30 November 2020

Personel Polres Bantul Imbau Pengunjung Pantai Parangtritis Patuhi Protokol Kesehatan

Personel Polres Bantul yang tergabung dalam Posko Terpadu Pariwisata melaksanakan patroli di obyek wisata Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul pada Minggu (29/11/2020).

Kegiatan patroli yang digelar secara rutin itu untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas terutama pada saat libur akhir pekan.

Dalam patroli tersebut, petugas memberikan imbauan secara langsung kepada para pengunjung agar tidak berenang atau mandi di pantai, mengutamakan keselamatan serta menjaga barang bawaan maupun parkir kendaraan yang aman.

Selain itu, petugas juga memberikan imbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dengan imbauan tersebut, diharapkan para pengunjung selalu menerapkan protokol kesehatan ketika di tempat wisata maupun dalam aktivitas sehari-sehari. Antara lain, memakai masker saat berada di luar rumah, selalu jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, serta menghindari kerumunan atau keramaian. (Humas Polres Bantul)

Bhabinkamtibmas Desa Bangunharjo Berikan Pembekalan Linmas Desa

Bhabinkamtibmas Desa Bangunharjo Aiptu Imron Rosadi memberikan pembekalan kepada Satlinmas Desa Bangunharjo di Pendopo Balai Desa Bangunharjo, Sewon, Bantul. Minggu (29/11/2020) siang.

Hadir di antaranya Kasi Trantib Kecamatan Sewon, Kasi Pemerintahan Desa Bangunharjo dan Babinsa Koramil 04/Sewon, serta anggota Satlinmas Desa Bangunharjo.

Pembekalan diikuti sejumlah 170 orang anggota Satlinmas Desa Bangunharjo. Kegiatan tersebut dalam rangka persiapan menghadapi pelaksanaan pemungutan suara Pilkada kabupaten Bantul yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 09 Desember 2020.

Adapun tujuan dari pembekalan tersebut guna memberikan pemahaman dan pengertian tentang tugas, serta tanggung jawab anggota Linmas dalam keikutsertaannya mensukseskan jalannya Pilkada 2020, terutama dalam membantu menjaga keamanan di TPS.

Dalam pembekalan tersebut, para Linmas diberikan materi terkait tata cara melaksanakan pengamanan di lokasi TPS, tindakan apa saja yang dilakukan apabila timbul kerusuhan dan pemahaman tentang fungsi serta payung hukum Linmas.

Aiptu Imron Rosadi mengatakan, anggota Linmas harus peka terhadap situasi yang ada di desanya pada pelaksanaan Pilkada, tujuannya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dengan pembekalan ini diharapkan, anggota Linmas bersinergi dalam menjaga kondusifitas di lingkungan masyarakat, sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan lancar, aman dan kondusif,” imbuh Aiptu Imron Rosadi.

Lebih lanjut, Aiptu Imron Rosadi mengatakan, Pilkada serentak 2020 berbeda dengan Pilkada sebelumnya, karena masih di tengah Pandemi Covid-19. Untuk itu, anggota Linmas diharapkan ikut menjaga daan mengingatkan warga masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Sewon)

Anggota Polsek Piyungan Laksanakan Apel Pagi

Anggota Polsek Piyungan dipimpin Kapolsek Piyungan Kompol Suraji, SH melaksanakan apel pagi di halaman Mapolsek Piyungan, Senin (30/11/2020) pagi.

Dalam giat tersebut diikuti pula para Kanit, Panit, Kasi dan anggota Polsek Piyungan.

Kapolsek di dalam arahannya mengajak kepada seluruh anggota Polsek Piyungan untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan segala kenikmatan yang tidak terbatas sehingga pagi ini bisa melaksanakan apel pagi.

Selanjutnya Kapolsek mengucapkan terima kasih kepada personel Piyungan yang telah melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

"Marilah kita selaku anggota Polri agar selalu siap diri siap administrasi siap mako apabila suatu saat kehadiran kita diperlukan masyarakat serta kita harus menjaga kesehatan dengan selalu menerapkan pola hidup sehat karena sebentar lagi Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2020, " tutupnya. (Humas Polsek Piyungan)


Bhabinkamtibmas Desa Bawuran Dampingi Penyemprotan Disinfektan

Bhabinkamtibmas Desa Bawuran Aiptu Sugiarto melaksanakan pendampingan penyemprotan disinfektan di rumah salah satu warga Binaanya di Bawuran Pleret, Senin (30/11/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Lurah Desa Bawuran, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tim Gugus Tugas Covid-19 Desa Bawuran dan anggota KSB (Kampung Siaga Bencana) Desa Bawuran.

Kegiatan dilakukan karena salah satu warga binaanya dinyatakan positif Covid-19 dan sedang dilakukan isolasi perawatan di UPTD BPSDMP Sewon. Dari keluarga juga sudah dilakukan tas rapid guna antisipasi penyebaran virus.

Bhabinkamtibmas selalu menghimbau untuk tetap waspada akan bahaya penularan virus Covid-19, karena kasus positif di wilayah DIY semakin meningkat untuk itu tetap patuhi protokol kesehatan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menjaga jarak. (Humas Polsek Pleret)


Kapolsek Sanden Hadiri Launching Kampung Tangguh Nusantara Progo di Kalurahan Srigading

Kapolsek Sanden AKP Tukirin menghadiri launching Kampung Tangguh Nusantara Progo di Kalurahan Srigading, Sanden, Bantul, Senin (40/11/2020) jam 10.00 WIB.

Kalurahan Srigading di launching menjadi Kampung Tangguh Nusantara dengan nama "SrigadingTangguh". Hadir dalam launching tersebut Kapolsek Sanden AKP Tukirin, Kanit Binmas Aiptu Bambang Eka, Bhabinkamtibmas Srigading Bripka Afif Rudiyanto, Carik Kalurahan Srigading beserta seluruh Pamong dan Dukuh.

Kampung Tangguh Nusantara merupakan program yang dicanangkan Polri dengan maksud mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi pandemi covid-19 serta dapat menyelesaikan konflik akibat dampak wabah yang ditimbulkan. Unsur tangguh dalam Kampung Tangguh Nusantara yaitu Tangguh Kamtibmas, Kesehatan, Pendidikan, Informasi dan Sosial Ekonomi.

Kapolsek Sanden mengatakan, keberadaan kampung tangguh diharapkan mampu mendorong peran serta masyarakat untuk mandiri dan memiliki semangat bergotong royong mengatasi permasalahan yang ada di desa.

Lebih lanjut Kapolsek Sanden berharap keberadaan kampung tangguh ini mampu mengedukasi masyarakat. Masyarakat memiliki ketangguhan di bidang kesehatan dengan melaksanakan protokol kesehatan, tangguh secara ekonomi dengan mampu memanfaatkan berbagai potensi yang ada di desa, tangguh keamanan mampu menjaga keamanan dan kodusifitas lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Humas Polsek Sanden)


Polda DIY bekerja sama dengan Petrokimia Gresik Laksanakan Bakti Sosial di Pajangan

Polda DIY bekerja sama dengan Petrokimia Gresik Laksanakan Bakti Sosial di Pajangan
Polda DIY bekerja sama dengan Petrokimia Gresik melaksanakan bakti sosial dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemic Covid-19. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Pule Resto Cafe Pedukuhan Guwo, Triwidadi, Pajangan, Bantul, Senin (30/11/2020).‎

Bakti sosial yang dilaksanakan berupa pembagian sembako, masker, hand sanitizer dan alat penyemprot pertanian kepada warga masyarakat Desa Triwidadi terdampak pandemic Covid-19. 

Mewakili Kapolda DIY, Irjen Pol Drs Asep Suhendar M.Si, Direktur Samapta Polda DIY Kombes Pol Drs Alloysius Liliek Darmanto SH dalam sambutannya mengatakan kedatangan Satgas Nusantara Polda DIY datang ke Pajangan untuk bersilaturahim kepada warga masyarakat. Dan rencananya acara ini akan dilangsungkan di tiga kabupaten, diantaranya Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Sleman.

 “Kita tahu bahwa penyebaran Covid-19 telah memiliki dampak yang banyak baik pada bidang ekonomi, budaya, politik dan lainnya, mari kita jaga kesehatan kita agar tidak tercipta cluster-cluster baru. Dan dalam waktu dekat ini kita tahu bahwa akan di laksanakan Pilkada tahun 2020,” katanya.



Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Lurah Desa Triwidadi atas terselenggaranya acara ini.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi warag masyarakat yang terdapak pandemic Covid-19.

Sementara itu Camat Pajangan Anjar Arintoko Putro dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya bakti sosial ini. “Semoga dapat menjalin kebersamaan yang baik,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan bakti sosial antara lain Kepala BPBD Dwi Hariyanto mewakili Bupati Bantul, Kabid Propam Polda DIY Kombes Pol Johanes Setiawan Widjanarko, S.I.K., M.H, Dir Pamobvit Polda DIY Kombes Pol Achmadi, S.I.K., M.H., Wadir Intelkam Polda DIY AKBP Andy Aditya S, Perwakilan KPU Kab. Bantul Ibu  Mesthi W, Perwakilan Banwaslu Kab. Bantul Bapak Supardi, Perwakilan Dandim 0729/Bantul Winaryo dan warga penerima bantuan. (Humas Polres Bantul)


Kanit Povos Polsek Bantul Pimpin Apel Pagi

Personel Polsek Bantul melaksanakan apel pagi yang dipimpin oleh Kanit Provos Ipda Muh Hisyam SH di halaman Polsek Bantul, Senin (30/11/2020) pagi.

Dalam arahannya Kanit Provos menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personel atas pelaksanaan apel pagi, karena apel pagi merupakan kewajiban bagi setiap anggota Polri.

Disampaikan pula mengenai laporan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bantul selama 1X 24 jam dalam keadaan aman terkendali.

Pada kesempatan tersebut, Kanit Provos juga mengingatkan agar seluruh personel tetap menjaga netralitas dalam Pilkada Bantul 2020. Selain itu, tetap menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Setelah apel pagi dilajutkan kegiatan Gaktibplin (Penegakan, Penertiban dan Disiplin) dengan pengencekan kelengkapan surat-surat identitas diri, gampol dan sikap tampang seluruh personel. (Humas Polsek Bantul)

Bhabinkamtibmas Desa Argorejo Pengamanan Kampanye Cabup-Cawabup Bantul Di Pereng Wetan

Bhabinkamtibmas Argorejo Aiptu Murgiyadi bersama anggota piket Polsek Sedayu melaksanakan pengamanan kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul nomor 1 di  Joglo Soemedjan Dusun Pereng Wetan, Argorejo, Sedayu, Bantul. Minggu (29/11/2020) malam.

Pengamanan tersebut untuk memastikan selama kegiatan kampanye berjalan dengan aman dan lancar, serta tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Selain melakukan pengamanan, kami juga memberikan imbauan kepada para warga yang hadir untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seama kampanye berlangsung,” kata Bhabinkamtibmas Aiptu Murgiyadi. (Humas Polsek Sedayu)

Polsek Kretek Berikan Edukasi Protokol Kesehatan di Obyek Wisata Pantai Parangtritis

Kanit Binmas Polsek Kretek Iptu Slamet Zuana memimpin pelaksanaan apel personel pengamanan terpadu obyek wisata di Pantai Parangtritis pada Minggu (29/11/2020).

Selesai apel personel yang terdiri dari berbagai institusi tersebut menyebar ke segala penjuru pantai dengan terus memberikan edukasi protokol kesehatan baik bagi wisatawan maupun para pelaku usaha wisata.

Kegiatan yang dimulai dari pagi sampai sore hari tersebut dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mengingat obyek wisata pantai termasuk salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan sehingga besar kemungkinan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

Diharapkan dengan edukasi yang terus menerus dilakukan masyarakat akan mengetahui betapa berbahayanya Covid-19 dan memahami pentingnya patuhi protokol kesehatan untuk mencegahnya. (Humas Polsek Kretek)


Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Amankan Sosialisasi Perda DIY No 11 Tahun 2018

Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Bripka Amat Rifaqi melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan Sosialisasi Perda DIY No 11 Tahun 2018 tentang Kewirausahaan Daerah di Baldes Sumberagung Jetis, Minggu (29/11/2020).

Kegiatan diikuti oleh perwakilan warga Daerah Pemilihan (Dapil) 4 meliputi Bambanglipuro, Jetis, Kretek dan Pundong dengan narasumber Ibu Dewi Hadi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Anggota DPRD DIY gabungan semua komisi, karena ini merupakan pijakan pemerintah dalam menentukan kebijakan. 

Sosialisasi Perda DIY No 11 Tahun 2018 tentang Kewirausahaan Daerah meliputi Ketentuan Umum, Tugas dan Wewenang Pemerintah Daerah, Rencana Induk Kewirausahaan Daerah, Gugus Tugas Kewirausahaan Daerah, Pemberdayaan Kewirausahaan, Sestem Informasi Kewirausahaan Daerah, Kerjasama, Pembinaan dan Pengawasan, Pendanaan. (Humas Polsek Jetis)


Bhabinkamtibmas Desa Canden Hadiri Pelantikan KPPS Pilkada Bantul 2020

Bhabinkmatibmas Desa Canden Heri Pratana menghadiri acara pelantikan KPPS Pilkada Bantul 2020 di Pendopo Balai Desa Canden, Jetis, Bantul, Jumat (27/11/2020).

Hadir di antaranya Ketua PPK Kecamatan Jetis Divisi Teknis Walgito SIP, Divisi Partisipasi Masyarakat Marsih, Ketua PPS Desa Canden Sri Wahyuni, Kasipem Desa Canden Sukijan, Kasi PelayananDesa Canden Drs. Badiman, BPD Desa Canden Rosidah Nur Khayatub dan Ketua KPPS Desa Canden.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan petikan SK penetapan dan pengangkatan KPPS Desa Canden pada Pilkada Bantul 2020. Dilanjutkan pelantikan KPPS oleh Ketua PPS Desa Canden Sri Wahyuni dan pengambilan sumpah jabatan Ketua KPPS serta penandatanganan berita acara.

Sambutan dari Pemerintah Desa Canden diwakili Kasi Pemerintahan, Sukijan, menyampaikan harapannya para KPPS dapat bertugas dengan baik, menjaga netralitas dan senantiasa menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Ia juga berharap  Pilkada Bantul 2020 dapat berjalan lancar, aman dan damai. (Humas Polsek Jetis)

Bhabinkamtibmas Desa Trimulyo Hadiri Bimtek KPPS Desa Trimulyo

Bhaninkamtibmas Desa Trimulyo menghadiri Bimtek Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Trimulyo oleh PPS Desa Trimulyo bertempat di Aula Balai Desa Trimulyo Jetis Bantul, Minggu (29/11/2020).

Pada Pemilukada 2020 tanggal 9 Desember mendatang, Desa Trimulyo memiliki 19 TPS.

Lurah Desa Trimulyo Drs. H. Jauzan Sanusi, MA dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada KPPS yang telah dilantik dan dikukuhkan, semoga KPPS dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. 

 “Acara ini merupakan Bimtek KPPS, diharapkan apabila nanti dalam bimtek ada yang belum paham/jelas silahkan ditanyakan demi kelancaran tugas nantinya. 

Semoga kita selalu diberi kesehatan sehingga nantinya kita bisa menjalankan tugas dalam Pemilukada Kab. Bantul 2020 dengan baik,” katanya.

Bintek kepada KPPS disampaikan oleh ketua PPS Desa Trimulyo Nasrudin Muzakki dan Ibu Latifah dengan inti materi berupa teknik pemungutan dan penghitungan surat suara pada Pemilukada Kab. Bantul 2020 dimasing - masing TPS. (Humas Polsek Jetis)


Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Hadiri MusrenbangKal T.A 2021

Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto menghadiri Musrenbang Kalurahan Gadingsari Tahun Anggaran 2021 di Aula Balai Kalurahan Gadingsari, Sanden, Bantul, Minggu (29/11/2020).

Musrenbangkal dilaksanakan dalam rangka Penyusunan RKPKal (Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan) Gadingsari tahun 2021. Kegiatan dihadiri Panewu Sanden Drs. Bangun Rahina MM, Lurah Gadingsari Mashuri, Ketua BPD Gadingsari, Pamong Kalurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto.

Dalam Musrenbangkal diharapkan banyak usulan dari seluruh pedusunan untuk diakomodir dengan skala prioritas guna perencanaan pembangunan di wilayah Gadingsari.

Sementara mengingat situasi masih pandemi Covid-19, kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti wajib memakai masker, mencuci tangan, pemeriksaan suhu badan dan menjaga jarak. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Sambang Tokoh Masyarakat Di Desa Binaannya

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Aipda Agus Muslim melaksanakan sambang dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan warga binaan di wilayah Desa Argosari, Sedayu, Bantul, Minggu (29/11/2020).

Dalam kegiatan ini Bhabinkamtibmas Aipda Agus Muslim menyambangi ke beberapa tokoh masyarakat, antara lain Bapak Edi Samudra di Dusun Jurug, Bapak Kamisran di Dusun Tonalan dan Bapak Hardi di Dusun Sedayu.

Melalu para tokoh masyarakat tersebut, Aipda Agus Muslim menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan imbauan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain itu, Aipda Agus Muslim juga mengajak warga masyarakat agar tetap menjaga kerukunan saat digelarnya Pilkada Bantul  pada tanggal 9 Desember 2020. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Distribusikan Bantuan Beras Kepada Warga Kurang Mampu

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Polsek Sanden Bripka Tri Asih SE mendistribusikan bantuan beras kepada warga masyarakat kurang mampu di wilayah Kalurahan Murtigading, Sanden, Bantul. Minggu (29/11/2020) siang.

Bantuan sosial tersebut berasal dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia yang bekerjasama dengan Polri, kemudian disalurkan kepada warga masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19. Termasuk warga masyarakat di wilayah Kecamatan Sanden yang disalurkan oleh anggota Polsek Sanden melalui Bhabinkamtibmas.

Sebanyak 26 paket beras diberikan kepada warga masyarakat di wilayah Kalurahan Murtigading. Masing-masing warga penerima bantuan mendapatkan 5 kg beras. Dengan sedikit bantuan beras tersebut semoga bermanfaat dan bisa meringankan beban warga. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Hadiri Penutupan Bakti Pemuda Kabupaten Bantul 2020

Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto menghadiri Penutupan Bakti Pemuda Kabupaten Bantul 2020 yang dilaksanakan oleh Disdikpora Kabupaten Bantul dan Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Bantul di Dusun Bongos I, Gadingsari, Sanden, Bantul. Minggu (29/11/2020) siang.

Hadir dalam acara tersebut Kabid Pora Dinas Dikpora Bantul Drs. Joko Surono, Kasi Pora Budi Santosa M.Pd, Lurah Desa Gadingsari Mashuri, Bhabinkamtibmas Kalurahan Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam Bakti Pemuda adalah Bedah Rumah. Sebanyak lima rumah dibedah untuk dibangun kembali yaitu dua rumah di Bongos I, dua rumah di Bongos II dan satu rumah di Ngujung Gadingharjo. Kegiatan bedah rumah ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif untuk penerima bantuan.

Dengan kegitan bakti pemuda diharapkan dapat memberikan pelajaran kepada pemuda agar dapat belajar saling bekerjasama dan menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi. Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan kunci rumah serta simbolis membukakan pintu rumah yang telah dibedah. (Humas Polsek Sanden)

Kapolsek Bambanglipuro Hadiri Simulasi Pemungutan Suara Pilkada Bantul 2020

Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM menghadiri kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2020 yang digelar di Kantor Kapanewon Bambanglipuro Bantul pada Minggu (29/11/2020) pagi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Bantul ini, juga dihadiri oleh Ketua Divisi Teknis KPU Bantul Joko Santosa, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bantul Bidang Organisasi dan Program Nuril Hanafi, Panewu Bambanglipuro Drs. Lukas Sumanasa M.Kes, Danramil Bambanglipuro diwakili Sertu Widayadi, Ketua PPK Bambanglipuro Mujiyanto, Ketua Panwascam Bambanglipuro Supargiyo, PPS se Kapanewon Bambanglipuro dan peserta simulasi 220 orang.

Ketua Divisi Teknis KPU Bantul, Joko Santosa menjelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini akan mempraktekkan sejak petugas membuka pemungutan sampai dengan pengiriman hasil penghitungan ke Kapanewon. Simulasi akan diikuti oleh petugas KPPS yang nantinya akan bertugas di tanggal 9 Desember 2020.

Joko Santosa menambahkan, dalam simulasi nanti juga akan dipraktekkan protokol kesehatan di setiap tahapan, mulai pengukuran suhu tubuh, pemberian sarung tangan sekali pakai. Kemudian para pemilih yang ada di TPS juga diwajibkan untuk tetap menjaga jarak.

Selain penerapan protokol kesehatan, dalam simulasi juga akan dipraktekkan pengisian formulir hasil dengan metode aplikasi SIREKAP. Meskipun hasil akhir yang akan digunakan adalah hasil perhitungan manual, akan tetapi Sirekap tetap akan dijalankan sebagai bentuk publikasi dan transparansi proses penghitungan suara.

Sementara disela-sela live streaming, Kapolsek Bambanglipuro beserta unsur Forkompincam Bambanglipuro memberikan pesan-pesan yaitu Polri bersama TNI dan Pemerintah setempat siap mengamankan Pilkada, serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensuksekan Pilkada dengan menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember 2020.

Pada kesempatan yang sama Ketua PPK Bambanglipuro menegaskan, bahwa untuk setiap TPS nantinya akan dilengkapi dengan alat pelindung diri yaitu face shield dan masker untuk KPPS, hand sanitizer dan perlengkapan cuci tangan.

Selain itu, di masing-masing TPS juga akan diberikan perlengkapan sprayer beserta disinfektan. Proses sterilisasi dengan disinfektan di TPS akan dilakukan secara berkala oleh petugas ketertiban TPS sejak sebelum pemungutan suara dimulai sampai dengan penghitungan suara selesai.

Saat ini alat pelindung diri (APD) untuk TPS sedang dilakukan proses pengepakan di KPU Bantul. Direncanakan APD akan dikirim secara berkala melalui penyelenggara di tingkat Kecamatan dan selanjutnya didistribusikan ke TPS sehari sebelum pemungutan suara berlangsung. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Antisipasi Gangguan Keamanan, Polsek Sanden Patroli Obyek Wisata dan Sampaikan Protokol Kesehatan

Mengantisipasi adanya gangguan keamanan saat hari libur di tempat keramaian maupun objek wisata, Polsek Sanden melaksanakan patroli di kawasan Objek Wisata Pantai Goa Cemara dan Pantai Pandansari Sanden, Bantul, Minggu (29/11/2020) siang.

Giat patroli dipimpin Ka SPK Aiptu Wiyono bersama anggota piket fungsi. Petugas patroli Polsek Sanden memberikan himbauan kamtibmas kepada pengunjung objek wisata pantai agar selalu menjaga barang bawaan. Petugas juga menghimbau kepada wisatawan agar tidak bermain apalagi mandi dilaut karena bisa membahayakan keselamatan diri.

Selain itu, sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 yang sampai saat ini belum ada tanda-tanda berakhir, dihimbau wisatawan selalu menerapkan protokol kesehatan ketika di tempat wisata maupun dalam aktivitas sehari-sehari.

“Pakailah masker, sering cuci tangan, jaga jara dan hindari kerumunan atau keramaian,” pesan anggota Polsek Sanden. (Humas Polsek Sanden)


Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Ikuti Giat Penyemprotan Disinfektan di Dusun Tirto

Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Aipda Subawa SH mengikuti kegiatan penyemprotan disinfektan di Dusun Tirto, Triharjo, Pandak, Bantul, Minggu (29/11/2020) jam 10.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Carik desa Triharjo Sofuwan Adil Kurniawan, Ketua FPRB desa Triharjo Bapak Haryono, Kasi kesejahteraan desa Triharjo Bapak Sumardi, B.A, Kepala Dusun Tirto Bapak Panto Riyadi, Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Aipda Subawa SH dan Anggota FPRB Wiroyudha desa Triharjo.

Aipda Subawa SH mengatakan kegiatan penyemprotan bertujuan untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat khususnya di Dusun Tirto.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Aipda Subawa SH juga berkesempatan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan juga memberikan himbauan pencegahan Covid-19. Dalam penyampaiannya Bhabinkamtibmas mengajak kepada seluruh masyarakat agar dalam melaksanakan kegiatan setiap harinya tetap menggunakan masker dan juga menerapkan social distance. Selain itu juga diharapkan agar selalu menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan. Diharapkan dengan telah dilaksanakannya protokol kesehatan dapat mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Pandak)


Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Salurkan Paket Sembako

Bhabinkamtibmas Desa Tamantirto Bripka Agustinus Sulistyono,SH bersama Babinsa Desa Tamantirto  kembali melaksanakan bhakti sosial membantu warga masyarakat kurang mampu di wilayah desa binannya, Sabtu (28/11/2020).

Kegiatan yang dilakukan berupa pembagian bantuan paket sembako kepada warga masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Pemberian bantuan dilakukan secara langsung dengan mendatangi rumah warga yang akan menerima paket sembako. Selama kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pembagian  bantuan dilakukan dari rumah ke rumah (door to door) agar tepat sasaran dan mencegah kerumunan massa yang berpotensi penyebaran Covid-19. 

Penyaluran beras polri kepada warga di  wilayah Desa Tamantirto sebanyak 26 warga antara lain : Ibu Sugiyati Kasihan RT 05, Bapak Subagio Kasihan RT 05, ibu Poniyem Kasihan RT 04,  ibu Watiyem Kasihan RT 04, Bapak Agus Kasihan RT 04, Ibu Sudiyem Kasihan RT 06, Ibu mariyam Kasihan RT 06,Bapak  Sugeng Kasihan RT 06,Mbah Ngudi Kasihan RT 06, Bapak Samsu kasihan RT 06, Bapak Tarmin, Dsn Jetis RT 03 dan Warga Penerima Bantuan Lainnya. 

Kapolsek Kasihan Kompol Anton Nugroho Wibowo,Sh menyampaikan, kegiatan bhakti sosial ini merupakan wujud kepedulian Polri bagi warga kurang mampu yang terdampak Covid-19 dan  juga berharap kepada masyarakat agar tetap mematuhi anjuran dan himbauan pemerintah, serta tetap semangat bersama memutus mata rantai Covid-19. 

“Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan meringankan sedikit beban warga, serta selalu patuhi peraturan dan anjuran pemerintah agar terhindar dari wabah virus Corona atau Covid-19,” tutur Kapolsek Kasihan. (Humas Polsek Kasihan)


Bhabinkamtibmas Desa Tamanan Latih Linmas Desa Persiapan Pengamanan Pilkada

Bhabinkamtibmas Desa Tamanan Aipda Setyo Prabowo memberikan Bimtek (Bimbingan Teknis) terhadap anggota Linmas Desa Tamanan dalam persiapan pengamanan Pilkada Kabupaten Bantul 2020, Minggu (29/11/2020) pagi.

Kegiatan bimtek yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Tamanan Banguntapan Bantul ini dihadiri oleh Pj. Lurah Desa Tamanan Thomas Basuki Rahardjo, Kasipem Desa Tamanan, PPS Desa Tamanan dan anggota Linmas Desa Tamanan.

Adapun materi yang diberikan tentang prosedur persiapan pengamanan TPS Desa Tamanan dilanjutkan dengan pengenalan peraturan baris-berbaris dan pengenalan pengaturan lalu lintas. Peserta mengikuti kegiatan dengan seksama dan menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Banguntapan)

Bhabinkamtibmas Desa Sitimulyo Dampingi Giat Penyemprotan Disinfektan

Bhabinkamtibmas Desa Sitimulyo  Bripka One Novutardi mendampingi  giat penyemprotan disinfektan  di Dusun Karangploso Sitimulyo Piyungan Bantul, Sabtu (28/11/2020) sore.

Hadir dalam kegiatan tersebut Carik Sitimulyo A. Shafa, Kepala dukuh Karangploso Muh. Sukandar, PMI Piyungan, Bhabinkamtibmas Desa  Sitimulyo Bripka One Novutardi, Babinsa Sitimulyo Serka Gunadi, dan relawan Resigana Sitimulyo

Petugas bersama-sama menyemprotkan cairan disinfektan secara merata di setiap rumah warga  pedukuhan Karangploso Sitimulyo Piyungan.

"Dengan penyemprotan ini diharapkan dapat memutus penyebaran virus covid 19, selain penyemprotan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 diharapkan masyarakat untuk selalu mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan" ujar Bripka One Novutardi. (Humas Polsek Piyungan)


29 November 2020

Kanit Sabhara Polsek Pleret Hadiri Acara Pengantar Purna Tugas Camat Pleret

Kapolsek Pleret yang diwakili Kanit Sabhara Ipda Dalhari menghadiri acara Pengantar Purna Tugas Camat Pleret Indriyanta, S.Ip digelar di Pendopo Kecamatan Pleret, Jumat (27/11/2020).


Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Pleret Indriyanta, S.Ip beserta istri, Kepala Puskesmas Pleret dr Erni Rochmawati, Kepala KUA Ali Naseh, S.Ag, MM, Kapolsek Pleret diwakili Kanit Sabhara Ipda Dalhari, Danramil Pleret diwakili Serma Aris W, Lurah Desa Wonolelo H. Akhmat Furqon, A.Md, Sekcam Pleret Evi Nur Siti Fathonah, S.Sos, M.M, Kasi Trantib Haryono, S.Ip, Kasi Kemas Margi Hidayat, S.Ip dan seluruh Staf Kantor Kecamatan Pleret.


Sambutan perpisahan purna tugas oleh Camat Pleret Indriyanta, S.Ip menyampaikan, bahwa pada tanggal 1 Desember 2020 resmi memasuki purna tugas. Untuk itu, atas nama pribadi, ia sebagai manusia biasa yang tak luput dari kesalhan dan kekhilafan meminta maaf yang sebesar-besarnya.


Ia juga berpesan untuk pelayanan masyarakat agar ditingkatkan lagi dan tetap jaga kekompakan agar masyarakat Kecamatan Pleret semakin maju.


Adapun tanggapan yang sampaikan oleh Lurah Desa Wonolelo H. Akhmat Furqon, A.Md mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada Indriyanta, S.Ip atas keteladanan selama menjabat sebagai Camat Pleret. Kami hanya bisa mendoakan supaya Bapak Camat dalam memasuki masa pensiun senantiasa diberikan nikmat sehat. (Humas Polsek Pleret)

Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Sambangi Pos Ronda Dusun Bakalan

Sebagai salah satu upaya mendekatkan diri dengan warga di desa binaan, Aiptu Heru Mulyana yang merupakan Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo secara rutin menyambangi pos ronda di wilayah desa binaanya.


Kali ini, Sabtu (28/11/2020) malam, Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana menyambangi pos ronda di Dusun Bakalan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul.


Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Heru Mulyana mengajak warga yang sedang melaksanakan ronda untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Ia juga berpesan agar warga menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Bupati Bantul yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.


“Gunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani, dan jangan golput,” pesannya.


Aiptu Heru Mulyana juga menambahkan suksesnya penyelenggaraan Pilkada, salah satunya adalah partisipasi warga masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, serta situasi kamtibmas yang aman kondusif. (Humas Polsek Sewon)

Polsek Piyungan Bersama Forkompincam Menggelar Operasi Yustisi

Polsek Piyungan bersama Forkompincam Piyungan melaksanakan kegiatan operasi yustisi penerapan disiplin penggunaan masker di wilayah hukum Kecamatan Piyungan, Bantul, Sabtu (28/11/2020) siang.


Sasaran operasi yustisi yang menyasar tempat-tempat wisata dan pusat perbelanjaan ini melibatkan anggota dari Polsek Piyungan, Koramil Piyungan dan Kapanewon Piyungan.


Dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama dipimpin Kapolsek Piyungan Kompol Suraji SH menyasar kawasan obyek wisata, sedangkan kelompok kedua dipimpin Wakapolsek Piyungan AKP Suharyanta SH menyasar pada pusat perbelajaan seperti pasar dan pertokoan.


Operasi yustisi dengan mengedepankan Satpol PP dan dalam penindakan berdasarkan Perbup Bantul no 79 tahun 2020 tanggal 18 Agustus 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan ini menindak 21 orang pelanggar yang tidak menggunakan masker.


Kemudian bagi mereka yang melanggar diberikan sanksi teguran lisan maupun tertulis dan selanjutnya diberi masker secara gratis.


Sebelumnya, Kapolsek Piyungan Kompol Suraji SH dengan menggunakan pengeras suara menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama memutus penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.


"Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," Kata Kapolsek Piyungan. (Humas Polsek Piyungan)

Sambangi Pokdarwis Pantai Goa Cemara, Kapolsek Sanden Sampaikan Imbauan Protokol Kesehatan

Kapolsek Sanden AKP Tukirin bersama Bhabinkamtibmas Desa Gadingsari Aipda Mochlis Humavianto S.Pd melaksanakan sambang ke Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Goa Cemara memberikan imbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, di Pantai Goa Cemara, Gadingsari, Sanden, Bantul. Sabtu (28/11/2020) siang.


Pokdarwis selaku pengelola obyek wisata diharapkan untuk selalu mematuhi sekaligus menerapkan protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir. Ini sebagai upaya Polsek Sanden dalam mencegah penyebaran Covid-19.


"Adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi Covid-19 wajib diterapkan di kawasan obyek wisata. Setiap pengunjung wajib pakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, serta menjaga jarak," pesan Kapolsek Sanden AKP Tukirin kepada Pokdarwis Pantai Goa Cemara.


Dalam kesempatan tersebut, AKP Tukirin juga menghimbau kepada wisatawan agar menjaga keselamatan diri dan barang bawaan.


“Jangan bermain apalagi mandi di laut karena sangat berbahaya,” tandasnya. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Dampingi Kegiatan Penyemprotan Disinfektan Di Desa Binaan

Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Polsek Sanden Bripka Tri Asih SE selalu aktif mendampingi kegiatan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga di wilayah desa binaanya.


Seperti yang dilakukan pada Sabtu (28/11/2020), Bhabinkamtibmas Bripka Tri Asih mendampingi kegiatan penyemprotan disinfektan di rumah warga Dusun Piring Jepit, Murtigading, Sanden, Bantul. Kegiatan penyemprotan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Desa Murtigading. Turut hadir di antaranya Carik Murtigading, Kasi pelayanan Murtigading, Satgas FPRB Desa Murtigading danKadus Kurahan 2.


Bripka Tri Ash SE mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Desa Murtigading. Sementara itu, pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Bantul masih cukup tinggi dan belum ada tanda-tanda kapan berakhir. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.


"Tetap pakai masker, sering mencuci tangan dengan air mengalir pakai sabun ataupun hand sanitizer, jaga jarak dan jauhi kerumunan," pesan Bripka Tri Asih bersama Satgas Covid-19 Desa Murtigading. (Humas Polsek Sanden)

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Hadiri Bimtek KPPS Pilkaada Bantul 2020

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Polsek Sanden Bripka Afif Rudiyanto SH menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkada Bantul 2020 di Aula Balai Desa Srigading, Sanden, Bantul, Sabtu (28/11/2020).


Bimtek diselenggarakan oleh PPS Desa Srigading kepada KPPS se Desa Srigading. Hadir dalam Bimtek antara lain PPK Sanden, Panwaslu Sanden, PPS Srigading, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Bripka Afif Rudiyanto dan anggota KPPS.


Dalam Bimtek tersebut oleh narasumber disampaikan tentang tugas, wewenang dan tanggungjawab sebagai anggota KPPS. Dalam bertugas, anggota KPPS agar selalu mempedomani petunjuk yang sudah ditetapkan dari KPU dan tetap menjaga netralitas. Selain itu tetap menerapkan protokol kesehatan di lingkungan TPS sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.


Sementara itu, Bhabinkamtibmas Srigading Bripka Afif Rudiyanto menyatakan bahwa jajaran Polri termasuk Polsek Sanden siap menjaga dan mengawal jalannya Pilkada Bantul 2020 agar berjalan dengan aman dan lancar.


“Polri tidak punya hak pilih dan tetap netral dalam semua tahapan pilkada,” ujarnya.


Lebih lanjut, Bripka Afif mengajak seluruh warga masyarakat ikut mensukseskan jalannya Pilkada menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS. Ia juga berpesan agar jangan sampai golput, demi berjalannya pembangunan dan kemajuan Bantul. (Humas Polsek Sanden)

Polsek Pandak Laksanakan Patroli Bersama Forkompincam

Personel Polsek Pandak yang dipimpin Kapolsek Pandak AKP Wartono SH melaksanakan patroli bersama Forkopimcam (Kecamatan Pandak, Polsek Pandak dan Koramil Pandak) di wilayah Kecamatan Pandak, Bantul pada Sabtu (28/11/2020) malam.


Turut dalam kegiatan tersebut Camat Pandak Kusmardiyono S.Sos.,M.Acc, Kapolsek Pandak AKP Wartono SH, Danramil Pandak diwakili Pelda Kasimin, Kanit Sabhara Polsek Pandak Aiptu Sumpana, TNI dan Polri, serta ASN.


Kegiatan Patroli bersama ini dilaksanakan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas malam hari dan memciptakan situasi aman menjelang Pilkada tahun 2020.


Dalam arahannya, Kapolsek Pandak AKP Wartono SH menyampaikan terimakasih atas pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan dengan adanya kegiatan patrol bersama akan lebih meningkatkan sinergitas antara Forkopimcam, TNI dan Polri. Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan patroli bersama ini dapat menciptakan situasi kamtibmas di wilayah Pandak yang aman kondusif. (Humas Polsek Pandak)

Bhabinkamtibmas Polsek Bambanglipuro Hadiri Acara Santunan Anak Yatim Piatu

Bhabinkamtibmas Polsek Bambanglipuro menghadiri acara santunan yatim piatu yang diadakan di Ponpes Darul Mukhlisin, Jomblang, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Sabtu (28/11/2020) sore.


Acara tersebut juga dihadiri oleh Pengasuh Ponpes Darul Mukhlisin KH. Mukhsin, Dukuh Jomblang dan Anak Yatim Piatu.


Santunan yatim piatu ini dalam rangka Peningkatan Kesejahteraan Anak Yatim dan Anak Yatim Piatu Tahun 2020 di wilayah Kecamatan Bambanglipuro.


Dalam sambutannya, Pengasuh Ponpes Darul Mukhlisin Jomblang KH. Mukhsin mengatakan, pemberian santunan anak yatim merupakan perbuatan yang sangat mulia.


Menurutnya, memperoleh kehidupan dan pendidikan yang layak adalah hak setiap manusia, apalagi bagi anak-anak. Dalam riwayat Rasulullah telah mencontohkan kepada umatnya untuk selalu mengasihi anak-anak dengan memberikan hak-hak mereka.


Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Aipda Sukaryadi mengingatkan tentang pentingnya adaptasi kebiasaan baru di masa pademi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti selalu memakai masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Hadiri Pelantikan KPPS

Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Aipda Siswanto menghadiri Pelantikan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Pilkada Bantul tahun 2020, Sabtu (28/11/2020) malam.


Turut hadir dalam acara yang digelar di Balai Desa Sidomulyo Bambanglipuro Bantul tersebut antara lain, Ketua PPS Desa Sidomulyo Edi Gunarto, Panwascam Bambanglipuro Supargiyo, Lurah Desa Sidomulyo Edi Murjito dan Ketua KPPS beserta anggota.


Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas kepada para KPPS serta hadirin. Disampaikaan pula agar para KPPS menguasai tugas pokok dan fungsinya di tiap- tiap TPS.


“Hindari kesalahan sekecil mungkin dalam pelaksanaan tugas KPPS, karena KPPS adalah ujung tombak suksesnya pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bantul tahun 2020,” pesannya.


Aipda Siswanto menambahkan agar jalin kerjasama dan koordinasi antar KPPS dengan unsur terkait, perhatikan betul Bimtek yang akan dilaksanakan untuk KPPS.


Ia juga mengajak untuk bersama-sama mewujudkan situasi yang aman dan damai, khususnya di wilayah Desa Sidomulyo.


Sementara itu, selama acara berlangsung tetap menerapkan protocol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polsek Bambanglipuro)

Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo Hadiri Kegiatan Panen Raya

Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo Aiptu Sugianto menghadiri kegiatan Festival Panen Raya dalam rangka Rintisan Desa Budaya Desa Ringinharjo Tahun 2020 di Bulak Suareng, Bantulkarang, Ringinharjo, Bantul, Sabtu (28/11/2020).


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Forkompincam Bantul, Lurah Desa Ringinharjo beserta pmong desa, BPD Desa Ringinharjo,Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo dan Babinsa.


Panen raya ini merupakan program pemerintah melalui Dinas Pertanian DIY, Diharapkan dengan program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan petani.


Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Bhabinkamtibmas Desa Ringinharjo Aiptu Sugianto mengikuti kegiatan hingga selesai. (Humas Polsek Bantul)

28 November 2020

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Hadiri Sosialisasi Pengisian Lowongan Pamong Desa

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Aipda Agus Muslim menghadiri sosialisasi pengisian lowongan Pamong Desa untuk Dukuh Tapen yang sebentar lagi akan habis masa jabatannya. Sosiaisasi digelar di Balai Desa Argosari, Sedayu, Bantul, Jumat (27/11/2020).


Kegiatan ini dihadiri Pemerintahan Desa Argosari, Panitia Pengisian Lowongan Pamong Desa, Bhabinkamtibmas Desa Argosari, Babinsa dan Tokoh Masyarakat Dusun Tapen.


Daalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa Dukuh Tapen Drs. Kuad sebentar lagi akan memasuki masa purna tugas. Untuk itu, Pemerintah Desa Argosari membuka pengisian lowongan Pamong Desa untuk Dukuh Tapen.


Selanjutnya bagi masyatakat Dusun Tapen yang mempunyai kemampuan dan dedikasi tinggi dalam tugas untuk memajukan pedusunan dipersilahkan untuk mendaftar.


Untuk pendaftaran akan dibuka pada tanggal 18 sampai dengan 23 Desember 2020. Ujian seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2021 dengan menunjuk pihak ketiga  sebagai penguji. Adapun persyaratan calon pamong desa meliputi persayaratan umum, persyaratan khusus dan persyaratan administrasi. (Humas Polsek Sedayu)

Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Hadiri Pelantikan KPPS

Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Bripka Amat Rifaqi menghadiri pelantikan, pengambilan sumpah dan bintek KPPS Desa Sumberangung di Aula Kalurahan Sumberagung, Kamis (26/11/2020).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Lurah Sumberagung Yudi Fahrudin SE, PPK Kecamatan Jetis Walgito, Ketua PPS Ibnu Kanan, Ketua KPPS dan satu orang anggota terdiri dari 12 TPS.

“Ucapan puji syukur atas proses pelantikan ini yang telah berjalan lancar, saya harap para petugas yang telah dilantik melaksanakan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab. Dalam bekerja saya wajibkan anggota untuk berlaku cermat dan tidak sembrono,” kata Ketua PPS. (Humas Polsek Jetis)


Personel Polsek Dlingo dan Forkompincam Kerja Bakti Bersama di Kaliurang

Personel Polsek Dlingo bersama instansi lainnya melaksanakan kerja bakti Jum’at bersih di sepanjang jalan umum Kaliurang Dlingo menuju ke arah Mangunan, Jum’at (27/11/2020).

Kerja bakti ini diikuti oleh jajaran Forkompincam Dlingo antara lain Camat Dlingo Deni Ngajis Hartono SSTP MPA, Kapolsek AKP Abdul Jalil SH, Lurah Desa Dlingo beserta serta Anggota Koramil Dlingo.

Kegiatan kerja bakti Jum’at  bersih dengan rabas-rabas dahan dan ranting pepohonan yang menjulur ke jalan disepanjang jalan Kaliurang yang dapat mengganggu pandangan bagi para pengguna jalan yang memakai kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selain rabas-rabas dahan dan ranting pohon kerja bakti juga membersihkan sampah yang berada di sepanjang sisi kakan dan kiri jalan tersebut.

Setelah kerja bakti selesai kemudian seluruh peserta kerja bakti berkumpul untuk mengadakan evaluasi kegiatan tersebut. (Humas Polsek Dlingo)


Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Amankan Pendistribusian BST

Bhabinkamtibmas Desa Pendowoharjo Aiptu Heru Mulyana melaksanakan mengamankan pendistribusian BST (Bantuan Sosial Tunai) yang berasal dari Kemensos RI di gedung serbaguna Manggolo Manis komplek balai desa Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Jumat (27/11/2020) siang.

Maksud dan tujuan pengamanan pendistribusian BST adalah untuk menjaga kemanan dan kelancaran proses peniran dana.

“Kami menghimbau agar dalam penyaluran bansos untuk menerapkan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru sesuai anjuran Pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19,” ungkap Aiptu Heru. (Humas Polsek Sewon)


Ringankan Beban Masyarakat, Bhabinkamtibmas Timbulharjo Bagikan Baras Bantuan Mabes Polri

Bhabinkamtibmas Desa Timbulharjo Aiptu Ibnu Wakhid SH, membagikan bantuan sosial berupa beras dari Satgas Nusantara Mabes Polri kepada warga di Dusun Kowen Timbulharjo, Sewon, Bantul, Jumat (27/11/2020) siang.

Aiptu Ibnu Wakhid menjelaskn tujuan dari pemberian bantuan beras tersebut adalah untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

"Melihat dampak virus corona terhadap ekonomi masyarakat, maka pimpinan Polri melakukan aksi kemanusiaan dengan memberikan bantuan sosial berupa beras terhadap warga masyarakat yang dianggap kurang mampu," terangnya.

Bhabinkamtibmas desa Timbulharjo tersebut juga menambahkan bahwa bantuan beras tersebut berasal dari Satgas Nusantara Mabes Polri yang diberikan kepada masyarakat yang dilihat secara kasat mata memang terdampak Covid-19.

"Bantuan beras tersebut diberikan kepada masyarakat yang dilihat secara kasat mata memang sangat terdampak Covid-19 dan bansos tersebut sangat terbatas sehingga masih banyak warga yang terdampak Covid-19 tidak kebagian, tapi secara bertahap akan kami salurkan sehingga harapan kami bisa merata bantuannya," jelasnya. (Humas Polsek Sewon)


Bhabinkamtibmas Desa Singosaren Dampingi Pelatihan Relawan Penanganan Covid-19

Bertempat di Aula Balai Desa Singosaren Banguntapan Bantul, Kamis (26/11/2020) pukul 12.45 WIB berlangsung giat pelatihan relawan penanganan Covid-19 oleh BPBD Kabupaten Bantul. 

Kegiatan diikuti oleh relawan FPRB Desa Banguntapan dan Linmas Desa Singosaren. Sebagai narasumber pada giat pelatihan tersebut dari BPBD Kabupaten Bantul. 

Bhabinkamtibmas Desa Singosaren Banguntapan Bantul Aipda Sutopo mendampingi kegiatan tersebut.

Kegiatan pelatihan relawan Covid-19 untuk meningkatkan kemampuan dalam menangani hal-hal yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 diantaranya upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 maupun penanganan warga yang terpapar Covid-19 hingga tata cara pemakaman suspect Covid-19.

Pelatihan dilaksanakan dengan menerapkan protokol ketat wajib cuci tangan sebelum masuk dan pengecekan suhu badan serta wajib bermasker dan menjaga jarak tempat duduk. (Humas Polsek Banguntapan)


Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Salurkan Bantuan Beras

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Aipda  Sukaryadi membagikan bantuan sosial berupa beras 3 kg dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia di wilayah desa binaannya, Desa Mulyodadi, Bambanglipuro Bantul, Jumat (27/11/2020) pagi.

Penyerahan paket beras di Desa Mulyodadi diperuntukkan warga masyarakat yang terdampak dari Covid 19 dan dalam penyerahan bantuan Bhabinkamtibmas dibantu oleh relawan desa setempat.

Bantuan sosial ini merupakan kerjasama dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia dengan TNI-Polri. Atas bantuan ini warga menyampaikan rasa terima kasih karena benar-benar terbantu. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Pengamanan Pembagian BLT DD Tahap 8

Bhabinkamtibmas Desa Mulyodadi Aipda Sukaryadi melakukan pendampingan dan pengamanan pembagian BLT Dana Desa tahap 8 di Pendopo Balai Desa Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul pada Jumat (27/10/2020) pagi.

Kegiatan pembagian BLT DD tersebut juga dipantau langsung oleh Lurah Desa Mulyodadi Ari Sapta Nugraha SH beserta Pamong dan Dukuh.

Pembagian BLT masih berkelanjutan dikarenakan pandemi Covid-19 belum juga tuntas. Bantuan BLT ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19 dengan tujuan untuk membantu meringankan kebutuhan hidup masyarakat.

Dalam pembagian BLT tersebut setiap keluarga penerima manfaat menerima uang tunai sebesar Rp 300 ribu. Adapun untuk Desa Mulyodadi sesuai daftar sebanyak 30 penerima. Semoga bermanfaat dan membantu meringankan beban hidup warga penerima bantuan. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Kapolsek Bambanglipuro Jadi Imam dan Khatib Sholat Jumat di Masjid Al Huda Dusun Ponggok Pinggir Sidomulyo

Kegiatan safari sholat Jumat berjamaah Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd I MM kali ini dilaksanakan di Masjid Al Huda Dusun Ponggok Pinggir Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Jumat (27/11/2020) mulai jam 11.50 WIB.

Kegiatan ini merupakan program rutin dari Kapolsek Bambanglipuro yang dilaksanakan di masjid-masjid wilayah Bambanglipuro secara bergantian. Selain untuk melaksanakan kewajiban beribadah kepada Allah SWT, juga untuk menjalin silaturahim dan keakraban kepada masyarakat sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta sebagai sarana untuk bertukar informasi baik dari Kepolisian maupun terkait situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Bambanglipuro.

Selesai melaksanakan sholat Jum'at berjamaah, Kapolsek Bambanglipuro menghimbau kepada jamaah agar mewaspadai adanya ajaran kelompok radikalisme dan mewaspadai penyebaran berita hoax yang dapat memecah persatuan dan kesatuan. Jangan mudah terprovokasi dengan isu dan berita hoax dari orang tidak bertanggung jawab yang ingin mengacaukan situasi kamtibmas, pesan AKP Khabibulloh S.Pd I MM.

Selain itu juga dalam menjalani "Adaptasi Kebiasaan Baru" dimasa pandemi Covid 19,  Kapolsek juga menghimbau agar dalam pelaksanaan ibadah tetap menggunakan protokol kesehatan seperti selalu pakai masker, cek suhu dengan alat thermogun, physical distancing dan cuci tangan sebelum masuk Masjid. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Bhabinkamtibmas Desa Singosaren Salurkan Bantuan Sembako dari Satgas Nusantara Mabes Polri

Bhabinkamtibmas Desa Singosaren Aipda Sutopo bersama Babinsa Sertu Sukamal menyalurkan bantuan sembako dari Satgas Nusantara Mabes Polri di Dusun Singosaren 3 Banguntapan Bantul, Jumat (27/11/2020).

Kegiatan ini dalam rangka cipta kondisi Pilkada tahun 2020 dan Pemulihan ekonomi Bantuan yang diserahkan sebanyak 26 paket akan didistribusikan kepada warga yang kurang mampu sesuai daftar pengajuan.

Aipda Sutopo mengatakan penyaluran sembako sebagai wujud kepedulian kepada warga yang kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Semoga dapat membantu meringankan beban kebutuhan hidup sehari-hari,” harapnya.

Turut serta mendampingi giat tersebut Pamong dan Kader Desa Singosaren. (Humas Polsek Banguntapan)


Cegah Kerumunan, Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Salurkan Bantuan Beras Secara Door to Door

Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo Aipda Siswanto melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan sosial berupa beras 3 kg dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia di wilayah desa binaannya, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro Bantul pada Jumat (27/11/2020) pagi.

Pemberian bantuan beras di wilayah Desa Sidomulyo dilaksanakan secara langsung dengan mendatangi rumah warga yang akan menerima paket beras dan tetap mematuhi imbauan pemerintah atau protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di antaranya physical distancing dan memakai masker.

Pendistribusian bantuan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 dilakukan dari rumah ke rumah (door to door) agar tepat sasaran dan mencegah kerumunan massa yang berpotensi penyebaran Covid-19.

Aipda Siswanto berharap kepada masyarakat agar tetap mematuhi anjuran dan himbauan pemerintah serta tetap semangat bersama memutus mata rantai pandemi Covid-19 dengan mengikuti arahan Pemerintah

“Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan meringankan sedikit beban warga, serta selalu patuhi peraturan dan anjuran pemerintah agar terhindar dari wabah virus Corona atau Covid-19,” tuturnya. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Diduga Pengandara Mengantuk, Pembonceng Sepeda Motor Meninggal Dunia Usai Tabrak Tiang Listrik

Sebuah kecelakaan tunggal terjadi di depan Mapolsek Sewon Jalan Parangtritis Km 5,6 Bangunharjo Sewon Bantul. Akibat kejadian tersebut, pembonceng meninggal dunia di lokasi kejadian.

Kapolsek Swon AKP Suyanto mengungkapkan, kecelakaan tersebut terjadi pada Jumat dinihari (27/11/2020) sekira pukul 00.30 WIB. 

Kejadian bermula ketika sebuah sepeda motor jenis matic no pol AB 4503 QB yang dikendarai RK (22) warga Srimartani Piyungan berboncengan dengan AJ (23) warga Plosodoyong,Gedangsari Gunungkidul melaju dari arah utara.

Diduga pengendara mengantuk, sehingga sesampainya di depan Puskesmas Sewon 2 tiba-tiba sepeda motor oleng lalu menabrak tiang listrik yang berada di depan Mako Polsek Sewon.

Akibat kejadian tersebut, AJ yang berada di belakang membonceng RK terpental dan terjatuh ke aspal dan mengalami luka pada kepala. “Pembonceng langsung meninggal di tempat kejadian, sementara pengendara mengalami luka patah pada tangan,” kata AKP Suyanto.

Saat ini kasus laka lantas tersebut sudah ditangani Unit Laka Satlantas Polres Bantul. (Humas Polsek Sewon)


27 November 2020

Polres Bantul Akan Bangun Gudang Barang Bukti Di Polsek Jetis

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH didampingi Kabag Ops Polres Bantul Kompol Bambang Suhariyanto SH dan Kasubbag Sarpras Polres Bantul Iptu Yoyok Yuwana mengunjungi Mapolsek Jetis, Kamis (26/11/2020) siang.

Kedatangan Kapolres Bantul beserta rombongan disambut oleh Kapolsek Jetis AKP M. Sholeh SH MM beserta para Kanit, Kasi dan anggota Polsek Jetis. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun gudang penyimpanan barang bukti di Mapolsek Jetis.

Menurut rencana lokasi pembangunan gudang penyimpanan barang bukti berada di belakang Asrama Polisi Polsek Jetis. Sementara untuk segi keamanan juga akan dibangun pagar mako yang lebih permanen.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Bantul juga meninjau lahan di sekitar asrama Polsek Jetis yang saat ini ditanami sayur-mayur dan kolam ikan sebagai bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. (Humas Polsek Jetis)

Polisi Dampingi Penyemprotan Disinfektan

Kanit Binmas Sedayu Iptu Dedi Tunandi bersama anggota mendampingi Puskesmas Sedayu 2 melaksanakan Penyemprotan disinfektan di rumah salah satu warga yang terpapar Covid-19 di salah satu dusun di Desa Argorejo Sedayu (26/11/2020) pukul 10.30 WIB.

Setelah salah satu kasus Covid-19 di dusun tersebut terdeteksi unsur Muspika dan Puskesmas Sedayu 2, Tim Gugus Penanganan Covid langsung bertindak cepat, dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Sementara masyarakat tetap tenang dan yang penting menjaga protokol kesehatan untuk membentengi diri dari virus ini. (Humas Polsek Sedayu)


SIM Bantul atau biasa di singkat SIMANTUL Blusukan Wisata melakukan pelayanan di tempat Wisata Puncak Sosok

SIM Bantul atau biasa di singkat SIMANTUL Blusukan Wisata melakukan pelayanan di tempat Wisata Puncak Sosok Dusun Jambon RT 04, Bawuran Pleret, Jumat (27/11/2020).

Petugas Satlantas Polres Bantul, Petugas kesehatan dari Polres Bantul, Petugas psikologi dari Polres Bantul serta didampingi oleh Bhabinkamtibmas Desa Bawuran Aiptu Sugiarto petugas melayani masyarakat yang sedang wisata di Puncak Sosok kebetulan masa berlaku SIM A maupun C yang habis.

Program ini sangat membantu dalam bidang pelayanan perpanjangan maupun buat Baru SIM A maupun SIM C mengingat waktu dan jarak tempuh apabila harus Ke Polres Bantul, tidak lain juga yang dialami oleh salah satu pemohon karena melihat pelayanan SIM di Puncak sosok dan kebetulan sedang berwisata di tempat tersebut jadi teringat kalau masa berlaku akan berakhir awal bulan Desember. 

Selain SIMANTUL Blusukan wisata Polres Bantul juga mempunyai beberapa program yang sangat membantu masyarakat dalam hal pelayanan SIM antara lain Bus Keliling, SIM Malming / Saturday Night, SIMADE (SIM Masuk Desa). (Humas Polsek Pleret)


Unit Binmas Polsek Srandakan Salurkan Bantuan Beras Ke Warga

Unit Binmas Polsek Srandakan menyalurkan bantuan beras di wilayah Desa Poncosari, Srandakan, Bantul, Kamis (26/11/2020).

Sejumlah 26 paket beras disalurkan di Dusun Kukap 6 KK, Dusun Jopaten 10 KK dan Dusun Cangkring 10 KK. Bantuan beras ini untuk meringankan beban warga kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Turut dalam kegiatan tersebut Kanit Binmas Polsek Srandakan Iptu Nurgiyanto, Panit Binmas Aiptu Dalija, Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Bripka Ali Murtopo dan Babinsa Serda Purnama serta Dukuh setempat. (Humas Polsek Srandakan)