasan sebab terjadinya konflik tersebut tanpa melibatkan pihak ketiga yang akan mengambil untung situasi.

Selain itu juga dengan penyelesaian musyawarah antar kelompok dengan mendatangkan juru damai atau mediator, dalam hal ini adalah aparatur pemerintah yang tidak memiliki kepentingan politik. (Humas Polsek Srandakan)

Apel Pagi Perdana Kapolsek Pajangan Yang Baru

Kapolsek Pajangan yang baru AKP Sri Basariah mengambil apel pagi perdananya dihalaman Mako Polsek Pajangan, Kamis 29 Maret 2018 pukul 08.00 Wib.

Dalam apelnya, Kapolsek Pajangan yang baru meminta kepada seluruh anggota dukungan dan kerja samanya dalam melaksanakan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Saya tidak akan merubah program yang sudah ada yang baik tetap dilaksanakan seperti biasanya dan yangbelum pas mari kita benahi secara bersama sama, jelas Kapolsek Pajangan yang baru.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek juga memperkenalkan diri, saya asli dari Banyumanik Semarang, masuk Polri tahun 92/93, penempatan pertama sepolwan ciputat sampai 2007, Secapa 2007 penempatan Polda DIY, penempatan Polres Bantul 2008 menjabat Kasubag Kerma Binmas, lanjut Kasubagren Bagren sampai 2011, lanjut 2012 Paurminpers II, lanjut dinas ke KBO Narkoba, kemudian 2013 Kasubag Sarpras sampai 2018, Maret 2018 Kapolsek Pajangan.

Terakhir disampaikan mari kita jaga kekompakan kebersamaan dan saling keterbukaan diantara seluruh anggota demi kesuksesan tugas kita. (Humas Polsek Pajangan)

Kapolsek Srandakan Hadiri Acara Pisah Sambut Kepala Puskesmas Srandakan

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet menghadiri acara pisah sambut Kepala Puskesmas Srandakan dari pejabat lama dr Rr Anugrah Wiendyasari MSc kepada pejabat baru drg. Budi Setyowati di ruang pertemuan Puskesmas Srandakan, Selasa (27/3/2018).

Hadir pula dalam acara tersebut Muspika Kec. Srandakan, Lurah Desa Trimurti dan Desa Poncosari, Kepala KUA Kec Srandakan, Kepala UPT PPK Srandakan, PLKB, perwakilan Kader Kesehatan, perwakilan dari SMAN 1 Srandakan, SMPN 1  dan  SMPN 2 Srandakan dan SDN 2 Srandakan.

Acara diawali dengan pemberian taliasih dari Puskesmas Srandakan kepada pejabat lama dr Rr Anugrah Wiendyasari MSc. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh pejabat lama yang menyampaikan terima kasih atas segala dukungan dan kerjasamanya selama ini dari bapak dan  ibu sekalian, selama menjabat Kepala Puskesmas Srandakan dr Rr Anugrah Wiendyasari MSc. 

Sementara dalam kesemptannya, drg Budi Setyowati sebagai Kepala Puskesmas yang baru memperkenalan diri memohon bimbingan dan kerjasamanya. (Humas Polsek Srandakan)