29 February 2020

Polsek Kretek Dukung ASN Harus Netral dalam Pilkada dan Pilurdes 2020

Ipda Wiyono mewakili Kapolsek Kretek menghadiri Rakor Forkompimcam tentang pembangunan Pansela wilayah Kecamatan Kretek bertempat di ruang kerja Camat Kretek, Jum'at (28/02/2020).

Hadir pula dalam kegiatan Camat Kretek Cahya Widada S.Sos.MH., Danramil Kretek Kapten Mardiyono,Kasi Trantib Kecamatan Kretek Eko Miyanto,Lurah desa se Kecamatan Kretek,Perwakilan Puskesmas dan perwakilan PGSP.

Camat Kretek dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam waktu dekat segera akan dilaksanakan pelaksanaan penertiban kawasan gumuk pasir yang berada di jalan Parangkusumo - Depok Parangtritis dan sebagai pelaksana dari Sat Pol PP DIY.

Lebih lanjut disampaikan,dalam menghadapi Pilkada dan Pilurdes tahun 2020 kami mohon agar seluruh Pamong dan karyawan Kecamatan Kretek bisa menahan diri , kami berharap agar saling menjaga keamanan dan ketertiban selama jelang Pilkada dan Pilurdes.

Sedangkan Panit Intel Ipda Wiyono dan Danramil Kretek dalam kesempatannya menyampaikan informasi rencana pada bulan Maret 2020 wilayah Polsek Kretek akan dilaksanakan kegiatan TMMD di Dusun Karen Desa Tirtomulyo selama satu bulan.

“Mohon dukunganya kepada seluruh unsur Forkompimcam Kretek,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Ipda Wiyono bahwa Polsek Kretek sangat mendukung sepenuhnya program yang disampaikan oleh Camat Kretek,yang diantaranya agar ASN bersikap netral dalam Pilkada dan Pilurdes tahun 2020.

Berkaitan dengan rencana kegiatan penertiban kawasan gumuk pasir, saat ini situasi masih kondusif. “Semoga kedepan masyarakat terdampak penertiban kawasan gumuk pasir tetap kondusif,” tutupnya. (Humas Polsek Kretek)

Polsek Imogiri Gelar PSA

Dalam rangka pendekatan dan pengenalan tugas polisi sejak dini, Polsek Imogiri melaksanakan Polisi Sahabat Anak (PSA) bertempat di aula Mapolsek Imogiri, Jumat (28/02/2020).

Dimana peserta PSA adalah TK PKK 34 Banyusumurup, TK PKK 34 Pajimatan dan Paud KB Larasati Tilaman.

Sebagai petugas PSA pada kesempatan ini adalah Panit 1 Unit Lantas Ipda Masyudin dan Panit II Binmas Ipda Mugiriatmi.

Dalam kesempatanya tersebut Ipda  Mugiriatmi selaku pengemban tugas pembinaan masyarakat (Binmas) menjelaskan tentang tugas-tugas Polisi. Diantaranya  tentang lalu Polisi lalu lintas yang tugasnya mengatur lalu lintas, Fungsi Sabhara yang tugasnya melaksanakan turjawali dan lain sebagainya.

Selanjutnya melalui edukasi alat peraga Ipda Masyudin menjelaskan tentang ketertiban berlalu lintas dan rambu- rambu lalu lintas .dengan harapannya  anak-anak akan tertanam jiwa yang tertib dan disiplin sejak dini.

Anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan ini. (Humas Polsek Imogiri)

Personel Polsek Kasihan Laksanakan Turlalin Kunker Anggota DPR RI di SMPN 1 Kasihan

Personel Polsek Kasihan dipimpin Panit 1 Lantas Polsek Kasihan Iptu Sumarjono melaksanakan pengaturan lalu lintas kunjungan Kerja Anggota DPR RI di SMPN 1 Kasihan,  Jumat (28/02/2020) pukul 08.45 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Kunker Reses Komisi X DPR RI ke Daerah Istimewa Yogyakarta pada masa persidangan II tahun sidang 2019-2020 dan Dalam Bidang Pendidikan Rombongan Komisi X DPR RI  melakukan Kunjungan kerja di SMP Negeri 1 Kasihan Bantul.

Di SMP Negeri 1 rombongan disambut oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul  Drs. Isdarmoko, M.Pd, M.Par., Kabid SMP Dikpora Kabupaten Bantul Risman Supandi, M.Pd., Ketua Komite SMPN 1 Kasihan  Ir. Zaenal Mustaqim, Kepala Sekolah SMPN 1 Kasihan Supratikna, M.Pd  beserta guru dan staf dan karyawan.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pengecekan terhadap tiga  ruang kelas yang sudah tidak layak pakai karena bangunan sudah lama sejak tahun 1973 dan bagian kerangka atap gedung sudah banyak yang keropos (melengkung),  namun untuk  dua ruang sekolah tetap masih di pakai untuk kegiatan belajar mengajar (Kelas VII A dan Kelas VII B).

Kegiatan selesai pada pukul 09.00 WIB dengan pengamanan dari Polsek Kasihan  terlaksana aman dan tertib. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Pantau Pembangunan Cor Jalan di Dusun Gluntung Lor

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho melaksanakan sambang dan pemantauan pembangunan rabat beton/cor jalan di Dusun Gluntung Lor, Caturharjo, Pandak, Bantul, Jumat (28/02/2020) jam 10.00 WIB.

Kegiatan monitoring bersama penggunaan Dana Desa yang dilaksanakan oleh TPK Desa Bapak Endardi, Pendamping Ibu Lastri dan Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho ini bertujuan agar tidak terjadi penyelewengan dalam penggunaan anggaran mengingat dana yang dikucurkan pemerintah ke wilayah pedesaan cukup besar terutama dalam hal pembangunan infrastruktur untuk kemajuan Desa Caturharjo. Dalam pembangunan rabat beton/cor jalan di Dusun Gluntung Lor ini menggunakan Dana Desa dengan panjang 103 m, lebar 2,5 m dan tinggi 10 cm.

Dalam hal ini Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho berkesempatan untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan juga berpesan agar dalam penggunaan dana desa dilaksanakan dengan transparan untuk menghindari terjadinya penyelewengan. (Humas Polsek Pandak)

Polsek Bantul Dapat Kunjungan Tim Supervisi Siwas Polres Bantul

Polsek Bantul mendapat kunjungan Tim Supervisi Siwas Polres Bantul yang di pimpin oleh Iptu Afan Sukroni di dampingi Bripka Budi,Briptu Heri Widiyanto,Bripka Dwi Marwanto, Senin (24/2/2020) pukul 10.00 WIB.

Kedatangan Tim Supervisi disambut oleh Plt Kapolsek Bantul AKP Lukman Riyatno.

Sebelum kegiatan supervisi, AKP Lukman Riyatno menyampaikan selamat datang kepada Tim Siwas yang telah hadir di Polsek Bantul dalam rangka supervisi.

Di Poles Bantul, tim memeriksa seluruh unit Polsek Bantul yang meliputi Fungsi Intel, Reskrim, Sabhara, Binmas, Lantas, Sium,Sikum, Sie Humas, Sie Propam.

Pemeriksaan dalam rangka persiapan Wasrik Rutin Tahap IItwasda Polda DIY . (Humas Polsek Bantul)

Polsek Pandak Gelar Razia di Bulak Gesikan

Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana Pimpin kegitan KKYD Rayon 1 di Bulak Gesikan, Jl.Gesikan Sedayu, Wijirejo, Pandak, Bantul, Sabtu (22/02/2020) jam 22.30 WIB.

Kegiatan KKYD Rayon 1 di Wilayah Pandak dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana. Kegiatan KKYD Rayon 1 ini diikuti kurang lebih 20 personel gabungan dari Polsek Polsek Pandak, Polsek Kasihan, Polsek Sedayu dan Polsek Pajangan.

Kegiatan KKYD ini dilaksanakan rutin setiap malamnya dengan tempat yang berbeda-beda di setiap Polsek dalam Rayon 1. Kegitan ini merupakan langkah antisipasi terhadap kejahatan jalanan, Sajam, Miras, Narkoba, Handak, curas, curat dan barang lainya yang bisa mengganggu kamtibmas.

Dalam pelaksanaan Kegiatan KKYD Rayon 1 ini anggota Polsek gabungan melaksanakan razia terhadap kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di Jalan Gesikan-Sedayu dengan sasaran memeriksa kelengkapan surat-surat, senjata tajam dan obat-obatan terlarang.

Pada kegiatan pemeriksaan tersebut petugas memeriksa 15 kendaraan roda 4 dan 30 kendaraan roda 2 dengan memberikan teguran lisan terhadap 5 pengendara dan petugas tidak menemukan sajam maupun obat-obatan terlarang. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Piyungan Hadiri Musrembang Kecamatan Piyungan Tahun 2021

Kapolsek Piyungan Kompol Ispurwanta menghadiri Musrembang Kecamatan Piyungan Tahun 2021 di Aula Kantor Kecamatan Piyungan, Rabu (26/2/2020).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan Kabupaten Bantul Drs. Bambang Legowo, Camat Piyungan Drs. Saroyo Heriyanto, Danramil Piyungan Kapt Inf. Wardani, Lurah Desa se-Kecamatan Piyungan, perwakilan Pamomg Desa se-Kecamatan Piyungan serta lembaga swadaya masyarakat (FPRB, RAPI)

Musrenbang ini mengambil tema "Penguatan SDM dan Pamantapan Infrastruktur Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas".

Acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan Camat Piyungan. Dilanjutkan sambutan  Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan Kabupaten Bantul Drs. Bambang Legowo.

Selama kegiatan berlangsung, pengamanan dilakukan oleh Polsek Piyungan dan Koramil Piyungan bersama personel berikut FPRB dan RAPI Piyungan. (Humas Polsek Piyungan)

Kapolsek Pandak Hadiri Musrenbang Kecamatan Pandak Tahun 2021

Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela menghadiri kegiatan Musrenbang Kecamatan Pandak tahun 2021 bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Pandak Bantul, Jumat (21/02/2020) jam 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati Bantul Drs Mahmudi M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Heru Sudibyo S.Sos.,MM, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Eko Sutrisno Aji A.Md, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Sugeng Sudarmanta, Camat Pandak Kusmardiyono S.Sos.,M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela, Danramil Pandak Kapten Chb Rejo Mulyo, Kepala KUA Kecamatan Pandak Asrori SH, Kepala Instansi Se Kecamatan Pandak, Lurah Desa Se Kecamatan Pandak dan Pamong Desa Se Kecamatan Pandak.

Kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kecamatan Pandak tahun 2021 ini mengambil tema "Penguatan SDM dan Pemantapan Insfrastruktur Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah yang Berkualitas". Kegiatan penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Bantul Tahun 2021 yang dilaksanakan di Kecamatan Pandak ini adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kalurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Staf Ahli Bupati Bantul Drs Mahmudi M.Si yang menyampaikan bahwa Hasil Musrenbang Kecamatan akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan Renja Perangkat daerah dan RKPD Kabupaten Bantul Tahun 2021. Sesuai dengan arahan Bapak Bupati Bantul dalam rangka pencapaian visi pembangunan daaerah adalah mendukung visi Sehat, Cerdas dan Sejahtera, perlu ada upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas, perlu peningkatan kualitas pada sektor pendidikan, perlu penanganan pengentasan kemiskinan dan pengangguran secara kolaboratif serta dengan memacu pusat pertumbuhan ekonomi dan Dalam hal Tata Kelola Pemerintahan, perlu peningkatan pelayanan yang berkualitas. (Humas Polsek Pandak)

28 February 2020

Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Takziah Di Kedungrejo

Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Aiptu Supomo bersama Pamong Desa dan Staf Desa Wonolelo takziah ke rumah duka almarhum Darmo Rejo di dusun Kedungrejo, Wonolelo, Pleret, Bantul. Kamis (27/02/2020) siang.

Dalam takziah tersebut, Aiptu Supomo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum. Ia juga mendoakan semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta keikhlasan.

Almarhum Darmo Rejo meninggal dunia dalam usia 77 tahun. Pemakaman dilakukan hari itu juga, pukul 14.00 WIB di TPU Nyamplung, dusun Ploso, Wonolelo, Pleret, Bantul.

Sementara itu, secara terpisah Kapolsek Pleret AKP Riwanta mengungkapkan, kegiatan menghadiri takziah bagi seorang Bhabinkamtibmas adalah sebagai bentuk kepedulian serta rasa empati terhadap warga binaan yang sedang kedukaan. (Humas Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Hadiri Sosialisasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan 2020

Bhabinkamtibmas desa Poncosari Srandakan Bripka Ali Mirtopo menghadiri kegiatan Sosialisasi pengendalian kerusakan lingkungan 2020 di Pendopo Balai Desa Poncosari Srandakan. Kamis,  27 Februari  2020 pukul 09.30 Wib.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Lurah Desa Poncosari Srandakan Suprinyanto, SE. S.Pt, Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Srandakan Bripka Ali Murtopo, Pamong Desa Poncosari, Dukuh se desa Poncosari serta Perwakilan penambang Pasir Manual.

Dalam sosialisasi tersebut DLH Bantul menyampaikan tentang prosedur perijinan IPR dan menjelaskan pengertian tentang IPR, IUP, WIUP dan WPR.

Menginforsikan bahwa di Wilayah Poncosari telah terbit 4 IPR yaitu 2 di Sambeng dan 2 di Talkondo sedangkan yang untuk IPR yang masih proses berjumlah 5. Untuk luas IPR di wilayah desa Poncosari 5000 m untuk perseorangan sedangkan untuk kelompok 10.000 m.

Dasar pengawasan usaha pertambangan adalah UU No. 4 th 2009, PP No. 55 th 2010 dan PP No. 78 th 2010.

Instansi pengawas BP3SDM, Inspektur Tambang, ESDM, BLH dan BBWSO. Objek pengawasan produksi hasil tambang, dampak lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Selesai penyampian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan sosialisasi mulai awal hingga akhir kegiatan pada pukul 11.30 Wib berlangsung dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Srandakan)

Pengajian Jum'at Pagi Forkompimcam Kretek Di Balai Desa Tirtosari

Mewakili Kapolsek Kretek Bhabinkamtibmas desa Tirtosari Bripka Sugiyanto beserta anggota mengikuti pengajian Jum'at pagi bersama Forkom Pimcam dan instansi terkait di gedung pertemuan balai desa Tirtosari, Kretek. Jum'at pagi, 28/102/2020.

Pengajian Jum'at pagi bersama Ustadz Drs. Sujadi tersebut dihadiri oleh camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH beserta ASN, Kepala KUA Mustafid Amna S.Ag, Kepala instansi bersama jajaran, Lurah dan pamong sekecamatan Kretek serta tokoh agama, PKK desa Tirtosari.

Pengajian Jum'at pagi ini merupakan kegiatan rutin sebulan sekali dalam rangkaian kegiatan Forkom Pimcam bersama instansi terkait yang saat ini sebagai tuan rumah adalah desa Tirtosari.

Ustadz Drs Sujadi dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa bencana yang menimpa kita itu karena ulah tangan kita sendiri. Adapun penyebab utama bencana diantaranya karena mendustakan ayat-ayat Alloh, berlebihan/sombong dan melampauhi batas.

Atas segala bencana yang menimpa ini harus kita hadapi dengan sabar dan kita diperintahkan Alloh untuk selalu beristifar dan berdzikir kepada Alloh.

"Agar barokah segala sesuatu yang diberikan Alloh kepada kita, harus kita syukuri", pungkasnya.

Pengajian Jum'at pagi berakhir pukul 09.00 wib, situasi lancar dan kondusif. (Humas Polsek Kretek).

Jaga Kebugaran Tubuh Dan Kekompakan, Kapolsek Sanden Ikuti Olahraga Lintas Instansi

Olahraga merupakan hal yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun banyak dari kita yang tidak menyukainya dan hampir semua dari kita kesulitan menemukan waktu untuk melakukannya.

Menyikapi dari itu, Pemerintah Kecamatan Sanden bersama jajaran instansi se-Kecamatam Sanden mengadakan giat olah raga bersama antar intansi bersama masyarakat yang diadakan 2 minggu sekali yang dilaksanakan tiap hari Jumat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.  

Kali ini olahraga bersama dilaksanakan di halaman Balai Desa Gadingsari Kecamatan Sanden, Jumat pagi (28/2/2020).

Olahraga yang dilakukan berupa senam aerobik bersama dengan dipandu instruktur senam. Hadir dalam kegiatan senam aerobik bersama tersebut, Kapolsek Sanden AKP Tukirin bersama anggotanya, perwakilan Forkompincam dan Kepala Dinas Instansi se-Sanden, Kepala Sekolah, Lurah dan Pamong Desa, TNI, Polri serta ASN dan karyawan dinas instansi se-Kecamatan Sanden.

Adapun tujuan diadakan olah raga bersama ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar pegawai instansi se-Kecamatan Sanden sehingga tercipta kekompakan dan keharmonisan, serta menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh pegawai dalam menunjang tugas sehari hari. (Humas Polsek Sanden)

Kapolsek Jetis Hadiri Upacara Pembukaan HUT Damkar ke 101

Kapolsek Jetis AKP M Sholeh SH MM menghadiri Upacara Ppembukaan HUT Damkar ke 101 di Lapangan Parkir Timur Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis (27/2/2020).

Upacara pembukaan HUT ke 101 Pemadam Kebakaran Tingkat Nasional dihadiri Kepala Kantor Wilayah Damkar Provinsi DIY, Kapolres Bantul diwakili Kapolsek Jetis AKP M Sholeh, S.H., M.M., Kepala Damkar Kabupaten se Provinsi DIY dengan  peserta upacara dari Damkar 49 kabupaten/ kota se Indonesia dari Propinsi Maluku,Papua, Sulteng,Jateng,Bengkulu,Kalsel,Riau, Sulut Sulteng,Jambi,Kalbar,Jatim, Kaltim,Bali Jabar Banten,DIY, Kalteng,Jabar Pasukan pelajar siswa siswi SMA dan SMK, Paskib Kabupaten Bantul, SMKN 1 Kelautan Sanden.

Dalam amanatnya Inspektur Upacara Sekretaris Dirjen Bina administrasi kewilayahan kemendagri  Drs. Nugroho menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kab Bantul yang telah menyediakan tempat sebagai tuan rumah penyelenggaraan adu ketangkasan/skill competition Damkar Tingkat Nasional.

“Bahwa kegiatan semacam ini untuk memberikan semangat kepada anggota serta saling bertukar keterampilan dan pengalaman dalam penanganan setiap kejadian kebakaran ataupun kejadian musibah lainnya," jelasnya

Ditambahkan, bagi setiap pemadam daerah sudah saatnya meningkatkan skill dan peralatannya, dan menempatkan jabatan sesuai kompetensi dan profesionalismenya. Mengingat pemadam kebakaran memiliki resiko tinggi. Dalam penanganan kebakaran diharapkan mampu mengendalikan alat dan tangguh dalam ketrampilannya. Kegitan saat ini juga sebagai evaluasi kapasitas individu pemadam kebakaran.

Selama kegiatan berlangsung dilaksanakan pengamanan oleh Personel Polsek Jetis.  (Humas Polsek Jetis.)

Cegah Terjadinya Kejahatan Jalanan, Polsek Sanden Rutin Lakukan KRYD

Upaya mencegah terjadinya tindak kejahatan jalanan terus dilakukan Polsek Sanden dengan melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan melalui Patroli rutin malam hari. KRYD dilakukan oleh personil piket fungsi jaga malam bersama dengan gabungan anggota staf, Kamis malam (27/2/2020) mulai jam 23.00 Wib.

Patroli tidak hanya dilakukan di wilayah rawan saja, namun juga melakukan sambang dan diaogis dengan warga masyarakat, petugas jagam malma obyek vital serta anak-anak yang nongkrong di tepi jalan yang tengah nongkrong. Petugas memberikan himbauan kepada mereka untuk tidak terlalu intens nongkrong sampai malam dan mengarahkan untuk pulang kerumah.

Kapolsek Sanden AKP Tukiri  menjelaskan bahwa Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan yang dilakukan oleh anggotanya tersebut merupakan upaya Polsek Sanden dalam mencegah terjadinya tindam kejahatan jalanan terutama malam hari. Hal ini juga guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif sehingga masyafakat dapag beriatirahat dengan tenang dan nyaman. (Humas Polsek Sanden)

Personil Polsek Pandak Ikuti Jalan Sehat Bersama Di SMK Cokroaminoto

Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela bersama Anggota mengikuti kegiatan Jalan Sehat bersama Forkopimcam dan Instansi se Kecamatan Pandak di SMK Cokroaminoto Pandak Bantul, Jumat (28/02/2020) jam 07.30 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pandak diwakili Sekcam Dendi Sulistyo Wibowo, S.STP, Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela, Danramil Pandak Diwakili Babinsa Desa Wijirejo Sertu Andri, Lurah Desa se Kecamatan Pandak, Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono, TNI, POLRI, ASN, Pamong Desa dan Pegawai Instansi Se Kecamatan Pandak.

Kegiatan jalan sehat ini rutin dilaksanakan setiap bulannya dengan tempat yang berpindah-pindah di setiap kantor instansi di Kecamatan Pandak. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga kebugaran setiap anggota instansi yang ada di Kecamatan Pandak dan juga untuk mempererat tali persaudaraan antara instansi.

Pada kesempatan hari ini SMK Cokroaminoto Pandak menjadi tempat start dan finis. Adapun rute jalan sehat tersebut memutar desa Wijirejo dengn kurang lebih jarak tempuh 4 Km. Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar, seluruh yang hadir mengikuti senam dengan semangat. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Amankan Orang Gila Yang Bawa Sabit

Karena membuat keresahan warga, Bhabinkamtibmas Desa Argosari Aipda Agus Muslim mengamankan orang gila jalanan yang membawa sabit. Orang gila tersebut diamankan di Tempat persawahan Argosari Sedayu Bantul pada hari Kamis, 27 Pebruari 2020  pukul 10.00 Wib.

Dalam pengamanan tersebut Bhabinkamtibmas desa Argosari dibantu oleh FPRB Argosari, bapak Aijik   sosial Kec Sedayu, Trantib kec Sedayu dan Ibu Rifa Kasipem Kelurahan Argosari.

Setelah berhasil diamankan, orgil tersebut dibawa ke Camp Assesmen Dinas Sosial di Karang Kajen DIY untuk mendapat perawatan dan pembinaan. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolsek Bambanglipuro Hadiri Pisah Sambut Kepala KUA Bambanglipuro

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH menghadiri pisah sambut Kepala KUA Bambanglipuro dari Drs Dalyono Warsito kepada Muhaimin S.Th.I di RM Ingkung Kuali Kalakijo Pajangan, Kamis (27/02/20120) pagi.

Pisah sambut juga dihadiri oleh Camat Bambanglipuro diwakili Sekcam Sarwanto S.I.P M.M, Perwakilan Lurah se Kecamatan Bambanglipuro, Perwakilan Puskesmas Bambanglipuro, Perwakilan Kepsek SMA, SMP dan SD se Kecamatan Bambanglipuro serta tamu undangan.

Sekcam Bambanglipuro mewakili unsur Forkompincam dalam sambutannya mengatakan pergantian pimpinan sudah menjadi hal yang biasa dalam sebuah organisasi, guna penyegaran khususnya dilingkungan kantor KUA.

”Selamat datang kepada Kepala KUA yang baru agar segera menyesuaikan di tempat yang baru ini dan selamat menjalankan tugas di tempat yang baru Kepala KUA yang lama semoga ditempat yang baru nantinya bisa lebih meningkat lagi kinerjanya,” ujar Sarwanto S.I.P MM.

Diakhir acara dilanjutkan pemberian cenderamata kepada Pejabat lama sebagai kenang – kenangan. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Kapolsek Kasihan Hadiri Peresmian Nama Dan Tahapan Pembangunan Rawa Kalibayem Desa Ngestiharjo

Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH bersama Forkompincam menghadiri Peresmian Nama dan Tahapan Pembangunan Rawa Kalibayem Desa Ngestiharjo  di dusun Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Kamis (27/02/2020) pukul 09.34 Wib.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Antoni Hutagaol, ST, MT., Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Bantul Ir. Suryono., Camat Kasihan Slamet Santoso, S.IP., Sekcam Kasihan Subarta, S.Sos. M.Si., Kasipem Kecamatan Wiji Harini, S.Sos. MM.,  Lurah Desa Ngestiharjo Fathoni Aribowo beserta Pamong Desa se Ngestiharjo, Ketu BPD Ngestiharjo dan tamu undangan sekitar 50 orang.

Sambutan selamat datang oleh Lurah Desa Ngestiharjo Fathoni Aribowo, Sangat berbahagia atas kehadiran Bupati untuk melihat pengembangan Desa Ngestiharjo terutama Rawa Kalibayem yang akan dijadikan sebagai destinasi Pariwisata.

Hari ini akan menggembalikan nama Rowo Kalibayem atas Rekomendasi dari Dinas Kebudayaan DIY karena secara historis yang cukup historikal karena Rawa Kalibayem merupakan sumber air dari pesanggrahan Sonopakis dan Ambarbinagun dan sebagai tempat uji coba kapal selam pertama Indonesia pada tahun 1948 yang dibuat dengan biaya 35.000 ori.

Pada saat Rawa Kalibayem ambrol ditemukan kapal, peluru dan granat artinya Rawa Kalibayem merupakan pusat perairan di Yogyakarta.  Rawa Kalibayem diusulkan sebagai Cagar Budaya dengan luas sekitar 2 Ha dan telah dicarikan investor untuk penggelolaan Rawa Kalibayem dengan melibatkan warga sekitar.  Harapan menjadi pusat budaya Desa Ngestiharjo dan menjadi salah satu destinasi pariwisata Desa Ngestiharjo serta memohon bantuan kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantul tentang pengadaan bibit ikan air tawar.

Sambutan Bupati  Bantul Drs. H. Suharsono, seperti kita ketahui bersama rawa adalah salah satu kawasan yang penting sebagai penyangga ekosistem di mana di sana merupakan habitat dari hewan dan tumbuhai rawa juga memiliki fungsi sebagai tempat penampungan air hujan dalam upaya pencegahan banjir.

Dalam perkembangannya rawa juga dapat dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. sehingga nantinya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa ngestiharjo pada khususnya dalam kesempatan yang berbahagia in} saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada lurah dan jajarannya serta masyarakat

Pertumbuhan ekonomi seperti meningkatnya pedagang dan penyedia jasa. tentunya hal tersebut harus disertai dengan penataan yang baik. menjadi kewajiban kita semua untuk membangun dan mengembangkan serta menjaga ruang-ruang publik tersebut.

Saya berharap di rawa kalibayem ini juga akan berkembang sebagai salah satu ruang publik yang akan banyak dimanfaatkan warga masyarakat.

Kerjasama yang sinergis antara pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten bantul menjadi sangat penting untuk percepatan pembangunan di desa. saya memiliki program 1 milyar untuk satu desa melalui dana apbd yang dapat dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan desa ngestiharjo yang telah memberikan perhatian untuk pengembangan rawa kalibayem. semoga upaya penataan di kawasan kali bayem terus dapat dilaksanakan menjadi semakin baik.

Seperti kita ketahui bersama’ seiring laju pembangunan ketersediaan ruang-ruang publik utamanya di daerah perkotaan menjadi semakin sediki‘e, sedangkan kebutuhan ruang publik semakin meningkat, saya contohkan bahwa pembangunan ruang publik di kota bantul saat |nl banyak dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas sepertl berolah raga/tempat bermain anak anapbrefreshing bagl keluarga serta banyak kegiatan posltif lainnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut memicu besar harapan kami’ rawa kalibayem dapat menjadi destinasi wisata favorit di kabupaten bantulydengan semangat makaryo mbangun deso mari bersama-sama kita bangun desa -desa di kabupaten bantul untuk kesejahteraan masyarakat. semoga alloh swt meridhoi setiap niat baik kita.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati dan bibit ikan ke Rawa Kalibayem oleh Bupati Bantul dan tamu undangan menandai pengembalian nama Rawa Kalibayem. Kegiatan berakhir pukuk 10.30 Wib berjalan dengan aman dan tertib. (Humas Polsek Kasihan)

TK Aisyiah Kalakijo Gelar PSA di Polsek Pajangan

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, SAP dan Kanit Binmas Polsek Pajangan Ipda Banaji menerima kunjungn guru dan murid TK Aisyiah Kalakijo di Polsek Pajangan, Kamis (27/2/2020).

Ipda Banaji bersama anggotanya mengadakan pengenalan pengenalan tentang situasi Polsek Pajangan.

"Kami perkenalkan situasi Polsek Pajangan. Polisi Sahabat Anak (PSA) ini juga memberikan pelajaran tentang tertib lalu lintas sejak dini, menjadi orang yang berguna untuk bangsa dan negara," ujar Ipda Banaji.

Tetakhir anak anak dinaikkan mobil patroli dan sepeda motor Polisi. Agar mereka kelak menjadi masyarakat cinta Polri. (Humas Polsek Pajangan)

Kapolsek Imogiri Hadiri Musrenbang

Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho wibowo,SH menghadiri Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan)/RKPD Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kecamatan Imogiri 2021 di pendopo Kantor Kecamatan, Kamis (27/02/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Assek 1 bidang pemerintahan Setda kab bantul Dra Sri Edi Astuti, M.Sc,kepala OPD kab Bantul atau Tim pengarah Musrenbang kecamatan dari kab bantul,Camat Imogiri Dra Sri Kayatun,Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho W, S.H,Danramil Imogiri Kapt CZI Pangestu,Forkopincam kec Imogiri,Lurah desa, BPD , DPPP,  PKK , Karangtaruna, LPMD sekecamatan Imogiri,Kepala Sekolah, SD, SMP, SLTA sekecamatan Imogiri dan Tokoh masyarakat.

Dalam Sambutannya Camat Imogiri Dra Sri Kayatun mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Bantul Tahun 2021 tingkat kecamatan Imogiri.

Sementara itu, Assek 1 Bidang Pemerintahan Setda Kab Bantul Dra Sri Edy Astuti, M,Sc mengatakan bahwa Pelaksanaan Musrenbang merupakan amanat UUD tentang sistem prencanaan pembangunan nasional untuk membahas program pembanguanan desa di wilayah kecamatan Imogiri, forum ini bukanlah sebagai rutinitas saja tapi sebuah kegiatan yang sangat penting karena merupakan sinergitas antara Pemkec dengan Pemkab terkait perencanaan pembangunan untuk tahun 2021. (Humas Polsek Imogiri)

Siwas Polres Bantul Supervisi Di Mapolsek Kasihan

Seksi Pengawasan (Siwas) Polres Bantul melaksanakan Supervisi di Mapolsek Kasihan, Kedatangan tim supervisi Siwas Polres Bantul diterima Kapolsek Kasihan Kompol Y. Tarwoco Nugroho, SH dan didampingi Kasium Polsek Kasihan Aiptu Kumaedi , Kamis, (27/02/2020) jam 12.45 Wib.

Tim Supervisi Siwas Polres Bantul dipimpin Kasiwas Iptu Alfan Sukroni, SH bersama dengan anggota Siwas diantaranya Brigadir Ayung, Briptu Heri Widiyanto dan Briptu Mutiara Putri D.

Kasiwas Polres Bantul, Iptu Alfan Sukroni, SH mengatakan bahwa supervisi ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan / Monitoring Siwas tahap I untuk mempersiapkan Wasrik Wasda Polda DIY.

Selain itu sudah merupakan program rutin guna melaksanakan pengawasan tentang Ren Serap tahun 2020. Giat supervisi untuk mengecek Polsek jajaran dalam melaksanakan program kinerja terutama  pelaporan administrasi kegiatan sekaligus sebagai kontrol penyerapan anggaran dan pelaksanaan program kinerja maupun capaian hasil pelaksanaan program kerja.

Dalam kesempatan tersebut, anggota Tim Supervisi Siwas Polres Bantul mengadakan pengecekan di setiap Unit / Satker, mulai dari Seksi Umum (Sium), Unit Binmas, Unit Lalu lintas, Unit Intelkam, Unit Sabhara dan juga Unit Reskrim. Dari hasil pengecekan yang dilakukan, semua fungsi sudah berjalan baik dan sesuai program kinerja yang didukung dengan laporan administrasinya. (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Pandak hadiri Penyambutan Dewan Juri Lomba Desa dan Posyandu Tingkat Kabupaten Bantul

Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela menghadiri kegiatan penyambutan Dewan Juri Lomba Desa dan Posyandu Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2020 bertempat di Pendopo Kantor Balai Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Rabu (26/02/2020) jam 13.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua tim Juri Lomba Desa Kepala PPKBPMD Drs Sri Nuryanti M.Si, Inspektorat Kabupaten Bantul Heru Wismantoro, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Eko Sutrisno Aji, Camat Pandak Kusmardiyono S.Sos.,M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela, Danramil Pandak Kapten Chb Rejo Mulyo, Lurah Desa Gilangharjo Drs Pardiono, Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Bripka Rudi Isgiarto SH, Babinsa Desa Gilangharjo Serka Basudi, Pamong Desa dan Kepala Dusun Se Desa Gilangharjo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tamu Undangan.

Pada kegiatan Lomba Desa dan Posyandu Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2020, Desa Gilangharjo ditunjuk sebagai perwakilan dari Kecamatan Pandak. Penilaian pada lomba desa ini ada dua tahapan yaitu penilaian adminsitrasi dan kunjungan lapangan ke dusun yang menjadi sample. Penilaian administrasi meiliputi seluruh kegiatan desa Gilangharjo sesuai dengan regulasi dan juga administrasi seluruh LKD desa. Pada penilaian kunjungan lapangan, tim penilai melakukan penilaian ke Pedukuhan Gunting sebagai Sempel Posyandu dan Dusun Jodog.

Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. Personil Polsek Pandak bersama Koramil Pandan dan satuan linmas Desa Gilangharjo melaksanakan pengamanan dan pengawalan sampai dengan kegiatan selesai. (Humas Polsek Pandak)

Team Monitoring Siwas Polres Bantul Kunjungi Ke Polsek Pandak

Team Monitoring Siwas Polres Bantul dipimpin Kasiwas Iptu Alfan Sukroni melaksanakan kunjungan ke Mako Polsek Pandak, Bantul, Rabu, (26/02/2020) jam 11.00 Wib.

Dalam kunjungan tersebut,  team diterima langsung oleh Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela. Kegiatan monitoring dari team Siwas Polres Bantul ini dalam rangka untuk mempersiapkan Wasrik Wasda Polda DIY. Kegiatan monitoring ini adalah program rutin untuk melaksanakan pengawasan tentang Rencana Serap tahun 2020.

Dalam kegitan tersebut Team Siwas Polres Bantul yang dipimpin Iptu Alfian Sukroni melaksanakan pemeriksaan terhadap administrasi terkait laporan pertanggung jawaban rencana kegiatan di masing-masing unit kerja Polsek dan rencana penyerapan anggaran Polsek Pandak tahun 2020. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Hadiri RAT Koperasi Simpan Pinjam Rukun Agawe Santosa

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Aipda Sukaryadi mewakili Kapolsek Bambanglipuro hadiri Rapat Anggota Tahunan/ RAT Koperasi Simpan Pinjam  Rukun Agawe Santosa di Dusun Warungpring RT 04 Mulyodadi Bambanglipuro, Kamis (27/2/2020) pagi.

Rapat anggota tahunan tutup buku tahun 2020 dihadiri Camat Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa M.Kes, Lurah desa Mulyodadi diwakili Ibu Prista Yulantari , Ketua Koperasi Bapak H.Sukino, Anggota Koperasi Rukun Agawa Santosa sekitar 60 orang.

Ketua Koperasi Simpan Pinjam Rukun Agawe Santosa  bapak H. Sukino saat membuka rapat menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban terkait kegiatan Koperasi Simpan Pinjam Rukun Agawe Santosa selama Tahun 2019

Selanjutnya H. Sukino juga  menyampaikan bahwa KSP" Rukun Agawr Santoso" asetnya meningkat "Dengan aset yang meningkat tersebut harus dapat dimanfaatkan untuk anggota, agar dapat lebih mensejahterakan anggotanya dan perolehan jasanyapun akan lebih besar lagi," terang H.Sukino.

Untuk itu, sarannya, koperasi harus melakukan inovasi-inovasi dalam mengembangkan usahanya, seperti pelayanan online dan pembayaran non tunai serta pengembagan usaha-usaha yang cepat mendatangkan keutungan.

Camat Bambanglipuro dalam sambutannya berharap bahwa pertanggungjawaban yang disampaikan pada RAT kali ini, betul-betul dapat dipertanggungjawabkan oleh semua pengurus Koperasi. Untuk itu kedisiplinan, kejujuran dan ketulusan dalam menjalankan koperasi ini harus dikedepankan.

Kegiatan berlangsung hingga pukul 11.30 Wib. Situasi berjalan aman dan kondusif. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Reskrim Polsek Kasihan Ungkap Kasus Pencurian Dengan Kekerasan

Unit Opsnal Reskrim Polsek Kasihan dipimpin PS Kanit Reskrim Iptu Heru Sugiarto, SE. MH berhasil ungkap Kasus curas dengan menangkap pelaku berinisial DW (25) warga Ngewotan beserta barang buktinya berupa HP. Sedangkan rekan pelaku berinisial  RI masih DPO. Pelaku ditangkap petugas di dusun Ngewotan  Ngestiharjo Kasihan  Bantul, Rabu (19/02/2020) pukul 01.00 wib.

Korban adalah Kristanti Purnami (22) Mahasiswi warga  Wirobrajan WB 2/346 Yogyakarta. Korban dirampas tasnya oleh pelaku yang berisikan HP di Jl. Brawijaya/Ringroad Selatan Dusun Tundan, Tamantirto, Kasihan, Bantul pada hari Sabtu 18 Januari 2020 pukul 21.30 wib.

Kapolsek Kompol  Y.Tarwoco Nugroho SH didampingi Kanit Reskrim Polsek Kasihan Bantul, Iptu Heru Sugiarto, SE.MH, mengatakan, setelah mendapat laporan adanya kasus pencurian dengan kakerasan tersebut, Polisi langsung melakukan penyelidikan dilapangan dengan memintai keterangan saksi termasuk korban.

Satu bulan bekerja dilapangan  akhirnya Rabu dini hari  Kanit Reskrim Polsek Kasihan Bantul, Iptu Heru Sugiarto, SE.MH bersama anggota berhasil meringkus tersangka pelaku DW di Ngewotan.

Sebagaimana diketahui, kasus curas bermula ketika korban lewat Jl. Ringroad Selatan Dusun Tundan Tamantirto di dekati 2 orang pelaku yang mengendarai sepeda motor matic dan salah satu pelaku menarik tas milik korban, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian berupa tas warna coklat yang berisikan 1 buah HP OPPO seri A3S warna ungu seharga  1.699.000.

Untuk kepentingan penyidikan tersangka ditahan dirumah Negara tahanan Polsek Kasihan untuk proses lebih lanjut. (Humas Polres Bantul)

Lomba Poskamling Tingkat Polres Bantul Di Dusun Ngebel Tamantirto

Jajaran anggota Unit Binmas Polsek Kasihan Polres Bantul menghadiri dan mendampingi kegiatan verifikasi Lomba Pos Kamling tingkat Polres Bantul di pos ronda Dusun Ngebel  Desa Tamantirto Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Kamis (27/2/2020) pukul 20.40 wib

Lomba Pos Kamling diselenggarakan oleh Sat Binmas Polres Bantul dihadiri oleh Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Bantul Ipda Sri Martono beserta Tim, Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH., Bhabinkamtibmas Desa Tirtonirmolo Brigadir Dwi Nur Wahono, Dukuh Ngebel Kadus Ngebel Heri ST, Ketua Rt 01 Dsn Ngebel Sukaryanto, Karang Taruna Rt 01 Ngebel dan  Warga Rt 01 Dsn Ngebel.

Lomba Siskamling tersebut diadakan untuk memberikan semangat serta lebih menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan serta tugas fungsi Pos Kamling. Ada beberapa aspek dan kriteria penilaian lomba Siskamling tersebut, antara lain administrasi kekayaan siskamling, kesiapsiagaan alat kamling, kelengkapan prasarana yang menunjang yakni kentongan, tongkat, borgol, pemadam kebakaran, senter, kotak, P3K, gambar presiden dan wakil presiden, lambang negara, jam dinding serta kesiapan anggota Poskamling.

Brigadir Agustinus Sulistiyono, SH selaku Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto berharap dengan diadakannya lomba pos kamling tersebut  masyarakat bisa lebih memahami pentingnya menjaga keamanan lingkungan. Selain itu, juga dapat meningkatkan dan menggiatkan kembali siskamling di tiap-tiap lingkungan dalam upaya meningkatkan rasa tentram, aman, dan tertib di lingkungan masyarakat. (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Pleret Hadiri Acara Bedah Buku Di Joglo Guyangan

Kapolsek Pleret AKP Riwanta bersama Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Aiptu Supomo mendampingi GBPH Yudhaningrat pada acara Bedah Buku  yang diadakan di Joglo Guyangan, Wonolelo, Pleret, Bantul, Selasa (25/2/2020).

Bedah Buku berjudul "Kitab Lengkap Tokoh-Tokoh Wayang & Silsilahnya" karangan milik Mahendra Sucipto ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY.

Acara Bedah Buku kali ini dimoderatori oleh Mintardi dengan menghadirkan beberapa pembedah buku diantaranya Purwadi (Penerbit dan Penulis), Suharmanta S.Pd SE MM (Komisi D DPRD DIY), Dr. Junaidi S.Kar. M.Hum (LPPMISI) dan Amir Syarifudin (DPRD DIY).

Isi Buku yang dibedah membahas mengenai wayang yang diumpamakan sebagai wadah jiwa, penokohannya melambangkan karakter manusia. Dengan belajar wayang sama halnya dengan mempelajari sifat-sifat dasar manusia. Melalui kisah-kisah yang terjadi di antara tokoh-tokohnya dapat diambil pelajaran makna perjalanan hidup seorang manusia.

Komisi D DPRD DIY, Suharmanta S.Pd SE MM, dalam paparannya menghimbau masyarakat untuk mencintai wayang sebagai warisan budaya nusantara dengan terus mengambil hikmah dalam cerita yang baik bagi bangsa Indonesia.

Sedangkan Dr. Junaidi S.Kar M.Hum menekankan pada generasi milenial untuk tidak buta akan pada kebudayan wayang yang merupakan salah satu kesenian Indonesia yang wajib dilestarikan.

Setelah semua pembicara menyelesaikan paparannya, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan pendapat. (Humas Polsek Pleret)

27 February 2020

Anggota Polsek Sanden Dampingi Tes Kesehatan Kebugaran Jasmani Siswa SDN 1 Sanden

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading  Bripka Eko Wibowo bersama Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto, S.Pd melaksanakan pendampingan Tes Kesehatan Kebugaran Jasmani anak SDN 1 Sanden di Lapangan Sorobayan Desa Gadingsari Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul (27/2/2020) pukul 07.30 WIB.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Sanden bekerja  sama dengan SDN 1 Sanden tersebut diikuti oleh Novika S.St Tim Kesehatan Puskesmas Sanden, Guru SDN 1 Sanden, Mahasiswa Koas Kedokteran UKDW Yogyakarya, Mahasiswa Prodi Fisioterapi Unisa Yogyakarta, Bhabinkamtibmas Murtigading  Bripka Eko Wibowo dan Bhabinkamtibmas Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto S.Pd serta 100 siswa siswi SDN 1 Sanden kelas 4 dan 5.

Novika S.St selaku tim medis Puskesmas Sanden mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mensuskseskan Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat (Germas) melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2017. Pemeriksaan test kebugaran jasmani yang dilakukan pada anak sekolah kelas 4 dan 5 SDN 1 Sanden ini dilakukan dengan cara pengukuran tensi, tinggi badan, berat badan, dan denyut nadi serta praktek lari 1000 meter.

Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mewujudkan siswa/siswi SD yang sehat, bugar dan berprestasi melalui pembudayaan aktifitas fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur di lingkungan sekolah. Tujuannya untuk meningkatnya perilaku siswa SD dalam meningkatkan kebugaran jasmani, meningkatnya pengetahuan siswa SD terhadap perlunya latihan fisik dan olahraga menjadi budaya hidup sehari-hari, meningkatkan kemandirian sekolah dalam mendukung gerakan masyarakat untuk hidup sehat serta meningkatkan derajat kesehatan dan prestasi siswa SD.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Bripka Eko Wibowo berharap kegiatan ini bisa meningkatkan derajat kesehatan dan prestasi siswa SD melalui budaya olahraga dan perilaku hidup sehat untuk mewujudkan generasi yang berkualitas. (Humas Polsek Sanden)

Tim Monitoring Siwas Polres Bantul Kunjungi Posek Sedayu

Tim Monitoring Siwas Polres Bantul mengunjungi Posek Sedayu, Senin (24/2/2020).

Kedatangan tim disambut langsung oleh Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana, SH, MH beserta jajaran anggota Polsek Sedayu.

Adapun Tim Monitoring dipimpin oleh Kasiwas Iptu Alfan Sukroni beserta 4 (empat) anggota.

Kedatangan Tim Monitoring Siwas Polres Bantul di Polsek Sedayu adalah dalam rangka mengecek kesiapan unit-unit kerja yang ada dalam menghadapi Wasrik Rutin Itwasda Polda DIY.

Di Poles Sedayu, tim mengecek seluruh unit Polsek Sedayu yang meliputi Fungsi Intel, Reskrim, Sabhara, Binmas, Lantas, Sium, Sikum, Sie Humas, dan Unit Provos.

Dalam pemeriksaan siwas difokuskan ke penyerapan anggaran sudah berapa persen, pendistribusian anggaran, pertanggung jawaban penyaluran BBM, data pemegang senpi dan HT, rengiat,hasil giat serta perawatan tahanan dan barang bukti. (Humas Poles Sedayu)

Kapolsek Pajangan Hadiri Pelepasan Purna Tugas Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanto

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP menghadiri acara pelepasan Purna Tugas Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanto bertempat di pendopo Kecamatan Pajangan pada Kamis (27/02/2020) jam 08.30 WIB.

Hadir pula dalam acara ini DPRD Propinsi DIY Bapak Joko Purnomo SE MM, Mantan DPRD Bantul Drs. Sapto Saroso S.Psi, Danramil Pajangan diwakili Peltu Y. Rosul, Sekcam Pajangan Muji Sungkono SE beserta seluruh staf Kecamatan , Para Lurah se Kecamatan Pajangan berikut pamongnya, Para Dukuh Se Kecamatan Pajangan, Para kepala Sekolah SD, SMP, dan SMA se Kecamatan Pajangan , Kepala KUA Pajangan Drs H Suryadi , Kepala Puskesmas Pajangan dokter Santoso Hardoyo, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lebih kurang 150 orang.

Dalam sambutannya Lurah Desa Triwidadi Bapak  Slamet Riyanto menyampaikan bahwa Selamat Purna Tugas kepada bapak Drs Sambudi Riyanto yang telah bertugas sebagai Camat Pajangan sejak 2018 sd 2020 semoga pengabdiannya selama ini menjadi ladang ibadah, dan setelah purna hidup semakin berkah dan dirohmati Alloh SWT .

Dalam kata pamitnya Bapak Drs Sambudi Riyanto menuturkan kesempatan terakhir saya berbicara dihadapan Bapak Ibu , saya sangat terharu dan menghaturkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang bersama bekerja bareng bareng memajukan Pajangan . Di Pajangan saya merasa menjadi ASN yang genap dan sempurna karena di Pajangan ini saya menjabat Camat sampai Purna Tugas. Masa Tugas saya mulai tahun 1992 sampai 2020, dan saat gempa 2006 saya juga menjabat Sekcam Pajangan . Tak lupa terima kasih kepada perjuangan Para Dewan yang bertempat tinggal di Pajangan,  Para Lurah  , para dukuh, serta semua pihak yang tak dapat kami sebut satu persatu. Kepada Bapak ibu semua saya mohon maaf atas semua kesalahan kami selama bertugas di Kecamatan Pajangan  , serta mohon doa restu semoga kami setelah purna tugas tetap dituntun Alloh SWT dapat berbuat baik untuk sesama dan dapat mengabdi melalui apa saja untuk masyarakat.

Acara ditutup dengan doa oleh KUA Kecamatan pajangan Drs Muslikhun hingga selesai acara dilanjutkan ramah tamah dan makan bersama. (Humas Polsek Pajangan)

Buka Kotak Infaq Bulan Februari, Terkumpul Dana Rp 2,1 Juta

Panit Binmas Polsek Bantul Iptu Subarata didampingi Kanit Provos Ipda Hisam membuka kotak infaq anak yatim Bulan Februari 2020 yang sudah terkumpul selama satu bulan di Mapolsek Bantul, Kamis (27/02/2020) pukul 09.30 WIB.

Uang ini merupakan hasil infaq dari seluruh Anggota Polsek Bantul selama bulan Februari, setelah di hitung oleh Kanit Provos terkumpul dana sebanyak Rp 2.100.000.

Menurut rencana uang infaq ini akan dibagikan kepada anak yatim sebanyak 25 orang, kali ini pembagian uang tiba giliran Desa Sabdodadi rencananya akan dibagikan pada hari Jumat 28 Febuari 2020 pukul 14.00 WIB dikelurahan Sabdodadi Bantul. Semoga berkah! (Humas Polsek Bantul)

Polsek Dlingo Dan KBB Bagi Bagi Beras

Kanit Provost Polsek Dlingo Aiptu Rohmadi bersama anggota lainnya menyambangi warga kurang mampu di dusun Korìpan 1 Desa Dlingo Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Rabu, 26 Pebruari  2020.

Kegiatan ini berlangsung berkat adanya kerjasama antara Polsek Dlingo dengan Komunitas berbagi beras (KBB ) kecamatan Dlingo  dan untuk korlapnya saudara Timbul.

Dalam kesempatan ini anggota polsek Dlingo Bripka Iwan SS bersama dengan pelaksanaan lapangan KBB Saudara Gotek memberikan bantuan beras kepada ibu Poniasih Rt 05, dusun Kebo Sungu 1, dan ibu Khasiani Rt 7 dusun Kebo Dungu 2 desa Dlingo. Kedua orang tersebut diberi bantuan beras karena janda tua dan tinggal seorang diri sertqa sedang sakit.

KBB ini rutin melakukan kegiatan berbagi beras untuk kaum duafa dan orang orang yang sangat membutuhkan bantuan.

Selain di desa Dlingo Kelompok KBB bersama dengan anggota polsek Dlingo juga membagikan paket beras sebanyak 21 paket untuk 21 orang yang berada di desa   Dlingo, Desa Jatimulyo, Desa Temuwuh dan desa Terong.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulannya untuk membantu dan meringankan kebutuhan hidup bagi penerimanya. (Humas polsek Dlingo)

Memasuki Purna Tugas, Kompol Purn Agus Budiyono Berpamitan

Setelah Pelaksanaan Apel Pagi, eks Kanit Shabahara Polsek Imogiri Kompol Agus Budiyono berpamitan kepada seluruh personel Polsek Imigiri di halaman Mapolsek Imogiri. Kamis, (27/02/2020).

Kompol purn Agus Budiono Purna Tugas di Kepolisian Republik Indonesia terhitung  9 Februari 2020.

“Saya memohon pamit kepada bapak Kapolsek dan semua personel Polsek Imogiri. Apabila selama bergabung di polsek Imogiri ini saya banyak kesalahan baik disengaja atau tidak Saya mohon dibukakan pintu maaf yang selebar- lebarnya". Sepeninggalan saya mudah-mudahan Polsek Imogiri semakin kompak dan semakin Sukses, harap Kompol Pur Agus.

Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho Wibowo, SH menyampaikan “Kami mewakili keluarga besar Polsek Imogiri mengucapkan selamat  dan sukses buat pak Agus yang telah dapat mengabdikan diri di kepolisian Sampai purna. Saya banyak terimakasih kepada pak Agus yang selama bertugas diImogiri telah dapat menjalankan tugas dengan baik. Semoga hal ini bisa memotifasi anggota yang lainnya.

Sekali lagi Saya mengucapkan selamat  kepada Bapak Agus yang telah sukses mengabdikan diri kepada negara sampai Purna dan tetap dalam keadaan Sehat walafiat.

Harapan saya kepada seluruh anggota mari kita terus jalin tali silaturohmi terhadap sesama, jangan sampai putus ditengah jalan, pesan Kapolsek. (Humas Polsek Imogiri)

Selesai Apel Pagi, Provos Polsek Kasihan Gaktiblin

Selesai melaksanakan Apel pagi Kanit Provos Polsek Kasihan Polres Bantul Ipda Basroni Achmadi, SIP dibantu anggotanya melakukan pemeriksaan kepada seluruh personil yang mengikuti apel pagi di halaman Mapolsek, pemeriksaan tersebut meliputi kelengkapan perorangan seperti KTP, KTA, SIM serta Gampol, Kamis (27/02/2020) pagi.

Pada kesempatan tersebut  Kanit Provost Polsek Kasihan bersama anggota Provos juga memeriksa kerapihan dan sikap tampang setiap anggota. Hasilnya seluruh anggota sudah melengkapi semua kelengkapan diri dan berpenampilan rapih.

Pada kesempatan tersebut Kanit Provos Polsek Kasihan menjelaskan bahwa pelaksanaan pemeriksaan dilakukan secara berkala dan secara acak waktunya. Hal itu dilakukan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dan tertibnya anggota baik dalam administrasi maupun kinerja. “Dengan kedisiplinan, pelayanan kepada masyarakat akan lebih maksimal,” Ungkap Ipda Basroni Achmadi, SIP. (Humas Polsek Kasihan)

Cegah Kejahatan Malam, Polsek Kretek Rutin Laksanakan Patroli Ke Obyek Vital

Dalam upaya mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas dan kerawanan di wilayah, petugas Polsek Kretek yang tergabung dalam piket fungsi dipimpin pawas Ipda Wiyana rutin melaksanakan kegiatan patroli wilayah. Rabu malam, 26/2/2020.

Patroli tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi aksi kriminalitas, seperti curanmor, kejahatan jalanan, curas dan curat.

Dalam patrolinya petugas juga menyambangi obyek vital dan pemukiman warga, penginapan dan kawasan wisata.

Dalam patrolinya petugas selalu mengimbau dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat yang ditemuinya agar berhati-hati dan selalu waspada terhadap lingkungannya. (Humas Polsek Kretek).

Kapolsek Sanden Adakan Rakor Dan Anev Bulanan Bersama Para Kanit

Kapolsek Sanden AKP Tukirin memimpin Rapat Koordinasi dan Anev Bulanan bersama para Kanit dan Kasi di Ruang Kerja Kapolsek Sanden, Kamis (27/2/2020) jam 08.30 Wib.

Giat rakor dihadiri Kanit Provos Ipda Suharyanta, Kanit Sabhara Aiptu Sumpana, Kanit Intelkam Aiptu Sumaryanta, Kanit Reskrim Aiptu Purwanta, Kasihumas Aiptu Mohtar, Bamin Sium Aipda Susriyanta, Bamin Unit Binmas Bripka Sulistriyanto, SH.

Kegiatan rakor dan anev ini rutin dilaksanakan setiap bulan untuk mengevaluasi giat yang sudah dilaksanakan dan merencanakan program kegiatan bulan berikutnya. Tujuannya adalah untuk membahas kendala yang ada dan meningkatkan kinerja anggota dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di setiap bidang, baik dalam Pelayanan, Penegakkan Hukum hingga ke bagian Operasionalnya agar berjalan lebih baik lagi demi kemajuan Polsek Sanden kedepannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden AKP Tukirin mengajak seluruh anggota untuk tetap menjaga hubungan dan kerja sama yang baik dengan semua fungsi. Segera laporkan kepada pimpinan setiap ada perkembangan kamtibmas, tingkatkan kewaspadaan dan optimalkan kegiatan sambang ketokoh agama, tokoh masyarakat, imbuh Kapolsek. (Humas Polsek Sanden)

Pengajian Rutin Di Polsek Pleret Membina Mental Dan Spiritual Personel

Personel Polsek Pleret beserta Bhayangkari Ranting Pleret, Koramil Pleret dan pegawai KUA Pleret mengikuti kegiatan rutin pengajian Rabu pagi di Mapolsek Pleret, Rabu (26/2/2020).

Kegiatan pengajian rutin diawali dengan membaca Surat Yasin, doa bersama dan dilanjutkan mendengarkan tausiyah.

Kapolsek Pleret AKP Riwanta yang memimpin acara pengajian mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembinaan mental dan spiritual personel. Tujuannya agar setiap personel memiliki landasan mental dan kepribadian yang kuat dengan dijiwai keimanan yang kokoh serta rasa ikhlas dalam melaksanakan tugasnya, sehingga tercipta keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat.

Senada dengan hal itu, Drs. H. Syaifudin Jufri M.Ag dari KUA Pleret, dalam tausiyahnya mengajak kita semua untuk bersama-sama memperbaiki kualitas kehidupan, baik dunia maupun akhirat sebagai bentuk hijrah menuju arah hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk mendapatkan penyeimbang baik dunia dan akhirat, caranya yaitu menjalankan perintah Allah, iman dan yakin berharap ridho Allah SWT. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Sedayu Hadiri Rakor TP UKS Sedayu

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH menghadiri rapat koordinasi Tim Pembina (TP) Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sedayu dalam menghadapi lomba sekolah sehat tingkat SD yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kecamatan Sedayu, 25 Februari 2020 pukul 10.00 WIB.

Rapat kordinasi dihadiri pula oleh Camat Sedayu Sarjiman, Danramil Kapten Inf Deya .S, Kepala Puskesmas Sedayu dr. Sistia Utami, Kepala KUA Mubazigh,  Korwil Sedayu Ibu Wati, Kepala Sekolah SD 3 Sedayu dan segenap tamu undangan.

Dalam rapat Koordinasi dibahas kepengurusan TP UKS  menggalakan kembali untuk menghidupkan UKS kesehatan sekolah dan dilaksanakan secara rutin untuk menciptakan kesehatan sekolah, dan persiapan pada tanggal 9 Maret 2020 akan ada lomba sekolah sehat Tingkat Kabupaten, yang mewakili Kecamatan Sedayu SD 3 Sedayu.

Keberadaan UKS  sebenarnya ada di sekolah, karena fokusnya di sekolah sedangkan dari Puskesmas sebagai pelindung untuk mendorong sekolah bisa maju kususnya kesehatan sekolah, sebagai Leader Bp. Camat sebagai pembina dan dari lintas sektor. (Humas Poles Sedayu)

Razia Kendaraan Di Depan Kampus UMBY, Petugas Tilang 2 Pelanggar

Petugas gabungan Polsek Sedayu, Polsek Kasihan, Polsek Pajangan dan Polsek Pandak Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana, SH, MH melakukan razia kendaraan di depan kampus UMBY Jalan Wates Km 10 Karanglo, Argomulyo Sedayu Bantul, Selasa, 25 Februari 2020 pukul 22.30 Wib

Kegiatan ini dalam rangka antisipasi kejahatan jalanan, curat, curas dan gangguan kamtibmas lainya di wilayah Polsek Sedayu.

Sebagai sasaran dalam razia ini yaitu  surat kendaraan motor dan kelengkapannya, knalpot blombongan, Sajam, miras, Narkoba dan barang barang bawaan.

Dalam pelaksanaanya petugas menghentikan para pengendara mobil maupun sepeda kemudian dilakukan pemeriksaaan.

Adapun hasil dari razia ini yaitu petugas menilang 2 pelanggar dengan barang bukti 1 buah SIM dan 1 buah STNK. Untuk barang bukti pidana nihil. (Humas Polsek Sedayu)

Kanit Binmas Polsek Sedayu Sambang ke SDN 1 Pedes

Unit Binmas Polsek Sedayu yang dipimpin Kanit Binmas Iptu Dedi Tunandi melakukan Sambang ke SDN 1 Pedes, untuk kordinasi menjadi pembina upacara di sekolah tersebut, Rabu, 26 Februari 2020 pukul 10.00 WIB.

Kedatangan Kanit Binmas diterima oleh Kepala Sekolah Ibu Tri Maryani M.Pd.

Kanit Binmas menyampaikan, kapan SDN 1 Pedes dalam upacara hari Senin Polri sebagai Irup, Polri siap kapan saja diperlukan untuk memberikan pencerahan. (Humas Polsek Sedayu)

Daop 6 Kereta Api DIY Berkunjung Ke Polsek Sedayu

Daop 6 Kereta Api DIY Kombes Pol Suharwiyono sebagai SM PAM Senior Minijer pengamanan daop 6 beserta pejabat lainya berkunjung ke Polsek Sedayu dan disambut Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana,S.H, MH, Senin 24 Februari 2020 pukul 10.00 Wib.

Kunjungan ini berkaitan dengan keamanan jalur lintas kereta api dan stasiun Rewulu yang masuk dalam wilayah Sedayu sehingga perlu adanya kordinasi.

Dalam kordinasi berkaitan dengan pengamanan jalur KA,  Polsek Sedayu mempunyai andil tanggung jawab apabila ada kejadian baik laka KA, ataupun kejahatan pencurian atau pengetusan minyak yang mengakibatkan dampak kerugian atau yang menyangkut kamtibmas  kelancaran jalur KA.

Sebagai Minijer Daop 6 Kereta Api DIY, Kombes Pol Suharwiyono meminta bantuan Polsek Sedayu Polres Bantul untuk bekerja sama saling menjaga kamtibmas jalur KA agar tetap kondusif. (Humas polsek Sedayu)

Babinkamtibmas Argosari Sedayu Desa Disiplin

Ada banyak cara dalam rangka untuk menciptakan kamtibmas diwilayah desa binaan, salah satunya dengan terjun langsung ditengah masyarakat maupun pegawai instansi dalam rangka memberikan penyuluhan dan pembinaan yang biasa dilakukan oleh Kepolisian dalam tugasnya sehari hari.

Hal ini seperti apa yang dilakukan oleh Babinkamtibmas Argosari Sedayu Aipda Murijan yaitu dengan cara mengikuti apel pagi bersama pamong di halaman desa Argosari Sedayu, Bantul. Sedayu, 24 Februari 2020 pukul 07.00 Wib.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibamas memberikan penekanan kepada perangkat desa, Para perangkat harus mempunyai disiplin dalam tugas sehari hari, tertib pemakaian atribut pakaian dinas dan menjadi teladan untuk warga, tegas Aipda Murijan.

Aipda Murijan juga menyampaikan bahwa dalam  pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) bukan hanya tugas aparat keamanan, tetapi tugas bersama, sehingga dibutuhkan partisipasi masyarakat.

Polisi tidak akan mampu menjalankan Harkamtibmas itu sendiri tanpa adanya partisipasi masyarakat, atas dasar itu dibutuhkan andil semua pihak untuk menjaganya, sehingga terwujudnya lingkungan yang kondusif.

Sementara di tempat terpisah Kapolsek Sedayu mengatakan kegiatan yang di lakukan Bhabinkamtibmas untuk menyampaikan pesan kamtibmas pada apel para perangkat Desa merupakan kepedulian Polri untuk mengetahui kegiatan ataupun program desa binaanya ,dan juga bertujuan untuk meningkatkan kedekatan antara bhabinkamtibmas dan perangkat Desa, ujar Kapolsek Sedayu. (Humas Polsek Sedayu)