31 March 2019

Ditabrak Bus, Andri Susilo Meninggal Dunia

Seorang pengendara sepeda motor tewas setelah terlibat tabrakan dengan sebuah bus pariwisata di Padukuhan Kretek, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, tepatnya di depan SPBU Kretek, Sabtu (30/03/2019) dini hari, sekitar pukul 03.15 WIB.

Insiden tragis itu terjadi berawal saat pengendara sepeda motor Yamaha Mio bernomor polisi AB 6813 PJ, bernama Andri Susilo (32), warga Jogodayoh, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, melaju dari arah selatan  Parangtritis ke arah utara.

Setibanya di lokasi kejadian, Andri yang bersama dengan rekannya atau pembonceng, Zuni Ari Wibowo (33) warga Padukuhan Code, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, itu bermaksud belok kanan ke arah SPBU Kretek.

Awalnya Andri berniat membeli bahan bakar minyak (BBM) di SPBU tersebut, namun demikian ia tidak jadi membeli. Karena tidak jadi membeli BBM, tanpa melihat suasana arus lalu lintas di jalan raya tersebut mereka langsung saja melaju ke arah utara.

Nahas disaat bersamaan melaju dengan kecepatan sedang sebuah bus pariwisata dengan nomor polisi K 1640 AL yang disopiri Beni Indiatmaja (37) warga Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Tabrakan ke dua kendaraan bermotor itu tidak bisa dihindarkan. Akibatnya, pengendera sepeda motor (Andri Susilo) tewas mengalami luka cidera kepala berat. Dia tadinya sempat mendapat penanganan medis di RSUD Panembahan Senopati. Namun karena luka yang cukup parah korban akhirnya meninggal dunia. Sementara rekannya (Zuni Ari Wibowo) masih dalam perawatan. Dia luka cidera kepala dan patah tulang kaki kanan, ujar Kanit Laka Satlantas Polres Bantul, Ipda Maryono, Sabtu siang.

Maryono mengatakan kasus tersebut kini masih ditangani Unit Laka Satlantas Polres Bantul. Barang bukti dua jenis kendaraan bermotor tersebut sekarang diamankan Unit Laka guna proses penyidikan. Kendaraan Bus, terang Maryono, rusak kaca pecah dan peok-peok pada bagian bodi depan. Kondisi rusak pada bagian bodi depan tersebut tidak jauh berbeda dengan kendaraan sepeda motor.

Pengamanan Jalan Sehat Ulang Tahun KBS Yang Ke 6

Dalam rangka ulang tahun KBS (Kesatuan Bangsa School)  yang ke 6, Kepala Sekolah Ahmad Nurani menggelar jalan sehat bersama instansi sekecamatan sedayu dan masyarakat sekitar dengan peserta kurang lebih 1000 orang, Sabtu, 30 Maret 2019 pukul 06.30 wib.

Jalan sehat, Star dimulai dari KBS ke arah utara sesampai di SMAN 1 Sedayu belok kebarat  masuk kejalan bulak sawah perempatan, belok ke selatan dan Kembali ke KBS dengan jarak tempuh kurang lebih 3 km.

Ketua penyelenggara bapak Trisna menyampaikan bahwa acara yang akan digelar disamping gerak jalan, juga dilakaanakan  Sunatan Massal, donor darah, dan pemberian sembako kepada 500 orang anak yatim

Sekolah kesatuan bangsa yang terdiri dari SMP dan SMA ini mempunyai siswa  sebanyak 350 siswa yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, yang letaknya  berdampingan dengan universitas Mervu Buana Jalan wates, Argomulyo Sedayu Bantul.
Sekolah KBS merupakan sekolah faforit di Yogyakarya, dalam proses belajar mengajar dengan bahasa inggris, sehingga mampu bersaing dengan pelajar internasional.

Dan setelah jalan sehat finis kembali ke KBS, kemudian istirahat ditempat yang ditentukan sambil menikmati hiburan dan pembagian dorprise mendapat pengamanan dari Anggota Polsek Sedayu, situasi kondusif. (Humas Polsek sedayu)

Kanit Binmas Polsek Hadiri Workshop Pembekalan Linmas Pengamanan Pemilu 2019

Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Tetepana manghadiri workshop Pembekalan Linmas Pengamanan Pemilu 2019 di pendopo Kecamatan Pajangan, Jumat pagi (29/3/2019).

Workshop ini diselenggarakan oleh Trantib Kecamatan pajangan dihadiri oleh Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanta, Danramil Pajangan Kapten Sarmin, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kadipem dan 60 orang Linmas 3 Desa di Kecamatan Pajangan.

Dalam workshop ini Ipda Tetepana mengatakan, pembekalan Linmas ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan tanggal 17 April 2019 mendatang.

Koordinasi Linmas dan Polri serta TNI dalam pengamanan nanti sangat dibutuhkan, sebab nantinya kita TNI dan Polri guna menjaga netralitas  tidak mendekat ke TPS radius 50 meter dari TPS. Pajangan termasuk daerah pemilihan kurang aman, pola pengamanan menggunakan sistem 2 Polri untuk 10 TPS dan 20 Linmas. Setiap TPS dijaga 2 Linmas, ujarnya. Acara berahir jam 10.30 Wib dan berakhir aman. (Humas Polsek Pajangan)

Pengamanan Kegiatan Sosialisasi Pemilu Dari KPU Bantul Di Lapangan Paseban Bantul

Personil Polsek Bantul melaksanakan pengamanan kegiatan Sosialisasi Pemilu dari KPU Bantul dengan bentuk konser musik band. Kegiatan dilaksanakan di lapangan Paseban Bantul dengan tema kegiatan "Pemilih berdaulat Negara kuat ". Sabtu 30 Maret 2019 pukul 18.00 WIB.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan kegiatan sosialisasi tahapan pemilu serentak tahun 2019a kerjasama dengan event Organizer CV Prima jasa. Tujuan kegiatan adalah sebagai sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat umum.Sebagai ketua panitia kegiatan ketua KPU Bantul Bpk Didik Joko Nugroho.

Kegiatan dihadiri oleh Sekda Bantul Drs Helmi Jamharis MM, Ketua KPU Bantul Bpk Didik Joko Nugroho beserta Komisioner KPU Bantul,Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH, Dandim Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S.Sos, Bpk Nuril Hanafi S.Fil dari Komisioner Bawaslu Bantul,Kapolsek Bantul Kompol Munawar Sam SH,Danramil Bantul Mayor Agus Priyadi SE.

Dalam sambutannya Ketua KPU Bantul Bpk Didik Joko Nugroho menyampaikan selamat datang kepada tamu undangan yang hadir pada malam hari ini, malam hari ini kami dari KPU Bantul mengadakan sosialisasi pemilu tahun 2019,besok jangan golput dan akan memilih DPRD Kabupaten,DPRD Provinsi,DPRRI,DPD dan Presiden,jangan mau diadu domba dalam pemilu tahun 2019, mari ciptakan pemilu yang damai pada pemilu tanggal 17 April 2019

Sambutan Sekda Bantul Drs Helmi Jamharis MM mewakili Bupati Bantul yang menyampaikan atas nama Kabupaten Bantul menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, harapan kita warga negara memanfaatkan hak untuk berpartisipasi dalam pemilu tahun 2019, dengan sosialisasi ini semoga menambah pengetahuan kita semua. Kegiatan dihadiri 500 pengunjung berlangsung dengan situasi aman dan terkendali. (Humas Polsek Bantul)

Pengamanan Pentas Wayang Cakruk Di Dusun Carikan Mulyodadi

Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Iptu Jaka Saputra menghadiri acara  penyuluhan dari Dinas Sosial Propinsi DIY tentang mengatasi kemiskinan, narkoba dan permasalahan sosial lainya dengan media wayang Cakruk di halaman rumah Bapak Supar alamat Dusun Carikan Rt 03 Mulyodadi, Bambanglipuro Bantul, Sabtu (30/3/2019) malam.

Adapun dalang wayang cakruk adalah Ki Sumarno S.Sn dari Kasihan Bantul  dihadiri oleh Perwakilan Dinas Sosial Propinsi DIY Bapak Budi Santoso, Bhabinkamtibmas Mulyodadi Aipda Sukaryadi, Lurah Desa Mulyodadi Ari Sapta Nugraha SH, pamong Desa Mulyodadi, Kepala Dukuh Carikan Sigit Maruto, Toga, Thomas, dan ratusan penonton.

Sambutan Baik Budi Santoso dari Dinas Sosial Provinsi DIY menyampaikan bahwa wayang cakruk merupakan pementasan dengan wayang berwujud gambaran manusia masa kini. Cerita yang disampaikan berupa penuturan perjalanan hidup manusia. Dari kisah masyarakat yang terpinggirkan hingga seputar elite-elite kekuasaan.

Lebih lanjut Bapak Budi Santoso ingin pagelaran wayang cakruk dapat dinikmati dan bisa menjadi tuntunan bagi masyarakat yang sadar dan peduli dengan persoalan sosial. “Kami banyak melakukan sosialisasi masalah sosial menggunakan media wayang cakruk ketimbang melalui dunia maya atau media sosial (medsos),” terang Budi Santoso.

Dikatakan, menangani masalah sosial di DIY, pihaknya secara khusus memberikan penyuluhan ke masyarakat. Selama ini penyuluhan dilakukan melalui berbagai media. Mulai media cetak, elektronik hingga media seni. “Wayang cakruk bagian dari bentuk sosialisasi melalui media seni,” tuturnya.

Kegiatan ini terbukti efektif karena dalam setiap pelaksanaannya masyarakat disemua kalangan bisa berkumpul dan menerima penyuluhan dengan senang hati karena didalamnya terdapat fariasi hiburan.

Acara pentas Wayang Cakruk malam ini  mendapatkan sambutan hangat masyarakat. Ada sejumlah pesan moral disampaikan dalang Ki Sumarno .” Dadi wong kuwi aja mung tukang njaluk nagging piye carane dadi wong kuwi isa mapakke diri pribadine (Jadi orang itu jangan menjadi tukang peminta minta, tapi jadilah orang yang bisa mengerti dengan kondisimu.
Acara berakhir pada pukul 23.00 wib berlangsung aman dan lancar. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Pandak Pimpin Apel Siaga Kesiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2019 Di Mako Polsek Pandak

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud, SIKom pimpin apel siaga kesiapan pengamanan Pemilu tahun 2019 di Mako Polsek Pandak, Sabtu (30/03/2019) jam 09.00 Wib.

Pelaksanaan apel kesiap siagaan pengamanan Pemilu tahun dilaksanakan sebagai sarana pengecekan anggota dan sarana penunjang untuk melaksanakan pengamanan Pemilu tahun 2019. Selain itu juga sebagai sara penyampaian informaai atau perintah dari pimpinan terkait sistem pelaksanaan pengamanan.

Dalam arahannya Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud S.I. Kom berpesan kepada seluruh Anggota Polsek Pandak agar selalu menjaga kesehatan dikarenakan dalam pengamanan rangkaian pemilu tahun 2019 ini sangat lah panjang dan membutuhkan stamina yang fit.

Kapolsek juga menjelaskan mengenai sistem pengamanan dalam kampanye terbuka agar mengedepankan sikap dan tampang humanis tapi tetap sesuai dengan prosedur. Setiap anggota juga harus melaksanakan Body Sistem untuk keamanan diri dan juga rekan kerja. (Humas Polsek Pandak)

Pengamanan Kampanye Dialogis Di Kanoman Pleret

Kegiatan kampanye dialogis "Temu Kangen Bersama Drs. HM. Idham Samawi" yang digelar di halaman rumah Sutikno, dusun Kanoman, Pleret, Pleret, Bantul mendapat pengamanan dari Polsek Pleret dan Polres Bantul, Jumat (29/3/2019) malam.

Kapolsek Pleret AKP Sumanto SH saat memimpin pengamanan tersebut mengatakan, bahwa pengamanan dilakukan untuk memastikan kegiatan kampanye dari awal hingga akhir dapat berjalan dengan aman, lancar serta kondusif.

Sementara itu, kampanye dihadiri oleh Drs. HM. Idham Samawi (Caleg DPR RI), Yoeke Indra Agung Laksana SE (Caleg DPRD DIY), Hanung Raharjo ST (Caleg DPRD Bantul), warga serta simpatisan PDIP wilayah Kecamatan Pleret.

Hadir pula Ketua Panwascam Pleret Tadhorungin HD untuk memantau serta mengawasi kegiatan kampanye tersebut.

Dalam kampanye dialogis, masing-masing Caleg menyampaikan sambutan sekaligus mensosialisasikan pencalonannya sebagai wakil rakyat pada Pemilu 2019. Kegiatan kampanye tersebut berjalan dengan lancar dan selesai pukul 23.00 WIB situasi aman kondusif. (Humas Polsek Pleret)

Pengamanan Giat Kampanye Di Lapangan Sorobayan

Personil Polsek Sanden melaksanakan pengamanan giat kampanye dalam bentuk lain di lapangan Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Sabtu malam (30/03/2019) mulai pukul 20.00 Wib.

Giat tersebut diselenggarakan oleh Tim pemenangan Haryanto Caleg DPRD Kabupaten Bantul Dapil V dari Partai Nasdem. Hadir dalam kegiatan ini Ir. Woro Indah Widiastuti MT Caleg DPR RI, Devi Abdulrahman Nawawi S.IP Caleg DPR Propinsi Bantul Barat, Ketua DPD Nasdem DIY, Caleg DPRD Propinsi Dapil Bantul Barat, Haryanto Caleg DPRD Kabupaten Bantul Dapil V dari Partai Nasdem, Caleg DPRD Bantul Dapil V.

Kampanye yang dilaksanakan adalah Sosialisasi dan Pentas Wayang Kulit semalam suntuk mengambil lakon "Bima Bangkit". Pentas wayang kulit menampilkan empat orang dalang yaitu Ki Joko Edan, Ki Gendeng Haryanto dan Ki Gogon Margono dan dalang cilik Zul Fadli.

Ir Woro Indah Widiastuti MT mengatakan, wayang merupakan salah satu pilar budaya bangsa yang harus tetap dilestarikan. Wayang sebagai bentuk keistimewaan Indonesia yang sudah diakui Badan PBB Unesco ini adalah sebuah perwujudan kebudayaan Infonesia harus tetap dipelihara dan dilestarikan serta diwariskan kepada generasi penerus.

Lebih lanjut Ir Woro Indah dalam kampanyenya mengajak masyarakat agar tidak golput dan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 17 April mendatang. Hal yang sama juga disampaikan Devi Abdulrahman Nawawi S.IP. Even Pemilu 17 April 2019 mohon masyarakat ikut mensukseskan dengan memilih wakil dari Partai Nasdem, ajaknya. (Humas Polsek Sanden)

Razia Kendaraan Di Mapolsek Piyungan

Personil gabungan Polsek Piyungan, Dlingo, Pleret dan Polsek Banguntapan dipimpin oleh Panit I Intelkam Polsek Piyungan Ipda Danang Hadi Wibowo,S.H melaksanakan Kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) berupa razia kendaraan di depan Mako Polsek Piyungan Jl Wonosari Km 14, Sabtu, 30 Maret 2019 pukul 22.00 Wib.

Menurut Panit I Intelkam Polsek Piyungan bahwa giat razia kendaraan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas dengan sasaran kejahatan jalanan, sajam, senpi, narkoba, handak, miras serta kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat.

Selama dalam pelaksanaan giat ini petugas gabungan memeriksa kendaraan yang melintas di jalan Wonosari Km 14 baik kendaraan roda dua dan roda empat. Sementara selama dalam razia ini petugas tidak menemukan pelanggaran yang mengarah ketindak kriminalitas.

Setelah pelaksanaan giat razia kendaraan, seluruh personil melaksanakan patroli di wilayahnya masing masing untuk mengantispasi aksi klitih. (Humas Polsek Piyungan)

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Sebagai Penceramah Pengajian Di Masjid Ainun Jariyyah Dusun Onggobayan

Bhabinkamtibmas Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH sebagai Penceramah Pengajian di Masjid Ainun Jariyyah  dusun Onggobayan,  Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Sabtu, 30 Maret  2019 pukul 20.00 wib.

Pengajian ini diselenggarakan oleh pengurus takmir dalam rangka pengajian rutin selapanan di Masjid Ainun Jariyyah Onggobayan . Dalam ceramahnya Bripka Budi Sunaryo, SH mengambil tema “Generasi Islami yang Handal” dihadiri Takmir Masjid dan jamaah pengajian rutin selapan.

Adapun inti tauziahnya bahwa Pelajari agama Islammu, Tegakkan tauhid, berantaslah syirik dan tinggalkan maksiat apapun bentuknya. Tautkan hatimu dengan masjid. Bersiaplah untuk berdakwah di jalan Allah. Selektiflah dalam mengambil teman dekat, namun tidak kurang pergaulan. Pekalah terhadap zamanmu, inderalah zaman di mana engkau berada saat ini. Milikilah fisik dan jiwa yang sehat.  Aturlah waktumu sebaik mungkin”, ungkap Bripka Budi Sunaryo, SH. (Humas Polsek Kasihan)

Arahan Kapolsek Banguntapan

Sabtu, 30 Maret 2019 pukul 08.00 Wib di halaman Polsek Banguntapan dilaksanakan apel kesiapan pengamanan kampanye terbuka. Apel dipimpin Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH., MH diikuti seluruh personil Polsek Banguntapan.

Dalam arahannya saat ini tahapan kampanye terbuka, oleh karena itu setiap anggota bisa menjaga kesehatan masing masing karena suatu saat tenaga kalian akan digunakan. Mulailah dari sekarang kenali TPS yang masing masing menjadi tanggungjawabnya

Ditambahkan bahwa besuk pagi Yang akan kampanye yaitu dari PDIP, saya minta perlakuannya untuk pengamanan sama jangan bedakan bedakan antara partai yang satu dengan yang lainya. Bertugaslah pada posisi netral pada pemilu 2019 ini.

Netralitas Polri harga Mati, Mudah-mudahan anggota Polsek Banguntapan bisa menjalankan tugas dengan sebaik baiknya, harap Kapolsek. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Mochlis Humavianto Ajak Orang Tua Hidupkan Kembali Jam Wajib Belajar

Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Polsek Sanden Bripka Mochlis Humavianto S.Pd menghadiri kegiatan Sosialisasi Pemilu 2019 dan Pengajian menyambut Bulan Ramadhan 1440 H di Masjid  Al Qiyamu Dusun Buyutan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Sabtu (30/03/2019) pukul 20.00 Wib.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Lurah Desa Gadingsari Mashuri, PPK Kecamatan Sanden, PPS Desa Gadingsari, Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Mochlis Humavianto, Ketua KIM Krisna Mukti dan warga masyarakat Dusun Buyutan.

Sosilaisasi Pemilu 2019 dan Pengajian menyongsong Bulan Ramadhan 1440 Hijriah ini  diselenggarakam oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  bekerja sama dengan Takmir Masjid Al Qiyamu Dusun Buyutan Gadingsari, Sanden. Dalam sosialisasi Pemilu, PPK Sanden Drs. Kasiran mensosialisaikan berbagai hal terkait dengan pelaksanaan pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Diantaranya jenis-jenis daftar pemilih, daftar pasangan Capres dan Cawapres, Parpol peserta Pemilu, peserta Pemilu DPD RI maupun jenis dan warna surat suara.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Bripka Mochlis dalam kesempatannya turut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada peserta sosialisasi dan jamaah pengajian. Bripka Mochlis mengatakan, betapa pentingnya peranan orang tua membentuk karakter anak dalam keluarga agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba dan kenakalan remaja. Yang tifak kalah penting lagi agar orang tua menghidupkan kembali jam belajar masyarakat di rumah agar anak-anak tidak keluar rumah di waktu tersebut untuk melaksanakan wajib belajar. Hal ini sangat penting untuk mendidik supaya anak anak patuh kepada orang tua, ujar Bripka Mochlis. (Humas Polsek Sanden)

30 March 2019

Petugas Gabungan Gelar Operasi Cipta Kondisi KKYD di Simpang Empat Terong

Petugas gabungan Polsek Dlingo, Polsek Pleret, Polsek Piyungan dan Polsek Banguntapan menggelar Operasi Cipta Kondisi KKYD di Wilayah Dlingo tepatnya di simpang empat Desa Terong, Kamis (29/3/2019) pukul 22.00 WIB.

Giat operasi cipta kondisi KKYD dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Dlingo Ipda Dadiyono.

Menurut Kapolsek Dlingo, bahwa giat KKYD ini dilaksanakan adalah untuk mengantisipasi kejahatan jalanan dan gangguan kamtibmas yang lain, yaitu sajam, senpi, narkoba, handak, miras serta kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat.

Dalam giat ini petugas gabungan memeriksa puluhan kendaraan yang melintas baik roda dua maupun roda empat. Sementara dari hasil pemeriksaan selama giat berlangsung tidak ditemukan pelanggaran yang mengarah ke tindak pidana. (Humas Polsek Dlingo)

Antisipasi Laka Lantas, Polsek Bambanglipuro Pantau Arus Lalu Lintas di Simpang Empat Paker

Unit Patroli Polsek Bambanglipuro, dipimpin Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH bersama Kanit Lantas Iptu Tri Wulandani dan anggotanya melaksanakan kegiatan patroli yang ditingkatkan dijalan raya Parangtritis tepatnya di Simpang Empat Paker, Sabtu (30/3/2019)

Kapolsek menerangkan”kegiatan patroli yang ditingkatkan untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas saat liburan weekend.

Patroli sudah menjadi kegiatan rutin, juga merupakan tugas dan tanggung jawab kepolisian dalam menjaga wilayah Hukum Polsek Bambanglipuro agar tetap aman dan kondusif dalam situasi apapun.

“Kami bersama anggota terus pantau arus lalin dan jika arus mulai tersendat segera turun kejalan untuk mengatur arus lalu lintas untuk menghindari kecelakaan lalu lintas” kata Iptu Tri Wulandani.

Polsek Bambanglipuro melaksanakan patroli dengan menggunakan roda dua dan roda empat setiap siang dan malam, sasarannya daerah rawan kejahatan jalanan dan rawan laka lantas ataupun wilayah yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan”. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polres Bantul Terima Tim Penilai Internal Zona Integritas Mabes Polri

Tim Penilai Internal (TPI) Zona Integritas (ZI) dari Mabes Polri dan Polda DIY, mendatangi Mapolres Bantul, Jumat (30/3/2019). Kedatangan Tim untuk melakukan evaluasi penilaian Zona Integritas (ZI) di Polres Bantul, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala Kepolisian Resor Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH dengan didampingi pejabat utama dan Kapolsek Jajaran Polres Bantul menyambut langsung kedatangan tim Mabes Polri tersebut. Tim Penilai Mabes Polri terdiri dari dua orang, yaitu Kombes Pol Drs AA SG Dian Kartini dan AKBP Jumadi. Keduanya didampingi Tim Penilai dari Polda DIY, antara lain AKBP Irene Aju Anggraini Soselisa, Kompol Endang Sri Widiyanti dan Kompol Tri Novi.

Ucapan selamat datang disampaikan oleh Kapolres Bantul kepada Tim Penilai Internal Zona Integritas. Ia berharap dengan adanya pelaksanaan penilaian ZI di Polres Bantul mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan indeks zona integritas yang terdiri dari beberapa komponen penilaian, sehingga apa yang dikerjakan oleh masing-masing anggota mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Kapolres Bantul juga meminta agar tim memberikan asistensi untuk hal-hal yang memerlukan perbaikan terhadap objek penilaian zona integritas di Polres Bantul.

"Saya berharap dengan kedatangan tim ini, dapat memberikan penilaian dan evaluasi terhadap objek penilaian zona integritas tersebut. Sehingga pada saat penilaian oleh tim eksternal nantinya dapat mencapai hasil yang lebih baik dan optimal," kata Kapolres.

Dihadapan tim, Kapolres Bantul juga memaparkan inovasi dan program-program unggulan terkait kesiapan Polres Bantul dalam menghadapi penilaian Zona Integritas.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Kombes Pol Drs AA SG Dian Kartini, dalam sambutannya mengatakan, maksud dilaksanakannya penilaian Zona Integritas (ZI) ini, sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dengan adanya ini, agar institusi Polri menjadi institusi yang nyaman bagi masyarakat, terutama untuk bidang pelayanan publik yang lebih baik.

Untuk membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), maka setiap tahunnya perlu diadakan evaluasi, apakah standar pelayanannya sudah benar atau belum.

“Ini merupakan penilaian dari internal, apabila nantinya ditemukan hal-hal yang masih kurang, agar segera dilakukan perbaikan. Sehingga nanti apabila menghadapi penilaian dari tim eksternal sudah siap," katanya.

Selesai memberikan sambutan, tim penilai kemudian langsung melakukan penilaian terhadap administrasi program beserta para operatornya. Usai memeriksa secara detail, selajutnya tim menuju tempat dilaksanakan pelayanan masyarakat. (Humas Polres Bantul)

Pelantikan Dukuh Dumpuh Dan Staf Honorer Serta Anggota BPD Desa Argodadi

Bhabinkamtibmas Argodadi Aiptu Baryadi mewakili Kapolsek Sedayu menghadiri, Pelantikan Dukuh Pedukuhan Dumpuh dan Staf Honorer serta Anggota BPD  Desa Argodadi di  Balai Argodadi. Kamis, 28 Maret 2019 pukul 10.00 Wib.

Pelantikan ini dihadiri Camat Sedayu, Lurah Desa Argodadi, Kabag Administrasi Pemerintahan Desa Kabupaten Bantul, Kepala KUA Sedayu, Kapolsek Sedayu di wakili Aiptu Baryadi, Danramil Sedayu di wakili Babinsa Argodadi, Ketua BPD Argodadi dan anggota, Pamong Desa Argodadi dan warga Dusun Dumpuh

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh lurah desa Argodadi bapak Suprayitno terhadap sdr. Sarwadi, sebagai Dukuh Pedukuhan  Dumpuh Argodadi.

Dalam acara yang sama  sekaligus,  Peresmian pengangkatan sdri Putri Indri Astuti sebagai anggota BPD pengganti antar waktu Dapil I  Desa Argodadi menggantikan Bapak Waluyo yang mengundurkan diri dari BPD karena mencalonkan Kadus Dumpuh. Selesai pelantikan dilanjutkan Penyerahan SK Staf Honorer  kepada sdr. Muhtarom .

Dalam sambutannya lurah desa menyampaikan,  jabatan adalah titipan dan amanah, apabila bisa menjalankan adalah tugas yang sebenarnya yang harus diemban, pergunakanlah jabatan untuk membantu rakyatnya, sehingga akan tercipta kedamaian ketentraman dan ketertiban. Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 wib dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Sedayu)

Razia Kendaraan Di Halaman Taman Perwacy Banguntapan, Petugas Sita 4 Botol Miras

Petugas gabungan dari Polsek Banguntapan, Piyungan, Pleret dan Polsek Dlingo dipimpin oleh Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH, MH melaksanakan operasi cipta kondisi di wilayah Hukum Polsek Banguntapan, Jumat, 29 Maret 2019 pukul 22.00 Wib.

Operasi cipta kondisi ini dalam rangka melaksanakan program Kegiatan Polisi Yang Ditingkatkan (KKYD) guna mencegah aksi Klitih dan gangguan kamtibmas. Kegiatan berupa patroli dan razia kendaraan di halaman Taman Perwacy Banguntapan

Razia kendaraan dilaksanakan dengan memberhentikan kendaraan bermotor baik R2 dari arah utara dan melakukan pemeriksaan dengan sasaran sajam, miras, narkoba, dan pelanggaran lalu lintas dengan hasil menilang 4 pelanggar lalulintas dan menyita tiga botol miras jenis CIU dari MR dan Rendra Bagus Anggoro Putra serta menyita dua botol miras merk the blues dari FA dan MM.

Kegiatan razia kendaraan berakhir pukul 23.00 Wib, berlangsung aman dan lancar. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan patroli diwilayah hukum polsek masing masing antisipasi gangguan kamtibmas. (Humas Polsek Banguntapan)

Safari Sholat Jumat Di Masjid Miftakhul Sa'adah Dusun Gadungan Jetis

Jum'at, 29 Maret 2019 pukul 12.45 Wib, Kapolsek Jetis AKP M sholeh SH. MM menjadi Khotib dan imam Sholat Jum'at di Masjid Miftakhul Sa'adah dusun Gadungan Pasar Canden Jetis.

Kegiatan ini dalam rangka giat safari Jumat yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat guna menyampaikan dakwah dan pesan pesan kamtibmas ke warga masyarakat. Safari sholat Jumat dihadiri oleh Kapolsek Jetis AKP M Sholeh SH MM didampingi Kanit, Kasi serta anggota, Dukuh Gadungan Pasar bapak Arif winarto, Ketua Takmir bapak H Dahroni dan ratusan jamaah.

Dalam Khutbah Jum'at Kapolsek Jetis mengambil  tema "Manusia sebagai kholifah di bumi". "Khotib mengajak dirinya dan jama'ah Sholar untuk menjauhi larangan dan melaksanakan segala perintah Alloh SWT, karena dalam perjalanan hidup dan kehidupannya, manusia sebagai makhluk Allah pada dasarnya mengemban amanah atau tugas-tugas kewajiban dan tanggungjawab yang dibebankan oleh Allah kepadanya agar dipenuhi, dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya.

Tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi antara lain menyangkut tugas mewujudkan kemakmuran di muka bumi, serta mewujudkan keselamatan dan kebahagiaan hidup di muka bumi, dengan cara beriman dan beramal shaleh, bekerjasama dalam menegakkan kebenaran dan bekerjasama dalam menegakkan kesabaran.

Tugas kekhalifahan merupakan tugas suci dan amanah dari Allah sejak manusia pertama hingga manusia akhir zaman yang akan datang dalam keluarga, masyarakat maupun menjaga alam semesta.

Selesai Sholat Jumat Kapolsek Jetis beramah tamah dengan warga serta menyerahkan Al qur'an kepada ketua Takmir Masjid. (Humas Polsek Jetis)

Pengamanan Pengajian Akbar dan Silaturahmi di Masjid AL Huda Joglo Karangasem

Panit Binmas Polsek Imogiri Ipda Siswanto memimpin pengamanan Pengajian Akbar dan Silaturahmi dengan H Subardi SH MH Calon DPR RI  di Masjid AL Huda Joglo Karangasem Wukirsari Imogiri Bantul, Jumat (29/3/2019) malam.

Dalam sambutannya H Subardi dihadapan sekitar 200 orang warga Dusun Karangasem mengucapkan terimakasih telah diberi waktu dalam acara pengajian akbar ini Serta Memperkenalkan diri dan mohon doa restu dan dukungannya akan maju sebagai DPR RI dari Partai Nasdem.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan pengajian yang diisi oleh Gus Jaroh dari Prambanan  hingga selesai berjalan lancar. (Humas Polsek Imogiri)


Kanit Binmas Polsek Jetis Hadiri Pelantikan Satlinmas Se-Desa Patalan

Kanit Binmas Polsek Jetis Ipda Budiyono mewakili Kapolsek Jetis hadiri kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan Satlinmas se-Desa Patalan di Aula Balai Desa Patalan, Jetis, Bantul. Rabu,27/03/2019

Kegiatan dihadiri jajaran Forkopimcam Jetis, Lurah Ds. Patalan dan Pamong Desa Patalan serta Anggota Satlinmas yang berjumlah 96 orang.

Pengambilan sumpah dan pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pelantikan anggota linmas oleh Kasatpol PP Kab Bantul Bapak Yulius Suharta, S.Sos, M.si.

Camat Jetis Bapak Saryadi, SiP, MSi mengucapkan selamat atas di lantiknya anggota Satlinmas Desa Patalan sebagai tulang punggung ketertiban masyarakat dan penanggulangan bencana.

Namun ada tugas yang tidak kalah penting yaitu sebagai petugas pengaman jalannya pemilu. Bahwa suksesnya pemilu tidak serta merta di laksanakan oleh penyelenggara pemilu namun tidak lepas dari segala upaya petugas penjaga kamtibmas. Untuk itu di perlukan kesiapan petugas linmas sebagai ujung tombak pengaman jalannya pentahapan pentahapan pemilu terutama pada saat pemungutan  suara petugas linmas harus mengerti proses nya sehingga dapat berjalan lancar dan tertib

Tugas-tugas anggota Linmas disamping melaksanakan tugas sosial seperti penanggulangan bencana alam namun juga sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan berkoordinasi dengan POLRI/Polsek, Sat Linmas juga merupakan satuan pengaman jalannya pemilu bersama aparat terkait lainnya", jelas Kasat Pol PP Kab. Bantul.

Pelantikan dan Pengambilan sumpah anggota sat linmas ditutup dengan doa dipimpin oleh ketua KUA Kec. Jetis dan  selama giat berlangsung anggota Polsek Jetis bersama Bhabinkamtibmas desa Patalan Brigadir Fajar Prihantoro laksanakan pengamanan. (Humas Polsek Jetis)

Pengamanan Pagelaran Ketoprak Mataram Di Balai Desa Murtigading Sanden

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Polsek Sanden Aiptu Sabari menghadiri dan melaksanakan pengamanan Pagelaran Ketoprak Mataram di Balai Desa Murtigading, Sanden, Bantul, Jumat (29/03/2019) pukul 20.00 Wib.

Pagelaran Ketoprak Mataram  tersebut diselenggarakan oleh Paguyuban Abdi Dalem Karaton Ngayogjokarto Hadiningrat Kabupaten Bantul dengan mengambil judul "Jumenengan Adipati Anom (Purbo Kastowo) dengan Bintang Tamu Dalijo dan Rini.

Acara dihadiri anggota DPRD Propinsi DIY KPH. Purbodiningrat, SE, MBA, Lurah Desa Murtigading beserta Pamong Desa, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Aiptu Sabari, Babinsa, Ketua Panwascam Sanden H. Karyanto dan anggota, Ketua BPD dan anggota, Ketua abdi dalem serta penonton dari warga sekitar.

Lurah Desa Murtigading Drs Sutrisno dalam sambutanya menyampaikan atas nama Pemerintah Desa Murtigading mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan yang telah hadir pada acara Pagelaran Ketoprak Mataram. Dan juga kepada Paguyuban Abdi Dalem atas kerja samanya dalam menyelenggarakan pagelaran ketoprak di Balai Desa Murtigading. Pemerintah Desa merasa bangga dan sangat mendukung acara pementasan Seni Budaya Ketoprak Mataram. Kalau bukan kita siapa yang akan menjaga dan memelihara budaya kita," ucap Lurah Desa Murtigading.

Anggota DPRD Propinsi DIY KPH Purbodiningrat, SE, MBA dalam sambutanya mengajak kepada semua masyarakat untuk menjaga dan memelihara budaya yang kita miliki. Karena budaya adalah salah satu pemersatu bagi kita, pungkasnya. (Humas Polsek Sanden)

Antisipasi Kejahatan Jalanan, Petugas Gabungan Polsek Rayon 1 Patroli Di Wilayah Kasihan

Petugas Gabungan Rayon I terdiri dari anggota Polsek Kasihan, Polsek Sedayu, Polsek Pajangan dan Polsek Pandak melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) berupa operasi cipta kondisi dipimpin oleh Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH didampingi Kanit Reskrim Kasihan Iptu  Arujiyanto, Jumat (29/03/2019) malam.

Sasaran giat operasi Cipta kondisi ini yaitu kejahatan jalanan (Klitih), Sajam, Miras, Narkoba, Handak, curas, curat dan barang lainya yang bisa mengganggu kamtibmas.

Pelaksanaan operasi yaitu dengan dengan patroli di wilayah hukum Kecamatan Kasihan dan melakukan operasi pemeriksaan kendaraan dan orang di Semar Billiard dan Futsal jalan Nitiprayan Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Namun hasilnya dalam pemeriksaan ini tidak ditemukan pelanggaran hukum maupun barang bukti.

Dalam kesempatannya saat patroli para petugas menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga yang ditemui agar meningkatkan kewaspadaan dan melaporkan ke polisi bila melihat hal hal yang mencurigakan. Kemudian kepada anak-anak yang bergerombol dijalan dilakukan pemeriksaan dan agar segera membubarkan diri pulang kerumah masing-masing karena sudah larut malam.

Selesai patroli diwilayah hukum Polsek Kasihan, para petugas melanjutkan patrolinya ke wilayah hukumnya masing masing. (Humas Polsek Kasihan)

Polsek Kretek Amankan Pengajian Umum Program Restorasi Sosial di Balai Desa Tirtomulyo

Personel Polsek Kretek mengamankan pengajian umum dalam rangka Program Restorasi Sosial di aula Balai Desa Tirtomulyo Kretek Bantul, Jum'at (29/03/2019) malam.

Kegiatan Program Restorasi Sosial dengan tema Gerbangpraja (Gerakan Bangga Penggunaan Aksara Jawa) yang diselenggarakan dari Dinas Sosial Provinsi DIY ini bekerja sama dengan DPRD Provinsi DIY Komisi D.

Pengajian bersama KH Syahrin dari Sleman ini dihadiri oleh Drs H Suwardi anggota DPRD Provinsi DIY, mewakili Camat Kretek Kasi Kemas Suroto SE, Lurah Desa Tirtomulyo Drs Sujadi beserta pamong, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta ratusan jama'ah.

Sekertaris DPRD Provinsi DIY komisi D Drs H Suwardi dalam sambutannya merasa senang kepada tokoh agama maupun tokoh masyarakat yang hadir pada kesempatan ini.

“Pemerintah DIY sesuai UU no 23 tahun 2012 memiliki satu tekat yaitu bangga terhadap penggunaan bahasa Jawa. Aksara jawa merupakan cipta karya yang tidak luntur, dan itu bisa berhasil jika seandainya masyarakat mendukung kegiatan seperti malam ini. Pada intinya kita tidak melupakan kebudayaan Jawa dengan Gerbangpraja,” katanya.

Sedangkan KH Syahrin dalam tausyiahnya berpesan agar dalam tahun politik ini marilah kita ciptakan pemilu 2019 yang aman dan damai serta sejuk tidak ada perpecahan antar warga.

Selama berlangsungnya kegiatan berjalan aman dan lancar serta kondusif dengan pengamanan oleh personel Polsek Kretek Bersama Koramil. (Humas Polsek Kretek)

Hati-Hati! Jelang Lebaran Rawan Terjadi Tindak Kejahatan

Personel Polsek Imogiri menghadiri pengajian rutin bersama instansi yang digelar setiap Jumat pagi di Aula Kecamatan Imogiri, Jumat (29/3/2019) pagi.

Pengajian tersebut juga diikuti segenap Karyawan Kecamatan Imogiri, Koramil Imogiri, staf KUA  Imogiri dan pamong desa Imogiri.

Dalam pengajinan tersebut tausiyah diisi oleh Al Ustadz Suhari S.Ag dari KUA Imogiri dan dihadiri oleh Muspika Imogiri  dan instansi terkait lainnya kurang lebih 50 jamaah.

Ustadz Suhari dalam ceramahnya mengatakan perbedaan merupakan sarana meningkatkan kualitas diri. Pada intinya perbedaan itu adalah sesuatu yang tidak dapat dihilangkan dalam kehidupan, bahkan bisa dikatakan bahwa perbedaan itu sunatullah. Oleh sebab itu perbedaan tidak boleh disikapi  dengan negatif, karena dapat merusak kerukunan dan memecah belah umat.

Dalam kesempatan ini  Kanit Binmas AKP Suharyono menyampaikan pesan Kamtibmas menjelang puasa dan lebaran. dimana biasanya sering terjadi tindak kejahatan karena adanya kebutuhan jelang lebaran yang meningkat.

Untuk itu, masyarakat diminta waspada agar terhindar dari segala bentuk kejahatan. (Humas Polsek Imogiri)

Personel Polsek Bambanglipuro Ikuti Pengajian Bersama Antar Instansi

Personel Polsek Bambanglipuro menghadiri pengajian rutin bersama instansi yang digelar setiap Jumat pagi di gedung Puskesmas Bambanglipuro, Jumat (29/3/2019) pagi.

Pengajian tersebut juga diikuti segenap Karyawan Kecamatan Bambanglipuro, Koramil Bambanglipuro, staf KUA  Bambanglipuro dan pamong desa Bambanglipuro.

Dalam pengajinan tersebut tausiyah diisi oleh Ustad H.Harpiyanto M.Si dari Banguntapan.

Ustadz Harpiyanto dalam ceramahnya mengatakan akan arti pentingnya menghadiri pengajian. Menghadiri pengajian merupakan salah satu wujud syukur kepada Allah SWT. Sebagai umat muslim, dengan menghadiri pengajian akan mendapat pahala, juga sebagai ajang untuk menuntut ilmu.

Kegiatan berakhir pukul 10.00 WIB berjalan aman dan tertib. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Pleret Amankan Kampanye Terbatas Calon DPD RI Dapil DIY Di GOR Segoroyoso

Kapolsek Pleret AKP Sumanto SH memimpin pengamanan kegiatan kampanye terbatas Calon Anggota DPD RI Dapil DIY Dr. H. Hilmy Muhammad MA yang digelar di GOR Desa Segoroyoso, Pleret, Bantul pada Kamis (28/3/2019) malam.

Pengamanan tersebut guna memastikan selama kegiatan kampanye berjalan dengan lancar dan aman.

Sementara itu, kegiatan kampanye juga dihadiri oleh Caleg DPR RI H. Sukamto SH, Caleg DPRD DIY Drs. H. Aslam Ridlo, KH. Hasan Abdillah dari Mlangi Sleman, Ust. Miftahul Khoir dari Lamongan, KH. Drs. Ihsanudin Lc dari PP Binaul Ummah, KH. Za'imul Umam dari Jejeran Wonokromo Pleret, Pengurus MWC NU Kecamatan Pleret serta warga Nahdiyin wilayah Kecamatan Pleret.

Hadir pula Ketua Panwascam Pleret Tadhorungin HD untuk melakukan monitoring selama kampanye berlangsung.

Dalam kampanye tersebut, Dr. H. Hilmy Muhammad MA mensosialisasikan pencalonannya sebagai anggota DPD RI Dapil DIY, sekaligus mohon doa restu kepada warga masyarakat khususnya para Nahdiyin.

Kegiatan kampanye juga dirangkai dengan acara Istighosah Kubro dalam rangka pemenangan Kader-kader Nahdhatul Ulama Se DIY pada Pemilu 2019. (Humas Polsek Pleret)


29 March 2019

Polsek Kasihan Amankan Pelaku Pencurian Uang Di Dusun Ngrame

Jumat, 22 Maret 2019 sekitar pukul 14.30 Wib, Polsek Kasihan mengamankan pelaku pencurian uang berinisial RW (24) Mahasiswa warga  Sundan, Lengkiti Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Adapun Korban adalah Vendi Ardianto, Mahasiswa warga Ngrame, Tamantino, Kasihan, Bantul.

Selain menangkap pelaku, Petugas juga berhasil mengamankan Barang Bukti berupa uang sebesar Rp 2.722.000 serta  satu unit sepeda motor Honda Beat No. Pol B 6494 CPO sebagai sarana.

Awal mula kejadian pada saat Saksi Natalina Kristanti (26) warga setempat, sedang membuang sampah botol di depan Warung melihat seorang laki laki tidak dikenal masuk kedalam toko dan mengambil uang di dalam toples.

Melihat hal tersebut saksi masuk kerumah untuk memberi tahu korban, setelah itu korban menangkap pelaku dan menggeledahnya ternyata ada uang di saku sebelah kanannya.

Tak lama kemudian datang Bhabinkamtibmas Tamantirto Brigadir Agus beserta warga datang ke TKP dan menggeledah pelaku menemukan uang lagi hasil curianya. Jadi uang hasil dari penggeledahan pada tubuh pelaku seluruhnya berjumlah 2.722. 000  rupiah.

Karena berdasarkan bukti yang cukup, lalu pelaku ditahan di Mapolsek Kasihan untuk proses penyididkan lebih lanjut. (Humas Polsek kasihan)

Bhayangkari Ranting Srandakan Bagikan Sembako Ke Lokasi Bencana Alam Di Imogiri

Perwakilan Bhayangkari Ranting Srandakan dipimpin oleh Ny. Novi Frangky memberikan bantuan kepada korban bencana banjir dan tanah longsor di wilayah kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, Rabu, 27 Maret 2019 pukul 08.30 wib.

Adapun bantuan tersebut diberikan kepada warga Dusun Kradenan Girirejo Imogiri Bantul, bantuan diterima oleh perwakilan warga ibu Sarjiman. Kemudian di Dusun Numpukan Karangtengah Imogiri Bantul, bantuan diserahkan kepada warga diwakili oleh ketua RT setempat bapak Handoko.

Penyaluran bantuan berupa paket sembako ke korban bencana alam ini merupakan bagian dari kepedulian Bhayangkari Ranting Srandakan, dengan harapan dapat meringankan beban warga yang sedang tertimpa musibah bencana alam.

Pada pukul 11.00 wib seluruh rangkaian kegiatan bhakti sosial Bhayangkari Ranting Srandakan berakhir, selanjutnya rombongan Bhayangkari kembali ke Polsek Srandakan situasi aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)

Pengajian Rutin Setiap Hari Rabu Pagi Di Polsek Srandakan

Sudah merupakan kegiatan rutin setiap hari Rabu pagi, setelah melaksanakan apel pagi Personil Polsek Srandakan yang beragama islam melaksanakan kegiatan pengajian rutin di Musholah Al Iklas Polsek Srandakan. Rabu, 27 Maret 2019 dimulai pukul 08.30 Wib.

Pengajian rutin tersebut diawali dengan membaca Surat Yasin serta tahlil yang dipandu Panit Binmas Iptu Isnen Haryanto kemudian dilanjutkan dengan doa agar dalam pelaksanaan tugas sehari-hari selalu diberikan kelancaran serta keselamatan dan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Srandakan tetap kondusif.

Pengajian rutin bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan sebagai upaya meningkatkan karakter anggota Polri khususnya Polsek Srandakan yang humanis dan berakhlak mulia.

Pada pukul 09.15 Wib kegiatan pengajian rutin di Musholah Al iklas Polsek Srandakan berakhir dalam keadaan aman dan lancar, selanjutnya anggota Polsek Srandakan melaksanakan tugas sesuai fungsi masing masing. (Humas Polsek Srandakan)

Anggota Polsek Dlingo Mengikuti Pengajian Rutin

Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Masa Esa, anggota Polsek Dlingo mengikuti pengajian rutin bersama forkompincam Dlingo di rumah kampung pendopo kecamatan Dlingo. Jumat, 29 Maret 2019.

Pengajian ini rutin dilaksanakan setiap minggu ke 4 setiap bulan dan tempatnya bergilir sesuai dengan jadwal kegiatan pengajian.

Untuk kecamatan Dlingo kegiatannya selain pengajian juga diadakan olah raga bersama atau mengadakan pemberantasan sarang nyamuk ( PSN ) di setiap hari jumat.

Diadakan pengajian rutin ini bertujuan  supaya kesehatan jasmani dan kesehatan rohani menjadi seimbang bagi semua karyawan karyawati dan anggota TNI Polri dilingkungan kecamatan Dlingo, karena dengan jasmani yang sehat rohani yang sehat kita dapat melaksanakan kewajiban dan pelayanan terhadap masyarakat dengan prima dan baik.

Pengajian kali ini menghadirkan ustadz dari Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Dlingo bapak Ustadz Haryanto.

Ustadz Haryanto pada kesempatan ini memberikan ceramah tentang tujuan hidup. Tujuan hidup kita adalah bahagia dunia dan bahagia akherat atau yang biasa di sebut selamat dunia dan akherat.

Untuk mencapai kebahagian itu menurut ustadz kita harus selalu bersyukur terhadap nikmat  yang di berikan Allah SWT kepada kita, rasa syukur kita tidak hanya ucapan saja juga rasa syukur secara zakat mal karena harta kekayaan kita termasuk gaji kita 2,5% adalah milih orang lain.

Selain kita harus selalu bersyukur  untuk mencapai bahagia dunia akhirat itu kita harus mempunyai pasangan hidup yang sholeh dan sholehah sehingga terwujud adanya rumah tangga yang sakinah, mawadah  dan warohmah.

Selain kedua unsur diatas untuk mencapai kebahagian dunia akherat kita harus memilik keturunan atau anak yang sholeh dan sholehah berbakti kepada orangtua, yang dapat mendoakan kepada kedua orang tuanya.

Acara pengajian ini diikuti oleh forkompincam, anggota polsek Dlingo, anggota koramil Dlingo lurah beserta stafnya sekecamatan Dlingo  dan para pegawai staf instansi terkait.

Acara berjalan penuh dengan hikmat dan diakhiri dengan penutup doa dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas polsek Dlingo)

Anggota Polsek Banguntapan Membersihkan Sungai Gakah Wong Di Jagalan

Dalam rangka menyambut peringatan Hari air sedunia yang ke 27, anggota Polsek Banguntapan berama unsur Muspika Banguntapan bekerjasama dengan asosiadsi komunitas Sungai Yogyakarta (AKSY) serta di dukung Pemda DIY, PUP-ESDM, BBWS-SO,  Pemkot Yka,  Pemda Bantul dan Forsidas Gajah wong melaksanakan kerja bakti membersihkan sungai Gakah Wong Jagalan Banguntapan Bantul, Jumat, 29 Maret 2019 pukul 07.00 Wib.

Pada hari Minggu tanggal 31 Maret 2019 di tempat ini akan diselengarakan giat puncak acara peringatan Hari air sedunia yang akan dihadiri oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Selain itu juga tempat ini akan dijadikan pengembangan desa wisata memanfaatkan aset atau potensi Sungai Gajah Wong dengan harapanan menambah obyek wisata (perahu karet) sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga lingkungan sekitarnya.  (Humas Polsek Banguntapan)

Kanit Reskrim Polsek Pleret Binluh Kenakalan Remaja Di SMP N 2 Pleret

Kanit Reskrim Polsek Pleret, Aiptu Sarjono, menjadi narasumber dalam kegiatan binluh (pembinaan dan penyuluhan) yang dilaksanakan di SMP N 2 Pleret, Kamis (28/3/2019) pagi. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi Kelas IX dengan materi tentang kenakalan remaja.

Menurut Kanit Reskrim, binluh dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pengenalan hukum dan untuk menghindarkan peserta didik SMP dari masalah kenakalan-kenakalan remaja. Selain itu, agar para siswa lebih mendalami dan mengetahui jenis, macam, bahaya serta dampak buruk akibat dari kenakalan remaja, sehingga memberikan kesadaran bagi para siswa untuk menjauhinya.

Ia menambahkan, melalui penyuluhan ini diharapkan para siswa dapat menanamkan sikap disiplin agar generasi muda dapat benar-benar memahami aturan dan norma-norma yang berlaku. (Humas Polsek Pleret)

Giat Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Di Gedung Jec Banguntapan

Selasa, 26 Maret 2019 mulai pukul 09.00 Wib di Hal A dan B gedung JEC Banguntapan Bantul telah berlangsung peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa menuju desa maju dan mandiri se wilayah kerja balai pemerintahan desa Di Yogyakarta.

Kegiatan dihadiri oleh Hadi Parbowo (Sekjen Kemendagri), Dr Tarmizi A Karim (Dirjen Bina Pemerintahan Desa kemendagri), Ir Gatot Saptaji (Sekda DIY mewakili Gunernur DIY), Brigjen TNI M.Zamroni (Danrem 072/Pamungkas), Irjen Pol Drs Ahmad Dhofiri, SH. MH. SIK (Kapolda DIY&narasumber), Letkol Kav Didi Karsidi (Dandim O729 Bantul), AKBP Sahat M Hasibuan (Kapolres Bantul), Kompol Suhadi SH MH (Kapolsek Banguntapan), Kapten Inf Nuryanto (Danramil Banguntapan)

Laporan Dirjen Bina Pemerintahan Desa kemendagri bapak Dr Tarmizi A Karim menyampaikan bahwa narsumber pada kegiatan ini akan menyampaikan tentang pengelolaan dana desa guna mendukung desa mandiri dan sejahtera, dari Kapolda DIY akan menyampaikan peran polri dalam mengawal dana desa untuk mendampingi dana desa yang kamtibmas dan kondusif. Kemudian dari BPK akan menyampaikan materi pengawasan dan desa. Dari KPK juga akan menyampaikan materi dalam pencegahan penyelewengan dan pengawasan dana  desa.

Penyerahan piagam dan Pengarahan oleh Sekjen Kemendagri Hadi Parabowo sekaligus membuka Acara secara resmi, ditandai dengan Pemukulan Gong).

Dalam arahannya menyampaikan bahwa saya atasnama pemerintah pusat mengucapkan terimaksih kepada aparatur desa yang telah iklas dan mengabdi. Desa diberi kewenangan yang lebih luas baik dalam penyelenggaraan maupun administrasi penggunaan anggaran.

Dengan UU no 6 thn 2014 menuju kemandirian desa tentunya tergantung kapasitas dana desa dalam menyelenggarakan kewenangan dalam otonomi, pelayanan pembangunan maupun pemerintahan. Disisi lain diberikan keleluasan dalam dana desa maka dituntut kepala desa menggunakan dengan baik.

Sejak tahun 2015 dialokasikan oleh 20,7 T meningkat 46.98 T, thn 2017 dan 2018 46 T dan tahun ini bapak.Jokowi meningkat 70 T. Jadi bantuan desa dari pemerintahan presiden Jokowi  danan desa 257 T. Pembangunan jalan, pasar desa 1600, posyandu 11.500, paud 18 ribu jembatan sepanjang 791 ribu m. Hal ini membuktikan dana desa konkrit direalisasikan untuk peningkatan kemajuan desa. (Humas Polsek Banguntapan)

Polsek Kretek Santuni 14 Anak Yatim Di Desa Tirtosari

Mewakili Kapolsek Kretek, Panit lalu lintas Iptu Tujiyanto menyerahkan pemberian santunan anak yatim di gedung pertemuan balai desa Tirtosari Kretek. Jum'at,   (29/03/2019) pagi.

Bhakti sosial tersebut dihadiri oleh Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH bersama Forkom Pimcam,Kepala KUA Mustafid Amna S.Ag, Lurah dan pamong se kecamatan Kretek, instansi terkait, puluhan masyarakat dan penerima santunan.

Pemberian tali asih yang berupa santunan terhadap anak yatim ini bersamaan dengan pengajian binrohtal Forkom Pincam dan Instansi terkait dengan penceramah Lurah desa Tirtomulyo Drs. Sujadi

Adapun yatim piatu yang disantuni berjumlah 14 anak yang berasal dari beberapa dusun se desa Tirtosari.

Drs Sujadi dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa ada 10 golongan orang dijanjikan Allah diakherat kelak akan diberi pahala besar, kesepuluh tersebut diantaranya : Muslimin, Mukminin, Mafiroh, Khoti'in, Sodikin, Sobirin, Kosi'in, Mustaqimin, Dzakirin.

Iptu Tujiyanto mewakili Kapolsek Kretek yang didampingi para Bhabinkamtibmas dalam kesempatannya secara simbolis berkenan menyerahkan tali asih berupa santunan kepada perwakilan masing-masing anak yatim.

Dalam sambutannya Iptu Tujiyanto memohonkan pamit dan permohonan maaf bahwa Kapolsek Kretek tidak bisa hadir ditengah-tengah acara ini dikarenakan ada tugas yang tidak bisa diwakilkan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Polsek Kretek mempunyai program peduli sesama berupa bakti sosial pemberian tali asih penyantunan kepada anak yatim piatu secara berkesinambungan di lima desa se kecamatan Kretek, ini juga merupakan kepedulian Polsek Kretek terhadap sesama, teriring harapan semoga dengan santunan yang tidak seberapa ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Diakhir sambutannya Iptu Tujiyanto berpesan agar anak-anak rajin beribadah dan belajar yang diiringi dengan doa untuk mencapai cita-citanya. (Humas Polsek Kretek).

Panit Intel Polsek Kretek Hadiri Rakor Penertipan APK di Depok

Bertempat di Warung makan Bebek Goreng Madiyo dusun Depok Parangtritis Kretek Bantul telah dilaksanakan kegiatan Rapat koordinasi Panwaslucam terkait penertiban APK (Alat Peraga Kampanye) dengan Forkompincam Kretek. Kamis, (28/03/2019) pukul 11.00 wib.

Rakor dihadiri oleh Camat kretek Cahya Widada S.Sos, MH, mewakili Kapolsek Kretek panit Intel Ipda Wiyono, Danramil Kretek Kapten Mardiyono, Ketua Panwaslucam Kecamatan Kretek Darmanto, Ketua PPK Kretek Hartanto, Kasi Trantip Edy, seluruh Bhabinkamtibmas  dan Babinsa se Kecamatan Kretek.

Ketua Panwaslucam Kecamatan Kretek Darmanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir dalam kegiatan Rapat koordinasi tingkat Forkompincam Kretek dan minta maaf jika dalam menyambut ada kekurangannya.

Kegiatan penertiban APK merujuk surat Bawaslu Bantul No P. 0099/ Bawaslu - Bantul / K/PM/02/2019 tgl 20 Februari 2018 tentang Pemberitahuan APK di tingkat kecamatan. Kegiatan penertiban APK mandiri ini merupakan tindak lanjut kegiatan dari tim Bawaslu yang belum bisa menyeluruh.

Kami dari Panwaslucam mohon bantuannya untuk mendukung dalam kegiatan penertiban APK yang ada di wilayah Kretek yang masih melanggar ketentuan sesuai peraturan Bawaslu. Untuk rencana penerbitan selama menjelang pemilu akan dilaksanakan 2 kali. Pada kesempatan pertama akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 2 April 2019.

Sebelum pelaksanaan penertiban Panwaslucam Kec Kretek akan memberi tahukan kepada peserta pemilu / partai politik yang bersangkutan, jelasnya.

Camat Kretek Cahyo Widodo S.Sos, MH dalam sambutannya mengharapkan untuk penertiban APK perlunya koordinasi kepada pihak peserta pemilu agar dalam penertiban APK tidak terjadi salah komunikasi dan mengharap kerja samanya dari pihak PPK serta Panwaslucam Kretek agar wilayah Kretek pada pemilu tahun 2019 terdapat aman, lancar dan kondusif, pungkasnya.

Sedangkan Ipda Wiyono dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Polsek Kretek mendukung dan akan melakukan pendampingan terhadap Bawaslucam dalam melaksanakan penertipan APK,untuk itu diharap memberi informasi apa bila akan melaksanakannya, ucapnya. (Humas Polsek Kretek).

Pengamanan Sepak Bola Liga Kretek Ke IX Th 2019 Di Lapangan Mojo

Personil Polsek Kretek dipimpin Pawas Ipda Sutoto melaksanakan pengamanan pertandingan sepakbola Liga Kretek ke 9 di Lapangan Mojo Desa Donotirto, Kretek,  Bantul. Kamis,(28/03/2019) sore.

Pertandingan sore ini mempertemukan kesebelasan Gema Metuk melawan Rotag Glondong dipimpin Wasit Dadang dengan Assisten Wasit I Alfian dan Assisten Wasit II Danu.

Kegiatan berakhir pukul 17.10 wib dengan hasil imbang 0 - 0. Selama berlangsungnya pertandingan berjalan dengan lancar dan kondusif. (Humas Polsek Kretek).

Kapolda DIY Hadiri Giat Rapat Senat Terbuka Dan Milad UMY Ke 38

Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si menghadiri giat rapat senat terbuka dan milad UMY ke 38 di Kampus UMY, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Kamis (28/03/2019). pengamanan kegiatan adalah dari anggota Polsek Kasihan dipimpin oleh Kapolsek Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH.

Pidato milad oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Turki, Dr Lalu Muhammad Iqbal. Dalam pidatonya menyoroti terkait sikap kebijakan luar negeri dari Indonesia.

Iqbal menuturkan kehadirannya di UMY bisa dibagi dalam dua dimensi. Pertama, sebagai praktisi hubungan internasional dan yang kedua sebagai alumni UMY. Sebagai praktisi hubungan internasional, Iqbal mengungkapkan beberapa pandangannya seperti soal DNA kebijakan luar negeri (DNA of Foreign Policy).

“Kebijakan luar negeri Indonesia sudah dikontemplasikan dengan sangat baik oleh para pendiri bangsa, tercermin pada apa yang disebut Mohammad Hatta sebagai Berlayar di antara Dua Karang,” jelas Iqbal.

Hal ini bisa diartikan, sebutnya, kebijakan luar negeri Indonesia tak boleh terkooptasi dalam satu kekuatan tertentu. Indonesia tak memiliki kepentingan mendorong kekuatan tunggal di dunia. Kepentingan Indonesia adalah mendorong munculnya kekuatan-kekuatan global yang saling mengimbangi, karena disitulah Indonesia bisa bermain dengan maksimal.

“Di tengah lautan kekuatan global itu, Indonesia tak boleh menepi ke satu karang. Indonesia harus tetap berlayar di antara karang-karang,” ujarnya.

Sebagai dimensi alumni, Iqbal antara lain memaparkan, Tri Dharma Perguruan tinggi berisi pengajaran, penelitian dan pengabdian. Kredo perguruan tinggi di Indonesia ini sesungguhnya sudah dikerjakan dengan sangat otentik oleh pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan. Misalnya, dengan tekun memberi pengajaran tentang Islam yang benar dan membumi. Selain itu juga menegakkan ajaran agama dengan basis riset sebagaimana bisa disimak dari upanya mencari arah kiblat yang presisi dari masjid dan surau yang dibangun.

“Dalam soal pengabdian, beliau adalah contoh hidup dari tokoh yang mengabdikan hampir seluruh hidupnya untuk komitmen keummatan,” urai Iqbal.

Sementara itu Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP dalam laporan pidato miladnya antara lain menyatakan dalam menerapkan visi dan misinya, UMY terus berkembang untuk dapat menjawab kebutuhan serta persoalan yang ada di masyarakat. Dalam bidang akademik misalnya, telah mengembangkan sistem pembelajaran secara e-learning. Lalu untuk meningkatkan produksi ilmu pengetahuan, telah mengalokasikan dana internal untuk hibah penelitian.

“Semoga dengan berbagai capaian yang ada dapat mendorong bagi seluruh civitas akademika UMY untuk semakin menggelorakan semangatnya dalam berkontribusi pada ilmu pengetahuan dan masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik,” tuturnya. (Humas Polsek Kasihan)