30 September 2018

Pengamanan Pemutaran Film Dokumenter G 30 S/PKI Di Pedukuhan Ngajaran

Bhabinkamtibmas desa Sidomulyo Aipda Siswanto menghadiri undangan pemutaran film dokumenter G 30 S/PKI di Pedukuhan Ngajaran RT  04 Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Sabtu 29 Agustus 2018 pukul 20.00 Wib.

Pemutaran dihadiri oleh Dukuh Ngajaran Murjiyo, Sidomulyo Pelda Masijo, Bhabinkamtibmas desa Sidomulyo Aipda Siswanto, Kokam kecamatan Bambanglipuro dan ratusan masyarakat Ngajaran.

Giat ini dalam rangka untuk bela negara demi tegaknya NKRI yang dilaksanakan oleh PCPM kecamatan Bambanglipuro. Situasi aman lancar. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Pengamanan Kirab Budaya Kampung KB Mertosanan Kulon

Dalam rangka melestarikan kebudayaan Jawa yang merupakan warisan leluhur yang Hadi Luhung, warga Dusun Mertosanan Kulon, Desa Potorono, Kecamatan Banguntapan mengadakan kegiatan Kirab Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit pada Hari Sabtu (29/9/2018) bertempat di Lapangan Mertosanan Kulon.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pamong Desa Potorono, Muspika, serta jajaran instansi di Kecamatan Banguntapan beserta masyarakat sekitar.

Rangkaian kegiatan dimulai pukul 13.00 wib dengan Kirab Gunungan dan Andong/kereta kuda bagi tamu undangan. Selain itu juga dimeriahkan dengan pagelaran karawitan dan berbagai tarian tradisional.

Rangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan pagelaran wayang kulit pukul 19.30 wib di lokasi yang sama. Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Banguntapan melaksanakan pengamanan hingga berakhir dalam keadaan aman terib. (Humas Polsek Banguntapan)

Pengamanan Latihan Manasik Haji Di Lapangan Gadingsari

Kurang lebih sebanyak 200 anak dari seluruh TK Aba se-kecamatan Sanden mengikuti kegiatan manasik haji di Lapangan Gadingsari, Sanden, Sabtu (29/9/2018). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran Usia Dini sekaligus menjadi edukasi bagi peserta didik.

"Di sini anak-anak kita kenalkan dengan rukun Islam yang kelima sejak usia dini supaya mereka mengenal dan mampu mengenalinya," kata Pengawas TK Kecamatan Sanden, Hartinem. Dengan adanya pelatihan manasik haji ini, ia berharap anak didik bisa lebih mudah dalam mengenal dan memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, anak-anak juga ditanamkan pengetahuan sejak dini sehingga mereka memiliki semangat serta cita-cita untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

Mudah-mudahan pengenalan ibadah haji ini lebih menjadikan mereka paham betul bahwa rukun Islam memang harus diterapkan, Kami berharap kalau anak-anak sudah besar dan mereka mampu untuk segera melaksanakan ibadah haji. Kegiatan ini didampingi oleh Alumni Bimbingan Haji Aisiyah yang ada di kecamatan Sanden sebanyak 14 orang, ujar beliau.

Salah satu guru TK ABA menyampaikan kegiatan manasik haji ini sangat baik bagi anak anak usia dini agar mereka dapat memahami tata cara ibadah haji sejak dini dan juga untuk menanamkan nilai dan norma ajaran Islam. Kegiatan ini juga mampu melatih kesabaran, disiplin, bertanggung jawab atas diri sendiri dan kemandirian. Selain untuk menanamkan nilai-nilai dan ajaran Islam kepada anak-anak sejak dini yang tak kalah pentingnya peragaan manasik haji ini untuk lebih mempererat ukhuwah islamiyah bagi sesama murid maupun para guru serta orang tua murid.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sanden melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaana man tertb. (Humas Polsek Sanden)

Sarasehan Karang Taruna Se Kabupaten Bantul Tahun 2018

Sabtu tanggal 29 September 2018  Kanit Binmas Polsek Jetis Iptu Budiyono hadiri giat sarasehan Karang taruna di Aula Balai desa Trimulyo Jetis Bantul.

Saresehan bulan bakti karang taruna kabupaten bantul tahun 2018 dihadiri oleh sejumlah narasumber antar lain Gusti Condro Kirono ketua karang taruna DIY, Kristio bintoro aktifis karangtaruna DIY, Bpk totok perwakilan DPPKBPMD,  Bpk Antoni dinas pariwisata, Pak Inung ketua karang taruna Bantul., Jajaran Muspika Kec. Bantul, Lurah desa beserta perangkat DesaTrimulyo, Anggota karangtaruna Bakti Remaja Desa Trimulyo.

Ketua panitia Ryan Budiarto menyampaikan " kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan ajang silaturohmi dan meningkatkan rasa kesetiakawanan, serta laporan kegiatan yang telah dilaksanakan sekaligus penyusunan Program kerja yang akan dilaksanakan", jelasnya.

Drs Mahmudi menegaskan " Keberadaan  karangtaruna sangat penting sebagai garda terdepan dalam pembangunan desa, diharapkan para karangtaruna berperan aktif dalam pembangunan kab. Bantul " tegasnya. (Humas Polsek Jetis)

Polsek Pandak Bersihkan Mushola Al-Amin Di Dusun Pandak

Personil Polsek Pandak melaksanakan kerja bakti membersihkan Mushola Al-Amin di dusun Pandak, Wijirejo, Pandak, Bantul, Jumat (28/09/2018) jam 09.00 Wib.

Kerja bhakti dipimpin oleh Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan terhadap warga yang akan beribadah dan juga menjaga kebersihan lingkungan Mushola. Kegitan Kerja Bakti ini merupakan sarana untuk bersilaturahmi kepada tokoh Agama dengan harapan Tokoh Agama ikut berperan aktif dalam menjaga situasi yang aman dan nyaman.

Selain melaksanakan kerja bakti Kapolsek Pandak juga memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada pengurus Mushola agar selalu menjaga kerukunan sesama warga, bersamaan menjaga keamanan lingkungan dan untuk menciptakan pemilu yang damai dan aman. (Humas Polsek Pandak)

Pengamanan Pengajian Dalam Rangka Ulang Tahun FKPM Ke 12 Di Bangunjiwo

Personil Polsek Kasihan mengamankan giat pengajian dalam rangka ulang tahun Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) ke 12 di Gedung Baldes Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Sabtu (29/09/2018) pukul 20.00 wib.

Pengajian ini diselenggarakan atas kerja sama FKPM dengan Pemerintah Desa Bangunjiwo dengan Ketua Penyelenggara Tokoh Masyarakat dusun Bibis Suyatyono.

Hadir DPRD Provinsi DIY Komisi D Danang Wahyu Broto, SE.M.Si, Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA, Lurah H. Parjo, ST.M.Si, Kasi Binpuan Polmas DIY kompol Susilowati, Kasat Binmas Polres Bantul Akp Partuti W, SH, Panit Binmas II Kasihan Iptu Budi Sunarna, Panit Sabhara I dan II Iptu Hadi Prajitno dan Ipda Sutarja, Panit Lantas I Kasihan Ipda Alfan Sukroni, Kanit Provos Kasihan Aiptu Suprihatin, Bhabinkantibmas Polsek Kasihan, FKPM Se-Kecamatan Kasihan, Para Kaum Rois Se-Bangunjiwo, Para Linmas Desa Bangunjiwo, Para Pamong Desa Bangunjiwo dan Undangan serta jamaah pengajian FKPM

Sambutan Lurah Bangunjiwo H.Parjo, ST. M.Si menyampaikan FKPM Bangunjiwo adalah FKPM terbaik Se-Indonesia berdasarkan pernyataan yang disampaikan Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Drs. Brijen Pol Edi Setyo Budi kemarin Jumat dalam kunjunganya kerjanya, yang senantiasa turut serta dalam membantu Bhabinkamtibmas menciptakan situasi Kamtibmas. Dan lurah berjanji akan membantu seragam setiap tiga tahun sekali.

Kasat Binmas Polres Bantul AKP Partuti W, SH mewakili Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan sekaligus mewakili Dir Binmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto, SH.MH, menyampaikan ucapan terimakasih pada FKPM Bangunjiwo. Dalam sambutanya menyampaikan polisi melaksanakan operasi Mantap Brata untuk mengamankan pemilu selama 397 hari dari 20 September 2018 sampai 21 Oktober 2019 dimana tahap yang sudah dilewati adalah penetapan Capres dan Cawapres dan mulai kampanye 23 September 2018 sampai 13 April 2019 dan 14,15 dan 16 adalah masa tenang serta tanggal 17 adalah pungutan dan penghitungan suara.

Pemilihan dalam surat suara ada 5 tahapan coblosan yaitu  DPR RI, DPD, DPRD I, DPRD II, Capres & Cawapres. Sinegirtas seluruh Komponen KPU & Bawaslu, Caleg Parpol Pendukung, Pemda, Keamanan, Media, Toga Tomas Toda, dan Pengawas Pemilu Independent. Toga, Tomas dan Toda adalah sebagai sarana pendingin situasi, setiap calon harus siang menang dan siap kalah, inilah  sistem demokrasi, saling menghargai, pemenangnya pilihan masyarakat suara terbanyak. Sikap tenang, kepala dingin sangat diperlukan pada masa-masa jelang Pileg dan Pilpres serta Pilurdes.

Pengajian ini sangat bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi jangan karena beda politik  lalu pertemanan dan persaudaraan rusak. Oleh karena itu keberadaan FKPM Bangunjiwo diharapkan dapat membantu mendinginkan suasana pemilu yang kita harapkan menjadi pemilu yang sejuk dan damai.
Terimakasih sudah dengan keinginan pribadinya yang bergabung dengan FKPM dimana kontribusinya dalam menyelesaikan masalah bersama-sama dengan Polres Bantul telah berjalan selama 12 tahun. Dirgahayu FKPM Bangunjiwo tetap Kompak, tetap solit dan bersinergi kemudian dilanjutkan pemotongan Tumpeng Ultah FKPM ke 12  di serahkan kepada Ketua FKPM Bangunjiwo Danang Pamungkas.

Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA dalam sambutanya menyampaikan apreasi dan penghargaan  kepada FKPM bersama Polri yang telah berperan aktif dalam menciptakan kondisi kamtibmas, tingkatkan pengabdian apalagi kedepan akan menghadapi  pemilu serentak.

Dalam tauziahnya Ustad  KH. Drs. Heri Kiswanto, M.Si dari Rektor IIQ An-Nur dan Pengasuh Pondok Lintang Songo mengambil tema "Orang yang paling baik adalah orang yang banyak memberikan Manfaat". Kegiatan yang dihadiri ratusan jamaah tersebut selesai pukul 22.30 wib dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Kasihan)

Pengamanan Pertandingan Final Turnamen Bola Voly Sertu Cup Di Dusun Prayan Srimulyo

Personil Polsek Piyungan mengamankan pertandingan Final Turnamen Bola Voly Sertu Cup di dusun Prayan Srimulyo Piyungan Bantul, Sabtu, 29 Sep 2018 pukul 20.30 wib. Giat ini Dalam rangka annivetsary ke-36 Squad Pemuda Prayan RT. Satu (SERTU)

Dalam pertandingan ini dibagi dua partai, partai pertama untuk memperebutkan juara 3 dan juara 4. yaitu antara tim Gedongan vs Cikal dimenangkan oleh Gedongan. Pertandingan partai ke dua memperebutkan juara 1 dan juara 2 yaitu antara tim Kabregan vs Mandungan dimenangkan oleh Kabregan.

Dengan demikian hasil di peroleh berikut untuk Juara ke 1 diraih oleh tim Kabregan, juara ke 2 diraih oleh tim Mandungan, juara ke 3 tim Gedongan dan juara ke 4 tim Cikal. Dalam pengamanan ini Polsek Piyungan dibantu koramil dipimpin langsung oleh kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta.

Kegiatan yang dihadiri oleh ribuan penonton tersebut berakhir pukul  23.50 wib dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Piyungan)

Pengamanan Rute Kunjungan Presiden Jokowi Yang Melintasi Wilayah Pleret

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH memimpin pengamanan rute di wilayah hukumnya dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Bantul, Jumat (28/9/2018).

Agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi kali ini, membuka Festival KPH sekaligus meninjau Pameran Usaha Kehutanan (Pusaka) di kawasan Pinus Asri, Mangunan, Dligo, Bantul.

Sementara itu dalam pengamanan tersebut, Kapolsek Pleret menempatkan anggotanya sesuai Ploting, yaitu di penggal-penggal jalan Jl. Imogiri Timur wilayah Pleret. Pengamanan dilakukan saat keberangkatan hingga sekembalinya Presiden RI.

Terlepas dari kegiatan pengamanan, ada hal yang menarik saat iring-iringan kendaraan Presiden Jokowi dan rombongan melintas di Jl. Imogiri Timur, Pleret. Masyarakat sangat antusias  dengan meyambutnya di pinggir jalan, mulai dari pelajar hingga orang tua. Presiden Jokowi pun terlihat membuka kaca, melambaikan tangan dan menyapa masyarakat yang sudah menanti kedatangannya sejak pagi.

Secara keseluruhan pengamanan rute di wilayah Pleret berjalan lancar, baik keberangkatan Presiden RI maupun sekembalinya dalam melakukan kunjungan di wilayah Bantul. (Humas Polsek Pleret)

Pengamanan Giat Pasar Malam Di Lapangan Hibrida Argomulyo

Personil Polsek Sedayu mengamankan giat Pasar malam di Lapangan Hibrida Argomulyo, Sedayu, Bantul, Sabtu, 29/9/2018 pukul 20.00 wib. Terpantau pengunjung bludak, memenuhi lokasi stand hiburan yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Yoda Argomulyo.

Giat pengamanan pasar malam ini dilaksanakan sejak tanggal 16 September 2018 sampai dengan tanggal 7 Oktober 2018.

Masyarakat khususnya Argomulyo dan sekitarnya mempergunakan kesempatan ini untuk hiburan keluarga, adapun stan hiburan yang dibuka beraneka ragam yang anak umur kurang lebih 5 tahun di stan mewarnai yaitu untuk melatih menggambar, dan yang remaja di stan yang menantang uji nyali.

Pengamanan dibantu oleh FPRB dan linmas berakhir dalam situasi kondusif aman dan tertib. (Humas Polsek Sedayu)

HUT TNI Ke 73, Polisi Dan TNI Bersihkan Gereja Dan Masjid Di Bantul

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI yang ke 73,  personil Polsek Bantul, Koramil, Kelurahan Bantul dan Kecamatan Bantul melaksanakan kerja bakti di Gereja Santo Yakobus klodran dan Masjid Agung Bantul, Sabtu 29 September 2018 pukul 07.00 WIB

Sebelum melaksanakan kerja bakti terlebih dahulu para personel apel di halaman Gereja Santo Yakobus klodran diambil oleh Kanit Sabhara Polsek Bantul Iptu Paini di dampingi Peltu Bambang dari Koramil Bantul.

Sasaran kerja bakti yaitu membersihkan rumput liar, kotoran daun-daun dan Sampah yang berserakan diseputar Gereja dan masjid Agung sehingga membuat kawasannya menjadi bersih dan tampak Asri.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk kekompakan seluruh elemen masyarakat tidak hanya kekompakan bagi TNI dan Polri termasuk bertujuan membangun komunitas antara masyarakat dengan aparat TNI Polri dalam menjaga keharmonisan keamanan dan ketertiban masyarakat. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Hadiri Pengajian Akbar Di Ponpes Al Fithroh Jejeran

Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan menghadiri acara pengajian akbar dalam rangka memperingati Haul Simbah KH. Nawawi Ibn H.M. Irsyad  Ke-61 dan Al Maghfurlah KH. Abdul Muhith Ibn KH M. Nawawi Ke–14 di Pondok Pesantren Al Fithroh, Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta pada Jumat (28/9/2018).

Hadir pula diantaranya Pengasuh Ponpes Al Fithroh KH. Mamsyad ‘Abdul Muhith, KH. Muh Djawis Masruri, KH. Nadjib Abdul Qodir dari Krapyak Yogyakarta, Anggota DPR Komisi B DIY Drs. H. Aslam Ridho, MAP., Babinsa Wonokromo Serda Heri, Kasi Pelayanan Wonokromo Mustain, Kepala Dusun Jejeran I Mustamid dan ribuan jamaah yang memenuhi Komplek Pondok Pesantren Al Fithroh.

Acara diawali dengan Haflah Khotmil Qur’an. Prosesi wisuda khotimat (santri putri) dimulai pukul 18.30 WIB dengan total peserta 49 santri yang meliputi khotimat Bil Hamli 4 orang, khotimat Bin Nadzri 15 orang dan Khotimat Juz’amma Bil Hamli sebanyak 30 orang. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan yakni wali santri atau keluarga besar dari khotimin khotimat.

Setelah acara wisuda dilanjutkan dengan pengajian dengan tausiyah yang disampaikan oleh KH. Ibnu Mukti dari Purwokerto, Jawa Tengah. Dalam tausiyahnya KH. Ibnu Mukti mengajak untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, meniru tauladan Nabi Muhammad SAW.

Dalam kehidupan sehari-hari agar bisa mengamalkan ilmu yang telah diberikan oleh KH. M Nawawi dan KH. Abdul Muhith. KH. Ia juga mengajak generasi saat ini untuk belajar di Pondok Pesantren agar dididik oleh Ustadz ataupun Ustadzah yang mempunyai ilmu. (Humas Polsek Pleret)

Pengumuman Juara Festival Kethoprak Antar Kecamatan Se Kabupaten Bantul

Personil Polsek Bambanglipuro mengamankan Festival Kethoprak antar Kecamatan se Kabupaten Bantul yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul di Pendopo Desa Mulyodadi, Sabtu (29/9/2018) malam.

Pentas ini merupakan pentas penutup dan pengumuman juara. Kegiatan diawali dengan penampilan dua Group kethoprak dari Kecamatan Pleret , kemudian dilanjutkan penampilan kethoprak dari Kecamatan Sewon dengan durasi masing-masing 60 menit.

Setelah beberapa penampilan acara dilanjutkan dengan penampilan campursari sembari menunggu hasil sidang pengumuman juara oleh tim juri.

Dewan Juri yang terdiri dari Angger Sutrisno, Slamet HS ,Ketua FKKB Bantul, Murjono ketua Karawitan RRI, Ari Purnomo dan Purwatmadi. Setelah bersidang kemudian  dilanjutkan pengumumkan para juara.

Adapun Juara Festival kethoprak Antar Kecamatan se Kabupaten Bantul Tahun 2018 diantaranya Juara 1 Kec. Kasihan, Juara 2 Kec. Bambanglipuro, Juara 3 Kec. Imogiri, Juara harapan 1 Kec. Sewon, Juara harapan 2 Kec. Bantul, Juara harapan 3 Kec. Sanden, Pemain pria terbaik Agus Triwidodo Kec. Kasihan, Pemain wanita terbaik Putri Kec. Kasihan . 9. Sutradara terbaik Kec. Kasihan, Penulis naskah terbaik Surati Imogiri, Penata Kostum terbaik Kec. Bambanglipuro dan Penata Iringan terbaik Kec. Kasihan.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul,  Sunarto,SH, MM, FKKB Propinsi DIY,  AKBP Bejo WTP, Ketua FKKB Kab Bantul, Slamet,HS, Kapolsek Bambanglipuro,  AKP Wahyu Sudadi, SH, Lurah Desa Mulyodadi,  Ari Sapto Nugroho, SH, Ketua Panitia Festival Kethoprak Kab Bantul 2018, Bayu Nurseto, Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi,  Aipda Sukaryadi, Tamu undangan dan ratusan penonton.

Selama kegiatan berlangsung, Personil Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengamanan hingga acara berakhir pukul 01.00 wib dengan situasi aman dan kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Sanden Hadiri Pentas Wayang Kulit Di Pasar Sorobayan

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri kegiatan peningkatan SDM dan pentas seni wayang kulit semalam suntuk yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul di Pasar Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Sabtu (29/09/2018) jam 20.00 Wib.

Pentas ssni wayang kulit dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul  Ir. Subiyanta Hadi, M.M., Kepala Bidang Perdagangan Triasmadi, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, staf Ekbang mewakili Camat Sanden, Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Mochlis Humavianto, S.Pd, Babinsa, LPMD, pengelola dan pedagang pasar Sorobayan.

Kepala Dinas Perdagangan Kabuparen Bantul, Ir. Subiyanta Hadi, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap tahun selalu menyelenggarakan pagelaran wayang kulit di pasar wilayah Kabupaten Bantul, dan malam ini adalah pentas yang ke 7. Tujuan penyelenggaraan wayang kulit guna mempromosikan pasar pasar daerah agar pasar tumbuh memiliki daya saing, jangan sampai kalah dengan pasar modern, katanya.

Lebjh lanjut, Subiyanta menambahkan Kabupaten Bantul memiliki 32 pasar dengan 13 ribu pedagang yang menggantungkan hidupnya di pasar rakyat. Agar pedagang sejahtera dan mengurangi kemiskinan, maka pasar rakyat harus dilestarikan agar pasar tetap langgeng, imbuhnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tokoh wayang dari Ir. Subiyanta Hadi, M.M kepada dalang Ki Dimas Sutana Hadi Sugito kemudian dilanjutkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon "Pendawa Mbangun Karang Kadempel"

Dalam kegiatan tersebut, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan hingga acara berakhir. (Humas Polsek Sanden)

Santunan Anak Yatim Piatu Di Masjid Al Ihwanul Islam Dusun Pranti Gadingharjo Sanden

Anggota Polsek Sanden yang diwakili Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo, Brigadir Tohari menghadiri giat santunan anak yatim piatu di Masjid Al Ihwanul Islam Dusun Pranti, Gadingharjo, Sanden, Sabtu (29/9/2018) jam 19.30 Wib.
  
Giat santunan anak yatim piatu ini diselenggarakan secara rutin oleh takmir Masjid Al Ihwanul Islam Dusun Pranti setiap bulan Muharam. Hadir dalam acara santunan, Lurah Desa Gadingharjo Aan Indra Nursanta, SS, Ir H. Arip Suharianto, Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigadir Tohari, toga, tomas Dusun Pranti, jamaah masjid Al Ihwanul Islam dan 26 anak anak yatim piatu.

Ketua panitia kegiatan santunan anak yatim piatu, Ir H. Arip Suharianto mengatakan bahwa salah satu tujuan dari acara santunan ini adalah berbagi rasa kenikmatan serta kebahagiaan kepada anak yatim, piatu dan yatim piatu serta supaya bisa lebih mengedepankan ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu juga untuk menjalin silaturahmi dan berbagi kepada anak anak yatim piatu dan jamaah.

Sementara itu, Brigadir Tohari dalam kesempatannya memberikan semangat dan motifasi kepada anak anak yatim piatu untuk senantiasa rajin belajar, berbuat baik kepada semua orang dan selalu rajin beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, Brigadir Tohari juga mengajak kepada seluruh jamaah dan warga masyarakat untuk menjaga kondusifitas dan melaksanakan pemilu yang aman, damai dan sejuk.  (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Hadiri Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Linmas Desa Srigading

Kapolsek Sanden diwakili Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi menghadiri Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Satuan Linmas Desa Srigading, Sanden, Bantul di Aula Balaidesa Srigading, Jum'at malam (28/9/2018) jam 19.30 Wib.

Anggota Satuan Linmas Desa Srigading yang diambil sumpahnya sebanyak 94 orang. Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Linmas dilakukan oleh Kepala Sat Pol PP Kabupaten Bantul yang diwakili Sekretaris Sat Pol PP Gunawan Budi Santoso, S.Sos., MH. Giat dihadiri Danramil Sanden, Bhabinkamtibmas Desa Srigading mewakili Kapolsek Sanden, Kepala KUA, Lurah dan Pamong Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sat Linmas yang tersebar di setiap desa merupakan pilar dan garda terdepan di tengah masyarakat dalam menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat di wilayahnya.

Peranan linmas juga sangat membantu dalam suksesnya kegiatan pemilu. Untuk itu, Linmas agar bekerjasama dengan pihak Kepolisian, TNI, KPU, dan Panwaslu dalam menjaga kondusifitas masyarakat sehingga pemilu nantinya dapat berjalan lancar dan kondusif.

Bhabinkamtibmas Desa Srigading, Aiptu Taryadi dalam kesempatannya berpesan kepada anggota linmas agar dalam menjalankan tugasnya, senantuasa memegang teguh disiplin, patuh dan taat kepada hukum yang berlaku. (Humas Polsek Sanden)

Kunjungan Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Ke Polsek Kasihan

Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brijen. Pol, Drs. Edi Setyo Budi  didampingi oleh Dir Binmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto, SH. MH dan anggota serta Kasat Binmas Polres Bantul Akp Partuti W, SH mengunjungi Polsek Kasihan, Jum’at (28/09/2018) pukul 10.00 wib

Kunjungan Kakorbinmas ini diterima oleh Kapolsek Kasihan AKP Y.Tarwoco Nugrohom SH dan Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo dalam rangka memberi pengarahan kepada Personil polsek Kasihan khususnya Bhabinkamtibmas. Dalam arahannya Kakorbinmas menyampaikan mengemban fungsi Binmas dengan beban tugas yang berat merupakan suatu kehormatan dan sekaligus kepercayaan pimpinan oleh karena itu laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnnya rombongan berkunjung ke Desa Bangunjiwo dan Kantor FKPM di Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul bersama pamong dan anggota FKPM melakukan ramah tamah. Dalam ramah tamah tersebut Kakorbinmas berbincang bincang membahas masalah kamtibmas dan diharapkan masyarakat aktif membantu tugas-tugas Polri, tanpa bantuan masyarakat polisi tidak bisa berbuat apa-apa.

Bhabinkamtibmas diwajibkan memantau/momitoring pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah Desa yaitu Anggaran Dana Desa, pembinaan Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM). Dengan harapan tiga pilar berjalan solid antara Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Desa. (Humas Polsek Kasihan)

Penutupan Turnamen Bolavoly Bupati Cup Ke II Sedayu

Bupati Bantul Drs. H Suharsono, menutup turnamen  bola voli Bupati Cup ke- 2 di lapangan Krida Bakti dusun Brongkol Argodadi Sedayu Bantul, Sabtu, 29/9/2018 pukul 20.00 wib. Turnamen diikuti oleh 19 tim putra dan 9 tim putri se Kab. Bantul.

Diakhir pertandingan ini dihadiri Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Dispora Bantul, Anggota DPR  Drs Timbul Harjono dan Widodo A.Md, camat Sedayu Drs. Fauzan Muarifin, Kapolsek Sedayu Kompol Sugiarta,A.Md, Danramil Kapt Inf Diva.S, Lurah Argodadidan penonton kurang lebih 2000 orang

Partai pertama dimainkan club putri merebut juara 3, antara Tim Banguntapan vs Bantul dimenangkan Tim Banguntapan dengan scor 3-2

Untuk  juara 1 putri antara Tim Sedayu vs Kretek dimenangkan Tim Kretek dengan scor 3-1, Untuk juara 3 putra antara tim Sedayu vs Pundong dimenangkan tim Sedayu dengan scor 3-1 dimainkan pada hari Jumat tanggal 28/9/2018 kemarin malam.

Pertandingan terakhir antara Jetis vs Pandak  yang dimenangkan oleh Jetis dengan scor 3-1. Jalannya pertandingan dipimpin oleh wasit 1 Joko Susilo,  wasit 2 Supardi yang didatangkan dari Yogyakarta.

Sambutan bupati bantul Drs H. Suharsana  menyampaikan "dalam penutupan bola volycup ke II ini saya merasa senang sekali yang mana kami ingin mencari bibit unggul yang nantinya bisa di persiapkan untuk jenjang yang lebih tinggi dan juga dalam vinal ini saya akan menambahkan hadiah  2 buah sepeda  yang diundi untuk para penonton, katanya. Pengamanan dilakukan dari Polsek sedayu, Fordam dan karang taruna situasi kondusif. (Humas Polsek Sedayu)

Pengamanan Tasyakuran Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah Di Dusun Sungapan

Bhabinkamtibmas Desa Argodadi Aiptu Baryadi melaksanakan pengamanan tasyakuran Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah dirumah bapak Listianto dusun Sungapan RT 81 Desa Argodadi Sedayu Bantul, Jumat, 27/9/2018 pukul 20.00 wib .

Dalam hal ini selaku kepala desa Argodadi bapak Prayitno, Pamong desa dan Bhabinkamtibmas turut Hadir dalam kegiatan masyarakat tersebut .

Acara dimulai dengan tahlilan untuk mendoakan para leluhur dan orang tua kita semua, baik yang sudah almarhum maupun yang masih sehat, semoga amal ibadahnya diterima alloh dosanya diampuni dan tergolong orang yang khusnul khotimah.

Sambutan bapak lurah Argodadi menyampaikan, tahun baru hujriah adalah tahun baru islam dan ini sangat relevan untuk peringatan keagamaan, yang perlu di kaji dan diulang sejarah islam dan juga fadilah pada tahun baru ini. Tentu saja untuk  meningkatkan iman takwa melalui amalan amalan ibadah di bulan ini dilipat gandakan,  begitu pula sebaliknya apabila berbuat keji dan mungkar juga akan dilipat gandakan. Semoga kita tergolong orang orang yang selalu bersukur dan beramal soleh.

Acara ditutup dengan hiburan seni Jathilan Klasik Kudo Lestari dari Dusun Bakal Pokok. Kegiatan di hadiri sekitar 50 undangan dan ratusan warga masyarakat sekitar, kegiatan hingga pukul 24.00 wib dan mendapat pengamanan dari Polsek Sedayu situasi aman. (Humas Polsek Sedayu)
Sebanyak 7 orang warga Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri  mengikuti ujian dalam rangka pengisian calon lurah Desa di Aula balai desa wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Sabtu, 29 September 2018 puul 09.00 wib.

Ketua panitia Sutrisno juga Sebagai ketua BPD Desa Wukirsari mengatakan 7 orang balon lurah yang mengikuti ujian seleksi yaitu Wiyoto alamat Singosaren Rt 02, Wukirsari. Susilo Hapsoro, SE alamat Manggung Rt 05, Wukirsari. Aminuddin Aziz alamat Manggung Rt 06, Wukirsari. Giyono Edi siswanto  alamat Dengkeng Rt 04, Wukirsari. Harto sugeng Wibowo  alamat Pundung Rt 03  wukirsari. Arohmad Singosaren Rt 03, Wukirsari dan Wahyudi S.E Jatirejo Rt 07, Wukirsari.

Seleksi dilaksanakan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan lurah Desa Wukirsari,  bekerja sama dengan akademika dari UPN dan sebagai  penguji LP3M UPN "VETERAN"   yaitu. Ir Bambang Wicaksono, MT. Rifki Taufik Juliandi, ST.

Dalam pelaksanaan ujian tersebut menggunakan metode pilihan ganda dan ujian essay dan hsilnya di rangking 1 sampai dengan 5 untuk rangking 6 dan 7 otomatis tidak bisa mengikuti tahapan piludes selanjutnya.

Kegiatan seleksi ini di hadiri oleh Camat Imogiri Tri Tujiana Ap.MM. Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho W. Danramil Imogiri Kapt Inf Surono, Ketua Panitia 9 sutrisno M.Pd beserta anggota, Pj lurah wukirsari Sukendro S.Sos beserta pamong. Keditan mendapat pengamanan dari personel Polsek Imogiri dipimpin Iptu Nyoman bersama Bhabinsa selesai berjalan tertib aman. (Humas Polsek Imogiri)

Pengamanan Rute Yang Akan Dilalui Presiden RI Di Wilayah Jetis

Kapolsek Jetis AKP Muhammad Sholeh, SH, MM pimpin pengamanan jalur/rute kunjungan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo ke Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul. Jumat, 28/09/2018.

Sebelum pelaksanaan pengamanan terlebih dahulu dilaksanakan apel konsolidasi di halaman Balai Desa Trimulyo dipimpin AKP Muhammad Sholeh, SH, MM diikuti oleh seluruh anggotanya.

"Meskipun kita sudah biasa melaksanakan pengamanan rute, baik Presiden maupun pejabat pemerintah lainya, namun ini jangan sampai menyepelekan situasi, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan iklas", tegas AKP M. Sholeh.

Pengamanan rute dalam rangka kunjungan Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo ke hutan pinus mangunan melewati Jl. Imogiri timur yang sebagian besar melewati wilayah hukum Polsek Jetis mulai dari wilayah Blawong yang berbatasan dengan Pleret sampai Karangsemut yang berbatasan dengan Imogiri.

Kegiatan pengamanan jalur rombongan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam rangka menghadiri Festival KPH tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan di Panggung Sekolah Hutan, Mangunan, Dlingo. (Humas Polsek Jetis)

Sosialisasi Pengisian Lowongan Pamong Desa Donotirto Kretek

Bhabinkamtibmas Desa Donotirto Aiptu Sri Sukamto menghadiri Sosialisasi Lowongan Kasi Pemerintahan dan Kasi Pelayanan Desa Donotirto di rumah Kepala Dusun Mriyan Tri Sudaswadi. Jum'at (28/09/2018) malam.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh pemerintah Desa Donotirto dan dihadiri Lurah Desa Donotirto Jurahimi beserta pamong, ketua tim sembilan H. Sugito S.Pd dan puluhan warga dusun Mriyan.

Sosialisasi pengisian lowongan dua pamong desa disampaikan oleh lurah Donotirto Jurahimi, Ia menyampaikan bahwa Payung Hukum dalam pemilihan ini adalah Perda Kabupaten Bantul No. 5 tahun 2016 tentang Pamong Desa.

Untuk itu kepada warga dusun Mriyan yang berkeinginan ikut kompetisi ini agar segera mendaftarkan diri melalui kantor Desa Donotirto, pendaftaran sudah dimulai dan akan ditutup pada tanggal 13 Oktober nanti, jelasnya.

Dalam kesempatannya Bhabinkamtibmas desa Donotirto Aiptu Sri Sukamto menyampaikan pesan Kamtibmas yang berkaitan dengan sosialisasi Pengisian lowongan pamong Desa dan diharap menjelang Pemilu 2019 untuk turut berperan aktif mensukseskan jalan pesta Demokrasi agar tercipta Kamtibmas yang kondusif, tutupnya. (Humas Polsek Kretek)

29 September 2018

Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Hadiri Pertemuan Pemuda Pemudi Karang Taruna Di Dusun Palihan

Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Aipda Siswanto menghadiri pertemuan pemuda pemudi Karang Taruna Desa Sidomulyo di Dusun Palihan Sidomulyo Bambanglipuro, Jumat (27/9/2018) malam.

Dalam kegiatan tersebut, Aiptu Siswanto menyampaikan himbaunan kamtibmas kepada Karang Taruna untuk berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Menurutnya situasi kamtibmas yang kondusif, secara langsung akan menunjang kesejahteraan kehidupan masyarakatnya.

Selain itu, Aipda Siswanto juga menghimbau agar masyarakat berhati-hati dan waspada terhadap paham-paham radikalisme yaitu suatu paham yang dibuat-buat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan.

Menurut Aipda Siswato untuk menangkal radikalisme seperti ini diperlukan tiga langkah yakni upaya pra preventif, preventif dan reprsesif. Saat ini Polri lebih fokus pada upaya preventif bersama masyarakat.                          .

Diharapkan dengan adanya himbauan ini, masyarakat khususnya Pemuda Pemudi Karang Taruna Desa Sidomulyo memahami dengan benar organisasi radikalisme dan faham-faham anti Pancasila sehingga mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap masuknya faham faham Radikalisme di lingkungan sekitarnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Aiptu Sabari Ikuti Giat PSN Di Dusun Ngentak Murtigading Sanden

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Polsek Sanden, Aiptu Sabari mengikuti kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Ngentak, Murtigading, Kecamatan Sanden, Jumat (28/9/2018)  pukul 08.00 Wib.

Kegiatan PSN ini dilakukan secara bersama-sama oleh instansi-instansi yang ada di Sanden beserta kader jumantik pedusunan.

Pelaksanaaan kegiatan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan berbagai macam penyakit yang ditularkan oleh nyamuk melalui gerakan 3 M yaitu menguras serta menutup tempat penampungan air dan menimbun barang bekas agar tidak digenangi air.

Keikutsertaan Bhabinkamtibmas dalam giat PSN sebagai wujud kepedulian Polsek Sanden dalam menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan nantinya masyarakat Sanden bisa terbebas dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh nyamuk khususnya demam berdarah sehingga kegiatan PSN dapat dirasakan manfaatnya.

"Mari kita senantiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terhindar dari segala penyakit", ajak Aiptu Sabari.

Dalam pelaksanaan giat PSN di Dusun Ngentak, Murtigading dari sampel 40 rumah yabg diperiksa diperoleh ABJ 95,5%. (Humas Polsek Sanden)

Pengamanan Kegiatan Puncak Hari Ulang Tahun Parangtritis Geomaritime Science Park

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak pimpin langsung pengamanan kegiatan puncak hari ulang tahun Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) di dusun Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul. Jum'at (28/9/2018) malam.

Demi lancarnya kegiatan ini Kompol Leo Fasak menekankan agar anggota super exstra dalam melaksanakan pengamanan ini,  bukan karena ramainya Group musik yang akan menghibur, namun karena tempat ini merupakan musium UGM. Bahkan Kompol Leo Fasak memerintahkan anggotanya agar memeriksa setiap penonton yang masuk menggunakan alat Detonator.

PGSP Depok Parangtritis Kretek dalam memperingati hari ulang tahunnya yang ke tiga ini sejak pagi hari telah mengadakan berbagai kegiatan, dan pada puncak acara menyuguhkan hiburan Group musik LETTO dari Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala pusat penelitian,promosi dan kerja sama BIG Dr. Ir. Wiwin Ambarwulan M.Sc serta disaksikan oleh ratusan penonton.

Dr.Ir Wiwin Anbarwulan M.Sc dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.  Kita semua harus merasa bangga dengan adanya gumuk pasir di Parangtritis, Kretek ini, karena didunia ini hanya terdapat dua buah gumuk pasir, satunya berada di Negara Mexiko.

Ini adalah keajaiban dunia untuk itu kita tidak cukup hanya bangga saja,akan tetapi kita harus senantiasa merawat dan menjaganya agar tidak terjadi kepunahan, pungkasnya.

Kegiatan berakhir pukul 21.30 wib berjalan aman dan kondusif dengan pengamanan oleh personil Polsek Kretek. (Humas Polsek Kretek).

Polsek Kretek Kerja Bhakti Bersihkan Masjid Maulana Maghribi Parangtritis

Personil Polsek Kretek melaksanakan kerja bhakti membersihkan Masjid Maulana Maghribi di dusun Grogol X, Parangtritis, Kretek, Bantul, Jum'at (28/9/2018) pagi.

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak menjelaskan bahwa kegiatan kerja bhakti sosial yang dilaksanakan tersebut sebagai bentuk rasa solidaritas Polsek Kretek terhadap warga masyarakat yang diantaranya tempat ibadah, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan jalinan silaturohmi sehingga kedepan dapat bersinergi dalam menjaga kamtibmas.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan baik itu terhadap tempat ibadah, perkantoran bahkan sekolah, tentunya harus dikoordinasikan terlebih dahulu, pungkasnya. (Humas Polsek Kretek)

Upacara Pembukaan Jambore Ranting Kecamatan Kretek

Panit Binmas Polsek Kretek Aiptu Jumari yang didampingi Bhabinkamtibmas desa Parangtritis Aiptu Sukarso menghadiri upacara pembukaan Jambore ranting Kecamatan Kretek di lapangan dusun Kretek, Parangtritis, Kretek, Bantul.  Jum'at (28/9/2018) pukul 14.00 Wib
   
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH, Kepala KAU Mustafid Amna S.Ag, Kepala sekolah SD se Kecamatan Kretek mewakili, Dan Ramil Peltu Jumiran dan perwakilan Bank BPD Kretek serta ratusan perwakolan pelajar SD dan SMP se Kecamatan Kretek.

Bertindak sebagai pembina upacara pembukaan Jambore Ranting Kretek yang ke VI ini adalah Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH.

Dalam amanatnya Camat Kretek mengucapan terima kepada segenap panitia Ranting Kretek yang telah melaksanakan Jambore ini. Kegiatan jambore ini adalah rangkaian khusus ektra kurikuler yang wajib di ikuti.

Jambore ini merupakan ajang  melatih pengamalan darma bakti Setia kepada NKRI, Setia untuk menolong  dan menanankam jiwa Patriotisme, pungkasnya. (Humas Polsek Kretek).

Maling Ayam, Polisi Bekuk Penjual Kelapa

Serangkaian kasus pencurian memang sudah mengantarkan Rs (46) warga Sidomulyo Bambanglipuro hidup di balik jeruji penjara. Namun hal itu tidak membuat lelaki yang kesehariannya berjualan kelapa itu jera. Bahkan Selasa 25 September lalu Rs kembali berulah menggasak tiga ekor ayam bangkok milik  Dalyanto (55) warga Deresan Ringinharjo Bantul. Kali ini Rs bernasib malang, aksinya ketahuan pemilik rumah. Tanpa ampun warga yang sudah terbakar emosinya menghajar lelaki itu hingga babak belur.

Kapolsek Bantul Kompol Munawar SAM SH didampingi Kanit Reskrim Polsek Bantul, Aiptu Pardini SH, Rabu (26/9) mengatakan, kasus pencurian bermula ketika tersangka Rs Senin sekitar pukul 15.00  keliling lewat rumah korban. Sore itu korban melihat kandang dan akhirnya timbul niat mencuri ayam didalamnya. Setelah itu tersangka pulang ke rumah menyiapkan karung serta  tali plastik. Setelah persiapan dirasa cukup, Selasa dini hari mengendarai Yamaha  Mio menuju rumah korban di Deresan. Tanpa ragu -ragu dua ekor ayam langsung diangkut disembunyikan dari balik jaketnya.

Selanjutnya motor dipacu menuju Lapangan Ringinharjo Bantul. Setelah deru mesin motor terdengar, korban terjaga dari tidurnya. Kandang ayamnya dicek dan dua ekor hewan piaraannya raib. Korban kemudian kembali ke dalam rumah sambil mengawasi jika pelaku kembali. Selang beberapa saat, ternyata pelaku kembali dan bermaksud mengambil sisa ayam di kandang.

Kali ini pelaku tidak bisa lolos, pemilik rumah berteriak maling. Warga berhamburan keluar rumah  langsung memukul pelaku hingga tidak berdaya. "Setelah mengambil dua ekor ayam itu kemudian dimasukkan ke karung dan ditinggal di Lapangan Ringinharjo Bantul. Kemudian pagi itu tersangka kembali ke kandang mengambil sisa ayam di kandang," ujar Munawar.

Dijelaskan, tersangka sebelumnya juga terlibat kasus pencurian, beras, sendal serta kambing. Sementara Rs mengatakan, terpaksa mencuri karena terbentur keadaan. (Humas Polsek Bantul)

Personil Polres Bantul Ikuti Giat Bhakti Sosial Donor Darah Di Makodim 0729 Bantul

Personil Polres Bantul mengikuti giat bhakti sosial donor darah di makodim 0729 Bantul dalam rangka rangka menyambut HUT TNI ke-73 dan HUT ke-68 Kodam IV Diponegoro. Selasa (26/09/2018).

Dalam kegiatan ini Kodim Bantul bekerja sama dengan Dinas Sosial setepmat dan PMI Kabupaten Bantul. Selain donor darah, bhakti sosial juga diisi dengan penyerahan santunan kepada anak yatim, anak divabel dan lansia sejumlah 100 orang.

Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul Letkol (Inf) Yuswanto mengatakan donor darah yang dilaksanakan itu wajib bagi prajurit. Selain itu jajaran kodim juga mengajak jajaran Polres Bantul, ormas maupun relawan untuk turut mendonorkan darahnya.

“Ini adalah salah satu wujud nyata TNI bagian dari rakyat. TNI bermanunggal dengan rakyat, yang berjuang bersama untuk rakyat guna mewujudkan soliditas dan kepedulian terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan perhatian," tegasnya disela kegiatan.

Ratusan kantong darah dari berbagai golongan berhasil terkumpul dalam aksi sosial ini. Selanjutnya darah tersebut akan dikelola PMI Bantul untuk kemudian akan didistribusikan bagi masyarakat yang membutuhkan. (Humas Polres Bantul)

Pengamanan Giat Penyerahan 5.000 Sertifikat Tanah Kepada Warga Provinsi DIY

Personil Polres Bantul mengamankan giat penyerahan 5.000 sertifikat tanah kepada warga dari 5 kabupaten/kota seluruh Provinsi DIY oleh Presiden RI Jokowi di Gedung Jogja Expo Center JEC Banguntapan Bantul. Jumat (28/9/2018).

Berdasarkan catatan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, total 2,2 juta bidang tanah di DIY, yang sudah bersertifikat sampai akhir tahun lalu mencapai 1,7 juta bidang. Saat ini masih ada 510 ribu bidang yang belum terdaftar.

Presiden RI Joko Widodo memberikan wanti-wanti (pesan) kepada masyarakat yang menerima sertifikat tanah agar lebih berhati-hati dalam penggunaan ataupun menyimpannya. Difotokopi serta dibungkus dengan plastik agar tak basah ketika terkena air. "Difotokopi, yang asli disimpan di lemari satu kemudian fotokopian disimpan di lemari dua. Kalau hilang yang asli, mudah ngurusnya," pungkasnya. (Humas Polsek Banguntapan)

Mobil Avanza AB 1881 PJ Ditinggal Orang Tidak Dikenal Di Jalan Dusun Sindet

Mobil Avanza AB 1881 PJ milik pengusaha rental Barongan Jetis Bantul ditinggal orang tidak dikenal di jalan terjal menanjak Dusun Sindet Desa Trimulyo Jetis Bantul, Rabu (26/9/2018) malam. Sebelum ditinggal pengemudinya mobil tersebut sempat terlibat insiden dengan mobil serupa warna silver. Meski pengemudi mobil sempat minta tolong warga untuk diantar keluar kampung. Namun hingga kini peristiwa itu masih  misterius.

Marjiyanto warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi mobil berhenti mengatakan, malam itu sekitar pukul 22.15 didepan rumahnya melaju sebuah mobil dengan kecepatan tinggi menerabas gelapnya malam. Setelah itu pengendara mobil menghampiri rumahnya untuk minta tolong diantar ke daerah Imogiri. Namun permintaan itu oleh Marjiyanto tidak disanggupi. Kemudian lelaki tersebut pergi yang hingga kini belum diketahui keberadaannya.

“Malam itu mobil melaju dengan cepat, kemudian sopirnya turun minta diantar ke Imogiri dengan imbalan sejumlah uang, tetapi  saya tidak mau. Setelah itu dia pergi,” ujarnya. Dalam peristiwa itu pihaknya sama sekali tidak mengetahui siapa sebenarnya lelaki misterius itu. Sebagaimana diketahui l ruas jalan yang dilewati kendaraan itu selama ini tidak pernah gunakan untuk kendaraan  besar. Selain medannya  terjal berbatu tanpa penerangan, juga sangat curam.

Sedang Susanto warga lainnya mengatakan, sebelum ditemukan berada di jalan terjal itu. Sejak masuk Dusun Sindet sudah terjadi kejar-kejaran dengan mobil warga silver. Bahkan warga sempat menelusuri arah laju mobil. “Mobil itu dikejar kendaraan warna silver dengan kecepatan tinggi, kemungkinan tidak tahu arah sehingga masuk jalan ‘mati’,” ujarnya. Sementara pemilik rental Ruli di lokasi kejadian mengatakan, jika mobil tersebut miliknya. “Mobil ini keluar garasi setelah mahgrib, tetapi yang meminjam seorang perempuan,” ujarnya.

Sementara paska ditemukan, Kepala Dusun Sindet Muji Widodo bersama, jajaran Polsek Jetis Polres Bantul Polda DIY, pemuda dan warga Sindet mengevakuasi mobil dengan jalan mundur. Sejauh ini belum diketahui secara pasti pengemudi mobil termasuk pengejarnya.  (Humas Polsek Jetis)

Pesonil Polsek Sewon Kerja Bakti Membersihkan Masjid Al Huda

Kapolsek Sewon Kompol Paimun SH beserta anggotanya bahu-membahu membersihkan lingkungan Masjid Al Huda dusun Sangkal, desa Bangunharjo, Sewon, Bantul, Jumat, (28/09/2019) pagi.

Aksi bersih-bersih itu dimulai dari halaman depan dan belakang masjid serta di dalam maupun diteras masjid dengan bermodalkan peralatan seperti sapu lidi, serok sampah dan lainya. Anggota Polsek Sewon membersihkan setiap sudut halaman masjid, bahkan beberapa anggota juga membersihkan tempat wudhu, mengepel lantai serta memfakum karpet..

Aksi bersih bersih masjid yang di laksnakan personil Polsek Sewon bertujuan untuk mempertebal jalinan silaturahmi dengan masyarakat dilingkungan Polsek Sewon. “Selain mempererat silaturahmi, bersih-bersih mesjid ini bertujuan agar pelaksanaan ibadah shalat dapat berjalan dengan nyaman,” ungkap Kapolsek Sewon, Kompol Paminun SH saat di konfirmasi oleh Humas Polsek Sewon.

Dalam kesempatan tersebut juga di serahkan alat alat kebersihan secara simbolis oleh Kapolsek Sewon yang diterima oleh salah satu pengurus masjid al Huda.

Dengan kegiatan bersih-bersih masjid di Jumat pagi, diharapkan masyarakat yang akan melaksanakan Sholat Jumat pada siang harinya dapat merasa lebih nyaman dan khusuk. (Humas Polsek Sewon)

Unit Binmas Polsek Pandak Melaksanakan Psa Di TK Eka Pertiwi

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho melaksanakan giat Polisi Sahabat Anak (PSA) di TK PKK EKA Pertiwi Dusun Tegalsempu Rt 01, Caturharjo, Pandak, Bantul, Kamis (27/09/2018) jam 08.00 Wib.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah TK PKK EKA Pertiwi Ibu Tini, Bhabinkamtibmasa desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho, Staf Binmas Polsek Pandak Brigadir Nusci Vera, Staf Reskrim Bripda Ismi dan Seluruh Murid TK PKK Eka Pratiwi sejumlah 20 orang.

Kegiatan Polisi Sahabat Anak ini bertujuan untuk lebih mendekatkan kemitraan antara Polri dan Masyarakat khususnya kepada anak-anak sekolah serta untuk mengenalkan tugas-tugas Kepolisian.

Dalam kegiatan ini para siswa diajak untuk lebih mengenal lebih dalam mengenai tugas-tugas Kepolisian dan mengenalkan mengenai rambu-rambu lalulintas yang di padukan dengan nyanyian, agar para siswa tidak takut kepada Polisi dan mengikuti kegiatan dengan senang hati.

Pengenalan rambu-rambu lalulintas sejak usia dini  bertujuan agar kelak kalau sudah dewasa sudah tertanam budaya tertib berlalu-lintas. Terpantau para siswa mengikuti kegiatan ini dengan sangat riang dan gembira. (Humas Polsek Pandak)

Pelatihan PKS Kepada Siswa SMPN 1 Imogiri

Kanit Lantas Polsek Imogiri Iptu Slamet Zuana bersama anggotanya Bripka Juan Risdiyanto dan Bripka Agus Suyanto kembali memberikan pelatihan PKS kepada Siswa SMPN 1 Imogiri di halaman Sekolah setempat, Jumat 28/09/2018 pukul 15.00 Wib.

Kegiatan pelatihan hari ke 2 ini Kanit Lantas memberikan pelatihan 12 gerakan lalu lintas diluar ruangan seolah olah berada di jalan agar anggota PKS nantinya saat mengatur arus lalulintas di jalan yang sebenarnya bisa melaksanakan tugas sesuai materi yang diajarkan.

Bahwa tugas PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Walaupun PKS bertugas untuk teman-teman sesekolahnya, dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain, orang lanjut usia atau siapa saja yang berada di tempat itu yang memerlukan pertolongan. Bahkan anggota PKS pun bisa membantu tugas para Polisi yang ada di jalan.

Dengan adanya pelatihan PKS tersebut diharapkan kepada para pelajar tertanam disiplin sejak dini, dengan cara berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekolah.

Selain itu, bagi pelajar yang terpilih sebagai anggota PKS, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta mampu menjadi mitra yang mendukung tugas Kepolisian, khususnya dalam melaksanakan kegiatan Patroli Keamanan Sekolah di lingkungan sekolah mereka. (Humas Polsek Imogiri)

Tanamkan Nilai-Nilai Luhur Tahun Baru Islam 1440 H, Polsek Sanden Lakukan Bhakti Sosial

Anggota Polsek Sanden yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Sanden AKP Riwanta melakukan giat bhakti sosial bersih-bersih tempat ibadah. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Al Barokah Dusun Kalimundu, Gadingharjo, Sanden, Bantul, Jum'at pagi (28/9/2018) mulai jam 08.00 Wib.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Sanden dan diikuti anggota dari semua fungsi. Dalam bhakti sosial itu, anggota membersihkan dalam masjid, halaman dan lingkungan sekitar masjid.

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menjelaskan, giat bhakti sosial yang dilakukan oleh anggota Polsek Sanden ini dalam rangka menanamkan nilai-nilai luhur Tahun Baru Islam 1440 H/2018 M. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan guna lebih mempererat lagi hubungan Polsek Sanden dengan masyarakat sekitar, ucap Kapolsek Sanden AKP Riwanta. (Humas Polsek Sanden)

Kanit Lantas Polsek Pleret Binluh Di SD Dahromo

Kanit Lantas Polsek Pleret Ipda Moh. Widayadi Sanani bersama anggotanya melaksanakan pembinaan dan penyuluhan (binluh) di SD Dahromo, Segoroyoso, Pleret, Bantul pada Kamis (27/9/2018) pagi.

Dihadapan para siswa dengan didampingi Kepala Sekolah Sri Subiyanti S.Pd.SD serta para guru, Kanit Lantas menyampaikan materi bidang lalu lintas dengan memberikan pengetahuan sejak dini tentang tata tertib dan keselamatan berlalu lintas.

Hal penting lainnya yang disampaikan yaitu tentang kedisiplinan. Menurutnya disiplin adalah kunci untuk meraih kesuksesan di masa depan. Selain itu, Kanit Lantas juga mengingatkan para siswa agar selalu bersikap sopan santun kepada siapapun, baik kepada orangtua, guru maupun sesama teman.

Terakhir, Kanit Lantas memberikan motivasi siswa SD Dahromo agar lebih giat belajar dan menjadi siswa yang berprestasi, maka apa yang dicita-citakan siswa akan tercapai. (Humas Polsek Pleret)

Pengamanan Kunker Presiden RI Di Kawasan Hutan Pinus Asri, Desa Mangunan

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH memimpin pengamanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di kawasan Hutan Pinus Asri, Desa Mangunan, Imogiri, Bantul, Jumat (28/09/2018). Pengamanan melibatkan ratusan personil dari Polres Bantul, Jajaran Polsek dibantu TNI, Sat Pol PP, Dishub dan instansi terkait yang disebar di sejumlah titik strategis.

Agenda Presiden RI selain membuka Festival KPH, juga meninjau Pameran Usaha Kehutanan (Pusaka) di kawasan Pinus Asri.

Presiden RI Jokowi mengatakan hutan di Indonesia termasuk hutan terluas di dunia dan masuk dalam urutan ke-9. Namun Ia menyesalkan luasnya hutan di tanah air tidak berdampak pada kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

"Indonesia sekarang ini berada pada posisi kawasan hutannya, posisi 9 kawasan hutannya. Terluas di dunia, Gede sekali hutan kita ini. Tapi fakta yang ada, ini kita menyampaikan fakta apa adanya ya, ini yang harus kita perbaiki dan ini yang harus kita benahi. Fakta yang ada di negara kita, masyarakat yang hidup di sekitar hutan maupun di kawasan hutan justru miskin," ujar Presiden RI Jokowi.

Beliau dengan tegas menyatakan, seharusnya warga yang hidup di sekitar kawasan hutan, kesejahteraan hidupnya terjamin alias makmur. Pengalaman negara lain, katanya, yang memaafkan hutan menjadi sumber kehidupan masyarakatnya sejahtera. Dia mencontohkan beberapa negara Skandinavia misalnya Norwegia, Filanda dan Denmark.

"Bertemu beberapa negara Skandinavia, mereka bercerita kehidupan sehari-hari dan perputaran ekonomi yang ada di negara-negara itu contohnya negara Norwegia, filandia dan Denmark Norwegia. Banyak yang hidup hanya di sektor kehutanan, sektor industri kehutanan," tegasnya.

Oleh sebab itu sejak awal kepemimpinannya, dirinya telah memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar membuat kelompok kelompok usaha yang berada di dalam hutan maupun di sekitar hutan.

Sementara itu, saat Presiden RI Jokowi meninjau Pustaka ada beberapa produk yang dipamerkan yang bisa menjadi sumber ekonomi. Misalnya ulat sutra, budaya madu, gondorukem atau olahan getah sadapan pohon pinus dan minyak kayu putih. (Humas Polsek Imogiri)