31 May 2020

Truk Bermuatan Pupuk Bersubsidi Terguling di Pundong

Sebuah truk bermuatan pupuk bersubsidi terguling di areal persawahan Jalan Bulak Dusun Menang, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Jumat (29/05/2020) sekitar pukul 11.30 WIB.

Kapolsek Pundong, AKP Haryanto SH menjelaskan, peristiwa itu terjadi bermula ketika truk dengan nomor polisi AD 1491 JV melaju dari arah timur ke barat. Sesampainya di lokasi kejadian truk bermuatan pupuk bersubsidi yang dikemudikan oleh Idat (42) warga Dusun Ngasem, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon itu bermaksud menghindari gundukan material bangunan talut yang berada di sisi kiri jalan.

Namun nahas, sang sopir yang berusaha menghindari tumpukan material itu ditengarai kurang hati-hati. Kala itu truk melaju terlampau ke kanan yang mengakibatkan roda ban pada belakang sebelah kiri terperosok. Alhasil, truk yang kehilangan keseimbangan itu akhirnya terguling bersama muatannya di areal persawahan.

Kapolsek mengatakan dalam insiden itu sang sopir selamat. Sementara itu proses evakuasi terhadap puluhan karung pupuk dibantu oleh Polsek Pundong bersama warga sekitar. Sedang bangkai truk dievakuasi dengan cara ditarik pakai mobil Jeep milik warga setempat. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Desa Seloharjo Sambang di Pos Jaga Pintu Masuk Dusun Ngreco

Bhabinkamtibmas Desa Seloharjo Pundong Aipda Sutriyono melaksanakan sambang di pos jaga pintu masuk Dusun Ngreco Seloharjo, Sabtu (30/5/2020).

Dalam kesempatan ini Aipda Sutriyono berkesempatan memberikan himbauan kepada warga yang sedang melaksanakan jaga di pos pintu masuk dusun.

Aipda Sutriyono menghimbau kepada warga yang sedang melaksanakan jaga agar tetap menjaga jarak, memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun, tetap sopan dan santun setiap ada tamu yang mau masuk Dusun Ngreco, dan tetap menjaga toleransi antar warga. (Humas Polsek Pundong)

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Amanan Penyaluran BLT Top Up dari APBD Provinsi DIY

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa SH melaksanakan pengamanan kegiatan Penyaluran BLT Top Up dari APBD Provinsi DIY bertempat di Gedung Serbaguna Desa Triharjo, Pandak, Bantul, Kamis (28/05/2020) jam 08.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek AKP Cherli Evi Prayudati Sela, Kanit Sabhara Polsek Pandak Aiptu Sumpana, Lurah desa Triharjo Suwardi S.Pd, Pendamping TKPK Kecamatan Pandak Bapak Fauzan, Bhabinkamtibmas desa Triharjo Bripka Subawa SH, Babinsa desa Triharjo Sertu Agus Sutrisno, Sat Pol PP Kabupaten Bantul, Tim dari Bank BPD DIY, Linmas Desa Triharjo dan keluarga penerima manfaat.

Bantuan disaluran oleh Bank BPD DIY untuk 819 Keluarga Penerima Manfaat dimana setiap KPM akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 400.000,-.

Selain melaksanakan pengamanan Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa SH juga memberikan himbauan pencegahan covid-19 kepada bapak ibu penerima manfaat yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam penyampaiannya Bhabinkamtibmas berpesan agar selalu memakai masker setiap kali keluar rumah dan juga menerapkan social distance atau jaga jarak minimal 1 meter. Selain itu tetap jaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dengan air mengalir. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Desa Temuwuh Amankan Pembagian Bantuan Warga Terdampak Covid-19

Bhabinkamtibmas Desa Temuwuh Aipda Sukamto bersama dengan Babinsa, Linmas, Relawan FKPM dan FPRB  melaksanakan pengamanan penyaluran dana sosial BLT dari APBD Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di Balai Desa Temuwuh Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Jumat (29/5/2020).

Hadir dalam kegiatan pelaksanaan penyaluran dana bantuan sosial APBD Propinsi tersebut antara lain, Camat Kecamatan Dlingo, Kapolsek Dlingo, Danramil, Petugas Bank BPD DIY, Lurah Desa Temuwuh beserta Pamong dan lain sebagainya.

Dalam pelaksanaan penyaluran dana sosial tersebut bekerja sama dengan Bank BPD DIY, sedangkan untuk warga Desa Temuwuh yang berhak menerima bantuan langsung tunai sebanyak 502 Warga.

Di wilayah Kecamatan Dlingo selain di Desa Temuwuh penyaluran juga dilaksanakan di Desa Jatimulyo dengan jumlah penerima bantuan sebanyak 453  warga dan Desa Muntuk jumlah warga penerima bantuan APBD propinsi sebanyak 550 warga.

Secara keseluruhan pelaksanaan penyaluran dana bantuan lansung tunai tersebut berjalan dengan tertib, lancar, aman  dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran  Covid-19. (Humas Polsek Dlingo)

Tim Waspam Divpropam Polri, Kunjungi Pos Yan Druwo

Pos Operasi Ketupat Progo 2020 Pos Pelayanan Druwo, Polsek Sewon Polres Bantul, Polda DI Yogyakarta, menerima kunjungan Tim Waspam Divpropam Mabes Polri, Jumat (29/05/2020) siang.

Tim beserta rombongan diterima langsung oleh Kapolsek Sewon AKP Suyatno SH, yang di dampingi oleh Ka Pos Pelayanan Druwo AKP Kartiman.

Tim Supervisi di pimpin oleh Kasubagwal Provos Divpropam Polri AKBP Donny Adipradana, SIK dengan anggota sebagai AKP Sukasman, Bigadir Satu Aris, Bigadir Satu Kevin yang didampingi personel dari Bidpropam Polda DIY dan Sipropam Polres Bantul.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Waspam Divpropam Polri memberikan beberapa arahan dan penekanan kepada personel Pos Pelayanan Druwo untuk senantiasa menjaga keselamatan saat bertugas, menjaga penampilan dan sikap tampang anggota dalam melaksanakan tugas dan dalam setiap melaksanakan tugas, di kedepankan sikap humanis dan profesional.

Dalam kesempatan tersebut tim juga menyampaikan untuk selalu menjaga kesehatan dalam bertugas, apabila anggota merasa kurang enak badan agar istirahat, ijin kepada yang dituakan, dan selalu mematuhi protokol pencegahan covid dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.  (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Banguntapan Pimpin Pengamanan Penyaluran BLT-APBD Propinsi DIY

Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna SH memimpin pengamanan kegiatan Penyaluran BLT-APBD (Top Up)  Propinsi DIY di Balai Desa Potorono, Banguntapan, Bantul, Jumat (29/05/2020).

Untuk Desa Caturharjo BLT-APBD (Top Up)  Provinsi DIY (Top Up) di saluran melalui Bank BPD DIY kepada 446 keluarga penerima manfaat akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 400.000,-.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Banguntapan juga memberikan himbauan pencegahan covid-19 kepada warga penerima manfaat yang hadiri di balai desa.

Dalam penyampaiannya Kapolsek Banguntapan berharap agar warga yang hadir untuk selalu memakai masker dan juga melaksanakan social distance atau menjaga jarak. Selain itu dalam melaksanakan antrian agar dilaksanakan secara tertib dan menempati tempat duduk yang telah diberikan jarak oleh panitia sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19. (Humas Polsek Banguntapan)

Polsek Banguntapan Imbau Warga Untuk Pakai Masker

Personel Polsek Banguntapan yang terlibat Operasi Ketupat Progo 2020 melakukan Razia di jalan Ring Road Selatan Banguntapan, Jumat (29/5/2020). Namun, razia itu tidak untuk menindak para pengguna jalan yang tak mematuhi aturan lalu lintas. Melainkan, setiap orang yang terlihat tidak menggunakan masker diberhentikan untuk kemudian diberi arahan untuk menggunakan masker.

Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna, SH mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk mengingatkan masyarakat dalam menyikapi situasi pandemik corona yang terjadi saat ini. Karena itu, pihaknya berinisiatif memberi edukasi agar masyarakat sadar memakai masker.

"Jadi bentuknya seperti razia, tapi bukan untuk penegakan hukum. Kami hanya memberikan pelayanan sekedar edukasi untuk bersama memutus rantai Covid-19 dengan cara sadar untuk menggubakan masker," katanya.

Selain di lokasi, petugas juga akan berkeliling ke sejumlah tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian, seperti pusat perbelanjaan. Setiap warga yang terlihat tak menggunakan masker akan diimbau untuk menggunakan masker.

Kapolsek Banguntapan mengingatkan agar masyarakat terus mengikuti imbauan pemerintah. Mulai dari menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) tidak keluar rumah, menjaga jarak atau menerapkan physical distancing dan selalu memakai masker di luar rumah. "Pakai masker jadi wajib sekarang. Imbauan selama ini seolah sangat sulit dilakukan karena selalu dianggap sepele, ini sangat berbahaya," katanya. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Salurkan Beras Bagi Warga Terdampak Covid-19

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Aipda Agus Muslim melakukan pendistribusian paket beras dari Polres Bantul sebanyak 27 paket  kepada warga miskin yang terdampak Covid-19, Jumat (29/5/2020).

Pembagian sembako ini sebagai wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak pandemic Covid-9. Sebelum pembagian Babhinkamtibmas Desa Argosari ini melakukan pendataan  secara selektif, agar sembako yang dibagikan tepat sasaran dan betul-betul tersalur  bagi orang yang terdampak Covid-19.

Secara door to door Aipda Agus Muslim membagikan bantuan berupa 5 kg beras tersebut tersebut kepada penerima sebanyak 27 yang tersebar di wilayah Argosari dengan rincian Dusun Klangon 3 paket, Tapen 5 paket, Gunung Mojo 3 paket, Jurug 10 paket, Gayam 2 paket, Jambon  2 paket dan Pedusan 2 paket.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat,” kata Aipda Agus Muslim. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas bersama Tim Gugus Pencegahan Covid-9 Desa Argosari Beri Edukasi Warga dari Luar Negeri

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Aipda Agus Muslim bersama Tim Gugus Pencegahan Covid-9 Desa Argosari melaksanakan edukasi kepada seorang warga yang baru pulang dari Jepang di rumah karantina Desa Argosari, Kamis (28/5/2020) pukul 07.30 WIB.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan edukasi agar yang bersangkutan melaksanakan isolasi selama 14 hari, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, selalu memakai masker, serta melaksanakan phyisical distancing sampai masa karantina selesai.

Dari Tim Gugus Pencegahan Covid-19 menyerahkan bantuan berupa sembako dan makanan cepat saji kepada perwakilan dari keluarga.

Sementara itu warga tersebut dikarantina digedung yang telah disiapkan oleh Tim Gugus Pencegahan Covid-19 Desa Argosari. Sesekali orang tuanya diperbolehkan menjenguk namun tetap didampingi Tim Gugus Pencegahan Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sampai saat ini warga dalam keadaan sehat dan tanpa menunjukkan gejala Covid-19. Dan masih akan melaksanakan isolasi/karantina beberapa hari kedepan dengan pantauan penuh Tim Gugus Pencegahan Covid-19 Desa Argosari. (Humas Polsek Sedayu)

Kapolsek Bambanglipuro Pimpin Pengamanan Penyaluran Bantuan Sosial Pemda DIY

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM memimpin langsung pengamanan penyaluran "Bantuan Sosial Pemda DIY" untuk warga yang terdampak COVID-19 Desa Sumbermulyo di gedung balai desa setempat, Jumat (29/05/2020) pagi.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Camat Bambanglipuro Drs Lukas Sumanasa  M.Kes dan Lurah Desa Sumbermulyo Dra Ani Widayani. Penyaluran bantuan tersebut di mulai sekira pukul 08.00 WIB.

Untuk Data Bantuan Sosial Pemda DIY  sebanyak 811 KK namun ada yang dibatalkan dikarenakan sudah mendapat bantuan dalam bentuk lain (PKH, BLT, dll) atau pindah penduduk/meninggal.

Selain melaksanakan pengamanan petugas juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat supaya tetap mematuhi protokol dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker serta cuci tangan menggunakan sabun guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp.400.000,- (empat ratus ribu rupiah) dibagikan langsung kepada warga masyarakat melalui rekening Bank BPD. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19. (Humas Polsek Bambanglipuro)

30 May 2020

Bhabinkamtibmas Desa Palbapang Amankan Penyaluran Bantuan Top Up

Bhabinkamtibmas Desa Palbapang Aipda Fitri Kushariyanto melaksanakan pengamanan kegiatan Penyaluran Bantuan Top Up dari APPD Provinsi DIY di Aula Balai Desa Palbapang, Jum'at (29/05/2020) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Kapolsek Bantul,Camat Bantul,  Lurah Desa Ringinharjo,Pamong Desa Palbapang, Ketua BPD Desa Palbapang dan anggota,Petugas Bank BPD DIY Cabang Bantul, Panit 2 Binmas Polsek Bantul, Bhabinkamtibmas Desa Palbapang, Babinsa, Sat Pol PP Bantul, KPM

Bantuan diperuntukan bagi warga terdampak Covid -19 dengan nominal per KK senilai 400 ribu selama 3 bulan (Mei, Juni, Juli).

Jumlah Penerima Bantuan adalh sebanyak 569 KPM, jumlah yang hadir 422 KPM, jumlah penerima yang diantar kerumah karena sakit adalah sebanyak  21 KPM, tidak disalurkan sebanyak 126 KPM karena nama ganda/pindah alamat /beda NIK/meninggal dunia.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancer. (Humas Polsek Bantul)

Hendak ke Pantai Parangtritis, Ratusan Kendaraan Dihalau Petugas

Seluruh obyek wisata di wilayah Kabupaten Bantul ditutup sampai 31 Mei 2020. Hal tersebut guna mencegah mewabahnya Covid-19 yang sampai saat ini belum ada tanda-tanda mereda. Namun demikian hal itu tampaknya tak diindahkan oleh banyak orang.

Termasuk obyek wisata yang menjadi ikon Kabupaten Bantul, Pantai Parangtritis. Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, ratusan kendaraan sepeda motor dan mobil yang berduyun-duyun menuju arah Pantai Parangaritis dihalau oleh personel gabungan untuk kembali ke rumah masing-masing lantaran destinasi wisata Parangtritis ditutup.

“Hal itu demi menghindari kerumunan orang yang berpotensi besar terjadi transmisi Covid-19,” kata Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin, Sabtu (30/5/2020).

Kapolsek Kretek meminta masyarakat patuh dengan himbauan pemerintah untuk tetap stay at home untuk sementara ini demi menghindari penularan Covid-19. (Humas Polsek Kretek)

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bantu Penyaluran Paket Sembako Warga Terdampak Covid-19

Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Aipda Rista F bersama Satgas Covid Desa Bangunjiwo menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak covid-19 sebanyak 730 paket dengan anggaran Dana Desa 2020 di Desa Bangunjiwo Kasihan Bantul, Jumat (29/05/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut  Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo, Babinsa Bangunjiwo, PJ Lurah Desa Bangunjiwo, Pamong Desa Bangunjiwo dan Perwakilan RT se Desa Bangunjiwo.

“Bahwa bantuan paket sembako kepada warga terdampak covid 19 sebanyak 730 paket dengan anggaran Dana Desa Bangunjiwo tahun anggaran 2020 ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu masyarakat/warga akibat dampak pandemi Covid-19” kata Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Aipda Rista Faruliyantaka

Sementara itu, dalam pelaksanaan penyaluran dana sosial tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Selama kegiatan berjalan dengan tertib, lancar dan aman. (Humas Polsek Kasihan)

Tingkatkan Imunitas, Personel Polsek Kasihan Olahraga Jalan Sehat

Guna menjaga kebugaran tubuh yang prima serta meningkatkan imunitas dalam tubuh guna menangkal penyebaran Covid-19, personel Polsek Kasihan  melaksanakan kegiatan olahraga jalan sehat dengan tetap memperhatikan social distancing dan selalu memakai masker, Jumat (29/05/2020) pagi.

Kegiatan jalan sehat mengambil start dan finish di halaman Mapolsek Kasihan dengan rute berkeliling wilayah Desa Tirtonirmolo kasihan Bantul . Kegiatan tersebut dipimpin Kapolsek Kasihan Kompol Y Tarwoco Nugroho, diawali dengan apel pagi dan dilanjutkan pemanasan untuk pelenturan tubuh.

Kapolsek Kasihan Y Tarwoco Nugroho,SH  mengatakan, dengan olahraga teratur diharapkan kesehatan para personel lebih terjaga, tidak mudah sakit  dan imunitas dalam tubuh meningkat sehingga menangkal COVID 19.  Sehingga selalu siap dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Lebih lanjut, kegiatan jalan sehat tersebut juga dimanfaatkan untuk menyapa warga masyarakat sekaligus memantau situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kasihan . (Humas Polsek Kasihan)

Pengecekan Kesehatan Personel Polsek Banguntapan

Kasub Satgas Banops Kes Aman Nusa Ida Wahyuningsih A.Md.Kep bersama anggotanya melaksanakan pengecekan kesehatan kepada personel Polsek Banguntapan, Kamis (28/5/2020).

Pengecekan meliputi suhu tubuh, tensi dan konsultasi dokter. Tim medis juga memberikan edukasi kepada personel Polsek Banguntapan untuk menjadi contoh menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Pengecekan kesehatan personel dilaksanakan guna mengetahui kondisi anggota Polri yang terjun langsung di lapangan di tengah wabah corona. Selain itu wujud perhatian pimpinan pada kondisi kesehatan personel Polri

Dari hasil pengecekan anggota Polsek Banguntapan semua kondisi sehat dan siap melaksanakan tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tidak ada keluhan ataupun tanda-tanda terjangkit covid19. (Humas Polsek Banguntapan)

Kapolsek Pandak Pimpin Pengamanan Penyaluran BLT-APBD Propinsi DIY Desa Caturharjo

Add caption
Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela memimpin pengamanan kegiatan Penyaluran BLT-APBD Propinsi DIY bertempat di Pendopo Balai Desa Caturharjo, Pandak, Bantul, Kamis (28/05/2020) jam 08.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pandak Bpk Kusmardiyono,S.Sos.M.Acc, Kapolsek AKP Cherli Evi Prayudatu Sela, Kanit Sabhara Aiptu Sumpana, PJ Lurah Desa Caturharjo Guribanto S.IP, Pendamping Desa Ibu Lastri, TKSK Kecamatan Pandak Dwi Marwanto, Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho, Babinsa Desa Caturharjo Serka Kumpul dan Bank BPD DIY.

Untuk Desa Caturharjo BLT-APBD Provinsi DIY (Top Up) di saluran melalui Bank BPD DIY kepada 567 keluarga penerima manfaat akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 400.000,-.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela juga memberikan himbauan pencegahan covid-19 kepada bapak ibu penerima manfaat yang hadiri di Balai Desa Caturharjo. Dalam penyampaiannya Kapolsek Pandak berharap agar bapak ibu yang hadir untuk selalu memakai masker dan juga melaksanakan social distance atau menjaga jarak. Selain itu dalam melaksanakan antrian agar dilaksanakan secara tertib dan menempati tempat duduk yang telah diberikan jarak oleh panitia sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19. (Humas Polsek Pandak)

Belajar Pecah Kaca dari Youtube, Residivis ini Gondol Uang Puluhan Juta

Belajar modus pencurian dengan modus pecah kaca dari laman video Youtube, Al (40) warga Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil menggasak total puluhan juta rupiah.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyo SIK MH mengatakan pengungkapan kasus pencurian dengan pemberatan bermodus pecah kaca mobil ini berawal dari laporan polisi pada 9 Mei 2020.

"Korban adalah Jefrry Agung Wijaya warga Sinduadi, Mlati, Sleman, dengan TKP di Wijirejo, Pandak, Bantul," kata Kapolres Bantul saat jumpa pers, Kamis (28/5/2020).

Menurut laporan polisi, korban datang ke sebuah toko pada tengah hari. Pada 13.05 WIB, ia keluar dan melihat kaca depan mobil bagian kiri pecah dan dua tas di dalam mobil telah hilang.

Tas tersebut berisi laptop senilai Rp4 juta, uang tunai Rp800 ribu, dua charger gawai, satu charger jam tangan, satu stop kontak listrik, dan sebuah guntacker senilai Rp400 ribu.

"Dari penyelidikan, tersangka diamankan pada Sabtu (23/5) di Bandungan, Semarang," lanjut Kapolres.

Ia ditangkap bersama barang bukti satu unit sepeda motor, sebuah pemukul atau palu besi, satu dompet berisi pecahan keramik busi warna putih dibungkus uang Rp 1000, sebuah helm, celana jeans, jaket, sepatu warna hitam, dan tas slempang warna hitam, serta pecahan kaca mobil.

"Pelaku adalah residivis dalam kasus yang sama dan pernah menjalankan aksi serupa di Imogiri, Bantul, dengan menggondol Rp 25 juta," ujarnya.

Kapolres menjelaskan tersangka menjalankan aksi kejahatannya seorang diri. Dengan cara melempar busi, tersangka berhasil menguras barang incaran.

Kepada petugas, ia mengaku belajar modus pecah kaca mobil dari Youtube. Selama ini, pelaku menyasar pikap pengangkut barang karena tidak dipasangi alarm. Pelaku hanya membutuhkan waktu dua menit untuk melancarkan aksinya.

Tersangka pernah mendekam tiga tahun di Lapas Bantul dengan kasus yang sama. Untuk kasus ini, ia diancam pasal 363 KUHP dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara. (Humas Polres Bantul)

29 May 2020

Operasi Ketupat Progo 2020, Divpropam Mabes Polri Kunjungi Pos Pam Srandakan

Tim dari Divisi Propam Mabes Polri mengunjungi Pos Pam Srandakan, Jumat (29/5/2020).

Dipimpin oleh Kasubagwal Provos Divpropam Polri AKBP Donny Adipradana SIK, tim melakukan penegakkan, ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) dalam rangka Waspam Operasi Ketupat Progo 2020.

Kedatangan Tim Waspam yang didampingi Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH ini, diterima langsung oleh Kapolsek Srandakan Kompol B. Muryanto SH.

Kunjungan ini merupakan tugas dari Divpropam Mabes Polri untuk melakukan pengecekan dan penegakan disiplin anggota Polri.

"Kedatangan kami adalah dalam rangka mengecek kesiapan anggota
dalam kegiatan pengamanan Pos Pam Ketupat Progo 2020 kaitannya dengan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata AKBP Donny Adipradana.

Kedatangan Tim Waspam dari Divpropam Polri juga untuk melihat sejauh mana upaya yang telah dilakukan Polres jajaran diseluruh Polda DIY, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sejauh ini dari pantauan kami, untuk jajaran Polda DIY belum ada pelanggaran,” tambahnya.

AKBP Donny Adipradana berpesan, agar dalam pelaksanaan tugas, anggota senantiasa menjaga keselamatan diri.

Anggota juga diperintahkan untuk menampilkan tampilan polisi yang terbaik, dari sikap, penampilan dan perilaku. Sehingga masyarakat akan semakin mencintai Polri.

“Dalam melakukan tindakan kepolisian, utamakan tindakan yang humanis, ngewongke wong (memanusiakan manusia),” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH terpisah mengatakan, bahwa untuk Operasi Ketupat Progo 2020 akan berakhir pada tangga 30 Mei 2020 pukul 24.00.

Selanjutnya, akan dilaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) berupa giat deteksi, turjawali, kamseltibcarlantas, penyampaian maklumat Kapolri dan himbauan mematuhi protokol kesehatan.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 7 hari terhitung mulai tanggal 1 s/d 7 Juni 2020, sasarannya adalah pusat-pusat perbelanjaan, obyek wisata dan tempat-tempat ibadah,” katanya.

Untuk itu, masyarakat dihimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)

Kapolsek Pajangan Pantau Penyaluran BST Desa Sendangsari

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP bersama anggotanya melakukan pemantauan dan pengamanan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Pendopo Balai Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Kamis (28/5/2020).

Hadir pula dalam kegiatan ini Camat Pajangan Muji Sungkono SE, Lurah Desa Sendangsari Tri Haryadi STP beserta Pamong Desa, Bhabinkamtibmas Sendangsari Aipda Muh. Jumadi dan Babinsa Sertu Pamungkas.

Dalam kesempatan ini, Kapolsek Pajangan juga memberikan imbauan kepada penerima BST agar mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. “Masyarakat yang mengambil BST kita himbau untuk menggunakan masker, jaga jarak fisik dan cuci tangan sebelum mengantri,” katanya.

Sementara terkait penyaluran bantuan tersebut, Camat Pajangan Muji Sungkono SE mengatakan, Bantuan Sosial Tunai ini berasal dari Pemerintah DIY yang dalam penyalurannya bekerjasama dengan BPD DIY. Adapun bantuan yang disalurkan sebesar 400 ribu rupiah, yakni untuk melengkapi BST dari Kementerian Sosial RI yang telah disalurkan sebelumnya sebesar 200 ribu rupiah. Sehingga masing-masing penerima manfaat terdampak Covid-19 total menerima bantuan sebesar 600 ribu rupiah per bulan yang akan disalurkan selama tiga bulan. (Humas Polsek Pajangan)

Pam Obyek Vital



Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Pemberian Bantuan Pengamanan Pada Objek Vital Nasional Dan Objek Tertentu


Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Sambangi Persiapan Penyaluran Bantuan

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa SH menyambangi Balai Desa Triharjo, Pandak, Bantul guna memantau persiapan pembagian bantuan Top Up APBD DIY, Rabu (27/5/2020) malam.

Dalam kegiatan tersebut Bripka Subawa SH menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan memberikan imbauan tentang pencegahan Covid-19 kepada Carik Desa Triharjo Sofuwan Adil Kurniawan, S.E dan TKSK Kecamatan Pandak, Dwi Marwanto.

Adapun pesan atau imbauan yang disampakan antara lain agar dalam penyaluran bantuan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan dan mengatur jarak tempat duduk bagi warga penerima bantuan. Selain itu, petugas penyalur bantuan dan warga penerima bantuan diwajibkan memakai masker guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, untuk penyaluran bantuan untuk warga Triharjo dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Mei 2020 di Aula Balai Desa Triharjo, Pandak. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Imogiri Lepas Anggotanya Yang Pindah Tugas

Polsek Imogiri menggelar acara pelepasan anggota yang pindah tugas, Kamis (28/5/2020). Acara yang dilangsungkan di Mapolsek Imogiri itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Imogiri Kompol Anton N.W, SH

Adapun anggota yang pindah tugas yaitu Kasihumas Aiptu Eko Surahman, yang mendapat tugas baru sebagai PS  Paur Subbaghumas  Bagops Polres Bantul dan Ka SPKT Aiptu Nuryanto menjadi Ka SPKT  di Polsek Jetis Polres Bantul.

Dalam sambutannya, Kapolsek Imogiri menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua anggotanya yang pindah tugas atas pengabdian dan dedikasi yang tinggi selama bertugas di Polsek Imogiri.

“Terima kasih dan selamat bertugas, semoga berkah dan amanah, tetap jalin silaturahmi,” ucapnya.

Sementara itu, Aiptu Eko Surahman menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh personel atas kerjasamanya selama ini dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Tidak lupa, ia juga meminta maaf apabila ada kesalahan, baik sengaja ataupun tidak disengaja.

“Kepada Pak Kapolsek dan seluruh personel Polsek Imogiri, terima kasih atas kerjasama dan dukungannya selama ini . Kami mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam bertugas,” Ucap Aiptu Eko Surahman. (Humas polsek Imogiri)

Kapolsek Pandak Pimpin Pengamanan Penyaluran Bansos dari Pemda DIY di Desa Gilangharjo

Kapolsek Pandak AKP Cherli Evi Prayudati Sela memimpin pengamanan penyaluran bantuan sosial dari Pemda DIY bertempat di Balai Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Rabu (27/05/2020) jam 08.00 WIB.

Di Desa Gilangharjo, bantuan disalurkan oleh Bank BPD DIY kepada 1.038 penerima manfaat. Dimana dalam pembagian tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu dengan menggunakan masker dan melaksanakan social distancing atau jaga jarak. Selain itu juga di sediakan tempat cuci tangan.

Dalam kegiatan tersebut Kanit Binmas Polsek Pandak Ipda Tetepana juga memberikan himbauan pencegahan covid-19 kepada keluarga penerima manfaat yang hadir di Balai Desa Gilangharjo. Dalam penyampaian Kanit Binmas berpesan agar keluarga penerima manfaat agar melaksanakan antrian dengan tertib dan menempati tempat duduk yang telah disediakan. Selain itu juga agar selalu memakai masker setiap keluar dan menerapkan sosial distance. (Humas Polsek Pandak)

Waspada, Gelombang Pasang Terjang Deretan Pantai Selatan Bantul

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH bersama Kapolsek Srandakan, Kompol B Muryanto SH melakukan pemantauan gelombang pasang di Pantai Baru, Kamis (29/5/2020) pagi.

Dimana gelombang pasang akhir-akhir ini sedang melanda deretan pantai selatan di Kabupaten Bantul, mulai dari Pantai Baru, hingga Pantai Parangtritis.

Beruntung, gelombang dengan ketinggian mencapai 5-6 meter tersebut, tidak sampai merusakkan bangunan di sekitaran bibir pantai.

Kapolsek Srandakan menjelaskan, gelombang pasang yang juga menerjang pantai tersebut mulai terjadi sejak pukul 09.00.

Namun, imbuhnya, gelombang pasang ini mencapai puncak ketinggian satu jam setelahnya.

"Air menerjang sampai jarak 50 meter dari bibir pantai ya, sekitar pukul 10.00 kejadiannya," katanya.

Walau begitu, ia memastikan, warung-warung yang berada di sekitaran bibir pantai, terbebas dari kersusakan meski air melanda hingga daratan.

Begitu juga dengan perahu, atau kapal-kapal milik nelayan masyarakat setempat, yang sudah lebih dahulu diselamatkan ke daerah aman.

"Warga dan nelayan sudah melakukan evakuasi kapal ya, ke tempat yang aman. Lalu, para pemilik warung juga sudah memindahkan dagangannya," tandasnya. (Humas Polsek Srandakan)

Polsek Kretek Laksanakan Penyekatan Wisatawan Malam Jumat Kliwon

Puluhan personel gabungan melakukan operasi penyekatan terhadap warga yang hendak berkunjung ke objek wisata Pantai Parangkusumo, Kamis (28/05/2020) malam. Hal itu guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang hingga kini masih mengancam kehidupan masyarakat.

Kapolsek Kretek, Kompol S. Parmin mengatakan, penyekatan terhadap para pengunjung itu dilakukan lantaran di lokasi tersebut acap kali menjadi ajang berkumpul massa yang datang dari berbagai daerah, terlebih pada setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon.

Selama dua hari yang disakralkan oleh sebagian orang itu sering dipakai banyak warga untuk menggelar ritual di kawasan Cepuri Parangkusumo. Disamping itu pada malam tersebut kerap juga menjadi pasar dadakan warga yang menjajakan beraneka ragam dagangan.

"Ini masih pandemi untuk antisipasi. Kita lakukan penyekatan di Parangkusumo dan tempat tempat hiburan di sekitar lokasi. Yang datang kita suruh putar balik, pulang," ujarnya.

Dalam operasi penyekatan itu, kata Kapolsek, pihaknya tak mendapati kerumunan warga. Suasana malam Jumat Kliwon di kawasan Parangkusumo dinilainya lengang di masa pandemi covid-19.

Bhabinkatibmas Polsek Banguntapan Pengamanan Pencairan BLT APBD

Bhabinkamtibmas Desa Banguntapan Aiptu Agung Aji Wijaya SH melaksanakan pengamanan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBD DIY di Aula Balai Desa Banguntapan, Banguntapan, Bantul pada Rabu (27/5/2020).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Lurah Desa Banguntapan Basirudin, petugas Bank BPD DIY dan TKSK PKH Kecamatan Banguntapan, Babinsa, Satgas Covid-19 Desa Banguntapan, serta 451 warga penerima bansos BLT.

Adanya bantuan dari APBD DIY yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu tersebut, diharapkan dapat meringankan beban kehidupan sehari-hari ditengah pandemi Covid-19. Program bantuan ini juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat guna mengatasi kesulitan ekonomi warga akibat dampak Covid-19.

Oleh karena itu, dihimbau kepada masyarakat agar disiplin diri mematuhi protokol kesehatan seperti anjuran pemerintah guna memutus penyebaran Covid-19, sehingga diharapkan pandemi Covid-19 ini segera selesai dan kembali normal seperti sebelumnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Banguntapan bersama Babinsa dalam pengamanan tersebut terus memberikan imbauan kepada warga penerima bantuan wajib menggunakan masker, cuci tangan sebelum masuk Aula Balai Desa, pengecekan suhu tubuh dan menerapkan physical distancing. (Humas Polsek Banguntapan)

Personel Polsek Jetis Amankan Penyaluran Top Up dari BPBD Provinsi DIY Desa Patalan

Personel Polsek Jetis mengamankan giat penyaluran Top Up dari BPBD Provinsi DIY bertempat di Pendopo Balai Desa Patalan, Kamis (28/5/2020).

Nampak hadir dalam penyaluran bantuan antara lain Lurah Desa Patalan, Bhabinkamtibmas dan BabinsaDesa Patalan, Pendamping PKH Kecamatan Jetis, Dinsos Kabupaten Bantul, Bank BPD Bantul, dan Pol PP Kabupaten Bantul.

Jumlah penerima bantuan untuk Desa Patalan adalah 557 orang, tiap orang mendapat @ Rp.400.000,- ( empat ratus ribu rupiah).

Pengamanan kegiatan melibatkan dari personel dari Polres Bantul, Polsek Jetis dan Sat Pol PP, pembagaian dana BLT sendiri dengan menggunakan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah. (Humas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Desa Mangunan Hadiri Rapat Penerima Bansos dari APBD Kabupaten Bantul

Bhabinkamtibmas Desa Mangunan Aiptu  Ashari menghadiri rapat pemantapan dan penentuan warga penerima bantuan sosial dari APBD Kabupaten Bantul di gedung serbaguna Desa Mangunan Dlingo Bantul, Rabu (27/5/2020).

Hadir dalam acara tersebut Lurah Desa Mangunan H Jiyono Ikhsan S.Sos, Jogo Boyo  Widodo, Carik Desa Mangunan Dwi Eko, Ketua BPD desa Mangunan beserta anggotanya.

Adapun kriteria warga penerima bantuan sosial dari APBD kabupaten Bantul adalah sebagai berikut.

Warga masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial dan bukan penerima PKH, BPNT progam sembako, BPNT perluasan / progam sembako, BST, progam kartu pra kerja,  BLT DD dan bantuan sosial tambahan dari APBD propinsi.

Warga masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau mempunyai keluarga rentan sakit menahun atau kronis lansia dan balita.

Dalam rapat tersebut diputuskan  jumlah warga calon penerima bantuan sosial dari APBD Kabupaten Bantul berjumlah 132 warga yang diusulkan dan usulan itu dari dukuh se Desa Mangunan. (Humas Polsek Dlingo)

Kapolsek Jetis Pimpin Pengamanan Penyaluran Top Up di Desa Canden

Kapolsek Jetis AKP M Sholeh SH MH memimpin pengamanan giat penyaluran Top Up dari BPBD Provinsi DIY bertempat di Pendopo Balai Desa Canden, Kamis (28/5/2020).

Nampak hadir dalam penyaluran Baksos BLT Provinsi  Kanit Sabhara, Provos dan Binmas Polsek Jetis, PJ Lurah Desa Canden, Bhabinkamtibmas dan BabinsaDesa Canden, Pendamping PKH Kecamatan Jetis, Dinsos Kabupaten Bantul, Bank BPD Bantul, dan Pol PP Kabupaten Bantul.

Jumlah penerima bantuan untuk Desa Canden adalah 705 orang, tiap orang mendapat @ Rp.400.000,- ( empat ratus ribu rupiah).

Pengamanan kegiatan melibatkan dari personel dari Polres Bantul, Polsek Jetis dan Sat Pol PP, pembagaian dana BLT sendiri dengan menggunakan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah. (Humas Polsek Jetis)

Kanit Patroli Polsek Pleret Pimpin Pengamanan Penyaluran Bantuan Top Up Pemda DIY

Kanit Patroli Polsek Pleret Ipda Dalhari memimpin pengamanan penyaluran bantuan Top Up Pemda DIY di dua tempat yakni Balai Desa Pleret dan Balai Desa Wonokromo, Kamis (28/05/2020).

Dalam pantauan tersebut Ipda Dalhari menghimbau kepada panitia maupun masyarakat penerima bantuan untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

"Dalam perjalanan pulang hati-hati waspadai copet, gendam karena para pelaku tau mereka yang habis dari sini membawa uang," katanya saat di pendopo Baldes.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pengamanan melekat oleh masing-masing Bhabinkamtibmas Bripka Rofiq Dwi H dan Bripka Gunawan bersinergi dengan Babinsa maupun Sat Pol PP Kabupaten Bantul.

Bantuan Top Up Pemda DIY di wilayah Desa Pleret terdapat 541 penerima gugur 141 penerima sedangkan di wilayah Desa Wonokromo terdapat 555 penerima gugur 74 penerima dengan beberapa faktor antara lain sudah meninggal, sudah menerima bantuan yang lain dan pindah penduduk. (Humas Polsek Pleret)

Kapolsek Sanden Patroli dan Pantau Kawasan Pantai Selatan Saat Ombak Besar

Peringatan dini terkait gelombang tinggi yang terjadi di perairan selatan Yogyakarta yang terjadi dari beberapa hari yang lalu di antisipasi oleh jajaran Polsek Sanden dengan melakukan Patroli di wilayah pesisir Pantai Samas, Pantai Pandansari dan Pantai Goa Cemara di wilayah Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul, Kamis (28/5/20) pukul 09.00 WIB.
 
Dalam giat patroli tersebut di pimpin oleh Kapolsek Sanden AKP Tukirin bersama Kanit, Kasi serta piket fungsi meninjau langsung lokasi pantai di wilayah Polsek Sanden seperti Pantai Samas, Pandansari, Goa Cemara. Dalam hasil patroli terpantau pantai selatan sedang mengalami ombak besar namun tidak ada korban dalam kejadian tersebut karena pantai masih ditutup dan sepi pengujung selama pandemi Covid-19.
    
Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Sanden AKP Tukirin menghimbau kepada nelayan dan warga di kawasan pantai untuk lebih waspada dan lebih berhati-hati saat gelombang pasang pantai yang tinggi masih akan terjadi beberapa hari kedepan. Berdasarkan informasi dari BMKG DIY, ombak tinggi di sepanjang perairan selatan DIY, termasuk kawasan Pantai  Samas, Pantai Pandansari, Pantai Goa Cemara masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.
   
Untuk itu jajaran Polsek Sanden melakukan patroli sekaligus memonitor dan memberikan himbauan kepada masyarakat di sekitar pesisir pantai guna mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan. Masyarakat diharapkan tetap waspada dan tidak mendekat atau beraktivitas di sekitar pantai dalam beberapa waktu ke depan. (Humas Polsek Sanden)

Polsek Dlingo Giat Patroli Cegah Gangguan Kamtibmas

Anggota Polsek Dlingo yang dipimpin Aiptu Apandi melaksanakan kegiatan rutin patroli malam hari antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Dlingo, Kamis (28/5/2020).

Kegiatan patroli dengan sasaran obyek vital seperti perbankan dan ATM, perkantoran, sekolahan, serta tempat-tempat tempat ibadah bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman kondusif.

Selain patroli di obyek vital, petugas juga menyambangi pos pos kamling dan tempat-tempat yang dianggap rawan kejahatan serta jalur rawan kecelakaan lalu-lalu lintas. Secara umum situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Dlingo terpantau aman kondusif. (Humas Polsek Dlingo)

Polsek Bambanglipuro Berikan Imbauan Cegah Covid-19

Anggota Polsek Bambanglipuro yang dipimpin Kanit Lantas Iptu Triwulandani melaksanakan patroli sekaligus menyampaikan Maklumat Kapolri tentang pencegahan penularan Covid-19 di wilayah Kecamatan Bambanglipuro, Bantul pada Kamis (28/5/2020) pagi.

Adapun patroli kali ini, petugas menyambangi beberapa warga di dusun Kuwon, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, warga masyarakat diberikan arahan dan imbauan oleh Kanit Lantas agar tetap menerapkan physical distancing (jaga jarak fisik minimal 1 meter), wajib menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun guna mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Hadiri Rakor Pembagian Bansos

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Bripka Rudi Isgiarto SH menghadiri rapat koordinasi (rakor) persiapan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemda DIY di Ruang Rapat Balai Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Selasa (26/05/2020) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pendamping Kecamatan Pandak Dwi, Lurah Desa Gilangharjo Drs. Pardiono, Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Bripka Rudi Isgiarto SH, para Kasi dan Kaur, serta Dukuh Se Desa Gilangharjo.

Kegiatan rakor tersebut dalam rangka persiapan penyaluran bantuan sosial dari Pemda DIY yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Mei 2020 di Aula Balai Desa Gilangharjo. Untuk Desa Gilangharjo ada 1.038 penerima manfaat. Adapaun sistem yang akan dipakai dalam penyaluran tersebut menggunakan enam loket dan nomor antrian dari Bank BPD DIY. (Humas Polsek Pandak)

28 May 2020

Bhabinkamtibmas Desa Wirokerten Pengamanan Pembagian BLT-DD

Bhabinkamtibmas Desa Wirokerten Bripka Indra Prasetyo bersama Babinsa melaksanakan pengamanan dan pendampingan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Ruko Bumdes Desa Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Kamis (28/5/2020).

Disamping melaksanakan pengamanan, Bripka Indra Prasetyo bersama Babinsa juga memberikan imbauan kepada warga yang akan menerima bantuan agar memakai masker dan jaga jarak antrian antar warga. Hal ini guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Lurah Desa Wirokerten Hj. Rachmawati W, SE mengatakan, dalam pembagian BLT-DD kepada warga kurang mampu yang terdampak Covid-19 dilakukan proses verifikasi daftar warga yang berhak menerima. Adapun tujuannya supaya tidak dobel dengan bantuan sosial lainnya. Diharapkan dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. (Humas Polsek Banguntapan)

Petugas Provos Cek Kehadiran Personel Polsek Jetis

Memasuki H+3 Hari Raya Idul Fitri 1441 H, petugas Provos Polsek Jetis mengecek kehadiran personel Polsek Jetis dan kelengkapan pribadi anggota Polsek Jetis di halaman Mapolsek Jetis, Rabu (27/5/2020).

Dari pemeriksaan tersebut tidak ditemukan pelanggaran, baik kelengkapan surat berkendaraan, kartu senpi dan sikap tampang.

Kapolsek Jetis AKP M Sholeh SH MM menegaskan anggota Polsek Jetis, untuk selalu berdedikasi dan berdisplin tinggi dan loyal kepada kesatuan Kepolisian RI, untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarkat di tengah wabah covid-19.

Kapolsek Jetis juga mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan tugas selama ini sehingga Jetis aman dan kondusif. (Humas Polsek Jetis)

Polsek Jetis Giat Patroli Dan Bagikan Masker

Petugas Pos Pantau Operasi Ketupat Progo 2020 Polsek Jetis yang dipimpin Iptu Hendri T melaksanakan patroli di Pasar Barongan dan Pertokoan yang ada di sepanjang Jalan Parangtritis, Jetis, Bantul pada Rabu (27/5/2020). Kegiatan patroli dilakukan sebagai upaya menciptakan situasi kamtibmas yang aman selama lebaran 2020  di wilayah Jetis.

Selain melaksanakan kegiatan patroli, petugas juga memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan dengan pengaturan lalu lintas di Sempalan Pundong, Jalan Parangtritis dan pembagian masker gratis.

Dalam kegiatan itu pula, petugas memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak berkerumun, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan memakai masker dan menerapkan physical distancing. (Humas Polsek Jetis)

Petugas Sipropam Polres Bantul Gelar Gaktiblin di Polsek Piyungan

Petugas Provos dari Sipropam Polres Bantul melaksanakan kegiatan operasi penegakan dan penertiban disiplin (Gaktiblin) kepada personel Polsek Piyungan, Kamis (28/5/2020) pukul 10.00 WIB.

Giat Gaktiblin dipimpin oleh Kasipropam Polres Bantul Ipda I Nengah Artha Wardhana, S.Pd.

Dijelaskan, kegiatan ini, merupakan giat rutin Sipropam Polres Bantul dalam rangka meningkatkan disiplin anggota Polri.

Dalam kegiatan ini petugas provos melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap personel Polsek Piyungan meliputi kelengkapan administrasi diri. Satu persatu anggota diperiksa, seperti KTP, Kartu anggota, SIM, STNK, Kartu kepemilikan Senpi, gampol dan sikap tampangnya.

Setelah melaksanakan pemeriksaan, Kasipropam Polres Bantul berpesan kepada anggota Polsek Piyungan agar senantiasa menghindari pelanggaran yang dapat menurunkan citra Polri dan merugikan diri sendiri.

“Setiap anggota harus bisa menjadi contoh dan panutan yang baik dimasyarakat,” katanya. (Humas Polsek Piyungan)

Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Amankan Takziah di Dusun Pandak

Bhabinkamtibmas Desa Wijirejo Aiptu Suryono melaksanakan pengamanan takziah di Dusun Pandak, Wijirejo, Pandak, Bantul, Selasa (26/05/2020) jam 09.00 WIB.

Almarhun Bapak Rustadi merupakan warga dusun Pandak, Wijirejo, Pandak. Rencananya almarhum akan dimakamkan pada hari ini juga di pemakaman dusun setempat.

Takziah yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas desa Wijirejo Aiptu Suryono bersama Anggota Polsek Pandak ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa empati kepada warga binaanya. Ketika ada warga masyarakat di desa Wijirejo yang sedang dilanda kesusahan sebagai anggota Bhabinkamtibmas Aiptu Suryono pun turut hadir untuk memberikan ucapan duka cita. Selain itu kegiatan takziah ini diharapkan lebih dapat meningkatkan sinergitas antara masyarakat dengan pihak Kepolisian demi terwujudnya kamtibmas yang aman dan kondusif. (Humas Polsek Pandak)

Pengamanan Pendistribusian BLT APBD DIY Di Balai Desa Timbulharjo

Bhabinkamtibmas Desa Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH bersama dengan Unit Sabhara Polsek Sewon melaksanakan pengamanan pendistribusian Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD DIY di Balai Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Rabu (27/5/2020).

Kegiatan pendistribusian BLT yang diperuntukan bagi masyarakat terdampak Covid – 19 ini,
juga dihadiri Kabag Pemerintahan Desa Kabupaten Bantul, Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Camat Sewon Drs. Danang Erwanto, M.Si, Sekcam Sewon Hartini, SIP., Kasi Trantib Kecamatan Sewon Bambang Suprimantoro, S. Sos., Pendamping PKH Kecamatan Sewon Junaidi Supriyatno, Pj. Lurah Desa Timbulharjo Waljono, SIP., Petugas dari Bank BPD DIY Cabang Bantul, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Koramil Sewon Desa Timbulharjo, Pamong serta Dukuh se Desa Timbulharjo.

Saat dikonfirmasi oleh Humas Polsek Sewon, Bhabinkamtibmas Aiptu Ibnu Wakhid menyampaikan, data penerima bantuan dari APBD DIY diverifikasi ulang untuk memastikan siapa saja yang berhak menerima bantuan dana tersebut.

Aiptu Ibnu Wakhid juga menyampaikan, bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 400.000,- per KK dibagikan selama tiga bulan mulai dari bulan Mei sampai dengan Juli 2020. Kriteria penerima bantuan yaitu bagi mereka yang belum pernah menerima segala bentuk bantuan dari program pemerintah saat ini. Adapun penerima BLT untuk Desa Timbulharjo sejumlah 1096 KK, yang tersalurkan 850 KK dan dikembalikan 246 KK.

Untuk teknis dan aturan dalam penyaluran bantuan tersebut antara lain bagi penerima Bantuan Sosial dari APBD Propinsi DIY hadir sendiri ke Balai Desa, tidak boleh dikuasakan (menggunakan surat kuasa). Bagi penerima dengan kondisi kesehatan yang sangat kronis tidak memungkinkan ke Balai Desa, BLT akan diserahkan ke rumah yang bersangkutan. Bagi penerima dengan bay name, akan diterimakan kepada Kepala Keluarga dengan menunjukkan surat undangan, KTP, KK dan belum menerima bantuan sosial dari program yang lain.

Sementara itu, dalam pendistribusian bantuan tersebut menerapkan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19, antar lain wajib memakai masker, cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh dan physical distancing. (Humas Polsek Sewon)

Personel Polsek Kasihan Amankan Penyaluran Bantuan Top Up dari Provinsi DIY di Desa Tamantirto

Personel Polsek Kasihan dipimpin oleh Panit III Sabhara Iptu Widayadi melaksanakan  pengamanan penyaluran bantuan Top Up dari Provinsi DIY kepada warga masyarakat Desa Tamantirto Kasihan terdampak Covid-19.

Penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Desa Tamantirto, Rabu (27/5/2020) pagi.

Kegiatan pengamanan yang dilakukan personel Polsek Kasihan guna menjamin proses penyaluran bantuan Top Up berjalan aman, lancar tidak ada gangguan serta tepat sasaran.

Sementara itu, jumlah warga Desa Tamantirto yang mendapat Bantuan Top Up tersebut sebanyak 501 KK berupa uang tunai senilai Rp. 400 ribu/KK selama 3 bulan (Mei, Juni, Juli ).

Penyaluran bulan Mei disalurkan secara tunai oleh Bank BPD DIY Cabang Bantul, selanjutnya bulan Juni - Juli akan di transfer ke rekening tabungan BPD yang di serahkan kepada warga bersama penyerahan bantuan bulan Mei.

Kegiatana berjalan aman terkendali dengan pengamanan dari Polsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)

Syawalan Dan Pelepasan Anggota Polsek Jetis

Setelah apel pagi, Kapolsek Jetis AKP M. Sholeh SH MM memimpin acara syawalan bersama seluruh personel di halaman Mapolsek Jetis, Rabu (27/5/2020) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Jetis atas nama pribadi maupun dinas menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh personel Polsek Jetis. “Apabila ada khilaf atau perkataan yang kurang berkenan mohon dimaafkan,” ucapnya.

Selain acara syawalan, juga dilakukan pelepasan anggota yang pindah tugas. Adapun anggota Polsek Jetis yang pindah tugas yaitu Aiptu Wakidi dan Aupti Budi Raharjo, yang selanjutnya akan melaksanakan tugas di Polsek Imogiri dan Polsek Bantul.

Kapolsek Jetis megucapkan selamat kepada anggota yang mendapat promosi jabatan di tempat yang baru dan terima kasih atas dedikasinya di Polsek Jetis selama ini. “Mutasi adalah hal yang biasa dan wajar di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bentuk Tour Of Duty,” tuturnya.

Ia berharap, semoga di tempat tugas yang baru bisa lebih sukses, serta memberikan kontribusi yang maksimal dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. (Humas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Desa Srihardono Pengamanan Pembagaian BLT

Untuk memberikan rasa aman, baik kepada warga penerima bantuan maupun petugas dari Bank BPD DIY dalam pendistribusian Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bhabinkamtibmas Desa Srihardono Aipda Haryanta melaksanakan pengamanan kegiatan tersebut di GOR Balai Desa Srihardono, Pundong, Bantul pada Rabu (27/5/2020).

Bantuan BLT yang bersumber dari APBD DIY itu dibagikan kepada warga masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 di wilayah Desa Srihardono, yakni sebanyak 864 KK yang terdaftar masing-masing mendapat bantuan sebesar 400 ribu rupiah.

Selama kegiatan pendistribusian bantuan, Aipda Haryanta memberikan imbauan kepada warga yang datang untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Antara lain cuci tangan pakai sabun, pengecekan suhu tubuh,  pakai masker serta jaga jarak fisik antar warga. (Humas Polsek Pundong)

Warga Klaten Ditemukan Kaku Meninggal Dunia di Kamar Kosnya di Kasihan

Warga Klaten bernama Mujianto ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya di Tegalwangi RT 04  Tamantirto Kasihan Bantul, Rabu (27/5/2020) siang.

Kapolsek Kasihan Kompol Y Tarwoco mengatakan mayat korban pertama kali ditemukan oleh pemilik kos Sukir yang mencium bau busuk dari kamar korban. Sukir kemudian mengetuk pintu kamar namun tidak ada jawaban. Karena curiga, Sukir lalu memastikan kondisi korban dengan melihat ke dalam kamar melalui jendela. Ia kaget saat melihat korban dalam posisi tertidur dan tidak bergerak.

Kemudian Sukir melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Polisi yang tiba di TKP kemudian melakukan olah TKP dan pengumpulan bahan keterangan.

“Jasad korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit dr Sardjito untuk diotopsi dengan menggunakan ambulance milik PMI,” pungkas Kapolsek. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Desa Sriharjo Amankan Penyaluran BLT Dana Desa

Bhabinkamtibmas Desa Sriharjo Polsek Imogiri Bripka Wahyono,SH. melakukan pengamanan penyerahan ATM dan buku tabungan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa di Balai Desa Sriharjo Imogiri, Rabu (27/05/2020).

Kegiatan penyaluran  ATM Dan buku tabungan BLT Dana Desa ini diselengarakan oleh Pemerintah Desa Sriharjo bekerja sama dengan Bank BNI. Diperuntukan untuk warga terdampak Pademi Covid-19. Yaitu  keluarga penerima manfaat yang belum tersentuh program bantuan lainnya dari pemerintah.sebanyak 40 buah kartu ATM dan buku tabungan.

Dalam kesempatan ini Bripka Wahyono  menghimbau  kepada warga yang datang agar tidak berkerumun, antri yang tertib, selalu  memakai masker dan menghimbau agar sebelum dan sesudah menerima kartu ATM dan buku tabungan agar mencuci tangan ditempat yang telah disediakan.

Terpantau sampai selesai bahwa penyerahan ATM dan buku tabungan BLT  DD di Desa Sriharjo berjalan lancar dan tertib.(Humas Polsek Imogiri)

Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Polsek Sanden Sambangi Isolasi Warga di Rumah Karantina Desa

Kegiatan pemantauan dan himbauan kepada masyarakat binaan di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sanden Desa Gadingharjo Bripka Tohari terhadap warga yang sedang melaksanakan isolasi di Rumah Karantina  Penanganan Covid 19 Desa Gadingharno Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul yang baru pulang dari luar daerah, Selasa (26/5/2020) pukul 10.00 WIB.
    
Kegiatan ini untuk memantau desa binaannya supaya tetap aman dan kondusif di tengah wabah virus Corona/Covid19. Dalam situasi pandemi Covid 19 ini warga masyarakat di himbau untuk tidak panik namun tetap waspada terkait pencegahan penularan Covid -19 dengan tetap melakukan langkah langkah protokol pencegahan Covid -19. Diantaranya menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yaitu selalu cuci tangan pakai sabun, terapkan social distancing, memakai masker bila keluar rumah dan tidak keluar rumah bila tidak penting.
  
Dalam sambang dirumah karantina tersebut Bripka Tohari berpesan kepada warga yang di karantina untuk bersabar dan mematuhi himbauan terkait kegiatan isolasi. Hal ini demi kebaikan warga tersebut, keluarga yang bersangkutan serta lingkungan sekitar. Isolasi kepada warga yang habis dari luar daerah tersebut sudah di laksanakan dari beberapa hari yang lalu.
   
"Tetap jaga kesehatan pribadi dengan olah raga mandiri di tempat, jaga kebersihan dan bila ada keluhan sampaikan kepada tim Covid desa setempat dan tetap optimis" pesan Bripka Tohari. (Humas Polsek Sanden)

Di Tengah Pandemi Covid-19, Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-60 TA 2020 Berikan Bantuan Sembako Di Panti Asuhan

Kompol Dedi Surya Dharma S.H., S.I.K., M.M. peserta Didik (Serdik) Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Dikreg ke 60 TA 2020 yang sedang menjalani Pembelajaran Perkuliahan Jarak Jauh (PPJJ) di masa pandemi Covid-19 melaksanakan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Yatim Piatu Ibnul Fattah Pengasih, Kulonprogo, Selasa (26/5/2020).

Dalam kesempatan ini Kompol Dedi Surya Dharma S.H., S.I.K., M.M. menyerahkan bantuan berupa beras dan paket sembako yang diterima langsung oleh pengurus Panti Asuhan Yatim Piatu Ibnul Fattah. Pengurus Panti Asuhan Yatim Piatu Ibnul Fattah mengucapkan terima kasih kepada Kompol Dedi Surya Dharma, S.H., S.I.K., M.M. atas bantuan yang diberikan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Dedi yang telah memberikan bantuan kepada kami, yang mana ia pernah menjabat sebagai Wakapolres Kulonprogo dan saat ini sedang mengikuti pendidikan Sespimmen Polri. Semoga menjadi amal ibadah bapak Dedi dan dilancarkan dalam mengikuti pendidikan Sespimmen Polri”, ujar H. Bambang.

Sementara itu Kompol Dedi Surya Dharma S.H., S.I.K., M.M. menyampaikan semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi anak-anak dan pengurus Panti Asuhan Yatim Piatu Ibnul Fattah.

Satreskrim Polres Bantul Bekuk Residivis Curat Modus Pecah Kaca

Jajaran Satreskrim Polres Bantul berhasil membekuk pelaku curat dengan modus pecah kaca mobil. Pelaku yang dibekuk yakni, Al (40), warga Berbah Sleman, diamankan petugas di tempat persembunyiannya di daerah Bandungan Semarang Jawa Tengah pada Sabtu (23/5/2020).

Al menggasak 1 unit laptop, uang tunai Rp 800 ribu serta barang berharga lainnya milik Jeffry Agung Wijaya (31) warga Mlati Sleman, yang ditaruh di dalam mobil dan sedang terparkir di depan CV Diponegoro Dusun Bergan Wijirejo Pandak Bantul pada Sabtu (9/5/2020) siang.

"Total kerugiannya mencapai Rp 5,2  juta," ujar Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH didampingi Kasat Reskrim AKP Ngadi SH MH dan Kasubbag Humas Iptu Sumaryata saat menggelar jumpa pers bersama wartawan di lobi Mapolres Bantul, Kamis (28/5/2020).

Modus yang digunakan pelaku yakni, dengan cara memecah kaca mobil dengan menggunakan pecahan busi dan kemudian mencuri barang-barang di dalamnya.

Ia menambahakan, pelaku merupakan penjahat kambuhan dan sudah sering beraksi. "Pelaku merupakan residivis, baru keluar dari LP dengan kasus yang sama," imbuhnya. 

“Hasil pengembangan, pelaku juga telah melakukan aksi serupa di wilayah Imogiri beberapa waktu lalu, dengan total kerugian sekitar Rp 25 juta,” tambah AKBP Wachyu.

Dari tangan pelaku, diamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor matic, palu, dompet hitam berisi pecahan busi yang dibungkus uang pecahan Rp 1.000,-, helm, sepasang sepatu, tas slempang dan pecahan kaca mobil.

"Pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 7 tahun," tandas AKBP Wachyu. (Humas Polres Bantul)