31 January 2020

Bhabinkamtibmas Sidomulyo Sambang ke Tokoh-Tokoh Agama

Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto melaksanakan sambang ke Tokoh-tokoh agama yang berada diwilayah desa Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Jumat (31/01/2020) pagi.

Dengan sambang silaturrahmi ini diharapkan dapat memeperkuat kemitraan Polri dan Masyarakat dalam menjaga kamtibmas khususnya di wilayah desa Sidomulyo Bambanglipuro.

Bhabinkamtibmas Sidomulyo mengatakan bahwa tokoh agama diharapkan dapat berperan sebagai pembimbing dan pelayan umat, artinya bisa membimbing atau memberikan pemahaman kepada umat agar dapat saling hormat menghormati antar umat pemeluk agama. Selain itu diharapkan pesan - pesan kamtibmas yang dilaksanakan oleh petugas Kepolisian dapat di teruskan kembali oleh pemuka sehingga situasi kamtibmas selalu terjaga.

Adapun tokoh masyarakat dan tokoh agama yang dikunjungi oleh Bhabinkamtibmas Sidomulyo yaitu Ketua FKUB Kecamatan Bambanglipuro M.Mujadi dusun Glodogan RT 05, Pengasuh TPA Al Fikri Mujiyanto dusun Glodogan RT 04 dan Pengasuh Madrasah Diniyah Abdul Bari Ustadz Jamhari dusun Turi RT 02 Sidomulyo Bambanglipuro.

Kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut diharap dapat mencegah agar isu yang menyesatkan/tidak benar yang berkembang dapat diklarifikasi kebenarannya,” pungkas Aipda Siswanto. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Personel Polsek Pleret Pengamanan Jalur Rombongan Presiden RI

Kapolsek Pleret AKP Riwanta memimpin pengamanan jalur yang dilalui rombongan Presiden RI Jokowi dalam kunjungannya ke Imogiri, Bantul pada Kamis (30/1/2020) malam.

Pengamanan tersebut dilakukan di sepanjang jalan Jl. Imogiri Timur wilayah Pleret. Dimana di setiap penggal jalan ditempatkan personel baik dari Polsek Pleret, Polres Bantul maupun Kodim Bantul.

Terpantau pengamanan jalur yang dilalui rombongan Presiden RI di wilayah Pleret berjalan lancar dan aman, baik saat keberangkatan maupun sekembalinya dari Imogiri. (Humas Polsek Pleret)

Tiga Tahun Pengabdian, LOY41IT45 Gelar Bakti Sosial di Panti Asuhan Yatim Piatu Al Huda Pucung

Ikatan Alumni Diktukba Polri TA 2017 angkatan 41 dan 45 Yogyakarta yang tergabung dalam komunitas LOY41IT45 menggelar bakti sosial di Panti Asuhan Yatim Piatu Al Huda Pucung Wukirsari Imogiri Bantul Yogyakarta, Rabu (29/1/2020).

Ketua pelaksana bakti sosial Bripda Rio Pradita Putra mengatakan, kegiatan bakti sosial ini dalam rangka tiga tahun pengabdian Alumni Diktukba Polri TA 2017 angkatan 41 dan 45 Yogyakarta.

Dalam kegiatan tersebut, diserahkan bantuan berupa sembako, perlengkapan mandi dan uang tali asih.

Rio berharap, bantuan tersebut dapat membantu operasional Panti Asuhan Yatim Piatu Al Huda. “Semoga bantuan yang kami serahkan ini, dapat bermanfaat bagi anak-anak panti,” ujar Rio.

Sementara itu, Pimpinan Panti Asuhan Yatim Piatu Al Huda H Suratman menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ikatan Alumni Diktukba Polri TA 2017 angkatan 41 dan 45 Yogyakarta atas bantuan yang diberikan.

“Semoga bantuan ini dapat membantu anak-anak kami,” ujarnya. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Piyungan Hadiri Verifikasi Lapangan Lomba Pokdarwis di Pasar Kebon Empring

Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta menghadiri Verifikasi Lapangan Lomba Pokdarwis Tingkat Kabupaten Bantul di Obyek Wisata Pasar Kebon Empring Bintaran Wetan Srimulyo Piyungan, Rabu (29/1/2020).

Kegiatan juga dihadiri oleh Ketua Tim Yuri Antoni, ST, MT, Pemred SKH Kedaulatan Rakyat Drs. Octo Lampito, Gabungan Industri Pariwisata Desta, Sekcam Piyungan Drs. Roy Robert, PJ Lurah Srimulyo Dra. Tutik Nurhayati, Ketua Pokdarwis Srimulyo Faisal serta tamu undangan lainnya.

Sambutan Tim Yuri Antoni, ST, MT mengatakan kedatangan tim ke Piyungan adalah dalam rangka memberikan penilaian pada lomba pokdarwis. “Kami berharap nantinya dengan promosi yang bagus, destinasi-destinasi wisata yang ada di Srimulyo dapat semakin berkembang dikenal oleh masyarakat luas, memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat,” katanya. Humas Polsek Piyungan)

Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Hadiri Tahlilan Almarhumah Ibu Ngadilah

Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Brigadir Ahmad Rifaki bersama Babinsa dan Pamong Desa mengikuti dzikir dan tahlil di rumah almarhumah Ibu Ngadilah di Kiyaran, Sumberagung, Jetis, Bantul. Rabu, (29/09/2019) pukul 19.30 Wib.

Dzikir dan tahlil dilaksanakan dalam rangka memberikan tujuh hari meninggalnya almarhumah Ibu Ngadilah yang merupakan ibu kandung dari Kepala Dukuh Kiyaran, Sumberagung, Jetis, Bantul.

Selesai tahlilan dilanjutkan ramah tamah, dalam kesempatanya Brigadir Ahmad Rifaki menyampaikan pesan-pesan kamtibmas diantaranya antisipasi berita-berita hoax yang beredar di medsos, serta mengajak warga masyarakat untuk selalu menjaga kamtibmas bersama. (Humas Polsek Jetis).

Pengajian Forkom Pimcam Kretek Di Balai Desa Tirtohargo

Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin beserta beberapa anggota mengikuti pengajian yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Kretek di gedung pertemuan desa Tirtohargo Kretek Bantul. Jum'at pagi, 31/01/2020.

Pada kesempatan ini hadir Camat Kretek Cahya Widada S. Sos, MH, Kepala KUA Mustafid Amna S.Ag, kepala Puskesmas drg. Yuni Astuti, Kepala instansi, Lurah sekecamatan, staf dan pegawai di instansi pemerintahan di wilayah Kretek.

Dalam tausiahnya Ustadz Suroyo dari Jomblang, Sidomulyo, Bambanglipuro menyampaikan bahwa Alloh telah berwasiat, yang diantaranya agar kita memperbanyak dalam beramal sholeh, sebagai orang tua kita wajib mendidik anak agar menjadi anak yang Sholeh/Sholehah, wajib berbakti kepada kedua orang tua,laksanakan wasiat orang tua meskipun sudah meninggal, menyambung persaudaraan yang sudah putus, mulyakan teman orang tua.

Sudah selayaknya setiap manusia untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diterima. Bersyukur merupakan perbuatan dengan maksud berterimakasih atas segala limpahan nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Diakhir tausyiahnya Ustadz Suroyo berpesan agar kita sebagai orang tua jangan mengucap yang sifatnya menghakimi anak,karena akan menjadi kenyataan. (Humas Polsek Kretek)

Polsek Piyungan Laksanakan Binluh di SLB Dharma Bhakti

Polsek Piyungan melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kamtibmas di SLB Dharma Bhakti Piyungan Srimartani Piyungan Bantul, Rabu (29/1/2020).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta, Waka Polsek Piyungan AKP Suharyanta SH, Aipda Retno Indrawati, Briptu Melani, Bripda Nidya, Kepala SLB Dharma Bhakti Ibu Lutvi, Guru dan Karyawan, Siswa SLB Dharma Bhakti kurang lebih 64 anak.

Kegiatan binluh diisi dengan materi peraturan lalu lintas, kejahatan jalanan, narkoba dan radikalisme. Selain itu juga diberikan pengetahuan tindak pidana berkaitan asusila.

Acara berlangsung dengan aman tertib dan lancar. (Humas Polsek Piyungan)

Menjaga Gaya Hidup Sehat, Kapolsek Sanden Dan Anggota Rutin Berolahraga

Memulai gaya hidup sehat itu susah-susah gampang dan banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan rutin beolahraga. Hal ini juga menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pegawai jajaran dinas instansi se-Kecamatan Sanden dengan melaksanakan olah raga dalam bentuk senam bersama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kegiatan dilaksanakan di halaman Balai desa Gadingharjo Sanden, Jumat (31/01/2020) pukul 07.30 Wib.

Kegiatan rutin olah raga bersama yang dilaksanakan tersebut juga mendapat dukungan penuh dari Kapolsek Sanden AKP Tukirin dan bersama dengan anggota Polsek Sanden mengikuti kegiatan olah raga senam bersama tersebut.
   
Pelaksanaan olah raga tersebut berjalan meriah dengan kehadiran jajaran Forkompincam Kecamatan Sanden yang menambah motivasi para pegawai untuk melaksanakan olah raga. Hadir dalam olahraga senam bersama di antaranya Kapolsek Sanden AKP Tukirin beserta anggota Polsek Sanden, Camat Sanden Drs Bangun Rahina MM, Danramil Sanden Kapten Inf. Surono, Danposal Samas Peltu Usman, Kepala Dinas Instansi, Kepala Sekolah, Lurah dan Pamong Desa, Pegawai dan Karyawan Dinas Instansi serta toga dan tomas.
   
Kapolsek Sanden AKP Tukirin dalam kesempatannya mengatakan, terkait maraknya kasus pencurian amplifier di Masjid Masjid, agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi kejadian pencurian di tempat ibadah yang lagi marak terjadi. Simpan barang-barang berharga tersebut di atas agar jauh dari jangkauan pelaku kejahatan dan menambah alat pengaman. Selain itu, Kapolsek Sanden mengajak kepada orangtua agar mengawasi anak-anaknya, jangan smapai salah bergaul dan terlibat aksi kejahatan jalanan yang akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh remaja. Jangan sampai anak-anak kita terlibat aksi kejahatan yang nantinya akan menghambat masa depan dalam menggapai cita-citanya, pesan AKP Tukirin. (Humas Polsek Sanden)

Sosialisasi Anti Narkoba Dan Anti Klitih Di SMKN 1 Pajangan

Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Banaji bersama Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman dan Bripka Puji Lestari melaksanakan sosialisasi anti Narkoba dan Anti Klitih di SMKN 1 Pajangan, Selasa Pagi (28/01/2020). Sosialisasi diberikan kepada orang tua/wali kelas X, XI, XII dan ± 150 siswa kelas XII SMKN 1 Pajangan

Kepala Sekolah SMKN 1 Pajangan Pariyana, S.Pd, MT menyampaikan pihak sekolah sudah melakukan pembentukan dan penguatan karakter siswa untuk itu perlu kerjasama dengan para orang tua/wali untuk penguatan di rumah.

Sosialisasi narkoba dan anti klitih merupakan upaya kita untuk siswa agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba maupun perbuatan klitih yang akan merugikan masa depan siswa sendiri.

Sosialisasi Narkoba oleh Bripka Puji Lestari, "saat ini marak penyalahgunaan pil sapi jangan sampai murid SMK N 1 Pajangan terjerat kasus ini. Pengawasan orang tua/wali sangat perlu. Narkoba akan meruhikan kita semua, generasi penerus harus bebas dari pengatuh narkoba", tuturnya.

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman memberikan sosialisasi anti Kejahatan Jalanan (Klitih) berikut ancaman hukumannya.

"Bantul Anti Klitih, Jangan pernah menjadi pelaku Pidana karena akan berakhir di penjara :
1. Penganiayaan, ancaman pidana penjara 7 tahun (Pasal 351 KUHP)
2. Pengeroyokan, ancaman pidana penjara 12 tahun (Pasal 170 KUHP)
3. Pengerusakan ancaman pidana penjara 2 tahun (Pasal 406).
4. Penyalahgunaan senjata pemukul, senjata tajam, senjata penikam atau senjata penusuk ancaman pidana penjara 10 tahun (Undang-Undang Darurat No. 12 Tahun 1951)

"Sekarang anak anak dibawah umur bisa dimasukkan ke penjara, ada penjara khusus anak di Wonosari. Untuk itu saya harapkan pihak orang tua/wali untuk memgawasi anaknya jangan sampai terlibat kejahatan jalanan. Generasi penerus baik buruknya adalah tanggung jawab kita bersama", katanya.

Sosialisasi berakhir sekira jam 14.00 Wib, acara berjalan lancar dan aman.  (Humas Polsek Pajangan)

Presiden RI Jadi Saksi Pernikahan di Imogiri

Personel Polres Bantul mengamankan kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi saksi akad nikah anggota DPR Fraksi PKB Alamudin Dimyati Rois dengan Aslikh Rina Ulyaddin di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Kamis (30/1/2020).

Pengamanan dilaksanakan secara terbuka dan tertutup dan dipimpin langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Wachyu Budi Tri Sulistiyo SIK bersama Dandim 0729/Bantul Letkol Kav. Didi Carsidi S.Sos Mi.Pol. Selain di lokasi, personel Polres Bantul juga ditempatkan dibeberapa penggal-penggal jalan.

Mengenakan setelan jas berwarna biru tua dan peci, Presiden RI tiba sekitar pukul 20.00 WIB. Presiden hadir bersama Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Untuk diketahui, mempelai pria merupakan putra pengasuh Ponpes Al Fadlu Wal Fadhillah, Kaliwungu, Kendal, yang juga menjabat Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Dimyati Rois.

Sedangkan mempelai wanita merupakan putri pertama Dwi Puspa Handika, seorang tokoh masyarakat warga Dusun Karangkulon, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul.

Secara umum, kujungan Presiden RI Joko Widodo di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri, Bantul berjalan aman dan lancar. (Humas Polres Bantul)

Pengamanan Giat Bantul Last Saturday Ride

Personil Polsek Bantul dipimpin IPTU Mawardi mengamankan giat Bantul Last Saturday Ride (BLSR)#1* di Taman Klodran Bantul, Sabtu, 25 Januari 2020 pukul 20.15 wib.

Giat BLSR mengambil dengan slogan "Save Ride And Healthy yang merupakan komunitas Gowes dari warga Bantul Kota dan sekitarnya. Giat ini rutin diadakan setiap malam minggu terakhir setiap bulannya.

Adapun peserta yang mengikuti BLSR malam ini kurang lebih 500 orang dengan rute start Taman Klodran ke timur melewati Jl. Pramuka - S4 Gapensi ke barat melewati Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo - S5 Bejen ke barat melewati Jl. Urip Sumoharjo - S4 Gose ke utara melewati Jl. Jend. Sudirman dan finish di Lapangan Paseban Bantul. Selama berlangsungnya kegiatan terpantau aman terkendali. (Humas Polsek Bantul)

Binroh Polsek Banguntapan

Bertempat di aula Polsek Banguntapan berlangsung pembinaan rohani dan mental personil. Giat binrohtal dipimpin langsung Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi, SH, MH diikuti semua personil Polsek Banguntapan. Kamis, 30 Januari 2020 pukul 08.30 wib.

Dalam sambutannya Kapolsek Banguntapan menyampaikan, puji syukur atas semua nikmat sehat sehingga kita semua dapat berkumpul mengikuti giat binrohtal. Sholawat dan salam kita panjatkan untuk nabi Muhammad SAW yang kita nanti sayafaatnya.

Giat binrohtal kali ini sekaligus syukuran kenaikan pangkat personil Polsek Banguntapan. Selamat kepada 5 anggota yang naik pangkat semoga menjadi pemicu semangat bekerja jadi lebih baik dalam pelayanan pada masyarakat.

Tidak lupa juga mendoakan rekan Almarhum Aipda Wahyu Wijatmoko yang telah meninggal dunia rabu tanggal 22 Januari 2020 kemarin.

Selanjutnya pembacaan surat yasin dan tahlil dipimpin oleh ustadz Miftah dari Wonokromo Pleret Bantul diikuti oleh semua anggota yang hadir serentak bersama-sama membaca surat yasin dan tahlil sampai doa.

Dalam tauziahnya, ustadz Miftah menyampaikan kita semua harus menjaga amanah, sebagai anggota polri kita punya amanah mengabdi pada bangsa dan negara. Sebagai kepala keluarga kita punya amanah keluarga. Untuk itu kita harus bisa menjadi contoh yang baik pada keluarga kita maupun dimasyarakat.

Bahwa besok yang pertama kali ditanyakan/dihisab adalah amal ibadah sholat. Berlombalah dalam meningkatkan ibadah sholat, dan lebih baik lagi sholat berjamaah. Ilmu adalah pondasi dalam laksanakan ibadah.  Umur pergunakan dengan sebaiknya dalam melaksanakan ibadah. Rizeki diperoleh dari mana asalnya silahkan ditanamkan dalam diri masing-masing. (Humas Polsek Banguntapan)

Kapolsek Sewon Berikan Pembinaan Kepada Pelajar Yang Terjaring Razia

Sebanyak 39 siswa terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar oleh Forkompincam Kecamatan Sewon dan SatPol PP Kabupaten Bantul. Selasa, 28 Januari 2020.

Adapaun 39 siswa yang terjaring OTT terdiri 4 Siswa perempuan dan 35 siswa laki-laki berasal dari SMA, SMK dan SMP di Wilayah Kecamatan Sewon dan ada juga dari sekolah kota Jogjakarta.

Siswa yang tertangkap sedang nongkrong dan ngobrol di warung maupun di  pinggir jalan saat jam belajar mengajar berlangsung di wilayah Kecamatan Sewon.

Adapun tujuan operasi tersebut untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang bisa diandalkan serta untuk menertibkan Pelajar yang bolos.

Para siswa yang tertangkap selanjutnya diberikan pembinaan dengan mendatangkan orangtua dan pihak sekolah di Kantor kecamatan Sewon Bantul.

Dalam arahanya, Kapolsek Sewon AKBP H. Paimun, SH menekankan kepada pihak sekolah dan wali murid agar bersama-sama mengawasi dan membimbing putra putri kita agar tidak terjerumus pada kenakalan remaja.

Ditekankan juga kepada para siswa untuk kembali pada tugas pokoknya yaitu belajar dan belajar untuk menggapai cita cita. Jangan sampai terlibat kasus kriminal ataupun geng Klitih. Selanjutnya seluruh siswa diserahkan kembali kepada Wali murid dan pihak Sekolah untuk diberikan pembinaan lebih lanjut. (Humas Polsek Sewon)

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan RI 1

Kamis,30 Januari 2020 pukul 14.00 wib Jajaran Polres Bantul dan Kodim Bantul Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP kunjungan R1 dan RI 3  di Karang kulon Wukirsari imogiri Bantul.

Apel dipimpin oleh Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi, SIP, M.IP dihadiri sejumlah pejabat Kapolres Bantul, Kabag Ops Res Bantul, Kasat Lantas Res Bantul, Kasat Intelkam Res Bantul,Kapolsek Pleret Bantul,,Kapolsek Jetis Bantul,Kapolsek imogiri Bantul,Pasi Ops Kodim Bantul, Personel Kodim Bantul, Personel Polres Bantul terbuka dan tertutup,Gabungan Jajaran Polsek Pleret, Jetis dan imogiri

Dandim Bantul selaku Dansubsatgas Pamwil saat apel gelar pengamanan kunjunganan RI menegaskan " setiap personil  yang terploting harus menempati sesuai ploting pengamanan yang ditentukan sebelum pelaksanaan jalur dilewati VVIP, 3 jam sebelumnya sudah dititik yang ditentukan. Kenali lingkungan dan waspada, terhadap hal hal yang membahayakan.

Semoga dalam pelaksanaan tugas pam VVIP diberikan kelancaran dan perlindungan oleh Alloh SWT, harap Dandim. Selesai melaksanakan Apel Masing masing Kapolsek memberikan arahan kepada anggota masing masing terkait pengamanan jalur yang akan dilalui RI 1 diwilayahnya masing masing. (Humas Polsek Jetis)

Mbah Ngatijo Ditemukan Meninggal Dunia Di Kuburan Dusun Talaban

Mbah ngatijo (75) ditemukan meninggal dunia dikuburan Dusun Talaban Rt 08, Desa kebonagung, Imogiri Bantul Rabu(29/01/2020). Dimana Almarhum diketahui adalah seorang penderita orang dengan gangguan Jiwa (ODGD). Almarhum adalah  warga Dusun Kanten  Rt 05, Desa Kebonagung Imogiri.

Kronologis penemuan Alamarhum diketuai pertama kali oleh Jumari (40) dan Sepnu (23) keduanya adalah warga Dusun talaban yang kebetulan Rumahnya berada Dekat TKP.

Kronologi  singkat dimana saksi Jumari yang rumahnya berada  dekat TKP mencium bau bangkai dan langsung  mencari sumber bahu tersebut, namun tidak kunjung ditemuka sumber bau yang dicari.

Selanjutnya saksi Jumari  mengajak saksi Sepnu yang kebetulan ada didekat TKP juga untuk mencari sumber bahu tersebut. Saksi Jumari dalam hatinya mulai curiga karena mbah Ngatijo beberapa hari ini tidak terlihat mondar mandir. Bbah Ngatijo juga biasa beristirahat dan tidur  dikuburan dusun  Talaban.

Setelelah sekian lama mencari akhirnya saksi Sepnu yang melongok kearah  Kuburan melihat mayat Mbah Ngatijo tergeletak di dekat pagar kuburan, dengan keadaan terlentang dan telah banyak dihinggapi lalat dan belatung di badannya.

Tak berselang lama setelah mendapat laporan dari warga setempat melalui Bhabinkamtibmas Aipda Arri Sulistyo, personel polsek Imogri, Inafis Polres Bantul dan puskesmas Imigiri  datang Ke TKP untuk melakukan pemeriksaan dan olah TKP serta  pemeriksaan.

Hasil pemeriksaan  Puskesmas Imogiri II dr. Rina Astuti menyatakan  bahwa korban meninggal Kurang lebih Sudah 2 hingga 3 hari dan dimungkinkan meninggalnya karena sakit dan sudah tua.

Inafis Polres Bantul menyatakan bahwa dalam tubuh mbah Ngatijo tidak ditemukan adanya unsur unsur penganiayan ataupun unsur pembunuhan.

Dalam hal ini keluarga meminta agar Almarhum tidak  usah di Otopsi  “keluarga sudah  ihlas  kasihan jasad kang Ngatijo, sudah dimandikan saja dan langsung  dikuburkan” pinta salah satu  perwakilan keluarga. (Humas Polsek Imogiri)

Kapolres Bantul Cek Titik Lokasi Kunjungan Presiden Jokowi

Guna persiapan pengamanan Kunjungan Presiden Jokowi, Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho Wibowo, SH, Danramil Imogiri Kapten CZI Pangestu mendampingi Kapolres Bantul dan Dandim Bantul melakukan pengecekan lokasi yang akan di kunjungi Presiden Jokowi. Selasa (28/01/2020).

Rencananya lokasi yang di kunjungi Presiden Jokowi adalah Dusun karang Kulon Rt 08, Desa Wukirsari, Imogiri dalam rangka menghadiri Represi pernikahan  Aslikh Rina Ulyadin, S.Psi Putri bapak  Dwi Puspa Handoko  dan Alamudin Dimyati Rois yang merupakan putra dari Kyai Besar NU yaitu KH Dimyati Rois.


Ketika melakukan pengecekan, Kapolres bersama Dandim memetakan lokasi obyek dan jalur perlintasan untuk menempatan pasukan pengamanan serta hal-hal yang berkaitan dengan keamanan presiden. Hal ini dilakukan dalam rangka menjalankan Protap pengamanan Simbul negara.

Dandim mengatakan pada Hari H nya  nanti minggu 2 Februari 2020 akan diberlakukan namanya Operasi waskita/protap waskita yang melibatkan Kekuatan TNI dibantu oleh polri.

Dalam keterangan terpisah Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho wibowo, SH menjelaskan kita perlu mengetahui lokasi tempat yang dikunjungani Presiden besuk agar mengetahui kerawanan serta tepat dalam penenempatan personil. (Humas Polsek imogiri)

Rakor Persiapan Lomba Sekolah Sehat Di SDN Tulasan Bambanglipuro

Kasihumas Polsek Bambanglipuro Aiptu R. Murjono mengikuti Rapat Koordinasi persiapan lomba sekolah sehat di SDN Tulasan, Kamis (30/01/2020) pukul 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M.Kes, Danramil Bambanglipuro diwakili Serda Dwi Sujorotun, Puskesmas Bambanglipuro, Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Aipda Sukaryadi, Kepala Sekolah SD Tulasan TH Ari Purwaningsih, Dukuh Tulasan Fajar Dhimas Setyawan SP.d, Dewan Guru dan Dewan sekolah.

Kegiatan rakor diisi dengan menyusun rencana kegiatan dalam mempersiapkan lomba sekolah sehat, dukungan dari instansi terkait dan Dewan Sekolah, penataan dan pemanfaatan ruang untuk tokih agama, tanaman perindang, buah, sayuran serta pengelolaan sampah.

Sesuai rencana, rapat koordinasi akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap bulan guna menyampaikan progress report setiap minggunya. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Sumini Dijambret, Kerugian Ditaksir 4,8 Juta

Seorang wanita bernama Sumini (48) warga Prenggan Karangasem RT 01 Palbapang Bantul menjadi korban penjambretan saat melintas di Jalan bulak dusun Kedon Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul, Kamis, (30/01/2020) sekitar pukul 08.00 Wib.

Kanit Reskrim Polsek Bambanglipuro Ipda Wahyu Trihandono SH mengungkapkan, kejadian berawal saat Sumini dari rumah pergi ke dusun Kedon mengendari sepeda motor.

Tiba-tiba dari arah kanan, Ratmini dipepet seorang pria menggunakan sepeda motor yang tidak diketahui nomor polisinya langsung menarik kalung miliknya hingga putus. Sumini yang terkejut sempat berteriak jambret, tetapi pelaku dengan kencang melarikan diri.

Sumini kemudian melaporkan kejadian yang menimpanya ke Polsek Bambanglipuro. Dihadapan petugas, Sumini membeberkan ciri-ciri pelaku yang telah menjambretnya yaitu menggunakan sepeda motor Yamaha Mio Vino warna Merah - Hitam nopol tidak diketahui.

Akibat kejadian tersebut, Ratmini mengaku mengalami kerugian hingga jutaan rupiah karena telah kehilangan kalung emas seberat 10 gram serta liontinnya seharga 4.800000,-

Ipda Wahyu Trihandono SH menjelaskan, kasus penjambretan yang dialami Sumini sudah diselidiki oleh petugas. Selain memeriksa Sumini, polisi juga melakukan olah TKP serta saksi-saksi yang melihat kejadian tersebut.

“Kami menghimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati di jalan dan tidak memakai perhiasan emas. Apabila tidak ada perlu, usahakan jangan membawa barang-barang berharga, agar tidak menjadi incaran penjahat,” tandas Ipda Wahyu Trihandono SH. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Patroli Dialogis Di Wilayah Hukum Polsek Bambanglipuro

Anggota Sabhara Polsek Bambanglipuro dipimpin Kanit Sabhara Ipda Sugito melakukan patroli dialogis memberikan himbauan kamtibmas diwilayah hukum Bambanglipuro, Kamis (30/01/2020) pagi.

Kanit Sabhara Ipda Sugito menerangkan kegiatan patroli ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh anggota Sabhara. Kegiatan patroli dengan tujuan mencegah niat pelaku kejahatan serta menyampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat.

Patroli dialogis dilakukan di ditempat-tempat rawan gangguan kamtibmas seperti Bank BRI Unit Bambanglipuro, SMP Negeri 1 Bambanglipuro, kantor Pos dan sebagainya.

Dalam kegiatan patroli tersebut petugas memberikan himbauan kamtibmas kepada Satpam dan warga masyarakat  agar selalu waspada dan selalu hati - hati dalam beraktivitas. Kemudian apabila mengetahui tindak kejahatan segera melaporkannya ke Polsek Bambanglipuro.(Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Bawuran Hadiri Lomba Pokdarwis Di Puncak Sosok

Bhabinkamtibmas Desa Bawuran, Aiptu Sutanto, menghadiri kegiatan penilaian Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2020 di Puncak Sosok, Bawuran, Pleret, Bantul pada Rabu (29/1/2020) siang.

Dalam lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul ini, Pokdarwis Jabal Kelor Desa Bawuran maju mewakili Kecamatan Pleret.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo S.Sos, Camat Pleret Indriyanta SIP, Lurah Desa Bawuan Harmawan, Babinsa, Ketua Forkom Pokdarwis Bantul, Pokdarwis Jabal Kelor Desa Bawuran, Pengelola Puncak Sosok serta tokoh masyarakat Desa Bawuran.

Adapun tim juri masing-masing dari GIPI DIY, Puspar UGM dan Kedaulatan Rakyat. Untuk penilaian meliputi unsur-unsur administrasi, Sumber Daya Manusia (SDM) serta kegiatan fisik. Selain itu, melihat bagaimana Pokdarwis Jabal Kelor Desa Bawuran meningkatkan kemampuannya dalam menunjang kunjungan wisatawan ke Desa Bawuran. Yakni dengan capaian pariwisata berbasis masyarakat, budaya dan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Lurah Desa Bawuran, Harmawan mengatakan, kegiatan penilaian ini bukan sekedar untuk mencari pemenang. Namun diharapkan adanya peningkatan atau pembenahan yang dilakukan oleh Pokdarwis, terutama dalam penerapan unsur-unsur sapta pesona guna mendukung pembangunan pariwisata berkelanjutan di wilayah Desa Bawuran. (Humas Polsek Pleret)

Akan Dilalui Oleh RI 1 Di Wilayah Sedayu

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana, SH, MH pimpin pengamanan jalur yang akan dilalui oleh RI 1 di wilayah Sedayu, Jumat, 31 Januari 2020 pukul 07.00 Wib. Pengamanan melibatkan anggota Polsek Sedayu, Polres Bantul dan TNI.

Kapolsek Sedayu dalam apel tersebut menyampaikan bahwa pengamanan presiden seperti ini sudah sering dilakukan namun bukan hal biasa karena ini merupakan momentum yang harus selalu diatensi.

Sebagai petugas pengamanan jalur kita bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan bagi presiden dan rombongannya maupun bagi masyarakat yang menggunakan jalur tersebut.

Agar semua berjalan kondusif dan aman dalam apel tersebut disampaikan kembali ploting ploting anggota. Diharapkan anggota yang pengamanan 30 menit sebelum presiden dan rombongan melintas sudah standby di lokasi pengamanan.

Apel tersebut dihadiri kurang lebih 25 anggota polsek sedayu dan 5 anggota dari satlantas polres bantul.  (Humas Polsek Sedayu)

Anggota Polsek Dlingo Ikuti Olah Raga Senam Bersama Muspika

Anggota Polsek Dlingo mengikuti olah raga senam bersama dengan Forkompincam di halaman depan pendopo  kecamatan Dlingo kabupaten Bantul. Jumat 24 Januari 2020.

Olah bersama setiap hari Jumat yang diadakan oleh forkompincam kecamatan Dlingo ini selain untuk menjaga kebugaran bagi Aparatur Sipil Negara supaya tetap sehat juga untuk ajang silahturahmi antar instansi  terjamin kerukunan dan kekompakan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut camat kecamatan Dlingo Deni Ngajis Hartono SSTP MPA, beserta sekmat dan karyawan kecamatan, anggota polsek Dlingo dan anggota koramil, kepala KUA Dlingo berserta staf, lurah desa sekecamatan Dlingo beserta pamongnya dan para karyawan instansi yang ada di kecamatan Dlingo.

Olah raga senam bersama forkompincam kecamatan Dlingo  ini rutin di laksanakan setiap hari Jum at dan tempatnya berpindah - pindah dengan tujuan untuk mengenalkan wilayah kecamatan Dlingo. (Humas Polsek Dlingo)

30 January 2020

Lakalantas Di Jalan Samas, Odi Risnanda Meninggal Dunia

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Samas, tepatnya di Padukuhan Tempel, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Rabu (29/01) sore. Kejadian tersebut menyebabkan Odi Risnanda (29) warga Padukuhan Ngimbang, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon meninggal dunia.

Kepala Unit Kecelakaan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bantul Ipda Maryono menerangkan, korban meninggal di RS Panembahan Senopati setelah sebelumnya mendapat perawatan intensif oleh tim dokter.  "Korban diketahui mengalami cidera kepala berat," ujar Ipda Maryono.

Kronologi kejadian nahas itu bermula ketika Odi mengendarai sepeda motor matic Honda Scoopy nomor polisi AB 5818 OK bersama seorang pembonceng balita bernama Muhammad Arfan.

Kala itu keduanya tengah melaju dari utara ke selatan dengan kecepatan sedang. Pada saat bersamaan, dari arah yang sama melaju sebuah mobil Isuzu Pickup nomor polisi AB 8117 UB yang dikemudikan oleh Heri Cahyono (30) warga Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek.

Sesampainya di lokasi kejadian perkara mobil mendahului korban dari sisi kanan. Ditengarai karena jarak keduanya terlampau sangat dekat, bagian bodi mobil menyerempet sepeda motor. Akibatnya motor korban hilang kendali sampai akhirnya terjatuh di sekitar lokasi kejadian.

"Pembonceng juga cidera kepala. Saat ini dalam penanganan dokter rumah sakit," tandasnya.

Sementara itu dalam peristiwa tersebut pengemudi tidak mengalami luka. Meski demikian sang sopir mengalami syok atas insiden yang menimpa itu. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Apel Pagi Polsek Kasihan sebagai Bentuk Kedisiplinan anggota

Apel pagi dalam institusi Kepolisian merupakan salah satu hal yang wajib yang harus dilakukan setiap harinya sebelum mengawali kegiatan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kedisiplinan dan sarana untuk menyampaikan informasi kepada anggota. Selain untuk mendengar arahan pimpinan, apel pagi juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab bagi setiap anggota Polri di Mapolsek Kasihan,  Kamis (30/01/2020.

Apel pagi yang dilaksanakan di halaman Mapolsek Polsek Kasihan Polres Bantul  tersebut dipimpin oleh Pawas Panit Sabhara Iptu H. Sutarja kemudian dilanjutkan arahan Kapolsek Kasihan Kompol Y.Tarwoco Nugroho SH.

Dalam arahanya, Kapolsek Kasihan menyampaikan tentang pengamanan jalur rencana Kunjungan RI 1 ke Jogja yang lewat wilayah kasihan tanggal 31 Januari 2020 untuk itu kita harus siap amankan RI 1 agar ia melintasi wilayah Polsek Kasihan dengan aman.

Saat ini kita melaksanakan Operasi Bina Kusuma dengan sasaran meliputi Pekat, Kenakalan remajama, Miras, Siswa nongkrong dan Kegiatan-kegiatan masyarakat yang diperkirakan akan menimbulkan kerwanan, untuk itu intel agar laksanakan deteksi dini.

Tak hanya itu Kapolsek  juga menekankan kepada anggota dimasing masing unit kerja untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas demi terciptanya keamanan di wilayah hukum Polsek Kasihan salah satunya dengan melaksanakan giat patroli rutin yang dilaksanakan terutama di jam-jam rawan.

Selesai apel pagi dilanjutkan perkenalan anggota baru yaitu Kanit Provos Polsek Kasihan Ipda Basroni Ahmad dan Banit Sabhara Polsek Kasihan Aiptu Muhammad Zuhri, terlaksana dengan aman dan tertib. (Humas Polsek Kasihan)

Polres Bantul Gelar Semaan Al Quran Haul Al Maghfurullah KH M Moenawir Bin Abdullah Rosyad Ke 81 dan KH R Abdul Qodir Moenawir Ke 61

Polres Bantul menggelar Semaan Al Quran dalam rangka peringatan Haul Al Maghfurullah KH M Moenawir Bin Abdullah Rosyad ke 81 dan KH R Abdul Qodir Moenawir ke 61 di Masjid Baitunnikmah Mapolres Bantul, Rabu (29/1/2020).

Semaan dan Khataman Al Quran diikuti anggota Polres Bantul dan dihadiri oleh Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK, hafidz dari Ponpes Al Munawir Krapyak.

Diakhir doa oleh KH. Mas'udi. Memohon kepada Allah SWT, mudah-mudahan kita semua mendapatkan berkah dari pelaksanaan haul ini.

Kapolres Bantul yang menutup kegiatan dengan  menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini hingga dapat berlangsung dengan lancar. Serta ucapan terima kasih kepada para hafidz yang telah membantu mengatamkan bacaan Al Quran.

Dalam kesempatan tersebut, juga dialksanakan santunan kepada anak-anak yatim piatu. (Humas Polres Bantul)

Polres Bantul Terima Kunjungan Tim Puslitbang Polri

Polres Bantul menerima kunjungan Tim Puslitbang Polri, Kamis (30/1/2020). Kedatangan tim diterima langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK.

Tim Puslitbang Polri terdiri dari Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK M.Si (ketua), Dr. Andy A Zarlany, MA (konsultan LIPI), AKBP Hanafiah Nembo (anggota) serta Budi Prayitno A.Md (anggota).

Kapolres Bantul mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungannya dalam rangka survei tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan Polri, khususnya jajaran Polres Bantul.

"Kami berterima kasih, telah menjadikan Polres Bantul sebagai tempat penelitian. Sehingga jika terdapat kekurangan, atau kekeliruan bisa kami lakukan pembenahan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Puslitbang Polri Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK M.Si menjelaskan kedatangan tim ke Polres Bantul adalah dalam rangka melakukan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri di wilayah DIY.

Disebutkan, sasaran penelitan dari Tim Puslitbang Polri adalah pelayanan fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Sabhara.

Sementara metode yang akan digunakan adalah focus group discussion (FGD) atau metode riset kualitatif dan pengisian kuesioner.

“Seteleh kegiatan ini kita akan melaksanakan FGD dan penyebaran survei di lapangan,” jelas Sudrajad.

Selanjutnya Tim Puslitbang Polri melakukan survei beberapa lokasi di antaranya ke Sat Pol PP Bantul, komunitas ojek online, Satpam Bank BPD, Murid dan Guru SMA Negeri 3 Bantul< Pengadilan Negeri Bantul, Kejaksaan Negeri Bantul, Bawaslu, KPU dan Universitas Widya Mataram untuk melakukan penelitian terkait pelayanan kepolisian.

Di tempat ini, tim memberikan kuesioner untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian. (Humas Polres Bantul)

Polsek Kasihan Gelar PSA Di TK ABA Kembaran

Staf Binmas Polsek Kasihan Bripka Anna Susanti dan Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono melaksanakan giat Polisi Sahabat Anak (PSA) di TK ABA Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Kamis, (30/01/2020) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan PSA dihadiri oleh Kepala Sekolah KB-TK ABA Kembaran Ibu Srikartiningsih, S.Pd, Para Guru dan Pengurus Ranting Aisyiyah Muhammadiyah Tamantirto bagian Selatan serta Siswa-siswi TK ABA Kembaran terdiri dari Paud 42,TK A 38 dan TK B 40.

PSA diisi dengan pengetahuan cara berlalu lintas, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, pengenalan 12 gerakan pengaturan lalu lintas dan pencegahan dini kekerasan terhadap anak-anak.

TK ABA Kembaran cukup antusias mengikuti giat Polisi Sahabat Anak, bahkan pada akhir acara saat tim PSA memberikan pertanyaan seputar materi lalu lintas, anak-anak  bisa menjawab dengan benar.

Selain pengetahuan untuk anak-anak, tim PSA juga memberikan himbauan kamtibmas dan tertib berlalu lintas bagi para wali siswa yang juga turut hadir di sekolah. Himbauan kamtibmas yang disampaikan antara lain tentang wajib menggunakan helm bagi pengemudi maupun pembonceng termasuk anak-anak.

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto juga menambahkan tentang himbauan bagi wali siswa tentang peningkatan pengamanan di tempat tinggal terkait meningkatnya jumlah tindak pidana pencurian di wilayah Kasihan.

Acara Polisi Sahabat anak di tutup dengan pemberian cindera mata dari  TK ABA Kembaran untuk Polsek Kasihan dan diakhiri dengan foto bersama dengan semua murid TK ABA Kembaran dan juga foto bersama guru beserta pengurus ranting Muhammadiyah Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)

Police Goes To School Di SMP N 2 Pleret

Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Bantul, Ipda Aulia Nur Rahmah, S.Tr.K yang didampingi Bhabinkamtibmas Desa Pleret Bripka Rofiq Dwi H mengadakan audiensi dengan Kepala Sekolah SMP N 2 Pleret Trismi Haryatiningsih, M.Pd di SMP N 2 Pleret, Pleret, Bantul pada Rabu (29/1/2020).

Dalam kesempatannya itu, Ipda Aulia menyampaikan ucapan selamat kepada SMP N 2 Pleret yang telah terpilih dalam program Police Goes To School sebagai sekolah pelopor keselamatan berlalu lintas.

Adapun program unggulan SMP N 2 Pleret yaitu terkait pelarangan siswa-siswi SMP N 2 Pleret mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah.

Sementara itu, Police Goes To School ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran dan disiplin tertib berlalu lintas di kalangan pelajar, sehingga diharapkan pelajar masa kini dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas serta keselamatan sebagai kebutuhan demi terciptanya kamseltibcar lantas.

Pada kesempatan itu pula, masih di SMP N 2 Pleret, Kanit Dikyasa Ipda Aulia Nur Rahmah, S.Tr.K juga melakukan pertemuan dengan orangtua wali murid Kelas IX SMP N 2 Pleret terkait larangan mengendarai sepeda motor bagi anak di bawah umur.

Ipda Aulia mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar.

"Sosialisasi kita gencarkan karena kita peduli terhadap keselamatan siswa", ungkapnya.

Pada pertemuan yang dilangsungkan di Ruang Perpustakaan SMP N 2 Pleret itu, Ipda Aulia memberikan informasi betapa pentingnya tertib berlalu lintas dan larangan memberikan sepeda motor pada anak-anak.

"Kita minta kepada orangtua, supaya jangan memberikan kendaraan bermotor kepada anak-anak yang belum cukup usianya", pesannya. (Humas Polsek Pleret)

Siswa Parkir Motor Sembarangan, Kanit Binmas Polsek Sedayu Koordinasi Dengan Kepala Sekolah

Kanit Binmas Polsek Sedayu Iptu Dedi Tunandi dan  Ipda  Sunaryo serta Aiptu Alip Subana koordinasi dengan Kepala sekolah Ibu Martinah Spd dalam rangka pembinaan siswa SMP N l Sedayu. Selasa, 28 Januari 2020 pukul 09.30 Wib.

Dalam kesempatan tersebut, Kanit Binmas menyampaikan akan mengadakan operasi kendaraan dengan sasaran siswa dibawah umur. Oleh karena itu diharap para guru menyampaikan hal ini kepada para siswa dan orangtuanya.

Kemudian untuk menindak lanjuti tentang parkir kendaraan milik siswa SMP N l Sedayu yang diparkir sembarangan  di pekarangan warga tanpa ijin kepada warga yang memiliki pekarangan. Kanit Binmas menghimbau kepada Kepala Sekolah dan warga agar melarangnya mereka memarkir kendaraan sembarangan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya Curanmor.

Selain untuk mengantisipasi adanya kehilangan kendaraan, juga untuk meningkatkan kewaspadaan dan mencegah adanya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan siswa SMP, mengingat mereka masih dibawah umur secara hukum belum memiliki SIM karena. (Humas Polsek Sedayu)

Pemberian Kursi Roda Dan Paket Sembako Kepada Warga Jompo Di Desa Argosari Sedayu

Muspika Kecamatan Sedayu bekerja sama dengan LSS dan Srikandi Sedayu telah melaksanakan bakti sosial pemberian kursi roda dan paket sembako kapada warga jompo di Desa Argosari Sedayu Bantul, Senin, 27 Januari 2020 pukul 12.00 Wib.

Beberapa warga yang berhak menerima bantuan kursi roda dan sembako tersebut adalah Pawiro Jilin (90) warga  Gunung Mojo Rt. 26, Argosari, Sedayu,Bantul dan Mizah (80) warga Pedusan Rt 59, Argosari, Sedayu, Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH, MH, Ipda Sunaryo dan Aiptu Alip Subana, petugas Kecamatan, Pamong desa dan LSS.

Harapannya dengan adanya bakti sosial tersebut dapat membantu sesama warga dan meningkatkan kepedulian terhadap warga binaan di wilayah Hukum polsek Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)

Patroli Rutin Polsek Bambanglipuro, Sambangi Warga Guna Sampaikan Pesan Kamtibmas

Guna menjalin kedekatan dan hubungan yang baik antara masyarakat dengan Polri, Polsek Bambanglipuro melaksanakan kegiatan patroli dialogis dengan warga masyarakat.

Hal ini tampak seperti yang dilakukan petugas jaga. Dengan dipimpin Kanit Sabhara Ipda Sugito bersama petugas jaga melakukan patroli dialogis dengan warga masyarakat yang dijumpai saat melaksanakan tugas pattoli rutin pagi hari, Rabu (29/01/2020) pagi.

Dalam patroli dialogis tersebut, Ipda Sugito menyampaikan pesan - pesan kamtibmas kepada warga masyarakat agar ikut serta berperan aktif dalam menjaga keamanan serta selalu waspada terhadap situasi lingkungan tempat tinggalnya masing masing karena sangat membantu tugas Polri dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusifitas.

Kanit Sabhara Ipda Sugito mengungkapkan bahwa guna menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan menciptakan kamtibmas yang kondusif selalu menekankan kepada anggotanya untuk selalu melaksanakan patroli dialogis.

Dengan melakukan patroli dialogis diharapkan dapat mendekatkan hubungan polri dengan masyarakat serta saling tukar informasi sekaligus mengajak masyarakat untuk berperan pro aktif membantu tugas tugas polri utamanya dalam menjaga kamtibmas. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Kasihan hadiri Sosialisasi Pilurdes Bangunjiwo

Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH didampingi Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Aipda Rista Faruliyantaka menhadiri Sosialisasi Pilurdes Bangunjiwo di Gedung Serbaguna Desa Bangunjiwo Bangunjiwo Kasihan Bantul, Rabu (29/01/2020) pukul 20.30 wib.

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah desa Bangunjiwo dalam rangka Sosialisasi Pilurdes 2020 Desa Bangunjiwo yang dihadiri  Camat Kasihan Slamet Santoso, S.IP.,  Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH., Danramil Kasihan Mayor Czi. Agus Sriyanta., Kasipem Kasihan/Plt. Lurah Desa Bangunjiwo Wiji Harini, S.Sos. MM., Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Aipda Rista Faruliyantaka dan  LKD Desa Bangunjiwo jumlah 30 orang.

Sosialisasi Pilurdes ini bertujuan untuk memberikan acuan atau arahan tentang tahapan-tahapan dan persyaratan Bakal Calon Lurah Desa dalam Pilurdes serentak tahun 2020. Sehingga ada kepastian tahapan dan ketentuan teknis dalam pelaksanaan pemilihan Lurah Desa tahun 2020.

Dengan adanya sosialisasi diharapkan semua pihak dapat mengerti dan memahami tahapan-tahapannya hingga pelantikan. Selain itu juga diharapkan mampu mencetak panitia Pilurdes yang obyektif dan normatif. Sehingga Pilurdes serentak tahun 2020 berjalan dengan lancar dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Jetis Takziah Ke Ibunda Aiptu Rintoko

Kapolsek Jetis AKP Muh Sholeh, SH. MM didampingi Kanit, Panit dan anggota melaksanakan takziah  ke dusun Combrang, Bejen Rt.01, Temanggung, Jawa Tengah. Rabu, (29/01/2020) siang. Adapun yang meninggal adalah ibunya Ka SPK Polsek Jetis Aiptu Rintoko.

Almarhumah meninggal dunia karena sakit dan dimakamkan di pemakaman Desa setempat pukul 16.00 Wib.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Jetis memberikan penghormatan terakhir kepada almarhumah dengan mensholatkan dan mendoakan almarhumah.

"Saya atas nama keluarga besar Polsek Jetis mengucapkan turut berduka cita dan semoga almarhumah husnul Khotimah serta diampuni segala kesalahannya dan diterima semua amal baiknya" ucap Kapolsek Jetis kepada keluarga besar Aiptu Rintoko. (Humas Polsek Jetis).

Babhinkamtibmas Desa Mangunan Hadiri Rapat Realisasi APBDes 2019

Babhinkamtibmas Desa Mangunan Aiptu Ari Ashari menghadiri acara pelaporan realisasi APBDes tahun anggaran 2019 di aula pertemuan kelurahan Mangunan kecamatan Dlingo kabupaten Bantul.  Selasa, 28 Januari  2020.

Kegiatan diikuti oleh seluruh perangkat desa Mangunan, ketua BPD desa Mangunan beserta anggotanya Bhabinkamtibmas desa Mangunan dan babinsa.

Acara pelaporan realisasi yang disampaikan lurah desa Mangunan H. Jiyono ihsan S.Sos dapat dimengerti dan di terima oleh  seluruh  peserta rapat.

Setelah selesai mengikuti rapat realisasi kemudian Aiptu Ari Ashari melanjutkan kegiatan patroli sambang di pos kamling Rt 29 dusun Kanigoro bersama dengan Samidi dukuh Kanigoro.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu Ari Ashari memberikan arahan dan motivasi kepada petugas jaga dan memberikan pesan pesan kamtibmas. (Humas polsek Dlingo).

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Linmas Desa Srigading

Polsek Sanden dan Koramil Sanden bekerjasama dengan Pemerintah Desa Srigading Sanden mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas Linmas Desa Srigading di Aula Balai Desa setempat, Rabu malam (29/1/2020) jam 20.00 Wib.

Kegiatan dihadiri Danramil Sanden, Kasi Trantib, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Brigadir Afif Rudiyanto, SH, Kasi Pemerintahan Desa Srigading serta anggota Linmas Desa Srigading.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat yang tangguh, tanggap, cekatan dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam membantu tugas aparat keamanan baik TNI, Polri maupun Pemerintah Desa setempat khususnya di bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Hal ini tak lepas dari peran dan fungsi Linmas yang merupakan garda terdepan dalam pengamanan lingkungan.

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Polsek Sanden, Brigadir Afif Rudiyanto, SH yang ikut memberikan pelatihan kapasitas Linmas berharap para anggota Linmas bisa memaksimalkan kesempatan pelatihan. Dalam kesempatan tersebut, Brigadir Afif bersama Danramil Sanden memberikan pelatihan kemampuan penggunaan tongkat sebagai sarana pendukung dalam melaksanakan tugas pengamanan.

"Tugas Linmas saat ini tidak hanya urusan menjaga keamanan lingkungan saja, tetapi banyak tugas mulia yang bersifat sosial kemasyarakatan yang dapat dikerjakan oleh Linmas," ujar Brigadir Afif. (Humas Polsek Sanden)