30 September 2020

Unit Binmas Polsek Srandakan Berikan Imbauan Protokol Kesehatan Kepada Para Penambang Pasir

Unit Binmas Polsek Srandakan yang dipimpin Panit Binmas Aiptu Dalija memberikan imbauan kepada para penambang pasir di Dusun Bibis, Poncosari, Srandakan, Bantul untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, Rabu (30/9/2020).

Meskipun aktivitas masyarakat di wilayah Srandakan sudah kembali normal namun diharapkan protokol kesehatan juga tetap dipatuhi dan dilaksanakan. Kebijakan adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah menularnya Covid-19 di wilayah Srandakan.

Oleh karena itu, imbauan dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker selalu digalakan oleh fungsi binmas maupun fungsi lain di Polsek Srandakan agar tercipta kebiasaan baru yang baik dan sesuai anjuran pemerintah.


Selain itu, Unit Binmas Polsek Srandakan juga memberikan imbauan kepada wisatawan yang berkunjung di obyek wisata Pantai Baru Srandakan. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Pasang Spanduk Ajakan Kapolri dan Palinglima TNI tentang Protokol Kesehatan

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Bripka Agustinus Sulistyo,SH memasang spanduk ajakan Kapolri dan Palinglima TNI tentang protokol kesehatan dengan wajib memakai masker di Jalan Bibis S3 Tamantirto Kasihan Bantul, Rabu  (30/09/2020).

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo,SH mengatakan, pemasangan spanduk ini merupakan ajakan Kapolri dan Palinglima TNI untuk memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Diharapkan seluruh elemen masyarakat agar disiplin dan patuh protokol kesehatan,” kata Kapolsek.

Dengan upaya pemasangan spanduk tersebut diharapkan dapat menjadi perhatian masyarakat khususnya dalam mencegah akan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Kasihan)

Bhabinkamtibmas Desa Timbulharjo Berikan Edukasi Protokol Kesehatan Kepada Warga Wajib Pajak

Bhabinkamtibmas Desa Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH menyambangi kegiatan Pelayanan Mobil Pajak Kabupaten Bantul di Balai Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Rabu (30/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Aiptu Ibnu Wakhid SH menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan memberikan edukasi protokol kesehatan kepada warga wajib pajak yang datang membayar pajak PBB.

Selain mengedukasi warganya, Bhabinkamtibmas Aiptu Ibnu Wakhid SH juga membagikan sejumlah masker gratis kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker. Tujuannya guna mendukung program pemerintah tentang disiplin penggunaan masker dan mencegah penyebaran Covid-19.

Edukasi protokol kesehatan dan disiplin penggunaan masker terus digalakkan oleh Bhabinkamtibmas Aiptu Ibnu Wakhid SH di desa binaannya dengan harapan agar masyarakat patuh dan taat mengikuti anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan  serta secara bersama-sama mempercepat penanggulangan wabah Covid-19.

Secara terpisah, diungkapkan oleh Kapolsek Sewon AKP Suyanto SH, bahwa untuk mendukung program pemerintah di masa adaptasi kebiasaan baru, Polri khususnya Polsek Sewon melalui Bhabinkamtibmas akan terus memberikan edukasi maupun teguran bagi warga yang tidak patuh dalam penggunaan masker di tempat umum.

“Dengan bertindak cepat dan mengambil langkah-langkah untuk memberikan edukasi ke warga, maka akan mempercepat penanggulangan Covid-19, dan diharapkan warga secara sadar untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.  (Humas Polsek Sewon).

Anggota Polsek Sanden Dampingi Pelaksanaan BIAS di SDN 1 Bonggalan

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Polsek Sanden Polres Bantul Bripka Afif Rudiyanto SH mendampingi petugas Puskesmas dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Negeri 1 Bonggalan, Rabu (30/9/2020) pukul 08.00 WIB.

Pelaksanaan BIAS dilakukan oleh petugas medis Puskesmas Sanden dengan sasaran siswa siswi kelas 1, 5 dan 6 SDN 1 Bonggalan Desa Srigading, Kecamatan Sanden. Di mana sebelumnya juga telah dilaksanakan BIAS untuk siswa siswi SD se-Kecamatan Sanden.

Kegiatan BIAS di SDN 1 Bonggalan tersebut diikuti oleh Kepala Sekolah SDN 1 Bonggalan, Petugas medis Puskesmas Sanden, Guru pendamping, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Bripka Afif Rudiyanto SH serta murid Kelas 1, 5 dan 6.

Petugas medis Puskesmas Sanden dalam kesempatan tersebut memberikan imunisasi kepada siswa siswi kelas 1 berupa Vaksin Campak,  siswi kelas 5 dan 6 berupa Vaksin HPV 1. Harapanya dengan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah ini, anak anak sekolah terbebas dari  berbagai penyakit seperti Campak, Rubela maupun kanker Cervik. Dan juga menjadi generasi anak yang unggul. (Humas Polsek Sanden)

Tekan Angka Kecelakaan Lalulintas, Unit Lalulintas Tingkatkan Patroli Jalan Raya

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan ditempat-tempat jalur rawan laka lantas, Unit Lalulintas Polsek Sewon Pos Pol Druwo, giat mekasanakan Patroli terutama pada jam-jam volume kendaraan padat dan saat malam hari terutama dini hari dan subuh.

Dikonfirmasi di ruang kerjannya Panit I Lalulintas Polsek Sewon Iptu Kartiman menuturkan, dengan dilaksanakan patroli terutama pada malam bertujuan untuk menekan angka-angka kecelakaan pada saat malam hari khususnya di tempat-tempat yang sering terjadi nya kecelakaan lalu lintas, dan bertujuan agar para masyarakat merasakan kenyamanan saat berkendara.

“Untuk kegiatan patroli malam hari yang rutin di laksanakan anggota jaga Lalulintas Pos Druwo agar masyarakat merasa tenang dan nyaman ,” ujar Iptu Kartiman, Selasa (29/09/2020) malam.

Panit I Lalulintas Polsek Sewon berharap, dengan kehadiran petugas akan membuat arus lalu lintas menjadi lancar dan membuat nyaman para masyarakat yang berkendaraan dan lebih berhati hati dalam berkendara mengingat pada malam hari jalan raya di seputaran Jembatan Gedangan ini dengan lampu penerangan jalan yang kurang.

Seperti yang telah di laksnakan oleh petugas jaga unit lalulintas Polsek Sewon Pos Druwo Bripka Hassariyanta dan Brigadir Eko Sri Wahyudi melaksanakan patroli malam,.

Kedua petugas melaksanakan pemantauan di simpang empat Wojo, yang terletak di ring Road Selatan, Wojo, Bangunharjo, Sewon, Bantul, guna mengantisipasi balap liar yang sering dilakukan pada malam hari.

“Pemantauan ini dilakukan guna mengatisipasi balap liar, dan sebagai tindak lanjut informasi warga masyarakat sekitar Wojo kepada Polsek Sewon,” ungkap Hassariyanta. ( Humas Polseki Sewon)

Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Pantau Pembagian Beras PKH BPMT

Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Bripka Eko Rustamaji melaksanakan pemantauan pembagian bantuan beras PKH BPMT di Kecamatan Srandakan, Bantul, Rabu (30/9/2020) pagi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Pendamping PKH dari Kabupaten Bantul, Sekcam Srandakan, Pendamping PKH Kecamatan Srandakan, Pamong Desa Trimurti dan Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Bripka Eko Rustamaji.

Adapun jumlah warga yang mendapatkan bantuan untuk wilayah Kecamatan Srandakan berjumlah 600 KK dan masing-masing KK mendapatkan 20 kg beras (dua karung).

Harapan pemerintah, bantuan tersebut dapat digunakan semestinya sebagai dukungan dan semangat masyarakat dalam menghadapi Covid-19. Pembagian bantuan beras berjalan lancar dan tetap mengikuti protokol kesehatan. (Humas Polsek Srandakan)

Kanit Binmas Polsek Jetis Hadiri Pemberdayaan Kaum Rois

Kanit Binmas Polsek Jetis Ipda Budiyono menghadiri Pemberdayaan Kaum Rois Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul Tahun 2020 yang diselenggarakan di Balai Desa Canden, Jetis, Bantul, Selasa (29/9/2020).

Tampak hadir di antaranya Kepala Bagian Adminitrasi Kesra Kabupaten Bantul Sukamta S.Pd, Forkiompincam Jetis, Kepala Baznas Kabupaten Bantul, Lurah Desa se Kecamatan Jetis dan Kaum Rois se Kecamatan Jetis.

Dalam acara tersebut diawali sambutan dari Kabag Kesra Kabupaten Bantul dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan insentif kepada kaum rois berupa satu paket bingkisan dan bantuan dana. (Humas Polsek Jetis)

Polsek Sanden Amankan Giat Kampanye Timses Cabup Bantul di Sorobayan

Anggota piket fungsi Polsek Sanden melaksanakan pengamanan kegiatan kampanye tim sukses pasangan calon Bupati Wakil Bupati Bantul nomor urut 2 Suharsono - Totok Sudarto di jalan selatan Lapangan Sorobayan Gadingsari, Sanden, Rabu (30/9/2020) jam 09.30 WIB.

Kegiatan diadakan oleh Perempuan Kusumo Noto (PKNT). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PKNT Ny. Erna Suharsono dan anggota PKNT Sanden serta Korcam tim sukses wilayah Sanden.

Selama kegiatan, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan dan berlangsung aman lancar. (Humas Polsek Sanden)

Polsek Sewon Rutin Laksanakan Patroli Malam Hari Dan Berikan Imbauan Kamtibmas

Untuk memberikan rasa aman dan rasa nyaman bagi seluruh warga masyarakat serta mewujudkan situasi kamtibmas yang aman kondusif, personel Polsek Sewon rutin melaksanakan kegiatan patroli, Selasa (29/9/2020).

Kegiatan patroli kali ini dipimpin Panit Sabhara Polsek Sewon Ipda Harjana menyambangi obyek vital, pemukiman warga dan tempat-tempat yang dianggap rawan gangguan kamtibmas.

Dalam patroli tersebut, petugas juga melakukan dialogis dengan warga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta imbauan tetang protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Guna mencegah penyebaran Covid-19, mari kita bersama-sama mentaati semua kebijakan pemerintah dan tetap menjaga kebersihan diri maupun lingkungan. Pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak,” pesan Ipda Harjana.

Selain itu, ia juga berpesan apabila warga mengetahui adanya sesuatu hal yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas agar segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau melapor ke Kantor Polisi terdekat untuk pencegahan sedini mungkin, sehingga tidak sampai meresahkan masyarakat.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolsek Sewon AKP Suyanto SH menyampaikan, bahwa patroli adalah salah satu kegiatan Kepolisian yang rutin dilaksanakan guna mencegah bertemunya niat serta kesempatan suatu tindak pidana atau tindak kejahatan.

“Patroli juga sebagai salah satu upaya polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sekarang telah didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, sehingga jajaran Polsek Sewon dengan sarana dan prasarana yang dimiliki selalu berada ditengah-tengah masyarakat,” terang Kapolsek Sewon.

Kapolsek Sewon juga menekankan agar dalam kegiatan patroli senantiasa memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat yang dijumpai untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap orang-orang yang mencurigakan di sekitar kita dan selalu mengikuti yang telah menjadi kebijakan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Sewon)

Bhabinkamtibmas Desa Srimartani Amankan Kampanye Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Pasar Kembangsari

Bhabinkamtibmas Desa Srimartani Aipda Anwar Yasin melaksanakan giat kampanye Pilkada Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Pasar Kembangsari Srimartani Piyungan, (29/9/2020) pagi.

Kampanye yang bertajuk "Grebek Pasar Bantul" dihadiri langsung oleh  Cabup dan Cawabup Drs. H. Suharsono dan  Drs. H Totok Sudarto, M.Pd.

Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Piyungan)

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Sambang Kegiatan Workshop Pertahanan Ekonomi Dan Bursa Ikan Hias

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH melaksanakan sambang kegiatan workshop pertahanan ekonomi dan bursa ikan hias di Dusun Kadisoro, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Sabtu (26/9/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul Yus Waseno, S.Pi, M.Sc, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos, M.I.P, Dosen UMY Muhammad Eko Atmojo, S.IP, M.IP selaku Narasumber, Lurah Desa Gilangharjo diwakili Kasi Kesejahteraan, Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH, Dukuh dan masyarakat sekitar.

Adapun kegiatan workshop pertahanan ekonomi dan bursa ikan hias dimasa pendemi Covid-19 melalui sektor ikan hias dan wisata.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH memberikan imbauan kepada para pengunjung agar menggunakan masker dengan benar dan imbauan tentang aturan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.  (Humas Polsek Pandak)

Wakapolres Bantul Launching Kampung Tangguh Nusantara Sigagah Projotamansari Dusun Iroyudan

Wakapolres Bantul Launching Kampung Tangguh Nusantara Sigagah Projotamansari Dusun Iroyudan
Wakapolres Bantul Kompol Noer Alam SIK menghadiri pembukaan Launching Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Sigagah Projotamansari dan Inovasi Polsek Pajangan "MBELIK" Mbangun Deso Intelektual di Taman Sengon Dusun Iroyudan, Desa Guwosari, Pajangan, Bantul pada Selasa (29/9/2020) pagi.
Wakapolres Bantul Launching Kampung Tangguh Nusantara Sigagah Projotamansari Dusun Iroyudan
Hadir pula dalam acara ini, Sekda Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis MM, Kabag Ops Polres Bantul Kompol Bambang Suhariyanto SH, Camat Pajangan Anjar Arintaka Putra S.Sos MM, Danramil Pajangan Kapten Sarmin , Lurah Guwosari Masduki Rahmat SIP dan Pamong Desa Guwosari, Rektor STPMD APMD Yogyakarta diwakili oleh  Ade Candra MSI serta tamu undangan dan warga masyarakat.



Dalam sambutannya, Asisten 1 Sekda Bantul Drs. Helmi Jamharis MM menyampaikan, bahwa tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati telah masuk tahap Pilkada. Dalam setiap kegiatan agar tetap menjaga protokol kesehatan, edukasi kepada masyarakat di setiap kegiatan apapun tetap disiplin protokol kesehatan. Termasuk acara launching KTN ini telah mengikuti protokol kesehatan.

Apresiasi kami berikan kepada Polri khusunya Polsek Pajangan dalam membentuk Kampung Tangguh Nusantara dan inovasi MBELIK Mbangun Deso Intelektual, maka Polri telah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19, gagasan KTN ini sangat brilian dan dapat menumbuhkan gotong royong dalam masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Bantul yang diwakili Wakapolres Bantul Kompol Noer Alam SIK menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu atas kehadirannya dalam acara Launching Kampung Tangguh Nusantara Sigagah Projotamansari dan inovasi Polsek Pajangan MBELIK Mbangun Deso Intelektual. Inovasi MBELIK merupakan kerjasama Polri dalam hal ini Polsek Pajangan dengan STPMD APMD Yogyakarta menerima dua orang mahasiswa kurang mampu yang berprestasi asal Pajangan untuk mengikuti perkuliahan di kampus tersebut secara gratis..

Kompol Noer Alam SIK menambahkan, KTN Sigagah Projotamansari di wilayah Bantul hingga saat ini telah melaunching sebanyak 24 KTN, termasuk KTN Sigagah Projotamansari Dusun Iroyudan, Desa Guwosari, Pajangan.

Disebutkan, bahwa KTN Sigagah Projotamansari Dusun Iroyudan  memiliki lima bidang ketangguhan, antara lain Tangguh Pendidikan yakni para pemuda dan mahasiswa Dusun Iroyudan memberikan pendampingan belajar kepada anak-anak Paud dan SD bertempat di Taman Jatilarangan karena Pemerintah Desa Guwosari telah memberikan wifi gratis.

Tangguh Kesehatan, memberikan edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru akan kesadaran semua warga masyarakat pentingnya sarana APD di setipa rumah dengan menyediakan tempat cuci tangan dan sabun.

Tangguh Kamtibmas, bahwa masyarakat Iroyudan sadar dalam siskamling pembentukan jagawarga, FKPM, patroli malam bersama Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa karena setiap malam ada jadwal jaga warga mengambil tempat di Pos Ronda . selain itu ada cek point dan jika malam hari portal ditutup, setiap tamu wajib lapor RT.

Tangguh Sosial Ekonomi, di setiap rumah warga memiliki budidaya tanaman sayur dan cabai sebagai pendukung ketahanan pangan dan warga mengolah lahan pertanian alamiah di lahan Pemerintah Desa Guwosari guna meningkatkan ketahanan pangan dari hasil pertanian .

Tangguh Informasi, warga mempunyai wifi gratis di Taman Jatilarangan untuk memanfaatkan IT dengan menguasai aplikasi pasar online.

Mengakhiri sambutannya Wakapolres Bantul berharap agar seluruh warga masyarakat Dusun Iroyudan Guwosari Pajangan Bantul dapat menampilkan peran dan eksistensinya guna mendukung terciptanya kondusifitas kamtibmas di Dusun Iroyudan Guwosari khusunya dan dan wilayah Kabupaten Bantul pada umumnya.

Dengan ditandai memukul kentongan, seraya  mengucap Bismillahirrahmanirrahim Wakapolres Bantul Kompol Noer Alam SIK melaunching Kampung Tangguh Nusantara Sigagah Projotamansari Dusun Iroyudan, Guwosari, Pajangan, Bantul.

Selanjutnya Wakapolres Bantul melakukan peninjauan pada lima sektor tangguh Dususn Iroyudan. Hingga selesai acara berjalan aman dan lancar. (Humas Polsek Pajangan)

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Laksanakan Sambang Piket Pamong

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho melaksanakan sambang Piket Pamong bertempat di Balai Desa Caturharjo, Pandak, Bantul, Sabtu (26/09/2020) jam 23.00 WIB.

Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo Aiptu Agus Nugroho melaksanakan Sambang Pamong serta Linmas yang sedang melaksanakan Piket di Balai Desa Caturharjo, Pandak, Bantul. Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas juga memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada petugas piket untuk selalu berkoordinasi dengan PihaÄ· Keamanan apabila terjadi gangguan Kamtibmas dan Himbauan agar selalu memperhatikan Protokol Kesehatan dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19 dengan 3M.

Kegiatan sambang ng dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Caturharjo ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri sebagai pengemban fungsi Bhabinkamtibmas dengan warga Binaannya juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas agar dapat terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Sambang ke Bank BPD Kantor Kas Pandak

Bhabinkamtibmas Desa Gilangharjo Aipda Rudi Isgiarto SH melaksanakan Sambang Binkamsa bertempat di Bank BPD Kantor Kas Pandak, Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Senin (28/09/2020) jam 13.00 Wib.

Kepada petugas Satpam,  Aipda Rudi memberikan binluh untuk ikut berperan serta dalam pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan selalu mengingatkan para nasabah agar menerapkan protokol kesehatan, cuci tangan, pake masker dan cek suhu sebelum masuk ruangan.

Kegiatan tersebut merupakan dukungan Polri untuk mendukung pemerintah dalam pelaksanaan pencegahan penyebaran covid-19 dan penertiban kepada masyarakat turut serta dalam pencegahan penyebaran covid-19. (Humas Polsek Pandak)

Operasi Yustisi Di Simpang Margo Asih Srandakan

Polsek Srandakan bersama instansi terkait menggelar operasi yustisi pendisiplinan masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19. Operasi digelar di Simpang tiga Margo Asih, Srandakan, Bantul pada Selasa (29/9/2020) siang.

Dalam operasi ini mengedepankan Trantib Kecamatan Srandakan sesuai Perbup Bantul Nomor 79 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru patuh protokol kesehatan guna pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Kegiatan operasi berjalan aman dan lancar, petugas memberikan teguran kepada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Sambangi Penyaluran Bansos Beras

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Aipda Subawa SH melaksanakan sambang penyaluran bantuan sosial (bansos) beras di Balai Desa Triharjo, Pandak, Bantul pada Sabtu (26/9/2020).


Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Desa Triharjo, Staf Kasi Pelayanan Desa Triharjo Heri Mustofa, Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Aipda Subawa SH, Kepala Dusun se Desa Triharjo, Pendamping PKH Desa Triharjo dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Adapun kegiatan penyaluran bantuan sosial berupa berastersebut masing-masing Keluarga Penerima Manfaat menerima 30 kg beras.


Sementara itu, dalam kesempatannya Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Aipda Subawa SH menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan imbauan pencegahan penyebaran Covid-19. Ia mengajak seluruh KPM yang hadir dalam penyaluran bansos ini agar selalu mematuhi protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Antara lain selalu menggunakan masker dan jaga jarak dalam setiap kegiatan. Menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer, serta hindari kerumunan guna mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Pandak)

Kapolsek Pandak Hadiri Uji Publik DPS

Kapolsek Pandak AKP Wartono SH menghadiri kegiatan Uji Publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul pada Pemilihan Tahun 2020 bertempat di Ruang Rapat Kecamatan Pandak, Bantul. Senin (28/9/2020) siang.


Hadir dalam kegiatan tersebut KPU Kabupaten Bantul Koordinator Wilayah Dapil V Arif Widaynto, Camat Pandak Kusmardiyono S.Sos.,M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Wartono SH, Danramil Pandak diwakili Serda Marjiyanto, PPK Kecamatan Pandak Nugroho, Lurah Desa se Kecamatan Pandak, Panwascam Kecamatan Pandak Walijo S.Sos., petugas Register Desa (Adminduk) se Kecamatan Pandak, Tim Kampanye Paslon dan tamu undangan.


Kegiatan Uji Publik DPS tersebut merupakan bagian dari pemutakhiran data pemilih untuk memperbaharui data pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap dari Pemilu atau pemilihan terakhir yang dimutakhirkan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota dibantu oleh PPK, PPS, dan PPDP dengan mempertimbangkan DP4 dan dilakukan pencocokan.


Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Kapolsek Pandak AKP Wartono SH mengikuti kegiatan sampai selesai. (Humas Polsek Pandak)

Tak Pakai Masker, Sejumlah Pengendara Kena Tegur Petugas

Masih dalam upaya memutus penyebaran Covid-19, Polsek Banguntapan bersama Koramil Banguntapan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19 di Simpang tiga Komitrando, Potorono, Banguntapan, Bantul pada Selasa (29/9/2020) pagi.


Dalam operasi tersebut petugas memberikan imbauan kepada pengguna jalan untuk menggunakan masker sebagai adaptasi kebiasaan baru guna memutus penyebaran Covid-19.


“Operasi yustisi terhadap pengguna jalan supaya patuh terhadap adaptasi kebiasaan baru dengan memakai masker dan tidak berkerumun,” Kata Panit Lantas Polsek Banguntapan Aiptu Nanang Purnomo saat memimpin operasi tersebut.


Sejumlah pengguna jalan ataupun warga yang terjaring operasi karena tidak menggunakan masker diberikan teguran oleh petugas. Para pelanggar juga dihimbau untuk memakai masker terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah. (Humas Polsek Banguntapan)

Giat Sambang, Kanit Binmas Polsek Srandakan Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Kanit Binmas Polsek Srandakan AKP Sugiyono bersama anggotanya melaksanakan sambang di Pangkalan Ojek Bunderan Srandakan dan Bank BRI Unit Srandakan, sekaligus memberikan pesan-pesan kamtibmas dan imbauan kepada masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Selasa (29/9/2020) siang.


Kegiatan ini dilaksanakan guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif, serta mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Srandakan.


Dalam kesempatan tersebut, Kanit Binmas AKP Sugiyono juga memberikan edukasi tentang kebiasaan baru untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah, serta mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.


Harapannya semoga Covid-19 ini segera berakhir dan masyarakat dapat beraktifitas normal seperti sedia kala. (Humas Polsek Srandakan)

Tim Supervisi Siwas Polres Bantul Kunjungi Polsek Jetis

Seksi Pengawasan (Siwas) Polres Bantul melakukan kunjungan ke Polsek Jetis dalam rangka Supervisi dan Pengawasan Tahap II, Selasa (29/9/2020).


Kunjungan tim supervisi tersebut dipimpin Kasiwas Polres Bantul Iptu Alfan Sukroni SH dan disambut oleh Kanit Provos Iptu Juwair beserta para Kanit, Panit, Kasi dan anggota Polsek Jetis.


Di Polsek Jetis, tim supervisi melakukan pemeriksaan administrasi ke seluruh fungsi yang meliputi SOP, rencana kegiatan, hasil kegiatan, pelayanan masyarakat dan penyerapan atau penggunaan anggaran tahun 2020.


"Kegiatan supervisi ini dilakukan secara rutin, sekaligus untuk mempersiapkan dalam menghadapi Wasrik Itwasda Polda DIY Tahap II," kata Iptu Alfan Sukroni SH.


Ia juga berharap dengan kegiatan supervisi ini Polsek jajaran mampu mempertahankan yang sudah baik, serta membenahi yang masih perlu diperbaiki. (Humas Polsek Jetis)

29 September 2020

Polsek Bantul Bersama Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi Di Perempatan Gapensi

Petugas gabungan dari Polsek Bantul, Koramil dan Forkompincam melaksanakan kegiatan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 di Perempatan Gapensi, Trirenggo, Bantul, Selasa (29/9/2020).
Kegiatan diawali dengan apel yang dipimpin Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono SH dan dilanjutkan dengan sosialisasi tertib masker terutama bagi warga masyarakat yang tidak memakai masker.

Kapolsek Bantul mengatakan, kegiatan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 menyasar ke tempat-tempat umum dan pusat keramaian lainnya untuk menertibkan masyarakat agar selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Kami akan terus bersinergi dengan instansi terkait untuk menertibkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” kata Kapolsek Bantul.

Dalam operasi ini petugas gabungan berhasil menindak sebanyak 20 warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Pelanggar protokol kesehatan dikenakan tindakan teguran tertulis dan lisan.

“Mereka yang melanggar, kami imbau agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M untuk mencegah penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Operasi Yustisi dengan mengedepankan Satpol PP dan dalam penindakan berdasarkan Perbup Bantul Nomor 79 tahun 2020 tanggal 18 Agustus 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. (Humas Polsek Bantul)

Polsek Banguntapan Pantau Penyaluran Bantuan Beras Kemensos RI

Piket fungsi Polsek Banguntapan melaksanakan pantauan penyaluran bantuan sosial berupa beras dari Kemensos RI periode bulan Agustus dan September 2020 di halaman Kecamatan Banguntapan, Selasa (29/9/2020).

Dalam penyaluran bantuan beras tersebut setiap warga yang terdaftar menerima 15 kg beras. Adapun penerima bantuan untuk Desa Baturetno sebanyak 389 KK, Desa Jagalan 95 KK dan Desa Singosaren 147 KK.

Tujuan penyaluran bansos untuk membantu meringankan kebutuhan hidup warga kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Sementara itu, untuk menghindari terjadinya kerumunan teknis penyalurannya dilakukan dengan cara dengan drivethru yakni warga penerima bantuan saat datang langsung registrasi dan mengambil beras. (Humas Polsek Banguntapan)

Lupa Cabut Kunci, Motor Guru Honorer Raib

Lupa cabut kunci saat parkir motor, Ginanjar Saputra A.Md (28) warga Duwuran Parangtritis Kretek Bantul harus kehilangan motor kesayangan, Senin (28/09/20).

Kapolsek Kretek Kompol S Parmin mengatakan awal mula kejadian korban yang berprofesi sebagai guru honorer tersebut memarkir sepeda motor Honda Beat warna putih bernopol AB 4717 PJ miliknya, di belakang Sekolah Dasar Negeri 2 Parangtritis dalam keadaan kunci kontak masih tertancap.

Selesai melakukan pekerjaannya, sekira pukul 12.15 WIB korban menuju ke lokasi parkir namun sepeda motor kesayangannya sudah tidak ada di tempat.

Ia kemudian berusaha mencari sepeda motornya di lingkungan sekitar sekolah. Namun tidak berhasil menemukannya. Korbanpun bergegas melaporkan kejadian tersebut ke Polsek kretek.

“Korban mengalami kerugian sekitar Rp 8 juta,” jelas Parmin.

Kasus curanmor tersebut sudah ditangani Polsek Kretek. “Pelaku masih diburu,” tandasnya. (Humas Polsek Kretek)

Personel Polsek Kasihan Laksanakan Sosialisasi Himbauan Protokol Kesehatan

Personel Polsek Kasihan melaksanakan sosialisasi himbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan pembagian masker kepada pedagang dan pengunjung Pasar Niten , Tirtonirmolo Kasihan , Bantul yang tidak memakai masker, Selasa (29/09/2020) jam 09.30 WIB.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh  Panit Sabhara Polsek Kasihan Iptu Widayadi Sanani,SH bersama Kasium Polsek Kasihan Ipda Sutartinah , Bripka Anna Susanti SH dan Bripka Seminarsih.

Dalam kegiatan tersebut Panit Sabhara Polsek Kasihan Iptu Widayadi melaksanakan himbauan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dimana dalam kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dapat melaksanakan 3M yaitu agar selalu Memakai Masker dalam setiap kegiatan, rutin Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir atau handsanitizer dan juga agar selalu menerapkan social distance atau menjaga jarak aman minimal 1 meter dengan orang lain. Dalam kegiatan terasebut Kepada Pengunjung dan pedagang pasar yang tidak memakai masker di berikan masker secara gratis. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut Masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran untuk selalu mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Kasihan)

Kapolsek Sanden Hadiri Rakor Dan Sosialisasi Perbup Nomor 79 Tahun 2020

Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Komplek Kantor Kecamatan Sanden, Bantul dilaksanakan Rapat Koordinasi Keamanan Lingkungan bersama jajaran Forkompimcam Sanden, Selasa (29/9/2020) pagi.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kapolsek Sanden AKP Tukirin, Kepala KUA Sanden Abdul Aziz S.Ag, Kasi Trantib Kecamatan Sanden Drs. Teguh Prihagana, Kasi Pemerintahan Kecamatan Sanden, Puskesmas Sanden, Koramil Sanden, Pos AL Samas serta Lurah Desa.

Pelaksanaan rakor tersebut merupakan kegiatan dalam rangka sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 79 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Protokol Kesehatan Pencegahan Corona Virus Disease 2019. Di mana kedepan Satpol PP Kabupaten Bantul bersama instansi terkait Kecamatan Sanden akan melaksanakan pembinaan kepada masyarakat dalam Adaptasi Kebiasaan Baru protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Disease 2019. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 di wilayah Sanden. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari Sampaikan Pesan Kamtibmas Saat Menghadiri Pertemuan IMP

Bhabinkamtibmas Desa Tirtosari Bripka Sigit menghadiri kegiatan pertemuan IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) Desa Tirtosari. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Balai Desa Tirtosari, Kretek, Bantul, Selasa (29/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Bripka Sigit memberikan imbauan agar peserta rapat selaku kader TP PKK ikut serta dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan. Yakni dengan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selain itu, ia juga mengimbau agar ikut mensukseskan Pilkada di Kabupaten Bantul dengan menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan warga, serta saling menghormati meskipun beda pilihan. (Humas Polsek Kretek)

Siwas Polres Bantul Lakukan Supervisi Di Polsek Sewon

Seksi Pengawasan (Siwas) Polres Bantul melakukan supervisi di tingkat Polsek dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan tahap II. Seperti yang sudah dijadwalkan, kali ini Siwas Polres Bantul melaksanakan supervisi di Polsek Sewon, Senin (28/9/2020).

Kegiatan supervisi dipimpin oleh Kasiwas Iptu Alfan Sukroni SH bersama tim yang terdiri dari Bripka Heri Warsito, Briptu Heri Widiyanto SH dan Briptu Mutiara Putri SH. Kedatangannya disambut oleh Kapolsek Sewon AKP Suyanto SH bersama para  Kanit, Kasi dan anggota Polsek Sewon.

Menurut Kasiwas Iptu Alvan Sukroni SH kegiatan supervisi rutin yang dilakukan oleh Siwas Polres Bantul bertujuan untuk memonitor secara langsung hasil pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasional terhadap semua unit kerja di Polsek jajaran Polres Bantul.

Sementara itu, dalam penilaiannya bahwa kinerja Polsek Sewon secara umum sudah bagus dan diharapkan agar dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi. (Humas Polsek Sewon)

Polres Bantul Tangkap Polisi Gadungan yang Peras Petugas Koperasi

Polres Bantul Tangkap Polisi Gadungan yang Peras Petugas Koperasi
SSU (38), warga Oro Oro Ombo, Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Ia diduga melakukan pemerasan dan penipuan dengan berpura-pura sebagai anggota Polri alias polisi gadungan.

SSU diamankan petugas Satreskrim Polres Bantul Polda DIY di kota tempat asalnya, pada, Sabtu (26/9/2020) malam.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi SH MH didampingi Kasubbag Humas Iptu Sumaryata, Selasa (29/9/2020), mengatakan penangkapan berawal dari laporan korban berinisial MM (26) warga Bruno Purworejo Jawa Tengah yang dihentikan oleh pelaku di depan SD Bungas Sumberagung Jetis saat mengendarai motor.



Pelaku menuduh korban yang berprofesi sebagai petugas sebuah koperasi ini, telah melakukan kesalahan saat menagih nasabah. Pelaku mengancam korban akan diborgol bila melakukan perlawanan.

Dijelaskan, saat melancarkan aksinya, pelaku yang mengaku sebagai anggota Polsek ini, berpenampilan layaknya polisi sungguhan sehingga korban berhasilkan diperdaya.

“Dia (pelaku) mengenakan jaket hijau khas polisi di tambah sepeda motor berplat kendaraan dinas kepolisian,” jelas AKP Ngadi.

Korban kemudian diminta menyerahkan tas yang berisi dua unit handphone, uang tunai sebesar Rp 1 juta dan surat-surat penting lainnya.

Untuk meyakinkan korban, pelaku kemudian membonceng korban ke Mapolsek Jetis namun hanya sampai di depan Mapolsek. Selanjutnya pelaku dan korban kembali di tempat awal dimana korban dihentikan. Oleh pelaku, korban selanjutnya ditinggal di lokasi dengan alasan mau mengambil kunci dan berkas laporan.

Setelah ditunggu lama, orang yang mengaku sebagai polisi tersebut tidak kunjung menampakkan batang hidungnya. Sadar telah menjadi korban polisi gadungan, korban kemudian mendatangi Mapolsek Jetis untuk membuat laporan.

“Total kerugian yang dialami korban sekitar Rp 7 juta,” tutur AKP Ngadi.

Ditambahkan, barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan pelaku antara lain berupa satu unit sepeda motor Honda ADV berplat kendaraan dinas kepolisian, satu buah jaket hijau berlogo polisi, satu buah helm, dua unit handphone dan beberapa kartu identitas.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat pasal 378 KHUP tentang penipuan dan pasal 368 KUHP tentang pemerasan. “Ancaman hukumannya dipenjara paling lama sembilan tahun,” tandas AKP Ngadi.

Sementara itu, dihadapan awak media, SSU mengaku motif yang melatarbelakangi aksinya adalah karena faktor ekonomi.

“Uangnya untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari,” katanya. (Humas Polres Bantul)








Ka SPKT III Polsek Jetis Bersama Bhabinkamtibmas Desa Trimulyo Pantau Kegiatan BIAS Di SD 1 Jetis

Personel Polsek Jetis yang dipimpin Ka SPKT III Aiptu Heri Kurniawan bersama Bhabinkamtibmas Desa Trimulyo Aipda Sugiyono memantau kegiatan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) di SD 1 Jetis, Bantul, Senin (28/9/2020).

Dalam kegaiatan BIAS sendiri dilakukan penyuntikan imunisasi bagi siswa-siswi SD 1 Jetis Kelas 1, Kelas 5 dan Kelas 6. Kegiatan tersebut didampingi oleh Kepala Sekolah dan Guru SD 1 Jetis.

Kegiatan imunisasi BIAS dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Jetis 1 dengan memberikan vaksin imunisasi yaitu vaksin campak. Dengan BIAS ini diharapkan agar siswa-siswi terhindar dari penyakit, serta menciptakan generasi yang sehat dan kuat. (Humas Polsek Jetis)

Brimob Polda DIY Membagikan Masker Ke Pedagang Pasar Triwindu Bangunharjo Sewon

Personel Sat Brimob Polda DIY yang dipimipin oleh Ipda Dwi Jainuri dan didampingi Bhabinkamtibmas Desa Bangunharjo Aiptu Imron Rosadi melaksanakan bakti sosial membagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Triwindu Desa Bangunharjo, Sewon, Bantul. Senin (28/9/2020) siang.
Di sela-sela kegiatan tersebut, Ipda Dwi Jainuri menuturkan, dalam bakti sosial pembagian masker ini, pihaknya juga memberikan imbauan tentang protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kita imbau kepada warga pasar untuk senantiasa melaksanakan protokol kesehatan, guna memutus penyebaran Covid-19, dan diharapkan masyarakat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ipda Dwi.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Bangunharjo Aiptu Imron Rosadi juga menuturkan, Pasar Triwindu Bangunharjo yang terletak di Jalan Imogiri Barat merupakan salah satu pasar tradisional di wilayah Kecamatan Sewon. Pihaknya bersama dengan Satgas Covid-19 Desa Bangunharjo selalu memberikan edukasi kepada warga untuk tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan baik di tempat kerja maupun saat berada di rumah. (Humas Polsek Sewon)

Polsek Jetis Terapkan Protokol Kesehatan Bagi Setiap Personel

Setiap hari seluruh personel Polsek Jetis dilakukan pengecekan suhu tubuh dan wajib menerapkan protokol kesehatan sebelum melaksanakan apel pagi di halaman Mapolsek Jetis. Seperti yang terlihat pada Senin (28/9/2020) pagi.

Kapolsek Jetis AKP M. Sholeh SH MM mengatakan, penerapan protokol kesehatan ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Polsek Jetis.

“Dalam tugas sehari-hari seluruh personel wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak atau tidak berkerumun dan dilakukan pengecekan suhu tubuh,” Kata Kapolsek Jetis.

Ia menambahkan, apabila ada personel yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius, maka disarankan untuk pulang dan beristirahat di rumah. Bila perlu agar memeriksakan diri ke Klinik Polres Bantul. (Humas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Desa Argomulyo Pengamanan Pendistribusian BST Kemensos RI

Bhabinkamtibmas Desa Argomulyo Aipda Ikhwan Setyawan melaksanakan pengamanan pendistrubusian BST (Bantuan Sosial Tunai) Kemensos RI Tahap 6, di Balai Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul. Senin (28/9/2020) siang.

Pembagian bantuan sosial ini secara serentak dilakukan di empat desa wilayah Kecamatan Sedayu, yakni Desa Argosari, Desa Argorejo, Desa Argodadi dan Desa Argomulyo. BST ini diberikan kepada warga masyarakat yang terdampak Covid-19 dan belum mendapat bantuan lain dari pemerintah.

Untuk Desa Argomulyo jumlah penerima bantuan sebanyak 289 KPM (Keluarga Penerima Manfaat), yang masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 300 ribu.

Sebelum dimulai, Banbinkamtibmas Aipda Ikhwan Setyawan memberikan imbauan kepada warga penerima bantuan, bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 wajib mematuhi protokol kesehatan. Sebelum mengantre diwajibkan cuci tangan, cek suhu badan, memakai masker dan setelah masuk duduk di kursi yang telah diatur jaraknya sambil menunggu panggilan dari petugas pembagian dana sosial. (Humas Polsek Sedayu)

Polisi Gelar Operasi Yustisi di Sedayu, Belasan Pelanggar Terjaring

Polsek Sedayu bersama petugas gabungan menggelar Operasi Yustisi Covid-19.

Operasi untuk menekan angka penularan Covid-19 ini, dilakukan di beberapa lokasi, antara lain Pasar Sungapan, depan Balai Desa Argorejo, Balai Desa Argosari dan Balai Desa Argodadi, Senin (28/9/2020).

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendisiplinan masyarakat dalam hal menggunakan masker.

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH mengatakan sasaran operasi ini adalah warga masyarakat yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker.

Sebanyak 19 pelanggar terjaring dalam razia ini dan diberikan sanksi berupa teguran.

“Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera sambil berharap dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Kompol Ardi. (Humas Polsek Sedayu)

Forkompincam Piyungan Laksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

Forkompincam Piyungan melaksanakan giat Operasi Yustisi penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan di simpang empat Karanggayam dan di depan pabrik PT Dong Yong Sitimulyo, Senin (28/9/2020) siang.

Kegiatan tersebut dipimpin Kanit Intelkam Polsek Piyungan Iptu Wido Dwiono, SH dengan melibatkan 10 Personel Polsek Piyungan, 3 personel Koramil dan petugas Kecamatan Piyungan 3 orang.

Sasaran operasi yustisi ini adalah warga sekitar maupun warga masyarakat yang melintas tidak menggunakan masker.

Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengenakan masker dipandemi Corona yang sedang mewabah di seluruh dunia.

Dalam penindakan petugas telah menjaring beberapa warga yang kedapat tidak mengenakan masker dan tentunya bagi pelanggar dikenakan sangsi hukuman berupa teguran secara tertulis maupun tindakan pembinaan kebangsaan dengan memilih menyanyikan lagu Indonesia Raya atau mengucapkan Pancasila. (Humas Polsek Piyungan)

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Pandak Gelar Patroli

Anggota Polsek Pandak yang dipimpin Kanit Reskrim Ipda Purnomo melaksanakan patroli wilayah antisipasi gangguan kamtibmas malam hari di wilayah hukum Polsek Pandak, Senin (28/09/2020) jam 22.30 WIB.

Kegiatan Patroli malam yang dilaksanakan oleh Personel Polsek Pandak ini merupakan tugas dan tanggungjawab sebagai pemelihara kamtibmas dengan tujuan agar masarakat yang sedang menjalankan aktivitas di malam hari dapat merasa aman dan merasa dilindungi dengan adanya patroli dari Polri ini.

Adapun sasaran dari patroli malam ini adalah obyek vital, perkantoran dan juga antisipasi kejahatan jalanan. Dimana pelaksanaan patroli ini dilaksanakan secara dialogis di tempat keramaian. Dalam patroli ini juga memberikan himbauan kamtibmas kepada penjaga malam di perkantoran, sekolah, SPBU dan juga perbankan yang ada di Kecamatan Pandak agar selalu waspada dan berhati-hati. Selain itu Kanit Reskrim Ipda Purnomo juga memberikan himbauan kepada warga yang berkerumun untuk mengurangi aktifitas diluar rumah dalam rangka antisipasi penyebaran covid-19. Kami juga berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama Polri menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. (Humas Polsek Pandak)

Sambangi Pertemuan Warga, Bhabinkamtibmas Srigading Sanden Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Kegiatan sambang ke warga masyarakat di wilayah desa binaannya rutin dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Srigading Polsek Sanden. Selain untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas juga memberikan himbauan protokol kesehatan cegah Covid-19.

Seperti yang dilakukannya saat menyambangi giat pertemuan rutin malam Selasa pon warga Dusun Ngunan Unan di rumah Parmin RT 24 Ngunan-unan, Srigading, Sanden, Senin (28/9/2020) jam 20.00 WIB.

Pertemuan tersebut dihadiri Dukuh Ngunan-unan, Ketua RT 24, Bhabinkamtibmas Srigading Bripka Afif Rudiyanto, SH dan warga masyarakat RT 24 Ngunan-unan.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Afif Rudiyanto mengajak warga Ngunan Unan untuk berperan aktif menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif di lingkungan sekitar tmepat tinggalnya masing-masing. Tetap aktifkan siskamling dan hindari melakukan pelanggaran maupun tindak pidana, ajaknya.

Untuk antisipasi dan mencegah penyebaran virus corona yang sampai saat ini mashi mewabah, Bripka Afif mengajak warga untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan. Warga masyarakat diminta selalu menjaga kebersihan diri, kurangi aktifitas diluar rumah, memakai masker, selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, hindari tempat keramaian serta apabila ada gejala demam tinggi, sesak nafas, batuk, flu agar segera memeriksakan diri di Puskesmas terdekat. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Timbulharjo Pengamanan Pembagian BLT

Bhabinkamtibmas Desa Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH melaksanakan pengamanan pembagian bantuan BLT di Balai Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Senin (28/9/2020).


Sebelum pembagian BLT dimulai, Bhabinkamtibmas Aiptu Ibnu Wakhid SH memberikan imbauan agar para penerima bantuan mengantre dengan tertib dan selalu menggunakan masker serta jaga jarak sesuai anjuran pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19.


Sementara itu, Kapolsek Sewon AKP Suyanto SH ditempat terpisah mengatakan, bahwa pihaknya selalu memberikan pengamanan pada setiap kegiatan masyarakat yang sifatnya mengundang massa. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat diantisipasi dengan kehadiran personel pengamanan.


“Kami selalu berikan pengamanan di setiap kegiatan masyarakat, sehingga situasi bisa tetap kita jaga bersama”, terangnya.


Ditambahkan, kegiatan pengamanan bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat. Itu merupakan salah satu bentuk perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat. (Humas Polsek Sewon)

Polsek Srandakan Giat Patroli KRYD Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Polsek Srandakan melaksanakan kegiatan patrol KRYD antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Srandakan, Senin (28/9/2020) malam.


Kegiatan patroli dipimpin oleh Pawas Iptu Agus Dwi S SH dengan rute dari Mapolsek Srandakan kemudian ke obyek-obyek vital dan tempat-tempat rawan kejahatan. Antara lain Bunderan Srandakan, Bank Mandiri Srandakan, Bank BRI Unit Srandakan, Bank BPD DIY Unit Srandakan, Balai Desa Trimurti, Simpang empat Sapuangin, SMU N 1 Srandakan pemukiman penduduk dan Jembatan Srandakan.


Dalam kegitan patrol tersebut, petugas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat dan penjaga malam baik di sekolah, perkantoran maupun pertokoan agar selalu  waspada dan berhati-hati terhadap situasi di lingkungannya. Apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera melapor ke Polsek Srandakan.


Selain itu, petugas juga memberikan imbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Diharapkan masyarakat mematuhi anjuran pemerintah tersebut dengan selalu memakai masker saat beraktifitas di luar rumah, rajin cuci tangan dan menjaga jarak. (Humas Polsek Srandakan)

Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo Dampingi Kegiatan Edukasi Protokol Kesehatan

Bhabinkamtibmas Desa Panggungharjo Aiptu Jedik Praptowo,SH bersama Babinsa mendampingi kegiatan edukasi protokol kesehatan dan pembagian masker di wilayah desa binaannya, Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, Senin (28/9/2020).


Edukasi protokol kesehatan dan pembagian masker kepada masyarakat tersebut dilakukan oleh petugas Puskesmas Sewon 2 dan petugas BTKL DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang hidup sehat kepada masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dan tatacara pencegahan penularan Covid-19.


Terkait kegiatan tersebut, Bhbainkamtibmas yang merupakan ujung tombak Kepolisian turut hadir dan berperan aktif dalam pengamanan. Adapun tujuannya memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat, sehingga kegiatan dapata berjalan lancar. (Humas Polsek Sewon)

Kapolsek Pundong Lepas Aiptu Sri Widodo Yang Memasuki Purna Tugas

Kapolsek Pundong AKP Haryanto SH melepas anggotanya yang memasuki purna tugas. Pelepasan anggota yang purna tugas dilaksanakan di halaman Mapolsek Pundong bersamaan dengan kegiatan apel pagi, Senin (28/9/2020) pukul 08.00 WIB.


Adapun anggota yang memasuki purna tugas atau pensiun yaitu Aiptu Sri Widodo. Terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2020 anggota Sium Polsek Pundong itu memasuki masa pensiunnya. Acara pelepasan dihadiri oleh Kapolsek Pundong, para Kanit, Kasi dan anggota Polsek Pundong.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Pundong AKP Haryanto SH berpesan kepada Aiptu Sri Widodo bahwa purna tugas atau pensiun bukan berarti terputusnya tali silaturahmi kita. Walaupun sudah pensiun diharapkan tetap bisa memberikan kontribusi terhadap institusi Polri, terutama dalam kehidupan sosial di lingkungan masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kamtibmas agar tetap kondusif.


"Selamat menikmati masa purna tugas dan terima kasih kepada Aiptu Sri Widodo atas dedikasi, kinerja serta kerja keras dan pengabdiannya untuk organisasi Kepolisian, warga masyarakat dan khususnya untuk Polsek Pundong tercinta ini." ucap Kapolsek Pundong. 


Sementara itu, Aiptu Sri Widodo mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama bersama-sama mengemban tugas di Polsek Pundong.


“Mohon maaf jika selama ini saya dan keluarga ada kesalahan dan kekurangan,” ucapnya.


Selanjutnya sebagai kenang-kenangan, Keluarga Besar Polsek Pundong memberikan foto karikatur ketika dirinya berdinas dan tali asih kepada Aiptu Sri Widodo. Acara pelepasan diakhiri dengan foto bersama. (RAP Pundong)

28 September 2020

Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Hadiri Rakor Kampung Tangguh Nusantara

Kapolsek Bambanglipuro yang diwakili Kanit Binmas Iptu Jaka Sutrisna menghadiri rapat koordinasi (rakor) Kampung Tangguh Nusantara Desa Sidomulyo yang digelar di Balai Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. Senin (28/9/2020) pagi.

Rakor tersebut juga dihadiri Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Aipda Siswanto, Lurah Desa Sidomulyo Edi Murjito, Pamong Desa Sidomulyo, Dukuh se Desa Sidomulyo, Linmas dan FPRB Desa Sidomulyo.

Dalam sambutannya, Kanit Binmas Iptu Jaka Sutrisna menjelaskan tentang maksud, tujuan dan latar belakang dicetuskannya Kampung Tangguh Nusantara.

Adapun kegiatan rakor tersebut untuk menentukan bidang kegiatan dan sasaran atau tujuan yang akan dicapai dalam menuju Kampung Tangguh Nusantara.

Iptu Jaka Sutrisna juga mengungkapkan, bahwa untuk menuju Kampung Tangguh Nusantara, antar tim harus bersinergi. Peran pemerintah serta masyarakat juga harus mendukung, sehingga tujuan program kegaitan itu dapat tercapai.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Kampung Tangguh Nusatntara tersebut Desa Sidomulyo bisa menjadi desa yang tangguh kamtibmas, kesehatan, ekonomi, pendidikan dan informasi.

Sementara itu, Lurah Desa Sidomulyo menjelaskan, bahwa warga masyarakat Desa Sidomulyo sangat berterima kasih atas dijadikannya Desa Sidomulyo sebagai pilot project Kampung Tanggung Nusantara.

"Mengharapkan agar semua elemen masyarakat bekerjasama dengan pemerintah dalam menuju Kampung Tangguh Nusantara," ujar Edi Murjito. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Polsek Srandakan Laksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

Dalam rangka pendisiplinan masyarakat pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), personel Polsek Srandakan melaksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan, Senin (28/9/2020).

Kegiatan operasi yustisi ini dilaksanakan di di Dusun Sawahan dan Warung Makan Jalan Pandansimo dengan melibatkan instansi lainnya, seperti Petugas Trantib Kecamatan Srandakan dan Koramil Srandakan.

"Sasaran operasi adalah masyarakat yang tidak menggunakan masker.," ujar Kanit Bimas Polsek Srandakan Iptu Sugiyono saat memimpin operasi yustisi.

Disebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk menekan tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker disaat pendemi sekarang ini. Apalagi saat ini kasus positif Covid-19 terus bertambah.

Beberapa orang terjaring dalam razia masker yang diselenggarakan oleh jajaran Forkompincam Kecamatan Srandakan ini. Kepada pelanggar, dilakukan tindakan teguran tertulis.

Bagi warga yang tidak mengunakan masker, petugas memberikan masker secara cuma-cuma. (Humas Polsek Srandakan)

Polsek Banguntapan Menggelar Operasi Yustisi Penggunaan Masker

Dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Banguntapan, Polsek Banguntapan menggelar operasi yustisi penggunaan masker terhadap pengguna jalan di Jalan Wonosari atau tepatnya di Simpang empat Wiyoro, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Senin (28/9/2020) pagi.
Dalam operasi yang dipimpin Panit Lantas Aiptu Nanang P itu, sekaligus mengajak masyarakat pengguna jalan untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Petugas menegur pengguna jalan yang kedapatan tidak memakai masker dan menjelaskan bahwa memakai masker telah menjadi adaptasi kebiasaan baru guna memutus penyebaran Covid-19.

“Jangan menyepelekan Covid-19 dan pakailah masker terutama saat beraktifitas keluar rumah,” imbau Aiptu Nanang P. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Desa Wirokerten Bagikan Masker Saat Sambang Pos Ronda

Bhabinkamtibmas Desa Wirokerten Bripka Indra Prasetyo bersama Kasi Pemerintahan Desa Wirokerten dan Linmas Desa melaksanakan patroli dan sambang pos ronda di Dusun Grojogan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Minggu (27/9/2020) malam.
Kegiatan sambang tersebut untuk menciptakan kedekatan dengan warga binaannya dan memotivasi warga dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar tempat tinggal ditengah masa pandemi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Indra Prasetyo menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kesadaran warga dalam menjaga keamanan lingkungan. Ia juga menghimbau dalam kegiatan ronda agar menerapkan standar protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Mari disiplin mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan, dan saat ini sedang gencar dilakukan operasi yustisi untuk mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan,” imbau Bripka Indra.

Dalam kegaiatan itu pula, Bhabinkamtibmas Bripka Indra Prasetyo juga membagikan masker kepada warga yang sedang melaksanakan ronda. (Humas Polsek Banguntapan)