31 July 2018

Polres Bantul Lepas 21 Anggotanya Yang Purna Tugas

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH melepas 21 anggota dan ASN Polres Bantul yang purna tugas terhitung mulai tanggal 1 Februari s/d 1 Agustus 2018. Upacara pelepasan digelar di halaman Mapolres Bantul, Selasa (31/7/2018).


Dari ke-21 anggota dan ASN Polres Bantul yang purna tersebut, terdapat Kapolsek Sewon AKBP Subadi SH yang juga telah memasuki masa pensiun.

Upacara diikuti Waka Polres Bantul, Ketua Bhayangkari Cabang Bantul, para Pengurus Bhayangkari Cabang Bantul, para Purnawirawan, para Kabag, Kasat, Perwira Staf dan para Kapolsek Jajaran Polres Bantul serta anggota Polres Bantul.

“Saya selaku Kapolres Bantul dan Keluarga Besar Polres Bantul mengucapkan selamat menjalani purna tugas, kami berharap jalinan silahturohmi antara kita tetap terjaga, semoga bapak dan ibu diberikan kesehatan dan senantiasa dalam lindungan Tuhan YME,” kata Kapolres Bantul dalam sambutannya.

Kapolres berharap, setelah memasuki masa purna tugas, anggota dan ASN Polri yang telah memasuki purna tugas dapat menjadi panutan di masyarakat, dan sebagai tempat berbagi ilmu, pengalaman dan pemecah masalah di lingkungan sekitar tempat tinggal.
   
“Terimakasih kepada Bapak Ibu Purnawirawan sekalian atas dedikasi, sumbangsih tenaga, pikiran guna memajukan Polres Bantul dan Institusi Polri, semoga amal ibadah bapak ibu sekalian mendapatkan imbalan pahala dari Tuhan YME,” tandasnya.

Acara dilanjutkan dengan pengalungan bunga oleh Kapolres Bantul kepada  anggota dan ASN Polri yang purna tugas. Mereka kemudian dilepas dengan acara tradisi pedang pora. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Desa Mulyoddadi Hadiri Acara Syawalan dan HUT PWRI ke-56 Ranting Bambanglipuro

Bhabinkamtibmas Desa Mulyoddadi Aipda Sukaryadi menghadiri acara Syawalan dan HUT PWRI ke-56 Ranting Bambanglipuro di Kantor PWRI Bambanglipuro, Selasa (31/07/2018) pagi.

Hadir pula dalam acara tersebut yaitu Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos M.Si, Babinsa Mulyodadi Serda Suprihatin, Ketua PWRI Bantul Bapak Wardiman,  Ketua PWRI Bambanglipuro Bapak Darsono, Dukuh Ngambah Satri Bujono dan anggota PWRI Kecamatan Bambanglipuro sekitar 200 orang.

Peringatan kali mengambil tema “Purna Bhakti Tangguh Dalam Pengabdian Pada Bangsa Dan Negara".

Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos M.Si menerangkan bahwa keberadaan PWRI ditengah – tengah masyarakat adalah sangat besar manfaatnya terutama sebagai media bagi para pensiunan untuk kembali membina persatuan dan kesatuan serta kekompakan para pensiunan yang tergabung dalam PWRI dalam rangka melanjutkan dharma bhaktinya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Keberadaan PWRI agar turut serta dan peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya termasuk peduli kepada 3 generasi seperti anak – anak, remaja, dan lansia. Disamping itu, PWRI juga diharapkan dapat ikut serta dalam upaya melaksanakan program percepatan pengentasan kemiskinan," kata Julius Suharta S.Sos M.Si.

Ketua PWRI Bantul Bapak Wardiman dalam sambutannya mengatakan bahwa keikutsertaan PWRI atau pensiunan dalam berbagai kegiatan pembangunan tidak dimaksudkan bahwa para pensiunan itu masih mau menduduki jabatan tetapi para pensiunan yang memiliki pengalaman dibidang pemerintahan diharapkan akan dapat mempercepat suksesnya program posdaya dan para pensiunan menyadari pula bahwa pengabdian itu tiada akhir.

“Diharapkan dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda, PWRI semakin solid dan tetap memberikan sumbangsih bagi kemajuan daerah dan negara sehingga dapat meningkatkan eksistensi kinerja PWRI di masa-masa yang akan datang, dirgahayu PWRI”, ujar Ketua PWRI Bantul Bapak Wardiman. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Layani Masyarakat, Polsek Dlingo Pos Pagi di SD Negeri 2 Temuwuh

Personel Polsek Dlingo rutin melaksanakan pos pagi pengaturan lalu lintas di penggal-penggal jalan. Kegiatan pengaturan lalu lintas yang dilaksanakan setiap pagi hari ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalulintas di pagi hari serta memberikan pelayanan terhadap masyarakat membantu warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang akan menyeberang jalan supaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.

Kehadiran polisi memang selalu dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas di jalan mengingat dipagi hari jalan raya diwilayah Dlingo dipadati dengan kendaraan.

Maka dari itu anggota Polsek Dlingo setiap pagi  hari mulai jam 06.00 hingga 08.00 WIB selalu ada di jalan raya untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat pengguna jalan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan oleh Aiptu Ari Hardono di depan SD Negeri 2 Temuwuh, Selasa (31/7/2018). Ia melaksanakan tugas pos pagi tersebut dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. (Humas Polsek Dlingo)

Personel Polsek Piyungan Amankan Studi Banding BKKBN Dari 17 Provinsi

Personel Polsek Piyungan mengamankan acara studi banding BKKBN perwakilan dari 17 Provinsi di Indonesia di kampung KB Dusun Jasem Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul, Senin (30/7/2018).

Hadir dalam acara tersebut Kepala BKKBN Provinsi DIY, masing-masing Kepala BKKBN dari tiap-tiap Provinsi, Kepala BKKBN Kabupaten Bantul, Muspika Kecamatan Piyungan, Lurah Desa Srimulyo, Sitimulyo  dan Srimartani, Kepala Dusun se Desa Srimulyo serta warga masyarakat setempat.

Pengamanan yang dilaksanakan Polsek Piyungan dilakukan bersama personel dari Koramil Piyungan dan Linmas 10 sebanyak orang. (Humas Polsek Piyungan)


Pemerintah Desa Srigading, Menyelenggarakan Pelatihan Kader Imam Dan Khotib Masjid Se-Desa Srigading

Pemerintah Desa Srigading, Sanden, Bantul menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Kader Imam dan Khotib Masjid se-Desa Srigading, Selasa (31/07/2018) jam 09.30 Wib di Aula Balaidesa Srigading.

Peserta pelatihan adalah perwakilan Takmir Masjid yang berasal dari 27 Masjid se-Desa Srigading, Sanden dengan narasumber Asrofi, S.AG., M.Si penyuluh KUA Sanden dan Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi.

Kegiatan dihadiri Lurah Desa Srigading Wahyu Widodo, SE, Kasi Pelayanan Desa Srigading Jayeng Purnomo, Drs. Jumari dan Asrofi, S.Ag., M.Si Penyuluh KUA Sanden, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi dan perwakilan Takmir Masjid se-Desa Srigading.

Kasi Pelayanan Desa Srigading Jayeng Purnomo selaku panitia penyelenggara mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai pembinaan calon Imam Khotib Takmir Masjid se-Desa Srigading. Saat ini baru latihan calon Imam Khotib, kedepannya akan dikembangkan dan dilaksanakan lagi dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Semoga para peserta pelatihan nantinya akan menjadi kader di masjidnya masing -  masing, harap Kasi Pelayanan Desa Srigading Jayeng Purnomo.

Lurah Desa Srigading Wahyu Widodo, SE saat membuka pelatihan Kader Imam Khotib mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari implementasi RPJMDes Srigading yang di dalamnya tertuang dalam Visi dan Misi yaitu "Segoro Mukti" yang secara filosopi adalah setia kepada agama dan budaya. Dengan landasan agama dan budaya kedepannya dapat membentuk masyarakat Desa Srigading yang unggul dan berakhlak mulia, ujar Wahyu Widodo, SE.

Lebih lanjut Wahyu Widodo, SE menyatakan bahwa program ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan dengan materi yang berbeda  agar hasilnya bisa lebih optimal. Harapannya peserta pelatihan bisa menjadi motor penggerak dalam menggairahkan, meramaikan dan memakmurkan masjid.

Dalam pelatihan ini, Aiptu Taryadi selaku narasumber menyampaikan materi tentang Nasionalisme dan Anti Radikalisme, sedangkan Asrofi, S.Ag., MSi menyampaikan materi bab Imam dan Drs. Jumari menyampaikan materi tentang Khotib dan seluk beluknya. Aiptu Taryadi mengajak kepada peserta pelatihan dan seluruh masyarakat agar menjunjung tinggi dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Eka, UUD 1945, NKRI. (Humas Polsek Sanden)

Workshop Wawasan Kebangsaan Di Kecamatan Pleret

Pemerintah Kecamatan Pleret mengadakan Workshop Wawasan Kebangsaan dengan mengangkat tema "Pencegahan terhadap Terorisme dan Gangguan Keamanan Lingkungan". Acara tersebut dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Pleret, Senin (30/7/2018).

Kapolsek Pleret diwakili Kanit Binmas  Iptu Sukardi hadir sekaligus menjadi narasumber bersama Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S. Hadir pula Camat Pleret yang diwakili Sekcam Pleret Slamet Pamuji S.Pd, M.pd, Kasi Trantib Suripto, STP dan Pamong Desa serta Karang Taruna se Kecamatan Pleret.

Sebagai narasumber Kanit Binmas menyampaikan bahwa Wawasan Kebangsaan merupakan
cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideolaginya serta cita-citanya untuk memperkokoh dan menjaga persatuan dan ketahanan bangsa, dengan berlandaskan pada UUD 1945 dan Pancasila.

Menurutnya kesadaran akan wawasan kebangsaan akan menjadi perekat bangsa sehingga dapat menangkal radikalisme.

"Keanekaragaman adalah kondisi bangsa Indonesia, karena itu radikalisme bisa muncul dari golongan ataupun agama apapun", imbuhnya.

Selanjutnya Ia mengajak masyarakat untuk menolak paham radikalisme dan terorisme, karena paham radikalisme saat ini sudah menjadi issu nasional maka kita perlu tingkatkan kewaspadaan. Kewaspadaan dapat dilakukan dengan deteksi dan atisipasi dini mulai dari lingkungan keluarga dan sekitarnya.

Pencegahan radikalisme bukan hanya tanggungjawab pemerintah tetapi juga seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu marilah wujudkan keamanan masyarakat yang kondusif dan mempersempit radikalisme. Apabila ada seseorang yang mencurigakan segera menghubungi Kepolisian terdekat.

Setelah penyampaian materi dari narasumber, acara dilanjutkan sesi terakhir yaitu tanya jawab dengan peserta Workshop. (Humas Polsek Pleret)

Penerimaan KKN PPM UAD Periode 68 di Kecamatan Banguntapan

Senin (30/7) bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Banguntapan dilaksanakan serah terima Mahasiswa KKN UAD Periode 68. Sebanyak 27 Mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan akan melaksanakan KKN di 3 pedukuhan Desa Potorono, yakni Dusun Condrowangsan, Dusun Nglaren, dan Dusun Salakan.

Bersama dosen pendamping, mahasiswa diterima oleh pihak Kecamatan Banguntapan yang diwakili oleh Sekcam Banguntapan, Roy Robert EB, AP, MM. serta dihadiri oleh Polsek Banguntapan, Pamong Desa Potorono, dan perwakilan dari Lembaga Penanggulangan Muhammadiyah Bantul.

Dalam kesempatan KKN Periode 68 ini, mahasiswa akan mengambil tema Upaya Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Tangguh Bencana. Nantinya Mahasiswa akan melaksanakan pengabdian ini terhitung dari tanggal 30 Juli hingga 29 Agustus 2018. Adapun berbagai program kerja bagi tingkat desa maupun tingkat dusun telah tersusun, baik yang tematik maupun yang non-tematik. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Pantau Perekaman E-KTP

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka melaksanakan Pemantauan Perekaman E-KTP di Aula Desa Bangunjiwo, Dusun Gendeng, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Senin, (30/07/2018) siang.

Perekaman E-KTP dari Disdukcapil Kabupaten Bantul kerja sama dengan Pemerintah Desa Bangunjiwo di mulai hari ini  tanggal 30 -31 Juli 2018, melayani 800 orang yang sebagian besar kawula muda pengurusan KTP Baru. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka, Carik Desa Bangunjiwo bapak Sukarman dan Pamong Desa Bangunjiwo.

Pelayanan perekaman E-KTP di Desa Bangunjiwo ini bertujuan agar seluruh masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan atau yang belum melengkapi seluruh data-data dapat mudah segera mengurusnya.

Carik Bangunjiwo mengatakan bahwa dengan adanya pelayanan yang dilangsungkan di desa seperti ini, membuat masyarakat menjadi sangat senang, karena tidak mengeluarkan biaya untuk mengurus segala dokumenya ke kabupaten dan Bhabinkamtibmas Bangunjiwi Bripka Rista F juga mengharapkan agar seluruh masyarakat yang belum memiliki Dokumen apapun yang berkaitan dengan KTP, Akte lahir, Akte nikah bisa dapat diurus sekarang. (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Kasihan Bersama Anggota Besuk Aiptu Nuri Anggoro

Kapolsek Kasihan AKP Y. Tarwoco Nugroho, SH  bersama anggota membesuk Aiptu Nuri Anggoro Anggota Sabhara Regu II Polsek Kasihan, Senin (30/07/2018 ) pukul 10.30 wib. Aiptu Nuri Anggoro mengalami gangguan pada jantung sehingga harus dirawat inap di Bangsal Kautsar Lt III RS  PKU Muhammadiyah Bantul.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan suport kepada si sakit dan memupuk kekompakan serta kebersamaan antar anggota Polsek Kasihan. Harapannya,  terjalin kedekatan diantara keluarga besar Polsek Kasihan.

Kapolsek mengatakan, bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Polsek Kasihan sebagai bentuk perhatian kepada siapapun anggota dan keluarga yang sedang mengalami musibah, sebagai bentuk kekompakan dan keharmonisan dalam kebersamaan.

Kapolsek juga menyampaikan pesan agar keluarga tabah dalam menerima cobaan ini. “Saya beserta keluarga besar Polsek Kasihan turut mendoakan semoga lekas sembuh dan bisa beraktifitas kembali,” ujar Kapolsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)

Puskesmas Bambanglipuro Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral 2018

Puskesmas Bambanglipuro menggelar kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Puskesmas Bambanglipuro, Senin (30/7/ 2018) Siang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Sekcam Bambanglipuro M. Misbah S.I.P, Danramil Bambanglipuro Kapten CBA Mardiyono, Kasihumas Polsek Bambanglipuro Aiptu Murjono, Carik Mulyodadi Erwin Sunarya, Para tokoh masyarakat se Kecamatan Bambanglipuro.

Sebelum kegiatan pemaparan dimulai, Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr Tarsisius Glory menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengajak seluruh sektoral agar dapat mendukung Puskesmas Bambanglipuro dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dukungan dan masukan dari semua pihak kami butuhkan untuk menampung setiap keluhan, permasalahan dan saran dari semua pihak yang terkait untuk dicarikan solusi untuk  mengatasi permasalahan tersebut.

Untuk itu Puskesmas Bambanglipuro sangat mengharapkan dukungan dan sumbangsih saran agar Puskesmas Bambanglipuro ini dapat memberikan pelayanan secara maksimal sehingga Puskesmas dapat menjadi pilihan utama masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," kata dr Tarsisius Glory.

Danramil Bambanglipuro Kapten CBA Mardiyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Lintas Sektoral ini dijadikan tolak ukur terhadap pelayanan kesehatan dari Puskesmas kepada masyarakat. "Lintas Sektoral ini juga harus berpartisipasi menyampaikan program- program dari Puskesmas kepada masyarakat, agar tercipta wilayah Kecamatan Bambanglipuro sehat," harap Kapten CBA Mardiyono.

Sekcam Bambanglipuro M.Misbah S.I.P dalam arahannya mengaku sangat mendukung dan siap membantu agar segala program Puskesmas dapat tercapai. "Kita siap menyampaikan programnya ke masyarakat, saya nanti mau buat lomba posyandu se Kecamatan Bambanglipuro, yang juara kita kasih hadiah, ini juga salah satu upaya kita untuk mendukung kegiatan Puskesmas," terang Julius Suharta. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Penyuluhan Stop Pemotongan Ruminansia Betina Produktif Di Komplek Pasar Hewan Karangtalun Imogiri

Bhabinkamtibmas desa Karangtalun Aiptu Wardani dan Bhabinkamtibmas desa  Wukirsari Bripka Wahyu Apri W Kamis mengikuti Penyuluhan Stop Pemotongan Ruminansia Betina Produktif di komplek pasar Hewan Karangtalun Imogiri, Senin, 30 Juli 2018 08.00 wib.

Penyuluhan dilaksanakan oleh Dinas peternakan Profinsi Diy bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat atau pedagang ternak terkait dengan perjanjian Polri dan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor : 09001/HK.230/F/05/2017 dan Nomor B/44/V/2017 tentang Pengendalian Pemotongan Ternak Ruminansia Betina Produktif.

Sehingga masyarakat memahami tentang pentingnya pengendalian pemotongan ternak ruminansia betina produktif untuk menunjang ketahanan pangan khususnya bahan asal hewan (daging sapi) dengan harapan dapat membantu target pemerintah dalam melakukan percepatan peningkatan populasi sapi/kerbau nasional. (Humas Polsek Imogiri)

Sidak Dit Propam Polda Diy Di Polsek Sewon

Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda DI. Yogyakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Polsek Sewon, Senin, (30/07/2018) siang.

Sidak dipimpin oleh R. Joko Pitoyo Supriambodo dalam rangka untuk menegakkan ketertiban dan kedisiplinan personil di jajaran Polda DI.Yogyakarta.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kerapian anggota, surat-surat identitas pribadi maupun dinas seperti KTP, SIM, STNK maupun KTA dan surat keterangan lainnya.

Sementara itu menurut Kanit Provos Polsek Sewon Aiptu Djadi Mucrom, SH, pemeriksaan ini menurutnya sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran, kedisiplinan dan tanggung jawab anggotanya.

“Dengan adanya pemeriksaan ini diharapkan anggota Polri khususnya Polsek Sewon akan memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat,” jelasnya

Hal ini selaras dengan tugas Propam sebagai pembina dan penyelenggarakan fungsi pertanggungjawaban profesi dan pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban bagi anggota Polri imbuhnya.

Setelah selesai melakukan pemeriksaan, petugas Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda DI. Yogyakarta selanjutnya meninggalkan tempat menuju polsek lainya untuk melakukan hal yang sama. (Humas Polsek Sewon).

Bhabinkamtibmas Desa Tirtohargo Membantu Petani Membuka Muara Sungai Opak

Bhabinkamtibmas desa Tirtohargo Bripka Winarko SH turut serta membantu petani membuka muara Sungai Opak di Dusun Baros Tirtohargo Kretek. Senin(30/7/2018).

Para petani di dusun Baros, Muneng dan Gegunung Desa Tirtohargo Kecamatan Kretek lahan pertaniannya sering kali terkena ancaman banjir sehingga tanaman bawang merah terancam gagal panen.

Lahan pertanian mereka merupakan tadah hujan, sewaktu musim kemarau sulit mendapatkan air, namun pada musim penghujan kelebihan air termasuk juga apabila air dimuara sungai opak pasang seperti halnya beberapa hari yang lalu.

Untuk menyelamatkan tanaman bawang merahnya agar tidak terendam air satu-satunya cara yaitu membuka muara Sungai Opak supaya air langsung masuk ke laut.

Jika muara tersebut tersumbat, dipastikan lahan pertaniannya di wilayah itu terendam air. Para petani berharap agar Pemerintah menurunkan alat berat untuk membantu membuka muara Sungai Opak.

Bhabinkamtimas Desa Tirtohargo Bripka Winarko SH menjelaskan para petani sejak beberapa hari yang lalu bergotong  royong berusaha membuka muara sungai opak dengan peralatan tradisional, seperti cangkul dan skop.

Untuk mengatasi agar tanaman bawang merahnya tidak terendam air petani  mengoperasionalkan pompa air untuk membuang air.

Hal tersebut membuat Bhabinkamtibmas desa Tirtohargo Bripka Winarko SH merasa prihatin sehingga mengajak petani untuk gotong royong membuka muara yang tersumbat, jelasnya. (Humas Polsek Kretek)

Kapolsek Pandak Menghadiripentas Seni Budaya Di Balai Desa Gilangharjo

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud menghadiri Pentas Seni Budaya Gilangharjo Wiyakta di Balai desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Minggu (29/07/2018) jam 20.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi DIY Kanjeng Gusti Purbodiningrat, Anggota DPRD Bantul Heru Sudibyo S.Sos MM, Anggota DPRD Bantul Eko Sutrisno Aji Amd, Camat Pandak Dra Sri Kayatun, Kapolsek Pandak Akp Amir Mahmud, Danramil Pandak Kapten Chb Rejo Mulyo, Lurah Desa Gilangharjo Drs. Pardiyono, Pamong Desa Gilangharjo, Tokoh Masyarakat dan Warga Gilangharjo lebih kurang 300 orang.

Kegiatan Pentas Seni Budaya Gilangharjo Wiyakta ini dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional tingkat Desa Gilangharjo dengan mengambil tema "Dengan seni dan budaya menuju generasi anak genius" ( Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat ).

Dalam pentas seni ini menampilkan Kesenian Kethoprak yang di mainkan oleh Paguyuban Gilang Krida  Budaya dengan lakon Suminten Edan. Acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya jawa yang telah ada sejak zaman nenek moyang yang merupakan alat pemersatu bangsa yang ada tanah jawa.

Dengan tema jenius ini di harapkan anak-anak kita ini bisa mewarisi kebudayaan dan tidak hanya bisa cerita dari dongeng. Pagelaran ini merupakan wujud kepedulian dari Karang taruna desa Gilangharjo yang ingin melestarikan budaya jawa. Dengan harapkan anak-anak desa Gilangharjo nantinya dapat menjadi anak yang jenius gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Menghadiri Pagelaran Wayang Kulit Di Dusun Jaten

Bhabinkamtibmas desa Triharjo Bripka Subawa SH menghadiri pagelaran wayang kulit di Rumah Bapak Kiswo Subagyo dusun Jaten, Triharjo, Pandak, Bantul, Minggu (29/07/2018) jam 20.30 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Tingkat II  Kabupaten Bantul dari Fraksi PDIP Sugeng Sudaryanto SE, Bhabinkamtibmas desa Triharjo Bripka Subawa SH, Pamong Desa Triharjo, Anggota BPD Desa Triharjo dan Warga masyarakat Dusun Jaten.

Pagelaran Kesenian Wayang Kulit ini dalam rangka Merti dusun Jaten dengan dalang ki Ramijo Rahmat Taufik mengambil lakon Gareng dadi Ratu. Kegiatan juga merupakan wujud syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat Nya berupa panen raya yang melimpah dan dijauhkan dari malapetaka. Serta untuk lebih meningkatkan silaturahmi antar warga Jaten dan sekitarnya.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pandak melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Pandak)

Rakor Kepanitiaan Menghadapi HUT Kemerdekaan RI Ke 73 Di Srandakan

Di aula kantor kecamatan Srandakan, telah berlangsung kegiatan rapat koordinasi kepanitiaan menghadapi HUT kemerdekaan RI ke 73. Senin, 30 Juli 2018 pukul 09.30 wib.

Hadir pada acara tersebut unsur Muspika kecamatan Srandakan, Kepala dinas UPT PPK kecamatan Srandakan dan KUA kecamatan Srandakan serta Segenap panitia perayaan kemerdekaan RI ke 73

Camat Srandakan bapak Anton Yulianto, AP mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh panitia dalam rapat ini. Camat menekankan kepada panitia supaya dapat bekerja dengan maksimal dengan anggaran yang sangat terbatas, dengan tidak mengurangi makna dan kemeriahannya.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73 di kecamatan Srandakan pada tanggal 17 Agustus 2018 yaitu upacara detik detik proklamasi, dan upacara penurunan bendera. Tanggal 18 Agustus 2018 Pawai Paud dan seluruh Tk dengan mobil hias, Pawai yang diikuti tingkat SMP,SMA, dan Umum, minimal dua regu putra dan putri. Karnaval dikoordinator oleh bapak ketua balai budaya Trimurti (kadus proketen) dan Yuri  dari dinas kebudayaan. Technikal meeting, akan diselenggarakan setelah undangan semua beredar.

Waktu pendaftaran diumumkan dan akan dimulai tanggal 1-16 agustus, tempat kantor sekretariat di kecamatan Srandakan, bapak susilo.

Route masing masing kegiatan masih akan dipastikan kembali, mengingat jalan raya Srandakan akan di mulai pelebaran jalan. (Humas Polsek Srandakan)

Lomba Upacara Bendera Tingkat Kabupaten Bantul Di SD Godegan

Senin, 30 Juli 2018 mulai pukul 06.45 wib berlangsung lomba upacara bendera tingkat Kabupaten Bantul, sebagai wakil dari Kecamatan Srandakan ditunjuk SD Godegan desa Trimurti Srandakan, SMP Muh 1 desa Poncosari Srandakan dan SMK Ar’ Rahman Kedungbule Trimurti Srandakan

Adapun tim juri gabungan dari Kodim Bantul, Polres Bantul, Dikpora Kabupaten Bantul dan Satpol PP Kabupaten Bantul.

Maksud dan tujuan dilaksanakan giat lomba upacara bendera tingkat Kabupaten Bantul selain untuk menanamkan kedisiplinan kepada para siswa / pelajar juga dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 73.

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet Sebelum pelaksanaan lomba menunjuk Bhabinkamtibmas wilayah binaan masing-masing untuk melakukan pembinaan dan pelatihan upacara bekerjasama dengan Kecamatan.

Setelah pelaksanaan lomba bersama-sama semua tim juri dan Muspika laksanakan evaluasi penilaian pelaksanaan lomba upacara bendera tingkat kabupaten Bantul. Untuk masukan dan evaluasi kedepan pembinaan pada pelajar / siswa khususnya sekolahan yang ada di wilayah Kecamatan.

Rangkaian lomba upacara tersebut berakhir pada pukul 08.00 Wib berlangsung aman dan kondusif. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Berikan Himbauan Kamtibmas Via Ketoprak

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana main Kethoprak bersama Eka Mudha Putra Budaya Krebet dengan lakon Bathok Bolu Isi Nadu di lapangan Tingkir Dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Senin malam (30/7/2018).

Kegiatan ini dalam rangka merti dusun yang mana pembukaan merti dusun ini diawali dengan pentas karawitan Putri Kembang Pulosari dilanjutkan dengan Pagelaran Kethoprak Mataram Eka Mudha Putra Budaya dari Krebet. Puncak acara merti dusun akan dilaksanakan di hari Sabtu dengan kirab budaya bregodo Prajurit dan umbul dungo pujho basuki.

Bhabinkamtibmas Polsek Pajangan dalam kesempatan ini memerankan sebagai petugas yang memberikan  himbauan kepada warga masyarakat untuk menjauhi dan memerangi Molimo yaitu maling, main, madon, madat dan minum.

Polisi tidak segan segan akan menindak tegas molimo karena dapat mengganggu ketertiban masyarakat", ujar Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana.

Acara berlangsung dengan tertib hingga akhir. Ratusan Masyarakat, tamu undangan dan Mahasiswa Universitas Sanata Dharma menyaksikan awal pembukaan acara merti Dusun Krebet ini. (Humas Polsek Pajangan)

Pengamanan Pertandingan Sepakbola Ps.Tira Bantul Vs Persib Bandung

Petugas gabungan Polda DIY, Polres Bantul dan instansi terkait dipimpin oleh Kabag Bin Ops Roops Polda DIY AKBP Karwanto mengamankan pertandingan sepakbola Gojek Liga 1 2018 mempertemukan the young wariors Ps.Tira Bantul menghadapi pemuncak klasemen Go-Jek Liga 1 laskar maung Persib Bandung.

Sejak babak pertama di mulai Persib Bandung langsung menekan pertahanan Ps.Tira, namun kendati demikian Persib masih kesulitan dalam membobol pertahanan Ps. Tira  yang dikomandoi Manahati Lestusen.

Ps.Tira mempunyai peluang emas pada menit ke 37 saat Sansan Fauji namun sayang tendangannya masih melambung diatas gawang Persib Bandung yang di jaga M. Natshir.

Baru pada menit ke-43 Ps. Tira unggul 1-0 saat  kiper Persib M. Natshir melakukan blunder ketika berusaha menangkap umpan tarik Wawan Febriyanto salah diantisipasi dan masuk ke gawang sendiri.

Saat memasuki injury time babak pertama, Persib mampu menyamakan skor 1-1 berawal dari umpan silang Jonathan Bauman di mulut gawang PS TIRA, berhasil di maksimalkan oleh Patrick Wanggai dengan melepaskan tembakan firs time yang gagal diamankan penjaga gawang Ps.Tira  Syahrul Trisna.

Di babak kedua, Persib mendominasi jalannya pertandingan, dan Ps.Tira hanya sesekali melakukan serangan balik, tim Maung Bandung mendapat peluang di menit ke 49 saat sundulan kepala Bouman hasil umpan silang Supardi hanya tipis di samping  mistar gawang Ps.Tira.

Pada menit ke 85 Persib Bandung mampu berbalik unggul saat Patrick Wanggai berhasil menuntaskan umpan manis Bauman dari sisi kiri pertahanan Ps. Tira yang gagal dibendung Syahrul menjadikan skor berubah 1-2, namun keunggulan Persib Bandung tidak bertahan lama, Ps.Tira mendapatkan pinalti saat pemain belakang Persib Viktor Igbonefo tertangkap hansdball di kotak pinalti, Manahati Lestusen yang maju sebagai eksekutor berhasil mengecoh M. Natshir dan skor kembali imbang 2-2.

Ketika pertandingan memasuki masa injury time, wasit menunjuk titik putih saat Abduh Lestaluhu melanggar Bauman, Jonatan Bauman yang maju sebagai eksekutor sukses menjebol gawang Ps. Tira, dan gol kemenangan Persib di sambut ribuan bobotoh yang hadir memenuhi Stadion Sultan Agung. Persib Bandung berhasil mencuri poin penuh di kandang Ps. Tira dan semakin memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara Liga 1 2018 dengan nilai 32 dari 18 laga. (Humas Polsek Jetis)


Perpisahan KKN UPN Veteran Yogyakarta Dan Warga 18 Kranggan

Perpisahan KKN UPN Veteran Yogyakarta dan warga 18 Kranggan dimeriahkan dengan kesenian kerawitan ronggo budaya, Sabtu, 28 Juli 2018 malam.

Acara ini dihadiri oleh Bhabinkamtibmas desa Murtigading, Bapak Rt 1-5 dan bapak wahid hidayat selaku bapak kasi pelayan desa Murtigading.

Dalam sambutanya Bapak Wahid Hidayat berharap dengan adanya KKN semoga bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mendukung program dari pemerintah desa dan kabupaten bantul untuk bebas sampah 2019".

Alhamdullih dengan adanya acara ini bisa menjalin silahturahim antara KKN UPN dan warga 18 kranggan. Acara ini dilaksanakan dengan tertib aman dan lancar.

Terimakasih kepada KKN UPN veteran yogyakarta dan warga 18 kranggan yang sudah ikut partisipasinya dalam acara tersebut. (Humas Polsek Sanden)

Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di Pedukuhan Cembing

Berbagai kegiatan terus digalakkan dalam rangka mendukung kesuksesan program Kampung KB di Pedukuhan Cembing, salah satunya yaitu kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Bina Keluarga Remaja (BKR).

Kegiatannya sendiri dilaksanakan pada hari Jumat malam (27/07/2018) bertempat di kediaman Dukuh Cembing Widodo, S.Ag dengan mengahadirkan narasumber Bhabinkamtibmas desa Trimulyo Bripka Sugiyono dengan mengambil tema mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Kelompok BKR merupakan sebuah kumpulan yang terdiri dari para orang tua yang dalam keluarganya terdapat anak usia antara 10-24 tahun yang disebut remaja. (Humas Polsek Jetis)

Persiapan Launching Rumah Data Kampung KB Pedukuhan Cembing

Dalam rangka persiapan launching rumah data kampung KB Pedukuhan Cembing, kemarin Minggu pagi (29/07/2018) Bhabinkamtibmas desa Trimulyo Jetis bersama warga mengadakan gotong royong di jalan masuk dusun dengan target pembersihan semak belukar serta pembersihan sampah liar.

Bhabinkamtibmas desa Trimulyo menyampaikan bahwa kegiatan kerja bakti ini menyasar membersihkan rumput di kanan kiri sepanjang jalan kampung dengan tujuan agar kelihatan bersih serta mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Selain itu juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan memupuk semangat kebersamaan dan kekompakan diantara sesama warga dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada dilingkungan termasuk menjaga kamtibmas. (Humas Polsek Jetis)

Musdes Penyusunan RKP Tahun 2019 Pemerintah Desa Trimulyo

Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Trimulyo tahun 2019 digelar di Aula Balai Desa Trimulyo pada hari Sabtu malam (28/07/2018). Musdes yang diselenggarakan oleh BPD Desa Trimulyo ini dihadiri oleh Camat Jetis Dra. Endang Rachmawati. MM, Danramil Jetis, perwakilan dari Polsek Jetis serta perwakilan dari DPPKBPMD Kab Bantul.

Peserta musdes terdiri dari unsur kelembagaan desa dan dusun, keterwakilan unsur perempuan, tokoh masyarakat dan agama serta kelompok masyarakat lainnya. Dalam sambutannya menyampaikan pandangan umum BPD dari hasil jaring aspirasi, Ketua BPD Desa Trimulyo Sudiparno menekankan bahwa program kegiatan pemerintahan Desa Trimulyo tahun 2019 untuk difokuskan pada peningkatan PAD (pendapatan asli desa) serta pembenahan administrasi sampai ke tingkat bawah.

Selanjutnya dalam acara musdes RKP ini, rencana kerja pemerintah Desa Trimulyo tahun 2019 dibahas lebih mendalam dalam sidang komisi yang terdiri dari 4 komisi yaitu Komisi I Bidang Pemerintahan dipimpin oleh Kasi Pemerintahan Ihsan Khumaidi, Komisi II Bidang Pembangunan dipimpin oleh Kasi Kesejahteraan Wikan WK, Komisi III Bidang Pembinaan dipimpin oleh Kasi Pelayanan Santosa, serta Komisi IV Bidang Pemberdayaan dipimpin oleh Kaur Perencanaan Edi Hindarto. Hasil sidang komisi kemudian dipaparkan secara singkat oleh masing-masing ketua komisi. Selain itu musdes juga menyepakati pembentukan tim verifikasi RKP Desa Trimulyo 2019. Pada akhir acara diadakan penandatanganan berita acara hasil musdes oleh perwakilan peserta musdes. (Humas Polsek Jetis)

30 July 2018

Waka Polres Bantul Lantik 21 Calon Anggota Pramuka Saka Bhayangkara

Sedikitnya, 21 peserta calon anggota Pramuka Saka Bhayangkara, dilantik Waka Polres Bantul Kompol Mariska Fendi Susanto SIK di Mapolres Bantul, Minggu (29/7/2018). Turut hadir dalam pelantikan tersebut  para pejabat di lingkungan Polres Bantul, orang tua dan pengurus Pramuka Bantul.

Dalam amanatnya, Waka Polres Bantul Kompol Mariska Fendi Susanto SIK menuturkan bahwa pelantikan calon anggota Saka Bhayangkara Polres Bantul tahun 2018 ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin bangsa masa depan. "Generasi muda sebagai pemimpin bangsa masa depan banyak tantangan, agar memiliki kepribadian yang kuat , bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan bekerja keras," katanya.

Hal tersebut, ungkapnya,  semata-mata demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa. Ia berharap, kepada seluruh peserta agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot untuk membangun negeri ini. "Marilah kita gelontorkan kembali semangat perjuangan pendahulu kita, perjuangan pada masa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti masa lalu," tambahnya. (Humas Polres Bantul)

Pengamanan Festival Layang-Layang Di Pantai Parangkusumo

Minggu pagi (29/7) Festival Layang-layang Internasional Nusantara ke - 6 yang digelar Dinas Pariwisata DIY yang menggandeng Perkumpulan Pekarya Layang-layang Indonesia (Perkalin) kembali dilaksanakan di Pantai Parangkusumo Bantul, DIY.

Kegiatan yang digelar dari hari Sabtu - Minggu 28 - 29 Juli 2018 ini diikuti lebih kurang 50 klub layang-layang yang mewakili kabupaten/kota se - Indonesia dan diikuti pula peserta dari luar negeri yang berasal dari India dan Malaysia, akan memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono yang datang pada kegiatan festival tersebut merasa senang dan bangga karena Bantul kembali mendapat kesempatan sebagai tuan rumah ajang bergengsi ini, dia mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta festival layang-layang . Semoga dengan adanya festival layang-layang ini, nantinya dapat mengangkat daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Bantul khususnya Pantai Parangkusumo dan dapat mengenalkan layang-layang yang merupakan permainan tradisi asli Indonesia ke masyarakat global, harapnya.

Lebih lanjut dia berpesan kepada seluruh penonton, bahwasanya aneka warna-warni layang-layang yang kita saksikan di angkasa ini merupakan simbol perbedaan di antara kita, namun justru itulah yang akan menjadi indahnya kebersamaan dalam hidup kita. Perbedaan yang ada di antara kita ini, harus kita jadikan sebagai modal kuat dalampembangunan negeri ini, tambahnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat DIY Drs. Sulistyo, SH.CN, M.Si, mengharapkan momentum festival ini sebagai media untuk menjalin tali persaudaraan masyarakat yang majemuk, bisa dijadikan ajang untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya masyarakat. Selain sebagai hiburan bagi masyarakat, diharapkan bisa menambah gairah lagi di Pantai dalam mendatangkan wisatawan, ungkapnya.

Momentum festival layang-layang ini semoga menggerakkan kita sebagai pelopor penjaga dan pengangkat DIY sebagai kota pariwisata yang berkebudyaan sebagai pilar pembangunan.

Gelaran festival layang-layang ini menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara, Tyas salah satu wisatawan lokal asal Kasihan Bantul merasa senang dan terhibur dengan acara tersebut, dia mengharapkan acara seperti ini untuk selalu diadakan di tempat ini, biar Kabupaten Bantul dikenal luas.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Kretek melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaana man tertib. (Humas Polsek Kretek)

Ceme Dlingo Menjuarai Turnamen Revo PT Cup III Di Pleret

Ceme Dlingo berhasil menjuarai Turnamen Bola Voli Revo PT Cup III tahun 2018, setelah pada partai final yang digelar di Lapangan Voli Pungkuran Timur, Pleret, Bantul pada Minggu (29/7/2018) malam, mengalahkan Rendeng Sewon dengan tiga set, skor 3-0.

Dengan diperkuat pemain-pemain ternama seperti Fahri dan Leo Sukardi, Ceme Dlingo berhasil unggul dengan angka (25-19, 25-21, 25-18). Dengan hasil ini Rendeng Sewon harus puas menempati Juara II.

Pertandingan tersebut dipimpin Wasit I Joko Susilo dan Wasit II Lemiana, serta disaksikan oleh ratusan penonton.

Sebelumnya, Ceme Dlingo di partai semifinal berhasil mengalahkan Klepu Dlingo dengan skor 3-0. Sedangkan Rendeng Sewon mengalahkan Gulon Pundong dengan skor 3-0.

Sementara itu pada pertandingan perebutan Juara III & IV antara Kelpu Dlingo vs Gulon Pundong dengan dipimpin Wasit I Subardi dan Wasit II Pikur, kemenangan berhasil diraih Klepu Dlingo dengan skor 3-2 (25-23, 19-25, 25-17, 23-25, 15-13) dan berhak menduduki juara III, sedangkan Gulon Pundong Juara IV.

Dalam turnamen ini sebagai Juara I Ceme Dlingo berhak membawa pulang Piala Ketua DPRD Bantul dan uang pembinaan. Penyerahan piala dan hadiah untuk Juara I diberikan oleh Camat Pleret M. Alwi SH MH, Juara II oleh Kapolsek Pleret AKP Sumanto SH, Juara III Lurah Desa Plerer H. Nurman Afandi dan Juara IV oleh perwakilan PBVSI Bantul Madiono.

Lurah Desa Pleret Nurman Afandi saat memberikan sambutan sekaligus menutup Turnamen Bola Voli Revo PT Cup III 2018 ini menyampaikan harapannya, semoga turnamen ini dapat terus terselenggara, sehingga akan meningkatkan prestasi atlet-atlet lokal Bantul ke jenjang turnamen yang lebih tinggi. Dengan turnamen ini diharapkan pula dapat memotivasi bibit-bibit muda untuk meraih prestasi terbaik di masa yang akan datang.

Pada partai final Turnamen Revo PT Cup III tahun 2018 ini, Kapolsek Pleret memimpin langsung pengamanan hingga selesai dalam keadaan aman kondusif. (Humas Polsek Pleret) 

Provos Polda DIY Gelar Gaktiblin Di Polsek Kasihan

Unit Hartib Subbidprovos Bidpropam Polda DIY dipimpin Iptu R. Joko Pitoyo dengan Anggota Ipda Sugiyanto, Aiptu Riharjito dan tiga anggota lainya melakasanakan penegakan disiplin di Polsek Kasihan, Senin (30/07/2018) pukul 11.30 WIB.

Iptu R. Joko Pitoyo menuturkan, penegakan disiplin ini dilaksanakan mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, untuk lebih mentertibkan personel Polsek Kasihan, hal tersebut adalah bentuk pengawasan dan pengendalian personel agar tetap menjaga kedisiplinan dalam pelaksanaan tugas, jelasnya.

Petugas provos kemudian memeriksa kelengkapan surat surat pribadi seperti SIM, KTA, KTP, Senpi dan Pasnya sikap tampang serta gampol.

Dalam gaktiplin di Polsek Kasihan tidak ditemukan adanya pelanggaran. Seluruh anggota dapat menunjukkan kelengkapan surat-surat pribadinya. Diharapkan seluruh personel Polri tetap selalu menjaga kedisiplinan saat bertugas maupun pada saat di lingkungan tempat tinggalnya agar bisa menjadi contoh yang baik bagi lingkungan sekitarnya.

Setelah Pemeriksaan Kapolsek Kasihan AKP Y. Tarwoco Nugroho, SH mengucapkan terimakasih kepada seluruh Personel Polsek Kasihan yang tertib dan semoga ini dapat dipertahankan. “Dengan kita  mentaati peraturan yang dimulai dari diri sendiri harapan kedepan sebagai anggota Polri dapat menjadikan teladan bagi masyarakat untuk tertib dalam mentaati peraturan,” ujarnya. (Humas Polsek Kasihan)

Personil Polsek Bantul Rutin Kumpulkan Uang Infak

Personil Polsek Bantul melaksanakan apel pagi di halaman mapolsek di pimpin oleh Kapolsek Bantul Paimun SH, Senin 30 Juli 2018 pukul 08.00 WIB.

Kegiatan apel pagi ini merupakan kewajiban bagi setiap anggota Polri sebelum melaksanakan pos pengaturan arus lalu lintas di penggal penggal jalan.

Dalam arahannya, Kapolsek Bantul mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah melaksanakan tugas dengan baik, termasuk pelaksanaan kegiatan rutin pengaturan lalu-lintas pagi hari.

Ditekankan agar Bhabinkamtibmas selalu melaporkan kegiatannya, lakukan sambang, silahturahmi dengan tokoh masyarakat dan selalu berkoordinasi dengan unsur terkait dalam menjaga kamtibmas. Seluruh anggota agar melaksanakan tugas  dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing," tekan Kapolsek Bantul.

Selesai apel pagi, Anggota provoslangsung mengedarkan kotak infak ke seluruh anggota yang akan disalurkan ke anak Yatim piatu.  (Humas Polsek Bantul)Selesai apel, anggota provos mengedarkan kotak infak untuk anak yatim keseluruh personil Polsek Bantul. (Humas Polsek Bantul)

Air Laut Meluap, Personil Polsek Kretek Tingkatkan Patroli Di Seputar Pantai

Personil Polsek Kretek dipimpin Ipda Poniman melaksanakan patroli dikawasan Rt VII dusun Mancingan XI yang tergenang air laut. Senin (30/7/2018) pagi.

Beberapa hari yang lalu kawasan RT VII dusun Mancingan XI Parangtritis ratusan rumah warga tergenang air laut yang sedang pasang, saat ini hal tersebut terjadi lagi walaupun tidak sederas yang kemarin.

Untuk menjaga terjadinya gangguan Kamtibmas maka patroli Polsek Kretek sengaja diprioritaskan didusun tersebut.

Dalam kesempatannya petugas menyisir kepemukiman warga dan memberikan himbauan agar lebih meningkatkan kewaspadaan baik terhadap kondisi luapan air laut maupun kepada orang asing.

Terlebih dusun ini merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi warga dari luar daerah yang tentunya tidak kita kenal, jelasnya. (Humas Polsek Kretek)

Penilaian Lomba Upacara Tingkat SMP Se Kabupaten Bantul Di SMPN I Kretek

Panit Binmas Polsek Kretek Aiptu Sutata menghadiri lomba upacara tingkat SMP sekabupaten Bantul Tuti tengah di SMP N I Kretek Bantul. Senin (30/7/2018) pagi.

Bertindak sebagai pembina upacara kepala sekolah SMPN I Kretek H Isbandana M.Pd  serta dihadiri oleh tim kabupaten Bantul yang dipimpin Drs Rini M.Pd, Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH, Babinsa Serka Musdiyana, Kepala sekolah SMP N I Kretek H Isbandana M. Pd para guru dan karyawan serta siswa SMP N I Kretek.
                          
Selesai pelaksanaan upacara bertempat diruang kepala sekolah diadakan rapat evaluasi hasil penilaian, bahwa pelaksanaan upacara pada umumnya sudah baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, diantaranya untuk pembina  Upacara sudah cukup baik namun untuk penghormatan perlu perbaikan dan untuk pakaian ada beberapa peserta mengenakan pakaian yang sempit serta warnanya sudah luntur.

Adapun untuk kelompok paduan suara penataan pasukan tinggi pendeknya peserta agar diurutkan ketinggiannya sehingga akan lebih baik dan rapi

Sedangkan untuk peserta upacara yang ketahanan fisiknya kurang baik agar pihak sekolah berupaya  untuk menindaklanjuti, jelasnya. (Humas Polsek Kretek)

Pengamanan Jalannya Turnamen Bolavoly Argodadi Cup VII 2018

Bhabinkamtibmas Desa Argodadi Aiptu Baryadi beserta anggota Polsek Sedayu lainya mengamankan jalannya turnamen Bolavoly Argodadi Cup VII th 2018 di lapangan Sukoharjo Argodadi Sedayu Bantul. Sabtu 28/7/2018 pukul 20.00 wib.

Malam ini jadwal pertandingan bola voli Argodadi Cup VIII pada babak 1 mempertemukan tim Pedukuhan Bakal Dukuh vs Pedukuhan Sumberan, hasil akhir pertandingan di menangkan Bakal Dukuh dengan skor 3 – 1.

Babak II Dusun Dumpuh vs Dusun Kadibeso hasil akhir pertandingan di menangkan Dumpuh dengan skor 3 – 0.

Pertandingan bolavoly Argodadi Cup ini mendapat dukungan dari masyarakat setempat dan sekitarnya, terbukti setiap ivent pertandingan selalu banyak penonton, dan malam ini penonton kurang lebih 500 orang. (Humas Polsek Sedayu)

Pastikan Kesehatan Anggota, Anggota Polres Bantul Dicek Kesehatannya

Biddokes Polda DIY melaksanakan pemeriksaan kesehatan berkala tahap II dan monitoring TA 2018 bagi anggota Polres Bantul dan jajaran di Mapolres Bantul. Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Poliklinik Pratama Polres Bantul.

Menurut Paurkes Bag Sumda Polres Bantul Ida Wahyuningsih, A.Md, yang mendampingi tim rikkesla dari Biddokes Polda DIY mengatakan pemeriksaan kesehatan berkala di Polres Bantul adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian.

“Jadi tujuannya adalah untuk deteksi dini terhadap berbagai jenis penyakit atau kelainan kesehatan, sehingga dapat sesegera mungkin diambil tindakan medis,” ujar Ida, Senin (30/7/2018).

Selain itu juga untuk memantau kondisi kesehatan anggota Polri guna pemeliharaan, perlindungan dan pembinaan dalam mencegah serta mengurangi penyakit degeneratif yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas.

Dijelaskan oleh Ida, pemeriksaan kesehatan berkala ini dimulai tahapan pendaftaran bagi anggota, kemudian pemberian formulir, pengambilan sample darah dan urine.

“Apabila nantinya dalam hasil pemeriksaan diketahui ada anggota Polri yang menderita penyakit tertentu, hasilnya nanti akan dikonsultasikan ke dokter Klinik Pratama Polres Bantul untuk mandapatkan pengobatan. Dan apabila memerlukan rujukan akan di rujuk ke Faskes TK 2 (Rumah Sakit),” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)

Pengaman Pertandingan Bola Voly Antara Yomiuri Leo Star Vs Jakasoka Kalisoka

Personil Polsek Pajangan dipimpin Kanit Binmas Ipda Sunaryo melaksanakan pengaman kejuaraan bola Voli Triwidadi Cup XII di lapangan Permana Jadi Dusun Jojoran Kulon Triwidadi Pajangan Bantul, Minggu (29/7/2018). Pengamanan dibantu anggota Koramil, Linmas, Rapi dan karang taruna Jojoran Kulon.

Tim yang bertanding dalam kejuaraan ini yakni Yomiuri Leo Star Plambong melawan Tim Jakasoka Kalisoka Triwidadi. Pertandingan cukup seru dan alot, angka hasil pertandingan susul menyusul. Hasil akhir pertandingan dimenangkan Jakasoka dengan skor 3-2.

Selama kegiatan berlangsung situasi aman lancar. Disampaikan oleh panitia bahwa untuk pertandingan eksebisi bola Voli perempuan akan dilaksanakan hari Minggu malam (5/8/2018). (Humas Polsek Pajangan).

Pembinaan Harkamtibmas Fordam Argodadi

Bhabinkamtibmas Desa Argodadi Aiptu Baryadi, bersama Sat Bimas Polres Bantul dipimpin Kasat Binmas AKP Partuti, SH, melakukan tatap muka dan pembinaan kepada Anggota FORDAM Desa  Argodadi Sedayu di Dusun Sukoharjo Argodadi  Sedayu Bantul. Minggu, 29 /2018 Pukul 22.15  wib.

Kegiatan ini dihadiri Kasat Binmas Polres Bantul AKP Partuti SH, Kanit Binkamsa, Satbinmas polres Bantul Ipda Rumpoko S.H, Bhabinkamtibmas Argodadi Aiptu Baryadi, Kades Argodadi Bapak Prayitno, Kadus Sukoharjo, Anggota FORDAM dan para tamu undangan.
                          
Adapun yang disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Bantul tentang harkamtibmas, karena Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat pada saat ini kadang tidak menentu, untuk antisipaai hal dimaksud, kami dari Binmas Polres Bantul maupun Babinkamtibmas diwilayah masing masing bertugas tak segan untuk selalu melakukan pendekatan baik dari tokoh masyarakat, toga dan Ormas untuk menjalin silaturahmi, agar wilayah selalu dalam keadaan kondusif.

Radikalisme, Karena masuknya paham radikalisme di kalangan masyarakat maupun anak muda ini, sangat membahayakan, agama dijadikan kedok untuk memperluas paham tersebut, untuk itu kita harus hati hati dalam pemahaman agama belajarlah beberapa guru sehingga kita bisa mengambil kesimpulan atau referensi.

Pemilu adalah pesta demokrasi, yang mana masyarakat bebas memilih paslon yang diyakini, sifatnya adalah luber,  tidak perlu saling menjatuhkan dengan yang lain, ciptakanlah saling menghargai, hindari gesekan yang akan menimbulkan persaingan tidak sehat, apapun paslon yang terpilih adalah yang terbaik kita wajib menghormati.

Selesai penyampaian makalah dilanjutkan pemberian cinderamata dari Satbinmas Bantul. (Humas Polsek Sedayu)

Lomba Upacara Bendera Tingkat Kabupaten Bantul Di SD Muh Bodon, SMP 4 Banguntapan Dan SMA UII Banguntapan

Senin, 30 Juli 2018 mulai pukul 06.45 wib berlangsung lomba upacara bendera tingkat Kabupaten Bantul, sebagai wakil dari Kecamatan Banguntapan ditunjuk SD Muh Bodon Jagalan Banguntapan, SMP 4 Banguntapan dan SMA UII Banguntapan.

Adapun tim juri gabungan dari Kodim Bantul, Polres Bantul, Dikpora Kabupaten Bantul dan Satpol PP Kabupaten Bantul.

Maksud dan tujuan dilaksanakan giat lomba upacara bendera tingkat Kabupaten Bantul selain untuk menanamkan kedisiplinan pada para siswa / pelajar juga dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 73.

Sebelum pelaksanaan lomba Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH menunjuk Bhabinkamtibmas wilayah binaan masing-masing untuk melakukan pembinaan dan pelatihan upacara bekerjasama dengan Kecamatan.

Setelah pelaksanaan lomba bersama-sama semua tim juri dan muspika laksanakan evaluasi penilaian pelaksanaan lomba upacara bendera tingkat kabupaten Bantul. Untuk masukan dan evaluasi kedepan pembinaan pada pelajar / siswa khususnya sekolahan yang ada di wilayah Kecamatan Banguntapan. (Humas Polsek Banguntapan